Mengapa suatu perusahaan perlu melakukan inovasi produk

mengapa suatu perusahaan perlu melakukan inovasi produk

Inovasi bisnis bisa di katakan hal yang sangat mutlak harus dilakukan dalam dunia bisnis. Inovasi bisnis adalah perubahan yang terjadi dalam suatu perusahaan dan merupakan salah satu cara untuk mengembangkan sebuah perusahaan menuju arah perubahan yang lebih baik. Inovasi bisnis merupakan hal yang sangat wajib bagi semua jenis perusahaan baik perusahaan dalam skala kecil, skala menengah maupun skala besar. Sebuah kalimat bijak mengatakan, “Segala sesuatu mengalami perubahan, hanya perubahan itu sendiri yang tetap”.

mengapa suatu perusahaan perlu melakukan inovasi produk

Maka agar tetap eksis dalam persaingan bisnis, sebuah perusahaan harus menyelaraskan dengan perubahan yang seiring dengan perkembangan jaman. Pada kenyataannya, sebagian besar perusahaan yang mengabaikan sebuah inovasi, terutama pada perusahaan mengapa suatu perusahaan perlu melakukan inovasi produk kecil yang masih menggunakan metode konvensional. Metode konvensional yaitu segala sesuatu yang dilakukan secara manual dan tidak mengikuti perkembangan bisnis saat ini yang telah menggunakan teknologi canggih untuk segala bagian yang ada dalam perusahaan, seperti pemasaran, operasional, pelayanan serta keuangan.

Penggunaan perangkat lunak akan mempermudah suatu proses operasional dalam perusahaan dan apabila diterapkan dengan benar maka akan mempermudah perusahaan untuk melakukan inovasi bisnis. Daftar Isi • 1 Beberapa alasan perusahaan harus melakukan inovasi bisnis: • 1.1 Perusahaan Akan Berkembang • 1.2 Kebutuhan Konsumen Meningkat • 1.3 Inovasi • 1.3.1 Inovasi Produk.

• 1.3.2 Pemasaran. • 1.3.3 Mengelola Konsumen. • 1.3.4 Pelayanan. Beberapa alasan perusahaan harus melakukan inovasi bisnis: Perusahaan Akan Berkembang Dalam sebuah kondisi bisnis yang semakin ketat, maka setiap perusahaan dituntut untuk lebih kreatif dalam hal menciptakan suatu produk atapun layanan yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen serta produk dan layanan tersebut harus mampu memberikan kepuasan kepada konsumen.

Perusahaan yang memiliki kreatifitas dalam pengembangan atas beberapa aspek perusahaan adalah perusahaan yang mampu bertahan dan berkembang pada kondisi bisnis saat ini. Kebutuhan Konsumen Meningkat Kebutuhan konsumen merupakan salah satu hal yang harus dimengerti oleh sebuah perusahaan guna menciptakan sebuah produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Dalam hal ini perusahaan dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif yang tentunya perusahaan memiliki SDM yang kreatif pula.

Menciptakan sebuah budaya inovatif dalam sebuah perusahaan akan mendorong sumber daya manusia yang ada dalam sebuah perusahaan menjadi lebih kreatif dalam menjalankan pekerjaan sehingga perusahaan dapat berkembang yang berdampak pada kesejahteraan karyawan.

Inovasi Melakukan inovasi bisnis sangat di perlukan supaya perusahaan dapat bersaing. Inovasi merupakan sebuah keunggulan perusahaan dalam jangka panjang. Keunggulan ini terdiri dari keunikan, keunggulan nilai, tidak mudah ditiru, atau tidak memiliki produk pengganti.

Inovasi dalam sebuah perusahaan akan mendorong peran departemen penelitian dan pengembangan pada suatu perusahaan untuk lebih kreatif, yang dapat mengantarkan perusahaan kearah yang lebih baik. Baca : 3 Tips Jitu Memilih Perusahaan Untuk Berinvestasi Dalam sebuah perusahaan, ada beberapa aspek yang memungkinkan untuk dilakukan inovasi.

Aspek-aspek tersebut adalah: Inovasi Produk. Inovasi produk bertujuan meningkatkan kualitas, fungsi, mengemas produk agar terlihat menarik, serta menekan biaya operasional produk yang sesuai dengan keinginan konsumen. Inovasi dalam sebuah produk atau layanan sangat terkait dengan penjualan atas produk dan layanan tersebut. Produk dan layanan yang telah sesuai dengan keinginan konsumen akan secara otomatis suatu produk tersebut diminati oleh konsumen yang berdampak pada penjualan sehingga akan meningkatkan laba suatu perusahaan.

Pemasaran. Pemasaran merupakan proses penyusunan komunikasi terpadu yang memiliki tujuan untuk memberikasn informasi mengenai suatu produk atau layanan yang terkait dengan kebutuhan dan keinginan manusia. Inovasi dalam pemasaran produk akan mendorong berkembangnya marketing mix sehinga dapat memperluas pasar yang sangat menguntungkan bagi perusahaan.

Marketing mix merupakan kombinasi dari beberapa variabel yang terkait dengan pemasaran perusahaan yang menjadi inti dari sistem pemasaran, variabel tersebut terdiri dari produk, harga, tempat (jalur distribusi) dan promosi. Marketing mix merupakan suatu cara dalam mempengaruhi konsumen agar bertindak segera untuk menggunakan layanan atau produk yang ditawarkan.

Mengelola Konsumen. Dengann memberikan feedback yang bagus dengna pelanggan memberikan efek positif terhadap perusahaan atau bisnis yang anda kelola. Inovasi pada pengelolaan konsumen misalnya melalui Customer Relationship Management (CRM) atau yang lebih dikenal dengan nama manajemen hubungan pelanggan.

Baca : 4 Keuntungan Yang Anda Dapatkan Dengan Melakukan Investasi Bisnis Manajemen hubungan pelanggan adalah seuatu sistem yang terintegrasi yang digunakan untuk sebuah rancangan menjadwalkan, dan mengendalikan aktivitas-aktivitas prapenjualan dan pasca penjualan dalam sebuah organisasi ( wikihow). CRM bisa dikatakan suatu yang melingkupi semua aspek yang berhubungan dengan calon pelanggan dan pelanggan saat ini, hal yang dimaksud adalah pusat panggilan ( call center), tenaga penjualan ( sales force), sebuah pemasaran, dukungan teknis ( technical support) dan layanan lapangan ( field service).

pelayanan ini akan meningkatkan loyalitas konsumen yang tinggi pada perusahaan. Pelayanan. Pelayanan merupakan hal yang sering di abaikan oleh pengusaha.

sebagian besar pengusaha tidak memperhatikan pelayanan yang diberikan ke konsumen padahal konsumen sangat menginginkan pelayanan yang luar biasa. Inovasi pelayanan dapat berupa after sales service, after sales service adalah tindakan yang akan membuat kepuasan konsumen meningkat dan akan mendorong konsumen untuk melakukan repeat order ( pesanan berulang).

Pelayanan sangat berkaitan dengan kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan bisa di artikan suatu keadan yang di mana sebuah keinginan, harapan, dan kebutuhan dari suatu pelanggan terpenuhi. Pelayanan dapat dikatakan memuaskan apabila pelayanan tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan. Dalam pengukuran kepuasan pelanggan ada elemen yang sangat penting dalam menyediakan pelayangan yang lebih bagus lagi, lebih efisien dan lebih efektif. Jika pelanggan merasa tidak puas terhadap suatu pelayanan yang disediakan, maka pelayanan yang anda kelola dipastikan tidak efektif dan tidak efisien, dan akan mempengaruhi bisnis yang anda jalankan.

Inovasi bisnis merupakan suatu perubahan dalam beberapa aspek menuju penyempurnaan. Hal ini wajib dilakukan oleh perusahaan agar mampu bertahan dan memonopoli pasar dalam persaingan bisnis yang semakin ketat. Jika anda kurang puas atas artikel yang saya bahas maka anda bisa membaca artikel berikutnya untuk mengevaluasi perusahan anda dengan analisa SWOT. Perusahaan maju dan berkembang adalah perusahaan yang selalu berinovasi.

Mungkin cuma itu pembahasan tentang Pentingnya Inovasi dan manajemen dalam dunia bisnis, semoga artikel ini dapat membantu yang membaca, terimakasih Kategori Bisnis Tag inovasi dalam bisnis, manajemen bisnis, mengapa perusahan harus melakukan onovasi, pengertian inovasi bisnis, pengertian manajmen bisnis, peusahaan berinovasi Navigasi Tulisan Cari untuk: Kategori Kategori Komentar Terbaru • Kandou Shu rrmajah kampus pada Cara Membuka Akun Facebook Yang Terkunci 100% Akurat • budiyono asari pada Di Tipu Mengapa suatu perusahaan perlu melakukan inovasi produk Akun OVO, Begini Cara Melaporkannya Jaminan Uang Kembali • Iky pada Cara Membuka Akun Facebook Yang Terkunci 100% Akurat • Iky pada Cara Membuka Akun Facebook Yang Terkunci 100% Akurat • Bernie Lertora pada Di Tipu Lewat Akun OVO, Begini Cara Melaporkannya Jaminan Uang Kembali KOMPAS.com – Di era modern saat ini banyak faktor yang bisa menjadi pendorong kesuksesan sebuah bisnis atau perusahaan.

Ada yang meraih kesuksesan karena produknya unik dan bermanfaat untuk banyak orang, menciptakan jasa atau layanan yang sangat dibutuhkan masyarakat, dan berbagai faktor lainnya. Namun demikian, jika ditelisik lebih jauh, terdapat satu faktor yang menjadi kunci kesuksesan perusahaan pemimpin industri saat ini, yaitu inovasi. Mengutip northeastern.edu, Kamis (31/10/2019), inovasi, sebagai sebuah konsep, mengacu pada proses yang dilakukan individu atau perusahaan dalam membuat konsep produk, cara, dan ide baru.

Tujuannya mengembangkan atau memberi warna baru untuk produk, cara, atau ide yang telah ada sebelumnya. Inovasi dapat juga diartikan sebagai proses membuat atau menciptakan cara baru untuk melakukan sesuatu. Dalam konteks bisnis, inovasi dapat berkaitan dengan memodifikasi mengapa suatu perusahaan perlu melakukan inovasi produk bisnis dan beradaptasi dengan perubahan untuk meciptakan produk atau layanan yang lebih baik.

Bentuk inovasi dalam bisnis juga bermacam-macam. Tergantung pada tujuan apa yang ingin dicapai perusahaan. Bisa inovasi produk, sistem internal atau proses kerja, hingga model bisnis. Lebih lanjut, tujuan dari inovasi sendiri adalah untuk beradaptasi dengan perubahan zaman.

Apalagi di tengah pesatnya perkembangan teknologi. Berikut adalah tiga alasan tentang pentingnya inovasi dalam bisnis yang dipaparkan northeastern.edu dalam artikel “The Importance of Innovation In Business”, Kamis (31/10/2019). 1. Mendorong pertumbuhan bisnis Setiap perusahaan mempunya cara dan jalan tersendiri untuk tumbuh, mencapai tujuan, dan kesuksesan. Misalnya, meskipun pertumbuhannya lebih lambat, ada perusahaan yang memilih menjalankan model bisnis yang telah dirancang sebelumnya secara bertahap.

