Larangan untuk ibu hamil muda agar tidak keguguran

larangan untuk ibu hamil muda agar tidak keguguran

Mendapatkan kehamilan adalah seperti hadiah yang sangat indah dalam kehidupan ini. Banyak orang yang melakukan berbagai macam usaha agar mendapatkan kehamilan. Karena itu ada banyak alasan untuk menjaga janin dalam rahim hingga lahir ke dunia dan lahir dalam keadaan sempurna. Terkadang banyak ibu hamil yang tidak mengerti tentang kesalahan mereka dan menyesal setelah mengalami keguguran. Ini hal yang sangat tidak diinginkan. Jadi, ada beberapa tingkah laku atau kebiasaan yang sangat dilarang selama kehamilan.

Dibawah ini adalah beberapa hal yang sangat perlu diperhatikan oleh ibu hamil berhubungan dengan gaya hidup, pola makan, kesehatan dan dalam kehidupan sehari-hari. Larangan Ibu Hamil Dalam Gaya Hidup Memiliki penampilan terbaik selama kehamilan menjadi keinginan semua wanita.

Kehamilan tidak akan membuat penampilan menjadi gemuk atau tidak menyenangkan. Ibu hamil tetap bisa menerapkan gaya berbusana sesuai dengan perkembangan fashion. Namun ada beberapa aturan dasar untuk memilih gaya berbusana yang tepat. Berikut ini adalah beberapa macam penampilan yang dilarang atau sebaiknya tidak dilakukan oleh ibu hamil.

1. Memakai Hak Sepatu Tinggi Pada saat tubuh wanita hamil maka ada bagian tubuh yang terus mengalami pertumbuhan. Bagian perut ibu hamil akan membesar karena diisi dengan janin sebagai calon bayi yang akan dilahirkan.

Saat tubuh mengalami perubahan bentuk ini maka tubuh ibu hamil akan menjadi tumpuan utama berat badan terutama pada bagian punggung dan otot pinggang.

Jika Anda memakai sepatu hak tinggi maka otot yang bekerja untuk pinggang akan semakin tegang. Efek yang ditimbulkan • Ketegangan otot inilah yang menyebabkan tubuh ibu hamil tidak nyaman dan terasa sakit pada bagian punggung, pinggang dan betis.

• Hal ini dapat membuat ibu hamil kurang nyaman dan mudah lelah. • Selain itu memakai sepatu hak tinggi saat hamil juga dapat menyebabkan kaki bengkak saat hamil dan juga mudah jatuh karena keseimbangan yang buruk. • Efek paling berbahaya adalah kontraksi karena ketegangan otot atau keguguran akibat jatuh Saran: Hindari penggunaan high heels saat perut anda mulai terlihat, saran kami setelah 2 bulan kehamilan anda wajib menghindari penggunaannya.

Ada baiknya setelah hamil menghindari langsung. 2. Memakai Busana Ketat dan Tidak Nyaman Beberapa ibu hamil memang terlihat tidak ingin tertinggal dunia fashion. Beberapa model baju yang tidak sesuai tetap saja dipakai. Diantaranya adalah model pakaian yang terlalu ketat dan tidak nyaman untuk bagian perut.

Meskipun beberapa ibu hamil tetap memakai pakaian yang terlalu ketat tapi sebaiknya kebiasaan ini dihentikan. Efek yang ditimbulkan • Pakaian yang terlalu ketat pada bagian perut akan membuat janin juga bisa merasa tertekan, terlebih jika bahan pakaian tersebut tidak lentur atau mengikuti bentuk tubuh.

• Janin akan kesulitan mendapatkan asupan oksigen secara sempurna • Janin akan kesulitan bergerak (terutama yang telah berusia 5 bulan ke atas) • Iritasi pada perut jika diiringi keringat zat kimia pada pakaian Saran • jadi, sebaiknya pakailah pakaian yang longgar, tetap bergaya dan nyaman untuk ibu hamil dan janin.

Pakaian yang longgar dapat membuat anda lebih leluasa. • Jika anda harus menggunakan pakaian modis, sebaiknya memilih pakaian yang telah didesain khusus untuk ibu larangan untuk ibu hamil muda agar tidak keguguran agar tidak mengganggu perut dan perkembangan janin anda. Risiko memakai pakaian ketat cukup berbahaya untuk ibu hamil, jadi wajib anda hindari. 3. Melakukan Perawatan Tubuh Sauna Sauna memang sangat baik dilakukan untuk membuat tubuh menjadi lebih santai.

Apalagi bagi ibu hamil yang merasakan perubahan kondisi tubuh dan kesehatan selama kehamilan. Aktivitas sauna sebenarnya tidak terlalu dilarang dan boleh dilakukan dalam batas tertentu. Tips Sauna Selama Kehamilan • Hindari suhu yang terlalu panas • Jangan terlalu sering maksimal 1 x 1 bulan • Jangan melakukan sauna ketika usia kandungan sudah > 3 bulan Efek yang ditimbulkan • Bayi akan kepanasan di dalam tubuh ibu • Keluarnya cairan yang berlebihan • Kurangnya air ketuban • Risiko jika kandungan sudah besar bisa menyebabkan keguguran Saran Jadi, jangan mandi sauna dengan suhu air yang terlalu panas karena bisa menyebabkan gangguan perkembangan pada janin.

Selain itu hindari berendam dalam air panas selama kehamilan. larangan untuk ibu hamil muda agar tidak keguguran. Pikiran Tertekan dan Stres Apakah anda merasa bahwa bayi yang ada dalam kandungan ternyata sangat peka terhadap perasaan Anda? Janin dalam kandungan memiliki ikatan perasaan yang sangat kuat dengan ibu.

Ketika ibu hamil merasa tertekan, marah, dan stres maka janin bisa merasakan hal tersebut. Efek yang ditimbulkan Janin juga bisa memiliki rasa stres dan tertekan sehingga bisa membahayakan nyawa janin dan ibu hamil. Sebaiknya Anda tetap merasa bahagia sepanjang kehamilan. Efek paling mematikan adalah keguguran terutama jika usia kehamilan masih sangat muda di bawah perkembangan janin 3 bulan.

Saran Lakukan beberapa aktivitas yang menyenangkan selama kehamilan agar janin tidak terganggu, apa pun harus anda lakukan agar tidak mengalami stres selama kehamilan. 5. Memelihara Binatang Peliharaan Apakah Anda memelihara anjing atau kucing selama kehamilan? Memiliki binatang peliharan memang sangat menghibur namun sebaiknya Anda tidak melakukan hal ini selama kehamilan.

Mengapa berbahaya? Kotoran yang berasal dari kucing, anjing atau binatang lain dapat menimbulkan virus toksoplasma. Efek yang ditimbulkan Virus ini akan masuk ke dalam janin dan mengganggu pertumbuhan janin.

Resiko paling besar dari infeksi virus toksoplasma adalah keguguran atau cacat janin. Saran Jika anda memiliki hewan peliharaan, sebaiknya anda menghindari kontak fisik dengan mereka atau menghindari hewan ini selama kehamilan. (Baca juga : aktivitas berbahaya untuk ibu hamil) 6. Melakukan Pengobatan Alternatif Banyak wanita yang mencoba berbagai macam pengobatan alternatif saat sedang hamil. Beberapa macam pengobatan alternatif misalnya adalah pijat refleksi, konsumsi ramuan dari herbal, dan berbagai macam obat-obatan yang belum teruji secara klinis.

Efek yang ditimbulkan Jika hal ini dilakukan selama kehamilan maka bisa mempengaruhi pertumbuhan janin dan bisa menyebabkan keguguran. Jadi, hindari semua hal yang berhubungan dengan pengobatan alternatif. Tips Apapun keluhan anda selama kehamilan, wajib anda konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan. Tidak ada alasan pergi ke pengobatan alternatif selama kehamilan. Jika anda ke dokter, harus memberi tahu bahwa anda sedang hamil.

Dokter akan menyesuaikan dengan kondisi anda. 7. Tetap Diet Selama Kehamilan Banyak wanita hamil yang melakukan diet sepanjang kehamilan. Namun diet bagi wanita hamil memiliki resiko yang sangat besar untuk janin. Janin bisa mengalami kekurangan asupan gizi ibu hamil yang penting selama pertumbuhan. Selain itu diet bisa menyebabkan cacat bayi karena kurangnya zat tertentu selama kehamilan. Wanita hamil juga terkadang melakukan diet karena ingin tidak ingin memiliki tubuh yang gemuk selama hamil.

Meskipun diet tertentu sangat baik untuk ibu hamil, sebaiknya Anda perlu berkonsultasi dengan dokter kandungan sebelum memutuskan untuk diet selama hamil. 8. Kebiasaan Merokok Menjadi perokok aktif dan pasif untuk ibu hamil sangat dilarang untuk berbagai macam usia kehamilan.

Zat nikotin yang terhisap secara langsung pada paru-paru akan menyebabkan janin mengalami gangguan. Zat asam yang terdapat pada nikotin dari rokok akan menyebabkan masalah paru-paru dan gangguan berat tubuh pada janin.

Biasanya janin yang dilahirkan dari ibu perokok pasif dan aktif memiliki berat badan yang rendah dan rentan terhadap penyakit.

Larangan Ibu Hamil Dalam Pola Makan makanan dan minuman untuk ibu hamil akan berpengaruh secara langsung terhadap pertumbuhan dan keselamatan janin.

Semua makanan dan minuman untuk ibu hamil harus mencukupi berbagai macam kebutuhan nutrisi seperti protein, lemak, vitamin dan berbagai jenis mineral.

Namun terkadang ibu hamil tidak bisa meninggalkan kebiasaan buruk dalam memilih jenis makanan tertentu. Berikut ini adalah larangan penting yang harus Anda patuhi selama kehamilan.

1. Konsumsi Minuman yang Mengandung Alkohol Minuman yang mengandung alkohol sangat tidak dianjurkan untuk ibu hamil. Alkohol dapat masuk ke janin lewat plasenta yang terhubung secara langsung dari ibu ke janin.

Bahaya alkohol saat hamil akan masuk ke aliran darah ibu hamil dan mengakibatkan beberapa masalah kesehatan • Cacat janin, • gangguan otak pada bayi, • kerusakan organ vital pada janin seperti jantung, hati, paru-paru • cacat fisik.

2.

larangan untuk ibu hamil muda agar tidak keguguran

Konsumsi Minuman yang Mengandung Kafein Apapun kebiasaan Anda yang berhubungan dengan kafein selama selama kehamilan sebaiknya segera dihentikan. Beberapa jenis makanan yang mengandung kafein seperti teh dan kopi tidak dianjurkan selama kehamilan. Bahaya kafein bagi ibu hamil bekerja cepat untuk memicu hormon yang dapat menyebabkan rasa stress. Bahkan hormon diterima secara langsung oleh janin sehingga sangat berbahaya untuk janin.

Efek yang ditimbulkan : • Cacat • Keguguran • Ketidakseimbangan hormon selama kehamilan 3. Konsumsi Makanan Mentah Di larangan untuk ibu hamil muda agar tidak keguguran negara tertentu konsumsi daging mentah memang sangat umum dijumpai. Salah satunya larangan untuk ibu hamil muda agar tidak keguguran Jepang yang memiliki kebiasaan konsumsi daging ikan mentah seperti sajian sashimi, sushi atau hidangan dari daging sapi mentah.

Dalam siklus kehamilan kebiasaan ini sangat dilarang. Berbagai jenis makanan mentah lebih rentan terhadap penyebab penyakit seperti virus, bakteri dan cacing. Semua penyebab penyakit ini dapat mengalir ke janin sehingga mengganggu pertumbuhan janin.

Efek : • Mengganggu pertumbuhan janin • Bahkan kebiasaan ini bisa menyebabkan keguguran. • Kehamilan ektopik 4. Konsumsi Makanan dengan Bahan Pengawet Berbagai perkembangan jenis makanan yang mengandung pengawet memang sangat mudah ditemukan.

Namun semua jenis pengawet yang masuk sebagai bahan tambahan pada makanan dan minuman sebaiknya sangat dihindari oleh ibu hamil. Berbagai macam zat ini bisa masuk ke janin dan menyebabkan gangguan kesehatan pada janin. Janin menerima nutrisi dari plasenta yang berhubungan langsung dengan darah ibu hamil. Jadi, hindari semua jenis makanan yang mengandung pengawet. Efek : • Kelainan pada janin • Keguguran • Bayi terlahir cacat • Bayi kekurangan gizi • Hampir semua masalah kehamilan terjadi karena bahan pengawet • Hamil anggur 5.

Konsumsi Makanan yang Mengandung Tinggi Garam Semua jenis makanan yang mengandung garam dalam jumlah tinggi sangat berbahaya untuk ibu hamil. Garam yang masuk ke tubuh dalam ibu hamil dapat menyebabkan gangguan keseimbangan cairan dan berbahaya untuk kesehatan ginjal dan limfa. Garam juga akan menghambat penyerapan zat besi sehingga sangat mengganggu produksi sel darah merah.

