Di bawah ini yang tidak termasuk tahapan-tahapan teknik lompat tinggi adalah

di bawah ini yang tidak termasuk tahapan-tahapan teknik lompat tinggi adalah di bawah ini yang tidak termasuk tahapan-tahapan teknik lompat tinggi adalah

Melanjutkan Contoh Soal UAS Penjas Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban bagian pertama (soal nomor 1-10), soal penilaian akhir semester satu penjaskes bagian kedua dimulai dari soal nomor 11. 11. Lompat tinggi gaya guling sering disebut dengan istilah… a.

wastern roll b. eastern form c. flop d.

di bawah ini yang tidak termasuk tahapan-tahapan teknik lompat tinggi adalah

straddle e. western cut roll Jawaban: d. straddle 12. Di bawah ini yang tidak termasuk tahapan-tahapan teknik lompat tinggi adalah…. a. awalan b. tumpuan c. melewati mistar d. menjaga keseimbangan e. mendarat Jawaban: d. menjaga keseimbangan 13. Teknik yang memperlihatkan sikap dari kedua kaki dalam keadaan statis. Teknik ini digunakan untuk mendukung sikap pasang pencak silat adalah… a. sikap dada b. kuda-kuda c. sikap serang d. sikap serang bola e.

sikap siap menyerang Jawaban: b. kuda-kuda 14. Sikap dalam pancak silat yang berfungsi sebagai dasar dasar tumpuan untuk melakukan sikap dan gerakan bela dan serang adalah dengan sikap….

a. kuda-kuda b. kangkang c. jongkok d. pasang e. tegak Jawaban: d. pasang 15. Manfaat dilakukannya tes kebugaran jasmani adalah… a. untuk mengetahui sehat dan tidaknya tubuh b. untuk mengetahui tekanan tubuh seseorang c. agar dapat memperoleh berat dan tinggi badan yang ideal d.

untuk mengetahui seberapa jauh tingkat kebugaran dan daya tahan tubuh e. untuk mengetahui kemampuan tubuh seseorang dalam melakukan aktivitas gerak Jawaban: d. untuk mengetahui seberapa jauh tingkat kebugaran dan daya tahan tubuh 16.

di bawah ini yang tidak termasuk tahapan-tahapan teknik lompat tinggi adalah

tes kebugaran jasmani dilakukan untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani seseorang dalam hal…. a. kemampuan tubuh menghindari cedera b. melaksanakan tugas sehari-hari c. melakukan pemulihan cedera d. meningkatkan kecepatan e. meningkatkan kekuatan Jawaban: b. melaksanakan tugas sehari-hari 17. Gerakan menggantung (full up) dengan angkat tubuh dihitung sah apabila saat mengangkat badannya hingga…. a. hidung sejajar dengan palang tunggal b.

kepala sejajar dengan palang tunggal c. dahi sejajar dengan palang tunggal d. dada melewati dengan palang tunggal e.

dagu melewati dengan palang tunggal Jawaban: e. dagu melewati dengan palang tunggal 18. di bawah ini yang tidak termasuk tahapan-tahapan teknik lompat tinggi adalah dalam senam irama biasanya dilakukan dengan….

a. kaku dan cepat b. cepat dan tepat c. fleksibel dan patah-patah d. indah dan lentur e. monoton dan lama Jawaban: b. cepat dan tepat 19. teknik meluncur harus benar-benar di kuasai perenang, karena…. a. merupakan gerakan tambahan b. merupakan bagian dari gaya renang c.

teknik tersebut bisa dipelajari oleh siapa saja d. merupakan teknik dasar gerakan dalam renang e. merupakan bagian dari cabang olahraga renang Jawaban: d.

merupakan teknik dasar gerakan dalam renang 20. pada saat meluncur pada gaya dada sikap kita gerakan lengan adalah…. a. rapat b. bebas c. terbuka d. mengayun ke samping badan e.

mengayun ke bawah badan/dada Jawaban: a. rapat 21. mengeluarkan udara saat bernafas pada renang gaya dada adalah ketika…. a. muka menghadap kesamping b. muka menghadap ke air c. muka di dalam air d. muka di atas air e. bebas Jawaban : d. muka di atas air 22.

berikut aktivitas yang dapat menularkan HIV/AIDS adalah…. a. bersalaman b. berenang bersama c. batuk dan bersin d. menggunaan alat makan bersama e. penggunaan jarum suntik bekas Jawaban: e. penggunaan jarum suntik bekas 23. orang yang paling beresiko tinggi tertular HIV adalah….

a. sering bergantipacar b. kaum pekerja se*s komersial (psk) c. kaum homose*sual/lesbian d. pengguna kondom e. kaum buruh Jawaban: b. kaum pekerja se*s komersial (psk) 24. tidur merupakan kebutuhan dasar yang sangat penting bagi manusia. Sama halnya dengan makan dan minum. Tidur yang berkualitas dapat dilihat dari hasil ketika bangun tidur, yaitu…. a. badan segar bugar saat bangun tidur b.

mata sulit untuk dibuka c. tulang-tulang berbunyi d. bermimpi berkali-kali e. otot-otot lentur Jawaban: a. badan segar bugar saat bangun tidur 25. tubuh memerlukan pergerakan di bawah ini yang tidak termasuk tahapan-tahapan teknik lompat tinggi adalah melakukan olahraga. Hal ini bertujuan…. a. supaya kita terkena penyakit menular b. melancarkan jalannya pernapasan c. supaya cepat keluar keringat d. agar dapat tidur nyenyak e. supaya tidak mengantuk Jawaban: c.

supaya cepat keluar keringat Lanjut ke soal nomor 26-35 => Contoh Soal UAS Penjas Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban ~ Part-3 KOMPAS.com - Lompat tinggi merupakan salah satu nomor dalam olahraga atletik kategori lompat. Selain lompat tinggi, nomor lain dalam cabang olahraga atletik kategori lompat adalah lompat jauh, lompat galah, dan lompat jangkit.

Keempat nomor lompat tersebut masuk dalam cabang olahraga atletik yang dilombakan pada Olimpiade musim panas. Selain menjadi cabang olahraga prestasi, lompat tinggi juga menjadi materi pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK) bagi anak-anak sekolah. Adapun, pengertian lompat tinggi adalah olahraga atletik yang dilakukan dengan berlari dan melakukan lompatan setinggi mungkin melewati tiang mistar. Baca juga: Lompat Tinggi: Sejarah dan Jenis-jenisnya Dalam buku Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (2014) terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dijelaskan bahwa tujuan olahraga lompat tinggi adalah melompat setinggi-tingginya dengan menggunakan cara yang benar.

Alat yang digunakan dalam olahraga lompat tinggi adalah lintasan awalan, mistar, tiang lompat, dan tempat mendarat berupa matras atau kasur tebal. Teknik Dasar Lompat Tinggi Ada beberapa gaya dalam lompat tinggi yaitu gaya berguling, gaya telentang atau flop, dan gaya gunting.

Ketiga gaya tersebut memiliki gerakan yang sama, tetapi berbeda pada sikap tubuh saat berada di atas mistar. Untuk bisa menguasai masing-masing gaya dalam lompat tinggi, harus memahami teknik dasarnya lebih dulu.
KOMPAS.com - Straddle merupakan salah satu gaya dalam olahraga lompat tinggi.

Lompat tinggi gaya straddle dinamakan juga gaya guling. Lompat tinggi adalah salah satu cabang olahraga atletik. Selain gaya straddle, dalam lompat tinggi juga terdapat gaya lainnya yaitu gaya gunting ( scissors), gaya guling sisi ( Western Roll), dan gaya Fosbury Flop.

Gaya straddle adalah teknik lompat tinggi di mana pelompat mendahulukan kepala saat melewati palang atau mistar.

Baca juga: Lompat Tinggi: Sejarah dan Jenis-jenisnya Dalam melakukan lompat tinggi gaya straddle, posisi pelompat atau atlet adalah menghadap tiang mistar.

Kemudian, saat melayang di udara, posisi kepala dan kaki pelompat melewati tiang mistar secara bersamaan. kemdikbud Ilustrasi Gaya Straddle pada lompat tinggi Tahapan Lompat Tinggi Gaya Straddle Pada dasarnya, ada empat tahapan dalam melakukan lompat tinggi gaya straddle yaitu teknik awalan, tolakan, posisi badan saat melewati mistar, dan teknik mendarat. Baca juga: Macam-macam Gaya Lompat Tinggi A. Teknik Awalan Teknik awalan adalah gerakan permulaan saat akan melompat.

