Sebutkan cara menendang atau menyepak bola

sebutkan cara menendang atau menyepak bola

Teknik Cara Menendang Bola Dengan punggung kaki pada Permainan Sepakbola (image wikihow) Cara Menendang Bola dalam Permainan Sepakbola Beserta Gambarnya – Menendang bola dalam permainan sepak bola merupakan sebuah tindakan yang sangat penting dan diutamakan terlebih lagi jika menendang bola yang dilakukan menggunakan teknik yang tepat dan benar maka hal tersebut dapat memberikan banyak keuntungan dalam permainan sepakbola karena bisa menciptakan gol yang spektakuler.

Dalam permainan sepakbola dikenal beberapa teknik cara menendang bola dalam permainan sepakbola hal ini merupakan bagian teknik dasar yang sudah seharusnya dimiliki dan diketahui oleh para pemain bola tentunya. Namun bagi anda yang ingin mengetahui teknik terkait mengenai cara menendang bola yang baik dan benar anda bisa memperhatikan beberapa ulasan mengenai teknik menendang bola berikut ini.

Permainan sepak bola tidak pernah lepas dari yang namanya teknik menendang bola.

sebutkan cara menendang atau menyepak bola

Hal ini diutamakan karena dalam permainan sepak bola, bola diberi perlakuan dengan cara ditendang atau digiring dan hampir sepenuhnya dilakukan oleh kaki, entah itu kaki bagian luar, kaki bagian dalam atau punggung kaki atau kura – kura kaki. Untuk lebih jelasnya lagi berikut beberapa ulasan mengenai teknik cara menendang bola dalam permainan sepakbola. Daftar Isi • Cara Menendang Bola : • Cara menendang bola menggunakan kaki bagian dalam : • Cara menendang bola dengan kaki bagian luar : • Teknik menendang bola dengan punggung kaki atau kura-kura kaki : • Cara Menendang Bola agar Masuk ke Gawang : Cara Menendang Bola : Prosedur dalam menendang bola terdapat tiga teknik yang dapat kita lakukan, semua ini juga dilakukan disaat momen yang tepat atau peluang saat bermain sepakbola, berikut 3 teknik menendang bola dalam permainan sepak bola.

Cara menendang bola menggunakan kaki bagian dalam : Teknik menendang bola dengan kaki bagian dalam ini dilakukan dengan cara : • Posisi tubuh harus benar. Posisikan tubuh terlebih dahulu yaitu menghadap arah bola • Kemudian kaki yang akan digunakan untuk menendang sedikit ditekuk dan kaki tumpu menahan bola.

• Kaki dibuka kearah luar lalu ayunkan kaki kebelakang untuk bersiap menendang bola. • Ayunkan kaki kedepan dengan sasaran utamanya adalah bola. • Condongkan tubuh kebagian depan untuk menahan keseimbangan dan untuk membuat tendangan jauh. • Pastikan saat menendang bola juga menggunakan kekuatan otot perut dan lakukan tendangan sekeras mungkin agar hasil tendangan dapat maksimal, namun Anda harus tetap rileks supaya hasil tendangan dapat terkontrol dan sesuai target Teknik Cara Menendang Bola Dengan Kaki bagian dalam pada Permainan Sepakbola (image wikihow) Cara menendang bola dengan kaki bagian luar : Teknik menendang bola menggunakan kaki bagian luar mirip dengan teknik sebelumnya, yaitu : • Posisikan badan sehingga dalam posisi siap.

• Arahkan tubuh ke arah bola letakan bola pada kaki tumpu, dan pastikan Anda menendang dengan kaki terkuat Anda. • Gerakkan kaki kearah dalam agar bola terkena kaki bagian luar. • Untuk tetap seimbang bantu dengan menggerakan tangan lalu ayunkan kaki kearah dalam dan tendang bola. • Untuk mendapatkan kekuatan yang maksimal, sedikit condongkan badan kedepan dan gunakan tambahan kekuatan perut saat menendang.

• Dalam permainan sepakbola biasanya teknik ini dilakukan untuk mengover bola ke teman dalam jarak yang cukup dekat. Baca Juga : Teknik Dasar Permainan Sepak Bola Teknik menendang bola dengan punggung kaki atau kura-kura kaki : Teknik ini dilakukan untuk menendang bola dalam jarak sebutkan cara menendang atau menyepak bola sangat jauh, cara menendangnya adalah sebagai berikut sebutkan cara menendang atau menyepak bola Pertama siapkan posisi tubuh terlebih dahulu agar menghadap bola, namun tetap rileks.

• Bola diletakan di kaki tumpu dan lutut sedikit ditekuk. • Sebelum menendang bola Anda dapat melakukan gerakan kecil yang dapat merilekskan tubuh Anda. • Saat menendang, gerakan pergelangan kaki sebutkan cara menendang atau menyepak bola agar bola menempel pada punggung kaki. • Kemudian kaki diayunkan untuk menendang.

Cara Menendang Bola agar Masuk ke Gawang : Tujuan dari permainan sepakb bola adalah memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak-banyaknya dan menghadang lawan agar tidak dapat mencetak gol ke gawang kita, berikut cara menendang bola yang efektif. • Perhatikan Posisi Anda dengan Gawang Lawan. Sebelum melakukan tendangan saat permainan berlangsung pastikan Anda berada di posisi yang tepat, yaitu cukup ruang untuk melakukan tembakan, perhitungan akurasi tendangan dengan target masih terjangkau, kekuatan tembakan cukup kuat, dan arahkan pada posisi yang sulit dijangkau oleh kiper.

• Perhatikan Posisi Pagar Betis. Sebelum melakukan tendangan bebas Anda harus mengetahui dan memperkirakan gerakan pagar betis saat Anda menendang bola.

Jadi sebelum pertandingan dimulai, pastikan Anda juga mempelajari kebiasaan lawan Anda. Jika pagar betis lawan Anda biasanya melakukan lompatan, Anda dapat mengarahkan tendangan ke pagar betis yang tidak cukup tinggi atau Anda dapat menendang dengan mendatar dibawah melewati lompatan dari pagar betis. • Perhatikan posisi penjaga gawang. Saat melakukan tendangan ketika pertandingan berlangsung atau ketika bola mati yang perlu kita perhatikan adalah posisi kiper. Jika kiper berada di posisi yang cukup jauh dari gawang Anda dapat melakukan tembakan yang cukup tinggi dan melengkung ke gawang, sedangkan saat kiper berada di dekat gawang arahkan tendangan pada daerah yang sulit dijangkau oleh kiper.

Anda juga dapat mempelajari terlebih dahulu kelemahan kiper lawan Anda sebelum pertandingan berlangsung. • Lakukan Penumpuan Kaki yang Benar. Ketika menendang bola pastikan tumpuan Anda benar, jangan sampai peluang emas lepas karena kesalahan dalam melakukan penumpuan kaki. Lakukan tumpuan kaki di dekat bola, jangan terlalu jauh dan pastikan tepat. Karena salah menumpu akan membuat penendang terpeleset dan gagal menendang bola.

Lakukan tumpuan pada daerah yang rata dan tidak licin, ketika ingin menendang bola mati Anda dapat memeriksa daerah sekitar bola sebelum melakukan tendangan. • Tendang Bola dengan Kekuatan Maksimal. Saat menendang bola lakukan dengan kekuatan maksimal dan gunakan dorongan dari seluruh bagian tubuh, namun tetap seimbang. Kaki yang akan menendang diayunkan kebelakang, kemudian lakukan ayunan kedepan dengan lutut terlebih dahulu, dan lakukan tendangan dengan kaki bagian luar, dalam atau punggung sesuai dengan situasi.

