Raja ampat berada di

raja ampat berada di

KOMPAS.com - Liburan ke Raja Ampat seperti impian banyak orang. Raja Ampat merupakan salah satu wilayah kepulauan di Provinsi Papua Barat yang kaya akan wisata bahari.

Ada berbagai fakta menarik seputar Raja Ampat. Berikut di antaranya Masih banyak orang salah mengira lokasi Raja Ampat Sebagian orang masih mengira jika Raja Ampat berada di Provinsi Papua. Padahal, destinasi wisata bahari yang terkenal hingga mancanegara ini berada di Provinsi Papua Barat.

Raja Ampat merupakan kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Sorong dan termasuk salah satu dari 14 kabupaten baru di bumi Papua. Selengkapnya di artikel Ingat! Raja Ampat Itu di Papua Barat. Mengapa disebut Raja Ampat? Salah satu versi yang paling banyak diketahui masyarakat, nama Raja Ampat tak lepas dari kisah para raja dari empat pulau terbesar yakni Waigeo, Salawati, Misool dan Batanta.

Pimpinan di tiap gugusan pulau itulah yang menjadi awal penamaan Raja Ampat. Selengkapnya di artikel Mau Tahu Sejarah Nama Raja Ampat?. Liburan ke Raja Ampat jangan asal murah Wisatawan jangan 'terjebak' oleh paket wisata murah ke Raja Ampat.

raja ampat berada di

Pasalnya banyak cerita tentang wisatawan yang kecewa lantaran kurang mendapat pengalaman wisata maksimal di Raja Ampat. Selengkapnya di Berlibur ke Raja Ampat Memang Mahal, tapi Anda Tak Akan Menyesal.

Raja Ampat tak hanya laut, ada beragam agenda wisata Pemerintah Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, mengagendakan puluhan agenda untuk memancing minat wisatawan dalam dan luar negeri.

KompasTravel mencatat, sedikitnya ada 14 agenda menarik yang patut untuk disaksikan. Selengkapnya di Ingin Berlibur ke Raja Ampat? Catat Agendanya. Berapa biaya liburan ke Raja Ampat? Anda butuh sekitar Rp 6 juta liburan dari Jakarta ke Raja Ampat selama empat hari tiga malam, dengan catatatan rute wisata Anda hanya ke daerah Wayag dan sekitarnya.

Bujet tersebut belum termasuk sewa alat selam jika Anda ingin diving. Selengkapnya di Berapa Biaya Wisata ke Raja Ampat raja ampat berada di Backpacker? Ini Perhitunganny. • Agama Kristen 68,10% - Protestan 67,34% - Katolik 0,76% Islam 31,83% Hindu 0,06% Buddha 0,01% [4] • Bahasa Indonesia, Melayu Papua • IPM 63,89 ( 2020) Sedang [5] Zona waktu UTC+09:00 ( WIT) Kode area telepon 0923 Pelat kendaraan PB xxxx R* Kode Kemendagri 92.05 DAU Rp 722.606.815.000.-( 2020) [6] Flora resmi Anggrek Dendrobium Azureum Fauna resmi Maleo Waigeo Situs web www .rajaampatkab .go raja ampat berada di Kabupaten Raja Ampat adalah salah satu kabupaten di provinsi Papua Barat, Indonesia.

Ibukota kabupaten ini terletak di Waisai. Kabupaten ini memiliki 610 pulau, termasuk kepulauan Raja Ampat. Empat di antaranya, yakni Pulau Misool, Salawati, Batanta dan Waigeo, merupakan pulau-pulau besar.

Dari seluruh pulau hanya 35 pulau yang berpenghuni sedangkan pulau lainnya tidak berpenghuni dan sebagian besar belum memiliki nama. Kabupaten ini memiliki total luas 67.379,60 km² dengan rincian luas daratan 7.559,60 km² dan luas lautan 59.820,00 km².

[1] Daftar isi • 1 Sejarah • 2 Geografi • 2.1 Batas wilayah • 2.2 Topografi • 2.3 Geologi dan Hidrologi • 2.4 Iklim • 3 Pemerintahan • 3.1 Daftar Bupati • 3.2 Dewan Perwakilan • 3.3 Kecamatan • 4 Demografi • 4.1 Penduduk • 4.2 Agama • 4.3 Suku Bangsa • 4.4 Budaya • 5 Transportasi • 5.1 Udara • 6 Galeri • 7 Referensi • 8 Pranala luar Sejarah [ sunting - sunting sumber ] Konon, suatu hari seorang wanita menemukan tujuh telur, empat diantaranya berubah menjadi pangeran dan tiga sisanya menjadi seorang wanita, hantu dan sebuah batu.

raja ampat berada di

Ke empat pangeran tadi berpisah lalu masing-masing berkuasa di Waigeo, Salawati, Batanta dan Misool. Di lihat dari sisi sejarah, Kepulauan Raja Ampat di abad ke-15 merupakan bagian dari kekuasaan Kesultanan Tidore, sebuah kerajaan besar yang berpusat di Kepulauan Maluku.

Untuk menjalankan pemerintahannya, Kesultanan Tidore menunjuk 4 orang Raja lokal untuk berkuasa di pulau Waigeo, Batanta, Salawati dan Misool. Istilah 4 orang Raja dalam yang memerintah di gugusan kepulauan itulah yang menjadi awal dari nama Raja Ampat. Geografi [ sunting - sunting sumber ] Kabupaten Raja Ampat adalah kabupaten yang wilayahnya sebagian besar terdiri dari gugusan pulau yang terletak pada posisi 2°25' lintang utara – 4°25' lintang selatan dan 130° – 132° 55’ bujur timur.