Ada pula yang mengambil langkah cepat dengan mengakusisi atau bergabung dengan bisnis lain, yang biasanya menghabiskan lebih banyak dana. Thinkstockphotos.com Ilustrasi startup Namun, jika ingin mengembangkan skala bisnis dengan cepat dan luas, cara paling tepat adalah dengan melakukan inovasi pada model bisnis atau produk.

Hal tersebut pun diakui oleh para pelaku bisnis. Menurut survei yang dilakukan The Boston Consulting Group pada 2015, 79 persen petinggi perusahaan mengklaim inovasi menjadi salah satu dari tiga prioritas utama bisnis mereka.

2. Inovasi membuat bisnis tetap relevan Dunia selalu mengalami perubahan setiap saat. Begitu juga dengan bisnis. Agar bisnis yang dimiliki tetap relevan, kemampuan beradaptasi mutlak diperlukan.

Terlebih di tengah disrupsi teknologi saat ini. Faktanya, hingga kini teknologi menjadi salah satu faktor terbesar pendorong perubahan. Perkembangan teknologi pun telah menciptakan era baru inovasi di seluruh model bisnis dan industri.

Kondisi tersebut membuat banyak bisnis-bisnis baru (startup) bermunculan dengan berbagai inovasi yang mendobrak industri. Bukan tidak mungkin, startup tersebut menjadi pesaing baru bagi perusahaan yang sudah lebih dulu eksis. Untuk itu, inovasi amat diperlukan bagi semua perusahaan, baik perusahaan besar maupun yang sedang merintis.

mengapa suatu perusahaan perlu melakukan inovasi produk

Tujuannya, agar bisa bersaing dan tetap relevan dalam menghadapi lingkungan yang terus berubah. 3. Sebagai pembeda atau ciri khas perusahaan Salah satu tujuan utama dari inovasi adalah melakukan atau menciptakan sesuatu yang berbeda dari para kompetitor di bidang sama. Jika ingin berinovasi pada produk, maka kembangkan produk itu hingga memiliki keunggulan atau spesifikasi khusus yang tidak ada dipasaran.

Bisa juga dengan melakukan inovasi pada cara atau sistem kerja perusahaan. Inovasi ini tidak hanya dapat menghemat sumber daya perusahaan, tetapi juga membuat bisnis lebih unggul. Dengan begitu, suatu perusahaan bisa memiliki pembeda atau ciri khas tersendiri, baik dalam hal produk maupun identitas.

Adapun contoh sukses penerapan inovasi teknologi dalam bisnis adalah inovasi yang dilakukan Alibaba Group pada gelaran pesta belanja daring pada 2018 lalu. Saat itu Alibaba meluncurkan setidaknya 10 produk inovasi untuk mendukung acara 11.11 Global Shopping Festival.

Salah satu inovasinya, yakni melengkapi fitur obrolan di website-nya dengan alat penerjemah berbasis teknologi kecerdasan buatan (AI) yang bisa menerjemahkan 21 bahasa. Teknologi ini mampu memfasilitasi dialog antara penjual dan pembeli selama festival berlangsung.

Kemudian ada Oppo yang juga terus menghasilkan inovasi teknologi lewat produk-produk terbarunya, seperti seri Oppo Find X2. Dok. Oppo Oppo Find X2 hadir dengan resolusi 3K HDR+ (High Dynamic Range) dan teknologi layar 10 bit yang mampu menghasilkan visual yang detail, jelas, serta dapat menampilkan 1,073 miliar warna Inovasi terbarunya ada pada layar smartphone seri premium tersebut. Pada layar Find X2, Oppo menyematkan chip 120Hz Ultra Vision Screen dengan refresh rate 120Hz.

Melansir Kompas.com Rabu (11/3/2020), chip ini mampu mendukung fitur Motion Clear, yang menitikberatkan pada peningkatan frame rate dan HDR Enhancer. Jadi, pengalaman pengguna saat menonton video atau bermain game bisa lebih mulus tanpa terganggung dengan tampilan layar yang patah-patah. Belum cukup sampai disitu, layar Oppo Find X2 pun hadir dengan resolusi 3K HDR+ ( High Dynamic Range) dan teknologi layar 10 bit.

Teknologi itu membuat Find X2 mampu menghasilkan visual yang detail, jelas, serta dapat menampilkan 1,073 miliar warna, sehingga dapat mereproduksi jajaran warna lebih luas dengan tampilan lebih akurat dan nyata. Untuk konektivitas, smartphone tersebut sudah mendukung jaringan 5G serta fitur 65W SuperVOOC 2.0 Flash Charge, yang dapat mengisi penuh daya baterai dalam waktu sekitar 30 menit. Terakhir, Oppo Find X2 dibekali dengan dengan prosesor Snapdragon 865 dengan RAM 12GB dan ROM 256GB untuk mendukung seluruh aktivitas dalam dunia bisnis.

Untuk harga, Oppo Find X2 dijual dengan harga Rp 14.999 juta. Sementara itu, varian Find X2 Pro dibanderol dengan harga Rp 17.999 juta. Untuk informasi lebih lengkap tentang inovasi dan keunggulan mengapa suatu perusahaan perlu melakukan inovasi produk, Anda bisa mencari tahunya melalui website resmi Oppo. Selain ketiga faktor di atas, perlu dihapami pula bahwa melakukan inovasi belum tentu cukup untuk mencapai kesuksesan.

Lebih dari itu, perusahaan harus mampu membawa dan menerapkan inovasi tersebut ke dalam setiap lini bisnis dan kehidupan.
Inovasi Produk – Merupakan ide terbaru yang memberikan nilai tambah dan berdampak positif bagi kehidupan manusia. Oleh karena itu, inovasi produk ini biasanya terkait dengan teknologi juga. Secara umum, inovasi produk adalah cara untuk menciptakan produk baru yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.

Memungkinkan pembeli untuk membeli produk seperti yang diharapkan. Namun, inovasi produk tidak selalu berkaitan dengan produk. Namun, ada juga jenis inovasi di bidang makanan, minuman, pertanian, peternakan dan lainnya.

Oleh karena itu, sebagai seorang wirausahawan, Grameds tentu perlu mengetahui tips memulai bisnis dengan modal yang terjangkau dengan mengandalkan inovasi ini. Inovasi ini menjadi peluang persaingan yang sehat dengan perusahaan lain. Table of Contents • Pengertian Inovasi Produk • Anda Mungkin Juga Menyukai • Tujuan Inovasi Produk • 1. Peningkatan Kualitas • 2. Memenuhi Kebutuhan Pelanggan • 3.

Menciptakan Pasar Baru Di Komunitas • 4. Pengembangan Dan Penerapan Pengetahuan dan Wawasan • 5. Perubahan Produk atau Layanan • 6. Meningkatkan Efisiensi Produk • Manfaat Inovasi Produk • Contoh Inovasi produk • 1. Satu Pegangan Perjalanan • 2. The Broom Goomer • 3. Serutan Sabun Batangan • 4. Koper Dengan Rak • 5. Semprotan Lemon • 6.

Payung Anjing • Cara Melakukan Inovasi Produk • 1. Pengembangan Produk Baru • 2. Penyempurnaan Produk yang Sudah Ada • 3. Menambahkan Fitur Baru ke Produk • Buku Tentang Bisnis • Artikel Terkait Istilah Bisnis Pengertian Inovasi Produk Istilah inovasi produk merupakan upaya yang harus dilakukan oleh pelaku usaha untuk menciptakan, meningkatkan, mengembangkan, dan menyempurnakan produk tersebut.

Namun secara umum produk yang dikembangkan tidak hanya komoditas, tetapi juga inovasi produk makanan, minuman, pertanian dan hewan yang dapat meningkatkan pelayanan. Berdasarkan Undang-undang Nomor 19 Tahun 2002, inovasi produk ini merupakan rangkaian pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam satu produk.

Manfaat positif dari inovasi produk termasuk umpan balik konsumen, mengubah kombinasi produk dari yang sudah ada, dan menemukan produk baru. Puluhan ribu produk baru dapat memasuki pasar setiap tahun. Tapi berapa banyak yang bisa bertahan dalam persaingan? Menurut Profesor Clayton Christensen, 95% produk baru yang diluncurkan gagal. Angka ini menunjukkan betapa padat dan kompetitifnya kondisi pasar saat ini.

Selain itu, persentase ini menunjukkan bahwa pemilik bisnis harus bertindak proaktif untuk berhasil. Rp 45.000 Bertindak cepat dan proaktif bukanlah satu-satunya kunci kemajuan bisnis. Tapi kita juga perlu mengembangkan produk-produk inovatif.

Dalam arti, inovasi adalah kata kunci jika pengusaha ingin memasukkan produk mereka ke dalam kategori produk baru sukses 5%. Jika produk atau solusi yang Grameds tawarkan inovatif, peluang untuk bertahan dan sukses tinggi. Jadi, inovasi produk merupakan cara baru untuk memecahkan masalah yang dihadapi banyak konsumen. Bisa jadi karena tidak ada produk yang bisa mengatasi masalah ini, atau ada produk lain yang sudah ada di pasaran, tetapi mereka menawarkan rute yang berbeda.

Idealnya, Grameds dapat menjawab “ya” untuk tiga pertanyaan berikut untuk melihat apakah produk itu inovatif atau tidak: • Apakah produk tersebut relevan bagi banyak konsumen?

Pertanyaan ini terutama tentang produk yang seharusnya memecahkan masalah yang belum terselesaikan. • Apakah produk lebih baik dari pesaing? Jika demikian, apa peningkatannya? Desain, teknologi, kemudahan penggunaan, dan sebagainya? • Apakah kebaruan atau keunikan produk jelas? • Apakah mudah untuk menjelaskan kepada konsumen mengapa mereka membutuhkan produk ini, atau lebih baik dari pendahulu atau pesaing Grameds?

Jawabannya belum tentu ya, tetapi ini adalah poin penting bagi tim pemasaran yang meluncurkan produk. Grameds mungkin bertanya-tanya mengapa perusahaan perlu berinovasi. Sekarang, inovasi produk penting karena membantu menciptakan ruang baru di pasar yang sudah terisi.

Dengan mengidentifikasi celah dan memasuki wilayah baru, kita dapat menemukan konsumen dan memenuhi kebutuhan mereka dengan cara baru. Perlu diingat bahwa inovasi produk tidak harus mencakup penciptaan produk yang sama sekali baru untuk memecahkan masalah yang sama sekali baru. Dengan kata lain, peningkatan kualitas dan fungsionalitas produk yang ada dapat mengarah pada inovasi. Inovasi produk mutlak perlu dikembangkan dengan berbagai manfaat dan dampak positif yang signifikan.

Produk yang mengalami inovasi dihargai oleh pelanggan untuk menarik lebih banyak konsumen dan menghasilkan keuntungan ganda. Inovasi produk dapat berasal dari umpan balik pelanggan, mengapa suatu perusahaan perlu melakukan inovasi produk dari yang sudah ada, penemuan baru, dan banyak lagi.

