Manfaat mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal adalah

manfaat mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal adalah

Makanan yang dikatakan halal tidak hanya sekedar bagaimana mendapatkan makanan tersebut, namun juga tentang apakah makanan tersebut baik untuk tubuh dan sesuai dengan ajaran Allah SWT. Bagi umat muslim, makanan tidak hanya manfaat mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal adalah untuk mengisi perut dan menyehatkan badan saja, akan tetapi juga harus tinggi akan kandungan gizi dan harus memiliki nilai halal baik untuk cara mendapatkan makanan tersebut atau kandungan yang ada dalam makanan.

Larangan untuk mengkonsumsi berbagai makanan yang tidak halal ternyata bukan hanya sekedar larangan tanpa alasan, namun sebenarnya juga bisa merugikan tubuh sekaligus melanggar kaidah agama Islam. Sedangkan manfaat makanan halal yang bisa diperoleh oleh tubuh sangat beragam khususnya menurut ajaran agama Islam dan beberapa diantaranya adalah sebagai berikut. • Terhindar Dari Akhlak Mazmumah Hanya mengkonsumsi berbagai jenis makanan dan minuman yang halal akan membuat seseorang bisa terhindar dari akhlak mazmumah yang artinya terhindar dari tingkah laku tidak terpuji atau perbuatan yang jahat dimana semua itu bisa merusak keimanan dan menjatuhkan martabat sebagai seorang manusia.

• Menjauhi Sumber Penyakit Mengkonsumsi makanan dan minuman yang diharamkan mempunyai banyak mudharat seperti sumber penyakit yang akan membuat tubuh semakin lemah bahkan menjadi salah satu orang yang dibenci oleh Allah dan juga Rasul-Nya.

Sementara dengan mengkonsumsi makanan halal, maka sistem kekebalan tubuh bisa semakin meningkat untuk melawan penyakit sekaligus juga mendapatkan ridho Allah SWT. • Mendapatkan Ridha Allah SWT Kegunaan lain dari mengkonsumsi makanan halal adalah agar ketika menyantap makanan nantinya ridha Allah SWT bisa didapatkan karena sudah mentaati segala perintah-nya khususnya dalam memilih jenis makanan dan minuman yang halal.

• Sumber Tenaga Makanan halal juga memiliki akhlakul karimah sebab jika makanan halal dikonsumsi nantinya akan berubah menjadi sumber energi yang tidak hanya bisa digunakan untuk beraktivitas seperti belajar atau berolahraga namun juga bisa digunakan dalam beribadah. • Menjaga Hati dan Akal Mengkonsumsi hanya makanan halal juga nantinya akan berpengaruh positif pada pikiran dan juga hati seseorang.

manfaat mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal adalah

Mengkonsumsi makanan yang halal maka juga akan memperbaiki hati begitu juga dengan sebaliknya apabila mengkonsumsi makanan haram seperti manfaat daging anjing maka bisa membuat hati seseorang tercemar sekaligus berpengaruh terhadap kekhusukan pada saat beribadah termasuk dalam shalat. Mengkonsumsi makanan halal juga akan menjauhi diri dari kekerasan hati yang nantinya membuat seseorang juga tidak mampu melihat kesusahan orang lain dan tidak mau memberi bantuan pada orang tersebut.

• Menuntun ke Surga Makanan haram yang dikonsumsi seperti manfaat daging babi akan berubah menjadi daging. Daging tersebut nantinya akan membawa seseorang menuju ke neraka seperti yang sudah disebutkan dalam hadits Rasulullah SAW.

Untuk itu, dengan mengkonsumsi makanan yang sudah jelas tentang kehalalannya, maka kita akan terhindar dari api neraka tersebut. • Memperbaiki Keturunan Mengkonsumsi makanan halal termasuk hanya memberikan makanan halal pada anak nantinya juga bisa menghasilkan kebaikan. Sebaliknya jika memberikan makanan haram pada anak seperti manfaat minyak babi, maka hal tersebut bisa merusak akhlak dan juga kebaikan pada diri anak. Untuk itu sebagai orang tua, pastikan untuk selalu memberikan makanan halal pada anak anak agar bisa terhindar dari sifat dan sikap anak yangs ering membangkang dan sulit diatur.

