Bangsa deutero melayu sudah menghasilkan peralatan yang terbuat dari...

bangsa deutero melayu sudah menghasilkan peralatan yang terbuat dari...

★ SMA Kelas 10 / Ujian Semester 2 (UAS / UKK) Sejarah SMA Kelas 10 Bangsa Deutero Melayu sudah menghasilkan peralatan yang terbuat dari… a. tulang b. logam c. kayu d. tanah liat e. batu Pilih jawaban kamu: A B C D E Soal Selanjutnya > Soal / jawaban salah? klik disini untuk mengoreksi melalui kolom komentar Preview soal lainnya: Ujian Tengah Semester 2 Genap (UTS / MID) Bahasa Inggris SD / MI Kelas 1 My friend wins a competition.

I say …. a. sorry b. thank you c. good luck Materi Latihan Soal Lainnya: • Bab 2 Norma dan Keadilan - PPKn SMP Kelas 7 • Biologi SMA Kelas 12 IPA • Try Out Bahasa Indonesia SMP Kelas 9 • PTS PAI SMP Kelas 8 • Tema 7 Subtema 3 SD Kelas 2 • PTS Bahasa Sunda SD Kelas 5 • PAT Bahasa Indonesia SD Kelas 4 • Tawaduk dan Bersikap Optimis - Akidah Akhlak MI Kelas 6 • Satuan Panjang - Matematika SD Kelas 3 • Ulangan Harian PAI Bab 3 dan 4 SD Kelas 3 Cara Menggunakan : Baca dan cermati soal baik-baik, lalu pilih salah satu jawaban yang kamu anggap benar dengan mengklik / tap pilihan yang tersedia.

Tentang LatihanSoalOnline.com Latihan Soal Online adalah website yang berisi tentang latihan soal mulai dari soal SD / MI Sederajat, SMP / MTs sederajat, SMA / MA Sederajat hingga umum. Website ini hadir dalam rangka ikut berpartisipasi dalam misi mencerdaskan manusia Indonesia. Halaman Depan • Hubungi Kami • Kirim Soal • Privacy Policy • Follow us: Facebook • Instagram • Twitter Contoh Soal Pilihan Ganda Sejarah Tentang Peradaban Dunia yang Berpengaruh pada Peradaban Indonesia Kelas 10 Semester 2 Beserta Kunci Jawaban Kurikulum 2013.

Tak lupa juga Pembahasan soal ini mencakup beberapa soal, diantaranya soal hots Sejarah Kelas 10 Semester 2,soal pts Sejarah Kelas 10 Semester 2 quizizz, soal uas Sejarah Kelas 10 semester 2 dan kunci jawaban pdf, soal uas Sejarah Kelas 10 Semester 2 k13 revisi 2013, soal uts Sejarah Kelas 10 Semester 2 beserta kunci jawaban, soal lks Sejarah Kelas 10 Semester 2 beserta kunci jawaban, soal uas Sejarah Kelas 10 Semester 2 k13 revisi 2013, soal dan kunci jawaban pas Sejarah smp Kelas 10 semester ganjil kurikulum 2013 dan juga soal uas Sejarah Kelas 10 Semester 2 kurikulum 2013 revisi 2017.

Berikut dibawah ini pembahasan soal Buku Paket dan kunci jawaban Sejarah Kelas 10 Semester 2 Kurikulum 2013. 1. Pada zaman ini hidup binatang-binatang besar (dinosaourus), seperti brontosaurus dan tyrrannosaurus. Zaman yang dimaksud adalah. a. zaman Arkaekum b. Zaman Paleozoikum c. zaman Mesozoikum d. zaman Neozoikum e. zaman Megalitikum Jawaban: c 2. Perhatikan zaman-zaman di bawah ini! 1)Zaman Arkaekum 2) Zaman Paleozoikum 3) Zaman Mesozoikum 4) Zaman Neozoikum Pembagian zaman di atas adalah pembagian zaman berdasarkan.

a. sejarah b. biologi c. arkeologi d. geologi e. antropologi Jawaban: d 3. Menurut ahli geologi, pembagian umur bumi yang paling tua adalah zaman. a. Arkaekum b.

Paleozoikum c. Mesozoikum d. Neozoikum e. Tersier Jawaban: a 4. Zaman yang ditandai dengan menurunya suhu bumi secara drastis sehingga terbentuk hamparan es yang sangat tebal di daerah kutub adalah zaman. a. tersier b. kuarter c. jura d. kambrium e. trias Jawaban: a bangsa deutero melayu sudah menghasilkan peralatan yang terbuat dari. Berdasarkan penelitian geologi, zaman kuarter merupakan zaman terpenting bagi kita karena. a. muncul binatang menyusui b. ditemukan benda-benda sejarah c. ada tanda-tanda kehidupan d.

terjadi migrasi bangsa Asia ke Indonesia e. mulai ada manusia purba Jawaban: e 6. Suatu zaman ketika meluasnya lapisan es di Kutub Utara sehingga menyebabkan sebagian besar Benua Asia, Amerika, dan Eropa tertutup es. Pada zaman ini terjadi penyebaran binatang dan manusia purba ke nusantara.

Zaman tersebut adalah. a. zaman primer b. zaman sekunder c. zaman tersier d. zaman glasial e. zaman interglasial Jawaban: d 7. Sumbangan Indonesia dalam perkembangan ilmu pengetahuan di dunia, terutama kajian arkeologi sangat penting.

Hal ini terbukti dari adanya penemuan jenis manusia purba tertua di Pulau Jawa, yaitu. a. Homo solonesis b. Meganthropus paleojavanicus c. Pithecanthropus robustus d.

Pithecanthropus erectus e. Sinanthropus pekinensis Jawaban: b 8. Ilmuwan yang berhasil menemukan fosil Pithecanthropus erectus di daerah Trinil, Ngawi, Bangsa deutero melayu sudah menghasilkan peralatan yang terbuat dari. Timur adalah. a. Eugene Dubois b.

Ter Haar c. Oppenoorth d. Raplh von Koeningswald e. Wiedenrich Jawaban: a 9. Perhatikan pernyataan di bawah ini! 1) Memiliki tulang pipi yang tebal 2) Memiliki otot kunyah yang kuat 3) Memiliki tonjolan bagian yang menyolok 4) Memiliki tonjolan belakang yang tajam. 5) Mempunyai tempat perlekatan otot tengkuk yang besar dan kuat. Ciri-ciri di atas merupakan manusia purba jenis. a. Pithecanthropus b.

Homo sapiens c. Pithecantropus erectus d. Meganthropus paleojavanicus e. Pithecanthropus robustus Jawaban: e 10. Homo soloensis dan Homo wajakensis adalah pendukung peradaban zaman.

a. Paleolitikum b. Neolitikum c. Mesolitikum d. Logam e. Megalitikum Jawaban: a 11. Seorang ilmuwan yang menemukan fosil Meganthropus paleojavaincus di Sangiran adalah. a. von Koenigswald b. Eugene Dubois c. Teuku Jacob d.

Ter Haar e. van Heekeren Jawaban: a 12. Penyebab manusia purba hidup berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain adalah.

a. manusia purba mencari daerah yang subur b. sering terjadi bencana alam c. sering terjadi peperangan antarkelompok d. keadaan alam yang tidak stabil e. manusia purba sangat bergantung pada alam Jawaban: e 13. Berdasarkan tempat pemnemuannya, dapat disimpulkan bahwa manusia purba lebih senang mendiami daerah. a. puncak gunung b. tengah hutan c. tepi aliran sungai d. padang rumput e. padang pasir Jawaban: c 14.

Tugu batu yang didirikan sebagai tanda peringatan dan perlambang arwah nenek moyang dari zaman Megaitikum adalah. a. abris sous roche b. kjokkenmoddinger c. dolmen d. menhir e. nekara Jawaban: d 15. Revolusi kebudayaan yang terjadi pada zaman Neolitikum di Indonesia adalah.

bangsa deutero melayu sudah menghasilkan peralatan yang terbuat dari...

a. sudah mengenal perdagangan b. sudah mengenal penguburan jenazah c. sudah mengenal teknologi logam d. sudah mengenal kebudayaan e. sudah mengenal bercocok tanam Jawaban: e 16. Berikut ini ciri-ciri peradaban zaman Neolitikum, kecuali. a. menggunakan kapak persegi b. menggunakan kapak lonjong c. menggunakan peralatan batu yang sudah diasah d. menggunakan peralatan perunggu e. menggunakan peralatan gerabah Jawaban: d 17. Salah satu peralatan manusia purba dari zaman Paleolitikum adalah.

a. chopper b. nekara c. candrasa d. sarkofagus e. moko Jawaban: a 18. Salah satu teknik terpenting dari kebudayaan Paleolitikum di Indonesia adalah. a. manusia memproduksi makanan dengan cara bercocok tanam b.

manusia hidup berburu dan meramu c. manusia hidup dengan cara berpindah-pindah ladang d. manusia membuat alat alat-alat dari logam e. manusia hidup di pesisir dengan mencari kerang laut Jawaban: b 19. Nenek moyang kita di zaman Paleolitikum hidup secara nomaden karena. a. mereka mencari tempat tinggal b. mereka mencari tempat bercocok tanam c. mereka mencari binatang buruan dan hasil alam d.

menghindari bencana alam e. menghindari perang antarkelompok Jawaban: c 20. Kehidupan manusia yang bersifat nomaden atau berpindah-pindah merupakan ciri utama dari zaman. a. Paleolitikum b. Mesolitikum c. Neolitikum d. Megalitikum e. Logam Jawaban: a 21. Penelitian yang dilakukan oleh beberapa ahli memunculkan dugaan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia termasuk rumpun. a. Melayu Austronesia bangsa deutero melayu sudah menghasilkan peralatan yang terbuat dari.

