Ruler adalah bagian tampilan microsoft word yang digunakan untuk mengatur

ruler adalah bagian tampilan microsoft word yang digunakan untuk mengatur

A. Pengertian Tampilan Microsoft word Tampilan Microsoft Word adalah setiap tampilan pada Word yang digunakan pengguna mengakses semua fitur untuk membuat dokumen. Untuk mempelajari Microsoft Word dengan lebih mudah, perlu dipahami mengenai fungsi setiap tampilan tersebut. Di bidang design software, tampilan ini disebut dengan user interface atau antarmuka Microsoft Word.

Sebagai pengembang software terpopuler, Microsoft selalu mengedepankan user friendly untuk design setiap softwarenya. Hal ini bertujuan untuk mempermudah pengguna software ( brainware) mengoperasikan dan mempelajari Word.

ruler adalah bagian tampilan microsoft word yang digunakan untuk mengatur

B. Fungsi Bagian-Bagian Microsoft Word Terdapat beberapa tampilan utama yaitu: Workspace, Ribbon, Quick Access Toolbar, Title Bar, Window Management, Tab Management, Scroll Bar, Status Bar, Ruler, Text Cursor, Page View, dan Account & Share.

Tampilan Microsoft Word Berikut penjelasan 12 bagian tampilan yang sering digunakan pada Microsoft Office beserta fungsinya. • Workspace (Lembar Kerja)Workspace adalah bagian yang menampilkan tulisan yang dibuat dan yang akan di print. Workspace lebih dikenal dengan sebutan lembar kerja.

• RibbonRibbon adalah bagian yang memuat menu-menu utama Microsoft Word berisi tombol-tombol perintah dengan fungsinya. Berikut ilustrasi dari ribbon pada Microsoft Word. Baca juga: Cara Membuka Microsoft Word untuk Membuat Dokumen Baru Ribbon Microsoft WordRibbon Microsoft Word umumnya memuat 9 menu utama yaitu: 2.1 Menu File Menu File merupakan menu yang berisi tombol perintah manajemen file.

2.2 Menu Home Menu Home merupakan menu yang berisi tombol perintah dasar pengeditan dokumen seperti font, margin, perataan, dan lainnya. 2.3 Menu Insert Menu Insert merupakan menu yang berisi tombol perintah untuk menyisipkan data baik foto, video, dan lainnya. 2.4 Menu Design Menu Design merupakan menu yang berisi tombol perintah untuk melakukan desain lembar kerja, seperti border atau bingkai dan lainnya.

2.5 Menu Layout Menu Layout merupakan menu yang berisi tombol perintah untuk mengatur format kertas dan tulisan, seperti ukuran kertas, kolom, dan lainnya. 2.6 Menu References Menu References merupakan menu yang berisi tombol perintah terkait referensi seperti sitasi, daftar pustaka, footnote, daftar isi, dan lainnya. 2.7 Menu Mailings Menu Mailings merupakan menu yang berisi tombol perintah guna melakukan manajemen email dan surat.

2.8 Menu Review Menu Review merupakan menu yang berisi perintah terkait auditing dan review tulisan, seperti spelling, bahasa, dan lainnya. 2.9 Menu View Menu View merupakan menu yang berisi perintah terkait mengatur tampilan Microsoft Word, seperti menyembunyikan dan menampilkan navigation pane dan lainnya. 3. Quick Access Toolbar Quick Access Toolbar adalah bagian yang berfungsi untuk menampilkan perintah yang sering digunakan. Pengguna juga dapat mengurangi atau menambah perintah yang ditampilkan pada Quick Access Toolbar.

Berikut ilustrasi Quick Access Toolbar pada Microsoft Word. 4. Title Bar Title Bar adalah bagian yang menampilkan nama dokumen yang sedang terbuka. Pada dokumen di atas dapat diketahui nama dokumen adalah “Document1”.

ruler adalah bagian tampilan microsoft word yang digunakan untuk mengatur

5. Kontrol Jendela (Window Management) Window Management adalah bagian yang berfungsi untuk mengatur tampilan jendela Microsoft Word. Terdapat 4 tombol yaitu: Ribbon Display Options, Minimize, Restore / Down Maximize, dan Close.

6. Tab Management Tab Management adalah bagian dari tampilan Microsoft Word untuk management tabulasi tulisan. 7. Scroll Bar Scroll Bar adalah bagian dari tampilan Microsoft Word untuk menggeser halaman.