Untuk menambah keseimbangan dan kekuatan Anda dapat melakukan ayunan tangan saat menendang bola dan tambahan kekuatan otot perut. • Lakukan Tendangan dengan Tenang. Ketegangan dalam menendang bola dapat mengakibatkan pemain menjadi grogi. Sehingga pastikan Anda tidak terburu-buru dalam melakukan tendangan. • Latihan Menendang dengan Teratur. Untuk mendapatkan tendangan yang keras dan akurat pastinya tidak datang begitu saja, melainkan Anda harus melakukan latihan dengan teratur.

sebutkan cara menendang atau menyepak bola

Dengan latihan ini akan membuat insting Anda dalam mencetak gol akan lebih tajam, sehingga semakin sering Anda bermain sepakbola dan latihan maka Anda akan lebih profesional. Cara Menendang Bola Dengan Kaki bagian Luar pada Permainan Sepakbola (image walpaperhd99) Beberapa teknik cara menendang bola dalam permainan sepakbola seperti di atas sangat penting untuk diketahui karena merupakan teknik dasar sebelum melakukan beberapa teknik berikutnya.

Dalam permainan sepak bola perlu juga diasah ketangkasan dan kelincahan dalam mengotrol dan menghentikan bola agar permainan menjadi lebih baik dan berkelas. Categories Olahraga Post navigation Menendang bola merupakan hal penting dalam beberapa jenis permainan, termasuk sepak bola, sepak bola Amerika, rugbi, dan banyak olahraga lainnya. Bermain menendang bola di sekitar halaman juga adalah hal yang sangat menyenangkan.

Untuk mempelajari bagaimana menendang bola dengan benar dan aman, Anda dapat mempelajari untuk menendang bola di tanah, tendangan kiper, dan mempelajari tendangan-tendangan lain yang lebih rumit untuk membantu Anda mendapatkan kesenangan bermain.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/a\/af\/Kick-a-Ball-Step-1.jpg\/v4-460px-Kick-a-Ball-Step-1.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/a\/af\/Kick-a-Ball-Step-1.jpg\/v4-728px-Kick-a-Ball-Step-1.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Gunakan bola yang baik.

Apapun permainan yang Anda mainkan, bahkan jika Anda hanya bermain-main bersama teman-teman Anda sebutkan cara menendang atau menyepak bola tidak memainkan olahraga yang sesungguhnya, pastikan Anda menggunakan bola dengan spesifikasi yang baik, dan menggunakan jenis bola yang tepat. Menendang bola yang baik sangatlah penting untuk menghindari rusaknya bola dan menghindari cedera pada kaki Anda. • Bola sepak, bola tendang, bola sepakbola Amerika, dan jenis-jenis bola Nerf lain yang dapat digunakan untuk menendang di atas tanah.

Anda dapat menggunakannya untuk menendang, memulai sepak bola Amerika, dan dalam olahraga lain yang melibatkan penendangan bola bulat atau lonjong di tanah. Jangan menendang bola basket. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/8\/81\/Kick-a-Ball-Step-2.jpg\/v4-460px-Kick-a-Ball-Step-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/8\/81\/Kick-a-Ball-Step-2.jpg\/v4-728px-Kick-a-Ball-Step-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Temukan kaki penendang Anda untuk menendang.

Ketika Anda menendang bola, pada sebagian besar kesempatan Anda akan menggunakan kaki dominan Anda, biasanya kaki dominan Anda akan berada pada sisi yang sama dengan bagian tubuh yang sering Anda gunakan untuk menulis. Itu adalah kaki dominan Anda untuk menendang dan kaki lainnya adalah tumpuan. • Latihlah juga kaki Anda yang tidak dominan, untuk sebutkan cara menendang atau menyepak bola penendang yang baik. Bahkan ketika Anda tidak memainkan olahraga yang sesungguhnya, menjadi penendang yang hebat adalah trik yang keren.

Terutama dalam sepak bola, belajar bagaimana menendang menggunakan kedua kaki sangatlah diinginkan oleh setiap pemain. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/f\/fa\/Kick-a-Ball-Step-3.jpg\/v4-460px-Kick-a-Ball-Step-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/f\/fa\/Kick-a-Ball-Step-3.jpg\/v4-728px-Kick-a-Ball-Step-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Latihlah langkah ancang-ancang Anda.

Mencoba beberapa langkah ancang-ancang akan membantu peningkatan tenaga pada tendangan Anda dan juga meningkatkan akurasi Anda. Belajar untuk mengatur langkah Anda, menempatkan kaki Anda, dan melakukan ancang-ancang terhadap bola dengan baik merupakan salah satu bagian penting dalam menendang bola.

Menggunakan teknik yang benar akan selalu membantu Anda membuat tendangan lebih jauh dibandingkan hanya memanfaatkan kaki yang super-kuat.

sebutkan cara menendang atau menyepak bola

Untuk melakukan ancang-ancang dengan baik: • Langkahkan kaki yang tidak digunakan untuk menendang Anda terlebih dahulu. Ambil beberapa langkah ke belakang sebutkan cara menendang atau menyepak bola bola dan langkahkan kembali ke depan dengan kaki tidak Anda gunakan untuk menendang terlebih dahulu.

Ambil satu langkah lagi menggunakan kaki penendang Anda, posisikan kaki tersebut di belakang bola. Langkah terakhir menggunakan menggunakan kaki yang tidak Anda gunakan untuk menendang, atau kaki "tumpuan", di samping bola yang akan Anda tendang. • Kesalahan yang kerap kali dilakukan oleh para penendang adalah mengambil ancang-ancang yang terlalu jauh saat akan menendang bola. 15 langkah pada ancang-ancang tidak akan memberi Anda tenaga lebih dari 3 langkah ancang-ancang dengan teknik yang benar, tetapi besar kemungkinan Anda akan tersandung, atau menendang bola dengan pelan.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/3\/3c\/Kick-a-Ball-Step-4.jpg\/v4-460px-Kick-a-Ball-Step-4.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/3\/3c\/Kick-a-Ball-Step-4.jpg\/v4-728px-Kick-a-Ball-Step-4.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Jadikan kaki yang tidak Anda gunakan untuk menendang sebagai tumpuan di sebelah bola.

Kaki lain Anda harus menjadi tumpuan dan ditempatkan beberapa inci di samping bola ketika Anda menendang, sementara kaki penendang Anda berada terangkat di belakang bola dan siap untuk menendang.

• Letakkan kaki tumpuan Anda ke depan untuk membuat bola tetap rendah. Jika kaki tumpuan Anda berada sedikit ke depan dan di samping bola, Anda akan dapat menendang bola lebih keras, dan membuat bola tetap melayang rendah.

• Letakkan kaki tumpuan Anda di belakang bola untuk mencungkilnya ke atas. Jika kaki tumpuan Anda sedikit berada di belakang dan di samping bola, Anda akan dapat membuat bola melayang ke atas, tetapi akan membuat bola sedikit pelan. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/8\/89\/Kick-a-Ball-Step-5.jpg\/v4-460px-Kick-a-Ball-Step-5.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/8\/89\/Kick-a-Ball-Step-5.jpg\/v4-728px-Kick-a-Ball-Step-5.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Ayunkan kaki penendang Anda ke depan.

