Sumber ide gambar imajinatif berasal dari

sumber ide gambar imajinatif berasal dari

Glosarium.org versi April 2019 ✰ Glosarium.org adalah website belajar online. tentang Glosarium kamus kosa kata bebas yang dimuat dari banyak sumber dan referensi di internet. ✰ Berdasarkan kategori bidang khusus dan mata pelajaran. ✰ Referensi rata-rata minimal 2 bidang/mata pelajaran per kata. ✰ Lengkap lebih dari 200+ bidang dan mata pelajaran ada di Glosarium.org ✰ Tanpa website mirror/kloningan ampas ✰ AMP, akses glosarium.org lewat Google Search mobile lebih cepat.

✰ Konten berorientasi manusia, mendahulukan penyampaian maksud yg dapat dimengerti manusia daripada mesin pencari. ✰ 2021, glosarium.org 3x lebih cepat. Gambar imajinatif adalah gambar yang berisikan ekspresi diri sendiri atau objek yang memberikan inspirasi. Admin blog temukan contoh 2019 juga mengumpulkan gambar gambar lainnya terkait contoh gambar imajinatif untuk anak kelas 2 sd dibawah ini. Paling Populer 19 Gambar Imajinasi Pemandangan Pantai 6000 Gambar Imajinasi Pemandangan Pantai Paling Keren Infobaru From Www Imajinasi Pemandangan Gambar Adapun macam-macam contoh gambar imajinatif.

Contoh gambar imajinatif. Contoh gambar mewarnai anak tk terlengkap. 13 Contoh Gambar Imajinatif Mudah dan Simple. Contoh sketsa gambar imajinatif gedung sekolah. Membuat sketsa gambar yang dibayangkan. Setelah sketsa gambar dibuat kita warnai dengan menggunakan alat mewarnai. Langkah membuat gambar imajinatif. Contoh Gambar Imajinatif Gedung Sekolah. Sketsa adalah rancangan awal dalam menggambar. Contoh gambar imajinatif anak. 21 Contoh Gambar Pemandangan Persawahan Cara Mewarnai Pemandangan Alam Gunung Sawah Gradasi Warna Oil Pastel Part 2 Down Cara Menggambar Pemandangan Gambar Pin Di Gudang Gambar Hd
Penulisan skenario adalah salah satu aktivitas pada tahap praproduksi dalam proses pembuatan film.

[1] Tahap praproduksi merupakan tahapan awal di mana ide cerita diciptakan. [2] Selain ide, aktivitas pada tahap praproduksi adalah menyiapkan perekaman, serta para pemeran dan kru motion-picture show mulai bekerja. Menulis naskah skenario merupakan kegiatan menuliskan ide dan isi dari suatu cerita dalam bentuk yang sudah ditentukan dengan tujuan akhir bisa divisualisasikan dalam bentuk pengambilan gambar.

[3] Bentuknya bisa berupa skenario televisi atau naskah film. Tujuan dari format pembuatan naskah skenario untuk memudahkan ketika pembuatan picture. Agar terbiasa membaca format naskah skenario, bisa mempelajarinya terlebih dahulu melalui naskah skenario yang sudah jadi. Namun, bukan formatnya yang penting tetapi isi naskahnya.

Seperti fungsinya, format hanyalah suatu ketentuan teknis yang digunakan agar membantu dalam setiap proses pembuatan picture.

[3] Skenario adalah rangkaian cerita yang ditulis secara utuh oleh seorang penulis. [4] Hasil akhir dari sebuah tulisan itu berupa visualisasi dalam rupa gambar yang berisi adegan-adegan dari isi cerita. Orang yang mempunyai pekerjaan menulis naskah film itu dinamakan scriptwriter. Untuk pembuatan flick, naskah yang selesai ditulis bisa langsung divisualisasikan dalam reka adegan, sedangkan dalam pembuatan flick animasi, proses selanjutnya setelah penulisan skenario adalah penggambaran storyboard, pembuatan art concept, character and environment modeling, rigging, animative serta diakhiri dengan proses compositing dan editing.

[4] Skenario Film Animasi [sunting - sunting sumber ] Pengertian animasi merupakan rangkaian gambar hasil rekayasa visual. Dalam penyusunan naskah movie animasi, dibutuhka beberapa proses, dari berupa ide, gambar, dan visual.

Rangkaian proses itu di antaranya: • Dope Sheet, merupakan panduan bagi animator yang berfungsi menyelaraskan watak tokoh, gerak, dan dialog. Selain penyelarasan, dope canvas juga berfungsi untuk melihat posisi tangkapan gambar yang sesuai dengan rangkaian cerita. Hal ini menghindari gambar yang terbuang sia-sia, sehingga penggunaan waktu dalam menggambar terpakai secara efesien. [5] • Storyboard, merupakan recana visual ketika menggambar animasi.

Storyboard memudahkan animator dalam mengembangkan ide yang diberikan oleh penulis naskah. [5] • Fundamental Animator, yaitu kegiatan menggambar animasi kunci. [5] • Cleaning ( Inker), merupakan proses mempertebal dan mempertegas apa yang telah digambar. Gambar yang telah dibuat dengan pensil secara manual, dipertebal menggunakan drawing pen agar jelas ketikan dipindai. [5] • Scan, yaitu proses pindai gambar yang telah dipertebal ke dalam format gambar digital. [5] • Tracing, merupakan proses mengubah format bitmap ke dalam format vektor.

[5] • Coloring, merupakan proses memberikan warna pada gambar yang telah dipindai. Porses pewarnaan dilakukan secara digital menggunakan aplikasi yang tersedia diperangkat komputer. [v] • Membuat groundwork, merupakan proses membuat latar tempat untuk penempatan animasi yang akan dibuat.

Setelah latar dibuat, lalu animasi yang telah dibuar digabungkan dengan latar tersebut agar menjadi satu kesatuan. [v] • Lip-Synch, merupakan proses menyelaraskan gerakan mulut pada animasi dengan apa yang diucapkan. [five] sumber ide gambar imajinatif berasal dari Dubbing, merupakan proses mengisi suara untuk animasi yang telah dibuat.

[5] Penulisan Skenario Sandiwara Radio [sunting - sunting sumber ] Skenario sandiwara radio merupakan sebuah naskah yang berfungsi sebagai media yang digunakan untuk dibaca. [6] Naskah tersebut merupakan acuan tentang hal apa saja yang ingin diceritakan.

Ruang geraknya sangat terbatas, tidak ada sumber ide gambar imajinatif berasal dari gambar dan ekspresi yang ditampilkan, tapi pesan yang disampaikan harus sampai ke telinga pendengar.

Karena produk yang dihasilkan adalah tangkapan suara yang dipancarkan dalam frekuensi radio. Oleh kaarena itu, seorang yang ditugaskan sebagai penutur atau pembawa acara radio harus mempunyai artikulasi yang baik, agar jelas pada saat dibacakan. Selain itu harus memiliki pengetahuan yang luas, serta teknik retorika yang memadai. Unsur yang harus diperhatikan pada saat menulis skenario sandiwara radio yaitu bahasa. Bahasa yang digunakan dalam penulisan naskah sandiwara radio harus ringkas.

Hal ini diperlukan karena terbatas oleh waktu penyiaran. Waktu yang dibutuhkan antara tiga puluh detik hingga sumber ide gambar imajinatif berasal dari menit, bila dikonversikan ke dalam tulisan sekitar 100 kata.

Selain ringkas, hal lain yang harus diperhatikan yaitu tata bahasa. Penulis harus menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidahnya agar jelas dan tidak berbelit. Di dalam skenario sandiwara radio sering ditemuka istilah-istilah yang mempunyai arti dan fungsi tersendiri.

Istilah-istilah tersebut di antaranya: • Annaouncer ( ANX), merupakan terjemahan dari penyiar radio. Selain itu, annaouncer mempunyai arti lain di luar istilah radio.

Fungsi annaouncer juga sebagai sumber ide gambar imajinatif berasal dari audio yang biasa ada di dalam stasiun kereta, bioskop, atau di tempat lainnya. [6] • Musik, merupakan bagian dari isi naskah yang menjadi unsur pendukung dalam penyajian radio. Dalam penerapannya, masuk dan keluarnya musik dibubuhi dengan simbol IN-Upward-DOWN-Under-OUT.

Kata IN mempunyai arti bahwa musik masuk secara pelahan. Kata Upwards merupakan simbol bahwa volume musik haru naik. Kata Downward mempunyai arti bahwa musik harus turun dari volume sebelumnya. Kata OUT memiliki arti bahwa musik harus hilang atau berhenti. Selain itu, simbol yang berkaitan dengan musik yaitu FADE IN-FADE OUT. Simbol FADE IN mempunyai fungsi bahwa musik masuk secara perlahan, sedangkan kebalikannya yaitu FADE OUT memiliki fungsi bahwa musik keluar secara perlahan.

[six] • Sound Consequence (FX), merupakan audio ciptaan manusia, bukan berasal dari suara manusia. Audio Outcome mempunyai fungsi sebagai musik latar belakang yang mendukung dalam penggambaran suasana dan situasi. [6] • OFF MIKE-ON MIKE, merupakan suara yang dihasil dari sikap menjauhkan mike dari sumber suara. Jadi suara yang dihasilkan kecil.

[6] Langkah-Langkah Penulisan Skenario [sunting - sunting sumber ] Secara umum, langkah-langkah menulis skenario yaitu sebagai berikut: • Ide, mempunyai sifat yang abstrak, jadi masih tak terlihat. Ide dapat berasal dari mana saja. Ide adalah konsep besar yang akan dibuat menjadi sebuah cerita dalam bentuk skenario.

Naskah skenario bisa terwujud apabila memulai untuk menulis dan membuat outline sesuai format. [7] • Premis adalah simpulan dari ide-ide yang sudah bermunculan ke dalam sebuah kalimat yang jelas.

Premis biasanya terdiri dari satu kalimat yang dipaparkan secara jelas dan tegas. Serta mencakup keseluruhan dari isi cerita.

[7] • Alur, adalah runtuyan jalannya cerita atau kronologis peristiwa demi peristiwa dari awal sampai akhir cerita. [seven] • Plot adalah kronologis peristiwa yang berupa pergerakan cerita dari satu kejadian ke kejadia yang lain hingga saling berkaitan, sengaja dibenturkan untuk menimbulkan ketegangan, klimaks, antiklimaks, hingga ending.

[7] • Pembuatan Deskripsi Karakter, berisi penjelasan tentang nama karakter, jenis kelamin, usia, hobi atau kebiasaan, ciri-ciri fisik, ukuran tinggi dan berat badan, serta latar belakang kehidupan tokoh. Tujuan dari pembuatan deskripsi karakter adalah untuk membuat penanaman informasi sehingga penonton dapat memahami isi cerita. Selain itu, deskripsi karakter juga dibutuhkan untuk mempermudah penonton dalam mengenal karakter tokoh.

[seven] • Sekuens atau Storyline, adalah rangkaian kelompok cerita yang akan dibentuk di tiap babak-babak. Sekuens berbentuk garis besar dari cerita yang akan ada di setiap babak, mirip dengan affiliate yang ada di film atau buku. [vii] • Stepoutline, mempunyai tujuan untuk membantu memperjelas peristiwa-peristiwa lengkap dengan tegangan-tegangan yang ada di dalamnya. [7] • Treatment adalah rangkaian scene tanpa disertai dialog. Berisi tentang deskripsi apa yang ada pada scene tersebut. [7] Format Penulisan Skenario [sunting - sunting sumber ] Dalam menulis skenario, ada beberapa sumber ide gambar imajinatif berasal dari yang sangat berbeda dengan cara menulis karya fiksi lainnya.

Dalam segi kebahasaan, tidak boleh ada kiasan dan dialog harus dibuat sedemikian nyatanya agar kru picture show dapat memahami imajinasi yang ditawarkan oleh penulis naskah dan dapat divisualisasikan. [four] Format penulisan skenario mencakup ukuran kertas, jenis font yang digunakan, dan format dialog.

Ukuran Kertas [sunting - sunting sumber ] Ukuran kertas yang digunakan untuk menulis naskah skenario yaitu 8,five x eleven (Letter of the alphabet).

Jumlah baris maksimal yaitu 60 baris/lembar, dengan pengaturan margin kiri one,0 dan margin kanan 7,4, Margin atas dan bawah masing-masing 0.5. [four] Font [sunting - sunting sumber ] Font yang digunakan pada sat menulis naskah flick yaitu Courier atau Prestige Pica dengan ukuran 12 betoken.

[4] Scene Headings [sunting - sunting sumber ] Nama lain dari Scene Headings yaitu Shot headings atau Slug Line. Diatur dengan jarak sebelah kiri 1,7 dari kiri dan 1,one dari kanan.

Scene heading mempunyai fungsi untuk membuat nomor urutan pada setiap scene [iv]. Nama Karakter [sunting - sunting sumber ] Dalam menulis naskah skenario, nama karakter ditulis dengan menggunakan huruf kapital yang diletakkan tepat berada di bawah Scene Headings. [4] Dialog [sunting - sunting sumber ] Format dalam penulisan dialog, ditulis dengan margin kiri ii,vii dan margin kanan two,4, berada tepat dibawah nama tokoh/karakter.

[4] Parenthetical sumber ide gambar imajinatif berasal dari - sunting sumber ] Parenthetical berfungsi untuk menunjukkan ekspresi yang harus dilakukan oleh karakter dalam pengucapan setiap dialog. [iv] Scene Transisi [sunting - sunting sumber ] Sesuai namanya, Scene Transisi mempunyai fungsi sebagai peralihan dari satu scene ke scene berikutnya. Istilah yang digunakan pada saat melakukan Scene transisi yaitu Cutting TO dan FADE OUT.

[four] [sunting - sunting sumber ] Format yang digunakan untuk menulis naskah skenario mempunyai aturannya tersendiri. Agar tidak terjebak oleh aturan yang banyak dan rumit, ada beberapa aplikasi yang bisa membantu untuk memudahkan dalam menulis naskah skenario, aplikasi tersebut di antaranya: • Trelby, merupakan aplikasi yang bisa membantu dalam menulis naskah ( screenplay) secara langsung dengan format standar.

[8] Aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis, dan tersedia untuk Windows dan Linux. [ix] • Highland iimerupakan aplikasi untuk menulis skenario degan fitur navigasi juga mampu mendukung format penulisan skenario secara standar seperti markdown dan fountain. [eight] Aplikasi Highland 2 bisa digunakan secara gratis, khusus untuk pengguna macOS.

[10] • WriterDuet, merupakan aplikasi untuk menulis skenario film secara online. [8] Kelebihan dari aplikasi WriterDuetpenulis bisa mengatur adegan, melakukan revisi, dan bisa melakukan kolaborasi dengan teman secara langsung ( real time) untuk menulis naskah motion picture secara bersama. [11] • Focus Writer, aplikasi ini tersedia untuk pengguna Linux, Windows, dan MacOS. [12] Kelebihan dari aplikasi ini yaitu bisa menambahkan lagu pengatar ketika menulis. [12] • Celtx, yaitu aplikasi yang memang dikhususkan untuk menulis naskah film.

[13] Istilah dalam Penulisan Skenario [sunting - sunting sumber ] • ACTION, merupakan istilah yang bersifat kata kerja yang diartikan sebagai perintah sutradara saat pengambilan gambar.

Kata ini juga bisa diartikan sebagai gerakan para pemeran dalam tangkapan layar, sedangkan dalam pembagian jenis moving picture istilah ini sering disamakan dengan istilah film laga. [4] • Large Close UP (BCU), yaitu perintah untuk menunjukkan kegiatan pengambilan gambar pada jarak sangat dekat. BCU biasanya ditulis dalam deskripsi naskah film, apabila tidak ada biasanya sutradara yang mengarahkan kepada pengambil gambar agar melakukan BIG Close Upward.

[iv] • Close UP (CU), perintah untuk menunjukkan kegiatan pengambilan gambar [4] pada jarak dekat. Fungsi dari Shut UP untuk menegaskan ekspresi yang sedang diperankan oleh tokoh. Arahan untuk melakukan Close UP biasanya dilakukan oleh sutradara. Hal ini dilakukan, apabila bagian dari moving picture itu benar-benar dianggap penting, karena fungsinya untuk penegasan.

[4] • COMMERCIAL Interruption, yaitu perintah untuk melakukan jeda dalam tayangan sinetron. Jeda tersebut diisi oleh iklan. Dalam penulisan naskah pic, COMMERCIAL BREAK harus ditempatkan pada saat yang tepat. Selain berfungsi sebagai jeda, COMMERCIAL Break juga berfungsi agar para penonton penasaran dengan kelanjutan dari isi cerita yang sedang ditayangkan.

[4] • CREDIT Championship, adalah penayangan nama-nama tim kreatif, kru film, beserta semua orang yang terlibat dalam pembuatan sinetron atau movie tersebut. CREDIT TITLE biasanya ditampilkan pada saat akhir penayangan film, namun adapula yang menempatkan CREDIT TITLE di awal penayangan motion-picture show.

[4] • Cutting Back TO, merupakan transisi atau peralihan dengan tempo cepat. Walaupun perubahannya cepat, tetapi adegan kembali ke lokasi yang telah ditampilkan sebelumnya. [iv] • CUT TO, merupakan transisi atau peralihan dengan tempo yang cepat. CUT TO berfungsi untuk menggambarkan kejadian secara bersamaan di tempat yang berbeda.

• Dissolve TO, yaitu transisi atau peralihan yang berfungsi untuk membuat gambar menjadi kabur. Setelah itu, dilanjutkan dengan gambar yang merupakan adegan sumber ide gambar imajinatif berasal dari. DISSOLVE biasanya digunakan untuk menggambarkan kejadian sebuah mimpi, mengenang masa lalu, kilas balik, atau membayangkan sesutau yang akan terjadi. [4] • DIALOG, yaitu kalimat percakapan interaktif yang dituliskan oleh penulis skenario.

Fungsinya agar diucapkan oleh seorang aktor atau aktris pada saat pengambilan gambar. DIALOG juga berfungsi sebagai gambaran dari karakter dan perasaan yang diperankan oleh tokoh dalam isi cerita. [4] • DURASI, merupakan petunjuk yang menentukan waktu tayang di televisi atau bioskop. DURASI yang dimaksud sudah mecakup iklan atau COMMERCIAL BREAK. Rincian DURASI secara umum biasanya 30 menit penayangan. Untuk FTV (Film Goggle box) dan sinetron biasanya waktu penayangan sekitar 90 menit, sedangkan untuk pic bioskop (Box Office Movie) waktu tayang mencapai 120 menit.

DURASI biasanya disesuaikan dengan perusahaan televisi dan perizinan waktu tayang, oleh karena itu penulis naskah serta editor harus menyesusaikan dengan kebijakan perusahaan.

[4] • ESTABLISHING SHOT, atau biasa disebut ESTABLISH merupakan perintah untuk melakukan pengambilan gambar secara penuh. Teknik ini biasa dilakukan dengan cara mengambil gambar dari jarak jauh, hasilnya gambar sumber ide gambar imajinatif berasal dari kecil dan para tokoh terlihat secara utuh menayeluruh [4] • EXT, merupakan singkatan dari Exterior.

Perintah ini biasa pada deretan judul scene. Fungsinya untuk memberikan keterangan tempat yang dipilih adalah di luar ruangan. Perintah EXT. dan INT. bisa digabungkan dan fungsinya menunjukkan adegan di dalam dan di di luar ruangan sekaligus. [4] • FADE OUT, merupakan transisi atau peralihan gambar dari tampak terang ke tampak gelap dengan cara lambat.

Fungsinya untuk menujukkan perubahan waktu, contohnya untuk menunjukkan perubahan waktu malam ke waktu pagi, atau dalam perubahan hitungan hari, minggu, bulan, bahkan tahun.

[four] • FADE IN, merupakan transisi atau peralihan gambar dari tampak gelap ke tampak terang dengan cara lambat. Fungsinya untuk menujukkan perubahan waktu, contohnya untuk menunjukkan perubahan waktu malam ke waktu pagi, atau dalam perubahan hitungan hari, minggu, bulan, bahkan tahun. [iv] • FLASH BACK, dalam bahasa Indonesia mempunyai arti kilas balik.

Fungsinya untuk menunjukkan kemunduran waktu beberapa tahun ke belakang, bisa juga hanya dalam waktu beberapa saat sebelumnya. [iv] • FREEZE, merupakan perintah untuk menghentikan akhir adegan. Fungsinya untuk menunjukkan akhir dari sebuah episode.

Adegan yang ada dalam gambar berhenti serta mengakhiri sebuah cerita. FREEZE umumnya ditempatkan dengan menunjukkan tokoh sentralnya atau tokoh utama, agar memberi kesan dan rasa penasaran di akhir cerita, sehingga memberi efek penasaran akan kelanjutan dari cerita tersebut.

[4] • INSERT, merupakan sisispan adegan yang durasinya sangat singkat tapi penting, di dalam sebuah scene. [4] • INTERCUT, merupakan perpindahan adegan dengan cepat.

Gerakan perpindahannya dari satu adegan ke adegan yang lain namun masih berada dalam kesatuan cerita.

[4] • INT, merupakan singkatan dari INTERIOR. Perintah ini sangat berbanding terbalik denga perintah EXT. Petunjuk INT. berfungsi untuk menujukkan keterangan tempat di dalam ruangan. [4] • LONG SHOT (LS), yaitu perintah untuk menunjukkan kegiatan pengambilan gambar dari jarak jauh. Tujuannya agar hasil dari pengambilan gambar terlihat secara keseluruhan. Perintah LONG SHOT sama dengan CU dan BCU. [4] • Primary TITLE, merupakan judul cerita pada sebuah tayangan sinetron atau motion-picture show.

MAIN Title biasa ditampilkan setelah penayangan teaser. [four] • MONTAGE, merupakan tampilan beberapa gambar yang menujukkan adegan yang saling berkesinambungan.

Gambar tersebut bisa diambil dari beberapa lokasi yang berbeda, tapi menyatu dalam rangkaian satu cerita. [4] • RATING, merupakan istilah yang digunakan untuk menunjukkan jumlah penonton yang menyaksikan tayangan dalam acara televisi.

Lembaga yang berdedikasi dalam hal ini bernama AC NIELSON, yang sudah diakui kredibilitasnya dalam mengolah hasil rating untuk acara televisi di Indonesia. Hasil RATING diberikan setiap satu minggu sekali kepada perusahaan televisi. RATING sampai saat ini masih menjadi tolok ukur tayangan di Indonesia [4]. • SCENE, dalam bahasa Indonesia mempunyai arti adegan.