manfaat mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal adalah

Manfaat Makanan Halal Lain Selain beberapa kegunaan dari makanan halal yang sudah kami berikan diatas, masih ada beberapa manfaat lain yang bisa diperoleh dari makanan halal seperti: • Memberikan ketenangan dalam kehidupan dan kegiatan sehari hari • Menjaga kesehatan baik jasmani dan rohani • Mendapatkan perlindungan dari Allah SWT • Memperoleh iman dan ketaqwaan dari Allah SWT • Memperoleh kepribadian jujur dalam hidup dan sikap yang apa adanya • Mendapatkan rezeki yang barokah baik dunia dan juga akherat Selain bisa memberikan banyak keuntungan untuk kesehatan tubuh, manfaat makanan halal yang dikonsumsi juga bisa memberikan banyak keuntungan dalam segi agama sehingga bisa selalu berada dalam perlindungan Allah SWT.

gomuslim.co.id – Makanan dan minuman merupakan kebutuhan pokok bagi setiap manusia. Kita semua tahu, hampir tidak ada orang yang bisa menahan dari lapar dan haus selama berhari-hari. Hal ini tentu menjadi indikasi bahwa manfaat mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal adalah dan minuman sebagai kebutuhan dasar yang harus dipenuhi.

Dalam Islam, mengonsumsi makanan dan minuman jelas telah diatur dalam Alquran dan Hadits. Ada makanan yang dibolehkan untuk dimakan (halal), ada juga yang dilarang (haram). Makanan yang halal adalah makanan yang dibolehkan untuk dimakan menurut ketentuan syariat Islam. Hampir semua yang dapat dikonsumsi adalah halal, dan hanya sedikit yang diharamkan. Makanan yang halal adalah makanan yang halal zatnya, halal cara memprosesnya dan halal cara memperolehnya.

Makanan yang halal zatnya yaitu makanan yang tidak mengandung hal-hal yang diharamkan oleh Allah seperti darah, daging babi, bangkai, dan lainnya. Kemudian, makanan yang halal cara memprosesnya yaitu makanan yang diproses dengan menyebut asma Allah.

Lalu makanan yang halal cara memperolehnya yaitu makanan yang tidak diperoleh dari hasil mencuri, menjarah, menipu, ataupun korupsi.

Alquran Surah Al-Baqarah [2] ayat 173, Allah SWT berfirman: “Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan binatang yang (ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah.

Tetapi barangsiapa dalam keadaan terpaksa (memakannya) sedang dia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya.

Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” Dari ayat tersebut, sudah jelas makanan apa saja yang diharamkan untuk dikonsumsi. Artinya, selain makanan yang disebutkan tadi, maka semuanya diperbolehkan. Dalil tentang makanan yang diharamkan juga tercantum dalam Surah Al-Maidah [5] ayat 3: “Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala….” Sementara, dalam hadits dari Abu Hurairah RA, dia berkata, bahwasannya Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah SWT itu baik, tidak menerima kecuali yang baik.

Dan sesungguhnya Allah memerintahkan kepada orang yang beriman sebagaimana Ia memerintahkan kepada para Rasul-Nya dengan firman-Nya, ‘Wahai para Rasul! Makanlah yang baik-baik dari apa yang Kami rezekikan kepada kalian’. Kemudian beliau menyebutkan, ada seseorang yang melakukan perjalanan jauh dalam keadaan kusut dan berdebu. Dia mengangkatkan tangannya ke langit seraya berkata, ‘Wahai Rabbku’, padahal makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram, dan kebutuhannya dipenuhi dari sesuatu yang haram, maka (jika begitu keadaannya) bagaimana doanya akan dikabulkan.” (HR Muslim).

Persoalan pola makan dan minum, Rasulullah sebagai teladan dalam mengamalkan syariat Islam memiliki standard halal dan haram sebagaimana digariskan dalam Alquran.

Semua makanan dan minuman boleh dikonsumsi selama memenuhi standard halal dan baik. Hikmah Larangan Makanan Haram Salah satu penyebab seseorang terkena penyakit adalah karena makanan. Biasanya, masyarakat Indonesia lebih berorientasi 'kenyang' dibanding sehat dalam pola makan sehari-hari. Padahal pola manfaat mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal adalah masyarakat yang tidak teratur dan tidak sehat menunjukkan masyarakat Indonesia mulai mengarah kepada gaya hidup tidak sehat.