Proses inovasi ini perlu terus mengapa suatu perusahaan perlu melakukan inovasi produk dan ditingkatkan hingga produk jadi. Hal ini dapat dicapai dengan menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tujuan Inovasi Produk Dalam kehidupan, inovasi itu sendiri bertujuan untuk meningkatkan kualitas manusia dan memperoleh banyak keterampilan baru yang belum pernah ada sebelumnya.

Untuk produk juga, tujuan tertentu harus dicapai dalam inovasi produk. Berikut ini beberapa tujuan inovasi produk: 1. Peningkatan Kualitas Secara umum, tujuan inovasi yang baik di segala bidang adalah untuk meningkatkan kualitas, termasuk yang berkaitan dengan produk. Selama waktu produk yang dibuat akan menjadi usang karena tidak dapat memenuhi kebutuhan saat ini. Diharapkan produk mengalami inovasi untuk memenuhi kebutuhan saat ini. Alasan lain adalah bahwa produk inovatif menerima tambahan fitur dan pelengkap baru.

Item dengan ciri-ciri baru, kemampuan, dan lain-lain memiliki keunggulan lebih dari item sebelumnya. Dengan kata lain, produk yang ditawarkan dengan inovasi tambahan akan meningkatkan keunggulan dan kualitasnya dibandingkan sebelumnya. 2. Memenuhi Kebutuhan Pelanggan Kebutuhan seseorang sebagai pribadi selalu ada. Pelanggan terus mencari perbaikan dari pemilik bisnis mereka untuk memenuhi kebutuhan semua pelanggan mereka.

Tuntutan pelanggan ini memaksa pemilik bisnis untuk berinovasi produk mereka. Salah satu yang nyata adalah salah satu produk layanan shuttle yang banyak digunakan. Produk utama pada awalnya adalah layanan jemput motor, namun kemudian diinovasi oleh para pengusaha dan dikembangkan lebih lanjut untuk transportasi dengan mobil. Pemilik bisnis juga berinovasi dengan menawarkan layanan belanja bahan makanan tambahan. Inovasi-inovasi tersebut dilakukan sesuai dengan kebutuhan masyarakat seiring dengan semakin banyaknya pelanggan.

3. Menciptakan Pasar Baru Di Komunitas Tujuan lain dari inovasi produk adalah untuk menciptakan pasar baru bagi masyarakat. Produk inovatif memberikan fitur dan perkembangan terkini yang menarik minat masyarakat. Saat orang membeli produk terbaru. Inovasi tidak selalu membawa perkembangan lebih lanjut, tetapi juga dapat membawa fungsionalitas yang berkurang.

Contoh paling nyata adalah telepon genggam atau smartphone. Pemilik bisnis mengurangi beberapa fitur seperti kualitas kamera dan kapasitas penyimpanan untuk membawa produk baru ke pasar dengan harga lebih rendah. Produk baru ini menciptakan pasar baru dengan harga rendah untuk produk yang tidak membuat perbedaan besar dalam kualitas.

4. Pengembangan Dan Penerapan Pengetahuan dan Wawasan Inovasi produk juga bertujuan untuk mengembangkan dan menerapkan pengetahuan kewirausahaan.

Untuk melakukan inovasi produk, kita membutuhkan berbagai macam pengetahuan yang up-to-date seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan. Selanjutnya, para pengusaha mencoba menerapkan pengetahuan mereka pada produk yang mereka hasilkan. Pengusaha perlu memperluas pengetahuan mereka melalui banyak pembelajaran agar dapat menerapkan pengetahuan terbaru pada produk mereka.

Pemilik usaha yang terus belajar ilmu dan mengembangkan ilmunya dapat berinovasi dalam produknya. Untuk dapat menciptakan produk baru dengan menggunakan ilmu pengetahuan terkini.

5. Perubahan Produk atau Layanan Beberapa pemilik bisnis, termasuk pengusaha mobil, sering menghentikan atau menghentikan produk dan layanan lama. Upaya menghentikan atau menarik produksi produk yang sudah ada di pasaran bertujuan untuk melakukan inovasi dengan menukarkan produk tersebut dengan produk yang lebih baik. Produk yang dihentikan tidak lagi memenuhi persyaratan saat ini dan telah dihentikan. Selain itu, produk lama tidak dapat dikembangkan lagi. Oleh karena itu, satu-satunya cara untuk berinovasi adalah dengan mengubah produk atau layanan.

Tentunya dengan tidak mengesampingkan fitur utama dari produk usang tersebut. 6. Meningkatkan Efisiensi Produk Inovasi produk juga bertujuan untuk meningkatkan efisiensinya. Produk inovatif dapat melakukan pekerjaan dengan benar tanpa membuang waktu. Hal yang sama berlaku untuk produk berupa aplikasi layanan antar-jemput.

Aplikasi yang awalnya hanya digunakan untuk pemesanan jasa jemput dan antar mengapa suatu perusahaan perlu melakukan inovasi produk pesat saat ini. Aplikasi ini memiliki banyak fitur seperti layanan belanja dan pengiriman, serta peluang belanja. Inovasi berupa produk layanan ini membuat aplikasi menjadi lebih efisien bagi pelanggan. Pelanggan hanya membutuhkan satu aplikasi untuk melakukan hal yang berbeda, menghemat waktu mereka. Manfaat Inovasi Produk Mengembangkan produk terbaru membuat perusahaan lebih kompetitif dan menambah keuntungan tidak langsung pada nilai perusahaan.

Perusahaan yang dapat berinovasi terus-menerus memiliki keunggulan karena dapat mengalahkan pesaingnya, memungkinkan mereka untuk terus berkembang dan produknya semakin dikenal di masyarakat. Contoh inovasi produk adalah operator seluler yang menambah inovasi dengan menambah atau meningkatkan kualitas kamera. Kamera sangat penting akhir-akhir ini, terutama di media sosial yang sedang berkembang. Inovasi produk yang diciptakan akan membuat perusahaan lebih kompetitif, yang secara tidak langsung akan menguntungkan nilai perusahaan manufaktur.

Perusahaan atau pemilik bisnis yang menciptakan produk yang terus berinovasi dapat mengalahkan pesaingnya. Perusahaan yang terus berkembang melalui inovasi juga semakin dikenal oleh masyarakat umum.

Misalnya, perusahaan telepon seluler mengembangkan produk inovatif dengan meningkatkan kualitas kamera. Kamera ponsel sangat penting akhir-akhir ini, terutama karena media sosial terus berkembang. Sebagai hasil dari perkembangan ini, ada permintaan umum yang meningkat untuk ponsel dengan kemampuan kamera yang sangat baik. Hal ini juga secara tidak langsung meningkatkan nilai perusahaan dari perspektif masyarakat. Contoh Inovasi produk 1.

Satu Pegangan Perjalanan Beberapa orang mengeluh sakit jari dan lecet saat mereka memegang kantong plastik berat di tangan mereka. Namun, saat ini sedang dikembangkan produk one-trip grip yang memungkinkan seseorang membawa banyak kantong plastik berisi pakaian dan makanan sekaligus.

2. The Broom Goomer Kotoran seperti rambut, gumpalan debu, dan potongan kertas kecil bisa tersangkut di antara rambut sapu. Proses yang sama harus diulang sampai sapu bersih, yang mengurangi efektivitas pembersihan rumah. Untuk menghindarinya, Grameds bisa menggunakan Broom Groomer sebagai solusinya. 3. Serutan Sabun Batangan Licin dan sulit dipegang, jadi jangan khawatir jika sabun favorit jatuh ke lantai. Sabun cair sekarang sudah tersedia, tetapi beberapa orang memilih untuk menggunakan sabun batangan yang bertekstur padat.

Agar lebih praktis, Grameds bisa memasukkan stik sabun ke dalam alat mengapa suatu perusahaan perlu melakukan inovasi produk bisa mengubah bentuk stik sabun menjadi serpihan yang lebih halus. Menariknya, alat ini menjaga sabun tetap aman dan menghilangkan risiko kotor dengan menyentuh tangan orang yang berbeda. 4. Koper Dengan Rak Mengemas barang yang salah di dalam koper Grameds dapat menyebabkan penempatan yang berantakan saat dibuka.

Sekarang kita dapat dengan rapi menyimpan barang bawaan di dalam koper dengan rak. Keberadaan rak itu sendiri dimaksudkan agar pengguna dapat menata produknya sesuai dengan kategorinya.

Misalnya atasan, overall, bawahan, aksesoris, sepatu, dan sebagainya. 5. Semprotan Lemon Jus lemon sering dianggap sebagai bumbu. Sayangnya, kebanyakan orang Indonesia enggan menambahkan bahan ini ke dalam makanan mereka karena dianggap hanya mengotori tangan mereka.

Untuk memprediksi hal ini, sebuah produk inovatif bernama Lemon Spray telah dibuat yang memungkinkan kita untuk menyemprotkan jus lemon hanya dengan memasukkan alat ke dalam buah. 6. Payung Anjing Berjalan-jalan dengan anjing tentu saja merupakan kenyamanan yang paling efektif. Selain itu, kegiatan tersebut membantu mendekatkan hubungan antara pemilik dan hewan peliharaan itu sendiri.

Namun, faktor cuaca yang tidak menentu kerap menghambat kegiatan seru ini. Dengan payung anjing, pemilik sekarang bebas berkeliaran di kota tanpa basah atau terkena panas matahari. Desain payung yang cekung memudahkan pemiliknya untuk memegang gagang payung untuk menutupi hewan peliharaan kesayangannya. Cara Melakukan Inovasi Produk Setelah mengetahui pengertian, tujuan, manfaat, dan contoh- contoh inovasi produk, maka waktunya Grameds untuk melakukannya dengan memaksimalkan potensi usaha yang ada.

Berikut ini cara melakukan inovasi produk yang bisa Grameds pelajari dan terapkan: 1. Pengembangan Produk Baru Pengembangan produk baru dapat ditugaskan untuk Inovasi Produk.

Inovasi yang dilakukan bisa bersifat radikal atau disruptif. Inovasi ekstrem seperti itu bisa berhasil, tetapi berisiko gagal. Tantangan inovasi mendasar bukanlah untuk memunculkan ide atau solusi produk, tetapi mendorong pasar untuk beradaptasi dengan produk baru. Secara umum, sebuah produk baru melewati tujuh fase, dimulai dengan generasi ide.

Setelah fase pembangkitan ide, ide tersebut harus melalui fase analisis atau penyaringan. Ide tersebut kemudian masuk ke tahap pengembangan dan pengujian konsep, persiapan strategi pasar, dan pengembangan produk. Selanjutnya, produk tersebut harus melalui tahap ketujuh, tahap pengujian pasar, sebelum dapat dipasarkan atau dikomersialkan. Ingatlah bahwa ini menjelaskan pendekatan paling umum untuk pengembangan produk baru, tetapi ini tentu saja tidak mutlak. 2. Penyempurnaan Produk yang Sudah Ada Jenis inovasi produk ini sering disebut sebagai inovasi inkremental.

Secara khusus, ini mengacu pada perubahan tambahan yang ditujukan untuk meningkatkan produk yang ada. Meningkatkan produk yang telah dikembangkan oleh orang lain biasanya merupakan bentuk inovasi yang paling menguntungkan dan berhasil.

