Dari beberapa pasien penyakit asma ada yang disarankan untuk berlatih berenang mengapa demikian

dari beberapa pasien penyakit asma ada yang disarankan untuk berlatih berenang mengapa demikian

Asma merupakan salah satu jenis penyakit yang muncul akibat alergi. Penyakit ini banyak diderita anak dan dewasa muda. Kabar yang beredar di masyarakat menyebutkan bahwa berenang dapat menyembuhkan penyakit asma. Di Indonesia, data Riset Kesehatan Dasar menunjukkan bahwa 1 dari 20 penduduk Indonesia memiliki penyakit asma.

Dan jumlah ini diperkirakan terus meningkat setiap tahunnya. Mengalami asma jelas merupakan hal yang tak mengenakkan. Pasalnya, serangan asma bisa muncul kapan saja, dan pada waktu yang tak terduga. Itu sebabnya penyakit ini kerap mengganggu aktivitas mulai dari sekolah, pekerjaan, bahkan bisa mengancam nyawa. Berenang disebut-sebut bisa membantu menyembuhkan asma.

dari beberapa pasien penyakit asma ada yang disarankan untuk berlatih berenang mengapa demikian

Apakah benar berenang untuk penderita asma memang efektif? Simak selengkapnya dalam artikel berikut. Sejak satu dekade terakhir, berbagai penelitian medis dilakukan untuk mengetahui apakah berenang dapat membantu meringankan gejala bahkan menyembuhkan asma.

Namun hingga kini, belum ada hasil yang konklusif mengenai manfaat berenang untuk penderita asma. Sebagian penelitian menyatakan bahwa penderita asma yang berenang secara rutin memang lebih jarang kambuh asmanya. Namun, sebagian penelitian lainnya menemukan bahwa berenang tak membuat asma membaik secara signifikan. Artikel Lainnya: Manfaat Berenang dalam Mengatasi Berbagai Penyakit Meski demikian, semua penelitian medis mengenai berenang dan asma sepakat menyimpulkan bahwa berenang merupakan olahraga yang aman untuk penderita asma. Renang atau olahraga aerobik lainnya (seperti joging, bersepeda, atau senam) dapat dilakukan secara rutin oleh penderita asma untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan melatih saluran pernapasan.

Meski berenang merupakan salah satu olahraga yang aman bagi penderita asma, hendaknya Anda melakukannya dengan terlebih dahulu memahami situasi dan risiko yang mungkin terjadi. Berenang memang jarang memicu kambuhnya gejala asma, namun hal ini bukan tidak mungkin terjadi.

Untuk itu, jika Anda adalah seorang penderita asma, maka Anda harus melakukan persiapan dengan matang sebelum memutuskan untuk berenang. Artikel Lainnya: Pilihan Olahraga yang Aman untuk Penderita Asma Selain itu, kandungan klorin yang umumnya terdapat pada air kolam renang sebagai agen desinfektan merupakan zat yang cenderung keras pada sebagian orang. Pada penderita asma, khususnya, klorin yang terhirup saat berenang dapat menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan.

Selain itu, klorin dapat memicu timbulnya episode atau memperburuk gejala saat asma berikutnya kambuh. Sekarang Anda sudah tahu apa saja risiko berenang untuk penderita asma. Karena itu, terdapat rambu-rambu yang harus Anda perhatikan saat berenang agar olahraga ini memberikan manfaat optimal. Berikut tipsnya: • Pilihlah Kolam Renang Indoor Berenang di kolam indoor dapat membantu Anda memastikan kualitas udara di daerah kolam renang baik.

Jika harus menggunakan kolam renang outdoor, hindari kolam renang yang lokasinya di tepi jalan besar. • Hindari Air Kolam Renang yang Dingin Sebisa mungkin, carilah kolam renang dengan air hangat. Uap air hangat dapat membantu melebarkan saluran napas, sehingga pernapasan penderita asma bisa lebih lega.

• Pastikan Kolam Renang Aman Pilihlah kolam renang yang memiliki pengawas kolam renang ( lifeguard). Jika tidak ada fasilitas tersebut, hindari berenang sendirian. Ajaklah keluarga atau rekan untuk menemani atau mengawasi Anda saat berenang. Sehingga, jika terjadi serangan asma saat dari beberapa pasien penyakit asma ada yang disarankan untuk berlatih berenang mengapa demikian, ada orang yang akan sigap menolong.

Artikel Lainnya: Benarkah Asma Bisa Muncul Saat Dewasa? • Pilih Kolam dengan Kadar Klorin Rendah Sebelum berenang, cari tahu informasi kadar klorin di kolam renang yang akan Anda gunakan. Hindari kolam renang dengan kadar klorin yang tinggi, karena klorin dapat mengiritasi saluran pencernaan dan mencetuskan atau bahkan memperburuk gejala asma. • Jangan Lupa Pemanasan Lakukan pemanasan dengan meregangkan otot-otot tubuh, lengan, dan tungkai, setidaknya selama 10-15 menit sebelum berenang.

• Konsultasi kepada Dokter Bicarakan dengan dokter Anda mengenai kemungkinan perlunya menghirup atau meminum obat asma sesaat sebelum berenang.

Selain berenang atau melakukan olahraga lainnya, jangan lupakan hal-hal mendasar untuk mencegah asma Anda kambuh kembali. Misalnya, dengan menghindari zat/ kondisi pencetus asma dan konsumsi obat-obatan rutin Anda secara teratur sesuai petunjuk. Kenali tanda-tanda pada diri Anda dan segera berkonsultasi dengan dokter sebelum sesak napas kambuh. Umumnya asma tak langsung muncul seketika dengan gejala sesak napas yang berat.

