Syarat naik pesawat 2022

syarat naik pesawat 2022

Hingga protokol perjalanan domestik mudik lebaran 2022. Berikut rincian protokol kesehatan PPDN tahun 2022 yang tersedia dalam artikel ini. Aturan baru tersebut mulai berlaku untuk penumpang pesawat sejak 2 April 2022.

Informasi selengkapnya ada dalam artikel ini. Baca juga: INFO Aturan Penerbangan Domestik, Prokes dan Syarat Naik Pesawat Terbaru: Tak Perlu PCR atau Antigen Ya, pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) atau penumpang pesawat wajib memperhatikan aturan baru yang menggantikan Surat Edaran Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Nomor 11 Tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) sebelumnya.

Nah, penumpang pesawat yang telah divaksin booster tak perlu tes PCR atau antigen.

syarat naik pesawat 2022

TRIBUNPEKANBARU.COM - Terdapat persyaratan naik pesawat terbaru untuk mudik Lebaran 2022. Hal tersebut sesuai dengan Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor 48 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perlanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara Pada Syarat naik pesawat 2022 Pandemi. Dalam aturan tersebut dijelaskan, anak-anak usia 6-17 tahun tidak diwajibkan untuk tes antigen. Sementara itu, Syarat naik pesawat 2022 tersebut melengkapi aturan sebelumnya yaitu SE Menteri Perhubungan No.

36 Tahun 2022 Adapun aturan tersebut berlaku mulai 19 April 2022. Syarat Terbaru Mudik Lebaran Naik Pesawat 2022: Merujuk dari kedua Surat Edaran tersebut, berikut syarat terbaru mudik lebaran naik pesawat 2022: 1.

Bagi yang telah mendapatkan vaksinasi dosis ketiga (booster) tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes RT- PCR atau rapid test antigen; 2. Bagi yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua wajib menunjukkan hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1 x 24 jam atau hasil negatif tes RT- PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan;
• Mulai 19 April 2022 hingga seterusnya (termasuk saat periode mudik Lebaran 2022), berdasarkan SE Satgas COVID-19 No 16 Tahun 2022, Adendum SE Satgas COVID-19 No 16 Tahun 2022, dan SE Kemenhub No 36 Tahun 2022, aturan penerbangan domestik Indonesia selama penerapan PPKM Level 1-3 Jawa-Bali dan luar Jawa-Bali: • Traveler yang telah tervaksinasi 3 dosis (booster), tidak wajib melampirkan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid antigen saat melakukan perjalanan.

• Traveler yang telah tervaksinasi 2 dosis, wajib melampirkan hasil tes COVID-19 dari tes Rapid Antigen yang sampelnya diambil maksimal 1x24 jam sebelum penerbangan atau tes PCR yang sampelnya diambil maksimal 3x24 jam sebelum penerbangan.

Khusus traveler yang berusia 6-17 tahun, tidak perlu melampirkan hasil tes Rapid Antigen maupun PCR, jika telah tervaksinasi 2 dosis dan dibuktikan dengan menunjukkan kartu/sertifikat vaksin dosis ke-2. • Traveler yang baru tervaksinasi 1 dosis, wajib melampirkan hasil tes PCR yang sampelnya diambil maksimal 3x24 jam sebelum penerbangan.

• Traveler yang tidak/belum divaksin dengan alasan medis, baik kondisi kesehatan tertentu maupun komorbid, wajib menyertakan surat keterangan dokter spesialis dari rumah sakit pemerintah (serta wajib melampirkan hasil negatif tes PCR dengan sampel diambil maksimal 3x24 jam sebelum penerbangan).

