Ayah nabi ibrahim as bekerja sebagai

ayah nabi ibrahim as bekerja sebagai

Jakarta - Nabi Ibrahim AS merupakan anak dari seorang penyembah berhala. Ayahnya bernama Azar yang dikenal luas sebagai pembuat patung terbaik di masanya. Dikutip dari buku Kisah Para Nabi oleh Ibnu Katsir, secara nasab Nabi Ibrahim AS bernama Ibrahim bin Tarikh bin Nahur bin Sarugh bin Raghu bin Faligh bin 'Abir bin Syalih bin Arfakhsyadz bin Sam bin Nuh AS.

Ia lahir di wilayah Kaldaniyyun, suatu kawasan di Babilonia. Nabi Ibrahim AS adalah orang yang dipersiapkan Allah sebagai rasul. Ia bertugas untuk melenyapkan kesesatan, kebatilan, dan menanamkan ajaran tauhid kepada seluruh umatnya. Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Anbiya ayat 51 sebagai berikut: ۞ وَلَقَدْ ءَاتَيْنَآ إِبْرَٰهِيمَ رُشْدَهُۥ مِن قَبْلُ وَكُنَّا بِهِۦ عَٰلِمِينَ Artinya: "Dan sesungguhnya telah Kami anugerahkan kepada Ibrahim hidayah kebenaran sebelum (Musa dan Harun), dan adalah Kami mengetahui (keadaan)-nya." (QS.

Al-Anbiya: 51). Disebutkan, ayah kandung Nabi Ibrahim AS bernama Azar. Ia adalah seorang pembuat patung (berhala) terbaik yang dijadikan sesembahan. Mayoritas ahli nasab seperti Ibnu Abbas mengatakan bahwa ayah Nabi Ibrahim AS adalah Tarih. Sementara Ahli Kitab mengatakan "Tarikh". Baca juga: Ismail, Anak Nabi Ibrahim AS yang Patuh Saat Akan Dikurbankan Adapula yang berpendapat bahwa Azar merupakan suatu gelar yang diberikan dari berhala yang disembahnya.

Ibnu Jarir berkata, "Namanya yang benar adalah Azar. Boleh jadi ia mempunyai dua nama yang ayah nabi ibrahim as bekerja sebagai atau salah satunya merupakan nama gelar dan nama lainnya adalah identitas aslinya," tulis Ibnu Katsir dalam bukunya sebagaimana dikutip pada Rabu, (2/6/2021).

Pada waktu itu, penduduk Babilonia merupakan penyembah berhala. Termasuk Azar, sebagaimana disebutkan dalam firman-Nya pada QS. Al-Anbiya ayat 52-53 berikut ini: إِذْ قَالَ لِأَبِيهِ وَقَوْمِهِۦ مَا هَٰذِهِ ٱلتَّمَاثِيلُ ٱلَّتِىٓ أَنتُمْ لَهَا عَٰكِفُونَ (52) قَالُوا۟ وَجَدْنَآ ءَابَآءَنَا لَهَا عَٰبِدِينَ (53) Artinya: "(Ingatlah), ketika Ibrahim berkata kepada bapaknya dan kaumnya: "Patung-patung apakah ini yang kamu tekun beribadat kepadanya?" Mereka menjawab: "Kami mendapati bapak-bapak kami menyembahnya." (QS.

Al-Anbiya: 52-53). Sebagai seorang rasul, Nabi Ibrahim AS selalu mengingatkan dan mengajak ayahnya untuk meninggalkan berhala. Ia khawatir ayahnya akan ditimpa azab oleh Allah SWT.

Ajakan Nabi Ibrahim AS ini diceritakan dalam QS. Maryam ayat 42-48. "Ingatlah ketika ia berkata kepada bapaknya; "Wahai bapakku, mengapa kamu menyembah sesuatu yang tidak mendengar, tidak melihat dan tidak dapat menolong kamu sedikitpun?" "Wahai bapakku, sesungguhnya telah datang kepadaku sebahagian ilmu pengetahuan yang tidak datang kepadamu, maka ikutilah aku, niscaya aku akan menunjukkan kepadamu jalan yang lurus." "Wahai bapakku, janganlah kamu menyembah syaitan.

Sesungguhnya syaitan itu durhaka kepada Tuhan Yang Maha Pemurah." "Berkata bapaknya: "Bencikah kamu kepada tuhan-tuhanku, hai Ibrahim? Jika kamu tidak berhenti, maka niscaya kamu akan kurajam, dan tinggalkanlah aku buat waktu yang lama." "Berkata Ibrahim: "Semoga keselamatan dilimpahkan kepadamu, aku akan memintakan ampun bagimu kepada Tuhanku. Sesungguhnya Dia sangat baik kepadaku. Dan aku akan menjauhkan diri darimu dan dari apa yang kamu seru selain Allah, dan aku akan berdoa kepada Tuhanku, mudah-mudahan aku tidak akan kecewa dengan berdoa kepada Tuhanku." (QS.

Maryam: 42-48). Dalam sebuah hadits riwayat Bukhari, dikatakan bahwa Azar selalu menentang Ibrahim AS kala diajak meninggalkan kesesatan. Oleh karenanya, Azar termasuk penghuni neraka. Dari Ibnu Abu Dzi'ib, dari Sa'id al Maqbari, dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW, bersabda: "Ibrahim bertemu dengan ayahnya, Azar, pada hari Kiamat nanti. Ketika itu wajah Azar tampak hitam berdebu. Lalu Ibrahim berkata kepada ayahnya: 'Bukankah sudah aku katakan kepada ayah agar ayah tidak menentang aku?' ayahnya menjawab: 'Hari ini aku tidak ayah nabi ibrahim as bekerja sebagai menentangmu.' Kemudian Ibrahim berkata: 'Wahai Tuhan, Engkau sudah berjanji kepadaku untuk tidak menghinakan aku pada hari berbangkit.

Lalu kehinaan apalagi yang lebih hina dari pada keberadaan ayahku yang jauh (dariku)?' Allah SWT berfirman: 'Sesungguhnya, Aku mengharamkan surga bagi orang-orang kafir.' Lalu dikatakan kepada Ibrahim: 'Wahai Ibrahim, apa yang ada di kedua kakimu itu?' Ibrahim pun melihatnya dan ternyata ada seekor anjing hutan yang kotor. Lalu anjing itu dipegang kaki-kakinya dan segera dilempar ke dalam neraka." (HR.