Terdapat 2 jenis Scroll Bar yaitu: 7.1 Horizontal Scroll Bar Horizontal Scroll Bar berfungsi untuk menggeser dokumen ke kanan atau kiri. 7.2 Vertical Scroll Bar Vertical Scroll Bar berfungsi untuk menggeser dokumen ke atas atau ke bawah. 8. Ruler Ruler adalah bagian dari tampilan Microsoft Word yang berfungsi untuk menampilkan garis bantu dan dapat digunakan untuk mengatur indentasi paragraf atau margin penulisan.

Terdapat 2 ruler, yaitu Horizontal Ruler dan Vertikal Ruler. 8.1 Horizontal Ruler Horizontal Ruler adalah garis bantu dengan posisi mendatar. 8.2 Vertical Ruler Vertical Ruler adalah garis bantu dengan posisi tegak. 9. Status Bar Status Bar adalah bagian dari tampilan Microsoft Word yang berfungsi untuk menampilkan keterangan terkait proses yang sedang terjadi di lembar kerja.

10. Page View Page View adalah ruler adalah bagian tampilan microsoft word yang digunakan untuk mengatur kontrol untuk mengubah tampilan lembar kerja dan memperkecil atau memperbesar tampilan lembar kerja 11.

Account & Share Account & Share adalah fitur terbaru dari Microsoft terkait lisensi software, sharing, dan mempermudah manajemen akun pengguna. 12. Text Cursor (Caret) Text Cursor adalah posisi kursor untuk menulis teks pada lembar kerja Microsoft Word dan pada umumnya disebut dengan caret.

Sumber : https://www.advernesia.com/blog/microsoft-word/tampilan-microsoft-word/ Program aplikasi Microsoft Word adalah salah satu aplikasi pengolah kata yang paling diminati banyak pengguna di dunia. Karena mempunyai banyak fitur-fitur dengan tampilan yang mudah digunakan ( user friendly). Sehingga software ini dapat membantu memudahkan pengguna dalam mengoperasikannya.

Setelah mengetahui pengertian Microsoft Word pada artikel sebelumnya, kita juga harus mengetahui bagian-bagian Microsoft Word. Agar kita bisa mengoperasikan aplikasi dan belajar MS Word dengan mudah. Pada artikel ini saya menggunakan tampilan Microsoft Word 2019. Namun sebenarnya bagian-bagian dari tampilan tidak jauh berbeda dengan word 2007, 2010, 2013 dan 2016. 1. Quick Access Toolbar (Toolbar Akses Cepat) Toolbar akses cepat berada di pojok kiri atas jendela.

Toolbar ini memiliki 3 tombol yang berbentuk icon yaitu tombol Save, Undo & Redo serta Customize Quick Access Toolbar. Fungsi toolbar akses cepat: • Save, untuk menyimpan setiap perubahan file dokumen • Undo, untuk membatalkan/mengembalikan perubahan file dokumen yang terakhir. Terlihat tombol panah mengarah ke bawah untuk melihat setiap daftar perubahan file yang dibatalkan.

• Redo, untuk mengembalikan pembatalan apabila kita telah merubah file dokumen yang terakhir. • Customize Quick Access Toolbar, untuk mengkustomisasi atau kita bebas mengatur tombol yang ada pada toolbar akses cepat sesuai dengan kebutuhan. 2. Title Bar (Baris Judul) Title bar adalah bagian Microsoft Word yang berada di tengah paling atas aplikasi saat MS Word dibuka.

ruler adalah bagian tampilan microsoft word yang digunakan untuk mengatur

Title bar berfungsi untuk menampilkan nama dokumen dan jenis dokumen yang sedang aktif pada bagian atas jendela aplikasi. Jika kita membuka file baru dan belum diberi nama maka dokumen akan secara default bernama Document1, Document2, dan seterusnya.

Tidak hanya itu saja, fungsi title bar yang lain juga bisa digunakan untuk memindahkan jendela aplikasi secara keseluruhan dengan cara drag and drop menggunakan mouse. 3. Window Management (Kontrol Jendela) Window Management terletak di sudut kanan atas jendela dan terdiri atas 4 tombol. Fungsi pada masing-masing tombol tersebut antara lain: • Tombol Close berfungsi untuk menutup jendela ms word • Tombol Restore Down digunakan untuk memperkecil jendela.