Kondisi garam berlebihan dalam tubuh ibu hamil dapat menyebabkan tubuh bengkak dan hipertensi dalam kehamilan. Bahaya : • Dapat berdampak mematikan pada saat masa kehamilan. 6. Konsumsi Makanan yang Tidak Dicuci Semua jenis makanan yang tidak dicuci sangat dilarang untuk ibu hamil. Sayuran dan buah-buahan yang tidak dicuci bisa menyebabkan infeksi dari bakteri yang ada pada tanaman.

Kebiasaan untuk konsumsi sayuran mentah seperti lalapan sebaiknya juga harus dihindari. Bakteri bisa menyebabkan gangguan penyakit pada bayi. 7. Konsumsi Makanan yang Tidak Dipasteurisasi Pasteurisasi adalah sebuah proses untuk memasukkan bahan makanan atau minuman tertentu ke dalam suhu tinggi.

Proses ini sama sekali tidak akan merusak nutrisi makanan atau minuman tapi sangat baik untuk membunuh semua jenis bakteri dan kuman pada makanan kemasan. Pasteurisasi biasanya dilakukan oleh produksi pengolahan makanan dan minuman seperti susu, keju, makanan kaleng atau jus. Jika makanan tidak dipasteurisasi maka bisa menyebabkan gangguan penyakit pada janin. Jadi, lihat keterangan pada kemasan makanan atau minuman yang Anda konsumsi.

8. Konsumsi Makanan Laut yang Mengandung Merkuri Berbagai jenis ikan laut memang disarankan untuk ibu hamil karena bisa mencukupi kebutuhan nutriri Omega 3 untuk janin. Namun jenis ikan tertentu yang mengandung banyak merkuri sangat dilarang untuk ibu hamil.

Merkuri pada ikan ditemukan dalam kandungan daging dan biasanya banyak dijumpai pada beberapa jenis ikan seperti ikan makarel, ikan hiu, atau ikan todak.

Merkuri bisa menjadi karsinogen yang bisa menyebabkan kanker bagi janin dan ibu hamil. Beberapa jenis ikan laut yang tetap boleh dikonsumsi adalah seperti ikan tuna, ikan salmon dan udang. Hindari semua jenis kerang selama hamil.

Larangan Ibu Hamil Dalam Hal Kesehatan Ibu hamil memang memiliki banyak larangan demi mempertahankan janin dan mendapatkan bayi yang sehat. Bahkan ada beberapa prosedur medis yang sangat dilarang untuk ibu hamil. Berikut ini adalah beberapa hal yang berhubungan dengan kesehatan dan tidak boleh dilakukan selama kehamilan.

1. Konsumsi Obat Bebas Selama kehamilan maka ibu hamil bisa merasakan berbagai macam gejala penyakit yang membuat kondisi badan tidak nyaman. Namun beberapa ibu hamil yang belum mengerti memiliki kebiasaan konsumsi obat bebas tanpa petunjuk dokter.

Pemakaian berbagai jenis obat untuk mengatasi lelah, diare, pusing, mual dan berbagai keluhan lain sangat dilarang. Obat-obatan ini bisa mengandung bahan berbahaya yang menyebabkan gangguan kesehatan pada janin.

larangan untuk ibu hamil muda agar tidak keguguran

Jadi, konsultasikan ke dokter kandungan jika Anda mengalami beberapa gangguan kehamilan. 2. Pemeriksaan X-Ray Semua jenis pemeriksaan x-ray atau ronsen sangat dilarang untuk ibu hamil. Berbagai macam perlengkapan yang memakai radiasi bisa menyebabkan mutasi sel sehingga bisa menyebabkan cacat pada janin.

Bahkan radiasi juga bisa menyebabkan pertumbuhan sel kanker pada janin. Sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter kandungan jika memang akan melakukan prosedur ronsen. 3. Kemoterapi Pengobatan kemoterapi untuk mengatasi penyakit kanker sangat tidak dianjurkan untuk ibu hamil.

Obat-obatan yang akan digunakan untuk kemoterapi sangat keras dan bisa menimbulkan efek yang sangat berbahaya pada janin dan ibu hamil. Jika seseorang harus melakukan kemoterapi selama kehamilan maka biasanya dokter akan menawarkan untuk melakukan prosedur khusus pada janin sesuai dengan kesepakatan.

4. Radioterapi Terapi dengan memakai sinar radiasi sangat berbahaya untuk ibu hamil. Prosedur ini biasanya dilakukan untuk mengobati penyakit kanker atau tumor. Sinar radiasi bisa menyebabkan gangguan pada janin secara langsung. Dokter biasanya juga akan menerapkan metode khusus bagi ibu hamil yang harus mendapatkan radioterapi.

Larangan Ibu Hamil Dalam Kehidupan Sehari-hari Dalam kehidupan sehari-hari ternyata ibu hamil juga harus sangat hati-hati. Berbagai macam kebiasaan yang dilakukan sebelum hamil mungkin larangan untuk ibu hamil muda agar tidak keguguran dihentikan.

Upaya ini semata-mata hanya untuk menjaga kesehatan dan keselamatan ibu hamil dan janin. Berikut ini adalah beberapa macam hal ringan dalam kehidupan sehari-hari yang sangat dilarang untuk ibu hamil. 1. Memakai Semua Jenis Obat Anti Nyamuk Semua jenis bahan anti nyamuk dalam berbagai macam bentuk umumnya mengandung bahan peptisida.

Banyak bahaya yang bisa muncul untuk janin jika ibu hamil memakai bahan anti nyamuk. Anti nyamuk bakar bisa menyebabkan gangguan paru-paru pada janin, anti larangan untuk ibu hamil muda agar tidak keguguran semprot bisa menyebabkan penyakit ginjal dan anti nyamuk dalam bentuk oles bisa menyebabkan janin keracunan.

Jadi, lebih baik jika Anda memakai cara alami agar terhindar dari nyamuk. • Efek gangguan pada paru paru janin WAJIB DI HINDARI 2. Menyetir Terlalu Lama Menyetir sebenarnya tidak dilarang untuk ibu hamil. Wanita hamil tidak harus merasa terbatas untuk melakukan berbagai macam aktifitas. Namun menyetir terlalu lama dapat menyebabkan punggung, perut, dan pinggang menjadi lebih cepat lelah. Akibatnya bisa menyebabkan janin lahir lebih cepat atau premature.

Bahkan kondisi menyetir yang terlalu lama juga tidak baik untuk pertumbuhan janin dalam rahim ibu hamil. Efek : • Prematur 3. Mengendarai Motor di Jalan Yang Jelek Mengendarai motor untuk ibu hamil memang aman untuk periode trimester kedua dan ketiga.

Namun Anda juga harus melihat kondisi jalan yang akan dilewati. Jika Anda memaksa untuk melewati jalan yang berlobang dan banyak menyebabkan kontraksi pada janin maka bisa menyebabkan kelelahan. Efek : • Kontraksi • Bahkan kondisi ini juga bisa menyebabkan keguguran karena janin mengalami shock dalam kandungan. Jika dilihat secara umum memang banyak larangan yang harus dipatuhi selama kehamilan.

Namun semua larangan ini memiliki sebab dan akibat yang bertujuan untuk mempertahankan janin dalam kandungan, menjaga kesehatan janin dan menunjang keselamatan ibu hamil dan janin. Anda bisa menerapkan larangan ini demi menunggu kelahiran bayi yang sehat dan menyenangkan untuk kehidupan Anda. Wajib baca : • Nutrisi ibu hamil • Makanan sehat untuk ibu hamil Berbagai larangan untuk ibu hamil muda Hamil muda atau trimester pertama kehamilan merupakan waktu yang sangat penting untuk perkembangan janin ke depannya.

Pada waktu ini, semua organ tubuh utama janin mulai terbentuk, meski belum ada perubahan yang tampak pada fisik ibu. Oleh karena itu, ibu hamil perlu memberi perhatian ekstra pada masa kehamilan ini, salah satunya dengan menjauhi berbagai hal yang dilarang saat hamil muda. Menjauhi segala larangan bisa membantu ibu terhindar dari berbagai masalah saat hamil muda hingga komplikasi kehamilan. Lalu, apa saja pantangan untuk ibu hamil muda atau pada trimester pertama kehamilan?

Berikut penjelasannya. 1. Jangan merokok Merokok selama kehamilan dapat menyebabkan berbagai masalah pada ibu dan bayi dalam kandungan. CDC menyebutkan bahwa merokok saat hamil dapat menyebabkan kerusakan jaringan pada janin, terutama paru-paru dan otak. Hal ini dapat meningkatkan risiko cacat lahir, berat badan lahir rendah pada bayi, hingga sindrom kematian bayi mendadak ( SIDS). Tak hanya itu, merokok saat hamil juga meningkatkan risiko keguguran dan kelahiran prematur.

2. Jangan minum alkohol Bukan cuma merokok, minum alkohol saat hamil muda juga dapat menyebabkan masalah pada bayi Anda. Ini termasuk keguguran, lahir mati, serta berbagai cacat perilaku dan intelektual yang disebut dengan Fetal Alcohol Spectrum Disorders (FASDs).

Melansir dari Sanford Health, anak dengan FASDs mungkin memiliki berbagai ciri berikut: • karakteristik wajah yang abnormal, • koordinasi tubuh dan daya ingat yang buruk, • kesulitan belajar, • keterlambatan bicara dan memahami bahasa, • IQ rendah, • ketidakmampuan dalam penalaran dan penilaian, • masalah pada tidur, • gangguan penglihatan, • gangguan pendengaran, serta • masalah pada jantung, ginjal, atau tulang.

larangan untuk ibu hamil muda agar tidak keguguran

3. Jangan makan makanan mentah Larangan untuk ibu hamil muda lainnya adalah makan makanan mentah atau setengah matang, termasuk daging, telur, atau seafood.

Pasalnya, ibu yang menyantap makanan mentah berisiko terkontaminasi bakteri dan menyebabkan listeriosis, toxoplasmosis, dan salmonellosis yang membahayakan kesehatan ibu dan janin.

larangan untuk ibu hamil muda agar tidak keguguran

Infeksi bakteri tersebut berisiko menimbulkan cacat lahir maupun keguguran. Oleh karena itu, sebaiknya pastikan makanan yang Anda makan tidak mentah dan sudah matang dengan sempurna. 4. Jangan minum kopi terlalu banyak Jika Anda penggemar kopi, sebaiknya kurangi atau batasi asupan kopi per harinya. Bila diminum dalam jumlah kecil (sekitar 200 miligram atau dua cangkir sehari), kopi atau minuman berkafein mungkin tidak akan membahayakan kesehatan janin. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum kopi terlalu banyak dapat meningkatkan risiko keguguran.

Ini karena kafein dalam kopi dapat melewati plasenta dan memengaruhi perkembangan bayi, termasuk detak jantung yang sedang berkembang. 5. Jangan membersihkan kotoran hewan Memelihara hewan saat hamil mungkin boleh saja ibu lakukan.

Namun sebaiknya, jangan bersentuhan langsung atau membersihkan kotoran hewan peliharaan Anda. Pasalnya, ada banyak parasit dalam kotoran hewan yang bisa membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin, seperti Toxoplasma gondii pada kotoran kucing ( toxoplasmosis). Adapun terinfeksi toxoplasmosis saat hamil muda bisa merusak perkembangan otak dan pertumbuhan janin.

Sementara bila terinfeksi sejak sebelum hamil, risiko keguguran dan masalah penglihatan pun mengintai bayi Anda. 6. Jangan minum obat sembarangan Hal lainnya yang menjadi pantangan atau yang tidak boleh dilakukan sejak dan saat hamil muda, yaitu mengonsumsi obat tanpa sepengetahuan dokter. Sebab, tidak semua obat boleh ibu hamil konsumsi. Beberapa obat justru bisa mengganggu perkembangan janin. Oleh karena itu, jika Anda merasakan gejala tertentu saat hamil muda, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk penanganan yang tepat.

Bila mengonsumsi obat, perhatikan petunjuk penggunaan obat dengan baik sebelum Anda meminumnya. Terkontaminasi bakteri ini saat ibu sedang hamil bisa meningkatkan risiko keguguran hingga bayi cacat lahir. 8. Jangan makan ikan yang mengandung merkuri Selain makanan mentah dan susu yang tidak dipasteurisasi, larangan untuk ibu hamil muda lainnya adalah makan ikan yang mengandung merkuri.

Tidak hanya pada hamil muda, ikan yang mengandung merkuri juga merupakan makanan yang dilarang selama kehamilan di tiap trimester. Pasalnya, merkuri dalam ikan laut bisa menyebabkan kerusakan otak pada janin. Oleh karena itu, sebaiknya ibu hamil tidak mengonsumsi makanan dengan kandungan merkuri yang tinggi saat hamil, seperti hiu, king mackerel, atau ikan todak. 9. Jangan melakukan olahraga high impact Melakukan olahraga selama hamil mungkin bermanfaat untuk kesehatan Ibu.