Tenaga yang didapat untuk menendang berasal dari pinggul Anda. Kaki penendang Anda harus terangkat miring di belakang Anda saat kaki tumpuan Anda berada di samping bola, tarik dan ayunkan ke depan untuk memberikan sentuhan terhadap bola. • Bayangkan sebuah magnet yang menghubungkan kaki Anda dengan bola, terus ayunkan kaki penendang Anda semakin dekat hingga membuat sentuhan. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/a\/a0\/Kick-a-Ball-Step-18.jpg\/v4-460px-Kick-a-Ball-Step-18.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/a\/a0\/Kick-a-Ball-Step-18.jpg\/v4-728px-Kick-a-Ball-Step-18.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Gunakan bagian atas kaki Anda untuk menendang dan bagian samping untuk mengumpan.

Baik menggunakan bola sepak atau bola tendang, pada dasarnya teknik yang digunakan akan sama, tetapi Anda mungkin menggunakan bagian lain dari kaki Anda tergantung tujuan Anda.

Menggunakan punggung kaki Anda, dan kaki Anda menunjuk ke bawah, akan menambahkan tenaga Anda, sementara kaki bagian dalam sangat baik untuk akurasi. • Jika Anda ingin mendapatkan tendangan yang keras, tendanglah bola menggunakan bagian bagian terkeras pada kaki Anda, gunakan punggung kaki Anda. Arahkan kaki Anda dan tendanglah bola menggunakan bagian atas kaki Anda. • Jika Anda ingin mendapatkan tendangan yang akurat, gunakan bagian dalam kaki Anda. Anda perlu membuka pergelangan kaki Anda sedikit ke samping, lalu tendanglah dengan bagian dalam kaki Anda.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/6\/68\/Kick-a-Ball-Step-7.jpg\/v4-460px-Kick-a-Ball-Step-7.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/6\/68\/Kick-a-Ball-Step-7.jpg\/v4-728px-Kick-a-Ball-Step-7.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Ikuti laju. Dorong bola dan panjangkan kaki penendang Anda, arahkan penempatan bola dengan kaki Anda.

Ketika Anda menendang bola dengan keras, sangat penting untuk mengikuti laju dengan tendangan Anda, daripada hanya menyentak bola. • Bayangkan Anda menendang bola dan ikuti lajunya, seperti jika Anda memukulnya, atau tendanglah sisi yang berlawanan dari sisi yang Anda tendang pada bola. • Tergantung jenis tendangan apa yang Anda lakukan dan seberapa kuat tendangan tersebut, Anda mungkin mengayunkan kaki tendangan Anda ke depan dan membiarkan kaki mengikuti laju bola, atau mungkin Anda mengayunkan kaki dan mendaratkannya di sebelah kaki tumpuan.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/2\/27\/Kick-a-Ball-Step-8.jpg\/v4-460px-Kick-a-Ball-Step-8.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/2\/27\/Kick-a-Ball-Step-8.jpg\/v4-728px-Kick-a-Ball-Step-8.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Gunakan jenis bola yang tepat dalam melakukan tendangan kiper.

Tendangan kiper dilakukan dengan mengambil dan melemparkan bola agar dapat ditendang tinggi dan jauh ke udara. Ini adalah hal yang biasa terjadi dalam sepak bola, sepak bola Amerika, dan olahraga lainnya. Gunakan teknik tendangan kiper ini pada bola sepak, bola rugbi, sepak bola Amerika, atau bola jenis lain yang dapat Anda ambil dan lepaskan untuk ditendang. [1] X Teliti sumber • Jangan pernah mencoba untuk melakukan tendangan kiper terutama pada bola yang berat seperti bola untuk latihan kesehatan atau bola berat lainnya.

Jika Anda mencoba dan menedang sesuatu yang berat menggunakan teknik ini, Anda dapat membuat pergelangan kaki Anda terkilir atau membuat kaki Anda terluka. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/9\/95\/Kick-a-Ball-Step-9.jpg\/v4-460px-Kick-a-Ball-Step-9.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/9\/95\/Kick-a-Ball-Step-9.jpg\/v4-728px-Kick-a-Ball-Step-9.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Pegang bola setinggi pinggang.

Ambillah bola dan pegang di mana pun setinggi pinggang. Tendangan kiper adalah cara untuk menendang dengan sangat jauh dan sangat tinggi, biasanya digunakan untuk mendapatkan penguasaan bola dalam sepak bola Amerika atau untuk membuat bola masuk tengah lapangan dalam sepak bola.

Pastikan Anda memiliki celah terbuka untuk sebutkan cara menendang atau menyepak bola bola, karena bola akan tertendang jauh. • Jangan pernah menjatuhkan bola dari posisi yang sangat tinggi atau melemparkannya ke atas saat akan melakukannya. Peganglah bola dengan kedua tangan, di sekitar badan Anda dengan nyaman setinggi pinggang Anda. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/e\/ee\/Kick-a-Ball-Step-10.jpg\/v4-460px-Kick-a-Ball-Step-10.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/e\/ee\/Kick-a-Ball-Step-10.jpg\/v4-728px-Kick-a-Ball-Step-10.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Ambil langkah pertama menggunakan kaki penendang Anda.

Ada 2 langkah dasar dalam melakukan tendangan kiper. Dalam kebanyakan situasi pertandingan, Anda tidak akan memiliki ruang lebih dari beberapa langkah, jadi sangat penting untuk mengurangi gerakan Anda menjadi gerakan yang kecil dalam ruang sempit.

Untuk melakukan tendangan kiper dengan benar ambil langkah penuh, mulailah dengan kaki penendang Anda. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/9\/96\/Kick-a-Ball-Step-11.jpg\/v4-460px-Kick-a-Ball-Step-11.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/9\/96\/Kick-a-Ball-Step-11.jpg\/v4-728px-Kick-a-Ball-Step-11.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Jadikan kaki lain Anda sebagai tumpuan dan siapkan kaki tendangan Anda.

Setelah mengambil langkah pertama, Anda siap untuk bertumpu dan mengayunkan. Jadikan kaki lain Anda sebagai tumpuan pada tanah, jagalah agar tetap tertekuk dan siap untuk melakukan tendangan. Perhatikan bola untuk memastikan Anda menendang dengan benar. Jangan perhatikan pemain lain dan situasi yang sedang terjadi di sekitar Anda. Fokuslah hanya pada bola. • Tekuk lutut pada kaki tendangan Anda dan tarik kaki ke belakang untuk menendang bola.

Tetap arahkan kaki Anda. • Ketika Anda melakukan gerakan ini, jauhkan sebutkan cara menendang atau menyepak bola dari badan Anda. Akan membutuhkan beberapa latihan untuk melakukan dengan benar, tetapi kebanyakkan orang perlu untuk meregangkan tangan mereka dalam menjatuhkan bola dan membuat sentuhan yang sempurna.

• Beberapa penendang memilih untuk melakukan tumpuan lebih keras untuk mendapatkan tenaga lebih, sementara yang lainnya memilih untuk menekuk lututnya untuk membuat bola tertendang secara akurat dan aman. Berlatih, cobalah kedua cara melakukan tendangan kiper untuk mendapatkan mana yang dirasa tepat untuk Anda. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/5\/52\/Kick-a-Ball-Step-12.jpg\/v4-460px-Kick-a-Ball-Step-12.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/5\/52\/Kick-a-Ball-Step-12.jpg\/v4-728px-Kick-a-Ball-Step-12.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Ayunkan kaki Anda saat Anda menjatuhkan bola ke bawah.

