Berikut fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan, kecuali

berikut fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan, kecuali

1. Cermati ilustrasi berikut! Sebuah perusahaan membutuhkan karyawan di bagian pemasaran. Bidang pekerjaan yang ditawarkan berikut fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan untuk memasarkan produk dari perusahaan tersebut. Pelamar yang berminat dipersilakan untuk membuat surat lamaran yang disertai dengan lampiran yang dibutuhkan bagi orang pemasaran.

Berikut ini adalah lampiran yang disertakan oleh seorang pelamar: (1) fotokopi SIM (2) fotokopi KTP (3) fotokopi kartu pelajar (4) fotokopi ijazah terakhir (5) fotokopi kartu keluarga Berdasarkan ilustrasi tersebut, ada dua lampiran yang tidak sesuai untuk dilampirkan yang ditandai dengan nomor ….

A. 1 dan 2 B. 2 dan 3 C. 3 dan 4 D. 3 dan 5 E. 4 dan 5 2. Cermati pengumuman berikut dengan teliti! PT PELITA JAYA Jalan MT Haryono 10 Jakarta No. 120-PK-08-2013 28 Oktober 2013 PENGUMUMAN Dibutuhkan tenaga administrasi minimal lulus SMK untuk ditempatkan di kantor cabang Depok dengan persyaratan … Kalimat pembuka surat lamaran kerja sesuai dengan pengumuman tersebut yang tepat adalah ….

A. Sehubungan dengan pengumuman Saudara pada tanggal 28 Oktober 2013… B. Bersamaan ini saya mengajukan lamaran kerja berdasarkan pengumuman… C. Mengingat surat Saudara nomor 120/PK/08/2013 pada 28 Oktober 2013… D. Berdasarkan pengumuman nomor 120/PK/08/2013 pada 28 Oktober 2013… E.

Saya memberanikan diri mengajukan permohonan kerja kepada Bapak 3. Bacalah ilustrasi berikut! Seorang calon pelamar pekerjaan mengajukan sebuah surat lamaran pekerjaan yang ditujukan berikut fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan suatu PT yang bergerak di bidang telekomunikasi. Karena lowongan tersebut sudah terisi maka lamaran tersebut terpaksa ditolak.

Kalimat penolakan lamaran pekerjaan yang sesuai kecuali ilustrasi di atas adalah……. A. Bersama ini kami beritahukan bahwa lamaran Saudara tidak dapat diterima. B. Sesuai dengan surat Saudara, dengan ini diberitahukan bahwa lamaran Saudara ditolak. C. Lowongan pekerjaan yang Saudara kehendaki tidak ada dan kebetulan belum dibutuhkan.

D. Berhubungan dengan surat Saudara maka lamaran pekerjaan Saudara kami tolak sementara. E. Dengan surat ini kami memberitahukan bahwa lowongan jabatan yang yang Saudara inginkan sudah terisi. 4. Cermatilah kutipan penutup surat berikut! Atas perhatiannya, diucapkan terima kasih.

Kalimat yang tepat untuk memperbaiki kalimat penutup surat tersebut adalah …. A. Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih banyak B.

Atas perhatian, saya tak lupa mengucapkan terima kasih. C. Atas perhatian Bapak, saya mengucapkan terima kasih. D. Atas perhatiannya, saya mengucapkan terima kasih.

E. Atas perhatian, diucapkan terima kasih kepada Ibu. 5. Perhatikan ilustrasi berikut! Sebuah surat akan dikirim ke alamat : PT Astra Motor, jalan Kramat Raya nomor 132, Jakarta 10545 Cara penulisan alamat surat yang benar adalah . A. Yth. PT Astra Motor Jln. Kramat Raya 132 Jakarta 10453 B. Pt. Astra Motor Jalan Kramat Raya Jakarta 10453 C. Kepada, PT Astra Motor Jln. Kramat Raya 132 Jakarta 10545 D. PT Astra Motor Jalan Kramat Raya 132 Jakarta 10545 E.

pt Astra Motor Jln. Kramat Raya 132 Jakarta 10545 6. Cermatilah kutipan surat lamaran pekerjaan teks berikut. Saya yang bertanda tangan di bawah ini nama : Zuhri, S.E.

tempat, tanggal lahir : Sukoharjo, 20 Agustus 1983 jenis kelamin : laki-laki agama : Islam pendidikan : S-1 Akuntasi alamat : Jalan Wironanggan 15, Sukoharjo nomor telepon/HP : 081326446361 Dengan ini menyampaikan permohonan kepada Bapak/Ibu, agar kiranya dapat diangkat menjadi pegawai di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, dengan jabatan sebagai staf keuangan, Sebuah surat lamaran pekerjaan mengandung bagian yang berfungsi sebagai informasi awal terkait dengan pekerjaan yang akan dilamar.

Bagian tersebut merupakan . A. pernyaan ulang B. argumentasi C. tesis D. tujuan E. orientasi 7. Cermatilah kutipan surat lamaran pekerjaan teks berikut. Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, bersama ini saya lampirkan: 1. fotokopi ijazah terakhir 2.

berikut fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan, kecuali

Pasfoto ukuran 3x4 sebanyak empat lembar 3. Surat keterangan kesehatan 4. surat keterangan kelakuan baik Demikian permohonan ini disampaikan, besar harapan saya kiranya Bapak/Ibu dapat mempertimbangkannya, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih. Bagian surat lamaran pekerjaan tersebut adalah… A. orientasi B. pernyataan umum C. tujuan D. pernyataan ulang E. argumentasi 8. Perhatikan kalimat di bawah ini! Besar harapan saya untuk bisa bergabung dengan perusahaan yang Bapak pimpin.

Untuk itu, saya sangat mengharapkan berita dari Bapak. Kalimat di atas merupakan bagian dari . A. pembuka surat lamaran pekerjaan B. penutup surat lamaran pekerjaan C. balasan surat lamaran pekerjaan D. isi surat lamaran pekerjaan E. ucapan terima kasih dari pelamar 9. Cermatilah struktur surat lamaran kerja berikut! 1. Lampiran : ……… 2. Perihal : ……… 3. Boyolali, 21-7- 2019 4. Yth. Bapak Direktur PT Jaya Abadi Jln.

Pemuda, 123 Semarang 5. Dengan hormat, 6. Dengan ini ……. 7. Hormat saya, …………………. Struktur surat lamaran kerja di atas yang penulisannya salah adalah …. A. 1 dan 2 B. 1 dan 4 C. 2 dan 4 D. 3 dan 4 E. 4 dan 7 10. Cermatilah kutipan surat lamaran pekerjaan berikut! Dengan hormat, Saya, Maman Suherman, adalah Master Ekonomi Jurusan Manajemen Pemasaran. Saya ingin bergabung dengan perusahaan Bapak untuk menjadi direktur pemasaran cabang Majalengka. Berdasarkan isinya, surat lamaran pekerjaan di atas ditulis berdasarkan .

A. inisiatif sendiri B. pengumuman C. iklan di koran D. panggilan E. selebaran 11. Cermatilah teks berikut! Tantangan Karier PT Garuda Nusantara Membutuhkan tenaga pembukuan Syarat: 1. Sarjana Akuntansi 2. Pengalaman min. 2 thn 3. Domisili Jakarta Lamaran ke PT Garuda Nusantara Jalan Garuda 85 Jakarta Pusat Pembuka surat lamaran kerja yang paling tepat berkaitan dengan iklan di atas adalah ….

A. Bersama ini saya melamar pekerjaan sesuai dengan yang Bapak iklankan. B. Dengan ini saya mengajukan lamaran kerja. C. Berdasarkan iklan yang Bapak beri tahukan, saya bermaksud melamar pekerjaan tersebut. D. Berdasarkan lowongan kerja yang Bapak iklankan untuk tenaga pembukuan, dengan ini saya mengajukan lamaran untuk mengisi lowongan kerja tersebut.

E. Sesuai dengan iklan yang Bapak tawarkan, dengan ini saya bermasud melamar pekerjaan tersebut. 12. Perhatikan data-data berikut! Nama : Endah Mustaqimah, S.T. Umur : 25 tahun Pendidikan : S1 Teknik Industri Alamat : Jalan Tentara Pelajar, o6 Boyoali Data di atas merupakan bagian dari surat lamaran pekerjaan, yaitu bagian .

A. pembuka surat B. identitas pelamar C. daftar riwayat hidup D. penutup suratr E. asal-usul pelamar 13. Cermatilah penggalan surat lamaran pekerjaan berikut! Dengan hormat, Berdasarkan iklan perusahaan bapak yang dimuat pada harian Suara Merdeka, 19 Juli 2019, dengan ini saya nama : Haryadi, S.Pd. umur : 25 tahun pendidikan : S1 Fakultas Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Pendidikan Indonesia alamat : Jalan Jambu, 15 Boyolali Kata yang penulisannya tidak sesuai Ejaan Bahasa indobnesia (EBI) pada penggalan surat lamaran pekerjaan di atas adalah .

A. kata sapaan B. umur C. pendidikan D. nama E. alamat 14. Cermatilah kalimat surat balasan lamaran berikut! Anda ditunggu kehadirannya untuk tes tulis dan wawancara pada hari Senin, 15 Juli 2019 jam 08.00 WIB. Perbaikan surat balasan lamaran pekerjaan tersebut yang santun adalah . A. Selamat! Anda ditunggu ya pada hari Senin, 15 Juli 2019 jam 08.00 berikut fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan melakukan tes tulis dan wawancara. B. Selamat! Anda lulus tes administrasi.

Ditunggu kehadirannya pada hari Senin, 15 Juli 2019 jam 08.00 untuk melakukan tes tulis dan wawancara. C. Berdasarkan surat lamaran yang Saudara kirim, Saudara dinyatakan lulus seleksi administrasi.

Ditunggu kehadirannya pada hari Senin, 15 Juli 2019 pukul 08.00 WIB untuk melakukan tes tulis dan wawancara. D. Berikut fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan surat lamaran yang Anda kirim, Anda ditunggu pada hari Senin, 15 Juli 2019 jam 08.00 untuk melakukan tes tulis dan wawancara.

E. Anda ditunggu pada hari Senin, 15 Juli 2019 jam 08.00 untuk melakukan tes tulis dan wawancara. 16. Tantangan Karier PT Garuda Nusantara Membutuhkan tenaga pembukuan Syarat: 1.

Sarjana Akuntansi 2. Pengalaman min. 2 thn 3. Domisili Jakarta Lamaran ke PT Garuda Nusantara Jalan Garuda 85 Jakarta Pusat Pembuka surat lamaran kerja yang paling tepat berkaitan dengan iklan di atas adalah …. A. Bersama ini saya melamar pekerjaan sesuai dengan yang Bapak iklankan. B. Dengan ini saya mengajukan lamaran kerja. C. Berdasarkan iklan yang Bapak beri tahukan, saya bermaksud melamar pekerjaan tersebut.

D. Berdasarkan lowongan kerja yang Bapak iklankan untuk tenaga pembukuan, dengan ini saya mengajukan lamaran untuk mengisi lowongan kerja tersebut. E. Sesuai dengan iklan yang Bapak kecuali, dengan ini saya bermasud melamar pekerjaan tersebut.

17. Saya tertarik pada pekerjaan yang Ibu tawarkan melalui Harian Republika, 18 Oktober 2017. Oleh karena itu, meski belum banyak pengalaman, saya mengajukan lamaran ini dengan melengkapi persyaratan sesuai dengan ketentuan. Penulisan kata yang tidak tepat pada penggalan surat lamaran di atas adalah…. A. Ibu B. Harian C. Republika D. Oktober E. Saya 19. Contoh alinea pembuka surat lamaran pekerjaan yang tepat berdasarkan iklan lowongan pekerjaan adalah….

A. Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari seorang teman, saya bermaksud melamar pekerjaan untuk mengisi posisi yang ditawarkan oleh perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. B. Saya sangat mengharapkan adanya kemungkinan kesempatan dapat bekerja di perusahaan yang Bapak/ Ibu pimpin.

C. Dengan ini, saya mengajukan diri untuk mengisi posisi pekerjaan yang ditawarkan oleh perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin D. Saya berinisiatif melamar pekerjaan di perusahaan yang bapak/Ibu pimpin karena kualifikasi berikut fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan Bapak/lbu persyaratkan sangat sesuai dengan kualifikasi yang saya miliki.

Kecuali. Sehubungan dengan iklan yang dimuat dalam harian Sinar Nusantara, 25 April 2017, tentang lowongan kerja, saya yang bertanda tangan di bawah ini. 20. Kalimat penutup surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar adalah…. A. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

B. Terima berikut fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan sebesar-besarnya saya ucapkan atas perhatian Bapak/Ibu. C. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih. D. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya menghaturkan terima kasih.

E. Terima kasih banyak saya ucapkan, atas perhatian Bapak/Ibu. 21. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari salah satu media cetak mengenai lowongan pekerjaan berikut fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Kalimat tersebut tidak baku karena . A. mengandung pleonasme B. dipengaruhi bahasa asing C. bersifat rancu D. merupakan ragam bahasa percakapan E. unsur-unsur kalimat tidak lengkap 24. Penulisan alamat yang benar dalam pembuatan surat lamaran pekerjaaan adalah.

A. Kepada Manager Sukses Mandiri Jalan M.Yamin Nomor. 02, Kalibata Jakarta B. Yth Manager Sukses Mandiri Jalan M.Yamin Nomor. 02, Kalibata Jakarta C. Yth. Manager Sukses Mandiri Jalan M.Yamin Nomor 02, Kalibata Jakarta D.

Yth Manager sukses mandiri Jl M.Yamin No 02, Kalibata Jakarta E. Kepada Yth. Manager Sukses Mandiri Jalan M.Yamin Nomor. 02, Kalibata Jakarta 26. Menanggapi iklan pada harian Kaltim Post tanggal 15 nopember 2015 tentang penerimaan pegawai baru, dengan ini saya, Penulisan alinea pembuka pada kalimat di atas tidak tepat, sebaiknya . A. Berdasarkan iklan pada harian Kaltim Post tanggal 15 nopember 2015 tentang penerimaan pegawai baru, dengan ini saya, B.

Berdasarkan iklan pada harian Kaltim Post tanggal 15 Nopember kecuali tentang penerimaan pegawai baru, dengan ini saya, C. Berdasarkan iklan pada harian Kaltim Post, Senin tanggal 15 nopember 2015 tentang penerimaan pegawai baru, dengan ini saya, D. Menanggapi iklan pada harian Kaltim Post tanggal 15 Nopember 2015 tentang penerimaan pegawai baru, dengan ini saya, E. Berdasarkan iklan pada harian Kaltim Post senin tanggal 15 nopember 2015 tentang penerimaan pegawai baru, dengan ini saya, 27.

Penulisan identitas yang benar dalam pembuatan surat lamaran pekerjaan adalah. A. nama : Darul Hikam tempat dan tanggal lahir : Bandung, 1 Juli 1979 pendidikan terakhir : S-1 Sastra Inggris alamat : Jalan Senturi Blok A3 Antapani, Bandung B.

Nama : Darul Hikam Tempat dan tanggal lahir : Bandung, 1 Juli 1979 Pendidikan terakhir : S-1 Sastra Inggris Alamat : Jalan Senturi Blok A3 Antapani, Bandung C. Nama : darul Hikam Tempat dan tanggal lahir : bandung, 1 Juli 1979 Pendidikan terakhir : s-1 Sastra Inggris Alamat : jalan Senturi Blok A3 Antapani, Bandung D. nama : darul Hikam tempat dan tanggal lahir : bandung, 1 Juli 1979 pendidikan terakhir : s-1 Sastra Inggris alamat : jalan Senturi Blok A3 Antapani, Bandung E.

nama : Darul Hikam tempat/ tgl lahir : Bandung, 1 Juli 1979 pendidikan terakhir : S-1 Sastra Inggris alamat : Jalan Senturi Blok A3 Antapani, Bandung 28. Penulisan isi surat lamaran pekerjaan yang benar adalah. A. Dengan surat ini, saya mengajukan lamaran kerja ke perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk bisa di tempatkan pada staf manager teknik, besar harapan saya dapat diterima.

B. Dengan ini, saya mengajukan lamaran kerja ke perusahaan yang Bapak/ibu pimpin untuk bisa di tempatkan pada staf manager teknik. C. Dengan surat ini, saya mengajukan lamaran kerja ke perusahaan yang bapak/ibu pimpin untuk bisa di tempatkan pada staf manager teknik. besar harapan saya dapat diterima. D. Dengan surat ini, saya mengajukan lamaran kerja ke perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk bisa di tempatkan pada staf manager teknik.

E. Dengan ini saya mengajukan lamaran kerja ke perusahaan yang bapak/ibu pimpin untuk bisa di tempatkan pada staf manager teknik. besar harapan saya dapat diterima. 29. Penulisan lampiran yang benar dalam pembuatan surat lamaran pekerjaan adalah. A. sebagai bahan pertimbangan, bersama surat ini saya lampirkan : a.

Fotokopi ijazah yang sudah dilegalisasi; b. Fotokopi kartu tanda penduduk; c. Pasfoto ukuran 3x4 dua lembar. B. sebagai bahan pertimbangan, bersama surat ini saya lampirkan :sebagai bahan pertimbangan, bersama surat ini saya lampirkan : a.

fotokopi ijazah yang sudah dilegalisasi; b. fotokopi kartu tanda penduduk; c. pasfoto ukuran 3x4 dua lembar. C. sebagai bahan pertimbangan, bersama surat ini saya lampirkan ; a. Foto kopi ijazah yang sudah dilegalisasi; b. Foto kopi kartu tanda penduduk; c. Pas foto ukuran 3x4 dua lembar. D. sebagai bahan pertimbangan, bersama surat ini saya lampirkan ; a. Foto kopi ijazah yang sudah dilegalisasi, b.

Foto kopi kartu tanda penduduk, c. Pas foto ukuran 3x4 dua lembar. E. sebagai bahan pertimbangan, bersama surat ini saya lampirkan : a. Foto kopi ijazah yang sudah dilegalisasi; b. Foto kopi kartu tanda penduduk; c. Pas foto ukuran 3x4 dua lembar. 30. Penulisan penutup surat lamaran pekerjaan yang benar adalah. A. Demikian surat lamaran kerja ini, atas perhatian Bapak/Ibu saya sampaikan terima kasih. B. Demikian surat lamaran kerja ini, besar harapan saya dapat di terima dan atas perhatian Bapak/Ibu saya sampaikan terima kasih.

C. Demikian surat lamaran kerja ini, atas perhatian Bapak/Ibu saya sampaikan ucapan terima kasih. D. Demikian surat lamaran kerja ini, besar harapan saya dapat di terima dan atas perhatian Bapak/Ibu saya sampaikan ucapkan terima kasih. E. Demikian surat lamaran kerja ini saya buat, atas perhatian Bapak/Ibu saya sampaikan ucapan terima kasih. 32. Cermati kalimat di bawah ini! Surat lamaran pekerjaan tidak memiliki format yang resmi.

., surat lamaran pekerjaan memiliki aturan-aturan yang harus diperhatikan dalam penulisannya. Konjungsi (kata sambung) yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang (kosong) adalah . A. meskipun demikian B. selanjutnya C. akan tetapi D. dengan demikian E. oleh sebab itu 33. Hal yang diperlukan dalam sebuah surat lamaran pekerjaan adalah .

A. penggunaan kalimat permohonan pada yang dituju B. penggunaan bahasa dengan uraian yang panjang, jelas, dan terperinci C. peggunaan kata yang runtut, sistematis, dan mudah dimengerti D. curriculum vitae yang perlu direkayasa demmi kelancaran E. adanya kop surat dari lampiran 36. Cermati kalimat berikut! “Saya lulusan SMK program keahlian Busana tahun 2019 mengajukan lamaran agar diterima sebagai designer, Saya menguasai komputer MS.

Word, Coreldraw, Photoshop, dan Pagemaker.” Penggalan surat lamaran pekerjaan diatas berisikan, kecuali . A. tujuan penyampaian surat lamaran pekerjaan B. pemberitahuan ketrampilan tambahan yang dikuasai C. penyebutan jabatan yang diminati D. alasan pengajuan surat lamaran pekerjaan E.

pemberitahuan mengenai program keahlian yang dimiliki 37. Bagian isi kecuali balasan lamaran pekerjaan yang berisi penolakan berikut fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan jelas dan benar adalah . A. menyesal sekali lamaran anda belum dapat kami terima B.

dengan penuh rasa penyesalan saya tidak dapat menerima surat lamaran anda C. dengan penuh penyesalan lamaran anda tidak bisa kami terima D. surat lamaran anda telah kami terima, namun dengan sangat menyesal kami belum dapat menerima anda E.

kantor kami belum membutuhkan pelamar baru sehingga anda belum bisa dipertimbangkan 38. Cermati kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan berikut!

“Berdasarkan iklan di harian Kisah, 9 Oktober 2019, saya sangat ingin menjadi teknisi komputer pada perusahaan berikut fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan Bapak/Ibu pimpin.” Perbaikan kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan tersebut adalah . A. mengganti “sangat ingin” menjadi “menginginkan” B.

mengganti “sangat ingin” menjadi “dengan ini melamarnya” C. mengganti “sangat ingin” menjadi “mengajukan lamaran pekerjaan” D. mengganti “sangat ingin” menjadi “bermaksud ingin” E. mengganti “sangat ingin” menjadi “dengan ini menginginkan” “Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan. “ 40. Cermati iklan lowongan berikut! “Perusahaan yang sedang berkembang membutuhkan kepala bagian iklan S1, inggris aktif, maksimal 27 tahun, mampu mengoperasikan komputer, berpengalaman dalam bidang advertising, siap bekerja keras memajukan perusahaan.

Sumber : Joglo Semar 9 Mei 2019” Kalimat yang menyatakan isi surat lamaran pekerjaan dengan tepat sesuai ilustrasi diatas adalah A.

berdasarkan iklan lowongan pekerjaan diharian Joglo Semar, 9 Mei 2019 tentang bagian kepala iklan, saya bermaksud untuk melamar pekerjaan diperusahaan B. sehubungan dengan iklan lowongan pekerjaan diharian Joglo Semar, 9 Mei 2019 lamaran pekerjaan sebagai kecuali saya mengajukan bagian iklan di perusahaan bapak, mohon diterima C. sehubungan dengan iklan bapak di harian Joglo Semar, 9 Mei 2019 mengharapkan agar bapak menerima saya sebagai kepala iklan diperusahaan bapak D. berdasarkan iklan lowongan pekerjaan diharian Joglo Semar, membutuhkan bagian iklan E.

saya yang bertanda tangan dibawah ini, Rika Farida, 26 tahun, D3 Akuntansi, siap dilatih mengoperasikan komputer dan dilatih bahasa inggris aktif 41. Bacalah iklan lowongan pekerjaan berikut! “PT. GARUDA NUSANTARA Membutuhkan segera tenaga pembukuan, dengan syarat : 1. Sarjana Akuntansi 2. Pengalaman kerja minimal 2 tahun 3. bertempat tinggal di Mataram Lamaran ditujukan di PT GARUDA NUSANTARA Jalan Teratai 41, Mataram” Kalimat pembuka surat lamaran yang paling tepat sesuai dengan iklan tersebut adalah .