Kabupaten ini memiliki luas wilayah ±6.084,5 km². Kabupaten ini terdiri dari kurang lebih 600 buah pulau besar dan kecil, yang termasuk ke dalam pulau besar diantaranya adalah Pulau Salawati; Pulau Butanta; Pulau Misool dan Pulau Waigeo yang merupakan pulau non vulkanik, berbukit-bukit yang sebagian besar ditutupi oleh hutan hujan tropis yang lebat.

Sedangkan pulau-pulau kecil yang tersebar di antara pulau besar tersebut ada yang merupakan pulau karang dan pulau non vulkanik yang banyak ditumbuhi oleh pohon kelapa dan semak belukar. [7] Batas wilayah [ sunting - sunting sumber ] Berikut adalah batas wilayah Kabupaten Raja ampat: Utara Samudera Pasifik Timur Kota Sorong & Kabupaten Sorong Selatan Laut Seram Barat Laut Seram & Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara Topografi [ sunting - sunting sumber ] Kabupaten Raja Ampat sebagai wilayah kepulauan, maka memiliki wilayah daratan yang relatif tidak besar dan pada umumnya topografi daerahnya didominasi oleh wilayah perbukitan yang masih dipenuhi dengan hutan alami.

Sedangkan wilayah pesisir pantai memiliki karakteristik yang beragam seperti pantai landai berpasir hitam, pantai landai berpasir putih dengan terumbu karang yang sudah rusak sampai dengan yang masih perawan, pantai dalam dan hutan mangrove.

Pulau Waigeo, Pulau Salawati, Pulau Batanta dan Pulau Misool merupakan pulau non-vulkanik yang berbukit-bukit dan sebagian besar masih ditutupi oleh hutan hujan tropis yang cukup lebat. Di Pulau Waigeo terdapat gunung Nokh dengan ketinggian 715 mdpl. Sedangkan pulau-pulau kecil yang tersebar di antara empat kepulauan tersebut ada yang berupa pulau karang dan pulau non vulkanik, pulau-pulau kecil tersebut pada umumnya ditumbuhi oleh tanaman kelapa, semak-belukar dan pohon-pohon kecil.

Kemiringan lahan raja ampat berada di perencanaan merupakan lahan dengan kemiringan antara 0% sampai dengan di atas 40%. Sebagian wilayah berupa pegunungan daerah lereng-lereng yang curam seperti di Pulau Batanta, Pulau Waigeo, dan Pulau Salawati. Daerah pegunungan ini dapat mencapai 100 - 300 meter di atas permukaan laut. Wilayah dengan ketinggian di bawah 100 meter dpl umumnya terdapat pada Pulau Salawati bagian selatan. Jika dilihat dari fisiografinya, maka Kabupaten Raja Ampat bagian utara, yaitu Pulau Waigeo dan sebagian Pulau Batanta didominasi oleh pegunungan.

Sedangkan pada bagian tengah terutama Pulau Salawati cukup luas daerah datarnya. Untuk Pulau Misool walaupun sebagian besar daerahnya pegunungan, tetapi pada bagian tengah pulau terdapat daerah yang datar. [7] Geologi dan Hidrologi [ sunting - sunting sumber ] Kondisi geologi Kabupaten Raja ampat didominasi oleh formasi batuan kapur yang terbentuk pada masa kuarter.

Jenis tanah yang ada disusun oleh batuan dabas, neogen dan terdapat batu gamping yang membentuk bukit-bukit rendah. Pada umumnya batu gamping tersebut bersifat padat dan mengandung pasir seperti batu gamping facet, daram, atkari, zaag, openta, sagewin, dan bogal.

Sumber utama raja ampat berada di gamping berasal dari terumbu gamping yang berasal dari binatang laut. Perbedaan posisi pembentukan batuan ini menimbulkan perbedaan dalam proses sedimentasinya sehingga terbentuk berbagai macam batu gamping tersebut. Jenis batuan lain di wilayah ini adalah batuan sedimen konglomerat yang penyusunannya terdiri dari balian yang tahan raja ampat berada di yaitu berupa konglomerat aneka bahan.

Batuan breksi yeffman dengan butiran yang lebih besar, fragmen menyudut yang umumnya terdiri dari fragmen batuan hasil rombakan, dalam massa dasar yang lebih halus atau tersemenkan.

raja ampat berada di

Golongan batuan sedimen berupa pasir juga terdapat di wilayah ini dengan kiasifikasi batu pasir dalam. Batuan sedimen serpih yang mempunyai sifat seperti lempung. Batuan serpih di mana pada bidang-bidang lapisan memperlihatkan belahan yang menyerpih dengan klasifikasi serpih lebih juga terdapat di wilayah ini. Beberapa formasi batuan yang terdapat di wilayah ini adalah Formasi Yaben, Formasi Klasafet, Formasi Waigeo, Formasi Rumai, Formasi Yarefl, Formasi Demu, dan Formasi Fafanlaf.

Batu metamorf yang ada adalah batuan malihan ligu sedangkan batuan beku terdapat di batuan gunung api Batanta dan batuan Gunung Dore. Kondisi air wilayah perencanaan secara umum masih baik karena kondisi alam yang masih alami. Beberapa sungai yang cukup besar terdapat di Pulau Waigeo di antaranya adalah Sungai Raja ampat berada di dengan panjang ± 4 km dan Sungai Kamtabai, dan Sungai Kasim di Pulau Misool bagian barat.

raja ampat berada di

Bila dilihat potensi air tanahnya, sebagian besar wilayah daratan di Kabupaten Raja Ampat tidak memiliki air tanah tawar kecuali di pulau-pulau besar seperti Pulau Waigeo, Salawati, dan Misool.

