Tenggorokan adalah salah satu organ sistem

tenggorokan adalah salah satu organ sistem

Trakea alias batang tenggorokan adalah salah satu bagian terpenting dari sistem pernapasan manusia. Tidak hanya berperan menjadi jalur masuk dan keluarnya udara, fungsi trakea ternyata lebih dari itu.

Nah, artikel kali ini akan memaparkan secara mendalam mengenai fungsi trakea serta berbagai gangguan kesehatan yang dapat memengaruhinya. Apa saja fungsi trakea? Trakea adalah organ pernapasan manusia berbentuk tabung besar. Trakea termasuk berada di saluran pernapasan bagian bawah bersama dengan paru-paru, bronkus, bronkiolus, dan alveolus.

Organ ini memiliki panjang sekitar 11 sentimeter (cm) dan lebar 2,5 cm. Letak trakea berada tepat di bawah laring (kotak suara), dan berakhir di tengah dada, tepatnya di balik tulang dada dan di depan esofagus.

Trakea tersusun dari otot dan tulang rawan berbentuk cincin sebanyak 16-22 buah. Tulang cincin ini yang membantu agar udara dapat keluar-masuk dengan lancar. Nah, tahukah Anda bahwa fungsi trakea tidak hanya terbatas sebagai jalur masuknya udara? Tugasnya yang beragam menjadikan trakea sebagai salah satu organ yang memiliki peranan penting. Ini berbagai fungsi trakea dalam sistem pernapasan manusia.

1. Menyalurkan udara menuju paru-paru Salah satu fungsi utama trakea adalah menjadi penghubung agar udara dapat masuk menuju paru-paru ketika Anda bernapas. Saat udara masuk, trakea akan menghangatkan dan melembapkan udara sebelum akhirnya memasuki paru-paru Anda. 2. Menangkal benda asing yang masuk Trakea juga berperan sebagai garda terdepan dalam menghalau benda asing yang masuk ke dalam tubuh saat Anda menarik napas.

tenggorokan adalah salah satu organ sistem

Pada dinding trakea, terdapat lendir dan silia (rambut-rambut kecil) yang bertugas mengurangi jumlah benda asing di udara, mulai dari bakteri, virus, serta jamur. Dengan demikian, udara yang masuk ke paru-paru Anda menjadi lebih bersih sehingga kesehatan Anda terjaga.

3. Memperlancar sistem pencernaan Ya, tidak hanya berjasa pada sistem pernapasan, fungsi lain dari trakea adalah membantu lancarnya sistem pencernaan manusia. Trakea tenggorokan adalah salah satu organ sistem memberikan ruang yang lebih longgar bagi kerongkongan dengan tulang-tulang rawannya yang fleksibel.

Proses menelan makanan pun menjadi lebih mudah. 4. Membantu agar batuk lebih lancar Ketika Anda batuk, terjadi kontraksi pada otot-otot trakea. Kontraksi ini menyebabkan udara lebih mudah keluar saat Anda batuk.

Batuk memang pada dasarnya diperlukan manusia untuk membersihkan saluran pernapasan dari lendir dan partikel-partikel asing lainnya. Berbagai masalah yang dapat mengganggu fungsi trakea Seperti halnya organ-organ tubuh lain, trakea juga dapat mengalami gangguan akibat kondisi medis tertentu, seperti berikut.

1. Penyumbatan pada trakea Trakea Anda bisa saja tersumbat akibat adanya benda asing yang tidak sengaja terhirup, seperti makanan, zat kimia tertentu, atau bahkan pecahan kaca. Akibatnya, aliran udara melalui trakea dapat terhambat dan Anda bisa mengalami kesulitan bernapas. 2. Infeksi trakea (trakeitis) Trakeitis adalah infeksi yang dapat mengganggu fungsi trakea untuk bekerja secara normal.

Gejala yang muncul dapat berupa batuk, demam, kesulitan bernapas, serta napas berbunyi. Infeksi biasanya disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus. Kondisi ini banyak terjadi pada anak-anak. 3. Penyempitan trakea (stenosis) Stenosis trakea adalah penyempitan pada trakea akibat adanya jaringan luka yang terbentuk di dalam trakea. Jaringan luka ini biasanya muncul akibat intubasi atau pemakaian alat bantu pernapasan dalam jangka panjang. 3. Fistula trakea-esofagus (TEF) Fungsi trakea juga dapat terganggu oleh adanya fistula trakea-esofagus alias TEF.

Menurut informasi dari laman MedlinePlus, TEF adalah kondisi bawaan lahir yang menyebabkan trakea dan esofagus terhubung oleh suatu saluran. Akibatnya, makanan dari kerongkongan berisiko masuk ke dalam trakea sehingga paru-paru bisa mengalami aspirasi.