Namun sebaiknya, hindari olahraga high impact atau dengan intensitas tinggi karena dapat menyebabkan perdarahan hingga kelahiran prematur, terutama jika Ibu lakukan saat hamil muda. Olahraga atau aktivitas high impact yang perlu Anda hindari, seperti olahraga kontak langsung, melompat, atau yang melibatkan banyak gerakan naik-turun (menunggang kuda).

Sebaliknya, olahraga low hingga middle impact, seperti jalan kaki, yoga, atau kelas aerobik larangan untuk ibu hamil muda agar tidak keguguran ibu hamil, bisa Anda lakukan. Meski begitu, sebaiknya tanyakan dulu pada dokter mengenai jenis olahraga yang tepat pada trimester pertama kehamilan dan yang sesuai dengan kondisi Anda. 10. Jangan makan berlebihan Meski Anda sedang berbadan dua, bukan berarti porsi makan Anda menjadi dua. Justru, ibu hamil yang makan secara berlebihan bisa mengalami kenaikan berat badan saat hamil yang berlebih pula.

larangan untuk ibu hamil muda agar tidak keguguran

Jika ini terjadi, ibu hamil berisiko terkena diabetes selama kehamilan atau disebut diabetes gestasional. Bukan cuma itu, kelebihan berat badan saat hamil juga menyebabkan penurunan berat badan lebih sulit dilakukan setelah bayi lahir. Bila ini terjadi, ibu berisiko mengalami obesitas dan sindrom metabolik pada masa depan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda makan secukupnya dengan tetap memperhatikan nutrisi saat hamil yang perlu Anda penuhi. Dos and don’ts for a safer pregnancy.

Tommy’s. (2022). Retrieved 7 February 2022, from https://www.tommys.org/pregnancy-information/im-pregnant/early-pregnancy/dos-and-donts-safer-pregnancy First trimester of pregnancy do’s and don’ts - Sanford Health News. Sanford Health News.

larangan untuk ibu hamil muda agar tidak keguguran

(2022). Retrieved 7 February 2022, from https://news.sanfordhealth.org/womens/dos-and-donts-during-first-trimester-pregnancy/ Foods to Avoid When Pregnant – American Pregnancy Association. American Pregnancy Association. (2022). Retrieved 7 February 2022, from https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/pregnancy-health-wellness/foods-to-avoid-during-pregnancy/ Pregnancy Precautions: FAQs (for Parents) – Nemours Kidshealth.

Kidshealth.org. (2022). Retrieved 7 February 2022, from https://kidshealth.org/en/parents/pregnancy-precautions.html Smoking During Pregnancy. Centers for Disease Control and Prevention. (2022). Retrieved 7 February 2022, from https://www.cdc.gov/tobacco/basic_information/health_effects/pregnancy/index.htm The First Trimester. (2022). Retrieved 7 February 2022, from https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/the-first-trimester Things to avoid during pregnancy.

Pregnancybirthbaby.org.au. (2022). Retrieved 7 February 2022, from https://www.pregnancybirthbaby.org.au/things-to-avoid-during-pregnancy Easy exercises. nhs.uk. (2022). Retrieved 7 February 2022, from https://www.nhs.uk/live-well/exercise/easy-low-impact-exercises/ Exercising in pregnancy is good for you and your baby! Have a look at which types of exercise you can do. Start4Life.

(2022). Retrieved 7 February 2022, from https://www.nhs.uk/start4life/pregnancy/exercising-in-pregnancy/ Weight gain during pregnancy: how much is too much?. The University of Newcastle, Australia. (2022). Retrieved 7 February 2022, from https://www.newcastle.edu.au/hippocampus/story/2020/weight-gain-in-pregnancy#:~:text=Excess%20weight%20gain%20has%20been,term%20and%20in%20the%20future
Menjalani proses kehamilan dengan baik dan selalu mengusahakan berbagai hal agar dalam perkembangan kehamilannya selalu memiliki kondisi yang normal tanpa adanya gangguan kehamilan apapun merupakan bentuk tanggung jawab ibu hamil yang harus dilakukan olehnya.

Beberapa hal yang biasanya perlu dilakukan larangan untuk ibu hamil muda agar tidak keguguran hamil agar kondisi kesehatannya maupun kesehatan janin serta perkembangqnnya dalam keadaan yang baik diantaranya dengan mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil demi terpenuhinya kebutuhan nutrisi kehamilan, berisitrahat yang cukup, konsultasi dengan dokter kandungan secara rutin, serta menghindari berbagai macam hal yang dapat menyebabkan dampak negatif bagi kehamilan. Terkait usaha terakhir yang disebutkan diatas tersebut mengenai hal yang harus dihindari karena berdampak buruk atau negatif bagi kehamilan, sebagai seorang muslim dan dalam ajaran agama islam ada beberapa larangan ibu hamil menurut islam yang perlu diketahui dan dipahami serta diamalkan.

Mematuhi larangan untuk ibu hamil menurut islam tentu merupakan salah satu usaha yang dilakukan ibu dalam proses ibadah yang diniatkannya pada setiap proses kehamilan agar berlangsung dengan baik dan normal.

Berkaitan dengan beberapa larangan tersebut, berikut ini uraian dari beberapa kondisi yang perlu diperhatikan sebagai larangan atau pantangan ibu hamil muda maupun tua menurut islam yang dijelaskan dalam uraian dibawah ini. • Meninggalkan Sholat Larangan untuk meninggalkan sholat bagi wanita hamil ini sebenarnya merupakan bentuk larangan bagi semua umat islam yang perlu ditaati sebagai perintah Allah SWT.

Kondisi larangan meninggalkan sholat ini disampaikan sebagai salah satu larangan ibu hamil menurut islam karena dengan kondisi yang ada dan keadaan ibu yang harus merasakan berbagai macam gejala wanita hamil tersebut selalu ada peluang untuk meninggalkan ibadah sholat. Seberat berat apapun gejala fisik yang dijalaninya maka ibu hamil harus tetap sholat meskipun harus sholat dengan posisi duduk dan jika masih tidak mampu dapat melakukan sholat dengan cara berbaring miring.

• Tidak meniatkan kehamilan sebagai sebuah ibadah Dalam setiap proses kehidupan yang dijalani oleh kaum muslimin, meniatkannya sebagai sebuah ibadah merupakan keharusan demi mendapatkan ridho dari Allah SWT. Kondisi ini juga berlaku bagi ibu yang sedang menjalani kehamilan sehingga tidak meniatkan proses kehamilan yang dijalaninya tersebut sebagai sebuah ibadan merupakan hal yang dilarang meningat banyaknya keistimewaaan serta keutamaan yang diberikan oleh Allah SWT kepada ibu hamil.

• Mengkonsumsi makanan haram Makanan merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan demi memenuhi kebutuhan nutrisi bagi perkembangan proses kehamilan serta harus menghindari pantangan makanan bagi ibu hamil yang dapat memberikan efek atau dampak buruk bagi kondisi kehamilan. Mengkonsumsi makanan haram merupakan hal yang pastinya dilarang bagi ibu hamil meskipun larangan untuk ibu hamil muda agar tidak keguguran tersebut dapat memberikan pengaruh yang baik bagi kesehatan ibu dan janinnya.

• Berkata buruk dan mengumpat Selama menjalani kehamilan, setiap wanita harus mampu menjaga sikap dan kepribadiannya. Salah satu bentuk sikap buruk yang dilarang untuk dilakukan oleh ibu hamil adalah berkata buruk maupun jorok dan mengumpat bahkan terutama ketika umpatan maupun kata kata buruk yang keluar tersebut dikarenakan masalah perubahan fisik, gejala fisik yang menganggu selama kehamilan.

• Menjalani proses kehamilan dengan tidak ikhlas Dalam keistimewaan wanita hamil menurut islam, salah satu berkaitan dengan sikap ikhlas dan sabar yang harus dijaga dalam menjalani aktivitas dalam proses kehamilan setiap harinya. Oleh karena berbagai macam pahala yang akan diberikan tersebut maka setiap ibu hamil dilarang untuk bersikap tidak ikhlas dan tidak sabar dalam menjalani aktivitas kehamilannya. • Mendengarkan musik Secara jelas dan menjadi kesimpulan para ulama sejauh ini sesuai dengan berbagai macam anjuran serta tanggapan masyarakat, mendengarkan musik bagi ibu hamil sebaiknya tidak dilakukan dan lebih mengutamakan untuk mendengarkan bayi baik ketika di dalam rahim dengan bacaan Al-Quran baik yang dibaca sendiri oleh ayah maupun ibu hamil.

Al-Quran lebih baik didengarkan terutama untuk memberikan ketenangan saat proses persiapan melahirkan dalam islam. • Melakukan syrik kecil Selama menjalani proses kehamilan, hampir ada banyak aktivitas adat istiadat yang bertentangan dengan syariat islam dan termasuk kedalam permbuatan syirik. Sebagai seorang muslim, menghindari hal yang dapat mendatangkan syirik kecil tersebut bagi ibu hamil merupakan keharusan.

Selain beberapa larangan ibu hamil menurut islam yang dijelaskan diatas larangan untuk ibu hamil muda agar tidak keguguran beberapa bentuk larangan lainnya yang diantaranya sebagai berikut. • Mengumbar aurat, mengumbar aurat bagi muslimah memang dilarang dan perlu diperhatikan oleh ibu hamil agar tidak melakukannya.

• Bersolek berlebihan, bersolek atau dandan merupakan aktivitas yang dilarang bagi wanita bersuami karena dapat menimbulkan fitnah atau keinginan lawan jenis untuk mendekati. • Tidak memperhatikan proses kehamilan dan perkembagnannya, dalam islam, memperhatikan proses kehamilan agar berlangsung dengan baik parlu dilakukan. • Keluar rumah tanpa mahram, keluar rumah bagi wanita muslim tentu tidak boleh dilakukan sembarangan terutama jika keluar rumah tidak di dampingi oleh mahramnya.

• Durhaka kepada suami dan orang tua, dalam menjalan aktivitas kehamilan maka setiap ibu hamil perlu memperoleh doa serta restu dari suami maupun orang tua dan tidak berduhaka kepadanya.

Itulah beberapa bentuk larangan ibu hamil menurut islam yang harus diperhatikan agar proses kehamilan yang dijalani dapat berlangsung dengan baik tanpa adanya hambatan apapun. Related Posts • Bolehkah Ibu Hamil Mandi Air Hangat ? • Menjawab Pertanyaan : Bolehkah Ibu Hamil Pakai Freshcare Di Perut ? • 15 Keistimewaan Wanita Hamil Dalam Islam Yang Luar Biasa • Apakah Usia Kehamilan 6 Minggu Boleh Berhubungan Dan Bagaimana Melakukannya ?

• Bolehkah Ibu Hamil Mewarnai Rambut Selama Masa Kehamilan ? Saat usia kandungan masih muda, ibu hamil perlu berhati-hati dan ekstra dalam menjaga dan merawat kandungannya. Hal itu dikarenakan janin yang masih muda sangat rentan sekali untuk rontok dan gugur keluar dari rahim.

Runtuhnya atau rontoknya janin bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, mulai dari gaya hidup, pola makan dan juga faktor ketidaksengajaan. Banyak cara mencegah keguguran di awal kehamilan yang masih sangat rentan. Ibu hamil harus bisa melakukan cara-cara tersebut untuk bisa mencegah terjadinya keguguran. Berikut ini cara-cara yang bisa dilakukan oleh ibu hamil muda untuk mencegah dan menghindari terjadinya keguguran : 1. Istirahat Cukup Saat hamil muda, ibu hamil sebaiknya istirahat cukup.

Istirahat yang cukup bisa menghindarkan ibu hamil dari kelelahan dan aktivitas fisik yang berat. Aktivitas fisik yang berat bisa membuat ibu hamil mengalami kontraksi dini dan menjadi penyebab keguguran. Ibu hamil usahakan jangan terjatuh, terjatuh bisa membuat rahim mengalami benturan. Benturan merupakan larangan ibu hamil yang bisa menyebabkan janin keguguran dan rontok. Terjatuh itu bisa diakibatkan dari terpeleset atau jatuh dari kendaraan bermotor.

Oleh sebab itu, ibu hamil tidak boleh mengendarai motor sendirian dan berhati-hati di tempat yang licin seperti kamar mandi.

Jangan menggunakan alas kaki yang licin pula. 4. Hindari Jalan Menanjak Cara mencegah keguguran untuk ibu hamil muda disarankan untuk tidak naik kendaraan di jalan yang menanjak. Jalan yang menanjak bisa membuat kontraksi di dalam perut ibu hamil.

Kontraksi dini bisa membuat ibu hamil melahirkan lebih awal atau lebih dini. Ibu hamil tidak boleh melakukan perjalanan yang terlalu lama. Maksimal ibu hamil bisa menempuh perjalanan panjang selama dua jam saja.

Setelah itu ibu hamil harus beristirahat dan berbaring. Terutama jika perjalanan panjang itu menggunakan kendaraan bemotor. Ibu hamil akan merasaka pegal, jika sudah pegal perut pun akan terasa kencang.