A. Bersama ini saya melamar pekerjaan sesuai dengan iklan di harian indonesia B. dengan ini saya mengajukan lamaran kerja sesuai dengan iklan di harian indonesia C. berdasarkan iklan yang bapak beritahukan, dengan ini saya bermaksud melamar pekerjaan tersebut D. setelah membaca iklan di harian indonesia, 12 Oktober 2017, dengan ini saya .

E. sesuai dengan iklan yang bapak tawarkan, dengan ini saya bermaksud melamar pekerjaan tersebut 42. Cermatilah kalimat pembuka surat berikut! “Setelah saya mengetahui dari koran Kompas, tanggal 10 September 2017, mengenai kebutuhan tenaga Account Executive, dengan inni saya mengajukan lamaran pekerjaan untuk mengisi lowongan pekerjaan tersebut.” Perbaikan yang tepat untuk kalimat pembuka surat lamaran tersebut adalah . A.

membaca iklan diharian Kompas . yang menyatakan bahwa .

berikut fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan, kecuali

B. setelah melihat koran Kompas . yang menyatakan bahwa . C. di harian Kompas telah dibaca bahwa . D. harian Kompas memuat iklan yang mengatakan bahwa . E. dengan ini saya mengajukan lamaran sesuai iklan yang terbaca . 46. Dengan hormat, Berdasarkan informasi iklan lowongan pekerjaan yang Bapak/Ibu muat dalam harian Indonesia Raya, tanggal 25 April 2017, saya yang bertanda tangan di bawah ini, nama lengkap : Ayu Endramurni tempat, tanggal lahir : Semarang, 11 November 1994 alamat : JI.

Sukamaju No. 14, Semarang Dalam informasi surat lamaran di atas terdapat kesalahan penulisan. Kesalahan penulisan berikut perbaikannya yang tepat adalah…. A. Penulisan kata harian salah seharusnya ditulis kapital Harian.

B. Penulisan identitas diri seperti nama lengkap, tempat tanggal lahir, dan alamat seharusnya diawali dengan huruf kapital. C. Penulisan kecuali 25 April 2017 salah, seharusnya ditulis 25-04-2017. D. Penulisan JI. pada bagian alamat salah, seharusnya ditulis secara lengkap dan tidak disingkat Jalan. E. Penulisan nama harian Indonesia Raya salah, seharusnya ditulis menggunakan huruf kecil indonesia raya.

47. Kami adalah editor lepas beberapa penerbit di Bandung. Profesi kami sebagai editor dimulai tahun 1996 hingga sekarang. Hal yang dikemukakan dalam kutipan surat lamaran tersebut adalah….

A. pendidikan pelamar B. kualifikasi diri pelamar C. potensi pelamar D. bakat yang dimiliki pelamar E. loyalitas pelamar Jawaban: 1. D. 3 dan 5 2. D. Berdasarkan pengumuman nomor 120/PK/08/2013 pada 28 Oktober 2013… 3. E. Dengan surat ini kami memberitahukan bahwa lowongan jabatan yang yang Saudara inginkan sudah terisi.

4. C. Atas perhatian Bapak, saya mengucapkan terima kasih. 5. D. PT Astra Motor Jalan Kramat Raya 132 Jakarta 10545 6. C. tesis 7. E. argumentasi 8. B. penutup surat lamaran pekerjaan 9. D. 3 dan 4 10. A. inisiatif sendiri 11. D. Berdasarkan lowongan kerja yang Bapak iklankan untuk tenaga pembukuan, berikut fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan ini saya mengajukan lamaran untuk mengisi lowongan kerja tersebut.

12. B. identitas pelamar 13. A. kata sapaan 14. C. Berdasarkan surat lamaran yang Saudara kirim, Saudara dinyatakan lulus seleksi administrasi. Ditunggu kehadirannya pada hari Senin, 15 Juli 2019 pukul 08.00 WIB untuk melakukan tes tulis dan wawancara. 15. A. kalimat – kata 16. D. Berdasarkan lowongan kerja yang Bapak iklankan untuk tenaga pembukuan, dengan ini saya mengajukan lamaran untuk mengisi lowongan kerja tersebut.

17. B. Harian 18. A. menyusun kerangka karangan 19. E. Sehubungan dengan iklan yang dimuat dalam harian Sinar Nusantara, 25 April 2017, tentang lowongan kerja, saya yang bertanda tangan di bawah ini.

20. C. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih. 21. E. unsur-unsur kalimat tidak lengkap 22. D. Bandung, 18 Juli 2019 23. E. lampiran : 5 berkas 24. C. Yth. Manager Sukses Mandiri Jalan M.Yamin Nomor 02, Kalibata Jakarta 25. D. Dengan hormat, 26. C. Berdasarkan iklan pada harian Kaltim Post, Senin tanggal 15 nopember kecuali tentang penerimaan pegawai baru, dengan ini saya, 27.

B. Nama : Darul Hikam Tempat dan tanggal lahir : Bandung, 1 Juli 1979 Pendidikan terakhir : S-1 Sastra Inggris Alamat : Jalan Senturi Blok A3 Antapani, Bandung 28. A. Dengan surat ini, saya kecuali lamaran kerja ke perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk bisa di tempatkan pada staf manager teknik, besar harapan saya dapat diterima. 29. A. sebagai bahan pertimbangan, bersama surat ini saya lampirkan : a.

Fotokopi ijazah yang sudah dilegalisasi; b. Fotokopi kartu tanda penduduk; c. Pasfoto ukuran 3x4 dua lembar. 30. A. Demikian surat lamaran kerja ini, atas perhatian Bapak/Ibu saya sampaikan terima kasih.

31. A. Hormat saya, 32. A. meskipun demikian 33. A. penggunaan kalimat permohonan pada yang dituju 34. B. menggunakan bahasa baku 35. E. petunjuk pengiriman surat 36. A. tujuan penyampaian surat lamaran pekerjaan 37. D. surat lamaran anda telah kami terima, namun dengan sangat menyesal kami belum dapat menerima anda 38. C. mengganti “sangat ingin” menjadi “mengajukan lamaran pekerjaan” 39.

D. isi 40. A. berdasarkan iklan lowongan pekerjaan diharian Joglo Semar, 9 Mei 2019 tentang bagian kepala iklan, saya bermaksud untuk melamar pekerjaan diperusahaan 41. D. setelah membaca iklan di harian indonesia, 12 Oktober 2017, dengan ini saya .

42. A. membaca iklan diharian Kompas . yang menyatakan bahwa . 43. E. cita-cita pelamar 44. E. besaran upah/gaji yang dinginkan pelamar 45. B. Bogor, 12 April 2017 46. D. Penulisan JI. pada bagian alamat salah, seharusnya ditulis secara lengkap dan tidak disingkat Jalan. 47. B. kualifikasi diri pelamar Recent Posts • https://myhomeworkhelpers-id.com/b-indonesia/tugas522704242 • https://myhomeworkhelpers-id.com/seni/tugas11844395 • https://myhomeworkhelpers-id.com/b-indonesia/tugas522961541 • https://myhomeworkhelpers-id.com/seni/tugas2587289 • https://myhomeworkhelpers-id.com/b-indonesia/tugas523177026
Halo Sara K, terima kasih sudah bertanya di Roboguru :) Kakak bantu jawab, ya.

Jawabannya adalah B. Mari perhatikan penjelasan berikut. Surat lamaran pekerjaan adalah surat yang berisi permohonan dari seseorang yang mencari pekerjaan dengan tujuan mendapatkan pekerjaan dari perusahaan/instansi yang dituju. Surat lamaran pekerjaan memiliki bagian-bagian dan fungsi, sebagai berikut: 1. Tempat dan tanggal pembuatan surat lamaran kerja: bagian ini berfungsi untuk menginformasikan kepada penerima kapan dan di mana surat lamaran dibuat.

2.

berikut fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan, kecuali

Alamat perusahaan/kantor yang dituju: bagian ini berfungsi untuk memastikan bahwa penerima surat lamaran adalah perusahaan yang dituju. 3. Perihal/Hal: bagian ini berfungsi untuk menyampaikan inti keseluruhan isi surat yang dapat dipahami langsung oleh penerima surat lamaran, sebagai referensi, petunjuk bagi petugas surat untuk pengarsipan, dan petunjuk bagi petugas surat untuk pencatatan. 4. Lampiran: bagian ini berfungsi sebagai tempat bagi pelamar untuk mencantumkan berkas-berkas sesuai persyaratan untuk posisi yang dilamar.

5. Salam pembuka: bagian ini berfungsi sebagai kalimat sapaan sebelum masuk pada bagian isi. 6. Isi surat lamaran: bagian ini berfungsi sebagai ruang bagi pelamar untuk memperkenalkan diri dan meyakinkan penerima surat untuk dapat menerima pelamar.

7. Salam penutup: bagian ini berfungsi untuk menyampaikan kalimat penutup, sebagai bentuk penghormatan pelamar kecuali penerima surat lamaran. 8. Nama dan tanda tangan calon pelamar: bagian ini berfungsi agar penerima mengetahui siapa yang membuat surat dan dibuktikan dengan adanya tanda tangan pelamar.

Berdasarkan penjelasan tersebut, fungsi hal adalah untuk menyampaikan inti keseluruhan isi surat yang dapat dipahami langsung oleh penerima surat lamaran, sebagai referensi, petunjuk bagi petugas surat untuk pengarsipan, dan petunjuk bagi petugas surat untuk pencatatan, sedangkan “Menginformasikan kapan surat dibuat” merupakan fungsi dari bagian tempat dan tanggal pembuatan surat.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B. Semoga membantu :) Bacalah teks ceramah berikut! Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang “sabar” Sabar berasal dari kata “sobaro-yasbiru” yang artinya menahan. Menurut istilah, sabar adalah menahan diri dati kesusahan dan menyikapinya sesuai syariah dan akal, menjaga lisan dari celaan, dan menahan anggota badan dari perbuatan dosa.

Sabar adalah pilar kebahagian seorang hamba, karena dengan kesabaran seseorang akan terjaga dari kemaksiatan, konsisten menjalankan ketaatan, dan tabah dalam menghadapi berbagai macam cobaan.

Sabar merupakan ajaran yang banyak sekali disinggung dalam Al-Qur’an maupun hadis, sehingga manusia senantiasa diarahkan untuk selalu bersabar dalam kehidupannya. Kesabaran yang sebenarnya adalah kemampuan dalam mengendalikan sikap, sehingga bisa dengan ikhlas dan rela hati menerima kondisi yang sedang dihadapinya demi mendapat balasan yang baik di akhirat. Teks tersebut termasuk struktur bagian …. a. pendahuluan b. isi c. penutup d. interpretasi e.

orientasi Cermati teks berikut! Wabah Virus Korona di Berikut fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan, China mengakibatkan 17 orang tewas dan ratusan lainnya terinfeksi. Virus Korona yang diduga berasal dari kelelawar atau ular ini penyebarannya begitu pesat lewat udara dan sentuhan langsung dengan orang yang terinfeksi.

Makna kata "wabah" dari teks di atas adalah. A. Menular B. Menyebar C. Menjalar D. Menebar Contoh soal soal materi surat lamaran pekerjaan A.