Tanda-tanda awal asma pada tiap individu bisa berbeda-beda. Misalnya, pada sebagian penderita, batuk-batuk merupakan tanda bahwa akan muncul serangan asma. Baca Juga • Kolam Renang Sudah Boleh Dibuka saat New Normal, Ini Aturannya! • Benarkah Berenang Efektif untuk Usir Flu? • Lakukan Ini agar Asma Tak Kambuh Lagi Walau masih dibutuhkan penelitian mengenai manfaat berenang untuk penderita asma, tak ada salahnya Anda melakukannya secara rutin.

Namun yang tak kalah penting, untuk menyembuhkan asma, Anda perlu mengenali dan menghindari pencetus asma serta menjalani pengobatan dengan teratur.

dari beberapa pasien penyakit asma ada yang disarankan untuk berlatih berenang mengapa demikian

Ingin bertanya mengenai cara mencegah asma kambuh atau masalah kesehatan lainnya? Jangan ragu untuk bertanya kepada dokter melalui layanan Live Chat di aplikasi KlikDokter. [FY] Kherysuryawan.id – Soal PAS/UAS/UKK/PAT PJOK kelas 8 semester 1 dan semester 2. Sahabat pendidikan dimanapun berada, setelah saya membagikan soal latihan ulangan akhir semester untuk mata pelajaran penjas kelas 7 maka saatnya untuk saya kembali membagikan soal ulangan akhir semester (UAS) untuk mata pelajaran PJOK kelas 8 SMP.

Soal penilaian akhir semester (PAS) PJOK kelas 8 SMP yang akan saya bagikan disini yaitu soal bentuk pilihan ganda dan soal bentuk essay atau uraian.

Dengan adanya soal-soal ini maka kiranya bisa membantu para siswa yang akan menghadapi ulangan sehingga belajar dengan baik dan juga bagi guru yang akan membuat soal maka bisa menjadikan soal-soal ini sebagai referensinya. Untuk soal pilihan ganda semuanya sudah disiapkan kunci jawabannya di setiap soal yang di berikan dan untuk soal uraian juga sudah di berikan pembahasannya. Namun jika ternyata di setiap soal yang sudah memiliki kunci jawaban ternyata masih ada yang kurang tepat maka dimohon untuk bisa memberikan perbaikan dan mengirimkannya melalui kolom kontak yang ada di blog ini sehingga admin bisa melakukan revisi dan perbaikan.

Baiklah untuk anda yang ingin belajar mengerjakan soal-soal ulangan akhir semester PJOK kelas 8 SMP atau ingin melihat bentuk soalnya sebagai bahan referensi maka silahkan simak di bawah ini : SOAL PILIHAN GANDA 1.

Di bawah ini yang bukan merupakan gerak spesifik dalam permainan sepak bola adalah . A. mengumpan dan menendang bola B. menahan bola C. menggiring bola D. melempar bola KUNCI JAWABAN : D 2. Tendangan yang menandakan dimulainya pertandingan sepak bola dilakukan oleh dua orang pemain di tengah lapangan disebut . A. dari beberapa pasien penyakit asma ada yang disarankan untuk berlatih berenang mengapa demikian kick B.

corner kick C. kick-off D. penalty kick KUNCI JAWABAN : C 3. Tendangan yang dilakukan oleh salah satu pemain ke gawang lawan ketika salah satu pemain dari tim lawan melakukan pelanggaran disebut . A. free kick B. corner kick C. kick-off D. penalty kick KUNCI JAWABAN : A 4. Di bawah ini adalah pernyataan yang benar mengenai gerak spesifik menggiring bola dengan kaki bagian dalam yaitu .

A. menjulurkan kaki yang digunakan untuk menahan bola dari arah datangnya bola B. mendorong dengan kaki bagian dalam ke arah depan dengan posisi agak dibuka ke depan C. mendorong dengan kaki bagian luar ke arah depan dengan posisi agak terangkat dari tanah D. tumpuan berat badan berada pada kaki yang juga digunakan untuk menggiring bola KUNCI JAWABAN : B 5.

Saat melakukan servis atas pada bola voli, posisi sikap kaki adalah . A. dibuka selebar bahu, salah satu kaki kedepan, lutut agak ditekuk B. lurus ke depan C. menolak ke atas dengan ayunan tangan D. rapat KUNCI JAWABAN : B 6. Berikut ini yang bukan merupakan unsur dasar dalam gerakan smash permainan bola voli adalah .

A. awalan B. tolakan C. umpan D. pendaratan KUNCI JAWABAN : C 7. Dalam permainan bola basket, bentuk arah bola yang benar saat menembak adalah . A.

lurus B. datar C. parabola D. keatas KUNCI JAWABAN : C 8. Salah satu posisi pemain dalam bola basket yang bertugas mencetak point dan memasukkan bola ke dalam ring lawan adalah . A. forward B. defense C. playmaker D. b dan c benar KUNCI JAWABAN : A 9. Pemain dalam permainan softball yang bertugas menangkap bola adalah .

A. first baseman B. catcher C. pitcher D. Short stop KUNCI JAWABAN : C 10. Dalam permainan softball, posisi tangan saat memegang tongkat/ stick kayu adalah .

A. dipegang erat dengan kedua tangan rapat B. dipegang erat oleh satu tangan C. kedua tangan saling berpegangan D. salah satu tangan memegang tangan yang lain KUNCI JAWABAN : A 11. Pukulan awal untuk memulai permainan pada bulutangkis disebut . A. smash B. lob C. dropshot D.

servis KUNCI JAWABAN : D 12. Pada gerak spesifik servis panjang forehand berat badan bertumpu pada . A. depan B. belakang C. kedua kaki sejajar D. kedua kaki bersilangan KUNCI JAWABAN : B 13. Jenis start yang dipergunakan dalam perlombaan jalan cepat adalah start .

A. berdiri B. jongkok C. panjang D. pendek KUNCI JAWABAN : A 14. Berikut ini yang termasuk nomor lari jarak pendek adalah . A. 400 m B. 800 m C.