Yunani c. Proto Melayu d. Deutero Melayu e. Yunan Jawaban: a 22. Migrasi bangsa Austronesia ke Indonesia pada tahun 500 SM membawa kebudayaan. a. kapak persegi b. kapak lonjong c. tembaga d. perunggu e. besi Jawaban: d 23. Bangsa Proto Melayu menghasilkan kebudayaan. a. kapak corong dan flakes b. kapak pendek dan kapak bahu c. kapak perimbas dan kapak corong d.

kapak persegi dan kapak lonjong e. pebble dan hache courte Jawaban: d 24. Suku bangsa yang merupakan keturunan dari bangsa Proto Melayu adalah. a. Dayak, Melayu, dan Batak b. Dayak, Batak, dan Toraja c. Melayu, Jawa, dan Minangkabau d. Batak, Jawa, dan Toraja e. Jawa, Toraja, dan Minangkabau Jawaban: b 25.

Secara arkeologis, bangsa Deutero Melayu memasuki wilayah Indonesia sejak tahun. a. 50 SM b. 100 SM c. 500 SM d. 1000 SM e. 1500 SM Jawaban: c 26. Di Indonesia yang merupakan keturunan dari bangsa Deutero Melayu adalah. a. Papua b. Dayak c. Bugis d.

Batak e. Toraja Jawaban: c 27. Bangsa Deutero Melayu sudah menghasilkan peralatan yang terbuat dari. a. tulang b. logam c. kayu d. tanah liat e.

batu Jawaban: b 28. Bangsa Deutero Melayu telah mengenal teknik pembuatan benda yang menggunakan alat modern dari lilin yang disebut.

a. a cire p[erdue b. multivalve c. roda putar d. monovalve e. bivalve Jawaban: a 29.

bangsa deutero melayu sudah menghasilkan peralatan yang terbuat dari...

Perhatikan data-data di bawah ini! 1) Berkembang sekitar tahun 500-300 SM 2) Dilakukan pemolesan sebagain 3) Berkembang di Tonkin, di tepi kanan Sungai Merah 4) Dikembangkan oleh bangsa Austronesia 5) Karya yang paling terkenal adalah nekara besar.

Berdasarkan data di atas, data-data yang berkaitan dengan kebudayaan Hoabinh adalah nomor. a. 1, 2, dan 3 b. 2, 3, dan 4 c. 3, 4, dan 5 d. 1, 3, dan 5 e. 2, 3, dan 5 Jawaban: b 30.

Pengaruh kebudayaan Bac son-Hoabinh terhadap nusantara, yaitu. a. pembuatan logam besi b. pembuatan gerabah c. pembuatan kapak batu d. pembuatan logam perunggu e. seni batik Jawaban: d 31. Teknik pembuatan benda perunggu dengan teknik setangkup disebut dengan istilah.

a. bivalve b. a cire perdue c. monovalve d. multivalve e.

bangsa deutero melayu sudah menghasilkan peralatan yang terbuat dari...

cor Jawaban: a 32. Di Vietanam Selatan, budaya Sa Huynh didukung oleh suatu kelompok bangsa deutero melayu sudah menghasilkan peralatan yang terbuat dari. memakai bahasa. a.

Polinesia b. Austronesia c. Thai d. Cina e. Melayu Jawaban: b 33. Kebudayaan Sa Huynh yang memiliki hiasan garis dan bidang-bidang yang sisinya dengan tema tepian kerang adalah.

a. tembikar b. lingling-O c. tempayan kubur d. tembilang e. sarkofagus Jawaban: c 34. Nekara yang kecil disebut moko. Di Pulau Alor, moko berfungsi sebagai. a. alat tukar dalam perdagangan b. alat upacara minta hujan c. genderang perang d. mas kawin e. benda yang dipuja dan dikeramatkan Jawaban: b 35. Kebudayaan perunggu yang berkembang di Indonesia berasal dari daerah. a. Teluk Tonkin b. Dong Son c. Sa Huynh d.

Kashmir e. Gujarat Jawaban: b 36. Perhiasan perunggu banyak ditemukan di Plawangan, yaitu daerah. a. Rembang b. Banten c. Bali d. Sumba e. Madura Jawaban: a 37. Perunggu cair dituang ke dalam cetakan. Orang yang ahli mengerjakannya disebut. a. Terakota b. cetak bata c. genggam d. a cire perdue e.

undagi Jawaban: e 38. Bukti paling awal dalam pembuatan benda-benda dari perunggu ditemukan di negara. a. Vietnam b. Myanmar c. Laos d. Kamboja e. Thailand Jawaban: a 39. Zaman logam dimulai pada tahun. a. 2000 SM b. 300 SM c. 1000 SM d. 400 SM e. 250 SM Jawaban: c 40. Di Indonesia, nekara perunggu yang terbesar dan bentuknya sama dengan hasil kebudayaan Dong Son ditemukan di pulau. a. Formosa b. Tumasik c. Mindanao d. sulawesi e.

Selayar Jawaban: e
Pada postingan kali ini kami menyajikan BAB III Kehidupan Manusia Purba dan Asal usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia Kompetensi Bangsa deutero melayu sudah menghasilkan peralatan yang terbuat dari.

3. 3 Menganalisis kehidupan manusia purba dan bangsa deutero melayu sudah menghasilkan peralatan yang terbuat dari. nenek moyang bangsa Indonesia (melanesoid, proto, dan deutero melayu) 4.3 Menyajikan informasi mengenai kehidupan manusia purba dan asal-usul nenek moyang bangsa indonesia (melanesoid, proto, dan deutero melayu) dalam bentuk tulisan KEGIATAN PEMBELAJARAN 2 ASAL USUL NENEK MOYANG BANGSA INDONESIA A. Tujuan Pembelajaran Setelah kegiatan pembelajaran 2 ini diharapkan kalian dapat membandingkan kehidupan manusia purba dari segi fisik dan non fisik serta menyimpulkan asal usul nenek moyang Bangsa Indonesia melalui diagram peta konsep dengan penuh semangat B.

Uraian Materi Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Kapan dan dari mana nenek moyang kita datang merupakan peristiwa penting dalam sejarah Indonesia, karena keberadaan kita di indonesia saat ini perlu kita ketahui. Awal keberadaan manusia di Indonesia menjadi zaman prasejarah yang mempunyai beberapa pendapat berbeda-beda bagi para ahli sejarah mengenai asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia. Persebaran berdasarkan penelitian para ahli sejarah akan dibahas disini secara jelas.

Untuk itu, silahkan simak penjelasannya disini. a. Pendapat Para Ahli Beberapa pendapat para ahli tentang asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia antara lain sebagai berikut: 1. Drs. Moh. Ali. Ali menyatakan bahwa bangsa Indonesia berasal dari daerah Yunan, Cina. Pendapat ini dipengaruhi oleh pendapat Mens yang berpendapat bahwa bangsa Indonesia berasal dari daerah Mongol yang terdesak oleh bangsa-bangsa lebih kuat sehingga mereka pindah ke selatan, termasuk ke Indonesia. Ali mengemukakan bahwa leluhur orang Indonesia berasal dari hulu-hulu sungai besar yang terletak di daratan Asia dan mereka berdatangan secara bergelombang.

Gelombang pertama berlangsung dari 3.000 hingga 1.500 SM (Proto Melayu) dan gelombang kedua terjadi pada 1.500 hingga 500 SM (Deutro Melayu).

