Crossover pasif 2 way

crossover pasif 2 way

Rangkaian Crossover pada dasarnya adalah sebuah rangkaian yang berfungsi untuk memisahkan atau menyaring nada yang diinginkan untuk di loloskan.

crossover pasif 2 way

Sedangkan nada yang tidak diinginkan akan diredam Dalam hal ini tipe Crossovernya adalah Crossover pasif yang tidak membutuhkan komponen aktif dalam pembuatannya. Maksud 2 Way disini adalah jumlah kanal suara yang akan dipisahkan.

crossover pasif 2 way

Dari rangkaian diatas terlihat bahwa rangkaian Crossover pasif ini mempunyai 2 kanal saluran, yakni untuk tweeter dan woofer.

Tweeter untuk meloloskan frekuensi tinggi dan woofer untuk meloloskan frekuensi rendah. Selain untuk menyaring suara, fungsi Crossover adalah untuk melindungi speaker terutama pada speaker tweeter.

crossover pasif 2 way

jika nada rendah (bass) masuk pada tweeter, hal itu bisa mengurangi umur kumparan yang ada pada speaker tweeter itu sendiri bahkan bisa merusaknya jika daya yang disalurkan cukup tinggi. Kelebihan dari rangkaian Crossover pasif adalah tidak memerlukan sumber tegangan untuk beroperasi. Fungsi untuk membagi suara speaker yang tersambung, woofer untuk bass dan tweeter untuk suara treble, agar terarah dan lebih jernih.

crossover pasif 2 way

Crossover 2 way bisa sampai max 300W dengan keunggulan : - tidak mudah rusak - tweeter menghasilkan suara yang jernih, nyaring dan tidak pecah. - Woofer juga menghasilkan suara vocal dan bass yang bersih dan mantap.
WELCOME TO JUST CAMIKLUZ! DIMANA TEMPAT ANDA BERBELANJA AMAN DAN NYAMAN! -PESAN ANDA AKAN DI BALAS SECEPAT MUNGKIN -ADMIN READY 24 JAM -BARANG YANG ANDA LIAT JAMINAN 100% SESUAI DESKRIPSI -SILAHKAN TANYA-TANYA SEPUTAR PRODUK -TIDAK MENERIMA COD / INSTAN KURIR Info Produk crossover pasif yang memiliki spol ferite besar.

crossover pasif 2 way

dilengkapi dengan elco material berkualitas. sangat direkomendasikan untuk speaker 15" single ataupun dobel dengan kapasitas di atastt.

crossover pasif 2 way

hasil suara dapat terbentuk harmonis sesuai fungsinya masing2. untuk keamanan barang dari kerusakan saat pengiriman barang oleh ekspedisi silahkan pesan peti kayu pada etalase kami di untuk keamanan barang dari kehilangan saat pengiriman barang silahkan klik asuransi pengiriman pada daftar belanja anda.

(TANYAKAN STOK/VARIAN TERLEBIH DAHULU) (MEMBELI = SETUJU) Rangkaian Crossover Pasif 2 Way – Jenis rangkaian crossover pasif sederhana ini merupakan rangkaian paling sederhana dari seluruh rancangan crossover untuk sebuah speaker.

Tapi jangan menganggap remeh rangkaian crossover pasif 2 way tersebut. Kualitas dari sebuah speaker sangat tergantung dari rangkaian tersebut.

crossover pasif 2 way

Merancang sendiri crossover dengan menentukan sendiri frekuensi crossover atau titik potong crossover antara frekuensi bas dan frekuensi tweeter dapat membuat sebuah speaker menjadi speaker yang mengagumkan.

Speaker yang dijual di pasar telah dirancang dengan titik potong crossover pada frekuensi tertentu yang menurut perancangnya merupakan suara terbaik. Namun, masalah musik dan suara tidak sangat bersifat subjektif.

crossover pasif 2 way

Belum tentu telinga perancang selalu sama dengan telinga pembelinya. Tidak terkecuali merk terkenal pun selalu menghadapi kendala yang sama, yakni perbedaan pendapat akan indahnya suara yang dikeluarkan. Artikel Rangkaian Crossover pasif 2 way Pasif 2 Way tersebut sengaja dibikin 6 dB per oktaf dengan tujuan menyajikan sedikit hitungan kepada para penggemar yang hobbynya mengutak-atik elektronik untuk merancang sendiri crossover.

Dengan menguasai teori dasar tersebut, maka akan mudah bagi yang gemar mengutak-katik menggeser frekuensi titip potong crossover sesuai dengan selera masing-masing. Kita Mulai dengan yang paling sederhana dulu. Tapi jangan meremehkan crossover sederhana ini. Walaupun sederhana jenis rancangan ini merupakan rancangan yang paling banyak digunakan. Rumus yang digunakan untuk menghitung nilai kapasitor dan Lilitan.

crossover pasif 2 way

C1 = 0.159 /(Rtweeter x frekuensi ) L1 = R woofer/(6.28 x frekuensi) R= Impedansi tweeter dan woofer dalam ohm. Frekuensi di atas harus sama karena merupakan pasangan, kecuali bermaksud untuk memotong suara pada frekuensi tertentu. Lakukan percobaan untuk merancang crossover di atas dengan berbagai titik potong crossover, dan tentukan yang mana yang sesuai dengan selera anda. Rangkaian Crossover 6 dB Per Oktaf Jangan merancang dengan titik potong dibawah 1KHZ, karena biasanya akan merusak tweeter.

Bas akan mudah masuk kebagian tweeter karena frekuensi low passnya terlalu rendah, terutama rangkaian crossover pasif 2 way. Setelah menentukan nilai dari kapasitor dan lilitan, tinggal cari di pasar atau toko online.

crossover pasif 2 way

Biasanya toleransi yang bisa diperoleh sekitar 2-10% untuk coil dan kapasitor. Gunakan tipe Air Core atau tanpa inti ferrite maupun besi agar suaranya lebih natural. Selain bisa merancang rangkaian crossover 2 way dan 3 way sederhana, nantinya diprojek berikutnya juga akan disajikan tentang cara merancang rangkaian crossover pasif sederhana 12 dB per Oktaf dan sebagainya baik untuk yang 2 way maupun 3 way.

crossover pasif 2 way

Share: Posted in Artikel Tagged Crossover 6 dB, crossover pasif, Crossover point, crossover speaker, hitungan crossover, menghitung nilai kapasitor dan lilitan crossover, merancang crossover, pembagi suara speaker, Rangkaian Crossover Pasif, Rangkaian Crossover Pasif 2 Way, Rangkaian Crossover Pasif sederhana, saringan bas, saringan tweeter, Skema Rangkaian Crossover Pasif 2 Way 1 Comment

Cara Merakit Crossover Pasif 2 Way Sederhana




2022 www.videocon.com