SCENE merupakan bagian terkecil dari sebuah cerita. [4] • SCREENPLAY, mempunyai arti sama dengan skenario. [4] • SCRIPTWRITER, sebutan untuk orang yang mempunyai tugas sebagai penulis skenario. [4] • SEQUENCE, dalam bahasa Indonesia mempunyai arti babak dalam suatu adegan. [4] • SLOW Motion, merupakan istilah untuk menunjukkan gerakan yang terlihat lebih lambat dari biasanya. Fungsinya untuk menampilkan adegan yang sangat dramatis. [four] • SOUND EFFECT, dalam naskah skenario ditulis dengan “FX”.

Fungsinya untuk menghasilkan atau memasukkan suara di luar suara mausia dan ilustrasi musik. [iv] • SPLIT SCREEN, fungsinya agar dua adegan yang berbeda bisa muncul pada satu layar. [4] • TEASER, mempunyai arti adegan gebrakan.

Biasa ditampilkan dalam pembukaan cerita. Tujuannya agar menarik penonton agar menyaksikan kelanjutan cerita di belakangnya. Selain itu, TEASER bisa juga berisi cuplikan adegan paling menarik atau konflik utama yang sudah ada dalam skenario. [iv] • VOICE OVER (VO), merupakan dialog yang terdengar tapi tidak tampak digambar. Contonya, ucapan dari suara hati. [four] Komponen Produksi [sunting - sunting sumber ] Proses penulisan naskah skenario mempunyai peran sangat penting bagi proses pembuatan film.

[fourteen] Hal ini berkaitan dengan komponen produksi yang juga turut serta menjadi bagian penting dalam pembuatan motion-picture show.

Komponen produksi yang dimaksud mencakup: Komponen Manajemen [14] • Produser • Produser Pelaksana ( Executive Producer) • Manajer Produksi • Unit of measurement Manajer Kelompok Penyutradaraan [14] • Sutradara • Asisten Sutradara • Casting Director • Pengarah dialog dan akting ( dialogue and acting director) • Pencari lokasi ( location scout) • Pencatat shooting script ( continuity shooting) Kelompok Artistik [14] • Pengarah Artistik ( fine art manager) • Desainer, penata fix, dan properti • Desainer dan penata kostum Hubungan naskah skenario dengan manajemen mencakup waktu pelaksanaan shooting, prasarana, dan personel yang diperlukan, serta biaya yang diperlukan.

Kompenen-komponen tersebut diperici lagi menjadi lokasi wilayah, deskripsi bangunan, set, properti, dan kostum. [3] Sutradara mempunyai tugas untuk menginterpretasikan isi cerita dari naskah skenario yang mencakup plot adegan ( scene plot) dan plot lokasi ( location plot).

Plot adegan disusun sesuai nomor adegan yang mencakup deskripsi adegan, deskripsi suasana, deskripsi gear up, dan plot lokasi. Jenis lokasi seperti rumah, bangunan, atau alam dilihat dari sifat interior dan exterior [iii]. Dari skenario yang telah dibuat, sinematografi membunya peran untuk membantu masalah penentuan waktu dan tempat.

Waktu mencakup malam dan siang. Tempat shooting mencakup interior dan eksterior [3]. Kelompok lab mempunyai tugas suara atau musik, dan efek khusus untuk visual dari setiap adegan. Editor dapat melakukannya sesuai arahan yang tercantum dalam skenario yang disusun oleh komponen penyutradaraan. [three] Referensi [sunting - sunting sumber ] • ^ Isnendes, Retty (2013). Kamaheran Nulis Skenario. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesa. hlm. 90-98. ISBN 978-602-14086-1-2.

• ^ rungkutz (2015-08-11). “Tahap Produksi Motion picture”. Markaz Production (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-04-23. • ^ a b c d east f “Komponen Lab” (PDF). widyo.staff.gunadarma.air conditioning.id. Diakses tanggal 2019-04-22. • ^ a b c d e f g h i j one thousand 50 thou n o p q r s t u v w x y z aa ab air conditioning ad ae af ag ah ai aj ak al am an ao ap “Daftar Istilah dalam pembuatan skenario / skrip / naskah dalam film”.

Kreatif Production (dalam bahasa Inggris). 2013-08-xiii. Diakses tanggal 2019-04-20. • ^ a b c d e f yard h i j “PERANCANGAN DAN PEMBUATAN ANIMASI PUTRI MANDALIKA DENGAN TEKNIK KARAKTER RIGGING NASKAH PUBLIKASI. sumber ide gambar imajinatif berasal dari oleh Ahmad Sarid Ezra Fathin – PDF Free Download”. adoc.tips (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-04-26. • ^ a b c d e Anggraeni, Dina.

“Contoh Naskah Drama Radio / Broadcasting”. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-04-26 .

sumber ide gambar imajinatif berasal dari

Diakses tanggal 2019-04-26. • ^ a b c d e f g h “Langkah Menulis Naskah Motion-picture show: Panduan Lengkap - Weblog”. Studio Antelope (dalam bahasa Inggris). 2019-04-16. Diakses tanggal 2019-04-22. • ^ a b c “3 Aplikasi Untuk Menulis Naskah Film Gratis”. Urbandigital. 2018-12-26. Diakses tanggal 2019-04-21.

• ^ “Home”. www.trelby.org. Diakses tanggal 2019-04-21 .

sumber ide gambar imajinatif berasal dari

• ^ “Highland ii is a improve way to write”. quoteunquoteapps.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-04-21. • ^ “WriterDuet - Professional Screenwriting Software You’ll Love”.

writerduet.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-04-21. • ^ a b SL, Uptodown Technologies. “FocusWriter 1.6.7 – Unduh”. Focus Writer. Diakses tanggal 2019-04-21. [ pranala nonaktif permanen ] • ^ “Celtx – Gratis Scriptwriting & All-In-One Production Studios”.

www.celtx.com. Diakses tanggal 2019-04-21. • ^ a b c d Sitepu, Jaba (2018-01-18). “Tugas Kru Dalam Film – Susunan – Jabatan (Lengkap)”. PakarKomunikasi.com. Diakses tanggal 2019-04-23. Ide Atau Gagasan Cerita Yang Akan Diceritakan Disebut Dengan Source: https://id.wikipedia.org/wiki/Penulisan_skenario Terbaru • Makalah Pemanfaatan Limbah Untuk Pakan Ternak • Cara Membuat Mika Lampu Mobil Dari Akrilik • Cara Melihat Nomor Hp Orang Di Messenger • Jenis Sarana Dan Peralatan Budidaya Ternak Kesayangan • Cara Mengukur Penggaris Dari 0 Atau 1 • Cara Membuat Pistol Mainan Dari Botol Bekas • Jurnal Tesis Aplikasi Recording Andriod Peternakan • Cara Menggendong Bayi 2 Bulan Dengan Selendang • Sistem Kemitraan Pada Perusahaan Peternakan Ruminansia Kategori • Aplikasi • Berkebun • Bisnis • Budidaya • Cara • News • Pelajaran • Serba-serbi • SIM Keliling • Soal • Ternak • Uncategorized Tips Alat Dan Bahan Membuat Gambar Imajinatif Penemuannya ini mendapat perlawanan dari para buruh, dan mendorong terbentuknya persatuan dan aksi buruh yang pertama di dunia, yang merusak mesin tenun ciptaanya.

Pada kesempatan kali ini kami akan bagikan contoh soal ulangan tengah semester ganjil jenjang sd/mi. Oleh karena itu prasejarah juga disebut zaman praaksara (zaman sebelum ada aksara) atau zaman nirleka (zaman ketiadaan tulisan).

Permainan dari jawa tengah ini sangat hits di masanya dan mungkin sampai saat ini juga masih sering dilakukan oleh anak perempuan. Sumber ide gambar imajinatif berasal dari adalah sebutan bagi kurun waktu yang bermula ketika makhluk hominini mulai memanfaatkan perkakas batu sekitar 3,3 juta tahun silam (dihitung mundur dari tahun 1950), dan berakhir ketika sistem tulis diciptakan.

"alat Dan Bahan Yang Digunakan Dalam Membuat Gambar Poster … from smkn5batam.sch.id Penemuannya ini mendapat perlawanan dari para buruh, dan mendorong terbentuknya persatuan dan aksi buruh yang pertama di dunia, yang merusak mesin tenun ciptaanya.

Oleh karena itu prasejarah juga disebut zaman praaksara (zaman sebelum ada aksara) atau zaman nirleka (zaman ketiadaan tulisan). Prasejarah adalah sebutan bagi kurun waktu yang bermula ketika makhluk hominini mulai memanfaatkan perkakas batu sekitar 3,3 juta tahun silam (dihitung mundur dari tahun 1950), dan berakhir ketika sistem tulis diciptakan.

Aug 09, 2019 · teks cerita sejarah adalah teks yang di dalamnya menjelaskan dan menceritakan tentang fakta kejadian masa lalu yang menjadi latar belakang terjadinya sesuatu dan memiliki nilai sejarah teks cerita sejarah pengertianjenis ciri struktur unsur kebahasaan nilai dan hal yang perlu diperhatikan dalam menulis teks sumber ide gambar imajinatif berasal dari sejarah figi info.

Namun pada tahun 1812 telah muncul ribuan mesin tenun ciptaan jacquard, yang sampai saat ini masih digunakan di industri teksil untuk membuat pola brokad. Manusia prasejarah sudah pandai membuat. Permainan dari jawa tengah ini sangat hits di masanya dan mungkin sampai saat ini juga masih sering dilakukan oleh anak perempuan. Museum seni, lebih dikenal dengan nama galeri seni, merupakan sebuah ruangan untuk pameran benda seni, mulai dari seni visual yaitu di antaranya lukisan, gambar, dan patung.beberapa contoh lainnya adalah seni keramik, seni logam dan furnitur.

Penemuannya ini mendapat perlawanan dari para buruh, dan mendorong terbentuknya persatuan dan aksi buruh yang pertama di dunia, yang merusak mesin tenun ciptaanya. Museum seni, lebih dikenal dengan nama galeri seni, merupakan sebuah ruangan untuk pameran benda seni, mulai dari seni visual yaitu di antaranya lukisan, gambar, dan patung.beberapa contoh lainnya adalah seni sumber ide gambar imajinatif berasal dari, seni logam dan furnitur.

Aug 09, 2019 · teks cerita sejarah adalah teks yang di dalamnya menjelaskan dan menceritakan tentang fakta kejadian masa lalu yang menjadi latar belakang terjadinya sesuatu dan memiliki nilai sejarah teks cerita sejarah pengertianjenis ciri struktur unsur kebahasaan nilai dan hal yang perlu diperhatikan dalam menulis teks cerita sejarah figi info.

Penemuannya ini mendapat perlawanan dari para buruh, dan mendorong terbentuknya persatuan dan aksi buruh yang pertama di dunia, yang merusak mesin tenun ciptaanya. Prasejarah adalah sebutan bagi kurun waktu yang bermula ketika makhluk hominini mulai memanfaatkan perkakas batu sekitar 3,3 juta tahun silam (dihitung mundur dari tahun 1950), dan berakhir ketika sistem tulis diciptakan. Permainan dari jawa tengah ini sangat hits di masanya dan mungkin sampai saat ini juga masih sering dilakukan oleh anak perempuan.

Oleh karena itu prasejarah juga disebut zaman praaksara (zaman sebelum ada aksara) atau zaman nirleka (zaman ketiadaan tulisan). Namun pada tahun 1812 telah muncul ribuan mesin tenun ciptaan jacquard, yang sampai saat ini masih digunakan di industri teksil untuk membuat pola brokad. Manusia prasejarah sudah pandai membuat. Pada kesempatan kali ini kami akan bagikan contoh soal ulangan tengah sumber ide gambar imajinatif berasal dari ganjil jenjang sd/mi.

Manusia prasejarah sudah pandai membuat. Prasejarah adalah sebutan bagi kurun waktu yang bermula ketika makhluk hominini mulai memanfaatkan perkakas batu sekitar 3,3 juta tahun silam (dihitung mundur dari tahun 1950), dan berakhir ketika sistem tulis diciptakan. Namun pada tahun 1812 telah muncul ribuan mesin tenun ciptaan jacquard, yang sampai saat ini masih digunakan di industri teksil untuk membuat pola brokad. Pada kesempatan kali ini kami akan bagikan contoh soal ulangan tengah semester ganjil jenjang sd/mi.

Museum seni, lebih dikenal dengan nama galeri seni, merupakan sebuah ruangan untuk pameran benda seni, mulai dari seni visual yaitu di antaranya lukisan, gambar, dan patung.beberapa contoh lainnya adalah seni keramik, seni logam dan furnitur.

Alat Dan Bahan Yang Digunakan Untuk Membuat Gambar … from id-static.z-dn.net Prasejarah adalah sebutan bagi kurun waktu yang bermula ketika makhluk hominini mulai memanfaatkan perkakas batu sekitar 3,3 juta tahun silam (dihitung mundur dari tahun 1950), dan berakhir ketika sistem tulis diciptakan. Aug 09, 2019 · teks cerita sejarah adalah teks yang di dalamnya menjelaskan dan menceritakan tentang fakta kejadian masa lalu yang menjadi latar belakang terjadinya sesuatu dan memiliki nilai sejarah teks cerita sejarah pengertianjenis ciri struktur unsur kebahasaan nilai dan hal yang perlu diperhatikan dalam menulis teks cerita sejarah figi info.

Namun pada tahun 1812 telah muncul ribuan mesin tenun ciptaan jacquard, yang sampai saat ini masih digunakan di industri teksil untuk membuat pola brokad. Permainan dari jawa tengah ini sangat hits di masanya dan mungkin sampai saat ini juga masih sering dilakukan oleh anak perempuan. Pada kesempatan kali ini kami akan bagikan contoh soal ulangan tengah semester ganjil jenjang sd/mi.

Oleh karena itu prasejarah juga disebut zaman praaksara (zaman sebelum ada aksara) atau zaman nirleka (zaman ketiadaan tulisan). Manusia prasejarah sudah pandai membuat. Museum seni, lebih dikenal dengan nama galeri seni, merupakan sebuah ruangan untuk pameran benda seni, mulai dari seni visual yaitu di antaranya lukisan, gambar, dan patung.beberapa contoh lainnya adalah seni keramik, seni logam dan furnitur. Oleh karena itu prasejarah juga disebut zaman praaksara (zaman sebelum ada aksara) atau zaman nirleka (zaman ketiadaan tulisan).

Penemuannya ini mendapat perlawanan dari para buruh, dan mendorong terbentuknya persatuan dan aksi buruh yang pertama di dunia, yang merusak mesin tenun ciptaanya. Museum seni, lebih dikenal dengan nama galeri seni, merupakan sebuah ruangan untuk pameran benda seni, mulai dari seni visual yaitu di antaranya lukisan, gambar, dan patung.beberapa contoh lainnya adalah seni keramik, seni logam dan furnitur.

Namun pada tahun 1812 telah muncul ribuan mesin tenun ciptaan jacquard, yang sampai saat ini masih digunakan di industri teksil untuk membuat pola brokad. Prasejarah adalah sebutan bagi kurun waktu yang bermula ketika makhluk hominini mulai memanfaatkan perkakas batu sekitar 3,3 juta tahun silam (dihitung mundur dari tahun 1950), dan berakhir ketika sistem tulis diciptakan.

Oleh karena itu prasejarah juga disebut zaman praaksara (zaman sebelum ada aksara) atau zaman nirleka (zaman ketiadaan tulisan). Pada kesempatan kali ini kami akan bagikan contoh soal ulangan tengah semester ganjil jenjang sd/mi. Manusia prasejarah sudah pandai membuat.

Aug 09, 2019 · teks cerita sejarah adalah teks yang di dalamnya menjelaskan dan menceritakan tentang fakta kejadian masa lalu yang menjadi latar belakang terjadinya sesuatu dan memiliki nilai sejarah teks cerita sejarah pengertianjenis ciri struktur unsur kebahasaan nilai dan hal yang perlu diperhatikan dalam menulis teks cerita sejarah figi info.

Permainan dari jawa tengah ini sangat hits di masanya dan mungkin sampai saat ini juga masih sering dilakukan oleh anak perempuan. Namun pada tahun 1812 telah muncul ribuan mesin tenun ciptaan jacquard, yang sampai saat ini masih digunakan di industri teksil untuk membuat pola brokad. Manusia prasejarah sudah pandai membuat. Penemuannya ini mendapat perlawanan dari para buruh, dan mendorong terbentuknya persatuan dan aksi buruh yang pertama di dunia, yang merusak mesin tenun ciptaanya.

Aug 09, 2019 · teks cerita sejarah adalah teks yang di dalamnya menjelaskan dan menceritakan tentang fakta kejadian masa lalu yang menjadi latar belakang terjadinya sesuatu dan memiliki nilai sejarah teks cerita sejarah pengertianjenis ciri struktur unsur kebahasaan nilai dan hal yang perlu diperhatikan dalam menulis teks cerita sejarah figi info. Pada kesempatan kali ini kami akan bagikan contoh soal ulangan tengah semester ganjil jenjang sd/mi.

Kerajinan Tangan Membuat Sampul Buku Dari kardus – Ragam … from 1.bp.blogspot.com Penemuannya ini mendapat perlawanan dari para buruh, dan mendorong terbentuknya persatuan dan aksi buruh yang pertama di dunia, yang merusak mesin tenun ciptaanya.

Permainan dari jawa tengah ini sangat hits di masanya dan mungkin sampai saat ini juga masih sering dilakukan oleh anak perempuan. Aug 09, 2019 · teks cerita sejarah adalah teks yang di dalamnya menjelaskan dan menceritakan tentang fakta kejadian masa lalu yang menjadi latar belakang terjadinya sesuatu dan memiliki nilai sejarah teks cerita sejarah pengertianjenis ciri struktur unsur kebahasaan nilai dan hal yang perlu diperhatikan dalam menulis teks cerita sejarah figi info.

Pada kesempatan kali ini kami akan bagikan contoh soal ulangan tengah semester ganjil jenjang sd/mi. Oleh karena itu prasejarah juga disebut zaman praaksara (zaman sebelum ada aksara) atau zaman nirleka (zaman ketiadaan tulisan). Namun pada tahun 1812 telah muncul ribuan mesin tenun ciptaan jacquard, yang sampai saat ini masih digunakan di industri teksil untuk membuat pola brokad.

Prasejarah adalah sebutan bagi kurun waktu yang bermula ketika makhluk hominini mulai memanfaatkan perkakas batu sekitar 3,3 juta tahun silam (dihitung mundur dari tahun 1950), dan berakhir ketika sistem tulis diciptakan. Museum seni, lebih dikenal dengan nama galeri seni, merupakan sebuah ruangan untuk pameran benda seni, mulai dari seni visual yaitu di antaranya lukisan, gambar, dan patung.beberapa contoh lainnya adalah seni keramik, seni logam dan furnitur.

Oleh karena itu prasejarah juga disebut zaman praaksara (zaman sebelum ada aksara) atau zaman nirleka (zaman ketiadaan tulisan). Pada kesempatan kali ini kami akan bagikan sumber ide gambar imajinatif berasal dari soal ulangan tengah semester ganjil jenjang sd/mi. Namun pada tahun 1812 telah muncul ribuan mesin tenun ciptaan jacquard, yang sampai saat ini masih digunakan di industri teksil untuk membuat pola brokad. Penemuannya ini mendapat perlawanan dari para buruh, dan mendorong terbentuknya persatuan dan aksi sumber ide gambar imajinatif berasal dari yang pertama di dunia, yang merusak mesin tenun ciptaanya.

Oleh karena itu prasejarah juga disebut zaman praaksara (zaman sebelum ada aksara) atau zaman nirleka (zaman ketiadaan tulisan). Museum seni, lebih dikenal dengan nama galeri seni, merupakan sebuah ruangan untuk pameran benda seni, mulai dari seni visual yaitu di antaranya lukisan, gambar, dan patung.beberapa contoh lainnya adalah seni keramik, seni logam dan furnitur.

Permainan dari jawa tengah ini sangat hits di masanya dan mungkin sampai saat ini juga masih sering dilakukan oleh anak perempuan. Prasejarah adalah sebutan bagi kurun waktu yang bermula ketika makhluk hominini mulai memanfaatkan perkakas batu sekitar 3,3 juta sumber ide gambar imajinatif berasal dari silam (dihitung mundur dari tahun 1950), dan berakhir ketika sistem tulis diciptakan.

Aug 09, 2019 · teks cerita sejarah adalah teks yang di dalamnya menjelaskan dan menceritakan tentang fakta kejadian masa lalu yang menjadi latar belakang terjadinya sesuatu dan memiliki nilai sejarah teks cerita sejarah pengertianjenis ciri struktur unsur kebahasaan nilai dan hal yang perlu diperhatikan dalam menulis teks cerita sejarah figi info.

Manusia prasejarah sudah pandai membuat. Tips Alat Dan Bahan Membuat Gambar Imajinatif. Permainan dari jawa tengah ini sangat hits di masanya dan mungkin sampai saat ini juga masih sering dilakukan oleh anak perempuan. Museum seni, lebih dikenal dengan nama galeri seni, merupakan sebuah ruangan untuk pameran benda seni, mulai dari seni visual yaitu di antaranya lukisan, gambar, dan patung.beberapa contoh lainnya adalah seni keramik, seni logam dan furnitur.

Pada kesempatan kali ini kami akan bagikan contoh soal ulangan tengah semester ganjil jenjang sd/mi. Penemuannya ini mendapat perlawanan dari para buruh, dan mendorong terbentuknya persatuan dan aksi buruh yang pertama di sumber ide gambar imajinatif berasal dari, yang sumber ide gambar imajinatif berasal dari mesin tenun ciptaanya.

Manusia prasejarah sudah pandai membuat. Source: cf.shopee.co.id Penemuannya ini mendapat perlawanan dari para buruh, dan mendorong terbentuknya persatuan dan aksi buruh yang pertama di dunia, yang merusak mesin tenun ciptaanya.

Aug 09, 2019 · teks cerita sejarah adalah teks yang di dalamnya menjelaskan dan menceritakan tentang fakta kejadian masa lalu yang menjadi latar belakang terjadinya sesuatu dan memiliki nilai sejarah teks cerita sejarah pengertianjenis ciri struktur unsur kebahasaan nilai dan hal yang perlu diperhatikan dalam menulis teks cerita sejarah figi info. Prasejarah adalah sebutan bagi kurun waktu yang bermula ketika makhluk hominini mulai memanfaatkan perkakas batu sekitar 3,3 juta tahun silam (dihitung mundur dari tahun 1950), dan berakhir ketika sistem tulis diciptakan.

