Sebutkan manfaat dari olahraga bersepeda

sebutkan manfaat dari olahraga bersepeda

Manfaat bersepeda sangat banyak, terutama bagi kesehatan tubuh. Bayangkan kamu menikmati angin dan udara segar di sekitaran lingkungan rumah saat pagi atau sore hari tentu sangat menyenangkan, apalagi jika kamu menikmatinya sambil melakukan olahraga bersepeda santai, akan lebih banyak manfaat yang didapatkan.

Seperti yang sudah dikatakan, selain menyenangkan karena dapat menikmati udara segar, ternyata bersepeda sebutkan manfaat dari olahraga bersepeda memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh, apalagi jika dilakukan secara rutin. Penasaran apa saja manfaat dari rutin bersepeda? Berikut penjelasannya! Jenis-jenis sepeda terbaik Gambar: Sebelum merasakan manfaat bersepeda kamu harus tahu jenis sepeda yang ingin digunakan. (Foto: Pexels) Sebelum kamu membeli sepeda untuk kamu gunakan dan merasakan manfaatnya, kamu juga harus mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis sepeda yang dapat kamu pakai, tentunya disesuaikan dengan kebutuhan agar manfaatnya dapat dirasakan secara maksimal.

Dari banyaknya jenis sepeda, yang sering atau umum dipakai dan digunakan oleh masyarakat adalah sepeda gunung (MTB), sepeda balap, sepeda hybrid, sepeda BMX, sepeda lipat, sepeda fixie, dan terakhir adalah tipe sepeda road bike. Dari semua jenis sepeda itu memiliki fungsi yang berbeda, kamu harus mencari tahu terlebih dahulu sepeda apa yang ingin kamu gunakan, sesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Contohnya, bila kamu ingin bermain sepeda di jalan, ada baiknya kamu membeli sepeda tipe road bike, bukan BMX. Manfaat bersepeda untuk kesehatan Bersepeda memiliki manfaat banyak bagi kesehatan tubuh kamu.

Namun, semua manfaat itu akan didapatkan dan dirasakan bila kamu konsisten dalam melakukannya. Diambil dari beberapa sumber, berikut manfaat bersepeda untuk kesehatan tubuh kamu. 1. Membakar kalori secara cepat Sumber: Pexels.com Dengan bersepeda, kamu bisa membakar kalori sekitar 300 kalori per jam dengan kecepatan yang sedang dan sebutkan manfaat dari olahraga bersepeda kalori per jam jika kecepatan bersepeda mencapai lebih dari 16 km/jam.

Sedangkan jika bersepeda gunung melewati medan yang berat selama 1 jam, kamu sudah membakar kalori sebanyak 700 kalori. Bahkan Kamu sudah dapat membakar lemak sebanyak 5 kg selama setahun hanya dengan bersepeda dalam waktu setengah jam setiap harinya dengan kecepatan yang sedang. CEK HARGA SEPEDA LIPAT DI SINI Baca juga 7 Benda yang Harus Kamu Punya Setelah Membeli Sepeda 2. Meningkatkan kekuatan otot Sumber: Pexels.com Selama bersepeda tentu seluruh anggota tubuh akan aktif bergerak, mulai dari kaki yang mengayun, hingga mata yang selalu waspada.

Hal ini membuat anggota tubuh yang bersangkutan mengalami peningkatan aktivitas. Apabila aktivitas tersebut dilakukan secara rutin, maka otot akan menjadi semakin kuat dan fleksibel.

[blproducts title="Sepeda dengan harga terjangkau di Bukalapak" ids="dq6h2f,1061gbt,dzctqj,14gf11x"] 4. Meningkatkan suasana hati dan menurunkan stres Sumber: Pexels.com Saat bersepeda, tanpa kamu sadari tubuh akan menghasilkan hormon endorfin yang memicu timbulnya rasa nyaman dan suasana hati yang positif.

Selain itu, hormon endorfin juga dipercaya dapat mengurangi rasa sakit. Dengan timbulnya rasa nyaman dalam tubuh, tentu saja secara otomatis kamu akan melupakan sejumlah beban yang sempat menggelayuti pikiran. [blproducts title="Macam-macam sepeda polygon" ids="w26ly,82nxuz,d64t1l,hj0u4n"] Baca juga 5 Tips Memilih Sepeda Balap Bagi Para Pemula 5.

sebutkan manfaat dari olahraga bersepeda

Memperbaiki sistem kardiovaskular Sumber: Pexels.com Bersepeda dapat digolongkan sebagai olahraga kardio, karena memicu kinerja jantung, paru-paru, dan sistem sirkulasi. Selain itu, bersepeda secara rutin juga mampu menurunkan tingkat kolesterol jahat yang ada dalam darah, menguatkan otot jantung, serta menurunkan tekanan darah. Penurunan tingkat kolesterol jahat akan meminimalkan risiko penyempitan pembuluh darah. Otot jantung pun akan lebih terlatih, sehingga proses menghantarkan darah dan oksigen ke seluruh tubuh semakin optimal.

Jika kinerja sistem peredaran darah atau kardiovaskular ini semakin baik, maka semakin rendah pula risiko Anda terkena stroke, serangan jantung, ataupun tekanan darah tinggi. [blproducts title="Helm sepeda harga murah " ids="fjy76j,88uws5,hl1ded,8nchbl"] 6. Meningkatkan stamina Sumber: Pexels.com Selain digolongkan sebagai olahraga kardio, bersepeda juga termasuk dalam jenis olahraga low impact yang berarti tidak menimbulkan efek lelah secara cepat. Hal inilah yang membuat bersepeda bisa meningkatkan stamina, karena kamu dapat mengayuh sepeda dengan waktu yang lebih lama dibanding ketika melakukan gerakan aerobik atau berjalan kaki yang membuat cenderung lebih cepat merasa lelah.

[blproducts title="Saddle sepeda nyaman dengan harga bersahabat di Bukalapak" ids="b3317h,c0umej,15tkt66,b3317h"] Baca juga Baca juga 7 Cara Sederhana Menurunkan Berat Badan di Usia 40 7. Meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh Sumber: Pexels.com Dengan duduk di sadel dan menaikkan kaki dari tanah untuk mengayuh sepeda, Kamu semakin terlatih untuk seimbang.

Saat berbelok menaiki sepeda, otot inti akan terlibat untuk membuat tubuh Kamu menajdi tetap tegak. Sementara itu, koordinasi tubuh akan terbangun ketika Kamu mengubah gigi atau menggunakan lengan dan kaki saat bersepeda.

Merdeka.com - Selain sebagai transportasi, bersepeda juga termasuk kegiatan berolahraga. Bersepeda memiliki banyak manfaat dalam kesehatan terutama bagi kesehatan jantung.

Di samping itu, bersepeda juga mengurangi resiko kecelakaan lalu lintas dibanding dengan mengendari motor. Menurut statistik Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia, sepeda motor masih menempati urutan tertinggi jenis kendaraan yang kerap mengalami kecelakaan hingga Februari 2020. Meski begitu tak jarang pengguna sepeda menjadi korban tabrakan lalu lintas karena tidak memiliki jalur yang aman untuk bersepeda.

Bersepeda merupakan sarana transportasi yang ramah lingkungan karena tidak menyebabkan polusi, bahkan menyehatkan tubuh Anda. Berikut manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh dan lingkungan yang harus sangat dianjurkan untuk memperbaiki lingkungan hidup kita yang semakin terancam dilansir dari Healthline: Mengontrol Berat Badan 2020 Merdeka.com Terbiasa bersepeda, terutama pada intensitas tinggi, membantu menurunkan kadar lemak tubuh yang mendukung sebutkan manfaat dari olahraga bersepeda berat badan yang sehat.