PILIHAN GANDA 1. Hal yang diperlukan dalam sebuah surat lamaran pekerjaan adalah . a. penggunaan kalimat permohonan pada yang dituju b. penggunaan bahasa dengan uraian yang panjang, jelas, dan terperinci c. peggunaan kata yang runtut, sistematis, dan mudah dimengerti d. curriculum vitae yang perlu direkayasa demmi kelancaran e.

adanya kop surat dari lampiran Jawaban : A 2. Hal-hal yang harus dihindari dalam penulisan surat lamaran pekerjaan sebagai berikut, kecuali . a. terdapat gambar dan pernak pernik b. menggunakan bahasa baku c. bahasa yang digunakan bertele tele d. tulisan menggunakan tinta warna warni e. menggunakan kertas warna warni Jawaban : B 3. Berikut fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan, kecuali . a. petunjuk bagi petugas surat pencatatan b. petunjuk intisari surat c.

petunjuk bagi petugas pengarsipan d. referensi e.

berikut fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan, kecuali

petunjuk pengiriman surat Jawaban : E 4. Cermati kalimat berikut! “Saya lulusan SMK program keahlian Busana tahun 2017 mengajukan lamaran agar diterima sebagai designer, Saya menguasai komputer MS. Word, Coreldraw, Photoshop, dan Pagemaker.” Penggalan surat lamaran pekerjaan diatas berisikan, kecuali . a. tujuan penyampaian surat lamaran pekerjaan b. pemberitahuan ketrampilan tambahan yang dikuasai c. penyebutan jabatan yang diminati d. alasan pengajuan surat lamaran pekerjaan e.

pemberitahuan mengenai program keahlian yang dimiliki Jawaban : A 5. Bagian isi surat balasan lamaran pekerjaan yang berisi penolakan secara jelas dan benar adalah . a. menyesal sekali lamaran anda belum dapat kami terima b.

dengan penuh rasa penyesalan saya tidak dapat menerima surat lamaran anda c. dengan penuh penyesalan lamaran anda tidak bisa kami terima d. surat lamaran anda telah kami terima, berikut fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan dengan sangat menyesal kami belum dapat menerima anda e. kantor kami belum membutuhkan pelamar baru sehingga anda belum bisa dipertimbangkan Jawaban : D 6. Cermati kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan berikut! “Berdasarkan iklan di harian Kisah, 9 Oktober 2017, saya sangat ingin menjadi teknisi komputer pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.” Perbaikan kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan tersebut adalah .

a. mengganti “sangat ingin” menjadi “menginginkan” b. mengganti “sangat ingin” menjadi “dengan ini melamarnya” c. mengganti “sangat ingin” menjadi “mengajukan lamaran pekerjaan” d. mengganti “sangat ingin” menjadi “bermaksud berikut fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan e.

mengganti “sangat ingin” menjadi “dengan ini menginginkan” Jawaban : C 7. “Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan. “ Pernyataan tersebut ditulis dalam surat lamaran pekerjaan pada bagian a. identitas b. pembuka c. penutup d.

isi e. lampiran Jawaban : D 8. Cermati iklan lowongan berikut! “Perusahaan yang sedang berkembang membutuhkan kepala bagian iklan S1, inggris aktif, maksimal 27 tahun, mampu mengoperasikan komputer, berpengalaman dalam bidang advertising, siap bekerja keras memajukan perusahaan.

Sumber : Joglo Semar 9 Mei 2018” Kalimat yang menyatakan isi surat lamaran pekerjaan dengan tepat sesuai ilustrasi diatas adalah a. berdasarkan iklan lowongan pekerjaan diharian Joglo Semar, 9 Mei 2018 tentang bagian kepala iklan, saya bermaksud untuk melamar pekerjaan diperusahaan b. sehubungan dengan iklan lowongan pekerjaan diharian Joglo Semar, 9 Mei 2018 lamaran pekerjaan sebagai kepala saya mengajukan bagian iklan di perusahaan bapak, mohon diterima c. sehubungan dengan iklan bapak di harian Joglo Semar, 9 Mei 2018 mengharapkan agar bapak menerima saya sebagai kepala iklan diperusahaan bapak d.

berdasarkan iklan lowongan pekerjaan diharian Joglo Semar, membutuhkan bagian iklan e. saya yang bertanda tangan dibawah ini, Rika Farida, 26 tahun, D3 Akuntansi, siap dilatih mengoperasikan komputer dan dilatih bahasa inggris aktif Jawaban : A 9. Bacalah iklan lowongan pekerjaan berikut!

“PT. GARUDA NUSANTARA Membutuhkan segera tenaga pembukuan, dengan syarat : 1. Sarjana Akuntansi 2. Pengalaman kerja minimal 2 tahun 3. berikut fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan tinggal di Mataram Lamaran ditujukan di PT GARUDA NUSANTARA Jalan Teratai 41, Mataram” Kalimat pembuka surat lamaran yang paling tepat sesuai dengan iklan tersebut adalah . a. Bersama ini saya melamar pekerjaan sesuai dengan iklan di harian indonesia b.

dengan ini saya mengajukan lamaran kerja sesuai dengan iklan di harian indonesia c. berdasarkan iklan yang bapak beritahukan, dengan ini saya bermaksud melamar pekerjaan tersebut d. setelah membaca iklan di harian indonesia, 12 Oktober 2017, dengan ini saya . e. sesuai dengan iklan yang bapak tawarkan, dengan ini saya bermaksud melamar pekerjaan tersebut Jawaban : D 10. Cermatilah kalimat pembuka surat berikut!

berikut fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan, kecuali

“Setelah saya mengetahui dari koran Kompas, tanggal 10 September 2017, mengenai kebutuhan tenaga Account Executive, dengan inni saya mengajukan lamaran pekerjaan untuk mengisi lowongan pekerjaan tersebut.” Perbaikan yang tepat untuk kalimat pembuka surat lamaran tersebut adalah .

a. membaca iklan diharian Kompas . yang menyatakan bahwa . b. setelah melihat koran Kompas . yang menyatakan bahwa . c. di harian Kompas telah dibaca bahwa .

d. harian Kompas memuat iklan yang mengatakan kecuali . e. dengan ini saya mengajukan lamaran sesuai iklan yang terbaca . Jawaban : A 11. Cermati ilustrasi berikut! “Seorang sekretaris diminta membuat surat balasan kepada para pelamar yang tidak diterima di perusahaan X.” Kalimat santun yang berisi penolakan sesuai ilustrasi tersebut adalah .

a. surat lamaran anda telah kami terima dan minta pengertian anda bahwa kantor kami belum membutuhkan tenaga tambahan b. terima kasih anda berantusias melamar kerja dikantor kami, tetapi sayang tidak dapat saya terima lamaran anda c. surat lamaran anda telah kami terima, tetapi dengan sangat menyesal kami belum bisa menerima anda sebagai karyawan diperusahaan kami d.

kantor kami belum ada lowongan pekerjaan sehingga lamaran anda kami tolak dan untuk sementara tidak melamar lagi e. dengan penuh penyesalan lamaran anda tidak saya terima karena penuh dan tidak memungkinkan 12.

Bagian kalimat surat yang menyatakan kualifikasi adalah . a. saya berharap bisa mendapat kesempatan untuk wawancara b. saya telah membaca iklan diharian Kompas tanggal 11 Oktober 2017 yang menyatakan bahwa perusahaan bapak/ibu membutuhkan . c. dengan ini saya mengajukan lamaran untuk jabatan sekretaris d. atas perhatian bapak/ibu, saya ucapkan terima kasih e. saya lulusan SMK Sekretaris tahun 2017, menguasai Ms.

Office, mampu berbahasa inggris aktif. . Jawaban : E 13. Cermatilah surat balasan lamaran pekerjaan berikut! “Saudara tidak diterima sebagai tenaga instruktur diperusahaan kami tidak memenui kriteria.” Perbaikan kalimat surat balasan lamaran pekerjaan diatas yang santun adalah .

a. kami menyesal tidak dapat menerima saudara karena belum memenuhi kriteria b. karena ttidak memenuhi kriteria kami, maka terpaksa saudara ditolak c. kami tidak dapat berikut fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan saudara karena saudara tidak memenuhi syarat d. surat lamaran saudara kami tolak karena belum sesuai kriteria kami e.

surat lamaran saudara kami kembalikan karena kurang lengkap Jawaban : A 14. Penulisan alamat surat yang benar adalah a. Kepada Personalia PT Telkom Jl. Jendral Gatot Subroto no. 5 Jakarta Pusat b. Yth. Personalia PT Telkom Jalan Gatot Subroto No. 5 Jakarta Pusat c. Yth. Bapak Personalia PT Telkom Jln. Gatot Subroto no. 5 Jakarta Pusat d. Kepada yang terhormat biro Personalia PT Telkom Jalan Gatot Subroto 5 Jakarta Pusat e.

Kepada Yth. HRD P.T. Telkom Jl. Gatot Subroto 5 Jakarta Pusat Jawaban : D 15. Cermati lowongan pekerjaan berikut! Kalimat pembuka yang tepat sesuai iklan tersebut adalah . a. sehubungan dengan iklan yang dimuat pada harian Berita Kota, tanggal 20 Januari 2018, denganini saya mengajukan lamaran pekerjaan . b. sehubungan dengan iklan bapak di Berita Kota, saya berminat mau melamar kepada perusahaan bapak .

c. saya berharap perusahaan bapak menerima saya karena saya memiliki ijazah sesuai yang diminta. d.

dengan ijzah yang sesuai dengan iklan bapak di Berita Kota, saya bermaksud malamar . e. saya bermaksud melamar kepada perusahaan bapak sesuai dengan iklan yang dimuat pada Berita Kota . Jawaban : A 16. Perhatikan kalimat berikut! “Besar harapan saya agar lamaran ini dapat bapak pertimbangkan untuk diterima. Berikut fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan perhatian bapak, saya ucapkan terima kasih.” Kalimat tersebut merupakan bagian . a. pembuka surat b. pengantar surat c.

isi surat d. pengembangan surat e. penutup surat Jawaban : E 17. Surat lamaran pekerjaan yang anda susun termasuk jenis surat . a. resmi b. dinas c. resmi pribadi d.

berikut fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan, kecuali

keluarga e. pribadi Jawaban : A 18. Perhatikan iklan berikut! “Dicari, seorang professional dalam bidang agroindustri, lancar berbahasa inggris, terampil dalam bidang komputer, dan jujur.” Berdasarkan iklan diatas, kalimat pembuka lamaran pekerjaan yang tepat adalah . a. Dengan hormat, saya mengharapkan bapak menerima lamaran pekerjaan ini b. Dengan hormat, iklan tersebut tidak disebarluaskan sehingga saya tidak tahu c.

Dengan hormat, setelah saya membaca lowongan pekerjaan tersebut, saya merasa memenuhi persyaratan tersebut d. Dengan hormat, setelah saya membaca iklan lowongan tersebut, saya kirimkan syarat- syaratnya e.

Dengan hormat, agroindustri memang berikut fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan kesenangan saya, oleh karena itu, iklan ini sangat baik Jawaban : C 19. Penulisan tanggal surat yang benar ialah . a. 27-01-2018 b. 27 Jan. 2018 c.

27-Januari-2018 d. 27 Januari 2018 e. 27 Januari „18 Jawaban : D 20. Berikut ini yang tidak terdapat pada surat lamaran pekerjaan adalah . a. tembusan b. pembuka c. lampiran d. penutup e. hal Jawaban : A B. URAIAN 1. Sebuah surat lamaran pekerjaan mempunyai dua macam alamat surat, yaitu .  ditulis pada kertas surat dan ditulis pada sampul surat 2. Lembaran selain surat utama yang disertakan dalam surat lamaran pekerjaan disebut .\  lampiran 3. Huruf awal kata kedua pada salam pembuka ditulis memakai huruf .

 kecil 4. Bagian terakhir dari surat lamaran pekerjaan adalah .  tanda tangan / pengirim 5. Bagian pembuka surat yang berfungsi sebagai pengantar pembaca kepada inti pokok surat disebut .  paragraf pembuka 6. Surat balasan lamaran pekerjaan biasanya dibuat oleh bagian .  Manager Personalia / Pimpinan Instansi 7. Bagian surat lamaran pekerjaan yang memuat maskud tujuan penulisan surat adalah .

 isi surat 8. Paragraf yang berfungsi untuk menutup surat lamaran pekerjaan adalah .

berikut fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan, kecuali

 paragraf penutup / penutup surat 9. Surat lamaran pekerjaan yang ditulis dengan tangan menggunakan kertas .  folio bergaris 10. Pengiriman dan penerimaan surat dapat berjalan dengan lancar jika alamat ditulis dengan .