Sedangkan tombol Maximize digunakan untuk menampilkan dan memperbesar jendela secara full. • Tombol Minimize, jika tombol ini diklik maka jendela word memperkecil dirinya dan menjadi icon aktif pada taskbar. • Ribbon Display Options, untuk menampilkan atau menyembunyikan toolbar ribbon, terdapat beberapa pilihan pengaturan yang bisa kita sesuaikan. Oh iya, jika jendela ms word dalam ukuran normal, maka tombol restore akan berubah menjadi tombol maximize, begitu juga sebaliknya. 4. Ribbon Ribbon adalah kumpulan menu bar yang memiliki tombol-tombol perintah MS Word dan telah dikelompokkan sedemikian rupa berdasarkan fungsi masing-masing untuk memudahkan penggunaannya.

Fungsi ribbon adalah untuk mengelompokkan fitur-fitur dari MS Word yang kemudian ditampilkan secara teratur agar mudah diakses. Di dalam ribbon terdapat bagian lain yaitu: • Menu bar adalah baris menu utama yang ditampilkan secara mendatar di bawah title bar.

Fungsi dari menu bar adalah untuk mengelompokkan menu berdasarkan kegunaannya. Menu pada Microsoft Word secara default terdiri dari 10 menu. Yaitu menu Home, Insert, Design, Layout, References, Mailings, Review, View dan Help.

• Tombol pembuka dialog box, ada beberapa menu perintah yang memiliki tombol pembuka dialog box ini. Klik pada tombol tersebut sehingga akan tampil dialog box yang berhubungan denga menu perintah tersebut. 5. Ruler (Penggaris) Ruler adalah fitur pengukur halaman yang berfungsi untuk mengatur tata letak halaman baik itu teks maupun objek (bisa gambar, table dan lain sebagainya).

Dengan memanfaatkan fitur ini kita dengan mudah bisa mengetahui dan mengatur batas halaman, tabulasi, jarak teks dengan tepi halaman maupun dengan objek lainnya. Letak itu sendiri biasanya terdapat di atas lembar halaman (tepat di bawah ribbon). Tapi selain itu kita juga bisa menampilkan ruler di samping halaman. 6. Worksheet (Lembar Kerja) Jika kita membuka dokumen baru dan terlihat lembaran halaman bewarna putih itu adalah Worksheet.

ruler adalah bagian tampilan microsoft word yang digunakan untuk mengatur

Worksheet biasa juga disebut sebagai lembar kerja, workspace atau teks area pada Microsoft Word. Worksheet ibarat seperti kanvas. Bagian ini merupakan tempat untuk mengetik, mengedit, menambahkan gambar dan pekerjaan lain sesuai dengan kebutuhan kita. 7. Kursor Sebelum kita menulis di lembar dokumen yang baru, kita akan melihat tanda garis tegak yang berkedip-kedip.

Letaknya berada pada kiri atas worksheet. Kursor berfungsi untuk menunjukkan posisi pengetikan atau posisi interaksi dengan layar saat ini. Ketika mengetikkan sesuatu maka teks akan keluar di lokasu kursor tersebut. Kita bisa memindahkan kursor kita dengan menggerakkan mouse kemanapun yang kita inginkan. Misalnya untuk mengedit teks yang telah kita tulis. 8. Status Bar Status bar terdapat pada bagian kiri paling bawah jendela MS Word.

ruler adalah bagian tampilan microsoft word yang digunakan untuk mengatur

Fungsi status bar adalah untuk menampilkan informasi secara real time mengenai perintah yang sedang aktif pada dokumen yang sedang dibuka.

Informasi tersebut antara lain: • Page … of …menunjukkan jumlah total halaman yang sedang ditampilkan dan pada halaman berapa (kursor) anda aktif.

• … Words, menunjukkan jumlah kata yang ada pada dokumen. • English (United States), yaitu Bahasa yang digunakan dalam ms word tersebut maupun sebagai pengejaan kata (spelling) terhadap teks yang diketik. 9. Page View (Tampilan Halaman) Bagian jendela yang satu ini terdapat pada pojok kanan paling bawah ms word. Letaknya sebaris dan bersebelahan dengan Status Bar.

Secara default tampilan yang terlihat pada layar kita adalah tampilan print layout. Bisa kalian lihat pada gambar tersebut bahwa tampilan print layout sedang aktif. Pada toolbar Page View ada 5 macam pilihan tampilan yang dapat kita pilih sesuai dengan kebutuhan. Masing-masing mempunyai fungsi tersendiri bagi penggunannya. Berikut lebih jelasnya apa perbedaan dari masing -masing tampilan tersebut: • Read Mode, mode ini menampilkan halaman dokumen menjadi satu tampilan terdapat 2 lembar halaman secara berdampingan seperti ruler adalah bagian tampilan microsoft word yang digunakan untuk mengatur buku yang dijilid.