4. Trakeomalasia Trakeomalasia adalah kondisi di mana trakea menjadi terlalu lunak sehingga fungsi normalnya terganggu.

tenggorokan adalah salah satu organ sistem

Trakea yang terlalu lunak menyebabkan penderitanya kesulitan bernapas. Serupa dengan TEF, trakeomalasia adalah kondisi bawaan lahir. Namun, dalam beberapa kasus, kondisi ini juga dapat terjadi akibat infeksi berulang serta kebiasaan merokok. 5. Kanker trakea Gangguan paling fatal yang dapat menimpa trakea adalah kanker.

Meski demikian, kasus kejadiannya tergolong sangat jarang ditemukan. Gejala kanker trakea serupa dengan masalah pernapasan lain, seperti batuk, sesak napas, serta napas berbunyi. Namun, jika batuk disertai dengan darah dan Anda mengalami kesulitan menelan, Anda perlu waspada akan penyakit ini. Apabila fungsi trakea Anda bermasalah, biasanya dokter akan melakukan beberapa tes khusus, seperti: • bronkoskopi (memasukkan kamera yang dipasang pada tabung kecil ke dalam trakea), • CT atau MRI scan, dan • rontgen dada.

Supaya kesehatan trakea senantiasa terjaga, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter jika ada sedikit saja masalah pada pernapasan Anda. Tracheal Disorders – MedlinePlus. (2021). Retrieved June 22, 2021, from https://medlineplus.gov/trachealdisorders.html  Tracheitis – MedlinePlus.

(2021). Retrieved June 22, 2021, from https://medlineplus.gov/ency/article/000988.htm  Blockage of upper airway – MedlinePlus. (2021). Retrieved June 22, 2021, from https://medlineplus.gov/ency/article/000067.htm  Esophageal atresia/tracheoesophageal fistula – MedlinePlus.

tenggorokan adalah salah satu organ sistem

(2020). Retrieved June 22, 2021, from https://medlineplus.gov/genetics/condition/esophageal-atresia-tracheoesophageal-fistula/  Treatment of Tracheal Stenosis – Memorial Sloan Kettering Cancer Center. (2021). Retrieved June 22, 2021, from https://www.mskcc.org/cancer-care/types/tracheal-diseases/diagnosis-treatment-msk/treatment-tracheal-stenosis  Tracheomalacia – Boston Children’s Hospital.

(2021). Retrieved June 22, 2021, from https://www.childrenshospital.org/conditions-and-treatments/conditions/t/tracheomalacia  Types and Symptoms of Tracheal Cancer – Mount Sinai. (n.d.). Retrieved June 22, 2021, from https://www.mountsinai.org/locations/head-neck-institute/cancer/tracheal  Larynx & Trachea – National Cancer Institute.

tenggorokan adalah salah satu organ sistem

(n.d.). Retrieved June 22, 2021, from https://training.seer.cancer.gov/anatomy/respiratory/passages/larynx.html  Polverino, M., Polverino, F., Fasolino, M., Andò, F., Alfieri, A., & De Blasio, F. (2012). Anatomy and neuro-pathophysiology of the cough reflex arc.

Multidisciplinary Respiratory Medicine7 (1). https://doi.org/10.1186/2049-6958-7-5 Furlow, P., & Mathisen, D. (2018). Surgical anatomy of the trachea. Annals Of Cardiothoracic Surgery7 (2), 255-260. https://doi.org/10.21037/acs.2018.03.01 Mieczkowski, B., Seavey, BF. (2020).

Anatomy, Head and Neck, Trachea. StatPearls Publishing. Brady, MF., Burns, B. (2020). Airway Obstruction. StatPearls Publishing. Sistem pernapasan manusia terbagi atas beberapa organ yang sangat penting. Bernapas adalah salah satu ciri-ciri makhluk hidup, begitu juga terjadi pada manusia. Manusia bisa mencium berbagai macam aroma mulai dari bau yang tidak sedap sampai bau wangi sekalipun. Tenggorokan adalah salah satu organ sistem tersebut karena adanya hidung yang termasuk salah satu organ untuk sistem pernapasan.

Pernapasan adalah salah satu hal yang sangat vital bagi manusia. Manusia mampu bernafas dengan baik sebab beberapa organ pernafasan bekerja sama.

Bagaimana sebenarnya sistem kerja pernapasan dari manusia? Pengertian Sistem Pernapasan Manusia Sebelum mengetahui bagaimana sistem kerja pernapasan manusia kamu harus memahami pengertian sistem pernapasan manusia terlebih dahulu. Pernapasan disebut dengan respirasi adalah proses untuk pengambilan oksigen, pelepasan karbondioksida dan penggunaan energi yang ada di dalam tubuh.

Ketika manusia sedang bernapas, terjadi proses masuknya oksigen ke dalam tubuh dan pelepasan karbondioksida keluar dari tubuh. Pertukaran antara oksigen tersebut terjadi di dalam darah manusia. Manusia biasanya memiliki pernapasan normal bernapas 12 - 20 kali dalam 1 menit. Dalam bernapas manusia membutuhkan 300 liter oksigen tenggorokan adalah salah satu organ sistem 1 hari. Apabila seseorang tersebut sedang mengerjakan aktivitas berat, kebutuhan oksigen akan bertambah berkali lipat.