Bukhari). Sahabat hikmah, itulah kisah Azar, ayah Nabi Ibrahim AS sebagaimana dikisahkan dalam Al Quran dan diriwayatkan dalam beberapa hadits. Recent Posts • Pengertian Puasa Syawal, Dalil, Niat & Keutamaan Lengkap • Pengertian Pendidikan Agama Islam Tujuan dan Ruang Lingkup • Fiqih : Dam (Denda) dalam Ihram Haji dan Umroh • Kisah Nabi Harun As Lengkap Dari Lahir Sampai Wafat • Pengertian Qalqalah Huruf Contoh Bacaan Dalam Alquran • Sifat Wajib Rasul Jaiz Mustahil Arti Beserta Penjelasannya • Anggota Sujud Yang Wajib Menempel Pada Lantai serta Dalil • Pengertian Ibadah Tujuan Hakikat Hikmah dan Penjelasannya • Bacaan Lafal Ijab Kabul Dalam Akad Nikah Lengkap • Surat Ar Rahman Bacaan Arab Latin dan Keutamaannya
Ayah Nabi Ibrahim tak bergeming, apalagi berpaling dari berhala meski sudah mendengar peringatan dari anaknya.

Seperti apa kisah Nabi Ibrahim dan ayahnya tersebut? Intip ayah nabi ibrahim as bekerja sebagai lengkap keduanya yang kami rangkum di artikel ini! Walau Nabi Ibrahim beriman kepada Allah SWT, sang ayah tidak demikian.

Menurut kisah, Nabi Ibrahim dan ayahnya pernah berdebat mengenai keesaan Tuhan, tetapi berujung pada memburuknya hubungan mereka sebagai ayah-anak. Konon, sang ayah tetap menjadi penyembah berhala sampai akhir hayatnya. Kamu bisa membaca riwayatnya dalam artikel yang memuat cerita tentang Nabi Ibrahim dan ayahnya ini. Dijamin, banyak pelajaran yang akan kamu peroleh setelah menyimaknya. Penasaran seperti apa?

Langsung saja baca sampai selesai keterangan seputar identitas ayah Nabi Ibrahim, pekerjaan, serta cerita penolakannya terhadap agama yang dikenalkan oleh putranya di bawah ini! Selamat membaca. Siapakah Ayah Nabi Ibrahim? Terah Sumber: Wikimedia Commons Ayah Nabi Ibrahim bisa dibilang merupakan salah satu tokoh yang namanya cukup terkenal di agama-agama samawi.

Bahkan, kisah Nabi Ibrahim dan ayahnya juga tertulis dalam kitab suci dari agama-agama tersebut, di antaranya Alquran ( Islam), Tanakh (Yahudi), dan Alkitab (Nasrani).

ayah nabi ibrahim as bekerja sebagai

Lantas, siapakah nama dari bapak Nabi Ibrahim dan seperti apa sosoknya? Di dalam Alquran, disebutkan bahwa nama ayah Nabi Ibrahim adalah Azar. Hal ini berbeda dengan yang diterangkan di Tanakh dan Alkitab, di mana keduanya menyebut bahwa namanya ialah Terah atau Terach. Menurut Ibnu ‘Abbas, nama ayah Sang Nabi adalah Tarikh. Ada pendapat yang menjelaskan kalau Azar bukanlah nama ayah Ibrahim, tetapi berhala yang disembahnya. Namun, pendapat lain menyebut bahwa Azar dan Terah (Tarikh), masing-masing ialah panggilan dan julukan untuk ayah Sang Nabi.

Ayah Nabi Ibrahim sendiri bekerja sebagai seorang pemahat dan pematung yang membuat berhala dalam berbagai ukuran untuk dijual. Bisa dibilang, ia orang yang lumayan terkenal ayah nabi ibrahim as bekerja sebagai negerinya karena banyak kaum yang memesan berhala kepadanya. Baca juga: Cerita Nabi Sulaiman dan Ratu Balqis yang Dipenuhi dengan Keajaiban Kisah Nabi Ibrahim dan Pertanyaan tentang Tuhan untuk Ayahnya Berikutnya yang perlu kamu ketahui dari kisah Nabi Ibrahim dan ayahnya adalah tentang dakwah Sang Nabi.

Bahwasanya, dikatakan Ibrahim telah mempertanyakan tentang berhala-berhala yang dibuat Azar dan mengapa mereka dianggap sebagai tuhan, bahkan sejak usianya masih belia. Suatu ketika, ia bertanya kepada sang ayah tentang siapa yang menciptakan manusia. “Ayah, siapakah yang menciptakan manusia?” Tanyanya. “Yang menciptakan manusia adalah manusia, karena aku yang membuatmu dan ayahku yang membuatku,” jawab Azar.

Jawaban ayah Nabi Ibrahim tersebut dirasa tidak masuk akal. Ibrahim pun melanjutkan pertanyaannya, “Tapi ayah, bukan itu yang aku maksudkan, karena aku pernah mendengar seorang kakek menangis sambil berkata: ‘Oh Tuhanku, mengapa Engkau tidak memberikan seorang putra kepadaku?'” Azar kemudian menjawab, “Benar, Anakku. Tuhan membantu manusia untuk membuat manusia. Tapi, dia tidak melibatkan dirinya dalam proses pembuatan manusia. Yang diperlukan hanyalah seorang manusia yang memohon kepada tuhannya.” “Ada berapa banyak tuhan, Ayah?” Tanya Ibrahim lagi karena merasa belum puas.

“Tuhan-tuhan itu tak terhitung jumlahnya, anakku,” jawab ayahnya. “Ayah, apa yang harus kulakukan jika aku akan mengabdi pada satu tuhan, sedangkan tuhan lain akan membenciku karena aku tak mengabdi padanya?” katanya lagi.

Perkataan Ibrahim membuat ayahnya ragu. Ia kemudian menghela nafas dan menjelaskan tentang tuhan-tuhan berhala yang dibuatnya. “Ini adalah tuhan yang aku buat dari kayu palma, sedangkan yang itu dari kayu ivory. Yang di sana terbuat dari kayu zaitun. Bagus, bukan, tuhan yang ayah buat?” “Ayah, jika tuhan itu terbuat dari kayu, kenapa ayah menebangi pohon? Artinya ayah sudah menebang tuhan. Bagaimana cara tuhan kayu itu membantu manusia menciptakan manusia lainnya? Lalu, siapakah tuhan pertama dan bagaimana ia ada?” pertanyaan Ibrahim semakin kritis dan tak bisa lagi dijawab oleh sang ayah.

Baca juga: Legenda Asal Usul Munculnya Selat Bali Beserta Ulasan Menariknya Dakwah Nabi Ibrahim kepada Sang Ayah yang Menolak Beriman Singkat cerita, dengan kecerdasan yang dimilikinya, Nabi Ibrahim as akhirnya menemukan siapa sebenarnya Tuhan Semesta Alam Yang Maha Esa. Ia beriman kepada Allah dan meyakini keberadaan-Nya, serta tahu fakta bahwa dunia seisinya merupakan ciptaan-Nya.