Jika sudah begitu, ibu hamil harus segera istirahat agar tidak mengeluarkan flek bercak darah yang berlanjut hingga menjadi pendarahan. 7. Hindari Jalan Berlubang Bagi ibu hamil sebaiknya menghindari jalan berlubang. Jalan berlubang bisa membuat ibu hamil mengalami kontraksi perut sebab saat melewati jalan yang berlubang, perut akan begoyang dan terus bergerak.

Cara mencegah keguguran ibu hamil muda tidak boleh mengalami itu. Goyangan demi goyangan bisa menyebabkan janin terlepas dari dinding rahim dan runtuh. 8. Mengangkat Beban Berat Ibu hamil terutama ibu hamil yang masih muda tidak boleh mengangkat beban yang berat.

Hal itu dikarenakan saat mengangkat beban berat, otot perut akan ikut bekerja. Akibatnya saat otot perut digunakan untuk mengangkat beban berat, janin bisa terlepas dari dinding rahim karena otot dinding rahim mengalami peregangan. 9. Hindari Rokok Rokok sangat tidak bagus untuk kesehatan, terutama buat kehamilan. Cara membuat anak cerdas sejak dalam kandungan dengan menghindari rokok karena rokok bisa mengganggu pertumbuhan janin dan kesehatan janin.

Tidak hanya itu saja zat nikotin pada rokok bisa menyebabkan janin yang dikandung oleh ibu hamil terlepas dari dinding rahim.

larangan untuk ibu hamil muda agar tidak keguguran

10. Hindari Alkohol Alkohol adalah minuman yang keras dan memiliki dosis tinggi. Sifatnya panas sehingga tidak cocok untuk janin di dalam rahim. Alkohol yang masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan rasa panas di dalam rahim, sedangkan janin yang ada di dalam rahim tidak bisa berteman dengan efek panas. Akibatnya adalah janin akan gugur dan keluar dari rahim. 11. Olahraga Berat Wanita yang sebelumnya suka pergi ke gym dan tidak menyadari kalau dirinya sedang hamil bisa melakukan kegiatan fatal.

Di gym penuh dengan peralatan olahraga yang berat. Ibu hamil muda tidak boleh melakukan olahraga yang berat dikarenakan olahraga yang berat bisa menyebabkan perut mengalami kencang-kencang dan kemudian kontraksi dini. Olahraga senam hamil mungkin dilakukan saat hamil tua. 12. Kendalikan Stress Ibu hamil muda tidak jarang banyak yang mengalami stress. Kondisi stress tersebut bisa membuat ibu hamil tidak mau makan dan tidak selera makan.

Saat kondisi itu menyerang, perut ibu hamil menjadi kosong. Jika perut ibu hamil kosong, ibu hamil akan merasa lemas dan bisa membahayakan janin yang ada di dalam kandungannya. 13. Hindari Buah Pantangan Agar tidak mengalami keguguran, ibu hamil harus bisa menghindari berbagai macam buah yang dijadikan sebagai buah pantangan. Buah pantangan yang termasuk makanan berbahaya saat hamil tersebut adalah nanas, pisang, nangka dan durian. Medis juga telah banyak melarang ibu hamil untuk mengkonsumsi buah-buah tersebut dikarenakan efek panasnya yang bisa dirasakan oleh rahim.

Jika sampai rahim tidak bisa berteman dengan rasa panas itu, janin pun akan gugur dan terlepas darin dinding rahim. 14. Hindari makanan Pantangan Tidak hanya buah saja dijadikan pantangan bagi ibu hamil, namun ada makanan yang dijadikan pantangan saat hamil. Cara mencegah keguguran saat mengalami kehamilan muda, ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi makanan yang sifatnya panas.

Hal itu dikarenakan makanan yang sifatnya panas bisa membuat rahim gugur atau keguguran. 15. Mengkonsumsi Makanan Sehat Untuk menghindari larangan untuk ibu hamil muda agar tidak keguguran, ibu hamil bisa mengkonsumsi makanan sehat. Makanan sehat untuk ibu hamil bisa menyehatkan janin yang ada di dalam kandungannya juga.

Janin yang sehat akan mampu bertahan di dalam rahim sang ibu dibandingkan dengan janin yang kekurangan gizi dan nutrisi saat berada di dalam rahim ibunya.

Makanan yang bisa dikonsumsi adalah buah, sayuran, protein dan berbagai macam zat nutrisi lainnya. 16. Jaga Kesehatan Untuk menghindari keguguran, ibu hamil harus bisa menjaga kesehatannya. Jangan sampai ibu hamil terkena demam dan pusing. Saat demam suhu ibu hamil akan meningkat, begitu pula dengan suhu di dalam rahim. Janin tidak akan mampu bertahan dengan suhu tubuh ibu yang panas dan berada di dalam rahim yang panas.

Akibatnya janin pun bisa gugur karena ibu hamil mengalami demam yang mengakibatkan seuhu tubuhnya meningkat. 17. Hindari Anemia Ibu hamil muda jangan sampai terkena anemia, anemia bisa menyebabkan ibu hamil pusing bahkan pingsan.

Jika pusing larangan untuk ibu hamil muda agar tidak keguguran pingsan, ibu hamil akan rentan untuk jatuh dan perutnya menjadi terbentur. 18. Menjaga Psikologis Mood ibu hamil akan berubah-ubah saat terjadi kehamilan. Oleh sebab itu ibu hamil harus menjaga psikologisnya akan selalu stabil dan seimbang.

Jangan sampai ibu hamil mengalami mood yang kurang bagus, mood yang kurang bagus bisa menyebabkan tekanan darah meningkat. Jika tekanan darah meningkat atau hipertensi dalam kehamilan akan rentan terkena komplikasi kehamilan. Jika komplikasi terjadi, janin mengalami keguguran pun semakin besar. Meski sulit untuk beradaptasi dengan perubahan moodnya, ibu hamil disarankan untuk bisa menjaga keseimbangan dan kestabilan mood yang dimilikinya. 19. Jangan Mengkonsumsi Sembarangan Obat Cara mencegah keguguran saat hamil tidak boleh mengkonsumsi sembarang obat.

Hal itu dikarenakan obat yang tidak diberikan resep untuk pembeliannya bisa mengganggu janin yang ada di dalam rahim. Kandungan di dalam obat kimia tersebut sangat tinggi sehingga membuat janin gugur keluar dari dalam rahim. 20. Hindari Makanan Berpengawet Ibu hamil sangat disarankan untuk berhati-hati dalam memilih makanan. Hal itu dikarenakan makanan memegang andil yang cukup besar dalam kesehatan janin.

Ibu hamil disarankan tidak mengkonsumsi berbagai macam makanan yang mengandung pengawet tinggi. Janin di dalam rahim yang masih muda tidak kuat terhadap kandungan pengawet yang masuk ke dalam tubuh ibu hamil. Konsumsi buah buahan untuk ibu hamil yang pasti alami. 21.

larangan untuk ibu hamil muda agar tidak keguguran

Pakaian Longgar Saat masih muda, ada sebagian ibu hamil yang suka memakai pakaian yang ketat-ketat. Namun saat hamil, ibu hamil tidak boleh memakai pakian ketat. Terutama pakaian yang mengikat perut terlalu kencang.

Misalnya saja adalah pakaian kaos ketat dan jeans. Jeans akan terlalu mengikat perut sehingga menyebabkan perkembangan janin terganggu. Jeans pun bisa menyebabkan kondisi rahim tertekan, jika rahim tertekan larangan untuk ibu hamil muda agar tidak keguguran janin untuk gugur dan keluar dari rahim pun semakin besar.

Oleh sebab itulah ibu hamil disarankan untuk memakai pakaian yang serba longgar dan nyaman, begitu pula dengan bra dan cd yang dikenakan. 22. Jauhi Asap Rokok Meski ibu hamil tidak merokok, ibu hamil juga rentan untuk menjadi perokok pasif dengan menghirup asap rokok dari perokok aktif. Cara mencegah keguguran saat hamil sebaiknya hindari asap rokok. Sebab menjadi perokok pasif sama berbahayanya dengan perokok yang aktif.

23. Batasi Kafein Saat hamil muda, ibu hamil harus bisa membatasi asupan kafein. Hal itu dikarenakan kafein yang dikonsumsi bisa meningkatkan suhu di dalam rahim sehingga meningkatkan resiko bagi janin untuk mengalami keguguran. Kafein terdapat pada kopi, Ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi kopi lebih dari empat kali dalam sehari.

Sebab hal itu akan membahayakan bagi janinnya. 24. Menghindari Radiasi Radiasi ada di sekitar ibu hamil, radiasi kitu adalah sejenis berpaparan dengan berbagai komponen kimia yang berbahaya bagi kesehatan janin. Misalnya saja radiasi yang disebabkan oleh paparan komponen kimia timah, arsenik, formaldehida, benzen dan etilen oksida.

25. Menjauhi Cuaca Yang Ektrem Saat cuaca menjadi ekstrem misalnya saja cuaca panas berlebihan bisa membuat ibu hamil muda merasakan lemas.

Cuaca panas itu juga bisa membuat ibu hamil mengalami peningkatan suhu. Akibatnya adalah suhu ibu hamil tidak bisa diterima oleh janin yang dikandungnya. Jika sampai janin merasakan panas yang berlebihan, janin pun rentan untuk gugur. Jika tidak gugur, janin akan mengalami kecacatan. 26. Mengkonsumsi Asam Folat Ibu hamil yang kurang dalam mengkonsumsi manfaat asam folat bisa menyebabkan janin akan rentan untuk terkena keguguran.

Kurangnya mengkonsumsi asam folat juga bisa menyebabkan janin mengalami kecacatan dan berkembang tidak sebagaimana mestinya. 27. Menjaga Berat Badan Ibu hamil dengan berat badan yang kurang bisa menyebabkan terjadinya keguguran.

Hal itu pernah dialami oleh istri dari Ruben Onsu, karena berat badan yang terlalu rendah istri Ruben sering mengalami keguguran. Oleh sebab itulah, menjaga berat badan agar tetap seimbang sangat diperlukan bagi ibu hamil.

Jangan sampai kekurangan berat badan atau malah kelebihan berat badan. 28. Hindari PMS Ibu hamil yang terinfeksi dengan PMS rentan terkena keguguran. Janin yang telah mengalami infeksi biasanya tidak bisa bertahan lebih lama di dalam rahim ibunya. Wsaspdai Tanda-Tanda Keguguran Para ibu sebaiknya mengetahui bagaimana tanda-tanda terjadinya keguguran.

Agar saat ibu hamil mengalami kondisi tersebut, ibu hamil bisa mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat. Berikut ini tanda-tanda dari keguguran yang harus diketahui : • Pegal – Ibu hamil akan merasakan pegal, pegal itu ada di bagian punggung.

Pegal juga merupakan indikasi atau tanda akan terjadinya proses persalinan. • Kontraksi dini – Perut mengalami kontraksi. Kontraksi dini bisa terjadi pada ibu hamil yang akan mengalami keguguran, sebelum terjadi pendarahan ibu hamil akan mengalami kontraksi. Segera bawa ke dokter saat ibu hamil mengalami gejala ini. • Pendarahan – Dalam tahap pendarahan ringan, ibu hamil hanya akan mengeluarkan flek yang sedikit. Sedangkan pada pendarahan yang berat ibu hamil akan mengalami pendarahan menstruasi disertai dengan gumpalan-gumpalan darah yang besar.

• Nyeri – Ibu hamil juga akan merasakan nyeri di dalam perutnya. Kondisi ini akan memberikan rasa sakit yang luar biasa, perut ibu hamil akan terasa diremas-remas dan terasa ditusuk-tusuk.

Nyeri ini bisa menjadi pertanda luruhnya rahim dari dinding rahim, seperti saat menstruasi dimana darah kotor diluruhkan dari dinding rahim. • Demam – Pada kondisi tertentu, ibu hamil juga akan merasakan demam dan menggigil hebat.

Apapun faktornya ibu hamil harus menjaga kandungannya. Jika sampai mengalami keguguran, rahim bisa luka dan cidera. Sehingga untuk hamil kembali, banyak dokter yang mengharuskan untuk menunggu minimal selama 3 bulan atau 6 bulan agar bisa hamil kembali.

Alasannya adalah rentang waktu tersebut digunakan untuk memulihkan kondisi rahim ke bentuk atau wujud normal. Untuk bisa hamil dan menahan embrio di dalamnya, rahim larangan untuk ibu hamil muda agar tidak keguguran pulih seperti sedia kala.

Jika dipantang, akibatnya rahim akan semakin luka dan cidera. Keguguran harus dilakukan tindakan kuret, rahim yang dikuret harus dipulihkan dalam rentang waktu tertentu.
Penyebab keguguran hamil muda ada banyak sekali seperti stress, merokok, dan bahkan ketidaktahuan mengenai kehamilan tersebut.

