Permulaan sepak bola biasanya disebut

permulaan sepak bola biasanya disebut

Dalam pertandingan sepak bola, banyak istilah yang digunakan untuk menggambarkan posisi pemain, teknis permainan, hingga pelanggaran yang dilakukan. Bagi Anda yang ingin mulai belajar menjadi pemain atau penikmat olahraga ini, mengenali istilah dalam permainan sepak bola bisa menjadi salah satu cara untuk mulai membiasakan diri.

Advertisement Istilah pemain sepak bola Istilah pemain sepak bola berdasarkan posisi Permainan sepak bola dilakukan secara beregu dan di tiap regunya berisi dari 11 pemain. Permulaan sepak bola biasanya disebut pemain tersebut menempati posisi yang memiliki istilah dan tugas spesifik. Berikut ini penjelasannya. • Kiper Kiper adalah pemain dalam permainan sepak bola yang bertugas untuk menjaga bola dari tim lawan tidak masuk melewati garis gawang.

Dalam permainan klasik, tugas kiper memang semata-mata menjaga gawang. Namun saat ini, banyak kiper yang juga berperan mengatur pola permainan dari belakang dan memberikan instruksi kepada pemain bertahan.

Untuk menjadi seorang kiper yang baik, pemain harus menguasai teknik bermain dengan kedua kakinya serta memiliki keterampilan menangkap, menendang, meninju, menjatuhkan diri, hingga mengambil dan melempar bola. • Pemain bertahan (bek) Pemain bertahan atau yang sering juga disebut sebagai bek, bertugas menjaga area pertahanan timnya dengan mempersulit atau menggugurkan kesempatan lawan yang sedang menyerang.

Para bek ini juga akan bermain di dekat gawangnya sendiri untuk menutup akses pemain lawan mendekat ke area tersebut. Pemain bertahan dapat dibagi lagi menjadi beberapa posisi yang lebih spesifik, sebagai berikut ini: • Center back Pemain center back bertugas untuk menghentikan serangan lawan yang masuk ke area penalti dan mengeluarkan bola dari area tersebut agar risiko gawang dibobol oleh lawan bisa berkurang.

• Sweeper Sweeper adalah pemain bek dengan tugas mengambil bola dari kaki lawan yang mulai masuk ke daerah pertahanan. Para pemain dengan posisi ini biasanya tidak ditugaskan untuk menjaga atau mewaspadai satu orang pemain saja. Oleh karena itu, mereka lebih bebas bergerak di area bertahan untuk menggagalkan serangan. Untuk bisa melakukan tugas tersebut, pemain perlu memiliki kemampuan yang baik dalam membaca permainan lawan. • Full back Di lapangan, seorang pemain full back biasanya berada sedikit lebih di depan dari center back.

Pemain ini bertugas untuk menghadang lawan sebelum masuk ke kotak pinalti.

permulaan sepak bola biasanya disebut

Pemain dalam posisi ini biasanya bertugas untuk menggagalkan serangan dari pemain sayap tim lawan. • Wing back Pemain wing back adalah pemain bertahan yang juga memiliki posisi penting dalam strategi penyerangan.

Tugas utamanya adalah menguasai area pinggir lapangan, sehingga bisa membantu penyerangan dari sisi pinggir. Area jelajah dari seorang wing back tidak hanya pada area bertahan dari timnya sendiri, melainkan seluruh sisi pinggir lapangan.

Karena itu, pemain dalam posisi ini perlu memiliki stamina yang baik dan kemampuan untuk merebut bola yang mumpuni. • Pemain tengah (gelandang) Pemain tengah biasanya memiliki waktu menguasai bola lebih lama dari pemain posisi lainnya. Sebab dalam suatu pertandingan sepak bola, seorang gelandang akan berperan, baik dalam penyerangan maupun saat bertahan.

Tugas pemain tengah antara lain: • Membantu menahan para pemain lawan dari area tengah lapangan agar mereka tidak semakin masuk ke area bertahan.

• Meneruskan bola mentah dari pemain belakang ke pemain penyerang agar ada kesempatan untuk mencetak gol. • Mencari celah untuk masuk ke area pertahanan lawan dan mencetak gol jika area tersebut sedang terbuka.

Peran pemain tengah dibagi lagi menjadi empat posisi yang lebih spesifik, yaitu: • Gelandang tengah (center midfield) Seorang gelandang tengah bertugas untuk membantu penyerangan sekaligus merebut bola dari kaki lawan saat tim sedang berada dalam posisi bertahan.

Posisinya yang berada di tengah-tengah lapangan juga membuat para gelandang tengah dapat melihat pola dari kedua sisi dan mengontrol alur permainan.

• Gelandang bertahan (defensive midfield) Gelandang bertahan merupakan lapisan tambahan yang posisinya ada di depan para bermain bertahan, sehingga lawan tidak bisa dengan mudah masuk ke area permainan tersebut.

Saat timnya melakukan penyerangan, para gelandang bertahan biasanya tetap akan berada di tengah menuju belakang untuk mengantisipasi serangan balik mendadak. Tugas utama dari seorang gelandang bertahan adalah merebut bola dengan tackle dari pemain lawan dan mendorongnya keluar hingga kembali mundur ke area pertahanannya sendiri.

• Gelandang menyerang (attacking midfield) Gelandang menyerang biasanya akan berada di lebih di depan dari pemain tengah lain, namun tetap masih di belakang dari penyerang. Tugas utamanya adalah menciptakan peluang bagi penyerang untuk mencetak gol. Seorang gelandang menyerang harus piawai mencari celah menembus area pertahanan lawan dan memberikan umpan yang dapat diteruskan penyerang menjadi tendangan atau sundulan ke arah gawang.

• Gelandang sayap (wide midfield) Gelandang sayap bermain di area tengah permulaan sepak bola biasanya disebut pinggir kiri atau kanan dari lapangan. Pemain dengan posisi ini memiliki peran yang sangat mirip dengan wingers alias bek sayap. Tugas utamanya adalah untuk menjaga area pinggir lapangan saat lawan melakukan serangan dari pinggir dan ikut membantu penyerangan timnya dari sisi lapangan. • Penyerang (striker) Seorang penyerang atau stiker adalah pemain yang tugas utamanya adalah untuk mencetak gol.

Pemain ini berada di posisi paling depan dan paling dekat dengan area pertahanan lawan. Dalam suatu permainan sepak bola biasanya ada satu atau dua striker di tiap timnya. Seorang striker harus memiliki kecepatan dan kemampuan finishing atau mengeksekusi bola dengan baik.

Istilah dalam permainan sepak bola Pemain melakukan dribel dan akan melakukan shoot • Dribel: gerakan menggiring bola dari satu titik ke titik lain yang dilakukan pemain. • Gol: saat bola berhasil masuk ke gawang lawan • Tendangan bebas: tendangan yang didapatkan setelah lawan melakukan pelanggaran.

• Goal kick: tendangan yang dilakukan oleh kiper atau pemain lain setelah tim lawan gagal melakukan penyerangan dan bola keluar dari area permainan melewati garis batas sejajar gawang. • Heading alias sundulan: saat pemain menggunakan kepala untuk menggerakkan bola, baik itu saat mengoper ataupun memasukkan ke dalam gawang. • Penalti: tendangan yang diberikan saat lawan melakukan pelanggaran di kotak pinalti area pertahanannya sendiri.

Tendangan dilakukan dari titik penalti tanpa boleh ada pemain lain yang menghalangi. Penendang penalti hanya akan berhadapan dengan kiper. • Adu penalti: salah satu cara untuk menentukan pemenang dalam permainan sepak bola yang berakhir seri. Adu penalti baru akan dilakukan jika dalam dua babak tambahan yang diberikan, pertandingan masih berakhir seri.

• Tendangan sudut: tendangan yang didapatkan apabila lawan membuat bola keluar di belakang garis batas area pertahanannya sendiri. Tendangan sudut diambil dari titik khusus di pojok lapangan yang sejajar dengan gawang lawan. • Assist: umpan yang diberikan kepada rekan satu tim. • Umpan silang: umpan jarak jauh yang biasanya dilakukan untuk mencapai rekan satu tim yang sedang berada di area pertahanan lawan. Umpan ini dimaksudkan untuk memulai serangan atau ancaman ke gawang lawan.

• Tackel: suatu gerakan merebut bola dengan meluncur ke arah bola yang ada di kaki lawan. Gerakan ini biasanya akan membuat lawan jatuh. Namun jika saat meluncur, kaki tepat mengenai bola, maka pemain berhak melanjutkan permainan dan dinyatakan berhasil merebut bola. Namun jika saat meluncur itu kaki justru mengenai kaki lawan, maka gerakan akan dinyatakan sebagai pelanggaran.

• Throw-in: lemparan ke dalam yang dilakukan apabila lawan membawa bola ke luar dari sisi pinggir lapangan pertandingan. • Hat-trick: saat seorang pemain mencetak tiga gol atau lebih dalam satu pertandingan. • Kick off: tendangan yang dimulai pertama kali untuk menandakan mulainya suatu babak dalam permainan sepak bola. • Gol bunuh diri: ketika pemain memasukkan bola ke gawangnya sendiri sehingga lawan mendapatkan angka. • Shoot: ketika pemain berusaha menendang bola ke arah gawang untuk mencetak gol.

Baca Juga • Panduan Olahraga 7 Menit alias 7 Minute Workout untuk Pemula • Permainan Tenis Lapangan, Ini Segala Hal yang Perlu Anda Tahu • Berbagai Olahraga Permainan Ini Sangat Menyenangkan untuk Dilakukan Istilah pelanggaran sepak bola Pelanggaran dalam permainan sepak bola diberi kartu oleh wasit • Foul: pelanggaran yang dilakukan seorang pemain terhadap pemain lawan sehingga lawan bisa mendapat kesempatan untuk melakukan tendangan bebas atau tendangan pinalti, tergantung dari area pelanggaran di lakukan.

