Http //dukcapil.kemendagri.go.id/cek kk

http //dukcapil.kemendagri.go.id/cek kk

none Merdeka.com - Direktorat Jenderal Dukcapil Kemendagri terus melakukan terobosan, salah satunya mengembangkan administrasi kependudukan (Adminduk) online sebagai pengganti layanan manual tatap muka yang banyak terkendala.

Dirjen Dukcapil, Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, masyarakat sekarang bisa memanfaatkan ponsel pintarnya melalui WhatsApp dan Website untuk urusan dokumen kependudukan atau pencatatan sipil. Bahkan, layanan ini sudah bisa diunduh di PlayStore ataupun melalui Anjungan Dukcapil Mandiri.

"Penduduk tak perlu antri mengurus akta kelahiran, akta kematian, surat pindah, atau kartu keluarga di kantor Dinas Dukcapil. Dari file PDF itu warga bisa mencetak dokumen kependudukan secara mandiri yang dibutuhkan dari rumah dengan menggunakan kertas HVS warna putih ukuran A4 80 gram," kata Zudan dalam keterangannya, Rabu (8/7).

BACA JUGA: Kemendagri Minta Pemda Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19 Akibat Mudik Lebaran Kemendagri: Dari 34 Provinsi, Hanya Tiga yang Ekonominya Tumbuh Positif Dia menegaskan, tujuan penggunaan kertas putih HVS biasa dalam dokumen kependudukan, sekali lagi demi kemudahan warga masyarakat.

"Ditjen Dukcapil ingin terus memberikan pelayanan yang semakin mudah. Dulu kalau Kartu Keluarga hilang, warga harus buat lagi datang ke kantor Dinas Dukcapil. Akta kelahiran hilang harus antri lagi ke Dukcapil. Sekarang akta lahir hilang, KK hilang tinggal cetak lagi di rumah, bisa cetak sendiri, sepanjang yang bersangkutan masih punya file PDF atau link-nya dan yang penting tidak ada elemen datanya yang berubah," jelasnya.

"Bila ada elemen data yang berubah maka harus diupdate Kembali melalui dinas Dukcapil," lanjut Zudan. Meski dicetak sendiri, dia menuturkan, tetap bisa dicek keasliannya melalui kode QR pada dokumen di kertas HVS ini sebagai ganti tanda tangan dan cap basah yang dulu dicetak dengan security printing.

BACA JUGA: Kemendagri Sesalkan OTT Bupati Bogor: Tambah Panjang Kepala Daerah Tersangkut Hukum Kemendagri Tunjuk DIY sebagai Laboratorium Satpol PP Se-Indonesia "Jadi sekarang sangat mudah utk mengetahui keaslian dokumen kependudukan yang dengan http //dukcapil.kemendagri.go.id/cek kk tangan elektronik. Pengecekan keaslian dokumen dilakukan dengan scan QR Code dokumen tersebut," jelasnya.

Zudan mengungkapkan, keuntungan bagi negara adalah dilakukan penghematan anggaran. "Dengan cara mengganti security printing menjadi kertas http //dukcapil.kemendagri.go.id/cek kk biasa, negara pun bisa menghemat Rp450 miliar di tahun 2020.

http //dukcapil.kemendagri.go.id/cek kk

Setiap tahun, bisa dilakukan penghematan anggaran Rp450 Miliar," tutur Zudan. Dan yang tak kalah penting, ini bisa menghilangkan praktik calo. "Karena pencetakan dokumen kependudukan bisa dilakukan penduduk dengan mudah secara mandiri di rumah melalui layanan online atau melalui ADM, maka otomatis bakal meminimalkan praktik pungli dan percaloan," pungkasnya.