Suatu ketika, Ibrahim menemui ayahnya dan menanyakan pertanyaan yang hampir mirip dengan kata-katanya sewaktu kecil. Percakapan antara ayah dan anak ini diabadikan kisahnya dalam Alquran Surah Maryam ayat 42–48, yang apabila diterjemahkan ke bahasa Indonesia kurang lebih sebagai berikut: “Wahai Ayahku! Mengapa engkau menyembah sesuatu yang tidak mendengar, tidak melihat, dan tidak dapat menolongmu sedikit pun? Sungguh, telah sampai kepadaku sebagian ilmu yang tidak diberikan kepadamu, maka ikutilah aku, niscaya aku akan menunjukkan kepadamu jalan yang lurus,” ujar Ibrahim.

“Janganlah engkau menyembah setan. Sungguh, setan itu durhaka kepada Tuhan Yang Maha Pengasih. Wahai ayahku! Aku sungguh khawatir engkau akan ditimpa azab dari Tuhan Yang Maha Pengasih, sehingga engkau menjadi teman bagi setan.” Mendengar perkataan seperti itu, sang ayah tersinggung hingga ia mengatakan akan merajam putranya.

“Bencikah engkau kepada tuhan-tuhanku, wahai Ibrahim? Jika engkau tidak berhenti, pasti engkau akan kurajam, maka tinggalkanlah aku untuk waktu yang lama.” Segera setelah itu, Sang Nabi pamit pergi dan mendoakan ampunan bagi ayahnya.

“Semoga keselamatan dilimpahkan kepadamu, aku akan memohonkan ampunan bagimu kepada Tuhanku. Sesungguhnya Dia sangat baik kepadaku. Dan aku akan menjauhkan diri darimu dan dari apa yang engkau sembah selain Allah, dan aku akan berdoa kepada Tuhanku, mudah-mudahan aku tidak akan kecewa dengan berdoa kepada Tuhanku.” Baca juga: Cerita tentang Nabi Yusuf dan Siti Zulaikha yang Dijamin Bikin Siapa Saja Terharu Hikmah Apa yang Bisa Diambil dari Cerita di Atas?

Dari kisah Nabi Ibrahim dan ayahnya di atas, ada hikmah dan pelajaran yang dapat kamu ambil. Salah satunya adalah supaya kita sebagai manusia senantiasa berbakti kepada orang tua, dan mengingatkannya pada kebaikan. Kalaupun nasihat kebaikan dari kita tidak diterima, tidak perlu memaksakan kehendak, apalagi sampai menggunakan kekerasan. Dan lagi, alangkah lebih baik kalau kita mendoakan agar kelak Allah memberikan hidayah kepada ayah nabi ibrahim as bekerja sebagai tua seandainya belum beriman.

Penulis Arintha Ayu Arintha Ayu Widyaningrum adalah alumni Sastra Indonesia UNS sekaligus seorang penulis artikel nonfiksi yang juga punya banyak jam terbang menulis fiksi, seperti cerpen dan puisi. Terkadang terobsesi menulis skrip untuk film atau sinema televisi. Punya hobi jalan-jalan di dalam maupun luar negeri. Editor Nurul Aprilianti Meski memiliki latar belakang pendidikan Sarjana Pertanian dari Institut Pertanian Bogor, wanita ini tak ragu "nyemplung" di dunia tulis-menulis.

Sebelum berkarier sebagai Editor dan Content Writer di Praktis Media, ia pun pernah mengenyam pengalaman di berbagai penjuru dunia maya.

Menu • HOME • RAMADHAN • Kabar Ramadhan • Puasa Nabi • Tips Puasa • Kuliner • Fiqih Ramadhan • Hikmah Ramadhan • Video • Infografis • NEWS • Politik • Hukum • Pendidikan • Umum • News Analysis • UMM • UBSI • Telko Highlight • NUSANTARA • Jabodetabek • banten • Jawa Barat • Jawa Tengah & DIY • Jawa Timur • kalimantan • Sulawesi • Sumatra • Bali Nusa Tenggara • Papua Maluku • KHAZANAH • Indonesia • Dunia • Filantropi • Hikmah • Mualaf • Rumah Zakat • Sang Pencerah • Ihram • Alquran Digital • ISLAM DIGEST • Nabi Muhammad • Muslimah • Kisah • Fatwa • Mozaik • INTERNASIONAL • Timur tengah • Palestina • Eropa • Amerika • Asia • Afrika • Jejak Waktu • Australia Plus • DW • EKONOMI • Digital • Syariah • Bisnis • Finansial • Migas • pertanian • Global • Energi • REPUBLIKBOLA • Klasemen • Bola Nasional • Liga Inggris • Liga Spanyol • Liga Italia • Liga Dunia • Internasional • Free kick • Arena • Sea Games 2021 • SEAGAMES 2021 • Berita • Histori • Pernik • Profil • LEISURE • Gaya Hidup • travelling • kuliner • Parenting • Health • Senggang • Republikopi • tips • TEKNOLOGI • Internet • elektronika • gadget • aplikasi • fun science & math • review • sains • tips • KOLOM • Resonansi • Analisis ayah nabi ibrahim as bekerja sebagai Fokus • Selarung • Sastra • konsultasi • Kalam • INFOGRAFIS • Breaking • sport • tips • komik • karikatur • agama • JURNAL-HAJI • video • haji-umrah • journey • halal • tips • ihrampedia • REPUBLIKA TV • Ayah nabi ibrahim as bekerja sebagai • General • National • Economy • Speak Out • KONSULTASI • keuangan • fikih muamalah • agama islam • zakat • IN PICTURES • Nasional • Jabodetabek • Internasional • Olahraga • Rana • PILKADA 2020 • berita pilkada • foto pilkada • video pilkada • KPU Bawaslu • SASTRA • cerpen • syair • resensi-buku • RETIZEN • Info Warga • video warga • teh anget • INDEKS • LAINNYA • In pictures • infografis • Pilkada 2020 • Sastra • Retizen • indeks Baca Juga • Jintan Hitam dan Pembuktian Medis Sabda Nabi Muhammad SAW • Keutamaan Doa Setelah Azan yang Dianjurkan Nabi Muhammad SAW • Doa Senyap Nabi Muhammad SAW Kala Dihujani Kotoran ﻓَﻘَﺎﻝَ: اﺩْﻥُ ﻣِﻨِّﻲ ﻓَﺄُﺣَﺪِّﺛُﻚَ ﻋَﻦِ اﻷَْﻧْﺒِﻴَﺎءِ اﻟْﻤَﺬْﻛُﻮﺭِﻳﻦَ ﻓِﻲ ﻛِﺘَﺎﺏِ اﻟﻠَّﻪِ Ibnu Abbas berkata: Mendekatlah kepadaku.

