Pengibar bendera merah putih 2021

pengibar bendera merah putih 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka ( Paskibraka) yang bertugas dalam upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Kamis (17/8/2021) telah ditentukan. Tiga anggota Paskibraka ditunjuk sebagai pengibar, pembentang, dan pengerek bendera. Ketiganya berasal dari Kelompok 8. "Yang bertugas untuk mengibarkan bendera ialah Aditya Yogi Susanto sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Gorontalo," demikian dikutip dari siaran pers Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Selasa (17/8/2021).

Baca juga: Ardelia Muthia Zahwa, Pembawa Bendera Merah Putih Saat Upacara di Istana Kemudian, bertugas sebagai pembentang bendera yakni Dika Ambiya Rahman mewakili Provinsi Jawa Barat. Lalu, Ridho Hadfizar Armadhani sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Lampung. Sementara, anggota yang terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih yakni Ardelia Muthia Zahwa, perwakilan dari Provinsi Sumatera Pengibar bendera merah putih 2021.

Ardelia, kelahiran Tebing Tinggi, 6 Desember 2004, saat ini menempuh pendidikan di SMA Harapan I Medan. Adapun Paskibraka yang bertugas pada tahun ini dinamakan Tim Indonesia Tangguh. Pengibar bendera merah putih 2021 juga: Ini Formasi Tim Indonesia Tangguh, Paskibraka Upacara Peringatan Kemerdekaan RI di Istana Untuk diketahui, anggota Paskibraka 2021 total berjumlah 68 orang yang akan dibagi menjadi tim upacara pagi dan sore.

Ke-68 anggota tersebut berasal dari perwakilan 34 provinsi di Indonesia. Seluruhnya telah dikukuhkan oleh Presiden Joko Widodo pada 12 Agustus 2021. Upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia akan digelar digelar dengan sangat terbatas dan menerapkan protokol kesehatan pencegahan virus corona.

Baca juga: Paskibraka Bertugas dalam Formasi Lengkap meski Masih Pandemi, Ini Alasan Menpora Masyarakat dapat mengikuti jalannya upacara secara virtual. "Pemerintah masih menjalankan upacara digelar secara minimalis, juga sesuai protokol kesehatan ketat dan masyarakat berpartisipasi secara daring," kata Menteri Sekretaris Negara (Menseneg) Pratikno dalam konferensi pers yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (30/7/2021).

Ardelia Muthia Zahwa, Pembawa Bendera Merah Putih Saat Upacara di Istana https://nasional.kompas.com/read/2021/08/17/09185961/ardelia-muthia-zahwa-pembawa-bendera-merah-putih-saat-upacara-di-istana https://asset.kompas.com/crops/osy2MqQouz_Sk6rjmWQKqCyFfSo=/0x26:1300x893/195x98/data/photo/2021/08/17/611b1ba2520b6.jpg Suara.com - Prosesi pengibaran bendera di Istana Negara adalah salah satu yang jadi pusat perhatian saat peringatan Hari Kemerdekaan RI.

Banyak mata tertuju pada aksi pasukan pengibar bendera atau Paskibra saat upacara ini, terutama saat mereka mengibarkan bendera merah putih.

Tapi tahukah kamu, sebelum menjadi kegiatan tahunan, ada tiga tokoh pengibar bendera merah putih pertama kali saat proklamasi kemerdekaan 1945 dibacakan oleh Ir. Soekarno dan Moch. Hatta. Mengutip Ruang Guru, Rabu (18/8/2021), pengibar bendera merah putih itu adalah SK. Trimurti sebagai pembawa bendera, Abdul Latief Hendraningrat sebagai pengerek tali tiang bendera, dan Suhud Sastro Kusumo sebagai pembentang bendera.