Setelah Anda membuat tumpuan pada kaki Anda, mulailah mengayunkan kaki penendang Anda ke depan. Ketika kaki Anda mulai mengayun ke belakang dan maju ke depan ke arah bola, jatuhkanlah bola ke bawah secara bersamaan. Jangan lemparkan bola ke depan Anda, atau memutarnya. Jatuhkanlah bola ke bawah secara perlahan.

• Jika Anda menendang bola lonjong, Anda harus membuat bola mengarah ke badan Anda, tidak tegak lurus dengan badan Anda. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/a\/a1\/Kick-a-Ball-Step-13.jpg\/v4-460px-Kick-a-Ball-Step-13.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/a\/a1\/Kick-a-Ball-Step-13.jpg\/v4-728px-Kick-a-Ball-Step-13.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/0\/0f\/Kick-a-Ball-Step-6.jpg\/v4-460px-Kick-a-Ball-Step-6.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/0\/0f\/Kick-a-Ball-Step-6.jpg\/v4-728px-Kick-a-Ball-Step-6.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"
<\/div>"} Tendang bola menggunakan kaki luar Anda.

Untuk melakukan tipuan yang baik, gunakan bagian kaki luar Anda untuk menendang bola ke arah lain. Ini merupakan trik yang biasa digunalan dalam sepak bola. • Tekukkan pergelangan kaki Anda sehingga kaki Anda mengarah ke kaki tumpuan Anda dan tendanglah bola menggunakan sisi luar, tepat di sebelah jari terkecil Anda.

Ketika Anda menendang bola, lakukanlah secara lurus sehingga membuat tendangan mengarah ke arah berlawanan. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/4\/43\/Kick-a-Ball-Step-15.jpg\/v4-460px-Kick-a-Ball-Step-15.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/4\/43\/Kick-a-Ball-Step-15.jpg\/v4-728px-Kick-a-Ball-Step-15.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Cobalah tendangan tumit.

Mungkin ini bukan cara yang sering dilakukan untuk menendang bola di atas tanah, tetapi melakukan tendangan tumit berputar akan menjadi gerakan tipuan yang hebat ketika Anda bermain dengan teman-teman Anda.

Sulit untuk dikontrol, tetapi dengan beberapa latihan Anda akan dapat mempelajari untuk menendang bola dengan akurat setiap saat. • Ketika Anda melangkah ke arah bola yang berada di tanah, jadikan kaki yang tidak Anda gunakan untuk menendang sebagai tumpuan di samping bola seperti yang biasa Anda lakukan, putar tubuh Anda saat Anda melakukannya.

Ayunkan kaki penendang Anda, lakukan dengan tumit Anda. Jika Anda menggunakan kaki kanan, Anda akan bergerak searah jarum jam dan jika Anda menggunakan kaki kiri Andaakan bergerak berlawanan dengan jarum jam.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/3\/3a\/Kick-a-Ball-Step-16.jpg\/v4-460px-Kick-a-Ball-Step-16.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/3\/3a\/Kick-a-Ball-Step-16.jpg\/v4-728px-Kick-a-Ball-Step-16.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Cobalah tendangan pelangi (tendangan memutar ke atas).

sebutkan cara menendang atau menyepak bola

Tendangan pelangi adalah salah satu teknik yang indah dalam sepak bola. Jika Anda benar-benar ingin meningkatkan sebutkan cara menendang atau menyepak bola Anda, melakukan tendangan pelangi akan membuat teman-teman Anda terkesan. Tidak ada pengaruh banyak untuk melakukannya dalam pertandingan, tetapi melakukannya di depan tim lain akan membuat mereka terintimidasi. • Ketika Anda menggiring bola, langkahkan kaki penendang Anda di depan bola, hentikan bola dengan tumit Anda.

Gunakan punggung kaki pada kaki yang tidak Anda gunakan untuk menendang untuk membuat bola terjebak dengan tumit Anda. Dalam satu gerakan, lakukan sedikit ayunan ke atas menggunakan kedua kaki Anda, menjentikkan bola ke atas dan melewati kepala Anda, melaju ke depan badan Anda. • Membutuhkan beberapa latihan pengayunan yang cukup dan tenaga yang tepat untuk menendang ke arah yang Anda inginkan. Cobalah secara perlahan saat memulai, lalu secara bertahap tingkatkan kecepatan.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/c\/c1\/Kick-a-Ball-Step-17.jpg\/v4-460px-Kick-a-Ball-Step-17.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/c\/c1\/Kick-a-Ball-Step-17.jpg\/v4-728px-Kick-a-Ball-Step-17.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Cobalah tendangan salto. Jika diselesaikan dengan baik, tendangan salto akan menjadi salah satu tendangan spektakuler dalam sepak bola.

Bayangkan hal ini seperti melakukan tendangan kiper secara terbalik, terjadi ketika punggung Anda menghadap ke arah tujuan tendangan Anda. Untuk melakukan tendangan salto, jatuhkan tubuh Anda ke belakang dan jatuhlah secara perlahan dengan punggung Anda sebutkan cara menendang atau menyepak bola Anda menaikkan kaki Anda ke atas untuk menendang.

Tendanglah bola di atas kepala Anda ketika Anda terjatuh, sehingga bola melaju ke belakang Anda. • Anda harus sangat berhati-hati agar tidak terjatuh secara terlentang dan mencederai diri Anda, dan tekukkan dagu Anda agar tidak membenturkan bagian belakang kepala Anda ke tanah.

Lakukan hal ini pada permukaan berumput yang lembut dan dengan sangat berhati-hati.
Daftar isi • Teknik Menendang Bola • 1.

Menendang dengan kaki bagian luar • 2. Menendang dengan kaki bagian dalam • 3. Menendang dengan punggung kaki • 4. Menendang dengan punggung kaki bagian dalam • 5. Menendang dengan ujung jari kaki/sepatu • 6. Menendang dengan tumit • Fungsi dan Manfaat Menendang Bola Teknik Menendang Bola Teknik menendang bola juga kerap disebut kicking. Ada 6 teknik dasar cara menendang bola yang harus dikuasai setiap pemain bola. Satu saja tidak dikuasai, maka akan menjadi kelemahan tersendiri.

1. Menendang dengan kaki bagian luar Teknik Menendang Bola Pada teknik cara menendang bola dengan menggunakan kaki bagian luar,fokusnya adalah tendangan yang dilakukan menggunakan sisi luar kaki pemain. Biasanya tendangan ini digunakan untuk jarak dekat.

Jika ingin mempraktekkannya dengan benar, berikut langkah-langkahnya: • Posisikan tubuh berdiri dan hadapkan ke arah bola. • Pastikan kaki kiri tepat di samping bola dengan cara memutarnya ke bagian dalam.

sebutkan cara menendang atau menyepak bola

• Rilekskan kedua tangan agar tubuh lebih seimbang. • Gunakan kaki kanan untuk melakukan tendangan. Proses melakukan tendangan dengan sedikit memutar kedalam sembari mata tetap mengarah pada bola.