Pasalnya, ketika produk baru keluar biasanya tidak maksimal. Oleh karena itu, beberapa inovasi dan perbaikan tambahan perlu dilakukan untuk lebih memenuhi kebutuhan konsumen. Dengan kata lain, jenis inovasi ini merupakan bagian dari proses perbaikan terus-menerus. Ketika Grameds menginternalisasi konsep continuous improvement dari bisnis yang kamu miliki, wajar jika ingin membuat produk yang lebih baik dan terus memenangkan persaingan.

Ada beberapa pendekatan yang dapat digunakan untuk berinovasi di bidang ini, salah satunya adalah siklus PDCA (Plan, Do, Check, Act). Ini menerapkan teori bahwa perubahan kecil dari waktu ke waktu berkontribusi pada perubahan besar di masa depan. 3. Menambahkan Fitur Baru ke Produk Perbaikan produk dapat didefinisikan sebagai proses membuat perubahan yang berarti dan berarti pada produk.

Ini dapat dicapai dengan membuat fungsi baru. Namun, fitur baru bisa sama resikonya dengan memperkenalkan produk baru. Fitur yang dirancang untuk meningkatkan produk, meningkatkan frekuensi, atau meningkatkan penerimaan. Tidak semua fitur dievaluasi, jadi penting untuk menentukan jenis fitur yang paling relevan dengan produk Grameds dan tujuan yang ingin dicapai. Menambahkan fitur baru ke produk dapat dilakukan dengan cara yang sama seperti meningkatkan produk yang sudah ada.

Oleh karena itu, siklus PDCA mengapa suatu perusahaan perlu melakukan inovasi produk diterapkan untuk tujuan jenis inovasi ini.

Nah itulah penjelasan tentang inovasi produk, mulai dari pengertian, tujuan, manfaat, tujuan, hingga pilihan cara melakukan inovasi pada produk bisnis yang ingin Grameds lakukan. Apakah Grameds sudah yakin mengapa suatu perusahaan perlu melakukan inovasi produk membuat inovasi produk? Agar lebih yakin Grameds bisa mempelajarinya lagi lewat referensi koleksi buku Gramedia di www.gramedia.com, seperti rekomendasi buku tentang inovasi berikut ini: Selamat belajar.

#SahabatTanpabatas. Recent Post • Cara Mengirim Artikel Ke Koran Tribun yang Perlu Kamu Tahu Mei 6, 2022 • Cara Membuat Contoh Proposal Bisnis Plan yang Baik dan Benar Mei 6, 2022 • 8 Rekomendasi Spidol Kain Terbaik untuk Melukis Mei 6, 2022 • Tips Membangkitkan Semangat Kerja & Penyebab Semangat Kerja Menurun Mei 6, 2022 • 70 Ucapan Selamat Idul Fitri Lengkap Mei 6, 2022 • Menu Sahur Enak, Mudah, dan Praktis Mei 6, 2022 • 5 Contoh Surat Pengunduran Diri Mei 6, 2022 • 11 Cara Menghilangkan Ngantuk Secara Efektif Mei 6, 2022 • Menghilangkan Bau Ketiak Secara Efektif Mei 6, 2022 • Rekomendasi Buku Hijrah Muslimah Mei 6, 2022 Inovasi Produk : Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Manfaatnya dalam Pengembangan Bisnis Inovasi produk adalah mutlak diperlukan sehingga bisa dikembangkan dengan memberikan banyak sekali manfaat dan dampak positif yang akan dirasakan.

Produk yang mengalami inovasi akan mendapatkan apresiasi dari para pelanggan, sehingga dapat menggaet lebih banyak konsumen dan mendatangkan keuntungan yang berlipat. Baca juga : Mengenal Internet Marketing Serta Tips Efektif Mengembangkannya Pengertian Inovasi Produk Inovasi produk dapat diartikan sebagai upaya yang dilakukan pelaku usaha pembuat produk untuk memperbaiki, meningkatkan, dan mengembangkan produk yang diproduksi selama ini.

Produk yang dikembangkan tidak selalu dalam bentuk barang, tetapi bisa berupa peningkatan pelayanan. Menurut UU nomor 19 tahun 2002 bahwa inovasi merupakan suatu rangkaian pengembangan dengan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi ke dalam sebuah produk. Inovasi suatu produk ini bisa terjadi karena beberapa hal, di antaranya adalah adanya feedback dari pelanggan, kombinasi hal yang sebelumnya sudah ada, hingga penemuan baru. Proses inovasi ini harus terus dilakukan sehingga produk menjadi terus berkembang, memiliki peningkatan, hingga mencapai kesempurnaan, yang bisa dilakukan dengan cara memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Tujuan Melakukan Inovasi Produk Dalam kehidupan, suatu inovasi pada diri bertujuan untuk membuat manusia memiliki kualitas yang meningkat sehingga memiliki banyak sekali kemampuan baru yang sebelumnya tidak dimiliki. Begitu pula pada sebuah produk, ada tujuan tertentu yang ingin dicapai ketika melakukan inovasi pada produk tersebut. Beberapa tujuan melakukan inovasi pada sebuah produk antara lain : Baca juga : Marketing adalah Kunci untuk Penjualan, Mari Ketahui Lebih Dalam 1.

Meningkatkan Kualitas Umumnya, tujuan untuk melakukan inovasi baik mengapa suatu perusahaan perlu melakukan inovasi produk bidang apapun adalah untuk meningkatkan kualitas, termasuk juga berkaitan dengan barang.

Seiring dengan perkembangan waktu, barang yang diciptakan akan semakin usang karena tidak bisa memenuhi kebutuhan pada masa sekarang. Sehingga barang tersebut diberikan sebuah inovasi agar bisa memenuhi kebutuhan pada masa kini. Alasan lainnya, karena produk yang mendapatkan inovasi diberikan tambahan fitur dan kemampuan baru. Barang dengan fitur atau kemampuan baru dan sejenisnya akan meningkatkan keunggulan dibandingkan barang yang sebelumnya.

mengapa suatu perusahaan perlu melakukan inovasi produk

Sehingga dengan kata lain, barang yang diberikan tambahan inovasi akan meningkatkan keunggulan dan kualitasnya dibanding sebelumnya. 2. Memenuhi Kebutuhan Pelanggan Kebutuhan pelanggan sebagai seorang manusia tentu akan selalu ada. Para pelanggan akan terus menuntut pemilik usaha untuk memperbaiki agar semua kebutuhan pelanggan terpenuhi. Tuntutan pelanggan ini akan memaksa pemilik usaha untuk melakukan inovasi pada produknya. Salah satu yang nyata adalah salah satu produk layanan antar jemput yang biasa digunakan oleh masyarakat.

Barang utama pada awalnya adalah layanan antar jemput dengan menggunakan motor, tetapi kemudian pemilik usaha melakukan inovasi dan mengembangkannya untuk antar jemput menggunakan mobil. Lebih jauh, pemilik usaha juga melakukan inovasi dengan memberikan tambahan layanan untuk pembelian makanan dan berbelanja. Inovasi tersebut dilakukan seiring dengan kebutuhan masyarakat sebagai pelanggan yang semakin banyak. 3. Menciptakan Pasar Baru di Tengah Masyarakat Tujuan lain dalam melakukan inovasi produk adalah untuk menciptakan pasar baru di tengah masyarakat.

Produk yang diberi inovasi memberikan fitur dan perkembangan terbaru yang akan menarik minat masyarakat.

mengapa suatu perusahaan perlu melakukan inovasi produk

Sehingga masyarakat akan membeli produk terbaru tersebut. Terkadang inovasi juga tidak selamanya memberikan perkembangan tetapi juga pengurangan fitur. Contoh paling nyata adalah produk telepon seluler atau smartphone. Pemilik usaha mengurangi beberapa fitur seperti kualitas kamera atau kapasitas memori, sehingga memunculkan sebuah produk baru dengan harga yang lebih murah.

Dengan produk baru tersebut akan menciptakan pasar baru yang mengincar harga yang lebih murah dengan produk yang tidak jauh berbeda kualitasnya. 4. Mengembangkan dan Mengaplikasikan Pengetahuan dan Wawasan Inovasi pada sebuah produk juga bertujuan untuk mengembangkan dan mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki oleh pemilik usaha.

Dalam menciptakan inovasi pada sebuah produk, dibutuhkan wawasan yang luas dan terkini sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan. Kemudian pemilik usaha berusaha bagaimana mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki untuk diaplikasikan pada produk yang dibuatnya.

Agar bisa mengaplikasikan ilmu pengetahuan terkini pada sebuah produk, seorang pemilik usaha harus meningkatkan wawasan dengan banyak belajar. Pemilik usaha yang terus belajar tentang ilmu pengetahuan dan mengembangkan wawasannya akan mampu menginovasi produk yang dimilikinya. Sehingga dapat menciptakan sebuah produk baru yang menggunakan ilmu pengetahuan terkini. Baca juga : Apa itu Search Engine Marketing?

Mari Ketahui Secara Lengkap 5. Mengganti Produk atau Layanan Sering dijumpai beberapa pemilik usaha menarik atau menghentikan produk atau layanan yang sudah usang dari pasaran, salah satunya adalah pemilik usaha mobil.

Usaha menghentikan produksi atau menarik barang yang sudah ada di pasaran bertujuan untuk memberikan inovasi dengan cara mengganti barang tersebut dengan barang yang lebih baik. Barang yang sudah usang dihentikan produksinya karena sudah tidak sesuai dengan kondisi terkini. Selain itu, produk yang sudah usang juga sudah tidak bisa dikembangkan lagi. Sehingga satu-satunya cara dalam berinovasi adalah dengan mengganti produk atau layanannya.

Tentu saja dengan tidak menghilangkan fungsi utama dari produk yang sudah usang tersebut. 6. Meningkatkan Efisiensi Produk Inovasi pada sebuah produk juga bertujuan untuk meningkatkan efisiensinya. Barang yang mengalami inovasi akan dapat melakukan tugasnya dengan tepat sasaran tanpa perlu membuang waktu lebih banyak. Sama halnya pada produk mengapa suatu perusahaan perlu melakukan inovasi produk aplikasi layanan antar jemput.

Pada aplikasi tersebut yang semula hanya bisa digunakan untuk memesan layanan antar jemput, kini berkembang dengan pesat. Ada banyak fitur yang dimiliki oleh aplikasi tersebut termasuk layanan pembelian dan antar makanan, bahkan berbelanja. Inovasi dalam bentuk produk jasa ini membuat aplikasi tersebut semakin efisien digunakan oleh pelanggan. Pelanggan cukup membutuhkan satu aplikasi saja agar bisa melakukan berbagai hal, sehingga pelanggan dapat menghemat waktu.

Baca juga : Mengenal Lebih Jauh Pengertian Outsourcing dan Fungsinya Fungsi Inovasi Produk Pemilik usaha dituntut untuk selalu melakukan inovasi pada produk-produknya. Hal ini karena inovasi pada barang dapat berfungsi sebagai bagian dari strategi pemasaran untuk menarik semakin banyak pelanggan. Inovasi yang diterapkan pada sebuah produk dapat menarik minat masyarakat untuk mencoba menggunakan barang tersebut.

