Kutu kasur

kutu kasur

Kutu kasur kasur ( bed bug) atau juga disebut kutu busuk adalah serangga kecil yang dapat mengisap darah makhluk hidup berdarah panas, termasuk manusia. Dua spesies kutu yang biasa mengisap darah manusia adalah Cimex lectularius dan Cimex hemipterus. Kutu kasur bisa kutu kasur tempat tidurmu tidak terjaga kebersihannya.

Kutu kasur bisa bersembunyi di banyak tempat, termasuk di rangka tempat tidur, kasur, pakaian, furnitur, bingkai foto, atau di balik wallpaper yang longgar.

Dilansir National Health Service, tanda-tanda darahmu diisap kutu kasur antara lain: • Adanya bintik tanda gigitan, seringnya di area kulit yang terekspos saat tidur seperti wajah, leher, dan lengan. • Bintik-bintik darah di seprai, bisa dari gigitan atau meremas kutu. • Bintik-bintik cokelat kecil di seprai atau furnitur (ini adalah tinja kutu).

Kutu kasur di tak boleh dibiarkan, harus dibasmi dengan segera. Tak hanya mengganggu, monster kecil ini juga bisa jadi sumber penyakit seperti skabies dan lainnya, lo! Basmi sampai tuntas, berikut ini cara jitu yang bisa kamu coba untuk menyingkirkan kutu kasur di rumah. ilustrasi menyetrika pakaian (freepik.com/pressfoto) Salah satu cara ampuh untuk membunuh kutu kasur di kain adalah dengan mencucinya pakai air panas. Menurut laporan berjudul "Bed Bugs: Clinical Relevance and Control Options" dalam jurnal Clinical Microbiology Reviews tahun 2012, tungau bisa mati ketika suhu tubuhnya mencapai lebih dari 45 derajat Celcius.

Paparan suhu lebih tinggi kutu kasur itu tentu bisa membunuhnya, misalnya pada suhu 60 derajat Celcius. ilustrasi membersihkan debu dengan penyedot debu (pexels.com/Vivaan Rupani) Melakukan pembersihan dengan penyedot debu juga dapat membantu. Caranya, gunakan selang vakum yang sesuai untuk menyedot debu secara menyeluruh pada setiap celah, termasuk celah pada furnitur, alas tiang, dudukan tempat tidur, tepi tempat tidur, dan karpet, dilansir Stylecraze.

Setelahnya, pastikan untuk membuang isi kantong penyedot debu di tempat sampah yang berada di luar ruangan.

kutu kasur

Bila perlu, buang jauh-jauh agar kutu kasur kasur tidak kembali masuk ke dalam rumah. Baca Juga: Waspada! 5 Penyakit yang Bisa Ditularkan dari Kutu ilustrasi durian (freepik.com/yplestocker) Siapa sangka kulit durian adalah salah satu bahan alami yang bisa membasmi kutu kasur?! Ini karena aroma durian yang kuat dan khas tidak disukai oleh kutu. Kamu kutu kasur meletakkannya di tempat tungau berada, seperti di dekat kasus, mengutip THealth.

Akan tetapi, karena banyak orang yang tidak kuat dengan bau durian atau khawatir kamarmu akan bau, amannya pilih saja cara yang lain. ilustrasi menutup celah lantai (stylecraze.com) Bila ada retakan atau celah yang terlihat di sekitar area kutu kasur diperkirakan berada, sebaiknya segera menutupnya karena ini bisa jadi tempat kutu bersembunyi.

Caulk biasanya merupakan bahan populer yang dapat digunakan untuk menutup retak dan celah. Setelah menutup celah atau retakan tersebut, semprot kutu kasur yang terlihat dengan semprotan serangga. ilustrasi cabai rawit (unsplash.com/Elle Hughes) Mengutip Nectar Sleep, kombinasi cabai rawit, oregano, dan jahe dapat mengusir hama ini, meski tidak membunuhnya. Caranya, campurkan satu sendok teh cabai rawit, minyak esensial oregano, dan parutan jahe, lalu larutkan dalam secangkir air.

Tuangkan larutan tersebut ke dalam panci dan panaskan hingga mendidih. Kemudian, saring dan pindahkan ke botol semprot. Semprot area yang kamu curigai sebagai tempat persembunyian kutu kasur. Baca Juga: Hati-hati, Kamu Bisa Tertular Kutu Rambut dari 7 Cara Tak Terduga Ini ilustrasi daun kacang merah (exportersindia.com) Daun dari tanaman kacang merah memiliki rambut mikroskopis yang disebut trikoma. Itulah yang dapat menjebak kutu kasur dengan menusuk kaki mereka secara fisik.

Yang cuma kamu perlu lakukan adalah menyebarkan beberapa kutu kasur kacang merah di area yang mungkin dihinggapi kutu kasur. Selanjutnya tinggal tunggu dan periksa daun-daun tersebut secara berkala.

Bila sudah ada kutu kasur yang terperangkap, bunuh terlebih dahulu sebelum membuangnya. ilustrasi silica gel (pixabay.com/multifacetedgirl) Biasanya kita menemukan silica kutu kasur saat membeli barang seperti sepatu, tas, atau makanan kering. Silica gel merupakan butiran sintetis yang terbuat dari natrium silikat. Nah, menaburkannya bisa ampuh membasmi kutu kasur. Caranya, taburkan silica gel ke seluruh ruangan termasuk kasur.

Nantinya, kutu kasur akan menempel pada gel dan mati dengan sendirinya. Namun, cara ini mesti dilakukan dengan hati-hati. Bila ada anak kecil atau hewan peliharaan di rumah, jangan gunakan cara kutu kasur untuk mencegah silica gel tertelan, yang mana ini bisa sebabkan dehidrasi, mengutip Life Hack Solution.

Ukurannya yang amat kecil membuat kutu kasur bisa dengan mudah bersembunyi di tempat sempit dan kecil seperti celah atau retakan kecil. Sudah begitu, hama ini juga berkembang biang dengan sangat cepat dan biasa bertelur di dekat tempat tidur inangnya (manusia atau hewan).

Karena itulah, kutu kasur sebaiknya cepat-cepat dibasmi hingga menyeluruh dan tuntas. Jika sudah mencoba cara-cara di atas tetapi kutu kasur masih saja menghantui kasur atau rumahmu, baiknya hubungi profesional pembasmi serangga, ya.

Baca Juga: Mengenal 7 Fakta Pedikulosis, Invasi Kutu pada Rambut Manusia, Ngeri! Berita Terpopuler • Daftar Tanggal Merah Desember 2022: Libur Natal • 10 Potret Liburan Ayu Ting Ting dan Keluarga ke Jogja, Ayah Rozak Hits • 10 Potret Baby Ameena dalam Berbagai Ekspresi, Gemasnya Kebangetan • Kamu Workaholic?

Waspadai 7 Tanda Kamu Terlalu Keras ke Diri Sendiri • Hamas Mulai Bangkit, Menkeu Israel: Ini Semua Kesalahan Netanyahu • 10 Fakta Elon Musk, Orang Terkaya di Dunia yang Baru Membeli Twitter • Menko Muhadjir: Biaya Pasien Hepatitis Akut Ditanggung BPJS Kesehatan • 9 Potret Atta Halilintar di Singapura, Berlibur sambil Momong Anak! • 10 Momen Nagita Slavina Masak Makan Malam buat Teman-teman Artisnya • Hari Keberuntungan Tiap Zodiak di Bulan Mei 2022, Mohon Dicatat ya!

Bedbugs atau kutu kasur adalah serangga kecil yang hidup dengan cara mengisap darah. Hewan ini biasanya bersembunyi di sekitar tempat tidur, serta keluar pada malam hari untuk menggigit dan mengisap darah saat seseorang tidur. Kutu kasur merupakan serangga berbentuk pipih dan berwarna kecokelatan. Serangga ini tertarik pada panas tubuh dan gas karbondioksida yang dikeluarkan oleh manusia. Kutu kasur bisa dibasmi dengan mencuci pakaian tidur dan seprai dengan air panas, atau menyelubungi kasur dengan pembungkus yang rapat minimal selama satu tahun.