Oksigen yang akan diambil tergantung dari aktivitas. Pernapasan adalah proses otomatis di dalam tubuh manusia. Bahkan ketika kamu tidur, pernapasan dibedakan menjadi dua, yaitu pernapasan luar dan pernapasan dalam. Organ dan Bagian-Bagian Sistem Pernapasan Manusia Sistem pernapasan dari manusia melibatkan beberapa organ dalam tubuh, seperti berikut. 1. Rongga Hidung Rongga hidung adalah awal dari udara berasal masuk.

Dalam rongga hidung ada selaput kelenjar minyak dan kelenjar keringat.

tenggorokan adalah salah satu organ sistem

Selaput tersebut memiliki fungsi untuk mengangkat benda-benda asing yang masuk dalam saluran pernafasan. Pada rongga hidung ada juga rambut-rambut kecil dan tebal. Rambut tersebut memiliki fungsi menyaring partikel kotoran yang akan masuk di hidung bersamaan dengan udara.

2. Tenggorokan Selanjutnya menuju tenggorokan ada dua cabang saluran, yaitu saluran pernapasan dan saluran pencernaan pada bagian belakang. Fungsi utama dari tenggorokan Ini bisa menyediakan saluran untuk udara masuk dan keluar. Di tenggorokan ada pita suara yang berguna menghasilkan suara dan jika ada udara yang masuk pita suara akan bergetar untuk menghasilkan suara.

3. Trakea atau Batang Tenggorokan Tenggorokan adalah organ berbentuk pipa dan terletak pada bagian leher sampai rongga dada. Dinding pada tenggorokan tipis dan kaku di dalam rongga bersilia. Silia ini memiliki fungsi untuk menyaring benda-benda asing yang masuk melalui pernapasan.

Batang tenggorokan ada di bagian kerongkongan dan memiliki dua cabang. Cabang tenggorokan tersebut memiliki cabang-cabang lain di dalam paru-paru dengan saluran kecil yang disebut dengan bronkiolus.

tenggorokan adalah salah satu organ sistem

4. Laring Laring atau yang sering disebut dengan pangkal tenggorokan adalah organ pernapasan berbentuk saluran dan dikelilingi oleh tulang rawan. Tulang dari pangkal tenggorokan ini disebut dengan epiglotis. Fungsi utama dari pangkal tenggorokan sebagai tempat keluar masuknya udara dan tepat menghasilkan suara.

Ketika manusia sedang menelan makanan maka katup pada pangkal tenggorokan akan menutup. Tetapi ketika manusia senang bernapas akan terbuka. 5. Bronkus Bronkus atau cabang batang tenggorokan memiliki fungsi untuk menyediakan Jalan udara yang masuk dan keluar menuju paru-paru.

Batang tenggorokan memiliki dua cabang, yaitu cabang yang mengarah pada paru-paru dan memiliki cabang lain. Cabang-cabang kecil yang masuk dalam paru-paru disebut dengan alveolus. Alveolus memiliki kapiler darah dimana oksigen dan udara menuju ke dalam darah. 6. Pulmo Pulmo atau paru-paru adalah salah satu organ pernapasan manusia yang sangat penting.

Paru-paru ini Lokasinya ada di dalam rongga dada bagian atas. Di samping paru-paru ada tulang rusuk yang di bawahnya ada diafragma. Paru-paru memiliki dua bagian, yaitu bagian kanan dan tenggorokan adalah salah satu organ sistem. Paru-paru kanan terdiri dari tiga lobus, sedangkan paru-paru kiri memiliki dua lobus. Paru-paru juga diselimuti oleh selaput yang tipis. Kesimpulan Sistem pernapasan manusia membuat proses pengambilan oksigen oksigen dan melepaskan karbondioksida dalam tubuh.

Ada beberapa organ yang dibutuhkan untuk proses pernapasan manusia, seperti rongga hidung, faring, trakea, laring, bronkus, dan pulmo.
Jakarta - Organ pernapasan manusia adalah organ yang membantu proses udara masuk atau keluar dari dalam saluran pernapasan. Proses pernapasan dibagi menjadi dua macam yaitu pernapasan internal dan eksternal.

Pernapasan eksternal adalah pertukaran udara antara darah dan atmosfer, proses ini terjadi di permukaan alveolus di dalam paru-paru. Sedangkan pernapasan internal adalah pertukaran udara yang terjadi antara darah dan sel-sel tubuh. Sistem pernapasan manusia memiliki struktur dan fungsi yang kompleks. Baca juga: Bagaimana Virus Corona Menyerang Banyak Organ Tubuh Selain Paru-paru?