Source: lh3.googleusercontent.com Museum seni, lebih dikenal dengan nama galeri seni, merupakan sebuah ruangan untuk pameran benda seni, mulai dari seni visual yaitu di antaranya lukisan, gambar, dan patung.beberapa contoh lainnya adalah seni keramik, seni logam dan furnitur. Namun pada tahun 1812 telah muncul ribuan mesin tenun ciptaan jacquard, yang sampai saat ini masih digunakan di industri teksil untuk membuat pola brokad.

Prasejarah adalah sebutan bagi kurun waktu yang bermula ketika makhluk hominini mulai memanfaatkan perkakas batu sekitar 3,3 juta tahun silam (dihitung mundur dari tahun 1950), dan berakhir ketika sistem tulis diciptakan. Source: toriolo.com Namun pada tahun 1812 telah muncul ribuan mesin tenun ciptaan jacquard, yang sampai saat ini masih digunakan di industri teksil untuk membuat pola brokad. Oleh karena itu prasejarah juga disebut zaman praaksara (zaman sebelum ada aksara) atau zaman nirleka (zaman ketiadaan tulisan).

Pada kesempatan kali ini kami akan bagikan contoh soal ulangan tengah semester ganjil jenjang sd/mi. Source: i.pinimg.com Manusia prasejarah sudah pandai membuat. Prasejarah adalah sebutan bagi kurun waktu yang bermula ketika makhluk hominini mulai memanfaatkan perkakas batu sekitar 3,3 juta tahun silam (dihitung mundur dari tahun 1950), dan berakhir ketika sistem tulis diciptakan.

Permainan dari jawa tengah ini sangat hits di masanya dan mungkin sampai saat ini juga masih sering dilakukan oleh anak perempuan. Source: oriflameid.com Museum seni, lebih dikenal dengan nama galeri seni, merupakan sebuah ruangan untuk pameran benda seni, mulai dari seni visual yaitu di antaranya lukisan, gambar, dan patung.beberapa contoh lainnya adalah seni keramik, seni logam dan furnitur. Permainan dari jawa tengah ini sangat hits di masanya dan mungkin sampai saat ini juga masih sering dilakukan oleh anak perempuan.

Pada kesempatan kali ini kami akan bagikan contoh soal ulangan tengah semester ganjil jenjang sd/mi. Source: elrajab.com Aug 09, 2019 · teks cerita sejarah adalah teks yang di dalamnya menjelaskan dan menceritakan tentang fakta kejadian masa lalu yang menjadi latar belakang terjadinya sesuatu dan memiliki nilai sejarah teks cerita sejarah pengertianjenis ciri struktur unsur kebahasaan nilai dan hal yang perlu diperhatikan dalam menulis teks cerita sejarah figi info.

Source: 3.bp.blogspot.com Namun pada tahun 1812 telah muncul ribuan mesin tenun ciptaan jacquard, yang sampai saat ini masih digunakan di industri teksil untuk membuat pola brokad. Source: i.pinimg.com Namun pada tahun 1812 telah sumber ide gambar imajinatif berasal dari ribuan mesin tenun ciptaan jacquard, yang sampai saat ini masih digunakan di industri teksil untuk membuat pola brokad.

Source: i.ytimg.com Museum seni, lebih dikenal dengan nama galeri seni, merupakan sebuah ruangan untuk pameran benda seni, mulai dari seni visual yaitu di antaranya lukisan, gambar, dan patung.beberapa contoh lainnya adalah seni keramik, seni logam dan furnitur.

Source: 3.bp.blogspot.com Pada kesempatan kali ini kami akan bagikan contoh soal ulangan tengah semester ganjil jenjang sd/mi.
Gambar Karikatur sederhana dan Mudah, Contoh Gambar Karikatur Mudah Ditiru, Gambar Karikatur pendidikan, Gambar Karikatur Kartun, Gambar Karikatur Keren, Gambar Karikatur Lucu dan Mudah, Gambar Karikatur Hitam Sumber ide gambar imajinatif berasal dari, Gambar Karikatur PENDIDIKAN dan Maknanya, Gambar Karikatur Hewan, Contoh gambar Kartun, Gambar Kartun Orang, Sketsa Karikatur Mudah, 39+ Populer Gambar Karikatur Yang Mudah Di Gambar – Fungsi sketsa pahlawan digunakan sebagai kerangka di dalam karya seni lukis.

Selain itu, Gambar Karikatur Yang Mudah Di Gambar merupakan proses awal dari kegiatan melukis untuk menentukan konsep, gagasan atau ide tentang sesuatu yang akan Anda buat. Dengan mneggunakan sketsa pahlawan, maka Anda akan lebih mudah dalam melukis. Sketsa dapat dibuat pada beragam media gambar Berikut ini contoh sketsa pahlawan yang bisa di jadikan contoh saat melukis menggunakan sketsa.

Berikut kami sajikan 39+ Populer Gambar Karikatur Yang Mudah Di Gambar. Gambar motif Batik Yang Mudah di Gambar YouTube. Sumber Gambar : www.youtube.com 555 Gambar Karikatur Kekinian Mudah Keren Lucu Gambar Karikatur Karikatur merupakan gambaran objek nyata yang diberi ciri khas untuk menunjukkan sikapnya Karikatur sendiri berasal dari bahasa Italia subyek tertentu Karikatur berbeda degan kartun yang telah disusun rapi Tahukah anda bahwa orang yang membuat karikatur dalam bentuk editor ialah karikaturis Menggambar karikatur telah dikenal sejak abad xvi di Italia hingga Contoh Gambar Karikatur Keren dari Pensil Web log CARA.

Sumber Gambar : sumber ide gambar imajinatif berasal dari wide web.bloggedewek.com 70 Contoh Gambar Ilustrasi Karikatur Yang Mudah Di Gambar nine nineteen 2021 70 Contoh Gambar Ilustrasi Karikatur Yang Mudah Di Gambar Kalian tentu ingin memilikihp dengan tampilan yang sangat kelihatan bagus serta unik maka dengan demikianhp yang kita punya akan nampak nyamam dipakainya Dengan begitu disaat kamu gunakan handphone yang kalian punya tidak akan bosan maka dari itu untuk pengguna hp bisa kamu gunakan gambar karikatur yang 34 Contoh Gambar Ilustrasi Hitam Putih Yang Mudah Digambar.

Sumber Gambar : gambarilus.blogspot.com 34 Contoh Gambar Karikatur Yang Mudah Digambar Karitur Dengan 34 Contoh Gambar Karikatur Yang Mudah Digambar yang sangat keren untuk tampilan layar ponsel pastinya kalian akan terus senang ketika mengoperasikan hp android tetapi akan tidak sama kalau foto karikatur ponsel dengan foto yang cuma itu itu saja Sebab itu yang namanya modifikasi sangat harus agar tidak memunculkan kejenuhan Paling Keren 30 Gambar Kartun Yang Mudah Di Buat di 2021.

Sumber Gambar : www.pinterest.com 25 Gambar Karikatur Mudah dan Lucu Aplikasi 2 1 2021 Bahkan dengan bantuan aplikasi yang ada di android pengguna smartphone pun bisa membuat karikatur dengan cara yang sangatlah mudah Pada biasanya karikatur ini memiliki unsur sindiran baik untuk sosial maupun politik Kemudahan dalam pembuatan karikatur dapat dirasakan semua para masyarakat setelah kehadiran ilmu digital yang ada untuk saat ini 15 Contoh Gambar Ilustrasi Komik Lucu dan Menarik Seni.

Sumber Gambar : www.senibudayaku.com Gambar Ilustrasi Karikatur Yang Mudah Di Gambar Keaslian dari karikatur dapat diragukan karena sangat mudah untuk diduplikasi lxx contoh gambar ilustrasi karikatur yang mudah di gambar kalian tentu ingin memilikihp dengan tampilan yang sangat kelihatan bagus serta unik maka dengan demikianhp yang kita punya akan nampak nyamam dipakainya 146 foto ilustrasi yang mudah di gambar nggak tabuh lagi kalau medsos di era saat ini sudah sering Gambar pemandangan alam yang mudah digambar Kumpulan.

Sumber Gambar : world wide web.gambaranimasibergerak.com Contoh Gambar Karikatur Mudah Blogger Gambar karikatur yang mudah di contoh Halo sobat bloggedewek apakabarnya kalian semuanya Semoga hari ini menjadi hari kebahagiaan kita semua Pada saat ini saya akan sedikit memberikan sesuatu mengenai cara menggambar karikatur dengan pensil bagi pemula Contoh Gambar Karikatur Yang Mudah Contoh KR Contoh gambar karikatur yang mudah di 37 Kumpulan Gambar Pointilis Yang Mudah dan Sederhana.

Sumber Gambar : www.pinterest.com Contoh Gambar Karikatur Unproblematic Dan Mudah GAMBAR 34 Contoh Gambar Karikatur Yang Mudah Digambar Karitur Paling Keren 30 Gambar Kartun Yang Mudah Di Buat k Gambar Karikatur Keren Lucu Simple Kekinian Lengkap Download 663 Di 2021 Menggambar Karikatur Sketsa Kartun Contoh Gambar Karikatur Sederhana Ideku Unik Mewarnai Bunga Mudah Sederhana Contoh Gambar Mewarnai. Sumber Gambar : world wide web.gambar-mewarnai.com Contoh Gambar Kartun Yang Mudah Di Buat Contoh Waouw.

Sumber Gambar : contohwaouw.blogspot.com lukisan alam yang mudah di gambar Koleksi Gambar Hd. Sumber Gambar : koleksigambarhd.blogspot.com Contoh Gambar Pemandangan Alam Yang Mudah Ditiru Lengkap. Sumber Gambar : www.vrontalmedia.com Gambar Anime Yang Mudah Digambar. Sumber Gambar : world wide web.gambarlucugif.xyz Cara mudah membuat gambar photo boboiboy di smartphone. Sumber Gambar : www.youtube.com Sketsa Gambar Motif Batik Sederhana Batik Republic of indonesia.

Sumber Gambar : world wide web.pinterest.com Fit Fit Belajar LUKISAN SIMPEL DAN MUDAH. Sumber Gambar : fitriinurraiini.blogspot.my 100 Gambar Edukasi Pencegahan Virus Corona Covid 19 yang.

Sumber Gambar : manado.tribunnews.com 29 Contoh Gambar Pemandangan Yang Mudah Digambar Dan. Sumber Gambar : world wide web.pinterest.com Koleksi Gambar Sketsa Lukisan Pemandangan Keren. Sumber Gambar : world wide web.kwikku.com Sketsa Gambar Bunga yang Mudah di Warnai Kreasi Warna. Sumber Gambar : kreasiwarna.com INSPIRASI KEREN MENGGAMBAR BUNGA ORNAMEN DENGAN MUDAH.

Sumber Gambar : www.youtube.com Koleksi Gambar Slogan Kebersihan Karikatur Puzzze. Sumber Gambar : puzzze.blogspot.com xxx Gambar Sumber ide gambar imajinatif berasal dari Virus Corona atau Covid 19 untuk Anak. Sumber Gambar : www.tribunnews.com Pohon yang Kamu Pilih di Gambar Ini Bisa Menunjukkan. Sumber Gambar : www.tribunnews.com 34 Contoh Gambar Ilustrasi Hitam Putih Yang Mudah Digambar. Sumber Gambar : gambarilus.blogspot.com Cara Menggambar Ikan Mudah Sederhana Contoh Anak PAUD. Sumber Gambar : gambar-anak.blogspot.com Contoh Lukisan Pemandangan Yang Mudah Ditiru in 2021.

Sumber Gambar : world wide web.pinterest.co.uk Gambar Lucu Yang Bisa Digambar. Sumber Gambar : www.gambarlucugif.xyz Contoh Gambar Karikatur yang Mudah Dicontoh Blog CARA. Sumber Gambar : www.bloggedewek.com Gambar gambar pemandangan alam indah Pemandangan. Sumber Gambar : www.pinterest.com Gambar Batik yang Mudah Digambar di Kertas Batik Indonesia. Sumber Gambar : batik-online-shop.blogspot.co.id Gambar Pemandangan Mudah Gambar V.

Sumber Gambar : gambarv.blogspot.com 50 Gambar Pemandangan Dan Lukisan Alam Laut Tepi Pantai. Sumber Gambar : saatsantai.com Contoh Gambar Kartun Yang Mudah Di Buat Contoh Ever. Sumber Gambar : contohever.blogspot.com 9 Sketsa Gambar Ikan Hias dan Ikan Konsumsi yang Mudah Dibuat. Sumber Gambar : cakbagus.cyberspace Muat Turun Lukisan Perahu Kertas Yang Terbaik Dan Boleh Di. Sumber Gambar : cikguayu.com Contoh Gambar Ilustrasi Kartun Yang Mudah Digambar Source: https://sketsafavorit.blogspot.com/2020/12/39-populer-gambar-karikatur-yang-mudah.html Terbaru • Makalah Pemanfaatan Limbah Untuk Pakan Ternak • Cara Membuat Mika Lampu Mobil Dari Akrilik • Cara Melihat Nomor Hp Orang Di Messenger • Jenis Sarana Dan Peralatan Budidaya Ternak Kesayangan • Cara Mengukur Penggaris Dari 0 Atau 1 • Cara Membuat Pistol Mainan Dari Botol Bekas • Jurnal Tesis Aplikasi Recording Andriod Peternakan • Cara Menggendong Bayi 2 Bulan Dengan Selendang • Sistem Kemitraan Pada Perusahaan Peternakan Ruminansia Kategori • Aplikasi • Berkebun • Bisnis • Budidaya • Cara • News • Pelajaran • Serba-serbi • SIM Keliling • Soal • Ternak • Uncategorized
TRANSFORMASI BENTUK MANUSIA DALAM GAMBAR IMAJINATIF PROYEK STUDI Diajukan dalam Rangka Menyelesaikan Studi Strata I untuk Memperoleh Gelar Sarjana pada Jurusan Seni Rupa Oleh Nama : Wahid Afandi NIM : 2450406011 Program Studi : Seni Rupa Jurusan : Seni Rupa JURUSAN SENI RUPA FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2013 i ii PERNYATAAN Saya menyatakan bahwa laporan proyek studi yang berjudul “Transformasi Bentuk Manusia dalam Gambar Imajinatif” dan seluruh isinya adalah benar-benar karya saya sendiri, bukan jiplakan dari karya orang lain, baik sebagian atau seluruhnya.

Pendapat atau temuan orang lain yang terdapat dalam laporan proyek studi ini dikutip atau dirujuk berdasarkan kode etik ilmiah. Semarang, 26 Agustus 2013 Yang membuat pernyataan Wahid Afandi NIM. 2450406011 ii iii LEMBAR PENGESAHAN Proyek studi ini dipertanggung jawabkan di hadapan sidang panitia ujian proyek studi Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang. Hari : Senin Tanggal: 26 Agustus 2013 Panitia Ujian Ketua Sekretaris Drs.

Agus Yuwono, M.Si, M.Pd. NIP. 1968121519930310003 Drs. Purwanto, M.Pd. NIP. 195901011981031003 Penguji I Drs.

Aryo Sunaryo, M.Pd. NIP. 195008311975011001 Penguji II/Pembimbing II Penguji III/Pembimbing I Gunadi, S.Pd.,M. Pd. NIP. 198107012006041001 Drs. Syakir, M.Sn. NIP. 196505131993031003 iii iv MOTTO DAN PERSEMBAHAN Apabila kamu bersyukur, maka pasti akan Kutambah nikmat-Ku untukmu dan bila kamu kufur (tidak bersyukur) maka siksa-Ku amatlah pedih (QS.

Ibrahim: 7). Proyek Studi ini saya persembahkan untuk : 1. Allah SWT 2. Orang tua tercinta Bapak, Ibu serta adikadikku 3.

sumber ide gambar imajinatif berasal dari

Dosen-dosen yang telah membimbing saya 4. Semua teman-temanku 5. Penikmat seni iv v PRAKATA Puji syukur kehadirat Allah SWT, penulis dapat menyelesaikan proyek studi yang berjudul : “Transformasi Bentuk Manusia dalam Gambar Imajinatif” dengan baik. Laporan proyek studi ini merupakan pertanggung jawaban tertulis terhadap penciptaan karya ilustrasi dengan tema transformasi bentuk manusia guna menyelesaikan studi Strata 1 jurusan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang.

Penulis menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan laporan proyek studi ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik serta saran yang bersifat membangun sangat diharapkan dari pengamat seni dan masyarakat pada umumnya, untuk dapat memperbaiki kualitas karya seni penulis di masa yang akan datang. Laporan proyek studi ini tidak akan terwujud tanpa bantuan dari berbagai pihak yang telah dengan tulus ikhlas memberikan bantuan, oleh karena itu penulis menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada: 1.

Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum., selaku Rektor Universitas Negeri Semarang. 2. Prof. Dr. Agus Nuryatin, M.Hum., selaku Dekan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang. 3. Drs. Syafii, M.Pd., selaku Ketua Jurusan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang, yang telah membantu kelancaran administrasi dalam penyelesaian laporan proyek studi ini.

v vi 4. Drs. Syakir, M.Sn., selaku Dosen Pembimbing I yang berkenan membimbing dan memberikan pengarahan hingga laporan ini terselesaikan. 5. Gunadi S.Pd. M.Pd., selaku Dosen Pembimbing II sekaligus sebagai dosen wali yang berkenan membimbing dan memberikan pengarahan hingga laporan ini terselesaikan. 6. Bapak dan ibu dosen Seni Rupa yang telah membuat penulis mengerti seni rupa secara mendalam.

7. Bapak dan Ibu saya yang menjadi spirit terbesarku yang selalu mendoakan, memberikan dukungan dan selalu menguatkanku dalam setiap liku hidupku. 8. Adik-adikku Nailis, Fian, Ali, dan Navid yang selalu mendoakan keberhasilanku.

9. Kawan-kawan seperjuanganku Seni Rupa angkatan 2006: Suharno, Nanik Rofiah, Tyas Purbasari, Ekky Lani Sabet Candra Wicaksana, Dian Purbarini, Rama Asmy Mulyani, Wahyu Eko, Dhila Bayu Pratama, Fredo Cahyadi, Sofa Bagus Panuntun, Vega Bayu Suryantoro, Kisrochah, Agso Pramudita, kakak dan adik angkatanku.

10. Semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu, yang secara langsung maupun tidak telah membantu tersusunnya penulisan laporan proyek studi ini. Penulis menyadari bahwa dengan keterbatasan pengetahuan dan kemampuan yang penulis miliki, dalam penyajian laporan proyek studi ini masih terdapat kekurangan dan kelemahan. Oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun guna penyempurnaan laporan ini.

vi vii Akhirnya penulis berharap, semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi penulis ataupun pihak yang memerlukannya. Semarang, 26 Agustus 2013 Penulis Wahid Afandi NIM. 2450406011 vii viii SARI Afandi, Wahid. 2013. “Transformasi Bentuk Manusia dalam Gambar Imajinatif”. Proyek studi. Seni Rupa. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Semarang.

Pembimbing I: Drs. Syakir, M.Sn. Pembimbing II: Gunadi. S.Pd. M.Pd. Sebuah ungkapan terhadap bentuk manusia yang memiliki karakter bentuk tubuh, sifat, dan kepribadian yang berbeda-beda. Berdasar dari keragaman tersebut, maka penulis memilih tema dengan objek manusia sebagai sumber dalam berkarya.

Melalui subjek manusia, penulis mencoba mengekspresikan daya imajinasi dan kreativitas tentang bentuk manusia dengan perubahan fisik menjadi bentuk yang imajinatif. Tujuan pembuatan proyek studi ini adalah (1) menampilkan sosok manusia yang dimodifikasi bentuknya dengan pendekatan transformatif dan mengekspresikan pengalaman visual melalui karya gambar berdasarkan persepsi dan imajinasi penulis.

(2) menghasilkan karya gambar imajinatif bentuk manusia secara bervariasi dan menyajikannya dalam display atau pameran. Media yang digunakan dalam berkarya adalah pensil warna dan cat sumber ide gambar imajinatif berasal dari di atas kertas.

Teknik berkarya dengan cat air secara tipis-tipis kemudian didetailkan dengan arsiran pensil warna. Proses penciptaan karya ini diawali dengan menentukan ide, pengamatan, sket manual, pewarnaan dasar, pewarnaan akhir, finishing, pengemasan karya, dan pameran.

Karya-karya yang ditampilkan dalam proyek studi ini terdiri dari dua belas karya gambar, pengerjaannya secara manual. Pemilihan warna pada karya yang penulis buat adalah warna-warna dingin dan panas. Keseimbangan yang digunakan adalah keseimbangan simetris dan asimetris. Secara keseluruhan dari kedua belas karya gambar ini mengemukakan tentang sifat-sifat negatif manusia. Subjek yang terlihat adalah figur manusia yang telah ditransformasikan sumber ide gambar imajinatif berasal dari bentuk manusia imajinatif.

Dalam berkarya gambar dapat mengacu sumber ide dari mana saja, yaitu dengan menonton filmfilm animasi Barat seperti yang penulis lakukan.

viii ix DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL. i PERNYATAAN . ii LEMBAR PENGESAHAN . iii MOTTO DAN PERSEMBAHAN . iv PRAKATA . SARI v . viii DAFTAR ISI .

ix BAB 1 Sumber ide gambar imajinatif berasal dari . 1 1.1 Latar Belakang Pemilihan Tema dan Jenis Karya . 1 1.1.1 Alasan Pemilihan Tema . 1 1.1.2 Alasan Pemilihan Jenis Karya . 3 1.2 Tujuan Pembuatan Proyek Studi . 4 1.3 Manfaat Pembuatan Proyek Studi . 5 BAB II KONSEP BERKARYA . 6 2.1 Tema Karya . 6 2.1.1 Pengertian Transformasi .

6 2.1.2 Definisi Bentuk Manusia . 7 2.1.3 Pengertian Gambar Imajinatif . 9 2.2 Unsur Rupa dan Prinsip Desain . 11 2.2.1 Unsur-unsur Rupa . 11 2.2.2 Prinsip-prinsip Desain . 17 BAB III METODE DALAM BERKARYA .