Selain itu, bersepeda akan meningkatkan metabolisme dan membentuk otot, yang memungkinkan Anda membakar lebih banyak kalori, bahkan saat istirahat. BACA JUGA: Polres Semarang Ungkap Kasus 'Pembunuhan Sebelum Salat Ied', Ternyata Ini Motifnya Berkunjung ke Makassar, Ini Momen Hangat Ganjar Pranowo Bertemu Raja Gowa Untuk membuat kaki Anda lebih kuat, cobalah latihan angkat berat, seperti squat, leg presses, dan lunges beberapa kali per minggu untuk lebih meningkatkan kinerja bersepeda Anda.

Bagus untuk Pemula 2020 Merdeka.com Mengendarai sepeda cukup mudah dilakukan. Jika Anda mengalami kesulitan dengan sepeda standar, sepeda stasioner adalah alternatif yang bagus.

Jika Anda baru mulai berolahraga atau bangkit kembali dari cedera atau sakit, Anda dapat bersepeda dengan intensitas rendah. Latihan Otot Inti 2020 Liputan6.com/Ditto Radityo Bersepeda juga melatih otot inti Anda, termasuk punggung dan perut. Menjaga tubuh Anda tegak dan menjaga posisi sepeda tetap membutuhkan kekuatan inti dalam jumlah tertentu.

Perut yang kuat dan otot punggung mendukung tulang belakang Anda, meningkatkan stabilitas, dan meningkatkan kenyamanan saat bersepeda. Meningkatkan Kesehatan Mental 2015 Merdeka.com/shutterstock Bersepeda dapat meredakan perasaan stres, depresi, atau kecemasan. Berfokus pada jalan saat Anda bersepeda membantu mengembangkan konsentrasi dan kesadaran akan saat ini.

Ini dapat membantu mengalihkan fokus Anda dari masalah harian yang sedang Anda hadapi. Jika Anda merasa lesu, bersepedalah setidaknya selama 10 menit.

Bersepeda bisa melepaskan endorfin, yang pada gilirannya membantu Anda merasa lebih baik sambil menurunkan tingkat stres. Anda mungkin merasa lebih percaya diri dan puas setelah Anda menjadikan bersepeda sebagai bagian rutin dari hidup Anda. Dapat Membantu Penderita Kanker hopkinsmedicine.org Bersepeda adalah tambahan fantastis untuk rencana perawatan Anda jika Anda memiliki atau sedang dalam pemulihan dari kanker. Bersepeda juga dapat membuat Anda tetap ramping dan bugar. Bersepeda dapat mengurangi risiko Anda untuk jenis kanker tertentu, termasuk kanker payudara.

Menurut penelitian dari 2019, tetap aktif bersepeda jika Anda menderita kanker payudara dapat membantu mengurangi efek samping dari pengobatan kanker, termasuk kelelahan, dan meningkatkan kualitas hidup Anda secara keseluruhan. Awal yang Positif untuk Pagi Anda 2019 Merdeka.com Mulailah hari Anda dengan aktivitas yang sehat seperti bersepeda. Aktivitas tersebut dapat meningkatkan sirkulasi dan memungkinkan Anda untuk memulai hari dengan rasa pencapaian. Anda mungkin merasa lebih cenderung untuk membuat pilihan yang sehat dan positif seiring berjalannya hari.

Bersepeda dengan intensitas rendah dapat membakar lemak, meningkatkan kinerja daya tahan, dan meningkatkan energi dan tingkat metabolisme sepanjang hari. Sebuah studi tahun 2019 menemukan bahwa orang yang berolahraga sebelum sarapan selama 6 minggu meningkatkan respons mereka terhadap insulin. Hal sebutkan manfaat dari olahraga bersepeda membantu mereka membakar lemak dua kali lebih banyak daripada mereka yang berolahraga setelah sarapan.

Mencegah dan Mengelola Sebutkan manfaat dari olahraga bersepeda Medis www.grouponworks.com Apakah Anda ingin mencegah masalah kesehatan yang timbul atau mengelola kondisi yang ada? Olahraga teratur adalah kuncinya. Bersepeda secara teratur adalah salah satu cara untuk menghindari gaya hidup yang tidak menentu dan masalah kesehatan yang menyertainya.

Hal ini dapat membantu mencegah masalah jantung seperti stroke, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi. Bersepeda juga dapat membantu mencegah dan mengatur kondisi diabetes tipe 2. Ramah lingkungan 2015 Merdeka.com/Bored Panda Kurangi jejak karbon Anda dengan mengendarai sepeda Anda jika memungkinkan. Bersepeda adalah pengganti yang bagus untuk opsi transportasi yang melibatkan macet di lalu lintas untuk waktu yang lama. Hal ini sangat berguna ketika Anda pergi ke tempat-tempat yang agak terlalu jauh untuk berjalan, tetapi Anda tetap tidak ingin naik mobil dan sejenisnya.

Meningkatkan Keseimbangan, Postur, dan Koordinasi 2018 Sebutkan manfaat dari olahraga bersepeda Saat Anda menstabilkan tubuh dan menjaga sepeda tetap tegak, Anda akan meningkatkan keseimbangan, koordinasi, dan postur secara keseluruhan.

Keseimbangan cenderung menurun dengan bertambahnya usia dan tidak aktif, jadi penting untuk tetap di atasnya. Keseimbangan yang ditingkatkan bermanfaat dalam pencegahan jatuh dan patah tulang. Cocok untuk Orang dengan Masalah Sendi 2012 Merdeka.com Bersepeda sebutkan manfaat dari olahraga bersepeda hal yang mudah bagi tubuh Anda.

Aktivitas ini menjadikannya pilihan yang baik bagi orang-orang yang menginginkan olahraga yang intens tanpa menekankan persendian mereka. Bersepeda adalah pilihan yang bagus untuk orang yang memiliki masalah sendi atau kekakuan keseluruhan, terutama di tubuh bagian bawah. 1 Oplas Dinilai Berhasil, 5 Potret Lucinta Luna di Malaysia Dipuji Bak Boneka Barbie 2 4 Cara Mudah untuk Mengawali Hari dengan Lebih Bugar dan Bertenaga 3 Innalillahi Waina Ilaihi Rajiun, Sang Raja Dangdut Rhoma Irama Berduka 4 Selamat!

Jessica Iskandar Melahirkan Anak Kedua, Wajah Sang Bayi Bikin Penasaran 5 Cantik dan Menggemaskan Salima Anak Wishnutama & Gista Putri Liburan di Luar Negeri Selengkapnya
Manfaat bersepeda bagi kesehatan ada 30 lebih ? haa. tidak percaya ? ok mari kita bahas. Bersepeda adalah olahraga yang menyehatkan. Anda dapat bersepeda di mana saja. Dengan bersepeda, maka banyak manfaat yang akan diperoleh. Sehingga bagi Anda yang hobi bersepeda, ketahuilah ketiga puluh manfaat dalam bersepeda di bawah ini.