• Offside: pelanggaran yang terjadi saat seorang pemain berada di posisi yang lebih dekat dengan gawang lawan daripada pemain dari tim lawan sendiri tanpa memegang bola. Jika kemudian ada teman satu timnya mengumpan bola ke pemain yang berada di posisi terlalu maju tersebut, maka wasit akan menyatakan pemain itu berada di posisi offside.

• Kartu kuning: kartu yang diberikan sebagai peringatan saat seorang pemain melakukan pelanggaran berat. • Kartu merah: kartu yang diberikan kepada pemain yang sudah dua kali mendapatkan kartu kuning dalam satu pertandingan. Pemain yang mendapatkan kartu merah harus meninggalkan lapangan dan tidak bisa digantikan oleh pemain cadangan, sehingga timnya harus bermain dengan kurang dari 11 pemain.

Kartu merah juga bisa langsung diberikan tanpa kartu kuning terlebih dahulu jika pemain tersebut melakukan pelanggaran yang sangat keras dan tidak sportif. • Diving: sengaja menjatuhkan diri atau berpura-pura jatuh agar lawan dinyatakan melakukan pelanggaran oleh wasit. • Handball: saat seorang pemain (kecuali kiper), menyentuh bola dengan tangan selama permainan sedang aktif berlangsung.

Pemain hanya boleh menyentuh bola dengan tangan saat melakukan throw in atau menyesuaikan posisi bola saat ingin melakukan tendangan bebas, pinalti, maupun goal kick.

Istilah waktu dalam permainan sepak bola Wasit memberikan injury time dalam pertandingan sepak bola • Extra time: waktu tambahan yang diberikan apabila pertandingan berakhir dengan permulaan sepak bola biasanya disebut seri. Waktu yang diberikan adalah 30 menit yang terbagi menjadi dua babak, sehingga masing-masing babak tambahan berlangsung selama 15 menit.

• Golden goal extra time: waktu tambahan yang diberikan apabila pertandingan berakhir dengan skor seri. Namun pertandingan akan langsung berakhir jika ada tim yang dapat menciptakan gol sebelum waktu tambahan 30 menit tersebut selesai. • Injury time: waktu tambahan yang diberikan oleh wasit di setiap akhir babak akibat kejadian-kejadian yang terjadi selama pertandingan yang memperpendek waktu permainan. How They Play. https://howtheyplay.com/team-sports/Positions-in-Soccer-and-Their-Roles Diakses pada 22 Februari 2021 My Active SG.

https://www.myactivesg.com/Sports/Football/How-To-Play/Football-Rules/Playing-Positions Diakses pada 22 Februari 2021 Coach Better. https://www.coachbetter.com/new-posts/soccer-experts-positions-in-football/ Diakses pada 22 Februari 2021 US Soccer Player. https://ussoccerplayers.com/soccer-terms Diakses apda 22 Ferbruari 2021 The UK Rules. https://www.theukrules.co.uk/rules/sport/football/terminology.html Diakses pada 22 Februari 2021 Olahraga Kalistenik, Olahraga Praktis Pembentuk Otot Menggunakan Berat Tubuh Kalistenik adalah salah satu olahraga praktis yang dapat dicoba untuk menurunkan berat badan maupun melatih kekuatan otot.

Berbeda dengan olahraga lainnya, kalistenik hanya menggunakan berat badan tanpa memerlukan peralatan khusus. Beberapa olahraga gerakan kalistenik yang mungkin pernah Anda liat adalah posisi bendera, di mana seseorang memegang tiang dengan kedua tangannya, lalu menaikkan tubuhnya secara horizontal, sejajar dengan tangan.

Sehingga membentuk posisi seperti bendera. • Аԥсшәа • Acèh • Адыгабзэ • Afrikaans • Alemannisch • አማርኛ • Aragonés • Ænglisc • العربية • الدارجة • مصرى • অসমীয়া • Asturianu • Aymar aru • Azərbaycanca • تۆرکجه • Башҡортса • Basa Bali • Boarisch • Žemaitėška • Bikol Central • Беларуская • Беларуская (тарашкевіца) • Български • भोजपुरी • Banjar • বাংলা • བོད་ཡིག • Brezhoneg • Bosanski • Буряад • Català • Mìng-dĕ̤ng-ngṳ̄ • Нохчийн • Cebuano • کوردی • Corsu • Qırımtatarca • Čeština • Kaszëbsczi • Словѣньскъ / ⰔⰎⰑⰂⰡⰐⰠⰔⰍⰟ • Чӑвашла • Cymraeg • Dansk • Dagbanli • Deutsch • Thuɔŋjäŋ • Zazaki • Dolnoserbski • डोटेली • Ελληνικά • English • Esperanto • Español • Eesti • Euskara • Estremeñu • فارسی • Suomi • Võro • Na Vosa Vakaviti • Føroyskt • Français • Arpetan • Nordfriisk • Furlan • Frysk • Gaeilge • 贛語 • Kriyòl gwiyannen • Gàidhlig • Galego • Avañe'ẽ • गोंयची कोंकणी / Gõychi Konknni • 𐌲𐌿𐍄𐌹𐍃𐌺 • ગુજરાતી • Gaelg • Hausa • 客家語/Hak-kâ-ngî • עברית • हिन्दी • Fiji Hindi • Hrvatski • Hornjoserbsce • Kreyòl ayisyen • Magyar • Հայերեն • Արեւմտահայերէն • Interlingua • Interlingue • Igbo • Ilokano • Ido • Íslenska • Italiano • ᐃᓄᒃᑎᑐᑦ/inuktitut • 日本語 • Jawa • ქართული • Qaraqalpaqsha • Taqbaylit • Kabɩyɛ • Қазақша • ភាសាខ្មែរ • ಕನ್ನಡ • 한국어 • Ripoarisch • Kurdî • Коми • Кыргызча • Latina • Lëtzebuergesch • Лакку • Лезги • Lingua Franca Nova • Limburgs • Ligure • Ladin • Lombard • Lingála • ລາວ • Lietuvių • Latviešu • मैथिली • Basa Banyumasan • Malagasy • Олык марий • Māori • Minangkabau • Македонски • മലയാളം • Монгол • मराठी • Bahasa Melayu • Malti • Mirandés • မြန်မာဘာသာ • Эрзянь • مازِرونی • Nāhuatl • Napulitano • Plattdüütsch • Nedersaksies • नेपाली • Li Niha • Nederlands • Norsk nynorsk • Norsk bokmål • Novial • Sesotho sa Leboa • Chi-Chewa • Occitan • Livvinkarjala • Ирон • ਪੰਜਾਬੀ • Picard • Deitsch • Polski • پنجابی • پښتو • Português • Runa Simi • Rumantsch • Română • Русский • Русиньскый • Ikinyarwanda • Саха тыла • ᱥᱟᱱᱛᱟᱲᱤ • Sardu • Sicilianu • Scots • سنڌي • Davvisámegiella • Srpskohrvatski / српскохрватски • Taclḥit • Simple English • Slovenčina • Slovenščina • Gagana Samoa • Anarâškielâ • ChiShona • Soomaaliga • Shqip • Српски / srpski • Seeltersk • Sunda • Svenska • Kiswahili • Ślůnski • தமிழ் • ತುಳು • తెలుగు • Тоҷикӣ • ไทย • Türkmençe • Tagalog • Lea faka-Tonga • Tok Pisin • Türkçe • Татарча/tatarça • Українська • اردو • Oʻzbekcha/ўзбекча permulaan sepak bola biasanya disebut Vèneto • Tiếng Việt • West-Vlams • Walon • Winaray • Wolof • 吴语 • IsiXhosa • მარგალური • ייִדיש • Yorùbá • Vahcuengh • 中文 • 文言 • Bân-lâm-gú • 粵語 • IsiZulu Anak-anak bermain sepak bola di mesir Sepak bola asosiasi ( bahasa Inggris: Association Football atau Soccer) atau hanya sepak bola adalah cabang olahraga yang menggunakan bola yang pada umumnya terbuat dari bahan kulit, yang disebut "bola sepak", dan dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 (sebelas) orang pemain inti dan beberapa pemain cadangan.

Memasuki abad ke-21, olahraga ini telah dimainkan oleh lebih dari 250 juta orang di 200 negara. [2] [3] [4] [5] Sepak bola bertujuan untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya dengan memasukan bola ke gawang lawan.

Sepak bola dimainkan dalam lapangan terbuka yang berbentuk persegi panjang, di atas rumput atau rumput sintetis. Secara umum, hanya penjaga gawang saja yang berhak menyentuh bola dengan tangan atau lengan di dalam daerah gawangnya, sedangkan 10 (sepuluh) pemain lainnya diizinkan menggunakan seluruh tubuhnya selain tangan, biasanya dengan kaki untuk menendang, dada untuk mengontrol, dan kepala untuk menyundul bola.

Tim yang mencetak gol paling banyak pada akhir pertandingan menjadi pemenangnya. Jika hingga waktu berakhir masih berakhir imbang, maka dapat dilakukan undian, perpanjangan waktu maupun adu penalti, bergantung pada format penyelenggaraan kejuaraan. Dari sebuah pertandingan resmi, 3 poin diberikan kepada tim pemenang, 0 poin untuk tim yang kalah dan masing-masing 1 poin untuk dua tim yang bermain imbang. [6] Meskipun demikian, pemenang sebuah pertandingan sepak bola dapat dibatalkan sewaktu-waktu atas skandal dan tindakan kriminal yang terbukti di kemudian hari.

Sebuah laga sepak bola dapat dimenangkan secara otomatis oleh sebuah tim dengan 3-0 apabila tim lawan sengaja mengundurkan diri dari pertandingan ( Walk Out). Peraturan pertandingan secara umum diperbarui setiap tahunnya oleh induk organisasi sepak bola internasional ( FIFA), yang juga menyelenggarakan Piala Dunia setiap empat tahun sekali.