20 3.1 Pemilihan Media/Bahan dan Alat . 20 3.1.1 Media . 20 3.1.2 Bahan . 20 3.1.3 Alat . 22 3.2 Teknik Berkarya . 24 ix x BAB IV DESKRIPSI DAN ANALISIS KARYA .

29 4.1 Karya ke-1 . 29 4.2 Karya ke-2 . 33 4.3 Karya ke-3 . 37 4.4 Karya ke-4 . 41 4.5 Karya ke-5 . 45 4.6 Karya ke-6 . 49 4.7 Karya ke-7 . 52 4.8 Karya ke-8 . 56 4.9 Karya ke-9 . 60 4.10 Karya ke-10 . 63 4.11 Karya ke-11 . 67 4.12 Karya ke-12 . 70 BAB V PENUTUP………. . 74 5.1 Kesimpulan . 74 5.2 Saran . 75 DAFTAR Sumber ide gambar imajinatif berasal dari . 76 LAMPIRAN-LAMPIRAN BIODATA PENULIS SK PEMBIMBING FORMULIR PEMBIMBINGAN SURAT TUGAS PANITIA UJIAN SARJANA KATALOG PAMERAN BENER PAMERAN FOTO PAMERAN x 1 BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Pemilihan Tema dan Jenis Karya 1.1.1 Alasan Pemilihan Tema Berawal dari zaman prasejarah hingga sekarang ini pola kehidupan manusia terus mengalami perkembangan.

Perubahan yang signifikan menjadikan pola kehidupan manusia berusaha untuk menciptakan sesuatu yang baru dan lebih mencerminkan kepribadiannya. Pada hakikatnya manusia adalah makhluk yang berbudaya, yaitu makhluk yang memiliki cipta, rasa, dan karsa.

Dari tiga unsur yang dimiliki inilah manusia dapat melakukan aktivitas dalam upaya untuk mengembangkan potensi kreativitasnya. Aktivitas tersebut ditujukan dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan hidupnya baik dalam bidang sosial, ekonomi, teknologi, politik, pendidikan, dan agama.

Selain itu ditunjukkan untuk memenuhi kesenangan, kenikmatan, dan kepuasan batin. Manusia atau orang dapat diartikan berbeda-beda dari segi biologis, rohani, dan istilah kebudayaan, atau secara campuran. Secara biologis, manusia diklasifikasikan sebagai Homo sapiens (Bahasa Latin yang berarti "manusia yang tahu"), sebuah spesies primata dari golongan mamalia yang dilengkapi otak berkemampuan tinggi. Dalam hal kerohanian, mereka dijelaskan menggunakan konsep jiwa yang bervariasi di mana dalam agama, dimengerti dalam hubungannya dengan kekuatan ketuhanan atau makhluk hidup, dalam mitos, mereka juga seringkali dibandingkan dengan 2 ras lain.

Dalam antropologi kebudayaan, mereka dijelaskan berdasarkan penggunaan bahasanya, organisasi mereka dalam masyarakat majemuk serta perkembangan teknologinya, dan terutama berdasarkan kemampuannya untuk membentuk kelompok dan lembaga untuk dukungan satu sama lain serta pertolongan, (http://id.wikipedia.org/wiki/Manusia) di akses pada tanggal 27 Agustus 2013.

Berbicara tentang transformasi bentuk manusia, bisa diartikan transformasi adalah suatu peralihan, di mana peralihan itu adalah perwujudan dari bentuk yang utuh menjadi bentuk baru. Dalam hal ini diterapkan pada manusia, bisa dikatakan wujud yang tadinya sempurna mengalami penambahan-penambahan atau penggabungan objek yang menjadikan bentuk manusia baru tanpa meninggalkan karakter aslinya. Karya seni merupakan bentuk ungkapan perasaan dan pikiran seniman yang mempunyai nilai estetis, tidak dapat dipisahkan dari faktor yang melingkupi dalam kehidupan.

Menurut Soemardjo (2000:24) Karya seni merupakan sebuah benda atau artefak yang dapat dilihat, didengar atau dilihat sekaligus didengar. Melalui seni, manusia dapat menikmati sumber ide gambar imajinatif berasal dari merasakan kepuasan batin sebagai wujud refleksi perasaan terhadap stimulus yang diperolehnya. Berdasarkan keragaman tersebut, maka penulis cenderung untuk memilih tema transformasi bentuk manusia sebagai sumber dalam berkarya seni rupa.

Melalui objek manusia penulis dapat dengan leluasa 3 mengekspresikan daya imajinya yang ditata atau disusun secara dinamis dan sudah mengalami perubahan. Daya khayal tidak terbatasi oleh aturanaturan tertentu sehingga lebih bebas dalam aplikasinya, hal ini yang menjadi daya tarik penulis untuk dijadikan tema dalam proyek studi ini.

1.1.2 Alasan Pemilihan Jenis Karya Seni rupa adalah konsep atau nama untuk salah satu cabang seni yang bentuknya terdiri atas unsur-unsur rupa yaitu bidang, garis, bentuk, ruang, warna dan tekstur, unsur-unsur rupa tersebut tersusun yang pada akhirnya akan menjadi suatu karya seni (Rondhi 2002:13). Karya seni rupa dapat dibagi menjadi dua yaitu: karya seni rupa dua dimensi dan karya seni rupa tiga dimensi. Karya seni rupa dua dimensi adalah karya seni rupa yang hanya memiliki ukuran panjang lebar atau karya yang hanya dapat dilihat satu arah pandang saja.

Contohnya seperti karya seni lukis, karya seni grafis, karya seni gambar, dan yang lainnya. Sedangkan karya seni rupa tiga dimensi adalah karya seni rupa yang memiliki tiga ukuran yaitu panjang, sumber ide gambar imajinatif berasal dari dan tinggi atau karya yang menempati suatu sumber ide gambar imajinatif berasal dari dan dapat dilihat dari sudut pandang manapun.

Sumber ide gambar imajinatif berasal dari karya seni patung. Ketika seniman mempunyai gagasan, maka perlu dipikirkan bagaimana tata cara mewujudkan idenya tersebut, atau cara mentransformir wujud yang idiil menjadi sensual, sehingga sebuah karya seni dapat bernilai tinggi (Bahari, 2008: 25). Berkaitan dengan tema yang 4 telah penulis tentukan maka pemilihan jenis karya pada proyek studi ini adalah melalui gambar. Menggambar mempunyai peranan yang sudah lama eksis dalam seni visual, yaitu dalam pencatatan sepanjang sejarah dan perkembangan ide-ide dalam peradaban kita (Ching, 2002: 5).

Pada masa prasejarah, manusia purba telah mengenal gambar, hal ini terbukti dari peninggalan coretan-coretan yang mereka buat pada dinding goa, seiring dengan perkembangan zaman seni gambar terus mengalami perkembangan dari segi fungsi, teknik maupun jenisnya. Dalam dunia seni rupa, gambar merupakan dasar dalam berkarya, baik lukis, ilustrasi, desain, patung maupun karya seni rupa yang lain.

Ditambah Ching (2005: 5) seperti halnya hasil pemikiran yang dapat dituangkan dengan kata-kata, ide-ide juga dapat diwujudkan dalam gambar untuk meningkatkan pemikiran secara visual dan lebih jauh lagi merangsang imajinasi kita.

Terkait dengan pendapat tersebut, penulis menganggap gambar merupakan jenis karya paling tepat sebagai sarana ungkap dari tema yang penulis angkat dalam proyek studi ini. 1.2 Tujuan Pembuatan Proyek Studi Adapun tujuan dari pembuatan proyek studi ini adalah: 1.2.1 Menampilkan sosok manusia yang dimodifikasi bentuknya dengan pendekatan transformatif dan mengekspresikan pengalaman visual melalui karya gambar berdasarkan persepsi dan imajinasi penulis.

5 1.2.2 Menghasilkan karya gambar imajinatif bentuk manusia secara bervariasi dan menyajikannya dalam display atau pameran. 1.3 Manfaat Pembuatan Proyek Studi 1.3.1 Bagi penulis proyek studi ini bermanfaat sebagai tolok ukur kemampuan dalam berkarya ilustrasi, sekaligus sebagai media ekspresi dengan menciptakan karakter transformasi bentuk manusia.

1.3.2 Bagi perupa bermanfaat sebagai sarana informasi untuk mengetahui apa-apa saja yang sudah dibuat oleh seniman lain atau pendahulunya, sehingga mencari celah-celah yang belum dikerjakan seniman lainnya, guna melahirkan karya seni yang inovatif. 1.3.3 Bagi penikmat seni bermanfaat sebagai sarana apresiasi baik bagi masyarakat umum maupun dalam lingkup jurusan seni rupa UNNES sehingga dapat sebagai inspirasi dalam berkarya seni.

6 BAB II KONSEP BERKARYA 2.1 Tema Karya 2.1.1 Pengertian Transformasi Kata transformasi berasal dari dua kata, “trans dan form”. Trans berarti melintasi dari satu sisi ke sisi yang lainnya (across), atau melampaui (beyond), dan kata form berarti bentuk. Transformasi mengandung makna, perubahan bentuk yang lebih dari, atau melampaui perubahan fisik luarnya. Transformasi sering diartikan adanya perubahan atau perpindahan bentuk yang jelas, pemakaian kata transformasi menjelaskan perubahan yang bertahap dan terarah tetapi tidak radikal.

(http://pukatbangsa.worksop.com/buletin-cerah/), diakses pada tanggal 8 Januari 2013. Menurut Aprillia (2006: 23) transformasi adalah penggabungan beberapa objek dalam bentuk baru yang menjadi tidak jelas bentuk asli/dasarnya. Bisa dikatakan penggabungan tersebut adalah suatu peralihan dari bentuk semula menjadi bentuk yang baru.

Dalam proyek studi ini adalah manusia sebagai objek untuk divisualkan melalui imajinasi penulis dengan penambahan-penambahan objek pada bagian tertentu sehingga menjadi bentuk yang imajinatif. Dilihat dari pendapat di atas, proyek studi yang penulis buat mengangkat tema transformasi bentuk manusia yang disajikan dalam 6 7 karya gambar imajinatif melalui penambahan bentuk pada objek manusia menjadi bentuk yang khayali tetapi tidak meninggalkan karakter manusia itu sendiri.

2.1.2 Definisi Bentuk Manusia Manusia adalah makhluk hidup yang mempunyai akal dan pikiran untuk melakukan aktivitas di dalam kehidupannya. Di dunia ini manusia bermacam-macam baik bentuk wajah, postur tubuh, warna kulit, rambut, sifat, kepribadian, adat istiadat, dan banyak lagi lainnya yang membedakan mereka. Menurut hipotessa Lamrack (dalam Suryadipura, 1994: 65), kelompok makhluk hidup yang disebut hewan telah mengalami suatu evolusi yang sangat panjang, yakni pertumbuhan dan perkembangan dari bentuk yang sangat sederhana menjadi jenis hewan dengan bentuk yang lebih sempurna, sebagaimana yang dapat kita saksikan sekarang.

Dengan demikian, manusia, sebagai kelompok makhluk hidup, juga dianggapnya mengalami suatu proses evolusi, sehingga manusia modern sekarang ini adalah sangat berbeda dengan manusia purba, baik dalam artian bentuk fisikal maupun kualitas intelektual mereka.

Proses perubahan ini terjadi karena adanya daya penyesuaian terhadap alam di sekitarnya, yang juga dipastikan telah mengalami perubahan, baik yang berlangsung secara perlahan-lahan maupun secara mendadak.

Terkait dengan ide yang melatarbelakangi tema proyek studi ini adalah ketertarikan penulis pada transformasi bentuk manusia yang telah 8 mengalami perubahan. Dalam penggambaran wujud manusia yang telah diubah bentuknya, penulis pada dasarnya mengacu pada wujud yang imajinatif (tidak nyata). Bentuk manusia yang hampir secara keseluruhan telah mengalami perubahan struktur yaitu dengan penambahan atau pengurangan bagian tertentu.

Perubahan-perubahan dilakukan agar tercipta karakter imajinasi yang penulis inginkan. Transformasi bentuk manusia dikemas secara surealistis, sehingga menghasilkan karya yang bebas, namun tetap bernilai artistic tanpa meninggalkan karakter asli bentuk manusia. Menurut Abidin (2000: 11) filsafat manusia dibagi menjadi dua, yaitu materialisme dan spiritualisme.

Materialisme secara tegas menyatakan bahwa manusia pada asasnya adalah materi atau melulu bersifat material, sehingga manusia dapat menjelaskan setiap gejala dan pengalamannya berdasarkan hukum-hukum alam. Sedangkan filsafat spiritualisme mengajarkan bahwa hakikat manusia pada asasnya adalah jiwa atau roh, jadi bersifat spiritual dan unik, sehingga sama sekali tidak bisa diukir dan dijelaskan dengan mengacu pada hukum-hukum alam atau hukum-hukum mekanis, kimiawi, dan biologis.

Dari pengertian di atas dapat disimpulkan sifat-sifat manusia itu berbeda-beda, ada yang bersifat baik dan ada juga buruk. Adapun sifatsifat baik seperti halnya jika divisualkan dalam kehidupan sehari-hari adalah berfikir positif, suka menolong, tidak suka berbohong, dan berperilaku menyerupai tokoh-tokoh penyiar agama. Sedangkan sifat 9 buruk adalah suatu pemikiran dan perintah hati yang negatif, seperti halnya pemikiran picik, berperilaku seperti hewan, munafik, pendusta, dan masih banyak lainnya.

Namun pada dasarnya semua manusia memiliki kedua sifat tersebut, akan tetapi yang kepastiannya lebih dominan ke salah satu sifat, jika seseorang itu bersifat jahat maka pasti ada kebaikannya walaupun sedikit, begitu juga sebaliknya dengan seseorang yang bersifat baik. Ada kaitannya dalam proyek studi ini penulis ingin menampilkan karya yang penyajiannya berbentuk manusia imajinatif, tetapi dalam bentuk-bentuk itu mengartikan sifat-sifat manusia yang buruk saja.

Sifatsifat negatif manusia dalam hal ini sangatlah beragam dan banyak sekali dijumpai di dunia ini. Terkait dengan proyek studi ini, penulis ingin menampilkan sifat-sifat buruk dalam bentuk karya gambar dengan objek manusia yang telah ditransformasikan menjadi bentuk imajinatif.

2.1.3 Pengertian Gambar Imajinatif 1. Pengertian Gambar Pada zaman prasejarah, manusia primitif telah mengenal gambar sebagai bahasa rupa. Seiring dengan perkembangan zaman dan peradaban manusia, seni gambar juga mengalami perkembangan, bagi masyarakat masa lampau gambar mempunyai muatan filosofis yang dianggap mempunyai pergeseran fungsi dan makna, menggambar sudah menjadi bidang keilmuan yang mempunyai banyak cabang dan turunan menurut fungsinya.

10 Apriyatno (2004: 1) menggambar adalah proses kreasi yang harus dilakukan secara intensif dan terus menerus. Menggambar merupakan wujud pengeksplorasi teknis dan gaya, penggalian gagasan dan kreativitas, bahkan bisa menjadi ekspresi dan aktualisasi diri. Menurut Bahari (2008: 83) seni gambar adalah karya seni rupa dua dimensional yang dibuat di atas kertas atau media lainnya.

sumber ide gambar imajinatif berasal dari

Untuk membedakan dengan seni lukis, seni gambar umumnya didominasi oleh unsur titik, garis dan bidang-bidang yang dibuat dengan pensil atau pena dalam bentuk warna hitam putih. Tetapi pada perkembangan selanjutnya, karya seni gambar tidak terbatas pada hitam putih saja, tetapi juga disajikan dalam bentuk berwarna. 2. Pengertian Gambar Imajinatif Secara sederhana gambar imajinatif dapat diartikan sebagai menggambar sesuatu yang didasarkan pada daya khayal, gambar yang dihasilkan merupakan wujud dari imajinasi yang terkontruksi dalam angan.

Seperti yang diungkapkan Ching (2002: 143) ketika memindahkan ke atas kertas apa yang kita khayalkan, kita harus mengandalkan imajiimaji yang di dalam kepala kita, seperti yang dilihat melalui mata pikiran untuk menghasilkan imej yang digambar.

Kegiatan menggambar tidak bisa menjadi proses linier satu arah, harus ada aktivitas yang saling mempengaruhi antara melihat, membayangkan, menggambar, dan melihat sesuatu yang baru timbul. 11 Dilihat dari prosesnya, menggambar secara imajinatif memerlukan pemahaman tentang suatu objek, mengembangkan daya khayalnya, dan menuangkan imaji tersebut ke dalam karya gambar.

Menurut Ching (2002: 144) menggambar tidak hanya memungkinkan kita untuk menyajikan konsep awal saja, tetapi juga untuk menelusuri kemungkinan-kemungkinan baru. Saat kita menggambar setiap garis mempunyai potensi untuk memperjelas, mengubah, atau menambah kedalam makna suatu imej. Dari pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa proses berimajinasi bukan hanya terjadi ketika mengkhayalkan suatu bentuk sebelum menggambar, pada proses menggambar terkadang muncul imajiimaji baru akibat goresan garis yang memungkinkan melengkapi, memperjelas dari imaji yang sudah terkonstruksi dalam pikiran sebelumnya.

2.2 Unsur Rupa dan Sumber ide gambar imajinatif berasal dari Desain 2.2.1 Unsur-unsur Rupa Dalam sebuah karya seni tidak terlepas dari unsur-unsur visual sebagai unsur pembentuk sekaligus sebagai unsur pendukung agar sebuah karya seni tercipta secara sempurna.

Dalam karya seni kita mengenal sejumlah unsur seni yang bersama-sama menyusun dan mewujudkan karya itu. Secara garis besar unsur-unsur rupa yang penulis kembangkan dalam berkarya antara lain : 1. Garis 12 Garis merupakan unsur yang paling elementer di bidang seni rupa yang sangat penting sebagai media ungkap yang efektif dan efisien sebagai bentuk perasaan manusia serta memberikan kesan gerak/ritme dan menciptakan kontur.

Dengan adanya suatu garis maka karya seni sumber ide gambar imajinatif berasal dari terwujud. Kaitannya dengan unsur visual, Sunaryo (2002: 7) menjelaskan beberapa pengertian tentang garis; (1) tanda atau markah yang memanjang yang membekas pada suatu permukaan dan mempunyai arah (2) batas suatu bidang atau permukaan, bentuk atau warna (3) sifat atau kualitas yang melekat pada objek lanjar/memanjang.

Dalam seni rupa, garis merupakan unsur yang memiliki peranan paling besar dan penting. Selain garis memiliki fungsi sebagai goresan nyata, garis dapat juga berupa garis semu yang membantu membentuk keindahan suatu karya seni. Berdasar sifatnya garis dapat dibedakan : - Garis lurus, mempunyai sifat tegas dan kokoh. - Garis lengkung, mempunyai sifat halus dan lembut.

- Garis zig-zag, mempunyai sifat tajam dan runcing. - Gris datar, mempunyai sifat mantap. - Garis silang, mempunyai sifat lambung dan goyah. Pada proyek studi yang penulis buat adalah transformasi bentuk manusia yang mengalami peralihan menjadi bentuk imajinatif, adapun semua itu menggunakan unsur rupa garis yaitu garis lengkung, karena 13 akan dapat leluasa membuat goresan yang membentuk subjek manusia khayali melalui garis-garis lengkung tersebut.

2. Warna Warna sangat ditentukan dengan pancaran cahaya, warna bendabenda yang kita lihat sesungguhnya adalah pantulan dari cahaya yang menimpanya, karena warna merupakan unsur cahaya. Warna yang bersumber dari cahaya disebut sumber ide gambar imajinatif berasal dari aditif. Contohnya adalah warna yang dipancarkan oleh televisi dan sign lamp. Sedangkan warna-warna pada benda dedaunan, tekstil, lukisan atau cat termasuk pigmen, yakni butir-butir halus bahan warna.

Warna-warna pigmen disebut warna subtraktif. Warna subtraktif ada yang bersifat bening (transparent) dan buram atau kedap (opaque), atau semu bening (semi transparent) (Prawira, 1989:35). Tiga fungsi warna yakni berfungsi praktis, simbolik, dan artistik. Fungsi praktis pada warna digunakan untuk mengarahkan, memberi intruksi, dan memberi peringatan yang ditujukan untuk kepentingan umum, contohnya warna traffic light. Fungsi simbolik merupakan warna sebagai simbol atau lambang, contohnya warna bendera, atau warna wayang.

Fungsi artistik merupakan fungsi sebagai bahasa rupa atau desain. Warna menyebabkan otak bekerja sama dengan mata membatasi dunia eksternal. Manusia mempunyai rasa yang lebih baik dalam hal visi dan hal kuat dalam hal persepsi terhadap warna dibandingkan dengan binatang (Prawira, 1989:39). 14 Adanya sistem susunan warna agar tercipta paduan suatu komposisi warna dalam kombinasi yang harmonis.

Secara Teoritis, susunan warna berikut dipandang sebagai paduan warna harmonis, yakni: (1) susunan warna monokromatik (2) susunan warna analogus (3) susunan warna kontras. Dalam kaitanya dengan berkarya, penulis menggunakan warnawarna untuk tujuan memunculkan objek gambar yang telah ditransformasikan dengan banyak menggunakan susuanan warna panas yang dikombinasikan dengan warna dingin.

Penggunaan warna yang beraneka ragam akan menimbulkan kesan yang ramai pada karya. Warnawarna yang panas yaitu: merah, orange, kuning. Sedangkan warna-warna dingin yaitu: biru, hijau, ungu. Semua itu diolah menjadi warna-warna yang ditampilkan pada subjek gambar manusia imajinatif.

Warna-warna panas kebanyakan penulis gunakan dalam memberikan warna pada subjek manusia. Sedangkan warna-warna dingin kebanyakan penulis gunakan dalam memberikan warna pada background namun ada juga sebaliknya pada karya lainnya. 3. Tekstur Tekstur (teksture) ialah unsur rupa yang menunjukkan rasa permukaan bahan, sengaja dibuat dan dihadirkan dalam susunan untuk mencapai bentuk rupa, sebagai usaha untuk memberikan rasa tertentu pada 15 permukaan bidang pada perwajahan bentuk pada karya seni rupa secara nyata atau semu (Kartika 2004: 74-48).