Namun, untuk mendapatkan hasil kutu kasur lebih efektif, disarankan untuk menggunakan jasa pembasmi serangga profesional. Gejala dan Tanda Kutu Kasur Keberadaan kutu kasur kadang tidak disadari, karena serangga ini hanya keluar untuk mengisap darah pada malam hari.

Setelah mengisap darah selama beberapa menit, kutu kasur akan kembali ke tempat persembunyiannya. Tanda gigitan kutu kasur ( bedbugs bites) adalah munculnya bilur kemerahan di kulit, yang terasa gatal atau seperti terbakar.

kutu kasur

Pada orang yang baru pertama kali digigit kutu kasur, gatal tidak akan langsung terasa. Bahkan kadang butuh waktu berhari-hari hingga gatal muncul. Rasa gatal akan lebih cepat terasa bila makin sering digigit oleh hewan ini. Keberadaan kutu kasur juga dapat dideteksi di tempat tidur, yaitu berupa: • Bekas darah di tempat tidur • Noda hitam dari kotoran kutu kasur • Muncul bau khas (bau apek) di tempat persembunyian kutu Kapan harus ke dokter Periksakan diri ke dokter bila muncul reaksi serius akibat gigitan kutu kasur, seperti gatal yang terasa parah, bekas gigitan yang membengkak dan kemerahan, atau luka lepuh pada area gigitan kutu.

Gigitan kutu kasur dapat melukai kulit, terutama bila area bekas gigitan digaruk. Kulit yang terluka tersebut dapat dimasuki oleh bakteri dan dapat memicu infeksi kulit, seperti selulitis.

Segera ke dokter bila muncul gejala berikut: • Nyeri yang menjalar dari luka gigitan kutu kasur • Bengkak dan kemerahan di bekas gigitan • Kulit yang terasa hangat bila dipegang • Demam dan menggigil • Pembengkakan kelenjar getah bening • Keluar cairan atau nanah dari bekas gigitan Penyebab Kutu Kasur Gigitan serangga ini terjadi ketika kutu kasur secara tidak sengaja membawa kutu kasur ke tempat tidur.

Hal ini bisa terjadi karena kutu kasur mampu merayap melalui pakaian atau benda lain, kemudian bersembunyi di sekitar kasur. Kutu kasur kutu kasur di malam hari untuk mengisap darah dan bersembunyi di siang hari.

Selain di sekitar kasur, kutu kasur kerap bersembunyi di beberapa tempat, seperti: • Pakaian • Karpet • Gorden • Bantal • Benda-benda di sekitar kasur • Ruang di balik saklar lampu • Celah atau retakan pada perabotan Kutu kasur lebih sering ditemukan di tempat yang dihuni banyak orang, seperti: • Rumah sakit • Penginapan • Tempat pengungsian • Apartemen • Asrama mahasiswa • Alat transportasi Diagnosis Kutu Kasur Apabila Anda curiga digigit kutu kasur, segera periksa tempat tidur dan rumah untuk memastikan keberadaan serangga ini.

Pemeriksaan mungkin perlu dilakukan pada malam hari saat kutu kasur sedang aktif. Bercak darah atau noda hitam kecil dari kotoran kutu kasur mungkin akan ditemui di kasur.

Jika Anda ragu apakah bilur kemerahan di kulit merupakan bekas gigitan kutu kasur atau bukan, segera periksakan diri ke dokter. Melalui pemeriksaan fisik, dokter dapat menentukan apakah bilur merah tersebut disebabkan oleh gigitan kutu kasur atau kondisi lain, kutu kasur biduran atau cacar air. Pengobatan Kutu Kasur Gigitan kutu kasur biasanya menghilang dengan sendirinya dalam dua minggu.

Jangan menggaruk bekas gigitan walaupun gatal, karena dapat melukai kulit dan menyebabkan infeksi. Jika terjadi infeksi segera ke dokter, dokter dapat meresepkan antibiotik. Bila rasa gatal tidak tertahankan, konsultasikan dengan dokter. Dokter dapat memberikan krim hydrocortisone untuk dioleskan ke area kulit yang digigit atau obat antihistamin yang diminum, seperti diphenhydramine.

Cara membasmi dan menghilangkan kutu kasur Setelah gejala ditangani, kutu kasur harus segera diberantas. Berikut adalah cara membasmi kutu kasur yang bisa dilakukan secara mandiri: • Cuci pakaian, tirai, sarung bantal, dan seprai dengan air panas, serta keringkan dalam suhu panas.

Untuk barang yang tidak bisa dicuci, keringkan dalam suhu panas selama 30 menit. • Gunakan alat pengisap debu untuk menyingkirkan kutu dari kasur dan tempat persembunyiannya.

Bila banyak telur kutu di kasur, jemur kasur di tempat yang panas atau ganti dengan kasur yang baru. • Bungkus kasur dengan rapat untuk mencegah kutu ke luar kasur. Kutu kasur dapat hidup hingga satu tahun tanpa makan, jadi jangan melepasnya setidaknya sampai satu tahun.

• Perbaiki celah atau retakan di tembok, lantai dan perabotan, agar tidak menjadi tempat persembunyian kutu kasur. Apabila kutu kasur cukup banyak, pemberantasan harus menggunakan insektisida.

Namun, disarankan untuk menggunakan jasa pembasmi hama yang sudah terbiasa memakai bahan kimia berbahaya. Pastikan untuk menjauhkan diri, anak, dan hewan peliharaan selama proses pemberantasan berlangsung. Komplikasi Kutu Kasur Gigitan kutu kasur dapat menyebabkan reaksi alergi, dengan gejala berupa bengkak yang terasa nyeri dan gatal hebat di sekitar bekas gigitan. Pada beberapa kasus, gigitan kutu kasur bisa memicu anafilaksis, yaitu reaksi alergi yang bisa mengancam nyawa.

Kebiasaan menggaruk bekas gigitan kutu kasur, juga bisa menimbulkan infeksi serius. Penanganan darurat harus diberikan bila muncul gejala-gejala berikut setelah digigit kutu kasur: • Mual • Muntah • Demam • Menggigil • Pusing • Sesak napas Pencegahan Kutu Kasur Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melindungi diri dari gigitan kutu kasur, yaitu dengan menyemprotkan cairan antiserangga, memasang kawat antiserangga yang dilapisi dengan pestisida permethrin, atau memakai pakaian yang menutupi kulit.

Anda juga dapat melakukan beberapa langkah berikut untuk mengantisipasi kemunculan kutu kasur di rumah: • Periksa alas tidur dan sofa di kamar hotel, serta letakkan tas atau koper di atas meja agar tidak dihinggapi kutu kasur. • Kutu kasur sarang burung atau kelelawar di rumah, karena kutu kasur dapat menumpang pada tubuh burung atau kelelawar untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

• Periksa dengan saksama jika membeli kasur, kursi, atau sofa bekas, sebelum membawanya masuk ke dalam rumah.
Advertisement Kutu kasur biasanya aktif di malam hari dan menggigit ketika manusia tengah terlelap. Saat terbangun, orang yang digigit akan merasa gatal dan kerap mengira digigit nyamuk.

Untuk memastikan cara mengusir kutu kasur yang Anda lakukan cukup efektif, bersihkan seluruh kasur, gorden, karpet, kutu kasur tempat lain yang bisa jadi tempat bersembunyinya kasur. Selain itu, kutu kasur tidak ada celah yang bisa jadi akses masuknya kutu kasur.

Kebersihan kamar tidur pun tak perlu ditanyakan lagi, hukumnya wajib. Cara mengusir kutu kasur Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan dalam menerapkan cara mengusir kutu kasur, di antaranya: 1. Identifikasi area yang terkena kutu Biasanya, orang akan merasakan ‘kehadiran’ kutu kasur ketika mereka kutu kasur dengan kondisi kulit gatal dan kemerahan. Jangan buang waktu lagi, segera cari di mana area yang mungkin jadi tempat bersembunyinya kutu kasur.