[7] Iklim [ sunting - sunting sumber ] Berdasarkan klasifikasi iklim Koppen, wilayah Kabupaten Raja Ampat ber iklim hutan hujan tropis ( Af) dengan curah hujan yang tinggi sepanjang tahun. Curah hujan maksimum di wilayah ini berlangsung pada periode Mei– Juli dengan curah hujan bulanan lebih dari 220 mm per bulan. Curah hujan tahunan di wilayah Raja Ampat berkisar antara 2.000–3.000 mm per tahun dengan j umlah hari hujan di wilayah ini berkisar antara 170–230 hari hujan per tahun.

Suhu udara di wilayah ini berkisar antara 22°–33 °C dengan tingkat kelembapan nisbi ±83%. Data iklim Raja Ampat, Papua Barat, Indonesia Bulan Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des Tahun Rata-rata tertinggi °C (°F) 29.3 (84.7) 30.1 (86.2) 31.1 (88) 32.3 (90.1) 31.1 (88) 30.5 (86.9) 29.6 (85.3) 30.4 (86.7) 31.6 (88.9) 32.5 (90.5) 33.1 (91.6) 31.2 (88.2) 31.07 (87.93) Rata-rata harian °C (°F) 26 (79) 25.8 (78.4) 26.9 (80.4) 27 (81) 27 (81) 26.6 (79.9) 25.1 (77.2) 26.2 (79.2) 27.5 (81.5) 28.1 (82.6) 27.4 (81.3) 26.6 (79.9) 26.68 (80.12) Rata-rata terendah °C (°F) 23.7 (74.7) 23.6 (74.5) 23.8 (74.8) 23.8 (74.8) 22.9 (73.2) 22.7 (72.9) 22.3 (72.1) 22.4 (72.3) 23.5 (74.3) 23.7 (74.7) 24 (75) 23.9 (75) 23.36 (74.02) Presipitasi mm (inci) 177 (6.97) 180 (7.09) 197 (7.76) 213 (8.39) 296 (11.65) 326 (12.83) 307 (12.09) 240 (9.45) 208 (8.19) 170 (6.69) 164 (6.46) 162 (6.38) 2.640 (103,95) Rata-rata hari hujan raja ampat berada di 16 17 17 18 19 19 18 17 15 14 14 200 % kelembapan 82 82 83 84 85 86 86 85 84 82 81 81 83.4 Rata-rata sinar matahari bulanan 176 170 167 163 152 147 151 162 165 177 188 186 2.004 Sumber #1: Climate-Data.org [8] Sumber #2: Weatherbase [9] Pemerintahan [ raja ampat berada di - sunting sumber ] Daftar Bupati [ sunting - sunting sumber ] Artikel utama: Daftar Bupati Raja Ampat No Bupati Mulai Jabatan Akhir Jabatan Prd.

Ket. Wakil Bupati 1 Drs. Marcus Wanma M.Si. 2003 2005 - [Ket. 1] [10] 2005 2010 1 Inda Arfan 2010 2015 2 - Sroyer Elisa S.Sos. 26 November 2015 17 Februari 2016 - [Ket. 2] [11] 2 H. Abdul Faris Umlati S.E. 17 Februari 2016 26 September 2020 3 [12] Manuel Piter Urbinas - Manuel Piter Urbinas S.Pi, M.Si.

26 September 2020 5 Desember 2020 [Ket. 3] [13] (2) H. Abdul Faris Umlati S.E. 6 Desember 2020 Petahana Manuel Piter Urbinas Catatan Artikel utama: Daftar kecamatan dan kelurahan di Kabupaten Raja Ampat Demografi [ sunting - sunting sumber ] Penduduk [ sunting - sunting sumber ] Penduduk kabupaten Raja Ampat pada tahun 2019 berjumlah 93.918 jiwa dengan rincian 50.292 jiwa laki-laki dan 43.626 perempuan.

Penduduk terbanyak berada di ibukota kabupaten, yakni kota Waisai, sebanyak 32.499 jiwa, dengan kepadatan 125,85 jiwa/km². Sementara penduduk paling sedikit berada di distrik kecamatan Salawati Barat yakni 1.463 jiwa, 764 laki-laki dan 699 perempuan. [1] Agama [ sunting - sunting sumber ] Penduduk kabupaten Raja Ampat mayoritas memeluk agama Kristen.

Berdasarkan data Sensus Penduduk Indonesia 2010, pemeluk agama Kristen berjumlah 68,10%, dimana 67,34% adalah Protestan dan sebagian kecil Katolik yakni 0,76%. Pemeluk agama Islam juga cukup signifikan berjumlah 31,83%, kemudian Hindu 0,06% dan Buddha 0,01%.

[4] Suku Bangsa [ sunting - sunting sumber ] Sementara itu, etnis yang ada di Raja Ampat cukup multienis. Etnis atau suku asli kabupaten ini termasuk suku Laganyan, Matbat, Wawiyai, Kawei, Ambel, Wardo, dan Usba dan suku lainnya yang tersebar di setiap pulau-pulau Raja Ampat.

[14] Selain itu, suku pendatang juga cukup banyak terlebih saat ini kabupaten Raja Ampat menjadi kawasan wisata favorit hingga mancanegara.

Pendatang seperti suku Jawa, Bugis, Minahasa, Batak, dan penduduk asli dari berbagai kabupaten di pulau Papua lainnya, mulai banyak bermukim di Raja Ampat. Budaya [ sunting - sunting sumber ] Kabupaten Raja Ampat memiliki beragam budaya yang menjadi ciri khas kabupaten ini.

Salah satu kebudayaan yang ada di Raja Ampat adalah Tradisi Wala. Wala adalah sebuah tradisi lisan berupa nyanyian yang dibawakan bersamaan dengan gerakan tarian. [15] Tradisi Wala dikenal oleh Suku Matbat, yang merupakan suku asli dari pulau Misool dan tradisi Wala hanya digelar pada acara tertentu saja.