Ciri-ciri gelombang pertama adalah kebudayaan Neolitikum dengan jenis perahu bercadik-satu, sedangkan gelombang kedua menggunakan perahu bercadik-dua. 2. Prof. Dr. H. Kern. Ilmuwan asal Belanda ini menyatakan bahwa bangsa Indonesia berasal dari Asia. Kern berpendapat bahwa bahasa - bahasa yang digunakan di kepulauan Indonesia, Polinesia, Melanesia, Mikronesia memiliki akar bahasa yang sama, yakni bahasa Austronesia. Kern menyimpulkan bahwa bangsa Indonesia berawal dari satu daerah dan menggunakan bahasa Campa.

Menurutnya, nenek-moyang bangsa Indonesia menggunakan perahu-perahu bercadik menuju kepulauan Indonesia. Pendapat Kern ini didukung oleh adanya persamaan nama dan bahasa yang dipergunakan di daerah Campa dengan di Indonesia, misalnya kata “kampong” yang banyak digunakan sebagai kata tempat di Kamboja.

Selain nama geografis, istilah-istilah binatang dan alat perang pun banyak kesamaannya. Tetapi pendapat ini disangkal oleh K. Himly dan P.W. Schmidt berdasarkan perbendaharaan bahasa Campa. 3. Willem Smith. Melihat asal-usul bangsa Indonesia melalui penggunaan bahasa oleh orang-orang Indonesia. Willem Smith membagi bangsa-bangsa di Asia atas dasar bahasa yang dipakai, yakni bangsa yang berbahasa Togon, bangsa yang berbahasa Jerman, dan bangsa yang berbahasa Austria.

Lalu bahasa Austria dibagi dua, yaitu bangsa yang berbahasa Austro Asia dan bangsa yang berbahasa Austronesia. Bangsa-bangsa yang berbahasa Austronesia ini mendiami wilayah Indonesia, Melanesia, dan Polinesia 4.

Prof. Dr. Sangkot Marzuki. Menyatakan bahwa nenk moyang bangsa Indonesia berasal dari Austronesia dataran Sunda. Hal ini didasarkan hasil penelusuran DNA fosil. Ia menyanggah bahwa nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Yunan, karena Homo Erectus atau Phitecantropus Erectus ini tidak ada kelanjutannya pada manusia saat ini.

Mereka punah dan digantikan oleh manusia dengan species baru, yang sementara ini diyakini sebagai nenek moyang manusia yang ditemukan di Afrika. 5. Van Heine Geldern. Pendapatnya tak jauh berbeda dengan Kern bahwa bahasa Indonesia berasal dari Asia Tengah. Teori Geldern ini didukung oleh penemuan-penemuan sejumlah artefak, sebagai perwujudan budaya, yang ditemukan di Indonesia mempunyai banyak kesamaan dengan yang ditemukan di daratan Asia. 6.

Prof. Mohammad Yamin. Yamin menentang teori-teori di atas. Ia menyangkal bahwa orang Indonesia berasal dari luar kepulauan Indonesia. Menurut pandangannya, orang Indonesia adalah asli berasal dari wilayah Indonesia sendiri.

Ia bahkan meyakini bahwa ada sebagian bangsa atau suku di luar negeri yang berasal dari Indonesia. Yamin menyatakan bahwa temuan fosil dan artefak lebih banyak dan lengkap di Indonesia daripada daerah lainnya di Asia, misalnya, temuan fosil Homo atau Pithecanthropus soloensis dan wajakensis yang tak ditemukan di daerah Asia lain termasuk Indocina (Asia Tenggara).

7. Prof. Dr. Krom. Menguraikan bahwa masyarakat awal Indonesia berasal dari Cina Tengah karena di daerah Cina Tengah banyak terdapat sumber sungai besar.

Mereka menyebar ke kawasan Indonesia sekitar 2.000 SM sampai 1.500 SM. 8. Dr. Brandes. Berpendapat bahwa suku-suku yang bermukim di kepulauan Indonesia memiliki persamaan dengan bangsa-bangsa yang bermukim di daerah-daerah yang membentang dari sebelah utara Pulau Formosa di Taiwan, sebelah barat Pulau Madagaskar; sebelah selatan yaitu Jawa, Bali; sebelah timur hingga ke tepi pantai bata Amerika.

Brandes melakukan penelitian ini berdasarkan perbandingan bahasa. 9. Hogen. Menyatakan bahwa bangsa yang mendiami daerah pesisir Melayu berasal dari Sumatera. Bangsa Melayu ini kemudian bercampur dengan bangsa Mongol yang disebut bangsa Proto Melayu (Melayu Tua) dan Deutro Melayu (Melayu Muda). Bangsa Proto Melayu kemudian menyebar di sekitar wilayah Indonesia pada tahun 3.000 hingga 1.500 SM, sedangkan bangsa Deutro Melayu datang ke Indonesia sekitar tahun 1.500 hingga 500 SM.

10. Max Muller. Berpendapat lebih spesifik, yaitu bahwa bangsa Indonesia berasal dari daerah Asia Tenggara. Namun, alasan Muller tak didukung oleh alasan yang jelas. 11. Mayundar. Berpendapat bahwa bangsa-bangsa yang berbahasa Austronesia berasal dari India, lalu menyebar ke wilayah Indocina terus ke daerah Indonesia dan Pasifik.

Teori Mayundar ini didukung oleh penelitiannya bahwa bahasa Austria merupakan bahasa Muda di India bagian timur. 12. Mens. Berpendapat bahwa bangsa Indonesia berasal dari bangsa Mongol yang terdesak oleh bangsa bangsa yang lebih kuat, sehingga mereka terdesak ke selatan termasuk kawasan Indonesia. 13. Sultan Takdir Alisyahbana. Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang berasal dari melayu karena berdasarkan rumpun bahasa yang memiliki kesamaan.

14. Gorys Kraf. Indonesia kebudayaannya lebih tinggi dari kebudayaan wilayah sekitarnya, yang berarti induknya berasal dari Indonesia. 15. Harry Truman Simandjutak. Bahwa bahasa yang banyak digunakan di Indonesia bangsa deutero melayu sudah menghasilkan peralatan yang terbuat dari. dari Bahasa Austronesia yang induknya ada di Pulau Formosa, Taiwan.

Nenek moyang bangsa Indonesia meninggalkan daerah Yunan disekitar hulu sungai Salwen dan sungai Mekhong yang tanahnya sangat subur diperkirakan karena bencana alam atau serangan dari suku bangsa lain. Alat transfortasi yang digunakan oleh nenek moyang bangsa Indonesia adalah Perahu Bercadik. Mereka berlayar secara berkelompok tanpa mengenal rasa takut dan menempati berbagai pulau dan sqalah asatu tempat yang merek pilih adalah nusantara. Hal ini menunjukan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia adalah pelaut-pelaut yang ulung yang mempunyai jiwakelautan yang mendalam.

Nenek moyang bangsa Indonesia mempunyai kebudayaan kelautan yaitu sebagai penemu model asli perahu bercadik yang merupakan ciri khas kapal bangsa Indonesia.

Orang-orang Austronesia yang memasuki wilayah Nusantara dan kemudian menetap disebut bangsa Melayu Indonesia Mereka inilah yang menjadi nenek langsung bangsa Indonesia sekarang. Bangsa Melayu itu dapat dibedakan menjadi dua suku bangsa. 1. Proto Melayu (Bangsa Melayu Tua) 2. Deutero Melayu (Bangsa Melayu Muda) b.

Proto Melayu Bangsa Melayu Tua adalah orang-orang Austronesia dari Asia yang pertama kali datang ke nusantara pada sekitar tahun 1500 SM. Bangsa Melayu Tua memasuki wuilayah nusantara melalui du jalur, yaitu: a. Jalur Barat melalui malaysia –Sumatera b. Jalur Utara atau Timur melalui Fhilipina – Sulawesi. Bangsa Melayu Tua memiliki kebudayaan yang lebih tinggi dari pada manusia purba. Kebudayaan bangsa Melayu Tua disebut kebudayaan batu baru atau neolithikum. Meskipun hampir semua peralatan merek terbuat dari batu.

Pembuatannya sudah dihaluskan. Hasil budaya zaman ini yang terkenal adalah kapak persegi yang banyak ditemukan di wilayah Indonesia bagian Barat ( Sumatera, jawa, Kalimantan,dan Bali ). Menurut penelitian Van Heekertn di Kalumpang ( Sulawesi Utara ) telah terjadi perpaduan antara tradisi kapak persegi dan kapak lonjong yang dibawa oleh orang-orang Austranesia yang dating dari arah utara atau melalui Fhilipina dan Sulawesi.

Suku bangsa Indonesia yang termasuk anak keturunan bangsa Proto Melayu adalah suku Dayak dan Suku Toraja c. Deutero Melayu Pada kurun waktu tahun 400-300 SM adalah gelombang ke dua nenek moyang bangsa Indonesia dating ke nusantara. Bangsa melayu muda ( Deutero Melayu ) berhasil mendesak dan berasimilsasi dengan pendahulunya, bangsa proto melayu.