 Benar dan jelas C. ESSAY 1. Apa yang dimaksud dengan surat lamaran pekerjaan?  surat yang dibuat oleh seseorang untuk dapat memperoleh pekerjaan 2.

Sebutkan sumber yang biasa dijadikan dasar pembuatan surat lamaran pekerjaan!  informasi teman, berdasarkan iklan di media, pengumuman dinas kerja, pemberitahuan di sekolah, inisiatif sendiri 3. Sebutkan unsur unsur yang ada dalam surat lamaran pekerjaan!  tempat tanggal pembuatan surat, hal atau perihal, lampiran, alamat surat, salam pembuka, pembuka surat, isi, penutup surat, salam penutup, tanda tangan pengirim 4. Sebutkan hal-hal yang biasanya ada pada bagian isi surat lamaran pekerjaan!

 identitas pelamar dan nama, tempat tanggal lahir, alamat, pendidikan, dan keterangan lain yang dianggap penting 5. Sebutkan hal-hal yang harus dihindari dalam penulisan surat lamaran pekerjaan!  tulisan menggunakan tinta warna warni, menggunakan kertas warna warni, terdapat gambar / pernak berikut fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan di kertas, bahasa yang digunakan bertele tele PERBAIKAN A. 1. Penulisan surat lamaran pekerjaan harus menggunakan bahasa yang .

 baku dengan kalimat efektif 2. Cara penulisan salam pembuka adalah huruf awal kata pertama memakai huruf .  besar 3. Surat lamaran pekerjaan termasuk surat .  dinas / resmi 4. Pada akhir ungkapan salam pembuka, dibubuhkan tanda .  koma 5. Suatu daftar atau catatan yang berisi keterangan lengkap mengenai diri seseorang disebut .  daftar riwayat hidup B. kecuali. Apa yang ditawarkan seorang pelamar kerja dalam surat lamaran kerjanya?  jasa. bisa berupa pendidikan, pengetahuan, pengalaman, kecakapan, ketranpilan, ataupun kepribadian seseorang yang ditulis secara singkat 2.

Bahasa yang digunakan dalam menulis surat lamaran pekerjaan hendaknya sopan dan simpatik. Jelaskan maksudnya!  maksudnya adalah menggunakan gaya bahasa yang menunjukkan kerendahan hati dan kepercayaan diri agar menarik hari orang yang memberi lowongan pekerjaan 3.

berikut fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan, kecuali

Sebutkan macam-macam bentuk penulisan surat lamaran pekerjaan!  official block style, block style, full block style 4. Apa saja fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan?  petunjuk intisar surat, referensi, petunjuk bagi petugas surat untuk pencatatan/pengarsipan 5.

Apa saja hal-hal yang harus diperhatikan dalam peulisan surat lamaran pekerjaan?  - penulisan berikut fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan penerima harus cermat dan lengkap - penulisan nama dan penerima surat diawali huruf kapital pada setiap unsurnya - penulisan alamat penerima juga harus lengkap, cermat, dan informatif - penulisan “Yang Terhormat” cukup disingkat dengan “Yth.” Penggunaan kata “Kepada” tidak diperlukan karena kata “Kepada” berfungsi sebagai penghubung antar bagian kalimat yang menyatakan arah Semoga Bermanfaat  Penulis Ilmu-sekolahku.blogspot.com
anantakendek.com - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal surat lamaran pekerjaan dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam berikut fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan pelajaran Bahasa Indonesia kelas XII revisi.

Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi tentang contoh soal surat lamaran pekerjaan dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XII revisi. Gambar: freepik.com 1. Hal-hal yang harus dihindari dalam penulisan surat lamaran pekerjaan sebagai berikut, kecuali . A. terdapat gambar dan pernak pernik B. menggunakan bahasa baku C. bahasa yang digunakan bertele-tele D.

tulisan menggunakan tinta warna warni E. menggunakan kertas warna warni 2. Hal yang tidak perlu dikemukakan dalam surat lamaran adalah . A. nama pelamar B. jenis kelamin pelamar C. pendidikan pelamar D. tempat tinggal pelamar E.

cita-cita pelamar 3. Berikut fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan, kecuali . A. petunjuk bagi petugas surat pencatatan B. petunjuk intisari surat C. petunjuk bagi petugas pengarsipan D.

referensi E. petunjuk pengiriman surat 4. Berikut yang bukan merupakan hal yang harus diperhatikan dalam isi surat lamaran adalah. A. jabatan yang dinginkan B. identitas pelamar C. latar belakang pendidikan pelamar D. kualifikasi pelamar E. besaran upah/gaji yang dinginkan pelamar 5. Cermati kalimat berikut! “Saya lulusan SMK program keahlian Busana tahun 2021 mengajukan lamaran agar diterima sebagai designer, Saya menguasai komputer MS.

Word, Coreldraw, Photoshop, dan Pagemaker.” Penggalan surat lamaran pekerjaan di atas berisikan, kecuali . A. tujuan penyampaian surat lamaran pekerjaan B. pemberitahuan ketrampilan tambahan yang dikuasai C. penyebutan jabatan yang diminati D. alasan pengajuan surat lamaran pekerjaan E.

pemberitahuan mengenai program keahlian yang dimiliki 6. Contoh penulisan tempat dan tanggal pembuatan surat lamaran kerja yang benar adalah. A. Jakarta, 12-04-2021 B. Bogor, 12 April 2021 C. Semarang, 12/04/2021 D.

Surabaya 12 April 2021 E. Bandung: 12 April 2021 7. Bagian isi surat balasan lamaran pekerjaan yang berisi penolakan secara jelas dan benar adalah . A. menyesal sekali lamaran Anda belum dapat kami terima B. dengan penuh rasa penyesalan saya tidak dapat menerima surat lamaran Anda C. dengan penuh penyesalan lamaran Anda tidak bisa kami terima D. surat lamaran Anda telah kami terima, namun dengan sangat berikut fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan kami belum dapat menerima Anda E.

kantor kami belum membutuhkan pelamar baru sehingga Anda belum bisa berikut fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan 8.

Dengan hormat, Berdasarkan informasi iklan lowongan pekerjaan yang Bapak/Ibu muat dalam harian Indonesia Raya, tanggal 25 April 2021, saya yang bertanda tangan di bawah ini, nama lengkap : Ayu Endramurni tempat, tanggal lahir : Semarang, 11 November 1994 alamat : JI.

Sukamaju No. 14, Semarang Dalam informasi surat lamaran di atas terdapat kesalahan penulisan. Kesalahan penulisan berikut perbaikannya yang tepat adalah . A. Penulisan kata harian salah seharusnya ditulis kapital Harian.

B. Penulisan identitas diri seperti nama lengkap, tempat tanggal lahir, dan alamat seharusnya diawali dengan huruf kapital. C. Penulisan tanggal 25 April 2021 salah, seharusnya ditulis 25-04-2021.

D. Penulisan JI. pada bagian alamat salah, seharusnya ditulis secara lengkap dan tidak disingkat Jalan. E. Penulisan nama harian Indonesia Raya salah, seharusnya ditulis menggunakan huruf kecil indonesia raya. 9. Cermati kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan berikut! “Berdasarkan iklan di harian Kisah, 7 Oktober 2022, saya sangat ingin menjadi teknisi komputer pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.” Perbaikan kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan tersebut adalah . A.

mengganti “sangat ingin” berikut fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan “menginginkan” B. mengganti “sangat ingin” menjadi “dengan ini melamarnya” C.

mengganti “sangat ingin” menjadi “mengajukan lamaran pekerjaan” D. mengganti “sangat ingin” menjadi “bermaksud ingin” E. mengganti “sangat ingin” menjadi “dengan ini menginginkan” 10. Kami adalah editor lepas beberapa penerbit di Bandung. Profesi kami sebagai editor dimulai tahun 1996 hingga sekarang.

Hal yang dikemukakan dalam kutipan surat lamaran tersebut adalah . A. pendidikan pelamar B. kualifikasi diri pelamar C. potensi pelamar D. bakat yang dimiliki pelamar E. loyalitas pelamar 11. “Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan. “ Pernyataan tersebut ditulis dalam surat lamaran pekerjaan pada bagian . A. identitas B. pembuka C.

penutup D. isi E. lampiran 12. Saya tertarik pada pekerjaan yang Ibu tawarkan melalui Harian Republika, 18 Oktober 2017. Oleh karena itu, meski belum banyak pengalaman, saya mengajukan lamaran ini dengan melengkapi persyaratan sesuai dengan ketentuan. Penulisan kata yang tidak tepat pada penggalan surat lamaran di atas adalah . A. Ibu B. Harian C. Republika D. Oktober E. Saya 13.

Cermati iklan lowongan berikut! “Perusahaan yang sedang berkembang membutuhkan kepala bagian iklan S1, inggris aktif, maksimal 27 tahun, mampu mengoperasikan komputer, berpengalaman dalam bidang advertising, siap bekerja keras memajukan perusahaan.

Sumber : Joglo Semar 6 Mei 2021” Kalimat yang menyatakan isi surat lamaran pekerjaan dengan tepat sesuai ilustrasi di atas adalah . A. berdasarkan iklan lowongan pekerjaan di harian Joglo Semar, 6 Mei 2021 tentang bagian kepala iklan, saya bermaksud untuk melamar pekerjaan diperusahaan B. sehubungan dengan iklan lowongan pekerjaan di harian Joglo Semar, 6 Mei 2021 lamaran pekerjaan sebagai kepala saya mengajukan bagian iklan di perusahaan bapak, mohon diterima C.

sehubungan dengan iklan bapak di harian Joglo Semar, 6 Mei 2021 mengharapkan agar bapak menerima saya sebagai kepala iklan diperusahaan bapak D.

berdasarkan iklan lowongan pekerjaan di harian Joglo Semar, membutuhkan bagian iklan E. saya yang bertanda tangan di bawah ini, Rika Farida, 26 tahun, D3 Akuntansi, siap dilatih mengoperasikan komputer dan dilatih bahasa inggris aktif 14.

Berikut yang bukan merupakan langkah-langkah dalam menulis surat adalah . A. menyusun kerangka karangan B. mengembangkan surat C. menentukan hal surat D. menentukan bahasa yang digunakan E.

mengumpulkan data/informasi 15. Bacalah iklan lowongan pekerjaan berikut! “PT. GARUDA NUSANTARA Membutuhkan segera tenaga pembukuan, dengan syarat : 1. Sarjana Akuntansi 2.

Pengalaman kerja minimal 2 tahun 3. bertempat tinggal di Mataram Lamaran ditujukan di PT GARUDA NUSANTARA Jalan Teratai 41, Mataram” Kalimat pembuka surat lamaran yang paling tepat sesuai dengan iklan tersebut adalah .

A. Bersama ini saya melamar pekerjaan sesuai dengan iklan di harian indonesia B. Dengan ini saya mengajukan lamaran kerja sesuai dengan iklan di harian indonesia C.

Berdasarkan iklan yang bapak beritahukan, dengan ini saya bermaksud melamar pekerjaan tersebut D. Setelah membaca iklan di harian indonesia, 12 Oktober 2021, dengan ini saya . E. Sesuai dengan iklan yang bapak tawarkan, dengan ini saya bermaksud melamar pekerjaan tersebut 16.

Contoh alinea pembuka surat lamaran pekerjaan yang tepat berdasarkan iklan lowongan pekerjaan adalah . A. Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari kecuali teman, saya bermaksud melamar pekerjaan untuk mengisi posisi yang ditawarkan oleh perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

B. Saya sangat mengharapkan adanya kemungkinan kesempatan dapat bekerja di perusahaan yang Bapak/ Ibu pimpin. C. Dengan ini, saya mengajukan diri untuk mengisi posisi pekerjaan yang ditawarkan oleh perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin D. Saya berinisiatif melamar pekerjaan di perusahaan yang bapak/Ibu pimpin karena kualifikasi yang Bapak/lbu persyaratkan sangat sesuai dengan kualifikasi yang saya miliki.