Yuk, kenali mereka satu persatu. 1. Abdul Latief Hendraningrat Latief lahir di Jakarta pada 15 Februari 1911. Ayahnya yang seorang demang atau salah satu petugas pemerintahan di daerah Jatinegara, Jakarta Timur, membuat namanya dibubuhi embel-embel ningrat.

pengibar bendera merah putih 2021

Baca Juga: Viral Pria di Bekasi Cuma Pakai Popok Kibarkan Bendera Merah Putih di Pengibar bendera merah putih 2021 Latief terdaftar di pelatihan ketentaraan bentukan Dai Nippon, Sinen Kunrenshoo (Pusat Latihan Pemuda) di tahun 1942 dan bergabung di PETA (Pembela Tanah Air).

Di PETA, Latief menempati posisi komandan kompi atau setingkat di bawah komandan batalyon yang merupakan posisi tertinggi di posisi itu. Sebelum proklamasi tanggal 17 Agustus 1945, Latief turut berperan mendesak Sukarno-Hatta kala itu untuk segera memproklamasikan kemerdekaan. Saat proklamator ‘diculik’ ke Rengasdengklok, Latief bertugas mengamankan lokasi diadakannya proklamasi. Sesaat setelah proklamasi dikumandangkan, Latief disodorkan baki yang berisi bendera yang telah dijahit oleh Fatmawati, istri Sukarno.

2. Suhud Sastro Kusumo Tidak banyak literatur yang mengisahkan tentang kehidupan Suhud. Suhud lahir tahun 1920. Beliau menjadi anggota Barisan Pelopor yang didirikan Jepang. Beliau wafat pada tahun 1986 di usianya yang ke 66 tahun. Di buku sejarah, nama Suhud selalu bersanding dengan Latief sebagai pengibar bendera.
Jakarta - Salah satu siswa SMA dari Medan terpilih menjadi salah satu bagian dari Pengibar bendera merah putih 2021 Pengibar Bendera Pusaka atau Paskibraka 2021.

Pasukan ini bertugas untuk mengibarkan bendera pusaka dalam upacara peringatan proklamasi kemerdekaan Indonesia di Istana Negara. Siapakah dia? Siswa SMA dari Medan yang terpilih sebagai pembawa baki bendera pusaka merah putih dalam Paskibraka 2021 adalah Ardelia Muthia Zahwa. Ardelia merupakan siswa dari SMA Harapan 1 Medan, Sumatera Utara yang sudah menjadi anggota Paskibra sejak ia duduk di Sekolah Dasar (SD). Sebelum terpilih menjadi salah satu dari Tim Indonesia Tangguh, sebutan untuk para petugas upacara tersebut, Ardelia mengikuti beberapa seleksi.

Perempuan yang berusia 16 tahun ini mengikuti seleksi Paskibraka Tingkat Kota Medan hingga seleksi Tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2021. Baca juga: Daftar Nama Paskibraka Nasional 2021, Ada Siswa Madrasah Ia harus mengikuti tiga rangkaian seleksi saat menjalani seleksi Paskibraka di tingkat provinsi. Dimulai dari tes akademik, tes jasmani, dan juga tahap wawancara dengan Sekretaris Dispora Sumatra Utara, Danton Kaveli dan Pihak TNI Angkatan Udara Lanud Suwondo sebagai penanya langsung.

Keberhasilan Ardelia dalam melewati tahapan seleksi tersebut disampaikan oleh pihak sekolah SMA Harapan 1 Medan melalui laman resminya. "Alhamdulillah. Selamat kepada Siswa-Siswi SMA Swasta Harapan 1 Medan yang Lulus Seleksi Paskibra Tingkat Kota Medan dan Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2021." tulis pihak SMA Harapan 1 Medan, dikutip detikEdu, Selasa (17/8/2021). Baca juga: Ketentuan Upacara 17 Agustus 2021 di Masa Pandemi, Siswa Sudah Tahu?

Profil Pembawa Baki Bendera Paskibraka 2021 Ardelia Muthia Zahwa yang merupakan perwakilan dari Provinsi Sumatera Utara terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih. Ia merupakan perempuan kelahiran Tebing Tinggi, pada 6 Desember 2004. Saat ini, Ardelia masih duduk di bangku kelas X MIPA 2 di salah satu satuan pendidikan SMA Swasta Harapan I Medan, Sumatera Utara.