Bangsa deuteron Melayu memasuki wilayah nusantara melalui jalur Barat mereka menempuh rute dari Yunan ( Teluk Tonkin ), Vietnam, semenanjung Malaysia, dan akhirnya sampai di Nusantara. Bangsa Deutero Melayu memiliki kebudayaan yang lebih maju dibandingkan bangsa Proto Melayu karena mereka telah dapat membuat barang-barang dari perunggu dan besi. Hasil budayanya yang terkenal adalah kapak corong, kapak serpatu, dan nekara.

Selain kebudayaan logam, bangsa Deutro Melayu juga mengembangkan kebudayaan megalithikum, misalnya menhir / tugu batu,dolmen / meja batu,sarkopagus/ keranda mayat, kubur batu, dan punden berundak.

Suku bangsa Indonesia yang termasuk ketuirunan bangsa Melayu muda adalah suku Jawa dan Melayu dan Bugis. d. Bangsa Primitif Sebelum kelompok bangsa melayu memasuki Nusantara sebenarnya telah ada kelompok manusia yang lebih dahulu tinggal di wilayah tersebut. Mereka termasuk bangsa primitive dengan budayanya yang sangat sederhana. Mereka yang termasuk bangsa primitive adalah; a. Manusia Pleistosin ( Purba ) Kehidupan manusia purba ini selalu berpindah tempat dengan kemampuan yang sangat terbatas.

Demikian juga dengan kebudayaannnya sehingga corak kehidupannnya manusia purba ini tidak dapat diikuti kembali kecuali beberapa aspek saja.

Misalnya teknologinya yang masih sangat sederhana ( Teknologi Paleolitik ) b. Suku Wedoid Sisa-sisa suku Widoid sampai sekarang masih ada misalnya suku Sakai di Siak serta suku Kubu diperbatasan Jambi dan Palembang.

Mereka hidup dari meramu/ mengumpulkan hasil hutan dan berkebudayaan sederhana. Mereka juga sulit sekali menyesuaikan diri dengan masyarakat modern. c. Suku Negroid Di Indonesia sudah tidak terdapat lagi sisa-sisa kehidupan suku negroid. Akan tetapi di pedalaman Malayasia dan fhilipina keturunan suku negroid masih ada.Suku yang maasuk suku negroid misalnya suku Semang di Semenanjung malaysia dan suku negrito di Filipina.

Untuk mengetahui asal nenek moyang bangsa Indonesia, bisa melalui dua cara, yaitu melalui persebaran rumpun dan persebaran bercocok tanam. Merujuk pada bidang linguistik, bahasa yang tersebar di Indonesia termasuk rumpun bahasa Melayu Austronesia.

Menurut para ahli, nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Yunan, kesimpulan ini diambil berdasarkan bukti kesamaan artefak prasejarah yang ditemukan di wilayah itu dengan artefak prasejarah di Indonesia. Dari artefak yang ditemukan di Yunan, tampak bahwa sekitar 3000 SM masyarakat di wilayah itu telah mengenal bercocok tanam. Daerah Yunan terletak di daratn Asia Tenggara, tepatnya di wilayah Myanmar sekarang. Seoarang ahli sejarah yang bangsa deutero melayu sudah menghasilkan peralatan yang terbuat dari.

pendapat ini adalah Moh. Ali, pendapat Moh. Ali ini didasarkan pada argumen bahwa nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari hulu-hulu sungai besar di Asia dan kedatangannya ke Indonesia dilakukan secara bergelombang.

Gelombang pertama berlangsung dari tahun 3000 SM-1500 SM dengan menggunakan perahu bercadik satu. Sedangkan gelombang kedua berlangsung antara tahun 1500 SM-500 SM dengan menggunakan perahu bercadik dua. Pendapat Moh. Ali sangat dipengaruhi oleh pendapat dari Mens bahwa nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Monggol yang terdesak ke selatan oleh bangsa-bangsa yang lebih kuat.

C. Rangkuman Bertolak dari pendapat para ahli tersebut, terdapat hal menarik tentang asal usul nenek moyang bangsa Indonesia. Pertama, nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Yunan dan Campa.

Argumen merujuk pada pendapat Moh. Ali dan Kern bahwa sekitar tahun 3000 SM-1500 SM terjadi gelombang perpindahan bangsa-bangsa di Yunan dan Campa sebagai akibat desakan bangsa lain dari Asia Tengah yang lebih kuat. Argumen ini diperkuat dengan adanya persamaan bahasa, nama binatang, dan nama peralatan yang dipakai di kepulauan Indonesia, Polinesia, Melanesia, dan Mikronesia. Kedua, nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Indonesia sendiri. Argumen ini merujuk pada pendapat Moh.

Yamin yang didukung dengan penemuan fosil-fosil dan artefak-artefak manusia tertua di wilayah Indonesia dalam jumlah yang banyak. Sementara, fosil dan artefak manusia tertua jarang ditemukan di daratan Asia.

Sinanthropus Pekinensis yang ditemukan di Cina dan diperkirakan sezaman dengan Pithecantropus Erektus dari Indonesia, merupakan satu-satunya penemuan fosil tertua di daratan Asia. Ketiga, masyarakat awal yang menempati wilayah Indonesia termasuk rumpun bangsa Melayu. Oleh karena itu, bangsa Melayu ditempatkan sebagai nenek moyang bangsa Indonesia.

Argumen ini merujuk pada pendapat Hogen yang berpendapat bahwa bangsa yang mendiami daerah pesisir Melayu berasal dari Sumatra. Bangsa Melayu yang menjadi nenek moyang bangsa Indonesia dapat dibedakan menjadi dua, yaitu : 1. Bangsa Proto Melayu atau Melayu Tua Orang Proto Melayu telah pandai membuat alat bercocok tanam, membuat barang pecah belah, dan alat perhiasan. Kehidupan mereka berpindah-pindah. Bangsa ini memasuki Indonesia melalui dua jalur, yaitu : a.

Jalan barat dari Semenanjung Malaka ke Sumatera dan selanjutnya menyebar ke beberapa daerah di Indonesia. b. Jalan timur dari Semenanjung Malaka ke Filiphina dan Minahasa, serta selanjutnya menyebar ke beberapa daerah di Indonesia. Bangsa Proto Melayu memiliki kebudayaan yang setingkat lebih tinggi dari kebudayaan Homo Sapiens di Indonesia.

Kebudayaan mereka adalah kebudayaan batu muda (neolitikum). Hasil-hasil kebudayaan mereka masih terbuat dari batu, tetapi telah dikerjakan dengan baik sekali (halus). Kapak persegi merupakan hasil kebudayaan bangsa Proto Melayu yang masuk ke Indonesia melalui jalan barat dan kapak lonjong melalui jalan timur. Keturunan bangsa Proto Melayu yang masih hidup hingga sekarang diantaranya adalah suku bangsa Dayak, Toraja, Batak, dan Papua. 2. Bangsa Deutro Melayu atau Melayu Muda Sejak tahun 5000 SM, bangsa Deutro Melayu memasuki wilayah Indonesia secara bergelombang melalui jalan barat.

Deutro Melayu hidup secara berkelompok dan tinggal menetap di suatu tempat. Kebudayaan bangsa Deutro Melayu lebih tinggi dari kebudayaan bangsa Proto Melayu. Hasil kebudayaan mereka terbuat dari logam (perunggu dan besi).

Kebudayaan mereka disebut dengan kebudayaan Dongsong, yaitu suatu nama kebudayaan dari daerah Tonkin yang memiliki kesamaan dengan kebudayaan bangsa Deutro Melayu. Daerah Tonkin diperkiraan merupakan tempat asal bangsa Deutro Melayu, sebelum menyebar ke wilayah Indonesia. Hasil-hasil kebudayaan perunggu yang penting di Indonesia adalah kapak corong atau kapak sepatu, nekara, dan bejana perunggu. Keturunan bangsa Deutro Melayu yang masih hidup hingga sekarang diantaranya adalah suku bangsa Melayu, Batak, Minang, Jawa, dan Bugis D.

Latihan Soal 1. Suku bangsa yang merupakan keturunan dari bangsa Proto Melayu adalah: a. Dayak, Melayu, dan Batak b. Dayak, Batak, dan Toraja c. Melayu, Jawa, dan Minangkabau d. Batak, Jawa, dan Toraja bangsa deutero melayu sudah menghasilkan peralatan yang terbuat dari.

