Umbul susuhan desa manjungan kabupaten klaten jawa tengah

umbul susuhan desa manjungan kabupaten klaten jawa tengah umbul susuhan desa manjungan kabupaten klaten jawa tengah

Solopos.com, KLATEN — Klaten dikenal dengan sebutan Kota 1.000 Umbul. Penyebutan tersebut dinilai tak terlepas dari banyaknya umbul yang berada di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Berdasarkan data yang dihimpun Solopos.com, Minggu (6/2/2022), di Dinas Kebudayaaan Kepemudaan dan Olahraga dan Pariwisata Klaten, sedikitnya terdapat 13 umbul yang sudah dikenal masyarakat luas di Klaten dan sekitarnya.

Bahkan, deretan umbul tersebut sudah dikenal hingga wisatawan mancanegara. Promosi Desa Jadi Simpul Perlindungan Perempuan dan Anak Umumnya, setiap umbul memiliki daya tarik berupa airnya yang sangat jernih karena bersifat alami.

Beberapa umbul di Klaten juga memiliki pesona under water yang menakjubkan. Selain umbul, kabupaten yang berada di antara Kota Solo dan Jogja ini sebenarnya juga memiliki sederet objek wisata air tak kalah memesona.

Baca juga: Rebutan Umbul Ingas, Sosiolog: Duduk Bersama, Sepakati Kolaborasinya! Berikut belasan umbul yang sudah tersohor di Klaten dan sekitarnya yang wajib masuk daftar tempat liburan Anda: 1. Objek Mata Air Cokro (OMAC) di Cokro (Tulung) Di lokasi ini terdapat aliran sungai bermata air jernih. Sumber air tersebut berasal dari Umbul Ingas. Di kompleks OMAC juga terdapat pesona alam yang asri, kolam renang, water boom.

umbul susuhan desa manjungan kabupaten klaten jawa tengah

Di lokasi ini sebenarnya terdapat jembatan gantung namun sudah rusak. 2. Umbul Jolotundo di Jambeyan (Karanganom) Pada zaman dahulu, Jolotundo yang menjadi sumber atau mata air dikenal sebagai petirtaan kuno.

Di kompleks umbul ini terdapat tapak kaki Bima di sebuah batu besar di kompleks umbul. Di umbul ini juga terdapat patung Dewa Siwa dan Ganesa. Selain airnya jernih dan segar, di sekitar kawasan Umbul Jolotundo terdapat kisah turun-temurun bahwa sumpil di kawasan tersebut berbeda dengan sumpil lainnya.

Jika sumpil pada umumnya berbentuk lancip, sumpil di sekitar Umbul Jolotundo berbentuk tumpul. Di kawasan di dekat Umbul Jolotundo Klaten juga diketahui cerita turun-temurun bawah warga tidak diperkenankan menanam pohon pisang. Kisah sumpil dan pohon pisang itu terkait erat dengan seorang petapa itu memiliki seorang putri yang cantik bernama Roro Amis. Baca juga: Diyakini Sembuhkan Sakit, Umbul Ngepok Tunggon Sragen Raup Rp188 Juta 3. Umbul Ponggok di Ponggok (Polanharjo) Umbul yang sudah dikenal wisawatan domestik dan wisatawan mancanegara ini memiliki ukuran kurang lebih 70 meter X 50 meter.

umbul susuhan desa manjungan kabupaten klaten jawa tengah

Umbul yang memiliki pesona under water ini dinilai sudah go international. Berkat Umbul Ponggok, perekonomian warga dan desa setempat dapat terdongkrak. 4. Umbul Besuki Ponggok (Polanharjo) Umbul ini berada tak jauh dari Umbul Ponggok.

Bedanya, di umbul ini terdapat pohon yang rindang. Di sekitar Umbul Besuki terdapat potensi alam, termasuk areal persawahan. 5. Umbul Brondong Ngrundul (Kebonarum) Umbul di Kecamatan Kebonarum, Klaten ini luasnya sekitar 10 meter X 12 meter. Pemberian nama brondong itu tak terlepas dari air yang keluar dari sumber mata air sak brondong-brondong.