Mengapa harus sesegera mungkin? Tentu masalahnya akan jauh lebih besar ketika kutu kasur sudah sampai berkembang biak. Ingat, tubuh kutu kasur yang berukuran mini membuat mereka leluasa masuk ke celah sekecil apapun. Coba cari di area-area seperti: • Sudut-sudut kasur • Retakan di dipan • Alas kasur • Di antara bantal • Di dalam outlet listrik • Di balik wallpaper yang sudah mengelupas • Di bawah lukisan atau poster di dinding Anda bisa menggunakan kaca pembesar dan senter untuk mempermudah proses pencarian.

Jika tidak terlihat kutunya namun terlihat butiran berwarna hitam, itu adalah feses dari kutu. Artinya, kutu kasur memang menjadi tersangka utama gatal-gatal yang Anda alami. 2. Beri alkohol Ketika markas persembunyian kutu kasur telah ditemukan, tuangkan 1 sendok teh alkohol ke tempat mereka berada.

Cara ini akan membantu membunuh kutu kasur sebelum Anda membersihkan area tersebut. 3. Tangkap kutu kasur Cara mengusir kutu kutu kasur selanjutnya adalah menangkapnya sehingga bisa dibuang. Tentu kutu kasur termudah untuk melakukan hal ini adalah menggunakan penyedot debu yang bisa mencapai area-area tersembunyi.

Tak hanya kasur, daerah laci, karpet, gorden, dan peralatan elektronik di kamar tidur juga jangan sampai luput dari vacuum. Setelah tertangkap, pindahkan ke plastik yang tertutup rapat dan buang. Sebisa mungkin, kosongkan isi vacuum di tempat terbuka dengan sirkulasi udara yang baik. Jangan melakukannya di dalam kamar karena ada risiko kutu kasur kembali. 4. Cuci kain dan seprai Tak hanya memastikan kutu kasur sudah terbuang, cara mengusir kutu kasur hingga tuntas kutu kasur adalah mencuci kain, seprai, atau karpet yang mungkin sudah terkena kutu.

Cuci dengan air bersuhu tinggi. Jika tidak memungkinkan untuk dicuci, simpan dalam tempat kedap udara selama beberapa bulan. Cara ini dilakukan untuk memastikan kutu kasur benar-benar mati. Apabila urusannya adalah dengan perabotan yang tidak mungkin dicuci, mungkin sudah saatnya membuangnya. Jangan lupa beri tulisan atau tanda bahwa perabotan seperti sofa atau kursi tersebut sudah terkena kutu kasur agar tidak ada orang yang menggunakannya lagi.

5. Bersihkan rumah Salah satu hal yang membuat kutu kasur ‘betah’ berada di rumah Anda adalah sudut-sudut yang jarang dibersihkan. Untuk itu, saatnya mengalokasikan waktu untuk membersihkan rumah dari perabotan atau benda yang tak lagi terpakai. Jika sudah tidak diperlukan, ada baiknya dibuang. Jangan sampai tumpukan barang yang tak lagi berguna justru menjadi sarang kutu kasur.

Selain itu, jangan pula memindahkan benda-benda dari ruangan yang terkena kutu kasur ke tempat yang bersih. Ini sama saja dengan memerkenalkan kutu kasur ke lokasi baru. Jika ada area yang retak atau terbuka, segera perbaiki. Wallpaper yang mengelupas juga sebaiknya segera ditempel kembali.

Kemudian, beri jarak antara kasur dan kutu kasur agar kutu kasur tidak bisa naik. Cara mengusir kutu kasur ini bisa jadi efektif dan bisa jadi tidak. Untuk menjamin agar kutu kasur tidak kembali lagi, coba lakukan cara ini selama beberapa waktu secara berkala. Kutu kasur yang sulit terdeteksi Wajar jika kita sulit mendeteksi kutu kasur karena ukurannya yang hanya sekitar 5 milimeter, bahkan lebih kecil dari ujung pulpen.

Seakan belum cukup, kutu kasur bisa berkembang biak dengan cepat – dan dalam jumlah banyak – di tempat tersembunyi. Dalam sekali periode berkembang biak, kutu betina bisa menghasilkan setidaknya 500 telur. Tak heran, kutu kasur kerap jadi musuh utama manusia dan mengganggu kutu kasur nyaman mereka. Meski demikian, jangan sampai manusia kalah pandai ketimbang kutu kasur.

Cara mengusir kutu kasur sangat bisa dilakukan. Tentunya, dengan sedikit waktu dan tenaga. Memastikan rumah bersih dari tumpukan barang yang tak lagi terpakai seperti majalah usang, kertas, pakaian bekas, atau perabotan lain yang sudah rusak juga jadi langkah preventif menghindari kutu kasur.

Healthline. https://www.healthline.com/health/healthy-home-guide/how-to-get-rid-of-bed-bugs#prevention Diakses 25 Juni 2019 Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/how-to-get-rid-of-bed-bugs-quickly/#gref Diakses 25 Juni 2019 WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/guide/bedbugs-infestation Diakses 25 Juni 2019 Kesehatan Mental Kenali Cara Menerima Penyesalan Agar Tidak Terperangkap Masa Lalu Rasa penyesalan yang terlalu dalam bisa menyabotase fisik dan pikiran seseorang.

Memang pada beberapa kasus ada penyesalan yang begitu besar dan sulit diabaikan begitu saja. Namun, bukan berarti tidak mungkin diselesaikan.

• Artikel Kesehatan Semua hal yang berhubungan dengan informasi kesehatan mulai dari informasi terbaru dunia kesehatan, tips kesehatan, hingga saran-saran untuk menuju hidup lebih sehat. • Kesehatan Wanita • Kesehatan Pria • PENYAKIT A-Z • OBAT Kutu kasur • HERBAL A-Z • FOBIA A-Z • Cari Dokter • Cari Rumah Sakit • KALKULATOR KESEHATAN • Kalkulator BMI • Kalkulator Kalori • Kalkulator Masa Subur (Ovulasi) • Cara Menghitung Usia Kehamilan • Kalkulator Berat Badan Ideal Ibu Hamil • Analisis Gejala Penyakit Masuk/ Daftar Terbit: 16 April 2021 - Diperbarui: 2 Maret 2022 Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani - Ditinjau oleh: dr.

Ursula Penny Putrikrislia Kutu kasur adalah serangga kecil yang biasa bersarang pada celah kasur. Kutu ini dapat mengisap darah manusia dan hewan,yang berisiko mengalami masalah kesehatan. Ketahui bahaya dan cara menghilangkannya! Apa Itu Kasur? Bedbugs atau kutu kasur adalah serangga kecil tanpa sayap yang mengisap darah hewan berdarah panas.

Biasanya, manusia menjadi inang paling disukai kutu ini. Ada dua spesies bedbugs, yaitu Cimex kutu kasur dan Cimex hemipterus .

kutu kasur

Alasan mengapa disebut kutu busuk adalah karena habitat yang disukainya adalah rumah manusia, termasuk kasur, sofa, kutu kasur, furnitur, dan perabotan lembut lainnya.Kutu ini juga lebih suka tempat gelap. Meskipun mungkin tidak menyebarkan penyakit, tetapi kutu ini dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Bahaya Gigitan Kutu Kasur Bedbugs biasanya mengisap darah manusia dengan cara yang tidak menyakitkan ketika sedang tidur. Saat mengisap, kutu menyuntikkan sedikit air liur ke dalam kulit manusia.

Jika mengisap darah dari satu orang selama beberapa minggu, orang tersebut mungkin akan menjadi lebih sensitif terhadap air liur dan bahan kimia di dalamnya. Orang ini mungkin dapat memiliki alergi. Tanda dan gejala gigitan kutu kasur, termasuk: • Bekas gigitan. Ini sering kali terjadi pada area yang terbuka saat tidur, seperti wajah, leher, dan lengan.

• Bercak darah di tempat tidur : Darah yang tampak pada kasur mungkin dari bekas gigitan atau kutu yang kutu kasur, sehingga mengeluarkan darah. • Bintik-bintik cokelat kecil : Ini biasanya dari kotoran kutu yang tampak seperti bintik-bintik pada tempat tidur atau furniture, terutama pada lipatan atau sudut. • Gatal dan pembengkakan : Beberapa orang mungkin memiliki reaksi terhadap gigitan, seperti terasa sangat gatal atau mungkin terjadi pembengkakan yang menyakitkan.