[7] Daftar isi • 1 Sejarah • 2 Aturan • 2.1 Lapangan sepak bola • 2.2 Lama permainan • 2.3 Pelanggaran • 2.4 Wasit dan petugas pertandingan • 3 Posisi pemain • 4 Kejuaraan Internasional • 5 Lihat pula • 5.1 Organisasi Internasional • 5.2 Jenis lainnya • 6 Referensi • 7 Pranala luar Sejarah Sejarah olahraga sepak bola ( permainan menendang bola) dimulai sejak abad ke-2 dan ke-3 sebelum Masehi di Tiongkok. [1] Pada masa Dinasti Han tersebut, masyarakat menggiring bola kulit dengan menendangnya ke jaring kecil.

[1] Permainan serupa juga dimainkan di Jepang dengan sebutan Kemari. [8] Di Italia, permainan menendang dan membawa bola juga digemari terutama mulai abad ke-16. [8] Sepak bola modern mulai berkembang di Inggris dengan menetapkan peraturan-peraturan dasar dan menjadi sangat digemari oleh banyak kalangan. [1] Di beberapa kompetisi, permainan ini menimbulkan banyak kekerasan selama pertandingan sehingga akhirnya Raja Edward III melarang olahraga ini dimainkan pada tahun 1365.

[1] Raja James I dari Skotlandia juga mendukung larangan untuk memainkan sepak bola. [1] Pada tahun 1815, sebuah perkembangan besar menyebabkan sepak bola menjadi terkenal di lingkungan universitas dan sekolah. [1] Kelahiran sepak bola modern terjadi di Freemasons Tavern pada tahun 1863 ketika 11 sekolah dan klub berkumpul dan merumuskan aturan baku untuk permainan tersebut.

[8] Bersamaan dengan itu, terjadi pemisahan yang jelas antara olahraga rugby dengan sepak bola ( soccer). [8] Pada tahun 1869, membawa bola dengan tangan mulai dilarang dalam sepak bola. [1] Selama tahun 1800-an, olahraga tersebut dibawa oleh pelaut, pedagang, dan tentara Inggris ke berbagai belahan dunia. [1] Pada tahun 1904, asosiasi tertinggi sepak bola dunia (FIFA) dibentuk dan pada awal tahun 1900-an, berbagai kompetisi dimainkan diberbagai negara. [1] olahraga ini juga digemari terutama mulai abad ke-16.

[8] Aturan Artikel utama: Lapangan sepak bola Untuk pertandingan internasional dewasa, lapangan sepak bola internasional yang digunakan memiliki panjang yang berkisar antara 100-120 meter dan lebar 65-75 meter. [9] Di bagian tengah kedua ujung lapangan, terdapat area gawang yang berupa persegi empat berukuran dengan lebar 7.32 meter dan tinggi 2.44 meter.

[9] Di bagian depan dari gawang terdapat area penalti yang berjarak 16.5 meter dari gawang. [9] Area ini merupakan batas kiper boleh menangkap bola dengan tangan dan menentukan kapan sebuah pelanggaran mendapatkan hadiah tendangan penalti atau tidak. [9] Lama permainan Artikel utama: Durasi pertandingan (sepak bola) Lama permainan sepak bola normal adalah 2 X 45 menit, ditambah istirahat selama 15 menit di antara kedua babak. [9] Jika kedudukan sama imbang, maka diadakan perpanjangan waktu selama 2 X 15 menit, hingga didapat pemenang, namun jika sama kuat maka diadakan adu penalti.

[9] Wasit dapat menentukan berapa waktu tambahan di setiap akhir babak sebagai pengganti dari waktu yang hilang akibat pergantian pemain, cedera yang membutuhkan pertolongan, ataupun penghentian lainnya. Waktu tambahan ini disebut sebagai injury time atau stoppage time. [9] Gol yang dicetak dalam perpanjangan waktu akan dihitung menjadi skor akhir pertandingan, sedangkan gol dari adu penalti hanya menentukan jika suatu tim dapat melaju ke pertandingan selanjutnya ataupun tidak (tidak memengaruhi skor akhir).

[9] Pada akhir tahun 1990-an, International Football Association Board (IFAB) memberlakukan sistem gol emas ( golden gol) atau gol perak ( silver gol) untuk menyelesaikan pertandingan. [9] Dalam sistem gol emas, tim yang pertama permulaan sepak bola biasanya disebut mencetak gol saat perpanjangan waktu berlangsung akan menjadi pemenang, sedangkan dalam gol perak, tim yang memimpin pada akhir babak perpanjangan waktu pertama akan keluar sebagai pemenang.

[9] Kedua sistem tersebut tidak lagi digunakan oleh IFAB. [9] Pelanggaran Wasit sedang memberi hukuman kartu kuning. Apabila pemain melakukan pelanggaran yang cukup keras maka wasit dapat memberikan peringatan dengan kartu kuning atau kartu merah. [10] Pertandingan akan dihentikan sesaat dan wasit menunjukkan kartu ke depan pemain yang melanggar kemudian mencatat namanya di dalam buku. [10] Kartu kuning merupakan peringatan atas pelanggaran seperti bersikap tidak sportif, secara terus-menerus melanggar peraturan, berselisih kata-kata atau tindakan, menunda memulai kembali pertandingan, keluar-masuk pertandingan tanpa persetujuan wasit, ataupun tidak menjaga jarak dari pemain lawan yang sedang melakukan tendangan bebas atau lemparan ke dalam.

[10] Pemain yang menerima dua kartu kuning akan mendapatkan kartu merah dan permulaan sepak bola biasanya disebut dari pertandingan. [10] Kartu merah Pemain yang mendapatkan kartu merah harus keluar dari pertandingan tanpa bisa digantikan dengan pemain lainnya. [10] Beberapa contoh tindakan yang dapat diganjar kartu merah adalah pelanggaran berat yang membahayakan atau menyebabkan cedera parah pada lawan, meludah, melakukan kekerasan, melanggar lawan yang sedang berusaha mencetak gol, menyentuh bola dengan tangan untuk mencegah gol bagi semua pemain kecuali penjaga gawang, dan menggunakan bahasa atau gerak tubuh yang cenderung menantang, pemain yang berposisi sebagai penjaga gawang melakukan hands ball di luar kotak penalti.

[10] Wasit dan petugas pertandingan Dalam pertandingan profesional, terdapat 4 petugas yang memimpin jalannya pertandingan, yaitu wasit, 2 hakim garis, dan seorang petugas di pinggir tengah lapangan serta wasit gawang yang berada di pinggir gawang. [11] Wasit memiliki peluit yang menandakan apakah saat berhenti atau memulai memainkan bola.

[11] Dia juga bertugas memberikan hukuman dan peringatan atas pelanggaran yang terjadi di lapangan. [11] Masing-masing penjaga garis bertanggung jawab mengawasi setengah bagian dari lapangan. [11] Mereka membawa bendera dengan warna terang untuk menandakan adanya pelanggaran, bola keluar, ataupun offside.

[11] Biasanya mereka akan bergerak mengikuti posisi pemain belakang terakhir. [11] Petugas terakhir memiliki tugas untuk mencatat semua waktu yang sempat terhenti selama pertandingan berlangsung dan memberikan info mengenai tambahan waktu di akhir setiap babak. [11] Petugas ini juga bertugas memeriksa pergantian pemain dan menjadi penghubung antara manajer tim dengan wasit.

[11] Dalam beberapa pertandingan, teknologi penggunaan video atau penggunaan orang kelima untuk menentukan ketepatan keputusan wasit mulai digunakan. [11] Misalnya yang menentukan apakah suatu bola telah melewati garis atau apakah seorang pemain berada dalam keadaan offside ketika mencetak gol.

[11] Posisi pemain Penjaga gawang dalam sepak bola. Pada dasarnya, satu tim sepak bola terdiri dari 1 orang penjaga gawang, 2-5 orang pemain bertahan, 2-5 orang pemain tengah, dan 1-3 orang penyerang. [12] Penjaga gawang ( kiper) adalah satu-satunya pemain dalam sebuah tim yang boleh menggunakan tangan untuk menghalangi bola menuju gawang dari serangan tim lawan. [12] Umumnya, penjaga gawang mengenakan pakaian ( jersey) yang berbeda dengan pemain lainnya.

[12] Pemain bertahan ( back) permulaan sepak bola biasanya disebut tugas utama untuk menghalangi dan menutup pergerakan tim lawan. [12] Pemain tengah ( gelandang/ playmaker) biasanya terdiri dari pemain tengah serang yang bermain dekat dengan penyerang dan pemain tengah bertahan yang bermain dekat dengan pemain bertahan.

Tugas utama pemain tengah adalah mengatur tempo permainan dan menjadi penyokong peran bek dan striker dalam tim. Terdapat pula pemain sayap ( winger) yang bertugas di sisi kanan atau kiri lapangan. [12] Penyerang ( striker) memiliki tugas utama untuk mencetak permulaan sepak bola biasanya disebut ke gawang lawan. [12] Kapten tim adalah jabatan seseorang yang terpilih di antara para pemain yang bertugas memimpin dan mengoordinasi para pemain agar bermain secara tim di lapangan.

permulaan sepak bola biasanya disebut

Tanda bahwa pemain sebagai kapten tim adalah atribut ban ( armband) yang melingkar pada lengan atas. Pada awal sebuah laga resmi, Kapten dari dua tim menjadi pemain terdepan ketika memasuki area lapangan diikuti kiper dan para pemain lain. Biasanya, seorang Kapten menjadi penendang utama penalti serta sebagai penerima pertama penyerahan piala atau gelar juara sebuah turnamen. Posisi dasar pemain dapat mengalami modifikasi menjadi berbagai pola atau taktik permainan.

[13] Beberapa pola pemain yang sering digunakan dalam berbagai kejuaraan adalah 4-4-2 (paling sering digunakan), 3-4-2-1 (kekuatan terletak di bagian tengah lapangan), serta 4-3-3 (formasi klasik dari tahun 1970-an yang sering digunakan oleh sistem total football Belanda dan Jerman Barat). [13] Kejuaraan Internasional Permainan sepak bola wanita. Kejuaraan sepak bola internasional terbesar ialah Piala Dunia yang diselenggarakan oleh Fédération Internationale de Football Association (FIFA).

