Apa pengaruh kondisi geografis indonesia sebagai negara maritim bagi kehidupan sosial dan budaya?

apa pengaruh kondisi geografis indonesia sebagai negara maritim bagi kehidupan sosial dan budaya?

Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan, disebut sebagai negara kepulauan karena terdiri atas pulau-pulau besar seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua. Berdasarkan statistiknya, wilayah Indonesia memiliki perbandingan 4:1, dimana lautan lebih dominan daripada daratannya. Berdasarkan letak geografisnya, Indonesia termasuk dalam wilayah Asia Tenggara. Dimana bagi negara yang berada di wilayah geografis ini dianggap sebagai negara yang memiliki banyak potensi dan disini Indonesia termasuk dalam kategori tersebut.

Artikel terkait : Batas Wilayah Indonesia secara Geografis – Letak Astronomis Indonesia Letak geografis adalah letak suatu negara yang dilihat dari permukaan buma bumi. Berdasarkan letak geografisnya, Indonesia terletak diantara 2 benua dan 2 samudera, dimana hal ini membuat Indonesia menjadi kategori negara yang memiliki potensial seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Lantas apa pengaruh letak geografis Indonesia bagi negaranya sendiri ? Berikut penjelasannya : 1. Memiliki 2 Musim Seperti yang sudah disinggung diatas bahwa Indonesia ini berada diantara 2 samudera yaitu Samudera Pasifik dan Samudera Hindia.

apa pengaruh kondisi geografis indonesia sebagai negara maritim bagi kehidupan sosial dan budaya?

Dimana negara ini kemudian dilalui oleh angin monsoon ( angin muson). Angin ini akan berganti arah setiap 6 bulan sekali atau dapat dikatakan 2 kali dalam 1 tahun, adanya angin inilah yang menyebabkan negara ini hanya memiliki 2 musim di setiap tahunnya, yaitu musim hujan dan kemarau.

Dimana terkadang ketika musim kemarau datang akan menjadi musim kemarau yang berkepanjangan dan dapat menimbulkan kekeringan di berbagai tempat, sebaliknya ketika musim hujan tiba akan terjadi hujan lebat karena wilayahnya yang berada diantara 2 samudra besar di dunia.

( baca : Pembagian Musim di Indonesia ) 2.

apa pengaruh kondisi geografis indonesia sebagai negara maritim bagi kehidupan sosial dan budaya?

Pengaruh Terhadap Kondisi Alam Indonesia merupakan negara kepulauan dimana wilayah negara ini adalah wilayah pertemuan antara dua samudera yang diapit oleh dataran luas (Benua Asia dan Australia). Hal inilah yang memiliki pengaruh terhadap kondisi alamnya, yaitu wilayah Indonesia menjadi beriklim laut, dimana karena negara Indonesia disebut sebagai negara kepulauan maka akan banyak mendapat pengaruh dari angin laut dan mendatangkan hujan yang mempengaruhi cuaca di Indonesia.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa cuaca di Indonesia sangat berbeda di setiap wilayahnya sehingga di wilayah tersebut muncul berbagai ragam jenis tumbuhan dan hewan.

Artikel terkait : Proses Terjadinya El Nino dan La Nina 3. Ekonomi Negara Sebagai negara yang diapit oleh 2 samudera dan 2 benua, Indonesia menjadi wilayah yang sangat strategis.

Hal ini membuat terjadinya lalu lintas internasional, baik itu di darat ataupun di laut. Dengan demikian maka Indonesia memiliki potensi yang besar sebagai negara dengan tingkat perekonomian yang besar karena pada umumnya Indonesia merupakan negara berkembang dan sebagai negara industri yang kemudian negara lain menjadikan negara ini sebagai titik industrinya. Perekonomian tersebut diantaranya dalam bidang perikanan dimana Indonesia memiliki sumber penghasilan ikan yang baik, dimana nantinya hasil laut tersebut sebagaian besar akan di ekspor ke luar negeri, dalam bidang seni antara lain adalah seni membatik yang dapat dipamerkan kepada dunia dan tentunya dapat dijadikan sebagai ciri khas negara, dalam bidang kerajinan antara lain adalah ukiran dari kayu, perak atau emas yang menarik sehingga dapat menarik perhatian dunia untuk mengkoleksi benda-benda tersebut serta dalam bidang pariwisata dimana Indonesia memiliki berjuta-juta tempat yang indah yang pantas untuk dijadikan sebagai tempat tujuan wisata dengan harga yang terjangkau, contohnya disini adalah Bali yang memiliki keindahan dan budayanya yang unik sehingga setiap tahunnya banyak wisatawan luar negeri yang berkunjung ke tempat ini.

apa pengaruh kondisi geografis indonesia sebagai negara maritim bagi kehidupan sosial dan budaya?