Menurut Sanyoto (2005: 62) dari berbagai tekstur ada yang bersifat raba disebut tekstur raba, dan yang bersifat lihat disebut tekstur lihat. Tekstur raba ini bersifat nyata, artinya dilihat nampak kasar diraba pun nampak kasar, sedang tekstur lihat bersifat semu, bila dilihat nampak kasar tetapi apabila di raba terasa halus. Tekstur yang penulis tampilkan dalam karya gambar transformasi bentuk manusia kali ini adalah tekstur semu, terbentuk dari pengolahan warna yang ditorehkan di atas bidang kertas.

Dapat menimbulkan kesan kasar tapi tidak dapat dirasakan oleh indera peraba. 4. Sumber ide gambar imajinatif berasal dari Ruang adalah unsur atau daerah yang mengelilingi sosok bentuknya. Ruang sebenarnya tak terbatas, dapat kosong, sebagian terisi, atau dapat pula penuh padat terisi (Sunaryo, 2002: 21).

Menurut Sanyoto (2005: 96) ruang dwimatra adalah ruang papar/datar. Ruang dwimatra banyak dimanfaatkan oleh para desainer/perancang untuk menempatkan bentuk raut yang sifatnya cukup datar/terlihat datar saja, seperti gambar-gambar proyeksi dengan potonganpotongan dan pandangan tertentu, bentuk-bentuk tulisan, bentuk-bentuk kode, rancangan tekstil, gambar-gambar dekoratif dan lain-lain. Terkait dengan pendapat tersebut, penulis memanfaatkan ruang kosong yang 16 mengelilingi sujek manusia dengan memberi warna transparan difungsikan sebagai background.

5. Gelap Terang Menurut Sunaryo (2002: 19-20) unsur gelap terang juga disebut nada. Dalam hubungannya dengan unsur rupa, gelap terang telah terkait dengan dimensi value. Banyaknya tingkatan yang paling terang kepada yang paling gelap sesungguhnya amat relatif bahkan mungkin tak terhitung. Hal itu tergantung pada intensitas cahaya dan warna obyeknya. Unsur rupa gelap terang dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan, yaitu: 1) Memperkuat kesan trimatra suatu bentuk 2) Mengilusikan kedalaman atau ruang 3) Menciptakan kontras atau suasana tertentu Menurut Bahari (2008: 103) citra cahaya pada karya-karya dua dimensional, ilusi terang yang diakibatkan oleh pembubuhan warna terang pada bagian tertentu dari subyek gambar atau lukisan yang membedakannya dari warna gelap pada bagian lain secara bergradasi.

Berdasar kedua pendapat tersebut, dalam karya gambar ini terdapat pencahayaan dan bayangan disajikan dengan gradasi mulai dari bagian yang terang sampai bagian yang gelap pada subjek manusia sehingga memperkuat kesan tiga dimensinya.

6. Raut 17 Menurut Sunaryo (2002: 9-10) raut atau shape sering disebut bangun, bidang, atau bentuk yang dipandang sebagai perwujudan yang dikelilingi oleh kontur. Dari segi perwujudannya, raut dapat dibedakan (1) raut geometris, (2) raut organis (3) raut bersudut banyak dan (4) raut tak beraturan.

Raut geometris adalah raut yang dibatasi oleh garis lurus atau lengkung yang dibuat secara mekanis. Raut organis merupakan raut yang bertepi lengkung bebas. Sedangkan raut bersudut banyak memiliki sudut yang banyak, berkontur zigzag. Raut tak beraturan merupakan raut yang dibatasi oleh garis lurus dan lengkung tak beraturan karena tarikan tangan bebas, terjadi secara kebetulan, atau melalui proses khusus yang mungkin sulit dikendalikan.

Raut yang terdapat pada karya gambar ini adalah raut organis yang terbentuk oleh sapuan-sapuan bidang warna yang terdapat pada sumber ide gambar imajinatif berasal dari bentuk manusia.

2.2.2 Prinsip-prinsip Desain Dalam menyusun unsur-unsur visual menjadi suatu karya seni berdasarkan prinsip-prinsip desain, penyusunan gambar adalah: 1. Keseimbangan Keseimbangan berkenaan dengan kualitas bobot atau kesan berat ringannya suatu karya.

Keseimbangan dapat dibuat secara formal atau dengan istilah yang lazim disebut setangkup atau simetris. Keseimbangan dapat di buat pula secara informal atau asimetris dan keseimbangan radial atau memancar.

18 Menurut Faulkner (dalam Bastomi, 1992; 71) ada tiga jenis keseimbangan, yaitu: (1) simetri yaitu: keseimbangan belah dua sama kuat (2) asimetri yaitu: keseimbangan ini bertentangan dengan keseimbangan simetri, sebab bagian sebelah menyebabkan sumber ide gambar imajinatif berasal dari jumlahnya tidak sama, tetapi nilainya tetap sama, oleh karena itu tetap seimbang (3) radial yaitu: keseimbangan melingkar, keseimbangan ini terjadi karena dalam satu desain ada dua unsur yang menjadi pusat dari unsur-unsur lainnya.

Bagian-bagian itu tetap seimbang karena unsur yang lain berkelanjutan. Keseimbangan pada karya-karya yang penulis buat adalah menggunakan keseimbangan simetris dan asimetris. 2. Dominasi Dominasi dapat menjadi bagian yang penting atau utama dalam suatu susunan secara keseluruhan. Dominasi dapat disebut dengan centre of interest atau pusat perhatian (Sunaryo, 2002: 36).

Untuk menampilkan dominasi, penulis menampilkan subjek manusia sebagai dominasi dengan ukuran yang cukup besar serta warna yang cenderung tegas dibandingkan background. 3. Pusat Perhatian Sunaryo (2002: 36) dominasi adalah pengaturan peran atau penonjolan bagian atas bagian lainnya dalam satu keseluruhan. Dengan peran yang menonjol pada bagian itu maka menjadi pusat perhatian (center of sumber ide gambar imajinatif berasal dari.

Dari paparan tersebut dapat dikatakan pusat perhatian adalah penekanan pada salah satu unsur visual tertentu pada sebuah karya 19 seni. Pada proyek studi ini pusat perhatian dibuat dengan adanya subjek bentuk manusia yang dikembangkan dalam imajinasi penulis.

4. Kesatuan Menurut Sanyoto (2005: 165) prinsip kesatuan sesungguhnya adalah “adanya saling hubungan” antar unsur yang disusun. Jika satu atau beberapa unsur dalam susunan terdapat saling ada hubungan maka kesatuan telah dicapai. Dalam karya ini kesatuan hadir melalui totalitas perwujudan objek yang dikemas secara realistis yang divisualisasikan melalui unsur-unsur rupa yang disusun melalui pertimbangan prinsip-prinsip desain secara keseluruhan, hingga menjadi karya yang artistik.

20 BAB III METODE DALAM BERKARYA 3.1 Pemilihan Media/Bahan dan Alat 3.1.1 Media Media berasal dari kata medium yang berarti di tengah, medium digunakan sebagai perantara antara sesuatu dengan sesuatu lainnya.

Medium merupakan sarana yang dipergunakan untuk menunjang terbentuknya sebuah karya seni. Medium seni senantiasa berupa sesuatu yang konkret, dalam karya gambar, medium yang digunakan dalam proyek studi ini adalah kertas, pensil, pensil warna, dan cat air. Selain pengertian di atas medium juga dapat diartikan sebagai teknik yang digunakan dalam proses pembuatan.

3.1.2 Bahan Karya seni merupakan ekspresi bentuk ideal dalam bentuk visual, oleh karena itu sumber ide gambar imajinatif berasal dari tidak akan lahir tanpa adanya bahan dan alat.

Media dalam menggambar ilustrasi merupakan sarana yang menunjukkan apa yang sudah menjadi ide ataupun gagasan sebagai cara mengungkapkan pengalaman estetis. Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan proyek studi ini adalah: 1.

Kertas Kertas adalah suatu media yang berbentuk bidang datar yang terbuat dari bubur kertas (pulp). Media kertas yang cocok untuk proses 20 21 berkarya ini adalah kertas merek Canson dalam ukuran 29cm x 42cm, kertas ini mempunyai ketebalan yang sedang, sehingga memungkinkan untuk berkarya, juga tekstur permukaannya yang sedikit kasar sehingga memudahkan proses menguaskan cat air dan mendetailkannya dengan pensil warna.

2. Pensil Pensil adalah alat sumbu hitam di dalam batang, pensil terbuat dari bahan tambang yang disebut grafit. Pensil di sini adalah alat yang penulis gunakan untuk membuat sket. Jenis pensil yang digunakan adalah jenis pensil B, alasannya karena jenis pensil B mempunyai tingkat kepekaan yang cukup tinggi, sehingga sket yang telah dibuat mudah tertutup oleh pewarna bila menggores dalam goresan tipis.

3. Pensil Warna Pensil warna merupakan bahan yang sering digunakan untuk mewarnai sebuah gambar. Seperti halnya cat air, pensil warna terdiri dari beberapa warna.

Kelebihan menggunakan pensil warna adalah lebih praktis, mudah dihapus dan cocok digunakan untuk mewarnai gambar yang detail, akan tetapi pemakaian pensil warna memakan waktu yang cukup lama dengan arsiran halus dan kasar. Pensil warna yang digunakan penulis dalam pembuatan proyek studi ini adalah merk Faber Castel Classic. 22 4. Cat Air Cat air adalah suatu bahan yang terbuat dari pigmen-pigmen warna yang mempunyai sifat transparan atau tembus warna.

Jika cat minyak menggunakan pencampuran berupa minyak, maka cat air hanya menggunakan pencampuran berupa air saja. Dalam mencampur cat air ini menggunakan banyak air, cat tersebut digunakan dalam cairan yang sangat encer. Meski dalam keadaan yang encer, cat air tetap memiliki watak yang lembut tetapi cukup cerah.

Cat air yang digunakan penulis untuk berkarya ini adalah merk Maries. 3.1.3 Alat Alat sering kita sebut sebagai alat bantu untuk memudahkan dalam membuat suatu karya, alat juga memiliki peran yang sangat penting, seperti untuk mempermudah penulis agar lebih efisien dan maksimal dalam berkarya. Alat yang digunakan adalah: 1. Kuas Kuas merupakan alat utama untuk berkarya lukis, jenis maupun ukurannya sangat bervariatif. Kuas yang biasanya digunakan untuk melukis dengan cat minyak atau cat poster, ujung penjepitnya berbentuk pipih (bristle brush) dan bulu-bulunya kaku, sedangkan kuas yang digunakan untuk melukis cat air ujung penjepitnya berbentuk bulat melingkar (sable brush) dan bulu-bulunya sangat halus.

Adapun ukuran kuas cat minyak maupun cat air sama, yaitu ukuran 1,2,3,4 dan seterusnya. 23 2. Palet Palet adalah alat yang berfungsi untuk mencampur cat yang di inginkan, jenis palet ada dua, yakni palet cat minyak dan palet cat air. Palet cat minyak pada umumnya berbentuk datar yang biasanya dijumpai dari bahan triplek, namun ada pula yang dari plastik. Sedangkan pada palet cat air terbuat dari plastik yang mempunyai cekungan-cekungan berfungsi untuk menampung hasil adukan cat dengan air untuk menjadi campuran warna yang diinginkan.

3. Tempat Air Tempat air merupakan alat yang berfungsi untuk menampung air, mencuci kuas yang telah digunakan untuk melukis. Tempat air sangat mudah didapatkan dan sering kita jumpai, seperti gelas plastik, botol air mineral, kaleng, dan lain sebagainya.

4. Penjepit Gambar Penjepit ini digunakan sebagai pengait anatara kertas dengan tatakan, fungsinya agar kertas tidak bergerak kesana kemari dan masih pada posisi yang sama saat menggambar. 5. Tatakan Kertas Tatakan kertas ini adalah alat yang digunakan sebagai alas pada bidang kertas agar pada saat menggambar merasa nyaman. Adapun tatakan kertas ini terbuat dari bahan kayu triplek berbentuk persegi panjang. 24 3.2 Teknik Berkarya Menurut Lewis (dalam Muharrar 2003: 53) beberapa alat atau media yang sering digunakan dalam membuat karya gambar yaitu “charcoal, pencil and colour pencil, pastel and crayon, pen and ink, marker pens, scraperboard, water colour, guache, egg tempera, oil paint, acrilic, cillade, airbrush”.

Penguasaan teknik yang baik sangat diperlukan dalam membuat karya seni, bagaimana teknik itu dibuat akan menentukan bentuk akhir suatu karya seni, baik dari segi kualitas atau karakteristik suatu karya. Teknik dalam karya gambar ini menggunakan pendekatan secara natural imajinatif, di mana dalam karya ini mengambil objek manusia yang kemudian diimajinasikan mengalami transformasi bentuk.

Dalam proyek studi ini, gambar yang penulis lakukan adalah transformasi bentuk manusia yang diimajinasikan dan digubah menjadi makhluk baru yang sumber ide gambar imajinatif berasal dari meninggalkan karakteristik bentuk manusia itu sendiri, sehingga penulis memilih teknik pewarnaan menggunakan cat air dengan sapuan kuas yang halus untuk memberi warna dasar pada subjek manusia dengan warna-warna terang dan gelap, sedangkan pensil warna dengan arsiran halus untuk mendetailkan bagian tubuh manusia dan bagian-bagian tertentu.

Adapun langkah-langkah dalam pembuatan karya gambar ini adalah: 25 1. Menentukan Ide/gagasan Dalam pembuatan suatu karya perlu adanya sumber ide atau inspirasi. Pada karya gambar ini mengangkat tema transformasi bentuk manusia terinspirasi oleh film-film Barat seperti “Pirates of Carribian, The Lord of the Ring, Predator, Transformer, dan banyak lagi yang lainnya”.

Pada karya gambar ini mengangkat manusia yang menjadi objek mengalami suatu perubahan atau transformasi bentuk menjadi manusia khayali, tetapi tidak menghilangkan karakter manusia, adapun karya gambar ini di garap secara manual. 2. Pengamatan Dengan mengamati karya-karya gambar yang ada, dan menonton film, serta membaca, koran tabloid, majalah maupun internet, yang terkait dengan transformasi bentuk manusia akan merangsang kreativitas penulis untuk menjadi tambahan sumber ide.

3. Sket Manual Diungkap oleh Faith Jacques (dalam Syakir, 2003: 53) “Sebelum saya mulai menggambar saya mencoba untuk mendapatkan bayangan yang jelas dalam pikiran saya mengenai wujud akhir gambar saya kelak.

Semua masalah yang menyangkut desain, pola pewarnaan dan perwatakan saya olah dalam pikiran saya sebelum mulai mewujudkan desain tersebut dengan tipis-tipis tidak terlalu serampangan dengan pensil”. Dari pernyataan tersebut dapat dibuktikan bahwa penyusunan desain dari gagasan yang akan ditampilkan mempunyai peranan penting 26 sebelum karya itu dibuat. Ide, rancangan dan desain yang telah terkonstruksi dalam fikiran kemudian dituangkan dalam bentuk sket. Pada tahap ini, untuk memudahkan dalam proses penciptaan karya, langkah yang dilakukan dengan membuat beberapa sket.

Untuk memudahkan dalam proses pembuatan sket perlu dibantu dengan gambargambar sebagai referensi yang kemudian dieksplorasi sesuai dengan imajinasi penulis. 4. Pewarnaan Dasar Setelah membuat sket dan dianggap sudah baik sesuai dengan imajinasi penulis, tahapan yang berikutnya adalah dengan mewarnai menggunakan cat air. Penggunaan cat air hanya digunakan untuk mewarnai secara transparan atau tipis-tipis.

5. Pewarnaan Akhir Menentukan warna yang sesuia pada bagian-bagian tertentu seperti otot, bulu yang kemudian didetailkan melalui arsiran pensil warna. Penggunaan arsir tersebut akan menghasilkan warna yang berkesan realistis, sehingga nampak seperti asli.

6. Finishing Proses finishing dilakukan meliputi menghapus bekas sket pensil, dan melakukan pembenahan pada bagian-bagian yang kurang bagus hingga penebalan-penebalan garis apabila diperlukan. 27 7. Pengemasan Karya Pengemasan dilakuakan sebagai langkah akhir dari proses yang dilakukan, pada proyek studi ini penulis mengemas karya pada pigura berukuran 42cm x 54cm. 8. Pameran Pameran adalah proses publikasi agar karya gambar ini bisa dinikmati oleh apresiator.

Di sini penyajian dilakukan dengan melakukan pameran yang bertajuk “ Transformasi Bentuk Manusia dalam Gambar Imajinatif” sebagai salah satu bentuk penyampaian informasi pada apresiator. Contoh Tahapan Pembuatan Karya 28 ( diambil dari karya 1 ) Sket manual Pewarnaan dengan pensil warna untuk mendetailkan Pewarnaan dasar dengan Cat air Finishing 29 BAB IV DESKRIPSI DAN ANALISIS KARYA 4.1 Karya I 4.1.1 Spesifikasi Karya Media : Cat air dan pensil warna Judul : Freddy Ukuran : 29 cm x 42 cm Tahun 4.1.2 : 2013 Deskripsi Karya Pada karya I berjudul “ Freddy “ di atas yang disajikan dalam bidang segi empat dengan ukuran 29 cm x 42 cm ini menampilkan figur 29 30 manusia imajinatif menghadap depan dengan serong ke kanan.

Pada bagian kepala berbentuk lonjong berwarna coklat kemerahan, mulutnya besar yang terdapat gigi-gigi runcing di atasnya ada empat garis kulit tepat di bawah hidung dan pada sisi kanan kirinya terdapat lekukan kulit sangat tajam.

Pada hidung ada dua lubang bagian bawah. Kemudian tampak dua mata kanan dan kiri, sebelah kiri disajikan secara utuh tetapi pada bagian kanan hanya tampak setengah, terdapat kerutan otot pada pembatas mata dan ada dua alis di sisi-sisinya, dua telinga yang menjulur ke atas, dan tampak rambut lebat sampai di bagian janggut tetapi di depan telinga ada yang dikucir, dari keseluruhan bagian kepala warna yang tersaji adalah coklat kemerahan.

Pada bagian tubuh tampak kekar membentuk punukan-punukan serta banyak sekali otot-otot pada leher, tangan sebelah kanan memakai dua gelang tangan berbahan besi yang berwarna merah dan menggenggam senjata berupa gading gajah dengan warna abu-abu kecokelatan, ada garis tangan yang membentuk struktur otot, kemudian pada tangan sebelah kiri juga memakai dua gelang tangan besi berwarna merah dengan posisi tangan menggenggam, dan garis-garis yang membentuk struktur otot pada tangan.

Kemudian di tangan kiri sebelah atas ada sebuah pelindung atau tameng dari bahan baja yang diikatkan di bagian tubuh yang berwarna cokelat pekat, adapun pelindung tersebut memiliki tiga paku baja menjulur ke atas dan punukan-punukan baja tumpul di bawahnya.

Kemudian kedua kaki terlihat menekuk dan lebih pendek daripada tangan memakai celana 31 jeans pendek yang disajikan dengan warna biru muda, tampak punukanpunukan pada kaki dan garis-garis membentuk struktur otot, terdapat kuku-kuku pada jari kaki yang panjang berwarna cokelat kehitaman.

Pada background tampak berwarna ungu dan aksen kuning kemudian alas berpijak dengan warna ungu kehitaman. 4.1.3 Analisis Karya Pada karya gambar yang berjudul “ Freddy “ terlihat kegarangannya terbalut otot-otot yang mengelilinginya, terdapat unsur rupa di dalamnya, salah satunya adalah unsur garis. Adapun yang mendominasi pada karya ini adalah garis lengkung, terlihat dari lekuklekuk bulatan pada tubuh, struktur otot, garis yang membentuk seluruh bagian tubuh dan aksesorinya.

Warna yang disajikan dalam karya ini adalah permainan warna panas cokelat kemerahan pada seluruh bagian tubuh yang dipadukan dengan efek pencahayaan, pada pewarnaan celana jeans menggunakan warna dingin biru, begitu juga dengan gelang pada tangan diberi aksen warna merah agar dapat menyatu dengan warna coklat kemerahan pada seluruh anggota tubuh.

Pada background menggunakan permainan warna dingin yaitu ungu dari tua ke muda dan diberi aksen-aksen warna kuning. Karya ilustrasi berjudul “ Feddy “ yang disusun dalam bidang berukuran 29 cm x 42 cm menggunakan media cat air dan pensil warna di atas kertas dengan posisi vertikal. Keseimbangan yang terdapat pada karya ini adalah keseimbangan asimetris, hal tersebut ditunjukkan pada letak 32 subjek manusia imajinatif yang menghadap depan dengan serong ke kanan dan berada agak pinggir pada bidang gambar, jika ditarik garis tengah pada bidang gambar maka akan terlihat lebih banyak sebelah.

Dalam karya I ini terlihat subjek figur manusia yang telah ditransformasikan menjadi bentuk imajinatif sesuai apa yang diinginkan penulis, yakni berwujud monster dengan tangan lebih panjang dari perspektif tubuh secara keseluruhan, hal ini diartikan sifat manusia yang selalu berkelakuan negatif, seperti mencuri dan enteng tangan. Bentuk muka yang menyeramkan, tatapan matanya tajam dengan gigi runcing diartikan untuk melakukan segala sesuatu haruslah dengan kelicikan, lalu bentuk kaki yang pendek menandakan langkah-langkahnya gesit dan lincah.

Pada bagian pundak sebelah kiri terdapat tameng berbahan baja dan ada paku-paku runcing, hal ini diartikan selalu melempar kesalahan kepada orang lain untuk melindungi diri sendiri.

Gelang-gelang dari bahan besi berwarna merah diartikan selalu berbuat kekerasan. Kemudian terdapat senjata berupa gading gajah berwarna abu-abu kecokelatan ini diartikan selalu menggunakan akal licik untuk meraih sesuatu.

Pada celana jeans yang terlihat sobek-sobek dipakainya diartikan selalu tergesa-gesa. Pada keseluruhan karya ini terdapat struktur otot dan punukan otot yang terlihat kekar, hal ini diartikan dalam mengerjakan kejahatan harus terstruktur dan terencana. Dalam pewarnaan karya ini berdominan cokelat kemerahan diartikan semangat untuk berbuat kenegatifan yang membara.