Berikut ini organ pernapasan manusia secara berurutan: 1. Rongga Hidung Organ pernapasan manusia yang pertama adalah rongga hidung. Hidung terdiri dari lubang hidung dan rongga hidung. Di dalam rongga hidung terdapat bulu hidung dan selaput lendir. Bulu hidung berfungsi menyaring udara agar kotoran tidak masuk ke dalam saluran pernapasan. Dan selaput lendir yang ada di dalam rongga hidung berguna untuk mengatur suhu dan kelembaban udara sesuai dengan tubuh.

Pada rongga hidung udara yang masuk mengalami tiga proses yaitu penyaringan udara, penghangatan udara dan pengaturan kelembaban udara. Rongga hidung juga memiliki ujung-ujung saraf pembau.

2. Pangkal Tenggorokan (Laring) Organ pernapasan manusia yang kedua adalah laring. Laring berfungsi untuk menempelnya selaput atau pita suara. 3. Trakea (Batang Tenggorokan) Trakea terletak di depan kerongkongan dan terdiri dari tulang-tulang rawan berbentuk cincin. Saat sedang berbicara, katup yang ada di trakea akan menutup sehingga saluran makanan tertutup dan saluran pernapasan terbuka.

Dan ketika sedang menelan katup akan terbuka kemudian saluran makanan terbuka dan saluran pernapasan tertutup. 4.

tenggorokan adalah salah satu organ sistem

Bronkus (Cabang Batang Tenggorokan) Bronkus merupakan organ pernapasan manusia yang berbentuk cabang tenggorokan yang menyambung tenggorokan adalah salah satu organ sistem trakea dan paru-paru. 5. Bronkiolus (Anak Cabang Tenggorokan) Bronkiolus adalah percabangan bronkus yang ada di dalam paru-paru.

Bronkiolus paru-paru sebelah kanan terdapat tiga lobus dan paru-paru kiri dua lobus. 6. Paru-paru Organ pernapasan manusia yang terakhir adalah paru-paru. Paru-paru terletak di dalam rongga dada manusia. Paru-paru terdiri dari bronkiolus, cabang dari bronkus dan alveolus yang merupakan ujung dari bronkus yang berfungsi sebagai tempat pertukaran oksigen dan karbondioksida. Proses pernapasan manusia Proses pernapasan manusia terdiri dari inspirasi (proses menghirup udara) dan ekspirasi (proses mengembuskan udara).

Udara masuk melalui hidung, melewati faring, laring, trakea dan bronkus. Dari bronkus udara masuk ke paru-paru melalui bronkiolus. Udara akan berakhir di alveolus, di sinilah terjadi pertukaran oksigen dan karbondioksida.

Oksigen akan diserap oleh darah dan karbondioksida akan dikeluarkan melalui hembusan nafas. Teknik pernapasan manusia juga ada dua yaitu pernapasan dada dan pernapasan perut. Pernapasan dada terjadi karena gerakan tulang rusuk oleh oto-otot antar rusak, pengambilan udara terjadi saat otot antar rusuk berkontraksi atau mengerut sehingga tulang rusuk terangkat ke atas menyebabkan rongga dada dan paru-paru membesar.

Sedangkan pernapasan perut adalah pernapasan yang melibatkan otot diafragma. Saat kita bernapas dengan cara ini, perut akan membesar atau mengecil. Itulah organ-organ pernapasan manusia dan fungsinya yang perlu kamu ketahui. Berita Terkait • Sibuk Kerja Sampai Lupa Napas? Bisa Banget, Cirinya Sering Sakit Kepala • WHO: Ukraina Krisis Oksigen, Ribuan Nyawa Dalam Bahaya! • WHO Sebut RS di Ukraina Terancam Kehabisan Suplai Oksigen • Saturasi Jack Lapian 53 Sebelum Meninggal Akibat COVID-19, Apa Artinya?

• Jangan Lengah! Ini Kriteria Pasien Omicron yang Harus Dibawa ke RS • Ciri-ciri Saturasi Oksigen Pasien COVID-19 Drop dan Cara Mengatasinya • Dialami Pasien Omicron RI yang Meninggal, Ini Saran Dokter Soal Saturasi Drop • Pasien Omicron RI Sesak Napas Sebelum Meninggal, Waspada Saturasi Oksigen Rendah MOST POPULAR • 1 4 Anak RI Meninggal Diduga Hepatitis Misterius, Ini Status Vaksin COVID-nya • 2 Anak di Jatim Meninggal Diduga karena Hepatitis Misterius, Ini Gejala Awalnya • 3 Caisar Diduga Nyabu Saat Live TikTok, Begini Ciri-ciri Pemakai Sabu • 4 Ciri-ciri Hepatitis Akut pada Anak, Orangtua Wajib Tahu!