Bersepeda Untuk Tubuh • Mempertahankan Daya Tahan Tubuh Mengingat bersepeda adalah olahraga, jika Anda lakukan secara rutin jelas akan membuat sehat. Tubuh yang sehat, maka akan memuat saya tahan tubuh selalu terjaga. • Menyehatkan Organ Jantung Mengayuh sepeda perlu tenaga. Detak jantung akan berirama ketika Anda mengayuhnya. Jarak dekat dan jauh, maka irama detak jantung akan berbeda. Ketika Anda bersepeda jarak jauh, maka akan membuat jantung Anda lebih sehat.

Olahraga Jantung : • Manfaat berenang • Manfaat berjalan kaki • Mengencangkan Otot Bersepeda akan membuat otot-otot tubuh Anda menjadi lebih kencang. Sebab semua bagian tubuh Anda mau tidak mau harus digerakkan.

sebutkan manfaat dari olahraga bersepeda

Walaupun kaki untuk mengayuh, namun tangan, punggung, dan bagian tubuh yang lain akan terpicu untuk ikut bergerak. Baik Untuk Otot : • Manfaat senam aerobik • Manfaat fitness • Mengatur Pernapasan Anda tentu akan terengah-engah ketika mengayuh sepeda dalam waktu lama dan jarak berkilo-kilo meter. Namun itu akan menyehatkan pernapasan Anda.

Anda akan lebih dapat tertaur dalam bernapas. Sebelum olahraga ada baiknya melakukan pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudahnya.

sebutkan manfaat dari olahraga bersepeda

Manfaat pemanasan dan pendinginan ini sangat penting untuk mengatur ritme saat berolahraga. • Memperkuat Kerangka Tubuh Mungkin orang mengira jika bersepeda, maka posisi tubuh sedikit membungkuk. Jangan berpikir itu akan membuat tubuh menjadi bungkuk. Sebaliknya, kerangka tubuh Anda akan semakin kuat dan tegak dengan bersepeda setiap hari. • Pilihan Diet Sehat Memilih cara bersepeda untuk menjalankan diet, maka tubuh Anda jelas akan memperoleh manfaat kesehatan.

Sebutkan manfaat dari olahraga bersepeda tidak perlu menyiksa tubuh untuk menghindari konsumsi makanan tertentu. Asal pola makan Anda terjaga, maka itu sudah cukup dengan Anda bersepeda. Bersepeda Untuk Kesehatan • Tidak Mudah Terserang Penyakit Dengan Anda bersepeda, maka tubuh akan sehat. Terjaganya daya tahan tubuh, maka penyakit akan susah tumbuh di tubuh Anda. • Mengurangi Tingkat Stress Jika Anda terserang stress ringan, cobalah untuk bersepeda.

Dijamin sstress Anda akan berkurang. Sebab ketika Anda bersepeda, maka Anda akan menyaksikan banyak pemandangan yang berbeda. Sehingga dapat melupakan dengan segera penat yang melanda Anda. • Membuat Pikiran Lebih Tenang Dengan bersepeda, pikiran Anda akan dapat tenang. Sebab dengan mengayuh sepeda, ada irama keteraturan yang Anda lakukan. Kegiatan fisik tersebut dapat berpengaruh dalam pikiran Anda.

Sehingga jika Anda merasa pikiran tidak kunjung tenang, bersepedalah. • Mampu Mengontrol Suplai Oksigen Tubuh Bersepeda, maka napas Anda akan terengah-engah. Aliran oksigen akan banyak terkuras karena energi yang besar Anda gunakan. Namun dengan begitu, tubuh Anda mampu menontrol suplai dari oksigen tubuh.

Tidak perlu khawatir oksigen tubuh Anda berkurang. • Pencegah Penyakit Kanker Kanker tergolong sebagai penyakit sebutkan manfaat dari olahraga bersepeda cepat menjalar ke seluruh tubuh. Kanker juga termasuk penyakit yang berkembang dalam waktu jangka panjang. Agar Anda tidak terjangkit penyakit kanker, maka lakukan olahraga sepeda. Kemungkinan jikalau ada sel yang memicu penyakit kanker, ketika tubuh Anda selalu dalam keadaan sehat, maka sel yang awalnya akan menjadi kanker dapat dicegah pertumbuhannya.

Bersepeda untuk bersosialisasi • Menambah Banyak Teman Dengan Anda hobi bersepeda, maka Anda tentu akan tertarik mengikuti sepeda santai. Dari situ Anda akan bertemu dengan banyak orang baru. Dan siapa sangka Anda akan diajak bergabung atau tertarik untuk bergabung ke klub sepeda.

sebutkan manfaat dari olahraga bersepeda

Bersepeda pun dapat menambah sosialiasi di antara banyak orang yang hobi bersepeda. • Pencegah Penyakit Obesitas Jika Anda tidak ingin mengidap penyakit obesitas, maka rasakan manfaat dari bersepeda. Obesitas dapat dicegah dengan Anda bersepeda. • Hemat Dari Segi Finansial Tentu Anda kerap mendengar Bike To Work. Dengan Anda mau dan mengikuti anjuran tersebut, maka dapat lebih menghemat pengeluaran Anda.

Secara finansial, itu akan sangat dirasakan. Jika selama dua hari Sebutkan manfaat dari olahraga bersepeda harus mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli bensin, maka uang bensin tersebut dapat Anda tabung. • Menyeimbangkan Sistem Metabolisme Jangan sampai Anda mengalami gangguan metabolisme. Sehatkan dan tetap jaga sistem metabolisme dengan rajin bersepeda.

• Mampu Mengatasi Kemacetan Jika Anda tinggal di ibukota, maka kemacetan setiap hari menyapa. Dengan bersepeda, maka Anda tidak lagi pusing di jalan. Karena sepeda dapat menempuh jalan-jalan sempit dengan lebih cepat. Dan jika ada orang yang melihat Anda bersepeda ke kantor, maka akan menjadi pemicu orang lain untuk mengikuti cara Anda menggunakan sepeda dalam mengatasi kemacetan. • Menyeimbangkan Koordinasi Tubuh Orang yang bersepeda, maka perhatiannya harus benar-benar fokus.

Tubuh harus mampu dikoordinasikan dengan baik.

sebutkan manfaat dari olahraga bersepeda

Dengan kebiasan bersepeda, maka koordinasi tubuh Anda akan dapat diseimbangkan. • Pembakar Kalori Dalam Tubuh Bagi Anda yang khawatir tubuh penuh lemak, maka lakukan bersepeda. Dengan bersepeda, maka ada gerakan. Dari banyak energi yang Anda lakukan akan mampu melakukan pembakaran kalori.

sebutkan manfaat dari olahraga bersepeda

Sehingga tidak ada kelebihan lemak di dalam tubuh. • Banyak Pengalaman Menarik Siapa sangka dengan Anda mau bersepeda untuk ke kantor, maka Anda akan menemukan banyak pengalaman. Bukan sekadar pengalaman namun dikatakan sebagai pengalaman yang menarik. Sebab jalanan yang ditempuh menggunakan sepeda itu terbilang bebas. Jika ingin memilih jalan sebutkan manfaat dari olahraga bersepeda sepi, maka akan banyak pengalaman yang Anda lihat dengan menyusuri gang kecil menuju kantor Anda.

• Kendaraan Yang Dapat Menghemat Waktu Bagi yang belum terbiasa bersepeda, tentu untuk menempuh jarak seratus kilometer saja terasa lambat. Namun jika sudah terbiasa dan mampu mengatur kayuhan, maka akan cepat. Ketika Anda sedang terburu-buru menuju ke sebuah tempat dan mendapati jalanan macet, maka tdak perlu khawatir jika dengan sepeda.