Jawa, Toraja, dan Minangkabau 2. Kebudayaan yang dihasilkan oleh bangsa Proto Melayu adalah: a. kapak corong dan flakes b. kapak pendek dan kapak bahu c. kapak perimbas dan kapak corong d. kapak persegi dan kapak lonjong e. pebble dan hache courte 3. Secara arkeologis, bangsa Deutero Melayu memasuki wilayah Indonesia sejak tahun: a.

50 SM b. 100 SM c. 500 SM d. 1000 SM e. 1500 SM 4. Suku bangsa di wilayah Indonesia yang merupakan keturunan dari bangsa Deutero Melayu adalah suku bangsa: a.

Papua b. Dayak c. Bugis d. Batak e. Toraja 5. Bangsa Deutero Melayu sudah menghasilkan peralatan yang terbuat dari. a. tulang b. logam c.

kayu d. tanah liat e. Batu SILAHKAN KIRIM JAWABAN ANDA KEPADA GURU MELALUI WHATSAPP Tulisan ini merupakan lanjutan dari contoh soal PG dan Jawaban Sejarah Kelas X Semester 2 bagian pertama. Dimana pada bagian kedua ini, berisikan materi tentang Peradaban Dunia yang Berpengaruh pada Peradaban Indonesia. Materi yang sama, tetapi dalam bentuk Essay, bisa Anda baca pada tulisan sebelumnya, yaitu: Contoh Soal Essay dan Jawaban Sejarah Kelas X Semester 2 (Part-2) Oke, berikut ini contoh soal pilihan ganda Sejarah kelas 10 semester 2, beserta jawabannya.

Dimulai dari soal nomor 21 sampai dengan 40. 21. Penelitian yang dilakukan oleh beberapa ahli memunculkan dugaan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia termasuk rumpun. a. Melayu Austronesia b.

bangsa deutero melayu sudah menghasilkan peralatan yang terbuat dari...

Yunani c. Proto Melayu d. Deutero Melayu e. Yunan Jawaban: a 22. Migrasi bangsa Austronesia ke Indonesia pada tahun 500 SM membawa kebudayaan. a. kapak persegi b. kapak lonjong c. tembaga d. perunggu e. besi Jawaban: d 23. Bangsa Proto Melayu menghasilkan kebudayaan. a. kapak corong dan flakes b. kapak pendek dan kapak bahu c. kapak perimbas dan kapak corong d.

kapak persegi dan kapak lonjong e. pebble dan hache courte Jawaban: d 24. Suku bangsa yang merupakan keturunan dari bangsa Proto Melayu adalah. a. Dayak, Melayu, dan Batak b.

Dayak, Batak, dan Toraja c. Melayu, Jawa, dan Minangkabau d. Batak, Jawa, dan Toraja e. Jawa, Toraja, dan Minangkabau Jawaban: b 25. Secara arkeologis, bangsa Deutero Melayu memasuki wilayah Indonesia sejak tahun.

a. 50 SM b. 100 SM c. 500 SM d. 1000 SM e. 1500 SM Jawaban: c 26. Di Indonesia yang merupakan keturunan dari bangsa Deutero Melayu adalah. a. Papua b. Dayak c. Bugis d. Batak e. Toraja Jawaban: c 27. Bangsa Deutero Melayu sudah menghasilkan peralatan yang terbuat dari. a. tulang b. logam c. kayu d.

bangsa deutero melayu sudah menghasilkan peralatan yang terbuat dari...

tanah liat e. batu Jawaban: b 28. Bangsa Deutero Melayu telah mengenal teknik pembuatan benda yang menggunakan alat modern dari lilin yang disebut. a. a cire p[erdue b. multivalve c. roda putar d. monovalve e. bivalve Jawaban: a 29. Perhatikan data-data di bawah ini! 1) Berkembang sekitar tahun 500-300 SM 2) Dilakukan pemolesan sebagain 3) Berkembang di Tonkin, di tepi kanan Sungai Merah 4) Dikembangkan oleh bangsa Austronesia 5) Karya yang paling terkenal adalah nekara besar.

Berdasarkan data di atas, data-data yang berkaitan dengan kebudayaan Hoabinh adalah nomor. a. 1, 2, dan 3 b. 2, 3, dan 4 c. 3, 4, dan 5 d. 1, 3, dan 5 e. 2, 3, dan 5 Jawaban: b 30. Pengaruh kebudayaan Bac son-Hoabinh terhadap nusantara, yaitu. a. pembuatan logam besi b. pembuatan gerabah c. pembuatan kapak batu d. pembuatan logam perunggu e. seni batik Jawaban: d 31. Teknik pembuatan benda perunggu dengan teknik setangkup disebut dengan istilah.

a. bivalve b. a cire perdue c. monovalve d. multivalve e. cor Jawaban: a 32. Di Vietanam Selatan, budaya Sa Huynh didukung oleh suatu kelompok yang memakai bahasa. a. Polinesia b. Austronesia c. Thai d. Cina e. Melayu Jawaban: b 33. Kebudayaan Sa Huynh yang memiliki hiasan garis dan bidang-bidang yang sisinya dengan tema tepian kerang adalah. a. tembikar b. lingling-O c. tempayan kubur d. tembilang e. sarkofagus Jawaban: c 34. Nekara yang kecil disebut moko.

Di Pulau Alor, moko berfungsi sebagai. a. alat tukar dalam perdagangan b. alat upacara minta hujan c. genderang perang d. mas kawin e. benda yang dipuja dan dikeramatkan Jawaban: b 35. Kebudayaan perunggu yang berkembang di Indonesia berasal dari daerah.

a. Teluk Tonkin b. Dong Son c. Sa Huynh d. Kashmir e. Gujarat Jawaban: b 36. Perhiasan perunggu banyak ditemukan di Plawangan, yaitu daerah. a. Rembang b. Banten c. Bali d. Sumba e. Madura Jawaban: a 37. Perunggu cair dituang ke dalam cetakan. Orang yang ahli mengerjakannya disebut. a. Terakota b. cetak bata c. genggam d.

a cire perdue e. undagi Jawaban: e 38. Bukti paling awal dalam pembuatan benda-benda dari perunggu ditemukan di negara. a. Vietnam b. Myanmar c. Laos d. Kamboja e. Thailand Jawaban: a 39. Zaman logam dimulai pada tahun.

a. 2000 SM b. 300 SM c. 1000 SM d. 400 SM e. 250 SM Jawaban: c 40. Di Indonesia, bangsa deutero melayu sudah menghasilkan peralatan yang terbuat dari. perunggu yang terbesar dan bentuknya sama dengan hasil kebudayaan Dong Son ditemukan di pulau. a. Formosa b. Tumasik c. Mindanao d. sulawesi e. Selayar Jawaban: e Lanjut ke soal nomor 41-50 => contoh soal Pilihan Ganda Sejarah beserta jawaban kelas 10 semester 2 bagian ketiga
Jawaban : Bangsa deutero Melayu sudah menghasilkan peralatan yang terbuat dari Perunggu dan Besi.

Penjelasan : Bangsa Melayu yang datang ke Indonesia digolongkan menjadi dua Yaitu : ✔ Proto Melayu (Melayu Tua) Proto Melayu adalah Orang-orang yang menurunkan Suku bangsa Batak, Toraja dan Dayak.

Suku bangsa ini mempunyai peralatan Yang terbuat dari Batu. ✔ Deutro Melayu (Melayu Muda) Deutro Melayu adalah Orang-orang yang menurunkan Suku bangsa Jawa, Bali. Suku bangsa ini mempunyai peralatan Yang terbuat dari Bangsa deutero melayu sudah menghasilkan peralatan yang terbuat dari. dan Besi. Link Internal Terkait Ciri-ciri Deutero Melayu brainly.co.id/tugas/4299172 _______________________________ Bidang Study : Geografi Kelas : 7 Materi : Keadaan Penduduk Indonesia Kode Soal : 8 Kode Kategorisasi : 7.8.4 Kata Kunci : Deutero Melayu, Proto Melayu dan Peralatan.
1.

Pithecanthropus berarti manusia kera. Dasar pemberian nama ini adalah: a. Tinggi badan Pithecanthropus hampir sama dengan tinggi badan manusia modern b.

Bentuk tubuh Pithecanthropus menyerupai manusia tetapi berwajah kera c. Kehidupan Pithecanthropus sudah teratur seperti kehidupan manusia modern d. Volume otak Pithecanthropus berada antara volume otak manusia dan kera e. Bentuk kepala Pithecanthropus mendekati bentuk kepala manusia PEMBAHASAN Jawaban D Pithecanthropus berarti manusia kera.

Dasar pemberian nama ini adalah volume otak Pithecanthropus berada antara volume otak manusia dan kera. 2. Salah satu keterampilan sosial Homo erectus yang patut kita teladani adalah: a. Menjunjung tinggi kedisiplinan b. Memiliki kemampuan membuat api c. Memiliki kemampuan berinteraksi dengan sesamanya d. Menanamkan kekerabatan sosial dalam kehidupan e.

