Fungsi thermostat mobil

fungsi thermostat mobil

Banyak komponen mobil yang mungkin belum kamu pahami, salah satunya mungkin thermostat. Untuk itu, kami akan jabarkan mengenai fungsi thermostat tersebut. Untuk membangun satu unit mobil tidak hanya membutuhkan sasis, mesin atau suspensi saja. Tetapi, ada bagian lain yang juga sering menjadi satu kesatuan untuk membuat mobil tersebut menjadi laik jalan.

Dari beberapa komponen kecil yang membuat mobil menjadi lebih nyaman dikendarai adalah thermostat. Apakah kamu familiar dengan nama tersebut?

fungsi thermostat mobil

Jika belum, maka kami akan membahas mengenai fungsi thermostat dan apa yang akan terjadi pada mobil jika bagian tersebut rusak. Biasanya, komponen ini sangat erat hubungannya dengan sistem pendinginan mesin. Pada dasarnya, fungsi thermostat adalah untuk mengatur mengenai sirkulasi cairan pendingin mesin yang berasal dari radiator, sehingga bisa mencegah mobil untuk mengalami overheat atau panas berlebih. Komponen ini berbentuk seperti segitiga di bagian atasnya dan persegi di bagian bawahnya.

Selain itu, thermostat juga dibekali dengan komponen pegas di dalamnya yang bisa memberikan fungsi maksimal dalam kinerjanya. Bicara dimensinya, tidak begitu besar dan tidak begitu kecil, namun jika komponen ini rusak kamu akan kerepotan pastinya. Secara fungsi thermostat, selain mengatur sirkulasi, komponen ini juga berfungsi untuk menjaga temperatur mesin dalam kondisi yang ideal.

Di samping itu, mengenai letaknya, thermostat biasanya dipasangkan pada saluran air atau cairan pendingin, di mana tepatnya saluran air dari mesin yang ditujukan untuk komponen radiator. Baca juga Kenali Kelebihan dan Kekurangan Nano Ceramic “Thermostat itu seperti komponen yang melakukan sirkulasi.

Jadi gunanya ya supaya mesin enggak cepat panas, jadi jangan sampai itu rusak. Kalau rusak, biasanya mesin jadi cepat panas dan ketahuan pokoknya kalau sudah rusak,” jelas Arif, mekanik DD Motor, Jakarta Selatan. Sementara jika bicara mengenai cara kerja thermostat mobil, komponen ini membantu bagian radiator agar mampu memberikan suhu mesin mobil tetap ideal.

“Sistem kerjanya kaya gini, air yang dipompa dari water pump ke mesin akan menuju water jacket. Selagi air itu ngalir, air pendingan ini akan menangkap suhu panas yang ada di mesin, dan nantinya akan keluar dari selang dan masuk ke bagian atas radiator,” beber Arif. Terbayang bagaimana jika komponen tersebut rusak? Dampaknya, suhu mesin akan menjadi lebih panas karena tidak ada sistem pendinginan dari bagian ini.

Fungsi radiator pun juga akan terganggu lantaran komponen yang terhubung dengannya mengalami kerusakan. Untuk menjaga komponen tersebut tetap dalam keadaan prima, ada baiknya kamu memerhatikan beberapa hal. Jika sudah rusak, dijamin mobil tidak akan maksimal untuk digunakan baik harian ataupun ke luar kota sekalipun.

Ciri Thermostat Mobil Rusak Kerusakan pada fungsi thermostat akan memberikan dampak buruk pada kinerja mesin Baca juga 5 Tips Beli Mobil Bekas Taksi yang Berkualitas Menurut Arif, kerusakan thermostat memang biasanya terjadi karena pemilik jarang melakukan perawatan. Biasanya, karena pemilik malas melakukan perawatan dan menguras radiator, maka ada pengaruh dari kinerja lainnya. Adapun ciri thermostat mobil rusak bisa diindikasikan melalui temperatur mobil yang tiba-tiba naik dari biasanya.

Untuk normalnya, indikator suhu mesin biasanya berada di tengah. Namun, jika beranjak sedikit dari sisi tengah ke arah huruf H (Hot), bisa dipastikan ada yang tidak beres pada sektor pendinginan mesin.

Sementara itu, mengenai fungsi thermostat mobil thermostat mobil rusak lainnya adalah borosnya penggunaan bahan bakar. Karena kinerja dari fungsi thermostat itu tidak maksimal, maka kinerja pada ruang mesin juga akan menjadi lebih ekstra. “Mungkin banyak yang kurang tahu juga ya.

Kenapa bisa kerusakan thermostat itu bikin boros? Karena begini, fungsi thermostat mobil suhu mesin yang terus menerus dalam keadaan rendah, maka konsumsi bahan bakar akan menjadi banyak untuk menopang kinerja mesinnya,” tambah Arif. Jadi ketika suhu mesin selalu terlihat sejuk atau adem di indikator, namun di sisi lain kamu merasa konsumsi BBM semakin boros lantaran kerja mesin bertambah keras.

Maka bukan tidak mungkin, hal tersebut terjadi karena thermostat rusak serta tidak bisa membaca suhu mesin secara tepat. Tidak Boleh Melepas Thermostat Mobil Fungsi thermostat mobil Jangan pernah melepas thermostat mobil secara mandiri, itu justru menyebabkan banyak masalah lain Jika memang thermostat mobil tersebut rusak dan tidak bisa diperbaiki, maka kamu juga harus melakukan penggantian. Dalam penggantian, jangan menggunakan barang yang imitasi alias KW, karena akan memengaruhi performa komponen tersebut.