• 5 Eks Bos WHO Bicara soal Potensi Hepatitis 'Misterius' Jadi Pandemi • 6 Kemenkes Buka Suara Kasus Anak Jatim Meninggal Diduga Hepatitis Misterius • tenggorokan adalah salah satu organ sistem Hasil Kolonoskopi Diungkap, Begini Kondisi Raja Salman Usai Masuk RS • 8 Dijalani Raja Salman, Apa Itu Kolonoskopi yang Bisa Deteksi Kanker Usus Besar? • 9 Benarkah Long COVID 'Biang Kerok' Hepatitis Misterius? Ini Penjelasan Pakar IDI • 10 Hepatitis Akut 'Misterius' Menular Lewat Pernapasan dan Pencernaan, Begini Mencegahnya • SELENGKAPNYA none
Fungsi Tenggorokan Pada Manusia – Setiap manusia pasti memiliki organ tubuh yang setiap organ tubuh tersebut memiliki fungsi masing-masing dalam peranannya.

Salah satu organ tubuh yang paling penting adalah tenggorokan. Tenggorokan merupakan organ tubuh yang berada di belakang atau di dalam mulut.

Tenggorokan merupakan suatu saluran yang saling menyalurkan antara hidung, mulut, trakea, dan keronggongan. Peran dari tenggorokan ini sangatlah penting, yaitu membawa makanan yang turun ke dalam perut melalui pipa makanan atau kerongkongan. Tenggorokan juga terdapat faring yang dapat menghubungkan mulut, kerongkongan, dan rongga hidung. Hal ini yang menyebabkan tenggorokan sangat penting karena merupakan yang menghubungkan sistem pernafasan untuk anda bernafas setiap harinya.

Selain sebagai sistem pernafasan, tenggorokan juga memiliki peranan penting dalam sistem pencernaan. Memang benar, bahwa tenggorokan tidak ikut berpartisipasi menjadi alat pada pencernaan, namun tenggorokan adalah saluran utama untuk jalannya makanan yang akan dicerna ke dalam perut.

Jadi, tenggorokan ini memiliki fungsi yang sangat penting untuk kedua saluran sistem dari pencernaan dan sistem pernafasan. • Tenggorokan Untuk Sistem Pernafasan Ini merupakan fungsi tenggorokan pada manusia yang utama yaitu berperan dalam saluran sistem pernafasan. Karena yang sudah dijelaskan sebelumnya adalah bahwa tenggorokan sebagai saluran antara rongga hidung, kerongkongan, dan juga mulut.

Pertama kali ketika anda menghirup udara adalah hidung dan mulutlah yang menjadi saluran utamanya untuk menampung udara. Udara yang dihirup oleh hidung atau mulut akan diteruskan ke faring yang kemudian akan menuju laring dan turun ke bagian bronkus, serta akan tiba udara di paru-paru.

Nah, paru-paru ini yang akan menjadi kantung untuk udara. Selain itu, juga akan manyaring kotoran yang masuk ke dalam laring, maka paru-paru akan memberikan reaksi seperti batuk untuk mengeluarkan kotoran tersebut. • Tenggorokan Untuk Sistem Pencernaan Untuk fungsi yang kedua dari tenggorokan yaitu untuk saluran sistem pencernaan. Seperti yang sudah dibahas tadi, bahwa tenggorokan tidak berperan langsung dalam menjadi alat pencernaan di dalam perut.

Namun, tenggorokan adalah salah satu organ sistem tidak langsung tenggorokan membantu makanan yang akan masuk dan turun ke dalam sistem pencernaan. Tenggorokan yang menjadi alat transportasi untuk memilih serta memindahlan bermacam-macam kargo seperti cairan, udara, dan makanan yang padat. Kemudian, kerongkongan sebagai bagian dari tenggorokan yang berfungsi akan memasukan makanan yang sudah hancur dari mulut ke dalam perut dimana makanan tersebut akan mengalami proses yang disebut pelarutan kimia.

Kedua informasi di atas merupakan fungsi tenggorokan pada manusia yang berhubungan dengan sistem pernafasan dan sistem pencernaan. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kedua sistem ini memang mempunyai hubungan yang erat dengan tenggorokan sebagai alat bantu untuk kelancaran hidup manusia.

Semuanya saling melengkapi satu sama lain, tanpa adanya salah satu dari itu maka sistem organ pada manusia tidak akn berjalan dengan baik. Artikel Lainnya : • Pengertian Bunyi Dalam Fisika
Halo Evamardiana, kakak bantu jawab yaa:) Jawaban yang tepat adalah A.

Tenggorokan adalah organ yang terletak di belakang mulut, di bawah lubang hidung, dan di atas kerongkongan serta jalur udara utama yang disebut trakea. Organ ini, merupakan bagian dari sistem pernapasan. Dalam sistem pernapasan, fungsi tenggorokan yaitu menghubungkan rongga hidung dengan paru-paru agar proses bernapas dapat berjalan dengan baik.