1000 m D. 5000 m KUNCI JAWABAN : A 15. Saat start jongkok pada lari jarak pendek, posisi kedua lengan yang tepat saat tahap aba- aba bersedia adalah . A. dibuka selebar bahu dan rapat B. dibuka selebar bahu dan silang C. dibuka selebar bahu dan ditekuk D. lurus dan rapat KUNCI JAWABAN : C 16. Berikut ini yang bukan cara meletakkan peluru secara tepat pada bahu adalah . A. letakkan peluru pada pangkal leher B. pandangan ke bawah dan konsentrasi untuk awalan C.

peluru pada bagian bawah yaitu pada ibu jari dan jari telunjuk sedikit melekat pada tulang selangka D. siku dibuka tidak lebih dari 40 derajat. KUNCI JAWABAN : B 17. Tangkisan luar dalam pencak silat berfungsi untuk . A. menahan serangan dari atas B. menahan serangan dari belakang C. menahan serangan dari bawah D. menahan serangan dari sebelah kiri atau kanan KUNCI JAWABAN : D 18.

Manfaat kebugaran jasmani bagi seseorang adalah . A. terhindar dari kelelahan yang berarti saat beraktifitas B. hilangnya kesakitan saat terjadi cedera C. terhindar dari cedera otot tiba- tiba D.

terhindar dari penyakit berat KUNCI JAWABAN : A 19. Untuk melatih otot tungkai, maka latihan yang bisa dilakukan adalah . A. sit up B. push up C. pull up D. squat jump KUNCI JAWABAN : D 20. Hal yang harus dilakukan untuk menghindari cedera sebelum memulai aktifitas olahraga adalah .

A. pelenturan B. olah pernafasan C. pendinginan D. pemanasan KUNCI JAWABAN : D 21. Saat melakukan gerakan meroda, posisi awalan badan adalah .

A. menyamping dari arah gerakan B. menghadap arah gerakan C. memutar arah gerakan D. membelakangi arah gerakan KUNCI JAWABAN : A 22.

Saat melakukan gerakan guling lenting (neck kip), posisi awal badan yang benar adalah . A. memutar ke segala arah B. menghadap ke arah samping C. menghadap ke arah gerakan D. menghadap ke arah belakang KUNCI JAWABAN : C 23. Berikut ini yang dibutuhkan pada saat melakukan gerakan senam ritmik, kecuali . A.

kelenturan B. keseimbangan C. keluwesan D. ketahanan KUNCI JAWABAN : D 24. Gerak spesifik pada senam ritmik harus dilakukan secara . A. acak B. tidak beraturan C. berurutan D. tidak urut KUNCI JAWABAN : C 25. Renang gaya dada dikenal juga dengan sebutan gaya . A. kupu- kupu B. katak C. punggung D. bebas KUNCI JAWABAN : B 26. Posisi badan saat seseorang melakukan renang dengan gaya dada adalah .

A. terlentang B. miring ke kanan C. miring ke kiri D. telungkup KUNCI JAWABAN : D 27. Di bawah ini yang bukan merupakan salah satu cara untuk mencegah pergaulan bebas yaitu . A. menanamkan nilai keagamaan dalam diri B. beraktifitas secara positif dalam kehidupan sehari- hari C. mengikuti adat barat yang lebih modern dari adat ketimuran D.

patuh terhadap norma dan hukum yang berlaku KUNCI JAWABAN : C 28. Salah satu faktor pendorong utama yang membuat remaja mudah terjerumus dalam pergaulan bebas adalah . A. pengawasan orang tua B. labil mudah terpengaruh dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi C. aturan yang mengikat dalam keluarga D. masa pertumbuhan KUNCI JAWABAN : B 29. Berikut ini sikap yang harus dihindari saat berkendara di jalan raya yaitu .

A. membawa perlengkapan berkendara B. taat kepada peraturan lalu lintas C. berkendara semaunya tanpa peduli pengguna lain D. waspada terhadap kondisi jalan yang dilalui KUNCI JAWABAN : C 30. Yang bukan termasuk cara menjaga keselamatan diri dan orang lain di jalan raya adalah . A. memastikan kesehatan diri sendiri B. memeriksa kondisi kesehatan C.

mematuhi peraturan lalu lintas D. tidak menyalakan lampu sein saat berbelok KUNCI JAWABAN : D 31. Posisi awal dari aktivitas gerakan meroda dalam senam lantai yaitu. A. berdiri menghadap ke arah depan, kedua kaki dibuka selebar bahu, kedua tangan lurus ke atas di samping kepala, pandangan ke depan B. berdiri menyamping arah gerakan, kedua kaki dibuka selebar bahu, kedua tangan lurus ke atas di samping kepala, pandangan ke depan C.

berdiri menyamping arah gerakan, kedua kaki dibuka selebar bahu, kedua tangan lurus ke atas di samping kepala, pandangan ke arah samping D. berdiri menghadap ke arah dari beberapa pasien penyakit asma ada yang disarankan untuk berlatih berenang mengapa demikian, kedua kaki dibuka selebar bahu, kedua tangan lurus ke atas di samping kepala, pandangan ke arah samping KUNCI JAWABAN : B 32.

Pada gambar di atas yang merupakan tahapan pelaksanaan gerakan meroda dalam senam lantai ditunjukan oleh nomor. A. 1, 2, 3, 4 dan 5 B. 2, 3, 4, 5 dan 6 C. 3, 4, 5, 6, dan 7 D.

1, 2, 3, 5 dan 7 KUNCI JAWABAN : B 33. Gerakan meroda merupakan salah satu gerakan senam lantai yang agak sulit untuk dilakukan. Agar mudah untuk melalukan gerakan meroda diperlukan latihan yang sering, salah satunya berlatih dengan metoda bermain. Permainan tradisional yang dapat membantu untuk berlatih gerakan meroda adalah. A. Lompat tali/karet B. Egrang C. Gobak Sodor D. Boi-boian KUNCI JAWABAN : A 34.