Adapun, titik awalan dalam gaya straddle adalah menyerong dari permukaan matras yang menjadi tempat pendaratan. Arah awalan umumnya membentuk sudut 20-30 derajat lurus dari matras. Cara melakukan awalan gaya straddle adalah sebagai berikut. • Posisi badan menghadap palang/mistar lompat. • Berlari dengan ritme pelan lalu cepat.

B. Teknik Tolakan Tolakan dilakukan ketika badan sudah mendekati mistar. Cara melakukannya adalah sebagai berikut. • Gunakanlah kaki terkuat sebagai tolakan untuk melompat. • Langkah terakhir lebih lebar dengan sikap badan ikut mendorong mengangkat kaki. Hal ini untuk menghasilkan tolakan yang maksimal. • Pada langkah terakhir disertai dengan gerakan mengayunkan kaki (yang tidak digunakan sebagai tolakan/tumpuan) ke atas.

• Saat satu kaki mengayun ke atas dan kaki tumpu lepas dari tanah, ayunan kaki lebih tinggi dari kepala dan melewati mistar lebih dulu dari anggota badan yang lain. • Usahakan agar lengan kiri tidak menyentuh mistar. Baca juga: Peralatan Olahraga Lompat Tinggi Beserta Gambarnya Lompat tinggi merupakan salah satu cabang olahraga atletik nomor lompat dengan melakukan tolakan untuk mendapatkan lompatan setinggi-tingginya. Lompat tinggi memiliki 4 gaya, dimana setiap gaya dibedakan saat melayang diudara dan melewati mistar penghalang.

Keempat gaya tersebut adalah gaya straddle, gaya gunting, gaya guling sisi dan gaya flop). Pada dasarnya teknik dasar lompat tinggi hampir sama dengan teknik dasar lompat jauh.

Dimana teknik dasar dalam lompat tinggi terbagi menjadi 4, yaitu teknik awala, teknik tolakan, teknik saat melayang diudara, dan teknik mendarat.

Lompat tinggi juga mengandalakan kekuatan tumpuan otot kaki untuk menghasilkan lompatan yang setinggi-tingginya. Sebelum anda melakukan lompat tinggi, anda perlu mempelajari keempat teknik dasar tersebut. Dan berikut adalah penjelasan mengenai teknik dasar lompat tinggi. 1. Teknik Awalan Lompat Tinggi Awalan merupakan salah satu kunci awal keberhasilan anda untuk melaukan lompat jauh.

Pada Awalan Lompat tinggi, anda juga harus melakkan lari untuk selanjutnya melakukakn tumpuan untuk menghasilkan lompatan yang maksimal, namun kecepatan lari saat lompat tinggi tidak secepat teknik awalan lompat jauh. Dan berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan sat melakukan teknik awalan pada lompat tinggi: • Sudut Awalan dan Titik Awalan Harus tepat. Titik awalan merupakan titik dimana anda berdiri untuk memulai melakukan awalan.

Pada setiap gaya terdapat sudut titik awalan yang berebeda untuk memaksimalkan lompatan. Dan berikut adalah sudut yang bisa diambil yang disesuaikan dengan gaya lompat tinggi yang akann dilakukan. • Gaya Straddle, sudut awalan antara 30 hingga 35 derajat • Gaya gunting, sudut awalan antara 40 hingga 50 derajat • Gaya Guling sisi, sudut awalan kurang lebih 40 derajat • Gaya Flop, sudut awala antara 70 hingga 85 derajat, meskipun pada tiga langkah sebelum melakukan tumpuan sudut lari mengicil menjadi antara 30 hingga 40 derajat.

Pastikan untuk mendapatkan sudut terbaik sesuai dengan gaya yang akan anda lakukan. • Arah dari awalan tergantung dari kaki yang akan anda gunakan untuk melakukan tumpuan. Karena sudut yang dipakai dari tiap gaya juga berbeda sehingga anda juga harus mengetahui kaki mana yang terkuat dan juga disesuikan dengan teknik lompaatanya. Jika kaki kanan anda yang akan digunakan untuk melakukan tolakan, anda bisa mengambil start dari sisi kanan juga.

• Berbeda dengan teknik lompat jauh, dimana harus berlari cepat untuk mendapatkan lompatan yang jauh, pada teknik lompat tinggi kecepatan saat berlari bukanlah kunci untuk mendapatkan lompatan yang tinggi.

Hal ini bahkan malah mendorong tubuh anda kedepan, sehingga mempersulit untuk melakukan tolakan. Langkah kaki ketika melakukan awalan adalah diawali dengan berlari pelan untuk selanjutnya dipercepat dengan wajar. • BIasanaya langkah yang dilakukan dalam melakukan awalan dalam lompat tinggi adalah antar 9 hingga 15 langkah.

2. Teknik Tolakan Lompat Tinggi Untuk melakukan tumpuan bisa menggunkan kaki yang paling kuat dan harus pada titik tolakan. Titik tolakan atau titik tumpuan merupakan titik dimana tempat untuk melakukan tolakan agar bisa melompat melewati mistar.

Setelah melakukan awalan dengan berlari, anda sudah bisa memprediksi kaki mana yang akan jatuh pada kaki tumpuan.

di bawah ini yang tidak termasuk tahapan-tahapan teknik lompat tinggi adalah

Untuk melatihnya, anda bisa mengulangi latihan dalam menentukan jumlah langkah dan juga jatuh kaki saat berada di titik tumpuan. Titik awalan yang baik adalah ketika melakukan lompatan, titik tertinggi tepat ketika melayang diatas mistar. Jika titik tumpuan terlalu jauh, maka tinggi maksimal lompatan maksimal, dan ketika turun dari lompatan bisa menyenruh mistar. Dan jika titik tumpuan terlalu dekat, mistar bisa tersentuh saat akan melayang diudara.

Dan berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan tolakan. • Badan ditumpukan pada kaki bagian bawah dengan menekukan kaki dengan sudut sekitar 130 hingga 160 derajat, sehingga tolakan yang dihasilkan besar.

• Ketika akan melakukan tumpuan, condongkan badan agak kebelakang, kecuali jika melakukan gata flop, jangan condongkan badan ke belakang. • Lakukan tumpuan dengan kuat dan cepat, sehingga menghasilkan tenaga tolakan (daya ledak) yang besar • Ketika melakukan tumpuan, lakukan dengan menggunakan bagian tumit terlebih dahulu, kemudian diteruskan dengan seluruh telapak kaki dan ujung kaki.

Tumpuan kaki usahakan lurus dari lutut hingga ujung kaki. • Ketika melakukan tumpuan, ayunkan lengan serentak untuk menambah daya dorong. 3. Sikap Badan Saat Melayang Diatas Mistar Sikap bdana ketika melayang diatas mistar ditentukan oleh masing-masing gaya yang digunakan. Jadi sikap saat melayang diudara menentukan gaya yang digunakan dalam melakukan lompat tinggi. Dan berikut adalah teknik dasar saat melayang diatas mistar dari masing-masing gaya lompat tinggi.

• Lompat Jauh Gaya Straddle, Gaya Stradle digunakan pertama kali oleh Charlers Dumas. Untuk melakukan gaya straddle posisi badan saat diatas mistar adalah dengan tengkurap, dan ketika turunsegerakan kaki untuk diposisikan lurus kebawah. Untuk menghasikan lompatan yang tinggi, otot perut juga diperlukan untuk mengangkat tubuh saat melayang diudara. • Lompat Jauh Gaya Gunting, Ada dua gaya gunting dalam lompat tinggi, yaitu gaya gunting klasik yang kemudian disempurnakan oleh micahel Sweeney.

Pada gaya gunting klasik lompatan dilakukan dengan memakai gaya jongkok dimana tubuh diposisikan di depan mistar. Sedangakan Sweeney mengubah sedikit dari gaya yang sudah ada yaitu awalan dialakukan dengan tubuh berada pada posisi di samping mistar, sehingga posisi tubu sejajar atau miring dengan mistar. • Lompat tinggi gaya guling sisi, gaya guling sisi juga dikenal dengan gaya western roll, dimana untk melakukanya dari samping misatar.