[14] Piala Dunia diadakan setiap empat tahun sekali dan dimulai di Uruguay pada tahun 1930. [14] Pencetus ide tersebut adalah Jules Rimet, seorang pengacara dan pengusaha Prancis yang terinspirasi setelah menonton Olimpiade Paris tahun 1924. [14] Kompetisi internasional tertua di dunia adalah Copa America permulaan sepak bola biasanya disebut mempertandingkan tim-tim dalam wilayah Amerika Selatan setiap dua tahun sekali.

[15] Copa America pertama kali diadakan tahun 1916 dan diikuti oleh 10 negara yang akhirnya membentuk The South American Football Confederation (Conmebol).

[15] Untuk wilayah Amerika Utara, The Confederation of North, Central American and Caribbean Association Football ( CONCACAF) menyelenggarakan kompetisi internasional setiap empat tahun sekali yang disebut Piala Emas CONCACAF. [16] Di kawasan Asia, termasuk Australia dan Timor Leste negara-negara yang tergabung dalam Asian Football Confederation (AFC), mengadakan kompetisi internasional pertama tingkat Asia pada tahun 1956 di Hongkong yang disebut Piala Asia.

[17] Pada tahun 1960, kompetisi tingkat regional Eropa diadakan untuk pertama kalinya dengan nama European Nations' Cup yang kemudian disebut sebagai UEFA European Championship ( Piala Eropa atau EURO). [18] Di wilayah Oseania (meliputi Selandia Baru, dan berbagai Kepulauan Pasifik), kompetisi international setiap dua tahun dimulai sejak tahun 1996 disebut Piala Oseania.

[19] Untuk wilayah Afrika, kompetisi Piala Afrika mulai diadakan sejak 1957 di Khartoum. [20] Lihat pula • Aturan-Aturan Permainan sepak bola • Daftar istilah dalam sepak bola • Islam dalam sepak bola Organisasi Internasional • FIFA ( Dunia) • UEFA ( Eropa) • CONMEBOL ( Amerika Latin) • CONCACAF ( Amerika Utara) • AFC ( Asia) • CAF ( Afrika) • OFC ( Oseania) Jenis lainnya • Sepak bola wanita • Sepak bola ruangan ( indoor): five a side permulaan sepak bola biasanya disebut, futsal dan indoor soccer • Futsal • Sepak takraw Referensi • ^ a b c d e f g h i j "History of Football - The Origins".

FIFA. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-10-28. Diakses tanggal 29 March 2019. Parameter -url-status= yang tidak diketahui akan diabaikan ( bantuan) • ^ "Overview of Soccer".

Encyclopædia Britannica. Diakses tanggal 4 June 2008. • ^ Guttman, Allen (1993). "The Diffusion of Sports and the Problem of Cultural Imperialism". Dalam Eric Dunning, Joseph A.

Maguire, Robert E. Pearton. The Sports Process: A Comparative and Developmental Approach. Champaign: Human Kinetics. hlm. 129. ISBN 0-88011-624-2 .

permulaan sepak bola biasanya disebut

Diakses tanggal 26 January 2008. the game is complex enough not to be invented independently by many preliterate cultures and yet simple enough to become the world's most popular team sport Pemeliharaan CS1: Banyak nama: editors list ( link) • ^ Dunning, Eric (1999).

"The development of soccer as a world game". Sport Matters: Sociological Studies of Sport, Violence and Civilisation. London: Routledge. hlm. 103. ISBN 0-415-06413-9. Diakses tanggal 26 January 2008.

During the twentieth century, soccer emerged as the world's most popular team sport • ^ Mueller, Robert; Cantu; Van Camp, Steven (1996). "Team Sports". Catastrophic Injuries in High School and College Sports. Champaign: Human Kinetics. hlm. 57.

permulaan sepak bola biasanya disebut

ISBN 0-87322-674-7. Diakses tanggal 26 January 2008. Soccer is the most popular sport in the world and is an industry worth over US$400 billion world wide. 80% of this is generated in Europe, though its popularity is growing in the United States. It has been estimated that there were 22 million soccer players in the world in the early 1980s, and that number is increasing. In the United States soccer is now a major sport at both the high school and college levels Lebih dari satu parameter -first1= dan -first= yang digunakan ( bantuan) • ^ Sports-information.org Soccer.

Diakses pada 9 Agustus 2011. • ^ "2002 FIFA World Cup TV Coverage". FIFA. 5 December 2006. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2006-12-30. Diakses tanggal 6 January 2008. • ^ a b c d e Kesalahan pengutipan: Tag tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama test2 • ^ a b c d e f g h i j k Soccerwebsite.org Diarsipkan 2011-06-21 di Permulaan sepak bola biasanya disebut Machine.

Soccer Rules, dan untuk lapangan sepak bola nasional ( Indonesia ) yang digunakan memiliki panjang antara 90-110 meter dan lebar 58-70 meter. Diakses pada 9 Agustus 2011. • ^ a b c d e f [hhttp://www.soccerhelp.com/Soccer_Tips_Dictionary_Terms_C.shtml Soccerhelp.com] Diakses pada 9 Agustus 2011. • ^ a b c d e f g h i j About.com The Officials: An Explanation of Every Official's Function on the Field.

Joshua Robinson. Diakses pada 10 Agustus 2011. • ^ a b c d e f Soccerpositions.net Soccer Positions. Diakses pada 9 Agustus 2011. • ^ a b Soccer-training-guide.com The Soccer Formations Guide. Diakses pada 10 Agustus 2011. • ^ a b c Oleole.com FIFA World Cup™ History. Diakses pada 10 Agustus 2011.

permulaan sepak bola biasanya disebut

• ^ a b Napit.co.uk The Copa America. Diakses pada 10 Agustus 2011. • ^ CONCACAF.com Diarsipkan 2013-04-06 di Wayback Machine. What is CONCACAF? Diakses pada 10 Agustus 2011. • ^ AFC.com Diarsipkan 2012-11-14 di Wayback Machine. About AFC. Last modified 6 September 2007.

Diakses pada 10 Agustus 2011. • ^ About.com Diarsipkan 2011-10-13 di Wayback Machine. Ten Facts About The European Championship. Robert Wilde. Diakses pada 10 Agustus 2011. • ^ Napit.co.uk The OFC Nations Cup. Diakses pada 10 Agustus 2011. • ^ Napit.co.uk African Cup of Nations. Diakses pada 10 Agustus 2011.

Pranala luar Wikimedia Commons memiliki media mengenai Association football. Kategori tersembunyi: • Halaman dengan kesalahan referensi • Halaman dengan rujukan yang menggunakan parameter yang tidak didukung • Pemeliharaan CS1: Banyak nama: editors list • Halaman dengan rujukan yang memiliki parameter duplikat • Templat webarchive tautan wayback • Halaman Wikipedia yang dilindungi sebagian tanpa batas waktu • Pranala Commons dari Wikidata • Artikel Wikipedia dengan penanda GND • Artikel Wikipedia dengan penanda BNF • Artikel Wikipedia dengan penanda LCCN • Artikel Wikipedia dengan penanda NDL • Artikel Wikipedia dengan penanda FAST • Artikel Wikipedia dengan penanda HDS • Artikel Wikipedia dengan penanda NARA • Halaman ini terakhir diubah pada 20 Januari 2022, pukul 06.40.

• Teks tersedia di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa; ketentuan tambahan mungkin berlaku. Lihat Ketentuan Penggunaan untuk lebih jelasnya. • Kebijakan privasi • Tentang Wikipedia • Penyangkalan • Tampilan seluler • Pengembang • Statistik • Pernyataan kuki • •
KOMPAS.com - Kick-off atau sepak mula adalah bagian penting dalam sebuah pertandingan sepak bola.

Kick-off juga disebut dengan istilah tendangan pembuka atau sepak awal. Pada permulaan pertandingan, tendangan dimulai dari tengah lapangan oleh dua orang pemain yang disebut kick-off. Awalnya, kick-off harus dilakukan oleh dua pemain dari satu tim dan penendang pertama harus menendang bola ke arah depan atau ke arah wilayah permainan lawan.

Namun pada 2016, Badan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) merevisi aturan tersebut sehingga kini kick-off bisa dilakukan oleh satu orang pemain saja yang bisa menendang bola ke arah manapun dalam wilayah permainan. Baca juga: Sejarah Guard of Honour, Simbol Penghormatan untuk Sang Juara Adapun, dalam Laws of The Game IFAB, kick-off dilakukan untuk memulai babak pertandingan, babak perpanjangan ( extra time), dan awal permainan sepak bola setelah terjadi gol.

Alat yang digunakan untuk memulai kick-off adalah peluit. Meski terlihat sederhana, kick-off dalam sepak bola memiliki sejarah cukup panjang.

Sejarah Kick-off Inggris yang mengklaim diri sebagai penemu sepak bola modern memiliki peran penting dalam perkembangan aturan kick-off.

Sebelum 1863, sebuah pertandingan sepak bola diawali dengan lemparan di tengah lapangan yang dilakukan oleh seorang pejabat netral (wasit). Kick-off dengan cara melempar bola ke tanah di tengah lapangan juga tertuang dalam peraturan Surrey Football Club yang diterbitkan pada 1849.

Baca juga: Sejarah Ballon dOr, Simbol Pesepak Bola Terbaik Dunia Berita Terkait Mengapa Tekel Bisa Dianggap Seni dalam Sepak Bola? Mengapa Pemain Sepak Bola Memakai Sepatu yang Ada Pulnya? Mengapa Messi, Ronaldo, hingga Neymar Tidak Punya Bulu Kaki? Kenapa Liga Singapura, Filipina, dan Australia Tidak Ada Degradasi? Mengapa Jersey Utama Manchester City Berwarna Biru Langit? Berita Terkait Mengapa Tekel Bisa Dianggap Seni dalam Sepak Bola?

Mengapa Pemain Sepak Bola Memakai Sepatu yang Ada Pulnya? Mengapa Messi, Ronaldo, hingga Neymar Tidak Punya Bulu Kaki?