Inovasi juga berfungsi agar pemilik usaha tidak tergulung oleh arus perkembangan yang ada saat ini. Perkembangan zaman akan menuntut pemilik usaha untuk terus berinovasi sehingga dapat terus bertahan. Berbagai produk yang tidak bisa berinovasi menurut perkembangan zaman akan perlahan ditinggalkan oleh para pelanggan dan mati.

Contohnya adalah telepon rumah yang tergeser oleh telepon seluler. Manfaat Melakukan Inovasi Produk Melakukan inovasi pada barang yang diciptakan akan membuat bisnis semakin kompetitif sehingga secara tidak langsung akan bermanfaat pada nilai perusahaan pembuatnya.

Perusahaan atau pemilik usaha yang membuat suatu produk yang terus berinovasi akan mampu mengalahkan pesaing-pesaingnya. Perusahaan yang terus berkembang dengan melakukan inovasi juga akan semakin dikenal oleh masyarakat. Sebagai contoh, sebuah perusahaan telepon seluler yang melakukan inovasi produk dengan meningkatkan kualitas kamera. Kamera pada telepon seluler menjadi hal yang penting saat ini, terutama ketika media sosial terus berkembang.

Dengan mengikuti perkembangan tersebut, telepon seluler dengan kemampuan kamera yang baik akan semakin diminati oleh masyarakat. Sehingga secara tidak langsung nilai perusahaan di mata masyarakat juga meningkat. Baca juga : 10 Strategi Marketing Paling Efektif untuk Bisnis Fesyen Kesimpulan Pembahasan diatas bisa diterapkan di dalam bisnis Anda agar tidak salah dalam memilih barang atau produk, kualitas barang merupakan suatu hal yang banyak dan dibutuhkan oleh pelanggan.

Jika Anda menjual suatu barang dengan kualitas yang bagus dan pelayanan yang ramah, pelanggan pasti akan menyukainya dan membeli kembali. Dalam pencatatan stok barang juga hal yang penting dalam menjalankan bisnis, jika bisnis Anda berkembang dengan baik, pencatatan stok barang dan penjualan Anda akan lebih banyak dan akan sulit jika masih menggunakan pencatatan manual.

Oleh karena itu, gunakanlah software akuntansi yang memiliki fitur inventory yang dapat mempermudah Mengapa suatu perusahaan perlu melakukan inovasi produk dalam pencatatan stok barang dan penjualan. Accurate Online salah satu software akuntansi yang memiliki fitur tersebut dan fitur lainnya seperti pencatatan penjualan, multi cabang dan lainnya. Jadi jika usaha Anda berjalan dengan sukses dan ingin membuka cabang, accurate online siap untuk membantu Anda dalam pengelolaan stok barang, laba rugi perusahaan dan laporan keuangannya.

Tertarik ingin mencoba? Klik tautan di bawah ini untuk mencoba trial selama 30 hari dengan gratis:
Pentingnya inovasi terutama dalam membangun bisnis tampaknya perlu Anda ketahui. terutama di zaman seperti sekarang ini yang diwarnai dengan perkembangan teknologi canggih secara pesat. Di era digital ini tampaknya kehidupan berjalan semakin modern dan dinamis. Oleh karena itu dibutuhkan banyak gebrakan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada.

Dengan adanya berbagai gebrakan tersebut maka modernisasi diharapkan bisa diisi dengan berbagai kemudahan bagi manusia dalam menjalani kehidupan. Banyak aspek dalam kehidupan manusia yang membutuhkan perubahan dan solusi cnaggih. Mulai dari aspek kesehatan dan pendidikan serta aspek kesejahteraan sosial dan masih banyak aspek lainnya yang juga memerlukan sentuhan inovatif. Maka dari itu diperlukan adanya beraneka ragam inovasi dengan ide baru yang segar dan dengan pemanfaatan teknologi canggih di dalamnya.

Jika dilihat secara sekilas maka tampaknya berinovasi itu tidaklah mudah. Bahkan sebuah inovasi terasa sangat sulit untuk ditemukan. Namun sebenarnya pemikiran tersebut tidak sepenuhnya benar.

Sebab sebenarnya inovasi bisa muncul dengan dimulai dari adanya berbagai ide yang sederhana. Ide sederhana ini kemudian dikembangkan dan diterapkan dalam segala aspek kehidupan termasuk pada sebuah perusahaan.

Tentunya pengembangan ide bisa dilakukan dengan mendapat bantuan baik dari teknologi canggih maupun dari referensi orang lain atau rekan. Bagaimanapun juga iinovasi diperlukan dalam segala bidang karena pernanannya yang dapat memberikan kemajuan.

Fungsi Inovasi Sebelum memahami lebih jauh tentang pentingnya inovasi, lebih dulu ketahui apa saja fungsi dari inovasi tersebut. Misalnya yaitu sebagai berikut. Mendorong pertumbuhan Inovasi yang terus ada dan bahkan berkembang bisa memberikan dampak yang baik terutama bagi sebuah perusahaan. Memang sebuah perusahaan umumnya memiliki cara yang tersendiri untuk bertumbuh namun tentunya di dalam cara yang dilakukannya terkandung sebuah inovasi.

Dalam dunia bisnis inovasi dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis dengan pesat. Memang inovasi bisa dijadikan sebagai salah satu cara paling tepat dan paling efektif untuk mengembangkan sebuah produk yang ditawarkan atau dijual pada bisnis Anda. Bahkan dengan adanya inovasi inilah maka sebuah perusahaan mampu mengembangkan skala bisnisnya secara lebih luas dan juga lebih cepat.

Adanya relevansi Sebuah perubahan memang selalu terjadi bahkan di seluruh aspek kehidupan manusia. Sebuah perubahan juga biasanya terjadi pada perusahaan yang bergerak di bidang apapun. Demikian pula dnegan perusahaan atau bisnis yang sedang Anda jalankan di saat ini. Dengan adanya inovasi maka bisnis Anda bisa tetap berjalan dengan relevan.

Sebab pada dasarnya inovasi dapat membuat sebuah perusahaan bisa lebihmudah melakukan adaptasi dengan lingkungan dan kondisi sekitar. Jadi perusahaan bisa tetap bertahan dan tetap melangsungkan aktivitas ekonominya.

Kondisi ini tentu baik bagi sebuah perusahaan karena mampu membawa perusahaan untuk bisa mendapatkan keuntungan dari bisnis yang sedang berjalan pada perusahaan tersebut. Sebagai ciri khas Inovasi pada dasarnya bertujuan untuk menciptakan sesuatu yang berbeda.

Sekalipun perbedaan ini bukanlah sebuah hal yang besar namun perbedaan bisa menjadi ciri khas dari sebuah perusahaan. Memang setiap perusahaan hendaknya memiliki ciri khas tersendiri yang berbeda dengan perusahaan kompetitor lainnya. Sebab adanya ciri khas ini dapat membuat perusahaan semakin unik sehingga selalu diminati oleh para konsumen.

Inovasi pada dasarnya tidak hanya meliputi hasil produk saja tetapi juga pada suatu sistem atau cara kerja. Misalnya dalam hal pemasaran rupanya juga memerlukan inovasi sehingga bisa dilakukan dengan mengunakan strategi baru yang menarik.

Dengan adanya penerapan inovasi dalam perusahaan maka idntitas perusahaan semakin dikenal oleh berbagai kalangan. Cara Mendorong Langkah Dan Pentingnya Inovasi Adapun untuk mendorong tercipta pentingnya inovasi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, misalnya dengan cara berikut ini. Pemimpin yang berkualitas Umumnya sebuah invasi dimulai dari seorang pemimpin yang berkualitas. Untuk itu perusahaan sebaiknya mengangkat pemimpin atau atasan yang selalu bersemangat dalam menciptakan inovasi sehingga selalu otimis dalam melakukan pekerjaannya.

Pemimpin yang berkualitas tentu terbiasa untuk berpikir maju dan terbuka serta dapat merangkul perubahan. Hal ini juga bisa ditanamkannya pada bawa bawahan. Membangun tim Kerja sama tim yang baik tentu diinginkan oleh semua perusahaan.

Sebab adanya kerja sama tim yang baik maka tujuan perusahaan bisa dicapai secara lebih efektif. Tim yang saling bekerja sama dengan efektif ini nantinya juga dapat menumbuhkan inovasi secara kontinyu. Kondisi ini tentu dapat membantu perusahaan untuk terus eksis dan berkembang dengan baik. Apresiasi kegagalan Salah satu hal yang menghambat kemajuan tim pekerja dalam sebuah perusahaan adalah adanya sikap intoleran terhadap kegagalan ataukesalahan yang dilakukan oleh pegawai.

Oleh karena itu sebaiknya berikanlah apresiasi terhadap para karyawan Anda sekalipun karyawan memiliki ide yang tidak sama dengan Anda. Memahami klien Setiap klien tentu memiliki permasalahan yang berbeda. Namun berbagai macam perbedaan masalah tersebut dapat membuat karyawan untuk terus memikirkan jalan keluar terbaik bagi permasalahan klien. Tentunya hal ini dapat terus mendorong karyawan untuk saling berinovasi demi kepercayaan klien terhadap perusahaan.

Pentingnya Inovasi dalam Bisnis Sebuah perusahaan baik perusahaan kecil maupun besar tentu memerlukan adanya inovasi. Inovasi sendiri sebagai suatu ide baru diperlukan bagi perusahaan bahkan adanya inovasi dapat mempertahankan kelangsungan sebuah perusahaan. Pada kenyataannya hanyalah prusahaan yang inovatif saja yang mampu tetap berdiri dan bersaing dengan berbagai perusahaan lainnya. Sebuah inovasi sebenarnya tidak selalu berkaitan dengan penemuan besar saja. Justru inovasi sebenarnya bisa saja meliputi beberapa temuan kecil namun bisa memberikan dampak atau pengaruh yang besar terhadap sebuah perusahaan.

Inovasi juga dapat membuat perusahaan menjadi lebih mudah dalam melakukan penyesuaian terhadap permintaan pasar. Maka dengan adanya inovasi tentunya perusahaan mampu menghasilkan produk yang semakin berkualitas. Selain itu adanya inovasi juga dapat membuat perusahaan bisa memberikan layanan pada pelanggan dengan semakin baik. Inovasi di dalam perkembangan suatu bisnis bisa saja berasal dari seorang karyawan biasa namun memiliki semangat kerja yang tinggi disertai dengan strategi pemasaran menarik.

Untuk tetap mempertahankanb adanya inovasi di sebuah perusahaan maka sebaiknya setiap perusahaan menjadikan inovasi sebagai budaya dalam perusahaan. Jadi setiap tenaga kerja terbiasa untuk memikirkan ide-ide kreatif demi memberikan perubahan bagi perusahaan. Adanya inovasi yang menarik tentu akan menarik minta pelanggan sehingga permintaan produk perusahaan Anda akan semakin meningkat dan perusahaan Anda bisa memperolehlaba sebesar-besarnya.

Pentingnya inovasi ini tentu sama pentingnya dengan memastikan sistem keuangan perusahaan yang tepat guna. Oleh sebab itu sebaiknya cobalah beralih pada JojoExpense. Dengan sistem dan produk tersebut tentu saja sistem keuangan perusahaan dapat lebih transparan serta mudah untuk dikontrol. Terutama berkat adanya fitur dalam JojoExpense seperti misalnya fitur reimburse via application maupun website. Sehingga tentu sudah terbukti pada sistem ini jauh lebih baik.