Mengembangkan sikap kerja sama dan tanggung jawab PEMBAHASAN Jawaban E Salah satu keterampilan sosial Homo erectus yang patut kita teladani adalah mengembangkan sikap kerja sama dan tanggung jawab 3. Adanya zaman Azoikum, Paleozoikum, Mesozoikum dan Neozoikum merupakan pembagian masa pra aksara berdasarkan: a.

Arkeologi b. Geologi c.

bangsa deutero melayu sudah menghasilkan peralatan yang terbuat dari...

Antropologi d. Paleontologi e. Filologi PEMBAHASAN Jawaban B Adanya zaman Azoikum, Paleozoikum, Mesozoikum dan Neozoikum merupakan pembagian masa pra aksara berdasarkan Geologi 4. Salah satu jenis manusia purba di Indonesia adalah Meganthropus palaeojavanicus. Manusia purba tersebut mempunyai ciri: a. Ukuran geraham besar b. Volume otak 900 cc c. Muka menonjol ke depan d.

Pipi menonjol ke depan dan ke samping e. Rahang besar bawah besar melebihi rahang simpanse PEMBAHASAN Jawaban D Salah satu jenis manusia purba di Indonesia adalah Meganthropus palaeojavanicus. Manusia purba tersebut mempunyai ciri pipi menonjol ke depan dan ke samping 5.

Perhatikan data di bawah ini! 1) Ditemukan di Desa Sangiran lembah Sungai Bengawan Solo 2) Ditemukan di Desa Trinil lembah Sungai Bengawan Solo 3) Ukuran tubuh sangat besar dan kuat 4) Sudah berjalan tegak seperti manusia 5) Ditemukan oleh Eugene Dubois pada tahun 1890 6) Ditemukan oleh von Koenigswald Berdasarkan data di atas yang termasuk ciri-ciri manusia purba Meganthropus paleojavanicus yang dianggap sebagai manusia tertua di Pulau Jawa terdapat pada nomor: a. 1), 2), dan 3) b.

1), 3), dan 6) c. 2), 4), dan 5) d. 3), 4), dan 5) e. 4), 5), dan 6) PEMBAHASAN Jawaban B Manusia purba Meganthropus paleojavanicus yang dianggap sebagai manusia tertua di Pulau Jawa antara lain ditemukan di Desa Sangiran lembah Sungai Bengawan Solo, ukuran tubuh sangat besar dan kuat, ditemukan oleh von Koenigswald 6.

Suku bangsa yang merupakan keturunan dari bangsa Proto Melayu adalah: a. Dayak, Melayu, dan Batak b. Dayak, Batak, dan Toraja c. Melayu, Jawa, dan Minangkabau d. Batak, Jawa, dan Toraja e. Jawa, Toraja, dan Minangkabau PEMBAHASAN Jawaban B Suku bangsa yang merupakan keturunan dari bangsa Proto Melayu adalah Dayak, Batak, dan Toraja 7.

Kebudayaan yang dihasilkan oleh bangsa Proto Melayu adalah: a. kapak corong dan flakes b. kapak pendek dan kapak bahu c. kapak perimbas dan kapak corong d. kapak persegi dan kapak lonjong e. pebble dan hache courte PEMBAHASAN Jawaban D Kebudayaan yang dihasilkan oleh bangsa Proto Melayu adalah kapak persegi dan kapak lonjong 8. Secara arkeologis, bangsa Deutero Melayu memasuki wilayah Indonesia sejak tahun: a.

50 SM b. 100 SM c. 500 SM d. 1000 SM e. 1500 SM PEMBAHASAN Jawaban C Secara arkeologis, bangsa Deutero Melayu memasuki wilayah Indonesia sejak tahun 500 SM 9. Suku bangsa di wilayah Indonesia yang merupakan keturunan dari bangsa Deutero Melayu adalah suku bangsa: a. Papua b.

Dayak c. Bugis d. Batak e. Toraja PEMBAHASAN Jawaban C Suku bangsa di wilayah Indonesia yang merupakan keturunan dari bangsa Deutero Melayu adalah suku bangsa Bugis 10. Bangsa Deutero Melayu sudah menghasilkan peralatan yang terbuat dari.

a. tulang b. logam c. bangsa deutero melayu sudah menghasilkan peralatan yang terbuat dari. d. tanah liat e. Batu PEMBAHASAN Jawaban B Bangsa Deutero Melayu sudah menghasilkan peralatan yang terbuat dari logam 11.

Pitecantropus erectus ditemukan oleh Eugene Dubois pada tahun 1890 di daerah: a. Kedungbrubus, Trinil, Ngawi b. Ngandong, Lembah Bengawan Solo c.

Lembah Sungai Brantas, Tulungagung d. Sangiran, Solo, Jawa Tengah e. Mojokerto, Jawa Timur PEMBAHASAN Jawaban A 12. Perhatikan data berikut! 1. Tinggi badan antara sekitar 168 – 180 cm 2. Bentuk kening yang menonjol sangat tebal 3. Makanan berupa tumbuhan dan daging 4. Tidak memiliki dagu 5. Volume otaknya sekitar 550 cc – 850 cc Data yang merupakan ciri-ciri dari jenis manusia purba Pitecantropus erectus adalah: a.

1, 2, 3 b. 1, 2, 4 c. 1, 3, 4 d. 2, 3, 4 e. 3, 4, 5 PEMBAHASAN Jawaban B Berdasarkan fosil-fosil yang ditemukan, Pithecanthropus memiliki ciri berikut: • Pithecanthropus hidup pada masa Pleistosen awal dan tengah (1 juta hingga 1,5 juta tahun silam) • Tinggi badan sekitar 168 – 180 cm dengan berat badan rata-rata 80 – 100 kg • Berjalan tegak • Volume otaknya sekitar 775 cc – 975 cc • Batang tulang lurus dengan tempat-tempat perlekatan otot yang sangat nyata • Bentuk tubuh dan anggota badan tegap • Alat pengunyah dan otot tengkuk sangat kuat • Bentuk geraham besar dengan rahang yang sangat kuat • Bentuk kening yang menonjol sangat tebal • Bentuk hidung tebal • Tidak memiliki dagu • Bagian belakang kepala tampak menonjol 13.

Alat yang tidak digunakan oleh manusia purba pada masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana adalah: a. Kapak persegi b. Alat serpih c. Kapak genggam d. Chopper e. Arca PEMBAHASAN Jawaban D Bukti keberadaan manusia purba di Indonesia juga didukung oleh peninggalan berbagai macam perkakas yang digunakan untuk membantu kehidupan mereka. Berikut ini adalah alat-alat manusia purba, antara lain: Kapak Genggam, Alat Serpih, Kapak Persegi, Kapak Lonjong, Menhir, Dolmen, Sarkofagus, Arca, Bejana Perunggu, Kapak Corong.

14. Menurut von Koenigswald Meganthropus Paleojavanicus ditemukan pada lapisan: a. Pleistosen awal b. Holosen c. Glasial d. Pleistosen tengah e. Pleistosen bawah PEMBAHASAN Jawaban A Berdasarkan hasil penemuan fosil-fosilnya para ahli menyimpulkan bangsa deutero melayu sudah menghasilkan peralatan yang terbuat dari.

Meganthropus paleojavanicus memiliki ciri-ciri sebagai berikut: • Hidup pada masa Pleistosen awal • Memiliki rahang bawah yang sangat tegap dan geraham yang besar • Memiliki bentuk gigi yang homonim • Memiliki otot-otot kunyah yang kuat • Bentuk mukanya masif dengan tulang pipi yang tebal, tonjolan kening yang mencolok dan tonjolan belakang kepala yang tajam serta tidak memiliki dagu.

• Memakan jenis tumbuh-tumbuhan 15. Setiap manusia purba memiliki ciri tersendiri yang didasarkan atas namanya. Manusia purba yang mendapat julukan manusia cerdas, adalah Homo … a. Erectus b. Florensis c. Sapiens d. Africanensis e. mojokertensis PEMBAHASAN Jawaban C Secara khusus ia memiliki ciri-ciri berikut: a. Volume otak bervariasi antara 1000 – 1450 cc b. Otak besar dan otak kecil sudah berkembang (terutama pada bagian kulit otaknya) c. Tinggi badan sekitar 130 – 210 cm dengan berat badan rata-rata 30 – 150 kg.

d. Tulang dahi dan bagian belakang tengkorak sudah membulat dan tinggi e. Otot tengkuk mengalami penyusutan f. Alat kunyah dan gigi mengalami penyusutan g. Berjalan dan berdiri tegak h. sudah lebih sempurna 16. Para ahli pada umumnya menyatakan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari daerah: a. Vietnam b.