syarat naik pesawat 2022

• Anak-anak di bawah usia 6 tahun diperbolehkan naik pesawat, serta dikecualikan dari ketentuan syarat vaksinasi dan tidak wajib menunjukkan hasil tes Rapid Antigen maupun PCR saat melakukan perjalanan, namun wajib didampingi orang tua atau pendamping perjalanan yang telah memenuhi ketentuan vaksinasi dan syarat tes COVID-19, serta menerapkan protokol kesehatan ketat. • Syarat penerbangan di laman ini diperbarui berdasarkan aturan bepergian dari/menuju destinasi sesuai kondisi level PPKM pada destinasi tersebut.

syarat naik pesawat 2022

Cek syarat penerbangan terbaru dengan mengisi destinasi pada kolom di atas. • Berbagai negara telah membuka kembali perbatasannya bagi turis internasional.

Mohon pastikan Anda telah memenuhi syarat penerbangan di negara asal dan negara tujuan saat bepergian internasional. • Pastikan Anda telah membaca dan memenuhi seluruh syarat penerbangan agar diperbolehkan terbang. Ketahui pula pertanyaan paling sering diajukan mengenai syarat terbang beserta jawabannya di halaman FAQ berikut ini. • Laman ini syarat naik pesawat 2022 diperbarui dan kami akan terus memantau perkembangan kondisi dan memperbarui laman ini jika ada peraturan terbaru.

Mohon pantau terus laman ini untuk mendapatkan info terkini. Ingin mengetahui syarat penerbangan terbaru untuk bepergian atau sekadar penasaran dengan peraturan penerbangan saat ini? Temukan saja segala persyaratan naik pesawat terbaru dan terlengkap di Safe Travel Page Traveloka.

syarat naik pesawat 2022

Traveloka sebagai lifestyle superapp terkemuka di Asia Tenggara senantiasa berupaya memberi kemudahan informasi bagi para penggunanya. Melalui Safe Travel Page ini, Anda bisa mendapatkan panduan termudah ketika akan memenuhi syarat naik pesawat.

Kami menyajikan informasi aturan berkunjung ke suatu destinasi di Indonesia maupun internasional pada Safe Travel Page, dari pihak yang dapat bepergian maupun panduan saat perjalanan. Tidak berhenti di sana, Anda juga dapat mengetahui syarat penerbangan terbaru yang berlaku untuk mencapai destinasi tersebut.

Seperti kebutuhan membawa tes COVID-19 (PCR atau rapid test antigen), kapan masa berlaku maksimal surat tes COVID-19 tersebut, perlu tidaknya membawa kartu atau sertifikat vaksinasi COVID-19, kewajiban karantina saat tiba di tujuan, dan lain sebagainya.

Semua informasi tersebut selalu diperbarui mengikuti perkembangan peraturan terbang terkini dari otoritas berwenang, yaitu Satgas COVID-19, Syarat naik pesawat 2022 Dalam Negeri, Kementerian Perhubungan, pemerintah daerah, serta pihak terkait lain.

Jadi, pastikan Anda senantiasa mengecek Safe Travel Page untuk mengetahui syarat penerbangan terkini saat akan bepergian.

syarat naik pesawat 2022

Cara Mencari Syarat Penerbangan dari dan ke Suatu Destinasi Untuk mengetahui syarat bepergian naik pesawat dari dan menuju destinasi Anda, ikuti saja langkah praktis berikut ini: • Masukkan kota keberangkatan Anda di kolom “Berangkat dari”.

Sebagai informasi, kolom “Berangkat Dari” ini bisa pula Anda kosongkan. • Masukkan destinasi tujuan Anda di kolom “Tiba/transit di”. • Bila sudah mengisinya, lanjut klik “Cek Peraturan”. • Safe Travel akan menampilkan semua persyaratan penerbangan yang dibutuhkan syarat naik pesawat 2022 dan menuju destinasi yang diinginkan. Setelah berhasil mengetahui syarat atau peraturan penerbangan terbaru dari dan ke suatu destinasi, pastikan Anda telah memenuhi segala syarat tersebut untuk bisa terbang, ya!