Ibunya, Numala Santy, juga pernah terpilih menjadi anggota Paskibra tingkat provinsi Sumatera Utara pada tahun 1996. "Prestasi anak saya sudah lebih tinggi dari saya. Saya Paskibra Sumut di tahun 1996," jelas Nurmala, dikutip dari detikNews, Selasa (17/8/2021).

Adapun ketiga anggota Paskibraka yang bertugas pada upacara peringatan detik-detik kemerdekaan Indonesia adalah Aditya Yogi Susanto yang mewakili Provinsi Gorontalo sebagai komandan kelompok.

Kemudian pasukan pengibar bendera lainnya di antaranya ada Dika Ambiya Rahman yang mewakili Provinsi Jawa Barat, dan Ridho Hadfizar Armadhani yang mewakili Provinsi Lampung. Wah, keren ya detikers. Yuk, kita ucapkan selamat pada Ardelia dan tim Paskibraka 2021 lainnya! Bidikdotcom - Momen upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia ke-76 tahun di halaman depan istanah negara (17/8/2021) yang dimulai sejak pukul 09.30 wib menyisihkan cerita menarik khususnya para peserta kelompok pengibar bendera.

Sebagaimana diberitakan media-media nasional bahwa personil Paskibraka tahun 2021 tidak sama dengan keanggotaan Paskibraka tahun 2020 lalu.

pengibar bendera merah putih 2021

Kali ini formasi 8,17 dan 45 semua slotnya terwakili dari 34 provinsi 68 orang, sementara biasanya pasukan 17 diisi oleh personil TNI untuk tahun ini tidak memakai anggota TNI mengingat pemberlakukan PPKM dan menghindari terjadinya kerumunan semuanya diisi oleh perwakilan siswa. Sebagaimana tema hari kemerdekaan tahun 2021 "Indonesia Tanggu, Indonesia Tumbuh" juga menjadi nama pada kelompok Paskibraka yang mendapat tugas mengibarkan bendera dan menurunkan.

Untuk pasukan mengibarkan bendera merah putih pada upacara pagi diberi nama pasukan tangguh sedangkan untuk menurunkan sang merah putih diberi nama tumbuh. Lantas seperti apa cerita menarik dari para personil pengibar bendera ini? berikut uraiannya. Tidak hanya berhasil lolos hingga kesenayan saat peserta ikut seleksi Paskibraka di daerahnya tetapi lebih dari pada itu personil pengibar bendera ini mewakili kaum muda milenial di daerah mereka untuk menjadi duta berprestasi dan kebanggaan di lingkungan dimana mereka bersekolah maupun dalam keluarganya.

Inilah kemudian disaksikan oleh seorang Aditya Yogi Susanto asal Pengibar bendera merah putih 2021 Barat saat diwawancarai awak media, dimana ia merasa sangat dihargai dan benar-benar memiliki pengalaman diluar yang ia duga. Bagaimana ia menceritakan saat karantina, maupun melakukan latihan benar-benar terasa seperti dikucilkan sebab biasanya hunian kamar diisi 2 orang tapi kali ini karena pandemi satu kamar cukup satu orang pengibar bendera merah putih 2021 tinggal.

Kemudian hal menaril lainnya menjadi pengalaman para murid didik ini adalah saat gerak jalan mereka langkahkan harus berhati-hati dalam mengatur pernafasan sebab masker yang dipakai memiliki dua lapisan tentu membuat seluruh rongga kain masker tertutup rapat. Tetapi juga pengakuan Ardelia Mutia Zahwa pembawa bendera perwakilan provinsi Sumatera Utara yang bertugas pukul 09.30 wib bagaimana kemandirian yang diterimanya saat menjalankan latihan, tidak ada kata bermaja-manja dengan mama maupun keluarga terdekat.