Unsur-unsur kebugaran jasmani apa saja yang diperlukan pada saat melakukan gerakan meroda. A. Kecepatan, Kekuatan dan Keseimbangan B. Kekuatan, Daya tahan otot dan Keseimbangan C.

Kelentukan, Keseimbangan dan Kekuatan D. Daya tahan otot, Kelentukan dan Kelincahan KUNCI JAWABAN : C 35. Urutan gerakan guling depan dari beberapa pasien penyakit asma ada yang disarankan untuk berlatih berenang mengapa demikian benar yaitu.

A. 4-6-7-8-3-1-5-2 B. 2-5-7-8-1-4-3-6 C. 7-8-5-4-6-3-1-2 D. 5-1-4-6-3-8-7-2 KUNCI JAWABAN : D 36. Berikut ini yang merupakan tahap pelaksanaan gerak guling lenting adalah. A. Letakkan telapak tangan di samping kepala, tarik tumit mendekati pinggul, dorongkan kedua kaki dan tangan ke lantai hingga badan terangkat dari lantai dengan posisi melenting.

B. Turunkan tangan satu per satu ke matras diikuti kaki naik keatas, hingga kedua lengan bertumpu pada matras, kedua kaki lurus ke atas, badan lurus, turunkan kembali kaki satu per satu ke matras diikuti kedua lengan terangkat dari matras, hingga posisi berdiri dan kedua lengan lurus ke atas C. Angkat pinggul ke atas, kedua kaki lurus, kedua lengan lurus, masukan kepala diantara dua tangan hingga bahu menyentuh matras, lecutkan kedua kaki ke depan atas hingga pinggang melenting dan kedua ujung kaki mendarat pada matras.

D. Meletakkan kedua telapak tangan pada matras, masukkan kepala diantara kedua lengan, gulingkan badan ke depan saat bahu menempel matras, dan akhir gerakan jongkok dengan kedua lengan lurus ke depan, tahap kedua, dari posisi jongkok, letakkan kedua telapak tangan pada matras angkat KUNCI JAWABAN : C 37.

Gambar diatas menunjukan rangkaian gerak guling depan dan guling lenting. Yang membedakan gerakan guling depan dan guling lenting adalah. A. Pada saat perkenaan pertama dengan matras B. Pada saat awalan dan pelaksanaan C. Pada saat memutar badan dan pendaratan D. Tidak ada perbedaan KUNCI JAWABAN : C 38. Gerak langkah kaki dalam aktivitas senam irama yaitu. A. Langkah maju, langkah mundur dan langkah samping B.

Langkah biasa, langkah kaki rapat dan langkah keseimbangan C. Langkah lurus, langkah lompat, dan langkah putar D. Langkah silang, langkah putar dan langkah biasa KUNCI JAWABAN : B 39. Perbedaan langkah biasa dengan langkah keseimbangan yaitu. A. Sikap akhir langkah biasa berdiri tegak, kedua kaki rapat, kedua lengan di samping, sedangkan langkah keseimbangan berdiri sikap tegak langkah kaki kiri, kedua lengan di samping badan, pandangan ke depan.

B. Sikap akhir langkah biasa berdiri tegak kedua kaki rapat, kedua lengan di samping badan, pandangan ke depan, sedangkan langkah keseimbangan berdiri sikap tegak langkah kaki kiri, kedua lengan di samping badan, pandangan ke depan C. Sikap awal langkah biasa berdiri sikap tegak, langkah kaki kiri, kedua lengan di samping badan/tolak pinggang, pandangan ke depan sedangkan langkah keseimbangan berdiri posisi tegak langkah kaki kiri, kedua lengan di samping badan/tolak pinggang pandangan ke depan D.

Sikap akhir langkah biasa berdiri sikap tegak langkah kaki kiri, kedua lengan di samping badan, pandangan ke depan, sedangkan langkah keseimbangan berdiri tegak kedua kaki rapat, kedua lengan di samping badan, pandangan ke depan KUNCI JAWABAN : D 40. Yang bukan merupakan manfaat dari senam aerobik yaitu. A. Mempercepat osteoporosis B.

Menurunkan berat badan C. Meningkatkan fungsi jantung D. Mengurangi stres KUNCI JAWABAN : A 41. Berikut ini yang termasuk kedalam jenis-jenis senam irama yaitu. A. Wushu B. Muay Thai C. Poco-poco D. Kapuera KUNCI JAWABAN : C 42. Bagaimanakah konsep gerak dari gambar di samping ini. A. Hitungan 1 putar lengan kiri, dari atas melalui smping, ke dalam dan kembali ke atas, hitungan 2, putar lengan kanan satu lingkaran dari atas melalui samping B. Hitungan 1, putar lengan kiri satu putaran, belakang di samping badan, dan kembali lurus ke atas; hitungan 2, putar lengan kanan satu lingkaran melalui depan, belakang di samping badan, dan kembali lurus ke atas.

C. Hitungan 1 angkat paha kiri ke atas dengan lutut ditekuk membentuk sudut 90o ujung kaki lurus (plat) mengarah ke bawah; hitungan 2, turunkan kembali kaki kiri bersamaan lutut kaki kanan direndahkan (mengeper); hitungan 3, angkat paha kanan ke ke atas dengan lutut ditekuk membentuk sudut 90o ujung kaki lurus (plat) mengarah ke bawah, hitungan 4, turunkan kembali kaki kanan bersamaan lutut kaki kiri direndahkan (mengeper) D.

