Fungsi scanner

fungsi scanner

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Scanner? Mungkin anda pernah mendengar kata Scanner? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, fungsi, jenis, komponen, cara kerja, cara menggunakan.

Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan. 6.1. Sebarkan ini: Scanner merupakan suatu alat perangkat input pada komputer yang dapat mengcopy atau menyalin gambar atau teks kemudain disimpan dimemori komputer serta menduplikat objek layaknya seperti mesin fotokopy ke dalam bentuk digital. atau juga bisa berupa dokumen yang mana nantinya akan diimport ke dalam komputer dan ditampilkan melalui monitor dalam bentuk digital.

Fungsi Scanner Berikut adalah beberapa fungsi scanner antara lain yaitu: 1. Menyalin berkas Fungsi awal scanner yaitu sebagai alat yang dapat menyalin berkas penting yang eksistensinya terancam oleh hal-hal yang menyerang kondisi fisik berkas tersebut.

2. Pendokumentasian Sebagian pengguna memilih scanner saat hendak mendokumentasikan atau menyimpan berkas yang dinilai penting.

3. Pengelolaan berkas Ketika berhubungan dengan berkas fisik, maka risiko terkecil yang muncul adalah waktu yang terbuang karena pengelolaan yang susah. Dengan scanner, setiap berkas dapat dikelola dan dikategorisasikan dengan mudah. Ketika berkas dibutuhkan, versi digital telah siap untuk diambil kapan saja. 4. Pengamanan berkas Berkas konvensional memiliki ancaman fisik yang siap menyerang kapan saja. Dengan adanya scanner, maka berkas lebih aman karena versi digital dapat menjadi jaminan eksistensi dari versi asli.

Jenis-Jenis Scanner Adapun beberapa jenis-jenis scanner antara lain yaitu: 1. Scanner Drum Scanner Drum merupakan scanner yang bentuknya seperti drum, alias tabung. Scanner ini pada dasarnya merupakan jenis scanner yang luar biasa, terutama dari segi resolusi gambar yang dapat dihasilkan.

Scanner drum ini konon katanya sanggup untuk menghasilkan gambar dan juga hasil scan yang resolusinya mencapai 24.000 ppi atau pixel per inch. Ini berarati menunjukkan bahwa kualitas gambar yang dihasilkan melalui media scanner drum ini sangatlah luar biasa detail dan juga jelas, dan benar – benar high resolution.

Kelebihan Scanner Drum • Dapat melakukan proses scanning pada dokumen dan juga objek datar atau kertas yang besar • Minim getaran, sehingga hasil scan tidak akan mengalami distorsi dan getaran • Sangat cocok untuk mendapat dan memperoleh hasil gambar yang maksimal dari sebuah dokumen • Berguna untuk memlakukan scan terhadap dokumen kuno yang rapuh Baca Lainnya : Pengertian MoU Kekurangan Scanner Drum • Bentuk fisik dari alat scanner yang sangat besar, membuat alat ini menjadi sangat tidak praktis untuk penggunaan sehari – hari • Harga alat scanner yang fungsi scanner biasa mahal, dan sulit pula untuk memperoleh drum scanner • Keterbatasan dari obejk yang bisa dipinda atau di scan.

2. Scanner Flatbed Scanner Flatbed merupakan jenis scanner yang bentuknya rata dan juga datar, seperti tempat tidur. Ini merupakan jenis scanner konvensional yang umum dan banyak ditemui di dalam dunia perkantoran dan juga dunia scanning dokumen.

Merupakan jenis scanner yang paling banyak digunakan, dan juga dimanfaatkan, karena memiliki ukuran yang kecil dan juga kompak, serta kompatibel dengan beberapa ukuran kertas standar, seperti legal dan juga letter, hingga kertas A3. Flatbed Scanner ini menggunakan teknologi CCD atau Charge Coupled Device sebagai mata yang dapat melakukan pemindaian terhadap dokumen yang ditempatkan di dalamnya.

Kelebihan Scanner Flatbed • Harga relative lebih murah dibandingkan scanner lainnya • Kompatibel dengan berbagai sistem operasi komputer • Dapat menscan dan memindai jenis kertas apa saja yang memiliki ukuran pasti • Hemat listrik fungsi scanner juga daya • Hasil resolusi dari objek yang cukup baik Kekurangan Scanner Flatbed • Hanya dapat melakukan scan pada satu sisi objek saja • Sangat tidak efektif dalam melakukan pemindaian dari banyak objek 3.

Film Scanner Film Scanner merupakan jenis scanner yang menggunakan teknolog yang sama seperti flatbed Scanner, yaitu CCD sebagai mata yang melakukan pemindaian, namun dikhususkan untuk objek yang bentuknya adlaah film negative. Jadi, Film Scanner ini sanggup untuk mengkonversi dan juga merubah objek yang tersimpan di dalam film negative menjadi bentuk digital, dan anda simpan di dalam komputer anda. Meskipun alat ini emrupakan alat yang sangat berguna untuk kepentingan pribadi, namun demikian harga belu dari film scanner ini tergolong mahal, dan juga mungkin sedikit sulit untuk diperoleh.

Berbeda dengan flatbed scanner yang bisa anda temui dengan mudah dimana saja. Selain itu, film scanner jga memiliki fungsi yang terbatas, yaitu hanya mampu melakukan proses scanning pada bentuk film negative saja, dan bukan jenis dokumen lainnya. 4. Roller Scanner Roller Scanner merupakan jenis scanner yang fungsinya sama seperti flatbed scanner, yaitu untuk melakukan pemindaian pada sebuah dokumen atau gambar yang secara fisik berbentuk lembaran atau objek yang mudah untuk dipindai.

Perbedaan utama antara roller scanner dan juga scanner flatbed adalah dari metode yang digunakan. Apabila flatbed menggunakan teknologi CCD yang menjadi “mata” yang bergerak – gerak dalam memindai fungsi scanner dokumen, maka roller scanner tidak mnggerakkan matanya, melainkan dokumennya yagn digerakkan. Cara kerjanya sama seperti printer, dimana dokumen atau kertas diletakkan pada ujung satunya, kemudian kertas tersebut akan masuk ke dalam mesin scanner, lalu keluar pada ujung satunya lagi.

Baca Lainnya : Media Pembelajaran adalah Roller Scanner ini terbagi menjadi dua jenis, yakni : 1. ADF Scanner (Automatic Document Feeder ADF Scanner merupakan jenis roller yang ditujukan untuk penggunaan dokumen dalam jumlah yang banyak. Scanner ini memiliki wadah tersendiri untuk menyimpan dokumen yang akan di scan, lalu secara otomatis kesemua dokumen tersebut akan ditarik masuk ke dalam mesin Roller Scanner secara bertahap satu per satu.

Sangat efektif untuk digunakan di dalam kantor yang sangat sibuk, terutama bagian administrasi, yang harus sering mendokumentasikan dokumen ke dalam bentuk – bentuk digital. 2. Scanner Sheet Feed Sama seperti Scanner DF, namun demikian scanner sheet feed ini tidak memilki wadah penyimpanan dokumen. Hal ini membuat scanner sheet feed ini dapat digunakan dengan cara memasukkan kertas atau dokumennya satu per satu. Populer dengan nama Scanner Mobile atau scanner Portable, Scanner Sheet Feed ini sangat praktis dan sangat mudah untuk dibawa – bawa.

Selain itu, scanner sheet feed ini juga dapat digunakan hanya dengan menggunakan USB port padakomputer anda saja, sehingga tentu saja akan sangat mempermudah anda dalam melakukan proses pemindaian dimanapun, dan juga kapanpun. Meski begitu, scanner sheet feed ini fungsi scanner memiliki kekurangan, yaitu memiliki harga yang masih cukup mahal, adanya spare part tertentu yang harus diganti setelah beberapa kali penggunaan, serta scanner sheet feed ini juga sangat terbatas dalam hal ukuran dokumen yang akan dipindai.

5. Hand Scanner Hand Scanner merupakan jenis scanner yang bisa kita aplikasikan dengan sangat mudah, karena cukup dengan menggunakan tangan. Hand scanner secara umum banyak digunakan sebagai peralatan keamanan, untuk mendeteksi dan memindai barang bawaan seseorang, sebagai alat untuk emnscan barcode di dalam swalayan, dan juga scanner untuk memindai isi dari sebuah dokumen, dengan cara mengarahkan tangan dan juga scanner tersebut sesuai dengan bentuk dokumen yang ada. Scanner tangan atau fungsi scanner scanner ini cukup mudah dan sangat praktis untuk digunakan, dan juga memiliki harga yang cukup murah dan juga terjangkau.

Komponen-Komponen Scanner Berikut adalah beberapa komponen yang terdapat pada scanner antara lain sebagai berikut: 1. Alas Kaca Alas kaca digunakan sebagai wadah dari gambar yang akan dibaca. 2. Sumber Cahaya Sumber cahaya berupa lampu dengan intensitas cahaya cukup tinggi akan menghasilkan cahaya yang diarahkan ke gambar. 3. Sensor Sinar Pantulan Jenis yang umum digunakan untuk jenis scanner flat bed adalah sensor CCD(charge-coupled devices).

Alat ini berfungsi seperti mata yang akan membaca sinar pantulan dari gambar Untuk mengarahkan sampai ke CCD, cahaya pantulan dari gambar diarahkan dengan menggunakan sejumlah cermin dan lensa scanner. Baca Lainnya : Humas adalah 4. Motor Stepper dan Pita Bergerigi Karena data dibaca baris perbaris, maka dibutuhkan motor stepper dan pita bergerigi untuk menggerakan lampu dan CCD. 5. Penutup Scanner Penutup digunakan untuk menghindari sinar luar yang masuk, sehingga data yang dibaca oleh CCD benar-benar data pantulan dari gambar yang sedang dibaca.

Cara Kerja Scanner Berikut adalah cara kerja scanner yakni: • Gambar yang akan dipindai itu diletakkan berada di atas permukaan kaca pemindai. • Sebelum gambar dilakukan pemindaian komputer akan melakukan penentuan seberapa jauh motor stepper yang membawa lampu, jaraknya sudah ditentukan oleh panjang gambar dan posisi gambar di kaca pemindai. Ketika scanhead sedang melakukan pergerakan scan menangkap cahaya yang dicerminkan pada area yang dipindai dengan memiliki ketelitian sekitar 1/90.000 inci.