Hal Penting untuk Diketahui Seputar Safe Travel Mohon diingat bahwa syarat naik pesawat dapat berubah sewaktu-waktu sesuai perkembangan terkini. Itu bisa pula memengaruhi kondisi di lapangan ketika Anda bepergian. Karena itulah, alangkah baiknya bila Anda sebisa mungkin turut mengonfirmasi segala regulasi yang berlaku kepada otoritas terkait sebelum Anda bepergian naik pesawat. Dengan begitu, perjalanan Anda pun bisa terasa lebih aman dan nyaman. Patuhi pula protokol kesehatan di mana pun berada, seperti memakai masker ganda (masker medis dilapisi dengan masker kain), menjaga jarak fisik dengan orang lain, serta rajin membersihkan tangan dengan air mengalir dan sabun maupun hand sanitizer.

Pastikan pula kondisi tubuh Anda sehat ya saat bepergian! Produk • Tiket Pesawat • Hotel • Tiket Kereta Api • JR Pass • Pesawat + Hotel • Syarat naik pesawat 2022 & Internet • Xperience • Eats • Peta Situs Eats • Rental Mobil • Internet Luar Negeri • Pembayaran Tagihan • PayLater • Tiket Bus & Travel • Gift Voucher • Asuransi • Vila • Apartemen • Antar Jemput Bandara • Quickride LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Kementerian Perhubungan kembali mengeluarkan aturan mudik lebaran 2022 naik pesawat terbang.

Salah satunya, anak- anak bebas tes COVID-19 jika melakukan vaksin dosis kedua. Aturan itu dikeluarkan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terkait petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Dalam Negeri Dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi Covid-19, melalui Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor 48 Tahun 2022. Poin terbaru yang berbeda dari Surat Edaran sebelumnya adalah, persyaratan pre-departure test bagi PPLN dari Singapura menuju Kepulauan Riau, melalui Bandara Hang Nadim di Batam dan Bandara Raja Haji Fisabilillah di Bintan.

Baca Syarat naik pesawat 2022 Cek Daftar HP Realme yang Dapatkan Update UI 3.0, Jadi Makin Kencang Mengenai aturan mudik lebaran 2022 naik pesawat terbang, bagi PPLN dengan asal kedatangan dari Singapura dan telah menetap di Singapura selama minimal 14 hari terakhir, kemudian akan masuk ke Indonesia melalui entry point di Provinsi Kepulauan Riau, serta telah menerima vaksin dosis kedua atau ketiga, diwajibkan untuk melampirkan hasil negatif rapid test antigen 1 x 24 jam, atau RT-PCR 2 syarat naik pesawat 2022 24 jam sebelum keberangkatan.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Novie Riyanto mengatakan bahwa SE ini diterbitkan berdasarkan Addendum SE Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 16 Tahun 2022, dan berlaku mulai 19 April 2022. Baca Juga: 9 Samsung 5G Terbaru 2022 Mulai 3 Jutaan Per April 2022 “Bagi calon penumpang usia 6-17 tahun dan sudah mendapatkan vaksin dosis kedua, tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif rapid test antigen, namun tetap wajib melampirkan kartu/sertifikat vaksinasi dosis kedua,” kata Novie dalam keterangannya yang dipantau di Jakarta, Rabu.

Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Luar Negeri Dengan Transportasi Udara diatur melalui Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor 51 Tahun 2022, sebagai tindak lanjut Addendum SE Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 17 Tahun 2022.
PT ANGKASA Pura II (Persero) terus menggelar persiapan dalam rangka mendukung kelancaran Angkutan Lebaran 2022 yang direncanakan selama 22 hari yakni pada 22 April hingga 13 Mei 2022.