Kemudian setelah tubuh terngkat keatas dengan keadaan telentang dan mencapai mistar, tubuh dimiringkan kesisi lain tolakan untuk segera melakuka pendaratan. Namun, ketika melakukan gaya ini, kepala berada lebih rendah daripada pinggul dan gaya ini juga pernah dilarang dalam perlombaan lompat tinggi. • Lompat tinggi gaya flop, gaya Flop atau juga dikenal dengan Fosbury Flop, diciptakan oleh dick ricarod Fsobury yang berasal dari Amerika Serikat. Gaya ini merupakan gaya yang cukup sulit dilakukan oleh pemula, karena untuk melakukan lompatan, tubuh harus membelakangi di bawah ini yang tidak termasuk tahapan-tahapan teknik lompat tinggi adalah, kemudian melewati mistar dengan memakai punggung.

Sehingga gaya ini mirip dengan salto, dengan berbalik dan menggunakan punggung sebagai tumpuan ketika melewati mistar. 4. Teknik mendarat lompat tinggi Teknik mendarat dalam melakukan lompat tinggi, bukanlah sesuatu hal yang menentukan dalam perlombaan lompat tinggi.

Karena inti dari lompat tinggi adalah melompat setinggi-tingginya, tanpa menyentuh atau bahkan menjatuhkan mistar. Jadi setelah atlet melewati mistar, hasil dari lommpat tinggi sudah terlihat. Dalam melakukan pendaratan, disesuaikan dengan gaya yang digunakan. Usahakan untuk menggunakan tumpuan kaki dan melakukan gerakan anti klimaks yang mirip dengan gaya pegas pada kaki. Dan lakukan dengan sadar, sehingga tidak terjadi cidera saat melakukan lompat tinggi.

Demikian artikel mengenai teknik dasar lompat tinggi. Semoga bermanfaat.
Apakah kamu sedang mencari contoh soal pilihan ganda atletik lengkap beserta jawabannya? Jika iya, kamu sedang berada di blog yang tepat. MateriOlahraga akan membagikan soal penjas tentang olahraga atletik. Diperuntukkan bagi siswa kelas 7, 8, 9, 10, 11 dan 12 yang tengah menghadapi ujian sekolah.

Kumpulan soal permainan atletik ini meliputi soal pilihan ganda lari dan jalan cepat. Berikut ini pembahasannya. Baca juga: Materi Atletik Lengkap PETUNJUK UMUM • Tulis namamu di sudut kanan atas. • Bacalah setiap soal dengan teliti. • Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah. • Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas. Pilihlah salah satu jawaban yang tepat dengan memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, D dan E!

Soal Pilihan Ganda Atletik beserta Kunci Jawabannya Ada 50 butir soal (PG/Pilgan/Pilihan Ganda) pjok materi atletik dan jawabannya yang bisa kamu jadikan referensi dalam menghadapi tugas dari guru.

Berikut adalah soal penjaskes atletik.

di bawah ini yang tidak termasuk tahapan-tahapan teknik lompat tinggi adalah

1. Kunci pertama yang harus dikuasai dalam lari jarak pendek adalah …. A. Kecepatan lari B. Start/ pertolakan C. Panjang langkah kaki D. Kecondongan badan 2. Tempat untuk mendarat dalam lompat tingi yang paling aman menggunakan … A.

Matras B. Busa C. Kasur D. Lantai 3. Lari yang berjarak 2,4 km termasuk lari jarak…. A. Jarak dekat B. Jarak menengah C. Jarak jauh D. Lari sambung 4. Di bawah ini yang tidak termasuk tahapan-tahapan teknik lompat tinggi adalag …. A.

Awalan B. Tumpuan C. Melewati mistar D. Menjaga keseimbangan 5. Lompat tinggi gaya guling sering disebut dengan istilah …. A. Western roll B. Eastern form C. Flop D. Straddle 6. Di bawah ini yang bukan termasuk cabang atletik nomor lompat adalah …. A. Lompat jauh B. Lompat tinggi C. Lompat galak D. Lompat jungkit E. Lompat harimau 7.

Sahnya lompatan yang dilakukan oleh seorang atlit dalam lompat jauh menurut juri adalah …. A. Tolakan dilakukan dibelakang papan tolak B. Tolakan dilakukan didepan papan tolak C. Tolakan dilakukan tepat dipapan tolak D. Tolakan dilakukan dengan dua kaki 8. Untuk menghindari pendaratan pada pantat, maka lengan harus …. A. Diputar kedepan B.

Diayunkan kedepan C. Digerakkan kedepan D. Diputarkan kesamping 9. Posisi badan saat mendarat dalam lompat jauh yang benar adalah …. A. Berdiri B. Duduk C. Jengkeng D. Jongkok 10. Dibawah ini yang bukan termasuk teknik dasar lompat jauh adalah …. A. Awalan B. Tolakan C. Melayang D. Loncatan 11. Pada saat menerima tongkat estafet, maka penerima harus menjulurkan tangannya ke …. A. Depan B. Samping C. Belakang D. Samping kanan 12. Cara pemindahan tongkat estafet yang si penerima tongkat tanpa menoleh ke belakang dinamakan cara ….

A. Non-visual B. Visual C. Blink D. Sight pass 13. Start yang digunakan untuk lari jarak menengah adalah …. A. Jongkok B. Melayang C. Berdiri D. Duduk 14. Berikut ini yang termasuk lari jarak menengah adalah …. A. 100, 200, 400 meter B.

200, 400, 800 meter C. 400, 800, 1500 meter D. 800, 1500, 3000 meter 15. Letakkan tangan lebih lebar sedikit dari lebar bahu, jari-jari dan ibu jari membentuk huruf V terbalik.

Hal in merupakan start jongkok aba-aba . A. Persiapan awal B. Bersedia C. Siap D. Ya di bawah ini yang tidak termasuk tahapan-tahapan teknik lompat tinggi adalah. Letak ujung kaki belakang segaris dengan tumit kaki depan merupakan sikap start . A. Crouching start B. Standing start C. Bunch start D. Medium start 17. Lari cepat atau lari jarak pendek biasanya menempuh jarak . A. 100 m B. 200 m C. 300 m D. 400 m E. 100 m, 200 m, dan 400 m 18. Perbedaan bentuk sikap start jongkok dengan yang lainnya, akan terlihat pada aba-aba .

A. Bersedia B. Siap C. Ya! D. Bunyi peluit 19. Pelari dengan jarak 100 meter sering disebut dengan istilah …. A. Atlet B. Starter C. Sprinter D. Sprint 20. Nomor atletik lari jarak pendek biasa disebut A. Sprint race B. Sprint ball C. Sprint grip D. Sprint roll 21. Start jongkok pendek (bunch start) jarak kaki saat jongkok A.

14-28 meter B. 13-29 meter C. 11-29 meter D. 12-29 meter 22. Start jongkok menengah (medium start) jarak kaki saat jongkok .

di bawah ini yang tidak termasuk tahapan-tahapan teknik lompat tinggi adalah

A. 5-42 m B. 35-42 m C. 15-42 m D. 25-42 m 23. Start jongkok panjang (long start) jarak kaki saat jongkok. A. 40-70 m B. 30-70 m C. 50-70 m D. 20-70 m 24. Start yang cocok untuk digunakan oleh pelari yang mempunyai kaki panjang. A. Start jongkok pendek B. Start jongkok menengah C. Start jongkok panjang D. Start jongkok jauh 25. Teknik start jongkok pendek sesuai bila digunakan oleh atlet yang. A. Pemula B.

Anak-anak C. Terlatih D. Semua benar 26. Atletik berasal dari kata Yunani yaitu. A. Athena B. Atheis C. Atha D. Athlon 27. Atletik merupakan cabang olahraga yang diperlombakan pada olimpiade pertama pada. A. 776 SM B. 976 SM C. 576 SM D. 456 SM 28. Induk organisasi untuk olahraga atletik di Indonesia adalah. A. PSSI B. PASI C. PBVSI D. PRSI 29. Atletik termasuk di dalam Olimpiade modern pada tahun.

A. 1896 B. 1898 C. 1890 D. 1892 30. Induk organisasi untuk olahraga atletik di dunia adalah. A. FIFA B. IAAF C. FIBA D. BWF 31. Tahun IAAF dibentuk. A. 1918 B. 1920 C. 1912 D. 1910 32. Tahun dibentuknya PASI. A. 1940 B. 1950 C. 1960 D. 1970 35. Kejuaraan dunia atletik pertama kali dilangsungkan di. A. Helsinki-Finlandia B. Berlin-Jerman C. London-Inggris D. Washington-Amerika 36. Jika peserta lompat jauh kurang dari 8 orang maka setiap orang berhak melakukan lompatan sebanyak ….