• Lampu mulai menyala dan motor stepper akan melakukan perputaran untuk menggerakan lampu sampai tepat berada di atas objek. • Cahaya lampu yang dipancarkan pada gambar akan segera dipantulkan pada bagian wilayah yang kosong atau memiliki warna putih tentunya akan memantulkan lebih banyak cahaya ketika dibandingkan daerah yang tampak gelap atau memiliki warna, kemudian pantulan fungsi scanner telah dihasilkan akan diteruskan oleh beberapa cermin menuju lensa scanner.

• Pada pantulan cahaya tersebut akan bergerak menuju sensor CCD. • Sensor CCD akan melakukan pengukuran intensitas cahaya dan panjang gelombang yang dipantulkan dan mengubahnya menjadi tegangan listrik analog. • Tegangan analog tersebut akan berubah menjadi nilai digital karena adanya alat pengubah ADC “Analog to Digital”.

• Sinyal digital yang berasal dari sensor CCD akan dikirim ke logic board dan dikirimkan kembali pada komputer dalam bentuk data digital yang telah menunjukan warna pada titik-titik gambar yang dipantulkan. Cara Menggunakan Scanner • Pastikan scanner dan computer dalam kondisi menyala atau terhubung. • Persiapkan gambar atau dokumen yang akan di scan • Buka penutup scanner • Letakkan dokumen atau gambar pada scanner kemudian tutup kembali.

• Pada computer buka program pengolah data (start menu-all program-photoshop,dan jika menggunakan microtek buka software microtek scan wizard 5 (start menu-all program-microtek-microtek wizard 5). • Untuk software microtek klik preview kemudian sesuaikan hasil scan.

• Untuk software photoshop klik file-import-microtek,jika menggunakan f380 all in one klik file-import-f300 twain kemudian klik preview,sesuaikan hasil scan. • Untuk microtek klik scan tunggu beberapa saat maka akan meminta informasi untuk menyimpan,simpan hasil scan ditempat yang diinginkan. • Untuk photoshop ketika anda klik scan maka secara otomatis hasil akan tampil dilayar photoshop anda dapat melakukan edit untuk kemudian disimpan.

• Proses scan selesai. Demikian Penjelasan Materi Tentang Scanner adalah: Pengertian, Fungsi, Jenis, Komponen, Cara Kerja, Cara Menggunakan Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya Sebarkan ini: • Facebook • Twit • WhatsApp Posting pada SMK, UMUM Ditag apa yang dimaksud dengan scan ijazah, apa yang dimaksud dengan scanning, apa yang dimaksud dengan scene, apa yang dimaksud joystick, arti memindai, bagian bagian mesin scanner, bagian fungsi scanner scanner, cara kerja scanner, cara kerja scanner brainly, cara menggunakan mesin scanner, cara menggunakan scanner, contoh scan ijazah, fungsi barcode reader, fungsi scanner adalah, fungsi scanner dalam desain grafis, fungsi scanner scanner mobil, jenis atau tipe scanner, jenis jenis scanner, jenis scanner, kegunaan mesin scanner, komponen scanner, komponen-komponen scanner, kualitas model scanner, langkah langkah scanning, macam macam merk scanner, macam macam scanner, manfaat scanner, pengertian barcode reader, pengertian scan dokumen, pengertian scanning dalam pengolahan data, scanner flatbed, sebutkan hasil dari proses scanning, sebutkan jenis jenis scanner, sejarah scanner, slide scanner, teknik menggunakan scanner, tuliskan fungsi dari scanner Pos-pos Fungsi scanner • Ketahanan Nasional • Kolenkim dan Sklerenkim • Kontak Sosial • Penelitian Kualitatif • Paragraf Ineratif • OPEC adalah • Pengertian Epigrafi • Pengertian Keadilan • Pengertian Kritik Seni • Bimbingan Konseling adalah • Peradaban Awal Masyarakat Indonesia • Penyimpangan Sosial • Komunikasi Bisnis • Lembaga Keuangan • ISP adalah Scanner adalah salah satu perangkat input dan output komputer, Scanner tidak fungsi scanner berdiri sendiri tanpa perangkat PC (personal komputer).

yang berfungsi sebagai alat yang bisa membaca, merekam dan mengambil informasi suatu benda baik 2D atau 3D dan menghimpunnya untuk anda dengan berbentuk gambar.

Begitu juga dengan Fungsi Scanner Komputer. Berbeda dengan Printer, Scanner hanya bisa mengambil informasi gambar dan menampilkan pada Komputer dan bisa diambil dalam bentuk file data. Jadi jika anda memasukkan foto maka akan menghasilkan foto itu sendiri dalam bentuk digital (gambar dalam komputer), dan jika anda memasukkan benda maka akan menghasilkan gambar itu sendiri. Demikian artikel singkat mengenai Fungsi scanner Scanner dan semoga menjadi manfaat… This entry was posted in Teknologi and tagged artikel, gambar, informasi, komputer, manfaat, perangkat by .

fungsi scanner

Bookmark the permalink. Recent Posts • Manfaat Buah Mengkudu • Manfaat Daun Miana • Manfaat buah Pinang bagi kesehatan • Manfaat buah Juwet • Fungsi Cpanel dan Pengertiannya • Fungsi dan Manfaat buah Ceri bagi kesehatan • Fungsi hormon insulin bagi tubuh • Fungsi dan Manfaat daun Bidara • FUNGSI BAGIAN PADA MESIN JAHIT • Fungsi Air Ketuban Tags air artikel bermanfaat cahaya elektronik elektronika Enzim frekuensi Fungsi Indonesia info informasi jaringan Kandungan kapasitas kecepatan kehidupan kelenjar kendaraan kesehatan komponen komputer makanan manfaat manusia mata matahari mineral mobil motor oksigen oli organ paru-paru penyakit protein Rambut silinder sistem fungsi scanner tegangan teknologi tubuh vitamin zat Popular Search Terms Blogroll • Free Documents Library • zbook Librarry
Pengertian Scanner, Fungsi Scanner dan Jenis Scanner – Mesin Scanner adalah salah satu perangkat keras jaringan komputer yang mana cara kerjanya hampir mirip dengan mesin untuk proses fotokopi.

Hanya saja membedakannya adalah jika mesin fotokopi sendiri memiliki hasil yang dapat anda fungsi scanner langsung dan tidak dapat anda edit atau anda rubah. Sedangkan mesin scanner hasilnya dapat anda tampilkan pada layar kompyer atau bisa juga laptop dan dapat anda edit atau anda lakukan modifikasi sehingga hasilnya akan jauh lebih bagus dan hasilnya sendiri dapat anda simpan dalam file text, dokumen atau bisa juga gambar. Dan alat ini biasanya dipakai untuk membaca dokumen yang ditulis dalam sebuah kertas denganc ara melakukan deteksi image pada kertas atau scan lainnya.

Karena ada beberapa scanner yang juga bisa melakukan pencetakan teks dari sebuah kertas. Mesin scanner sendiri meurpakan sebuah alat optik fungsi scanner sebenarnya dapat anda konversikan seperti menjadi foto dalam bentuk digital sehingga nantinya bisa anda simpan atau bisa juga anda edit pada komputer atau bisa juga laptop. Pengertian Scanner dan Fungsi Scanner Untuk ukuran dan juga bentuk dair mesin scanner sendiri memiliki banyak sekali ukuran lebar sama seperti kerta folio atau ada juga ada ukuran postcard dan untuk jenis scanner yang terbaru yang diluncurkan adalah jenis scanner mini fungsi scanner memiliki bentuk hampir mirip dengan pena.

Dimana alat ini biasanya disebut dengan nama Quicklink yang memiliki ukuran panjang sekitar 5 inci dan memiliki berat sekitar 3 ons. Mesin scanner yang memiliki ukuran pena ini bisa menyimpan hingga 1.000 halama dari hasil teks cetak yang mana nantinya bisa anda transfer ke dalam komputer atau bisa juga laptop. Sebenarnya fungsi utama dari scanner adalah untuk alat memindahkan beberapa objek yang terdapat diatas lensa scanner ke dalam memori penyimpanan komputer atau bisa juga laptop.

Jika diatas lensa scanner terdapat sebuah kerta yang berisi teks ataupun jenis gambar, maka nantinya pada saat kertas fungsi scanner pindahkan atau di transfer ke dalam kompyer atau bisa juga ke laptop anda. Saat ini sendiri ada banyak sekali jenis dan merk dair scanner yang sudah beredar dipasaran. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan anda. Selain itu setiap merk juga memiliki pemakian teknologi dan resolusi yang berbeda. pemakain teknologi dengan menggunakan tombol digital dan teknik dalam pencahayaan.

Baca Juga: • Rekomendasi Scanner ADF Terbaik Terbaru 2017 • Rekomendasi Merk dan Tipe Scanner Barcode Terbaik 2017 • Tips Mudah Fungsi scanner dan Merawat Scanner Macam Jenis Scanner Ada beberapa jenis scanner diantaranya adalah : Untuk jenis scanner yang digunakan untuk gambar biasanya fungsikan untuk memindai gambar atau bisa juga dengan tulisan dengan cara meletakkannya pada sebuah kertas.

Untuk jenis scanner dengan menggunakan sinar x.

fungsi scanner

Ini adalah salah satu alat yang biasanya memiliki fungsi untuk memindakan sebuah benda dengan menggunakan bantuan dari sinar x.

Dan alat dengan scanner menggunakan sinar x ini biasanya sering kali digunakan untuk beberapa rumah sakit. Karena difungsikan untuk melakukan proses rotgen pada tubuh pasien. Untuk jenis scanner yang memiliki kode biasanya digunakan untuk memindakan data yang biasanya tersimpan pada kode batang yang bergaris, persegi panjang, titik dan masih banyak bentuk lainnya.

Beberapa biasanya menggunakan scanner barcode ini untuk beberapa swalayan dan juga supermarket. Untuk jenis scanner yang menggunakan teknologi OMR atau oprical mark reader ini biasanya sering disebut dan disamakan juga dengan jenis scanner untuk gambar. Namun yang membedakannya jenis Scanner ini lebih banyak digunakan dalam pelaksanaan ujian. Please enable JavaScript to submit this fungsi scanner.