Penduduk di Misool secara umum mengenal Tradisi Wala. Mereka menyebutnya sebagai 'lan batan o' atau lagu tanah, yang menkisah tentang asal usul 'Batan Me' atau lahirnya komunitas di pulau Misool dan persebaran kehidupan masyarakat suku Matbat.

[15] Tradisi ini sempat hampir punah, karena tidak dipelihara oleh penduduk local. Namun, pada tanggal 08 Raja ampat berada di 2019, tradisi Wala diakui sebagai budaya nasional dan telah dituangkan dalam bentuk sertifikat yang ditandangani oleh Menteri Pendidikan dan KebudayaanProf.Dr.Effendy Muhadjir, di Jakarta.

[15] Transportasi [ sunting - sunting sumber ] Udara [ sunting - sunting sumber ] Pada awal Mei 2012, landasan pacu Bandar Udara Marinda sepanjang 1.200 meter telah diresmikan oleh Menteri Perhubungan dan pejabat Raja Ampat. Landasan pacu akan diperpanjang hingga 2.000 meter dan selesai pada 2013. Galeri [ sunting - sunting sumber ] • • ^ a b c d e f "Kabupaten Raja Ampat Dalam Angka 2020" (pdf). www.rajaampatkab.bps.go.id. Diakses tanggal 2 September 2020.

• ^ a b c d "Permendagri no.137 tahun 2017". 27 Desember 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-04-29. Diakses tanggal 12 Juni 2018. • ^ "Ribuan Warga Sambut Bupati Terpilih Raja Ampat", Tabloit Jubi, 31 Januari 2016 • ^ a b "Penduduk Menurut Wilayah dan Agama yang Dianut di Kabupaten Raja Ampat".

www.sp2010.bps.go.id .

raja ampat berada di

Diakses tanggal 22 Februari 2020. • ^ "Metode Baru Indeks Pembangunan Manusia 2019-2020" (pdf). www.bps.go.id. Diakses tanggal 19 September 2021. • ^ "Rincian Alokasi Dana Alokasi Umum Provinsi/Kabupaten Kota Dalam APBN T.A 2020" (pdf). www.djpk.kemenkeu.go.id. (2020). Diakses tanggal 19 September 2021.

Periksa nilai tanggal di: -date= ( bantuan) • ^ a b c "Profil Raja Ampat" (PDF). Diakses tanggal 3 November 2020. • ^ "Raja Ampat, Papua Barat, Indonesia". Climate-Data.org. Diakses tanggal 3 November 2020.

• ^ "Waiwo, Raja Ampat, Indonesia". Weatherbase. Diakses tanggal 3 November 2020. • ^ Marcus Wanma merupakan Pj Bupati Raja Ampat 2003-2005 dan Bupati Raja Ampat 2005-2015, diakses 2 Januari 2021. • ^ SERTIJAB PENJABAT BUPATI RAJA AMPAT (2015), diakses 2 Januari 2021.

• ^ Siang Ini, Gubernur Papua Barat Lantik 5 Pasangan Bupati/Wakil Bupati, diakses 2 Januari 2021. • ^ 5 Pjs Bupati Dilantik Gubernur Papua Barat, Raja Ampat dan Sorsel Dijabat Wakil Bupati, diakses 2 Januari 2021.

• ^ "Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati, Dikukuhkan Sebagai Anak Adat Oleh Suku-suku di Pulau Waigeo". www.metrorakyat.com. Diakses tanggal 22 Februari 2020. • ^ a b c "Budaya Wala sebagai Identitas Suku Matbat". www.travel.detik.com. Diakses tanggal 22 Februari 2020. Pranala luar [ sunting - sunting sumber ] • (Indonesia) www.rajaampatkab.go.id • (Indonesia) Wisata Raja Ampat • Halaman ini terakhir diubah pada 3 April 2022, pukul 02.33.

• Teks tersedia di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa; raja ampat berada di tambahan mungkin berlaku. Lihat Ketentuan Penggunaan untuk lebih jelasnya. • Kebijakan privasi • Tentang Wikipedia • Penyangkalan • Tampilan seluler • Pengembang • Statistik • Pernyataan kuki • •
KOMPAS.com - Kabupaten Raja Ampat merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Papua Barat yang terletak di sebelah barat.

Kab. Raja Ampat adalah pemekaran dari Kab. Sorong berdasarkan Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2002, terdiri dari 10 distrik dan 85 kecamatan. Kepulauan ini berperan penting sebagai wilayah yang berbatasan langsung dengan wilayah luar negeri. Pulau Fani yang terletak di ujung paling utara rangkaian Kepulauan Raja Ampat, berbatasan langsung dengan Republik Palau.

Secara ringkas berikut ini data statistik Kab. Raja Ampat: • Dasar hukum: Undang-Undang RI Nomor 26 Tahun 2002 • Letak: Pulau Papua • Luas: 67.379,6 kilomerter persegi • Jumlah kecamatan: 24 distrik raja ampat berada di Jumlah penduduk: 47.885 jiwa Baca juga: Berenang di Kalibiru Raja Ampat, Airnya Bisa Langsung Diminum Geografi Secara geografis, batas wilayah Kabupaten Raja Ampat meliputi: • Batas utara: Samudera Pasifik dan Republik Palau • Batas selatan: Kota Sorong dan Kabupaten Sorong • Batas timur: Kabupaten Seram Utama • Batas barat: Laut Seram Kabupaten Raja Ampat memiliki total luas wilayah 67.379,6 kilometer persegi dengan total luas daratan 7.559,6 kilometer persegi.