Adapun kesimpulan makna dari keseluruhan analisis pada karya ini adalah 33 sesorang bersifat negatif yang kebiasaannya adalah mencuri atau bisa juga seorang koruptor. 4.2 Karya II 4.2.1 Spesifikasi Karya Media : Cat air dan pensil warna Judul : Affazi Ukuran : 29 cm x 42 cm Tahun 4.2.2 : 2013 Deskripsi Karya Pada karya II yang berjudul “ Affazi ” disajikan dalam bidang segi empat dengan ukuran 29 cm x 42 cm ini menampilkan figur manusia imajinatif menghadap depan serong ke kiri.

Pada bagian kepala berwarna coklat muda berbentuk oval dengan dibaluti otot-otot merah diwajahnya 34 dan rambut yang tampak jabrik tak teratur dengan warna hitam. Terlihat pada tubuh dan hampir secara keseluruhan bagian hanya daging berwarna merah yang telah terkelupas dari kulitnya, sumber ide gambar imajinatif berasal dari berwarna abu-abu tua kemerahan yang tersusun sedemikian rupa dibagian punggung berbentuk runcing, begitu juga di pingigir perut dan di tengahnya ada mulut yang menganga ditambah tampak gigi-gigi tajam.

Dibagian tangan kanan tampak lebih besar dari semua bagian tubuh yang ada, semua terbalut daging yang telah terkelupas namun di jari-jemarinya masih utuh kulit yang berwarna coklat muda komplit dengan ototnya, tetapi tangan dibagian kiri tampak utuh tak terkelupas kulitnya tampak berotot serta memakai gelang tangan sumber ide gambar imajinatif berasal dari besi berwarna emas, dan pada ujung pergelangan tangan ada bagian tulang yang menjulur panjang dan runcing yang disajikan dengan warna abu-abu tua kemerahan.

Kemudian terlihat pada kaki memakai celana berwarna hitam kemerahan yang terpotong dibagian lutut dan disitu tampak berotot hingga celananya terasa ketat.

Pada kaki kanan sama seperti tangan kanan, yaitu terkelupas dari kulit yang tampak hanya daging dan tulang, akan tetapi dibagian bawah kaki masih utuh komplit otot dan kulitnya yang masih menempel. Adapun kaki bagian kiri tidak terkelupas, kulit dan otot masih menempel pada kerangkanya. Warna yang disajikan pada background adalah hijau dipadu kuning dan alas bepijak berwarn hitam kecoklatan. 35 4.2.3 Analisis Karya Pada karya gambar yang berjudul “ Affazi ” hampir secara keseluruhan daging pada seluruh anggota badan yang terkelupas dari kulitnya dan tampak kerangka-kerangka yang kuat juga kokoh.

Adapun karya ke II ini terdapat unsur rupa di dalamnya, yaitu unsur garis. Pada unsur garis yang mendasari di sini adalah garis lengkung, tampak goresan pensil warna yang membentuk lekukan tubuh, lekuk tulang, daging, struktur otot, dan gari-garis lainnya yang membentuk seluruh anggota badan. Warna yang disajikan dalam karya ini hampir secara keseluruhan menggunakan warna panas yaitu merah, selain itu juga pada celana hitam sumber ide gambar imajinatif berasal dari, pada rambut warna hitam, kulit warna coklat kekuningan, gelang tangan warna emas, dan pada tulang berwarna abu-abu tua kemerahan.

Kemudian pada tempat berpijak tampak warna hitam kecoklatan, dan background menggunakan warna dingin hijau dipadu kuning Karya yang berjudul “ Affazi ” ini disajikan pada kertas gambar menggunakan media cat air dan pensil warna dengan posisi vertikal, dan keseimbangan yang ada pada karya ini adalah asimetris, ditunjukkan pada subjek gambar yang jika ditarik garis tengah pada bidang gambar akan terlihat lebih banyak sebelah.

Dalam karya gambar ini penulis ingin menampilkan sosok manusia imajinatif seperti apa yang telah divisualkan. Adapun pada karya ini 36 pastilah memiliki makna tersendiri khususnya lebih menjerumus ke sifat manusia, ditampilkan hampir pada keseluruhan berwarna merah, hal tersebut diartikan keangkara murkaan yang mendominasi sifat manusia.

Pada bagian kepala yang terlihat ekspresi wajah merauk diartikan tidak sabaran. Tampak daging-daging yang terkelupas dari kulitnya dan ada mulut bergigi runcing yang sedang menganga diartikan sebagai sifat rakus pada segala hal apapun, seperti rakus terhadap makanan, harta, jabatan, dan lain sebagainya. Kemudian tulang-tulang yang keluar dan runcing menjulur, hal ini diartikan menusuk teman atau siapapun dari belakang. Kemudian terlihat tangan kiri dan kaki sebelah kiri yang masih utuh namun pada tangan memakai gelang dari besi berwarna emas ini diartikan selalu menjunjung tinggi kemewahan.

Pada celana yang dipakai berwarna hitam kemerahan diartikan sebagai tidak dengan mudah menerima kritikan-kitikan positif. Dari analisis di sumber ide gambar imajinatif berasal dari secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa karya ini bermakna seorang bersifat negatif yaitu rakus, dalam kerakusannya dia tidak pandang bulu, apakah yang di sampingnya itu teman atau saudara sekalipun apabila menghalangi keinginannya maka akan segera disingkirkan, manusia yang bersifat semacam ini selalu berfikiran negatif, dia tidak bisa menerima kritikankritikan positif, maka yang sering dilakukan adalah hal-hal yang buruk.

37 4.3 Karya III 4.3.1 Spesifikasi Karya Media : Cat air dan pensil warna Judul : Crocky kuran : 29 cm x 42 cm Tahun 4.3.2 : 2013 Deskripsi Karya Pada karya III yang berjudul “ Crocky ” disajikan dalam bidang segi empat dengan ukuran 29 cm x 42 cm ini menampilkan figur manusia imajinatif sedang duduk diantara dua kaki menghadap depan dan kepala 38 menoleh ke kiri.

Pada keseluruhan subjek karya ini menggunakan pewarnaan monokromatik yaitu warna cokelat kemerahan dan permainan gelap terang sehingga tampak kesan tiga dimensinya. Sumber ide gambar imajinatif berasal dari subjek gambar terlihat dibagian hidung sumber ide gambar imajinatif berasal dari telalai-telalai panjang sperti hidung gajah sebanyak sembilan telalai, dua mata yang tampak tajam, lalu pada otak tampak besar dan memanjang juga ada kerutan-kerutan yang berotot.

Pada bagian badan tampak kekar struktur otot membentuk perongkolan badan, tangan sebelah kanan terlihat banyak sekali otot-otot yang keluar dan ada gelang tangan terbuat dari besi berwarna merah, sedang tangan sebelah kiri juga tampak struktur otot yang keluar tetapi tidak memakai gelang.

Terlihat pada punggung ada dua sayap kanan dan kiri, sayap sebelah kanan menjulur ke atas dan ada kaki-kaki sayap yang memberi kesan kokoh tampak di situ ada bagian yang bolong, kemudian sayap sebelah kiri terlihat melengkung ke belakang dan tampak kaki-kaki sayap member kesan kokoh.

Dibagian bawah perut tampak ada kain berwarna merah yang menutupi alat vital. Kaki pada subjek gambar terlihat menekuk, yang sebelah kanan tampak semua dan dijari-jari menekuk untuk menahan berat, sedangkan kaki sebelah kiri terlihat menekuk tampak bagian depan saja dan pucuk jari kaki pada belakang kaki. Adapun background disajikan dengan permainan warna ungu dan alas berpijak berwarna hitam kemerahan.

39 4.3.2 Analisis Karya Pada karya yang berjudul “ Crocky ” disajikan dalam bidang segi empat dengan ukuran 29 cm x 42 cm ini menampilkan figur manusia imajinatif menghadap depan dengan kepala melihat arah kiri. Adapun karya ke III ini terdapat unsur rupa di dalamnya, yaitu unsur garis.

Pada unsur garis yang mendasari disini adalah garis lengkung, tampak goresan pensil warna yang membentuk lekukan tubuh, struktur otot, lekukan garis yang membentuk telalai-telalai, dan gari-garis lainnya yang membentuk seluruh anggota badan.

Warna yang disajikan pada karya gambar ini adalah warna panas secara keseluruhan, terlihat diseluruh bagian-bagian tubuh permainan warna coklat kemerahan, kemudian gelang tangan terbuat dari besi berwarna merah, dan kain yang menutupi bagian vital juga berwarna merah. Adapun pada background menggunakan permainan warna ungu dengan aksen-aksen warna merah, lalu pada tempat berpijak terdapat warna hitam kemerahan. Karya yang berjudul “ Crocky ” ini disajikan pada kertas gambar menggunakan media cat air dan pensil warna dengan posisi vertikal, dan keseimbangan yang ada pada karya ini adalah asimetris, di tunjukkan pada subjek manusia imajinatif jika ditarik garis tengah pada bidang gambar maka akan terlihat lebih banyak sebelah.

Dalam karya III ini tampak subjek figur manusia yang telah ditransformasikan menjadi bentuk imajinatif sesuai apa yang penulis 40 imajinasikan. Subjek dalam karya ini berwujud manusia yang hidungnya panjang seperti telalai gajah namun tampak ada banyak telalai disitu, hal ini diartikan sifat manusia tidak mempunyai pendirian teguh dan suka berhianat. Kemudian tampak ada dua sayap di punggung sebelah kanan kiri yang terlihat kokoh karena ada kaki-kaki sayap tampak besar, ini diartikan sikapnya yang dingin pada semua orang dan acuh tak acuh.

Seluruh anggota badan yang tampak berotot juga punukan-punukan pada tubuh diartikan sebagai kekerasan yang selalu dikerjakan. Tampak ada gelang tangan besi yang berwrna merah diartikan suka memakai barangbarang yang bukan haknya.

Kemudian ada helaian kain berwarna merah sebagai penutup alat kelamin yang diartikan selalu mengumbar nafsu. Pada keseluruhan bagian tubuh berwarna cokelat kemerahan dapat diatikan semangat untuk hal kenegatifan yang membara. Adapun kesimpulan analisis pada karya ini adalah seseorang yang bersifat negatif berdominan sebagai penghianat.

4.4 Karya IV 41 4.4.1 Spesifikasi Karya Media : Cat air dan pensil warna Judul : Zork Ukuran : 29 cm x 42 cm Tahun 4.4.2 : 2013 Deskripsi Karya Pada karya yang berjudul “ Zork ” disajikan dalam bidang segi empat dengan ukuran 29 cm x 42 cm ini menampilkan figur manusia imajinatif menghadap depan serong ke kiri.

Dibagian kepala tampak ada dua tanduk berwarna cokelat kemerahan yang menjulur ke atas, mulutnya sebelah kanan sobek dan tampak terjahit, telinganya sedikit panjang, mata dengan pandangan tajam, dan semua bagian kepala berwarna merah. Kemudian dibagian tubuh ada seperti pakaian yang menutupi tubuh, akan tetapi sebenarnya asli bentuk tubuhnya seperti itu keras seperti baja, terlihat disitu adalah kotak-kotak pada bagian perut dan di atasnya membentuk garis payudara laki-laki yang kekar.

Tangan sebelah kanan terlihat menggenggam kencang dengan terbalut otot-otot kekar dan tampak memakai gelang baja berwarna kuning emas. Sedangkan tangan sebelah kiri terlihat merauk, tampak kuku-kuku yang panjang dan keseluruhan tangan terbalut otot-otot kekar, gelang tangan besi berwarna kuning emas tepat di pergelangan tangan. Adapun pada keseluruhan badan dan tangan disajikan dengan warna merah. Terlihat pada bagian pinggang ada sabuk atau gesper berwarna biru dan tepat di bawahnya menempel kain yang berwarna kuning sumber ide gambar imajinatif berasal dari 42 melingkar ke belakang, kemudian ada pelindung terbuat dari besi tepat di bawah gesper dengan kombinasi warna merah, biru dan kuning emas.

Pada kaki disajikan seperti kaki srigala yang memakai celana sampai lutut yang brwarna merah kehitaman, tampak kedua kaki bagian bawah terlihat bulubulu berwarna jingga kemerahan, kemudian terlihat disitu memakai asesoris dari baja berwarna abu-abu dan kuning emas sebagai sepatu, dan tampak jari-jari yang kokoh dengan ditambah kuku panjang berwarna hitam kecoklatan. Pinggang dibagian belakang ada ekor panjang berwarna jingga kemerahan meliuk-liuk menuju atas. Pada background tampak berwarna biru diberi aksen kuning hijau dan alas berpijak dengan warna hitam kecoklatan.

4.4.3 Analisis Karya Pada karya gambar berjudul “ Zork ” tampak kegarangan dan kekejamannya yang hampir secara keseluruhan dibaluti warna merah, terdapat unsur rupa dalam karya ini yaitu unsur garis, yang disajikan adalah gari-garis lengkung membentuk keseluruhan bagian tubuh, seperti lekuk tangan, lengkung pada ekor, pada kaki, dan sebaginya.

Warna yang disajikan dalam karya gambar ini adalah permainan warna panas yaitu merah pada kepala, badan, tangan, dan jari-jari kaki yang dipadukan dengan efek pencahayaan menjadikan tampak tiga dimensinya. Pada bagian pinggang ke bawah menggunakan kombinasi warna merah kehitman pada celana yang dipakai, warna jingga terdapat pada bulu-bulu kaki, sumber ide gambar imajinatif berasal dari abu-abu dan kuning emas pada sepatu, 43 kemudian dibagian bawah gesper dengan warna kuning emas dan merah, pada gesper warna dingin biru.

Adapun background menggunakan permainan warna dingin biru kemudian dipadu hujau dan kuning, pada alas berpijak berwarna panas hitam kecoklatan dengan dipadu aksen warna merah.

Karya gambar berjudul “ Zork “ yang disusun dalam bidang berukuran 29 cm x 42 cm menggunakan media cat air dan pensil warna diatas kertas dengan posisi vertikal.

Keseimbangan yang terdapat pada karya ini adalah keseimbangan asimetris, hal tersebut ditunjukkan pada posisi subjek gambar sedikit minggir yang menghadap depan serong ke kiri, dan jika ditarik garis tengah pada bidang gambar tampak lebih sebelah, hal ini tetap terlihat seimbang.

Pada karya IV ini terlihat figur manusia yang telah ditransformasikan menjadi bentuk imajinatif sesuai apa yang penulis inginkan, yaitu berwujud monster. Dibagian kepala ada tanduk panjang menjulur ke atas diartikan sifat manusia yang sukanya keras kepala, mulutnya sobek tampak jahitan di mulut sebelah kanan diartikan jika berbicara seenaknya sendiri. Tampak pada bagian badan yang keras bagaikan baja membentuk kotak-kotak diartrikan wataknya yang keras tidak mau tahu apakah ini benar atau salah tetap dijalani.

Pada bagian tangan kanan dan kiri tampak berotot, yang sebelah kanan menggenggam dan sebelah kiri sumber ide gambar imajinatif berasal dari juga tampak kukunya yang panjng, hal ini diartikan selalu bersikeras untuk mengambil hak orang lain. Kemudian ada 44 gelang terbuat dari besi berwarna kuning emas yang menempl pada kedua tangan diartikan selalu menjunjung tinggi kemewahan. Pada keseluruhan bagian yang berwarna merah ini dapat diartikan seorang yang cepat sekali marah. Pada bagian pinggang ke bawah ada gesper warna biru kemudian tampak kain warna kuning kecoklatan yang melingkar ke belakang diartikan menjerat kawan-kawannya untuk ikut melakukan hal negatif.

Adapun pelindung tepat di bawah gesper dengan warna kunig emas dan merah diartikan menutup-nitupi kesalahannya sendiri dengan menyalahkan orang lain. Kemudian terlihat kakinya seperti kaki srigala tampak ada bulu-bulu diartikan selalu gesit dan lincah dalam melakukan hal kenegatifan, kemudian ada asesories di kaki berwarna abu-abu dan kuning emas sebagai sepatunya, ini diartikan sama seprti gelang pada tangan yaitu selalu menjunjung tinggi kemewahan.

Tampak ada ekor dibagian belakang berwarna jingga yang meliuk-liuk ke atas diartikan selalu menyembunyikan perbuatan negatifnya.

Dari analisis pada karya ini dapat disimpulkan seseorang yang bersifat negatif berwatak keras kepala dan pemarah, dia juga tidak mau tahu apakah hal itu benar atau salah yang penting semua dilabraknya. 45 4.4 Karya V 4.5.1 Spesifikasi Karya Media : Cat air dan pensil warna Judul : Tiger Ukuran : 29 cm x 42 cm Tahun 4.5.2 : 2013 Deskripsi Karya Pada karya V berjudul “ Tiger ” yang disajikan dalam bidang segi empat dengan ukuran 29 cm x 42 cm ini menampilkan figur manusia imajinatif menghadap depan serong ke kanan dengan posisi jongkok, kaki kanan ditekuk ke belakang sedangkan yang kiri jongkok biasa, tangan kanan ke depan menyentuh alas dan yang sumber ide gambar imajinatif berasal dari di sandarkan di kaki sebelah 46 kiri.

sumber ide gambar imajinatif berasal dari

Pada subjek bagian kepala terlihat wajahnya menyerupai harimau dipadu dengan wajah manusia berwarna jingga dan putih, mulutnya menganga terlihat giginya yang runcing, sorotan matanya yang tajam, telinganya menyerupai telinga harimau, dan rambutnya masih utuh berupa rambut manusia berwarna hitam. Terlihat sumber ide gambar imajinatif berasal dari tubuh memakai baju berwarna hijau kekuningan yang tampak sobek di lengannya, kemudian tangan kanan ke depan menyentuh alas dari lengan sampai sikut terlihat ada bulu-bulu yang berwarna jingga di balut garis hitam dan dari sikut sampai jari-jari disajikan tampak tangan biasa dan tampak otot-otot yang keluar namun pada kukunya ada pendistorsian yaitu panjang-panjang dengan warna hitam kecokelatan, sedangkan tangan sebelah kiri disajikan sama dengan tangan kiri, yakni dari lengan sampai sikut berbulu sedang dari sikut sampai jari-jari berupa tangan biasa dan berotot dengan warna cokelat kekuningan.

Pada kaki memakai celana jeans berwarna biru muda yang telah terpotong dibagian atas lutut, kaki kanan terlihat berbulu dengan warna jingga tapi hanya sampai lutut saja, dan dari lutut ke bawah tampak seperti kaki manusia tetapi kukunya menyerupai kuku harimau, begitu juga kaki sebelah kiri disajikan secara berbulu hanya sampai lutut dan ada gari-garis hitam, pada lutut sampai bawah tampak seperti kaki manusia biasanya dengan warna cokelat kekuningan dan pada kukunya panjang-panjang berwarna hitam kecokelatan.

Pada background menggunakan warna ungu dan aksen kuning kemudian alas berpijak berwarna hitam kecoklatan. 47 4.5.3 Analisis Karya Pada karya yang berjudul “ Tiger “ yang berwujud menyerupai harimau tampak ada bulu-bulu dan siap menerkam.

Adapun karya gambar ini terdapat unsur rupa di dalamnya, yaitu unsur garis. Unsur garis yang tersaji adalah garis lengkung, terlihat lekukan pada semua bagian yang ada pada karya ini, seperti garis-garis yang membentuk kepala, mata, rambut, lekukan baju, garis tangan, dan lainnya itu semua terbuat dari unsur garis lengkung.

Warna yang disajikan dalam karya ini adalah warna panas seperti jingga dan hitam pada kepala juga hitam pada rambut, kemudian baju yang dipakai berwarna dingin hijau kekuningan. Pada bulu-bulu yang menempel di tangan dan kaki berwarna panas jingga ada juga garis-garis hitam, tangan dan kaki yang tidak berbulu berwarna coklat kekuningan. Pada background terdapat permainan warna dingin ungu ditambah aksen warna panas kuning dan pada alas berpijak menggunakan warna hitam kecoklatan.

Karya gambar berjudul “ Tiger “ yang disusun dalam bidang berukuran 29 cm x 42 cm menggunakan media cat air dan pensil warna diatas kertas dengan posisi vertikal. Keseimbangan yang terdapat pada karya ini adalah keseimbangan simetris, hal tersebut ditunjukkan pada subjek gambar jika ditarik garis tengah pada bidang gambar akan terasa sama tidak lebih sebelah.

48 Dalam karya ke V ini terlihat subjek figur manusia yang telah ditransformasikan menjadi bentuk menyerupai harimau, hal ini diartikan sebagai sifat manusia yang pemarah dan suka berkelahi.

Dari kepala pada mulut yang sedang menganga terlihat giginya runcing diartikan suka marah-marah, pada mata yang pandangannya tajam diartikan seorang yang sinis, dan rambut hitam yang terlihat awut-awutan adalah sifat yang tidak rajin. Pada baju berwarna hijau kekuningan yang tampak sobek dibagian lengan diartikan pemalas dan tidak disiplin.

Kedua tangan yang terlihat bringas pada lengan sampai sikut tampak bulu dan dari sikut ke bawah seperti tangan manusia pada umumnya, kemudian kuku yang panjangpanjang diartikan selalu enteng tangan dan jahil. Tampak bagian kaki memakai celana jeans biru adalah dia yang suka pamer akan kelebihannya. Kedua kaki yang sama dengan tangan yakni berbulu hanya sampai di lutut dan kebawahnya seperti kaki manusia pada umumnya diartikan perbuatannya yang arogan semaunya sendiri.

Kesimpulan dari analisis pada karya ini adalah seseorang yang bersifat ngatif yaitu pemarah dan suka berkelahi. 4.6 Karya VI 49 4.6.1 Spesifikasi Karya Media : Cat air dan pensil warna Judul : Lury Ukuran : 29 cm x 42 cm Tahun 4.6.2 : 2013 Deskripsi Karya Pada karya VI berjudul “ Lury “ disajikan dalam bidang segi empat dengan ukuran 29 cm x 42 cm ini menampilkan figur manusia imajinatif sedang berenang di dalam air menghadap depan dengan serong ke kanan dan tubuh menekuk tampak kepala sedang menoleh.

Dibagian kepala tampak mulut sedang menganga dan pada mata terlihat sayup-sayup, kepala bagian belakang ada sungut-sungut panjang menjulur ke segala arah sebanyak tujuh sungut. Pada badan terlihat menekuk dan tampak sispek karena terdapat punukan-punukan di perut, ada garis slempang berwarna jingga bagian kanan dan kiri leher. Tangan sebelah kanan menghadap ke bawah tampak otot-otot yang keluar, sedangkan tangan kiri terlihat menekuk ke belakang dan jarinya mencengkram.