Hitungan 1-2 putar lengan kiri, melalui bawah ke kiri, lengan kanan tetap lurus ke depan bersamaan kedua lutut kaki mengeper; hitungan 3-4, putar lengan kanan melalui bawah ke kanan bersamaan kedua lutut kaki mengeper, berakhir kedua lengan terentang; hitungan 5-6, putar lengan kiri kembali ke depan; hitungan 7-8, putar lengan kanan kembali ke depan KUNCI JAWABAN : D 43.

Unsur-unsur yang ditekankan pada senam irama yaitu. A. Keluwesan dan keselarasan gerak dengan irama B. Kekuatan dan kelincahan C.

Kelentukan dan daya tahan otot D. Koordinasi dan kecepatan KUNCI JAWABAN : A 44. Fungsi Gerakan Peralihan (GP) dalam senam aerobik adalah. A. Menyekat gerakan inti satu dengan inti selanjutnya B. Memberikan tanda pergantian gerakan inti ke gerakan selanjutnya C.

Menyamakan gerakan ke gerakan selanjutnya D. Memberikan ruang gerak ke gerakan selanjutnya KUNCI JAWABAN : B 45. Pada saat pertama kali belajar berenang, apakah yang harus anda lakukan. A. Masuk ke dalam kolam dan memasukan kepala ke dalam air untuk menahan nafas B. Masuk ke dalam kolam dan memain-mainkan air agar tidak takut terhadap air C. Masuk ke dalam kolam dan belajar mengapung D. Masuk ke dalam kolam dan menggerak-gerakan kaki naik ke atas ke bawah KUNCI JAWABAN : D 46.

Gambar di samping menunjukan gerakan renang gaya dada. Bagaimanakah konsep gerakan kaki renang gaya dada? A. Kedua kaki bergerak lurus ke atas ke bawah secara bergantian B. Kedua kaki bergerak lurus rapat ke atas ke bawah secara bersamaan C. Kedua kaki bergerak ditekuk, ditendang ke samping dan diluruskan D. Kedua kaki bergerak ditendang ke atas dan ke bawah secara bergantian KUNCI JAWABAN : C 47. Cara bernafas yang benar pada saat berenang yaitu….

A. Tarik nafas melalui mulut pada saat kepala di atas air dan buang udara melalui mulut pada saat kepala di dalam air B. Tarik nafas melalui hidung pada saat kepala di atas air dan buang udara melalui hidung pada saat kepala di dalam air C. Tarik nafas melalui mulut pada saat kepala di atas air dan tahan udara di dalam tubuh dan buang pada saat kepala ke atas air lagi D. Tarik nafas dan buang kembali udara kemudian kepala masuk ke dalam air KUNCI JAWABAN : A 48. Manfaat dari olahraga berenang yaitu.

A. Meningkatkan tekanan darah tinggi B. Meningkatkan kadar gula darah C. Meningkatkan fleksibility D. Meningkatkan daya tahan kardiovaskular KUNCI JAWABAN : D 49. Berikut ini mana yang merupakan gaya renang yang dipertandingkan. A. Gaya bebas, gaya dada, gaya punggung dan gaya kupu-kupu B.

Gaya bebas, gaya katak, gaya punggung dan gaya kupu-kupu C. Gaya bebas, gaya dada, gaya punggung dan gaya dolpin D. Gaya bebas, gaya katak, gaya punggung dan gaya dolpin KUNCI JAWABAN : A 50. Apakah manfaat dari benda pada gambar di samping ini. A. Untuk alat bermain pada saat di kolam renang B. Untuk membantu melatih gerakan kaki dan tangan pada saat belajar berenang C. Untuk membantu agar tidak tenggelam D.

Untuk membantu badan mengapung di air KUNCI JAWABAN : B 51. Dari beberapa pasien penyakit asma ada yang disarankan untuk berlatih berenang. Mengapa demikian. A. Karena berenang dapat menghilangkan stres B. Karena berenang dapat menurunkan kadar gula darah C. Karena berenang dapat mengurangi frekuensi serangan asma D. Karena berenang dapat membakar lemak dalam tubuh KUNCI JAWABAN : C 52.

Yang dimaksud dengan pergaulan bebas yaitu. A. Perilaku menyimpang yang melewati batas sewajarnya dari tuntutan, aturan, syarat dan perasaan malu B. Proses interaksi yang dilakukan oleh individu dengan individu, dapat dari beberapa pasien penyakit asma ada yang disarankan untuk berlatih berenang mengapa demikian oleh individu dengan kelompok C. Kegiatan pengembangan diri dalam bentuk perkumpulan-perkumpulan yang mengarah kepada pengembangan bakat dan minat D.

Hubungan sosial antara seseorang dengan orang lain yang berlangsung dalam jangka relatif lama sehingga terjadi saling mempengaruhi satu dengan lainnya KUNCI JAWABAN : A 53. Yang termasuk ke dalam bentuk pergaulan bebas yaitu. A. Hiking B. Climbing C. Shopping D. Clubbing KUNCI JAWABAN : D 54. Dampak yang terjadi pada seseorang yang melakukan hubungan seks bebas adalah.

A. Terjadinya kerusakan pada paru-paru dan jantung B. Terjadinya kerusakan otak C. Terkena penyakit menular seksual D. Terkena penyakit depresi KUNCI JAWABAN : C 55. Dampak buruk yang terjadi pada perokok pasif yaitu. A. Mata perih terkena asap rokok B. Terjadi keguguran apabila ibu hamil sering menghisap asap rokok C. Membuat pakaian bau asap D. Tidak berdampak apapun KUNCI JAWABAN : B 56.

Ekstasi, amphetamine, dan phenobarbital termasuk pada zat atau obat dalam kategori. A. Narkotika B. Adiktif C. Psikotropika D. Minuman alkohol KUNCI JAWABAN : C 57. Tujuan dari beberapa pasien penyakit asma ada yang disarankan untuk berlatih berenang mengapa demikian mengenal dan mempelajari narkoba adalah.