Waktu Anda jauh akan lebih cepat dari yang diduga. • Mendukung Gerakan Go Green Dengan Anda mau bersepeda, maka Anda mendukung gerakan Go Green. Anda ikut menyelamatkan bumi yang sudah semakin panas. Walaupun baru sedikit yang melakukan gerakan Go Green, namun jika Anda konsisten melakukannya, maka ada orang lain yang terinspirasi dari Anda. • Kendaraan Yang Ramah Lingkungan Jika bersepeda, Anda tidak perlu mengisi bahan bakar seperti bensin. Ketika dikayuh pun tidak akan ada asap kendaraan yang keluar.

Sehingga lingkungan pun akan menajdi lebih bersih. Memilih bersepeda membuat lingkungan menuai manfaat. Karena sepeda adalah kendaraan ramah lingkungan.

• Mudah Dalam Perawatan Sepeda jarang sekali mengalami kerusakan. Dalam hal perawatan, sepeda termasuk mudah. Asalkan Anda setiap hari mengeceknya, maka sepeda akan baik-baik saja. Selama Anda gunakan untuk bersepeda, maka sepeda akan baik-baik saja. Namun paling tidak sebulan sekali harus Anda service. • Sebutkan manfaat dari olahraga bersepeda Transportasi Yang Ekonomis Dengan membeli sepeda, maka manfaat yang akan Anda peroleh adalah ekonomis. Anda tetap dapat pergi kemana saja dengan sepeda.

Membelinya pun berada di harga yang ekonomis. • Mudah Untuk Digunakan Siapapun dapat belajar menggunakan sepeda. Sebagai kendaraan roda dua yang ringan, sepeda sangat mudah untuk dipelajari.

sebutkan manfaat dari olahraga bersepeda

Sehingga siapapun akan dapat menggunakan sepeda kemana saja. • Dapat Di Tempatkan Di Mana Saja Walaupun parkir sepeda masih sangat jarang, namun di kota besar sudah mulai terdapat parkir untuk sepeda. Jika Anda mengunjungi tempat yang tidak terdapat parkir sepeda ketika bersepeda, maka tempatkan di pinggir dinding atau tempat yang memungkinkan sepeda berada dan mudah dalam pengawaan.

Begitu juga ketika parkiran sedang macet, jika Anda bersepeda menuju tempat tersebut akan tetap dapat menemukan tempat untuk parkir sepeda Anda. • Olahraga Yang Murah Meriah Melakukan olahraga sepeda, maka Anda telah memilih olahraga yang murah meriah.

Anda cukup menggunakan sepeda dan gratis untuk memilih rute sepeda olahraga Anda. • Sepanjang Usia Bebas Bersepeda Jika usia Anda saat ini dikatakan lanjut usia namun ingin bersepeda, maka bukan masalah. Anda tidak akan dilarang untuk bersepeda. Tidak ada kata usia di dalam bersepeda. • Olahraga Yang Fleksibel Manfaat lain dari bersepeda adalah bebas dilakukan kapanpun. Anda bebas memilih waktu untuk bersepeda. Sehingga dapat dikatakan bahwa bersepeda sebagai olahraga yang dilakukan dengan fleksibel.

Manfaat bersepeda sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia, untuk itu rutin lah bersepeda untuk mendapatkan kesehatan yang optimal. Baca Juga : Manfaat Olahraga Manfaat bersepeda tidak hanya sekadar untuk rekreasi atau sebagai alat transportasi, tetapi juga baik bagi kesehatan tubuh. Dengan bersepeda secara rutin, Anda dapat terhindar dari berbagai masalah kesehatan, mulai dari stres hingga serangan jantung. Bersepeda merupakan salah satu pilihan olahraga yang praktis dan mudah dilakukan.

Hal inilah yang menjadikan sepeda sebagai olahraga favorit berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Olahraga ini juga tidak membebani otot atau persendian, sehingga aman dilakukan. Dengan bersepeda minimal 30 menit setiap harinya, Anda pun bisa memperoleh berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Beberapa Manfaat Bersepeda Berikut ini adalah beberapa manfaat bersepeda bila dilakukan secara rutin: 1. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah Bersepeda dapat mengoptimalkan kinerja sistem kardiovaskular, yaitu jantung dan pembuluh darah, dengan cara memperkuat otot jantung dan meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Dengan kinerja sistem kardiovaskular yang baik, risiko terkena stroke, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi dapat dikurangi. 2. Menjaga kesehatan otot dan sendi Bersepeda dapat memperkuat otot kaki, bokong, paha, betis, pinggul, perut, lengan, dan bahu.

Tak hanya itu, bersepeda juga baik untuk persendian dan telah terbukti bermanfaat bagi penderita osteoartritis. 3. Menjaga berat badan Bersepeda dapat menjaga berat badan tetap ideal, karena mampu membakar lemak dan meningkatkan laju metabolisme tubuh. Bersepeda selama 1 jam saja dapat membakar setidaknya 600 kalori. Untuk mendapat manfaat ini secara optimal, Anda bisa mengombinasikan kebiasaan bersepeda secara rutin dengan pola makan bergizi seimbang untuk mencegah dan mengatasi kegemukan.

4. Menurunkan tingkat stres Saat bersepeda, tubuh akan menurunkan kadar hormon stres, seperti adrenalin dan kortisol, di dalam tubuh. Sebutkan manfaat dari olahraga bersepeda hanya itu, melihat dan menikmati pemandangan saat bersepeda juga dapat menurunkan stres yang dialami. 5. Menurunkan risiko terjadinya diabetes dan kanker Salah satu manfaat bersepeda lainnya adalah mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

Hal ini karena bersepeda dapat menjaga kestabilan produksi hormon insulin dalam tubuh. Bersepeda juga bisa memperkecil risiko terkena kanker, termasuk kanker usus besar dan kanker payudara. Pastikan Bersepeda dengan Aman Agar berbagai manfaat bersepeda dapat Anda peroleh, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mulai bersepeda. Salah satunya adalah faktor keamanan. Nah, berikut ini adalah beberapa tips aman saat bersepeda yang perlu Anda ketahui: Periksa kondisi sepeda sebelum digunakan Sebelum bersepeda, periksa semua komponen sepeda, mulai dari rem hingga kondisi ban.

Membiarkan salah satu bagian sepeda tidak berfungsi, bisa meningkatkan risiko Anda mengalami cedera. Kenakan pelindung kepala, siku, dan lutut Kepala, siku, dan lutut adalah bagian tubuh yang rentan terluka ketika Anda terjatuh dari sepeda. Pastikan ketiga bagian tubuh tersebut terlindungi dengan baik guna mencegah efek yang fatal bila terjatuh. Pastikan diri mudah terlihat pengendara lain Sebutkan manfaat dari olahraga bersepeda bersepeda pada malam hari atau di jalan yang padat, pastikan Anda mudah terlihat dengan pengendara lain.

Anda bisa menggunakan baju berwarna terang atau memasang lampu sepeda. Jaga sikap saat berkendara Bersepeda tetap harus memperhatikan pengguna jalan yang lain, baik pengguna kendaraan bermotor atau pejalan kaki. Jika jalanan tidak sebutkan manfaat dari olahraga bersepeda trek khusus untuk sepeda, jangan mengambil hak pejalan kaki dengan mengendarai sepeda di trotoar.

Pastikan Anda juga selalu memberi tanda kepada pengguna jalan lain saat akan berbelok atau berhenti. Jangan lakukan dengan mendadak, karena bisa membahayakan Anda dan pengguna jalan lainnya.