Artikel terkait : Manfaat Dari Adanya Batas ZEE – Fungsi Batas Kelautan ZEE 4. Keanekaragaman Suku dan budaya Pengaruh letak geografis Indonesia terhadap keadaan penduduk antara lain adalah terdapat berbagai suku dan budaya yang berkembang dalam negara ini. Dimana kebudayaan tersebut lambat laun akan mengalami proses asimilasi dan tentunya menjadikan negara ini memiliki keangekaragam seni dan budaya. Hal ini membuat negara Indonesia menjadi negara yang memiliki keanekaragaman suku dan budaya yang lengkap diantara negara lainnya.

Tentunya dengan ini akan menambah keingintahuan masyarakat luar negeri untuk lebih mengenal Indonesia lebih jauh. Artikel terkait : Manfaat Letak Geologis Indonesia Kelebihan dan Kekurangan Letak geografis suatu negara pasti memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, berikut adalah kelebihan dan kekurangan letak geografis Indonesia : 1.

Kelebihan letak geografis Indonesia dalam berbagai sektor • Dalam bidang ekonomi – Kelebihan telak geografis Indonesia di bidang ekonomi antara lain adalah dapat menambah devisa negara, dapat dijadikan sebagai pusat perekonomian diantara 2 samudra dan 2 benua, dapat dijadikan sebagai jalur perdagangan dunia, dapat mengembangkan pariwisata lebih lanjut dalam kancah dunia dan menjadikan beberapa tempat di wilayah Indonesia sebagai destinasi pariwista utama, contohnya adalah Bali.

• Dalam sektor komunikasi – Kelebihan telak geografis Indonesia di sektor komunikasi antara lain adalah dengan adanya keanekaragaman bahasa yang unik dan khas seperti bahasa Sunda, Jawa dan Batak, selain itu warga negaranya sebagian besar harus belajar bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional • Dalam sektor transportasi – Kelebihan telak geografis Indonesia di sektor transportasi antara lain adalah dapat membuat infrastruktur untuk meningkatkan transportasi tujuan wisata, meningkatkan transportasi laut dan keamanan laut secara maksimal, meningkatkan akomodasi angkutan umum untuk memenuhi kebutuhan masyarakat ( baca : Manfaat Laut ) • Dalam bidang sosial budaya – Kelebihan telak geografis Indonesia di bidang sosial budaya antara lain adalah dengan adanya keanekaragaman pakaian, baik itu dari adat setempat atau ciri khas seperti Batik, Indonesia merupakan negara dengan akulturasi budaya asing dan lokal yang berkembang dengan baik sehingga dengan adanya alkulturasi tersebut menjadikan negara ini memiliki keanekaragaman dalam budaya asing dan lokal 2.

Kekurangan letak geografis Indonesia dalam berbagai sektor • Dalam bidang ekonomi – Kekurangan letak geografis Indonesia dalam bidang ekonomi antara lain adalah terjadinya pasar gelap yang tersebar di berbagai wilayah, adanya eksplorasi secara besar-besaran dan terjadinya persaingan global yang tidak sehat • Dalam bidang komunikasi – Kekurangan letak geografis Indonesia dalam bidang komunikasi antara lain adalah dengan adanya bahasa asing yang masuk maka yang ditakutkan adalah bahasa lokal yang perlahan akan mulai menghilang dan akan kesulitan dalam menggunakan bahasa Inggris • Dalam bidang transportasi – Kekurangan letak geografis Indonesia dalam bidang transportasi antara lain adalah akan terjadi kepadatan lalu lintas karena bertambahnya jumlah imigran yang masuk, kendaraan luar negeri yang mulai merajai otomotif negara sehingga hasil karya negeri ini kurang diapresiasi serta akan kehilangan modal dalam meningkatkan transportasi tradisional • Dalam bidang sosial budaya – Kekurangan letak apa pengaruh kondisi geografis indonesia sebagai negara maritim bagi kehidupan sosial dan budaya?