A. Agar tahu dan dapat membedakan jenis-jenis narkoba B. Agar tahu tentang dampak yang ditimbulkan oleh narkoba C. Agar bisa membentengi diri dan tidak terpengaruh untuk memakai narkoba D. Untuk menambah ilmu pengetahuan KUNCI JAWABAN : C 58. Apabila kamu berkendara di jalan raya, apakah yang paling diutamakan?

A. Kecepatan B. Keselamatan saya C. Keselamatan orang lain D. Keselamatan saya dan orang lain KUNCI JAWABAN : D 59. Apa manfaat utama dari peraturan/ undang-undang lalu lintas dan angkutan jalan? A. Supaya polisi dapat menindak dan menilang pelanggar B. Menghargai dan menjamin hak setiap pengguna jalan C. Mengatur tata cara penggunaan jalan diluar kepentingan berlalu lintas D.

Supaya orang tahu aturan di jalan raya KUNCI JAWABAN : B 60. Jalan raya Pantura Indramayu merupakan jalan arteri primer, mengapa demikian? A. Karena merupakan ruas ruas jalan yang menghubungkan antarkota jenjang kesatu yang berdampingan atau menghubungkan kota jenjang kesatu dengan kota jenjang kedua B.

Karena merupakan ruas jalan yang menghubungkan kawasan primer dengan kawasan sekunder kesatu atau menghubungkan kawasan sekunder kesatu dengan kawasan sekunder lainnya atau kawasan sekunder kesatu dengan kawasan sekunder kedua C. Karena merupakan ruas jalan yang menghubungkan antarkota kedua dengan kota jenjang kedua, atau kota jenjang kesatu dengan kota jenjang ketiga D.

Karena merupakan ruas jalan yang menghubungkan kota jenjang kesatu dengan persil, kota jenjang kedua dengan persil, kota jenjang ketiga dengan kota jenjang ketiga lainnya, kota jenjang ketiga dengan kota jenjang di bawahnya KUNCI JAWABAN : A SOAL URAIAN 61.

Jelaskan cara melakukan gerakan meroda! PEMBAHASAN : Tahapan Pembelajaran - Posisi awal : berdiri menyamping arah gerakan, kedua kaki dibuka selebar bahu, kedua tangan lurus ke atas di samping kepala, pandangan ke depan.

dari beberapa pasien penyakit asma ada yang disarankan untuk berlatih berenang mengapa demikian

- Pelaksanaan : turunkan tangan satu per satu ke matras diikuti kaki naik ke atas, hingga kedua lengan bertumpu pada matras, kedua kaki lurus ke atas, badan lurus, turunkan kembali kaki satu per satu ke matras diikuti kedua lengan terangkat dari matras, hingga posisi berdiri dan kedua lengan lurus ke atas. 62. Sebutkan 5 macam senam irama yang kamu ketahui! PEMBAHASAN : 1. Senam Poco-poco 2. Senam Zumba 3. Senam Maumere 4. Senam SKJ 5. Senam BL. 63. Jelaskan konsep gerakan renang gaya dada!

PEMBAHASAN : - Posisi awal: badan telungkup, kedua lengan lurus. pandangan ke depan, kedua kaki lurus ke belakang. - Gerakan: kedua lengan mulai membuka ke samping dan kedua kaki bergerak mendekat pinggul, gerakan membuka tangan dilanjutkan siku membentuk sudut di bawah tubuh, dan kedua kaki bergerak mendekati pinggul, pada saat kedua tangan menekan ke bawah permukaan air dengan cepat ambil nafas, setelah kedua lengan mengakhiri putaran di bawah dagu, dorong badan ke depan lurus dan buang nafas di bawah permukaan air berdamaan kedua kaki mendorong ke belakang.

- Akhir gerakan: kedua lengan lurus ke depan, kedua kaki rapat, pandangan ke depan, batas air pada alis mata". 64. Jelaskan cara penularan virus HIV/AIDS!

dari beberapa pasien penyakit asma ada yang disarankan untuk berlatih berenang mengapa demikian

PEMBAHASAN : - Melalui hubungan seks bebas. - Melalui jarum suntik yang digunakan bersam-sama. - Melalui ibu kepada janinnya. - Melalui Transfusi darah. - Melalui air susu ibu. 65. Sebutkan 5 bentuk pelanggaran lalu lintas yang sering dilakukan oleh pengendara roda dua! PEMBAHASAN : 1. Tidak menggunakaN helm. 2. Tidak memiliki SIM. 3. Berboncengan lebih dari 2 oang. 4. Ketika berrbelok tidak menggunakan lapu isyarat 5.

Knalpot diganti menjadi knalpot racing (bising). Jika anda membutuhkan File Soal & Jawaban PAS PJOK Kelas 8 Semester 1 dan 2 silahkan miliki filenya di bawah ini : • Soal & Jawaban PAS/UAS PJOK Kelas 8 Semester 1 ( DISINI) • Soal & Jawaban PAT/PAS PJOK Kelas 8 Semester 2 ( DISINI) CEK JUGA : • SOAL & JAWABAN PAS PJOK KELAS 7 SEMESTER 1&2 ( DISINI) • SOAL & JAWABAN PAS PJOK KELAS 9 SEMESTER 1&2 ( DISINI) Demikianlah soal-soal PAS/UAS/UKK/PAT penjaskes kelas 8 semester 1 dan semester 2 yang bisa saya bagikan melalui postingan ini.

Semoga soal-soal yang telah saya bagikan diatas bisa bermanfaat bagi para guru maupun siswa yang akan menggunakannya sebagai bahan pembelajaran dalam menghadapi ulangan akhir semester. Sekian dan Terimakasih
Soal Lainnya Angkat panggul kearah depan atas dengan tenang sampai sedikit .