Banyak ibu hamil yang bertanya-tanya mengapa hamil muda begitu rentan akan keguguran. Memang keguguran tidak hanya terjadi pada saat hamil muda saja, namun ada ibu hamil yang bisa mengalami keguguran dengan usia kehamilan di bawah 22 minggu. Hamil muda memang identik dengan usia di bawah tiga bulan namun kandungan di bawah usia 22 minggu ( perkembangan janin 6 bulan) pun sebenarnya juga masih dalam tahap rentan.

Ibu hamil dengan kehamilan pertama harus mengetahui apa saja yang bisa menyebabkan kehamilan menjadi keguguran. Ibu hamil dengan kehamilan pertama biasanya baru memiliki sedikit pengetahuan tentang kehamilan.

Berikut ini ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan seorang ibu hamil muda mengalami keguguran : 1. Kondisi Rahim Yang Lemah Rahim dengan kondisi ini sangat sulit dan biasanya sangat rewel ketika mengalami kehamilan. Hal ini dikarenakan dinding rahim tempat embrio menempel terlalu rentan dan lemah untuk bisa menopang berat embrio. Oleh sebab itu, wanita dengan kondisi seperti ini harus mengalami bed rest atau istirahat total saat kehamilannya di bawah usia 22 minggu.

Yang tidak boleh dilakukan wanita dengan dinding rahim lemah : • Terlalu banyak bergerak. Hal ini sangat tidak boleh dilakukan oleh wanita dengan kondisi kandungan atau dinding rahim lemah. • Tidak boleh banyak berjalan. Berjalan akan membuat perut tergerak. Hal ini menyebabkan rahim dan embrio juga ikut bergerak.

Jika banyak berjalan embrio akan mudah jatuh. Ibu hamil hanya boleh berjalan ketika ingin ke kamar mandi saja, selebihnya adalah berbaring.

• Dokter kandungan akan menganjurkan untuk banyak berbaring sebelum usia kandungan lebih dari 22 bulan, makan dan minum dilakukan dengan posisi duduk di atas tempat tidur.

• Stress berlebihan. Stress yang berlebihan akan membuat hormon ibu hamil menjadi tidak stabil sehingga rentan keguguran. Larangan untuk ibu hamil muda agar tidak keguguran Mencegah • Dokter kandungan akan memberikan obat penguat kandungan sampai kandungan berumur usia 22 minggu, obat kandungan juga bisa diberikan sampai usia kandungan berusia 24 minggu. 2. Kondisi Ibu Hamil Tidak Fit Cuaca yang ekstrim seperti saat ini tidak boleh disepelekan oleh kaum ibu. Sebentar panas dan sebentar hujan akan membuat ibu hamil rentan terkena penyakit.

Kondisi kesehatan wanita yang sedang hamil memang seringkali naik dan juga turun. Hal itulah yang menyebabkan kondisi kesehatan ibu hamil mudah terganggu terutama saat cuaca seperti ini. Jika kondisi ibu hamil tidak segera pulih maka kehamilannya akan rentan keguguran. Hal yang bisa menyebabkan keguguran : • Ibu hamil muda mengalami demam dengan suhu tubuh yang tinggi. Janin yang dikandung ibu hamil tidak bisa bertahan dengan suhu tubuh ibu hamil yang panas.

• Pusing juga membuat kondisi kandungan ibu hamil rentan keguguran. Hal ini disebabkan ibu hamil yang pusing tidak bisa menyeimbangkan tubuhnya sehingga rentan terjatuh dan terbentur. • Pilek dan batuk saat hamil Cara Mencegah • Rutin berkonsultasi ke dokter setiap bulannya • Ikuti saran dokter seperti konsumsi vitamin dan obat penguat kandungan • Jalani tips hidup sehat ibu hamil • Jangan stress. 3. Kehamilan Yang Tidak Diketahui Kehamilan pertama sering tidak diketahui oleh ibu hamil.

Banyak ibu hamil kehamilan pertama baru akan sadar saat usia kandungannya menginjak usia tiga bulan. Jika ibu hamil tidak tahu kalau dirinya sedang hamil, ibu hamil bisa melakukan hal-hal yang bisa menyebabkan dirinya keguguran. Ibu hamil juga tidak bisa menerapkan cara menjaga kehamilan muda agar sehat dan tidak keguguran.

Penyebab ketidaktahuan ibu hamil itu adalah ibu hamil sejak awal menikah menggunakan pil KB. Efek samping dari pil KB bisa membuat seorang ibu hamil tidak mengalami menstruasi sedangkan tanda kehamilan juga tidak menyebabkan larangan untuk ibu hamil muda agar tidak keguguran wanita menstruasi. Oleh sebab itulah ibu hamil tidak menyadari kehamilan yang terjadi padanya.

Hal yang bisa menyebabkan ibu hamil keguguran adalah hal-hal di bawah ini : • Terlalu banyak naik motor. Wanita yang menunda kehamilan bisa dikarenakan sibuk dengan kariernya. Banyak wanita yang suka pergi ke kantor menggunakan motor. Saat dirinya tidak sadar jika hamil, dia akan tetap bepergian menggunakan motor. Di jalan banyak sekali jalan dengan kondisi berlubang sehingga ibu hamil akan rentan jatuh dan kandungannya mengalami kontraksi dan terguncang.

(Baca juga : ibu hamil naik motor jauh) • Mengangkat beban berat. Hal inilah yang menyebabkan keguguran pada ibu hamil dikarenakan otot rahim akan menegang / kejang saat mengangkat beban berat. Ibu hamil yang tidak sadar jika sedang hamil akan melakukan aktivitas fisik seperti biasanya. Hal yang sering dilakukan oleh ibu hamil adalah mengangkat ember cucian basah yang banyak, menimba air dan masih banyak lagi lainnya.

• Wanita suka sekali menjaga penampilan dan kebugaran tubuhnya. Tidak jarang banyak wanita yang pergi ke gym untuk membentuk tubuhnya. Wanita yang tidak sadar kalau dirinya hamil saat di gym bisa melakukan olahraga berat. • Berlari dan melompat. Saat berlari perut dan rahim ikut tergerak. Semakin kencang berlari maka rahim juga akan semakin cepat bergerak. Hal itu sangat membahayakan embrio. Melompat akan membuat ibu hamil rentan terpeleset dan jatuh.

Tips • Test secara dini ketika sudah terlambat datang bulan 4. Menderita Penyakit Tertentu Penyakit tertentu juga akan membuat ibu hamil rentan terkena keguguran. Sebaiknya sebelum merencanakan pernikahan atau kehamilan wanita memeriksakan dirinya ke dokter. Apakah kondisi rahimnya bagus, sel telurnya bagus dan tentunya apakah wanita tersebut memiliki penyakit tertentu.

Banyak penyakit yang tidak terdeteksi secara kasat mata, penyakit itu berpengaruh pada rahim wanita. Berikut ini penyakit yang bisa menyebabkan keguguran : • Tokso merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus toksoplasma. Hal ini banyak yang menyebabkan ibu hamil menjadi keguguran. Bahkan jika sampai bayi tersebut dilahirkan, bayi akan mengalami kecacatan atau bahkan kematian. Ibu dengan virus ini harus menjalani terapi medis maupun terapi herbal.

Dalam kondisi yang lain, • Rubella merupakan virus yang bisa menyebabkan kondisi janin di dalam kandungan terkena campak. Rubella disebut juga dengan campak.

Bayi dengan virus ini tidak mampu bertahan di dalam kandungan. Rubella yang ada di dalam kandungan disebut dengan rubella kongenital yang bisa menyebabkan keguguran dan penyebab janin cacat. Misalnya saja bayi mengalami masalah pendengaran, penglihatan, jantung dan komplikasi lainnya. Rubella kongenital tidak bisa diobati.

Tips • Obati keluhan penyakit anda di dokter spesialis dengan memberitahukan kondisi kandungan anda. 5. Usia Wanita dengan usia tua sangat rentan untuk hamil dan juga melahirkan. Wanita yang rentan untuk keguguran adalah wanita yang mengandung di usia 30 tahun ke atas (Baca juga : resiko hamil di atas 35 tahun). Oleh sebab itu, wanita dengan usia di atas 30 tahun sebaiknya konsultasi kehamilan kepada dokter kandungan jika ingin hamil lagi.

Hal ini tidak terjadi pada wanita dengan kehamilan pertama saja namun bisa terjadi pada wanita dengan kehamilan yang ke sekian. Risiko Bayi : • Usia 30-34 • Tingkat keguguran adalah 11,7 persen. • Pada usia 30 risiko memiliki bayi dengan Down syndrome adalah 1 dari 952, dan bayi dengan kelainan kromosom, 1 dari 385. • Usia 34-40 • Tingkat keguguran mendekati 18 % • Tingkat kematian janin dua kali lebih rentan dibandingkan hamil di bawah usia tersebut • Usia 40-44 • 1 dari 106 lahir dengan sindrom Down (usia 40) • 1 dari 66 lahir dengan kelainan kromosom (usia 40) • 1 dari 38 lahir dengan sindrom Down (usia 44) • 1 dari 26 lahir dengan kelainan kromosom (usia 44) • Usia 45-50 • > 50% keguguran sebelum 20 minggu • Kelainan kromosom 1 dari 30 kelahiran (45 tahun) • Down sindrom 1 dari 21 (45 tahun) • Kelainan kromosom 1 dari 11 kelahiran (49tahun) • Down sindrom 1 dari 8 (49 tahun) Tips • Konsultasikan ke dokter terkait mengenai awal kehamilan anda dan terus rutin berkonsultasi setiap bulannya sesuai yang ditentukan dokter.

6. Usia Di Bawah 20 Tahun Sudah digalakkan untuk anak remaja agar tidak menikah muda begitu pula dilarang untuk berhubungan seksual di bawah usia 20 tahun. Larangan tersebut bukan karena tanpa alasan namun memiliki alasan yang kuat. Alasannya adalah bahaya hamil di usia muda, dinding rahim belum terlalu kuat untuk menopang embrio. Selain itu rahim juga belum siap untuk menerima kehamilan. Risiko : • Kelahiran prematur • Bayi memiliki berat badan lahir yang kurang • Terjadinya plasenta previa, plasenta menempel dengan rahim • Hipertensi saat hamil • toksemia, Meningkatnya tekanan darah dan kadar protein dalam larangan untuk ibu hamil muda agar tidak keguguran Tips: • Diawal kehamilan, jangan lewatkan obat penguat kandungan dari dokter.

7. Infeksi Wanita yang memiliki infeksi HPV atau infeksi jamur akan rentan terkena keguguran. Infeksi HV bisa menyerang kandungan sehingga menyebabkan keguguran atau lahir prematur. Sedangkan infeksi jamur yang menempel pada lapisan rahim bisa masuk dan menyerang rahim akibatnya janin akan mudah gugur. Cara mencegah • Jangan pernah konsumsi daging mentah atau tidak matang • Wajib hindari konsumsi telur setengah matang • Cuci dengan bersih semua makanan / sayuran / buah yang anda konsumsi • Hindari kontak dengan hewan peliharaan 8.

Jarak Kehamilan Yang Dekat Jarak kehamilan minimal adalah dua tahun dari kehamilan sebelumnya. Jika terjadi kurang dari itu janin akan mudah gugur karena kondisi rahim belum pulih benar. Untuk tidak heran dokter merekomendasikan jarak kehamilan yang masuk akal agar tidak terhindar dari berbagai masalah kehamilan.

• Persalinan Caesar, disarankan minimal hamil lagi setelah 2 tahun • Persalinan normal, disarankan minimal 1 tahun setelah melahirkan. Tips mencegah: Anda wajib menjaga selama 1 tahun atau dua tahun pertama agar tidak hamil, dengan menggunakan alat kontrasepsi atau menjaga kehamilan secara alami atau KB. 9. Pernah Keguguran Jika anda adalah seorang wanita yang pernah mengalami keguguran akan rentan untuk terkena keguguran kembali.

Hal ini dikarenakan kondisi fisik dan rahim anda mendukung untuk terjadinya hal tersebut. Jika anda pernah mengalami riwayat ini sebaiknya menceritakan secara detil pada dokter kandungan. Dengan pemeriksaan lebih lanjut maka anda akan diberi panduan yang benar agar terhindar dari keguguran kedua.

Saran : • Konsumsi vitamin dan obat penguat sesuai dengan anjuran dokter. • Hindari stres • Hindari terlalu capek • Istirahat yang cukup 10. Gaya Hidup Gaya hidup tidak sehat yang dilakukan wanita akan memicu keguguran dua kali lipat dibandingkan dengan wanita yang menerapkan pola hidup sehat. Gaya hidup yang menyebabkan keguguran adalah : • Merokok • Mengkonsumsi Alkohol.

• Mengkonsumi obat-obatan misal obat tidur, heroin dan narkoba. • Bergadang setiap hari. Penyebab keguguran hamil muda diatas wajib anda hindari agar janin sehat dan lahir dengan selamat.