• Print Layout, mode ini berfungsi untuk menunjukkan ukuran sebenarnya dari dokumen dan menampilkan tatak letak halaman. Sehingga memudahkan ketika dokumen hendak dicetak (di print). • Web Layout, mode ini berfungsi untuk menampilkan halaman dokumen seperti tampilan pada website. Halaman dokumen akan nampak melebar jika kalian memilih tampilan ini. • Slider zoom in & zoom out, untuk mengatur perbesaran atau pengecilan tampilan halaman dokumen dengan cara menyeret ke kiri untuk zoom out (atau klik tombol +) sedangkan seret ke kanan untuk zoom in (atau klik tombol -) Bagaimana, apa kalian sudah mengenal betul bagian-bagian jendela dari ms word?

Tentu jika kita terus mempelajari dan mencoba satu-persatu setiap menu yang ada maka kita akan terbiasa menggunakannya.
• Aplikasi • APK • Software • MOD • Game • Among Us • Mobile Legends • PUBG • Mobile • Android • Xiaomi • Oppo • Realme • iOS • PC • Linux • Microsoft Excel • Microsoft Word • Photoshop • Power Point • Windows • IT • Augmented Reality • Programmer • Bootstrap 4 • Custom Bootstrap 4 • Tutorial HTML • Tech Hack • Google Classroom • Marketplace • Shopee • Bisnis • Indihome • Internet • Smart TV • Teka-Teki • E-Money • Pendidikan • Agama Islam • Akuntansi • Bahasa Indonesia • IPA • IPS • Matematika • PKN • Tematik • Social Media • Facebook • Instagram • Michat • Pinterest • Telegram • Tiktok • Twitter • Wattpad • Whatsapp • Youtube Cara Mengatur Satuan Di Microsoft Word Ruler yaitu penggaris, penggaris disini terdapat di microsoft word.

Terkadang banyak hal yang kita tidak kita ketahui tentang menu-menu di word. Contohnya saja cara menampilkan ruler di word dan bagaimana mengatur satuan ruler di word ? Satuan ruler pada microsoft word yang biasa kita gunakan adalah CM.

Tetapi ada suatu pekerjaan yang pada pengolah data mengharuskan penggunakan jarak spasi ataupun margin tertentu menggunakan inchi atau satuan lainnya.

ruler adalah bagian tampilan microsoft word yang digunakan untuk mengatur

Baca juga : Cara Mengunci File Word Dengan Password Agar Tidak Bisa Dicopas Cara Menampilkan Ruler di Microsoft Word 2010 Menampilkan Ruler di microsoft word sangat mudah. Disini ada 2 cara menampilkan ruler di microsoft yaitu menampilkan dengan Menu View dan langsung dengan tanda rulernya.

Penggunaan ruler sendiri sangat di perlukan, karena ruler ini berfungsi untuk mengatur jarak tulisan. Biasanya setiap kita untuk mengatur jarak tulisan atau spasi tulisan menggunakan tab. tetapi Tab tidak efektif untuk mengatur jarak yang di perlukan sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing.

ruler adalah bagian tampilan microsoft word yang digunakan untuk mengatur

Ruler ini selain untuk mengatur jarak tulisan atau spasi tulisan, ruler juga mengatur margin kanan kiri atas atau bawah sesuai ukuran yang kita inginkan. Pada umumnya pengaturan margin yang biasa kita gunakan adalah 2,54 cm.

ruler adalah bagian tampilan microsoft word yang digunakan untuk mengatur

Baca juga : Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Word Cara Menampilkan Ruler Menggunakan Menu View Langkah 1 : Buka aplikasi Microsoft Word • Disini saya menggunakan aplikasi Microsoft Word 2010, Jika kamu menggunakan aplikasi microsoft word berbeda versi, maka tidak akan jauh beda pengaturan menampilkan rulernya. • Tampilan Microsoft word 2010 yang tidak ada ruler nya. Langkah 2 : Menampilkan Ruler di tampilan awal microsoft word • pilihlah menu View, pada bagian show ada bacan Ruler maka ceklis atau centangkan • caranya klik satu kali pada bagian ruler.

