Bagaimana cara melakukan servis bawah pada permainan bola voli

bagaimana cara melakukan servis bawah pada permainan bola voli

Pada beberapa artikel sebelumnya telah kita bahas mengenai Macam-Macam Permainan Bola Besar di mana salah satunya adalah permainan bola voli.

bagaimana cara melakukan servis bawah pada permainan bola voli

Kemudian pada artikel lainnya kita juga telah membahas mengenai Ukuran Lapangan Bola Voli Standar Nasional Internasional. Pada artikel kali ini kita akan membahas lebih jauh mengenai permainan bola voli ini. Yang akan menjadi topik pembahasan kita kali ini adalah mengenai Teknik Cara Servis Bawah dan Servis Atas Pada Permainan Bola Voli.

Sebelum kita menginjak lebih jauh mengenai Teknik Cara Servis Bawah dan Servis Atas Pada Permainan Bola Voli, terlebih dahulu kita perlu mengetahui mengenai pengertian servis dalam permainan bola voli itu sendiri. Servis adalah suatu teknik dalam permainan bola voli untuk melontarkan bola dari luar garis belakang area lapangan sebuah tim melewati atas jaring ke area lapangan tim lawan.

Servis ini merupakan salah satu teknik dasar yang harus dimiliki oleh seorang pemain bola voli. Karena sebuah pertandingan bola voli akan selalu diawali dari sebuah servis bola. Daftar Contoh Surat • Teknik Cara Servis Bawah dan Servis Atas Pada Permainan Bola Voli • 1.

bagaimana cara melakukan servis bawah pada permainan bola voli

Servis Bawah • 2. Servis Atas • Cara Passing Bola Voli • Gambar Servis Bawah • Jelaskan Cara Melakukan Spike pada Bola Voli • Jelaskan cara melakukan variasi dan kombinasi passing bawah dan passing atas permainan bola voli • Jelaskan teknik dasar passing bawah dalam permainan bola voli • Jelaskan Teknik Melakukan Jumping Service • Pengertian Servis Bawah • Langkah pertama adalah mengambil posisi di belakang garis lapangan atau area yang memang digunakan untuk melakukan servis.

• Kemudian mengambil sikap awal yaitu dengan memposisikan kaki kiri sedikit lebih maju dibandingkan dengan kaki kanan sebagai ancang-ancang. Badan sedikit dicondongkan ke arah depan. Posisi kaki ini dapat dilakukan dengan sebaliknya jika pemain adalah seorang pemain kidal.

bagaimana cara melakukan servis bawah pada permainan bola voli

• Pegang bola voli dengan tangan kiri kemudian posisikan di depan badan. Cara memegang bola ini juga dapat diubah seperti pada langkah sebelumnya. • Kemudian kepalkan tangan kanan lalu tarik ke arah belakang.

• Langkah selanjutnya yaitu melambngkan bola voli yang ada di tangan kiri kemudian tangan kanan diayunkan ke depan hingga memukul tepat pada bagian bawah bola. • Gunakan tenaga untuk memukul bola hingga melewati net dan jatuh ke daerah lawan, tetapi jangan sampai keluar garis karena akan dianggap gagal dan poin akan diberikan kepada tim lawan. • Langkah pertama kurang lebih sama seperti teknik servis bawah yaitu mengambil posisi di belakang garis lapangan atau area yang memang digunakan untuk melakukan servis.

• Jika pada teknik servis bawah pemain perlu sedikit mencondongkan badannya ke arah depan maka pada teknik servis atas ini badan pemain harus dalam posisi tegap. • Lambungkan bola ke atas dan sedikit ke depan menggunakan tangan kiri kemudian pusatkan pandangan pada bola. • Ayunkan lengan kanan dari belakang ke atas, kemudian ke depan untuk memukul bola menggunakan telapak tangan. Gerakan ini juga dapat dilakukan dengan sedikit melompat atau yang biasa disebut dengan jumping service.