Hanphone genggam mereka dibatasi beraktivitas semua fokus pada latihan, gadis kelahiran 6 Desember 2004 ini sangat haru saat ditunjuk sebabagai pembawa bendera merah putih untuk di kibarkan pada pagi hari dan ia tidak dapat menyembunyikan tangis bangganya atas kepercayaan tersebut. Dari pasukan Tumbuh yang bertugas pada penurunan bendera hampir sama pengakuannya, hanya saja ada beberapa anggota yang sempat nervous seperti dialami pengibar bendera asal Provinsi Jawa Tengah Zaidaan Kamal Anwar.

Untuk pembawa bendera di kelompok 8 di percayakan kepada Qyara Maharani Putri asal Jawa Tengah dari SMA1 Garut. Dari Sulawesi Utara nama Cyanda Ravaella Johannes asal SMA Katolik Rex Mundi dan Arel Tangkilisan dari SMA 1 Airmadidi Minahasa Utara.

Cyanda Ravaella Johannes Paskibaraka 2021 asal Sulut (Foto:sekretariat kepresidenan) Memang sangat disayangkan usai upacara mereka tidak dapat bertemu secara langsung denga orang tua maupun keluarga terdekat. Sebab biasanya dalam perayaan kemerdekaan orang tua dari anggota Paskibraka di undang oleh istanah ikut hadir dalam pengibaran bendera merah putih.

pengibar bendera merah putih 2021

Selamat bagi kalian putra-putri terbaik pengibar bendera merah putih 2021 yang mewakili daerahmu, sekolahmu serta keluargamu kiranya kalian akan semakin berprestasi kedepannya salam sehat selau.

deny/BDC
Jakarta - Tim Paskibraka 2021 Indonesia Tangguh dikukuhkan sebagai pengibar bendera Indonesia dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-76 di Istana Merdeka kemarin, 17 Agustus. Formasi anggota tim ini juga diumumkan melalui siaran pers resmi Istana. Ada Ardelia Muthia Zahwa yang merupakan pembawa baki bendera pusaka Merah Putih. Dia merupakan perwakilan dari Provinsi Sumatra Utara. Ardelia lahir di Tebing Tinggi pada 6 Desember 2004.

Ia kini merupakan siswa di SMA Harapan I Medan. Baca juga: Terpilih Jadi Paskibraka 2021, Ini Profil Siswa SMA Pembawa Baki Bendera Selain Ardelia, ada tiga anggota Paskibraka 2021yang lain dalam proses pengibaran bendera. Yakni Aditya Yogi Susanto, Dika Amniya Rahman, dan Ridho Hadfizar Armadhani. Aditya Yogi Susanto adalah Komandan Kelompok 8, perwakilan dari Provinsi Gorontalo. Dikutip dari situs Sekretariat Kabinet Repubik Indonesia, Dika Ambiya Rahman yang bertugas sebagai pembentang bendera adalah perwakilan dari Provinsi Jawa Barat.

pengibar bendera merah putih 2021

Selanjutnya, Ridho Hadfizar Armadhani merupakan penggerek bendera yang mewakili Provinsi Lampung. Bertindak sebagai Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, ada Kolonel Pnb Putu Sucahyadi. Dia merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1999 yang kini menjabat sebagai Asops Kosekhanudnas II Makassar. Baca juga: Bangganya Buruh Pabrik di Riau, Putrinya Jadi Paskibraka di Istana Merdeka Selain itu, bertugas sebagai Komandan Kompi Paskibraka adalah Kapten Inf Suryadi Nataatmaja.

Dia adalah lulusan Akademi Militer tahun 2012 yang saat ini bertugas sebagai Danki Pandu Udara Denpandutaikam Brigif Para Raider 18/2 Kostrad. Ada juga Brigadir Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya yang pada pengibaran bendera Merah Putih kemarin bertugas sebagai Perwira Upacara.

pengibar bendera merah putih 2021

Sekarang ini, ia menjabat sebagai Kepala Staf Garnisun Tetap I/Jakarta dan merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1993. Para anggota Paskibraka 2021 ini sebelumnya sudah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari Kamis (12/08/2021) di halaman Istana Merdeka, Jakarta.