• Hasil Ruler di microsoft word 2010 Cara Menampilkan Ruler Secara Langsung Berbeda dengan menampilkan ruler menggunakan menu view, cara ini lebih singkat dan sangat mudah. Tetapi ini semua tergantung dari kita sebagai pengguna. Bagaimana cara yang lebih efektif untuk kita gunakan. Langkahnya yaitu dengan mengklik langsung Tombol Ruler yang ada disebelah kanan yang berada di bagian garis untuk menscroll ke atas dan ke bawah.

Bisa dilihat pada gambar di bawah ini Cara Mengatur Satuan Di Microsoft Word • Buka file dokumen, lalu pilih Menu File – Options. • Selanjutnya pilih menu Advanced, jika sudah dia akan menampilkan semuanya.

Disini kamu scroll sampai ke bagian Display, dan pada bagian “Show measurements in units of ” maka kamu ganti lah sesuai dengan keperluan kamu. • kamu bisa lihat pada gambar di bawah ini : Sekian penjelasan mengenai cara menampilkan ruler dan mengatur satuan pada ruler di microsoft word. Mungkin sebagian kita sudah terbiasa tanpa menggunakan ruler dan juga menggunakan ruler, bahkan banyak yang mengabaikan tentang pengaturan ruler di microsoft word.

Daftar Baca Cepat • Kegunaan Microsoft Word • Apa Saja Manfaat Microsoft Word • Bagian-bagian Menu pada Microsoft Word • Lembar Kerja (workspace) • Ribbon • Menu Office Button • Menu Home • Menu Insert • Menu Layout • Menu References • Menu Mailings • Menu Review • Menu View • Quik Access Toolbar • Title Bar • Window Management (Kontrol Jendela) • Tab Management • Scroll Bar • Ruler • Status Bar • Page View • Account and Share • Caret (Text Crusor) • Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Word • Kelebihan • Kekurangan Bagian-bagian Microsoft Word dan Fungsinya Microsoft Word sebagai aplikasi pengolah kata memiliki bagian-bagian serta fungsi yang harus diketahui.

Berikut penjelasan lengkap dari kami mengenai funsgi kegunaan Microsoft Word, manfaat Microsoft Word, bagian meu-menu pada Microsoft Word dan kelebihan serta kekurangan Microsoft Word.

Kegunaan Microsoft Word Fungsi Microsoft Word adalah sebagai salah satu program pengolah kata. Program ini lebih banyak digunakan untuk pengetikan. Sebagai salah satu pengembang software yang populer, Microsoft memang mengedepankan user friendly untuk setiap inovasinya.

Maka dari itu, menggunakan Microsoft Word ini tidaklah begitu sulit. Ruler adalah bagian tampilan microsoft word yang digunakan untuk mengatur awalnya, Microsoft Word mulai dikembangkan pada tahun 1983 hingga pertengahan tahun 2001. Pertama kali dikembangkan oleh perusahaan Corporation.

Ada beberapa sistem yang didukung oleh program ini, diantaranya adalah Microsoft Windows, LINUX, Android, iOS dan MacOS. Apa Saja Manfaat Microsoft Word • Pekerjaan serasa lebih mudah dalam mengerjakannya Kamu bisa membuat dokumen sesuai keinginan dan sekaligus bisa mengedit atau mengubah dokumen tersebut sebelum dicetak.

Kamu juga bisa membuat tabel dengan beragam pilihan desain sesuai keinginan. • Waktu bekerja lebih cepat dan efisien Baca Juga: Perbedaan Jenis Lisensi Windows COA, OEM, OLP dan FPP Kamu akan merasa lebih menghemat waktu dalam bekerja menggunakan Microsoft Word.

Ada pilihan mail marge yang berfungsi untuk membuat surat secara massal. Fitur ini akan membantumu untuk efisiensi waktu dibandingkan menulis surat secara satu persatu atau mencetaknya. • Lebih hemat biaya dan kertas Kamu akan lebih hemat kertas karena dengan menggunakan Microsoft Word ini akan bisa menyimpan dokumen yang sudah dikerjakan dalam bentuk file. Dengan ini, kamu juga akan lebih menghemat biaya operasional.

Bagian-bagian Menu pada Microsoft Word Dalam menjalankan fungsinya, tampilan Microsoft Word dilengkapi banyak menu. Berikut menu pada Microsoft Word dan fungsinya yang harus kamu tahu! • Lembar Kerja ( workspace) Bagian ini akan menampilkan tulisan yang dibuat serta yang akan diprint.