Kenapa Liga Singapura, Filipina, dan Australia Tidak Ada Degradasi? Mengapa Jersey Utama Manchester City Berwarna Biru Langit? Jelang Torino Vs AC Milan, Pioli Bawa Kabar Buruk soal Ibrahimovic https://bola.kompas.com/read/2021/05/12/18000098/jelang-torino-vs-ac-milan-pioli-bawa-kabar-buruk-soal-ibrahimovic https://asset.kompas.com/crops/3RnZMjv1j-vpxsyuj2vCnsiBvj8=/0x18:1024x701/195x98/data/photo/2021/01/27/6010a4cd9100d.jpg • HOME • NEWS • Politik dan Hukum • Ekonomi • Humaniora • Megapolitan • Nusantara • Internasional • Olahraga • VIEWS • Editorial • Podium • Opini • Kolom Pakar • Sketsa • FOTO • VIDEO • INFOGRAFIS • WEEKEND • SEPAK BOLA • SAJAK KOFE • OTOMOTIF • TEKNOLOGI • RAMADAN • LAINNYA • Live Streaming • Media Guru • Telecommunication Update SALAH satu olahraga terpopuler di dunia ialah sepak bola.

Siapa yang tidak tahu dengan olahraga yang satu ini? Sepak bola pun sudah dijadikan sebagai lomba ajang tingkat internasional dari level junior hingga senior. Meningkatnya penggemar dan pemain bola profesional pun tidak dapat dipungkiri mengangkat jenis olahraga sepak bola merupakan olah raga yang berkelas dan favorit semua kalangan. Tentunya, bagi para penonton maupun pemain harus mengetahui apa itu istilah-istilah yang ada dalam olahraga paling popular ini. Saat Anda menonton secara langsung langsung maupun di televisi akan bingung jika tidak mengerti apa itu istilah-istilah yang berada dalam permainan sepak bola dan tentunya syarat menjadi pemain juga harus mengetahui hal tersebut.

Baca juga: Hasenhuettl Yakin Efek Rangnick Bikin Setan Merah Tokcer Maka dari itu disini kita akan membahas apa saja istilah-istilah yang ada dalam permainan sepak bola. 1. Dribbling Dalam sepak bola, istilah ini digunakan untuk upaya menggiring bola atau membawa bola di antara kaki menuju ke arah gawang lawan ataupun menjauhkan dari jangkauan lawan.

Ada 2 cara dasar permulaan sepak bola biasanya disebut yaitu dengan menggunakan kaki bagian luar dan kaki bagian dalam.

Dribbling dengan menggunakan sisi kaki bagian dalam : Sentuhlah bola dengan sisi kaki bagian dalam dan posisikan kakimu secara tegak lurus terhadap bola.tendanglah pelan untuk mempertahankan kontrol bola dan pusatkan kekuatan tendangan pada bagian tengah bola sehingga memudahkan mengontrol bola. Dribbling dengan menggunakan sisi kaki bagian luar : Keterampilan mengontrol bola ini digunakan ketika pemain yang menguasai bola sedang berlari dan mendorong bola sehingga bisa mempertahankan bola dengan tersebut tetap berada disisi luar kaki.

2. Shooting Usaha seorang pemain untuk menembakan bola ke arah gawang lawan secara langsung baik dengan kaki, kepala, ataupun bagian tubuh lainnya. Teknik pertama yang harus dilatih pemain bola adalah teknik shooting yang dilakukan sisi kaki bagian luar. Teknik ini paling sering digunakan saat melepaskan tendangan mengarah gawang lawan. Keuntungan dari menguasai teknik shooting menggunakan kaki sisi luar ini bahwa kita juga bisa mengecoh penjaga gawang yg menjaga gawang tim lawan.bila hendak menghadang pergerakan kita.

3 Passing Teknik memindahkan momentum bola dari satu pemain ke pemain lainnya dalam pertandingan sepak bola. Para pemain yang telah ahli dalam menerapkan teknik ini biasanya bisa dengan mudah permulaan sepak bola biasanya disebut jalannya sebuah pertandingan atau biasa disebut menguasai ball position.

4. Tendangan Pinalti Metode menendang dalam pertandingan sepak bola, yang dilakukan dari titik pinalti berjarak 11 meter menuju gawang dimana posisi penendang pinalti berhadapan langsung dengan penjaga gawang lawan. Tendangan pinalti terjadi akibat adanya pelanggaran yang dilakukan pemain sepak bola terhadap lawannya di dalam kotak pinalti sehingga wasit memutuskan untuk memberi “hukuman” terhadap pemain dan tim tersebut.

5. Tendangan Sudut/ Sepak Pojok/ Corner Tendangan sudut atau sepak pojok atau dikenal dengan istilah Corner Kick adalah tendangan pada salah satu sudut lapangan dalam pertandingan, yang diberikan kepada tim lawan pada saat bola meninggalkan area permainan setelah terjadi kontak terakhir permulaan sepak bola biasanya disebut pemain lawan.

Permulaan sepak bola biasanya disebut sudut berhubungan dengan garis batas gawang dimana garis tersebut merupakan garis yang terletak di belakang gawang.

Bola yang dimainkan oleh pemain sepak bola keluar dari garis tersebut bisa disebabkan oleh tangkisan kiper. 6. Tendangan bebas/ Free kick Tendangan bebas/Free Kick adalah tendangan yang didapat saat salah satu anggota tim lawan melakukan pelanggaran diluar kotak pinalti. Tendangan bebas menjadi sebuah hadiah kesempatan untuk bisa mencetak gol.

Ada 4 jenis tendangan bebas, tendangan bebas jarak jauh, tendangan bebas jarak dekat, tendangan bebas langsung, dan tendangan bebas tidak langsung. Tendangan bebas jarak jauh dilakukan dengan jarak tembak yang cukup jauh dari tujuan tendangan. Tendangan ini biasa dilakukan untuk memberi operan bola kepada salah satu rekan satu tim yang berada cukup jauh dari si penendang.biasanya dilakukan dengan cara menendang bola secara melambung tinggi ke udara.

Cara melakukan tendangan bebas jarak jauh adalah dengan fokus pada titik tujuan tendangan, mundur beberapa langkah dari bola, lalu fokus pada bola, maju dengan cepat Kemudian tendang bola sekuat mungkin dengan ujung kaki agar bola melambung jauh.

permulaan sepak bola biasanya disebut

Sedangkan tendangan bebas jarak dekat dilakukan dari jarak yang cukup dekat. Hal ini dilakukan karena banyaknya pagar betis yang berada disekitar pemain, sehingga memaksanya untuk memberikan operan kepada teman terdekat atau melakukan tendangan langsung ke permulaan sepak bola biasanya disebut gawang. Jika memungkinkan cara melakukannya dengan fokus pada bola dan pergerakan tim lawan di depan, lalu tendang bola dengan kaki bagian dalam atau ujung kaki kearah teman terdekat dengan kekuatan tendangan yang sesuai agar bola tidak melambung jauh.

Untuk tendangan bebas langsung dilakukan dengan menendang langsung ke arah gawang tim lawan dengan harapan mencetak angka bagi tim. Tendangan bebas lansung ke dalam gawang ini diberikan oleh wasit karena salah satu pemain tim lawan melakukan pelanggaran seperti menarik baju, menendang dan menghalangi dengan menendang, menghalangi dengan sengaja, mendorong, memukul atau bentuk gangguan lainnya.

7. Diving Diving merupakan aksi menjatuhkan diri secara sengaja saat entah itu ada ataupun tidak ada kontak dengan pemain lawan. Aksi ini bertujuan untuk mengelabui wasit agar mendapatkan tendangan bebas ataupun tendangan pinalti. Selain itu aksi ini juga mampu memberikan sanksi bagi tim lawan berupa kartu merah karena dinilai melakukan kekerasan dalam pertandingan. Trik ini pernah populer pada final Piala Dunia 1990 saat tim panzer Jerman berhadapan dengan Agentina, lewat trik diving yang dilakukan oleh kapten timnas Jerman, Juergen Klinsmann di kotak pinalti yang pada akhir pentandingan membawa tim Jerman memenangkan pertandingan dengan skor tipis 1-0.

Kartu merah untuk Pedro Monzon,tendangan pinalnti yang dihadiahkan kepada tim Jerman di eksekusi dengan baik oleh Andreas Brehme atas usaha sang kapten ini menjadi salah satu catatan sejarah dalam dunia sepak bola karena kejadian ini muncullah julukan "Bapak Diving" yang ditujukan kepada Juergen Klinsmann.

Meskipun banyak pihak yang mendiskreditkan aksi diving, dalam dunia sepak bola pada akhirnya tak bisa lepas dari aksi tersebut saat ini. FiFA yang secara tegas memberikan ganjaran kartu kuning kepada pelaku diving pun tak membuat diving sirna dari sepak bola.

8. Offside Sebuah situasi yang terjadi jika seorang pemain diberikan bola ketika berada lebih dekat dengan garis gawang lawan dibandingkan posisi pemain lawan. 9. Kick Off Kick off sering digunakan untuk menandakan dimulainya suatu pertandingan sepak bola. Kick off merupakan tendangan pertama yang dimaknai secara simbolis jika pertandingan sudah dimulai.

Tendangan kick off dilakukan sebanyak dua kali, yaitu pada awal babak pertama dan awal bebak kedua. 10. Injury time Wasit memberikan injury time di setiap permulaan sepak bola biasanya disebut babak sebagai pengganti waktu yang terbuang jika terjadi pelanggaran atau bola keluar lapangan.