Anda wajib menghindari kebiasaan atau gaya hidup yang sangat buruk di atas agar terhindar dari keguguran. Agar tidak keguguran : Larangan ibu hamil & Makanan sehat untuk ibu hamil
Tiga bulan pertama masa kehamilan adalah masa yang kritis.

larangan untuk ibu hamil muda agar tidak keguguran

Perlu perawatan ekstra untuk menjaga janin sehat dan tidak terjadi keguguran. Ahli kesehatan dr. Rifsia Ajani mengingatkan, pada periode tiga bulan awal (trimester pertama), ibu hamil harus menjaga asupan makanan guna menjaga janin dari cacat lahir.

Untuk itu, sebaiknya mengonsumsi asam folat 400 mg setiap hari selama 12 minggu untuk menjaga kesehatan bayi. Asam folat merupakan vitamin B yang larut dalam air. Banyak ditemukan pada sayuran berdaun hijau gelap, misalnya bayam, kangkung, sawi, atau brokoli. “Ibu hamil dilarang keras makan ikan mentah, seperti sushi dan sashimi,” ujar Rifsia. Bagaimana dengan hubungan seks saat hamil muda?

Menurut dokter Rifsia, itu boleh saja dilakukan. Dengan catatan, pada tiga bulan pertama kehamilan, sebaiknya frekuensi hubungan seksual tidak dilakukan sesering biasanya. “Dikhawatirkan bisa terjadi keguguran spontan,” ujarnya.

Selain itu, perlu juga diperhatikan posisinya agar tidak menindih perut, lantaran rahim masih lemah di usia kehamilan muda. Tak kalah penting adalah perlunya dilakukan koitus interuptus, yaitu ejakulasi sperma di luar vagina. “Sebab sperma mengandung prostaglandin yaitu zat yang bisa merangsang kontraksi uterus, sehingga bisa menyebabkan keguguran,” katanya. Kendati demikian, dia juga mengakui ada beragam alasan kehamilan muda bisa mengalami keguguran.

Di antaranya, tutur Rifsia, bisa karena trauma pada perut, penyakit, atau hal-hal ringan seperti nutrisi yang kurang bagus. Bisa juga karena kekejangan otot rahim yang kuat. Apa lagi yang harus dilakukan di saat hamil muda? Agar tak keguguran, perhatikan hal-hal berikut : 1. Berhentilah merokok atau megonsumsi minuman keras.

Risiko rokok dan alkohol pada bayi sangat buruk sehingga penting untuk menjauhkan bayi dari kedua hal tersebut. 2. Pada kondisi hamil muda, wanita sangat rentan terkena stres dan menolak untuk makan. Padahal, perut yang kosong dapat memperparah keluhan mual dan dapat menurunkan kesehatan ibu hamil yang pada akhirnya membahayakan kandungan. 3. Hendaknya mengonsumsi pisang untuk mengisi perut dan mulai mencari makanan dengan aroma segar seperti biskuit jahe, teh, salad, jus jeruk, atau mint.

4. Jaga keseimbangan psikologis agar mampu menaklukkan kesulitan di awal kehamilan yang biasanya tidak mudah dihadapi, terutama bagi wanita yang baru pertama kali mengalami kehamilan. 5. Wanita yang sedang hamil biasanya sering mengantuk. Jangan tunda untuk tidur saat serangan kantuk itu datang demi menjaga stamina dan menyimpan energi. 6. Hindari makanan yang banyak vitamin A dan perbanyak konsumsi makanan dengan zat besi. 7.

Jangan sembarang mengonsumsi obat, suplemen, atau zat-zat kimia lainnya. 8. Jangan larangan untuk ibu hamil muda agar tidak keguguran olah raga berat, misalnya, lari atau aerobik high impact. 9. Hindari pakaian larangan untuk ibu hamil muda agar tidak keguguran yang tidak lentur. Pakaian longgar atau elastis merupakan pilihan lebih baik karena tidak akan mengganggu perkembangan janin. Sama halnya dengan bra, kenakanlah yang nyaman.

• Tips hamil setelah keguguran, mohon share ny bunda2 • perawatan wajah saat hamil?? • Apa sih penyebab keguguran? • hubungan intim dikurangi di usia kehamilan 1-3 bln • suami istri pengendara motor, ada efek sampingnya ke promil ga ya? • stop makan pisang • seks dikehamilan 6 bulan • ngeliat/nonton foto/video melahirkan • Wanita Dengan 1 Indung Telur • Penantian telat haid 8 hari terjawab sudah agar kandungan kuat tidak lemah, agar tidak keguguran 1 minggu, amalan agar tidak keguguran, apa harus di lakukan hamil muda, biar janin kuat, cara agar tidak keguguran hamil muda, cara berhubungan hamil muda, cara jaga kandungan di awal kehamilan, cara menjaga agar tidak keguguran, cara menjaga awal kehamilan rumah, cara menjaga hamil muda agar tidak keguguran, cara menjaga kandungan agar tidak keguguran, cara menjaga kandungan pasca kuret, cara menjaga kandungan setelah keguguran, cara menjaga kandungan usia muda SaLam kenaL jg bun.

Bunda Lg promiL kah ? Maaf bunda Dhewie, kira smalam uda nggak online, Qu tinggal bobo dech, alnya lama Qu tunggu nggak ada respon. iya bund, aQ lg promil bund, stelah lama nunggu blum brhasil jg,jujur hmpir putus asa bund.

Sbenarnya aQ dah 3 kali hamil,tp 3 kali jg keguguran, tp yaaa brusaha postink ja bund, aQ yakin Allah kn Beri ssuatu yg indah tepat pda waktunya. duwwwh kpanjangan yaaa curhatnya??!!! Iya bund, aQ hanya ibu RT aja!!!

bund, kalo bunda berkenan, bisa baca thread Q di "Sedih tak kunjung hamil" n " Bunda2 di Balikpapan tolong bantuanya" disitu bunda bisa tau masalh yg aQ hadapi, alnya jujur bund, tiap aQ ingat n crita lg, pasti NANGIS LG!! tapi kalo tidak brkenan nggap papa jg bund!!! toch aQ bukan artis trkenal yg pengen ditau banyak orang,.

hehehehee Maaf bunda Dhewie, kira smalam uda nggak online, Qu tinggal bobo dech, alnya lama Qu tunggu nggak ada respon. iya bund, aQ lg promil bund, stelah lama nunggu blum brhasil jg,jujur hmpir putus asa bund. Sbenarnya aQ dah 3 kali hamil,tp 3 kali jg keguguran, tp yaaa brusaha postink ja bund, aQ yakin Allah kn Beri ssuatu yg indah tepat pda waktunya. duwwwh kpanjangan yaaa curhatnya??!!! Sabar ya bunda.

aq jga 2 hari yg lalu keguguran lg buat yg kedua kalinya. semoga ga terjadi lg ya bunda. @bunda dhewie: mkasih ya tipsnya. Sabar ya bunda. aq jga 2 hari yg lalu keguguran lg buat yg kedua kalinya. semoga ga terjadi lg ya bunda. @bunda dhewie: mkasih ya tipsnya. Semangat ya bunda,nunggu 3x menstruasi baru bunda coba Lagi tujuan'y biar tidak terjadi keguguran u/ yg berikut'y kan nunggu si rahim kuat Lagi.

---------- Post added at 08:51 ---------- Previous post was at 08:48 ---------- salam kenal bunda dhewi dan bunda" smwanya.,saya mau nanya nich.saya jga prnah keguguran sekitar 3 blan lalu.dan skg kta dokter udah boleh promil lagy.dan skg lagy H2C krna udah telat 2 hri.tapi gag tau nih hamil atau karna sakit.karna saat in saya lagi batuk dan tak kunjung sembuh hampir 2 mgguan.kadang kalau batuk sampai muntah.nah yang mau saya tanyakan,apakah ini ada hbnganya dgn kehamilan?

dan boleh gag saya minum obat batuk di apotik?karna saya takut kalau benar saya hamil n minum obat sembarangan nanti takutnya pengaruh dgn janin saya.mohon minta saranya bagi bunda yang tau dgn keadaan ini.makasih. Topik yang mirip Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir ~♥ Bisnis Untuk Buah Hati dan Keluargaku.♥~ -- Area Promosi 0 Kelambu nyamuk Modern - Bed Canopy ♥♥♥ -- Area Promosi 1 ▓♥♥♥▓ Legging Jeans Trendy harga Super Murah, untuk pakai atau jual lagi ▓ -- Area Promosi 0 ♥Sewa pakaian adat nasional & internasional untuk anak".

♥ -- Area Promosi 0 ♥ Membedakan Pendarahan di Saat Hamil ♥ -- Diskusi Umum 56Saat mengandung kita sebagai calon ibu tidak boleh sembarangan dalam melakukan segala sesuatunya, mulai dari cara memilih makanan hingga membatasi kegiatan yang sekiranya berbahaya serta menggangu perkembangan janin dalam rahim.

Hal ini dilakukan demi kenyamanan dan juga keselamatan janin yang masih sangat rawan dan berada di usia yang belum ‘aman’. Biasanya umur ‘aman’ dalam usia kandungan adalah bila sudah memasuki trimester kedua. Untuk menghindari berbagai masalah dan kejadian yang kurang menyenangkan di kemudian hari, berikut beberapa pantangan ibu hamil muda 1 minggu agar tidak keguguran.

• Mengkonsumsi buah pepaya Pepaya sebaiknya tidak dikonsumsi bagi ibu yang sedang hamil, apalagi mereka yang baru saja memulai masa kehamilannya. Dalam buah papaya terdapat kandungan papain dan pepsin yang dapat menghambat pertumbuhan janin dan zat lateks yang bisa menyebabkan kontraksi di rahim serta memicu tanda keguguran tanpa pendarahan.

• Memakan olahan tepung dan makanan kemasan Olahan tepung akan membuat ibu hamil mengalami lonjakan berat badan yang sulit untuk dikendalikan. Beda halnya dengan makanan kemasan yang mengandung bahan pengawet sehingga berbahaya bagi kesehatan janin dalam kandungan. Dan ibu hamil harus waspada dengan berbagai bahaya snack bagi ibu hamil janin anak dan balita. • Meminum produk dan olahan susu yang tidak melewati proses pasteurisasi Olahan yang sangat enak untuk dikonsumsi berikut ini bisa jadi berbahaya bila kita tidak teliti dalam memilihnya.

Misalnya pada produk dan olahan susu yang tidak melewati proses pasteurisasi. Produk dan olahan susu ini tidak lagi menyehatkan sebab mikroba akan secara bebas berkembang dalam susu yang tidak di pasteurisasi. Jika sudah seperti ini maka sang jabang bayi akan mengalami gangguan dalam tumbuh kembangnya selama berada di kandungan.

• Berdiri atau duduk terlalu lama Selama kehamilan bahkan sejak awal kehamilan duduk, berdiri atau berada dalam posisi yang sama dengan jangka waktu yang lama akan membuat berbagai masalah timbul.

Misalnya seperti pergelangan kaki dan vena yang membengkak. Untuk mengatasinya coba beri sedikit jeda dengan beristirahat dalam setiap pergerakan. Bisa dengan menggerakan kaki sambil duduk. Dan jangan sampai kelelahan agar tidak terkena bahaya kelelahan pada ibu hamil. • Melakukan akupuntur/pijat Pada awal kehamilan biasanya terjadi peningkatan nyeri punggung dan pinggang yang sering membuat ibu hamil ingin segera memijat tubuhnya. Namun hal ini ternyata menjadi salah satu pantangan bagi orang hamil, khususnya mereka yang hamil muda sebab pijatan atau akupuntur bisa membuat sang janin terganggu hingga terhambat proses perkembangannya.

• Tidak berada di tampat sauna/ berendam dalam kolam hangat Cara lain yang dipercaya dapat menghilangkan pegal dan sakit selama kehamilan adalah dengan berendam dalam air hangat atau melakukan sauna. Padahal keduanya ternyata memiliki efek yang berbahaya nih untuk ibu hamil. Jika berendam dalam air hangat, sang ibu akan merasa rileks dan nyaman, namun janin yang berada dalam kandungannya akan mendapatkan efek berbahaya seperti cacat lahir.

Jika ingin menenangkan diri dengan air hangat, disarankan hanya dengan mandi dengan air hangat, tidak dengan berendam. Bila masih menginginkan sauna, sebaiknya anda berpikir dua kali dan mengurungkan niat tersebut. Sebab jika ibu yang sedang hamil muda melakukan sauna dapat menghambat perkembangan janin yang terkandung dalam rahimnya. • Memelihara hewan berbulu seperti kucing Kucing menjadi salah satu hewan yang mengkhawatirkan saat berada di dekat ibu hamil, khususnya mereka yang masih hamil muda.

Sebab kucing menghasilkan parasit yang sangat berbahaya bagi janin dalam perut. Virus tersebut bernama Toxoplasma gondii yaitu virus yang dapat ditemukan pada kotoran kucing atau tanag yang telah terkontaminasi dengan virus tersebut. Resiko ibu hamil yang terjangkit virus ini dapat berakibat hingga keguguran serta kerusakan otak dan kebutaan pada bayi yang belum lahir.