Ada 68 pemuda perwakilan dari masing-masing provinsi di Indonesia yang mengucap Ikrar Putra Indonesia dan siap menjalankan tugas upacara 17 Agustus kemarin. Gimana detikers? Setelah Paskibraka 2021, tertarik menjadi anggota Paskibraka 2022? Simak Video " Momen Jokowi Kukuhkan Paskibraka HUT RI ke-76" [Gambas:Video 20detik] (nah/row)
JAKARTA, KOMPAS.com - Upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia akan digelar di Istana Merdeka, Kamis (17/8/2021) pukul 09.00 WIB.

Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka ( Paskibraka) yang bertugas pada upacara tahun ini bernama Tim Indonesia Tangguh. Dikutip dari siaran pers Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Selasa (17/8/2021), anggota yang terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih yakni Ardelia Muthia Zahwa, perwakilan dari Provinsi Sumatera Utara. "Ardelia, kelahiran Tebing Tinggi, 6 Desember 2004, saat ini menempuh pendidikan di SMA Harapan I Medan," demikian dikutip dari siaran pers.

Baca juga: Ini Formasi Tim Indonesia Tangguh, Paskibraka Upacara Peringatan Kemerdekaan RI di Istana Sementara, tiga anggota dari Kelompok 8 yang bertugas untuk mengibarkan bendera ialah Aditya Yogi Susanto, Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Gorontalo. Kemudian Dika Ambiya Rahman sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Jawa Barat, dan Ridho Hadfizar Armadhani sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Lampung.

Untuk diketahui, anggota Paskibraka 2021 total berjumlah 68 orang yang akan dibagi menjadi tim upacara pagi dan sore. Ke-68 anggota tersebut berasal dari perwakilan 34 provinsi di Indonesia. Seluruhnya telah dikukuhkan oleh Presiden Joko Widodo pada 12 Agustus 2021. Baca juga: ini Daftar 68 Nama Paskibraka Nasional 2021 Adapun upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia akan digelar digelar dengan sangat terbatas dan menerapkan protokol kesehatan pencegahan virus corona.

Masyarakat dapat mengikuti jalannya upacara secara virtual. "Pemerintah masih menjalankan upacara digelar secara minimalis, juga sesuai protokol kesehatan ketat dan masyarakat berpartisipasi secara daring," kata Menteri Sekretaris Negara (Menseneg) Pratikno dalam konferensi pers yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (30/7/2021). Baca juga: Sejarah Paskibraka di Indonesia, Berawal dari Perintah Presiden Soekarno Larangan Lomba 17-an di Jabodetabek di Tengah Pandemi Covid-19 https://megapolitan.kompas.com/read/2021/08/17/08485141/larangan-lomba-17-an-di-jabodetabek-di-tengah-pandemi-covid-19 https://asset.kompas.com/crops/u0j9wRDqIre9Y6iSLgkPl67NZ18=/0x331:1280x1184/195x98/data/photo/2020/08/17/5f3a21f149e4a.jpegTRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Hari ini akan berlangsung pengibaran Bendera Merah Putih saat peringatan Hari Kemerdekaan ke 76 Republik Indonesia.

Sebanyak 68 putra putri terbaik dari Aceh sampai Papua terpilih untuk mewakili provinsi masing-masing dan tergabung dalam pasukan pengibar Bendera Merah Putih di Istana Negara. Sebuah prestasi yang luar biasa bagi pengibar bendera merah putih 2021 yang terpilih setelah mengikuti seleksi antar ribuan pelajar yang ada.