Posisi tangan kanan dan kiri ini dapat diubah jika pemain merupakan seorang pemain kidal. • Pastikan bola mampu terlontar melewati net dan jatuh ke area lapangan lawan. Kelebihan teknik ini adalah bola servis yang dapat terlontar lebih kuat dibandingkan dengan teknik servis bawah. Akan tetapi yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu keras karena bola akan berpotensi keluar area lapangan yang berarti poin untuk tim lawan.

Contoh Surat Terbaru • 1 Penetapan Formasi Penerimaan Aparatur Sipil Negara (ASN) Provinsi Bali • 2 5 Cara Mempercepat Windows 10 yang Lemot • 3 Kumpulan Doa Sebelum Tidur, Bangun Tidur dan Susah Tidur Sesuai Sunnah Paling Bermanfaat Terlengkap • 4 Penetapan Formasi Penerimaan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Tasikmalaya • 5 Penetapan Formasi Penerimaan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Tanah Laut • 6 Bacaan Sholawat Nariyah Dan Artinya Beserta Sejarah, Mp3, Khasiat, Video Paling Lengkap • 7 Niat Puasa Tarwiyah • 8 Niat Puasa Tasu’a 9 Muharram Cara melakukan servis bawah permainan bola voli adalah • Berdiri dengan kaki kiri di depan, kaki kanan di belakang.

• Pegang bola dengan tangan kiri. • Lambungkan bola setinggi bahu. • Ketika melambungkan bola, lengan kanan diayunkan ke belakang, dan pukul bola dengan tangan kanan. • Ketika bola tepat pada tangan, telapak tangan menghadap ke arah bola. • Pukulan dilakukan dengan tangan dalam keadaan bagaimana cara melakukan servis bawah pada permainan bola voli. • Setelah bola dipukul, langkahkan kaki kanan ke depan. Pembahasan Permainan bola voli adalah permainan bola besar beregu yang memerlukan keterampilan dan kerja sama yang baik, yang ditemukan oleh William G Morgan pada 1895 di Holyoke (Amerika bagian timur).

Bola yang digunakan untuk permainan bola voli adalah • Bahan : kulit • Keliling : 65-67 cm • Berat : 200-280 gram • Tekanan : 294,3-318,82 hpa Pelajari lebih lanjut Kapan terjadinya TTO pada pertandingan bola voli, dapat dilihat di: brainly.co.id/tugas/6272420 ----------------------------------- Detil jawaban Kelas: VII Mapel: Penjasorkes Bab: Aktivitas Pembelajaran Permainan Bola Besar (pelajaran 1) Kode: 7.22.1 Kata kunci: cara melakukan servis bawah bola voli perhatikan faktor berikut!

1) keturunan 2) pembawaan 3) faktor luar 4) faktor lingkungan. Pertumbuhan jasmani dan kecerdasan seseorang dipengaruhi o … leh beberapa faktor atau keadaan adalah.a. (1),(2),dan(3) c. (2), (3) dan(4) b. (1),(2) dan(4) d. (1),(2),(3) dan (4)mohon dibantu ya, dan jgn ngasal​
KOMPAS.com - Cabang bola voli mempunyai ketentuan cara mengawali jalannya permainan dalam setiap set atau gim di sebuah pertandingan.

Bentuk awalan permainan dalam bola voli dilakukan dengan pukulan pertama oleh seorang pemain yang mendapat giliran, dari garis belakang lapangan. Pukulan bola pertama dari garis paling belakang lapangan untuk mengawali permainan bola voli disebut sebagai servis ( service). Dengan kata lain, servis adalah teknik dasar untuk memulai suatu set dalam permainan bola voli dengan memukul bola ke arah lapangan permainan lawan.

Baca juga: Bagaimana Pukulan Servis dalam Bulu Tangkis Dikatakan Baik? Setelah terjadinya pukulan awal atau usai servis dilakukan, maka bola telah ada dalam permainan untuk diperebutkan kedua tim. Gerakan servis disebut juga sebagai pukulan sajian pertama atau awal, dapat menentukan jalannya permainan bagi sebuah tim yang mendapat giliran mengambilnya. Teknik servis sangat penting bagi pemain voli.