Jadi, jangan ragu, yuk coba beralih pada JojoExpense. Artikel Terbaru • Definisi Pekerja Penuh Waktu Adalah … 31 Juli, 2021 • Mengenal Apa itu Above the Line dan Below the Line Marketing 25 Juli, 2021 • Seperti Ini Peran dan Tugas Auditor Eksternal 25 Juli, 2021 • Mengenal Apa itu Big Four Mengapa suatu perusahaan perlu melakukan inovasi produk Akuntan Publik 25 Juli, 2021 • Rumus Aktiva Tetap, Pengertian dan Jenis-jenisnya 25 Juli, 2021 Arsip Arsip Kategori • Akuntansi (289) • Bank (9) • Bisnis (1.260) • Ekonomi (540) • Entrepreneurship (159) • Etos Kerja (333) • Events (9) • Human Resource (560) • Insight Jojonomic (15) • Keuangan (391) • Kisah Sukses (36) • Manual Guide (34) • Marketing (296) • News (68) • Pajak (183) • Pengetahuan (187) • Review (72) • Technology (57) • Tips & Trick (327) • Uncategorized (1) Hubungi Kami • Talavera Office Suite, 18th Floor, Jalan TB Simatupang, kav 22-26, RT.1/RW.1, Cilandak Bar., Kec.

Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Mengapa suatu perusahaan perlu melakukan inovasi produk Ibukota Jakarta 12430 • 02129715823 • marketing@jojonomic.com This website uses cookies to improve your experience while you navigate through the website. Out of these, the cookies that are categorized as necessary are stored on your browser as they are essential for the working of basic functionalities of the website.

We also use third-party cookies that help us analyze and understand how you use this website. These cookies will be stored in your browser only with your consent. You also have the option to opt-out of these cookies. But opting out of some of these cookies may affect your browsing experience.

• Produk • Productivity mengapa suatu perusahaan perlu melakukan inovasi produk Colaboration • Jojo Times • Jojo Task • Jojo Timesheet • Jojo Chat • Jojo Leave • Jojo Meet • Back • Sales & Marketing • Jojo MarketingIntellegence • Jojo LeadManager • Jojo SalesTeam • Jojo SalesPipeline • Jojo CampaignManager • Back • Finance • Jojo Expense • Jojo Invoice • Jojo AssetManagement • Jojo E-Budgeting • Jojo CashCard • Back • Human Resource • Jojo Payroll • Jojo E-learning • Jojo Recruitment • Jojo Performance • Jojo People • Back • Operation • JojoCX – CustomerExperience • Jojo Command Center • Jojo Digital Document • Jojo Procurement • Jojo Travel • Jojo HSE • Back • Intelligence & Customization • Jojo Analytics • Jojo Flow • Jojo Link • Jojo API • Jojo Live • Back • Back • Login • Coba Gratis • Hubungi Sales • ID • EN × Close Panel
Dalam suatu perusahaan, perlu adanya inovasi produk.

Inovasi inilah yang nantinya akan memberikan suatu cita rasa yang baru terhadap produk yang sudah ada sebelumnya. Apalagi, jika dibarengi dengan munculnya pesaing dengan produk yang hampir sama dengan produk perusahaan Anda.

mengapa suatu perusahaan perlu melakukan inovasi produk

mau tidak mau, harus segera diperbarui agar tidak kalah dengan produk tersebut. Pengertian Inovasi Produk Secara umum, inovasi produk memiliki arti sebagai suatu kemajuan fungsional dari suatu produk yang bisa membuat produk tersebut lebih baik dibandingkan dengan produk pesaing. Minimal produk terbaru tersebut lebih bagus dari produk sebelumnya. Karena jika suatu produk mengapa suatu perusahaan perlu melakukan inovasi produk suatu keunggulan, maka akan dilihat sebagai nilai tambah untuk konsumen.

Setiap inovasi yang dilakukan atas suatu produk memiliki resiko yang berbeda. Walaupun tujuan dari ide tersebut adalah untuk memberikan nilai plus tersendiri terhadap sebuah produk, namun hal tersebut tidak bisa menjamin kesuksesannya.

Karena ada pula yang menganggap jika ide itu tidak memberikan perubahan sehingga merugi. Peluang untuk Inovasi Produk Ada peluang yang bisa saja terjadi setiap dilakukan pengubahan model suatu produk.

Peluang tersebut: Mencoba untuk Mengurangi Biaya Produksi Ini dapat dilakukan dengan menambah kuantitas pembelian suatu bahan baku sehingga harga bisa diminimalisir. Dengan begitu, biaya produksi juga akan berkurang. Selain menggunakan bahan baku yang sudah ada, Anda juga bisa mengoptimalkan ide dengan proses produksi.

Misalnya yang awalnya menggoreng, kemudian mengubahnya menjadi mengukus. Memberikan Subsidi Harga Dengan adanya ide baru suatu produk, akan ada harga yang lebih tinggi, selisih harga dari produk tersebut dapat dimanfaatkan. salah satu peluang yang bisa Anda manfaatkan adalah dengan subsidi harga. Sehingga bisa mendongkrak produk yang satu dengan yang lainnya. Manfaat Inovasi Suatu Produk Tidak bisa dipungkiri, jika inovasi produk itu sendiri memberikan manfaat tidak hanya pada barang namun juga pada perusahaan yang memproduksi.

Berikut merupakan manfaat dari pembaruan produk, diantaranya: • Memberikan nilai plus pada produk sehingga bisa menarik perhatian untuk konsumen. Dengan begitu, konsumen akan mencoba untuk menggunakan produk tersebut. • Meningkatkan daya saing.

mengapa suatu perusahaan perlu melakukan inovasi produk

Perkembangan pasar semakin lama semakin maju dan sengit. Jika perusahaan tetap menggunakan produk yang sama dalam waktu yang lama tanpa adanya ide, maka akan kalah. Karena hal tersebut, agar bisa mengimbangi produk dan persaingan dari perusahaan yang lain, maka pembaruan produk harus dilakukan. Siapa yang unggul maka itulah yang akan menang di pasar persaingan.

• Adaptasi dengan lingkungan yang dinamis. Boleh saja mempertahankan suatu produk yang ada namun, Anda tidak bisa mencegah perubahan seperti trend pasar. Sehingga mau tidak mau harus selalu menyesuaikan agar perusahaan tetap bisa bertahan.

Ada beberapa cara untuk mengatasi perubahan yang dinamis tersebut dan salah satunya adalah dengan inovasi produk.

Anda bisa menciptakan suatu produk yang sesuai dengan trend tersebut. Sehingga nantinya, Anda bisa memiliki beberapa pilihan produk yang dapat ditawarkan ke konsumen. Namun, untuk mencapai manfaat tersebut dan memberikan keuntungan bagi perusahaan, maka harus ada strategi. Masing-masing perusahaan memiliki situasi dan kondisi yang berbeda sehingga untuk strategi dapat disesuaikan dengan kondisi yang ada. Konsep Inovasi Produk Inovasi produk tersebut, pada dasarnya didasari pada 2 hal yaitu: ·       Marketing Pull / Demand Pull Inovasi bisa saja terjadi karena ketidakpuasan dari konsumen atau dari pangsa pasar Anda akan produk yang Anda keluarkan.

Sehingga untuk mengatasi masalah tersebut, maka mau tidak mau harus mengadakan pembaruan terhadap suatu produk. Selain itu, dorongan untuk melakukan suatu ide juga disebabkan karena seseorang atau sekelompok orang yang ingin membuat suatu produk yang diinginkan pasar.

Misalnya pangsa pasar di Indonesia butuh pelembab yang tidak hanya bisa melindungi kulit namun juga mencerahkan. Karena permintaan tersebut, akhirnya perusahaan membuat suatu pelembab yang sesuai keinginan pasar. Dengan begitu, produk yang dibuat sudah memiliki pangsa pasarnya tersendiri.

Jikapun untuk meraih keuntungan dari pangsa tersebut, maka tetap harus dilakukan strategi marketing yang tepat. ·       Technology Pull Inovasi ini terjadi karena ketidakpuasan dari peneliti baik yang internal ataupun eksternal terhadap produk yang sudah ada. Karena hal tersebut tujuan dari dilakukan pembaruan tersebut adalah untuk mengkomersilkan mengapa suatu perusahaan perlu melakukan inovasi produk yang belum dimengerti masyarakat.

Alasan tersebutlah yang kemudian mendorong adanya inovasi produk. Bedanya, pembaruan ini yang disebabkan karena alasan ini, tidak melihat apakah pasar sedang butuh atau tidak. bisa juga dianggap untuk mencegah ketertinggalan persaingan karena teknologi yang semakin lama semakin berkembang. Konsep Inovasi Produk Inovasi produk memiliki konsep yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Konsep dasar tersebut yaitu: 1.    Simplify (Menyederhanakan) Konsep ini menyederhanakan suatu proses. Misalnya yang awalnya membuat produk harus disortir terlebih dahulu kemudian untuk inovasinya, tidak perlu disortir namun bisa dimaksimalkan dalam pengolahan. Dengan cara tersebut, Anda melakukan suatu inovasi terhadap produk terhadap suatu proses. 2.    Combine (Menggabungkan) Konsep ini adalah menggabungkan 2 proses atau 2 produk menjadi 1 produk. Misalnya yang awalnya shampoo yang diproduksi yang bertujuan untuk mengatasi ketombe dan ada yang untuk rambut rontok.

Kemudian dari inovasi berkonsep kombinasi tersebut, dibuat sampo untuk ketombe dan rontok. 3.    Integrate (Mengintegrasikan atau Menyatupadukan) Konsep ini menyatukan beberapa produk.

Hampir sama dengan mengkombinasi namun lebih kompleks sehingga keunggulan yang dimiliki tidak hanya 1 namun juga bisa berlipat. Dengan begitu, nilai plus yang dimiliki produk tersebut juga akan semakin besar. 4.    Re-Arrange (Mengatur Ulang) Artinya adalah mengatur ulang tentang produk tersebut. Bisa dari komposisi, bisa dari produksi atau bahkan bisa dari desainnya, agar terlihat lebih menarik di mata konsumen.

5.    Eliminate (Menghilangkan atau Mengeliminasi atau Menyingkirkan) Artinya adalah menghilangkan proses atau bagian tertentu yang tidak perlu dikerjakan.

Misalnya dalam desain atau tampilan dari produk tersebut ada gambar bintang. Padahal kalau tidak ada gambar tersebut, desain produk tetap bagus, sehingga gambar dihilangkan. Dengan begitu, Anda melakukan inovasi untuk desain produknya agar terlihat menarik.

Karena hal tersebut, untuk melakukan suatu inovasi produk yang ada, tidak hanya terkait dengan konsep ataupun alasan namun juga budget. Memang produk bisa dimodifikasi misalnya dengan membuat produk dengan budget seminimal mungkin atau dengan bahan baku yang ada. Akan tetapi, hasilnya tidak akan semaksimal jika produk benar-benar suatu produk yang baru. Apalagi, perusahaan butuh produk yang tidak kalah dengan produk pesaing.