Hal penting yang perlu selalu Anda ingat, patuhi rambu-rambu lalu lintas yang berlaku. Agar tidak kehausan dan dehidrasi, Anda juga perlu membawa minuman saat bersepeda. Minuman tersebut bisa berupa air putih, atau minuman isotonik yang mengandung elektrolit. Beragam manfaat bersepeda dapat Anda peroleh dengan melakukannya sebutkan manfaat dari olahraga bersepeda rutin. Jika Anda memiliki kondisi medis tertentu yang membatasi gerakan Anda, konsultasikan dulu ke dokter sebelum mulai rutin bersepeda.
Semenjak pandemi bersepeda menjadi olahraga yang banyak dilakukan.

Dari data yang ada di Databoks menyebutkan sebanyak 31,1% masyarakat melakukan aktivitas bersepeda selama pandemi. Sebagai salah satu jenis olahraga, manfaat bersepeda tentu sangat beragam.

Apa saja manfaatnya? Berikut penjelasan lengkapnya. 1. Menurunkan berat badan Bersepeda ternyata bisa membantu menurunkan berat badan. Sebab olahraga ini bisa meningkatkan metabolisme, membangun otot, dan membakar lemak. Olahraga bersepeda juga bisa membakar kalori secara alami.

Jumlah kalori yang terbakar sesuai dengan durasi, jarak, dan kecepataan saat mengayuh sepeda. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa bersepeda selama 30 menit setiap hari bisa membakar 5 kg lemak dalam setahun. Dengan melakukan olahraga ini secara rutin ditambah dengan konsumsi makanan sehat maka berat badan bisa cepat turun. 2. Mencegah risiko darah tinggi Manfaat bersepeda bagi tubuh lainnya yaitu bisa membantu menurunkan darah tinggi. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam British Journal of Sport Science Medicine menyebutkan bahwa olahraga dengan intensitas tertentu bisa memperbaiki tekanan darah.

Olahraga ini juga dapat memberpaiki kesehatan sirkulasi darah. Bagi penderita kanker yang sedang dalam fase pemulihan, bersepeda juga juga bisa mengurangi efek samping dari obat kanker.

Dengan demikian kualitas hidup juga bisa lebih meningkat. 5. Mengurangi risiko diabetes Dengan rutin melakukan aktivitas fisik seperti bersepeda, maka bisa menghindari risiko diabetes.

Bersepeda lebih dari 30 menit per hari dapat membantu Anda terhindari dari risiko dan penyakit lainnya. 6. Menambah kekuatan, keseimbangan, dan kordinasi tubuh Postur tubuh tegak selama bersepeda bisa membantu menambah kekuatan, keseimbangan, dan kordinasi tubuh. Keseimbangan yang didapat berguna untuk menghindari risiko jatuh dan patah tulang. Aktivitas bersepeda juga berguna bagi penderia osteroarthritis. Sebab bisa membantu memberikan sedikit tekanan pada sendiri.

7. Memelihara kesehatan sendi Manfaat bersepeda selanjutnya yaitu bisa membantu menjaga kesehatan sendi. Olahraga ini juga aman bagi penderita nyeri sendi dan kaku tubuh bagian bawah karena faktor usia.

Bersepeda dengan intensitas sedang hingga tinggi tidak akan membebani sendi. Baca Juga • 9 Manfaat Sit Up untuk Kesehatan yang Perlu Dipahami 8. Mengatasi gangguan kesehatan mental Bersepeda ternyata memberikan manfaat untuk kesehatan mental. Sebab saat bersepeda atau aktivitas fisik lain, tubuh akan menghasilkan hormon dopamin. Hormon tersebut berguna untuk memunculkan rasa bahagia, meredakan stres, mengatasi depresi, dan mencegah gangguan kecemasan.

Sebuah studi bahkan menyebutkan bahwa orang yang rutin bersepeda lebih sedikit mengalami masalah kesehatan mental dibandingkan orang yang melakukan olahraga lain. 9. Mencegah penyakit parkinson Parkinson adalah kelainan pada sistem saraf yang memberikan pengaruh terhadap gerak tubuh.

Menurut penjelasan di Journal of the American Medical Association menyebutkan bahwa terdapat hubungan antara olahraga di tingkat tertentu dengan risiko penyakit ini.

Olahraga dengan intensitas sedang sampai tinggi bisa menurunkan risiko penyakit parkinson di pria. Dari sinilah kita bisa menyesuaikan kecepatan, durasi, dan jarak tempuh untuk mengurangi risiko penyakit tersebut.

10. Memperpanjang usia Sebuah survei yang dilakukan terhadap persebada Tour de France mengatakan bahwa usia mantan pesepeda rata-rata 81,5 tahun. Usia tersebut lebih tinggi 17% dibandingkan rata-rata usia manusia yang hanya berkisar 73,5 tahun. Hal tersebut disebabkan aktivitas bersepada mampu mencegah penuaan hingga ke dalam sel.

Aktivitas fisik tersebut juga bisa meningkatkan kapasitas dan fungsi mitokindria yang membuat awet muda. Baca Juga • 13 Manfaat Push Up untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui 11.

Meredakan gejala haid hingga menopause Manfaat bersepeda bagi wanita yaitu bisa meredakan gejala yang muncul sebelum haid atau menopause. Saat menjelang menstruasi atau menopause perempuan sering merasakan beberapa gejala yang khas seperti nyeri, sakit perut, dan perubahan suasana hati.

sebutkan manfaat dari olahraga bersepeda

Gejala tersebut membuat rasa kurang nyaman. 12. Mengecilkan perut Perut buncit sebenarnya menjadi masalah untuk pria dan wanita. Manfaat bersepeda bagi pria ini bisa juga untuk membantu mengecilkan perut. Sebab olahraga yang satu ini membantu membakar lemak. Agar manfaat ini lebih efektif, maka sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan sebelum bersepeda. Sebagai gantinya Anda dapat makan setelah bersepeda agar tubuh tidak kehilangan energi secara drastis.

13. Mencegah risiko alzheimer Alzheimer adalah penyakit yang meggangu fungsi otak. Seseorang yang mengidap penyakit ini dapat mengalami penurunan daya ingat dan fungsi kognitif lainnya. Manfaat bersepeda bagi kesehatan ternyata bisa juga mencegah penyakit ini. Sebab saat Anda mengayuh sepeda, terdapat peningkatkan aliran darah ke otak. Hal tersebut berguna untuk memelihara kesehatan otak. Baca Juga • 11 Manfaat Renang untuk Kesehatan dan Tips Berenang dengan Aman 14. Membuat tidur lebih nyanyak Bersepeda juga berguna untuk meningkatkan kualias tidur.

Aktivitas fisik tersebut bisa membuat tubuh lebih sehat dan bugar. Tak hanya itu, olahraga ini juga bisa menjaga kondisi emosional. Dengan tubuh yang sehat, bugar, dan kesehatan emosional yang terjaga maka kualitas tidur menjadi lebih baik. 15.

Membuat paru-paru lebih sehat Bersepeda juga baik untuk menjaga kesehatan paru-paru. Saat Anda melakukan olahraga ini biasanya akan merasa terengah-engah. Namun ternyata kondisi tersebut dapat melatih napas menjadi lebih kuat.