Sebab, kegagalan servis dalam pertandingan bola voli sangat merugikan karena memberikan poin ke lawan. Apabila servis gagal melintasi net, atau jatuh di luar wilayah permainan atau bahkan berada di bidang sendiri maka poin dapat diberikan kepada kubu lawan. Baca juga: Cara Melakukan Servis Atas pada Bola Voli Mengutip dari buku Teknik Dasar Bermain Bola Voli(2013) oleh Winarno dan rekan-rekan, servis dalam permainan bola voli dibagi menjadi servis atas, bawah, serta pukulan awal sembari melompat.

Teknik servis bawah menjadi pilihan bagi banyak atlet pemula karena terbilang mudah dilakukan dibandingkan jenis pukulan awal lainnya. Istilah lain dari servis bawah dalam permainan bola voli adalah underhand service. Sebuah servis dengan awalan bola berada di tangan yang tidak memukul bola, lalu bersiap dari belakang badan untuk memukul bola dengan ayunan tangan dari bawah dinamakan servis bawah.

Rangkaian gerakan teknik servis bawah diawali dengan memposisikan diri di belakang garis batas ujung lapangan. Baca juga: Teknik Servis Pendek dan Panjang dalam Bulu Tangkis Servis dalam permainan bola voli hanya dapat dilakukan pada awal pertandingan atau ketika tim mendapat poin. Perlu ditekankan lagi, servis dilakukan di belakang garis batas ujung lapangan.

kemdikbud Ilustrasi servis bawah dalam permainan bola bagaimana cara melakukan servis bawah pada permainan bola voli Posisi awal kaki yang benar saat akan melakukan servis bawah bola voli adalah dengan meletakkan kaki terkuat sedikit di belakang. Misalnya, jika seorang pemain menggunakan kaki kanan secara dominan, maka kaki kirinya berada lebih ke depan. Baca juga: Peraturan Servis pada Bola Voli Lambungkan bola hingga hampir setinggi bahu, kemudian lakukan perkenaan dengan permukaan di antara ibu jari dan pergelangan tangan.

Semakin luas penampang permukaan tangan yang tersentuh dengan bola, besar pula kemungkinan bola hasil service dapat melaju ke wilayah permainan lawan.

bagaimana cara melakukan servis bawah pada permainan bola voli

Hasil Pramusim Tim-tim Serie A: Milan dan Lazio Pesta Gol, Inter. https://bola.kompas.com/read/2021/07/18/08225408/hasil-pramusim-tim-tim-serie-a-milan-dan-lazio-pesta-gol-inter https://asset.kompas.com/crops/XTagABnbP6PrwU852fK7TnOValw=/103x0:1150x698/195x98/data/photo/2021/07/18/60f310698d47b.jpg Teknik Cara Servisbawah Pada Permainan Bola Voli (myactivesg) Teknik Cara Servis Bawah dan Servis Atas Pada Permainan Bola Voli– Permainan bola voli sudah diresmikan pada tahun 1896 yang mana sebelumnya menggunakan nama yang berbeda yakni Mintonette.

Hingga saat ini tentunya seperti yang diketahui banyak orang dengan nama olahraga bola voli. Teknik cara servis bawah dan atas pada permainan bola voli adalah salah satu teknik dasar yang wajib dikuasai jika ingin bermain bola voli.

Pasalnya jika tidak menguasai teknik ini maka permainan tidak bisa dimulai.

bagaimana cara melakukan servis bawah pada permainan bola voli

Banyak teknik dasar yang harus dikuasai dalam permainan bola voli ini yang diantaranya adalah smash, passing, blocking, dan serrvis. Keempatnya paling banyak diajarkan kepada pemula yang ingin menguasai permainan bola voli.

Jika bisa menguasai teknik dasar ini maka permainan bisa berjalan dengan lancar dan seru. Baca juga: Sejarah Bola Voli Bagaimana cara melakukan servis bawah pada permainan bola voli dan Dunia Teknik cara servis bawah dan servis atas pada permainan bola voli adalah teknik dasar yang paling awal dipelajari dan juga teknik yang banyak diajarkan kepada pemula.