A. 3 kali B. 4 kali C. 5 kali D. 6 kali 37. Cara mendarat yang benar pada lompat jauh adalah …. A. Kaki diluruskan B. Kaki dilipat kebelakang C. Kaki dilipat kedepan D. Kaki di bengkokkan 38. Hal-hal yang perlu dihindari dalam lompat jauh adalah …. A. Latihan gerak pendaratan B. Memperpendek atau memperpanjang langkah terakhir sebelum bertolak C.

Menguasai gerak langkah dan ayunan D. Mencapai jangkauan gerak yang baik 39. Pekerjaan utama pelari untuk mendahului lawan dalam setia lomba lari harus dilakukan pada jarak …. A. 100 meter terakhir B. 200 meter terakhir C. 300 meter terakhir D. 400 meter terakhir 40. Faktor utama pemberi kontribusi terhadap lari jarak menengah adalah ….

A. Kelenturan tubuh B. Daya tahan C. Efisiensi gerak lari D. Power pada saat mulai lelah E. Distribusi energi pada keseluruhan jarak tempuh 41.

Seorang pelari dianggap masuk finish apabila …. telah memasuki finish. A. Kakinya B. Tangannya C. Punggungnya D. Kepalanya 42. Kejuaraan dunia atletik pertama kali dilangsungkan pada tahun.

di bawah ini yang tidak termasuk tahapan-tahapan teknik lompat tinggi adalah

A. 1982 B. 1983 C. 1984 D. 1985 43. Kejuaraan dunia atletik ke-2 dilangsungkan di. A. Tokyo-Jepang B. Paris-Perancis C. Roma-Italia D. Madrid-Spanyol 44.

Kejuaraan dunia atletik ke-2 dilangsungkan pada tahun. A. 1987 B. 1986 C. 1987 D. 1989 45. Kejuaraan dunia atletik ke-3 dilangsungkan di.

A. Berlin-Jerman B. Tokyo-Jepang C. Moskwa-Rusia D. Rio de jeneiro-Brasil 46. Kejuaraan dunia atletik ke-3 dilangsungkan pada tahun. A. 1990 B. 1991 C. 1992 D. 1993 47. Kejuaraan dunia atletik ke-4 dilangsungkan di. A. Saint denis-Perancis B. Manchester-Inggris C. Stuttgard-Jerman D. Moskwa-Rusia 48. Kejuaraan dunia atletik ke-4 dilangsungkan pada tahun.

A. 1991 B. 1992 C. 1990 D. 1993 49. Kejuaraan dunia atletik ke-5 dilangsungkan di. A. Ghothenburg-Swedia B. Daegu-Korea Selatan C. Osaka-Jepang D. Sevilla-Spanyol 50. Kejuaraan dunia atletik ke-5 dilangsungkan pada tahun. A. 1993 B. 1994 C. 1995 D. 1996 Baca juga: Contoh Soal PG Senam beserta Jawabannya Itulah tadi beberapa pertanyaan soal hots pjok atletik. Demikianlah artikel tentang contoh soal pilihan ganda atletik lengkap beserta jawabannya.

Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih. Atletik (25) Barbel (1) Baseball (4) Bela Diri (22) Bola Basket (10) Bola Besar (25) Bola Kasti (2) Bola Kecil (24) Bola Voli (7) Bowling (1) Bulu Tangkis (4) Catur (1) Futsal (5) Golf (4) Handball (3) Kesehatan (3) Penjasorkes (67) Renang (14) Rugby (2) Senam (15) Sepak Bola (12) Softball (7) Takraw (2) Tenis Lapangan (4) Tenis Meja (5)
MENU • Home • SMP • Agama • Bahasa Indonesia • Kewarganegaraan • Pancasila • IPS • IPA • SMA • Agama • Bahasa Indonesia • Kewarganegaraan • Pancasila • Akuntansi • IPA • Biologi • Fisika • Kimia • IPS • Ekonomi • Sejarah • Geografi • Sosiologi • SMK • S1 • PSIT • PPB • PTI • E-Bisnis • UKPL • Basis Data • Manajemen • Riset Operasi • Sistem Operasi • Kewarganegaraan • Pancasila • Akuntansi • Agama • Bahasa Indonesia • Matematika • S2 • Umum • (About Me) 9.1.

Sebarkan ini: Pengertian Lompat Tinggi Lompat Tinggi adalah salah satu daripada acara olahraga yang diminati dan sentiasa mendapat perhatian ramai. Lompat Tinggi mula diperkenalkan dalam tahun 1887 dan dalam tahun 1896 acara Lompat Tinggi telah diperkenalkan di dalam sukan Olimpik. Acara ini menjadi perhatian ramai kerana pelbagai gaya lompatan digunakan oleh para atlit Kompetisi lompat tinggi di mulai pada abad ke-19 di Skotlandia.

Pada saat itu para peserta lompat tinggi menggunakan teknik gunting, jadi tidak boleh sembarang dalam melompat, ada banyak teknik atau gaya yang bisa digunakan.

di bawah ini yang tidak termasuk tahapan-tahapan teknik lompat tinggi adalah

Pada abad ini, peserta lompat tinggi harus menggunakan gaya gunting dan jatuh ke tanah dengan cara membelakang. Gaya lompat jauh ternyata mengakibatkan peserta cedera, jadi untuk meminimalisir cedera menggunakan matras sebagai alat untuk mendarat. Lompat Tinggi merupakan salah satu cabang olahraga atletik yang akan menguji keterampilan melompat dengan melewati tiang mistar.

Tujuan olahraga lompat tinggi ini adalah untuk memperoleh lompatan setinggi-tingginya saat melewati mistar tersebut dengan ketinggian tertentu. Adapun tinggi mistar yang harus dilewati oleh seorang atlet lompat tinggi minimal 2,5 meter dengan panjang mistar minimal 3,15 meter.

Olahraga Lompat Tinggi dilakukan pada lapangan atletik dengan tanpa menggunakan bantuan alat tertentu. Lompat tinggi merupakan olahraga yang menguji ketrampilan melompat dengan melewat tiang mistar.Lompat tinggi adalah salah satu cabang dari di bawah ini yang tidak termasuk tahapan-tahapan teknik lompat tinggi adalah.

Tujuan olahraga ini untuk memperoleh lompatan setinggi-tingginya saat melewati mistar tersebut dengan ketinggian tertentu.Tinggi tiang mistar yang harus dilewati atlet minimal 2,5 meter,sedangkan panjang mistar minimal 3,15 meter.Lompat tinggi dilakukan di arena lapangan atletik.Lompat tinggi dilakukan tanpa bantun alat.

Dalam pertandingan, mistar akan dinaikkan setelah peserta berhasil melewati ketinggian mistar. Peserta mestilah melonjak dengan sebelah kaki Peserta boleh mulai melompat di mana ketinggian permulaan yang disukainya Sesuatu lompatan akan dikira batal jika peserta menyentuh palang dan tidak melompat. Menjatuhkan palang semasa membuat lompatan atau menyentuh kawasan mendarat apabila tidak berjaya melompat Peserta yang gagal melompat melintasi palang sebanyak tiga kali bertutrut-turut (tanpa di ambil kira di aras mana kegagalan itu berlaku) akan terkeluar daripada pertandinga Seseorang peserta berhak meneruskan lompatan (walaupun semua peserta lain gagal) sehingga dia tidak dapat menuruskannya lagi mengikut peraturan Ketinggian lompatan di ukur secara menegak dari aras tanah hingga bahagian tengah disebelah atas padang.Setiap peserta akan diberi peluang sebanyak tiga kali untuk melakukan lompatan.

Jika peserta tidak berhasil melewati mistar sebanyak tiga kali berturut-turut, dia dinyatakan gagal.Untuk menentukan kemenangan, para peserta harus berusaha melompat setinggi mungkin yang dapat dilakukan. Pemenang ditentukan dengan lompatan tertinggi yang dilewati. Kemudian pada sekitar abad ke 20, gaya lompat tinggi telah dimodernisasi oleh seorang warga Irlandia – Amerika bernama Michael Sweeney.

Pada tahun 1895, Michael Sweeney berhasil melakukan lompatan setinggi 1,97 meter gaya eastern cut-off, dimana mengambil off seperti gunting, tapi memperpanjang punggungnya dan mendatar di atas bar. Warga Amerika lainnya bernama George Horine mengembangkan teknik lompat yang lebih efisien bernama Western Roll. Melalui teknik ini, Horine bisa mencapai lompatan setinggi 2,01 meter pada tahun 1912. Kemudian pada Olimpiade Berlin (Tahun 1936), teknik lompatan ini menjadi dominan dilakukan dan untuk cabang lompat tinggi telah dimenangkan oleh Cornelius Johnson yang mencapai ketinggian 2.03 m.