Baca juga Lampu Indikator Oli di Mobil Menyala, Lakukan 5 Hal Ini! Langsung bawa mobil kamu ke bengkel resmi atau bengkel langganan untuk memeriksakan perihal bagian tersebut. Dengan kondisi suhu mobil yang tidak teratur, maka performa mobil juga akan tergadaikan. Kemudian yang juga penting, saat fungsi thermostat rusak, jangan sekali-kali melepaskan bagian tersebut sendiri. Pasalnya komponen ini menjadi salah satu hal yang wajib dipasangkan guna memberikan kenyamanan dalam berkendara.

Jika melepas thermostat mobil, ada beberapa kerugian yang akan kamu hadapi. Mulai dari tidak adanya alat yang bisa mengatur sirkulasi pendinginan mesin. Pastinya nanti kinerja mesin akan lebih keras, sehingga konsumsi BBM semakin boros. Efek selanjutnya adalah mesin jadi cepat overheat. Pasalnya tidak ada efek pendinginan yang diberikan, karena thermostat mobil tercopot. “Kalau thermostat dilepas, untuk mencapai suhu ideal akan menjadi lebih lama, karena tidak ada Karena tidak ada kemampuan pendinginan dari komponen tersebut.

Ya akhirnya kan overheat, mesin jadi lebih cepat panas,” tandas Arif. Selagi mobil kamu memiliki garansi resmi, atau sudah merasakan hal yang tidak enak pada mobil, silakan untuk berkunjung ke bengkel untuk segera diperiksa agar memberikan kenyamanan dalam berkendara. Untuk informasi otomotif terkini, simak terus moladin.com perawatan fungsi thermostat mobil thermostat mobil tips mobil Post navigation Merdeka.com - Fungsi thermostat adalah mencegah overheat.

Ini merupakan perangkat atau benda yang berfungsi untuk memutuskan dan menyambungkan arus listrik pada saat merespon perubahan suhu di sekitarnya. Thermostat bisa dijumpai di mobil, motor, kulkas, pengontrol suhu ruangan, dan mesin air-conditioning atau AC.

Secara bahasa, fungsi thermostat sesuai dengan namanya. Berasal dari bahasa Yunani, thermostat adalah perpaduan dari kata Thermo artinya panas dan juga Statos berarti 'tetap sama'. Sedangkan dari prinsip kerjanya, fungsi thermostat yakni sebagai saklar otomatis dan sebagai pengatur suhu.

Thermostat bisa secara otomatis mematikan pemanas dan mempertahankan kisaran suhu yang optimal. Seperti dalam mesin mobil, thermostat jadi bagian penting dari sistem pendingin. Fungsi thermostat akan menjaga mesin cukup hangat untuk bekerja secara efisien, serta tidak terlalu panas untuk menyebabkan kerusakan mesin. BACA JUGA: Proyek Plant the Future Dimulai, VinFast dan Kustomernya Turut Pulihkan Hutan Dunia Gaikindo: Penjualan Kendaraan Capai 98.000 Unit di Maret 2022 Thermostat mobil adalah katup antara mesin danradiator.

Fungsinya yang penting ini tak boleh dianggap remeh. Komponennya harus dirawat dengan baik, karena mampu mencegah overheat dan kendaraan Anda tetap baik. Berikut ini fungsi thermostat mobil yang patut diketahui, seperti dihimpun dari berbagai sumber, Senin (6/9). BACA JUGA: 5 Jenis Mobil Honda dan Harganya Lengkap, Ini Daftarnya 5 Jenis Motor Matic Honda, Lengkap Beserta Harga dan Spesifikasinya Thermostat mobil disebut juga dengan katup termostat.

Mengutip dari Das European Autohaus, fungsi thermostat untuk mengatur suhu mesin kendaraan. Seperti diketahui, potensi bahaya dari mesin yang terlalu panas.

Mesin juga tidak akan bekerja dengan baik jika terlalu dingin. Oleh karena itu, fungsi thermostat adalah mengatur di antara suhu ekstrem ini, menciptakan media nyaman atau hangat.

Yang mendorong kendaraan bekerja optimal, dengan mengontrol aliran cairan pendingin yang dapat mengedarkan mesin. Katup thermostat memungkinkan cairan pendingin bersirkulasi dan menjaga mesin tetap dingin.

Karena berfungsi sebagai katup, thermostat memiliki 2 posisi, yaitu terbuka dan tertutup. BACA JUGA: Niatan Mitsubishi Motors Menjadi Mitra "Adventure" Konsumen Otomotif Indonesia Wow, Toyota Kijang Innova versi Listrik Meriahkan Pembukaan IIMS Hybrid 2022 Bagian ini bekerja di samping radiator kendaraan. Ketika pendingin menjadi terlalu hangat, ia mengalirkannya fungsi thermostat mobil ke radiator, yang berfungsi untuk mengembalikannya ke suhu yang sesuai. Cara Kerja Thermostat Melansir dari Dakota Ridge Auto, saat pertama kali menghidupkan mesin mobil atau kondisi mesin dingin.

Maka katup thermostat tertutup, memungkinkan cairan pendingin di sekitar mesin memanas hingga mencapai suhu pengoperasian yang tepat. Saat katup dalam posisi terbuka, cairan pendingin dapat mengalir ke radiator untuk didinginkan.