Oleh warga setempat, umbul itu lantas dikenal Umbul Brondong. Baca juga: Cerita Bahagia PKL di Umbul Klaten Jualan Lagi Setelah 7 Bulan Puasa 6.

umbul susuhan desa manjungan kabupaten klaten jawa tengah

Umbul Manten Sidowayah (Polanharjo) Di kompleks umbul ini terdapat Pohon beringin yang menjadi ikon utama di umbul setempat. Air umbul ini difungsikan sebagai objek wisata air, saluran irigasi, dan memenuhi kebutuhan air bersih bagi 12.000-an jiwa di Sidowayah, Janti, Keprabon, Sidoharjo, dan Kebonharjo.

umbul susuhan desa manjungan kabupaten klaten jawa tengah

7. Umbul Tirtomulyono Pluneng (Kebonarum) Sebutan Umbul Lanang ini menjadi sumber air terbesar di Pluneng. Sehingga umbul ini juga disebut umbul gede. Air di umbul ini diyakini memiliki kandungan mineral yang tinggi. Selain untuk air minum, mandi, dan yang lainnya, sumber air di sini juga untuk mengairi areal pertanian seluas 500 hektare. 8. Umbul Tirtomulyani Pluneng (Kebonarum) Umbul ini biasa disebut juga Umbul Wedok. Umbul ini berlokasi tak jauh dari Umbul Lanang. Sebagaimana Umbul Lanang, air di Umbul Wedok juga sangat jernih.

Baca juga: Sejarah Umbul Ponggok Klaten, Dulu Reservoir Pabrik Gula Belanda 9. Umbul Pelem Wunut (Tulung) Umbul ini berada persis di sebelah barat Umbul Manten. Saat ini, di Umbul Pelem terdapat kolam renang dewasa, kolam renang anak-anak, dan wahana lain. Hal itu termasuk flying fox. 10. Umbul Brintik Malangjiwan (Kebonarum) Umbul ini airnya juga dikenal sangat jernih.

Umbul yang memiliki 10 mata air di dasar kolam ini juga biasa digunakan sebagai tempat terapi di bidang kesehatan. Tak heran, juga dikenal kolam terapi. Dasar kolam berupa andesit dan pasir hitam.

umbul susuhan desa manjungan kabupaten klaten jawa tengah

11. Umbul Susuhan Manjungan (Ngawen) Air di Umbul Susuhan juga dikenal sangat jernih.

umbul susuhan desa manjungan kabupaten klaten jawa tengah

Ada beberapa kolam renang yang tersedia di umbul ini seperti kolam renang dewasa, anak, khusus wanita, dan pemandian air hangat. Baca juga: Misteri Umbul Senjoyo, Petilasan Jaka Tingkir di Salatiga 12. Umbul Kapilaler Ponggok (Polanharjo) Suasana di kompleks Umbul Sigedhang/Kapilaler masih asri.

umbul susuhan desa manjungan kabupaten klaten jawa tengah

Di lokasi ini masih terdapat pohon beringin yang rindang. Air di umbul ini sangat jernih. Sebagaimana umbul lainnya, di umbul ini dinilai instagramable. 13. Umbul Nilo Daleman (Tulung) Kualitas air di umbul ini sangat bersih dan jernih.