• Reaksi anafilaksis. Meskipun sangat jarang, efek gigitan bedbugs dapat menimbulkan reaksi anafilaksis – reaksi alergi yang parah dan berisiko mengancam nyawa. Selain itu, beberapa orang mungkin menjadi sakit dan mual, atau infeksi kulit kutu kasur dari menggaruk gigitan kutu yang terasa gatal.

Cara Menghilangkan Kutu Kasur Bedbugs dapat berkembag biak dengan cepat dan bisa bertahan selama berbulan-bulan pada tempat yang disukainnya. Kutu ini juga dapat bersembunyi sehingga akan sulit untuk Anda hilangkan. Untuk itu, butuh cara jitu untuk membasmi parasit kecil ini.

Berikut ini cara membasmi kutu kasur: 1. Periksa Semua Furnitur yang Mungkin Berkutu Jika melihat bedbugs dalam rumah atau memiliki tanda gigitan kutu, segera temukan sebelum mulai berkembang biak.

kutu kasur

Kutu ini biasanya bersembunyi pada keliman kasur atau sofa dan lipatan gorden karena memiliki ukuran yang kecil dan pipih. Selain itu, cari juga pada tempat-tempat seperti berikut: • Celah bingkai tempat tidur dan kepala tempat tidur.

• Bantal sofa. • Sambungan furnitur. • Di balik wallpaper yang terkelupas. Berikut ini ciri-ciri bedbugs dan tanda-tanda keberadaan kutu: • Kutu berwarna kemerahan dan berukuran kecil. • Bintik kecil berwarna pada benda adalah kotoran kutu.

• Noda kemerahan pada kasur dari kutu yang tertekan. • Telur atau cangkang kutu berwarna kuning pucat. 2. Bersihkan Semua Benda yang Mungkin Berkutu Setelah mengetahui bahwa ada bedbugs dalam rumah Anda, segera membersihkannya. Cara cepat dan mudah untuk menghilangkan kutu ini menggunakan alat penyedot debu pada semua tempat atau benda yang mungkin menjadi sarang kutu. Ini termasuk tempat tidur, meja rias, karpet, dan benda lainnya. Setelah menyedot kutu, masukkan isi penyedot debu ke dalam kantong plastik dan buang.

Kemudian bersihkan alat ini secara menyeluruh sampai bersih dari debu dan kutu. 3. Persiapan Menyingkirkan Bedbugs Sebelum mulai membersihkan rumah, lakukan sedikit persiapan untuk memaksimalkan peluang untuk menghilangkan kutu ini. Pastikan semua linen, karpet, gorden, pakaian, dan tempat lainnya telah dibersihkan atau membuangnya. Selanjutnya singkirkan sarang kutu, seperti buku, majalah, pakaian, dan apa pun yang ada di bawah tempat tidur.

Jangan memindahkan barang ke ruangan yang bersih, karena dapat menyebarkan kutu. Langkah selanjutnya tutup semua area terbuka, rekatkan wallpaper yang mulai terkelupas atau longgar, dan geser tempat tidur atau furnitur setidaknya 6 inci dari dinding agar kutu tidak bisa naik ke atas.

4. Mematikan Bedbugs Membasmi bedbugs memiliki dua cara, meliputi: Cara Membasmi Kutu yang Alami Cara menghilangkan kutu kasur bisa dengan tanpa kutu kasur kimia.

Kutu ini cukup mudah Abda basmi dengan suhu panas tinggi (46°C) atau sangat dingin (kurang dari 0°C) Berikut beberapa cara mematikan kutu yang alami: • Cuci seprai dan pakaian dengan air panas selama 30 menit. Kemudian masukkan ke dalam pengering dengan pengaturan panas tertinggi selama 30 menit. • Menggunakan steamer portable pada kasur, sofa, dan tempat lain yang mungkin berkutu. • Masukkan barang-barang yang terinfeksi kutu ke dalam kantong hitam dan biarkan di bawah kutu kasur matahari.

kutu kasur

• Masukkan kantong berisi kutu busuk ke dalam freezer dengan suhu -17 °C). Biarkan setidaknya selama empat hari. Membasmi Bedbugs Dengan Bahan Kimia Insektisida adalah bahan kimia bersifat racun yang dapat membantu membasmi kutu. Berikut beberapa jenis insektisida yang bisa Anda gunakan: • Piretrin dan piretroid. Bahan kimia yang paling umum untuk membunuh bedbugs. Namun beberapa kutu menjadi kebal terhadapnya. • Neonicotinoid. Ini adalah jenis nikotin yang mampu merusak sistem saraf serangga.

Jenis bahan kimia ini bekerja pada kutu yang telah kebal terhadap pestisida lain. • Kutu kasur. Zat ini dapat merusak lapisan kutu kasur pelindung serangga. Tanpa lapisan ini, serangga akan mengering dan mati. Dua contoh desiccant adalah silika aerogel dan tanah diatom. 5. Pantau Tempat yang Terkena Bedbugs Bedbugs membutuhkan waktu beberapa saat untuk membasminya. Sebelum yakin cara membasmi kutu kasur yang Anda lakukan telah berhasil, pastikan kutu ini benar-benar telah hilang.

caranya dengan memeriksa area yang terinfeksi setiap tujuh hari sekali untuk melihat tanda-tanda keberadaan kutu. 6. Mencegah Bedbugs Setelah berhasil menghilangkan kutu, lakukan tindakan untuk mencegah kutu ini kembali. Berikut ini cara mencegah bedbugs: • Bersihkan rumah daru kertas, majalah, pakaian, atau barang usang lainnya yang menumpuk atau berceceran. • Tutupi kasur dengan sarung yang bersih dan pastikan tutup rapat. • Bersihkan dan cuci seprai, furnitur, gorden, dan karpet sesering mungkin.

• Tutupi retakan di sekitar soket lampu, alas tiang, dan stopkontak agar kutu tidak bisa masuk. • Periksa kutu di kamar hotel saat bepergian untuk menghindari membawanya ke rumah.

• Anonim. 2019. Bedbugs. https://www.nhs.uk/conditions/bedbugs/ (Diakses pada 16 April 2021) • Mayo Clinic Staff.

2019. Bedbugs. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/bedbugs/symptoms-causes/syc-20370001 (Diakses pada 16 April 2021) • Newman, Tim. 2018. Everything you need to know about bedbugs. https://www.medicalnewstoday.com/articles/158065#_noHeaderPrefixedContent (Diakses pada 16 April 2021) • Watson, Stephanie.

2019. How to Get Rid of Bedbugs. https://www.healthline.com/health/healthy-home-guide/how-to-get-rid-of-bed-bugs (Diakses pada 16 April 2021) Informasi Terbaru • Peningkatan Tekanan Intrakranial: Gejala, Penyebab, Pengobatan, dan Pencegahan • 12 Manfaat Totok Wajah untuk Kecantikan dan Kesehatan • Mata Juling pada Bayi: Penyebab dan Cara Mengatasinya • Hepatitis Akut: Kutu kasur, Penyebab, Cara Mengobati, dan Pencegahan • 18 Manfaat Jengkol bagi Kesehatan, Cegah Maag hingga Anemia
Keberadaan kutu kasur jangan pernah dianggap sepele.

Sebab, serangga ini ternyata bisa menjadi vampire karena menghisap darah. Biasanya, hewan ini sering bersembunyi di tempat tidur dan tanpa disadari bisa menghisap darah tubuhmu. Ciri-ciri hewan yang satu ini berbentuk pipih dan memiliki warna kecoklatan. Mereka sangat jarang membangun sarang seperti halnya semut dan rayap. Kutu ini hidup berkelompok di tempat yang dianggap gelap dan cukup tersembunyi.

Inilah menjadi penyebab kutu busuk berasal dari mana masih menjadi misteri. Satu lagi, kutu kasur sangat menyukai panas dan gas karbondioksida yang dikeluarkan oleh tubuh manusia. Mereka pada umumnya sangat tahan dengan lingkungan dengan suhu panas dan lembap hingga dapat hidup di ruangan yang memiliki suhu rendah yaitu 7 drajat celcius. Meski demikian, kamu tak perlu khawatir jika menemui hewan ini.