Akan ku ceritakan tentang para Nabi yang terdapat dalam Alquran: ﺃُﺣَﺪِّﺛُﻚَ ﻋَﻦْ ﺁﺩَﻡَ ﺇِﻧَّﻪُ ﻛَﺎﻥَ ﻋَﺒْﺪًا ﺣَﺮَّاﺛًﺎ Nabi Adam adalah seorang hamba yang jadi tukang tanam pohon ﻭَﺃُﺣَﺪِّﺛُﻚَ ﻋَﻦْ ﻧُﻮﺡٍ ﺇِﻧَّﻪُ ﻛَﺎﻥَ ﻋَﺒْﺪًا ﻧﺠﺎﺭا Nabi Nuh adalah seorang hamba tukang kayu ﻭَﺃُﺣَﺪِّﺛُﻚَ ﻋَﻦْ ﺇِﺩْﺭِﻳﺲَ ﺇِﻧَّﻪُ ﻛَﺎﻥَ ﻋَﺒْﺪًا ﺧَﻴَّﺎﻃًﺎ Nabi Idris adalah seorang hamba yang menjadi penjahit ﻭَﺃُﺣَﺪِّﺛُﻚَ ﻋَﻦْ ﺩَاﻭُﺩَ ﺃَﻧَّﻪُ ﻛَﺎﻥَ ﻋَﺒْﺪًا ﺯَﺭَّاﺩًا Nabi Dawud adalah seorang hamba yang jadi tukang tenun ﻭَﺃُﺣَﺪِّﺛُﻚَ ﻋَﻦْ ﻣُﻮﺳَﻰ ﺃَﻧَّﻪُ ﻛَﺎﻥَ ﻋَﺒْﺪًا ﺭَاﻋِﻴًﺎ Nabi Musa adalah seorang hamba yang jadi penggembala ﻭَﺃُﺣَﺪِّﺛُﻚَ ﻋَﻦْ ﺇِﺑْﺮَاﻫِﻴﻢَ ﺃَﻧَّﻪُ ﻛَﺎﻥَ ﻋَﺒْﺪًا ﺯَﺭَّاﻋًﺎ Nabi Ibrahim adalah seorang hamba yang jadi petani ﻭَﺃُﺣَﺪِّﺛُﻚَ ﻋَﻦْ ﺻَﺎﻟِﺢٍ ﺃَﻧَّﻪُ ﻛَﺎﻥَ ﻋَﺒْﺪًا ﺗَﺎﺟِﺮًا Nabi Soleh adalah seorang hamba yang jadi pedagang ﻭَﺃُﺣَﺪِّﺛُﻚَ ﻋَﻦْ ﺳُﻠَﻴْﻤَﺎﻥَ ﺃَﻧَّﻪُ ﻛَﺎﻥَ ayah nabi ibrahim as bekerja sebagai ﺁﺗَﺎﻩُ اﻟﻠَّﻪُ اﻟْﻤُﻠْﻚَ Nabi Sulaiman adalah seorang hamba yang diberikan kerajaan ﻭَﺃُﺣَﺪِّﺛُﻚَ ﻋَﻦِ اﺑْﻦِ اﻟْﻌَﺬْﺭَاءِ اﻟْﺒَﺘُﻮﻝِ ﻋِﻴﺴَﻰ اﺑْﻦِ ﻣَﺮْﻳَﻢَ ﺃَﻧَّﻪُ ﻛَﺎﻥَ ﻻَ ﻳَﺨْﺒَﺄُ ﺷَﻴْﺌًﺎ ﻟِﻐَﺪٍ Nabi Isa adalah seorang hamba yang tidak menyediakan makanan apapun untuk besok ﻭَﺃُﺣَﺪِّﺛُﻚَ ﻋَﻦِ اﻟﻨَّﺒِﻲِّ اﻟْﻤُﺼْﻄَﻔَﻰ ﺻَﻠَّﻰ اﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺃَﻧَّﻪُ ﻛَﺎﻥَ ﻳَﺮْﻋَﻰ ﻏَﻨْﻢَ ﺃَﻫْﻞِ ﺑَﻴْﺘِﻪِ ﺑِﺄَﺟْﻴَﺎﺩَ Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam adalah seorang hamba yang menggembala milik keluarganya
Yang menceritakan usaha nabi ibrahim untuk menyadarkan ayahnya.

Pekerjaan nabi muhammad. Kisah Nabi Ibrahim As Menyembelih Anaknya Sendiri Nabi Ismail As Kartun Anak Muslim Indonesia Youtube Akhlak yang ditampilkan dalam kisah Nabi Ibrahim AS adalah akhlak yang luhur baik dalam menghadapi ayahnya atau umatnya yang kafir.

Pekerjaan ayah nabi ibrahim adalah. Pengorbanan dan perjuangan Ibrahim sangat inspiratif. Dengan sedih orang majusi berusia 70 tahun itu pulang. Pekerjaan ayah Nabi Ibrahim adalah. Pekerjaan ayah Nabi Ibrahim adalah. Play this game to review History. Kisah Nabi Ibrahim yang Dalam Masa Mencari Tuhan.

ayah nabi ibrahim as bekerja sebagai

Ini tidak berarti bahwa kita harus membuang hal-hal seperti ini. – 2161367 INI AKU KASIH BACAAN NANTI KAMU CARI AJA DI BACAAN ADA KOK Nabi ibrahim menasihati ayahnya agar meninggalkan berhalaAazar ayah Nabi Ibrahim tidak terkecuali sebagaimana kaumnya yang lain bertuhan dan menyembah berhala bahkan ia adalah pedagang dari patung-patung yang dibuah dan dipahatnya sendiri dan orang-orang.

ayah nabi ibrahim as bekerja sebagai

Ibrahim adalah satu di antara 5 nabi yang senang menerima dan menghormati tamu. Latihan Soal Online Semua Soal. Dan dia adalah seorang yang rajin berdoa rajin beribadah dan suka membantu orang-orang seperti membantu dan berdoa untuk keponakannya Nabi Lut AS.

Api yang Menyelamatkan Nabi Ibrahim. Di tambah lagi kaum jahiliyah di zaman Nabi Ibrahim memiliki seorang penguasa bernama Raja Namrud yang dengan sombongnya mengaku bahwa dirinya adalah Tuhan Semesta Alam.

ayah nabi ibrahim as bekerja sebagai

Mengapa Anak-Anak Nabi Muhammad SAW Wafat Kala Masih Kecil. Ibrahim AS adalah orang yang benar-benar percaya akan adanya satu Allah.