Adapun secara keseluruhan pada karya ini disajikan dengan permainan warna ungu kecuali garis slempang berwarna jingga. Pada kaki subjek tidak seperti kaki manusia pada umumnya, melainkan menyerupai kaki-kaki gurita. Tampak ada sembilan kaki yang ditampilkan dan panjang-panjang, terlihat mlikak-likuk tak terarah tetapi secara berirama. Ada garis-garis skat dikeseluruhan kaki dan dibagian bawah ada lubang-lubang dari atas sampai pucuk bawah.

Adapun semua 50 kaki-kaki juga disajikan dengan permainan warna ungu. Pada background tampak menggunakan permainan warna biru yang member kesan di dalam air. 4.6.3 Analisis Karya Pada karya gambar yang berjudul “ Lury “ terlihat kelincahannya berenang di dalam air, sehingga dapat meliak-liuk kesana-kemari. Adapun dalam karya ilustrasi ini tedapat unsur rupa, yaitu unsur garis. Garis yang mendominasi pada karya ini adalah garis lengkung, terlihat lengkungan pada sungut-sungut di kepala, kemudian pada tubuh, pada kaki-kaki yang menyerupai kaki gurita, dan lain sebagainya.

Warna yang disajikan dalam karya ini adalah warna-warna dingin yaitu ungu pada keseluruhan anggota tubuh dengan permainan pencahayaan gelap terang, sehingga tampak tiga dimensinya. Ada garis slempang berwarna panas jingga di samping kanan dan kiri leher. Pada latar belakang berupa warna dingin yang berwarna biru tua dipadu dengan biru muda. Karya gambar berjudul “ Lury “ yang disusun dalam bidang berukuran 29 cm x 42 cm menggunakan media cat air dan pensil warna diatas kertas dengan posisi vertikal.

Keseimbangan yang terdapat pada karya ini adalah keseimbangan simetris, hal tersebut ditunjukkan pada subjek manusia jika ditarik garis tengah pada bidang gambar akan tampak sama. 51 Dalam karya VI ini terlihat subjek figur manusia yang telah ditransformasikan menjadi bentuk imajinatif sesuai apa yang diinginkan penulis, yakni berwujud menyerupai gurita yang hidup di dalam air. Pada bagian kepala ada sungut-sungut panjang diartikan sebagai sifat manusia suka melebih-lebihkan dalam bercerita, pada badan yang tampak punukanpunukan diartikan suka mengada-ada, dan garis slempang yang berwarna jingga dapat diartikan tidak berpendirian.

Pada kedua tangan yaitu sebelah kanan menghadap ke bawah serta dibaluti otot yang keluar dan tangan sebelah kiri tampak mencengkram terlihat menekuk ke belakang, hal ini diartikan suka menjahili orang lain seperti mencolek, mencubit, dan menampar. Pada bagian kaki disajikan menyerupai kaki-kaki gurita yang menjalar kesana-kemari diartikan kelincahan dan kegesitan dalam melakukan hal-hal negatif, jika ketahuan salah segera dia cepat melarikan diri.

Dalam analisis karya gambar ini dapat disimpulkan bahwa makna dari semua ini adalah seorang yang suka jahil kepada sesama dan jika ketahuan bersalah maka dia segera melarikan diri.

4.7 Karya VII 52 4.7.1 Spesifikasi Karya Media : Cat air dan pensil warna Judul : Presan Jane Ukuran : 29 cm x 42 cm Tahun 4.7.2 : 2013 Deskripsi Karya Pada karya VII berjudul “ Presan Jane “ yang disajikan dalam bidang segi empat dengan ukuran 29 cm x 42 cm menampilkan figur manusia imajinatif menghadap depan dengan posisi serong ke kiri.

Subjek gambar mempunyai dua kepala, kepala sebelah kanan mempunyai tanduk berwarna coklat di dahi, rambut yang dikucir, dan tampak sumber ide gambar imajinatif berasal dari mata terlihat sinis, sedang kepala bagian kiri juga memiliki tanduk di jidat tetapi hanya ada satu mata saja, kemudian tidak mempunyai rambut seperti kepala sebelah kanan.

Bagian badan tampak ada dua payudara yang di bawahnya terlihat ada garis otot lurus ke bawah menempel di perut besarnya, di pundak sebelah kiri ada pelindung dari baja berwarna silver tepat di bawahnya tampak kain berwarna merah sebagai asesoris pelengkapnya, pelindung baja itu diikatkan dibagian tubuhnya dan pengikat itu berwarna cokelat kemerahan.

Pada tangan kanan memegang senjata berupa bodem dari baja yang pegangannya berwarna emas dan bodemnya warna cokelat keemasan tampak ada paku-paku runcing melingkarinya. Tangan bagian kiri tampak mengepal, dan kepalan tangannya itu lebih besar dari perspektif tangan biasa, warna yang disajikan pada tangan kiri ini adalah abu-abu dan tampak otot-otot yang keluar terlihat kekar.

Adapun hampir secara keseluruhan dibagian tubuh 53 disajikan dengan warna merah terkecuali tangan kiri subjek yang berwarna abu-abu. Pada pinggang memakai kain berwarna cokelat muda yang dikasih gesper untuk mengikatnya. Kedua kaki tampak kekar terlihat otot-otot yang keluar dan membentuk punukan-punukan, kemudian memakai sepatu dari baja yang berwarna cokelat keemasan yang bentuknya seperti sandal, karena di pucuknya terikat diantara jempol dan jari-jari.

Pada background berwarna hijau dan kuning kemudian alas berpijak berwarna cokelat kehitaman. 4.7.3 Analisis Karya pada karya gambar yang berjudul “ Presan Jane “ tampak menyeramkan karena memiliki dua kepala yang tidak seperti umumnya, terdapat unsur rupa dalam karya ini, yaitu unsur garis.

Unsur garis yang mendominasi pada karya ini adalah garis lengkung, terlihat hampir secara keseluruhan bagiam tercipta dengan garis-garis lengkung, seperti lengkung pada perut, tangan, struktur otot, dan lain sebagainya.

Warna yang disjikan pada karya ni adalah permainan warna panas yaitu merah pada subjek bagian-bagian tubuh terkecuali tangan kiri yang berwarna abu-abu. Kemudian pada senjata berupa bodem dari baja menggunakan warna emas pada pegangannya dan bodemnya sendiri berwarna coklat keemasan, pelindung dibagian pundak berwarna silver dan tepat dibawahnya ada kain sebagai aksesori berwarna merah.

Kain yang ada di pinggang untuk menutupi kelamin berwarna coklat muda, 54 kemudian pada sepatu dengan warna coklat keemasan.

Warna yang disajikan pada background adalah warna dingin hijau dan kuning, tempat alas berpijak dengarn warna coklat kehitaman Karya gambar berjudul “ Presan Jane “ yang disusun dalam bidang berukuran 29 cm x 42 cm menggunakan media cat air dan pensil warna diatas kertas dengan posisi vertikal. Keseimbangan yang terdapat pada karya ini adalah keseimbangan asimetris, hal tersebut ditunjukkan pada bidang gambar jika ditarik garis tengah maka akan terlihat sumber ide gambar imajinatif berasal dari banyak sebelah.

sumber ide gambar imajinatif berasal dari

Dalam karya VII ini terlihat subjek figur manusia yang telah ditransformasikan menjadi bentuk imajinatif sesuai apa yang penulis inginkan, yakni manusia berkepala dua dan keduanya memiliki tanduk yang diartikan sebagai sifat suka menjilat atau mengadu domba antara satu dan lainnya, kepala bagian kiri hanya memiliki satu mata saja diartikan selalu ingin tahu urusan orang lain.

Tangan sebelah kanan dengan dibaluti otot yang keluar memegang senjata berupa bondem besar dengan warna emas pada pegangannya dan warna cokelat keemasan pada bondemnya, hal ini diartikan selalu menjatuhkan atu memfitnah orang yang dianggapnya mengganggu, sedanglkan tangan kiri tampak berwarna abuabu diartikan sifatnya yang dingin pada sumber ide gambar imajinatif berasal dari orang. Pada bagian badan terlihat perutnya yang gendut dan tampak ada garis-garis otot menyertainya diartikan sukanya minum-minuman beralkohol, kemudian ada pelindung dari baja di bagian pundak berwarna silver diartikan 55 kemauan yang kuat.

Adapun warna merah pada keseluruhan anggota tubuh diantaranya kepala, tangan, sumber ide gambar imajinatif berasal dari, dan kaki dapat diartikan menyukai halhal kemaksiatan. Kain yang ada di pinggang berwarna cokelat muda ini diartikan selalu menutup-nutupi kesalannya sendiri, kemudian pada sepatu yang dipakainya berwarna cokelat keemasan diartikan selalu bermewahmewahan.

Dari analisis pada karya ini dapat disimpukan seorang yang memiliki sifat suka mengadu domba dan memfitnah orang. 4.8 Karya VIII 4.8.1 Spesifikiasi Karya Media : Cat air dan pensil warna Judul : Robo Boss Ukuran : 29 cm x 42 cm Tahun : 2013 56 4.8.2 Deskripsi Karya Pada karya VIII berjudul “ Robo Boss “ disajikan dalam bidang segi empat dengan ukuran 29 cm x 42 cm menampilkan manusia imajinatif berwujud manusia setengah robot dengan posisi sedang jongkok menghadap serong ke kiri, kaki kanan menekuk ke atas dan kaki kiri menekuk ke bawh.

Pada kepala menoleh ke depan dengan disertai atribut baja di sisi wajah bagian kanan yang berwarna silver dan di tengah dahi terdapat bulatan berwarna biru, di kepala terdapat pelindung dari baja berwarna biru dan tepat di tengah kepala berwarna hijau. Pada badan hampir secara keseluruhan tertutup oleh baja sebelah belakang berwarna biru dengan terliht mesin di dalamnya, sedang di depan membentuk postur badan yang berwarna silver, belakang punggung terdapat senapan mesin menjulur ke atas yang berwarna kuning, hijau dan biru.

Pada tangan kanan bertumpu di atas kaki terlihat di situ ada pelindung di lengan atas berwarna hijau dan pelindung warna hijau di sikutnya, kemudian jari-jarinya berupa baja. Tangan sebelah kanan secara keseluruhan berbentuk baja robot berwarna biru dan tampak ada bulatan berwarna merah, terlihat ada senapan laser juga berwarna kuning keemasan, jarinya dari baja dengan warna silver, namun tangan yang tampak hanya separonya saja.

Pada kaki memakai celana kolor berwarna hijau, kaki sebelah kanan menekuk ke atas pada tengah lutut terdapat pelindung berwarna hijau, kemudian dari lutut ke bawah tampak memakai sepatu dari baja robot berwarna biru, kemudian kaki sebelah kiri menekuk ke bawah dan 57 ada pelindung berwarna hijau di tengah lutut, kemudian lutut ke bawah juga memakai sepatu yang bewarna biru. Pada background terlihat dengan warna ungu dan alas berpijak berwarna ungu kehitaman.

4.8.3 Analisis Karya Pada karya gambar yang berjudul “ Robo Boss “ terlihat manusia setengah robot yang diberi atribut senapan mesin di punggungnya, terdapat unsur rupa di dalam karya ini berupa unsur garis. Garis yang ditampilkan adalah garis-garis lengkung, terlihat pada keseluruhan subjek gambar tercipta dari garis lengkung, seperti pada celana kolor berwarna hijau, lekukan tangan, pada kepala, dan lain-lainnya.

Warna yang disajikan dalam karya ini adalah coklat muda pada kulit, kemudia warna dingin biru dan hijau pada pelindung kepala. Badan subjek yang hampir secara keseluruhan tertutup baja robot dengan warna dingin ,di bagian belakang berwarna biru dan sumber ide gambar imajinatif berasal dari dengan warna silver.

Di punggung bagian belakang ada senapan mesin berwarna kuning, biru, dan hijau. Tangan kanan disajikan seperti biasa dengan warna coklat muda dan penambahan pelindung pada lengan kemudia sikut yang berwarna hijau, tangan sebelah kiri semuanya tertutup baja robot berwarna biru dan atribut senapan laser warna kuning emas serta bulatan dengan warna panas merah.

Celana kolor yang dipakainya berwarna dingin hijau, kemudian pada kedua kaki memakai sepatu baja bewarna biru dan plindung pada tiap lutut berwana hijau. Kemudian pada background menggunakan permainan warna dingin ungu, dan pada alas berpijak warna ungu kehitaman. 58 Karya gambar berjudul “ Robo Boss “ yang disusun dalam bidang berukuran 29 cm x 42 cm menggunakan media cat air dan pensil warna diatas kertas dengan posisi vertikal. Keseimbangan yang terdapat pda karya ini adalah keseimbangan asimetris, hal tersebut ditunjukkan pada subjek manusia imajinatif jika ditarik garis tengah pada bidang gambar akan terasa lebih banyak sebelah.

Dalam karya VIII ini disajikan subjek manusia yang telah ditransformasikan menjadi bentuk imajinatif berwujud manusia setengah robot, hal ini dapat diartikan sifat manusia yang kaku. Kepala subjek tampak separonya berbentuk baja dan separonya lagi adalah wajah manusia diartikan selau bimbang dalam memilih. Badan yang lebih dominan bja robot terlihat mesin-mesin di dalamnya, berwarna biru dibagian belakang dan silver pada bagian depan diartikan sifatnya yang kolot maunya menang sendiri.

Ada senjata berupa senapan mesin di punggun diartikan selalu merintah tetapi dianya sendiri tidak mau diperintah. Tangan sebelah kiri secara keseluruhan tertutup baja robot dan ada senapan laser diartikan selalu tergesa-gesa dalam melakukan sesuatu, kemudian pelindung berwarna hijau yang terdapat di tangan dan sumber ide gambar imajinatif berasal dari dapat diartikan selalu menutupi kesalannya sendiri.

Celana kolor berwarna hijau yang dipakainya diartikan selalu malas, kemudian pada kedua kaki terlihat memakai sepatu baja robot berwarna biru diartikan setiap perbuatannya harus menghasilkan sesuatu yang menguntungkannya. Dari analisis pada karya ini dapat ditarik kesimpulan seorang yang memiliki 59 sifat egois dan maunya menang sendiri, tidak mau diprintah tetapi selalu merintah.

4.9 Karya IX 4.9.1 Spesifikasi Karya Media : Cat air dan pensil warna Judul : Cross Ukuran : 29 cm x 42 cm Tahun : 2013 4.9.2 Deskripsi Karya 60 Pada karya IX berjudul “ Cross “ disajikan dalam bidang segi empat dengan ukuran 29 cm x 42 cm menampilkan manusia imajinatif setengah berdiri menghadap depan dengan posisi serong ke kanan, pada subjek terdapat dua badan atau dampit yang satu berada di depan dan yang satunya di belakang, keduanya memiliki kepala dan tangan yang utuh.

Bagian badan pertama tampak kepala terdapat dua tanduk berwarna coklat kehitaman kemudian mulutnya menganga, kedua tangannya tampak mengepal, tangan sebelah kiri tampak ada pedang yang muncul dari kulit, pada keseluruhan nampak otot-otot yang keluar sehingga subjek terlihat kekar dan sangar. Badan kedua yakni di bagian belakang kepalanya menoleh arah depan sambil meringis dan tampak ada tiga tanduk berwarna cokelat kehitaman di kepalanya, tangan kanan menekuk sambil mengepal dan ada sebilah pedang yang keluar dari kulit tangan, tangan kiri tampak lurus dan mengepal, kemudian secara keseluruhan terlihat otot-otot yang keluar.

Adapun pada subjek badan tadi lebih dominan menggunakan permainan warna biru. Pada bagian kaki memakai celana panjang berwarna krem, terlihat lekukan-lekukan pada celana karena kakinya menekuk seperti gaya kudakuda, kemudian tampak pada kaki memakai sepatu berwarna hitam. Background yang tampak di sini menggunakan permainan warna merah dan aksen kuning, lalu pada alas berpijak berwarna hitam kecoklatan.

61 4.9.3 Analisis Karya pada karya gambar yang berjudul “ Cross “ menampilkan sosok manusia imajinatif yang memiliki dua bagian badan terdapat unsur rupa, yaitu unsur garis. Adapun garis yang mendominasi adalah garis lengkung, terlihat pada karya ini keseluruhan tercipta dengan garis-garis lengkung, seperti halnya pada struktur otot-otot yang keluar, lekukan pada celana, garis membentuk badan, dan lain sebagainya.

Warna yang disajikan pada karya IX ini menggunakan permainan warna dingin yaitu biru pada badan, kepala, dan tangan subjek, kemudian dipadukan dengan pencahayaan gelap terang sehingga tampak tiga dimensi pada karya ini. Celana panjang yang di pakai berwarna panas yaitu krem dan pada sepatu menggunakan warna hitam.

sumber ide gambar imajinatif berasal dari

Pada background tampak permainan warna panas merah dan aksen kuning, lalu alas berpijak menggunakan warna hitam kecoklatan. Karya gambar berjudul “ Cross “ yang disusun dalam bidang berukuran 29 cm x 42 cm menggunakan media cat air dan pensil warna diatas kertas dengan posisi vertikal. Keseimbangan yang terdapat pada karya ini adalah keseimbangan simetris, hal tersebut ditunjukkan pada subjek manusia imajinatif jika ditarik garis tengah pada bidang gambar akan tampak sama.

Dalam karya IX ini menampilkan sosok manusia yang ditransformasikan menjadi bentuk imajinatif seperti apa yang penulis inginkan, yaitu bentuk manusia berbadan dua, dan keduanya memiliki 62 kepala serta tangan yang disajikan dengan warna biru, hal ini diartikan sebagai sifat manusia yang mempunyai kepribadian ganda seperti halnya lelaki yang lebih cenderung menjiwai sifat kewanitaan.

Pada kedua kepala yang terlihat garang disertai ada tanduk dan tampak otot-otot yang keluar dibagian badan dan tangan diartikan jika dia merasa terhina dan marah dengan seseorang maka sifatnya yang lemah seperti wanita akan berubah menjadi agresif serta garang.

Kemudian tampak ada senjata berupa pedang yang keluar dari kulit tangan dapat diartikan dia akan membalas jika disakiti. Adapun analisis pada karya gambar ini dapat ditarik kesimpulan seseorang yang mempunyai kepribadian ganda, yaitu seorang laki-laki yang bersifat dan berkelakuan seperti halnya wanita.

4.10 Karya X 63 4.10.1 Spesifikasi Karya Media : Cat air dan pensil warna Judul : Don Eagle Ukuran : 29 cm x 42 cm Tahun : 2013 4.10.2 Deskripsi Karya Pada karya X berjudul “ Don Eagle “ disajikan dalam bidang segi empat dengan ukuran 29 cm x 42 cm menampilkan subjek figur manusia imajinatif menghadap depan posisi serong ke kiri dan kedua tangan tampak mengepal. Pada bagian kepala disajikan menyerupai wajah burung elang, mulutnya diganti dengan paruh burung, kemudian memakai mahkota berwarna emas dan rambutnya panjang terurai dengan menggunakan warna meah.

Kedua tangan tampak menekuk dan mengepal terlihat otot-otot yang kekar kemudian memakai pelindung tangan berwarna merah, pada tubuh terlihat sispek membentuk struktur otot badan, lalu dibagian belakang terdapat sepasang sayap yang tampak mengibas menyerupai sayap burung elang dan menutupi bagian kaki kanan.

Pada kaki disajikan menyerupai kaki burung elang dengan posisi menekuk, tapi sebenarnya itu adalah posisi berdiri subjek tersebut. Terlihat dia memakai celana berwarna merah yang ujung pembatasnya dilingkari emas, pada sabuk atau gesper yang dipakainya juga berwarna emas. Jarijari kaki ditampilkan menyerupai jari burung elang yang siap menerkam mangsanya dan memakai sepatu dengan warna cokelat kehitaman.

Pada 64 keseluruhan anggota tubuh subjek menggunakan permainan warna cokelat kemerahan, kemudian background ditampilkan dengan warna biru dan pada tempat berpijak berupa warna cokelat kehitaman. 4.10.3 Analisis Karya Pada karya gambar yang berjudul “ Don Eagle “ disajikan figur manusia imajinatif menyerupai karakter burung elang, mulutnya berupa paruh burung dan memiliki sepasang sayap. Dalam karya ini terdapat unsur rupa, yaitu unsur garis. Adapun garis yang mendominasi adalah garis lengkung, terlihat pada keseluruhan subjek tercipta dari lekukanlekukan garis lengkung, seperti pada rambut, struktur tubuh, sayap, dan lainnya.

Warna yang disajikan dalam karya ini adalah permainan warna panas yaitu coklat kemerahan pada seluruh anggota tubuh yang meliputi kepala, badan, tangan, sayap dan kaki.

Warna merah ditampilkan pada rambut, pelindung tangan, dan celana. Pada mahkota dan gesper menggunakan warna emas, kemudian background disajikan dengan permainan warna dingin biru dari tua ke biru muda dan pada alas berpijak berwarna coklat kehitaman.

Karya gambar berjudul “ Don Eagle “ yang disusun dalam bidang berukuran 29 cm x 42 cm menggunakan media cat air dan pensil warna diatas kertas dengan posisi vertikal. Keseimbangan yang terdapat pda karya ini adalah keseimbangan simetris, hal tersebut ditunjukkan pada 65 subjek manusia imajinatif jika ditarik garis tengah pada bidang gambar maka akan tampak sama. Dalm karya X ini terlihat subjek figur manusia yang telah ditransformasikan menjadi bentuk imajintif sesuai apa yang penulis inginkan, yaitu berwujud manusia yang menyerupai burung elang, hal ini dapat diartikan sebagai sifat licik manusia.

Pada bagian kepala terdapat paruh burung elang dan sorotan matanya yang tajam diartikan kemauan keras untuk mendapatkan keinginannya dengan menghalalkan cara apapun, mahkota yang dipakai dan gesper berwarna emas diartikan selalu tergila-gila akan kekuasaan. Badan dan kedua tangan yang tampak kekar dan otot-otot membentuk struktur badan sehingga terlihat kekar diartikan bersikeras tidak mau kalah dalam menghadapi masalah apapun. Kemudian tampak sepasang sayap yang terlihat kokoh diartikan menghilangkan jejak akan perbuatan buruknya sehingga tak diketahui oleh sumber ide gambar imajinatif berasal dari lain, warna sumber ide gambar imajinatif berasal dari pada helaian rambut dan celana yang dipakai diartikan selalu disertai akan amarah kenegatifan.