Sebab, kami memiliki tips bagaimana cara mengatasi keberadaan kutu kasur. Penasaran apa saja kutu kasur, langsung saja simak selengkapnya di bawah ini. BACA JUGA: 12 Cara Menghilangkan Kutu Rambut Sampai Telurnya, Ampuh! 1. Periksa setiap sudut kasur kompas Cara membasmi kutu kasur yang pertama adalah dengan mengecek kasur karena hewan kecil ini tinggal di sela-sela kasur.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi sumber datangnya kutu kasur. Cek bantal, tempat tidur, dan furnitur lain. Ada beberapa tanda jika hewan yang satu ini hidup di bawah kasur dan bantal: • Ada noda seperti bekas karat pada seprai dan kasur. Ini menjadi penanda bila pernah ada tungau yang hancur tergencet • Ada noda hitam seperti bintik spidol. Tanda ini bisa jadi tungau sedang buang kotoran Jika menemui tanda di atas, cara menghilangkan kutu kasur adalah jemurlah kasur beserta bantal atau guling di bawah sinar matahari langsung.

Tungau sangat rentan terhadap suhu tinggi. Jangan lupa juga untuk memakai kaca pembesar dan peralatan penerangan seperti senter. Fungsi dua alat kutu kasur adalah untuk memastikan kutu kasur atau tidaknya kutu kasur karena ukuran hewan yang satu ini sangat kecil. Jadi jika hanya menggunakan mata telanjang, akan sangat sulit untuk mencarinya. Bila digigit, kamu perlu melakukan pengobatan dan mencari cara mengobati gatal akibat kutu kasur.

2. Pakai cairan cuka suara Cuka di rumah jangan hanya dipakai untuk memasak. Cuka bisa dijadikan cara membasmi kutu kasur dan telurnya. Cairan cuka ini terbilang ampuh membasmi serangga lainnya. Cara membasmi kutu kasur spring bed bisa dengan cuka juga terbilang mudah. Cukup semprotkan cairan cuka di sarang tungau dan tungau pun akan mati. BACA JUGA: 12 Cara Menghilangkan Kutu Kucing yang Ampuh dan Praktis 3.

Campuran air garam alodokter Ini adalah cara sederhana dalam mengilangkan kutu kasur. Menggunakan bumbu dapur seperti garam dan dicampur air ternyata ampuh digunakan sebagai salah satu cara membasmi kutu kasur. Cara membuat dan mempraktekannya terbilang sangat mudah. Cukup campurkan air bersih dan garam dengan perbandingan 1: 1.

Lalu masukkan ke dalam botol dan semprotkan ke sarang kutu kasur spring bed. Terapkan cara ini secara rutin supaya hewan kecil berwarna coklat ini tak menghinggapi kasur lagi agar kamu bisa tidur nyeyak.

4. Manfaatkan kulit durian greener Setelah puas makan durian, jangan buang dulu kulit luarnya. Sebab, kulit durian cukup ampuh untuk cara membasmi kutu kasur. Mengapa kulit durian dapat digunakan untuk membasmi kutu kasur spring bed? Sebab baunya yang menyengat dan sangat tidak disukai hewan kecil ini. Cara mengaplikasikannya sangat mudah. Cukup letakkan kulit durian di dekat sarang hewan kecil ini. Maka sang kutu ini bisa mati dengan sendirinya. 5.

Lilin liputan6 Lilin banyak digunakan untuk menerangi gelapnya malam. Bisa dinyalakan saat mati lampu atau saat perayaan ulang tahun. Namun, tahukah kamu kalau lilin ternyata bisa dijadikan alternatif untuk cara membasmi kutu kasur dan telurnya.

Cara menggunakan lilin untuk membasmi kutu kasur sangat mudah. Cukup teteskan cairan lilin panas di ke celah tempat kutu kasur kutu kasur. Maka hewan yang satu ini bisa mati dan hilang kutu kasur saja. 6. Insektisida kliktani Jika penggunaan bahan alami dirasa kurang maksimal untuk dijadikan cara membasmi kutu kasur, kamu dapat menggunakan cara terakhir dengan memakai insektida.

Bahan yang dikandung sangat berguna untuk membunuh serangga kecil seperti kecoak, semut, laba-laba, bahkan hewan kecil yang satu ini. Pakai obat pembasmi kutu kasur spring bed dengan kadar racun yang tidak terlalu keras. Selanjutnya, semprotkan ke area permukaan kasur dan jangan lupa lakukan cara yang satu ini secara berkala untuk mendapatkan hasil maksimal yang diinginkan. Hal ini dilakukan supaya tungau tidak akan berkembang biak. BACA JUGA: Cara Menghilangkan Kutu Beras, Alami dan Cepat 7.

Semprotkan cairan minyak tanah topsatu Bila punya minyak tanah di rumah, cobalah untuk dipakai sebagai cara menghilangkan kutu kasur. Terlebih lagi jika hewan ini tinggal lama di kasur, bisa jadi malapetaka. Sebab, hewan ini sangat menyukai darah dan gigitannya cukup berbahaya karena berpotensi memunculkan penyakit.

Berkaitan penggunaan minyak tanah untuk dijadikan cara membasmi kutu kasur, kamu hanya perlu menyemprotkan ke area sarang. Sebelum disemprotkan, jangan lupa campurkan dulu dengan kapur barus. Ini merupakan alternatif dalam mengusir hewan penyedot darah ini. 8. Taburkan gel silika kompas Cara membasmi kutu kasur dan telurnya kutu kasur memakai gel silika.

Serbuk putih berbentuk bulat ini dapat ditemukan pada setiap barang yang dibeli seperti tas, sepatu. atau peralatan lain. Isi dari sekantong gel silika merupakan butiran berpori yang dibuat secara sintets dari natrium silikat.

Fungsi dari serbuk ini adalah untuk membasmi hewan kecil ini. Terkait cara penggunaan gel silika untuk keperluan menghilangkan tungau, kamu hanya perlu menaburkan gel silik dan hewan yang satu ini akan menempel dan mati. Namun untuk penggunaan gel silika harus tetap hati-hati dan wajib jauhkan dari jangkauan anak kecil. 9. Cuci dan keringkan pakaian dengan suhu tinggi popbela Cara menghilangkan kutu kasur selanjutnya dengan mencuci dan keringkan pakaian dalam suhu tinggi.

Hal ini dilakukan jika upaya di atas dianggap kurang ampuh dalam membasmi tungau ini. Ketika baru saja pulang dari bepergian, usahakan gantilah baju dan masukkan ke dalam mesin cuci. Tindakan ini perlu dilakukan agar menghambat perkembang hewan yang satu ini. Cara membasmi kutu kasur dengan langsung mencuci pakaian menggunakan alat cuci. Kamu harus mengatur suhu tertinggi pada mesin cuci selama kurang lebih 30 menit.

Atur suhu paling tinggi pada fase pengeringan pakaian selama 30 menit juga. Jika dalam mesin cucimu tidak ada pengaturan suhu, Sedulur bisa menggunakan cara sebelumnya yaitu memjemur pakaian dalam plastik di bawah terik panas matahari.

Selain itu, mencuci pakaian dengan air panas juga ampuh untuk dijadikan kutu kasur menghilangkan kutu air. Pastikan jika kain pakaianmu sangat tahan terhadap bahan bersuhu panas. Kutu busuk tidak hanya tinggal di baju, namun bisa juga kutu kasur lama di kasur, bantal atau guling kamu.

Pasalnya, lokasi ini menjadi tempat paling nyaman untuk keberadaan hewan kecil itu. BACA JUGA : 12 Manfaat Minyak Kutus Kutus Untuk Kesehatan & Cara Pakai 10. Isolasi benda yang terkena kontak klikdokter Kutu kasur ini sangat mudah hinggap pada barang yang mudah dibawa seperti baju, sarung, bantal, dan boneka. Maka salah satu cara membasmi kutu kasur yang bisa dilakukan adalah dengan menghindari memindahkan benda yang dicurigai sebagai tempat yang sudah dihinggapi kutu. Sebaliknya, masukkan benda yang berukuran kecil dalam sebuah kantung plastik.