Istilah injury time berarti tambahan waktu di penghujung babak. 11. Half Time Istilah ini sering digunakan untuk menandakan adanya jeda sebelum memasuki babak kedua.

permulaan sepak bola biasanya disebut

Biasanya half time berlangsung selama 15 menit dan dimanfaatkan untuk istirahat bagi para pemain. 12. Throw In Thrown in merupakan upaya salah satu pemain untuk melempar bola kembali ke dalam lapangan. Hal tersebut dilakukan ketika bola melewati garis samping lapangan, sehingga untuk melanjutkan permainan harus dilakukan lemparan ke dalam. 13. Substitution Substitution atau disebut juga dengan pergantian pemain.

permulaan sepak bola biasanya disebut

Dalam pertandingan resmi, jumlah pergantian pemain biasanya dibatasi hingga 3 kali untuk masing-masing tim. (OL-1)
Teknik dasar sepak bola dan penjelasannya secara lengkap. Wajib diketahui bagi pemula yang baru belajar agar memahami permainan. Tidak perlu diragukan bahwa sepak bola merupakan salah satu olahraga yang paling digemari di dunia, bahkan bisa dibilang terpopuler di Indonesia.

Hampir di setiap negara memiliki liga mereka masing-masing. Namun, negara-negara di Eropa telah menjadi kerajaan bagi bola tendang, di mana setiap pemain sepak bola ingin bermain di sana.

Bahkan tim-tim besar Eropa seperti Barcelona, Manchester United, Juventus dan tim besar lainnya memiliki fan based yang masif. Kini, permainan sepak bola telah membudaya di masyarakat. Hal ini dapat dilihat fanatisme pendukung terhadap tim yang mereka kagumi, serta euforia yang sudah terbentuk seperti mengharuskan seseorang untuk bisa bermain bola.

Baca Juga: Teknik Dasar Bola Basket dan Penjelasannya Teknik Dasar Sepak Bola dan Penjelasannya Nah bagi yang ingin belajar, berikut ini informasi lengkap mengenai teknik dasar olahraga sepak bola, serta penjelasan cara melakukannya dengan baik dan benar: 1. Teknik Menggiring Bola (Dribbling) Sumber Gambar: Unsplash Ini merupakan teknik dasar yang wajib kamu kuasai sebelum menguasai teknik lainnya. Teknik menggiring bola atau dribbling dilakukan dengan cara membawa bola menggunakan kakimu sekaligus mengontrol lajunya bola.

Ada beberapa macam tekik dribbling, yaitu: a) Speed Dribbling dan Closed Dribbling, dalam dribbling dikenal teknik speed dribbling di mana kamu berlari, membuang bola ke depan, dan mengejarnya. Selain itu, ada pula closed dribbling. Teknik ini dilakukan dengan cara menggiring dan mengontrol bola dengan saksama, dan dapat dilakukan ketika kamu sedang dihimpit oleh pemain dari tim lawan.

Selain itu, terdapat tiga teknik dasar dalam menggiring bola, yaitu menggiring dengan punggung kaki, kaki bagian dalam, dan kaki bagian luar. b) Menggiring dengan Punggung Kaki, teknik menggiring dengan punggung kaki dilakukan dengan tahapan: Pandangan mata lurus ke depan; Taruh bagian dengan kakimu di ujung bola; Dorong bola dengan punggung kaki kamu; Lakukan beberapa kali, kemudian hentikan dengan telapak kaki.

c) Menggiring dengan Kaki Bagian Dalam, menggiring dengan kaki bagaian dalam, teknik ini dilakukan dengan cara: Pandangan lurus ke depan; Putar pergelangan kaki ke luar; Kemudian mulai dorong bola dengan kaki bagian luar; Lakukan beberapa kali, lalu hentikan bola dengan telapak kakimu.

d) Menggiring dengan Kaki Bagian Luar, menggiring dengan kaki bagian luar, cara melakukannya tidak jauh beda dengan menggiring dengan kaki bagian dalam. Lakukan step yang sama dengan teknik menggiring bola dengan kaki bagian dalam. Tapi, kamu perlu memutar pergelangan kaki kamu ke dalam, dan dorong lah bolanya. 2. Teknik Menendang Bola (Shooting) Sumber Gambar: Pexels Teknik selanjutnya yang kamu perlu kuasai adalah teknik menendang.

Teknik ini berguna untuk membobol gawang lawan dan juga untuk melakukan teknik passing yang akan dibahas setelah ini.

Kamu bisa menggunakan tiga teknik tendangan, yaitu dengan menggunakan kaki bagian luar, bagian dalam, dan punggung kaki. Ketiga teknik tendangan ini dapat kamu lakukan dengan cara fokuskan pandangan pada sisi gawang mana yang jadi target, posisikan badan, taruh satu kaki kiri/kanan pada samping bola. Kemudian ayunkan kaki yang dijadikan untuk menendang dengan memfokuskan tenaga pada bagian atas telapak kaki dan pandangan ke arah yang ditargetkan. 3. Teknik Mengoper Bola (Passing) Sumber Gambar: Unsplash Teknik ini akan lebih berguna dibandingkan teknik dribbling yang hanya mengandalkan kemampuan individu.

Kamu tidak sendiri dalam bermain bola, kamu memiliki 10 teman di lapangan (selain kiper) yang siap untuk membantu satu sama lain. Passing akan sangat efektif untuk menembus pertahanan lawan. Teknik ini dapat dilakukan dengan cara passing pendek, panjang atau through pass, dan jauh, yang lebih dikenal dengan sebutan umpan lambung.

Teknik ini dilakukan dengan cara posisikan badan menghadap bola, fokus pada pemain yang akan kamu oper, kemudian tarik dan ayunkan kaki yang akan menendang bola menuju pemain tersebut, dan sesuaikan power kaki kamu sesuai jarak pemain yang akan dioper. 4. Teknik Menghentikan Bola Sumber Gambar: Unsplash Setelah mempelajari tiga teknik dasar di atas, kamu juga perlu tahu cara menghentikan bola yang dioper padamu.

Kamu bisa menghentikan laju bola menggunakan kaki, dada, dan paha. Untuk menghentikan bola dengan kaki, kamu bisa menggunakan kaki bagain luar, dalam, telapak, dan punggung: permulaan sepak bola biasanya disebut Menghentikan Bola dengan Kaki, caranya adalah dengan memfokuskan pandangan pada bola yang mengarah ke kamu, kemudian hentikan dengan bagian-bagian kaki tergantung arah datangnya bola.

Setelah bola datang, pastikan kamu menjaganya dari gangguan musuh. b) Menghentikan Bola dengan Dada, kemudian untuk menghentikan dengan dada, lakukan dengan fokuskan pandangan pada bola yang menuju ke arahmu, maju atau mundurkan badan, lebarkan kedua tangan dan dada, lalu tahan bola.

c) Menghentikan Bola dengan Paha, cara menghentikan dengan paha, kamu perlu melakukan sama seperti cara menghentikan bola lainnya. Namun ketika bola datang, angkat satu kakimu, dan ketika menahan bola dengan paha. Perlu sedikit digerakkan agar bola dapat jatuh sempurna di depanmu. 5. Teknik Menyundul Bola (Heading) Sumber: CNN Teknik ini akan kamu gunakan ketika kamu tidak bisa menggapai bola yang terlalu tinggi, dan pastinya untuk membobol gawang lawan, dan juga passing.

Untuk melakukan teknik ini, kamu perlu mengatur posisi badan dan waktu yang tepat untuk lompat menyambut bola. Kemudian gunakan lah dahimu untuk menyundul, bukan bagian ubun-ubun. Agar kamu bisa mengarahkan bola sesuai keinginan dan bola akan meluncur dengan terarah dan bertenaga.

Baca Juga: Teknik Dasar Bola Voli dan Penjelasannya 6. Teknik Merebut Bola (Intercepting) Sumber Gambar: Pexels Teknik dasar ini juga bisa disebut dengan intercepting. Teknik ini akan kamu gunakan ketika ingin merebut bola dari kaki lawan.

Untuk melakukan itu, kamu perlu membaca pergerakan permulaan sepak bola biasanya disebut. Atau kamu juga bisa menghentikan laju umpan musuh. Teknik ini sangat penting untuk bertahan dari serangan lawan, namun hati-hati, rebut lah bolanya, bukan kakinya. Bisa-bisa kamu kena kartu kuning, bahkan merah. Maka dari itu kamu perlu pintar dalam membaca pergerakan lawan.

7. Teknik Menyapu Bola Sumber Gambar: Canva Teknik berikut ini juga merupakan teknik untuk bertahan dari serangan lawan. Namun, kamu perlu berhati-hati dalam melakukan teknik ini karena berisiko besar. Kamu bisa saja menciderai lawan dan mendapatkan kartu peringatan. Dalam melakukan teknik ini, kamu perlu timing yang tepat agar permulaan sepak bola biasanya disebut berhasil direbut.

Untuk melakukannya, kamu perlu sesuaikan kecepatanmu dengan musuh, kemudian jatuhkan badan sembari luruskan satu kaki yang berguna untuk menahan laju bolanya.

8. Teknik Lemparan ke Dalam Sumber Gambar: Unsplash Teknik ini akan kamu gunakna ketika di tengah pertandingan terjadi out atau bola keluar dari sisi kiri dan kanan lapangan. Untuk melakukan teknik ini, kamu perlu melempar bola dengan kedua tangan, dan posisikan kedua tangan dibelakang kepala.

Dalam melakukan leparan ke dalam, kamu juga bisa menjinjitkan kakimu agar lemparan lebih bertenaga dan teman satu tim bisa permulaan sepak bola biasanya disebut bola tersebut. 9. Teknik Menangkap Bola (Goalkeeping) Sumber Gambar: Pexels Teknik menangkap bola ini khusus diperuntukan bagi kamu yang ingin bermain di posisi kiper alias penjaga gawang. Teknik yang biasa disebut goal keeping ini merupakan teknik penting bagi mereka sebagai pertahanan terakhir tim.

Kamu perlu melatih refleks menangkap bola ke kiri dan kanan, selain itu kamu juga perlu menguasai teknik menendang dengan power yang kuat. 10. Teknik Juggling Bola Sumber Gambar: Unsplash Teknik dasar sepak bola yang terakhir adalah teknik juggling bola. Teknik ini dapat kamu lakukan untuk menunjukan kelihaian kamu dalam bermain bola. Teknik ini juga bisa melatih untuk mengontrol bola, bahkan mempermainkan dan menipu musuh di lapangan. Yang perlu kamu lakukan untuk melakukan teknik ini adalah, pertama fokuskan pandangan ke arah bola, lalu tarik bola menggunakan telapak menuju ujung kaki.