Kemudian pada empat dekade berikutnya, pelompat Amerika dan Sovyet telah merintis evolusi teknik straddle. Charles Dumas adalah orang pertama yang menggunakan teknik ini mencapai ketinggian 2,13 m, pada tahun 1956. Kemudian warga Amerika, John Thomas meningkatkan rekor dunia dengan ketinggian lompatan 2.23 m (7 ft 3 3/4 in) pada tahun 1960.

Dan akhirnya Valeriy Brumel mengambil alih pencapaian dalam empat tahun ke depan. Jumper Soviet ini mencatat ketinggian lompatan hingga 2,28 m (7 ft 5 3/4 in), dan berhasil memenangkan medali emas Olimpiade pada tahun 1964, sebelum kecelakaan sepeda motor mengakhiri karirnya Dari Brumel inilah para atlet mencoba belajar dan mengembangkan olahraga lompat tinggi hingga saat ini terdapat berbagai gaya dalam olahraga lompat tinggi di dunia antara lain gaya gunting (Scissors), gaya guling sisi (Western Roll), gaya guling Straddle dan gaya Fosbury Flop.

Meskipun event lompat tinggi diikut sertakan dalam kompetisi pada ollmpiade kuno, kompetisi lompat tinggi tercatat berlangsung pada awal abad ke-19 tepatnya di Skotlandia dengan ketinggian 1,68 meter. Pada masa itu peserta menggunakan metode pendekatan langsung atau teknik gunting.Lompat tinggi tidak dilakukan secara sembarangan.

Ada gaya-gaya tertentu yang harus dikuasai agar peserta terhindar dari kecelakaan.Pada abad ke -19 peserta lompat tinggi mendarat dan jatuh di atas tanah yang berumput dengan gaya gunting, yaitu dengan cara membelakangi .Gaya ternyata banyak mengakibatkan cedera bagi para peserta.Sementara kini, lompat tinggi dilakukan dengan mendarat di atas matras sehingga kecelakaan dapat di minimalisir.

Atlet lompat tinggi sekarang banyak menggunakan teknik fosbury flop. Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Bola Voli Tahapan Posisi Lompat Tinggi Saat ingin melakukan lompat tinggi ada beberapa teknik yang harus diperhatikan, ada 4 tahapan posisi yang kamu harus ketahui sebelum melakukan teknik lompat tinggi: • Posisi Awalan adalah dengan gerakan berlari menuju mistar • Posisi Tolakan adalah dengan gerakan tumpuan kaki pada lantai dasar untuk menaikan badan menuju ke mistar.

• Posisi Melayang adalah gaya saat posisi badan berada di atas mistar atau di udara • Posisi Mendarat adalah Terjatuhnya badan saat di atas matras Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Materi Kebugaran Jasmani Gaya Lompat Tinggi Berikut ini adalah 4 jenis gaya lompat tinggi yang biasa di gunakan oleh Atlit lompat tinggi: • Teknik Straddle (Gaya Guling) Gaya guling (straddle) merupakan gaya dimana badan kita melewati tiang dengan cara diputar dan dibalikkan lagi.

sehingga sikap badan kita saat di atas mistar tertelungkup. Cara untuk melakukan gaya guling adalah, pelompat tinggi harus mengambil awalan terlebih dahulu dari samping antara 3, 5, 7, 9 langkah.

Tumpuan terletak pada kaki yang paling kuat, kemudian ayunkan kedepan. Setelah kaki diayunkan, untuk bisa melewati mistar kemudian dengan cepat badan kita balikkan, sehingga sikap badan kita diatas mistar telungkup. Pantat kita usahakan lebih tinggi dari kepala kita, jadi kepala agak menunduk.Pada waktu mendarat gunakanlah kaki kanan dan tangan kanan jika tumpuan menggunakan kaki kiri, begitupula sebaliknya.

Teknik ini dilakukan dengan mengambil jarak awalan dari samping antara 4, 6, 8 atau 10 langkah tergantung pada ketinggian target yang ingin kita lewati.

Jika kamu menggunakan kaki kiri sebagai tumpuan ayunkan kaki kanan ke belakang menuju depan. Setelah kaki ayunan melewati, kemudian posisi badan saat di udara atau di atas mistar dalam keadaan tengkurap.

Posisi pinggang usahakan lebih tinggi dibandingkan dengan posisi kepala.Ketika posisi terjatuh tumpuan berada di kedua tangan dan kaki ayunan yang pertama mendarat.Kemudian dilanjutkan dengan menggulingkan badan yang pertama adalah bagian punggung tangan dan berakhir di bawah ini yang tidak termasuk tahapan-tahapan teknik lompat tinggi adalah bahu.

Teknik Awalan Straddle.

di bawah ini yang tidak termasuk tahapan-tahapan teknik lompat tinggi adalah

• Mengambil posisi ancang-ancang yang tidak terlalu jauh • Berlari dengan kecepatan sedang • Pasisi awalan dari samping sekitar 30 derajat atau 40 derajat dengan posisi tiang lompatan • Berlari agak serong dari mistar • Teknik Tolakan Straddle • Menggunakan tumpuan kaki yang tersekat dengan mistar • Ketika akan melakukan tolakan, posisi badan agak merebah atau sedikit condong ke belakang • Posisi kaki tumpuan menolak ke atas, hingga kedua lutut kaki lurus dan kedua tangan dan kaki diayunkan dengan tenaga penuh ke depan Teknik Straddle Saat di Atas Mistar • Posisi badan tengkurap • Ketika badan sudah mulai turun posisi kaki harus segera diluruskan ke belakang • Teknik Mendarat Straddle • Jika menggunakan tumpuan kaki yang kiri, maka posisi pendaratan memakai kaki kanan terlebih dahulu.

Kemudian dilanjutkan dengan gerakan posisi berguling. • Gaya Fosbury Flop Gaya ini diciptakan oleh Dick Ricarod Fosbury.Beliau adalah seorang pelompat tinggi yang berasal dari Amerika Serikat.Dalam olimpiade Mexico yang diadakan pada tahun di bawah ini yang tidak termasuk tahapan-tahapan teknik lompat tinggi adalah. Mr Fosbury menggunakan gaya tersebut dan berhasil menjadi juara pertama lompat tinggi. Mulai saat itu para ahli atletik banyak yang meneliti gerakan yang unik tersebut.

Keunikan dari gerakan Fosbury yaitu tubuh berada di atas mistar dengan posisi terlentang dan jatuh menggunakan punggung masih dalam kondisi terlentang. Cara melampaui mistar dengn teknik ini adalah kebalikan dari teknik straddle.

Jika pada lompatan stradle berguling di atas mistar dengan posisi perut menghadap ke bawah (dari arah mistar). Sebaliknya jika teknik flop yaitu dengan punggung yang menghadap ke bagian bawah arah agak serong ke kiri, tidak lagi tegak lurus pada mistar. Teknik Flop Awalan Pada awal teknik flop arahan dari depan, tegak lurus menghadap mistar. Jika kamu menggunakan kaki kiri sebagai tumpuan dari depan menuju tiang sandaran mistar sebelah kanan.

Bila sudah pada langkah-langkah terakhir mengubah arah serong ke kiri, tidak lagi tegak lurus pada mistar. Teknik Tolakan Flop. • Gunakan kaki terkuat pada tumpuan • Bila menggunakan kaki kiri, diangkat dengan lutut kaki ditekuk bersamaan dengan memutar badan ke arah awalan • Badan harus membelakangi mistar • Punggung berada di bagian bawah yang dekat dengan mistar • Posisi punggung melengkung saat melewati mistar Teknik Flop Saat di Atas Mistar.

• Bagian kepala harus lebih dahulu melewati mistar • Selanjutnya dengan posisi badan yang terlentang • Punggung menghadap ke bawah arah mistar. • Saat mencapai ketinggian yang maksimal dan pinggang melewati mistar, posisi kedua kaki digerakan atau diayun ke atas agar bisa melewati mistar dengan sempurna.

Mendarat. Bagian tubuh yang mendarat terlebih dahulu jika melakukan teknik ini adalah punggung.Hal ini disebabkan karena sikap tubuh yang terlentang saat melakukan pendaratan dan teknik ini hanya boleh dilakukan dengan pendaratan yang berbahan busa.