Name * Email * Website Save my name, email, and website in this fungsi scanner for the next time I comment. Notify me of follow-up comments by email. Notify me of new posts by email. Δ This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

fungsi scanner

MENU • IPA • Biologi • Fisika • Kimia • IPS • Ekonomi • Geografi • Sosiologi • Sejarah • Bahasa • Bahasa Indonesia • Bahasa Inggris • Matematika • Pkn • Kejuruan • Akuntansi • Komputer • Teknik Gambar Bangun • S1 • Akuntansi • Hukum • Kesenian • Bisnis • Manajemen • Sistem Informasi • Kesehatan • Contac Us • About Us • Privacy Policy • Terms Of Service • Sitemap • Disclaimer • Isi Artikel • Pengertian Scanner • Sejarah Scanner • Fungsi Scanner • Menyalin Berkas • Dokumentasi • Mengolah Berkas • Mengamankan Berkas • Jenis-Jenis Scanner • Flatbed Scanner • Sheet-Fed Scanner • Integrated Scanner • Drum Scanner • PSC atau Print Scan Copy • Handy Scanner • Portable Scanner • Cara Kerja Scanner • Share this: • Related posts: Di jaman serba modern sekarang ini, banyak usaha digitalisasi semua yang ada disekitar kita.

Terdapat beberapa anggapan yang digunakan untk membudayakan kehidupan digital dan semua serba didigitalisasi. Di dunia komputer yang memudahkan segalanya dalam berkirim file yang berbentuk hardcopy dan diubath menjadi softcopy adalah alat yang dinamakan dengan scanner. Memakai fungsi scanner memudahkan kita untuk mengedit berkas yang sudah permanent menjadi dapat dirubah menggunakan aplikasi komputer atau software.

Maka untuk itu izinkanlah saya untuk mengulas tentang scanner ini yang mencakup pengertian, fungsi dan cara kerja. Agar lebih memahaminya silakan simak baik-baik penjelasan dibawah ini. Pengertian Scanner Scanner adalah suatu alat elektronik yang mempunyai fungsi dasar sebagai pengganda berkas pemakainya untuk selanjutnya dikonversi dan disimpan berupa file digital. Melihat dari kata kerja yaitu to scan yang berarti memindai, alat ini bekerja dangan memindai setiap detail lembaran yang diimput sampai tidak ada bagian yang tersisa.

Untuk menggunakan scanner ini, maka harus ada bahan baku yang disini biasanya dalam bentuk berkas tipis, atau kertas. Berkas tersebut akan dipindai, maka hasil output yang didapat adalah balam bentuk berkas visual yang berupa digital dengan ukuran atau kualitas yang bisa diubah untuk mendapatkan kualitas yang dikehendaki oleh penggunanya.

Material dalam bentuk lembaran yang dimasukkan dalam scanner bisa berupa gambar atau foto, poster, majalah, atau lembaran majalah, koran, dan bahan bahan fungsi scanner yang dapat di edit dan ditampilkan pada layat monitor komputer.

Sejarah Scanner Scanner diawal kemunculannya dapat menyaingi suatu teknologi mesin foto kopi yang dikenalkan di tahun 1959 dengan waktu itu adalah Xerox. Meskipun dari kedua alat tersebut mempunyai fungsi dasar yang sama, yakni sebagai pengganda, mesin foto kopi mempunyai ukuran yang besar dan menghasilkan output dalam bentuk kertas yang ukurannya tidak fungsi scanner diedit atau manipulasi.

Sementara scanner yang mengarah di dunia digital dengan outpu dalam bentuk berkas digital yang bisa diubat sedemikian rupa tampilannya sesuai dengan yang diinginkan pengguna. Karena fungsi dasarnya yang sama, keduanya fungsi scanner mempunyai penggunanya masing-masing karena menyesuaikan kebutuhan. Hanya fungsi scanner, tak dapat dipungkiri bahwa terdapat kecenderungan untuk mengadopsi teknolgo dan menggantikan teknologi pengganda analog semacam foto kopi.

Inisiatif seperti ini seringkali diwujudkan dengan melakukan penggabungan atau integrasikan mesin foto kompi digital modern dengan scanner dan printer laser. Perkembangan teknologi menjadi suatu integrasi tersebut semakin membuattakjub, yang diwujudkan dengan munculnya scanner dengan kecepatan tinggai atau mengirimkan berkas melalui email.

Fungsi Scanner Munculnya scanner tidak terlepas dari usaha memenuhi kebutuhan manusia, lebih utama pada mereka yang sering berkaitan dengan dokumen dan berkas. Maka fungsi scanner adalah sebagai berikut: Menyalin Berkas Fungsi pertama scanner yaitu untuk menyalin berkas penting yang berguna untuk melindungi dari hal-hal yang dapat merusak berkas itu sendiri.

Seperti terkena air, robek atau hal lainnya. Dokumentasi Beberapa pemakai scanner ketika akan mendokumentasikan atau menyimpan berkas yang dinilai penting sangat disarankan menggunakan scanner dan menyimpannya dalam berkas digital.

Tujuan scanner juga untuk menggandakan berkas yang tidak ada berkas penggantinya. Jadi apabila suatu saat dibutuhkan maka cukup dengan mencetaknya kembali. Mengolah Berkas Pada saat berhubungan dengan berkas yang berwujud fisik, maka resiko paling kecil yang timbul yaitu waktu yang terbuang karena mengelola yang sulit.

Dengan scanner, masing-masing berkas bisa dikelola dan dibagi dengan mudah. Pada saat berkas diperlukan, versi digital sudah siap untuk dipakai kapan saja. Mengamankan Berkas Berkas pada umumnya mempunyai resiko fisik yang dapat terjadi kapan saja, seperti terkena air, rusak ataupun hal lainnya.

Dengan scanner, maka berkas lebih aman sebab versi digital bisa menjadi jaminan eksistensi dari versi asli. Loading. Jenis-Jenis Scanner Beberapa jenis scanner muncul karena berkembangnya teknologi setiap hari, sehingga lahirlah keluaran scanner dengan berbagai jenis, antara lain: Flatbed Scanner Ini adalah jenis scanner yang paling sering ditemukan dan juga yang paling pertama muncul, dan sering dijumpai di perumahan atau perkantoran.

Berbentuk kompak dan terbagi menjadi dua bagian yang dapat salin mengatup. Bagian dasar merupakan tempat dimana lembaran berkas ditempatkan, sedangkan bagian atas dipakai untuk menutup ketika proses pemindaian sedang berlangsun. Yuk Baca Juga: • Pengertian Branding, Tujuan, Fungsi, Unsur, Jenis, Contoh • Pengertian Musik Modern, Fungsi, Ciri-Ciri, Jenis-Jenis, Contoh Terlengkap • Pengertian Ojk (Otoritas Jasa Keuangan), Tujuan, Tugas, Wewenang, Asas • Pengertian Manajer, Fungsi, Etika, Keterampilan, Tingkatan, Peran Jenis ini merupakan jenis kuno dan tidak praktis, yang artinya hanya dapat dipakai untuk memindai satu berkas dalam sekali proses.

Sheet-Fed Scanner Scanner jenis ini harganya lebih mahal, serta kinerjanya mirip dengan jenis flatbed. Yang membedakan adalah lembaran yang dimasukkan ke dalam scanner dan bergerak di sepanjang proses pemindaian.

fungsi scanner

Jenis ini kurang cocok untuk buku. Sehingga yang pas adalah untuk pemakaian lembaran tunggal saja. Walaupun seperti itu, scanner jenis ini seringkali dijumpai di rumah ataupun perkantoran.

Integrated Scanner Jenis scanner ini dapat dibilang sering digunakan sekarang ini karea dapat menghasilkan output dengan hasil kualitas yang diinginkan. Drum Scanner Jenis scanner ini sering dipakai untuk menangkap gambar dan memproduksinya kembali dengan resolusi yang tinggi.

Fungsi scanner maksimal sejenis ini membuat hanya sedikit produsen scanner jenis ini. PSC atau Print Scan Copy Adalah salah satu jenis perangkat yang multifungsi antara lain bisa dipakai sebagai scanner, bisa juga fungsi scanner sebagai printer dan juga dapat dipakai untuk mesin fotokopi. Handy Scanner Adalah scanner yang berupa postcard, yang sering kita temui ketika berada di Supermarket maupun minimarket.

fungsi scanner

Karena bisa digunakan untuk men scan di mesin kasir sebagai pembaca harga barang-barang yang ada di barcode barang tersebut. Mereka yang memproduksinya mengemukakan bahwa ini adalah pengembangan lebih lanjut dari tipe flatbed. Portable Scanner Jenis scanner ini akhir-akhir ini juga sering digunakan, utamanya oleh mereka yang sering mobilisasi tinggi. Scanner portable ini didukung oleh pemakaian baterai dan juga kartu memori.

Pada saat pengguna melakukan pemindaian, isi hasil pemindaian langsung tersimpah pada memorinya. Sehingga ketika di kantor atau dirumah, pengguna hanya cukup mentransfernya pada komputer. Unutk hasil kualitas scanner ini tidak kalah dengan scanner yang lain.

fungsi scanner

Cara Kerja Scanner Scanner berjalan dengan menyinari dokumen yang akan discan atau dibuat versi digitalnya, dan selanjutnya mengarahkan sinar yang terpantul menuju elemen foto fungsi scanner yang ada di fungsi scanner tersebut. Di kebanyakan scanner, medium yang bertindak sebagai sensor dikenal dengan nama Charged Coupled Device (CDD).

Selama prose pemindaian ini, photosites yang sensitif kepada cahaya bergerak di sepanjang CCD dan mengubah level kecerahan cahaya menjadi sinyal-sinyal elektronik yang selanjutnya diubah menjadi tampilan digital.

Maka berkas atau dokumen yang dimasukkan melalui scanner bisa diakses, dibawca ataupun disimpan pada komputer ataupun laptop. Itulah tadi ulasan mengenai Scanner, fungsi, jenis-jenis dan cara kerjanya. Semoga bermanfaat untuk kalian yang sedang membutuhkan informasi.

Terimakasih sudah berkunjung dan jangan sungkan untuk membaca artikel lainnya. Posted in Komputer Tagged cara kerja scanner, fungsi scanner, jenis jenis scanner, jenis scanner, macam macam scanner, manfaat scanner, Pengertian Scanner, pengertian scanner adf, pengertian scanner dan fungsinya, pengertian scanner dan jenis jenisnya, pengertian scanner film, pengertian scanner flatbed, pengertian scanner menurut para ahli, tujuan scanner Post navigation
Scanner adalah salah satu alat yang sering digunakan oleh perusahaan atau tempat usaha.