Berikut ini yang bukan merupakan nomor atletik adalah . Letakkan tangan lebih lebar sedikit dari lebar bahu, jari-jari dan . Perhatikan Jarak lari di bawah ini. 100m, 200m. . Teknik memukul bola dengan gerakan seperti menebang pohon dengan . Kaki kiri di depan, kaki kanan di belakang, badan agak menyerong . Lajunya pukulan dropshot yaitu .

Perbedaan pukulan forehand dengan backhand dalam . Dalam permainan bulu tangkis pukulan lob adalah pukulan yang . Yang bukan gaya memegang raket di permainan bulutangkis adalah . Berenang baik untuk orang dengan asma karena kondisi kelembapan udara pada bagian atas permukaan air berada pada kerapatan tinggi, yaitu kurang lebih 94%.

Kelembapan udara tinggi bisa mencegah penguapan dari organ paru-paru. Sumber: http://p2ptm.kemkes.go.id Pelajaran: Penjaskes Tema: Renang/Olahraga Renang Pertanyaan lainnya: Mengapa olahraga renang disukai oleh anak-anak? Dari Beberapa Pasien Penyakit Asma Ada Yang Disarankan Untuk Berlatih Berenang. Mengapa Demikian? Dibawah ini tersedia pertanyaan lainnya yang berhubungan atau terkait dengan pertanyaan diatas: Apa arti Chief time keeper dalam olahraga renang? Chief time keeper : merupakan panitia dalam perlombaan renang yang mengepalai petugas timer atau pengatur waktu.

Apa arti Chlorinated Water dalam olahraga renang? Chlorinated Water : merupakan istilah air yang diberi chlorin berfungsi supaya airnya steril. Apa arti Clerk of Course dalam olahraga renang? Clerk of Course: merupakan panitia penghubung perlombaan renang yang bertugas untuk memanggil para peserta sebelum perlombaan dimulai.

Itulah jawaban dari pertanyaan "Dari Beberapa Pasien Penyakit Asma Ada Yang Disarankan Untuk Berlatih Berenang. Mengapa Demikian?" dan juga pertanyaan terkait lainnya.

Mudah-mudahan jawaban diatas bisa membantu kamu ya! Jika masih ada pertanyaan yang belum terjawab, kamu bisa cari dengan cara menulis pertanyaan kamu di kolom pencarian di atas.
Asma adalah penyakit kronis pada saluran pernapasan yang ditandai dengan sesak akibat peradangan dan penyempitan pada saluran napas.

Asma dapat diderita oleh semua golongan usia, baik muda maupun tua. Penderita asma memiliki saluran pernapasan yang lebih sensitif dibandingkan orang normal. Ketika paru-paru terpapar pemicu asma, maka otot-otot di saluran pernapasan akan kaku sehingga membuat saluran tersebut menyempit.

dari beberapa pasien penyakit asma ada yang disarankan untuk berlatih berenang mengapa demikian

Selain itu, produksi dahak juga meningkat. Kombinasi dari kondisi tersebut membuat penderita mengalami gejala asma. Berdasarkan laporan Kementerian Kesehatan RI di tahun 2018, diperkirakan ada 2,4 persen dari seluruh penduduk Indonesia yang menderita asma.

dari beberapa pasien penyakit asma ada yang disarankan untuk berlatih berenang mengapa demikian

Sedangkan menurut data WHO di tahun 2019, penderita asma di seluruh dunia mencapai 262 juta orang, dengan angka kematian akibat asma mencapai 461.000 orang. Penyebab dan Gejala Asma Meskipun penyebabnya belum diketahui secara pasti, ada beberapa hal yang kerap menjadi pemicu asma, yaitu: • Asap rokok • Debu • Bulu hewan • Udara dingin • Infeksi virus • Paparan zat kimia Sejumlah pemicu tersebut dapat menimbulkan keluhan pada penderita asma, seperti sulit bernapas, batuk, mengi, dan rasa nyeri atau sesak di dada.

Pengobatan dan Pencegahan Asma Pengobatan asma dapat akan disesuaikan dengan kondisi pasien. Tujuannya adalah untuk meredakan gejala asma, mencegah kekambuhan gejala, serta mengurangi pembengkakan dan penyempitan pada saluran pernapasan. Metodenya bisa berupa pemberian obat-obatan atau operasi. Meski sulit dicegah, ada upaya yang dapat dilakukan untuk menghindari terjadinya serangan asma, antara lain dengan: • Menjalani vaksinasi influenza dan pneumonia secara teratur • Mengetahui pemicu munculnya gejala asma dan menghindarinya • Melakukan pemeriksaan ke dokter bila gejala tidak juga membaik setelah menjalani pengobatan
Jawaban: Asma atau sesak napas dikarenakan ketidak mampuan paru paru untuk bernapas atau melakukan respirasi hal ini disebabkan beberapa faktor penyempitan saluran pernapasan, adanya cairan dirongga pernapasan sehingga menganggu jalan keluar masuknya udara sperti pneumonia, atau kemampuan paru paru yang sudah melemah untuk memasukan volume udara yang normal.

Maka penderita asma disarankan untuk berenang sebab berenang bisa meningkatkan kemampuan paru paru untuk memperlebar atau meningkatkan volume udara yang masuk kedalam paru paru tersebut Dengan berenang maka penderita asma sedang melatih kemampuan paru paru paru nya untuk memperlebar daya volume dan diharapkan penyempitan saluran pernapasan bisa diperbesar kemapuan volume udara yang masuk sehingga iya tidak mengalami sesak napas kembali Semoga membantuBagian pertama adalah soal pilihan ganda sejumlah 40 soal, sedangkan bagian kedua adalah uraian dengan 5 soal yang sudah lengkap dengan kunci jawaban.