Langkah Cetak KK dan Akta Mandiri Berikut langkah-langkah agar bisa melakukan pencetakan dokumen kependudukan mandiri oleh masyarakat adalah sebagai berikut: Pertama, masyarakat mengajukan permohonan pencetakan dokumen kependudukan dengan mendatangi kantor dinas dukcapil Kabupaten/Kota, atau melalui website dan aplikasi mobile yang disediakan masing-masing Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Http //dukcapil.kemendagri.go.id/cek kk.

http //dukcapil.kemendagri.go.id/cek kk

Masyarakat wajib memberikan nomor HP atau alamat email. Kedua, Petugas Dinas Dukcapil akan memproses permohonan masyarakat. Ketiga, setelah permohonan pelayanan kependudukan diproses oleh Dinas Dukcapil Kab/Kota sampai dengan ditandatangani dokumen kependudukannya secara TTE oleh Kepala Dinas Dukcapil, lalu sistem aplikasi SIAK akan mengirimkan notifikasi kepada masyarakat melalui SMS dan email yang bersangkutan berupa informasi link web untuk cetak dokumen kependudukan dan PIN.

BACA JUGA: Kemendagri Dorong Pemda Manfaatkan Retribusi Pengolahan Sampah Pro Kontra Rencana Akses NIK Dipungut Rp 1.000 Masyarakat dapat mempergunakan informasi tersebut untuk mencetak dokumen kependudukan berupa secara mandiri dirumah atau ditempat manapun. Untuk memastikan keamanannya, diberikan PIN secara pribadi oleh dukcapil kepada masyarakat yang mengajukan permohonan dokumen kependudukan melalui email maupun SMS. Di dalam redaksi email maupun SMS tersebut dinyatakan bahwa PIN bersifat rahasia dan tidak boleh dibagikan atau disebarluaskan kepada siapa pun.

Reporter: Putu Merta Surya Putra Sumber: Liputan6.com (mdk/fik) Baca juga: Kemendagri, Kemendikbud dan Pemprov DKI Sudah Temukan Titik Temu Soal PPDB Kemendagri Http //dukcapil.kemendagri.go.id/cek kk Pemda untuk Mutakhirkan Data Ketahanan Pangan i-Pop Jadi Solusi Indonesia Memiliki Satu Data Nasional Dirjen Dukcapil Sebut akan Dorong Daerah Segera Perbarui Data Kemiskinan Kemendagri Minta NHPD Pilkada 2020 Cair Paling Lambat 15 Juli 2020 Kemendagri Beberkan Empat Tantangan Pilkada 2020 Selain Covid-19 Lindungi Netralitas PNS, Kemendagri akan Buat SKB Jelang Pilkada 2020
Infokekinian.com – Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips mudah cek NIK secara online.

Simak terus artikel ini hingga selesai. Nomor Induk Kependudukan atau NIK yang terdiri dari 16 deret angka memiliki fungsi yang sangat penting untuk statistik kependudukan, mulai dari pendaftaran paket awal hingga pendaftaran penerima bantuan sosial (Bansos) (Bansos).

http //dukcapil.kemendagri.go.id/cek kk

Fungsi Nomor Induk Kependudukan tidak hanya sebatas itu saja, karena NIK http //dukcapil.kemendagri.go.id/cek kk digunakan untuk mengetahui identitas penduduk Indonesia, mendaftar pekerjaan, mengikuti pemilu dan mendaftar pernikahan.

Mengenai nomor NIK yang terbilang banyak dan berbeda, ternyata memiliki arti di setiap urutannya. Dua digit pertama adalah kode provinsi, dua digit kedua adalah kode kota atau kabupaten, dua digit ketiga adalah nomor kecamatan, dua digit keempat adalah kode tanggal lahir, dua digit kelima adalah kode bulan.

kelahiran, dua digit keenam adalah kode tahun lahir, dan empat digit terakhir adalah nomor komputerisasi.

http //dukcapil.kemendagri.go.id/cek kk

NIK yang biasanya digunakan untuk mendaftarkan serangkaian administrasi, akan diminta validitas NIK yang dimiliki. Tidak perlu repot jauh-jauh pergi ke Dinas Kependudukan dan Catatan Http //dukcapil.kemendagri.go.id/cek kk atau Dukcapil untuk mengecek validasi NIK. Baca Juga: Cara Menampilkan Aplikasi di Desktop Windows 10 Kanal Resmi Pemerintah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memberikan fasilitas bagi masyarakat untuk mengecek NIK-nya, yakni melalui dukcapil.kemendagri.go.id.