Ketika katup menutup, ini akan menghalangi masuknya cairan pendingin baru ke mesin, memungkinkannya untuk memanas. Termostat kemudian membuka dan menutup untuk menjaga mesin dalam kisaran suhu tertentu.

BACA JUGA: Airlangga Minta PLN Manfaatkan Potensi Besar Kendaraan Listrik Jenis Mobil Toyota Lama Lengkap dengan Harganya, Bisa Jadi Rekomendasi Singkatnya, tanpa thermostat mesin mobil berisiko berjalan terlalu panas atau berjalan terlalu dingin dan mati. Thermostat menjaga mesin pada suhu optimal. Sehingga mobil dapat bertahan lebih lama.

Thermostat Tidak Berfungsi Liputan6 ©2021 Merdeka.com Masalah paling umum terjadi, biasanya katup thermostat macet. Baik dalam posisi terbuka atau tertutup, dan menyebabkannya berhenti berfungsi. Hal ini tentu memengaruhi kinerja mobil Anda.

fungsi thermostat mobil

Termostat dinilai untuk suhu tertentu tergantung pada mesin. Bukan angka dalam satu ukuran yang cocok untuk semua proposisi. BACA JUGA: Harga Solar Terbaru di Berbagai Wilayah Indonesia, Pertamina Dex dan Dexlite Cek Fakta: Hoaks PLN Bagikan Subsidi Listrik Rp5 Juta Fungsi thermostat mobil yang aus bisa macet pada posisi terbuka.

Menyebabkan mesin bekerja terlalu dingin. Ini tidak efisien dan dapat merusak kinerja dan penghematan bahan bakar. Sementara jika thermostat macet pada posisi tertutup, mesin dapat dengan cepat menjadi terlalu panas, mungkin menyebabkan kerusakan.

Jika Anda khawatir dan mengalami katup yang macet ini. Anda bisa memeriksa dan menguji dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini, seperti dirangkum dari Mechanic: 1. Persiapan Lepaskan kabel baterai negatif dan sisihkan sebagian cairan pendingin pengecekan.

fungsi thermostat mobil

2. Pelepasan Lepaskan selang radiator atas. Ini memungkinkan Anda untuk melepas thermostat. Saat melepasnya, tuliskan suhu yang tertera di atasnya. 3. Pengujian Isi panci dengan air dingin dan masukkan termometer.

Masukkan thermostat dan letakkan panci di atas kompor. Perhatikan termometernya, setelah suhu mencapai angka yang Anda catat, seharusnya itu fungsi thermostat mobil mulai terbuka. Bandingkan hasil dengan yang sebelumnya. Jika terjadi, maka itu berarti thermostat berfungsi dengan baik. Namun jika tidak, atau thermostat hanya mulai terbuka pada panas yang lebih tinggi, itu rusak dan perlu diganti.

Cara Merawat Thermostat Mobil Liputan6 ©2021 Merdeka.com Sistem pendingin pada sebagian besar mobil baru, terdiri dari radiator dengan kipas, pompa air, thermostat dan sensor, serta beberapa cairan. Ini adalah komponen yang bekerja sama dalam menjaga suhu mesin. Merawat sistem pendingin mobil akan memaksimalkan efisiensi dan memperpanjang umur. Berikut ini beberapa cara merawatnya: 1. Ganti cairan pendingin pada interval yang direkomendasikan oleh pabrikan.

2.

fungsi thermostat mobil

Gunakan hanya produk yang fungsi thermostat mobil oleh pabrikan mobil Anda. 3. Ingat bahwa cairan pendingin juga dialihkan ke sistem pemanas mobil. Nyalakan pemanas saat menguras, menyiram, atau mengisi sistem untuk memastikan semua cairan pendingin terkuras. 4. Jika memungkinkan saat mengganti cairan pendingin lama. Cobalah untuk menyiram sistem pendingin dengan produk pembilas berbasis alkali yang berkualitas. Terutama jika Anda hendak ganti merek. 5. Jangan pernah mencampur produk inhibitor atau pendingin.

Selalu tiriskan dan bilas sepenuhnya jika mengganti merek. Memeriksa dugaan terkontaminasi atau ada kerak. 6. Pastikan rasio campuran yang benar saat pengisian. Untuk menghindari perawatan yang kurang baik dan mencegah korosi. 7. Periksa selang radiator secara teratur, serta pastikan tutup radiator terpasang dengan kencang dan aman. 8. Radiator dan tabung inti rentan terhadap korosi dari faktor eksternal. Rutin diperiksa juga untuk mengurangi efisiensi perpindahan panas dan meningkatkan potensi kebocoran.

9. Jika Anda mengalami masalah dengan mesin yang terlalu panas, jangan menonaktifkan atau melepas thermostat. Menjalankan mobil dalam kondisi terlalu panas, memiliki konsekuensi yang sangat serius pada sistem pendingin. Menyebabkan kerusakan pra-penyalaan atau ledakan pada mesin.

fungsi thermostat mobil

Dalam kasus ekstrim bisa membuat mesin mati total. Topik berita Terkait: • • Otomotif • Dunia Otomotif • Otomotif Nasional • Komunitas Otomotif • Tips Otomotif • Pengetahuan Otomotif • Foto Unik Otomotif • Tips Berkendara • Ragam • Ragam Konten • Tren • Fungsi thermostat mobil • Mobil Terbakar • Teknologi Mobil • Diler Mobil • Mobil Sport • Mobil Mewah • Aksesoris Mobil • Mobil Bekas • Yogyakarta 1 Oplas Dinilai Berhasil, 5 Potret Lucinta Luna di Malaysia Dipuji Bak Boneka Barbie 2 4 Cara Mudah untuk Mengawali Hari dengan Lebih Bugar dan Bertenaga 3 Innalillahi Waina Ilaihi Rajiun, Sang Raja Dangdut Rhoma Irama Berduka 4 Selamat!