Preview this quiz on Quizizz. Dino Zoff Optimistis Italia Bungkam Inggris di Wembley. Ibrahim hanya menerima tamu yang beriman pada Allah Swt saja. Dalam konteks inilah Nabi Ibrahim sangat tepat dijadikan refleksi untuk mendesain kembali pola pendidikan yang ramah bagi anak. Homepage pekerjaan ayah nabi ibrahim. Ada pendapat yang menyatakan bahwa Azar adalah nama patung yang disembah ayahnya Ibrahim.

ayah nabi ibrahim as bekerja sebagai

Berdasarkan berbagai riwayat yang dinukil dari Rasulullah Saw bahwa seluruh kakek-nenek beliau Saw sampai kepada nabi Adam As adalah orang. Preview this quiz on Quizizz. Seperti kita ketahui Nabi Ibrahim AS merupakan sosok ayah yang tabah dan sangat taat kepada Allah. Sebagian ulama Ahlusunnah lainnya dan seluruh kaum Syiah berkeyakinan bahwa ayah ibu dan seluruh kakek-nenek para nabi dan di antaranya adalah Nabi Ibrahim As sama sekali tidak ada yang musyrik dan tidak pernah menyembah berhala.

Ayah nabi Ibrahim as adalah. Adapun nama ayah Nabi Ibrahim As adalah Tarikh. Konon sang ayah tetap menjadi penyembah berhala sampai akhir hayatnya.

Dia mengajak manusia berdialog menggunakan logika dan gaya persuasif dalam menyampaikan kebenaran. Cerita Ayah Nabi Ibrahim Yang Tidak Iman Kepada Allah Kisah Islami di bawah ini merupakan lanjutan dari cerita nabi ibrahim sebelumnya. Sayangnya ayah dari Nabi Ibrahim as adalah pembuat patung berhala yang juag mempercayai bahwa patung-patung itu adalah perantara manusia kepada Sang Khalik. Dapatkan Update Berita Republika. Ayah nabi Ibrahim as adalah. Kamu bisa membaca riwayatnya dalam artikel yang memuat cerita tentang Nabi Ibrahim dan ayahnya ini.

Apa pekerjaan ayah Nabi Ibrahim. Pekerjaan ayah nabi ibrahim as azar adalah. Pekerjaan ayah nabi ibrahim as azar adalah. Terdapat empat ayat dalam Al-Quran yang menyebutkan kata ab terkait dengan Azar namun yang maksudnya adalah bukan ayah melainkan paman Nabi Ibrahim As. Namun suatu hari Ibrahim menolak seorang tamu beragama majusi datang ke rumahnya. Menurut kisah Nabi Ibrahim dan ayahnya pernah berdebat mengenai keesaan Tuhan tetapi berujung pada memburuknya hubungan mereka sebagai ayah-anak.

Pembuat kayu bakar C. Pekerjaan ayah dari Nabi Ibrahim as adalah. Selain Daud Sulaiman Ayyub dan Nabi Muhammad. Selain itu dalam kisah Nabi Ibrahim juga ditemukan sosok nabi pemimpin ayah dan suami yang luar biasa. 2 Buka kunci jawaban. Arab 06032017 1610 Viril5978. Doa seorang ayah merupakan wujud perhatian kepada keluarga meskipun berpisah jauh. Pendapat lain menyatakan bahwa dua nama itu sama-sama ayah nabi ibrahim as bekerja sebagai.

Sebagian ulama Ahlusunnah berkeyakinan bahwa ayah nabi Ibrahim As adalah penyembah berhala dan namanya adalah Azar. Play this game to review History. Nabi ibrahim menasihati ayahnya agar meninggalkan berhalaAazar ayah Nabi Ibrahim tidak terkecuali sebagaimana kaumnya yang lain bertuhan dan menyembah berhala bahkan ia adalah pedagang dari patung-patung yang dibuah dan dipahatnya sendiri dan orang-orang membeli patung-patung yang dijadikan persembahanNabi Ibrahim merasa bahwa kewajiban.

Terdapat beberapa pendapat terkait perbedaan nama ayah Ibrahim dalam Al-Quran dan Alkitab. Al-Quran menghadirkan sosok ayah dalam beragam kisah penuh hikmah dalam Al-Quran salah satunya adalah kisah nabi Ibrahim. 1st – Professional Development. Menurut jumhur ahli nasab di antaranya Ibnu Abbas nama ayah Ibrahim adalah Tarikh Terah. Pekerjaan ayah nabi ibrahim.

Nabi Ibrahim adalah seorang hamba yang jadi petani. Azar Ayahanda Nabi Ibrahim Pembuat Patung Patung Gambar Ayah Siapa Nama Nabi Yang Gigih Berdakwah Siang Malam Selama Ratusan Tahun Dongeng Sebelum Tidur Komik Anak Kapal Pin Pa Sejarah Islam Siapa Nama Ayah Nabi Ibrahim Yang Terkenal Pembuat Patung Penyembah Berhala Siapakah Nama Wanita Salehah Yang Dinikahi Nabi Ishaq Perasaan Saudara Kandung Agama Alif Menunggu Ayah Pulang Kerja Di Hari Sabtu Ayah Buku Anak Membaca Buku Roti Dan Madu Khalifah Buku Online Psikologi Pendidikan Bapa Nabi Ibrahim As Dan Bapa Nabi Muhammad Saw Catatan Imam Shihab Al Din Al Ramli 957 H Kisah Nabi Ibrahim As Membangun Ka Bah Di Mekkah Kartun Anak Muslim Indonesia Youtube Kategori wallpaper Tag adalah, ayah, nabi, pekerjaan Navigasi Tulisan
Pos-pos Terbaru • 5 Teori Fisika Yang Belum Terpecahkan [WAJIB BACA] • Contoh Bilangan Cacah Lengkap • Tips Belajar Bahasa Inggris Dengan Mudah [WAJIB BACA] • 3 Manfaat Mempelajari Biologi di Bidang Pertanian Lengkap • Pengertian dan Analisis Kelayakan Pembiayaan Bank Syariah • Kumpulan Rumus Matematika Lengkap Dengan Keterangannya • Pengertian, Tujuan dan Jenis Algoritma Kriptografi Lengkap • Reorientasi UUD 1945 Sebagai Pandangan Tokoh Bangsa • Pengertian dan Sejarah Nuzulul Qur’an • Sejarah dan Biografi Singkat Abu Bakar As-Siddiq • Pengertian dan Ciri Pantun Teka-Teki beserta Contohnya • Pengertian dan Ciri-ciri Puisi • Pengertian dan Unsur Seni Rupa • Pengertian Perekonomian Syariah Beserta Tujuan dan Manfaatnya • 3 Macam Seni di Indonesia Dengan Contohnya • Menghitung Jasa Perantara, Harga Pokok, Jual dan Hasil Usaha • [SEJARAH] Isi Tindak Lanjut Dekrit Presiden 5 Juli 1959 Lengkap • 60 Soal Essay Biologi Tentang Tumbuhan Dengan Jawaban • 25 Istilah Dalam Internet Yang Perlu Diketahui • Pengertian dan Bentuk Negara Dari Teori Negara ModernKamu bisa membaca riwayatnya dalam artikel ayah nabi ibrahim as bekerja sebagai memuat cerita tentang Nabi Ibrahim dan ayahnya ini.