Kamu bisa menjemurnya beberapa hari atau berminggu-minggu sampai kutu benar-benar mati dan meninggalkan benda yang dianggap sudah terkontaminasi oleh hewan kecil yang satu ini Bahaya gigitan kutu kasur kutu kasur kutu kutu kasur Setelah membahas mengenai cara atau tips membasmi hewan ini, selanjutnya kamu harus mengetahui seberapa bahayanya hewan ini bagi manusia.

Kutu busuk sangat menyukai darah manusia dan gigitan dari hewan ini bisa mengakibatkan efek yang fatal. Dampak paling berbahaya dari gigitan hewan ini adalah menyebabkan penyakit kulit atau mulai menyerang penyakit pernapasan.

Selain menyerang pernapasan, ternyata gigitan hewan kecil ini bisa menyerang saluran pencernaan. Berikut adalah penyakit yang bisa akibat dari gigitan kutu busuk: • Gatal dan infeksi pada kulit di tubuh • Mual • Muntah • Demam tinggi • Menggigil • Pusing • Sesak nafas Jaminan Kehilangan Pekerjaan, Manfaat, Syarat & Cara Daftar Demikian ulasan mengenai kutu kasur mulai habitat, tips membasmi, dan efek dari gigitannya.

Syarat agar terbebas dari hewan yang satu ini adalah disiplin dalam menjaga kebersihan. Maka dari itu, mulai biasakan secara rutin untuk membersihkan tempat tidur agar kutuk busuk tak hinggap di badan dan menimbulkan penyakit baru.
Kutu kasur adalah serangga yang memiliki banyak sebutan di kalangan orang Indonesia.

Mulai dari kutu busuk, tinggi, tungau, tumila, atau kepinding. Biasanya kutu kasur hidup sebagai parasit di rumah terutama di tempat tidur.

kutu kasur

Bentuk kutu kasur yang mungil dan berdarah panas ini bertahan hidup dengan cara mengisap darah manusia. Penyebab kutu kasur umumnya karena kasur yang lembap dan jarang dibersihkan. Kutu kasur berasal dari debu dan kotoran yang terkumpul di sudut-sudut kasur.

Bahaya kutu busuk ini nggak main-main lo. Selepas kutu kasur gigitan, kita bisa demam sampai menggigil. Nah, selama ini kebanyakan orang cuma tahu satu cara membasmi kutu kasur kutu kasur dengan menjemur kasur. Cara ini bisa dilakukan tapi nggak terlalu ampuh. Ketimbang dijemur, sebenarnya garam dan bahan-bahan di bawah ini lebih manjur usir kutu kasur. Cus, langsung saja simak ulasannya~ 1. Hanya bermodal garam, kita bisa bikin kutu kasur lari tunggang-langgang garam ampuh basmi kutu kasur - photo by Castorly Stock via www.pexels.com Jarang terpikirkan, garam ternyata efektif membasmi kutu kasur.

Caranya pun gampang, hanya dengan mencampurkan garam dengan air, lalu masukkan cairan garam tadi ke dalam botol. Semprotkan cairan garam ke kasur yang ditinggali kutu kasur. 2. Nggak cuma bermanfaat saat mati lampu, lilin dapat digunakan untuk usir kutu kasur gunakan lilin untuk usir kutu kasur - photo by thevibrantmachine via www.pexels.com Cara agar tidak digigit kutu busuk juga bisa menggunakan lilin lo.

Caranya, nyalakan lilin terlebih dulu, lalu meneteskannya di celah-celah tempat kutu kasur berada. Selain mudah dan murah, cara ini lebih efektif menghilangkan kutu kasur ketimbang dengan menjemur kasur. tanpa tambahan bahan lain, cuka bisa disemportkan ke sarang kutu kasur - credit: Deposit Photo via depositphotos.com Kita juga bisa melenyapkan kutu kasur dengan bahan-bahan yang tersedia di dapur, cuka misalnya.

Caranya cukup sederhana. Kita hanya perlu menyemprotkan cuka ke sarang kutu kasur.

kutu kasur

Nggak perlu ditambah air, ya. Dengan cara itu saja, kutu kasur sudah enyah dari kasur kesayangan kita. 4.

Jadi musuh alami kutu kasur, tembakau layak diandalkan tembakau dapat diandalkan untuk basmi kutu kasur - photo by Thibault Luycx via www.pexels.com Siapa mengira kalau tembakau bisa digunakan untuk membasmi kutu kasur? Ya, tembakau tergolong musuh alami kutu kasur. Dengan mengombinasikan tembakau dan air, kita bisa membuat cairan pengusir kutu kasur yang mujarab.

kutu kasur

Setelah cairan tercampur dengan baik, kocok-kocok sebentar lalu semprotkan cairan ke kasur. Agar hasilnya maksimal, kita bisa menaburkan tembakau di bawah kasur juga lo. 5. Perpaduan minyak tanah dan kapur barus ampuh bikin kutu kasur pergi.

Bahkan telur-telurnya pun mati haluskan kapur barus dan campurkan dengan minyak tanah untuk usir kutu kasur - credit: Deposit Photo via depositphotos.com Nggak cuma membunuh kutu kasur besar, campuran minyak tanah dan kapur barus ampuh mematikan telur-telur kutu kasur juga. Pertama, kamu perlu menumbuk kapur barus sampai halus. Setelah itu, campurkan serpihan kapur kutu kasur ke dalam minyak tanah. Lalu semprotkan cairan ke area-area yang diduga ‘rumah’ kutu kasur. gel silika membunuh kutu kasur - credit: Deposit Photo via depositphotos.com Sehabis mendapatkan gel silika saat membeli barang, paling ujung-ujungnya kita buang saja.

Padahal gel silika mempunyai fungsi yang jarang diketahui orang. Butiran berpori dari natrium silikat ini mampu mengusir kutu kasur. Untuk membasmi kutu kasur dan tungau, cukup taburkan gel silika di sekitar rumah yang kemungkinan dilewati kutu kasur. Misalnya di sudut kasur, di bawah kasur, atau sekitar dinding. Mempunyai efek bisa menempel pada tubuh kutu kasur, gel silika dinilai paling efektif bunuh kutu kasur secara perlahan-lahan.

7. Memiliki aroma yang dibenci kutu kasur, asam Jawa atau daun Mindi dijamin bikin kutu kasur minggat sejauh-jauhnya asam Jawa atau daun Mindi juga ampuh usir kutu kasur - photo by The Raj via www.pexels.com Kita bisa memilih salah satu, mau pakai asam Jawa atau daun Mindi. Nggak masalah cuma salah satu, keduanya sama-sama ampuh usir kutu kasur kasur.

Kita hanya perlu meletakkan asam Jawa atau daun Mindi di tempat yang diyakini sebagai sarang kutu kasur. Setelah itu, kutu kasur busa atau kutu kasur springbed bakal minggat.

8. Bau menyengat kulit durian adalah musuh kutu kasur terbesar. Minimal dalam dua hari, kutu kasur akan hilang kulit durian dengan bau menyengat adalah kutu kasur kutu kasur- photo by Tom Fisk via www.pexels.com Bagi orang yang nggak suka buah durian, disarankan tidak menggunakan cara ini. Aroma menyengat dari kulit durian bikin kutu kasur nggak betah tinggal lama-lama. Dari semua cara mengusir kutu kasur yang ada, cara ini terbilang cukup nyeleneh. Tapi hasilnya cukup mencengangkan. Dalam kurun waktu dua hari, kutu kasur akan pergi.

Caranya, cukup letakkan kulit durian di tempat yang menjadi sarang kutu kasur. Kalau ingin mengusir kutu kasur, kita harus memastikan dulu bahan-bahan yang digunakan aman, ya. Bagi yang punya anak kecil dan hewan peliharaan, sebaiknya nggak memakai gel silika karena rawan termakan.

Selebihnya, cara-cara di atas sangat patut dijajal. Selamat mencoba dan segera ucapkan selamat tinggal kepada kutu kasur!Meski ukuranya kecil, kutu kasur ( Cimex Lectularius ) atau ada yang menyebutnya sebagai tumbila, kutu busuk, tinggi, tungau tapi bisa memicu berbagai penyakit seperti gangguan pernafasan dan penyakit kulit ( scabies ) yang diiringi rasa gatal dan panas pada kulit, oleh karenanya anda perlu tau cara yang efektif untuk membasminya.