• Gaya Gunting (Scissors) Gaya Gunting ini di temukan oleh Sweney, gaya gunting sering disebut juga dengan Gaya Sweney. Sebelumnya di tahun 1880, Mr. Swenwy ini menggunakan gaya jongkok, namun ia merasa gaya tersebut kurang tepat hingga akhirnya beliau mengubah gaya tersebut menjadi Gaya gunting.

Selanjutnya pada tahun 1895 Sweney menciptakan gaya lompat tinggi lainnya yaitu “gaya gunting samping”. • Gaya Guling Sisi (Western Roll) Gaya ini di ciptakan oleh G. Horin yang berasal dari amerika pada tahun 1912, namun sangat di sayangkan karena gaya ini tidak dapat berkembang, karena ada benturan peraturan yang berlaku.

Lompat tinggi menggunakan Gaya guling sisi, saat kita melewati mistar, posisi kepala kita cenderung lebih rendah dari pinggul kita, sehingga hal ini tidak sah. Karena itu gaya ini tidak pernah digunakan dalam lompat tinggi. Untuk Awalan • Daerah awalan panjangnya. tidak terbatas minimum 15 m • Daerah tumpuan harus datar dan tingkat kemiringanya 1 : 100 • Tiang LompatTiang lompat harus kuat dan kukuh,dapat terbuat dari apa saja asal kuat dan kukuh.jarak kedua tiang tersebut adalah 3,98 – 4,02 m.

Bilah lompat terbuat dari kayu,metal atau bahan lain yang sesuai dengan : • Panjang mistar lompat 3,98 – 4,02 m dan berat maksimal mistar adalah 2,00 kg • Garis tengah mistar antara 2,50 – 3,00 m, dengan penampang mistar terbentuk bulat dan permukaannya harus datar dengan ukuran 3cm x 15 cm x 20 cm • Lebar penopang bilah 4 cm dan panjang 6 cm • Tempat Pendaratan Tempat pendaratan tidak boleh kurang dari 3 x 5 m yang terbuat dari busa dengan ketinggian 60 cmdan di atasnya ditutupi oleh matras yang tebalnya 10 – 20 cm.

Peralatan Lompat Tinggi Dalam acara lompat tinggi ini memerlukan kawasan dan peralatan khusus untuk membolehkan lompatan diadakan sebagai salah satu acara olahraga. Penganjur sesuatu kejohanan olahraga hendaklah memastikan semua ini disediakan sebelum pertandingan dimulakan. Antara peralatan-peralatan yang diperlukan adalah seperti berikut :- • Tiang Lompat Tinggi. Dua batang tiang diperlukan dan tiang-tiang ini tidak boleh diubah-ubah semasa pertandingan sedang dijalankan.

Jika perlu diubah umpamanya kedudukan, hendaklah dilakukan selepas tamat satu pusingan yang melibatkan semua peserta. Kedua-dua tiang ini hendaklah mempunyai alat bantuan khusus bagi membolehkan tiang ditegakkan tanpa mudah dijatuhkan. • Palang Lompat Tinggi. Palang lompat tinggi hendaklah diperbuat sama ada daripada kayu, logam ataupun bahan yang sesuai dengan berbentuk bulat atau segitiga.

Panjang palang hendaklah sesuai dengan jarak kedua-dua tiang yang dipasangkan. Palang ini akan diletakkan pada tiang menerusi alat sokongan khas. Sokongan ini hendaklah mudah dinaikkan atau diturunkan pada tiang. • Kawsan Mendarat Pada peringkat awal acara lompat tinggi dijalankan, pihak penganjur kurang memberi perhatian kepada kawasan mendarat.

Lama kelamaan dengan adanya beberapa teknik lompatan dan pendaratan tertentu, adalah perlu disediakan tempat pendaratan yang sewajarnya.

Sebelum beberapa teknik atau gaya lompatan diperkenalkan, kawasan pendaratan hanya terdiri daripada satu kawasan khas yang diisikan dengan pasir lembut yang lembap. Kini, kawasan mendarat bagi acara lompat tinggi ini digunakan tilam atau pengalas lembut bergetah dan hendaklah berbentuk segiempat.

Tilam atau pengalas lembut ini hendaklah ditempatkan betul-betul selepas kedua-dua tiang lompat tinggi. Tilam berspring atau bergetah boleh digunakan asalkan sesuai untuk pendaratan peserta. • Pita Pengukur Pita pengukur adalah untuk mengukur ketinggian lompatan yang berjaya dilakukan oleh setiap peserta.

Ukuran hanya dibuat sekali sebelum lompatan dimulakan selepas palang dinaikkan. Kini, dalam acara lompat tinggi alat pengukur elektronik digunakan bagi menjadikan proses pengukuran dapat dilakukan dengan cepat dan tepat.

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pencak Silat Teknik Dasar Lompat Tinggi 1. Teknik Dasar Lompat Tinggi Gaya Flop a. Awalan Berbeda dengan straddle, awalan pada flop arahnya dari depan, dilakukan dengan sangat cepat, dengan cara sedikit melingkar atau menikung, dan tegak lurus menghadap letak mistar. Awalan dari depan menuju tiang sandaran mistar sebelah kanan (bila bertumpu pada kaki kiri). Pada langkah-langkah terakhir mengubah arah serong ke kiri, tidak lagi tegak lurus pada mistar.

b. Tolakan Gerakan saat menolak yaitu: • Jika bertumpu dengan kaki kanan, Kaki kanan menumpu dengan kuat, • Kaki kiri diangkat dengan lutut ditekuk sambil memutar badan ke arah awalan, • Badan membelakangi mistar, • Disusul dengan gerakan melintang melewati mistar dengan punggung melengkung.

c. Sikap badan di atas mistar Sikap badan di atas mistar merupakan gaya dalam lompat tinggi. Sikap badan gaya flop adalah: • Kepala paling dulu melewati mistar, • Diikuti dengan badan yang telentang, • Punggung menghadap mistar. • Setelah mencapai titik ketinggian maksimal dan pantat melewati mistar, Kedua kaki diayun ke atas untuk dapat melewati mistar seluruhnya. • Dagu ditarik ke bagian dada dan punggung atlit diusahakan ada di atas mistar dengan menyerupai busur yang melintang.

d. Mendarat Anggota tubuh yang mendarat terlebih dahulu adalah punggung. Sikap tubuh telentang saat mendarat. Oleh karenanya, gaya lompat tinggi ini hanya mungkin dilakukan di atas busa. Jangan mencoba gaya flop di bak pasir. 2. Teknik Dasar lompat Tinggi Gaya Straddle a. Awalan Awalan harus dilakukan dengan cepat dan menikung dengan langka sekitar 3,5,7,9 langkah. Tujuan dari awalan ini adalah sebagai berikut : • Mempersiapkan diri untuk melakukan tolakan melalui irama awalan • Mempersiapkan diri untuk memperoleh sudut lepas landas.

• Menciptakan arah gerak horizontal diubah ke dalam kecepatan vertical. b. Tolakan Tolakan menggunakan salah satu kaki yang terkuat,apabila tolakannya menggunakan kaki kanan maka awalan dilakukan di sebelah sisi kiri mistar. Tujuan dari melakukan tolakan adalah sebagai berikut : • Mengembangkan kecepatan menolak pada sudut lintasan berat badan yang optimal.

• Memperoleh saat – saat untuk memutar yang di perlukan pada tahap melewati mistar • Mengubah arah gerak horizontal menjadi arah vertical. c. Sikap badan di atas mistar Sebaiknya sikap badan pada saat di atas mistar telentang dengan kedua kaki tergantung lemas.Usahakan dagu agak ditarik ke dekap dada,serta punggung berada di atas mistar yang merupakan di bawah ini yang tidak termasuk tahapan-tahapan teknik lompat tinggi adalah yang melenting.

Tujuannya adalah sebagai berikut • Membawa bagian tubuh melewati mistar dengan nyaman • Membawa titik berat badan sedikit mungkin dengan mistar tanpa menyentuh atau menjatuhkan • Menciptakan agar pendaratan dengan baik dan selamat d.

Mendarat Sikap mendarat adalah sikap jatuh setelah melewati busa,sedangkan cara yang baik dalam melakukan pendaratan adalah sebagai berikut • Jika pendaratan terbuat dari matras,maka posisi jatuh adalah sisi bahu dan punggung terlebih dahulu • Jika pendaratan dilakukan di atas pasir,maka yang mendarat lebih dahulu adalah kaki.Ayun kaki kanan kemudian berguling ke depan ,bertumpu pada pundak bahu kanan.