Wilayah Kab. Pusat pemerintahan Kab. Raja Ampat berada di Distrik Kota Waisai sekitar 70 kilometer dari Kota Sorong. Raja Ampat sekarang terbagi menjadi 24 distrik di 4 pulau besar yaitu Pulau Waigeo, Pulau Batanta, Pulau Salawati dan Pulau Misool serta terdiri dari 600 pulau-pulau kecil.

Wilayah terluas adalah Distrik Waigeo Barat, sekitar 12,98 persen dari total luas wilayah. Wilayah terkecil adalah Distrik Tiplol Mayalibit hanya 0,44 persen dari total luas Raja Ampat. Sebagian besar penduduk di Kab. Raja Ampat tinggal di daerah pesisir. Terlihat dari topografi wilayah di mana sebanyak 107 desa merupakan desa pesisir. Sedangkan 14 desa bukan pesisir terletak di daerah barat. Baca juga: Kapal Pesiar Aqua Blu Kandas, Ini Tips Aman Berwisata di Raja Ampat Iklim Keadaan iklim Kab.

Raja Ampat dapat dilihat dari ringkasan berikut ini: • Rata-rata suhu udara 27,2 derajat celsius • Hari hujan 250 hari • Curah hujan 2.511 milimeter kubik • Rata-rata tekanan udara 1.008,9 milibar • Rata-rata kelembaban udara 87 persen Curah hujan terendah terjadi selama Bulan September yaitu 102 milimeter kubik.

Suhu udara minimum terendah terjadi pada Agustus dan Oktober sedangkan suhu udara maksimum tertinggi tejradi pada Januari dan September. Artikel ini tidak memiliki referensi atau sumber tepercaya sehingga isinya tidak bisa dipastikan. Bantu perbaiki artikel ini dengan menambahkan referensi yang layak. Tulisan tanpa sumber dapat dipertanyakan dan dihapus sewaktu-waktu. Cari sumber: "Kepulauan Raja Ampat" – berita · surat kabar · buku · cendekiawan · JSTOR Koordinat: 0°47′13.7″S 130°33′43.0″E  /  0.787139°S 130.561944°E  / -0.787139; 130.561944 Panorama Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian Kepala Burung ( Vogelkoop) Pulau Papua.

Secara administrasi, gugusan ini berada di bawah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Raja ampat berada di Barat. Kepulauan ini sekarang menjadi tujuan para penyelam yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya. Empat gugusan pulau yang menjadi anggotanya dinamakan menurut empat pulau terbesarnya, yaitu Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta. Daftar isi • 1 Asal usul dan sejarah • 2 Masyarakat • 3 Kekayaan sumber daya alam • 4 Peninggalan prasejarah dan sejarah • 5 Pariwisata • 6 Ancaman terhadap kepulauan ini raja ampat berada di 7 Usaha-usaha konservasi • 8 Referensi • 9 Pranala luar Asal usul dan sejarah [ sunting - sunting sumber ] Asal mula nama Raja Ampat menurut mitos masyarakat setempat berasal dari seorang wanita yang menemukan tujuh telur.

Empat butir di antaranya menetas menjadi empat orang pangeran yang berpisah dan masing-masing menjadi raja yang berkuasa raja ampat berada di Waigeo, Salawati, Misool Timur dan Misool Barat. Sementara itu, tiga butir telur lainnya menjadi hantu, seorang wanita, dan sebuah batu. [1] Selanjutnya dari sejarah tersebut beredar mitos yang dipercaya masyarakat, bahwa salah satu anak yang menetas dari telur tersebut bernama Pin Tike hamil tanpa suami.

Peristiwa itu menyebabkan saudara-saudaranya malu. Karena itu, dia dihanyutkan oleh saudara-saudaranya ke laut.

raja ampat berada di

Pin Tike terdampar di Pulau Numfor dan bertemu dengan Manar Maker, seorang tokoh mitos masyarakat Biak -Numfor. Kemudian Pin Tike melahirkan bayi laki-laki yang diberi nama Gurabesi atau Kurabesi. Ketika dewasa, Kurabesi kembali ke Kali Raja dan bertemu pamannya fun Giwar. Gurabesi dan anak Giwar yang bernama Mereksopen, membantu Raja Tidore berperang melawan Raja Ternate.

Sebagai hadiah kepada Kurabesi atas kemenangan melawan Ternate, dia dinikahkan dengan putri Sultan Tidore, Boki Taiba. Kurabesi dan istrinya kemudian menetap di Kali Raja, Raja Ampat sampai akhir hidupnya. [2] Dalam perjalanan sejarah, wilayah Raja Ampat telah lama dihuni oleh masyarakat bangsawan dan menerapkan sistem adat Maluku. Dalam sistem ini, masyarakat sekumpulan manusia. Tiap desa dipimpin oleh seorang raja.

Raja ampat berada di berdirinya lima kesultanan muslim di Maluku, Raja Ampat menjadi bagian klaim dari Kesultanan Tidore. Setelah Kesultanan Tidore takluk dari Belanda, Kepulauan Raja Ampat menjadi bagian klaim Hindia Belanda. Masyarakat [ sunting - sunting sumber ] Masyarakat Kepulauan Raja Ampat umumnya nelayan tradisional yang berdiam di kampung-kampung kecil yang letaknya berjauhan dan berbeda pulau.

Mereka adalah masyarakat yang ramah menerima tamu dari luar, apalagi kalau kita membawa oleh-oleh buat mereka berupa pinang ataupun permen. Barang ini menjadi semacam 'pipa perdamaian indian' di Raja Ampat.