E. Sehubungan dengan iklan yang dimuat dalam harian Sinar Nusantara, 25 April 2017, tentang lowongan kerja, berikut fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan yang bertanda tangan di bawah ini. 17. Cermatilah kalimat pembuka surat berikut! “Setelah saya mengetahui dari koran Kompas, tanggal 10 September 2017, mengenai kebutuhan tenaga Account Executive, dengan inni saya mengajukan lamaran pekerjaan untuk mengisi lowongan pekerjaan tersebut.” Perbaikan yang tepat untuk kalimat pembuka surat lamaran tersebut adalah .

A. Membaca iklan di harian Kompas . yang menyatakan bahwa . B. Setelah melihat koran Kompas . yang menyatakan bahwa . C. di harian Kompas telah dibaca bahwa . D. harian Kompas memuat iklan yang mengatakan bahwa .

E. dengan ini berikut fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan mengajukan lamaran sesuai iklan yang terbaca . 18. Kalimat penutup surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar adalah .

A. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih. B. Terima kasih sebesar-besarnya saya ucapkan atas perhatian Bapak/Ibu. C. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih. D. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya menghaturkan terima kasih.

E. Terima kasih banyak saya ucapkan, atas perhatian Bapak/Ibu. 19. Unsur surat yang termasuk dalam bagian isi adalah . A. salam pembuka, paragraf pembuka, dan paragraf isi B. paragraf pembuka, paragraf isi, dan paragraf penutup C.

paragraf pembuka, paragraf isi, paragraf penutup, dan salam penutup D. paragraf pembuka dan paragraf isi E. salam pembuka paragraf pembuka, paragraf isi, paragraf penutup 20. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari salah satu media cetak mengenai lowongan pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Kalimat tersebut tidak baku karena . A. mengandung pleonasme B. dipengaruhi bahasa asing C. bersifat rancu D. merupakan ragam bahasa percakapan E Unsur-unsur kalimat tidak lengkap 21.

Berikut ini adalah pengertian atau definisi surat lamaran pekerjaan, kecuali . A. Surat dari seseorang yang memerlukan pekerjaan kepada orang atau pejabat yang dapat memberikan pekerjaan atau jabatan B. Surat yang berisi permohonan untuk bekerja pada suatu tempat C. Surat yang dibuat oleh seseorang yang membutuhkan pekerjaan yang disampaikan kepada institusi/lembaga tertentu yang membutuhkan seseorang untuk bekerja D. Surat yang berisi permohonan suatu pekerjaan yang disampaikan kepada institusi tertentu.

E. Surat yang ditujukan kepada sesorang untuk menanyakan tentang suatu jabatan yang ia sandang dalam institusinya 22. Penulisan tempat dan tanggal yang benar dalam surat lamaran pekerjaan adalah.

A. Bandung 17 Agustus 2021 B. jakarta, 21 Juli 2021 C. semarang 12 kecuali 2021 D. Bandung, 18 Juli 2021 E. Bandung 18 juli 2021 23. Berikut ini ketentuan yang harus diperhatikan dalam surat lamaran pekerjaan, kecuali .

A. Gunakan bahasa baik dan benar, gunakan kata-kata yang sopan B. Lengkapi bagian-bagian surat C. Gunakan kata-kata yang ilmiah dan kata-kata yang berkonotasi D. Gunakan kata yang jelas, singkat, padat, informatif dan tepat sasaran E. Jaga agar tulisan bersih, mudah dibaca, sesuai dengan kaidah ejaan 24. Penulisan Lampiran yang benar dalam kecuali surat lamaran pekerjaan adalah.

A. lampiran : 1 bendel B. Lamp. : 5 bendel C. Lamp. : 5 lembar D. Lampiran : 7 berkas E. lampiran : 5 berkas 25. Berikut adalah sistematika surat lamaran pekerjaan, yaitu . A. Tanda tangan dan nama jelas-salam penutup-penutup-isi-pembuka-alamat surat-tempat dan tanggal pembuatan surat B. Pembuka-isi-penutup C. Tempat dan tanggal pembuatan surat-alamat surat-salam pembuka-pembuka-isi-penutup-tanda tangan dan nama jelas D. Pembukaan-salam pembuka-isi-penutup-tanda tangan E.

Pembukaan-isi-penutup-salam hormat-tanda tangan dan nama jelas 26. Penulisan alamat yang benar dalam pembuatan surat lamaran pekerjaaan adalah. A. Kepada Manager Sukses Mandiri Jalan M.Yamin Nomor. 02, Kalibata Jakarta B. Yth Manager Sukses Mandiri Jalan M.Yamin Kecuali. 02, Kalibata Jakarta C. Yth. Manager Sukses Mandiri Jalan M.Yamin Nomor 02, Kalibata Jakarta D.

Yth Manager sukses mandiri Jl M.Yamin No 02, Kalibata Jakarta E. Kepada Yth. Manager Sukses Mandiri Jalan M.Yamin Nomor. 02, Kalibata Jakarta 27. Penulisan alamat surat yang benar berdasarkan kaidah bahasa Indonesia, yaitu . A. Jl. Kinanti Luhur No. 8 - Bandung B. Jalan Kinanti Luhur No. 8 Bandung C. Jalan Kinanti Luhur 8, - Bandung D. Jln. Kinanti Luhur 8, Bandung E.

Jalan. Kinanti Luhur no 8, Bandung 28. Penulisan salam pembuka dalam surat lamaran pekerjaan yang benar adalah. A. Dengan Hormat B. Dengan hormat C. dengan hormat, D. Dengan hormat, E. Dengan Hormat, 29. Manakah penulisan alamat surat yang benar berdasarkan kaidah tata bahasa Indonesia berikut ini .

A. Yth Personalia PT Moge Laksana Maju B. Yth. Personalia PT. Moge Laksana Maju C. Yth. Personalia PT Moge Laksana Maju D. Yth: Personalia PT Moge Laksana Maju E. Yth; Personalia PT. Moge Laksana Maju 30. Menanggapi iklan pada harian Kaltim Post tanggal 15 nopember 2015 tentang penerimaan pegawai baru, dengan ini saya, Penulisan alinea pembuka pada kalimat di atas tidak tepat, sebaiknya .

A. Berdasarkan iklan pada harian Kaltim Post tanggal 15 nopember 2015 tentang penerimaan pegawai baru, dengan ini saya, B. Berdasarkan iklan pada harian Kaltim Post tanggal 15 Nopember 2015 tentang penerimaan pegawai baru, dengan ini saya, C. Berdasarkan iklan pada harian Kaltim Post, Senin tanggal 15 nopember 2015 tentang penerimaan pegawai baru, dengan ini saya, D. Menanggapi iklan pada harian Kaltim Post tanggal 15 Nopember 2015 tentang penerimaan pegawai baru, dengan ini saya, E.

Berdasarkan iklan pada harian Kaltim Post senin tanggal 15 nopember 2015 tentang penerimaan pegawai baru, dengan ini saya, 31. Cermati ilustrasi berikut! Sebuah perusahaan membutuhkan karyawan di bagian pemasaran.

Bidang pekerjaan yang ditawarkan adalah untuk memasarkan produk dari perusahaan tersebut. Pelamar yang berminat dipersilakan untuk membuat surat lamaran yang disertai dengan lampiran yang dibutuhkan bagi orang pemasaran. Berikut ini adalah lampiran yang disertakan oleh seorang pelamar: (1) fotokopi SIM (2) fotokopi KTP (3) fotokopi kartu pelajar (4) fotokopi ijazah terakhir (5) fotokopi kartu keluarga Berdasarkan ilustrasi tersebut, ada dua lampiran tidak sesuai untuk dilampirkan yaitu nomor .

A. 1 dan 2 B. 2 dan 3 C. 3 dan 4 D. 3 dan 5 E. 4 dan 5 32. Penulisan identitas yang benar dalam pembuatan surat lamaran pekerjaan adalah. A. nama : Darul Hikam tempat dan tanggal lahir : Bandung, 1 Juli 1979 pendidikan terakhir : S-1 Sastra Inggris alamat : Jalan Senturi Blok A3 Antapani, Bandung B. Nama : Darul Hikam Tempat dan tanggal lahir : Bandung, 1 Juli 1979 Pendidikan terakhir : S-1 Sastra Inggris Alamat : Jalan Senturi Blok A3 Antapani, Bandung C.

Nama : darul Hikam Tempat dan tanggal lahir : bandung, 1 Juli 1979 Pendidikan terakhir : s-1 Sastra Inggris Alamat : jalan Senturi Blok A3 Antapani, Bandung D. nama : darul Hikam tempat dan tanggal lahir : bandung, 1 Juli 1979 pendidikan terakhir : s-1 Sastra Inggris alamat : jalan Senturi Blok A3 Antapani, Bandung E.

nama : Darul Hikam tempat/ tgl lahir : Bandung, 1 Juli 1979 pendidikan terakhir : S-1 Sastra Kecuali alamat : Jalan Senturi Blok A3 Antapani, Bandung 33. Bacalah ilustrasi berikut! Seorang calon pelamar pekerjaan mengajukan sebuah surat lamaran pekerjaan yang ditujukan ke suatu PT yang bergerak di bidang telekomunikasi. Karena lowongan tersebut sudah terisi maka lamaran tersebut terpaksa ditolak. Kalimat penolakan lamaran pekerjaan yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah .

A. Bersama ini kami beritahukan bahwa lamaran Saudara tidak dapat diterima. B. Sesuai dengan surat Saudara, dengan ini diberitahukan bahwa lamaran Saudara ditolak. C. Lowongan pekerjaan yang Saudara kehendaki tidak ada dan kebetulan belum dibutuhkan. D. Berhubungan dengan surat Saudara maka lamaran pekerjaan Saudara kami tolak sementara.

E. Dengan surat ini kami memberitahukan bahwa lowongan jabatan yang yang Saudara inginkan sudah terisi. 34. Penulisan isi surat lamaran pekerjaan yang benar adalah. A. Dengan surat ini, saya mengajukan lamaran kerja ke perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk bisa di tempatkan pada staf manager teknik, besar harapan saya dapat diterima.

B. Dengan ini, saya mengajukan lamaran kerja ke perusahaan yang Bapak/ibu pimpin untuk bisa di tempatkan pada staf manager teknik. C. Dengan surat ini, saya mengajukan lamaran kerja ke perusahaan yang bapak/ibu pimpin untuk bisa di tempatkan pada staf berikut fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan teknik. besar harapan saya dapat diterima. D. Dengan surat ini, saya mengajukan lamaran kerja ke perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk bisa di tempatkan pada staf manager teknik.

E. Dengan ini saya mengajukan lamaran kerja ke perusahaan yang bapak/ibu pimpin untuk bisa di tempatkan pada staf manager teknik. besar harapan saya dapat diterima. 35. Cermatilah kutipan penutup surat berikut! Atas perhatiannya, diucapkan terima kasih. Kalimat yang tepat untuk memperbaiki kalimat penutup surat tersebut adalah .

A. Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih banyak B. Atas perhatian, saya tak lupa mengucapkan terima kasih. C. Atas perhatian Bapak, saya mengucapkan terima kasih.

D. Atas perhatian Bapak/Ibusaya mengucapkan terima kasih. E. Atas perhatian, diucapkan terima kasih kepada Ibu. 36. Penulisan lampiran yang benar dalam pembuatan surat lamaran pekerjaan adalah.