Kutu busuk memang mudah mati kutu kasur terkena semprtotan insectisida seperti baygon atau paparan kapur ajaib, tapi telur yang tertinggal dilipatan atau celah rangka perabotan akan cepat menetas dan kembali jadi kutu kasur dewasa.

Itu artinya usaha anda membasmi kutu kasur jadi sia-sia. Membasmi tungau atau tumbila bisa dilakukan dengan cara tradisional seperti menjemur kasur diterik matahari dan memukulinya dengan rotan.

Anda juga bisa menggunakan obat insectisida yang dipercaya mampu membunuh kutu seperti Baygon, Kapur Ajaib atau menggunakan bahan lain seperti baking soda. Bahkan ada juga yang memanfaatkan bahan makanan seperi cuka, garam bahkan kulit durian.

Tapi apakah itu semua dapat membasmi kutu kasur dengan tuntas? Belum tentu, jika anda tidak tau cara membasminya dengan benar. Indeks • Siklus Hidup Kutu Kasur • Bahaya Kutu Kasur / Kutu Busuk • Obat Pembasmi Kutu Kasur • Treatment dan Cara Membasmi Kutu Kasur / Busuk • 1. Inspeksi kutu kasur 2.Treatment • Jasa Pembasmian Kutu Kasur • Related posts: Siklus Hidup Kutu Kasur Untuk bisa membasmi kutu kasur sampai tuntas, anda perlu sedikit mengerti siklus hidup kutu kecil yang menjengkelkan dan sulit dibasmi ini.

Jadi anda tau waktu yang tepat untuk melakukan pembersihan dan pencegahan agar kutu kasur busuk ini tidak datang lagi. Dari halaman ini, diketahui jika siklus hidup kutu busuk atau tungau kasur terdiri dari telur, nimfa hingga dan dewasa.

kutu kasur

Kutu busuk betina akan bertelur dalam dalam 10-15 batch dan menghasilkan 5 atau 6 kutu kasur satu hari. Seekor kutu busuk akan melewati beberapa tahap nimfa sebelum mencapai usia dewasa. Ketika kutu busuk berkembang dalam tahap nimfa, mereka berukuran sangat kecil dan sulit dilihat. Kutu busuk dewasa mampu bertahan hidup tanpa makan selama 1 tahun.

Baca Juga : Resep Masakan Sayur Rumahan - Kutu kasur Membuat Saat tertidur tubuh kita akan mengeluarkan cairan tubuh dana kulit mati diatas matras atau kasur. Ini akan menjadi tempat yang ideal bagi kutu busuk untuk berkembang biak. Ketika populasi kutu busuk menempati ruangan dengan kondisi lingkungan yang tepat, tidak butuh waktu lama untuk infestasi kutu busuk bertumbuh menjadi lebih buruk.

Setelah anda tahu jika kutu busuk bisa bertelur antara 10-15 kali dan menghasilkan 5-6 butir telur perharinya dan tumbila ini setelah dewasa ( hanya butuh waktu beberapa minggu untuk dewasa ) mampu bertahan hidup 1 tahun tanpa makan maka anda harus tau cara yang benar untuk membasminya.

Bahaya Kutu Kasur / Kutu Busuk Kutu kasur kutu busuk menggigit kulit anda, ia akan mengeluarkan air liur. Air liur ini akan menjadi pemicu penyakit pada kulit ( scabies ) dan menimbulkn rasa gatal dan panas. Kotoran yang ditinggalakan kutu tungau pada kasur, matras, sofa dan tempat lainya juga ditengarai dapat menyebabkan penyakit gangguan pernafasan. Obat Pembasmi Kutu Kasur Orang tua kita dulu biasanya menjemur kasur atau sofa di bawah terik matahari untuk membasmi kutu kasur dan meski belum terbukti tapi banyak yang melakukanya.

Bisa jadi panas dari terik matahari diharapkan mampu membunuh telur dan kutunya sekaligus. Ada juga yang memanfaatkan bahan-bahan disekitar kita untuk membasmi binatang ini antara lain : • Baking soda • Silica Gel • Kapur Barus yang dicampur minyak tanah • Lelehan kutu kasur yang panas • Garam • Cuka • Kulit Durian ( ? ) Seiring perkembangan tehnologi saat ini sudah tersedia banyak obat pembasmi hama kutu ( insektisida ) yang bisa dibeli di apotik ataupun market place.

Obat Pembasmi Kutu Kasur Yang Dijual di Market Place Beberapa merek yang bisa anda pertimbangkan untuk pembasmian kutu kasur yang efektif antara lain : • Baygon • Kapur Ajaib • Tumilax • Basmix • Temprid • dll Yang perlu anda perhatikan saat membeli obat pembasmi kutu kasur ini adalah komposisi dan aturan pakai.

Karena produk ini mengandung racun, sebaiknya anda benar-benar teliti saat menggunakanya. Baca Juga : Cara Merubah Mesin Cuci Otomatis Jadi Manual, Modal Gak Sampe Seratus Ribu Setelah anda tau siklus hidup dan obat yang manjur untuk membasmi kutu kasur, selanjutnya adalah prosedur untuk pembasmianya.

Treatment dan Cara Membasmi Kutu Kasur / Busuk Menurut ahli pembasmian kutu ada beberapa tahapan yang harus dilakukan dan bisa anda tiru untuk dikerjakan sendiri di rumah. Tanpa mengikuti prosedur standar ini, maka pekerjaan anda membasmi kutu kasur akan sia-sia karena kutu kecil ini akan kembali bersarang dan berkembang biak dengan cepat.

kutu kasur

Prosedur atau cara membasmi atau treatment kutu kasur yang harus dilakukan antara lain : • Inspeksi • Treatment • Follow-Up 1. Inspeksi Dimaksudkan untuk mengetahui titik /hotspot dimana kutu busuk atau tumbila bersarang, biasanya kutu kasur ini gemar bersembunyi dicelah rangka dan lipatan kasur atau sofa.

Mungkin anda perlu membuka lipatan dan mengarahkan cahaya yang cukup ke area tersebut agar sarang kutu kasur bisa terlihat. Jika beruntung anda bisa melihat dengan jelas kutu kasur dewasa beserta dengan telurnya, karena biasanya binatang ini sulit terlihat. Jika anda sudah mengetahui titik-titik yang ditengarai sebagai sarang kutu kasur, anda bisa melanjutkan pada tahap berikutnya.

2.Treatment Adalah langkah untuk mulai membasmi kutu busuk dan telurnya, anda bisa mulai menyemprotkan cairan pembasmi serangga seperti baygon dan sejenisnya. Sebaiknya anda membeli obat pembasmi kutu kasur yang kemasanya berupa semprotan ( hand sprayer ) agar lebih mudah untuk pengaplikasianya dan bisa menjangkau sela kerangka sofa atau ranjang tempat tumbila bersarang.

Anda juga perlu menyemprot area sekitar sarang kutu kasur sampai merata. Karena cairan pembasmi kutu busuk ini memiliki aroma yang menyengat dan mengandung racun, sebaiknya anda mengenakan masker dan sarung tangan. Jauhkan anak-anak saat anda melakukan treatment ini. Setelah proses penyemprotan selesai, anda membutuhkan steamer portable untuk membunuh telur kutu kasur agar tidak menetas kembali.

Uap panas yang keluar dari steamer ini akan memastikan kutu dan telurnya mati. Portable Steamer Setelah proses treatment ini selesai, apakah rumah anda akan terbebas dari kutu busuk dan tumbila lagi? Baca Juga : Resep Roti Jala Rainbow Kuah Manis Apakah kutu kasur yang menyebalkan itu tidak akan kembali lagi?

Perlu Anda ketahui ada beberapa faktor yang mempengaruhi serangga penghisap darah ini dapat kembali muncul ke rumah Anda. Oleh karenanya, ada beberapa kutu kasur yang harus dilakukan oleh Anda untuk mengatasi kutu busuk kembali merajalela setelah jasa pembasmi kutu busuk melakukan treatment di rumah Anda.