President Director AP II, Muhammad Awaluddin mengatakan, periode Angkutan Lebaran menjadi perhatian penuh AP II dan seluruh pemangku kepentingan. “Lalu lintas penerbangan diperkirakan meningkat karena antusias masyarakat untuk mudik sehingga diperlukan fokus yang lebih dari seluruh stakeholder guna menjaga standar layanan, keamanan dan keselamatan,” kata Awaluddin. Dijelaskannya, AP II saat ini fokus pada penataan tiga aspek yang saat ini sudah mulai dilakukan, yakni aspek personel bandara, operasional bandara dan sistem penerbangan.

(Foto: MNC Portal/Dimas AF) Pada Angkutan Lebaran 2022, AP II menyiagakan sekitar 5.500 personel di 20 bandara yang bertugas sebagai Airport Rescue & Fire Fighting, Apron Movement Control, Aviation Security, BKO TNI & Polri, Customer Service, Terminal Inspection Services, Airport Operation Control, Medical Service dan lain sebagainya.

Adapun, penataan operasional Bandara Soekarno-Hatta dilakukan melalui Airport Operation Control Center (AOCC) dan Airport Infrastructure Control Center (AICC) yang didukung perangkat digital terkini. Selanjutnya, Bandara Soekarno-Hatta sebagai bandara jangkar penerbangan domestik, penataan sistem penerbangan dilakukan melalui penerapan Airport Collaborative Decision Making (A-CDM) guna menjaga pergerakan pesawat tetap optimal.

"Bandara-bandara AP II dilengkapi dengan infrastruktur digital sehingga dapat cepat beradaptasi dengan situasi terkini di tengah pandemi. Ketika lalu lintas penerbangan meningkat, kami bisa secara cepat melakukan berbagai persiapan,” ujarnya. “Terminal 1, Terminal 2 dan Terminal 3 aktif, di mana ini akan mendukung kelancaran Angkutan Lebaran dan protokol kesehatan,” ujar Muhammad Awaluddin.

Ia mengungkapkan jumlah pergerakan pesawat dan penumpang pada Angkutan Lebaran 2022 ini akan meningkat dibandingkan hari-hari biasa, tetapi diperkirakan masih lebih rendah dibandingkan dengan periode Angkutan Lebaran dalam kondisi normal yakni pada 2018 dan 2019. "Kami syarat naik pesawat 2022 fokus memastikan semuanya berjalan lancar,” katanya. Sementara itu, Director of Operation AP II, Muhamad Wasid berujar bahwa perseroan juga mempersiapkan Posko Angkutan Lebaran 2022 di seluruh bandara.

(Foto: MNC Portal/Avirista M) Posko Angkutan Lebaran dibuka pada 22 April-13 Mei 2022 sebagai wadah koordinasi seluruh stakeholder bandara antara lain Satgas COVID-19, Otoritas Bandara, AP II selaku operator bandara, maskapai, Karantina, Imigrasi, Bea dan Cukai, TNI, Polri, serta pemerintah daerah setempat.

"Personel akan memastikan penerapan persyaratan penerbangan bagi calon penumpang,” kata Muhamad Wasid.

syarat naik pesawat 2022

Bandara AP II saat ini juga telah menerapkan persyaratan penerbangan sesuai Surat Edaran Nomor SE 36 Tahun 2022 yang berlaku berlaku mulai 5 April 2022, di syarat naik pesawat 2022 persyaratan tersebut antara lain: - Pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) yang divaksinasi dosis ketiga atau booster, tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen; - PPDN yang divaksinasi dosis kedua, wajib menunjukkan hasil negatif rapid test antigen, yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1x24 jam atau hasil negatif tes RT-PCR, yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3x24 jam sebelum keberangkatan - PPDN yang divaksinasi dosis pertama, wajib menunjukan hasil negatif tes RT-PCR, yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3x24 jam sebelum keberangkatan.

Guna mendukung penerapan persyaratan penerbangan sesuai SE 36/2022, bandara AP II berkoordinasi dengan KKP Kemenkes dan pihak lain seperti maskapai secara bertahap akan membuka sentra vaksinasi booster bagi calon penumpang pesawat Angkutan Lebaran.