Adanya larangan memakan makanan haram tentu memiliki manfaat besar bagi tubuh manusia. Misalnya agar tubuh terbebas dari penyakit-penyakit yang dibawa oleh makanan-makanan yang haram.

Karena ternyata makanan yang diharamkan adalah makanan yang buruk. Larangan memakan darah misalnya, menurut penelitian modern, darah adalah sarang serta media yang baik bagi perkembangan bakteri. Di samping itu, darah tidak mengandung gizi sedikit pun, akan tetapi ia justru menyebabkan gangguan pencernaan, sampai-sampai jika sebagian dari darah tersebut dimasukkan ke dalam perut (lambung) manusia, makan secara langsung lambung akan memuntahkannya.

Sebuah penelitian di Universitas Padjajaran menyimpulkan bahwa darah yang dikonsumi manusia mampu menyebabkan timbulnya penyakit. Alasannnya adalah ternyata darah merupakan media yang subur bagi bakteri. Bahkan darah dapat menyebabkan keguguran bagi ibu hamil. Begitu juga bangkai yang haram untuk dimakan, karena darah dari hewan yang mati itu tidak keluar.

Hal ini mampu mengakibatkan penyakit atau senyawa-senyawa berbahaya lainnya ikut masuk ke tubuh kita bersama daging bangkai tersebut. Manfaat Konsumsi Makanan Halal Makanan halal dalam Islam tidak hanya sekadar bagaimana mendapatkan makanan tersebut, tetapi juga tentang apakah makanan tersebut baik untuk tubuh. Artinya makanan halal juga perlu memperhatikan kandungan gizi di dalamnya.

Ada beberapa manfaat dari mengonsumsi makanan halal, khususnya bagi kesehatan tubuh.

manfaat mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal adalah

Beberapa diantaranya sebagai berikut: Menjauhi Sumber Penyakit Seperti dibahas sebelumnya, bahwa mengonsumsi makanan dan minuman halal dapat memberikan dampak positif bagi tubuh. Sistem kekebalan tubuh bisa semakin meningkat untuk melawan penyakit karena produk makanan halal terjaga dari najis, kotoran dan hal lainnya. Sumber Tenaga Makanan halal juga memiliki akhlakul karimah sebab jika makanan halal dikonsumsi nantinya akan berubah menjadi sumber energi yang tidak hanya bisa digunakan untuk beraktivitas seperti belajar atau berolahraga namun juga bisa digunakan dalam beribadah.

Menjaga Hati dan Akal Mengonsumsi makanan halal akan berpengaruh positif pada pikiran dan juga hati seseorang. Sebaliknya apabila mengkonsumsi makanan haram seperti daging anjing bisa membuat hati seseorang tercemar sekaligus berpengaruh terhadap kekhusukan pada saat beribadah termasuk dalam shalat. Menjaga Akhlak Makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh, tentu akan menjadi darah dan daging.

Jika yang dikonsumsi haram, maka sesuatu yang haram akan terus mengalir dalam darahnya. Untuk itu, mengonsumsi makanan halal akan membuat seseorang terjaga akhlaknya dari hal tidak terpuji. Mendapatkan Ridha Allah SWT Manfaat lain dari mengonsumsi makanan halal adalah agar mendapat ridha Allah SWT. Manfaat mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal adalah begitu, semua yang masuk ke dalam tubuh adalah hal-hal bersih.

Seorang muslim bisa khusyuk dalam beribadah karena memilih jenis makanan dan minuman yang halal. Menuntun ke Surga Makanan haram yang dikonsumsi seperti manfaat daging babi akan berubah menjadi daging. Daging tersebut nantinya akan membawa seseorang menuju ke neraka seperti yang sudah disebutkan dalam hadits Rasulullah SAW. Untuk itu, dengan mengkonsumsi makanan yang sudah jelas tentang kehalalannya, maka kita akan terhindar dari api neraka tersebut. Memperbaiki Keturunan Mengkonsumsi makanan halal termasuk hanya memberikan makanan halal pada anak nantinya juga bisa menghasilkan kebaikan.