A. sebagai bahan pertimbangan, bersama surat ini saya lampirkan a. Fotokopi ijazah yang sudah dilegalisasi; b. Fotokopi kartu tanda penduduk; c. Pasfoto ukuran 3x4 dua lembar.

berikut fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan, kecuali

B. sebagai bahan pertimbangan, bersama surat ini saya lampirkan : sebagai bahan pertimbangan, bersama surat ini saya lampirkan : a. fotokopi ijazah yang sudah dilegalisasi; b. fotokopi kartu tanda penduduk; c. pasfoto ukuran 3x4 dua lembar. C. sebagai bahan pertimbangan, bersama surat ini saya lampirkan ; a. Foto kopi ijazah yang sudah dilegalisasi; b. Foto kopi kartu tanda penduduk; c.

Pas foto ukuran 3x4 dua lembar. D. sebagai bahan pertimbangan, bersama surat ini saya lampirkan ; a. Foto kopi ijazah yang sudah dilegalisasi, b. Foto kopi kartu tanda penduduk, c. Pas foto ukuran 3x4 dua lembar. E. sebagai bahan pertimbangan, bersama surat ini saya lampirkan : a.

Foto kopi ijazah yang sudah dilegalisasi; b. Foto kopi kartu tanda penduduk; c. Pas foto ukuran 3x4 dua lembar. 37. Cermatilah penggalan surat lamaran pekerjaan berikut!

Dengan hormat, Berdasarkan iklan perusahaan bapak yang dimuat pada harian Suara Merdeka, 19 Agustus 2019, dengan berikut fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan saya nama : Muhammad Tedja Haikal, S.Pd. umur : 25 tahun pendidikan : S1 Fakultas Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Pendidikan Indonesia alamat : Jalan jambu, 15 Bandung Kata yang penulisannya tidak sesuai Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) pada penggalan surat lamaran pekerjaan di atas adalah .

A. kata sapaan B. umur C. pendidikan D. nama E. alamat 38. Penulisan penutup surat lamaran pekerjaan yang benar adalah. A. Demikian surat lamaran kerja ini, atas perhatian Bapak/Ibu saya sampaikan terima kasih. B. Demikian surat lamaran kerja ini, besar harapan saya dapat di terima dan atas perhatian Bapak/Ibu saya sampaikan terima kasih.

C. Demikian surat lamaran kerja ini, atas perhatian Bapak/Ibu saya sampaikan ucapan terima kasih. D. Demikian surat lamaran kerja ini, besar harapan saya dapat di terima dan kecuali perhatian Bapak/Ibu saya sampaikan ucapkan terima kasih. E. Demikian surat lamaran kerja ini saya buat, atas perhatian Bapak/Ibu saya sampaikan ucapan terima kasih. 39.

Anda ditunggu kehadirannya untuk tes tulis dan wawancara pada hari Senin, 15 Juli 2019 jam08.00 WIB. Perbaikan surat balasan lamaran pekerjaan tersebut yang santun adalah . A. Selamat! Anda ditunggu ya pada hari Senin, 15 Juli 2019 jam 08.00 untuk melakukan tes tulis dan wawancara. B. Selamat! Anda lulus tes administrasi. Ditunggu kehadirannya pada hari Senin, 15 Juli 2019 jam 08.00 untuk melakukan tes tulis dan wawancara. C. Berdasarkan surat lamaran yang Saudara kirim, Saudara dinyatakan lulus berikut fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan administrasi.

Ditunggu kehadirannya pada hari Senin, 15 Juli 2019 pukul 08.00 WIB untuk melakukan tes tulis dan wawancara. D. Berdasarkan surat lamaran yang Anda kirim, Anda ditunggu pada hari Senin, 15 Juli 2019 jam 08.00 untuk melakukan tes tulis dan wawancara. E. Anda ditunggu pada hari Senin, 15 Juli 2019 jam 08.00 untuk melakukan tes tulis dan wawancara. 40. Penulisan salam penutup yang benar dalam pembuatan surat lamaran kerja adalah.

A. Hormat saya, B. Hormat saya C. hormat saya, D. hormat Saya, E. Waalaikum salam, 42. Surat lamaran pekerjaan tidak memiliki format yang resmi. ., surat lamaran pekerjaan memiliki aturan-aturan yang harus diperhatikan dalam penulisannya. Konjungsi (kata sambung) yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang (kosong) adalah . A. meskipun demikian B. selanjutnya C. akan tetapi D. dengan demikian E. oleh sebab itu 41. Perhatikan ilustrasi berikut! Sebuah surat akan dikirim ke alamat : PT Astra Motor, jalan Kramat Raya nomor 132, Jakarta 10545 Cara penulisan alamat surat yang benar adalah .

A. Yth. PT Astra Motor Jalan Kramat Raya 132 Jakarta 10453 B. yth. Pt. Astra Motor Jln Kramat Raya Jakarta 10453 C. Kepada, PT Astra Motor Jln. Kramat Raya 132 Jakarta 10545 D. PT Astra Motor Jalan Kramat Raya 132 Jakarta 10545 E. pt Astra Motor Jln. Kramat Raya 132 Jakarta 10545 42. Cermati ilustrasi berikut! Sebuah perusahaan membutuhkan karyawan di bagian pemasaran. Bidang pekerjaan yang ditawarkan adalah untuk memasarkan produk dari perusahaan tersebut.

Pelamar yang berminat dipersilakan untuk membuat surat lamaran yang disertai dengan lampiran yang dibutuhkan bagi orang pemasaran. Berikut ini adalah lampiran yang disertakan oleh seorang pelamar . A. fotokopi SIM B. fotokopi KTP C. fotokopi kartu pelajar D. fotokopi ijazah E. fotokopi kartu keluarga 43. Dengan hormat, Berdasarkan informasi iklan lowongan pekerjaan yang Bapak/Ibu muat dalam harian Indonesia Raya, tanggal 25 April 2023, saya yang bertanda tangan di bawah ini, nama lengkap : Ayu Endramurni tempat, tanggal lahir : Semarang, 11 November 1994 alamat : JI.

Sukamaju No. 14, Semarang. Dalam informasi surat berikut fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan di atas terdapat kesalahan penulisan.

Kesalahan penulisan berikut perbaikannya yang tepat adalah . A. Penulisan kata harian salah seharusnya ditulis kapital Harian. B. Penulisan identitas diri seperti nama lengkap, tempat tanggal lahir, dan alamat seharusnya diawali dengan huruf kapital.

C. Penulisan tanggal 25 April 2023 salah, seharusnya ditulis 25-04-2023. D. Penulisan JI. pada bagian alamat salah, seharusnya ditulis secara lengkap dan tidak disingkat Jalan.

E. Penulisan nama harian Indonesia Raya salah, seharusnya ditulis menggunakan huruf kecil indonesia raya. 44. Cermati pengumuman berikut dengan teliti! PT PELITA JAYA Jalan MT Haryono 10 Jakarta No. 120-PK-08-2021 28 Oktober 2021 PENGUMUMAN Dibutuhkan tenaga administrasi minimal lulus SMK untuk ditempatkan di kantor cabang Depok dengan persyaratan .

Kalimat pembuka surat lamaran kerja sesuai dengan pengumuman tersebut yang tepat adalah . A. Sehubungan dengan pengumuman Saudara pada tanggal 28 Oktober 2013.

B. Bersamaan ini saya mengajukan lamaran kerja berdasarkan pengumuman C. Mengingat surat Saudara nomor 120/PK/08/2013 pada 28 Oktober 2013 D. Berdasarkan pengumuman nomor 120/PK/08/2013 pada 28 Oktober 2013 E.

Saya memberanikan diri mengajukan permohonan kerja kepada Bapak 45. Penulisan penutup surat lamaran pekerjaan yang benar adalah. A. Demikian surat lamaran kerja ini, atas perhatian Bapak/Ibu saya sampaikan terima kasih. B. Demikian surat lamaran kerja ini, besar harapan saya dapat di terima dan atas perhatian Bapak/Ibu saya sampaikan terima kasih. C. Demikian surat lamaran kerja ini, atas perhatian Bapak/Ibu saya sampaikan ucapan terima kasih. D. Demikian surat lamaran kerja ini, besar harapan saya dapat di terima dan atas perhatian Bapak/Ibu saya sampaikan ucapkan terima kasih.

E. Demikian surat lamaran kerja ini saya buat, atas perhatian Bapak/Ibu saya sampaikan ucapan terima kasih. 46. Cermatilah kutipan penutup surat berikut! Atas perhatiannya, diucapkan terima kasih. Kalimat yang tepat untuk memperbaiki kalimat penutup surat tersebut adalah .

A. Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih banyak B. Atas perhatian, saya tak lupa mengucapkan terima kasih C. Atas perhatian Bapak, saya mengucapkan terima kasih D. Atas perhatiannya, saya mengucapkan terima kasih E. Atas perhatian, diucapkan terima kasih kepada Ibu 47.

berikut fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan, kecuali

Cermatilah kalimat surat balasan kecuali berikut! Anda ditunggu kehadirannya untuk tes tulis dan wawancara pada hari Senin, 15 Juli 2021 jam 08.00 WIB. Perbaikan surat balasan lamaran pekerjaan tersebut yang santun adalah . A. Selamat! Anda ditunggu ya pada hari Senin, 15 Juli 2021 jam 08.00 untuk melakukan tes tulis dan wawancara.

B. Selamat! Anda lulus tes administrasi. Ditunggu kehadirannya pada hari Senin, 15 Juli 2021 jam 08.00 untuk melakukan tes tulis dan wawancara. C. Berdasarkan surat lamaran yang Saudara kirim, Saudara dinyatakan lulus seleksi administrasi.

Kehadiran Saudara ditunggu pada hari Senin, 15 Juli 2021 pukul 08.00 WIB untuk melakukan tes tulis dan wawancara. D. Berdasarkan surat lamaran yang Anda kirim, Anda ditunggu pada hari Senin, 15 Juli 2021 jam 08.00 untuk melakukan tes tulis dan wawancara. E. Anda ditunggu pada hari Senin, 15 Juli 2021 jam 08.00 untuk melakukan tes tulis dan wawancara. 48. Perhatikan kalimat di bawah ini! Besar harapan saya untuk bisa bergabung dengan perusahaan yang Bapak pimpin.

Untuk itu, saya sangat mengharapkan berita dari Bapak. Kalimat di atas merupakan bagian dari . A. pembuka surat lamaran pekerjaan B. penutup surat lamaran pekerjaan C. balasan surat lamaran pekerjaan D. isi surat lamaran pekerjaan E.

ucapan terima kasih dari pelamar 49. LOWONGAN KERJA perusahaan nasional yang bergerak di bidang garmen membutuhkan karyawan dengan syarat sebagai berikut: Pendidikan : SMK Usia : 18-22 tahun Mampu berbahasa Inggris secara pasif Lamaran dialamatkan ke PT Busana Perkasa Jalan Raya Kedunghalang No. 15 Bogor 16160, paling lambat dua minggu setelah iklan dimuat.

(Harian Pakuan, 27 Agusutus 2021) Kalimat pembuka yang paling tepat untuk melengkapi penggalan surat lamaran di atas adalah . A. Saya mengajukan lamaran ini sesuai iklan Saudara yang dimuat di harian Pakuan tanggal 15 Agustus 2021, dengan ini . B. Melalui iklan Bapak yang dipasang di harian Pakuan tanggal 27 Agustus, dengan ini . C. Mengingat iklan Bapak yang dimuat di harian Pakuan tanggal 27 Agustus 2021, dengan ini . D. Berdasarkan iklan yang dimuat di harian Pakuan tanggal 27 Agustus 2021, dengan ini .