Di sekitar umbul terdapat beberapa pohon beringin berukuran jumbo. Umbul Susuhan Desa Manjungan UMBUL SUSUHAN, Wisata Air di Klaten Berlakukan Tarif Baru Lokasi dan Petunjuk Arah Umbul Susuhan - Umbul Susuhan Lokasi dan Petunjuk Arah Umbul Susuhan Umbul Susuhan beralamat pada Jl Klaten – Jatinom No.7, Dusun 1, Desa Manjungan, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah Air Umbul Susuhan alami dan bersih, tidak menggunakan kaporit Umbul Susuhan Desa Manjungan menjadi Favorit Wisata Air - Klaten Umbul Susuhan, Desa Manjungan, Kecamatan Ngawen, Klaten, Jawa Tengah, Indonesia Berikut adalah foto Umbul Susuhan pada tahun 2015 Berikut adalah foto Umbul Susuhan pada tahun 2015 Umbul Susuhan, yang Baru dan Segar di Klaten Profil Umbul Susuhan Umbul Susuhan merupakan objek wisata andalan Desa Manjungan Umbul Susuhan, Desa Manjungan, Kecamatan Ngawen, Klaten, Sabtu (19/6) siang Wisatawan harus menahan hasrat berenang di pemandian alami itu karena tutup Umbul Susuhan mengikuti kesuksesan Umbul susuhan desa manjungan kabupaten klaten jawa tengah Ponggok (bagian 1) Umbul Susuhan, Desa Manjungan, Kecamatan Ngawen - Posts - Facebook 111 likes · 14 talking about this · 3,978 were here Umbul Susuhan merupakan objek wisata andalan Desa Manjungan Pengelola Umbul Susuhan Johan mengaku, penutupan sesuai Surat Edaran (SE) Perpanjangan PPKM Mikro Nomor 443.5/129 Pemandian Umbul Susuhan Di Manjungan, Ngawen - Visit Klaten Umbul Susuhan mengikuti kesuksesan Umbul Ponggok (bagian 2) Umbul Susuhan yang Baru dan Segar di Klaten Ananta Fitri: Wisata Air Alami di Umbul Susuhan Jatinom Profil Umbul Susuhan Umbul Susuhan merupakan objek wisata andalan Desa Manjungan Umbul Susuhan, Desa Manjungan, Kecamatan Ngawen, Klaten, Jawa Tengah, Indonesia Pengelola Umbul Susuhan Johan mengaku, penutupan sesuai Surat Edaran (SE) Perpanjangan PPKM Mikro Nomor 443.5/129 Tawarkan Foto Underwater, Umbul Susuhan Klaten Bakal Dilengkapi Kuliner Malam Salah satu karya TPID Tim inovasi Desa, untuk menjadikan inspirasi bagi Desa - desa, untuk Replikasi dalam pembangunan Desa.Dengan potensi air yang melimpah Awalnya merupakan sebuah mata air dibawah pohon beringin Berikut adalah foto Umbul Susuhan pada tahun 2015 Aiptu Muslih Umbul susuhan desa manjungan kabupaten klaten jawa tengah Monitoring di Umbul Susuhan Desa Manjungan, Ngawen, Klaten.

– tribratanews.klaten.jateng.polri.go.id Umbul Susuhan, Desa Manjungan, Kecamatan Ngawen, Klaten, Jawa Tengah, Indonesia Kini sumber mata air tersebut disulap menjadi sebuah wisata air dengan beberapa kolam renang Awalnya merupakan sebuah mata air dibawah pohon beringin Manajemen BUMDes sehat, pendapatan Desa Manjungan berlipat - KanalDesa.com Menghabiskan Waktu Akhir Pekan di Umbul Susuhan Klaten Giat Sambang Sampaikan Himbauan Kamtibmas Kepada Warga di Umbul Susuhan Klaten – tribratanews.klaten.jateng.polri.go.id WISATA KLATEN : Umbul Susuhan, Umbul Ponggok, dan Talang River Ramai Pengunjung Profil Umbul Susuhan - Umbul Susuhan UMBUL SUSUHAN WISATA AIR – DESA MANJUNGAN Rekreasi Air Umbul Jolotundo Klaten - Visit Klaten Pengelola Umbul Susuhan Johan mengaku, penutupan sesuai Surat Edaran (SE) Perpanjangan PPKM Mikro Nomor 443.5/129 Profil Umbul Susuhan Harga Tiket Harga Terjangkau Rp10.000 (per orang) Kini sumber mata air tersebut disulap menjadi sebuah wisata air dengan beberapa kolam renang Umbul Susuhan - Home - Facebook Jernih Air di Pemandian Umbul Susuhan - Brisik ID - LINE TODAY Peran Fasilitator Dalam Penyuluh Pertaniaan - Tempat Wisata Taman Safari - Download Bersamamu Kuhabiskan Waktu Senang Bisa Mengenal Dirimu -
Umbul Susuhan – Tiket Masuk Dan Lokasi Pemandian Umbul Susuhan Di Manjungan, Ngawen, Klaten, Jawa Tengah.