Tidak hanya kanal itu, biasanya setiap provinsi, kota atau daerah memiliki website resmi untuk pengecekan NIK. Salah satunya adalah kanal disdukcapilbisa.batam.go.id.

Cara penggunaannya sangat mudah, cukup masukkan nomor NIK dan nama lengka, lalu akan muncullah data pribadi dan status perekam dari KTP-el. Email Selain melalui media sosial dan kanal resmi instansi, kamu juga dapat melakukan pengecekan NIK melalui email Disdukcapil yaitu callcentre.dukcapil@gmail.com dengan mengirimkan format pesan sebagai berikut: #NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telp#Keluhan di badan email.

Facebook dan Twitter Selain memiliki website resmi, setiap instansi juga memiliki media sosial, salah satu kegunaannya adalah untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat. Begitu juga dengan Dukcapil memanfaatkan Facebook dan Twitter untuk melakukan cek NIK. Hal tersebut bisa dilakukan dengan mengunjungi akun Facebook Halo Dukcapil atau akun Twitter @ccdukcapil.

http //dukcapil.kemendagri.go.id/cek kk

Setelah menemukan kedua akun tersebut, bisa melakukan cek dengan memanfaatkan fitur Direct message. SMS dan Whatsapp Bagi pengguna yang tidak memiliki kuota internet juga dapat melakukan pengecekan melalui SMS dengan dengan menghubungi nomor 0815-3639-9999 dengan format pesan Cek#KTP#NIK. Untuk Whatsaap bisa menggunakan format pesan Nama Lengkap (koma) NIK (koma) kelurahan/kecamatan/kabupaten/kota lalu dapat mengirimkan pesan tersebut ke nomor whatsapp 0813-2691-2479.

Kesimpulan Itulah beberapa cara yang bisa kamu ikuti ketika ingin mengecek NIK kamu secara online, jadi http //dukcapil.kemendagri.go.id/cek kk pun tidak perlu ribet datang ke dukcapil. Cukup gunakan smartphonemu. Baca Juga: Aplikasi Nonton Penghasil Saldo Dana Demikianlah artikel mengenai Tips Mudah Cek NIK Secara Online dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian. Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

Kategori Teknologi Tag cek kk online jakarta, cek nik jateng, cek nik ktp jawa barat, dukcapil kemendagri go id login, http dukcapil kemendagri go idcek kk online jawa tengah, http dukcapil kemendagri go idcek nik, login nik ktp, nik online Navigasi Tulisan Eugene Meyer penerbit Washington Post pada 5 Maret 1935 meletakkan tujuh prinsip dari korannya. Prinsip pertama adalah memberitakan kebenaran sedekat mungkin sejauh kebenaran itu bisa dipastikan.

Prinsip pertama ini amat relevan dalam dunia digital sekarang. Kami bersepakat mengusungnya sebagai visi Nusadaily.com. Sekaligus kami mempersembahkannya dalam empat bahasa, Indonesia, Arab, Inggris dan China.
Pos-pos Terbaru • Aplikasi Al Quran yang wajib ada di HP Anda, Tersertifikasi Kemenag RI • Aplikasi Prediksi Cryptocurrency Terbaik dan Populer, Bisa Cuan Maksimal • 10 Aplikasi Jual Beli Mobil Baru dan Bekas Terpercaya 2022 • Uni Http //dukcapil.kemendagri.go.id/cek kk Beli Kapal LCT (Landing Craft Tank) Buatan Indonesia • Waspada KLB Hepatitis Akut pada Anak
Kartu Keluarga atau KK merupakan Kartu Identitas Keluarga yang wajib dimiliki setiap keluarga.

Dilansir laman disdukcapil.pontianakkota.go.idKartu Keluarga adalah kartu identitas keluarga yang memuat data tentang nama, susunan, dan hubungan dalam keluarga, serta identitas dalam keluarga. Adapun Kartu Keluarga dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah setempat, sesuai domisilinya.tirto.id - Pemerintah Indonesia tengah mempersiapkan menuju era satu data dengan mempergunakan NIK sebagai basis.