Dari 68 putra putri terbaik tersbut akan dipilih lagi 3 orang untuk pengibaran Bendera Merah Putih. Dua orang akan terpilih menaikan bendera dan 1 lagi akan membawa bendera. Nama-nama yang mengibarkan bendera akan disampaikan menjelang upacara. pengibar bendera merah putih 2021 DOWNLOAD Gratis Twibbon 17 Agustus & Cara Membuat Foto Frame 17 Agustus Hari Kemerdekaan Adapun daftar nama Anggota Paskibraka 2021 yakni 1.

pengibar bendera merah putih 2021

ACEH - Aldi Syahputra - Nisa Ulhusna 2. SUMATERA UTARA - Rifaldy Prayoga - Ardelia Muthia Zahwa
Dari Tim Indonesia Tangguh, tiga orang Paskibraka dari kelompok 8 akan betugas sebagai pengibar bendera.

Mereka terdiri dari Aditya Yogi Susanto sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Gorontalo, Dika Ambiya Rahman sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Jawa Barat, dan Ridho Hadfizar Armadhani sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Lampung.

pengibar bendera merah putih 2021

Sedangkan Ardelia Muthia Zahwa terpilih menjadi pembawa Bendera Merah Putih. Ardelia merupakan Paskibraka perwakilan Sumatra Utara. Ia lahir di Tebing Tinggi, 6 Desember 2004, saat ini menempuh pendidikan di SMA Harapan I Medan. Sementara, Kolonel Putu Sucahyadi, akan bertugas menjadi Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI.

Putu Sucahyadi merupakan pria kelahiran Denpasar, 9 Oktober 1977. Ia adalah lulusan Akademi Angkatan Udara pada 1999.

pengibar bendera merah putih 2021

Saat ini ia menjabat sebagai Asops Kosekhanudnas II Makassar. Lanjutkan membaca artikel di bawah Editor’s picks • Kronologi Bus Angkutan Mudik Terguling di Tol Cikampek • Libur Lebaran Usai, Jakarta Kembali Terapkan Ganjil Genap Hari Ini • Viral Rombongan Pesepatu Roda Salip Motor dan Mobil di Jalan Raya Gatsu Upacara peringatan Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia hari ini digelar secara virtual karena pandemik COVID-19 yang masih melanda Indonesia.

pengibar bendera merah putih 2021

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan tahun ini pemerintah membatasi jumlah peserta yang hadir langsung di Istana Negara, sementara masyarakat akan diundang mengikuti upacara melalui virtual.

Meski begitu, Pratikno yakin semarak 17 Agustus tidak akan mati meski digelar secara virtual. "Tahun ini sebenarnya kita berharap sudah bisa luring, tapi kenyataannya pandemik masih berlanjut, sehingga pemerintah masih menjalankan upacara digelar secara minimalis juga sesuai protokol kesehatan ketat dan masyarakat berpartisipasi secara daring," ujar Pratikno dalam keterangan pers yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (30/7/2021). Baca Juga: Ini Daftar 68 Paskibraka yang Bertugas di Istana pada 17 Agustus 2021 Berita Terpopuler • Hamas Mulai Bangkit, Menkeu Israel: Ini Semua Kesalahan Netanyahu • 10 Potret Liburan Ayu Ting Ting dan Keluarga ke Jogja, Ayah Rozak Hits • 10 Fakta Elon Musk, Orang Terkaya di Dunia yang Baru Membeli Twitter • 10 Momen Nagita Pengibar bendera merah putih 2021 Masak Makan Malam buat Teman-teman Artisnya • [LINIMASA-5] Perkembangan Terkini Vaksinasi COVID-19 Indonesia • 10 Potret Menawan Arlova, Anak Bungsu Andre Taulany, Beranjak Remaja • Libur Lebaran Usai, Jakarta Kembali Terapkan Ganjil Genap Hari Ini • BMKG: Waspada, Suhu Panas Terik Terjadi hingga Pertengahan Mei • 10 Potret Baby Ameena dalam Berbagai Ekspresi, Gemasnya Kebangetan

Menegangkan! Detik-Detik Pengibaran Bendera Merah Putih di Istana Merdeka, Upacara 17 Agustus 2021




2022 www.videocon.com