Saat ini bandara yang sudah membuka sentra vaksinasi booster antara lain Bandara Minangkabau (Padang), Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Sultan Iskandar Muda (Aceh), Raja Haji Fisabilillah (Tanjung Pinang), dan akan menyusul bandara-bandara lainnya.
TRIBUNNEWS.COM - Pengisian electronic Health Alert Card (e-HAC) menjadi syarat perjalanan menggunakan transportasi udara.

Persyaratan ini merupakan penerapan diterbitkannya Surat Edaran (SE) Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Nomor 36 Tahun 2022 tentang Petunjuk Perjalanan Dalam Negeri Dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi Covid-19.

Dikutip dari kemkes.go.id, mulai tanggal 5 April 2022, mengisi e-HAC menjadi syarat yang harus dilakukan oleh para pemudik yang menggunakan transportasi udara.

Petugas di bandara akan memeriksa kelayakan perjalanan melalui e-HAC atau yang telah diisi oleh para pemudik sehari sebelum tanggal keberangkatan atau sebelum melakukan check-in. Panduan Mengisi e-HAC di Aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat naik pesawat untuk mudik Lebaran 2022 (Tangkapan Layar Aplikasi PeduliLindungi) Baca juga: Titik Nasional hingga Wisata Berpotensi Menimbulkan Kemacetan Saat Puncak Arus Mudik 29-30 April Syarat memperoleh status kelayakan terbang 1.

syarat naik pesawat 2022

Pemudik dengan jenis moda transportasi udara yang telah melakukan vaksinasi dosis ketiga (booster) tidak diwajibkan untuk melakukan tes, baik antigen maupun RT-PCR untuk memenuhi syarat kelayakan terbang.

e-HAC akan menilai kelayakan terbang berdasarkan hasil tes tersebut.

syarat naik pesawat 2022

2. Pemudik yang sudah melakukan vaksinasi primer hingga dosis kedua, diwajibkan untuk melengkapi syarat mudik dengan keterangan hasil negatif tes antigen maksimal 1×24 jam atau tes RT-PCR maksimal 3×24 jam sebelum keberangkatan. 3. Pemudik yang baru vaksinasi satu kali, diwajibkan untuk menunjukkan dokumen hasil tes RT-PCR maksimal 3×24 jam sebelum keberangkatan. 4.

syarat naik pesawat 2022

Pemudik dengan komorbid (penyakit penyerta) yang tidak dapat melakukan vaksinasi harus menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah dan hasil tes RT-PCR maksimal 3×24 jam. 1. Titik Nasional hingga Wisata Berpotensi Menimbulkan Kemacetan Saat Puncak Arus Mudik 29-30 April 2. Cara Pesan Tiket Bus DAMRI untuk Mudik, Ini Syaratnya 3.

Menteri PUPR Minta Perbaikan Jembatan Ngaglik Lamongan Rampung H-10 Lebaran 4. Kemenhub Siapkan Angkutan Motor Gratis untuk Penumpang Kereta Api Jarak Jauh 5.

syarat naik pesawat 2022

Cara Mengisi eHAC untuk Syarat Perjalanan Udara• Senin, 9 Mei 2022 • Network • Pikiran Rakyat • Gowapos.com • PR Cirebon • PR Cianjur • PR Tasikmalaya • Pedoman Tangerang • PR Bogor • PR Depok • PR Pangandaran • PR Indramayu • PR Bekasi • PRFM News • Seputar Tangsel • Portal Jember • Ringtimes Banyuwangi • Zona Jakarta • Kabar Besuki • Mantra Sukabumi • Lensa Purbalingga • Zona Banten • Lihat Semua • • • SUDUTBATAM.COM - Pemerintah resmi merubah aturan terkait dengan persyaratan Pelaku Perjalanan Dalam Negeri ( PPDN) salah satunya terkait syarat naik pesawat udara.