Teknik servis ini sangat berguna kala memulai permainan bola voli atau melakukan putaran/babak baru. Biasanya ada area yang ditentukan untuk melakukan servis yang merupakan area wajib. Berikut ini adalah tata cara melakukan servis atas yakni. Cara untuk melakukan Servis Bawah: • Pertama tentunya berdiri di area yang memang digunakan untuk servis.

• Mengambil sikap awal yakni dengan memajukan kaki kiri, lebih maju dibandingkan dengan kaki kanan. • Bola voli kemudian dipegang pada tangan kiri yang diarahkan ke dapan.

• Tangan kanan mengepal dan kemudian diayunkan dari arah belakang. • Bola voli yang ada di tangan kiri dilambungkan ke atas dan kemudian tangan kanan diayunkan ke depan hingga memukul tepat pada bagian bawah bola. • Bola dipukul keras hingga melewati net ke daerah lawan, namun tidak sampai keluar garis karena akan dianggap gagal. Cara Servis bawah Pada Permainan Bola Voli (tutorialolahraga) Teknik Cara untuk melakukan Servis atas Pada permainan Bola Voli: • Mengambil sikap awal yakni dengan meletakkan kaki kiri lebih depan dibandingkan dengan kaki kanan.

• Memegang bola dengan menggunakan salah satu tangan. • Bola dilambungkan ke atas dan tangan satunya memukul bola bagian belakang dengan menggunakan bagian telapak tangan dengan kuat hingga melewati net hingga ke daerah lawan. Cara Servis Atas Pada Permainan Bola Voli (teknikor) Baca juga : Ukuran Lapangan Bola Voli Standar Nasional dan Internasional Langkah diatas mudah untuk di praktekkan, namun jika membutuhkan gambar ilustrasi yang jelas maka bisa dilihat di berbagai sumber atau video yang memperlihatkan secara langsung teknik melakukan servis yang benar.
Dalam olahraga bola voli, servis bawah ( underhand) adalah keterampilan paling dasar yang Anda perlukan.

Servis adalah satu-satunya masa di pertandingan voli yang memungkinkan Anda mengontrol bola diam dan mencetak banyak poin. Oleh karenanya, mengembangkan teknik servis yang baik harus dilakukan. Servis bawah tidak membutuhkan kekuatan sebanyak servis atas ( overhand) atau latihan sebanyak servis lompat sehingga sangat cocok bagi pemula.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/7\/7a\/Do-an-Underhand-Serve-Step-1.jpg\/v4-460px-Do-an-Underhand-Serve-Step-1.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/7\/7a\/Do-an-Underhand-Serve-Step-1.jpg\/v4-728px-Do-an-Underhand-Serve-Step-1.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Posisikan kedua kaki.

Berdirilah dengan kaki nondominan berada di depan dan jari-jari kaki menghadap ke depan. Kaki dominan harus berada belakang dengan ujung jari menunjuk agak ke luar. • Pindahkan berat badan ke kaki dominan. • Pastikan panggul Anda menghadap lurus ke depan, bukan miring ke samping. [1] X Teliti sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/8\/8f\/Do-an-Underhand-Serve-Step-2.jpg\/v4-460px-Do-an-Underhand-Serve-Step-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/8\/8f\/Do-an-Underhand-Serve-Step-2.jpg\/v4-728px-Do-an-Underhand-Serve-Step-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Siapkan bola.

Tangkupkan telapak tangan nondominan sehingga serupa mangkuk dan letakkan bola di atasnya. Pastikan bola terletak dengan kukuh sehingga tidak goyang atau jatuh dari tangan Anda. [2] X Teliti sumber • Jaga jari Anda agak lemas untuk mengalirkan berat bola. Hal ini membantu bola tetap seimbang. • Jangan genggam bola dengan jari-jari. Bola harus stabil, tetapi masih bisa terbang saat dipukul. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/9\/9c\/Do-an-Underhand-Serve-Step-3.jpg\/v4-460px-Do-an-Underhand-Serve-Step-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/9\/9c\/Do-an-Underhand-Serve-Step-3.jpg\/v4-728px-Do-an-Underhand-Serve-Step-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Turunkan bola.