Kabupaten klaten memiliki banyak potensi wisata air seperti kolam renang atau umbul. Salah satu dari wisata air tersebut yaitu Pemandian Umbul Susuhan yang berada di Jl. Klaten – Jatinom No.7, Manjungan, Ngawen, Klaten. Buka mulai dari jam 5 pagi sampai jam 5 sore Pada awalnya umbul ini adalah tempat cuci mobil dan untuk irigasi sawah.

Kemudian dibangun pemandian yang dilengkapi dengan wahana anak-anak, dewasa dan juga kolam khusus wanita dengan menelan dana sekitar 900 juta. Pembangunan tersebut dilaksanakan secara bertahap dari dana desa 2015 sampai 2017 yang kemudian secara resmi dibuka pada bulan Maret 2017. Pengelola tempat wisata klaten ini adalah Badan Usaha Milik Desa atau Bumdes Mahanani. Dengan adanya objek wisata ini bisa membantu perekonomian warga dengan timbulnya lapangan kerja baru seperti karyawan bumdes, petugas parkir, pedagang, dll.

Rata-rata pengunjung ketika hari biasa sekitar 200 orang, namun ketika akhir pekan bisa berlipat. Tiket Masuk Umbul Susuhan Klaten Tiket Masuk Umbul Susuhan termasuk standart seperti halnya tiket masuk wisata umbul lainnya di kabupaten klaten yaitu Rp8.000/orang dan parkir motor Rp 2.000.

Dengan nilai tiket tersebut pengunjung sudah bisa mendapatkan beragam fasilitas yang disediakan di umbul Susuhan seperti mushola, toilet, kamar mandi. Beragam pilihan kolam renang yang bisa disesuaikan dengan usia mulai dari anak-anak hingga dewasa. Karena dari mata air maka kolamnya jernihsegar dan tentu saja menyehatkan. Selain fasilitas tersebut yang tak kalah menariknya yaitu terdapat kolam renang yang khusus bagi wanita yang dijamin keamanannya, seluncur anak, penjual makanan, gazebo dan masih banyak yang lainnya.

Pada Selasa 1 Januari 2019 dini hari sekitar pukul 01.30 WIB, pohon bibis raksasa yang berada di objek wisata Umbul Susuhan, Manjungan, Ngawen ini tumbang. Pohon yang tingginya sekitar 15 meter dan lingkar batang sekitar lebih dari 10 meter yag telah berusia sekitar ratusan tahun itu tumbang diperkirakan karena faktor usia dan telah keropos. Akibat dari peristiwa itu maka umbul Susuhan ditutup sementara untuk umum untuk memudahkan pembersihan pohon tumbang dari kolam.

umbul susuhan desa manjungan kabupaten klaten jawa tengah

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Selain Umbul Susuhan, di klaten masih banyak umbul atau kolam renang seperti umbul jolotundo, umbul cokro, umbul ponggok, umbul pluneng, umbul brintik, umbul brondong, umbul nilo, umbul pelem, umbul manten, dll. Peta Lokasi Umbul Susuhan Klaten  Terima kasih telah mengunjungi website kami.

umbul susuhan desa manjungan kabupaten klaten jawa tengah

Share jika bermanfaat, jika ada kritik, pertanyaan, tambahan atau saran silakan hubungi kami atau silakan isi di kolom komentar. umbul susuhan, pemandian susuhan, lokasi umbul susuhan, tiket masuk umbul susuhan, pemandian umbul susuhan, wisata air, wisata klaten, blog wisata.

Wisata Air, pariwisata klaten, blog klaten, info klaten, info wisata klaten.

umbul susuhan desa manjungan kabupaten klaten jawa tengah

VisitKlaten.Com merupakan media informasi pariwisata dan media iklan di area klaten, surakarta, karanganyar dan sekitarnya. Sebagai sarana untuk memperkenalkan berbagai tempat wisata yang ada di klaten dan sekitarnya yang semoga bisa memajukan pariwisata di klaten. Selain itu juga terdapat beberapa informasi lain, baik yang berkaitan tentang wisata maupun yang tidak untuk menambah wawasan.