Bagian ini juga kerap disebut dengan lembar kerja. • Ribbon Bagian ini menjadi bagian yang memuat menu-menu utama pada Microsoft Word dengan berisi tombol-tombol perintah. Pada umumnya, Ribbon ini memuat 9 menu utama, yakni: • Menu Office Button Menu ini berisi tombol perintah untuk manajemen file.

• Menu Home Terdapat tombol perintah dasar untuk pengeditan dokumen seperti font, margin, perataan tulisan, dan lain-lain/ • Ruler adalah bagian tampilan microsoft word yang digunakan untuk mengatur Insert Ada tombol perintah dalam menu ini untuk melakukan desain pada lembar kerja.

Seperti menambahan gambar, border, hingga font yang artistik. • Menu Layout Terdapat tombol perintah untuk mengatur format pada kertas serta tulisan, misalnya seperti kolom dan ukuran kertas. • Menu References Ada tombol perintah pada menu ini untuk mengatur manajemen email dan surat. • Menu Mailings Kamu bisa melakukan manajemen email atau surat dalam menu ini. • Menu Review Kamu bisa mengatur review tulisan, mulai dari spelling dan bahasa di menu ini. • Menu View Pada menu ini, kamu bisa mengatur tampilan Microsoft Word seperti menyembunyikan atau menampilkan navigation pane.

• Quik Access Toolbar Bagian ini memiliki fungsi untuk menampilkan perintah yang sering kamu gunakan. Kamu juga bisa menambahkan atau mengurangi perintah yang sudah ditampilkan. • Title Bar Di sini akan ditampilkan nama dokumen yang sedang dibuka. Kamu juga bisa memberikn nama pada dokumenmu sebelum dibuka atau menyimpannya terlebih dahulu. • Window Management (Kontrol Jendela) Bagian ini memiliki fungsi untuk mengatur tampilan jendela Microsoft Word.

Ada 4 tombol penting seperti Ribbon Display Option untuk menampilkan dan menyembunyikan Ribbon. Baca Juga: Bagian-bagian Menu pada Microsoft Excel dan Fungsinya Sedangkan Minimize berfungsi untuk mengalihkan jendela ke mode latar belakang pada taskbar, Restore Down Maximize berfungsi untuk menampilkan jendela secara penuh(maximize) dan Restore Down untuk mengeciilkan tampilan.

Hingga Close untuk menutup halaman. • Tab Management Bagian ini berfungsi untuk memanajemen tabulasi tulisan. • Scroll Bar Berfungsi untuk menggeser halaman, ada dua bagian dalam menu ini seperti Horizontal Scroll Bar untuk menggeser dokumen ke kanan dan kiri.

Serta Vertical Scroll Bar untuk menggeser dokumen ke atas dan ke bawah. • Ruler Menu ini akan menampilkan garis bantu yang dapat digunakan untuk mengatur identasi paragraf atau margin penulisan.

Ada dua bagian, yakni Horizontal Ruler yang menyediakan garis bantu dengan posisi mendatar. Kemudian Vertical Ruler untuk garis bantu dengan posisi tegak.

• Status Bar Bagian ini berfungsi untuk menampilkan keterangan pada proses yang terjadi pada lembar kerja. • Page View Terdapat fitur kontrol yang dapat mengubah tampilan lembar kerja dan memperkecil serta memperbesar lembar kerja.

• Account and Share Menu ini merupakan fitur terbaru untuk lisensi software, sharing, hingga memeprmudah manajemen user. • Caret (Text Crusor) Menu ini berfungsi sebagai posisi krusor guna menulis teks pada lembar kerja. Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Word Kelebihan • Sudah dilengkapi tool dasar untuk desktop publishing. • Memiliki fasilitas yang lebih lengkap, mulai dari dapat memasukan gamabr agar terlihat lebih menarik hingga membuat daftar pustaka dengan menu References.

• Loading dirasa lebih cepat dengan ukuran file yang lebih kecil hingga dapat membaca semua file dari versi office yang tersedia.

ruler adalah bagian tampilan microsoft word yang digunakan untuk mengatur

• Bisa langsung memposting tulisan ke blog hingga menyimpan dokumen dengan deafult yang diinginkan seperti PDF. Baca Juga: Jenis Microsoft Office dan Fungsi Microsoft Office Kekurangan • Spesifikasi yang dicapai lebih berat di mana kecepatan prosesor harus mencapai 500 MHz, RAM sebesar 256 MB-512 MB, VGA 64 GB, dan HDD yang harus disediakan minimal 600 MB hingga 1 GB. • Windows yang digunakan minimal XP dengan SP2. • File yang dihasilkan deafultnya adalah .docx sehingga tidak dapat dibaca oleh Microsoft Word 2003.