Ketika bola sudah menyentuh ujung kaki, angkat kaki sehingga bola juga ikut terangkat.

permulaan sepak bola biasanya disebut

Tetap fokus, dan usahakan bola tidak jatuh ke tanah. Baca Juga: Teknik Dasar Pencak Silat dan Penjelasannya Itulah teknik dasar sepak bola yang perlu kamu latih hingga mahir bermain bola. Tentunya jangan pernah lupakan teknik dasar. Karena hal ini lah yang akan terus terpakai ketika kamu bermain bola, selain itu juga merupakan pondasi bagi kamu agar menjadi pemain sepak bola yang hebat.

permulaan sepak bola biasanya disebut

Untuk menunjang perkembangan keahlianmu dalam bermain sepak bola, yuk temukan sepatu bola hingga jersey sepak bola klub favorit dengan harga termurah hanya di Tokopedia!
Istilah dalam sepak bola – Bagi para pecinta olahraga sepak bola, berbagai istilah di dalamnya mungkin tidak asing lagi.

Tetapi bagi mereka yang jarang nonton, apalagi kurang menyukai olahraga ini mungkin akan lebih baik bila terlebih dahulu memahami berbagai istilah yang ada di dalamnya.

Sebelum memutuskan untuk permulaan sepak bola biasanya disebut jatuh hati dengan sepak bola. Daftar isi • Istilah-istilah dalam Sepak Bola • Istilah Posisi Pemain Sepak bola • Istilah Tendangan • Istilah Pelanggaran dalam Sepak bola • Istilah Teknis • Istilah Waktu • Istilah Lain Istilah-istilah dalam Sepak Bola Tanpa bicara panjang lebar lagi, berikut istilah istilah dalam sepakbola yang sebaiknya kamu tahu biar nyambung kalau diajak bicara soal bola.

Istilah dalam sepak bola Istilah Posisi Pemain Sepak bola • Striker (Penyerang) adalah pemain depan yang memiliki tugas utama mencetak gol. • Bek adalah pemain belakang yang memiliki tugas utama menjaga daerah pertahanan. • Midfielder (Gelandang) adalah pemain tengah. Ia memiliki tugas utama menyeimbangkan permainan. Pemain ini memiliki tugas membantu mencetak gol sekaligus mengamankan daerah pertahanan.

Gelandang menyambung bola dari bek ke penyerang. • Gelandang bertahan adalah pemain yang berposisi di tengah sebagai penyeimbang sekaligus membantu pertahanan. Sebisanya gelandang bertahan berebut bola sebelum sampai ke bek. • Gelandang serang adalah pemain sepak bola yang berposisi sebagai penyeimbang dan membantu serangan. • Kiper adalah pemain sepak bola yang bertugas menjaga gawang.

Satu-satunya pemain yang bola memegang bola dalam keadaan aktif adalah kiper. Tetapi hanya boleh dilakukan di dalam kotak pinalti. Istilah Tendangan Istilah dalam sepak bola • Tendangan gawang adalah tendangan yang diberikan kepada pemain setelah bola melewati garis gawang yang dilakukan oleh pemain penyerang lawan. • Throw in atau lemparan ke dalam adalah lemparan yang diberikan kepada pemain setelah bola keluar atau melewati garis di sebelah kanan atau kiri lapangan.

• Back Heel adalah salah satu trik dalam menendang bola yang dilakukan dengan menggunakan tumit kaki. Biasanya digunakan untuk mengelabuhi lawan. Salah satu pemain yang kerap menggunakan teknik tingkat tinggi ini adalah Cristiano Ronaldo. Ia bahkan tercatat beberapa kali menggunakan tris Back Heel untuk menceploskan gol ke gawang lawan. • Tendangan First Time adalah tendangan yang dilakukan pemain langsung mengarah ke gawang setelah menerima umpan atau setelah mendapatkan bola muntah.

• Tendangan Gawang adalah tendangan yang dilakukan akibat bola keluar melewati garis gawang setelah mengenai kaki pemain lawan. • Tendangan Penalti atau Penalty adalah tendangan yang dilakukan di titik pinalti. Titik pinalti berjarak 11 meter dari gawang. Pinalti didapatkan pemain penyerang setelah ia dilanggar oleh pamain lawan dikotak pinalti pemain lawan. • Tendangan Sudut atau biasa disebut pula dengan Corner Kick adalah tendangan yang didapatkan pemain setelah bola melewati garis gawang akibat menyentuh pemain bertahan.

Tendangan sudut dilakukan di sudut yang berada di pojok gawang pemain bertahan. • Tendangan Voli adalah tendangan ke arah gawang yang dilakukan pemain penyerang untuk mencetak gol setelah menerima umpan lambung tanpa menyentuh tanah terlebih dahulu. • Back Pass adalah umpan yang ditujukan ke penjaga gawang sebagai bagian dari upaya mengamankan wilayah pertahanan. Back pass biasanya juga digunakan untuk mengatur alur serangan. • Ball Possesion adalah penguasaan bola yang ditujukan oleh sebuah tim atau berapa lama waktu bola dikuasai oleh sebuah tim dalam pertandingan.

Salah satu tim yang terkenal dengan ball possesion bagus adalah Barcelona. • Bicycle Kick atau tendangan salto adalah tendangan akrobatik yang di arahkan ke gawang lawan demi mencetak gol. Dalam dunia fantasi, pemilik tendangan salto paling terkenal adalah Tsubasa Uzora.

Sedang di dunia nyata, contoh bicycle kick paling terkenal adalah yang dilakukan Cristiano Ronaldo ke gawang Juventus beberapa tahun silam. • Clearing adalah istilah dalam sepak bola yang digunakan untuk mewakili proses menghalau bola di daerah pertahanan sendiri. Jadi yang umunnya melakukan clearing adalah pemain bertahan.

• Intercept adalah istilah dalam sepakbola terkait dengan cara untuk memotong umpan lawan. • Nutmeg adalah operan bola yang dilakukan dengan cara melewati kedua belah kaki dari lawan. • Free Kick adalah tendangan bebas yang didapat pemain setelah pemain dilanggar atau pemain melakukan handsball. Salah satu pemain dengan free kick terbaik adalah Zidan, Ronaldo, atau Lionel Messi. • Pedalada adalah salah satu istilah dalam sepak bola yang mewakili menggerakkan kaki menari nari di atas bola.

• Pressing adalah salah satu taktik yang digunakan oleh pemain atau tim untuk menekan penguasaan bola dari lawan. • Juggling adalah teknik mengangkat bola berkali-kali. • Passing adalah teknik dalam sepak bola untuk memberikan atau mengumpan bola ke pemain lain setim.

Istilah Pelanggaran dalam Sepak bola Istilah dalam sepak bola • Foul adalah istilah dalam sepakbola berkaitan dengan pelanggaran yang dilakukan pemain baik itu sengaja ataupun tidak.

• Handsball adalah pemain selain kiper permulaan sepak bola biasanya disebut bola dengan tangan secara aktif. • Offside adalah jebakan yang digunakan untuk pemain lawan. Offside akan terjadi bila ada pemain lawan yang berada berada pada posisi lebih dekat ke gawang lawan dibanding dengan pemain lawan dan sebelum bola diumpan oleh rekannya. Jebakan offside cukup ampuh digunakan untuk mematikan penyerang tim lawan. • Kartu permulaan sepak bola biasanya disebut adalah kartu tanda peringatan yang diberikan wasit kepada pemain karena melakukan pelanggaran baik sengaja atau tidak sengaja dengan kadar yang tidak terlalu berat.

• Kartu merah adalah kartu tanda peringatan yang diberikan wasit kepada pemain karena melakukan pelanggaran fatal atau telah mendapatkan kartu kuning sebanyak dua kali. Istilah Teknis • Counter Attack adalah Permulaan sepak bola biasanya disebut balik.

permulaan sepak bola biasanya disebut

Biasanya dilakukan setelah tim dalam keadaan tertekan kemudian mendapatkan bola. Maka dengan cepat bola dibawa ke arah gawang lawan, sedang pemain lawan masih kedodoran. • Permulaan sepak bola biasanya disebut adalah salah satu trik pemain yang dilakukan dengan cara sengaja menjatuhkan diri. Pemain seolah-olah dilanggar oleh pemain lawan padahal pada kenyataannya tidak demikian.

Jika berhasil mengkelabuhi wasit, pemain bisa saja mendapatkan pinalti. Tetapi jika wasih melihatnya sebagai Diving, pemain bisa saja mendapatkan kartu kuning hingga merah.

• Dribbling adalah teknik menggiring bola. Kemampuan pemain hebat biasanya diukur dari seberapa bagus dribblingnya. Saat ini, pemain dengan dribbling terbaik mungkin adalah Lionel Messi. • Parkir Bus adalah strategi menumpuk pemain diarea bertahan. Biasanya hanya ada satu pemain depan yang disisakan di area pertahanan lawan.

Taktik bermain bola parkir bus sangat terkenal ketika Liga Champions yang mempertemukan Inter Milan Vs Barcelona. Kala itu pelatih Inter, Jose Morinho menggunakan taktir Parkir Bus demi mengalahkan Barca. • Home adalah bermain di kandang sendiri • Away adalah bermain dikandang lawan. Home dan away biasanya saling berkaitan. Bila ada home, pasti ada away. Kecuali pertandingan yang hanya digelar satu kali pertandingan saja. • Assist adalah umpan yang diberikan kepada pamain untuk mencetak gol.

Umpan akan dianggap sebagai Assist bila bola dari pengumpan langsung ditendang dan berbuah gol. • Sombrero adalah teknik yang digunakan untuk mengecoh lawan dengan cara mencungkil bola melewati kepala lawan, setelah itu pemain berlari mengejar bola tersebut.