Salah satu tempat wisata baru yang kini tengah di garap oleh pemerintah desa Manjungan, Ngawen, laten ialah menyulap umbul Susuhan menjadi destinasi wisataa air di Klaten. Keberadaan umbul yang selama ini tidak di manfaatkan dengan baik, mulai 2017 ini mulai di garap oleh Pemdes desa bersama rakyat Manjungan sebagai tempat wisata air yang tak kalah menarik dengan tempat-tempat wisata air yang sudah ada.

Umbul Susuhan demikian warga sekitar menyebut sumber mata air yang letaknya persis di samping jalan raya Jatinom – Klaten, dan tidak jauh dari sumber mata air yang sudah cukup di kenal oleh masyarakat Klaten tempat pemandian Jolotundo. Kini umbul Susuhan mulai di poles dan di percantik untuk menarik pengunjung, beberapa kolam telah siap, terutama kolam untuk anak-anak. Selain itu tak jauh dari umbul susuhan yang tengah di garap oleh pemerintah desa, sebuah taman agro park juga tengah di persiapkan untuk menarik wisatawan lokal.

Pengembangan agro park oleh desa bekerja sama dengan investor, dengaan luasan 12 hektar tanah yang merupakan tanah kas desa, kini desa manjungan siap bersaing dengan tempat wisata lokal yang ada di Klaten “Pengelolaan dan pembangunan agro park di serahkan ke pihak ketiga selaku investor, sedangkan desa memfasilitasi dengan memberikan tanah kas desa untuk di bangun wahana wisata tanaman langka” kata Septia Bunga Anansa, salah satu petugas pengelola Hanafiza Agro, Manjungan, Ngawen.

Masyrakat pencita tanaman bisa menikmati berbagai jenis tanaman langka dan juga berekreasi bersama keluarga di Hanafiza Argo dengan biaya murah.Di tambahkan oleh Septia Bunga, pengunjung agro park Selain mendapat ilmu dan mengenal tanaman langka, juga bisa membawa pulang tanaman umbul susuhan desa manjungan kabupaten klaten jawa tengah dengan harga terjangkau.

“kalau ada pengunjung yang ingin menanam tanaman langka di rumah, kami sediakan bibit yang di jual dengan harga ternjangkau” imbuh Septia Bunga. Selain tanaman langka di Hanafiza agro park juga menyediakan danau dengan permainan perahu bebek, podium untuk berbagai acara dan fasilitas pesta pernikahan dengan nuansa alam. Terkait, untuk sementara pembangunan agro park baru 2 hektar dari 12 hektar yang di rencanakan, karena lahan yang sedianya untuk taman wisata tersebut masih di tanami tebu, dan untuk kelanjutan pembangunan menunggu hingga panen.

Salah satu obyek wisata di umbul Susuhan umbul susuhan desa manjungan kabupaten klaten jawa tengah agro park ini akan di lanjutkan setelah tanaman tebu di panen, saat ini baru 2 hektar lahan yang kami garap dari total 12 hektar ayang di sediakan” Ujar Hari Supriyanto, selaku owner Hanafiza agro park. Lebih lanjut Hari Supriyanto mengatakan pembangunan lokasi wisata berbasis tanaman langka tersebut akan selesai pada bulan puasa mendatang.

Berbagai fasilitas wisata yang memanjakan pengunjung tengah di persiapakan oleh Hanafiza agro park sehingga pengunjung akan betah. Untuk di ketahui, Hari Supriyanto merupakan seorang konsultan dan peneliti berbagai tanaman langka. Dan saat ini di percaya oleh salah satu pensiunan Jendral untuk mengembangkan hal yang sama. Dan berbagi hasil penelitiannya terkait buah langka serta penemuan buah-buah an dengan varietas unggul telah banyak memberikan manfaat pada masyrakat luas.

Masih banyak sumber air di Klaten yang bisa dijadikan obyek wisata air, seperti umbul Brintik, Pluneng, Jolotundo dan lainnya.

umbul susuhan desa manjungan kabupaten klaten jawa tengah

Dan sudah saatnya Klaten berbenah diri untuk mewujudkan harapan menjadikan Klaten sebagai pusat wisata air di Jawa Tengah.

UMBUL SUSUHAN




2022 www.videocon.com