Syarat naik pesawat yang terbaru adalah wajib melampirkan bukti sudah melakukan vaksin booster. Jika belum belakukan vaksin booster, tetap diizinkan naik pesawat tapi dengan syarat wajib antigen ataupun PCR.

Sebagaimana diketahui, hal itu mengacu pada Surat Edaran (SE) Satgas Covid-19 Syarat naik pesawat 2022 16 Tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri pada Masa Pandemi Covid-19. Baca Juga: Jadwal Kapal PELNI KM Kelud Rute Belawan Tujuan Batam, Transit Tanjung Balai Karimun April 2022 SE yang ditandatangani Ketua Satgas Suharyanto pada tanggal 2 April ini berlaku mulai 2 April 2022.

Bagi PPDN harus mengikuti ketentuan sebagai berikut: a. Setiap orang yang melaksanakan perjalanan dengan kendaraan pribadi maupun umum bertanggung jawab atas kesehatannya masing- masing, serta tunduk dan patuh pada syarat dan ketentuan yang berlaku; syarat naik pesawat 2022.

Setiap PPDN wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat melakukan perjalanan dalam negeri. c. PPDN dengan moda transportasi udara, laut, darat menggunakan kendaraan pribadi atau umum, penyeberangan, dan kereta api antarkota dari dan ke daerah di seluruh Indonesia berlaku ketentuan sebagai berikut:
AYOINDONESIA- Mudik Lebaran Idul Fitri 2022 naik pesawat, ada persyaratan terbaru terkait perjalanan udara yang perlu anda catat.

Sepanjang pandemi COVID-19, ini adalah tahun pertama perjalanan mudik Lebaran diperbolehkan oleh pemerintah. Artikel ini akan membagikan informasi seputar persyaratan terbaru naik pesawat yang akan membantu perjalanan mudik Lebaran 2022 anda. Persyaratan terbaru naik pesawat yang berlaku saat perjalanan mudik Lebaran 2022 ini tertulis pada Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor SE 48 Tahun 2022, atas perubahan Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor SE 36 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

syarat naik pesawat 2022

Presiden Jokowi menyampaikan bahwa perjalanan mudik Lebaran Idul Fitri 2022 diperbolehkan, namun beliau tetap menekankan agar masyarakat tetap selalu waspada dan memperhatikan protokol kesehatan. "Bersegeralah melengkapi dengan vaksin Booster, harus tetap menjalankan protokol kesehatan secara disiplin, dan harus selalu bermasker pada saat di tempat umum atau di dalam kerumunan,” ucap Jokowi pada pengumuman libur nasional dan cuti bersama melalaui kanal YouTube Sekretariat Presiden, pada Rabu, 6 April 2022.

Persyaratan terbaru mudik Lebaran 2022 lewat Surat Edaran dari Kemenhub ini juga berisi ketentuan yang berhubungan dengan COVID-19. Dalam Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor SE 48 Tahun 2022 tertulis persyaratan terbaru naik pesawat yang mengatakan tidak diwajibkan lagi bagi mereka yang berusia enam hingga tujuh belas tahun menyerahkan bukti test hasil negatif rapid test antigen.

syarat naik pesawat 2022

Jadi, anda yang akan melaksanakan perjalanan mudik Lebaran Idul Fitri 2022 tidak usah lagi repot-repot terlebih dahulu melaksanakan rapid test antigen sebelum terbang menggunakan pesawat. Pada perjalanan mudik Lebaran 2022 ini anda hanya perlu menyerahkan sertifikat vaksin dosis kedua.

Sementara untuk umur di atas itu, masih menggunakan aturan pada Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor SE 36 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

ATURAN NAIK PESAWAT TERBARU SEMUA MASKAPAI BULAN MEI 2022 TAK WAJIB TES PCR




2022 www.videocon.com