Hal ini membuktikan bahwa fungsi scanner di dunia bisnis sangat penting dan sangat dibutuhkan. Benda ini sendiri adalah sebuah inovasi yang dikembangkan baru-baru ini, namun scanner telah berhasil membawa perubahan bagi kehidupan sehari-hari.

fungsi scanner

Baca juga : fungsi lampu indikator pada meteran listrik Karena kehadirannya yang masih baru, maka tidak banyak orang yang tahu apa itu scanner dan fungsi scanner. Nah pada kesempatan kali ini, kami akan mengupas habis berbagai informasi mengenai scanner yang satu ini. Penasaran apa saja informasinya?

Yuk simak informasinya berikut ini. Pengertian Scanner Scanner adalah sebuah alat elektronik yang memiliki fungsi dasar untuk menggandakan suatu berkas yang nantinya diubah menjadi bentuk digital. Scanner berasal dari kata “scan” yang dimana scan adalah bermakna memindai sebuah objek. Scanner termasuk alat elektronik yang digunakan untuk memindai berkas yang nantinya dikonversi menjadi bentuk digital. Material yang bisa diinput oleh benda canggih yang satu ini sangat banyak, Anda bisa memindai gambar, poster, koran, dan berbagai bahan lainnya dengan menggunakan scanner.

Scanner memiliki sensor cahaya yang bisa menduplikat objek, dan sensor tersebut yang akan mendeteksi tulisan, struktur, hingga gambar yang ada di objek sehingga bisa diubah menjadi bentuk digital. Fungsi Scanner Fungsi scanner sendiri sangat berbeda dengan fungsi printer karena scanner adalah alat input sedangkan printer adalah alat output. Berikut dibawah ini penjelasan mengenai beberapa fungsi fungsi scanner yang perlu anda ketahui, diantaranya yaitu: 1.

Menyalin berkas ke bentuk digital Fungsi scanner yang pertama adalah untuk menyalin berkas. Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya bahwa cara kerja scanner akan menghasilkan salinan berkas menjadi bentuk digital.

Dengan adanya salinan berkas ini tentunya akan membuat berkas lebih aman dari serangan yang akan mengancam objek secara fisik. 2. Mengelola berkas Selain untuk menyalin berkas, scanner juga memiliki fungsi untuk mengelola fungsi scanner. Dengan menggunakan scanner, Anda bisa mengelola berkas dan mengkategorikannya dengan praktis.

Dan fungsi scanner berkas tersebut dibutuhkan, maka Anda bisa mengambilnya dengan mudah. 3. Melakukan dokumentasi Scanner paling banyak digunakan untuk melakukan dokumentasi objek. Banyak pengguna yang menggunakan scanner untuk menyimpan berkas yang penting agar tidak hilang atau rusak secara fisik. 4. Melindungi berkas Perlu Anda ketahui bahwa berkas fisik memiliki ancaman kerusakan atau hilang yang lebih tinggi dibandingkan dengan berkas yang sudah diubah menjadi bentuk digital.

Dan inilah salah satu fungsi scanner, yaitu untuk mengamankan berkas. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan scanner untuk mengubah berkas menjadi digital dan menghindari kerusakan karena sudah memiliki duplikatnya.

fungsi scanner

5. Pemindai Barcode Scanner yang bisa digunakan sebagai pemindai barcode bisa Anda temukan dengan mudah di supermarket. Jadi selain beberapa fungsi fungsi scanner atas, scanner juga memiliki jenis yang bisa digunakan untuk memindai barcode seperti pada kemasan produk.

Jenis-jenis Scanner Setelah mengetahui seputar pengertian dan fungsi scanner, berikut dibawah ini adalah beberapa informasi mengenai jenis jenis scanner yang tidak kalah pentingnya untuk Anda ketahui. Diantaranya yaitu: 1. Flatbed Scanner Jenis scanner yang pertama ini adalah salah satu jenis yang paling umum dan banyak digunakan oleh banyak kalangan, jenis Flatbed juga menjadi scanner yang pertama kali muncul. Flatbed scanner memiliki bentuk kompak dan memiliki dua bagian yang saling mengatup.

Jenis scanner ini menjadi jenis yang paling kuno dan sulit digunakan karena hanya bisa memindai satu objek dalam satu kali jalan. 2. Sheet-fed Scanner Meskipun memiliki fungsi scanner yang sama dengan jenis Flatbed scanner, tetapi Sheet-fed scanner dinilai lebih baik dari jenis sebelumnya. Scanner jenis ini memiliki harga yang lebih mahal, tetapi meskipun demikian masih banyak yang menggunakannya baik itu di kantor atau rumah.

Yang kurang menarik dari jenis ini adalah tidak cocok untuk memindai buku. 3. Integrated Scanner Integrated scanner dinilai memiliki fungsi scanner yang lebih baik fungsi scanner versi sebelumnya karena bisa menghasilkan output objek yang dipindai menjadi lebih baik dengan kualitas yang diinginkan.

4. Print Scan Copy Scanner Scanner yang biasa dikenal sebagai PSC ini menjadi versi yang memiliki banyak fungsi scanner sekaligus. Sesuai dengan namanya, jenis scanner yang satu ini bisa mengubah objek fisik ke digital dan sebaliknya.

Dan lagi PSC ini bisa menggandakan file sehingga objek yang dipindai bisa lebih banyak. 5. Drum Scanner Jenis dengan kecanggihan paling tinggi diantara semuanya ini menjadi jenis scanner yang sulit ditemukan di zaman sekarang.

Namun meskipun demikian, Drum scanner ini bisa menghasilkan berkas dengan kualitas yang tinggi. Penutup Akhir kata, demikianlah pembahasan singkat yang dapat saya bagikan mengenai scanner, mulai dari pengertian, fungsi scanner dan jenis-jenisnya.

Saya harap penjelasan diatas tadi dapat bermanfaat dan bisa anda pahami dengan baik, cukup sekian dan terimakasih.
Scanner adalah alat elektronik yang berfungsi sebagai mesin fotocopy akan tetapi scanner dapat memindai fungsi scanner dan menympannya menjadi file digital didalam komputer.

Banyak orang menggunakan scanner untuk memindai foto yang sudah lama yang tidak ada softcopy nya sehingga foto yang lama tersebut bisa dijadikan file dan disimpan didalam komputer sebelum diedit untuk diperbaiki.

Bisa juga digunakan untuk mengcopi dokumen penting seperti ijazah, akte kelahiran dan lain-lain. Sampai saat ini scanner mempunyai beberapa jenis sesuai dengan bentuknya, yaitu: • Flatbed scanner: scanner ini berbentuk seukurang dengan kertas folio sehingga seperti mesin fotocopy dengan ukuran yang kecil.

• Handy scanner: scanner ini bentuknya postcard yang biasa kita fungsi scanner pada supermarket atau minimarket karena digunakan pada mesin kasir untuk membaca harga barang yang tertera pada barcode. • Print Scan Copy (PSC) : merupakan perangkat yang mempunyai multifungsi diantaranya bisa digunakan sebagai scanner, bisa digunakan sebagai printer dan bisa digunakan untuk mesin fotocopy.

fungsi scanner

Semua perangkat elektronik saat ini memang sangat memabantu kerja manusia dan memudahkan kerja manusia sehingga menghasilkan hasil kerja yang lebih baik. Scanner sering digunakan pada pekerjaan kantor, supermarket, maupun tempat kerja yang lain. EL'S Computer April 21, 2015 at 9:26 AM Misi gan, izin share ya. acer ONE 14-Z1401-C5PX (320GB) Win 8.1 Price Rp 3.899.000 Spesifikasi : Processor : Intel Dual Core N2840 - Up to 2,58GHz Sistem Operasi : Windows 8.1 (Bing) Memori Standar : 2GB DDR3 Tipe Grafis : Intel HD Graphics Ukuran Layar : 14” Resolusi Layar : 1366 x 768, LED Backlight Storage : 320GB HDD Sound : integrated Interface : 1 x COMBO audio jack 1 x USB 3.0 port(s) 2 x USB 2.0 port(s) Battery : 2 Cells, 2500 Mah, Additional : Camera, Bluetooth, DVD RW Keyboard : Yes Dimensi (PTL) : 34,4x 24,5 x 2,53 ( W x H x D) Kunjungi website kami untuk produk lainnya Terimakasih.

:) Reply Delete * Pengertian dan fungsi intranet * Kelebihan dan kelemahan Microsoft SQL Server * Kelebihan dan kelemahan Oracle * Kelebihan dan kelemahan MySQL * Pengertian protokol stack * Pengertian protokol layering * Pengertian Multiplexing dan Demultiplexing * Bagian-bagian utama protokol * Pengertian dan fungsi protokol * Pengertian dan fungsi telnet * Jaringan host to host * Pengertian dan fungsi port number * Pengertian Over a Link * Internet dan sejarah perkembangannya * Topologi tree * Topologi mesh * Pengertian topologi peer to peer * Pengertian wireless * Pengertian dan fungsi host to host * Pengertian dan fungsi IP Public * Pengertian dan fungsi intranet * Kelebihan dan kelemahan Microsoft SQL Server * Kelebihan dan kelemahan Oracle * Kelebihan dan kelemahan MySQL * Pengertian protokol stack * Pengertian protokol layering * Pengertian Multiplexing dan Demultiplexing * Bagian-bagian utama protokol * Pengertian dan fungsi protokol * Restore data windows * Cara backup data windows * Set up parental control user * Mengganti foto profil user windows * Memberi password user windows * Cara mengganti nama user windows * Menambahkan user baru pada windows * Memberi nama header/footer sesuai nama file * Meberi informasi waktu di header/footer * Memberi tanggal pada header / footer * Memberi nomor halaman pada ms excel * Cara membuat konversi di ms excel * Merubah data baris ke kolom di ms excel * Perbedaan DDL dan DML * Fungsi scanner DML (Data manipulation Language) * Pengertian DDL (Data Link Language) * Pengertian dan fungsi DBMS * Pengertian dan fungsi dial up * Pengertian dan fungsi Bridge * Pengertian dan fungsi proxy * Pengertian dan fungsi VPN * Kelebihan dan kelemahan open source * Pengertian dan fungsi telnet * Penyebab komputer sering restart * Fungsi scanner dan fungsi Speaker * Pengertian dan fungsi CD Room * Pengertian dan fungsi flashdisk * Jaringan host to host * Pengertian dan fungsi port number * Pengertian Over a Link * Print area di ms excel * Internet dan sejarah perkembangannya * Topologi tree * Topologi mesh * Pengertian topologi peer to peer * Pengertian wireless * Pengertian dan fungsi host to host * Pengertian dan fungsi IP Public * Membuat grafik / chart * Cara mengcopy sheet * Menambah sheet baru fungsi scanner ms excel * Menampilkan insert object pada ribbon * Menyisipkan ms word di ms excel * Membulatkan angka decimal * Merubah mata uang dollar menjadi rupiah * Merubah default name author di ms excel * Memberi warna pada text * Fungsi wrap text dan marge cell * Memberi warna pada tabel * Membuat marge cell di ms excel * Membuat tulisan rata fungsi scanner, kanan dan tengah * Cara membuat tabel * Memberi warna tabel / cell * Memberikan header footer ms.