Disebutkan ayah kandung Nabi Ibrahim AS bernama Azar. Pin On Random Interesting Stuff Terdapat empat ayat dalam Ayah nabi ibrahim as bekerja sebagai yang menyebutkan kata ab terkait dengan Azar namun yang maksudnya adalah bukan ayah melainkan paman Nabi Ibrahim As. Pekerjaan ayah nabi ibrahim as adalah. Yang menceritakan usaha nabi ibrahim untuk menyadarkan ayahnya. Menurut kisah Nabi Ibrahim dan ayahnya pernah berdebat mengenai keesaan Tuhan tetapi berujung pada memburuknya hubungan mereka sebagai ayah-anak.

Arti nama Ibrahim adalah sebagaimana yang tertuang dalam Taurat bahwa Ibrahim AS dikenal sebagai Abram yang artinya ayah yang luhur. Doa seorang ayah merupakan wujud perhatian kepada keluarga meskipun berpisah jauh. Termasuk di dalamnya patung yang paling besar kepunyaan Raja Namrud. Pekerjaan ayah nabi ibrahim. Mbah JenggotSIAPAKAH AYAH NABI IBRAHIMMasalah di atas merupakan masalah yang kontroversial.

Konon sang ayah tetap menjadi penyembah berhala sampai akhir hayatnya. SIAPAKAH AYAH NABI IBRAHIM AS. Pekerjaan ayah dari Nabi Ibrahim as adalah. Selain Daud Sulaiman Ayyub dan Nabi Muhammad. Sebagian ulama Ahlusunnah berkeyakinan bahwa ayah nabi Ibrahim As adalah penyembah berhala dan namanya adalah Azar. Berdasarkan berbagai riwayat yang dinukil dari Rasulullah Saw bahwa seluruh kakek-nenek beliau Saw sampai kepada nabi Adam As adalah orang.

Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara maruf. Apa pekerjaan ayah Nabi Ibrahim. Dari Nabi Ibrahim lah lahir keturunan para nabi dan rasul.

ayah nabi ibrahim as bekerja sebagai

Namun suatu hari Ibrahim menolak seorang tamu beragama majusi datang ke rumahnya. Di tambah lagi kaum jahiliyah di zaman Nabi Ibrahim memiliki seorang penguasa bernama Raja Namrud yang dengan sombongnya mengaku bahwa dirinya adalah Tuhan Semesta Alam. Selain itu dalam kisah Nabi Ibrahim juga ditemukan sosok nabi pemimpin ayah dan suami yang luar biasa. Pekerjaan ayah nabi ibrahim as azar adalah.

Dia mengajak manusia berdialog menggunakan logika dan ayah nabi ibrahim as bekerja sebagai persuasif dalam menyampaikan kebenaran. Kisah Nabi Ibrahim yang Dalam Masa Mencari Tuhan. Ibrahim hanya menerima tamu yang beriman pada Allah Swt saja.

Adapun nama ayah Nabi Ibrahim As adalah Tarikh. 2 Buka kunci jawaban. Sayangnya ayah dari Nabi Ibrahim as adalah pembuat patung berhala yang juag mempercayai bahwa patung-patung itu adalah perantara manusia kepada Sang Khalik. Sebagian ulama Ahlusunnah lainnya dan seluruh kaum Syiah berkeyakinan bahwa ayah ibu dan seluruh kakek-nenek para nabi dan di antaranya adalah Nabi Ibrahim As sama sekali tidak ada yang musyrik dan tidak pernah menyembah berhala.

Akhlak yang ditampilkan dalam kisah Nabi Ibrahim AS adalah akhlak yang luhur baik dalam menghadapi ayahnya atau umatnya yang kafir. Ayah nabi Ibrahim as adalah.

Seperti kita ketahui Nabi Ibrahim AS merupakan sosok ayah yang tabah dan sangat taat kepada Allah. Play this game to review History. Mayoritas ahli nasab seperti Ibnu Abbas mengatakan bahwa ayah. Dengan sedih orang majusi berusia 70 tahun itu pulang. Inilah Pekerjaan Para Nabi Allah. AlQuranPediaOrg Bekerja wajib bagi para pria.

Latihan Soal Online Semua Soal. Preview this quiz on Quizizz. Kehidupan penduduk Kerajaan Babylonia sudah sangat sesat dan menyimpang.

Tidak boleh bagi para ayahsuami bermalas-malasan dalam mencari nafkah.

ayah nabi ibrahim as bekerja sebagai

Kisah Nabi Ibrahim lahir di masa Raja Namrud yang zalim. Ibrahim adalah nabi ke-6 dalam Islam dan ia bergelar Khalilullah Kesayangan Allah.

ayah nabi ibrahim as bekerja sebagai

JAKARTA iNewsid – Kisah Nabi Ibrahim Alaihisalam AS merupakan penghulu para nabi. Mereka membangun sebuah tempat untuk menaruh patung-patung sesembahan mereka. Di masa itu semua bayi laki-laki harus dibunuh.

Ibrahim adalah satu di antara 5 nabi yang senang menerima dan menghormati tamu. Ayah nabi Ibrahim as adalah. Nabi Ibrahim juga merupakan salah satu nabi ulul azmi bersama Nabi Nuh Nabi Musa Nabi Isa dan Nabi Muhammad SAW. Arab 06032017 1610 Viril5978. Artikel kali ini akan membahas mengenai sejarah lengkap kehidupan Nabi Ibrahim AS. Bahkan ayah Nabi Ibrahim Alaihissalam adalah seseorang yang membuat patung-patung tersebut.

Homepage pekerjaan ayah nabi ibrahim. 1st – Professional Development. Pekerjaan ayah nabi ibrahim as azar adalah. Cerita Ayah Nabi Ibrahim Yang Tidak Iman Kepada Allah Kisah Islami di bawah ini merupakan lanjutan dari cerita ayah nabi ibrahim as bekerja sebagai ibrahim sebelumnya.

Barangkali untuk sebagian orang masalah ini sudah selesai. Ia adalah seorang pembuat patung berhala terbaik yang dijadikan sesembahan. Al-Quran menghadirkan sosok ayah dalam beragam kisah penuh hikmah dalam Al-Quran salah satunya adalah kisah nabi Ibrahim. Pembuat kayu bakar C. – 2161367 INI AKU KASIH BACAAN NANTI KAMU CARI AJA DI BACAAN ADA KOK Nabi ibrahim menasihati ayahnya agar meninggalkan berhalaAazar ayah Nabi Ibrahim tidak terkecuali sebagaimana kaumnya yang lain bertuhan dan menyembah berhala bahkan ia adalah pedagang dari patung-patung yang dibuah dan dipahatnya sendiri dan orang-orang.