Fungsi tenggorokan yaitu: 1. sebagai saluran penghubung antara laring dengan bronkus. 2. menyaring kotoran pada udara pernapasan oleh silia pada tenggorokan. 3. sebagai saluran masuknya oksigen dari hidung ke paru-paru. 4. sebagai saluran keluar karbon dioksida dari paru-paru ke hidung. Jadi, tenggorokan merupakan organ sistem pernapasan (A). Semoga jawabannya membantu ya!Advertisement Tenggorokan sebenarnya adalah organ yang cukup istimewa. Sebab, tenggorokan berperan dalam dua mekanisme penting tubuh, yaitu sistem pernapasan dan sistem pencernaan.

Anatomi tenggorokan manusia Gambar tenggorokan dan bagian-bagiannya Tenggorokan adalah organ yang terletak di belakang mulut, di bawah lubang hidung, dan di atas kerongkongan serta jalur udara utama yang disebut trakea. Organ ini, merupakan bagian dari sistem pernapasan sekaligus sistem pencernaan. Di dalam dunia medis, tenggorokan disebut juga dengan istilah faring. Jika diurutkan dari atas ke bawah, tenggorokan terbagi menjadi tiga bagian, yaitu: • Nasofaring di bagian atas • Orofaring di bagian tengah • Hipofaring atau laringofaring di bagian bawah Nasofaring dan laringofaring merupakan bagian dari sistem pernapasan, sedangkan orofaring berperan pada sistem pencernaan maupun pernapasan.

tenggorokan adalah salah satu organ sistem

Cara kerja tenggorokan Tenggorokan berfungsi untuk memungkinkan makanan atau minuman sampai ke area kerongkongan. Selain tenggorokan adalah salah satu organ sistem, tenggorokan juga menjadi tempat mengalirnya udara ke dan dari trakea.

Lalu, bagaimana caranya tenggorokan membedakan jalur makanan serta udara? Kuncinya ada pada organ kecil bernama epiglotis, yang merupakan bagian dari tenggorokan.

Epiglotis terletak di sebelah kiri dan kanan tenggorokan, berfungsi layaknya pintu yang akan terbuka dan menutup sesuai kebutuhan. Saat Anda menelan makanan atau minuman, epiglotis akan menutup laring, sehingga bisa langsung masuk ke kerongkongan, dan tidak menuju jalur pernapasan. Namun, jika epiglotis terlambat menutup, makanan atau minuman bisa masuk ke laring dan menyebabkan Anda tersedak.

Tubuh secara otomatis akan terbatuk, sebagai usaha untuk mengeluarkan sumbatan di jalan napas tersebut. Selain itu faring juga memiliki fungsi dalam berbicara dengan bekerja bersama organ-organ dan otot bicara lainnya untuk menghasilkan suara.

Baca Juga • Beri Banyak Manfaat Kesehatan, Begini Cara Minum Cuka Apel yang Benar • Apa Itu CT Scan dan Bagaimanakah Prosedurnya Dilakukan? • Kandungan Gizi Lemak Babi dan Potensi Manfaatnya untuk Kesehatan Fungsi tenggorokan dalam tubuh manusia Tenggorokan atau faring adalah lorong berbentuk corong berotot di dalam tubuh, yang berfungsi dalam sistem pernapasan dan pencernaan manusia.

Kedua fungsi ini bisa terjadi karena lokasi tenggorokan yang berada di tengah leher. Yaitu, dimulai pada bagian bawah tengkorak dengan panjang sekitar 4,5 inchi. Mengutip dari Cleveland Clinic, ada beberapa fungsi tenggorokan sesuai dengan bagian-bagiannya, di antaranya adalah: 1. Membawa udara ke sistem pernapasan Peran penting tenggorokan dalam sistem pernapasan manusia adalah memungkinkan udara masuk ke saluran pernapasan. Jadi, udara masuk melalui rongga hidung dan berjalan ke saluran pernapasan lainnya, seperti laring, trakea, hingga akhirnya menuju paru-paru.

Fungsi tenggorokan ini bisa terjadi karena bagian nasofaring atau atas tenggorokan, terhubung ke rongga hidung dan memungkinkan agar udara bisa melewatinya. 2.

tenggorokan adalah salah satu organ sistem

Membantu proses pencernaan Fungsi lainnya dari tenggorokan atau faring adalah membantu proses pencernaan manusia. Orofaring (bagian tengah tenggorokan) dan otot-otot di sekitarnya (otot melingkar dan memanjang) bekerja sama agar makanan serta minuman bisa melewatinya Di sinilah fungsi hipofaring untuk mendorong makanan ke kerongkongan, sehingga makanan atau minuman tidak terhirup kembali.

Lalu, setelah itu tenggorokan juga berperan dalam mengantarkan asupan makanan atau minuman ke sistem pencernaan dengan cara menelannya. 3. Bantu kita berbicara dan mendengar Walaupun jarang diketahui, fungsi tenggorokan selanjutnya adalah membantu proses berbicara. Tenggorokan adalah tabung tertutup yang dapat berubah bentuk karena adanya jaringan otot. Untuk itu, udara dapat berjalan melalui faring ke kotak suara. Jadi, ketika pita suara bekerja dalam membuat suara, tenggorokan berfungsi dalam memperkuat suara.