Itulah tentang Bagian-bagian Menu bar Microsoft Word dan Fungsinya. Semoga artikel ini bermanfaat!
Menampilkan Ruler di word dapat memaksimalkan pekerjaan kita ketika sedang membuat atau mengedit dokumen. Fitur ini digunakan agar tulisan lebih rapih posisinya.

Kehilangan fitur ruler di Word biasanya terjadi jika Anda melakukan update versi Word atau ketika melakukan install ulang perangkat PC atau laptop. Daftar Isi • Cara Menampilkan Ruler di Word dengan Mudah • 1.

ruler adalah bagian tampilan microsoft word yang digunakan untuk mengatur

Menampilkan Ruler Secara Horizontal • 2. Menampilkan Ruler Secara Vertikal • Cara Mengubah Satuan Ruler • Fungsi Bagian Ruler di Word Cara Menampilkan Ruler di Word dengan Mudah 1. Menampilkan Ruler Secara Horizontal Untuk cara menampilkan fitur ruler di Word sebenarnya cukup mudah dan hampir semua versi word memiliki cara yang sama.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk menampilan fitur ruler di lembar kerja Word. • Langkah pertama yaitu membuka program Microsoft Word Anda. • Jika sudah masuk ke lembar kerja, klik opsi “ View”. • Langkah selanjutnya Anda bisa melihat pada menu “ Show” terdapat opsi “ Ruler”, centang opsi tersebut. • Nantinya secara otomatis ruler akan tampil di bagian atas lembar kerja. 2. Menampilkan Ruler Secara Vertikal Mungkin Anda sangat jarang mendengarkan istilah vertikal ruler di Microsoft Word.

Biasanya fitur ini digunakan untuk mengatur jarak pada header dan footer. Baca Juga: • Cara Membuat Garis di Word • Cara Membuat Bagan di Word Mengatur header dan footer tentunya juga cukup penting untuk proses penomoran halaman.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan menampilkan ruler secara vertikal pada Microsoft Word. • Langkah pertama yaitu membuka program Microsoft Word di perangkat PC atau laptop yang Anda gunakan. • Setelah itu klik menu File. • Jika halaman File sudah terbuka, klik menu “ Options”. • Setelah menu Options terbuka, Anda dapat klik menu Advanced lalu gulirkan halaman ke bawah hingga menemukan menu Display.

• Kemudian centang opsi “ Show Vertical Ruler in Print Layout View”. • Langkah terakhir klik OK. • Setelah itu Anda bisa kembali ke halaman lembar kerja, nantinya secara otomatis vertical ruler akan aktif dan sudah bisa digunakan. Cara Mengubah Satuan Ruler Selain dapat menampilkan ruler, Anda juga dapat mengubah satuan dari fitur ruler tersebut.

Pada umumnya di setiap versi Word menggunakan satuan inch pada fitur rulernya. Namun karena di Indonesia sendiri lebih sering menggunakan satuan centimeter, maka Anda bisa mengubah sistem satuannya. Berikut ini adalah cara yang bisa Anda gunakan untuk mengubah satuan ruler di Microsoft Word.

• Langkah pertama yaitu membuka program Microsoft Word di perangkat yang Anda gunakan. • Setelah halaman lembar kerja sudah terbuka, klik menu File. • Kemudian pilih menu Options.

• Jika halaman menu Options sudah terbuka, pilih menu Advanced.

ruler adalah bagian tampilan microsoft word yang digunakan untuk mengatur

• Gulirkan ke bawah hingga menemukan menu Display, lalu cari opsi “ Show Measurements in units of”. • Disana Anda dapat langsung mengubah satuannya dengan klik panah yang terdapat di kotak.

• Terdapat beberapa pilihan satuan yang bisa Anda gunakan, seperti inch, centimeter, millimeter, points, atau picas. • Setelah itu klik tombol OK. • Anda dapat kembali ke halaman lembar kerja dan satuan ruler sudah berubah sesuai dengan satuan yang Anda butuhkan. Fungsi Bagian Ruler di Word Jika Anda lihat, ruler di Microsoft Word memiliki beberapa bagian seperti garis kecil dan angka.