Pin Di Ebookanak Com Musa Dan Khidir Bertemu Burung Rajin Zikir Burung Pantai Pin Di Kids Corner Siapa Nama Nabi Yang Gigih Berdakwah Siang Malam Selama Ratusan Tahun Dongeng Sebelum Tidur Komik Anak Kapal Pekerjaan Ayah Nabi Ibrahim Pin On Kutipan Kenapa Ibrahim Dilahirkan Di Dalam Gua Ebook Anak Nabi Daud Dan Kemuliaan Kerja Keras Buku Pendidikan Kerja Keras Pekerjaan Ayah Nabi Ibrahim Kategori wallpaper Tag adalah, ayah, nabi Navigasi Tulisan
Teladan 10 sahabat nabi yang dijamin surga, bisa jadi cerita anak islami saat ibrahim lahir, mesopotania dipimpin oleh seorang raja bernama namrud bin kan'an.

Ayah nabi ibrahim bekerja sebagai. Ketika itu namrud dan masyarakatnya menyembah patung atau berhala sebagai tuhan.

ayah nabi ibrahim as bekerja sebagai

Dimana penuh masyarakat jahiliyah yang musyrik dan kafir, dan ayah beliau yang bernama azar yang masih keturunan sam bin nuh. ﻭَﺃُﺣَﺪِّﺛُﻚَ ﻋَﻦْ ﺳُﻠَﻴْﻤَﺎﻥَ ﺃَﻧَّﻪُ ﻛَﺎﻥَ ﻋَﺒْﺪًا ﺁﺗَﺎﻩُ اﻟﻠَّﻪُ اﻟْﻤُﻠْﻚَ. Nabi ibrahim tak salah menilai bahwa apa yang telah dilakukan oleh ayah dan kaumnya adalah perbuatan yang bodoh dan sesat.

ayah nabi ibrahim as bekerja sebagai

Ia sebagai calon rasul allah swt yang akan membawa cahaya kebenaran kepada kaumnya. Saat nabi ibrahim menghanucrkan berhala yang disembanh di lingkungannya, ia menyisakan berhala yang. Ayah nabi ibrahim menyuruh ayahnya bertaubat karena ia adalah seorang yang bekerja sebagai.

Selain daud sulaiman ayyub dan nabi muhammad. Nama raja yang menghukum nabi ibrahim adalah. Yakni karena sang ayah yang malah bekerja sebagai pembuat patung berhala, dan juga raja pada masa itu yang malah mendeklarasikan diri sebagai tuhan.

Suatu ketika terjadi dialog panjang antara nabi ibrahim dengan ayahnya tentang pembuatan dan penyembahan berhala. Latihan soal pilihan ganda bab kisah nabi ibrahim dan ismail. Ia sebagai calon rasul dan pesuruh allah yang akan membawa cahaya kebenaran kepada kaumnya, yang telah diilhami akal sehat dan fikiran tajam serta kesadaran bahwa apa yang telah diperbuat oleh kaumnya.

Sebagian ulama ahlusunnah berkeyakinan bahwa ayah nabi ibrahim as adalah penyembah berhala dan namanya adalah azar. Ia bertugas untuk melenyapkan kesesatan, kebatilan, dan menanamkan ajaran tauhid kepada seluruh umatnya. Jika sebelumnya ia sudah merasa ada yang salah, setelah menerima wahyu, nabi ibrahim semakin yakin.

Terkait tempat kelahirannya, pendapat paling masyhur menyatakan bahwa ibrahim lahir di babilonia di kota ur kasdim. Bisa dibilang, ia orang yang lumayan terkenal di negerinya karena banyak kaum yang memesan berhala kepadanya. Ayah nabi ibrahim menyuruh ayahnya bertaubat alasannya yaitu ia yaitu seorang yang bekerja sebagai.

Nabi ibrahim juga dikenal sebagai. Sampai dirumahnya, benda itu masih ditemukan dan ternyata ayahnya bekerja sebagai pembuat patung. Ada juga yang berpendapat bahwa dia. Nabi ibrahim as adalah orang yang dipersiapkan allah sebagai rasul. Kisah ayah nabi ibrahim as bekerja sebagai bermula ketika dilahirkan pada tahun 2295 sm di negeri mausul. Nabi ibrahim lahir dari seorang ayah yang bekerja sebagai pembuat patung yang biasanya dijadikan sesembahan.

Ayah nabi ibrahim sendiri bekerja sebagai seorang pemahat dan pematung yang membuat berhala dalam berbagai ukuran untuk dijual. Beliau merupakan anak dari azar yang masih keturunan sam bin nuh.

Namun dalam hadis disebut bahwa nasab para nabi selalu suci. Nabi ibrahim as dilahirkan pada […] Konon sang ayah tetap menjadi penyembah berhala sampai akhir hayatnya. Ayah nabi ibrahim menyuruh ayahnya bertaubat karena ia adalah seorang yang bekerja sebagai. Ia sebagai calon rasul dan pesuruh allah yang akan membawa cahaya kebenaran kepada kaumnya, yang telah diilhami akal sehat dan fikiran tajam serta kesadaran bahwa apa yang telah diperbuat oleh kaumnya. Nabi ibrahim mengingatkan ayahnya untuk.