Jessica Iskandar Melahirkan Anak Kedua, Wajah Sang Bayi Bikin Penasaran 5 Cantik dan Menggemaskan Salima Anak Wishnutama & Gista Putri Liburan di Luar Negeri Selengkapnya
Fungsi Thermostat Mobil - Thermostat pada mobil memiliki fungsi atau peranan penting. Tanpa adanya thermostat maka mesin tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Lalu apa saja fungsi thermostat pada mesin mobil? Mobil pasti terbagi dalam beberapa komponen didalamnya. Salah satunya komponen yang ada di mobil dan cukup penting adalah thermostat.

Sebagai pengendara kemungkinan tidak asing dengan istilah thermostat ini. Tapi, bagaimana dengan fungsi thermostat tersebut? Cukup banyak beberapa pemilik mobil yang kerap dengar istilah thermostat tetapi belum juga ketahui dengan tentu fungsi sebetulnya dari komponen itu. Untuk lebih jelasnya terkait fungsi thermostat mobil, komponen, dan cara kerja akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini. Fungsi Thermostat Mobil Thermostat adalah salah satunya tipe komponen mobil yang terhitung dalam mekanisme pendingin.

Fungsi thermostat mobil adalah untuk mengendalikan cairan pendingin yang ada di mesin mobil. Sebagai mekanisme pendingin, fungsi thermostat sanggup menahan overheat karena sanggup jaga konsistensi temperatur mesin. Thermostat dapat memberinya imbas yang lumayan besar pada mesin. Oleh karenanya, kehadiran fungsi thermostat yang penting akan mengakibatkan imbas jelek jika Anda melepaskannya dari komponen mobil yang ada. Thermostat mobil terdiri dari 2 tipe katup logam automatis dan mempunyai fungsi yang lain.

Katup membuka dan tutup pada thermostat bisa mengontrol air panas pada ruangan mesin sama air dingin yang ada di radiator. Fungsi thermostat pada mesin mobil sanggup mengendalikan cairan pendingin yang disalurkan itu bisa membuat mesin mobil Anda mempunyai tenaga yang besar.

Apabila sebuah mesin fungsi thermostat mobil digerakkan tanpa menggunakan thermostat, tenaganya akan menyusut. Komponen Thermostat Mobil Thermostat terbagi dalam beragam komponen yang mendukung performa dari thermostat. Beragam komponen thermostat itu memiliki fungsi dan pekerjaan semasing. Untuk memperjelasnya berikut sebagai komponen thermostat dan perannya. • Wax, sebagai salah satunya komponen thermostat yang berperan untuk mengendalikan pembukaan katup thermostat lewat peralihan temperatur atau suhu air pendingin atau water coolant.

• Spring atau pegas pengembali, sebagai salah satunya komponen thermostat yang berperan untuk kembalikan katup pada keadaan tertutup. Pegas ini berperan untuk menahan katup thermostat buka saat sebelum suhu kerja mesin terwujud. • Valve atau katup, sebagai salah satunya komponen thermostat yang berperan sebagai pintu yang bakal buka dan tutup untuk mengendalikan perputaran air pendingin pada mesin kendaraan.

• Bypass Valve atau Katup Bypass, sebagai salah satunya komponen thermostat yang berperan sebagai aliran yang bakal terbuka jika thermostat alami macet atau kerusakan. Ini bermanfaat supaya tidak ada overheating yang mengakibatkan berlangsungnya beragamnya kerusakan pada mesin.

• Piston, sebagai salah satunya komponen thermostat yang bakal menggerakkan spring atau pegas pengembali untuk buka katup. Piston ini tergerak karena pemuaian wax yang berada di dalam thermostat. • Jinggle Valve, sebagai salah satunya komponen thermostat yang mempunyai fungsi untuk tutup saluran udara pada mekanisme fungsi thermostat mobil akan suhu kerja cepat terwujud.

Cara Kerja Thermostat Mobil Cara kerja thermostat secara umum bergantung dari tipe thermostat yang dipakai. Tetapi secara umum mekanisme pendinginan pada kendaraan memakai thermostat tipe wax.

Pada dasarnya cara kerjanya sebetulnya telah diulas pada pendahuluan. Tetapi untuk menegaskan berikut sebagai cara kerja thermostat pada mekanisme pendinginan kendaraan. 1. Saat Mesin Dingin Di saat mesin baru dihidupkan karena itu thermostat akan tutup seutuhnya. Ini karena wax belum alami pemuaian yang bakal mengakibatkan terbukannya katup thermostat.

Oleh karenanya air pendingin dari radiator cuman akan bersirkulasi dimuka mesin lewat aliran lower hose, upper hose, fungsi thermostat mobil lagi ke radiator. Saat itu air pendingin yang ada dalam water jacket akan ketahan dan meresap panas yang dibuat oleh mesin. Tetapi tentu saja peresapan panas tidak optimal yakni cuman sesuai banyak air pendingin yang ada dalam water jacket.