Bawa lengan yang memegang bola ke samping, di depan lengan pemukul. Bola seharusnya berada di ketinggian bagian tengah paha. [3] X Teliti sumber • Luruskan lengan yang menggenggam bola, dan gerakkan ke samping menggunakan bahu, dan bukan siku. • Sebaiknya posisikan bola serendah mungkin.

Dengan begitu, bola bisa dipukul sekeras mungkin saat menaikkan seluruh tubuh Anda ke depan. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/5\/5b\/Do-an-Underhand-Serve-Step-4.jpg\/v4-460px-Do-an-Underhand-Serve-Step-4.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/5\/5b\/Do-an-Underhand-Serve-Step-4.jpg\/v4-728px-Do-an-Underhand-Serve-Step-4.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Condongkan kedua bahu ke depan.

Gerakkan panggul ke belakang dan pertahankan punggung bagian atas selurus mungkin saat mendekatkan bahu ke bola. Dengan demikian, Anda memiliki kontrol lebih terhadap bola. • Jangan membungkuk, tetapi jangan pula berdiri tegak • Saat menggerakkan panggul ke bagaimana cara melakukan servis bawah pada permainan bola voli, Anda bisa menaikkan ujung jari kaki depan sehingga tumit menyentuh lantai dan ujung jari menunjuk ke atas. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/9\/91\/Do-an-Underhand-Serve-Step-5.jpg\/v4-460px-Do-an-Underhand-Serve-Step-5.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/9\/91\/Do-an-Underhand-Serve-Step-5.jpg\/v4-728px-Do-an-Underhand-Serve-Step-5.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Pilih tempat strategis untuk mendaratkan bola.

Cobalah untuk mengecoh lawan sebisa mungkin. Memang hal ini sepertinya tidak penting saat berlatih sendirian, tetapi ketika bertanding Anda tentu ingin servis mendarat di lokasi yang diharapkan lawan. Jadi, berlatihlah membidik! • Pertama-tama, coba bidik ke bagian kanan dalam atau kiri dalam lapangan sehingga lawan terpaksa keluar dari formasinya.

• Setelah itu, mulai berlatih membidik ke antara pemain-pemain lawan. Hal ini akan membuat lawan ragu siapa yang harus mengambil bola sehingga meningkatkan keuntungan strategis Anda. [4] X Teliti sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/b\/bc\/Do-an-Underhand-Serve-Step-6.jpg\/v4-460px-Do-an-Underhand-Serve-Step-6.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/b\/bc\/Do-an-Underhand-Serve-Step-6.jpg\/v4-728px-Do-an-Underhand-Serve-Step-6.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Sesuaikan sudut Anda ke net.

Jika Anda membidik ke kiri dalam, bahu akan menunjuk ke kiri dan kaki belakang bergerak agak ke kanan, dan sebaliknya. [5] X Teliti sumber • Telusuri garis lurus menyeberangi lapangan dengan pandangan Anda. Bawa mata Anda dari titik pendaratan bola yang diinginkan ke titik di bagian bawah bola yang akan dipukul. • Jika Anda harus menggerakkan kepala ke samping untuk menelusuri garis dari titik pendaratan ke titik pukul, sebaiknya aturlah kedua kaki dan bahu sehingga menghadap titik pendaratan yang diinginkan.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/d\/dd\/Do-an-Underhand-Serve-Step-7.jpg\/v4-460px-Do-an-Underhand-Serve-Step-7.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/d\/dd\/Do-an-Underhand-Serve-Step-7.jpg\/v4-728px-Do-an-Underhand-Serve-Step-7.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Kepalkan tangan pemukul Anda.

Setelah itu, putar lengan sehingga kepalan/tinju dan pergelangan tangan menghadap ke atas. • Bayangkan tinju Anda menghantam titik pukul pada bola, dan ikuti garis yang mengarah ke titik pendaratan bola. • Anda boleh menghadapkan tinju ke samping, dengan pergelangan tangan diputar ke dalam dan jari jempol menghadap ke atas.

bagaimana cara melakukan servis bawah pada permainan bola voli

{INSERTKEYS} {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/e\/e0\/Do-an-Underhand-Serve-Step-8.jpg\/v4-460px-Do-an-Underhand-Serve-Step-8.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/e\/e0\/Do-an-Underhand-Serve-Step-8.jpg\/v4-728px-Do-an-Underhand-Serve-Step-8.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Tentukan lengkungan bola.