• Ayunkan kaki yang digunakan untuk menendang bola ke arah depan. • Kenakan kaki bagian luar ke area bola. • Condongkan berat badan tubuh ke depan. 2. Menendang dengan kaki bagian dalam Teknik Menendang Bola Dengan memanfaatkan kaki bagian dalam, kita juga bisa melakukan teknik menendang bola dengan cara sebagai berikut: • Pertama-tama posisikan tubuh menghadap bola. • Tumpukan kaki kiri di samping bola dengan sedikit menekuk lutut.

• Condongkan tubuh sedikit ke bagian belakang. • Tekuk kedua tangan di sisi tubuh agar keseimbangan tetap terjaga. • Fokuskan kepada bola dan target tembakan.

sebutkan cara menendang atau menyepak bola

• Bidik bola di depan dengan bagian dalam kaki. Lakuakn pada bagian tengah bola. • Ayunkan kaki kanan ke depan. Kemudian bola bisa ditendang dengan target bola di samping. • Ketika sudah menendang, tumpukan berat badan ke kaki kanan atau kaki yang digunakan untuk menendang. • Daratkan dengan mendahulukan kaki kanan atau kaki yang biasa digunakan untuk tumpuan. 3. Menendang dengan punggung kaki Punggung kaki bisa digunakan untuk melakukan tendangan.

Umumnya teknik satu ini digunakan untuk melakukan tendangan jarak jauh. Berikut langkah-langkahnya: • Awali dengan sikap tubuh berdiri menghadap bola. • Tumpukan kaki kiri dan posisikan tepat di sisi bola dengan lutut sedikit ditekuk. • Rilekskan kedua tangan agar keseimbangan terjaga. • Fokus pandangan terhadap bola. • Tekuk pergelangan kaki ke bagian bawah. Kaki yang ditekuk adalah kaki yang dipakai untuk menendang bola.

• Tekuk kaki menghadap ke depan lutut kaki kanan ketika menendang. Kemudian ayunkan ke arah bola sebelum menyentuhkan kaki ke belakang bola. • Tumpukan kaki ke depan berat badan ketika sudah menendang.

4. Menendang dengan punggung kaki bagian dalam Untuk melakukan teknik dasar menendang bola dengan punggung kaki bagian dalam, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: • Pertama-tama berdiri menghadap bola.

• Jika menggunakan kaki kiri untuk menumpu, letakan di samping bola dengan sedikit menekuk lutut. • Rilekskan kedua tangan dengan pandangan fokus ke arah bola. • Pergelangan kaki yang akan digunakan untuk menendang bola ditekuk ke bawah. • Pada saat menendang, tekuk kaku menghadap lutut kaki kanan yang digunakan untuk menendang. Kemudian ayunkan dari belakang ke arah bola dengan memberikan sentuhan kaki pada bagian belakang bola.

• Ketika sudah menendang, tumpukan berat badan ke bagian depan agar keseimbangan tetap terjaga. 5. Menendang dengan ujung jari kaki/sepatu Ujung kaki pun bisa diandalkan sebagai media untuk menendang bola. Untuk bola yang agak jauh di depan kita, menendang bola dengan ujung jari kaki bisa kita coba. • Kaki yang digunakan sebutkan cara menendang atau menyepak bola menumpu sedikit ditekuk. Ujung jari kaki tetap menghadap ke depan. • Kaki yang digunakan untuk menyepak diangkat kemudian ditekuk dengan membentuk sudut runcing.

• Ayunkan dan lakukan tendangan dengan meluruskan kaki yang digunakan untuk menendang. • Ujung sepatu merupakan bagian yang digunakan untuk bersentuhan dengan bola. 6. Menendang dengan tumit Tumit merupakan bagian kaki yang paling jarang digunakan untuk sebutkan cara menendang atau menyepak bola bola. Tendangan dengan tumit bisa dilakukan jika bola menyusur tanah atau melambung. Berikut tekniknya yang bisa kita coba: • Kaki yang digunakan untuk menumpu diletakkan kurang lebih selebar kaki yang ada di samping depan bola.

• Tekuk lutut sedikit.

sebutkan cara menendang atau menyepak bola

• Ayunkan kaki dilakukan dari arah depan ke belakang dan lakukan tendangan dengan satu hentakan. • Kaki untuk menendang yang bersentuhan dengan bola adalah bagian tumit. Fungsi dan Manfaat Menendang Bola Adapun untuk tendangan sendiri memiliki sejumlah fungsi sebagai berikut: • Memberikan bola kepada rekan.

• Menembakkan bola ke gawang. • Penggunaan waktu pada saat akan menendang bola. Selain manfaat tendangan, menendang bola dalam sepakbola juga memiliki sejumlah manfaat. Antara lain sebagai berikut: • Memberikan umpan. Baik itu umpan panjang maupun umpan pendek.

• Melakukan terobosan serta mengacaukan posisi pertahanan lawan. • Mencari kesempatan untuk mengoper bola. • Mencari kesempatan untuk menembak dan menyelamatkan bola dari tim lawan. • Untuk menunjukan aksi individu. Baik dalam melewati lawan ataupun untuk memberikan umpan kepada rekan satu tim. Setelah menguasai teknik menendang bola, pemain pun harus bisa menguasai teknik dribbling atau menggiring bola.

Gerakan menggiring bola menggunakan bagian kaki yang hampir sama seperti teknik cara menendang bola. ARTIKEL LAINNYA • Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional & Internasional • Pengertian Handsball & Macam-Macam Handsball • Pengertian dan Macam-macam Tendangan Bebas dalam Permainan Olahraga Sepak Bola • Pengertian Tendangan Penalti • Istilah Dalam Sepak bola • Teknik Cara Menyundul Bola atau Heading Dalam Sepakbola Lengkap • Materi Permainan Sepak Bola Lengkap • 50 Stadion Terbesar di Dunia Versi FIFA Advertisement Bagi setiap jalan yang Anda pilih dalam mempelajari cara menendang bola, pastikan untuk melakukannya dengan tekun dan pantang menyerah.

Bahkan pemain sepak bola dunia sekelas Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi pun masih terus berlatih untuk kian menyempurnakan teknik tendangan mereka hingga saat ini.

Bagaimana cara menendang bola yang benar? Bagi pemula, tidak ada salahnya mengetahui teknik dasar mengenai cara menendang bola yang benar. Anda dapat melatih teknik menendang bola di halaman atau bahkan di dalam rumah dengan atau tanpa bola. Dalam olahraga sepak bola, menendang pun bisa dilakukan dengan berbagai teknik. Misalnya, seorang striker akan lebih banyak menggunakan punggung kaki bagian luar ketika menembak ke gawang agar bola melaju kencang.

Namun saat ingin melakukan operan, seorang pemain akan lebih banyak menggunakan kaki bagian dalam atau luar dengan kekuatan yang tidak terlalu banyak, tapi jalannya bola lebih terkontrol. Selengkapnya, berikut ini cara menendang bola yang dikenal dalam olahraga sepak bola: 1. Dengan punggung kaki Striker harus menguasai cara menendang bola dengan punggung kaki Cara menendang bola ini wajib dikuasai striker agar dapat melesakkan bola ke dalam gawang.

Teknik-teknik dasar yang harus Anda kuasai dalam menendang bola dengan punggung kaki bagian luar antara lain: • Tempatkan bola beberapa langkah di depan. • Sebelum berlari untuk menendang bola, condongkan badan. • Kunci ankle, posisikan jari kaki menghadap ke bawah.