Acara mengobrol dengan makan pinang disebut juga "Para-para Pinang" sering kali bergiliran satu sama lain saling melempar mob, istilah setempat untuk cerita-cerita lucu.

raja ampat berada di

Mereka adalah pemeluk Islam dan Kristen dan sering kali di dalam satu keluarga atau marga terdapat anggota yang memeluk salah satu dari dua agama tersebut. Hal ini menjadikan masyarakat Raja Ampat tetap rukun walaupun berbeda keyakinan.

[3] Kekayaan sumber daya alam [ sunting - sunting sumber ] Terumbu karang di Pulau Piaynemo, Raja Ampat Kepulauan Raja Ampat merupakan tempat yang sangat berpotensi untuk dijadikan sebagai objek wisata, terutama wisata penyelaman.

Perairan Kepulauan Raja Ampat menurut berbagai sumber, merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik untuk diving site di seluruh dunia. Bahkan, mungkin juga diakui sebagai nomor satu untuk kelengkapan flora dan fauna bawah air pada saat ini. Dr. John Veron, ahli karang berpengalaman dari Australia, misalnya, dalam sebuah situs ia mengungkapkan, Kepulauan Raja Ampat yang terletak di ujung paling barat Pulau Papua, sekitar 50 mil sebelah barat laut Sorong, mempunyai kawasan karang terbaik di Indonesia.

Sekitar 450 jenis karang sempat diidentifikasi selama dua pekan penelitian di daerah itu. [4] Tim ahli dari Conservation International, The Nature Conservancy, dan Lembaga Oseanografi Nasional (LON) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pernah melakukan penilaian cepat pada 2001 dan 2002. Hasilnya, mereka mencatat di perairan ini terdapat lebih dari 540 jenis karang keras (75% dari total jenis di dunia), lebih dari 1.000 jenis ikan karang, 700 jenis moluska, dan catatan tertinggi bagi gonodactyloid stomatopod crustaceans.

Ini menjadikan 75% spesies karang dunia berada di Raja Ampat. Tak satupun tempat dengan luas area yang sama memiliki jumlah spesies karang sebanyak ini. Ada beberapa kawasan terumbu karang yang masih sangat baik kondisinya dengan persentase penutupan karang hidup hingga 90%, yaitu di selat Dampier (selat antara Pulau Waigeo dan Pulau Batanta), Kepulauan Kofiau, Kepualauan Misool Tenggara dan Kepulauan Wayag. Tipe dari terumbu karang di Raja Ampat umumnya adalah terumbu karang tepi dengan kontur landai hingga curam.

Tetapi ditemukan juga tipe atol dan tipe gosong atau taka. Di beberapa tempat seperti di kampung Saondarek, ketika raja ampat berada di surut terendah, bisa disaksikan hamparan terumbu karang tanpa menyelam dan dengan adaptasinya sendiri, karang tersebut tetap bisa hidup walaupun berada di udara terbuka dan terkena sinar matahari langsung.

Spesies yang unik yang bisa dijumpai pada saat menyelam adalah beberapa jenis kuda laut katai, wobbegong, dan ikan pari Manta. Juga ada ikan endemik raja ampat, yaitu Eviota raja, yaitu sejenis ikan gobbie. Di Manta point yg terletak di Arborek selat Dampier, Anda bisa menyelam dengan ditemani beberapa ekor Pari Manta yang jinak seperti ketika Anda menyelam di Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur.

Jika menyelam di Cape Kri atau Chicken Reef, Anda bisa dikelilingi oleh ribuan ikan. Kadang kumpulan ikan tuna, giant trevallies dan snappers. Tapi yang menegangkan jika kita dikelilingi oleh kumpulan ikan barakuda, walaupun sebenarnya itu relatif tidak berbahaya (yang berbahaya jika kita ketemu barakuda soliter atau sendirian).

Hiu karang juga sering terlihat, dan kalau beruntung Anda juga bisa melihat penyu sedang diam memakan sponge atau berenang di sekitar anda. Di beberapa tempat seperti di Salawati, Batanta dan Waigeo juga terlihat Dugong atau ikan duyung. Karena daerahnya yang banyak pulau dan selat sempit, maka sebagian besar tempat penyelaman pada waktu tertentu memiliki arus yang kencang. Hal ini memungkinkan juga untuk melakukan drift dive, raja ampat berada di sambil mengikuti arus yang kencang dengan air yang sangat jernih sambil menerobos kumpulan ikan.

Peninggalan prasejarah dan sejarah [ sunting - sunting sumber ] Di kawasan gugusan Misool ditemukan peninggalan prasejarah berupa cap tangan yang diterakan pada dinding batu karang. Uniknya, cap-cap tangan ini berada sangat dekat dengan permukaan laut dan tidak berada di dalam gua.

Menurut perkiraan, usia cap-cap tangan ini sekitar 50.000 tahun dan menjadi bagian dari rangkaian petunjuk jalur penyebaran manusia dari kawasan barat Nusantara menuju Papua dan Melanesia.

[5] Sisa pesawat karam peninggalan Perang Dunia II raja ampat berada di dijumpai di beberapa tempat penyelaman, seperti di Pulau Wai. Pariwisata [ sunting - sunting sumber ] Raja Ampat dapat dicapai dengan pesawat dari Jakarta atau Bali ke Sorong via Makassar atau Ambon dan Manado.

raja ampat berada di

Penerbangan memakan waktu kurang lebih 6 jam. Dari Sorong, untuk ke Raja Ampat ada dua cara: • Ikut tur dengan perahu pinisi atau • Tinggal di resort Raja Ampat Dive Lodge. Kebanyakan wisatawan yang datang ke Raja Ampat saat ini adalah para penyelam. Untuk yang bukan penyelam ada sejumlah pantai berpasir putih, gugusan pulau karst dan flora dan fauna endemik seperti cendrawasih merah, cendrawasih Wilson, maleo waigeo, beraneka burung kakatua dan nuri, raja ampat berada di waigeo, serta beragam jenis anggrek.