Semua hal yang berkaitan dengan pelayanan publik akan memakai NIK untuk kunci aksesnya.

http //dukcapil.kemendagri.go.id/cek kk

Mengutip laman Kemendagri, NIK memiliki nomor dengan sifat unik. NIK hanya dibuat sekali untuk setiap penduduk dan berlaku seumur hidup. integrasi antara NIK pada pelayanan publik di Indonesia akan membuat sebuah tradisi baru. Pencantuman dan pemanfaatan NIK dalam pelayanan publik turut diatur dengan Peraturan Presiden RI Nomor 83 Tahun 2021.

Aturan ini sebagai penegas bahwa semua layanan publik nantinya diarahkan dengan basis NIK, dan juga nomor pokok wajib pajak (NPWP). Oleh sebab itu diharapkan masyarakat dapat selalu mengingat NIK miliknya yang diperlukan sewaktu mengakses layanan publik.

http //dukcapil.kemendagri.go.id/cek kk

Menurut Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri, Prof. Zudan Arif Fakrulloh, pelayanan publik yang terintegrasi dengan NIK di tahun 2015 dulunya hanya sekitar 30 lembaga yang bekerja sama.

http //dukcapil.kemendagri.go.id/cek kk

Namun, saat ini telah naik menjadi 3.904 lembaga yang sudah terintegrasi dengan Dukcapil terkait pemanfaatan NIK.

Angka ini diperkirakan akan terus naik. Contoh penggunaan NIK dalam layanan publik seperti pembuatan kartu NPWP, pengurusan program Kartu Prakerja, bantuan sosial, pembuatan SIM, dan sebagainya.

Di masa depan, NIK direncanakan menjadi satu-satunya nomor untuk mengakses berbagai layanan publik dan tidak ada nomor-nomor lain.

http //dukcapil.kemendagri.go.id/cek kk

Cara lapor NIK bermasalah Ada kalanya ketika seseorang mengakses layanan publik dengan NIK, ada kendala yang dihadapi. Kendala utama yang muncul yaitu NIK tidak ditemukan pada sistem komputer di tempat pelayanan.

Dalam postingan di akun instagram resmi Dukcapil Kemendagri disebutkan, NIK yang tidak muncul pada layanan publik mesti dilaporkan. Masyarakat bisa menyampaikan keluhannya ke nomor-nomor milik Dukcapil dengan melampirkan informasi berikut ini: • NIK (16 digit) • Nama lengkap • Nomor Kartu Keluarga (16 digit) • Nomor Telepon • Alamat email • Permasalahan yang dihadapi Data-data tersebut http //dukcapil.kemendagri.go.id/cek kk ke salah satu nomor layanan Dukcapil berikut: 1.

Halo Dukcapil: 1500537 (telepon) 2. Layanan via chat Whatsapp di: • 0811 1902 4156 • 0811 1902 4157 • 0811 1902 4158 • 0811 1902 4159 • 0811 1902 4160 • 0811 1902 4161 • 0811 1902 4162 • 0811 1902 4163 • 0811 1902 4164 • 0811 1902 4165 Sementara itu, masyarakat yang mengalami masalah terkait adminitrasi kependudukan secara umum, dapat melapor ke layanan aspirasi dan pengaduan online rakyat.

Situs yang disediakan untuk keperluan pengaduan yaitu https://lapor.go.id. Cara pelaporannya sebagai berikut: 1. Buat akun di situs https://lapor.go.id.

http //dukcapil.kemendagri.go.id/cek kk

Masukkan data diri yang diminta. 2. Tuliskan pengaduan masalah secara jelas menggunakan bahasa Indonesia dan tidak mengandung unsur diskriminasi.

3. Sampaikan laporan atau pengaduan dengan menyertakan nama, waktu, dan tempat kejadian untuk aduan pelayanan yang tidak sesuai standar di dinas Dukcapil. 4.

http //dukcapil.kemendagri.go.id/cek kk

Lengkapi laporan dengan data pendukung, NIK, dan atau nomor Kartu Keluarga (KK) untuk laporan yang sifatnya permintaan informasi, kendala pada data atau kendala di dokumen administrasi kependudukan.

CARA CEK NIK KTP ELEKTRONIK ONLINE




2022 www.videocon.com