• Pastikan menendang bola menggunakan punggung kaki bagian luar. Jika sudah menguasai cara menendang bola yang dasar di atas, tingkatkan level latihan dengan belajar memaksimalkan kekuatan tendangan.

Teknik yang harus Anda pelajari ialah: • Kekuatan saat menendang bola datang dari paha, bukan betis sebutkan cara menendang atau menyepak bola telapak kaki. • Pastikan bahu sejajar dengan arah tendangan, bukan menyamping. • Kepala dan arah pandangan harus berpusat pada bola, bukan gawang. Jangan lupa juga untuk mempelajari sikap badan yang baik setelah menendang bola (follow-through). Sikap ini sangat penting untuk memastikan hasil tendangan mulus dan terkontrol sehingga hasil tendangan tidak hanya kuat, tapi juga akurat.

2. Dengan punggung kaki bagian dalam Cara ini dipakai untuk umpan lambung jarak jauh Cara menendang bola dengan punggung kaki bagian dalam biasanya dilakukan untuk melakukan umpan lambung jarak jauh, biasanya oleh kiper atau pemain bertahan.

Langkah-langkah melakukannya adalah sebagai berikut ini. • Posisi badan berada di belakang bola dengan posisi agak ke samping dari garis lurus bola. • Letakkan kaki tumpu di samping belakang bola kurang lebih 30 cm, sedangkan kaki tendang berada di belakang bola. • Saat menendang, ayunkan kaki belakang sehingga mengenai bola tepat di punggung kaki bagian dalam dan tepat pada tengah bawah bola.

• Pada saat kaki mengenai bola, pergelangan kaki ditegangkan. • Sebagai follow-through, tendangkan kaki dengan mengangkatnya dan arahkan ke depan, disertai pandangan yang mengikuti jalannya bola ke sasaran. Buka lengan di samping badan untuk keseimbangan. 2. Dengan kaki bagian dalam (inside foot) Passing jarak pendek dapat menggunakan kaki bagian dalam Cara menendang bola ini biasanya digunakan untuk melakukan operan (passing) jarak pendek, dan dilakukan pemain tengah atau bertahan saat menguasai bola.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut ini: • Berdiri tegak dengan lutut kaki sedikit ditekuk agar posisi badang seimbang. • Posisi kaki yang digunakan sebagai penumpu badan berada di samping bola dengan posisi tidak terlalu jauh dengan bola.

• Badan agak condong ke depan. • Posisi tangan bebas di samping badan. • Kaki untuk menyepak bola berada pada posisi lurus agak sedikit ke belakang dengan posisi kaki mengarah ke depan.

• Setelah posisi badan dan kaki siap, ayunkan kaki yang digunakan untuk menendang bola tepat ke arah bola. • Pusatkan konsentrasi pada arah gerakan kaki ke arah luar, agar bola dapat ditendang oleh permukaan kaki bagian dalam.

Baca Juga • Latihan Isometrik untuk Otot, Ketahui Manfaat dan Contohnya • Siapa Sangka, Ini 5 Manfaat Menari untuk Kesehatan • Resistance Training, Latihan untuk Memperkuat Otot dan Meningkatkan Ketahanan 3. Dengan kaki bagian luar Kaki bagian luar juga dipakai untuk operan jarak pendek Cara menendang bola ini juga digunakan untuk melakukan operan jarak pendek. Langkah-langkahnya adalah dengan: • Berdiri dengan tegak, pastikan keseimbangan tubuh dengan baik.

• Sebutkan cara menendang atau menyepak bola kaki penumpu berada tidak terlalu jauh dari bola yang akan ditendang Tekuk lutut kaki. • Badan agak condong ke depan. • Kaki yang akan digunakan untuk menendang berada di posisi agak ke belakang lurus dari kaki penumpu.

• Bila posisi sudah siap untuk menendang, kaki yang digunakan untuk menendang digerakkan ke depan. • Sebelum kaki menyentuh bola, pergelangan kaki digerakkan ke dalam sehingga bagian luar kaki bisa mengenai bola yang akan ditendang. • Putar pergelangan kaki ke arah luar dengan cepat dan tepat.

Cobalah latih cara menendang bola di atas secara rutin agar dapat menemukan teknik yang pas sesuai kondisi pribadi. Bila perlu, Anda dapat bergabung dengan sekolah sepak bola untuk mendapatkan referensi teknik tendangan bola lainnya, baik dari pelatih maupun rekan satu tim.

Online Soccer Academy. https://www.onlinesocceracademy.com/soccer-training-videos/shooting/how-to-shoot-a-soccer-ball-with-power Diakses pada 31 Januari 2020 The Soccer Store. https://www.thesoccerstore.co.uk/blog/football-training/shooting-in-football-how-to-perfect-your-technique/ Diakses pada 31 Januari 2020 Universitas Negeri Yogyakarta.

https://eprints.uny.ac.id/8510/1/WAHYU%20AJI%20WIJAYA_335.pdf Diakses pada 31 Januari 2020
Artikel ini disusun bersama Bobby Warshaw. Bobby Warshaw adalah mantan pemain sepak bola profesional Amerika. Bobby bermain di liga sepak bola perguruan tinggi di Stanford University pada 2007-2010 kemudian bermain secara profesional di FC Dallas, GAIS, Bærum SK, Hønefoss BK, dan Penn FC.

Saat ini Bobby bekerja sebagai analis, penulis, dan pengarang olahraga. Artikel ini telah dilihat 247.869 kali. Anda ingin dapat menendang bola dengan benar tanpa mempermalukan diri sendiri? Atau lebih baik lagi, apakah Anda ingin dapat menendang bola sama seperti para pemain sepak bola terbaik, seperti Messi, Pele, atau Roberto Carlos? Banyak cara untuk menendang bola, dan setiap teknik memiliki aturan tersendiri.

Mulailah dengan teknik dasar, lalu lanjutkan ke teknik mahir. Kuncilah pergelangan kaki. Mengunci pergelangan kaki memastikan bahwa kaki mantap dan tidak berubah posisi sama sekali ketika bersinggungan dengan bola.

Kaki harus mengendalikan pergerakan bola. Untuk operan menggunakan kaki bagian dalam, jari kaki seharusnya mengarah ke atas untuk mengunci pergelangan kaki. Sebaliknya, untuk tendangan, jari kaki seharusnya mengarah ke bawah untuk mengunci pergelangan kaki. [1] X Teliti sumber • Satu-satunya cara agar bola bergerak stabil adalah dengan mengunci pergelangan kaki. Jika posisi kaki goyah, pergerakan bola juga tidak akan stabil. Oper bola menggunakan sisi dalam dari sepatu. Jangan pernah mengoper bola menggunakan ujung jari kaki.

Para pemain bola mengoper bola menggunakan sisi dalam dari kaki karena memanfaatkan daerah permukaan yang lebih lebar dan menghasilkan tendangan yang paling akurat.

• Kelemahan tendangan ini adalah Anda tidak dapat menendang dengan keras. Tetapi, sudah pasti ini adalah cara mengoper bola yang paling akurat.