3. Teknik Dasar Lompat Tinggi Gaya Straddle / Gaya Guling a. Langkah Lari Awalan Awalan lari gaya straddle dilakukan dalam garis lurus yang menyerong dari permukaan depan matras pendaratan.

Sudut yang disarankan adalah sekitar 20 – 30 derajat dari garis luru matras. Tetapi awalan tersebut dapat berbentuk lengkungan dengan sudut 45 – 55 derajat terhadap letak mistar. Kecepata dalam melakukan awalan diperlukan untuk memberikan momentum terhadap badan untuk melewati mistar. Oleh sebab itu, awalan dilakukan dengan kecepatan yang cukup tinggi. Panjang awalan delapan langkah, pada empat langkah yang terakhir lebih lebar dari empat awalan yang pertama.

Agar bertumpu pada titik tumpu yang tepat dianjurkan menggunakan tanda-tanda. Jika tumpuan dilakukan dengan kaki kiri maka awalan dimulai dari sebelah kiri bak lompat.

b. Teknik Tolakan tolakan kaki tumpu menggunakan kaki yang terkuat agar menghasilkan gerakan naik yang maksimal. Langkah terakhir agak diperlebar dengan disertai sikap badan yang menengadah disertai gerakan mengayun ke atas untuk membantu meningkatkan titik berat badan yang lebih tinggi. Sikap badan yang agak menengadah dapat menghasilkan sudut tumpuan yang lebih besar, sehingga akan mempermudah mengayunkan kaki.

Gerakan kaki ayun dalam keadaan lurus, tetapi tidak kaku. Setelah kaki kanan diayunkan ke atas dan badan terangkat dengan kaki tumpu.

Saat melewati di atas mistar, ayunan kaki lebih tinggi dari kepala dan melewati mistar lebih dahulu dari bagian bada yang lain. c.

di bawah ini yang tidak termasuk tahapan-tahapan teknik lompat tinggi adalah

Bentuk Gerakan Di Atas Mistar Setelah mencapai titik tinggi maksimum badan diputar ke kiri penuh, dengan kepala mendahului melewati mistar, perut dan dada menghadap ke bawah. Kaki tumpuan yang semula bergantung ditari dalam posisi kangkang. Pada saat ini kaki kanan sudah turun dan tangan sudah siap-siap membantu mendarat.

d. Teknik mendarat Setelah melewati mistar badan bisa langsung jatuh pada punggung yang tidak membahayakan bagi pelompat. Tetapi jika tempat pendaratan merupakan bak pasir. Maka pendaratan dilakukan dengan kaki kanan dan dibantu dengan kedua tangan Peraturan Lompat Tinggi Dalam pertandingan olahraga Lompat Tinggi (High Jump), mistar akan dinaikkan setelah peserta lompat tinggi berhasil melewati ketinggian mistar.

Peserta mestilah melonjak dengan sebelah kaki Peserta juga boleh mulai melompat di mana ketinggian permulaan yang disukainya. Lompatan atlet lompat tinggi akan dinyatakan batal jika peserta menyentuh palang dan tidak melompat.

Menjatuhkan palang pada saat membuat lompatan atau menyentuh kawasan mendarat apabila tidak berjaya melompat. Peserta yang gagal melompat melintasi palang sebanyak tiga kali bertutrut-turut (tanpa di ambil kira di aras mana kegagalan itu berlaku) akan dikeluarkan dari pertandingan. Seseorang peserta lompat tinggi berhak meneruskan lompatan (walaupun semua peserta lain gagal) sehingga dia tidak dapat meneruskannya lagi mengikut peraturan.

Ketinggian lompatan di ukur secara menegak dari aras tanah hingga bahagian tengah disebelah atas padang. Setiap peserta akan diberi peluang sebanyak tiga kali untuk melakukan lompatan. Jika peserta tidak berhasil di bawah ini yang tidak termasuk tahapan-tahapan teknik lompat tinggi adalah mistar sebanyak tiga kali berturut-turut, dia dinyatakan gagal.Untuk menentukan kemenangan, para peserta harus berusaha melompat setinggi mungkin yang dapat dilakukan.

Pemenang ditentukan dengan lompatan tertinggi yang dilewati. Ukuran Lapangan Lompat Tinggi Berikut ini ukuran lapangan lompat tinggi termasuk sarana dan prasana yang diperlukan dalam perlombaan lompat tinggi. 1. Arena untuk Awalan ( Runway) • Daerah awalan panjangnya. tidak terbatas minimum 15 m • Daerah tumpuan harus datar dan tingkat kemiringanya 1 : 100 2.

Tiang Lompat Tiang lompat harus kuat dan kukuh,dapat terbuat dari apa saja asal kuat dan kukuh.jarak kedua tiang tersebut adalah 3,98 – 4,02 m.

3. Bilah Lompat Terbuat dari kayu,metal atau bahan lain yang sesuai dengan : a) Panjang mistar lompat 3,98 – 4,02 m dan berat maksimal mistar adalah 2,00 kg b) Garis tengah mistar antara 2,50 – 3,00 m, dengan penampang mistar terbentuk bulat dan permukaannya harus datar dengan ukuran 3cm x 15 cm x 20 cm c) Lebar penopang bilah 4 cm dan panjang 6 cm 4. Tempat Pendaratan Tempat pendaratan tidak boleh kurang dari 3 x 5 m yang terbuat dari busa dengan ketinggian 60 cm dan di atasnya ditutupi oleh matras yang tebalnya 10 – 20 cm.

Gambar Lapangan Lompat Tinggi Sebarkan ini: • • • • • Posting pada SMA, SMP, Umum Ditag apa tujuan awalan dalam lompat jauh, cara melakukan lompat tinggi, daerah awalan lompat tinggi mempunyai panjang, Gaya Guling Sisi (Western Roll), Gaya Gunting (Scissors)., gaya lompat tinggi, lapangan lompat tinggi, lebar lintasan awalan lompat jauh adalah, lompat galah, lompat tinggi gaya flop, lompat tinggi gaya straddle, makalah lompat tinggi, materi lompat kelas 12, mengapa arah awalan dibuat miring, Pengertian Lompat Tinggi, pengertian lompat tinggi brainly, pengertian lompat tinggi menurut para ahli, peralatan lompat tinggi, peraturan lompat tinggi, sebutkan macam-macam gaya lompat tinggi, sejarah lompat tinggi, tahapan dalam melakukan lompat tinggi adalah, tahapan lompat tinggi, Tahapan Posisi Lompat Tinggi, teknik dasar lompat tinggi, Teknik Flop, Teknik Straddle (Gaya Guling).

Navigasi pos Pos-pos Terbaru • Pengertian Coelentarata – Ciri, Habitat, Reproduksi, Klasifikasi, Cara Hidup, Peranan • Pengertian Gerakan Antagonistic – Macam, Sinergis, Tingkat, Anatomi, Struktur, Contoh • Pengertian Dinoflagellata – Ciri, Klasifikasi, Toksisitas, Macam, Fenomena, Contoh, Para Ahli • Pengertian Myxomycota – Ciri, Siklus, Klasifikasi, Susunan Tubuh, Daur Hidup, Contoh • “Panjang Usus” Definisi & ( Jenis – Fungsi di bawah ini yang tidak termasuk tahapan-tahapan teknik lompat tinggi adalah Menjaga ) • Pengertian Mahasiswa Menurut Para Ahli Beserta Peran Dan Fungsinya • “Masa Demokrasi Terpimpin” Sejarah Dan ( Latar Belakang – Pelaksanaan ) • Pengertian Sistem Regulasi Pada Manusia Beserta Macam-Macamnya • Rangkuman Materi Jamur ( Fungi ) Beserta Penjelasannya • Pengertian Saraf Parasimpatik – Fungsi, Simpatik, Perbedaan, Persamaan, Jalur, Cara Kerja, Contoh • Contoh Soal Psikotes • Contoh CV Lamaran Kerja • Rukun Shalat • Kunci Jawaban Brain Out • Teks Eksplanasi • Teks Eksposisi • Teks Deskripsi • Teks Prosedur • Contoh Gurindam • Contoh Kata Pengantar • Contoh Teks Negosiasi • Alat Musik Ritmis • Tabel Periodik • Niat Mandi Wajib • Teks Laporan Hasil Observasi • Contoh Makalah • Alight Motion Pro • Alat Musik Melodis • 21 Contoh Paragraf Deduktif, Induktif, Campuran • 69 Contoh Teks Anekdot • Proposal • Gb WhatsApp • Contoh Daftar Riwayat Hidup • Naskah Drama • Memphisthemusical.Com1.