Apabila jika Anda bersepeda di ruang terbuka hijau, maka pasokan udaran segar ke paru-paru akan lebih tinggi. Dengan demikian paru-paru menjadi lebih sehat. Tips Bersepeda dengan Aman Manfaat bersepeda tersebut akan diperoleh jika Anda bersepeda dengan aman. Mengutip dari sehatq.com, berikut tips untuk bersepeda dengan aman.

Baca Juga • Video: Tips Bersepeda di Tengah Sebutkan manfaat dari olahraga bersepeda dengan Aman 1. Mengenakan pelindung badan Hal pertama yang harus diperhatikan yaitu terkait pelindung badan. Pastikan saat bersepeda Anda mengenakan helm, sepatu, dan baju khusus yang sesuai dengan olahraga ini. 2. Menggunakan sepeda yang tepat Ada banyak jenis sepeda yang dijual di pasaran. Namun saat Anda hendak berolahraga dengan sepeda pastikan untuk memilih sepeda dengan tepat.

Sepeda yang digunakan harus sesuai dengan jarak tempuh yang akan digunakan. Anda bisa mencari tahu terlebih dahulu melalui internet atau bertanya langsung dengan penjual sepeda. 3. Memperhatikan posisi tubuh saat bersepeda Tips selanjutnya yaitu pasti bersepeda dengan posisi yang benar. Posisi badan harus diperhatikan untuk menghindari cedera.

Hal tersebut juga bisa meningkatkan performa Anda saat sedang bersepeda. Baca Juga • Rambu Bersepeda di Jalan Raya 4. Bersepeda di tempat yang tepat Saat bersepeda pastikan tempat yang dilalui aman dari kendaraan lain.

Jangan bersepeda di jalan raya yang ramai, sebab bisa menyebabkan kecelakaan. Namun saat ini sudah banyak jalur khusus sepeda yang dapat dimanfaatkan agar dapat bersepeda dengan nyaman dan aman.
Blog 10 Manfaat Bersepeda Yang Wajib Kamu Ketahui Nov 08 2021 Siapa dari kamu yang gemar bersepeda?

Bersepeda adalah salah satu pilihan olahraga yang jadi banyak dipilih oleh masyarakat di kala pandemi seperti sekarang ini. Selain itu, kegiatan bersepeda juga merupakan olahraga yang cukup sebutkan manfaat dari olahraga bersepeda karena bisa dilakukan bersama teman maupun keluarga. Nah, tahukah kamu apa saja manfaat dari bersepeda? Untuk tahu lebih jelasnya, yuk, simak manfaat bersepeda berikut ini: 1.

Meningkatkan Kekuatan Otot Manfaat bersepeda bagi tubuh kamu yang pertama adalah dapat meningkatkan kekuatan otot.

Ketika bersepeda, hampir semua anggota tubuh dan otot kamu ikut terlibat. Jika kamu rutin bersepeda, maka kamu akan mendapatkan otot yang kuat dan fleksibel. Hasilnya, tubuh kamu akan mendapatkan koordinasi dan keseimbangan tubuh. 2. Mengendalikan Berat Badan Ini adalah salah satu alasan terbesar mengapa olahraga bersepeda banyak diminati.

Yap, bersepeda ternyata bermanfaat dalam mengendalikan dan menurunkan berat badan. Olahraga ini mampu meningkatkan metabolisme, membangun otot, serta membakar lemak tubuh. Untuk bisa mendapatkan hasil efektif, pastikan pengeluaran energi lebih besar dari asupannya ya. Poin penting yang perlu kamu ingat, bahwa jika kamu mencoba untuk menurunkan berat badan, kamu perlu mengombinasikan bersepeda dengan pola makan sehat dan seimbang.

Banyaknya kalori terbakar saat bersepeda akan bergantung pada durasi, jarak, dan sebutkan manfaat dari olahraga bersepeda kamu saat bersepeda. Namun, sebuah studi menjelaskan bahwa bersepeda selama 30 menit setiap hari mampu membakar hampir 5 kilogram lemak dalam setahun loh. Cukup menarik bukan? 3. Menyehatkan Tulang dan Sendi Manfaat bersepeda untuk tubuh kamu yang selanjutnya adalah dapat menyehatkan tulang kamu. Walaupun kegiatan bersepeda tidak secara langsung membantu mengatasi osteoporosis, namun bersepeda merupakan bentuk latihan yang baik untuk penderita osteoporosis karena bersepeda dapat memberikan tekanan pada sendi.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa pasien lanjut usia yang melakukan kegiatan bersepeda mengalami peningkatan dalam proses penyembuhan nyeri lutut dan osteoarthritis. Lebih lanjut, kegiatan bersepeda juga baik untuk merawat sendi yang terdapat di dalam tubuh. Ketika kamu bersepeda, ada berbagai macam sendi yang ikut bergerak mulai dari lutut, sikut, pergelangan kaki, dan pergelangan tangan. Hasilnya, persendian kamu semakin fleksibel karena sering digerakkan.

4. Menjaga Stamina Tubuh Manfaat lain bersepeda yang harus kamu tahu adalah kegiatan ini dapat menjaga stamina tubuh kamu. Banyak dari kamu yang cukup aktif dalam berbagai kegiatan bukan? Oleh karena itu perlu untuk menjaga stamina agar tak mudah lelah dan sakit. Bersepeda dapat menjadi opsi untuk meningkatkan hal tersebut. Seperti disebutkan sebelumnya, bersepeda akan melatih pernapasan, melancarkan peredaran darah, serta membentuk otot.

sebutkan manfaat dari olahraga bersepeda

Hal – hal tersebut merupakan faktor yang dapat membantu menjaga staminamu dalam beraktivitas. 5. Meningkatkan Kekuatan Dan Keseimbangan Tubuh Menjaga postur tubuh kamu menjadi tegak selama bersepeda ternyata dapat membantu meningkatkan kekuatan, keseimbangan, dan koordinasi tubuh secara keseluruhan. Keseimbangan yang meningkat sebagai salah satu manfaat bersepeda bisa mencegah risiko jatuh dan patah tulang. Meskipun tidak secara langsung mengurangi risiko, bersepeda merupakan bentuk latihan yang ideal bagi penderita osteoarthritis.

Sebab, bersepeda dapat memberikan tekanan sedikit kepada persendian. 6. Mencegah Penyakit Jantung Dan Pembuluh Darah Sebagaimana dengan olahraga kardio lainnya, bersepeda dapat merangsang dan memperbaiki kesehatan jantung, paru – paru, sirkulasi darah, serta membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

sebutkan manfaat dari olahraga bersepeda

Olahraga bersepeda membantu menguatkan otot jantung dan mengurangi kadar lemak dalam darah. Memasukkan kegiatan bersepeda ke dalam olahraga harian bisa membantu mencegah risiko tekanan darah tinggi atau hipertensi. Sebuah studi menemukan bahwa berolahraga dengan intensitas tertentu dapat memperbaiki hipertensi.

Bahkan, efek yang ditimbulkan sama seperti saat orang tersebut mengonsumsi obat resep. Walaupun begitu, tetap konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan saran medis terbaik.

7. Mengurangi Risiko Kanker Jika kamu mempertahankan asupan makanan sehat dan seimbang, disertai bersepeda secara teratur, maka kedua hal tersebut akan membantu kamu dalam mengurangi risiko kanker.

Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang memiliki tubuh bugar hingga usia tua memiliki risiko lebih rendah untuk mengidap kanker paru dan kanker kolorektal. Sementara bagi penderita kanker dalam masa pemulihan, bersepeda dapat mengurangi efek samping dari pengobatan kanker dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. 8. Mengurangi Stres Manfaat melakukan kegiatan bersepeda untuk tubuh yang berikutnya adalah dapat mengurangi stres.