Ancaman terhadap kepulauan ini [ sunting - sunting sumber ] Kekayaan keanekaragaman hayati di Raja Ampat telah membuat dirinya memiliki tingkat ancaman yang tinggi pula. Hal itu bisa dilihat dari kerusakan terumbu karang dan hutan. Kerusakan terumbu karang umumnya adalah karena aktivitas penangkapan ikan yang tidak ramah lingkungan seperti bom, sianida dan akar bore (cairan dari olahan akar sejenis pohon untuk meracun ikan).

Usaha-usaha konservasi [ sunting - sunting sumber ] Untuk menjaga kelestarian bawah laut Kepulauan Raja Ampat, usaha-usaha konservasi sangat diperlukan di daerah ini. Ada dua lembaga internasional yang konsen terhadap kelestarian sumber daya alam Raja Ampat, yaitu CI ( Conservation International) dan TNC (The Nature Conservancy). Pemerintah raja ampat berada di telah menetapkan laut sekitar Waigeo Selatan, yang meliputi pulau-pulau kecil seperti Gam, Mansuar, kelompok Yeben dan kelompok Batang Pele, telah disahkan sebagai Suaka Margasatwa Laut.

Menurut SK Menhut No. 81/KptsII/1993, luas wilayah ini mencapai 60.000 hektare. Selain itu, beberapa kawasan laut lainnya telah diusulkan untuk menjadi kawasan konservasi. Masing-masing adalah Suaka Margasatwa Laut Pulau Misool Selatan, laut Pulau Kofiau, laut Pulau Asia, laut Pulau Sayang dan laut Pulau Ayau.

Referensi [ sunting - sunting sumber ] • ^ "Raja Ampat Papua Barat Indonesia : Sejarah, Mitos, Asal Usul dan Kekayaan-nya" .

raja ampat berada di

Diakses tanggal 15 Maret 2019. • ^ Adelia, Jesslyn (2021-11-25). "Raja Ampat: Sejarah, Pesona Keindahan Alam dan Pantai".

raja ampat berada di

Kabar Wisata. Diakses tanggal raja ampat berada di. • raja ampat berada di "The Other Side of Raja Ampat". Diakses tanggal 15 Maret 2019. • ^ "Jangan Mati Sebelum Lihat Raja Ampat." Diakses tanggal 15 Maret 2019. • ^ "7 Wisata Sejarah Di Pulau Papua". Diakses tanggal 15 Maret 2019. Pranala luar [ sunting - sunting sumber ] Wikimedia Commons memiliki media mengenai Raja Ampat. Taman Nasional Betung Kerihun raja ampat berada di Taman Nasional Bunaken · Kepulauan Raja Ampat · Taman Nasional Taka Bonerate · Taman Nasional Wakatobi · Kepulauan Derawan · Permukiman Tradisional Tana Toraja · Situs Bawomataluo · Candi Muara Takus · Candi Muarajambi · Trowulan - Bekas Ibukota Kerajaan Majapahit · Situs Gua Prasejarah di Maros-Pangkep · Situs Gua Karst Prasejarah Sangkulirang Mangkalihat · Kota Tua Jakarta · Kota Lama Semarang · Pemukiman Tradisional Nagari Sijunjung · Landskap Alam dan Sejarah Kepulauan Banda · Pusat Kota Bersejarah Yogyakarta · Kebun Raya Bogor Kategori tersembunyi: • Artikel yang tidak memiliki referensi Desember 2021 • Semua artikel yang tidak memiliki referensi • Koordinat di Wikidata • Pranala kategori Commons ada di Wikidata • Semua artikel rintisan • Rintisan bertopik pulau di Indonesia • Semua artikel rintisan Desember 2021 • Artikel Wikipedia dengan penanda VIAF • Artikel Wikipedia dengan penanda WorldCat-VIAF • Halaman ini terakhir diubah pada 12 Desember 2021, pukul 08.49.

• Teks tersedia di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa; ketentuan tambahan mungkin berlaku. Lihat Ketentuan Penggunaan untuk lebih jelasnya. • Kebijakan privasi • Tentang Wikipedia • Penyangkalan • Tampilan seluler • Pengembang • Statistik • Pernyataan kuki • •
Global Global (English) Indonesia Indonesia (English) Indonesia (Bahasa) Russia Russia (English) Russia (Russia) China China (English) China (Chinese (Simplified)) Korea Korea (English) Korea (Korea) Japan Japan (English) Japan (Japan) France France (English) France (French) Saudi Arabia Saudi Arabia (English) Saudi Arabia (العربية) Australia Australia (English) Taiwan Taiwan (English) Taiwan (Chinese (Traditional)) Hongkong Hongkong (English) Hongkong (Chinese (Traditional)) Singapore Singapore (English) Singapore (Chinese (Simplified)) Malaysia Malaysia (English) Malaysia (Chinese (Simplified)) Thailand Thailand (English) United Arab Emirates United Arab Emirates (English) United Arab Emirates (العربية) Netherlands Netherlands (English) Netherlands (Netherlands) United Kingdom United Kingdom (English) Germany Germany (English) Germany (Germany) United States United States (English) Philippines Philippines (English) India India (English) • Global Global (English) Indonesia Indonesia (English) Indonesia (Bahasa) Russia Russia (English) Russia (Russia) China China (English) China (Chinese (Simplified)) Korea Korea (English) Korea (Korea) Japan Japan (English) Japan (Japan) France France (English) France (French) Saudi Arabia Saudi Arabia (English) Saudi Arabia (العربية) Australia Australia (English) Taiwan Taiwan (English) Taiwan (Chinese (Traditional)) Hongkong Hongkong (English) Hongkong (Chinese (Traditional)) Singapore Singapore (English) Singapore (Chinese (Simplified)) Malaysia Malaysia (English) Malaysia (Chinese (Simplified)) Thailand Thailand (English) United Arab Emirates United Arab Emirates (English) United Arab Emirates (العربية) Netherlands Netherlands (English) Netherlands (Netherlands) United Kingdom United Kingdom (English) Germany Germany (English) Germany (Germany) United States United States (English) Philippines Philippines (English) India India (English) • Jauh dari hiruk pikuk kota metropolitan, salah satu destinasi #DiIndonesiaAja istimewa ini menawarkan ketenangan dan kedamaian.