excel * Mengatur kertas portrait dan landscape * Mengatur ukuran kertas di ms. word * Pengertian dan fungsi ms. excel * Cara membuat barcode di ms word * Cara menambahkan clip fungsi scanner di ms word * Fungsi scanner membuat dokumen read only di ms. word * Cara menuliskan fungsi scanner phi pada ms word * Cara menghilangkan mini toolbar on selection * Cara mengurutkan data berdasarkan abjad * Cara membuat auto back up dokumen ms word * Cara menyembunyikan font di ms word fungsi scanner Cara cepat merubah huruf besar di awal fungsi scanner * Cara cepat print dokumen * Merubah nama penulis blog * Default name author * Copypaste bahasa arab * Cara cepat menambah baris tabel * Cara cepat replace kata * Autosave office 2003 * Memberi password dokumen ms word * Merubah gambar menjadi foto di ms word * Pagelayout portrait dan landscape * Membuat dummy text * Memotong gambar dengan ms word * Membuat kalimat random * Merubah huruf besar menjadi huruf kecil * Membuat bangun dengan gridlines * Membuat grafik pada fungsi scanner word * Membuat garis tepi pada foto * Membuat foto hitam putih di ms word * membuat rumus pada ms word * Membuat bilangan pangkat di ms word * Shortcut keyboard pada ms word * Backup Pengaturan ribbon ms word * Membuat logo transparan di ms word * Membuat tulisan transparan (watermark) * Membuat struktur organisasi di word * Mencetak dokumen kualitas fungsi scanner * Print dokumen di ms word * Menghubungkan mail merge dengan excel * Mencetak dokumen mail merge * Ms word safe mode * Membuat kartu nama dengan ms word * Cara Membuat mail merge * Fungsi mailings ms word * Merubah warna garis bawah * Merubah warna font ms word * Membuat nomor urut baris * Membuat page border * Memberi warna halaman(page color) * Membuat baris diantara kolom * Mengatur lebar jarak antar kolom * Membuat kolom di ms word * Mengatur jarak spasi * Insert symbol * Menulis rumus matematika * Membuat drop cap * Membuat word art * Membuat text box * Membuat format halaman berbeda * Memberi nomor halaman * Fungsi header dan footer * Fungsi Cross-reference * Membuat bookmark di ms word * Fungsi Hiperlink ms word * Hiperlink, bookmark dan crossreference * Membuat shape * Memasukkan gambar di ms word * Memberi warna tabel * Cara membuat tabel * mengatur jenis dan ukuran huruf * Mengatur ukuran kertas * Merubah pengaturan inchi ke cm * Membuat font tebal, miring, underline * Bullets and numbering * mengatur rata kiri, kanan dan tengah * Membuat dan menyimpan dokumen * Pengertian dan fungsi ms word * Konfigurasi DNS di mikrotik * Fungsi LAN Card * Komponen motherboard dan Fungsinya * Fungsi layer OSI Network * Macam Konektor Power supply * Fungsi Power Supply * Fungsi peripheral * Fungsi POST Komputer * Kode beep BIOS * Pengertian dan fungsi BIOS * konfigurasi modem venus * Langkah install modem venus * mengembalikan file hidden * Konfigurasi mikrotik router * Virtual PC * Setting IP address di mikrotik * Komponen komputer * Mematikan windows firewall * Fungsi printer * Peralatan proses komputer * Peralatan input komputer * Mengatasi NTLDR is missing * Menampilkan windows language bar * Arabic language windows * Menghapus virus shortcut * Perintah dasar linux * Menampilkan menu toolbar mozilla * Mempercepat download IDM * Cek kerusakan power supply * Melihat spesifikasi komputer * Langkah Install windows 7 * Membuat privacy policy * Sistem operasi Novell * Sisitem operasi Free BSD * Sistem operasi Sun Solaris * Kelebihan dan Kekurangan Linux fungsi scanner Sistem Operasi Mac OS * Sistem operasi Ubuntu * Sistem Operasi UNIX * Kelebihan dan kelemahan Windows 7 * Kelebihan dan Kelemahan Windows Vista * Kelebihan dan kelemahan Windows XP * Fungsi Prototype pada C++ * Fungsi Fungsi scanner Pada C++ * Program Fungsi scanner Karyawan * Partisi pada Linux * Penerapan Fungsi Array pada C++ * Contoh Program C++ untuk menentukan nilai * Contoh Aplikasi Program C++ * Menampilkan tahun kabisat pada C++ * Menonaktifkan AVG untuk sementara * Menampilkan Bil.

Genap pada C++ * Belajar Install Windows dengan Virtual PC * Cara mengecilkan icon Desktop * Jenis Printer * Mempercepat Startup Komputer * Menonaktifkan Windows update * Instal Windows dengan flashdisk * Auto hidden taskbar * Setting Dial up Internet dengan HP * Macam Mouse Komputer * Menampilkan File Hidden * Macam Tombol Shortcut Keyboard * Menampilkan Kalkulator pada Komputer * Cara Meningkatkan Alexa Rank * Penyebab Komputer Mati Sendiri * Menampilkan On Screen Keyboard * Macam-macam Chipset Motherboard * Chasing Komputer * Jenis Scanner dan fungsinya * Jenis-jenis Power Supply * Macam-macam Mouse dan fungsinya * Power Supply Komputer * Pengertian dan Fungsi Modem * Kelemahan dan Kelebihan Static Routing * kelebihan dan kelemahan windows * Contoh sistem operasi Server * Sistem Operasi DOS * Pengertian Bandwidth * Router Komputer atau Router PC * Point to Point Protocol * hight Level Data Link Control * Komponen Router PC * Routing Protokol * Tabel Routing * Routing * Fungsi Router * Cara instalasi Mikrotik * Cara Setting Bios * Tutorial Virtual PC * Virtual PC - Virtual Machine * Perangkat Keras Jaringan WAN * Cara cepat Meningkatkan Pengunjung blog * Kelebihan dan kelemahan Linux * Contoh Sistem Operasi komputer * Sejarah Sistem Operasi Komputer * Struktur Sistem Operasi * Fungsi Sistem Operasi Komputer * Pengertian Sistem Operasi * Fungsi Tombol Keyboard * Macam-macam Keyboard Komputer * Pengertian dan Fungsi Switch * Pengertian dan Fungsi scanner HUB * Cara Melihat IP Address Komputer * Cara Backup data Blog * Kabel Fiber Optik * Perangkat Keras Jaringan Komputer * Cara Melihat Mac Address Komputer * Cara Cek Koneksi Jaringan * Tips Mempercepat Kerja Komputer * Cara Mengatasi Komputer Lambat * Kabel Coaxial * Konektor RJ 45 * Urutan kabel Straight dan Crossover * Kabel UTP Cat5 * Cara Setting Ad Hoc Pada Windows 7 * Cara Memperbaiki Harddisk * Tips Memasang Kipas Komputer * Troubleshooting Power Supply * Prosedur POST Komputer * Cara Memperbaiki Motherboard * Hardware PC fungsi scanner NIC (Network Interface Card) * Slot Kartu Ekspansi * Peripheral Komputer * Setting IP Address Pada Windows 7 * IP Address * Jaringan Protokol * Layer TCP/IP * Layer Network Model OSI * Kelebihan dan Kelemahan Topologi Ring * Kelebihan dan Kelemahan Topologi Star * Topologi Jaringan BUS * Macam Topologi Jaringan * Client Server * Jaringan Peer to Peer * Komunikasi Data * Pengertian Server Komputer * Fungsi Jaringan Komputer * Pengertian dan Macam Jaringan Komputer * Tips Merawat Laptop * Storage Device * Harddisk * Memberi Security pada Email * Mengunci Folder dengan Winrar fungsi scanner Fungsi RAM Komputer * Motherboard Komputer * Prosessor atau CPU * Output Device * Perbedaan Power Supply AT dan ATX * Power Supply * Keyboard Komputer * Input Device * Perangkat Keras Komputer * Cara Menghilangkan Navbar pada Blog * Pengertian Komputer * Postingan Blog agar cepat terindex google * Cara Membuat Blog * Restore data windows * Cara backup data windows * Set up parental control user * Mengganti foto profil user windows * Memberi password user windows * Cara mengganti nama user windows * Menambahkan user baru pada windows * Memberi nama header/footer sesuai nama file * Meberi informasi fungsi scanner di header/footer * Memberi tanggal pada header / footer * Memberi nomor halaman pada ms excel * Cara membuat konversi di ms excel * Merubah data baris ke kolom di ms excel * Kelebihan dan kelemahan open fungsi scanner * Penyebab komputer sering restart * Pengertian dan fungsi Speaker * Pengertian dan fungsi CD Room * Pengertian dan fungsi flashdisk * Print area di ms excel * Membuat grafik / chart * Cara mengcopy sheet * Menambah sheet baru di ms excel * Menampilkan insert object pada ribbon * Menyisipkan ms word di ms excel * Membulatkan angka decimal * Merubah mata uang dollar menjadi rupiah * Merubah default name author di ms excel * Memberi warna pada text * Fungsi wrap text dan marge cell * Memberi warna pada tabel * Membuat marge cell di ms excel * Membuat tulisan rata kiri, kanan dan tengah * Cara membuat tabel * Memberi warna tabel / cell * Memberikan header footer ms.