Ketika kamu melakukan olahraga bersepeda, tubuh kamu akan mengeluarkan hormon yang bernama endorfin. Hormon ini akan memicu rasa senang dan suasana hati yang positif. Terlebih, hormon ini juga dapat mengurangi rasa sakit. Munculnya rasa senang dan nyaman di dalam tubuh tentu akan membuat pikiran kamu lebih tenang. Kondisi tersebut ditambah dengan kegiatan bersepeda di tempat yang indah juga akan menurunkan tingkat stres dan membuat tubuh jauh lebih rileks.

9. Membantu Memperpanjang Usia Olahraga intensitas tinggi yang bisa kamu peroleh dengan bersepeda ini memiliki manfaat untuk mencegah penuaan hingga ke tingkat sel. Aktivitas fisik berat mampu meningkatkan kapasitas dan fungsi mitokondria sehingga membuat kamu jadi lebih awet muda.

Melakukan olahraga rutin juga bisa mengurangi risiko kematian dini, sekaligus memperpanjang usia. Survei menyebutkan usia mantan pesepeda rata – rata hingga 81,5 tahun, lebih tinggi 17 persen dari rata – rata populasi umum yang hanya 73,5 tahun. 10. Menambah Networking Tak hanya soal kesehatan, bersepeda juga bermanfaat untuk kondisi sosial. Tidak sedikit komunitas sepeda yang aktif berkegiatan di berbagai kota. Hal ini bisa dijadikan ajang mencari networking untuk kamu.

Tak hanya itu, bertemu pesepeda lain di suatu tempat juga merupakan networking baru yang bisa diperoleh. Itulah beberapa manfaat bersepeda yang wajib kamu ketahui. Selain baik untuk membakar lemak, bersepeda juga ternyata memiliki banyak manfaat lainnya.

Nah, jika kamu ingin bersepeda namun belum memiliki sepedanya, kamu tidak perlu bingung lagi. Langsung saja kunjungi website www.bikenbike.co.id untuk mendapatkan sepeda impian kamu. Di sana kamu bisa mendapatkan sepeda apapun sesuai dengan yang kamu inginkan. Tidak hanya untuk orang dewasa, Bike N Bike juga menjual sepeda untuk anak juga. Yuk, langsung saja beli sepeda di Bike N Bike. Dan jangan lupa untuk menggunakan metode pembayaran dari Atome untuk mendapatkan keuntungan yang lebih memuaskan.

Kamu bisa mendapatkan pembayaran dengan cara cicilan 3 atau 6 bulan jika berbelanja menggunakan Atome. Cukup menarik bukan? Yuk, belanja sekarang! Share this:Advertisement Saat bersepeda, Anda diharapkan tetap memperhatikan keamanannya dengan memilih tempat yang tidak ramai dan menggunakan alat pelindung seperti helm ataupun sepatu. Manfaat bersepeda untuk kesehatan Berikut ini beberapa manfaat bersepeda untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan: Bersepeda baik untuk kesehatan jantung 1.

Baik untuk kesehatan jantung Bersepeda termasuk salah satu olahraga kardio yang dapat meningkatkan fungsi jantung dan menjaganya tetap sehat.

Hal ini telah terbukti dari beberapa penelitian, salah satunya adalah penelitian yang dilaporkan British Medical Journal. Penelitian ini dilakukan oleh tim penyelidik di Universitas Glasgow.

Mereka melacak 263.450 orang selama lima tahun yang melakukan perjalanan untuk bekerja dan tinggal di Inggris, Skotlandia atau Wales. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mereka yang pergi bekerja menggunakan sepeda dapat terhindar dari kanker dan penyakit kardiovaskular alias penyakit jantung. Kanker dan penyakit kardiovaskular adalah penyakit yang melemahkan yang memiliki efek jangka panjang. Studi ini menunjukkan bahwa pengusaha dapat terhindar dari kehilangan waktu karena sakit dengan memudahkan karyawan untuk bersepeda ke tempat kerja.

2. Meningkatkan kesehatan mental Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang dengan gaya hidup aktif secara fisik, memiliki kadar kesejahteraan 32% lebih tinggi daripada orang yang tidak aktif. Dalam hal ini, gaya hidup aktif dapat berupa melakukan beragam olahraga, termasuk di dalamnya bersepeda.

Dengan berolahraga, seseorang akan dapat meningkatkan suasana hati karena adanya pelepasan hormon adrenalin dan endorfin. Selain itu, dengan berolahraga, rasa kepercayaan diri juga akan ikut meningkat dengan adanya pencapaian target yang dibuat, misalnya saat berhasil bersepeda 10 kilometer.

Selain itu, sebutkan manfaat dari olahraga bersepeda latihan fisik di luar ruangan akan membangun suasana hati yang berbeda dengan adanya pemandangan baru. Anda juga dapat bersepeda sendiri atau berkelompok. Keduanya memberikan manfaat yang berbeda satu sama lain.

Dengan bersepeda sendiri Anda akan meluangkan waktu untuk diri sendiri dan sebutkan manfaat dari olahraga bersepeda suasana yang tenang sehingga hati lebih rileks. Jika Anda memilih untuk bersepeda bersama-sama, Anda juga dapat menambah lingkaran sosial menjadi lebih luas dan membangkitkan suasana menyenangkan.

3. Membantu menurunkan berat badan Jika Anda ingin menurunkan berat badan, persamaan sederhana yang perlu Anda pahami adalah kalori yang keluar harus melebihi kalori yang masuk. Dengan kata lain, Anda perlu membakar lebih banyak kalori daripada yang Anda konsumsi untuk menurunkan berat badan. Dengan bersepeda, Anda dapat membakar kalori setidaknya 400 hingga 1000 per jam, tergantung pada intensitas dan berat dari pesepeda.

4. Membentuk dan memperkuat otot Sebutkan manfaat dari olahraga bersepeda membakar kalori, bersepeda juga dapat membantu Anda untuk membentuk dan memperkuat otot, khususnya otot di sekitar bokong, paha belakang, paha depan, dan betis. Anda juga akan mendapatkan persentase otot yang lebih tinggi dibandingkan dengan dengan lemak. Perlu diingat, orang dengan persentase otot yang lebih tinggi akan membakar lebih banyak kalori meskipun ketika tidak bergerak.

5. Paru-paru lebih sehat Saat bersepeda, Anda tentu kerap kali merasa terengah-engah dan kesulitan dalam bernapas. Meskipun terasa melelahkan dan tidak nyaman, hal ini menandakan kondisi yang baik di mana napas Anda menjadi terlatih dah kuat. Selain itu, bersepeda, khususnya di alam terbuka, akan membuat Anda terpapar dengan udara segar yang tidak terkontaminasi polusi dari kendaraan.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Healthy Air Campaign, Kings College London, dan Camden Council mengamati detektor polusi udara dipasang pada pengemudi mobil, pengguna bus, pejalan kaki dan pengendara sepeda menggunakan rute jalan raya melalui pusat kota London.

Hasilnya menunjukkan bahwa pengemudi mobil mengalami tingkat polusi lima kali lebih tinggi daripada pengendara sepeda, serta tiga setengah lebih dari pejalan kaki dan dua setengah kali lebih banyak dari pengguna bus. Manfaat bersepeda bisa membuat tidur lebih nyenyak 6.