• Chip ball adalah mencungkil bola baik bertujuan untuk dioper atau menciptakan goal menggunakan ujung kaki. Pemain seperti Lionel Messi kerap melakukan Chip ball untuk membobol gawang lawanya. Istilah Waktu • Injury Time adalah waktu tambahan yang diberikan wasit setelah babak normal selesai. • ET (Extra Time) adalah babak tambahan yang diberikan wasit apabila selama babak normal pertandingan kedua tim bermain imbang.

Maka akan diberikan babak tambahan yang disebut extra time. Extra time diberikan selama 2×15 menit dalam dua babak. • FT (Full Time) adalah waktu pertandingan sampai dengan habis. Full time dalam sepak bola adalah 90 menit. • HT (Half Time) adalah pertangahan atau setengah pertandingan atau waktu jeda/istirahat. HT dalam sepak bola selama 1 x 45 menit. • Adu Penalti adalah tendangan pinalti yang terjadi setelah berakhirnya pertandingan dan babak ekstra tim dengan skor seimbang. Adu pinalti akan dilakukan oleh 5 penendang dari masing-masing tim Istilah Lain Istilah dalam sepak bola • Scudetto adalah gelar juara yang diberikan untuk klub di Serie A yang berhasil memenangkan liga Italia.

Sejauh ini hingga 2019, Juventus berhasil meraih Scudetto sebanyak delapan kali secara beruntun. • Pertandingan Derby adalah pertandingan yang mempertemukan dua klub yang berada dalam satu kota.

Misalnya pertandingan antara Arema Malang dengan Persebaya Surabaya yang dikenal dengan Derby Jatim. Atau antara Arsenal Vs Everton yang dikenal dengan Derby London.

Bisa juga Atletico Madrid Vs Real Madrid yang dikenal dengan derby Madrid dan masih banyak lagi. permulaan sepak bola biasanya disebut Suicide Goal atau lebih dikenal dengan Own Goal (OG) adalah gol yang diciptakan oleh pemain ke gawang sendiri.

Biasa disebut pula dengan gol bunuh diri. Contohnya pertandingan perempat final liga eropa yang mempertemukan Chelsea Vs Slavia Praha. Saat itu, pemain Slavia Praha S. Deli mencetak gol ke gawangnya sendiri pada menit ke-9. • Top Scorer adalah pemain dengan jumlah gol terbanyak dalam satu kompetisi atau liga. Misalnya Lionel Messi top scorer La Liga. Bisa juga untuk pemain yang paling banyak mencetak gol dalam satu klub, biasanya disebut top score klub. • Total Football adalah salah satu sistem permainan yang identik dengan timnas sepakbola Belanda • Fair Play adalah semboyan yang harus ditekankan dalam permainan sepakbola.

Setiap pemain juga harus bermain secara Fair Play. Fair Play bahkan menjadi aturan yang diberlakukan oleh FIFA (Federasi Sepakbola Dunia) • Heading adalah menyundul bola menggunakan kepala. Ada banyak teknik yang bisa digunakan saat melakukan heading.

permulaan sepak bola biasanya disebut

Pemain yang terkenal memiliki heading dengan lompatan sangat tinggi adalah Ronaldo. Contoh heading fenomenal adalah yang dilakukan Robin Van Persie.

• Agregat adalah jumlah antar dua tim yang telah bermain dengan sistem kandang dan tandang. Contoh pertandingan permulaan sepak bola biasanya disebut menggunakan sistem agregat adalah Liga Champions fase gugur. • Blunder adalah istilah yang digunakan untuk mewakili kedalahan yang dilakukan oleh pemain.

Bisanya blunder dilakukan oleh pemain belakang atau kiper sehingga berujung terciptanya gol oleh pemain lawan. • Kickoff adalah awalan yang menandai dimulainya sebuah pertandingan sepak bola. • Hattrick adalah istilah dalam sepak bola yang diberikan kepada pemain setelah mencetak tiga gol dalam satu pertandingan. • Quattrick adalah istilah dalam sepak bola yang diberikan kepada pemain setelah mencetak empat gol dalam satu pertandingan • Boxing Day adalah istilah pertandingan yang digelar satu hari setelah natal (25 Desember).

Istilah ini sangat kental dengan kompetisi liga Inggris, sebab disaat liga-liga top eropa masih libur, tim-tim liga inggris justru tetap menggelar pertandingan. • El pichichi adalah istilah dalam pertandingan sepakbola yang digunakan untuk menyebut pemain topskor di Liga Spanyol.

• Trequartista adalah istilah dalam sepak bola yang berasal dari bahasa Italia untuk penyerang lubang • Espulso adalah istilah kartu merah dalam bahasa Italia. • Capocanonieri adalah istilah untuk pencetak gol terbanyak di Serie A liga Italia.

• Starting eleven adalah sebutan untuk sebelas pemain yang dimainkan sejak menit pertama. • Treble winner adalah istilah untuk klub yang berhasil memenangkan tiga kompetisi atau kejuaraan yang berbeda dalam satu musim kompetisi.

• Degradasi adalah turun kasta yang terjadi pada tim terendah di liga utama. • Clean sheets adalah catatan untuk penjaga gawang yang tidak kemasukan bola dalam satu atau beberapa pertandingan.

• Head To Head adalah pertandingan yang mempertemukan kedua klub/negara • Jersey adalah seragam atau kustum yang digunakan oleh tim sepakbola. • Ballon d’Or adalah penghargaan yang diberikan kepada pemain terbaik versi France Football dalam satu kalender musim pertandingan.

• Frindly Match adalah pertandingan resmi yang mempertemukan antar negara atau tim. • Big Match adalah pertandingan sepak bola yang mempertemuka dua tim besar. Misalnya pertendingan antara Barcelona vs Manchester United, Spanyol Vs Jerman dan seterusnya.

Memahami berbagai istilah istilah dalam sepak bola di atas akan membuat kamu bisa menikmati jalanya pertandingan dengan baik. Selamat menonton bola. ARTIKEL LAINNYA • Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional & Internasional • Pengertian Handsball & Macam-Macam Handsball • Pengertian dan Macam-macam Tendangan Bebas dalam Permainan Olahraga Sepak Bola • Pengertian Tendangan Penalti • Teknik Cara Menyundul Bola atau Heading Dalam Sepakbola Lengkap • Materi Permainan Sepak Bola Lengkap • 50 Stadion Terbesar di Dunia Versi FIFA • Ukuran Gawang Sepak BolaDalam sebuah permainan atau bahkan pertandingan resmi sepakbola, permulaan permainan, yang merupakan bagian penting dan integral dalam setiap olahraga, termasuk sepakbola, seringkali disebut sebagai kick off.

Penjelasan: Pada sepakbola, tendangan kick off adalah sebuah tendangan yang mengawali sebuah pertandingan dimana bola ditempatkan ditengah lapangan dan satu tim mengawalinya dengan mengoper bola ke rekannya usai wasit meniupkan peluit panjang sebanyak satu kali.

Tim yang memulai tendangan kick-off lebih dahulu biasanya ditentukan dari undian lewat pelemparan koin yang dilakukan oleh wasit. Asal muasal tendangan kick off sendiri diawali dari peresmian peraturan resmi sepakbola di tahun 1863 oleh FAasosiasi sepakbola Inggris dan yang tertua didunia.

Sebelum tahun 1863, sepakbola dimulai layaknya bola basket dimana wasit atau pihak yang netral melempar bola ke atas di titik tengah lapangan dan diperebutkan oleh pemain kedua tim. Pelajari lebih jauh: Tendangan kick-off brainly.co.id/tugas/3260651 Detail Jawaban: Kelas: SMP Mapel: Penjaskes Kategori: football Kode: 9.22.1 Kata kunci: kick off, sepakbola
Awal dan pelanjutan ulang permainan ( Start and Restart of Play) adalah sebuah aturan yang diterapkan dalam sepak bola untuk memulai dan melanjutkan kembali pertandingan setelah terjadi gol, istirahat babak pertama, istirahat extra-time atau terjadi insiden.

Peraturan ini tercantum dalam hukum ke-8 LOTG dan diawasi oleh badan internasional IFAB. [1] Lemparan bola permulaan sepak bola biasanya disebut wasit secara vertikal di antara dua pemain Cara paling umum yang dijadikan penanda awal pertandingan sepak bola adalah sepak mula ( kick-off) di titik tengah lapangan sesudah dua kapten dan wasit utama menentukan tim pertama yang memulai pertandingan melalui sebuah undian koin.

Sebelum pertandingan dimulai, kedua tim wajib berada pada sisi separuh lapangan masing-masing. Tanda pertandingan secara sah dimulai adalah tiupan panjang peluit dari wasit. Apabila saat permainan berlangsung terjadi insiden (pemain terkapar, kericuhan penonton atau hal lain) yang mengakibatkan penghentian pertandingan untuk sementara, maka wasit melanjutkan kembali pertandingan dengan melempar bola secara vertikal di antara dua pemain dari kedua tim yang bertanding.

Sebagai bentuk sportivitas, pemain dapat menendang bola keluar lapangan pertandingan ketika terjadi insiden tanpa harus menunggu aba-aba atau penghentian secara mendesak oleh wasit. [2] [3] Lihat pula [ sunting - sunting sumber ] • Laws of the Game Referensi [ sunting - sunting sumber ] • ^ "Amendemen FIFA" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2012-11-07. Diakses tanggal 2016-01-02. • ^ "Let's kick the uncontested drop ball into touch". • ^ "Laws of the Game" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2014-07-09.

Diakses tanggal 2016-01-02. Pranala luar [ sunting - sunting sumber ] • Panduan sepak bola Diarsipkan 2015-09-24 di Wayback Machine.

hal. 31-33 • Halaman ini terakhir diubah pada 18 November 2021, pukul 03.23. • Teks tersedia di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa; ketentuan tambahan mungkin berlaku. Lihat Ketentuan Penggunaan untuk permulaan sepak bola biasanya disebut jelasnya. • Kebijakan privasi • Tentang Wikipedia • Penyangkalan • Tampilan seluler • Pengembang • Statistik • Pernyataan kuki • •

gol paling gila yg sudah dibuat




2022 www.videocon.com