Dengan kebatasan kekuatan pendinginan ini karena itu suhu fungsi thermostat mobil mesin akan cepat terwujud hingga performa mesin akan optimal. 2. Pada Suhu Kerja Tiap tipe kendaraan tentu saja mempunyai suhu kerja yang berbeda bergantung merek dan type kendaraan. Tetapi secara umum suhu kerja yakni 75-90 derajat celcius. Saat suhu air pendingin atau water coolant telah capai suhu kerja itu karena itu wax akan megar.

Peningkatan wax akan menggerakkan piston untuk menantang pegas. Style dorong pada piston semakin kuat dibandingkan pegas, ini yang mengakibatkan katup thermostat terbuka.

Pembukaan katup thermostat ini mengakibatkan air yang terjerat di dalam water jacket akan mengucur keluar ke arah radiator dan diganti sama air yang telah didinginkan dari radiator. Water coolant dari radiator akan meresap panas selanjutnya mengucur kembali lagi ke radiator dan ditukar dengan water coolant yang baru. Demikian selanjutnya perputaran dari water coolant. Ini yang mengakibatkan suhu mesin selalu terlindungi. 3. Pada Suhu Tinggi Pada tiap kendaraan mempunyai suhu kerja yang berbeda.

Oleh karenanya dalam pembikinan thermostat juga tidak segera membuka dengan optimal tetapi memerlukan tahapan. Di saat suhu semakin bertambah naik karena itu wax akan megar dengan optimal. Ini tentu saja akan membuat katup buka optimal. Saluran perputaran air pendingin atau water coolant bertambah cepat hingga proses pendinginan terjadi dengan optimal.

Ini yang bakal menahan berlangsungnya overheating atau panas terlalu berlebih pada mesin. Overheating sendiri bisa mengakibatkan beragam permasalahan yang fatal yang mengakibatkan harus turun mesin dan pembaruan yang lumayan mahal. Diatas adalah ulasan terkait fungsi thermostat mobil, komponen, dan cara kerja.

Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan. Jakarta, IDN Times - Thermostat pada mobil berfungsi menjaga suhu mesin kendaraan tetap dingin dan stabil. Suhu mesin kendaraan meningkat seiring berjalannya perjalanan karena mesin kendaraan bekerja dengan tingkat kecepatan yang tinggi.

Di sinilah fungsi utama thermostat pada kendaraan bekerja. Penggunaannya adalah untuk menjaga suhu mesin kendaraan agar berada pada keadaan ideal saat digunakan. Nah, berikut pembahasan lengkap mengenai fungsi thermostat, cara kerja, jenis-jenisnya, dan cara merawat thermostat kendaraan. cth facebook Fungsi thermostat mobil utamanya adalah untuk mengatur sirkulasi mesin dari radiator untuk mencegah terjadinya overheatatau mesin yang terlalu panas dan menjaga suhu mesin selalu pada kondisi ideal.

Letak thermostat ada di dalam saluran air yang mengalir dari mesin ke radiator. Kondisi ideal agar proses pembakaran mesin optimal berkisar pada suhu 80-92℃. Suhu thermostat perlu diperhatikan agar tenaga mesin dapat bekerja secara maksimal fungsi thermostat mobil konsumsi bahan bakar yang efisien.

Baca Juga: Mobil-mobil Imut Garapan Pabrikan Jepang Ilustrasi mesin mobil (Pexels.com/georgesultan) Pada dasarnya, cara kerja thermostat mengikuti kinerja komponen pendingin mesin lainnya. Pertama, water pump akan memompa air agar mengarah ke mesin.

Pada tahap ini, air akan mengalir di sekitar mesin untuk menangkap panas dari dalam mesin. Kemudian, air akan keluar melalui selang, dan masuk ke bagian atas radiator. Pada proses ini, temperatur mesin akan turun karena terbawa oleh air pendingin yang terdapat pada radiator. Panas yang masuk ke radiator akan dikeluarkan melalui gril radiator kemudian didinginkan oleh kipas di belakang radiator. Air yang suhunya turun setelah melalui gril radiator akan keluar fungsi thermostat mobil selang yang terletak di bagian bawah radiator untuk dipompa kembali ke mesin dan suhu mesin akan menurun.

Proses ini terjadi berulang kali selama mesin dihidupkan, terutama saat mesin berada pada temperatur maksimal. Thermostat akan terbuka pada suhu 85-90℃ untuk memberi jalan kepada air pendingin dalam melakukan proses pendinginan mesin yang melewati radiator.

Sederhananya, thermostat berfungsi sebagai saklar pada sistem pendingin mobil. Saat dibutuhkan, thermostat akan bekerja untuk mengatur proses pendinginan mesin. Ilustrasi mobil SUV (otomart.id) Berdasarkan jenisnya, thermostat mobil dapat dibagi menjadi dua, yaitu tanpa bypass valve dan dengan bypass valve. • Fungsi thermostat mobil Tanpa Bypass Valve Thermostat jenis ini biasanya digunakan pada kendaraan lama. Thermostat ini terdapat pada inlet radiator dan masih belum dilengkapi dengan line cadangan yang dapat membuat air pendingin mengalir ketika terjadi kerusakan pada thermostat.

Air akan terperangkap di radiator dan water jacket saat mesin mobil kembali pada suhu yang dingin. • Thermostat Dengan Bypass Valve Jenis thermostat ini dapat ditemukan pada outlet radiator dan memiliki bypass valve yang terintegrasi ke dalam thermostat. Pada tipe ini, pendingin air tidak dapat bersirkulasi di dalam radiator tetapi akan mengalir dari water jacket menuju thermostat yang akan masuk ke water pump dan dipompa kembali ke water jacket.