Penyakit toxoplasma pada ibu hamil bisa menyebabkan kondisi serius untuk ibu dan janin dalam kandungan. • Mewarnai rambut Kandungan bahan kimia yang terdapat dalam pewarna rambut bisa terserap tidak hanya oleh rambut dan kulit kepala anda saja. Namun pewarna itu akan masu ke dalam lapisan kulit hingga ke aliran darah. Dengan begitu, zat kimia tadi bisa tersalurkan kepada janin dalam kandungan.

Jika hal itu terjadi berbagai pengaruh buruk bisa terjadi, seperti cacat atau lambatnya perkembangan janin. • Berolahraga Melakukan kegiatan yang satu ini memang bisa menyehatkan tubuh. Tapi untuk ibu yang baru saja memulai masa kehamilannya, hal ini tidak disarankan dan harus dihindari. Saat awal kehamilan keadaan ibu dan sang jabang bayi masih sangat ringkih dan butuh ekstra hati-hati dalam melakukan kegiatan olahraga. Hindari olahraga berat seperti mengangkat beban, lompat-lompatan atau berlari cepat.

Untuk menjaga kesehatan, cukup lakukan olahraga untuk ibu hamil yang ringan seperti jogging atau berenang dengan durasi waktu 30 menit per harinya. Dengan berolahraga anda juga akan lebih mudah mengontrol lonjakan kenaikan berat badan. • Mengkonsumsi kafein Bagi para wanita yang menyukai produk kafein seperti kopi mungkin sulit untuk bisa berhenti mengkonsumsinya selama kehamilan. Kafein pada dasarnya sah-sah saja dikonsumsi selama anda hamil, namun pastikan batasi takarannya.

Takaran yang diperbolehkan untuk ibu yang sedang hamil muda ialah 200mg kafein per harinya. Tapi jumlah tersebut bisa berbeda pada setiap ibu hamil, tergantung pada kekuatan dan kekebalan tubuh yang dimiliki bayi dan sang ibu.

Lebih baik konsultasikan hal ini pada dokter atau bidan untuk memastikannya secara jelas dan aman. • Meminum obat bebas Dalam obat-obatan sudah dipastikan terkandung banyak zat-zat kimia yang tergabung di dalamnya.

Hal ini harus dihindari oleh ibu hamil sebab bisa berbahaya bagi sang anak yang berada dalam rahimnya. Obat-obatan bisa menganggu proses pertumbuhan bayi, jika memang diperlukan untuk mengkonsumsi obat ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter atau bidan. • Jangan mengecat kamar untuk sang buah hati Dalam rangka menyambut hari bahagia kelak, segala persiapan pasti dilakukan dari jauh-jauh hari oleh calon ibu dan ayah.

Namun sebaiknya ibu yang sedang mengandung tidak ikut serta mengecat kamar bayi sebab akan berbahaya bagi bayi itu pula. Racun atau toksin akan terhirup sang ibu dan mengakibatkan bayi mengalami masalah di kemudian harinya. Memang tidak ada cara mengukur racun yang terdapat dalam cat tersebut, tapi cara paling aman dalam mengurangi paparan aroma cat adalah dengan menghindarinya dan memberikan tugas ini pada orang lain. • Mengkonsumsi ikan mentah Ikan mentah memang memiliki berbagai khasiat dan vitamin yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Namun ternyata hal ini tidak lagi berlaku bagi ibu hamil karena hal buruk malah bisa terjadi. Konsumsi ikan mentah khusus nya kerang bisa menyebabkan kuman dan bakteri berkembang biak hingga menyebabkan infeksi.

Salah satu infeksi yang kerap menyerang ibu hamil adalah infeksi Listeria. Bakteri ini biasa ditemukan dalam air atau tanaman yang telah terkontaminasi. Listeria dapat menyerang bayi melalui plasenta sehingga bisa menyebabkan keguguran atau kelahiran yang prematur. • Mengkonsumsi tauge mentah Tauge rentan terkontaminasi oleh bakteri Salmonella. Bakteri ini menyerang ke dalam bibit tunas yang ada di dalam tauge.

Sehingga meskipun sudah dicuci bakteri ini sulit untuk dihilangkan. Oleh karenanya ibu hamil muda tidak disarankan mengkonsumsi tauge mentah, untuk mematikan bakteri tersebut, disarankan untuk mengolah tauge terlebih dahulu.

• Menyantap berbagai olahan makanan asap Masih larangan untuk ibu hamil muda agar tidak keguguran tentang bakteri yang terdapat dalam makanan itu sendiri, berbagai olahan makanan asap memiliki kandungan bakteri Listeria monocytogeneses yang menyebabkan diare atau muntah-muntah.

Hal ini bisa menyebabkan sang ibu dan jabang bayi kekurangan cairan dan energi. Jika dibiarkan terus menerus hal ini bisa berujung pada keguguran dan bayi yang lahir dalam kondisi tak bernyawa. Agar terhindar dari berbagai dampak buruk yang tidak dingiinkan, sebaiknya ibu hamil khususnya yang baru saja memulai masa kehamilannya, menghindari melakukan dan mengkonsumsi hal yang sudah tertera di atas. Jadi tetap hindari semua pantangan ibu hamil muda 1 minggu agar tidak keguguran dan bayi lahir dengan sehat.
Larangan ibu hamil muda – Ketika kehamilan telah Anda dapatkan, hal yang paling sempurna untuk dilakukan ialah merawatnya dengan baik dan berhati – hati dalam melaksanakan aktivitas.

Selama kehamilan berlangsung bunda harus memperhatikan asupan nutrisi semoga janin bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Jangan hingga ibu hamil kekurangan gizi lantaran sangat besar lengan berkuasa besar pada perkembangan janin.

Selain memperhatikan asupan nutrisi bunda hamil juga harus hati – hati dalam melaksanakan acara yang akan dilakukan. Segala macam acara yang dulu sebelum hamil dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh bisa menjadi ancaman ancaman bagi janin jikalau tidak dilakukan dengan hati – hati. Misalnya saja olahraga, walaupun acara ini sangat baik bagi kesehatan ibu hamil tapi beberapa jenis olahraga harus dihindari pada ketika sedang hamil demi menjaga keselamatan janin. Konsumsi makanan dan minuman juga harus hati – hati, jangan hingga sembarangan minum.

Minuman yang mengandung alkohol dan kafein merupakan jenis minuman yang harus dipantang selama kehamilan berlangsung lantaran janin dalam kandungan masih sangat sensitif terhadap zat tersebut. Makanan yang dimasak setengah matang atau dimakan mentah juga tidak boleh dikonsumsi ibu hamil lantaran besar kemungkinan tercemar oleh kuman berbahaya. Di antara sekian banyak ibu hamil, masih banyak yang belum mengetahui secara niscaya apa saja yang perlu dihindari selama kehamilan berlangsung.

Oleh lantaran itu pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan gosip mengenai apa saja yang tidak boleh dilakukan selama hamil. (FOTO : pixabay.com) Larangan Ibu Hamil Muda Ada beberapa hal yang perlu dihindari selama masa kehamilan berlangsung baik berupa acara maupun makanan dan minuman. Agar lebih gampang memahami klarifikasi ini kami akan menjadikan klarifikasi ini menjadi dua kategori yaitu acara yang membahayakan ibu hamil dan makanan / minuman yang perlu dihindari ketika hamil.

Berikut ulasannya. Aktivitas yang Dilarang untuk Ibu Hamil Sebenarnya selama kehamilan berlangsung Anda bebas melaksanakan acara selama janin tidak terganggu kesehatan dan keselamatannya. Untuk itu, coba perhatikan beberapa acara berikut untuk merawat kehamilan tetap sehat. Olahraga Olahraga bisa saja menjadi larangan bagi ibu hamil terutama ibu hamil muda, namun tidak semua olahraga dilarang, justru malah dianjurkan. Yang perlu Anda hindari ketika hamil ialah olahraga ekstrim lantaran sangat beresiko membahayakan keselamatan janin.

Olahraga yang dianjurkan untuk ibu hamil ialah olahraga ringan ibarat jalan, senam, senam pernapasan, yoga, renang dan lainnya. Untuk lebih jelasnya silakan kunjungi post kami dengan judul olahraga yang kondusif untuk ibu hamil muda Naik pesawat Pendapat mengenai boleh dan tidaknya ibu hamil naik pesawat hingga kini masih menuai kontroversi, namun dominan pendapat menyatakan bahwa naik pesawat kondusif dilakukan oleh ibu hamil dengan syarat : ⇒ Tidak dilakukan selama lebih dari 4 jam ⇒ Tidak mengalami komplikasi kehamilan ⇒ Tidak sedang hamil anak kembar Meski demikian, Anda perlu mempertimbangkan ulang bepergian Anda dengan pesawat terbang, apalagi kalau usia kehamilan Anda masih muda.

Mengapa demikian ? lantaran bepergian dengan pesawat terbang itu sangat banyak resikonya, apalagi kalau sedang cuaca buruk. Jika Anda tetap harus melaksanakan perjalanan udara sebaiknya terapkan beberapa tips yang telah kami tulis pada artikel sebelum ini dengan judul hamil muda naik pesawat, amankah ?

Merokok Merokok ialah larangan ibu hamil muda maupun ibu hamil di segala usia, lantaran kandungan nikotin dalam rokok sangat mensugesti kesehatan janin dalam kandungan.

Ibu hamil yang tidak mau berhenti merokok ketika kehamilan berlangsung, janin dalam kandungan sangat beresiko terlahir cacat dan memiliki berat tubuh di bawah rata – rata, bahkan bisa mengalami keguguran. Bekerja di depan komputer Sebenarnya boleh – boleh saja ibu hamil bekerja di depan komputer namun ibu hamil harus mengusahakan untuk sering bergerak setidaknya setiap satu jam sekali. Ibu hamil yang duduk terlalu usang tanpa diselingi dengan gerak bisa menciptakan peredaran darah tak berjalan dengan lancar, kesannya kaki bisa bengkak.

Kontak pribadi dengan cat Selama kehamilan berjalan sebaiknya Anda hindari kontak pribadi dengan cat lantaran za kimia yang terkandung di dalamnya bisa masuk ke dalam tubuh dengan gampang melalui udara.

Orang biasa saja terkadang pusing sehabis menghirup anyir cat, apalagi janin yang masih ada dalm kandungan. Memang belum ada hasil penelitian yang menyatakan ancaman niscaya apabila anyir cat dihirup ibu mengandung, namun pencegahan akan lebih baik sebelum terjadi hal yang tak diinginkan.

Memakai stocking Memakai stocking termasuk larangan larangan untuk ibu hamil muda agar tidak keguguran ibu hamil lantaran bisa menghambat peredaran darah di kaki. Peredaran darah tak lancar pada kaki bisa menjadikan kaki nanah sehingga cukup mengganggu acara sehari – hari. Jika Anda terpaksa harus menggunakan stocking sebaiknya pakai stocking yang terbuat dari materi lunak untuk memperkecil resiko kaki bengkak. Sepatu berhak tinggi Pemilihan sepatu atau sandal selama hamil harus diperhatikan, jangan menggunakan sepatu dan sendal berhak tinggi hanya lantaran mengikuti mode.

Mengapa sepatu berhak tinggi dihentikan ? lantaran sangat beresiko terpeleset, apalagi kalau usia kehamilan telah memasuki trimester ketiga. Walaupun Anda suka dengan sepatu berhak tinggi sebaiknya jangan digunakan dulu selama kehamilan berjalan. Makanan Larangan Ibu Hamil Selain beberapa acara dan gaya hidup yang telah dijelaskan di atas, masih ada beberapa hal yang perlu dihindari ibu hamil, yaitu mengkonsumsi makanan dan minuman tertentu.

Berikut ini ialah beberapa makanan yang dan minuman yang perlu dihindari selama kehamilan berlangsung Alkohol Makanan dan minuman yang mengandung alkohol harus dihindari oleh ibu hamil lantaran zat yang terkandung dalam alkohol bisa mengakibatkan banyak sekali macam dilema pada janin ibarat kerusakan organ dalam, pertumbuhan otak pertumbuhan fisik terhambat dan sangat beresiko terlahir cacat.

Walaupun ada orang yang menyampaikan kalau anaknya tak apa – apa padahal beliau minum alkohol namun Anda jangan terpengaruh lantaran para mahir kesehatan setuju bahwa alkohol sangat beresiko pada kesehatan dan tumbuh kembang janin.

Daging setengah matang Konsumsi daging bisa menjadi larangan bagi ibu hamil jikalau dimasak tidak hingga matang. Mengapa ibu hamil dihentikan makan daging yang dimasak setengah matang ? lantaran daging tersebut jikalau tidka dimasak hingga benar – benar matang besar kemungkinan tercemar oleh kuman berbahaya yang mengancam kesehatan dan keselamatan janin.

Tokoplasma misalnya, kuman ini jikalau hingga masuk ke tubuh ibu hamil bisa saja mengganggu kesehatan janin bahkan bisa mengakibatkan keguguran. Minuman mengandung kafein Sebagaimana yang telah kami sampaikan di awal bahwa minuman berkafein seharusnya dihindari ibu hamil semenjak awal masa kehamilan.