Indonesia dalam bidang sosial budaya antara lain adalah budaya yang masuk ke negara ini nantinya akan berdampak pada budaya lokal, dimana budaya lokal nantinya akan tersingkirkan dan diganti oleh budaya asing yang masuk, budaya asing yang masuk akan memberikan dampak negatif bagi bangsa Indonesis serta maraknya perilaku yang tidak sesuai dengan adat istiadat atau norma-norma yang berlaku di Indonesia, apabila hal ini tidak segera dicegah maka budaya lokal akan hilang Artikel terkait : Manfaat Transmigrasi Simak penjelasan lebih lengkap di video ini ya Kondisi geografis Indonesia sebagai negara maritim dan kepulauan menyimpan potensi yang besar dalam berbagai bidang, seperti di bidang ekonomi, sosial, budaya, dan transportasi.

Potensi-potensi tersebut dapat menjadi modal yang penting dalam pembangunan nasional guna mewujudkan kesejahteraan masyarakatnya. Wilayah Indonesia yang berupa kepulauan, antara pulau satu dengan yang lainnya disatukan oleh laut mengakibatkan bervariasinya potensi yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Masing-masing pulau memiliki karakteristik masingmasing, mulai dari kondisi alam maupun kondisi sosial-budayanya. Variasi dan karakteristik potensi tersebut terlihat dari lengkap dan beragamnya bentang alam dan hasil alamnya, beragamnya suku bangsa yang mengakibatkan beragam pula ada istiadat dan budayanya, serta beragamnya agama, golongan, dan kelompok masyarakatnya.

Keberagaman yang disebabkan adanya perbedaan antara pulau satu dengan pulau yang lainnya ini tidaklah menjadi pemecah dan perenggang, namun justru menjadi pemersatu, karena antara yang satu dengan yang lain bisa saling melengkapi. Kondisi geografis sebagai negara maritim dan kepulauan membawa banyak keuntungan bagi bangsa Indonesia. Wilayah laut Indonesia yang sangat luas telah diakui secara internasional sebagai negara maritim yang ditetapkan dalam UNCLOS pada tahun 1982.

Hal ini berarti Bangsa Indonesia diberi kewenangan untuk memanfaatkan potensi sumber daya laut. Cakupan wilayah yang sangat besar dan luas, tentu saja laut Indonesia mengandung keanekaragaman sumber daya alam laut yang sangat potensial, baik hayati maupun non-hayati.

Sumber daya alam laut tersebut antara lain ikan, terumbu karang dengan kekayaan biologi yang bernilai ekonomi tinggi, wisata bahari, sumber energi minyak dan gas bumi, bahan mineral, dan juga media transportasi antarpulau. Semua potensi alam tersebut tersedia dalam jumlah yang besar dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

apa pengaruh kondisi geografis indonesia sebagai negara maritim bagi kehidupan sosial dan budaya?

Besarnya peluang ekonomi dari pemanfaatan potensi sumber daya laut yang sedemikian besar ini tentunya dapat memberikan kontribusi bagi kehidupan ekonomi masyarakat Indonesia. Hingga pada akhirnya juga akan memberikan kontribusi bagi kesejahteraan bangsa.

apa pengaruh kondisi geografis indonesia sebagai negara maritim bagi kehidupan sosial dan budaya?

Kelompok masyarakat yang bisa merasakan langsung potensi kekayaan sumber daya kelautan ini adalah masyarakat yang berda di pesisir. Banyak jenis pekerjaan yang bisa diusahakan untuk menunjang kehidupan ekonominya.

apa pengaruh kondisi geografis indonesia sebagai negara maritim bagi kehidupan sosial dan budaya?

Ayo Berlatih Kelompok masyarakat yang bisa merasakan langsung potensi kekayaan sumber daya kelautan ini adalah masyarakat yang berada di pesisir. Banyak jenis pekerjaan yang bisa diusahakan untuk menunjang kehidupan ekonominya.