Peking c. Yunan d. Champa e. Tonkin PEMBAHASAN Jawaban C Drs. Moh. Ali. Ali menyatakan bahwa bangsa Indonesia berasal dari daerah Yunan, Cina. Pendapat ini dipengaruhi oleh pendapat Mens yang berpendapat bahwa bangsa Indonesia berasal dari daerah Mongol yang terdesak oleh bangsa-bangsa lebih kuat sehingga mereka pindah ke selatan, termasuk ke Indonesia.

17. Jalur masuknya bangsa Proto Melayu ke Indonesia melalui dua jalan, yaitu jalan a. utara dan selatan b. darat dan laut c. timur dan tenggara d. timur dan sutera e. barat dan timur PEMBAHASAN Jawaban E Bangsa Melayu Tua adalah orang-orang Austronesia dari Asia yang pertama kali datang ke nusantara pada sekitar tahun 1500 SM.

Bangsa Melayu Tua memasuki wuilayah nusantara melalui du jalur, yaitu: a. Jalur Barat melalui malaysia –Sumatera b. Jalur Utara atau Timur melalui Fhilipina – Sulawesi. 18. Nenek moyang bangsa Indonesia melakukan migrasi dari Yunan ke Indonesia karena: a.

Mulai menipisnya bahan makanan di daerah Yunan b. Situasi semakin tidak aman akibat serangan binatang buas c. Di daerah Yunan sering terjadi peperangan antarsuku d. Keadaan alam yang berat dan seringnya terjadi bencana alam e. Kehidupan nenek moyang bangsa Indonesia masih berpindah-pindah PEMBAHASAN Jawaban D Nenek moyang bangsa Indonesia meninggalkan daerah Yunan disekitar hulu sungai Salwen dan sungai Mekhong yang tanahnya sangat subur diperkirakan karena bencana alam atau serangan dari suku bangsa lain 19.

Bangsa Indonesia yang termasuk keturunan bangsa Deutero Melayu adalah suku … a. Suku Toraja dan Minang b. Batak dan Jawa c. Jawa dan Bugis d. Toraja dan Batak e. Dayak dan Bata PEMBAHASAN Jawaban C Suku bangsa Indonesia yang termasuk ketuirunan bangsa Melayu muda adalah suku Jawa dan Melayu dan Bugis. 20. Sebelum bangsa Melayu Austronesia masuk ke Indonesia, di wilayah Indonesia sudah ada suku: a.

Wedoid dan Negroid b. Melanosoide dan Negrito c. Negroid dan Melanosoide d. Toraja dan Minang e. Melanosoide dan Wedoid PEMBAHASAN Jawaban A Sebelum kelompok bangsa melayu memasuki Nusantara sebenarnya telah ada kelompok manusia yang lebih dahulu tinggal di wilayah tersebut.

Mereka termasuk bangsa primitive dengan budayanya yang sangat sederhana.Mereka yang termasuk bangsa primitive adalah; a. Manusia Pleistosin ( Purba ), b. Suku Wedoid, c. Suku NegroidSoal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal Sejarah Indonesia Kelas 10, X KD 3.3 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal.

Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang asal usul nenek moyang bangsa Indonesia. Pertama, nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Yunan dan Campa. Argumen merujuk pada pendapat Moh. Ali dan Kern bahwa sekitar tahun 3000 SM-1500 SM terjadi gelombang perpindahan bangsa-bangsa di Yunan dan Campa sebagai akibat desakan bangsa lain dari Asia Tengah yang lebih kuat.

Argumen ini diperkuat dengan adanya persamaan bahasa, nama binatang, dan nama peralatan yang dipakai di kepulauan Indonesia, Polinesia, Melanesia, dan Mikronesia. Kedua, nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Indonesia sendiri. Argumen ini merujuk pada pendapat Moh.

Yamin yang didukung dengan penemuan fosil-fosil dan artefak-artefak manusia tertua di wilayah Indonesia dalam jumlah yang banyak. Sementara, fosil dan artefak manusia tertua jarang ditemukan di daratan Asia.

Sinanthropus Pekinensis yang ditemukan di Cina dan diperkirakan sezaman dengan Pithecantropus Erektus dari Indonesia, merupakan satu-satunya penemuan fosil tertua di daratan Asia. Ketiga, masyarakat awal yang menempati wilayah Indonesia termasuk rumpun bangsa Melayu.

Oleh karena itu, bangsa Melayu ditempatkan sebagai nenek moyang bangsa Indonesia. Argumen ini merujuk pada pendapat Hogen yang berpendapat bahwa bangsa yang mendiami daerah pesisir Melayu berasal dari Sumatra. Bangsa Melayu yang menjadi nenek moyang bangsa Indonesia dapat dibedakan menjadi dua, yaitu: • Bangsa Proto Melayu atau Melayu Tua Orang Proto Melayu telah pandai membuat alat bercocok tanam, membuat barang pecah belah, dan alat perhiasan.

Kehidupan mereka berpindah-pindah. Bangsa ini memasuki Indonesia melalui dua jalur, yaitu: • Jalan barat dari Semenanjung Malaka ke Sumatera dan selanjutnya menyebar ke beberapa daerah di Indonesia.

• Jalan timur dari Semenanjung Malaka ke Filiphina dan Minahasa, serta selanjutnya menyebar ke beberapa daerah di Indonesia. Bangsa Proto Melayu memiliki kebudayaan yang setingkat lebih tinggi dari kebudayaan Homo Sapiens di Indonesia. Kebudayaan mereka adalah kebudayaan batu muda (neolitikum).

Hasil-hasil kebudayaan mereka masih terbuat dari batu, tetapi telah dikerjakan dengan baik sekali (halus). Kapak persegi merupakan hasil kebudayaan bangsa Proto Melayu yang masuk ke Indonesia melalui jalan barat dan kapak lonjong melalui jalan timur. Keturunan bangsa Proto Melayu yang masih hidup hingga sekarang diantaranya adalah suku bangsa Dayak, Toraja, Batak, dan Papua.

• Bangsa Deutro Melayu atau Melayu Muda Sejak tahun 5000 SM, bangsa Deutro Melayu memasuki wilayah Indonesia secara bergelombang melalui jalan barat. Deutro Melayu hidup secara berkelompok dan tinggal menetap di suatu tempat.

Kebudayaan bangsa Deutro Melayu lebih tinggi dari kebudayaan bangsa Proto Melayu. Hasil kebudayaan mereka terbuat dari logam (perunggu dan besi).

Kebudayaan mereka disebut dengan kebudayaan Dongsong, yaitu suatu nama kebudayaan dari daerah Tonkin yang memiliki kesamaan dengan kebudayaan bangsa Deutro Melayu. Daerah Tonkin diperkiraan merupakan tempat asal bangsa Deutro Melayu, sebelum menyebar ke wilayah Indonesia. Hasil-hasil kebudayaan perunggu yang penting di Indonesia adalah kapak corong atau kapak sepatu, nekara, dan bejana perunggu.

Keturunan bangsa Deutro Melayu yang masih hidup hingga sekarang diantaranya adalah suku bangsa Melayu, Batak, Minang, Jawa, dan Bugis. Soal Pilihan Ganda Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal! Pilihlah satu jawaban yang paling benar! 1. Suku bangsa yang merupakan keturunan dari bangsa Proto Melayu adalah… a. Dayak, Melayu, dan Batak b. Dayak, Batak, dan Toraja c.

Melayu, Jawa, dan Minangkabau d. Batak, Jawa, dan Toraja e. Jawa, Toraja, dan Minangkabau 2. Kebudayaan bangsa deutero melayu sudah menghasilkan peralatan yang terbuat dari. dihasilkan oleh bangsa Proto Melayu adalah….

a. kapak corong dan flakes b. kapak pendek dan kapak bahu c. kapak perimbas dan kapak corong d. kapak persegi dan kapak lonjong e. pebble dan hache courte 3. Secara arkeologis, bangsa Deutero Melayu memasuki wilayah Indonesia sejak tahun….

a.

bangsa deutero melayu sudah menghasilkan peralatan yang terbuat dari...

50 SM b. 100 SM c. 500 SM d. 1000 SM e. 1500 SM 4. Suku bangsa di wilayah Indonesia yang merupakan keturunan dari bangsa Deutero Melayu adalah suku bangsa… a. Papua b. Dayak c. Bugis d. Batak e. Toraja 5. Bangsa Deutero Melayu sudah menghasilkan peralatan yang terbuat dari… a.

tulang b. logam c. kayu d. tanah liat e. Batu Kunci Jawaban dan Pembahasan • b → Pembahasan: Suku bangsa yang merupakan keturunan dari bangsa Proto Melayu adalah Dayak, Batak, dan Toraja.