Lengkungan jalur bola ditentukan apakah Anda ingin mendaratkan bola jauh di sisi lawan atau lebih dekat dengan Anda. Jika bola dipukul dengan kuat ke depan, bola akan terbang lebih rendah dan cepat menuju bagian belakang lapangan.

Sebaliknya, jika bola dipukul ke atas, bola akan terbang tinggi dan mendarat dekat dengan Anda/net. • Biasanya lengkungan rendah ke ujung dalam lapangan lebih sering digunakan karena sulit dioper dan dikontrol lawan sehingga peluang mencetak angka lebih besar.

• Jika Anda yakin dua orang di depan net akan bingung jika servis mendarat di antara mereka, Anda bisa mencoba membidik lengkungan tinggi yang mendarat di sana. • Jika Anda menginginkan servis dengan kontrol dan kecepatan yang lebih baik, cobalah servis atas. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/a\/a0\/Do-an-Underhand-Serve-Step-9.jpg\/v4-460px-Do-an-Underhand-Serve-Step-9.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/a\/a0\/Do-an-Underhand-Serve-Step-9.jpg\/v4-728px-Do-an-Underhand-Serve-Step-9.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Tarik lengan pemukul lurus ke belakang.

Lengan harus bergerak cepat seperti bandul. Setelah itu, ayunkan ke depan dengan kukuh dan pukul bagian bawah bola dengan kepalan tangan Anda. • Sebaiknya, pukul bola persis di bawah bagian tengah pula sehingga melambung naik dan melewati net. [6] X Teliti sumber • Percepat ayunan Anda persis sebelum tangan menyentuh bola.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/9\/96\/Do-an-Underhand-Serve-Step-10.jpg\/v4-460px-Do-an-Underhand-Serve-Step-10.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/9\/96\/Do-an-Underhand-Serve-Step-10.jpg\/v4-728px-Do-an-Underhand-Serve-Step-10.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/0\/05\/Do-an-Underhand-Serve-Step-11.jpg\/v4-460px-Do-an-Underhand-Serve-Step-11.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/0\/05\/Do-an-Underhand-Serve-Step-11.jpg\/v4-728px-Do-an-Underhand-Serve-Step-11.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"
<\/div>"} Lanjutkan dengan lengan.

Lengan Anda harus meneruskan ayunannya bahkan setelah menyentuh bola. Naikkan lengan sepenuhnya ke atas supaya bola benar-benar meluncur lurus dan melewati net. {/INSERTKEYS}

bagaimana cara melakukan servis bawah pada permainan bola voli

{INSERTKEYS} [7] X Teliti sumber • Pertahankan lengan tetap lurus. Lengan harus terayun lurus layaknya bandul sampai setinggi atau persis di atas kepala Anda. • Bayangkan kembali garis yang ditelusuri dari titik pendaratan ke titik pukul.

Tinju Anda harus menelusuri garis tersebut saat melakukan gerakan tindak lanjut. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/3\/38\/Do-an-Underhand-Serve-Step-12.jpg\/v4-460px-Do-an-Underhand-Serve-Step-12.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/3\/38\/Do-an-Underhand-Serve-Step-12.jpg\/v4-728px-Do-an-Underhand-Serve-Step-12.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Beralih ke posisi siap.

Setelah bola diservis, segeralah bersiap-siap. Berdirilah menghadap ke depan dengan kedua kaki dibuka selebar bahu, kedua lutut ditekuk, dan lengan lurus di depan Anda dan kedua telapak tangan didekapkan bersama-sama.

{/INSERTKEYS}

bagaimana cara melakukan servis bawah pada permainan bola voli

• Biarkan lengan Anda menyelesaikan gerakan lanjutan ini sebelum mendekapkan kedua telapak tangan untuk bersiap-siap. • Anda bisa mengecek pendaratan bola sejenak, tetapi jangan sampai Anda tidak siap saat bola kembali ke arah Anda.