Banyak dari pengguna fitur ruler adalah bagian tampilan microsoft word yang digunakan untuk mengatur sendiri tidak mengetahui fungsi dari bagian-bagian tersebut. Berikut ini adalah nama-nama bagian beserta fungsinya yang terdapat di fitur ruler. • First Line Indent Berfungsi untuk mengatur ketikan di baris pertama dokumen. • Hanging Indent Berfungsi untuk mengatur ketikan di baris kedua dokumen.

• Left Indent Berfungsi untuk mengatur ketikan di bagian kiri dokumen. • Right Indent Berfungsi untuk mengatur ketikan di bagian kanan dokumen. • Left Tab Berfungsi untuk mengatur ketikan mulai dari kiri dengan cara mencentang simbol “L” di ruler sesuai keinginan. Dengan mengetahui cara menampilkan ruler di Word, tentunya Anda akan lebih mudah untuk membuat sebuah dokumen.

Tidak hanya memudahkan Anda, namun dokumen juga akan menjadi jauh lebih rapi dan teratur, sangat bermanfaat jika digunakan untuk pembuatan dokumen penting.

Originally posted 2020-11-23 12:00:14. Artikel Terbaru • Mengenal Pendidikan Karakter, Dan Contoh Penerapannya • Metabolisme : Jenis, Cara Kerja, dan Tahapan • Membalik Gambar di Photoshop • Surat Perintah dan Contohnya • Cara Membuat Bootable Flashdisk • Cara Uninstall Microsoft Office • Surat Panggilan dan Contohnya • Penyetaraan Ijazah
Advertisements Dengan adanya ruler pada Word, tentu sangat membantu kamu dalam mengatur jarak paragraf, jarak tab, atau jarak kolom pada tabel.

Baik saat pengeditan dokumen surat-menyurat, makalah atau skripsi. Secara default, fitur ruler ini sebenarnya gak diaktifkan. Lalu, bagaimana cara menampilkan ruler di Microsoft Word? Ingin tahu? Langsung simak aja yuk, penjelasannya dibawah ini!

ruler adalah bagian tampilan microsoft word yang digunakan untuk mengatur

Daftar Isi • Menampilkan Ruler di Word • Cara Mengatur Satuan Ruler di Word Menampilkan Ruler di Word Caranya: • Pertama, buka aplikasi Microsoft Word yang ada di PC/Laptop kamu. • Nah, nantinya kamu mungkin akan menemukan tampilan seperti dibawah ini saat membuka Word, dimana fitur Ruler atau Penggaris gak tampil.

• Kemudian, kamu cari dan pilih pada opsi Ribbon View lalu check pada pilihan Ruler. • Setelah kamu check Ruler, secara otomatis fitur Ruler atau Penggaris akan ditampilkan pada tampilan Microsoft Word kamu. Cara Mengatur Satuan Ruler di Word Saat kamu melihat ruler pada Microsoft Word, satu hal yang harus di sadari yaitu jarak antar angka atau ukurannya gak terlalu familiar buat kita.

Hal ini cukup wajar, mengingat Microsoft Windows biasanya memakai Inch sebagai default ukuran dalam sistemnya, tapi di Indonesia lebih banyak yang memakai centimeter. Baca juga : Cara Menghilangkan Garis Merah di Word Nah, kamu gak perlu khawatir karena kamu bisa merubah ukuran tersebut menjadi yang kamu inginkan. Caranya: • Pertama, setelah membuka aplikasi Microsoft Word dan kamu klik menu File pada Ribbon.

• Kemudian, klik pada pilihan Options yang ada dibawah sendiri. • Lalu, silakan kamu pilih bagian Advanced pada tab sebelah kiri, dan kamu scroll kebawah pada bagian sebelah kanan. • Pada bagian Display, silakan cari “Show Measurements in units of:.

Bagian ini bertugas buat mengatur satuan ukuran di Microsoft Word. • Kalo sebelumnya adalah Inches, kamu bisa mengubahnya dengan cara mengklik kotak tersebut dan pilih satuan ukuran yang lebih familiar buat kamu. • Tersedia beberapa pilihan, ada centimeter, millimeter, points dan picas. Setelah memilih, kamu tinggal klik OK. • Setelah selesai, kamu akan bisa melihat satuan ukuran pada Microsoft Word terutama pada penggaris atau Ruler kamu udah berubah.

Selamat mencoba dan semoga bisa membantu kamu dalam belajar 😀

TIPS MS WORD CARA MENAMPILKAN RULER PADA MS WORD 2016




2022 www.videocon.com