Ayo sebutkan jenis-jenis usaha atau pekerjaan yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya alam laut di Indonesia. Jenis Pekerjaan yang Berkaitan dengan Pemanfaatan Sumber Daya Laut antara lain sebagai berikut : • Nelayan • Pertambangan minyak lepas pantai • Berbagai sektor usaha wisata: pegawai hotel, warung makan, toko cinderamata, penyewaan perahu dan aat-alat permainan air, penjual tiket, pemandu wisata, dan lain-lain • Pelayaran • Para Petambak Ikan dan udang.

• Berbagai sektor usaha di pelabuhan • Petani Garam, dan Petani Rumput Laut • Penyelam (tradisional) yang mencari teripang. • Pengerajin kayu yang memanfaatkan pohon di hutan bakau. • Petani budidaya kerang mutiara laut.

apa pengaruh kondisi geografis indonesia sebagai negara maritim bagi kehidupan sosial dan budaya?

• Pemandu wisata alam bawah laut. • Pekerja di perusahaan yang mengelola air laut dengan menggunakan sistem osmosis balik agar diperoleh air yang layak konsumsi. • Para Pengusaha pembuat kapal dan jaring • Para Pengerajin kerang. • Jasa penyebrangan laut. Ayo Mengamati Pengaruh Kondisi Geografis Indonesia sebagai Negara Maritim terhadap Kehidupan Sosial Masyarakat Negara Maritim Sebagai negara maritim dan kepulauan yang berada di antara Benua Australia dan Asia membawa pengaruh terhadap kehidupan sosial budaya bangsa Indonesia.

Hal ini bisa terjadi karena dengan posisi tersebut menyebabkan Indonesia menjadi jalur perdagangan dunia. Mau tidak mau banyak pedagang dari berbagai negara di seluruh belahan bumi ini akan melewati dan mampir ke Indonesia.

apa pengaruh kondisi geografis indonesia sebagai negara maritim bagi kehidupan sosial dan budaya?

Pedagang-pedagang dari berbagai negara tersebut tentunya memiliki latar belakang yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Para pedagang yang mampir dan ada sebagian yang menetap di Indonesia turut membawa adat budaya dari negara asalnya. Lambat laun adat budaya yang dibawa tersebut akan berbaur, bercampur, bahkan melebur dengan adat budaya asli Indonesia. Berikut adalah beberapa dampak yang diakibatkan oleh letak dan kondisi geografis bangsa Indonesia sebagai negara maritim atau kepulauan.

• Komunikasi dan interaksi antarpenduduk menjadi lebih mudah, baik antarwarga Indonesia maupun orang Indonesia dengan warga asing. Hal ini didukung adanya kemajuan teknologi di bidang pelayaran antarpulau dan antarnegara.

• Terjadinya pembauran, pencampuran, atau peleburan nilai-nilai antarpulau dan antarnegara. • Munculnya perkampungan-perkampungan etnis tertentu, seperti Pecinan dan Kampung Arab. • Terjadinya perubahan perilaku masyarakat karena pengaruh masuknya pola dan nilai perilaku dari pulau, daerah, maupun negara lain.

• Terjadinya perpindahan ilmu, pengetahuan, dan teknologi. Ayo Menulis Ada dampak positif, tentunya juga ada dampak negatifnya.

apa pengaruh kondisi geografis indonesia sebagai negara maritim bagi kehidupan sosial dan budaya?

Coba ceritakan berbagai dampak yang timbul sebagai akibat dari letak dan kondisi geografis Indonesia sebagai negara maritim dan kepulauan. Dampak Positif Dampak Negatif • Memiliki keberagaman potensi alam dan hasilnya, memiliki keberagaman dan kekayaan budaya, memiliki keberagaman sumber daya manusia. • Bidang transportasi: berpotensi meningkatnya insfrastruktur di berbagai daerah karena banyaknya wisatawan yang berkunjung.

• Bidang ekonomi: menjadi jalur perdagangan internasional, juga berpotensi menambah devisa negara melalui pengembangan destinasi pariwisata • Tidak meratanya potensi alam dan sumberdaya manusia, tidak meratanya pembangunan dan pemerataan hasilhasilnya, rentan terhadap terjadinya konflik kedaerahan. • Sering terjadi bencana alam. Indonesia berada pada jalur patahan lempeng kerak dunia, pergerakannya dari lempeng tersebut dapat berakibat pada terjadinya bencana gempa bumi.