Soal ini sangat bermanfaat dan dapat dijadikan referensi tambahan oleh Peserta Didik dalam memahami materi yang ada. Serta dapat dijadikan acuan oleh Guru Mata Pelajaran dalam menyusun soal Penilaian Akhir Tahun. C. Hitungan 1 angkat paha kiri ke atas dengan lutut ditekuk membentuk sudut 90o ujung kaki lurus (plat) mengarah ke bawah; hitungan 2, turunkan kembali kaki kiri bersamaan lutut kaki kanan direndahkan (mengeper); hitungan 3, angkat paha kanan ke ke atas dengan lutut ditekuk membentuk sudut 90o ujung kaki lurus (plat) mengarah ke bawah, hitungan 4, turunkan kembali kaki kanan bersamaan lutut kaki kiri direndahkan (mengeper) D.

Hitungan 1-2 putar lengan kiri, melalui bawah ke kiri, lengan kanan tetap lurus ke depan bersamaan kedua lutut kaki mengeper; hitungan 3-4, putar lengan kanan melalui bawah ke kanan bersamaan kedua lutut kaki mengeper, berakhir kedua lengan terentang; hitungan 5-6, putar lengan kiri kembali ke depan; hitungan 7-8, putar lengan kanan kembali ke depan • Posisi awal : berdiri menyamping arah gerakan, kedua kaki dibuka selebar bahu, kedua tangan lurus ke atas di samping kepala, pandangan ke depan.

dari beberapa pasien penyakit asma ada yang disarankan untuk berlatih berenang mengapa demikian

• Pelaksanaan : turunkan tangan satu per satu ke matras diikuti kaki naik ke atas, hingga kedua lengan bertumpu pada matras, kedua kaki lurus ke atas, badan lurus, turunkan kembali kaki satu per satu ke matras diikuti kedua lengan terangkat dari matras, hingga posisi berdiri dan kedua lengan lurus ke atas. • Posisi awal: badan telungkup, kedua lengan lurus. pandangan ke depan, kedua kaki lurus ke belakang. • Gerakan: kedua lengan mulai membuka ke samping dan kedua kaki bergerak mendekat pinggul, gerakan membuka tangan dilanjutkan siku membentuk sudut di bawah tubuh, dan kedua kaki bergerak mendekati pinggul, pada saat kedua tangan menekan ke bawah permukaan air dengan cepat ambil nafas, setelah kedua lengan mengakhiri putaran di bawah dagu, dorong badan ke depan lurus dan buang nafas di bawah permukaan air berdamaan kedua kaki mendorong ke belakang.

• Akhir gerakan: kedua lengan lurus ke depan, kedua kaki rapat, pandangan ke depan, batas air pada alis mata".
PLISSS.???!!! TOLONG.???!!! Dari beberapa pasien penyakit asma yang ada disarankan untuk berlatih berenang Mengapa demikian. A. Karena berenang dapat menghilangkan stres. B. Karena berenang dapat menurunkan kadar gula darah.

dari beberapa pasien penyakit asma ada yang disarankan untuk berlatih berenang mengapa demikian

C. karena berenang dapat mengurangi frekuensi serangan asma. D. karena berenang dapat membakar lemak dalam tubuh. JAWAB YAA.​
GridKids.id - Penyandang asma mengalami kesulitan ketika melakukan aktivitas berat atau olahraga.

Ketika seseorang menyandang asma akan merasakan sesak dan kesulitan saat bernapas. Ada beberapa olahraga yang bisa dilakukan penyandang asma agar tubuh tetap fit. Lantas, apa saja olahraga untuk penyandang asma? Yuk, kita cari tahu. 1. Renang Melansir dari Healthline via Parapuan.co, berenang adalah salah satu olahraga yang paling direkomendasikan untuk penyandang asma, Kids. Dibandingkan dengan aktivitas lain, berenang cenderung mengurangi kondisi yang menyebabkan gejala terkait asma karena lembab dan udara hangat hingga jauh dari paparan serbuk sari.

Namun demikian, perlu dicatat pula bahwa kolam yang diklorinasi dapat menyebabkan gejala asma pada beberapa individu. Maka itu, cari kolam renang sesuai dengan kebutuhan, ya. Baca Juga: Asma Sering Kambuh Ketika Beraktivitas?

dari beberapa pasien penyakit asma ada yang disarankan untuk berlatih berenang mengapa demikian

Ternyata Ini 4 Penyebabnya 2. Berjalan kaki Berjalan kaki menjadi aktivitas berintensitas rendah yang cocok untuk pasien asma. Hal ini disebabkan berjalan jadi aktivitas yang aman bagi tubuh dan membuat pengidap asma lebih mudah untuk bernapas. Sebagai catatan, pengidap asma disarankan untuk berjalan kaki saat cuaca hangat. Jangan berjalan di udara kering dan sejuk karena hal tersebut justru dapat memicu atau memperburuk gejala asma. 3. Hiking Bagi pengidap asma yang ingin menjajal aktivitas fisik, yang menantang tapi tetap aman, cobalah untuk melakukan hiking.

Adapun syarat yang harus dipenuhi yakni memilih jalur yang yang relatif datar atau memiliki tanjakan yang lambat dan stabil. Kemudian apabila pengidap asma memiliki alergi, cek dahulu jumlah serbuk sari sebelum mendaki, jika tinggi disarankan untuk enggak hiking. Baca Juga: Asma Sering Kambuh di Malam Hari? Ketahui Penyebab serta Cara Mengatasinya 4. Bersepeda dengan santai Bermain sepeda dengan santai juga menjadi olahraga yang disarankan untuk para pengidap asma.

Sebab, sepeda santai itu olahraga yang enggak melibatkan pengerahan tenaga terus-menerus. Pengidap asma juga dapat melakukan bersepeda dalam ruangan dengan sepeda stasioner. Selain keempat jenis olahraga di atas, ada pula aktivitas fisik singkat yang cocok untuk penyandang asma, di antaranya baseball, senam, hingga golf.

Penulis: Septi Nugrahaini Rahmawati -----




2022 www.videocon.com