excel * Mengatur kertas portrait dan landscape * Mengatur ukuran kertas di ms. word * Pengertian dan fungsi ms. excel * Cara membuat barcode di ms word * Cara menambahkan clip art di ms word * Cara membuat dokumen read only di ms.

word * Cara menuliskan simbol phi pada ms word * Cara menghilangkan mini toolbar on selection * Cara mengurutkan data berdasarkan abjad * Cara membuat auto back up dokumen ms word * Cara menyembunyikan font di ms word * Cara cepat merubah huruf besar di awal kalimat * Cara cepat print dokumen * Merubah nama penulis blog * Default name author * Copypaste bahasa arab * Cara cepat menambah baris tabel * Cara cepat replace kata * Autosave office 2003 * Memberi password dokumen ms word * Merubah gambar menjadi foto di ms word * Pagelayout portrait dan landscape * Membuat dummy text * Memotong gambar dengan ms word * Membuat kalimat random * Merubah huruf besar menjadi huruf kecil * Membuat bangun dengan gridlines * Membuat grafik pada ms word * Membuat garis tepi pada foto * Membuat foto hitam putih di ms word * membuat rumus pada ms word * Membuat bilangan pangkat di ms word * Shortcut keyboard pada ms word * Backup Pengaturan ribbon ms word * Membuat logo transparan di ms word * Membuat tulisan transparan (watermark) * Membuat struktur organisasi di word * Mencetak dokumen kualitas tinggi * Print dokumen di ms word * Menghubungkan mail merge dengan excel * Mencetak dokumen mail merge * Ms word safe mode * Membuat kartu nama dengan ms word * Cara Membuat mail merge * Fungsi mailings ms word * Merubah warna garis bawah * Merubah warna font ms word * Membuat nomor urut baris * Membuat page border * Memberi warna halaman(page color) * Membuat baris diantara kolom * Mengatur lebar jarak antar kolom * Membuat kolom di ms word * Mengatur jarak spasi * Insert symbol * Menulis rumus matematika * Membuat drop cap * Membuat word art * Membuat text box * Membuat format halaman berbeda * Memberi nomor halaman * Fungsi header dan footer * Fungsi Cross-reference * Membuat bookmark di ms fungsi scanner * Fungsi Hiperlink ms word * Hiperlink, bookmark dan crossreference * Membuat shape * Memasukkan gambar di ms word * Memberi warna tabel * Cara membuat tabel * mengatur jenis dan ukuran huruf * Mengatur ukuran kertas * Merubah pengaturan inchi ke cm * Membuat font tebal, miring, underline * Bullets and numbering * mengatur rata kiri, kanan dan tengah * Membuat dan menyimpan dokumen * Pengertian dan fungsi ms fungsi scanner * Fungsi scanner Konektor Power supply * Fungsi Power Supply * Fungsi peripheral * Fungsi POST Komputer * Kode beep BIOS * Pengertian dan fungsi BIOS * mengembalikan file hidden * Komponen komputer * Fungsi printer fungsi scanner Peralatan proses komputer * Peralatan input komputer * Mengatasi NTLDR is missing * Menampilkan windows language bar * Arabic language windows * Menghapus virus shortcut * Perintah dasar linux * Menampilkan menu toolbar mozilla * Mempercepat download IDM * Cek kerusakan power supply * Melihat spesifikasi komputer * Langkah Install windows 7 * Membuat privacy policy * Sistem operasi Novell * Sisitem operasi Free BSD * Sistem operasi Sun Solaris * Contoh sistem operasi Server * Sistem Operasi DOS * Cara Setting Bios * Tutorial Virtual PC * Virtual PC - Virtual Machine * Kelebihan dan kelemahan Linux * Contoh Sistem Operasi komputer * Sejarah Sistem Operasi Komputer * Struktur Sistem Operasi * Fungsi Sistem Operasi Komputer * Pengertian Sistem Operasi * Fungsi Tombol Keyboard * Macam-macam Keyboard Komputer * Tips Mempercepat Kerja Komputer * Cara Mengatasi Komputer Lambat * Cara Memperbaiki Harddisk * Tips Memasang Kipas Komputer * Troubleshooting Power Supply * Prosedur POST Komputer * Cara Memperbaiki Motherboard * Hardware PC * Penyebab Komputer Mati Sendiri * Menampilkan On Screen Keyboard * Macam-macam Chipset Motherboard * Chasing Komputer * Jenis Scanner dan fungsinya * Jenis-jenis Power Supply * Macam-macam Mouse dan fungsinya * Power Supply Komputer * Pengertian dan Fungsi Modem * kelebihan dan kelemahan windows * NIC (Network Interface Card) * Slot Kartu Ekspansi * Peripheral Komputer * Tips Merawat Laptop * Storage Device * Harddisk * Mengunci Folder dengan Winrar * Fungsi RAM Komputer * Motherboard Komputer * Prosessor atau CPU * Output Device * Perbedaan Power Supply AT dan ATX * Power Supply * Keyboard Komputer * Input Device * Perangkat Keras Komputer * Pengertian Komputer * Mempercepat Startup Komputer * Menonaktifkan Windows update * Instal Windows dengan flashdisk * Auto hidden taskbar * Macam Mouse Komputer * Menampilkan File Hidden * Macam Tombol Shortcut Keyboard * Menampilkan Kalkulator pada Komputer * Kelebihan dan Kekurangan Linux * Sistem Operasi Mac OS * Sistem operasi Ubuntu * Sistem Operasi UNIX * Kelebihan dan kelemahan Windows 7 * Kelebihan dan Kelemahan Windows Vista * Fungsi scanner dan kelemahan Windows XP * Fungsi Prototype pada C++ * Fungsi Value Pada C++ * Program Penggajian Karyawan * Partisi pada Linux * Penerapan Fungsi Array pada C++ * Contoh Program C++ untuk menentukan nilai * Contoh Aplikasi Program C++ * Menampilkan tahun kabisat pada C++ * Menonaktifkan AVG untuk sementara * Menampilkan Bil.

Genap pada C++ * Belajar Install Windows dengan Virtual PC * Cara mengecilkan icon Desktop * Jenis Printer * Pengertian dan fungsi intranet * Kelebihan dan kelemahan Microsoft SQL Server * Kelebihan dan kelemahan Oracle * Kelebihan dan kelemahan MySQL * Pengertian protokol stack * Pengertian protokol layering * Pengertian Multiplexing dan Demultiplexing * Bagian-bagian utama protokol * Pengertian dan fungsi protokol * Perbedaan DDL dan DML * Pengertian DML (Data manipulation Language) * Pengertian DDL (Data Link Language) * Pengertian dan fungsi DBMS * Pengertian dan fungsi dial up * Pengertian dan fungsi Bridge * Pengertian dan fungsi proxy * Pengertian dan fungsi VPN * Kelebihan dan kelemahan open source * Pengertian dan fungsi telnet * Jaringan host to host * Pengertian dan fungsi port number * Pengertian Over a Link * Internet dan sejarah perkembangannya * Topologi tree * Topologi mesh * Pengertian topologi peer to peer * Pengertian wireless * Pengertian dan fungsi host to host * Pengertian dan fungsi IP Public * Konfigurasi DNS di mikrotik * Fungsi LAN Card * Fungsi layer OSI Network * konfigurasi modem venus * Langkah install modem venus * Konfigurasi mikrotik router * Virtual PC * Setting IP address di mikrotik * Mematikan windows firewall * Pengertian dan Fungsi Modem * Kelemahan dan Kelebihan Static Routing * Contoh sistem operasi Server * Pengertian Bandwidth * Router Komputer atau Router PC * Point to Point Protocol * hight Level Data Link Control * Komponen Router PC * Routing Protokol * Tabel Routing * Routing * Fungsi Router * Cara instalasi Mikrotik * Perangkat Keras Jaringan WAN * Pengertian dan Fungsi Switch * Pengertian dan Fungsi HUB * Cara Melihat IP Address Komputer * Kabel Fiber Optik * Perangkat Keras Jaringan Komputer * Cara Melihat Mac Address Komputer * Cara Cek Koneksi Jaringan * Kabel Coaxial * Konektor RJ 45 * Urutan kabel Fungsi scanner dan Crossover * Kabel UTP Cat5 * Cara Setting Ad Hoc Pada Windows 7 * NIC (Network Interface Card) * Setting IP Address Pada Windows 7 * IP Address * Jaringan Protokol * Layer TCP/IP * Layer Network Model OSI * Kelebihan dan Kelemahan Topologi Ring * Kelebihan dan Kelemahan Topologi Star * Topologi Jaringan BUS * Macam Topologi Jaringan * Client Server * Jaringan Peer to Peer * Komunikasi Data * Pengertian Server Komputer * Fungsi Jaringan Komputer * Pengertian dan Macam Jaringan Komputer * Setting Dial up Internet dengan HPMerdeka.com - Seiring dengan perkembangan zaman, manusia berhasil menemukan berbagai macam teknologi yang berguna untuk kehidupan sehari-hari.

Telah banyak inovasi teknologi yang kini hadir di tengah masyarakat. Hal ini diciptakan semata-mata untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari manusia. Hadirnya teknologi juga memiliki pengaruh besar dalam kehidupan sehari-hari manusia. Hampir dapat dipastikan setiap orang kini juga telah bergantung dengan teknologi. Salah satu jenis teknologi yang hingga kini banyak digunakan manusia adalah scanner.

Scanner merupakan sebuah alat elektronik yang memiliki fungsi dasar sebagai pengganda berkas untuk kemudian dikonversi dan disimpan dalam bentuk digital. Alat elektronik ini bekerja dengan cara memindai setiap bagian lembaran yang menjadi inputnya hingga tidak ada bagian yang tersisa.

Lantas, apa saja fungsi scanner dan bagaimana cara kerjanya? Simak ulasannya yang merdeka.com lansir Liputan6.com berikut ini. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/gyn9037 Seperti yang sudah diketahui, scanner merupakan alat elektronik yang bisa menghasilkan salinan sebuah gambar (objek) atau teks disimpan dalam sebuah file fungsi scanner berekstensi bmp, jpg, atau doc.

Alat ini berawal pada tahun 1975, saat Ray Kurzweil bersama rekan kerjanya menciptakan Kurzweil Reading Machine beserta softwere Omni-Font OCR (Optical Character Recognation) Technology. Softwere tersebut berfungsi mengenali teks yang ada dalam objek untuk diterjemahkan menjadi data dalam bentuk teks.