Lalu, terdapat dua tabung yang menghubungkan telinga ke tenggorokan, yaitu tabung pendengaran. Keduanya berperan dalam menyamakan tekanan dan membantu mengalirkan cairan. 4 Melawan infeksi Tak hanya untuk proses pencernaan dan pernapasan, tonjolan amandel di tenggorokan juga berfungsi untuk sistem pertahanan tubuh.

Ada tiga bagian amandel (tonsil), yang letaknya di bagian belakang tenggorokan. Amandel adalah organ tubuh yang menjadi pertahanan pertama tubuh dalam melawan infeksi.  Namun, jika terjadi pembengkakan pada amandel, kemungkinan perlu melakukan tindakan pengangkatan agar tidak menutupi jalan napas. Operasi tonsil tidak akan mengurangi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi, karena masih ada bagian-bagian tubuh yang berperan sebagai sistem kekebalan tubuh.

Salah satunya adalah silia, yaitu rambut halus pada dinding tenggorokan yang berfungsi untuk menyaring udara. Apabila terdapat partikel jahat, akan dikeluarkan melalui batuk. Baca Juga • Manfaat Air Hidrogen Dianggap Lebih Menyehatkan, Benarkah Demikian?

• Bisa dari Air Liur, Telusuri Cara Cek Golongan Darah • Mengenal Berbagai Manfaat Goji Berry yang Menyehatkan Tubuh Perbedaan tenggorokan dan kerongkongan Mungkin sebagian dari Anda masih belum bisa membedakan antara tenggorokan dan kerongkongan. Padahal, keduanya mempunyai fungsi yang berbeda.

Tenggorokan adalah saluran tempat lewatnya udara, makanan, dan juga minuman. Pada anatominya, terdapat epiglotis untuk mencegah makanan dan cairan turun ke paru-paru. Sedangkan kerongkongan adalah saluran yang dilapisi selaput lendir, penghubung tenggorokan dan lambung. Pada anatominya terdapat sfingter untuk mencegah isi lambung mengalir kembali ke kerongkongan atau tenggorokan. Gangguan yang bisa terjadi di tenggorokan Sakit tenggorokan sering disebabkan karena infeksi Apabila terjadi penyakit atau kondisi kesehatan tertentu, ini bisa memengaruhi fungsi tenggorokan, sehingga mengakibatkan gangguan.

Berikut adalah beberapa kondisi yang umum terjadi. 1. Infeksi Infeksi bakteri dan virus bisa menjadi penyebab rasa sakit serta peradangan. Sebagai contoh, pilek, flu, radang tenggorokan, hingga mononukleosis. Jika peradangan telah sampai ke area saluran pendengaran, ini juga dapat menyebabkan sakit telinga dan gangguan pendengaran.

2. Tonsilitis Peradangan dan infeksi pada amandel juga bisa memengaruhi fungsi tenggorokan. Kondisi ini disebut tonsilitis atau radang amandel Saat terinfeksi, amandel bisa terasa sakit dan mengalami pembengkakan sehingga Anda susah untuk menelan 3. Dysphagia Disfagia juga bisa disebut sebagai gangguan menelan. Masalah kesehatan ini bisa terjadi melalui organ tubuh, seperti mulut, tenggorokan, dan juga kerongkongan. Penyebabnya kemungkinan karena masalah neurologis atau otot. 4.

Kanker tenggorokan Ini adalah kanker yang berkembang pada area tenggorokan. Semakin parah kanker yang menyebar, mungkin saja Anda mengalami komplikasi, seperti susah menelan, tidak mampu berbicara, hingga sulit bernapas. Meski begitu, kanker tenggorokan tergolong jarang terjadi dibandingkan kanker lainnya. Baca Juga • 5 Manfaat Roti Gandum yang Rendah Kalori untuk Kesehatan Tubuh • Fungsi Tulang Kering alias Tibia Sebagai Penopang Tubuh • Ubi Goreng vs Kentang Goreng, Mana yang Lebih Sehat?

Cara menjaga kesehatan tenggorokan Untuk mencegah terjadinya gangguan fungsi tenggorokan, Anda tenggorokan adalah salah satu organ sistem melakukan beberapa cara menjaga kesehatannya, seperti: • Hindari makanan atau minuman yang sangat dingin serta panas. • Berhenti merokok dan jauhi asapnya. • Jangan berbagi barang yang menyebarkan kuman pada area mulut. • Menjaga asupan cairan tubuh. • Jaga kebersihan tangan untuk menghindari tenggorokan adalah salah satu organ sistem virus dan bakteri. Ingin mengetahui lebih banyak mengenai fungsi serta peran penting tenggorokan?