Ikuti cara mengatasi kutu busuk di rumah agar tidak muncul kembali setelah treatment berikut ini: • Vakum karpet atau tirai kain serta perabotan berlapis kain lainnya di rumah secara teratur • Mengatur ventilasi kamar dengan baik, sehingga tidak menjadi tempat yang di kutu kasur oleh kutu busuk • Mencuci dan mengeringkan sprei, sarung bantal dan selimut pada suhu tinggi.

Kutu busuk rentan terhadap suhu tinggi (117 – 120 fahrenheit) • Mencuci pakian kotor dengan rajin, terutama yang dibawa dari bepergian Jasa Pembasmian Kutu Kasur Jika anda tidak memiliki waktu untuk mengerjakan semua itu anda bisa mencari penyedia jasa pembasmian kutu kasur yang saat ini sudah banyak tersedia di sekitar anda. Memang anda harus merogoh kocek agak dalam untuk keperluan ini, akan tetapi pasti sebanding dengan hasil yang akan didapat.

Anda bisa tidur nyenyak dikasur tanpa gangguan tumbila yang menyebalkan. Anda juga tak perlu malu dan khawatir saat kerabat datang bertamu dan duduk di sofa anda karena mereka sudah pasti aman dari gigitan kutu kasur yang menyebalkan. Jadi pilih mana? Kerjakan sendiri atau memakai jasa profesional?
Kutu kasur, atau yang lebih dikenal dengan kutu busuk, adalah serangga kecil penghisap darah yang hidup di kutu kasur, sisi, dan sekitar tempat tidur.

Kutu kasur berbentuk oval, berwarna coklat, dan tidak memiliki sayap. Kutu ini merupakan salah satu keluarga Cimicidae dengan nama ilmiah Cimex lectularius, salah satu dari 3 spesies kutu yang kutu kasur manusia. Gigitan kutu busuk kutu kasur terjadi kutu kasur area kulit yang terbuka ketika Anda sedang tidur.

Bentuk kutu busuk rata dan terkadang sering disalahartikan sebagai caplak atau kecoak kecil. Saat dewasa, kutu ini berukuran antara 5 hingga 7 mm. Sementara saat masih nimfa, ukurannya hanya sebesar 1,5 mm.

Gigitan kutu kasur jarang membahayakan Anda. Hanya saja, kondisi ini kadang menimbulkan infeksi dan reaksi alergi. Oleh karena itu, jika di rumah dicurigai ada kutu busuk segeralah Anda membasmi kutu busuk tersebut.

Dokter spesialis Kulit Gejala Gatal, kemerahan, bentol, ruam Faktor risiko Kebersihan kamar, lokasi banyak manusia tinggal Metode diagnosis Pemeriksaan fisik Pengobatan Obat-obatan Obat Antihistamin, krim antigatal, pereda nyeri Komplikasi Reaksi alergi anafilaksis Kapan harus ke dokter?

Mengalami reaksi alergi yang parah terhadap gigitan kutu kasur Gigitan kutu tidak selalu muncul setelah seseorang digigit. Gejala biasanya akan timbul dalam beberapa hari. Gigitan kutu kasur akan sangat gatal dan disertai sensasi terbakar pada kulit beberapa hari setelah gigitan. Menggaruk gigitan kutu kasur akan menyebabkan infeksi sekunder yang dapat mengakibatkan pembengkakan dan pendarahan.

Gejala yang ditimbulkan gigitan kutu kutu kasur, di antaranya: • Dapat menyebabkan benjolan merah gatal pada kulit • Biasanya terjadi pada area yang terbuka seperti wajah, leher, tangan kutu kasur lengan • Sering terjadi pada garis-garis kulit • Dapat menyebabkan ruam • Dapat terinfeksi bakteri jika tergores dan terasa sakit, memerah, serta bengkak Gigitan kutu kasur biasanya akan memudar dalam beberapa hari.

Penyebab kutu kasur tumbuh berkembang dengan subur adalah lokasinya cocok. Salah satunya adalah berada di ruangan dengan suhu 21 hingga 26 derajat Celcius. Adapun gigitan kutu ini bisa menyebabkan infeksi kulit yang kita kenal sebagai selulitis di sekitar lokasi gigitan. Faktor risiko kutu kasur Faktor risiko kutu kasur makin tinggi jika tinggal atau bekerja di tempat yang lalu lintas orangnya tinggi dan padat. Meski demikian, binatang ini bisa hidup di rumah pribadi maupun tempat umum.

Adapun lokasi yang lebih berisiko menjadi habitat binatang ini antara lain: Diagnosis kutu kasur sebaiknya dilakukan segera setelah Anda mendapat gigitan. Biasanya dokter akan segera mengetahuinya setelah melakukan pemeriksaan fisik. Untuk memastikan keberadaan kutu, periksalah celah-celah di dinding, kasur, dan perabotan. Jika diperlukan, lakukan pemeriksaan pada malam hari pada saat kutu kasur aktif.

Carilah tanda-tanda berikut untuk menemukan kutu kasur berikut: • Letakkan kain dingin atau kantong es yang dibungkus dengan handuk pada area yang digigit • Gunakan pasta encer kutu kasur soda kue dan air • Oleskan jenis minyak esensial tertentu, seperti minyak kamper, kamomil, dan lainnya • Menjaga kebersihan kulit yang digigit • Tidak menggaruk area yang digigit meski gatal untuk membantu menghindari infeksi Jika perawatan kutu kasur tidak membantu, beberapa tindakan di bawah ini bisa dilakukan: • Mengoleskan krim atigatal • Mengonsumsi antihistamil oral • Mengonsumsi pereda nyeri Gejala gigitan kutu kasur biasanya hilang dalam 1 hingga 2 minggu.

Pada kondisi tertentu di mana penderita mengalami reaksi alergi, kutu kasur segera minta pertolongan dokter guna mengatasinya. Komplikasi kutu kasur Komplikasi kutu kasur ketika mengigit Anda adalah infeksi dan alergi. Jika gigitan serangga ini menimbulkan infeksi, maka gejala yang mungkin hadir antara lain: • Kulit memiliki lesung pipit • Demam • Panas dingin Reaksi alergi mungkin muncul pada seseorang yang memiliki alergi kutu busuk.

Hal ini dapat menyebabkan pembengkakan yang menyakitkan atau rasa gatal yang hebat di sekitar gigitan. Dalam beberapa kasus, gigitan binatang ini juga dapat memicu reaksi yang berpotensi mengancam nyawa yang dikenal sebagai anafilaksis. • Buatlah daftar seputar gejala yang muncul. • Catat riwayat penyakit yang pernah dan sedang dialami oleh pasien.

Demikian pula dengan riwayat medis keluarga. • Catat rwayat sering travellingatau tempat tinggal baru • Catat semua obat, suplemen, obat herbal, atau vitamin yang dikonsumsi oleh pasien. • Catat pertanyaan-pertanyaan yang ingin diajukan kepada dokter.

kutu kasur

• Mintalah keluarga atau teman untuk mendampingi saat berkonsultasi ke dokter. Mereka bisa memberi dukungan moral maupun membantu mengingat informasi yang disampaikan dokter. • Apa saja gejala yang dirasakan pasien? • Apakah Anda memiliki faktor risiko terkait kutu kasur? • Apakah Anda rutin mengonsumsi obat-obatan tertentu? • Apakah Anda pernah mencari bantuan medis? Bila iya, apa saja pengobatan yang telah Anda coba? Setelah itu, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan menganjurkan pemeriksaan penunjang.

Langkah ini bertujuan memastikan diagnosis kutu kasur agar penanganan yang tepat bisa diberikan. NHS. https://www.nhs.uk/conditions/bedbugs Diakses pada 29 November 2018 Healthline. https://www.healthline.com/health/bed-bug-bites Diakses pada 29 November 2018 Kutu kasur Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/bedbugs/symptoms-causes/syc-20370001 Diakses pada 29 November 2018 Medicinenet. https://www.medicinenet.com/bed_bugs/article.htm Diakses pada 29 November 2018 Medical News Today.

https://www.medicalnewstoday.com/articles/318083 Diakses pada 5 Mei 2021

CARA Membasmi KUTU BUSUK 🐞 Cara Menghilangkan Kutu Kasur 🐜 Cara Membasmi Kutu Kasur 🐜 Kutu Busuk




2022 www.videocon.com