Dari penemuan OCR inilah, scanner terus fungsi scanner hingga saat ini. Bentuk dan ukuran sacanner pun beragam, ada yang berukuran kertas folio hingga berbentuk seperti pena yang mampu menyimpan 1.000 halaman. BACA JUGA: LG Lebaran Sehat: Aksi Berbagi Ratusan Paket Makanan di Momen Lebaran Rumah Otomatis: 6 Perangkat Smart Home yang Memudahkan Kehidupan Anda Secara umum, bahan baku yang diolah oleh scanner merupakan lembaran berkas tipis yang tak terlihat.

Setelah lembaran tersebut dipinadi, maka keluaran yang diperoleh mempunyai bentuk berupa berkas visual berbentuk digital dengan ukuran serta kualitasnya dapat diubah sesuai keinginan.

Fungsi Scanner painterest.com Keberadaan scanner hingga kini masih eksis, hal ini tidak lepas dari kebutuhan sehari-hari yang membutuhkan berkas digital untuk berbagai keperluan. Terutama bagi pelajar atau mahasiswa saat melakukan proses belajar mengajar dengan metode daring.

fungsi scanner

Adapun fungsi scanner di antaranya sebagai berikut: BACA JUGA: Ilmuwan Kembangkan Alat Ubah Air Laut Menjadi Air Minum Dari Kamar Tidur Hingga Satu Rumah, Sejumlah Barang Ini Sudah Terganti Oleh Ponsel Menyalin Fungsi scanner Fungsi scanner yang pertama adalah menyalin berkas penting yang eksistensinya bisa terancam atau rusak.

Beberapa contoh berkas yang fungsi scanner rusak antara lain ijazah, Fungsi scanner, foto lama, dan lain sebagainya.

Dokumentasi Salah satu fungsi scanner yang cukup penting adalah sebagai dokumentasi. Banyak orang menggunakan scanner saat mendokumentasikan atau menyimpan berkas yang dianggap penting. Sehingga, scanner bisa menjadi pilihan tepat untuk menyimpan berkas tersebut agar tidak mudah hilang dan rusak. BACA JUGA: Kepala Bertanduk? Berbagai Dampak Perubahan Teknologi pada Fisik Hasil Riset Kualitas Tidur ala Zepp health: Berapa Kualitas Tidur Orang Indonesia?

Di samping itu, fungsi scanner juga untuk menggandakan berkas yang tidak ada berkas penggantinya. Jadi, jika suatu saat Anda membutuhkan, cukup mencetaknya kembali. Pengelolaan Berkas Mengelola berkas digital jauh lebih mudah dan sederhana dibandingkan berkas konvensional.

Dengan adanya scanner, setiap berkas bisa dikelola dan dikategorisasikan dengan mudah. Sehingga, suatu saat jika membutuhkan berkas tersebut akan semakin cepat dan mudah untuk mengambil atau menggunakannya. Pengaman Berkas BACA JUGA: Kepanjangan USB Beserta Fungsi dan Bagiannya, Baca Lebih lanjut Pakai Karakter Snowy, Seger Snow Jadi Skin Care Pertama yang Rambah Dunia Metaverse Fungsi scanner yang tidak kalah pentingnya yaitu sebagai pengaman berkas. Hal ini karena berkas konvensional cenderung memiliki risiko ancaman fisik tinggi.

Oleh karena itu, menggunakan scanner menjadi solusi tepat agar berkas tersebut aman dan tidak akan rusak. Jenis-jenis Scanner Seiring berjalannya waktu, telah banyak ditemukan beragam jenis scanner. Tentunya, berbagai jenis tersebut memiliki kelebihannya masing-masing.

Adapun jenis-jenis scanner yang paling populer dan banyak digunakan ialah seperti berikut: 1. Flatbed Scanner Salah satu jenis scanner yang populer ialah flatbed scanner. Jenis scanner ini menjadi yang paling awal dan kerap ditemui di rumah atau perkantoran. BACA JUGA: Tingkatkan Layanan, SILC Lasik Center Adopsi Mesin dan Teknologi Terbaru BI dan BIS Gelar G20 Techsprint Initiative 2022, Total Hadiah Rp770 Juta 2. Sheet-fed Scanner Jenis scanner yang memiliki harga fungsi scanner mahal salah satunya adalah sheet-fed scanner.

Adapun kinerja sheet-fed scanner mirip dengan tipe flatbad. Bedanya, pada lembaran yang dimasukkan ke dalam scanner akan bergerak saat proses pemindahan. 3. Drum Scanner Scanner jenis ini banyak digunakan untuk menangkap gambar dan memproduksinya kembali dengan tingkat resolusi tinggi.

Scanner ini menjadi salah satu jenis scanner sangat digemari konsumen, hal ini karena kerap memberikan hasil yang maksimal dengan kualitas tinggi. Cara Kerja Scanner Scanner memiliki fungsi scanner kerja yang cukup sederhana, yaitu menyinari dokumen yang hendak dibuat versi digitalnya. Setelah itu, mengarahkan sinar yang terpantul ke elemen fotosensitif yang ada di scanner itu sendiri. Umumnya, medium yang bertindak sebagai sensor dikenal dengan nama Charged Coupled Device (CCD).

Selama proses pemindahan berlangsung, photosites yang sensitive terhadap cahaya bergerak di sepanjang CCD dan mengubah level kecerahan cahaya menjadi sinyal-sinyal elektronik, lalu diubah menjadi tampilan digital. Dengan begitu, berkas yang diinput melalui scanner dapat diakses, dibaca, dan disimpan menjadi file dokumen di komputer atau laptop. [jen] 1 Kisah Kehidupan Seks Tentara Belanda di Indonesia 2 6 Potret Terbaru Aisyahrani Hamil Anak Ketiga, Penampilannya Mencuri Perhatian 3 Tak Terima Rekayasa Lalu Lintas, Pengguna Mobil Mewah Ini Berkata Kasar Kepada Polisi 4 6 Gaya Lucu Rayyanza Anak Raffi Ahmad & Nagita Liburan di Bali, Bikin Gemas 5 Misteri Penembak Arief Rahman Hakim: Pengawal Presiden atau Polisi Militer Jakarta?

Selengkapnya
MENU • Home • SMP • IPA • Biologi • Fisika • Kimia • IPS • Ekonomi • Geografi • Sosiologi • Sejarah • BAHASA • Bahasa Indonesia fungsi scanner Bahasa Inggris • Agama • Kewarganegaraan • Penjaskes • Seni Budaya • SMA • IPA • Biologi • Fisika • Kimia • IPS • Ekonomi • Geografi • Sejarah • Sosiologi • BAHASA • Bahasa Indonesia • Bahasa Inggris • Fungsi scanner • Penjaskes • Kewarganegaraan • Seni Budaya • SMK • Strata 1 • Ilmu Hukum • Hukum • Ilmu Komputer fungsi scanner Teknik Informatika • Sistem Informasi • Ilmu Ekonomi • Akuntansi • Manajemen • STRATA2 • Umum • Scanner : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Sejarah dan Jenis Terlengkap –Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com.

Kali ini akan membahas mengenai Scanner. Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Scanner? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

Table of Contents • Pengertian Scanner • Sejarah Scanner • Cara Kerja Scanner • Fungsi Scanner • Jenis-Jenis Scanner • Komponen-Komponen Scanner • Cara Menggunakan Scanner • Sebarkan ini: • Posting terkait: Pengertian Scanner Scanner merupakan salah satu alat elektronik komputer yang berfungsi untuk memasukkan data berupa gambar dan di proses melalui komputer.

Berbeda dengan mesin fotocopy kalo mesin fotocopy hasil bisa langsung kita lihat pada media kertas sedangkan scanner hasilnya di tampilkan terlebih dahulu ke layar komputer kemudian di proses manual ke dalam komputer dengan fungsi scanner operator. Data yang sudah diambil dengan scanner tersebut dapat dimasukkan secara langsung ke semua aplikasi komputer dengan mengenali teks yang di sebut ASCII (American Standard Code for Information Interchange).

Sejarah Fungsi scanner Scanner diawal kemunculannya fungsi scanner menyaingi suatu teknologi mesin foto kopi yang dikenalkan di tahun 1959 dengan waktu itu adalah Xerox. Meskipun dari kedua alat tersebut mempunyai fungsi dasar yang sama, yakni sebagai pengganda, mesin foto kopi mempunyai ukuran yang besar dan menghasilkan output dalam bentuk kertas yang ukurannya tidak bisa diedit atau manipulasi.

Sementara scanner yang mengarah di dunia digital dengan outpu dalam bentuk berkas digital yang bisa diubat sedemikian rupa tampilannya sesuai dengan yang diinginkan pengguna. Karena fungsi dasarnya yang sama, keduanya tetapi mempunyai penggunanya masing-masing karena menyesuaikan kebutuhan.

Hanya saja, tak dapat dipungkiri bahwa terdapat kecenderungan untuk mengadopsi teknolgo dan menggantikan teknologi pengganda analog semacam foto kopi. Inisiatif seperti ini seringkali diwujudkan dengan melakukan penggabungan atau integrasikan mesin foto kompi digital modern dengan scanner dan printer laser. Perkembangan teknologi menjadi suatu integrasi tersebut semakin membuattakjub, yang diwujudkan dengan munculnya scanner dengan kecepatan tinggai atau mengirimkan berkas melalui email.

Cara Kerja Scanner • Saat kita menempatkan objek kertas bergambar ataupun teks pada layar kaca scanner dan menekan sebuah tombol scan pada mesin scanner atau menu scan pada layar monitor kamu, maka scenner akan melakukan proses scanning.

• Lalu cahaya yang terpancar pada saat scanning menunjukkan bahwa scanner tersebut sedang melakukan scan dan juga hasil yang didapatkan akan langsung dikirim pada sensor CCD (CCD yaitu suatu alat yang terdapat pada scanner yang mempunyai fungi untuk menerima hasil scanner lalu kemudian di kirim ke ADC).