Selain itu, munculnya banyak gunung berapi juga bisa menjadi potensi bencana alam.
KOMPAS/WAWAN H PRABOWONelayan melintasi deretan bagan yang tersebar di perairan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Senin (7/12/2015). Bagan menjadi salah satu alat tangkap ikan para nelayan yang menggunakan bantuan cahaya lampu pada malam hari untuk menarik perhatian ikan agar berkumpul di dekat jaring.

KOMPAS.com - Wilayah daratan dan perairan di Indonesia sangatlah luas. Indonesia dikenal memiliki letak geografis yang strategis. Jika melihat letak geografisnya, Indonesia terletak di antara Benua Asia dan Australia, serta Samudra Hindia dan Pasifik. Indonesia dijuluki sebagai negara maritim atau negara yang memiliki perairan besar dan luas. Menurut Ayu Andriani dalam buku Saya Indonesia, Negara Maritim Jati Diri Negaraku (2018), salah satu faktor mengapa Indonesia disebut sebagai negara maritim ialah karena posisi perairannya yang strategis.

Indonesia memiliki perairan seperti laut dan selat, yang sering dijadikan alur transportasi, baik nasional atau internasional. Jalur perairan ini menghubungkan Indonesia dan negara sekitarnya dengan negara di benua lain, seperti Benua Amerika dan Eropa. Oleh karena letak geografis Indonesia sebagai negara maritim tergolong strategis, hal ini apa pengaruh kondisi geografis indonesia sebagai negara maritim bagi kehidupan sosial dan budaya?

membawa pengaruh bagi Indonesia di berbagai aspek kehidupan. Baca juga: Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia Berikut penjelasan mengenai pengaruh kondisi geografis indonesia sebagai negara maritim bagi kehidupan ekonomi, yaitu: • Menambah peluang pekerjaan masyarakat Indonesia Sebagai negara maritim, perairan Indonesia memiliki sumber daya laut yang sangat melimpah.

Diperlukan pihak yang ahli dalam mengelola sumber daya ini. Maka dari itu, pengaruh geografis Indonesia sebagai negara maritim dapat menambah peluang pekerjaan masyarakat Indonesia, misalnya menjadi nelayan, pekerja sektor wisata, pelayaran, dan lain sebagainya. • Jalur perdagangan dunia Seperti yang telah disebutkan di atas, Indonesia sebagai negara maritim memiliki letak geografis yang strategis. Perairan Indonesia sering dijadikan jalur perdagangan dunia, dari satu negara ke negara lainnya.

• Menambah keberagaman budaya masyarakat Strategisnya perairan Indonesia tentu membuat perairan ini banyak dilalui kapal pedagang internasional yang tidak sekadar lewat, tetapi juga singgah.

apa pengaruh kondisi geografis indonesia sebagai negara maritim bagi kehidupan sosial dan budaya?

Hal ini tanpa disadari dapat menambah keberagaman budaya dan bahasa di Indonesia. Karena adanya percampuran budaya asli dengan pendatang. Indonesia adalah negara yang letak geografisnya sangat strategis. Berada di antara dua benua, Asia dan Australia, serta dua samudera, Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Selain itu Indonesia juga terdiri dari banyak pulau. Pulau-pulau Indonesia terbentang dari Sabang sampai Merauke, hal ini membuat wilayah Indonesia menjadi sangat luas.

Letak Indonesia yang dikelilingi wilayah perairan menjadikan Indonesia sebagai negara maritim. Keanekaragaman sumber daya alam di laut seperti berbagai jenis ikan dan terumbu karang serta sumber energi, minyak dan gas bumi, bahan mineral, menjadikan potensi laut Indonesia memiliki banyak potensi.

Selain itu laut juga menjadi sarana transportasi antar pulau dengan kapal sehingga Indonesia memiliki banyak pelabuhan.
Negara Maritim Sebagai negara maritim dan kepulauan yang berada di antara Benua Australia dan Asia membawa pengaruh terhadap kehidupan sosial budaya bangsa Indonesia. Hal ini bisa terjadi karena dengan posisi tersebut menyebabkan Indonesia menjadi jalur perdagangan dunia.