Tanyakan langsung pada dokter di aplikasi Kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App store dan Google Play. Verywell Health.

tenggorokan adalah salah satu organ sistem

https://www.verywellhealth.com/pharynx-anatomy-4802318. Diakses pada 28 Desember 2021 Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/body/21869-pharynx. Diakses pada 28 Desember 2021 Biology Dictionary. https://biologydictionary.net/pharynx/. Diakses pada 28 Desember 2021 Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/21146-tonsillitis. Diakses pada 28 Desember 2021 MSD Manuals. https://www.msdmanuals.com/home/digestive-disorders/biology-of-the-digestive-system/throat-and-esophagus.

Diakses pada 28 Desember 2021
Kamu tahu kalau kumpulan jaringan yang melaksanakan fungsi dan tujuan tertentu akan membentuk “organ”. Contohnya, organ mata dan hidung yang ternyata mempunyai banyak bagian dan fungsi.

Tapi, kamu tahu tidak kalau organ-organ ini dapat bekerja sama membentuk suatu sistem organ. Apa itu sistem organ? Sistem organ adalah gabungan dari beberapa organ yang saling bekerjasama satu sama lain. Tanpa adanya kerjasama antarorgan ini, tentu organ-organ di tubuh kita tidak akan tenggorokan adalah salah satu organ sistem dengan baik.

Misalnya, jantung yang seharusnya memompa darah, tidak akan berhasil menyalurkan darah tersebut ke seluruh tubuh apabila tidak bekerja sama dengan organ pembuluh darah. • Baca juga: Apa Saja Bagian-Bagian Hidung Beserta Fungsinya?

Salah satu contoh sistem organ yang terdapat pada manusia yaitu sistem pernapasan. Sistem pernapasan dibentuk atas kerjasama organ hidung, tenggorokan, laring, faring, trakea, dan paru-paru.

Kalau kamu mengetahui organ-organ pencernaan seperti mulut, kerongkongan, usus, dan anus. Nah, mereka ini membentuk sistem organ yang bernama sistem pencernaan. Kebayang dong, kalau ada salah satu di antara organ ini yang rusak? Pasti sistem pencernaan tubuh kita tidak berjalan lancar. Adapun sistem organ yang lain adalah sistem saraf, sistem ekskresi, sistem peredaran darah, sistem reproduksi, sistem hormon, sistem rangka, sistem otot. Oya, sama seperti organ, sistem organ ini tidak hanya dimiliki oleh manusia saja, lho!

Seluruh makhluk hidup tingkat tinggi yang mempunyai organ-organ di tubuhnya kemungkinan besar memiliki sistem organ. Hayo, apa saja organ-organ penting yang ada di tumbuhan? Ya, betul. Ada daun, batang, dan akar. Sama halnya dengan manusia, organ-organ di tumbuhan ini juga saling bekerja sama satu sama lain. Karena dalam fotosintesis membutuhkan daun sebagai “wadah”, serta batang yang digunakan sebagai “lorong” tempat menyalurkan hasil-hasil fotosintesis.

Itu artinya, proses ini terjadi karena tenggorokan adalah salah satu organ sistem sistem organ. Bahkan, pada tumbuhan, ada sisttem pengangkutan, sistem pelindung, sistem penyokong dan berbagai sistem lain. Dalam tingkatan organisasi kehidupan, sistem-sistem organ ini pada akhirnya akan membentuk organisme.

tenggorokan adalah salah satu organ sistem

Berdasarkan biologi dan ekologi, organisme adalah tingkat organisasi kehidupan yang terakhir berupa kumpulan molekul-molekul yang saling memengaruhi sehingga berfungsi secara stabil dan memiliki sifat hidup. Apa itu contoh organisme: Ya kita, dong. Manusia. Makhluk-makluk hidup lain juga merupakan organisme. Kalau kamu bingung, ini adalah 6 ciri umum dari organisme: 1) Memerlukan makanan 2) Bernapas 3) Bergerak 4) Tumbuh 5) Berkembang biak 6) Peka terhadap rangsang Jadi, kalau sesuatu itu memiliki keenam ciri tersebut, dia dikatakan sebagai organisme.

Nah, bagaimana materi kita mengenai penjelasan sistem organ dan organisme? Kumpulan dari organ akan membentuk sistem organ, dan kumpulan dari sistem organ yang saling bekerjasama akan membentuk organisme yang mempunyai keenam ciri umum tadi.

Kalau kamu ingin mengetahui lebih lanjut mengenai materi seperti ini, yuk tonton video pembelajaran beranimasi dalam ruangbelajar! Referensi: Purjiyanta, Eka, Triyono, Agus, Dkk. IPA Terpadu untuk SMP/MTs Kelas VII Edisi Revisi. Erlangga: Jakarta.

tenggorokan adalah salah satu organ sistem

Artikel ini diperbarui pada 30 Desember 2020.

Struktur Dan Fungsi Sistem Pernapasan Manusia : Organ Pernapasan Manusia




2022 www.videocon.com