berikut tidak termasuk tahapan-tahapan teknik lompat tinggi adalah . A.mendarat B.menjaga keseimbangan C.melewati mistar D.tumpuan/tolakan E.awalan 2. gerakan melemparkan cakram di mulai setelah. A.berat badan berada pada kaki kanan B.gerakan berputar selesai C.tumit kanan di Putar D.gerakan berputar di mulai E.menekuk lutut 3.

awalan lempar cakram adalah. A.langkat pendek B.lari C.putaran D.ingsutan kaki E.geseran kaki 4. ciri khas dari silat adalah . A.penggunaan tendangan B.__________ langkah C.__________ kuncian D.__________ pukulan E.__________ jurus 5. tujuan mempelajari pencak silat sebagai olahraga, yaitu .

di bawah ini yang tidak termasuk tahapan-tahapan teknik lompat tinggi adalah

A.memelihara dan mengembangkan seni budaya bangsa B.melakukan pembelaan diri dari segala kemungkinan yang terjadi C.melakukan olahraga dan dipertandingkan dengan sesuai aturan-aturan pertandingan olahraga D.memelihara kesehatan badan E.menjaga diri dari musuh 6. aliran pencak silat perisai diri dari daerah .

A.jawa tengah B.yogyakarta C.bali D.jawa barat E.madura 7. pukulan depan di sebut juga pukulan. A.Sodok B.ketok C.tebak D.tampar E.pedang 8. tangkisan kaki tutup samping di gunakan untuk menghadapi serangan berupa . A.pukulan sodok B.______ ketok C.______ tebal D.tendangan depan E.tendangan samping 9. usaha pencegahan serangan lawan dengan menahan di sebut. A.kuncian B.hambatan C.putaran D.lepasan E.tangkisan tolong dijawab yah .nnti aku follow dehh tapi di jawab dengan benar yah tolong Berikut ini adalah jawaban dari 9 soal pilihan ganda di atas: • B.

Menjaga keseimbangan • B. Gerakan berputar selesai • C. Putaran • B. Penggunaan langkah • C. Melakukan olahraga dan dipertandingkan dengan sesuai aturan-aturan pertandingan olahraga • B.

Yogyakarta • A. Sodok • E. Tendangan samping • E. Tangkisan Penjelasan: Berikut ini adalah penjelasan jawaban dari 9 soal pilihan ganda di atas: • No. 1 jawaban yang tepat ada pada opsi B karena selain menjaga keseimbangan jawaban yang lain adalah merupakan tahapan teknik lompat tinggi antara lain: awalan, tolakan, melayang, mendarat. Opsi jawaban A, C, D dan E merupakan teknik yang ada dalam tahapan melakukan lompat tinggi. Melewati mistar merupakan teknik saat melayang.

• No. 2 jawaban yang tepat ada pada opsi B karena saat melakukan melempar cakram, tangan bisa melepaskan cakram ke arah lapangan sasaran sesaat setelah melakukan putaran pinggang beberapa kali sebagai awalan persiapan melakukan gerakan.

Opsi jawaban A bukan jawaban yang tepat karena saat melempar posisi kaki agak melayang tidak menyangga beban. Opsi jawaban C, D dan E juga bukan jawaban yang tepat karena tidak sesuai dengan langkah-langkah saat melakukan lemparan cakram.

• No. 3 jawaban yang tepat ada pada opsi C karena memang langkah-langkah melakukan lemparan cakram adalah memutar badan. Opsi jawaban A bukan jawaban yang tepat utama walaupun ada saat gerakan langkah pendek. Opsi jawaban B, D dan E bukan jawaban yang tepat karena tidak ada langkah-langkah gerakan tersebut dalam gerakan lempar cakram. • No. 4 jawaban yang tepat ada pada opsi B karena dalam seni pencak silat terlihat langkah merupakan unsur keindahannya dibandingkan bela diri yang lain.

Opsi jawaban A, C, D dan E bukan jawaban yang tepat karena semua gerakan itu ada di dalam cabang olahraga bela diri yang lain dan bukan suatu ciri khas khusus. • No. 5 jawaban yang tepat ada pada opsi C karena tujuan olahraga adalah untuk mendapatkan prestasi sehingga dalam melakukan olahraga secara tekun dan rutin harus mempunyai tujuan untuk mengikuti turnamen/pertandingan. Opsi jawaban A bukan jawaban yang tepat karena tujuan untuk budaya, opsi jawaban B untuk tujuan keselamatan, opsi D untuk kesehatan, sedangkan opsi E juga untuk keselamatan.

• No. 6 jawaban yang tepat ada pada opsi B karena perisai diri didirikan oleh pendekar besar asal Yogyakarta bernama Pak Dirdjo. Opsi A, C, D dan E bukan jawaban yang tepat karena memang bukan asal wilayah berdirinya aliran tersebut. • No.

7 jawaban yang tepat ada pada opsi A karena gerakan yang dilakukan seperti menyodok sehingga disebut juga pukulan depan/sodok.

Opsi jawaban B, C, D dan E bukan merupakan jawaban yang tepat dari istilah lain pukulan depan pada pencak silat. • No. 8 jawaban yang tepat ada pada opsi E karena dengan adanya tutup samping pada gerakan tangkisan maka dipastikan bahwa gerakan serangan lawan dari arah samping.

Opsi jawaban A, B, C, dan D bukan merupakan pilihan jawaban dengan alasan yang tepat dari soal di atas. • No. 9 jawaban yang tepat ada pada opsi E karena tangkisan merupakan suatu gerakan tanpa menghindar dan langsung menerima serangan lawan dengan cara menahan serangan tersebut. Opsi jawaban A, B, C, dan D bukan jawaban yang tepat karena dari di bawah ini yang tidak termasuk tahapan-tahapan teknik lompat tinggi adalah tersebut tidak ada gerakan yang mengindikasikan gerakan menahan.

Pelajari lebih lanjut: Materi tentang asal aliran pencak silat perisai diri brainly.co.id/tugas/34093219 Materi tentang cara melakukan tangkisan kaki tutup samping brainly.co.id/tugas/34673921 Detail Jawaban: Kelas : 8 Mapel : Penjaskes Bab : Bab 13 - Bela Diri Pencak Silat Bagian 2 Kode : 8.22.13 #JadiRankingSatu satu kaki?

2 Ayo, mengerjakan soal-soal di bawah ini dengan tepat! 1. Bagaimana cara melompat dengan Jawab:. Sebutkan manfaat gerakan dalam per … mainan arung jeram! Jawab:.

di bawah ini yang tidak termasuk tahapan-tahapan teknik lompat tinggi adalah

3. Bagaimana cara menirukan gerakan pohon kelapa? Jawab:. 4. Apa yang harus dilakukan pemain yang bertugas sebagai jala di permainan jala ikan? Jawab:. 5. Tuliskan langkah-langkah melakukan Jawab:. kegiatan melatih daya tahan kaki! !​
Jawaban A. Awalan menurut saya kurang tepat, karena kalau dibaca dari pertanyaanya jawaban ini tidak nyambung sama sekali.

Jawaban B. Tumpuan menurut saya ini 100% salah, karena sudah melenceng jauh dari apa yang ditanyakan. Jawaban C. Melewati mistar menurut saya ini juga salah, karena dari buku yang saya baca ini tidak masuk dalam pembahasan.

Jawaban D. Menjaga keseimbangan menurut saya ini yang paling benar, karena kalau dibandingkan dengan pilihan yang lain, ini jawaban yang paling pas tepat, dan akurat. Jawaban E. Semua jawaban benar menurut saya ini salah, karena setelah saya cari di google, jawaban tersebut lebih tepat digunkan untuk pertanyaan lain.

Kesimpulan Dari penjelasan dan pembahasan diatas, bisa disimpulkan pilihan jawaban yang benar adalah D. Menjaga keseimbangan Jika masih punya pertanyaan lain, kalian bisa menanyakan melalui kolom komentar dibawah, terimakasih.

Pembelajaran Atletik Lompat Jauh (Teknik Awalan, Tolakan, Melayang dan Mendarat)




2022 www.videocon.com