Tidur lebih nyenyak Terakhir, bersepeda juga akan membantu Anda untuk mendapatkan tidur malam yang lebih nyenyak. Dengan bersepeda, seseorang tidak hanya mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar disertai metabolisme tubuh yang optimal, melainkan juga kondisi emosional yang baik karena efek yang menyegarkan diri saat bersepeda.

Tidak heran, permasalahan tidur akibat kondisi emosi yang tidak stabil disertai tekanan dan rasa cemas dapat teratasi. Bahkan, olahraga juga mencegah terjadinya penambahan berat badan seiring bertambahnya usia, yang merupakan penyebab lain dari gangguan tidur. 7. Menangkal diabetes Anda pun bisa mencegah penyakit diabetes melalui kegiatan bersepeda. Sebuah penelitian di University of Southern Denmark mengatakan, individu yang rutin sebutkan manfaat dari olahraga bersepeda, memiliki risiko lebih rendah terhadap bersepeda.

Jadi, semakin rajin Anda bersepeda, semakin rendah pula risiko Anda terhadap diabetes. 8. Mengecilkan perut Memiliki tubuh yang terlalu gemuk memang kerap menimbulkan rasa tidak nyaman dan kurang percaya diri.

Bukan hanya karena sulit menemukan pakaian yang pas, tetapi juga munculnya risiko penyakit. Bersepeda dapa membantu mengecilkan perut dengan cara membakar lemak di area tersebut. Tentu saja, langkah tersebut sebaiknya diikuti dengan menjaga pola makan yang sehat dan seimbang.

Agar usaha ini semakin efektif, Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi sarapan menjelang bersepeda, agar tubuh dapat memanfaatkan sisa lemak sebagai sumber energi.

Anda bisa makan pagi, setelah selesai bersepeda. Namun, Anda disarankan menunda sarapan hanya jika akan bersepeda dengan rute pendek. Lain halnya apabila Anda ingin menempuh jarak jauh. Sebutkan manfaat dari olahraga bersepeda perjalanan bersepeda jarak jauh, utamakan kondisi fisik Anda. Untuk Anda yang menunda sarapan untuk bersepeda, segera makan sesaat setelah menyelesaikan aktivitas bersepeda.

sebutkan manfaat dari olahraga bersepeda

Hal ini penting untuk, sehingga tubuh tidak kehilangan energi secara drastis. 9. Meningkatkan aliran darah Sebuah penelitian tentang aliran darah yang melibatkan sepuluh responden yang terbiasa bersepeda dengan intensitas sedang, mengukur aliran darah di otak para pesepeda tersebut dengan menggunakan teknik akurat bernama Positron Emission Tomography(PET).

Saat penelitian dilakukan, responden diminta mengonsumsi air dengan kandungan oksigen, atau air yang memancarkan partikel positron, sebelum bersepeda. Selanjutnya, para peneliti mengamati aliran air dan darah di sekitar otak, yang dicitrakan sembari bersepeda.

Ketika para responden mulai mengayuh sepeda, aliran darah ke otak secara keseluruhan, meningkat cukup signifikan, yaitu hampir 28 persen. Bahkan, pada beberapa area di otak, peningkatan aliran darah terjadi hingga lebih dari 70 persen. Menjelang akhir perjalanan, aliran darah ke otak kembali turun ke tingkat istirahat. Meski demikian, aliran darah di dua wilayah, yaitu korteks sensorimotor untuk kaki dan serebelum vermis, tetap mengalami peningkatan hingga 40 persen.

10. Mengurangi risiko Alzheimer Peningkatan besar aliran darah otak selama mengayuh sepeda, khususnya selama transisi dari fase istirahat ke fase aktivitas, telah membuka penemuan baru. Di antaranya mengungkap, latihan aerobik dapat mengurangi risiko terhadap demensia seperti Alzheimer. Peningkatan aliran darah otak yang terjadi sesaat setelah latihan dimulai, menunjukkan bahwa olahraga yang melibatkan banyak transisi, seperti latihan interval, dapat sangat berguna untuk menjaga kesehatan otak.

Ini juga dikaitkan dengan fakta, bahwa latihan dengan intensitas tinggi, diketahui sangat efektif dalam mengatasi penurunan kognitif pada orang tua. Baca Juga • Apa Saja Jenis Pelanggaran Bola Basket yang Harus Dihindari?

• Antisipasi Penyebaran Virus Corona di Pusat Kebugaran dengan Cara Ini • 7 Manfaat Lari di Treadmill dan Tips Agar Hasilnya Efektif Tips bersepeda yang aman Gunakan helm, sepatu, dan pakaian yang tepat saat bersepeda agar aman Setelah mengetahui manfaat bersepeda untuk kesehatan, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal agar bisa tetap bersepeda dengan aman, sebutkan manfaat dari olahraga bersepeda berikut ini: • Gunakan pelindung badan Untuk memastikan keamanan saat bersepeda, jangan lupa untuk menggunakan alat pelindung seperti helm, sepatu, hingga baju yang tepat.

• Pilih jenis sepeda yang tepat Pilih jenis sepeda yang tepat dengan kebutuhan dan kondisi Anda. Beberapa sepeda ada yang cocok dipakai jarak jauh, namun sebagian lainnya hanya cocok untuk dipakai dalam jarak pendek.

Sepeda ada banyak jenisnya, sehingga saat memilih, diskusikan pada ahli atau penjual mengenai hal-hal yang Anda perlukan.

• Perhatikan posisi tubuh saat bersepeda Posisi badan saat bersepeda juga perlu diperhatikan. Sebab dengan sebutkan manfaat dari olahraga bersepeda yang baik, maka risiko terjadinya cedera bisa berkurang. Ini juga akan meningkatkan performa saat bersepeda, sehingga manfaatnya bisa dirasakan lebih maksimal.

• Pilih tempat bersepeda yang pas Jika ingin bersepeda, usahakan untuk tidak melewati area yang ramai kendaraan. Selain bisa mengurangi risiko kecelakaan, ini juga akan mengurangi paparan udara kotor alias polusi kepada para pesepeda.

Apabila Anda masih punya pertanyaan seputar manfaat bersepeda atau tentang olahraga lain yang baik untuk kesehatan, jangan ragu untuk mengonsultasikannya pada dokter.

sebutkan manfaat dari olahraga bersepeda

Anda dapat menggunakan fitur Chat Dokter yang ada di SehatQ. Unduh aplikasinya secara gratis di App Store maupun Playstore.

Cycling Weekly. https://www.cyclingweekly.com/fitness/how-to-burn-fat-cycling-163887 Diakses pada November 2018 Kementerian Kesehatan RI. http://p2ptm.kemkes.go.id/preview/infografhic/apa-saja-manfaat-sehat-yang-bisa-didapat-dari-bersepeda-bagian-1 Diakses pada 4 Maret 2019 Cycling Weekly.

https://www.cyclingweekly.com/news/latest-news/benefits-of-cycling-334144 Diakses pada 20 Februari 2019 Kementerian Kesehatan RI. http://p2ptm.depkes.go.id/infographic-p2ptm/hipertensi-penyakit-jantung-dan-pembuluh-darah/page/9/apa-saja-manfaat-sehat-yang-bisa-didapat-dari-bersepeda-bagian-2 Diakses pada 20 Februari 2019 The BJM. https://www.bmj.com/content/357/bmj.j1456 Diakses pada 30 Juli 2020 Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/benefits-of-cycling#risks-and-safety Diakses pada 14 Juli 2021

LARI VS BERSEPEDA




2022 www.videocon.com