• d → Pembahasan: Kebudayaan yang dihasilkan oleh bangsa Proto Melayu adalah kapak persegi dan kapak lonjong. • C → Pembahasan: Secara arkeologis, bangsa Deutero Melayu memasuki wilayah Indonesia sejak tahun 500 SM. • C → Pembahasan: Suku bangsa di wilayah Indonesia yang merupakan keturunan dari bangsa Deutero Melayu adalah suku bangsa Bugis.

• B → Pembahasan: Bangsa Deutero Melayu bangsa deutero melayu sudah menghasilkan peralatan yang terbuat dari. menghasilkan peralatan yang terbuat dari logam. Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Modul Sejarah Indonesia Kelas 10, X SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!
Tulisan ini merupakan lanjutan dari contoh soal PG dan Jawaban Sejarah Kelas X Semester 2 bagian pertama.

Dimana pada bagian kedua ini, berisikan materi tentang Peradaban Dunia yang Berpengaruh pada Peradaban Indonesia. Materi yang sama, tetapi dalam bentuk Essay, bisa Anda baca pada tulisan sebelumnya, yaitu: Contoh Soal Essay dan Jawaban Sejarah Kelas X Semester 2 (Part-2) Oke, berikut ini contoh soal pilihan ganda Sejarah kelas 10 semester 2, beserta jawabannya. Dimulai dari soal nomor 21 sampai dengan 40. 21. Penelitian yang dilakukan oleh beberapa ahli memunculkan dugaan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia termasuk rumpun.

a. Melayu Austronesia b. Yunani c. Proto Melayu d. Deutero Melayu e. Yunan Jawaban: a 22. Migrasi bangsa Austronesia ke Indonesia pada tahun 500 SM membawa kebudayaan. a. kapak persegi b. kapak lonjong c. tembaga d. perunggu e. besi Jawaban: d 23. Bangsa Proto Melayu menghasilkan kebudayaan. a. kapak corong dan flakes b. kapak pendek dan kapak bahu c. kapak perimbas dan kapak corong d. kapak persegi dan kapak lonjong e.

pebble dan hache courte Jawaban: d 24. Suku bangsa yang merupakan keturunan dari bangsa Proto Melayu adalah. a. Dayak, Melayu, dan Batak b. Dayak, Batak, dan Toraja c. Melayu, Jawa, dan Minangkabau d. Batak, Jawa, dan Toraja e. Jawa, Toraja, dan Minangkabau Jawaban: b 25. Secara arkeologis, bangsa Deutero Melayu memasuki wilayah Indonesia sejak tahun. a. 50 SM b. 100 SM c.

500 SM d. 1000 SM e. 1500 SM Jawaban: c 26. Di Indonesia yang merupakan keturunan dari bangsa Deutero Melayu adalah. a. Papua b. Dayak c. Bugis d. Batak e. Toraja Jawaban: c 27. Bangsa Deutero Melayu sudah menghasilkan peralatan yang terbuat dari. a.

bangsa deutero melayu sudah menghasilkan peralatan yang terbuat dari...

tulang b. logam c. kayu d. tanah liat e. batu Jawaban: b 28. Bangsa Deutero Melayu telah mengenal teknik pembuatan benda yang menggunakan alat modern dari lilin yang disebut. a. a cire p[erdue b. multivalve c. roda putar d. monovalve e. bivalve Jawaban: a 29. Perhatikan data-data di bawah ini!

bangsa deutero melayu sudah menghasilkan peralatan yang terbuat dari...

1) Berkembang sekitar tahun 500-300 SM 2) Dilakukan pemolesan sebagain 3) Berkembang di Tonkin, di tepi kanan Sungai Merah 4) Dikembangkan oleh bangsa Austronesia 5) Karya yang paling terkenal adalah nekara besar.

Berdasarkan data di atas, data-data yang berkaitan dengan kebudayaan Hoabinh adalah nomor. a. 1, 2, dan 3 b. 2, 3, dan 4 c. 3, 4, dan 5 d. 1, 3, dan 5 e. 2, 3, dan 5 Jawaban: b 30. Pengaruh kebudayaan Bac son-Hoabinh terhadap nusantara, yaitu. a. pembuatan logam besi b. pembuatan gerabah c. pembuatan kapak batu d. pembuatan logam perunggu e. seni batik Jawaban: d 31.

Teknik pembuatan benda perunggu dengan teknik setangkup disebut dengan istilah. a. bivalve b. a cire perdue c. monovalve d. multivalve e. cor Jawaban: a 32. Di Vietanam Selatan, budaya Sa Huynh didukung oleh suatu kelompok yang memakai bahasa. a. Polinesia b. Austronesia c. Thai d. Cina e. Melayu Jawaban: b 33.

Kebudayaan Sa Huynh yang memiliki hiasan garis dan bidang-bidang yang sisinya dengan tema tepian kerang adalah. a. tembikar b. lingling-O c. tempayan kubur d. tembilang e. sarkofagus Jawaban: c 34. Nekara yang kecil disebut moko. Di Pulau Alor, moko berfungsi sebagai. a. alat tukar dalam perdagangan b. alat upacara minta hujan c. genderang perang d.

bangsa deutero melayu sudah menghasilkan peralatan yang terbuat dari...

mas kawin e. benda yang dipuja dan dikeramatkan Jawaban: b 35. Kebudayaan perunggu yang berkembang di Indonesia berasal dari daerah. a. Teluk Tonkin b. Dong Son c. Sa Huynh d. Kashmir e. Gujarat Jawaban: b 36. Perhiasan perunggu banyak ditemukan di Plawangan, yaitu daerah.

a. Rembang b. Banten c. Bali d. Sumba e. Madura Jawaban: a 37. Perunggu cair dituang ke dalam cetakan.

Orang yang ahli mengerjakannya disebut. a. Terakota b. cetak bata c. genggam d. a cire perdue e. undagi Jawaban: e 38. Bukti paling awal dalam pembuatan benda-benda dari perunggu ditemukan di negara. a. Vietnam b. Myanmar c. Laos d. Kamboja e. Thailand Jawaban: a 39. Zaman logam dimulai pada tahun.

a. 2000 SM b. 300 SM c. 1000 SM d. 400 SM e. 250 SM Jawaban: c 40. Di Indonesia, nekara perunggu yang terbesar dan bentuknya sama dengan hasil kebudayaan Dong Son ditemukan di pulau.

a. Formosa b. Tumasik c. Mindanao d. sulawesi e. Selayar Jawaban: e Lanjut ke soal nomor 41-50 => contoh soal Pilihan Ganda Sejarah beserta jawaban kelas 10 semester 2 bagian ketiga

Alahsar B, Kakak bantu jawab ya. Jawaban yang tepat adalah B. logam Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut. Indonesia adalah bangsa yang memiliki keberagaman yang sangat banyak dan unik, terdapat lebih dari 500 etnis atau suku bangsa yang mendiami berbagai pulau di Indonesia.

Lalu penyebaran bangsa terjadi dari berbagai wilayah ke Indonesia. Adapun bangsa yang menyebar salah satunya ialah Deutro Melayu. Deutro Melayu, Bermigrasi dari Indochina melalui Semenanjung Malaya sampai Sumatera dan Jawa. Kemunculan pada masa Perundagian sekitar 300 SM. Mereka menciptakan peninggalan dari logam seperti nekara perunggu, serta bejana. Sehingga jika dibandingkan dengan bangsa Melayu sebelumnya yang lebih dahulu bermigrasi yakni Proto Melayu, Deutro Melayu ini lebih revolusioner karena telah mengenal pengolahan logam yang canggih.

Ras dari Deutro Melayu ini kemudian banyak menurunkan suku bangsa di Indonesia seperti Suku Jawa, Suku Melayu, Suku Bugis, dll. Semoga membantu ya 😊 Satu-satunya organisasi yang didirikan putra bangsa Indonesia yang diperbolehkan untuk melakukan aktivitas pada masa pendudukan Jepang adalah Majelis Islam A'la Indonesia (MIAI). Hal ini dilatarbelakangi. a. MIAI merupakan organisasi yang pasif terhadap kegiatan Jepang b. MIAI merupakan organisasi yang sifatnya netral c.

MIAI hanya mengurusi masalah kesehatan rumah sakit dan sosial pembentukan panti asuhan d. MIAI merupakan organisasi yang kegiatannya sebagai badan amal e. tokoh MIAI sangat dekat dengan pemerintahan Jepang

PEMBAHASAN KISI-KISI NOMOR 31-50 UP IPS (BIDANG SEJARAH)




2022 www.videocon.com