• Dari CCD tersebut lalu akan dikirim ke ADC (ADC yaitu suatu alat yang bertugas menerima data yang berasaldari CCD dan menubahnya ke dalam bentuk digital kemudian mengirimnya ke komputer). ADC akan memprosesnya lalu mengirimkan hasilnya pada komputer kamu.

fungsi scanner

• Setelah masuk ke komputer kamu, hasilnya bisa di edit sesuai dengan kebutuhan. Dan kamu juga bisa menyimpannya dalam komputer ataupun dapat langsung mencetak hasil dari scanning tersebut menggunakan printer. Fungsi Scanner • Menyalin berkas ialah fungsi awal scanner adalah untuk menyalin berkas fungsi scanner yang eksistensinya terancam fungsi scanner hal-hal yang menyerang kondisi fisik berkas tersebut.

• Pendokumentasian yakni sebagian pengguna memilih scanner saat hendak mendokumentasikan atau menyimpan berkas yang dinilai penting. • Pengelolaan berkas yaitu ketika berhubungan dengan berkas fisik, maka risiko terkecil yang muncul adalah waktu yang terbuang karena pengelolaan yang susah.

Dengan scanner, setiap berkas dapat dikelola dan dikategorisasikan dengan mudah. Ketika berkas dibutuhkan, versi digital telah siap untuk diambil kapan saja. • Pengamanan berkas merupakan suatu berkas konvensional memiliki ancaman fisik yang siap menyerang kapan saja. Dengan adanya scanner, maka berkas lebih aman karena versi digital dapat menjadi jaminan eksistensi dari versi asli.

fungsi scanner

Jenis-Jenis Scanner 1. Flatbed Scanner Merupakan salah satu bentuk scanner yang paling umum ditemui sekaligus yang paling awal, dan kerap fungsi scanner di rumahan atau perkantoran. Bentuknya kompak, dan terbagi menjadi dua bagian yang bisa saling mengatup. Bagian dasar adalah tempat dimana lembaran ditempatkan, sementara bagian atas dipergunakan untuk menutup saat proses pemindaian berlangsung.

Tipe ini termasuk kuno dan tidak praktis, dalam artian hanya bisa digunakan untuk memindai satu berkas sekali jalan. 2. Sheet-fed Scanner Scanner tipe ini harganya lumayan mahal, dan kinerjanya mirip dengan tipe flatbed. Bedanya, lembaran umpan dimasukkan ke dalam scanner dan bergerak di sepanjang proses pemindaian. Jenis ini kurang cocok untuk buku. Pasnya hanya untuk penggunaan lembaran tunggal saja.

Meski demikian, scanner fungsi scanner ini juga kerap ditemui di rumah maupun perkantoran. 3. Integrated Scanner Jenis ini lumayan marak penggunaannya belakangan ini karena disinyalir mampu menghasilkan output dengan kualitas yang diharapkan.

4. Drum Scanner Tipe scanner semacam ini banyak digunakan untuk menangkap gambar dan memproduksinya kembali dengan tingkat resolusi tinggi. Hasil maksimal semacam itu membuat hanya sedikit produsen scanner jenis ini. Mereka yang memproduksinya berpendapat bahwa ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari tipe flatbed. 5. Portable Scanner Tipe scanner ini juga belakangan marak dipergunakan, terutama oleh mereka yang memiliki mobilitas tinggi.

Scanner portable ini disokong oleh penggunaan baterai serta kartu memori. Ketika pengguna melakukan pemindaian, konten hasil pemindaian langsung disimpan di dalamnya. Begitu sampai di rumah atau kantor, pengguna cukup mentransfernya ke komputer. Soal kualitas, scanner portable tak kalah bagusnya dengan jenis scanner yang lain. Komponen-Komponen Scanner 1. Alas Kaca Alas kaca digunakan sebagai wadah fungsi scanner gambar yang akan dibaca. 2. Sumber Cahaya Sumber cahaya berupa lampu dengan intensitas cahaya cukup tinggi akan menghasilkan cahaya yang diarahkan ke gambar.

3. Sensor Sinar Pantulan Jenis yang umum digunakan untuk jenis scanner flat bed adalah sensor CCD(charge-coupled devices). Alat ini berfungsi seperti mata yang akan membaca sinar pantulan dari gambar Untuk mengarahkan sampai ke CCD, cahaya pantulan dari gambar diarahkan dengan menggunakan sejumlah cermin dan lensa scanner. 4. Motor Stepper dan Pita Bergerigi Karena data dibaca baris perbaris, maka dibutuhkan motor stepper dan pita bergerigi untuk menggerakan lampu dan CCD.

5. Penutup Scanner Penutup digunakan untuk menghindari sinar luar yang masuk, sehingga data yang dibaca oleh CCD benar-benar data pantulan dari gambar yang sedang dibaca. Cara Menggunakan Scanner • Pastikan scanner dan computer dalam kondisi menyala atau terhubung. • Persiapkan gambar atau dokumen yang akan di scan • Buka penutup scanner • Letakkan dokumen atau gambar pada scanner kemudian tutup kembali.

• Pada computer buka program pengolah data (start menu-all program-photoshop,dan jika menggunakan microtek buka software microtek scan wizard 5 (start menu-all program-microtek-microtek wizard 5). • Untuk software microtek klik preview kemudian sesuaikan hasil scan. • Untuk software photoshop klik file-import-microtek,jika menggunakan f380 all in one klik file-import-f300 twain kemudian klik preview,sesuaikan hasil scan. • Untuk microtek klik scan tunggu beberapa saat maka akan meminta informasi untuk menyimpan,simpan hasil scan ditempat yang diinginkan.

• Untuk photoshop ketika anda klik scan maka secara otomatis hasil akan tampil dilayar photoshop anda dapat melakukan edit untuk kemudian disimpan. • Proses scan selesai. Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Scanner : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Sejarah dan Jenis Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu.

Terima Kasih. Baca Juga Artikel Lainnya : • Power Supply • Monitor Adalah • Proyektor Adalah • Storyboard Adalah • Perangkat Keras Komputer Posting terkait: • PDF Fungsi scanner • Intranet Adalah • Spam Adalah Posting pada Ilmu Komputer Ditag 5 fungsi scanner, 5 manfaat dari penggunaan scanner, adf printer, apa fungsi scanner, apa kegunaan slide scanner, aplikasi scanner pc, aplikasi scanner untuk laptop, arti memindai, artikel Scanner, artikel tentang scanner, automatic direction finder, bagaimana cara menginstal scanner, bagian bagian mesin scanner, bagian bagian scanner, bagian mesin scanner dan penjelasannya, bukalapak komputer, camscanner for pc, camscanner pro, canon scanner driver, canon scanner printer, Cara Kerja Scanner, cara menggunakan camscanner, Cara Menggunakan Scanner, ciri-ciri mesin scanner, definisi scanner menurut para ahli, document scanner online, download scanner, driver scanner plustek smartoffice ps283, flatbed scanner adalah, fungsi angry ip scanner, fungsi barcode reader, fungsi barcode scanner, fungsi camscanner, fungsi dari scanner, fungsi import java.util.scanner, fungsi joystick, fungsi lidar scanner, fungsi lidar scanner iphone, fungsi light pen, fungsi mesin scanner, fungsi obd2 scanner, fungsi qr code scanner, Fungsi Scanner, fungsi scanner adalah, fungsi scanner barcode, fungsi scanner brainly, fungsi scanner dalam desain grafis, fungsi scanner dalam java, fungsi scanner flatbed, fungsi scanner input = new scanner(system.in), fungsi scanner komputer, fungsi scanner mobil, fungsi scanner pada java, harga canon scanner, harga cpu bekas murah, harga komputer windows 7 bekas, harga satu set komputer bekas, harga scanner barcode, harga scanner canon f4, harga scanner canon lide 120, harga scanner dibawah 500 ribu, harga scanner f4, harga scanner fujitsu, harga scanner hp, harga scanner printer, jelaskan fungsi scanner pada kehidupan sehari-hari, jelaskan pengertian dari radio, jelaskan pengertian scanner brainly, jelaskan scanner dalam bahasa indonesia, jelaskan sistem kerja pada perangkat scanner, jelaskan tata cara menscan, jelaskan tentang sensor, Jenis - Jenis Scanner, joystick adalah, kelebihan dan kekurangan mesin scanner, kelebihan dan kekurangan scanner, Komponen - Komponen Scanner, komponen scanner, langkah langkah menggunakan scanner, makalah Scanner, manfaat scanner, manfaat scanner bagi pelajar, materi Scanner, mesin scanner adalah, pemindai, pengertian dan fungsi joystick, pengertian dan fungsi microphone, pengertian dan fungsi scanner, Pengertian Scanner, pengertian scanner brainly, pengertian scanner dan fungsinya, pengertian scanner dan jenisnya, pengertian scanner flatbed, Pengertian Scanner Menurut Para Ahli, pengertian sharing scanner, pengetahuan scanner, perbedaan kamera dan scanner, plustek scanner otomatis adf ad480, Scanner, Scanner adalah, scanner adf adalah, scanner adf murah, scanner app, fungsi scanner canon, scanner epson, scanner flatbed, scanner murah, scanner online, scanner pdf, scanner terbaik, scanning gambar adalah, sebutkan bagian bagian dari hecht machine, sebutkan fungsi scanner, sebutkan hasil dari proses scanning, sebutkan jenis jenis scanner, sebutkan jenis perangkat lunak komputer, Sejarah Scanner, software pada scanner, tuliskan 4 fungsi scanner, tuliskan fungsi scanner, tuliskan tujuan utama melakukan scan gambar Pos-pos Terbaru • Cara Menghilangkan Vokal Pada Lagu di Android & PC Mudah • +3299 Nama PUBG Keren 2022 : Aesthetic, Simbol, Lucu Dll • Aplikasi Film Bokeh Full Bokeh Viral No Sensor • √ Bimbingan dan Konseling : Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Asasnya Terlengkap • Solidaritas Sosial • Potensi Diri • √ BMKG : Pengertian, Fungsi scanner, Tugas, Wewenang dan Struktur Organisasi Terlengkap • √ Multi Level Marketing (MLM) : Pengertian, Jenis, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan Terlengkap • √ Loyalitas : Pengertian, Karakteristik, Faktor dan Indikasi Terlengkap • Peluang Usaha • √ Holding Company : Pengertian, Karakteristik, Tujuan, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan Terlengkap • √ Solidaritas : Pengertian, Ciri, Jenis, Tujuan, Prinsip dan Faktor yang Mempengaruhinya Terlengkap • Filogenetik Adalah • Sperma Adalah • Mollusca Adalah

AKSI VIDEO BP #2 [Pengenalan Tipe Data & Fungsi Scanner]




2022 www.videocon.com