E. Menurut iklan yang Bapak pasang di harian Pakuan tanggal 27 Kecuali 2021, dengan ini . 50. Berikut fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan, kecuali . A. petunjuk bagi petugas surat pencatatan B. petunjuk inti sari surat C. petunjuk bagi petugas pengarsipan D. referensi E. petunjuk pengiriman surat 51. Surat yang berisi permohonan untuk bekerja di suatu lembaga adalah . A. Surat pribadi B. Surat undangan C. Surat lamaran berikut fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan D.

Surat perjanjian E. Surat dinas 52. Hal-hal yang harus dihindari dalam penulisan surat lamaran pekerjaan sebagai berikut, kecuali . A. terdapat gambar atau pernak pernik B. menggunakan bahasa baku C. bahasa yang digunakan bertele-tele D. tulisan menggunakan tinta warna warni E.

menggunakan kertas warna warni 53. Diantara kalimat berikut yang merupakan kalimat pembuka surat balasan lamaran pekerjaan ialah . A. Dengan surat ini saya sampaikan perubahan harga yang akan berlaku mulai tanggal . B. Surat lamaran Anda telah sampai di tangan kami, dan jawaban kami adalah sebagai berikut. C. Surat balasan kami sudah dikirim tanggal 18 Agustus 2018 dan isinya mohon dipahami D. Dengan ini kami memohon disampaikan informasi bahwa . E. Dengan sungguh-sungguh kami menunggu informasi dari Anda.

54. Perhatikan kutipan surat lamaran pekerjaan berikut! Berdasarkan informasi dari Bapak Ahmad Jaelani, guru SMK Kelautan Rahasaya mendapat informasi bahwa SMK Kelautan Raha membutuhkan satpam.

berikut fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan, kecuali

Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan di atas berdasarkan. A. inisiatif sendiri B. iklan dari media cetak C. informasi dari radio D. informasi dari televisi E. informasi dari seseorang 55. Di bawah ini yang merupakan kalimat pembuka surat balasan lamaran kerja yang berisi penolakan secara tidak santun adalah . A. Berdasarkan surat lamaran Anda tertanggal . dengan ini, kami sampaikan bahwa kualifikasi Saudara kurang sesuai dengan lowongan yang kami iklankan.

B. Berdasarkan surat lamaran Anda tertanggal . dengan ini, kami beritahukan bahwa Saudara ditolak karena tidak memenuhi persyaratan minimal kami.

C. Lamaran Anda telah kami terima, namun untuk saat ini belum ada lowongan sehingga belum dapat memenuhi harapan Saudara. D. Surat lamaran Anda telah sampai pada kami, tetapi kami belum bisa menerima Anda sebagai karyawan. E. Terima kasih atas surat lamaran Anda, sayang sekali kesempatan Anda telah terisi oleh orang lain. 56. Cermatilah kalimat surat lamaran pekerjaan berikut!

Dengan hormat, Bersama ini saya, Karlina Anggraeni, 22 tahun, lulusan D3 Ilmu Komputer tahun 2022 mengajukan lamaran sebagai. Pembuka surat lamaran pekerjaan tersebut kurang tepat, perbaiknnya adalah. A. Kata bersama ditambahkan dengan surat B.

Kata bersama diganti kecuali melalui surat C. Kata bersama ini diubah berdasarkan iklan di harian D. Kata bersama diganti dengan surat lamaran pekerjaan tersebut D. Kata bersama diganti dengan yang bertanda tangan di bawah ini 57. Daftar riwayat hidup (curriculum vitae) berisi catatan berikut ini, kecuali .

A. identitas diri pelamar B. riwayat pendidikan C. data kesehatan D. hobi/ kegemaran E. data orang tua 58. Hal yang diperlukan dalam sebuah surat lamaran pekerjaan adalah . A. penggunaan kalimat permohonan pada yang dituju B. penggunaan bahasa dengan uraian yang panjang, jelas, dan terperinci C. peggunaan kata yang runtut, sistematis, dan mudah dimengerti D. curriculum vitae yang perlu direkayasa demmi kelancaran E. adanya kop surat dari lampiran 59.

Kalimat surat lamaran yang mengandung kesalahan adalah . A. Dengan ini saya mengajukan lamaran kerja untuk posisi . B. Bersama surat ini saya menyampaikan lamaran kerja untuk mengisi posisi . C. Dengan ini saya mengajukan lamaran kerja untuk jabatan sekretaris. D. Bersama ini saya lampirkan dokumen yang diperlukan, yaitu: E.

Untuk melengkapi surat lamaran ini, bersama ini saya lampirkan: 60. Hal yang diperlukan dalam sebuah surat lamaran pekerjaan adalah . A. penggunaan kalimat permohonan pada yang dituju B. penggunaan bahasa dengan uraian yang panjang, jelas, dan terperinci C.

peggunaan kata yang runtut, sistematis, dan mudah dimengerti D. curriculum vitae yang perlu direkayasa demi kelancaran E. adanya kop surat dari lampiran
#sekolahdaring #latihansoalbahasaindonesia 1. Hal yang diperlukan dalam sebuah surat lamaran pekerjaan adalah … A.

penggunaan kalimat permohonan pada yang dituju 2. Hal-hal yang harus dihindari dalam penulisan surat lamaran pekerjaan sebagai berikut, kecuali … B.

menggunakan bahasa baku 3. Berikut fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan, kecuali … D. referensi 4. Cermati kalimat berikut!“Saya lulusan SMK program keahlian Busana tahun 2017 mengajukan lamaran agar diterima sebagai designer, Saya menguasai komputer MS.

Word, Coreldraw, Photoshop, dan Pagemaker.”Penggalan surat lamaran pekerjaan diatas berisikan, kecuali … B. pemberitahuan ketrampilan tambahan yang dikuasai 5. Bagian isi surat balasan lamaran pekerjaan yang berisi penolakan secara jelas dan benar adalah … D. surat lamaran anda telah kami terima, namun dengan sangat menyesal kami belum dapat menerima anda 6. Cermati kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan berikut!“Berdasarkan iklan di harian Kisah, 9 Oktober 2017, saya sangat ingin menjadi teknisi komputer pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.”Perbaikan kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan tersebut adalah … C.

mengganti “sangat ingin” menjadi “mengajukan lamaran pekerjaan” 7. “Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan… “ Pernyataan tersebut ditulis dalam surat lamaran pekerjaan pada bagian … D. isi 8. Cermati iklan lowongan berikut!“Perusahaan yang sedang berkembang membutuhkan kepala bagian iklan S1, inggris aktif, maksimal 27 tahun, mampu mengoperasikan komputer, berpengalaman dalam bidang advertising, siap bekerja keras memajukan perusahaan. Sumber : Joglo Semar 9 Mei 2018”Kalimat yang menyatakan isi surat lamaran pekerjaan dengan tepat sesuai ilustrasi diatas adalah….

A. berdasarkan iklan lowongan pekerjaan diharian Joglo Semar, 9 Mei 2018 tentang bagian kepala iklan, saya bermaksud untuk melamar pekerjaan diperusahaan 9. Bacalah iklan lowongan pekerjaan berikut!“PT. GARUDA NUSANTARAMembutuhkan segera tenaga pembukuan, dengan syarat :1.

Sarjana Akuntansi2. Pengalaman kerja minimal 2 tahun3. berikut fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan tinggal di MataramLamaran ditujukan di PT GARUDA NUSANTARA Jalan Teratai 41, Mataram”Kalimat pembuka surat lamaran yang paling tepat sesuai dengan iklan tersebut adalah … C. berdasarkan iklan yang bapak beritahukan, dengan ini saya bermaksud melamar pekerjaan tersebut 10. Cermatilah kalimat pembuka surat berikut!“Setelah saya mengetahui dari koran Kompas, tanggal 10 September 2017, mengenai kebutuhan tenaga Account Executive, dengan inni saya mengajukan lamaran pekerjaan untuk mengisi lowongan pekerjaan tersebut.”Perbaikan yang tepat untuk kalimat pembuka surat lamaran tersebut adalah … D.

harian Kompas memuat iklan yang mengatakan bahwa … 11. Surat permohonan yang dibuat oleh pelamar kerja (pencari kerja) untuk dikirim padapencari tenaga kerja (badan usaha atau instansi) guna mendapatkan pekerjaan ataujabatan yang sesuai dengan pencari tenaga kerja merupakan definisi dari A. surat lamaran pekerjaan 12. Menurut Ibu Yahya, guru SD N Nusantara,saya mendapatkan informasi bahwaSD N Nusantara membutuhkan staf tata usaha.

Contoh paragraf pembuka surat lamaran pekerjaan diatas berdasarkan C. berdasarkan informasi orang lain 13.

Cermati kutipan surat lamaran berikut!… dengan ini saya mengajukan lamaran pekerjaan untuk mengisi lowongan tersebut.Adapun identitas diri saya .Pemerian identitas yang tepat untuk melengkapi surat lamaran tersebut adalah … E. nama : Riana — tempat, tanggal lahir : Bengkulu, 5 April 1986 — alamat : Jalan Bhakti Husada 10, Bengkulu 14. Cermatilah penutup surat lamaran pekerjaan berikut!Besar harapan saya dapat diterimadiperusahaan yang Bapak pimpin.Atas kebaikannya, dihaturkan terima kasih.Kalimat yang tepat untuk memperbaikikalimat penutup surat lamaran pekerjaan tersebut adalah … A.

Besar harapan saya, Bapak mempertimbangkan lamaran saya. Atas kebijaksanaannya, diucapkan terima kasih. 15. cermati kalimat penutup surat lamaran pekerjaan berikut ini!Atas bantuan bapak yang sangat berharga, Saya ucapkan terima kasihPerbaikan kalimat penutup yang tepat untuk surat lamaran pekerjaan adalah … D.

Atas kebaikan dan kebijaksanaan Bapak, saya mengucapkan terima kasih 16. Kata “saya, kapan, nya, ini” merupakan contoh kata… A. Ganti 17. cermati kalimat berikut !Dengan hormat, bersama ini saya, Masaid ankarya, 23 th, lulusan D2 akutansi tahun 1994, mengajukan lamaran pekerjaan sebagai ….Pembuka surat lamaran pekerjaan tersebut kurang tepat, perbaikannya adalah…… D.

Kata bersama berikut fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan menjadi dengan 18. penulisan alamat surat yang benar adalah. A. Kepada Personalia PT Telkom Jl. Jendral Gatot Subroto no 5, Jakarta Pusat. 19. Perhatikan kalimat berikut!Berdasarkan berikut fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan lamaran pekerjaan yang saudara kirim,kami beritahukan bahwa saudara diterima untuk bergabung dengan perusahaan kamiKalimat tersebut merupakan bagian dari….

B. Balasan surat lamaran pekerjaan 20. Cermati penggalan surat balasan lamaran pekerjaan berikut!Berhubung anda belum memenuhi syarat, permintaan anda terpaksa kami tolak.Kalimat perbaikan isi surat balasan lamaran pekerjaan di atas yang paling tepat adalah…. A. Mohon maaf permintaan Anda kami tolak karena anda tidak memenuhi syarat.Jawaban: Fungsi perihal dalam sruat lamaran pekerjaan adalah sebagai berikut.

• Bagi pelamar, bagian perihal memberikan informasi tentang posisi yang dilamar. • Bagi perusahaan, bagian kecuali menegaskan bahwa surat yang diterima merupakan surat lamaran, bukan korespondensi lainnya. Penjelasan: Surat lamaran kerja merupakan surat yang dikirimkan seseorang ke sebuah tempat usaha. Surat ini dimaksudkan sebagai lamaran terhadap sebuah posisi di tempat tersebut yang menurut sang pelamar sesuai dengan latar belakangnya.

Dari segi jenis surat, surat lamaran pekerjaan tergolong surat pribadi. Pelajari lebih lanjut tentang materi surat lamaran kerja pada brainly.co.id/tugas/11828160 #BelajarBersamaBrainly

PPT SURAT LAMARAN PEKERJAAN




2022 www.videocon.com