Pexels/Kaboompics .com Beberapa ciri kerusakan pada thermostat yang perlu diperhatikan, diantaranya adalah: • Pada suhu ruang, tutup thermostat terbuka. • Thermostat macet atau tidak bekerja pada suhu yang seharusnya. • Kinerja mesin membutuhkan waktu yang lama. • Boros bahan bakar. • Mesin sering mengalami overheat. Untuk merawat thermostat harus membuka saluran mesin yang mengarah ke bagian radiator.

Saluran mesin yang dibuka akan membuat sirkulasi cairan pendingin menjadi lancar dan stabil. Pastikan bahwa cairan pendingin yang masuk pada radiator tersebut dapat didinginkan.

Penting untuk selalu merawat kendaraan dengan cara menjaga suhu mesin pada kondisi yang ideal. Hal ini diperlukan agar mesin kendaraan tidak mengalami overheat yang dikhawatirkan dapat merusak komponen mesin lainnya.

Penulis: Nafila Chaerunnisa Baca Juga: 4 Cara Merawat Suspensi Mobil, Biar Bantingannya Gak Bikin Jantungan Berita Terpopuler • Hamas Mulai Bangkit, Menkeu Israel: Ini Semua Kesalahan Netanyahu • 10 Potret Liburan Ayu Ting Ting dan Keluarga ke Jogja, Ayah Rozak Hits • Kamu Workaholic?

Waspadai 7 Tanda Kamu Terlalu Keras ke Diri Sendiri • 10 Fakta Elon Musk, Orang Terkaya di Dunia yang Baru Membeli Twitter • Kemenag Sebut Kriteria Jemaah Haji Reguler yang Berangkat Tahun Ini • 10 Potret Baby Ameena dalam Berbagai Ekspresi, Gemasnya Kebangetan • BMKG: Waspada, Suhu Panas Terik Terjadi hingga Pertengahan Mei • Libur Lebaran Usai, Jakarta Kembali Terapkan Ganjil Genap Hari Ini • 10 Momen Nagita Slavina Masak Makan Malam buat Teman-teman Artisnya
JAKARTA, KOMPAS.com – Sistem pendinginan mesin mobil terdiri dari berbagai komponen yang kompleks.

Salah satu komponen bernama fungsi thermostat mobil, yang bertugas menjaga suhu mesin tetap ideal selama bekerja. Thermostat sendiri merupakan komponen yang berfungsi mengatur sirkulasi cairan pendingin mesin yang berasal dari radiator. Kejadian mobil overheat yang sering dialami para pengendara di jalan, akar masalahnya bisa jadi berasal dari thermostat. Oleh sebab itu, peran komponen ini jangan dianggap remeh. Baca juga: Hyundai Alcazar, Calon SUV Murah Korea Pesaing Rush SHUTTERSTOCK Ilustrasi mesin mobil overheat Deni Adrian, Kepala Bengkel Auto2000 Cibinong, mengatakan, cara kerja thermostat akan mengikuti kinerja komponen sistem pendingin lainnya.

“Suhu kerja mesin mobil biasanya ada sekitar 87-95 derajat Celcius. Suhu kerja ini yang mesti dijaga selama mesin mobil dinyalakan,” ujar Deni, kepada Kompas.com belum lama ini. “Jika suhu terlalu dingin, pembakaran tidak bisa sempurna. Sebaliknya, jika suhu terlalu tinggi, mesin bisa cepat rusak atau mengalami overheat,” kata dia. Baca juga: Hyundai Alcazar, Calon SUV Murah Korea Pesaing Rush cartreatments.com Ilustrasi fungsi thermostat mobil mobil Menurut Deni, thermostat yang letaknya berada di mulut saluran air di kepala silinder, bertugas untuk menjaga suhu mesin tetap ideal.

“Saat mesin dingin, thermostat akan menutup saluran ke radiator sehingga cairan pendingin akan mengalir kembali ke blok mesin melalui saluran bypass,” ucap Deni, “Jika mesin sudah mencapai suhu kerja, thermostat akan terbuka dan air mengalir ke radiator untuk didinginkan,” tuturnya. Fungsi thermostat mobil juga: Selama April, Beli Pertamax dkk Diskon Rp 300 per Liter Ada Honda City Hatchback, Ini 29 Mobil yang Menikmati Diskon PPnBM https://otomotif.kompas.com/read/2021/04/02/080200515/ada-honda-city-hatchback-ini-29-mobil-yang-menikmati-diskon-ppnbm https://asset.kompas.com/crops/4Jp8iz3KDNgVXKTMe40PKe7qIyY=/0x0:974x650/195x98/data/photo/2021/03/03/603f3c587f523.jpg
Menu • Home • About • Services • SERVICE AC • JET CLEAN • REMAP • PIGGYBACK PRO • ANTI KARAT MOBIL • COATING & DETAILING • CUCI DARAH • OLI MOBIL 9 CIRCLE • OUR TOOLS • Peluang Usaha • Kemitraan Dokter Mobil • Jadi Distributor 9CIRCLE • Blog • Professional Tips • Thayne Lika (Lung Lung) • Our location • JAKARTA • KELAPA GADING • PEGANGSAAN DUA • BINTARO • CIRENDEU • CIBUBUR • DEPOK • TANGERANG • SERPONG • BSD • ALAM SUTERA • SOEKARNO HATTA • GREEN LAKE • BEKASI • BEKASI 1 (KALIMALANG) • BEKASI 2 (NAROGONG) • CIKARANG • CIREBON • BANDUNG • SURABAYA • NGAGEL • LONTAR • MAKASSAR • LAMPUNG • SOLO • MALANG • Promo Terbaru • RESERVASI SEKARANG Beberapa orang yang bekerja di industri tentu saja sudah tak heran denga istilah thermostat.