Cara Melakukan Inovasi Produk Inovasi produk sangatlah berguna dalam produksi yang dilakukan. Banyak cara yang dapat anda gunakan untuk mendapatkan inovasi produk. Anda akan mendapatkan banyak ragam produk dan akan laku dipasaran. Perusahaan akan mendapatkan keuntungan yang banyak. Ada tiga cara melakukan inovasi produk, apa saja itu?

Yuk simak! Mencari Ide Baru Tentu saja untuk bisa mendapatkan inovasi produk pastinya anda harus mencari inspirasi yang baru dan menarik. Pastikan ide yang dituangkan tersebut dapat dipentuk menjadi sebuah produk yang nantinya akan layak dijual dipasaran. Mungkin perusahaan dapat mengutus para karyawannya untuk membuat ide-ide baru yang menarik dan jarang ditemui dipasaran. Selain itu perusahaan juga dapat melombakan ide-ide baru untuk produk baru tersebut.

Maka semua karyawan bisa ikut serta, sehingga perusahaan dapt memilih mana yang paling bagus dari desain dan bahan yang digunakan juga. Apakah nantinya produk tersebut akan berhasil di pasaran mengapa suatu perusahaan perlu melakukan inovasi produk tidak.

Dan hal-hal kecil juga dipertimbangkan seperti misalnya warna juga harus dipertimbangkan maupun ukuran produk. Mengamati Produk Serupa Mungkin anda juga terinpirasi dari produk yang sebelumnya diluncurkan di pasaran. Anda bisa mengembangkan lagi tetapi dengan tambahan-tambahan yang dapat membedakan produk yang kali ini akan anda pasarkan dengan produk yang sebelumnya anda luncurkan. Dengan produknya yang sebelumnya yang laku dipasaran dan banyak konsumen yang menyukainya maka nantinya perusahaan bisa membuatnya versi barunya atau versi tambahan yang lebih baik.

Konsumen juga akan suka mungkin dengan kali ini pilihan warnanya lebih banyak, ukurannya mungkin lebih minimalis atau juga lebih besar, bentuk produk yang baru mungkin sedikit berbeda tetpi masih mirip dengan yang sebelumnya juga dapat dijadikan pilihan. Melihat Keinginan Konsumen Nah, kali ini anda harus dan wajib melakukannya. Karena dengan anda mengamati apa kemauan dari konsumen atau kemauan pasar produk anda akan diserbu oleh para konsumen.

mengapa suatu perusahaan perlu melakukan inovasi produk

Karena mereka mungkin sedang menyukai model yang seperti ini atau warna yang lebih soft, dan sebagainya. Atau anda juga bisa mengabulkan keinginan pasar lalu kemudian langsung membuat rancangan untuk memproduksinya.

Selain daripada itu anda bisa melihat juga apa yang sudah banyak dipasaran sebaiknya jangan dijadikan pilihan saja, tetapi juga harus melihat kebutuhan dan keinginan konsumen. Mungkin dengan mengemasnya menjadi produk yang lebih menarik, baik dari warnanya, bentuknya, ukurannya yang berbeda dari yang ada dipasaran. Melihat Peluang Yang Ada Melihat peluang bisa dilakukan dengan melihat apa yang ada dipasaran sehingga perencanaan akan lebih menarik dan tidak monoton dari barang dipasaran.

Perusahaan bisa langsung memproduksinya supaya konsumen dapat segera menerima dan menyukainya. Atau bisa juga peluang yang dimaksud adalah jarangnya produk yang diluncurkan dibidang tersebut. Karean itu perusahaan bisa langsung merencanakan hal tersebut dan memproduksinya. Produk yang dipilih dan dibuat dengan seksama bisa saja langsung disukai dipasaran. Pastikan juga pemilihan bahan-bahan yang berkualitas tinggi supaya dapat menarik minat para konsumen dan meningkatkan nilai jual dari produk tersebut.

Tips Menemukan Inovasi Produk dengan Cepat Sangat penting untuk menemukan inovasi produk dengan cepat dan menemukan produk yang akan disukai oleh konsumen melalui produk yang menarik dan memikat konsumen. Banyak yang harus anda lakukan untuk mencapai hal tersebut. Selain itu seluruh karyawan harus aktif disetiap bidang dan departemennya.

Karena antara perusahaan dan karyawan harus memiliki kerja sama dalam menghasilkan inovasi terbaik. Banyak Membaca Informasi Banyak membaca banyak informasi yang didapatkan bagi perusahaan. Mungkin dengan membaca apa saja tipe produk yang sedang viral dan disukai konsumen saat itu. Jadi jika perusahaan banyak membaca maka mereka juga akan mengikuti jaman sesuai dengan kemauan konsumen dan kemauan pasar.

Sehingga perusahaan akan mudah mencari inpirasi untuk inovasi baru bagi produk yang akan diluncurkan selanjutnya. Kemudian ada juga bagian karyawan yang berfungsi sebagai pengawas pemasaran. Jadi mereka akan bertugas mengawasi bagaimana keadaan pasar, produk-produk apa saja yang sedang viral dan booming di pasaran sana, dan harga yang pantas.

Walaupun sepele tetapi hal ini sangat berguna dalam mencari inovasi produk. Melalui membaca informasi tentu hal ini mudah untuk didapatkan. Mencari Ide Dari Karyawan Pasti para karyawan juga memiliki keahlian untuk memunculkan ide-ide baru untuk perusahaan. Jadi perusahaan bisa menyuruh karyawan atau juga bisa melalui kompetisi untuk membuat perancangan produk baru yang akan terpilih.

Sehingga rancangan mereka bisa dijadikan produk baru yang akan diluncurkan dipasaran. Hal ini akan sangat menarik minat karyawan untuk berpartisipasi. Perusahaan juga dapat memberikan hadiah bagi para karyawan yang berhasil mencapai target tersebut. Jadi tak hanya dari departemen peancangan saja tetapi seluruh karyawan dapat memberikan ide-ide cemerlang mereka. Hal ini juga secara tidak langsung menambah pengalaman untuk para karyawan juga.

Melakukan Riset Dari Konsumen Sebaiknya perusahaan membuka pertanyaan terbuka bagi para konsumen agar perusahaan mengetahui apa yang konsumen inginkan. Bisa juga melalui melakukan riset dari konsumen yang ada. Bisa saja dari bentuk, warna, ukuran, produk apa yang sedang sering dibeli konsumen. Perusahaan dapat mengetahuinya setelah meriset para konsumen. Maka dengan begitu perusahaan akan menemukan inovasi produk baru dengan mudah dan cepat. Atau dengan meriset komentar konsumen bagi produk sebelumnya maka perusahaan bisa memperbaikinya atau juga lebih lagi meningkatkan kualitas produk.

Sgar konsumen semakin suka dengan produk-produk yang diluncurkan. Pentingnya Mengembangkan Inovasi Produk Dalam Bisnis Ivovasi produk sangatlah penting bagi dunia bisnis. Bisa saja perusahaan anda dapat mengubah sesuatu menjadi lebih baik dan dapat membuat konsumen terkesan dari produk perusahaan anda yang menarik dan tak tertebak. Konsumen akan suka dengan produk baru yang dapat dibilang unik.

Inovasi Produk Dalam Menjaring Konsumen Jika produk anda disukai banyak konsumen maka akan semakin bagus. Mereka akan menunggu perusahaan anda untuk merilis produk baru lagi dan mereka akan tertarik juga sehingga produk akan laku dipasaran. Dengan begitu jika produk anda semakin disukai dan bertambah banyak maka perusahaan akan mendapatkan banyak konsumen dari mana saja.

Bisa saja produk anda tersebar dibeberapa daerah bahkan sampai ke berbagai negara. Semakin bagus produk maka dengan begitu konsumen atau pembeli semakin banyak dan keuntungan yang didapat juga semakin banyak. Inovasi Produk Untuk Meningkatkan Pendapatan Dengan inovasi produk baru maka banyak juga konsumen yang membeli dan produk akan laku keras di pasaran.

Dengan begitu pendapatan perusahaan akan semakin banyak dan mendapatkan keuntungan yang besar. Jika perusahaan sudah dikenal banyak konsumen maka pendapatan juga akan semakin meningkat secara tidak langsung.

Inovasi produk baru memang hal yang tepat untuk menarik para konsumen yang ada. Semakin banyak yang tertarik tentu makin banyak juga pendapatan bagi perusahaan yang jelas semakin menguntungkan. JojoExpense untuk Membantu Pengelolaan Budget dan Inovasi Produk Agar tidak terlalu kaget atau bingung pengolahan budget yang dipergunakan itu bagaimana, maka perlu pengajuan dana lebih dahulu.

Perlu dilakukan pengecekan dan kemudian baru bisa disetujui untuk pencairan dana. Agar lebih mudah untuk menyetujui pengajuan dana, reimburse ataupun pengawasan keuangan, Anda butuh JojoExpense. Dengan aplikasi ini, Anda bisa langsung menyetujui pengajuan dana yang dibutuhkan, dimana saja dan kapan saja tanpa perlu menunggu di kantor.

Untuk mencoba gratis secara langsung, klik https://jojonomic.com/produk/jojoexpense-reimburse-online/. Selamat menikmati kemudahan dengan JojoExpense! Artikel Terbaru • Definisi Pekerja Penuh Waktu Adalah … 31 Juli, 2021 • Mengenal Apa itu Above the Line dan Below the Line Marketing 25 Juli, 2021 • Seperti Ini Peran dan Tugas Auditor Eksternal 25 Juli, 2021 • Mengenal Apa itu Big Four Kantor Akuntan Publik 25 Juli, 2021 • Rumus Aktiva Tetap, Pengertian dan Jenis-jenisnya 25 Juli, 2021 Arsip Arsip Kategori • Akuntansi (289) • Bank (9) • Bisnis (1.260) • Ekonomi (540) • Entrepreneurship (159) • Etos Kerja (333) • Events (9) • Human Resource (560) • Insight Jojonomic (15) • Keuangan (391) • Kisah Sukses (36) • Manual Guide (34) • Marketing (296) • News (68) • Pajak (183) • Pengetahuan (187) • Review (72) • Technology (57) • Tips & Trick mengapa suatu perusahaan perlu melakukan inovasi produk • Uncategorized (1) Hubungi Kami • Talavera Office Suite, 18th Floor, Jalan TB Simatupang, kav 22-26, RT.1/RW.1, Cilandak Bar., Kec.

Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12430 • 02129715823 • marketing@jojonomic.com This website uses cookies to improve your experience while you navigate through the website.

Out of these, the cookies that are categorized as necessary are stored on your browser as they are essential for the working of basic functionalities of the website. We also use third-party cookies that help us analyze and understand how you use this website. These cookies will be stored in your browser only with your consent. You also have the option to opt-out of these cookies. But opting out of some of these cookies may affect your browsing experience.