Posisikan kaki tumpu. Putar kaki tumpu (kaki yang tidak sedang digunakan untuk menendang) sehingga bagian dalam sepatu menghadap bola. Ingat, kaki tumpu akan mengarah ke mana bola ditendang. Jika Anda ingin menendang bola sebutkan cara menendang atau menyepak bola ke depan, posisikan kaki tumpu menghadap lurus ke depan. [2] X Teliti sumber Lakukan tendangan operan di tanah. Ikuti ayunan kaki dekat dengan tanah. Untuk operan sebutkan cara menendang atau menyepak bola pendek dan operan di tanah, Anda hanya perlu mengikuti ayunan sebutkan cara menendang atau menyepak bola beberapa puluh sentimeter saja.

Jangan mengayunkan kaki terlalu tinggi dari permukaan tanah. [3] X Teliti sumber • Amati perputaran bola. Sebuah operan menggunakan sisi dalam dari kaki seharusnya membuat bola berputar cukup stabil. Jika bola berputar ke arah dalam, Anda harus mengunci pergelangan kaki, atau Anda mungkin telah menendang dengan arah kaki yang tidak pas.

Lakukan tendangan operan di udara. Condongkan tubuh ke belakang dan ikuti ayunan kaki di udara. Kali ini, ulurkan kaki secara penuh, dan ikuti ayunan kaki sehingga kaki berada beberapa puluh sentimeter di atas permukaan tanah.

[4] X Teliti sumber • Sekali lagi, amati perputaran bola. Sama seperti tendangan operan di tanah, sebuah tendangan operan di udara seharusnya berputar dengan stabil. Jika bola berputar ke arah dalam, pastikan mengunci pergelangan kaki dan perhatikan kaki yang melakukan operan. Mundurlah beberapa langkah. Pernahkah Anda melihat para pemain sepak bola yang akan melakukan tendangan sudut atau tendangan penalti?

Mereka berdiri hanya beberapa langkah di belakang bola. Anda tidak perlu mengambil ancang-ancang hingga lima meter agar dapat menendang bola dengan baik.

Pada kenyataannya, mengambil ancang-ancang sejauh itu kemungkinan justru membuat Anda gagal menendang bola dengan baik. [5] X Teliti sumber Kunci pergelangan kaki. Hal ini bertujuan agar kaki Anda stabil sehingga tidak goyah ketika menyentuh bola.

Kaki harus mengendalikan pergerakan bola, dan bukan bola yang menggerakkan kaki. Jika Anda berusaha agar bola tidak berputar, satu-satunya cara untuk melakukannya adalah dengan mengunci pergelangan kaki. Jika posisi kaki goyah, pergerakan bola juga tidak akan stabil. [6] X Teliti sumber Tendang bola menggunakan bagian atas kaki, pada daerah tali sepatu. Jangan pernah menggunakan bagian jari kaki untuk menendang bola. Menendang bola menggunakan jari kaki akan menyebabkan Anda tidak dapat mengendalikan bola ke tempat yang diinginkan.

Dan akurasi adalah hal terpenting yang Anda butuhkan ketika menendang bola.

sebutkan cara menendang atau menyepak bola

Atur penempatan kaki tumpu. Kaki tumpu adalah kaki yang tidak Anda gunakan untuk menendang, yaitu kaki yang Anda posisikan di samping bola. Kaki tumpu seharusnya menghadap ke arah tujuan bola sesuai yang Anda inginkan. Anda seharusnya juga menekuk kaki dan menendang bola dengan jari kaki mengarah ke bawah.

Anda dapat mencoba menggunakan punggung kaki di bagian atas tali sepatu yang cocok untuk menendang bola. • Jangan mencoba menendang bola terlalu keras, dan ingatlah untuk tetap memperhatikan bola sepanjang waktu.

Ikuti ayunan tendangan. Pastikan jari kaki mengarah ke tanah. Kekuatan tendangan mungkin akan membuat kedua kaki Anda melayang di atas tanah ketika menendang.

Tarik kaki ke belakang untuk menghasilkan tenaga. Anda akan mendapatkan kecepatan dan kekuatan tendangan.

sebutkan cara menendang atau menyepak bola

• Jika Anda ingin menendang bola ke tempat yang jauh, melompatlah di akhir tendangan ketika menendang bola. Hal ini akan membuat tendangan Anda lebih bertenaga. Pahami bagaimana kecondongan tubuh berpengaruh pada tendangan. Ingatlah bahwa semakin jauh badan Anda condong ke belakang saat menendang, semakin tinggi arah bola.

Jika badan Anda lurus (vertikal) ketika menendang, tendangan Anda akan mendatar menyusuri tanah atau agak ke atas. • Jika dilakukan dengan benar, seharusnya bola tidak akan berputar setelah ditendang, seperti tendangan knuckleball.

Jika bola berputar ke arah dalam, Anda mungkin telah menendang dengan arah kaki yang tidak pas atau tidak mengunci pergelangan kaki. Mendaratlah menggunakan kaki yang menendang. Seharusnya Anda melompat dan melewati bola ketika menendangnya. Tetaplah tundukkan kepala. Lutut seharusnya berada di atas bola sambil mempertahankan pinggul mengarah ke lokasi tujuan bola sesuai yang Anda inginkan.

[7] X Teliti sumber • Cara ini digunakan untuk mendapatkan lebih banyak tenaga ketika menendang bola. Tendang bola sambil duduk.

Tendang bola yang dilepaskan tangan secara ringan menggunakan bagian atas dari salah satu kaki. Kunci pergelangan kaki. Ketika kaki menyentuh bola, seharusnya bola bersinggungan dengan bagian tali sepatu dari kaki. Seharusnya bola hanya akan naik setinggi beberapa puluh sentimeter, dengan sedikit atau tanpa putaran. • Cobalah berlatih dengan kaki dominan lebih dahulu, lalu diselingi dengan kaki yang tidak dominan. Para pemain sepak bola yang ahli dapat melakukan hal ini sama baiknya menggunakan kaki yang tidak dominan maupun menggunakan kaki dominan.

Sebutkan cara menendang atau menyepak bola menendang sambil berdiri.

sebutkan cara menendang atau menyepak bola

Setelah berlatih menendang sambil duduk, sekarang saatnya berlatih sambil berdiri. Sama seperti sebelumnya, usahakan menendang bola hanya beberapa puluh sentimeter ke atas, dengan sedikit putaran saja.

• Berdirilah dan lakukan hal yang sama seperti sebelumnya. Jatuhkan bola ke atas kaki dan tendanglah ke atas secara ringan. Latihlah koordinasi gerakan Anda. • Sama seperti latihan sebelumnya, usahakan agar bola tidak berputar ketika menendangnya ke atas. • Jika Anda ingin mengangkat bola sehingga melambung ke udara, cobalah menempatkan sebagian besar kaki di bawah bola dan condongkan badan agak ke belakang ketika menendang.

• Jangan mencoba tendangan-tendangan jarak jauh pada percobaan pertama. Tetaplah dekat dengan gawang dan tambah jarak latihan beberapa meter jika sudah siap. • Pastikan bola dipompa sesuai tekanan yang dianjurkan. Bola yang terlalu kempis atau terlalu padat tekanannya sulit untuk ditendang.

• Selain latihan yang teratur, cobalah mengangkat bola dari tanah. Dengan segera, Anda akan mampu melakukan tendangan silang dan melakukan tendangan dengan baik. • Pastikan permukaan kaki yang digunakan untuk menendang adalah tempat di mana bagian tali sepatu berada jika Anda memakai sepatu. Menendang dengan jari kaki tidak akan memberikan akurasi atau penggunaan tenaga yang benar ketika menendang bola.