Sebenarnya larangan mengkonsumsi minuman berkafein itu tidak mutlak tapi sebatas untuk membatasi saja, jangan berlebihan. Kafein yang dikonsumsi oleh insan bisa meningkatkan rasa rileks, namun efeknya anutan darah ke rahim berkurang sehingga membahayakan kesehatan janin. Obat pereda sakit menjalani kehamilan memang perlu kesabaran ekstra pasalnya banyak keluhan yang dijumpai selama masa kehamilan berlangsung mulai dari pusing, mula, muntah, lelah, sakit punggung, larangan untuk ibu hamil muda agar tidak keguguran pinggang dan lain – lain.

Di dalam menghadapi segala macam keluhan yang muncul Anda tidak boleh sembarangan minum obat yang dijual di toko obat. Jika Anda terpaksa harus minum obat, pastikan semua atas resep dokter. Itulah larangan ibu hamil muda yang bisa kami rangkum. Dengan gosip ini kami berharap Anda bisa terus menjaga kehamilan dengan benar sehingga kehamilan berjalan dengan lancar hingga masa persalinan tiba. Perawatan Kehamilan
Advertisement Kebanyakan dari larangan ini terkait gaya hidup yang mungkin sering Anda lakukan dalam keseharian. Namun, calon ibu juga tidak perlu terlampau khawatir.

Pasalnya, kebiasaan ini bisa Anda ubah demi kesehatan dan kesejahteraan ibu serta janin. Catat 9 larangan ibu hamil trimester pertama ini Agar proses kehamilan dan perkembangan janin berjalan dengan baik, maka sebaiknya Anda mematuhi beberapa larangan berikut ini: 1. Jangan mengonsumsi alkohol Minum alkohol saat hamil menyebabkan bayi alami fetal alcohol syndrome Larangan ibu hamil trimester pertama ini mungkin paling sering Anda dengar.

Apa alasannya? Mengonsumsi alkohol, baik saat trimester 1 maupun fase lainnya, berpotensi memicu sindrom alkohol pada janin.

Kondisi ini terjadi karena alkohol bisa mencapai bayi melalui plasenta sang ibu. Jika tak diantisipasi, kelebihan alkohol pada janin bisa menyebabkan bayi mengalami f etal alcohol syndrome (FAS). Ini akan menyebabkan bayi mengalami kelainan fisik, kecacatan intelektual, kejang, pertumbuhan yang buruk, hingga keterlambatan perkembangan. 2. Jangan merokok Bila Anda terbiasa merokok sebelum hamil, Anda sebaiknya menghentikan kebiasaan ini.

Ingatlah bahwa selain nikotin, rokok mengandung ribuan zat aditif lain. Ketika diisap, zat-zat berbahaya tersebut dapat melewati plasenta dan mencapai janin.

Akibatnya, lahir prematur dan berat badan lahir rendah bisa saja terjadi. Inilah yang membuat rokok menjadi larangan ibu hamil trimester pertama. Selain itu, hindari pula hal yang membuat Anda terpapar asap rokok. Terbukti, asap rokok membuat bayi berisiko lahir dengan berat badan rendah. 3. Jangan sembarangan minum obat Hindari konsumsi obat tanpa konsultasi dokter bagi ibu hamil trimester 1 Selain menghindari makanan yang dilarang untuk ibu hamil trimester pertama, pastikan Anda mematuhi larangan ibu hamil trimester pertama dengan tidak mengonsumsi obat obatan sembarangan.

Beberapa contoh jenis obat yang harus dihindari adalah ibuprofen, obat flu, obat jerawat, dan obat penghambat enzim. Aneka obat ini disinyalir bisa membahayakan janin. Tak hanya itu, sebagian besar obat herbal pun ada baiknya dihindari oleh ibu hamil. Bila Anda tetap ingin mengonsumsinya, selalu diskusikan dengan dokter terlebih dulu. 4. Jangan mengonsumsi makanan mentah Larangan ibu hamil trimester pertama lainnya adalah makanan mentah atau setengah matang.

Pasalnya, bahan pangan ini bisa menyebabkan kondisi serius pada kehamilan. Efek dari konsumsi salah satu makanan yang dilarang untuk ibu hamil trimester pertama mulai dari keguguran, bayi yang lahir dalam kondisi cacat, hingga kematian. Contoh makanan yang dilarang untuk ibu hamil trimester pertama adalah daging dan telur yang mentah atau setengah matang.

Sebab, ini rawan membawa bakteri atau kuman penyebab listeriosis dan toksoplasmosis. Karena itu, masaklah dengan baik agar risiko ini bisa dihindari.

5. Jangan mengonsumsi susu tanpa pasteurisasi Susu yang tidak dipasteurisasi sebabkan infeksi bakteri pada ibu hamil trimester 1 Ibu hamil muda memang butuh asupan kalsium. Namun, mengonsumsi susu yang tidak dipasteurisasi adalah larangan ibu hamil trimester pertama. Susu tanpa pasteurisasi berarti belum mengalami proses pemanasan guna menghilangkan bakteri. Bisa saja produk ini mengandung bakteri Listeria yang dapat menyebabkan penyakit, keguguran, bahkan kematian.

Baca Juga • Obat Mual untuk Ibu Hamil, Apa Saja Jenisnya? • Pola Makan Sehat untuk Ibu Hamil dengan Diabetes Melitus • Takut Hamil atau Melahirkan? Bisa Jadi Anda Menderita Tokophobia 6. Jangan mandi dan berendam di air terlalu panas Larangan wanita hamil trimester pertama berikutnya adalah mandi atau berendam di air yang terlalu panas.

Menurut beberapa studi, kegiatan ini bisa membahayakan janin. Salah satu bahaya kebiasaan ini adalah meningkatkan risiko cacat pada tabung saraf. Makin lama durasi mandi atau berendam seorang calon ibu, makin tinggi pula paparan suhu panas yang memperbesar risiko tersebut. 7. Jangan melakukan gerakan olahraga ini Hindari gerakan sit-up saat hamil trimester 1 agar janin tidak terbentur Ibu hamil sebaiknya menghindari gerakan olahraga di bawah ini: • Meloncat atau melompat • Mengubah arah gerakan dengan cepat • Gerakan yang menghentak • Gerakan yang melibatkan perut dan punggung seperti sit-up Aktif berolahraga memang bisa membantu dalam menyehatkan ibu dan janin, asal jenis gerakan senamnya sesuai.

Jadi pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter atau bidan mengenai durasi dan jenis olahraga yang tepat. 8. Jangan mengangkat beban berat Perhatikan juga beban atau barang bawaan yang aman untuk ibu hamil. Mengangkat beban terlalu berat merupakan aktivitas yang tidak boleh dilakukan ibu hamil trimester pertama. Sebab, ini bisa mengakibatkan beberapa kondisi berikut: • Otot tertarik • Turun berok atau hernia • Bayi lahir dengan berat badan yang rendah • Kelahiran prematur 9.

Jangan membersihkan kotoran hewan piaraan Hindari membersihkan kotoran hewan agar tidak terinfeksi parasit Memiliki hewan peliharaan mungkin baik untuk kesehatan jiwa ibu hamil. Namun sebaiknya hindari membersihkan kotoran mereka. Kotoran hewan bisa saja sudah terkontaminasi parasit Toxoplasma gondii.

Parasit ini dapat menyebabkan gangguan toksoplasmosis. Toksoplasmosis termasuk penyakit berbahaya bagi ibu hamil dan janin karena bisa menyebabkan: • Peningkatan risiko keguguran • Kebutaan dan kerusakan otak pada janin Karena itulah, para ahli memasukkan kebiasaan membersihkan kotoran hewan sebagai salah satu pantangan ibu hamil trimester pertama hingga akhir program kehamilan.

10. Jangan makan tergesa-gesa Riset dari Revista-medico chirurgicala a Societatii de Medici si Naturalisti din lasi membuktikan, hormon progesteron pada kehamilan trimester 1 berperan andil dalam heartburn atau Gastroesophageal reflux disease ( GERD).

Sebab, progesteron menyebabkan cincin antara kerongkongan dan lambung pun melemah. Oleh karena itu, asam lambung pun naik menuju kerongkongan. Terlebih, makan terburu-buru pun juga meningkatkan risiko naiknya asam lambung. 11. Jangan makan ikan yang tinggi merkuri Hindari makan makarel karena sudah tinggi akan kontaminasi merkuri Beberapa jenis ikan diketahui sebagai makanan yang dilarang untuk ibu hamil trimester pertama.

Rupanya, hal ini diakibatkan ikan mengandung merkuri. Ikan terbukti terpapar kandungan ini dari habitatnya. Diketahui, merkuri merupakan logam berat yang mampu membahayakan perkembangan janin. Ikan yang terbukti tinggi akan merkuri adalah: • Hiu • Makarel • Pari • Ikan todak • Barramundi • Tuna sirip biru Buah yang dilarang untuk ibu hamil trimester pertama Hindari makan nanas saat hamil trimester 1 Meski buah memiliki beragam khasiat untuk kesehatan, rupanya beberapa buah justru menjadi larangan ibu hamil trimester pertama.

Sebab, makanan yang dilarang untuk ibu hamil trimester pertama ini akan membahayakan janin maupun kondisi ibu hamil Untuk itu, inilah daftar buah yang dilarang untuk ibu hamil hamil trimester pertama. • Nanas, mengandung bromelain yang memecah protein • Asam jawa, tinggi vitamin C, konsumsi berlebihan justru mampu menahan produksi progesteron dan sebabkan keguguran. • Pepaya muda, kandungan papain dan lateks memicu larangan untuk ibu hamil muda agar tidak keguguran, alergi, dan kontraksi dini.

• Pisang, kandungan chitinase di dalamnya sebabkan suhu tubuh naik. • Semangka, tinggi gula, tingkatkan risiko diabetes gestasional. • Durian, tinggi karbohidrat, sebabkan berat janin terlalu besar sehingga susah lahir. • Anggur, adanya komponen resveratrol yang memicu hormon tidak stabil.

• Tomat kalengan, kandungan pengawetnya mampu membahayakan kesehatan ibu dan janin. Baca Juga • Waktu yang Tepat untuk Tes Kehamilan, Pasangan Wajib Tahu • Janin Aktif Bergerak Sebelah Kanan, Haruskah Ibu Hamil Waspada?

• Apa Saja Fungsi Air Ketuban dan Masalah yang Menyertainya? Perhatian juga konsumsi minuman ini Kafein pada kopi akan membahayakan janin sejak usia kehamilan trimester 1 Selain mematuhi aneka larangan ibu hamil trimester pertama di atas, ibu hamil juga harus bijak dalam mengonsumsi kopi atau teh.

Minuman ini tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Kenapa? Pasalnya, ada kekhawatiran bahwa konsumsi kopi yang terlalu banyak dapat meningkatkan risiko anak terkena ADHD dan migrain di kemudian hari. Selain makanan yang dilarang untuk ibu hamil trimester pertama, minuman teh, terutama teh herbal tertentu seperti teh peppermint dan teh daun larangan untuk ibu hamil muda agar tidak keguguran merah juga sebaiknya dijauhi.

Kedua minuman ini dikaitkan dengan risiko kontraksi pada ibu hamil dan lahir prematur. Jika tidak bisa patuh terhadap larangan ibu hamil trimester pertama berupa kebiasaan minum teh atau kopi ini, berkonsultasilah pada dokter guna mendapatkan takaran yang aman. Di samping kopi dan teh, minuman popular lain yang harus diwaspadai adalah soda. Umumnya, minuman ini mengandung pemanis buatan bernama aspartam.

Meski bahaya aspartam dianggap ringan untuk ibu dan janin, menghindarinya adalah langkah yang bijak. Catatan dari SehatQ Larangan ibu hamil trimester pertama ini memang terkesan rumit. Namun, sebaiknya tetap diwaspadai dan dipatuhi. Jangan menunggu sampai Anda memiliki gejala baru menurutinya. Bagaimanapun juga, semua larangan ini memiliki tujuan yang sama, yaitu menjaga agar sang ibu dan janin tetap sehat dan terhindar dari kondisi yang tidak diinginkan.

Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar larangan ibu hamil trimester pertama maupun masalah kehamilan lainnya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play. Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322873 Diakses pada 3 Desember 2020 WebMD.

https://www.webmd.com/baby/pregnancy-myths-dos-donts Diakses pada 3 Desember 2020 Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/dos-and-donts Diakses pada 3 Desember 2020 Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/pregnancy-bathtub Diakses pada 3 Desember 2020 Pregnancy Birth Baby: https://www.pregnancybirthbaby.org.au/things-to-avoid-during-pregnancy Diakses pada 3 Desember 2020 Victoria State Government.

https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/mercury-in-fish Diakses pada 18 Januari 2021 Revista-medico chirurgicala a Societatii de Medici si Naturalisti din lasi.

https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/14756022/ Diakses pada 18 Januari 2021

LARANGAN IBU HAMIL YANG BISA BERDAMPAK BURUK BAGI JANIN




2022 www.videocon.com