• Produk • Productivity & Colaboration • Jojo Times • Jojo Task • Jojo Timesheet • Jojo Chat • Jojo Leave • Jojo Meet • Back • Sales & Marketing • Jojo MarketingIntellegence • Jojo LeadManager • Jojo SalesTeam • Jojo SalesPipeline • Jojo CampaignManager • Back • Finance • Jojo Expense • Jojo Invoice • Jojo AssetManagement • Jojo E-Budgeting • Jojo CashCard • Back • Human Resource • Jojo Payroll • Jojo E-learning • Jojo Recruitment • Jojo Performance • Jojo People • Back • Operation • JojoCX – CustomerExperience • Jojo Command Center • Jojo Digital Document • Jojo Procurement • Jojo Travel • Jojo HSE • Back • Intelligence & Customization • Jojo Analytics • Jojo Flow • Jojo Link • Jojo API • Jojo Live • Back • Back • Login • Coba Gratis • Hubungi Sales • ID • EN × Close PanelSenin, 29 Maret 2021 07:26 WIB• Analisis • Topik Utama Inovasi dan Pengembangan Produk Baru, Mengapa Itu Penting?

Yang menjadi topik utama dalam artikel ini adalah membahas mengenai inovasi dan pengembangan produk yang menjadi topik utama. Dimana inovasi dan pengembangan produk yang dilakukan perusahaan harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

Dibaca : 1.487 kali Jika membahas inovasi dan pengembangan produk baru pasti tidak akan ada habisnya. Sebab, inovasi dan pengembangan produk terus dilakukan dari waktu ke waktu dan jaman ke jaman sebagai upaya menciptakan produk-produk yang menarik.

Inovasi dan pengembangan produk terus dilakukan seiring berkembangnya teknologi, gaya hidup, kebutuhan mengapa suatu perusahaan perlu melakukan inovasi produk keinginan agar dapat memberi kemudahan serta mengikuti trend yang sedang menguasai dunia saat ini.

Perubahan teknologi, kebutuhan dan gaya hidup yang disebabkan perkembangan zaman ini memacu perusahaan dan pelaku usaha untuk terus berinovasi. Tuntutan konsumen dan persaingan pasar yang mengikuti perkembangan zaman menuntut perusahaan untuk melakukan inovasi dan pengembangan produk.

Inovasi dan pengembang produk mempunyai peran yang besar dalam meningkatkan volume penjualan. Maka, perusahaan harus selalu mengikuti perkembangan selera konsumen ataupun keluhan-keluhan dari pelanggan. Perusahaan juga harus mengawasi perubahan gaya hidup, tren, dan strategi dari pesaing agar dapat mengantisipasi terlebih dahulu tindakan-tindakan yang perlu dilakukan.

Inovasi dan pengembangan produk baru sangat penting untuk membantu perusahaan dan para pelaku usaha dalam menjalankan usahanya. Perusahaan berlomba-lomba melakukan inovasi dan pengembangan produk agar usaha mereka berbeda dan unik serta dapat bersaing dengan kompetitor dimana sekarang persaingan semakin ketat. Menurut Trott (2008), pengembangan produk dan inovasi merupakan sebuah hal penting yang dibutuhkan oleh perusahaan. Perusahaan menjalankan bisnis pasti dengan adanya pesaing di luar perusahaan.

Oleh karena itu, inovasi dan pengembangan produk ini penting agar produk maupun jasa memiliki ciri khas yang berbeda dengan pesaing dapat memiliki keunggulan yang menonjol, sehingga membuat orang tertarik dengan produknya. Inovasi dan mengapa suatu perusahaan perlu melakukan inovasi produk produk sendiri dapat dikatakan sebagai, produk baru yang inovatif dan berbeda dari produk yang sudah ada, pengembangan produk dengan melakukan riset dan desain, atau juga dapat dikatakan memodifikasi produk dengan kualitas, desain, dan fitur yang baru dibandingkan dengan produk sebelumnya.

Inovasi dan pengembangan usaha juga dilakukan untuk memberikan nilai yang lebih terhadap suatu produk dan jasa yang dimiliki oleh perusahaan maupun para pelaku usaha. Membahas pentingnya inovasi dan pengembangan produk, tujuan dilakukannya pengembangan produk juga tidak boleh terlupakan. Menurut Buchari (2000:101), tujuan dilakukannya pengembangan produk: • Untuk memenuhi keinginan konsumen yang belum puas • Untuk menambah omzet penjualan • Untuk memenangkan persaingan • Untuk meningkatkan keuntungan • Untuk mencegah kebosanan konsumen Maka dari itu, inovasi dan pengembangan produk penting karena perusahaan dapat menjadikan inovasi dan pengembangan produk sebagai senjata atau strategi perusahaan untuk dapat bersaing dengan kompetitor dan meningkatkan keuntungan perusahaan.

Perusahaan juga harus terus mengikuti perkembangan zaman dan tren masa kini agar dapat terus menciptakan inovasi-inovasi baru bagi produknya. Inovasi dan pengembangan produk juga dapat menjadi ciri khas dan karakter perusahaan yang membedakan perusahaan dengan kompetitior. Oleh: sucahyo adi swasono 1 jam lalu Shalat sebagai Program Pembinaan Pembangunan Pribadi Muslim Dibaca : 88 kali Islam sebagai suatu tatanan (manajemen) kehidupan seimbang pada masa Muhammad, dibangun melalui 5 (lima) program pembinaan kepada umatnya (hadits), yang sekarang distilahkan dengan Rukun Islam, meliputi: syahadat, shalat, puasa, zakat mupun haji.

Lima program pembinaan tersebut juga bagian dari ibadah, yang semua itu juga dalam kerangka menjaga, memperbaiki dan membangun sistem keseimbangan di Bumi ini. Artikel kami sebelumnya, telah kami uraikan tentang Puasa sebagai Program Perbaikan Keseimbangan Alam, fisik dan perilaku manusia. kemudian zakat adalah program pembersihan (pungutan) dari sebagian harta-harta untuk perbaikan keseimbangan ekonomi.

Pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas esensi syahadat dan shalatsebagai bagian dari Program Pembinaan Pembangunan Pribadi Muslim. Oleh: Orang Biasa Dalam Sejarah Luar Biasa -kuatbaca 1 hari lalu Para Sultan di Nusantara Memerangi Portugis Dibaca : 139 kali Begitu banyaknya perlawanan terhadap Portugis dikarenakan sejak awal keberangkatannya mereka dibekali dengan dekrit penaklukan.

Perjanjian Tordesillas yang disetujui pada mengapa suatu perusahaan perlu melakukan inovasi produk Juni 1494 antara Portugis dan Spanyol bermaksud membelah dunia di luar Eropa ke dalam kekuasaan mereka. Perjanjian tersebut bahkan berjalan atas restu dari Paus dengan dikeluarkannya dekrit berjudul Inter caetera Devinae, “Keputusan Ilahi”.

mengapa suatu perusahaan perlu melakukan inovasi produk

Oleh: Slamet Samsoerizal 4 hari lalu Konsep Pendidikan Ki Hajar Dewantoro dan Merdeka Belajar Dibaca : 563 kali Hari Pendidikan Nasional 2022 bertepatan dengan Hari Raya Idulfitri 1443 H adalah kuasa Allah yang patut direnungkan. Kita tak pernahan lupa dalam pandangan Ki Hadjar Dewantara tujuan pendidikan adalah mendapatkan kemajuan lahir dan batin untuk kemerdekaan jiwa. Pendidikan harus memberikan nilai-nilai kebatinan yang ada dalam hidup rakyat berkebudayaan.

Oleh: Bambang Udoyono 5 hari lalu Hanya di Malam Paling Gelap Bintang-bintang Tampak Bersinar Lebih Terang Dibaca : 382 kali Di masa sulit akan ada pertolongan Allah.

Bentuknya bisa bermacam macam. Biasanya pertolongan Allah itu melalui sesama manusia. Orang yang mengapa suatu perusahaan perlu melakukan inovasi produk memiliki peluang untuk menjadi bintang terang untuk sesama. Oleh: Subhan Tomi 5 hari lalu Menjadi Manusia yang Berintegritas Dibaca : 337 kali Integritas menjadi pondasi awal dalam agama Islam. Sebuah hadis menvceritakan ada seorang Arab Baduy yang meminta nasihat Rasulullah saat akan belajar Islam, Nabi menjawab pendek: Jangan berbohong.

Para sahabat yang berada di sekeliling nabi bertanya dan heran.
Pentingnya Inovasi Dalam Sebuah Perusahaan – Di sebuah perusahaan yang sedang berkembang maupun perusahaan yang besar sekalipun, inovasi adalah hal yang sangat penting, bahkan cenderung krusial untuk keberlangsungan perusahaan tersebut. Hanya perusahaan-perusahaan yang inovatis yang mampu bertahan, berjaya dan terus berkembang mengarungi zaman yang dihadapkan pada beragam pergolakan bisnis.

Mendengar kata “inovasi”, pikiran orang biasanya akan tertuju pada berbagai upaya untuk menemukan hal baru, hal yang berbeda dari yang telah ada, hal yang memiliki nilai lebih, atau dalam sebuah tindakan, bagaimana melakukan terobosan, gebrakan yang berbeda yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Dalam bentuk negatif, inovasi juga dapat diasosiasikan sebagai bentuk ketidaknyamanan berkaitan dengan sebuah perubahan tersebut. Namun, jika ditelaah lebih dalam, inovasi tidak selalu berupa temuan-temuan besar yang mengguncang dunia.

Temuan-temuan yang kecil yang nampak sepele pun ternyata bisa berpengaruh besar terhadap kinerja perusahaan. Contohnya inovasi dalam perubahan bentuk produk, misal sedotan yang bisa ditekuk bagian atasnya.

mengapa suatu perusahaan perlu melakukan inovasi produk

Awalnya orang-orang tidak mempermasalahkan bentuk sedotan yang standar karena memang yang ada adalah produk tersebut. Namun, seiring ditemukannya sedotan yang “baru”, hampir setiap restauran menyediakan sedotan yang bisa ditekuk ujungnya. Keadaan seperti itu bisa memberikan keuntungan lebih dari sisi bisnis bagi perusahaan yang memproduksi sedotan model tekuk ujungnya.

Inovasi yang sukses akan menghasilkan layanan dan produk berkualitas. Inovasi tidak harus datang dari atas alias pemimpin punak perusahaan. Dari hasil yang sudah ada, perusahaan dengan inovasi yang tinggi justru melibatkan para karyawannya dalam pelibatan ide dan kreatifitas untuk menemukan sebuah inovasi baru.

Hal ini memunculkan budaya perusahaan yang memberikan peluang seluas-luasnya bagi seluruh karyawan dari berbagai lapisan untuk melakukan inovasi atau sekedar mengutarakan gagasan atau ide-ide cemerlangnya. Agar inovasi dalam perusahaan terus berkelanjutan, maka penting untuk sebuah perusahaan menjadikan inovasi sebagai budaya di dalam perusahaan atau sistem kerja yang terstruktur.

Dengan manajemen yang terbuka untuk menampung ide-ide baru dari setiap lapisan karyawan. Adanya reward atau penghargaan terhadap sebuah ide yang dicetuskan dari karyawan. Akan memicu seluruh lapisan perusahaan untuk terus mengembangkan dan berusaha menemukan inovasi-inovasi yang menguntungkan untuk seluruh karyawan, perusahaan dan para konsumennya. Dirangku dari majalan SWA. Edisi maret. Terimakasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa baca juga artikel kami yang lain : Yayasan Telkom Indonesia : Tingkatkan Kesadaran Literasi Lewat Pelatihan Menulis Buku

Inilah Inovasi Produk Desain Sederhana & Multifungsi




2022 www.videocon.com