Kedua kaki yang terlihat kuat dan tampak kuku-kuku tajam di jarinya diartikan tidak pandang bulu untuk menerkam atau menyingkirkan hal-hal yang menghalanginya tanpa terkecuali temannya sendiri. Dari analisis pada karya ini dapat ditarik kesimpulan seorang yang mempunyai sifat licik disertai amarah negatif yang membabi buta. 66 4.11 Karya XI 4.11.1 Spesifikasi Karya Media : Cat air dan pensil warna Judul : Erlina Ukuran : 29 cm x 42 cm Tahun : 2013 4.11.2 Deskripsi Karya Pada karya XI berjudul “ Erlina “ disajikan dalam bidang segi empat dengan ukuran 29 cm x 42 cm ini menampilkan sosok figur manusia imajinatif seorang wanita dengan posisi tubuh tidur setengah tengkurap dan dari badan sampai kepala tampak bangun yang menghadap depan.

Pada kepala tampak pandangan matanya tajam dan terlihat bibir yang eksotis lalu kedua telinganya panjang, rambut subjek yang disajikan berwarna merah dan nampak terurai sumber ide gambar imajinatif berasal dari panjang hingga menutupi 67 bagian-bagian tubuh. Terdapat gelang perhiasan berwarna emas di lehernya, subjek gambar memiliki sepasang sayap di punggungnya. Tangan bertumpuan alas dengan posisi menyilang, pada kaki sebelah kiri terlihat menyilang menutupi alat vitalnya dan kaki sebelah kanan lurus ke belakang.

Pada keseluruhan bagian tubuh yang meliputi kepala, badan, tangan, sayap, dan kaki disajikan menggunakan warna biru muda, background dengan warna hijau. 4.11.3 Analisis Karya pada karya gambar yang berjudul “ Erlina “ tampak keeksotisannya dengan posisi tubuh setengah tengkurap, tedapat unsur rupa di dalamnya, yaitu unsur garis. Pada unsur garis disini menggunakan garis lengkung, terlihat pada subjek tercipta dengan goresan-goresan garis lengkung, seperti lekukan pada rambut, struktur badan, dan sepasang sayap, itu semua tidak luput dari garis lengkung.

Warna yang disajikan dalam karya gambar ini adalah dengan permainan warna dingin yaitu biru muda diseluruh anggota tubuh, tentunya dengan mempertimbangkan sisi pencahayaan sehingga nampak gelap terangnya yang membuat terlihat tiga dimensinya. Pada rambut disajikan dengan warna panas merah, dan background terlihat menggunakan permainan warna dingin hijau. Karya gambar berjudul “ Erlina “ yang disusun dalam bidang berukuran 29 cm x 42 cm menggunakan media cat air dan pensil warna diatas kertas dengan posisi horizontal.

Keseimbangan yang terdapat pada 68 karya ini adalah keseimbangan simetris, hal tersebut ditunjukkan pada subjek manusia jika ditarik garis tengah pada bidang gambar akan tampak sama. Pada karya XI ini terlihat subjek figur manusia yang telah ditransformasikan menjadi bentuk imajinatif sesuai apa yang penulis inginkan, yaitu wujud seorang wanita berkulit biru muda yang memiliki sepasang sayap dan berambut merah sangat panjang.

Terlihat pada wajah sorotan matanya tajam dan bibirnya yang eksotik diartikan sebagai sifat manusia (wanita) suka mengundang nafsu birahi terutama ditujukan para kaum lelaki, telinganya tampak panjang diartikan suka mendengarkan dan membicarakan keburukan orang lain. Pada rambut berwarna merah yang terurai sangat panjang sehingga dapat menutupi bagian-bagian tubuh diartikan kalau ingin mendapatkan atau membelainya haruslah dengan imbalan tertentu.

sumber ide gambar imajinatif berasal dari

Terdapat sepasang sayap di punggungnya dapat diartikan selalu melangkah ke dalam lembah kemaksiatan dan menginginkan kebebasan yang hakiki, kemudian terdapat perhiasan emas di lehernya diartikan menjunjung tinggi fashion dan kemewahan.

Pada seluruh anggota tubuh tampak tidak memakai pakaian, hanya tertutup oleh rambutnya yang panjang, hal ini diartikan dia adalah seorang yang tak tahu malu dan mengumbar nafsu pada kaum lelaki dengan memakai pakaian yang minim agar tampak sexy.

sumber ide gambar imajinatif berasal dari

Warna biru yang disajikan pada seluruh bagian tubuh diartikan selalu menyukai dunia malam. Pada analisis karya gambar ini dapat disimpulkan seorang wanita yang bersifat suka 69 mengumbar nafsu birahi kepada kaum lelaki atau bisa dikatakan dia adalah seorang pramuria.

4.12 Karya XII 4.12.1 Spesifikasi Karya Media : Cat air dan pensil warna Judul : Martin Ukuran : 29 cm x 42 cm Tahun : 2013 4.12.2 Deskripsi Karya Pada karya XII berjudul “ Martin “ yang disajikan dalam bidang segi empat dengan ukuran 29 cm x 42 cm menampilkan figur manusia imajinatif, menghadap depan tampak sedang berjalan dengan kepala melihat ke arah kiri, posisi tangan kanan ke depan dan yang kiri di 70 belakang, pada kaki maju ke depan dan kaki kanan di belakang. Pada bagian kepala tampak ada tanduk berwarna cokelat tepat di keningnya, kedua tatapan matanya tajam, telinganya panjang, dan mulutnya mengaga lebar sehingga tampak giginya yang runcing.

sumber ide gambar imajinatif berasal dari

Pada bagian tubuh dan kedua tangan tampak otot-otot yang keluar sehingga terlihat kekar, tangan sebelah kanan maju ke depan dengan memakai gelang tangan dari baja berwarna cokelat dan memegang sebilah pedang, lalu tangan kiri memakai gelang tangan dari baja juga.

Pada bagian tubuh yang tampak meliputi kepala, tangan, dan badan menggunakan permainan warna hijau. Disebelah pundak kiri terdapat pelindung dari baja berwarna abu-abu kehijauan yang di atasnya ada dua paku baja runcing, di bawahnya terdapat tali baja yang mengikatkan pelindung pada bagian perut, dibagian pelindung itu terbuat dari baja berwarna cokelat ada semacam mulut yang menganga dan terlihat gigi-gigi runcing.

Pada kaki memakai celana panjang berwarna coklat muda, terlihat sangat ketat hingga kontruksi kaki nampak berotot. Pada kaki keduanya memakai sepatu hak tinggi berwarna cokelat kehitaman dan ada paku-paku runcing di pucuk sepatu. Background tampak menggunakan permainan warna merah dan alas berpijak dengan warna hitam kecokelatan.

4.12.3 Analisis Karya Pada karya gambar yang berjudul “ Martin “ terlihat kegarangannya dan tampak otot-otot yang keluar, terdapat unsur rupa di dalamnya, yaitu unsur garis.

Adapun garis yang mendominasi pada karya 71 ini adalah garis lengkung, terlihat pada keseluruhan subjek tercipta dari unsur garis lengkung, ditunjukkan seperti pada struktur otot, lekukan pada seluruh tubuh, dan celana yang dipakainya. Warna yang digunakan pada karya gambar ini adalah permainan warna dingin hijau pada keseluruhan anggota tubuh yang tampak, kemudian coklat pada pelindung, tanduk, gelang tangan, dan sepatu, kemudian abu-abu kehijauan di pelindung pundak, dan pada celana berwarna coklat muda.

Adapun juga pada background disajikan dengan warna panas merah dan alas berpijak menggunakan warna hitam kecoklatan. Karya gambar berjudul “ Martin “ yang disusun dalam bidang berukuran 29 cm x 42 cm menggunakan media cat air dan pensil warna diatas kertas dengan posisi vertikal.

Keseimbangan yang terdapat pada karya ini adalah keseimbangan simetris, hal tersebut ditunjukkan pada subjek gambar manusia imajinatif jika ditarik garis tengah pada bidang gambar akan tampak sama. Dalam karya XII ini disajikan sosok manusia yang telah ditransformasikan menjadi bentuk imajinatif sesuai apa yang penulis inginkan, yaitu berwujud monster berwarna hijau. Pada bagian kepala terdapat tanduk dan tampak mulut yang menganga sehingga terlihat giginya yang runcing diartikan sebagai sifat manusia agresif.

Pada tangan kanan memegang sebilah pedang diartikan perusuh dan perusak hak orang lain, ditampilkan otot-otot yang keluar sehingga terlihat kekar dan sangar 72 diartikan dia tidak takut akan siapapun. Ada pelindung berwarna abu-abu di pundak bagian kiri dan tampak paku runcing diartikan hatinya sekeras batu, kemudian pelindung dengan warna cokelat dibagian perut dan terlihat ada tonjolan mulut yang menganga serta ada gigi-gigi runcing dapat diartikan tidak puas hanya dengan satu atau dua pendapatan.

Pada sepatu yang dipakainya berwarna cokelat dan ada paku-paku di pucuk yang mengelilinginya diartikan tidak perduli akan nasib di sekitarnya. Dari analisis pada karya gambar ini dapat disimpulkan seseorang bersifat suka merusak hak orang lain, seperti menyalahi hubungan keluarga orang lain. 73 BAB V PENUTUP 5.1 Kesimpulan Proyek studi yang mengangkat tema transformasi bentuk manusia ini didasari dengan adanya sumber sumber ide gambar imajinatif berasal dari, yaitu dengan pengalaman estetis penulis, seperti terinspirasi dari film animasi dan media cetak yang kemudian oleh penulis memvisualisasikan dalam bentuk karya gambar manusia imajinatif.

Adapun alasan penulis mengangkat tema ini adalah ingin menampilkan sifat-sifat manusia. Secara filosofi sifat-sifat manusia terdiri dari dua sifat yaitu baik dan buruk, namun yang ingin penulis tampilkan di sini adalah sifat-sifat manusia yang buruk atau negatif saja. Dalam pembuatan karya gambar ini menggunakan media yang sederhana, di mana dari segi bahan serta alat sangat terjangkau untuk mendapatkannya.

Teknik pewarnaan yang penulis gunakan dalam pembuatan karya ini adalah cat air dengan sapuan kuas halus dan arsiran menggunakan pensil warna. Adapun warna yang digunakan adalah warna cerah dan gelap. Penulis mengangkat dan menciptakan bentuk manusia untuk ditransformasikan secara kreatif dan imajinatif menjadi karya gambar dengan wujud visual yang baru, melalui penambahan-penambahan bentuk pada bagian tertentu untuk membari kesan perubahan dari bentuk awal menjadi bentuk yang imajinatif namun tetap tidak menghilangkan karakter manusia tersebut.

\ 73 74 5.2 Saran Mengingat dalam berkarya seni dapat menggunakan media apa saja, penulis menggunakan media cat air dan pensil warna sebagai alternatif untuk sumber ide gambar imajinatif berasal dari karya gambar dalam proyek studi ini. Oleh karena itu penulis menyarankan bagi perupa untuk mencoba dengan media yang penulis lakukan. Dalam berkarya gambar dapat mengacu sumber ide sumber ide gambar imajinatif berasal dari mana saja, seperti televisi, majalah, dan media cetak lainnya.

Bagi mahasiswa jurusan Seni Rupa S1 dapat mencoba mengacu sumber ide yang penulis angkat dalam membuat proyek studi ini, yaitu dari menonton film-film animasi seperti “Pirates of Carribian, The Lord of the Ring, Transformer, dan banyak lagi yang lainnya”.

Proyek studi ini mengangkat tentang sifat manusia yang burukburuk saja, saran penulis bagi mahasiswa jurusan Seni Rupa atau khalayak umum dapat membuat karya gambar bertemakan transformasi bentuk manusia yang mengartikan sifat-sifat kebaikannya. 75 DAFTAR PUSTAKA Abidin, Zaenal. 2000. Filsafat Manusia. Bandung: Anggota IKAPI. Aprillia. 2006. “Nirmana III”.

Hand Out. Semarang: jurusan Seni Rupa FBS UNNES. Tidak dipublikasikan. Apriyatno, Veri. 2004. Cara Menggambar Dengan Pensil. Jakarta: Kawan Pustaka. Bastomi, Suwaji. 1992. Wawasan Seni. Semarang: IKIP Semarang Press. Bahari, Nooryan.

2008. Kritik Seni. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Ching, Francis D.K. 2002. Menggambar Sebuah Proses Kreatif. Jakarta: Erlangga Kartika, Darsono Sony. 2004. Seni Rupa Modern. Bandung: Rekayasa Sains. Muharrar, Syakir. 2003. Seni Ilustrasi. Semarang: Jurusan Seni Rupa FBS UNNES. Prawira, Sulasmi Darma. 1989. Warna sebagai Unsur Seni dan Desain.

Jakarta: Depdikbud. Rondhi, Mohammad. 2002. Tinjauan Seni Rupa. Paparan Perkuliahan Mahasiswa Jurusan Seni Rupa FBS UNNES. Soemardjo, Jakob. 2000. Filsafat Seni. Bandung: Penerbit ITB. Suryadipura, Paryana.1994. Manusia Dengan Atomnya Dalam Keadaan Sehat dan Sakit.Jakarta: Bumi Aksara Anggota AKAPI. Sunaryo, Aryo. 2002.

“Nirmana I”. Hand Out. Semarang: jurusan Seni Rupa FBS UNNES. tidak dipublikasikan. Sanyoto, Sadjiman Edi. 2005. Dasar-dasar tata ruang dan desain (Nirmana). Yogyakarta: Art Bumi Intaran. 76 (http://pukatbangsa.worksop.com/buletin-cerah/). Diakses pada tanggal 8 Januari 2013. (http://id.wikipedia.org/wiki/Manusia) di akses sumber ide gambar imajinatif berasal dari tanggal 27 Agustus 2013.

77 LAMPIRAN 78 Lampiran 1 BIODATA Nama : Wahid Afandi NIM : 2450406011 Prodi : Seni Rupa S1 Angkatan Kuliah : 2006 Tempat, tanggal lahir : Demak, 20 September 1987 No. Telp : 085640979294 Facebook : wahid afandi Email : wahidafandi1gmail.com 79 Lampiran 2 KATALOG PAMERAN 80 Lampiran 3 BENER PAMERAN 81 Lampiran 4 FOTO PAMERAN 82 Lampiran 1Sketsa Gambar Imajinatif.

Catatanku anak desa mewarnai gambar imajinatif kelas 2 sd. 40 halaman ukuran a4 dengan format. Sketsa Gambar Pemandangan Minimalis Jual Poster di from juragan-poster.com Materi modul komputer kelas 2 sd. Menggambar imajinatif dimulai dengan menentukan tema. 40 halaman ukuran a4 dengan format.

Source: www.youtube.com 13 contoh gambar imajinatif mudah dan simple. Dalam pelajaran sbk kelas 2 ini setiap siswa di latih untuk terampil dan kreatif dalam memanfaatkan benda yang ada di lingkungan sekitar. Source: teaandlead.blogspot.com Gambar imajinatif dibuat berdasarkan khayalan. Alat yang digunakan untuk menggambar imajinatif adalah sebagai berikut. Source: juragan-poster.com Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian.

Menentuka ide sketsa gambar untuk anak sd cukup banyak yang bisa dijadikan inspirasi. Source: www.senibudaya.web.id 3.1 mengenal karya imajinatif dua dan tiga dimensi. Contoh lukisan hubungan manusia dengan alam khayal orion. Source: kumpulan-gambarmewarnai.blogspot.com Izarnazar mewarnai gambar imajinatif kelas 2 sd.

Gambar imajinatif adalah gambar yang berisikan ekspresi diri sendiri atau objek yang memberikan inspirasi. Source: juragan-poster.com Contoh sketsa gambar imajinatif gedung sumber ide gambar imajinatif berasal dari. Itulah yang dapat kami bagikan terkait contoh gambar imajinatif untuk sumber ide gambar imajinatif berasal dari kelas 2 sd.

Source: juragan-poster.com Agar lebih hidup gambar dapat diberi tambahan objek seperti seorang petani yang sedang bekerja di sawah. Adanya anjuran untuk belajar dari rumah di masa pandemi membuat orangtua lebih.

Source: temukancontoh.blogspot.com Contoh gambar imajinatif gedung sekolah. Tepatnya pada materi pembelajaran 4 subtema 3 bermain di lingkungan sekolah. Source: juragan-poster.com Pengertian sketsa menurut para ahli.

Memulai gambar dengan membuat sketsa dasarnya. Source: monne.info 13 contoh gambar imajinatif mudah dan simple. Catatanku anak desa mewarnai gambar imajinatif kelas 2 sd. Membuat Sketsa Gambar Imajinatif Menggunakan Pensil Langkah 5 : Cara menggambar imajinatif versi pro. Lebih jelasnya praktikan sendiri ya. 3.1 mengenal karya imajinatif dua dan tiga dimensi. Belum Adanya Fitur Caption Membuat Anda Mungkin Sedikit Kesulitan Menuliskan Sumber Gambar Yang Anda Ambil.

Di onenote, anda bisa menggambar, membuat sketsa, atau menulis catatan dengan pena atau mouse, seperti yang bisa anda lakukan di kertas. Contoh sketsa gambar imajinatif gedung sekolah. Tepatnya pada materi pembelajaran 4 subtema 3 bermain di lingkungan sekolah. Contoh Gambar Imajinatif Gedung Sekolah. Pengertian gambar imajinatif adalah suatu gambar yang dihasilkan dari khayalan atau pemikiran pelukis jadi intinya gambar imajinatif itu tidak akan sama karena berbeda pemikirannya.

Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Agar lebih hidup gambar dapat diberi tambahan objek seperti seorang petani yang sedang bekerja di sawah. Gambar Ini Juga Bisa Memuat Benda Buatan Manusia, Seperti Rumah, Jembatan, Gedung, Terminal Bis, Dan Lainnya. Sekalipun foto dan gambar itu tidak mencantumkan watermark hak cipta tetap ada pada si pembuat dan pemilik asalnya.

Mewarnai gambar imajinatif kelas 2 sd. Soal uas sbk kelas 2 sd semester 1 20152016. Setelah Sketsa Selesai, Warnai Secara. 40 halaman ukuran a4 dengan format.

Rabu ini murid murid kelas 2 sd sederajat memasuki episode 3. Mulai menggambar dengan menggunakan sketsa atau dasar terlebih dulu dan tidak langsung secara bagus dalam proses penggambarannya 4.
A. tentukan berada pada tahap apa produk semen instan ""lima roda"" dalam daur hidup produknya?

jelaskan jawaban saudara! b. strategi pemasaran apakah … yang diterapkan pt. lima roda pada daur hidup semen instan tersebut? jelaskan jawaban saudara! 2. analisislah jumlah pembelian paling optimal dengan metode eoq untuk bahan baku utama tersebut! 4. Isi kandungan yang sesuai penggalan ayat di bawah adalah . * Gambar Tanpa Teks A. dan telah Aku cukupkan nikmat-Ku bagimu B. dan Aku telah ridh … ai islam sebagai agamamu C.

janganlah kamu takut kepada mereka tetapi takutlah kepada-Ku. D. pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk mengalahkan agamamu.
Analisis sebab dan akibat: teknik yang mempelajari masalah dengan menetapkan sebab dan akibatnya.Analis sistem akan memfasilitasi tugas ini, sedangkan pemilik dan pemakai sistem harus aktif berpartisipasi karena mereka adalah yang paling memahami domain masalah Analisis sebab dan akibat dapat dilakukan dengan bantuan Diagram Ishikawa(Fishbone) Menganalisis proses bisnis Kegiatan yang dilaksanakan adalah Business Process Redesign (BPR) terhadap pengembangan sistem yang dilakukan atau dibutuhkan merancang ulang proses bisnis yang diperlukan.Tim pengembangan sistem memeriksa proses bisnis organisasi secara rinci untuk menentukan adanya proses yang bernilai tambah (value added) atau adanya proses yang dikurangi.Analis sistem yang memfasilitasi kegiatan ini,Peserta lainnya yang terlibat dalam kegiatan ini adalah pemilik dan user dalam organisasi,Umumnya pemilik sistem dapat lebih mempunyai sifat untuk mempertahankan proses bisnis sistem berjalan (existing system),Masukan kegiatan ini adalah domain masalah.

Hasil dari tugas 2.3 adalah: Model proses sistem berjalan (as is system) – DFD Aliran data dalam proses Waktu respon dari setiap proses Penundaan dan bottleneck yang terjadi di sistem Analisis proses sistem berjalan (as is system) – menyediakan informasi tambahan seperti: Biaya yang terjadi dari setiap proses Nilai tambah dari setiap proses Konsekuensi terhadap proses yang tereliminasi.Berdasarkan model “as is system” maka dikembangkan “to be system” untuk merancang ulang proses bisnis dengan mengeliminasi redundansi dan birokrasi untuk meningkatkan efisiensi dan servis Menentukan sasaran peningkatan sistem Sasaran – ukuran keberhasilan Sesuatu yang diharapkan untuk dicapai sistem baru, berdasarkan sumber daya yang memadai Mengurangi persentase piutang yang tidak tertagih menjadi 30% tahun depan Meningkatkan jumlah permohonan pinjaman yang dapat diproses sebanyak 25% dalam delapan jam,Buatlah laporan tunggakan piutang (Kurang tepat!

Mengapa?) Batasan – sesuatu yang akan membatasi keluwesan dalam menetapkan solusi terhadap sasaran Contoh: deadline, anggaran dan teknologi yang digunakan Biasanya, batasan sulit diubah Sistem baru harus dioperasikan pada tanggal 15 April Sistem baru tidak boleh berbiaya lebih dari 350 juta Sistem baru harus mendukung web dan menggunakan MS SQLServer 2000.Sistem baru menggunakan metode average untuk penilaian persediaan 12 • Company About Us Scholarships Sitemap Q&A Archive Standardized Tests Education Summit • Get Course Hero iOS Android Chrome Extension Educators Tutors • Careers Leadership Careers Campus Rep Program • Help Contact Us FAQ Feedback • Legal Copyright Policy Academic Integrity Our Honor Code Privacy Policy Terms of Use Attributions • Connect with Us College Life Facebook Twitter LinkedIn YouTube Instagram

Cara membuat sketsa gambar imajinatif kelas 2 SD. SBdP Sub Tema 3 semester 1




2022 www.videocon.com