Benda yang satu ini memiliki fungsi untuk mengatur dan menjaga temperatur sebuah mesin agar tetap stabil.

fungsi thermostat mobil

Tidak hanya industri saja yang memiliki thermostat. Sistem kerja AC mobil ternyata juga memilikinya. Fungsi thermostat pada sistem kerja AC ini ternyata juga sama dengan fungsi thermostat pada mesin industri. Bedanya hanya terletak pada ukuran dan penempatan saja. Bagaimana cara kerja thermostat yang satu ini pada mobil?

Fungsi Thermostat Fungsi Thermostat fungsi thermostat mobil sebenarnya sangat sederhana. Saat pertama kali mesin dinyalakan, thermostat bisa langsung mendeteksi panas yang ada pada mesin. Jika sudah terdeteksi oleh mesin, maka tak lama kemudian sirkulasi yang ada pada mesin bisa membuat pompa air menyemprotka air untuk menjaga kestabila suhu dari mesin tersebut. Sederhana sekali bukan?

Akan tetapi sayangnya tak banyak orang mengetahui tentang cara kerja thermostat yang satu ini. Fungsi Thermostat pada mobil ini sering kali tidak menunjukkan tanda apabila mengalami kerusakan.

Tetapi tak perlu khawatir, ada beberapa cara untuk mendeteksi apakah thermostat tersebut masih bagus ataukah sudah rusak.

fungsi thermostat mobil

Beberapa cara yang bisa digunakan antara lain: • Pertama, ikat thermostat dengan seutas benang terlebih dahulu. • Kemudian didihkan air pada sebuah panci. Volume air juga secukupnya fungsi thermostat mobil. Tepenting adalah bisa merendam thermostat yang akan diperiksa fungsinya. • Setelah mendidih masukkan thermostat ke dalamnya. Lalu amati secara seksama. • Jika thermostat masih memiliki fungsi yang bagus, tutupnya akan membuka dengan sendirinya. Berbeda jika thermostat tersebut sudah rusak.

Bisa dipastikan jika tutupnya tidak akan membuka kembali. Itulah cara yang bisa Anda lakukan untuk mendeteksi apakah sebuah thermostat mobil masih berfungsi dengan baik atau tidak.

Jadi dengan mengetahui cara diatas, Anda bisa lebih bisa membedakan apakah yang terjadi kerusakan adalah thermostat atau waterpump. Wajar saja karena keduanya menimbulkan tanda yang hampir sama. Jika yang mengalami kerusakan adalah waterpump, sering kali terdengar suara tertentu apabila mesin sedang dijalankan. Jika waterpump sudah menimbulkan bunyi yang demikian, solusinya tentu saja dengan melakukan penggantian waterpump.

Perlu diketahui saja jika waterpump tidak dapat diperbaiki apabila sudah mengalami kerusakan. Baca Juga : Sifat dan Jenis Refrigerant Pada Sistem AC Bagaimana jika Fungsi Thermostat dan keadaan waterpump masih baik-baik saja?

fungsi thermostat mobil

Apakah ada kemungkinan jika komponen mobil yang lain mengalami kerusakan? Bisa jadi begitu. Jika kedua komponen ini masih baik, bisa diprediksi jika radiator pada mobil sudah tidak bisa berfungsi dengan maksimal.

Ketidakfungsian radiator mobil ini bisa disebabkan oleh penyumbatan saluran air yang terdapat pada radiator. Untuk mengatasi hal yang demikian tentu saja Anda fungsi thermostat mobil membawanya ke bengkel mobil terbaik.

Untuk menemukan bengkel mobil terbaik sekarang ini juga mudah. Salah satu bengkel mobil terdekat yang direkomendasikan untuk Anda adalah Dokter Mobil. Bengkel yang memiliki lokasi di kawasan Jakarta Utara ini ternyata memiliki kemampuan yang sangat baik dalam memberikan pelayanan khususnya untuk perbaikan sistem AC pada mobil. Selain itu jika Anda memakan jasa Dokter Mobil, Anda juga tak perlu repot untuk mencari komponen yang hendak diganti. Biaya servis dan penggantian komponen di bengkel ini juga sangat terjangkau.

Jadi segera saja ke Dokter Mobil agar segala kerusakan mobil kesayangan Anda bisa teratasi dengan baik. Demikian informasi ini dan semoga bisa membantu Anda yang sedang bingung untuk mencari bengkel mobil terbaik. Untuk kalian yang ingin mengetahui lebih dalam lagi mengenai masalah mobil kalian bisa membuka blogs dokter mobil, di dalamnya kalian akan mengetahui mengenai permasalahan masalah mobil dan banyak informasi menegnai otomotif yang bisa kalian dapatkan.

Ingin Reservasi Sekarang ? Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️ Hubungi CS Sekarang Untuk permasalahan jarak domo lover tidak usah khawatir kalian bisa mencari brngkrl dokter mobil terdekat dari rumah anda. Dokter Mobil, Jalan Boulevard Raya Blok QJ1 No.17 Kelapa Gading – Telp (021) 2245 4429 Phone / WA – Chelsea : 087787133366 Felice : 087787133350 Aurell : 08788088457 “Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya” Dokter Mobil merupakan bengkel yang fungsi thermostat mobil teknologi canggih serta terstandarisasi ISO 9001:2015 yang berfokus untuk terus berkembang memajukan dunia otomotif di Indonesia.

fungsi thermostat mobil

Kami adalah spesialis AC Mobil & Tune Up yang sudah teruji dan terbukti dapat meningkatkan performa mobil anda, dan memberikan garansi setiap pengerjaanya bengkel mobil terdekat dokter mobil pasti beres.Mesin mobil terdiri dari berbagai komponen yang saling berhubungan dengan tingkat kompleksitas tinggi.