• Anda pelu melatih ayunan beberapa kali untuk mengetahui seberapa kuat bola perlu dipukul untuk bisa menyeberangi net. • Coba lakukan servis dari berbagai sudut.

Semakin sering latihan, Anda akan lebih paham terkait bagaimana sudut pukulan akan memengaruhi lengkungan terbang bola. • Jangan lempar bola dengan tangan kiri alih-alih memukulnya dengan tangan kanan.
Cara melakukan servis dalam permainan bola voli dapat dilakukan dengan servis bagaimana cara melakukan servis bawah pada permainan bola voli dan atas, berikut ini tahapan / gerakan servis bawah: • Posisi berdiri dengan kaki kiri di depan, sedangkan kaki kanan di belakang.

• Pegang bola dengan tangan kiri. • Lambungkan bola setinggi bahu. • Lengan tangan kanan diayunkan ke belakang, kemudian pukul bola dengan sikap tangan mengepal. • Perkenaan bola pada tangan, dan telapak tangan menghadap ke arah pergerakan bola. • Setelah bola terpukul, langkahkan kaki kanan ke depan. Bayangkan kita berada di garis belakang lapangan voli, dan akan melakukan pukulan, jadi ada 3 tahapan: persiapan, gerakan memukul, dan sikap setelah memukul.

Rencananya, kita akan melakukan servis dengan tangan kanan. Jadi kaki yang di belakang adalah kaki kanan, sedangkan kaki yang di depan adalah kaki kiri.

Agar kita dapat mengayunkan tangan dengan leluasa. Lalu tangan kiri memegang bola, kemudian dilambungkan sebahu. Di saat bola melambung, tangan kanan kita berayun ke belakang. Kemudian, di saat bola tersebut mulai jatuh, tangan mengepal serta berayun ke depan mengenai bola untuk melakukan pukulan ke depan atas.

Setelah bola berhasil dipukul, kaki kanan yang ikut terayun tersebut selesai melangkahkan kaki ke depan. Jelaskan cara melakukan servis bawah dalam permainan bola voli Tahapan melakukan servis bawah voli adalah • Sikap berdiri dengan kaki kiri di depan, dan kaki kanan berada di belakang.

• Pegang bola dengan menggunakan tangan kiri. • Lalu lambungkan bola voli setinggi bahu. • Pada saat yang bersamaan, lengan tangan kanan diayunkan ke belakang, dan dilanjutkan memukul bola dengan tangan kanan. • Bola mengenai tangan, dan telapak tangan menghadap ke arah bola. • Pukulan servis bawah dilakukan dengan sikap tangan kanan yang mengepal.

bagaimana cara melakukan servis bawah pada permainan bola voli

• Setelah bola terpukul, lanjutkan dengan melangkahkan kaki kanan ke depan. Intinya dalam servis, ada satu tangan yang memegang, dan melambungkan bola, dan tangan satunya lagi bersiap memukul. Pada servis bawah dilakukan dnegan kepalan, sedangkan pada servis atas dilakukan dengan telapak tagan.

Jawabannya Rekomendasi • 13. Kedua kaki terbuka, lutut ditekuk, kedua lengan lurus dijulurkan ke depan bawah dan tangan satu sama lain dikaitkan atau berpegangan, ini merupakan gerakan (C) • 14.

Pada waktu bola datang, bola didorong dengan jari-jari tangan dan perkenaannya melalui ruas pertama dan kedua dari jari telunjuk sampai kelingking, sedangkan ibu jari hanya pada ruas pertama saja, merupakan gerakan (D) • 21. Tujuan utama dalam permainan bola basket adalah (a) memasukan bola ke keranjang lawan • 30. Cara menggiring bola yang dibenarkan adalah dengan (B) Menggunakan Salah Satu Tangan • 2.

Tuliskan macam-macam gerak dasar dalam permainan sepak bola (Jawabannya) • 11. Sebutkan macam-macam gerak dasar dalam permainan bola basket (Jawabannya) Kategori Kelas VII, SMP Tag Brainly, Permainan Bola Besar Navigasi Tulisan

TUTORIAL TEKNIK DASAR SERVIS BAWAH BOLA VOLI yg baik & benar




2022 www.videocon.com