• Jangan pernah menendang dengan jari kaki. Kaki akan patah, bola menjadi kempis, dan tendangan Anda gagal. • Ketika mengayunkan kaki, pastikan pinggul ikut berayun, bukan lutut.

Pada intinya, pinggul Anda seharusnya menjadi poros. Artikel ini disusun bersama Bobby Warshaw. Bobby Warshaw adalah mantan pemain sepak bola profesional Amerika. Bobby bermain di liga sepak bola perguruan tinggi di Stanford University pada 2007-2010 kemudian bermain secara profesional di FC Dallas, GAIS, Bærum SK, Hønefoss BK, dan Penn FC.

Saat ini Bobby bekerja sebagai analis, penulis, dan pengarang olahraga. Artikel ini telah dilihat 247.869 kali.
tolong buatin cerpen 1.bersabarlah keras kerasnya sikap guru2. tak pernah merasakan pahitnya belajar walau sebentar, ia akan merasakan hinanya kebodoh … an sepanjang hidupnya.3.Siapa yang tidak belajar di masa mudanya, bertakbirlah sebutkan cara menendang atau menyepak bola 4 kali karena kematiannya4.Demi Allah, hakikat seorang pemuda adalah dengan ilmu dan takwa.

Jika keduanya tidak ada maka pribadinya tidak bernilai TOLONG JAWAB DONG​Bagaimana teknik menendang bola dalam sepak bola? Cabang olahraga yang paling banyak disukai dan digemari adalah sepak bola. Sepakbola yang dalam bahasa Inggris sering disebut Football atau Soccer adalah salah satu cabang sebutkan cara menendang atau menyepak bola yang menggunakan bola yang secara umum terbuat dari kulit.

Sepak bola dimainkan oleh 2 tim yang masing-masing beranggotakan 11 permain. Permainan sepak bola bertujuan untuk memasukkan bola ke dalam gawang lawan (mencetak gol) sebanyak-banyaknya hingga unggul dalam skor untuk dapat meraih kemenangan. Sepak bola dimainkan dengan cara ditendang, mengumpan, menyundul dan tidak boleh menggunakan tangan, kecuali penjaga gawang (kiper).

Dalam permainan sepak bola terdapat beberapa teknik yang harus dikuasai agar bisa bermain dengan baik dan benar. Salah satu dari teknik tersebut adalah teknik menendang bola yang sangat wajib dikuasi. Menendang bola juga memiliki beberapa teknik, yaitu sebagai berikut. Daftar Isi • Menendang Bola dengan Kaki Bagian Dalam • Menendang Bola dengan Kaki Bagian Luar • Menendang Bola dengan Punggung Kaki • Menendang Bola dengan Punggung Kaki Bagian Dalam Menendang Bola dengan Kaki Bagian Dalam Adapun teknik atau cara menendang bola dengan kaki bagian dalam secara berurutan adalah sebagai berikut.

sebutkan cara menendang atau menyepak bola

• Berdiri posisi melangkah, kaki kiri di depan kaki kanan bagian dalam di belakang menghadap bola. • Kaki kiri menumpu di samping bola jarak sekepalan tangan dengan ujung kaki mengarah ke depan serta lutut sedikit ditekuk dan badan agak condong ke depan. • Kaki kanan dibuka keluar sehingga mata kaki mengarah ke bola dan kedua lengan menjaga keseimbangan. • Atunkan kaki kanan ke bola menggunakan kaki bagian dalam.

• Gerakan selanjutnya diikuti oleh gerak lanjut dari kaki tendang yang diimbangi anggota tubuh lainnya. Perhatikan kesalahan-kesalahan yang sering terjadi ketika melakukan gerak menendang bola dengan kaki bagian dalam, yaitu sikap badan kaku, kaki tumpu tidak di samping bola, kaki tendang tidak stabil, badan kurang condong ke depan, dan tidak diikuti gerak lanjut. Menendang Bola dengan Kaki Bagian Luar Adapun teknik atau cara menendang bola dengan kaki bagian luar secara berurutan adalah sebagai berikut.

• Kaki tumpu sejajar dengan bola atau sedikit ke belakang. • Kaki tendang diayun dari belakang dan pada saat menyentuh bola, ujung kaki diputar ke arah dalam. • Gerakan kaki tendang terutama dari sendi lutut. • Tangan direntangkan, mata tertuju pada bola dan follow through dari kaki belakang. Perhatikan kesalahan-kesalahan yang sering sebutkan cara menendang atau menyepak bola ketika melakukan gerak menendang bola dengan kaki bagian luar yaitu perkenaan sering di kaki bagian dalam, kaki terkadang tidak seimbang dan kadang tidak memakai ancang-ancang.

Baca: Teknik Menggiring Bola Menendang Bola dengan Punggung Kaki Adapun teknik atau cara menendang bola dengan punggung kaki secara berurutan adalah sebagai berikut. • Sikap berdiri di belakang bola. • Letakkan kaki tumpu disamping bola dengan jarak sekepalan tangan. • Kaki tendang ke belakang lurus dengan bola dan pandangan ke arah tendangan. • Kaki tendang diayunkan ke belakang, kemudian gerakkan ke depan menyentuh bola sekuat-kuatnya dengan perkenaan pada punggung kaki.

• Sikap akhir dari tendangan diikuti dengan gerak lanjut kaki tendang dan diikuti oleh anggota tubuh lainnya. Perhatikan kesalahan-kesalahan yang sering terjadi ketika melakukan gerak menendang bola dengan punggung kaki, yaitu sikap badan kaku, kaki tumpu tidak di samping bola, kaki tendang tidak stabil, badan kurang condong ke depan, dan tidak diikuti gerak lanjut. Menendang Bola dengan Punggung Kaki Bagian Dalam Adapun teknik atau cara menendang bola dengan punggung kaki bagian dalam secara berurutan adalah sebagai berikut.

• Sikap berdiri di belakang bola. • Kaki tumpu harus di samping bola dengan jarak sekepalan tangan. • Badan sedikit condong ke depan, kedua lengan rileks untuk menjaga keseimbangan dan pandangan dipusatkan ke bola. • Pada saat kaki tendang mengayun ke depan, kaki mengarah ke bola, pergelangan kaki di titik tengah, ujung kaki selangkah ke samping bawah. • Bola ditendang tepat pada sasaran titik pusat tendangan dengan perkenaan pada punggung kaki bagian dalam.

• Sikap akhir tendangan diikuti oleh sebutkan cara menendang atau menyepak bola lanjut kaki tendang yang diikuti anggota badan seluruhnya. Perhatikan kesalahan-kesalahan yang sering terjadi ketika melakukan gerak menendang bola dengan punggung kaki bagian dalam, yaitu sikap badan kaku, kaki tumpu tidak disamping bola, kaki tendang tidak stabil, badan kurang condong ke depan, dan tidak diikuti gerak lanjut. Baca juga: 3 Teknik Mengumpan Bola Dalam Sepak Bola Nah itulah cara atau teknik menendang bola dalam sepak bola, yaitu menggunakan kaki bagian dalam, bagian luar, dan menendang bola dengan kaki bagian punggung.

Demikian artikel yang bisa kami bagikan mengenai teknik-teknik dalam sepakbola dan semoga bermanfaat.

GERAKAN TENDANGAN BOLA DENGAN KAKI BAGIAN DALAM & PUNGGUNG KAKI PJOK KELAS 5 SD




2022 www.videocon.com