Komponen itu melakukan tugasnya dalam waktu yang relatif cepat dan akurat. Tingginya tingkat perputaran pada mesin mengakibatkan peningkatan suhu pada bagian mesin.

fungsi thermostat mobil

Untuk itu, dibutuhkan komponen pendingin yang berperan untuk menjaga suhu mesin, salah satunya adalah fungsi thermostat mobil mobil. Thermostat merupakan salah satu komponen fungsi thermostat mobil dalam sistem pendingin mobil yang berfungsi untuk mengatur sirkulasi cairan pendingin mesin yang berasal dari radiator, sehingga mencegah mesin overheat.

Baca juga: Lima Tips Merawat Radiator Coolant Mobil Sistem pendingin sendiri berfungsi untuk menjaga temperatur mesin dalam kondisi yang ideal. Thermostat terletak pada saluran air atau cairan pendingin, tepatnya saluran air dari mesin yang mengarah ke radiator. Cara kerja thermostat mobil Fungsi thermostat adalah membantu radiator untuk menjaga suhu mesin tetap ideal. Cara kerjanya akan mengikuti komponen pendingin lainnya.

Awalnya, air akan dipompa oleh water pump menuju ke mesin. Kemudian air akan mengalir melewati water jacket, yaitu jalur air yang mengitari mesin. Sambil mengalir, air pendingin tersebut akan menangkap suhu panas yang ada di mesin, dan akan keluar dari melewati selang, lalu masuk ke bagian atas radiator. Baca juga: Kenali Jenis dan Cara Kerja Cairan Pendingin Radiator Setelah itu, akan terjadi pengurangan suhu yang dibawa oleh air pendingin di dalam radiator.

Suhu panas akan dibuang melalui kisi-kisi kecil yang ada di dalam radiator. Panas dari kisi-kisi akan pindah ke udara karena dibantu oleh kipas yang terpasang dibalik radiator untuk mendinginkannya.

Suhu air akan turun setelah melalui kisi-kisi radiator, lalu keluar dari selang bagaian bawah radiator dan dipompa kembali menuju ke mesin untuk melakukan proses penurunan suhu lagi.

Proses ini dilakukan berulang-ulang, serta terjadi ketika mesin dalam suhu maksimal. Berbeda ketika suhu mesin dalam keadaan dingin, perputaran aliran air akan di tutup oleh thermostat agar tidak bersirkulasi melalui radiator, dengan tujuan mesin mobil dapat mencapai suhu optimal. Pada suhu 85 0-90 0 C, thermostat akan terbuka dan memberi air pendingin jalur untuk melakukan proses pendiginan melalui radiator.

Dengan kata lain, peran thermostat adalah sebagai sakelar di bagian sistem pendingin mobil. Saat dibutuhkan, thermostat akan mengambil peran untuk mengatur aliran cairan pendingin. Bagaimana bila thermostat mobil dicopot atau dilepas? Beberapa orang beranggapan, melepas thermostat akan lebih efektif untuk mencegah overheat pada mesin kendaraan.

Namun ternyata, hal itu akan berdampak buruk pada mesin, dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

fungsi thermostat mobil

Meskipun mesin akan tetap hidup tanpa menggunakan thermostat. Bila thermostat mobil dilepas, cairan pendingin akan mengalir ke mesin dari awal dinyalakan, sehingga mesin akan mencapai suhu maksimal dalam jangka waktu yang lama.

Sehingga saat kondisi mesin yang dingin, pembakaran akan lebih boros dibanding ketika mesin dalam suhu yang ideal. Baca juga: Jangan Sampai Overheat, Ganti Air Radiator Mobil Sesuai Jadwal Lalu, tanpa adanya thermostat, otomatis suhu ideal yang dibutuhkan mesin sulit sulit tercapai.

Hal tersebut menyebabkan jumlah bahan bakar yang masuk ke dalam silinder mesin tidak seimbang, sehingga terjadi efek getaran yang lebih kuat pada mesin. Sedangkan dampak dalam jangka panjang, mesin tidak akan bertahan lama. Tanpa adanya thermostat, perputaran air pendingin terlalu lancar, sehingga air yang belum mengalami proses pendinginan di radiator sudah kembali masuk menuju ke fungsi thermostat mobil mesin.

Air yang belum mencapai suhu optimal juga langsung dialirkan ke radiator. Jadinya mesin tidak akan mengalami proses pendinginan yang optimal dan beresiko membuat mesin lebih mudah overheat. Mengingat pentingnya thermostat mobil, lebih baik jangan melepas komponen tersebut pada mobil Anda. Bila thermostat mobil rusak, lebih baik lakukan pergantian dengan yang baru di bengkel resmi. Anda juga bisa menggunakan fitur booking service yang ada di Seva.id saat ingin mengganti thermostat.

Jadi, Anda tidak perlu menunggu lama di bengkel resmi untuk melakukan servis.

CARA KERJA THERMOSTAT DINGIN & PANAS




2022 www.videocon.com