Mau tidak mau banyak pedagang dari berbagai negara di seluruh belahan bumi ini akan melewati dan mampir ke Indonesia. Pedagang-pedagang dari berbagai negara tersebut tentunya memiliki latar belakang yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Pengaruh Kondisi Geografis Indonesia sebagai Negara Maritim terhadap Kehidupan Ekonomi Masyarakat Kondisi geografis Indonesia sebagai negara maritim dan kepulauan menyimpan potensi yang besar dalam berbagai bidang, seperti di bidang ekonomi, sosial, budaya, dan transportasi.

Potensi-potensi tersebut dapat menjadi modal yang penting dalam pembangunan nasional guna mewujudkan kesejahteraan masyarakatnya. Apa pengaruh kondisi geografis indonesia sebagai negara maritim bagi kehidupan sosial dan budaya? geografis Indonesia sebagai negara maritim berpengaruh terhadap kehidupan sosial dan ekonomi masyarakatnya. Dalam kehidupan ekonomi, masyarakatnya mengandalkan perikanan dan pariwisata kelautan sebagai pendapatan masyarakat.

Jenis Pekerjaan yang Berkaitan dengan Pemanfaatan Sumber Daya Laut antara lain sebagai berikut : Kehidupan Sosial Dalam kehidupan sosial, masyarakatnya lebih terbuka dan ramah terhadap masyarakat • Company About Us Scholarships Sitemap Q&A Archive Standardized Tests Education Summit • Get Course Hero iOS Android Chrome Extension Educators Tutors • Careers Leadership Careers Campus Rep Program • Help Contact Us FAQ Feedback • Legal Copyright Policy Academic Integrity Our Honor Code Privacy Policy Terms of Use Attributions • Connect with Us College Life Facebook Twitter LinkedIn YouTube Instagram
Bobo.id - Indonesia dijuluki sebagai Negara Maritim.

Sebab, sebagian besar wilayah Indonesia terdiri dari perairan dan merupakan negara kepulauan. Luas lautan Indonesia mencapai 3.000.000 kilometer persegi. Ada dua samudra yang mengapit negara Indonesia, yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Bahkan, Indonesia juga merupakan negara dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia. Lalu, apa saja pengaruh geografis Indonesia sebagai Negara Maritim terhadap ekonomi dan sosial masyarakat?

Yuk, cari tahu! Baca Juga: Penjelasan Letak Geografis, Letak Astronomis, dan Batas-Batas Wilayah ASEAN Pengaruh Geografis Indonesia sebagai Negara Maritim Terhadap Ekonomi Berikut ini adalah pengaruh geografis Indonesia sebagai negara maritim, terhadap ekonomi: 1. Terbukanya Banyak Lapangan Pekerjaan Sebagai Negara Maritim, banyak terbukanya lapangan pekerjaan yang berhubungan dengan laut dan perairan.

Contohnya nelayan, pertambangan, pengolah tempat wisata, pelayaran, dan pekerjaan di pelabuhan. 2. Menjadi Jalur Perdagangan Dunia Sebagai Negara Maritim, Indonesia memiliki letak geografis yang strategis.

Indonesia berada di persimpangan jalur lalu lintas perdagangan dunia. Hal ini tentu menguntungkan bagi ekonomi Indonesia. ARTIKEL TERKAIT • Cari Jawaban Kelas 5 SD Tema 1, Bagaimana Kondisi Geografis Pulau Sulawesi Berdasarkan Peta?

• Cari Jawaban Kelas 5 SD Tema 1, Bagaimana Kondisi Geografis Pulau Papua dan Maluku Berdasarkan Peta? • Cari Jawaban Soal Kelas 5 SD, Bagaimana Kondisi Geografis Pulau Bali dan Nusa Tenggara Berdasarkan Peta?

• Kondisi Geografis Pulau-Pulau di Indonesia Berdasarkan Peta, dari Pulau Jawa hingga Bali dan Nusa Tenggara, Materi Kelas 5 SD Tema 1Daftar isi • Pengaruh Kondisi Geografis terhadap Ekonomi • Pengaruh Kondisi Geografis terhadap Sosial • Pengaruh Kondisi Geografis terhadap Budaya Pengaruh Kondisi Geografis terhadap Ekonomi Secara internasional, wilayah laut Indonesia yang sangat luas dengan keanekaragaman sumber daya laut yang potensial telah diak ui sebagai negara maritim yang ditetapkan dalam UNCLOS tahun 1982.