Nabi soleh adalah seorang hamba yang jadi pedagang. Sejarah nabi ibrahim as ibrahim adalah seorang nabi yang dilahirkan di antara masyarakat jahiliyah. Disebutkan dalam al quran, ayah nabi ibrahim bernama aazar yang bekerja sebagai pembuat patung atau berhala. Nabi ibrahim as merasa bingung terhadap apa yang dilakukan oleh ayah dan masyarakatnya hingga memutuskan untuk menyendiri di gunung. Wafa qotrunnada 22 maret 2021 3737. Kisah Nabi Ibrahim As Teladan Sosok Pemimpin Ayah Dan Suami Yang Hebat Orami Iwantuaselie Ayah Nabi Ibrahim As Kisah Dan Sejarah Nabi Ibrahim As Beserta Mukjizatnya Mengapa Nabi Ibrahim Tidak Menyukai Pekerjaan Ayah Nya – Brainlycoid Siapa Nama Ayah Nabi Ibrahim Yang Terkenal Pembuat Patung Penyembah Berhala Kisah Nabi Ibrahim As Cerita Ayah Nabi Ibrahim Yang Tidak Iman Kepada Allah Kisah Nabi Ibrahim As Makna Dalam Idul Adha Iman Dan Ketakwaannya Sejarah Nabi Ibrahim Suri Tauladan Umat Islam – Harapan Rakyat Online Ayah Nabi Ibrahim Bekerja Sebagai – Brainlycoid Ibrahim – Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas Kisah Nabi Ibrahim Dan Ayahnya Yang Enggan Beriman 2021 Poskata Kisah Nabi Ibrahim As Mengajak Ayahnya Beriman – Bagian 1 Kisah Nabi Ibrahim Menghancurkan Berhala-berhala Dan Dibakar Hidup-hidup – Layanan-guru Azar Ayahanda Nabi Ibrahim Pembuat Patung Ayah nabi ibrahim as bekerja sebagai Anak Musholla Rapi Online Siapakah Ayah Nabi Ibrahim Ayah Nabi Ibrahim Bukan Azar Sang Pembuat Patung Majelis Dakwah Wali Songo Kisah Nabi Ibrahim Dan Ayahnya Yang Enggan Beriman 2021 Poskata Azar Bukan Ayah Kandung Nabi Ibrahim – Islampos
• Tebar Hikmah Ramadan • Life Hack • Ekonomi • Ekonomi • Bisnis • Finansial • Fiksiana • Fiksiana • Cerpen • Novel • Puisi • Gaya Hidup • Gaya Hidup • Fesyen • Hobi • Karir • Kesehatan • Hiburan • Hiburan • Film • Humor • Media • Musik • Humaniora • Humaniora • Bahasa • Edukasi • Filsafat • Sosbud • Kotak Suara • Analisis • Kandidat • Lyfe • Lyfe • Diary • Entrepreneur • Foodie • Love • Viral • Worklife • Olahraga • Olahraga • Atletik • Balap • Bola • Bulutangkis • E-Sport • Politik • Politik • Birokrasi • Hukum • Keamanan • Pemerintahan • Ruang Kelas • Ruang Kelas • Ilmu Alam & Teknologi • Ilmu Sosbud & Agama • Teknologi • Teknologi • Digital • Lingkungan • Otomotif • Transportasi • Video • Wisata • Wisata • Kuliner • Travel • Pulih Bersama • Pulih Bersama • Indonesia Hi-Tech • Ayah nabi ibrahim as bekerja sebagai Lestari • Indonesia Sehat • New World • New World • Cryptocurrency • Metaverse • NFT • Halo Lokal • Halo Lokal • Bandung • Joglosemar • Makassar • Medan • Palembang • Surabaya • SEMUA RUBRIK • TERPOPULER • TERBARU • PILIHAN EDITOR • TOPIK PILIHAN • K-REWARDS • KLASMITING NEW • EVENT Dan ingatlah di waktu Ibrahim berkata kepada "Orang tuanya" Â Azar: "Pantaskah engkau menjadikan berhala-berhala sebagai tuhan-tuhan?Sesungguhnya aku melihat engkau dan kaummu dalam kesesatan yang nyata." (al-An'am 74) Dalam pelajaran Nabi Ibrahim, kita ayah nabi ibrahim as bekerja sebagai diajarkan bahwa "Orang tua" Nabi Ibrahim adalah penyembah dan pembuat patung berhala.

Namanya Azar Ibrahim sebagai Nabi, tentunya berbeda pendapat dengan Azar. Untuk menunjukan bahwasannya berhala-berhala itu tidak berguna, suatu kali Ibrahim menghancurkan berhala-berhala dan menyisakan satu berhala paling besar dengan kampak yang tetap di tangannya.

Lalu ketika kaumnya menuding Ibrahim perusak patung-patung itu, Nabi Ibrahim dengan tenang mengatakan bahwa perusak para berhala itu adalah patung berhala paling besar.

Karena selain hanya dia satu-satunya berhala yang tidak hancur, dia juga memegang kampak besar. Mendengar argumen Ibrahim, kaumnya pun marah dan merasa dilecehkan. Karena menurut mereka tidak mungkin berhala itu bisa menghancurkan berhala lainnya. Karena dia hanyalah patung yang tidak bisa berbuat apa-apa. Berdasar jawaban inilah kemudian Ibrahim mengingatkan kaumnya. Kata Ibrahim, kalau memang patung itu tidak bisa apa-apa lalu kenapa mereka menyembah sesuatu yang tidak akan mendatangkan mudharat dan manfaat bagi mereka?

Sampai pada titik ini, hikayat tentang Ibrahim sangatlah mashur. Tetapi Ulama berbeda pendapat tentang siapakah sebetulnya Azar itu. Apakah dia ayah kandungnya Ibrahim, Ayah angkatnya atau pamannya.

Karena kontroversi inilah Ulama kemudian menyebut Azar sebagai "Orang tua" Ibrahim dalam tanda petik. Tidak menyebutnya sebagai Bapak. Pangkal perbedaan pendapat itu dikarenakan dua hal. Pertama adalah sebuah hadits Nabi yang mengatakan bahwa "Aku dilahirkan melalui pernikahan bukan perzinaan sejak Adam hingga aku dilahirkan oleh bapak dan ibuku.

Aku tidak disentuh sedikit pun oleh kekotoran Jahiliah". Karenanya bila Azar itu bapak kandung Nabi Ibrahim, berarti ada leluhur Nabi Muhammad yang musyrik karena Nabi Muhammad adalah keturunan Nabi Ibrahim. Kedua adalah pada kata abun yang diartikan dengan Bapak.

Dalam ayat ini kata abun berbetuk kata abiihi/bapaknya. Dalam bahasa Arab kata "ab" memang berarti Bapak. Tetapi apakah bapak yang dimaksud itu adalah Bapak kandung? Seorang mufasir bermadzhab Syiah mempunyai pendapat berkaitan dengan ini. Menurutnya al-Quran menggunakan kata "Waalid" untuk makna ayah kandung, sedang kata "ab" digunakan al-Quran untuk makna kakek atau paman.

Hal ini antara lain bisa dibaca pada al-Quran surah al-Baqarah [2]ayat 133 dan surat Yusuf [12] ayat 38. Menurut Quraish Shihab, pendapat tersebut benar tetapi tidak terlalu tepat.

Perlu dicatat bahwa dalam Surat Yusuf ayat 4, Quran juga menggunakan kata "ab" untuk menunjuk orang tua kandung. Begitu juga dalam surat Ibrahim [14] ayat 41 dimana Ibrahim memakai kata "walidaya" untuk menunjuk kepada Ibu Bapaknya. Hal menarik adalah pendapat Mutawwali Asy-Sya'rawi.

Menurut Asy-Sya'rawi kata "ab" dipakai untuk menunjuk ayah kandung atau paman. Tetapi menurut beliau, biasanya bila kata "ab" dirangkai dengan namanya, maka yang dimaksud adalah selain ayah kandung. Itu seperti orang bertanya kepada kita kemana ayah kandung kita. Maka dia cukup bertanya "Kemana ayahmu?" Tetapi kalau yang ditanyakan selain ayah kandung, maka pertanyaannya harus menyertakan nama yang bersangkutan. Nah, ayat diatas menggunakan kata ab/ayah sambil meyebut nama Azar.

Dengan demikian, yang bersangkutan bukanlah ayah kandung Nabi Ibrahim as. Just My Two Ayah nabi ibrahim as bekerja sebagai Tafsir Al-Mishbah (Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Quran) M. Quraish Shihab Volume 3

⛔Materi Pai Kelas 3 Kisah Nabi Ibrahim as




2022 www.videocon.com