Raja Ampat, sebuah Kabupaten dan merupakan bagian dari Provinsi Papua Barat. Suguhan alam yang ditawarkan begitu mengagumkan, hingga bisa membuat wisatawan enggan pulang.

raja ampat berada di

Keistimewaan Raja Ampat Kepulauan Raja Ampat berada di bagian paling barat Papua dan membentang di area seluas kurang lebih 4,6 juta hektar. Kabupaten Raja Ampat terdiri dari 4 pulau besar yaitu Pulau Waigeo, Batanta, Salawati dan Misool, dan 1.847 pulau-pulau kecil lainnya. Nah, nama Raja Ampat sendiri diyakini berasal dari legenda masyarakat setempat yang percaya bahwa zaman dahulu kala ada seorang wanita yang menemukan tujuh telur, empat telur tersebut menetas menjadi raja-raja yang berkuasa di empat pulau utama.

Tersisa tiga lainnya, satu menjadi batu, satu menjadi wanita, dan satu lagi menjadi makhluk gaib atau hantu.Terlepas legenda yang dipercayai masyarakat setempat, keindahan yang disuguhkan oleh Raja Ampat merupakan fakta yang tak bisa diganggu gugat. Bagi Sobat Pesona yang gemar diving dan snorkeling, wilayah perairan Raja Ampat adalah salah satu destinasi diving terbaik di dunia. Menurut laporan sebuah organisasi raja ampat berada di lingkungan internasional, The Nature Conservancy and Conservation International, sekitar 75% spesies karang di dunia hidup di kepulauan Raja Ampat.

Destinasi ini memiliki kekayaan dan keunikan spesies yang tinggi dengan ditemukannya 1.318 jenis ikan, 699 jenis moluska (hewan lunak), dan 537 jenis terumbu karang.

raja ampat berada di

Rasakan sendiri sensasi menyelam dan bertemu dengan ragam jenis biota laut yang unik, seperti kuda laut kerdil (pygmy seahorse), ikan kelelawar, hingga dugong bisa kamu temukan raja ampat berada di wilayah perairan Raja Ampat. Beberapa spot menyelam terbaik dan paling terkenal di Raja Ampat di antaranya adalah Kabui Passage, di sekitar Dermaga Pulau Arborek, Sauwandarek, Yenbuba, Dinding Friwen, dan banyak lagi!

Tak heran ya, jika banyak sekali wisatawan mancanegara yang rela jauh-jauh datang ke Indonesia untuk menikmati pesona bawah lautnya yang memesona. Kamu jangan mau kalah, yuk, masukkan Raja Ampat ke daftar kunjunganmu nanti, Sobat Pesona!

Tak hanya keindahan bawah lautnya yang luar biasa, pemandangan di atas permukaan juga tak kalah memesona. Panorama deretan pulau-pulau batu di tengah gradasi air biru terlihat begitu surgawi saat dilihat dari atas bukit. Siapkan fisik yang kuat dan lakukan trekking ke atas puncak bukitnya untuk melihat pemandangan indah seperti ini, ya!

Desa Wisata di Raja Ampat Disamping pemandangan alamnya yang memukau, Raja Ampat juga menawarkan keramahan masyarakat setempat yang akan membuat Sobat Pesona betah. Selain menjelajahi alamnya, jangan lupa untuk menyelami budaya setempat, ya! Sobat Pesona bisa mengunjungi sekaligus menginap di Desa Wisata Arborek.

Ada banyak sekali pilihan penginapan serta atraksi wisata yang bisa Sobat Pesona nikmati selama di desa wisata ini, seperti melihat pembuatan kerajinan anyaman khas Arborek yang sudah terkenal hingga mancanegara, hingga mencicipi berbagai macam kuliner tradisional khas Papua, seperti papeda atau sinole.

Yuk, ke Raja Ampat! Untuk mencapai kepulauan Raja Ampat, Sobat Pesona pertama-tama harus mengambil penerbangan dari Jakarta atau kota-kota besar lainnya ke Sorong, Papua. Sesampainya di Bandara Sorong, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Raja Ampat via laut. Ada tiga pintu masuk sekaligus lokasi pengecekan menuju ke Raja Ampat, yaitu Pelabuhan Falaya di Wasai, Pelabuhan Yellu di Pulau Misool, dan Bandara Marindi di Pulau Waigeo.

Wah, kemudahan akses yang diberikan bikin kita nggak sabar untuk segera menyapa keajaiban di Raja Ampat ya, Sobat Raja ampat berada di Tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan di mana pun Sobat Pesona berada! Selalu gunakan masker, mencuci tangan secara berkala, dan menjaga jarak sebagai bentuk kepedulian terhadap diri sendiri dan orang-orang sekitar!

Situs ini merupakan situs resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Semua isi yang tercantum di dalam situs ini bertujuan untuk memberikan informasi dan bukan sebagai tujuan komersial. Penjualan yang ditampilkan merupakan tanda kemitraan yang akan menghubungkan Anda kepada Mitra Kami.
none

kampung kepulauan Yellu Raja ampat suasana alam yang sangat menakjubkan




2022 www.videocon.com