Sumber daya laut baik hayati maupun non hayati tersebut antara lain ikan, terumbu karang, wisata bahari, sumber energi minyak dan gas bumi, serta mineral. Peluang ekonomi yang sangat besar dari pemanfaatan sumber daya laut tersebut dapat memberikan kontribusi bagi kehidupan ekonomi masyarakat, terutama masyarakat pesisir. Pengaruh Kondisi Geografis terhadap Sosial Indonesia yang terletak di antara Benua Australia dan Asia mempengaruhi kehidupan sosial masyarakat karena menjadi jalur perdagangan dunia, sehingga banyak pedagang dari berbagai negara melewati dan singgah di Indonesia.

Keanekaragaman latar belakang adat budaya pedagang dari berbagai negara lambat laun akan bercampur dan melebur dengan adat budaya asli Indonesia.

apa pengaruh kondisi geografis indonesia sebagai negara maritim bagi kehidupan sosial dan budaya?

Beberapa pengaruh terhadap kehidupan sosial masyarakat yaitu: • Komunikasi dan interaksi antar penduduk indonesia maupun dengan pendatang menjadi lebih mudah karena didukung adanya kemajuan teknologi di bidang pelayaran. • Terjadinya pembauran, pencampuran, dan peleburan nilai-nilai antar pulau maupun antar negara. • Munculnya perkampungan etnis tertentu, seperti Pecinan dan Kampung Arab.

• Perubahan perilaku masyarakat karena pengaruh pola dan nilai perilaku yang baru. • Adanya perpindahan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pengaruh Kondisi Geografis terhadap Budaya Indonesia yang terletak di antara dua benua dan dua samudera menjadi hal yang menyebabkan Indonesia sebagai negara dengan kebudayaan yang beragam.

Ciri Keberagaman Budaya Lokal Indonesia: • Keberagaman Suku Bangsa Keragaman suku bangsa Indonesia disebabkan adanya pencampuran antara nenek moyang yang berasal dari Yunan, Cina Selatan dengan penduduk indigenous dan indo-arian dari Asia Selatan.

• Keberagaman Bahasa Indonesia masuk ke dalam rumpun bahasa Austronesia (Australia-Asia). Rumpun ini terbagi menjadi dua sub rumpun yaitu Bahasa Austronesia Barat atau Indonesia/Melayu dan Bahasa Austronesia Timur atau Polinesia. • Keberagaman Religi Indonesia memiliki enam agama yang diakui yaitu Islam, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu serta berkembang pula aliran-aliran kepercayaan. • Keberagaman Seni dan Budaya Wujud dari keberagaman seni dan budaya adalah kesenian, baik seni sastra, seni tari, seni musik, seni drama atau pertunjukkan, seni rupa, dan sebagainya.

Dampak dari Kondisi Geografi Indonesia pada Segi Kebudayaan • Mudahnya pengaruh luar masuk ke Indonesia, salah satunya dalam bidang musik. Masyarakat Indonesia lebih mengenal aliran musik luar, seperti Hip-Hop, Jazz, RnB dibandingkan dengan karawitan atau gambang kromong. • Kebudayaan Indonesia yang semakin dikenal akibat perdagangan dan pariwisata. • Timbulnya beraneka ragam kebudayaan dan adat seperti seni wayang di Jawa Timur yang terinspirasi dari cerita India dan hukum adat di Aceh yang terpengaruh oleh hukum Islam.

Related Posts • Pembangunan Ekonomi: Pengertian – Tujuan dan Faktor • Kegiatan Ekonomi: Pengertian – Jenis dan Contohnya • 4 Interaksi Sosial yang Mengarah Pada Persatuan • Interaksi Sosial Antar Individu dengan Kelompok (Pengertian, Syarat, Ciri) • 35 Daftar Negara di Benua Amerika Beserta Luas Wilayah Recommended • Data Panel: Pengertian – Tujuan dan Contoh Penggunaannya • 13 Bangunan Tertinggi di Indonesia Beserta Gambarnya • 15 Bangunan Tertinggi di Dunia Beserta Gambarnya • 9 Prospek Kerja Lulusan Cyber Security Beserta Penjelasannya • 7 Prospek Kerja Lulusan Sastra Perancis yang Perlu diketahui

pengaruh kondisi geografis Indonesia sebagai negara maritim terhadap kondisi budaya masyarakat




2022 www.videocon.com