Sebaliknya jika memberikan makanan haram pada anak seperti manfaat minyak babi, maka hal tersebut bisa merusak akhlak dan juga kebaikan pada diri anak. Maka dari itu, orang tua harus bisa memaastikan untuk selalu memberikan makanan halal pada anak anak agar bisa terhindar dari sifat dan sikap anak yang sering membangkang dan sulit diatur.

Manfaat lainnya dari mengonsumsi makanan halal adalaj memberikan ketenangan dalam kehidupan dan kegiatan sehari hari, menjaga kesehatan baik jasmani dan rohani, mendapatkan perlindungan dari Allah SWT, mendapatkan rezeki yang barokah baik dunia dan juga akhirat. Wallahu’alam Bishawab Sumber: Andriawan, Didik. Rahasia Hidup Sehat Ala Nabi, Solo: Al Fath Publishing Manfaat.co, belajar Islam, Islami.co, Asysyariah
حُرِّمَتْ عَلَيْكُمُ ٱلْمَيْتَةُ وَٱلدَّمُ وَلَحْمُ ٱلْخِنزِيرِ وَمَآ أُهِلَّ لِغَيْرِ ٱللَّهِ بِهِۦ وَٱلْمُنْخَنِقَةُ وَٱلْمَوْقُوذَةُ وَٱلْمُتَرَدِّيَةُ وَٱلنَّطِيحَةُ وَمَآ أَكَلَ ٱلسَّبُعُ إِلَّا مَا ذَكَّيْتُمْ وَمَا ذُبِحَ عَلَى ٱلنُّصُبِ وَأَن تَسْتَقْسِمُوا۟ بِٱلْأَزْلَٰمِ ۚ ذَٰلِكُمْ فِسْقٌ ۗ ٱلْيَوْمَ يَئِسَ ٱلَّذِينَ كَفَرُوا۟ مِن دِينِكُمْ فَلَا تَخْشَوْهُمْ وَٱخْشَوْنِ ۚ ٱلْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِى وَرَضِيتُ لَكُمُ ٱلْإِسْلَٰمَ دِينًا ۚ فَمَنِ ٱضْطُرَّ فِى مَخْمَصَةٍ غَيْرَ مُتَجَانِفٍ لِّإِثْمٍ ۙ فَإِنَّ ٱللَّهَ غَفُورٌ رَّحِيمٌ Artinya: " Diharamkan bagimu [memakan] bangkai, darah, daging babi, dan [daging] hewan yang disembelih bukan atas [nama] Allah, yang tercekik, yang dipukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan yang diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu sembelih.

Dan [diharamkan pula] yang disembelih untuk berhala .” MAKANAN dan minuman halal adalah segala objek atau kegiatan yang diizinkan untuk digunakan atau dilaksanakan, dalam agama Islam. Manfaat mengonsumsi makanan dan minuman halal bagi seorang Muslim sangat penting dan bahkan berpengaruh dalam hidupnya.

Istilah ini dalam kosakata sehari-hari lebih sering digunakan untuk menunjukkan makanan dan minuman yang diizinkan untuk dikonsumsi menurut Islam, menurut jenis makanan dan cara memperolehnya. Islam sudah mengatur jenis makanan dan minuman yang halal untuk dikonsumsi. Seorang Muslim diwajibkan mengonsumsi makanan dan minuman halal serta menjauhi yang haram.

Hal ini dijelaskan lewat firman Allah SWT dalam Al-Quran Berikut ini: يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ كُلُوْا مِمَّا فِى الْاَرْضِ حَلٰلًا طَيِّبًا ۖوَّلَا تَتَّبِعُوْا خُطُوٰتِ الشَّيْطٰنِۗ اِنَّهٗ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِيْنٌ “Wahai manusia! Makanlah dari (makanan) yang halal dan baik yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan.

manfaat mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal adalah

Sungguh, setan itu musuh yang nyata bagimu.” (QS. Al-Baqarah: 168) ilustrasi, foto: unplash Mengutip dari Kumparan sekaligus merangkum dari buku Makanan yang Halal & Haram oleh Suryana, ada beberapa jenis makanan yang halal berdasarkan firman Allah dan hadist Rasulullah ﷺ, yaitu: 1.

manfaat mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal adalah

Semua makanan yang baik, tidak menjijikan dan tidak kotor. 2. Semua makanan yang tidak diharamkan oleh Allah dan Rasulullah. 3. Semua makanan yang tidak diberi madharat, tidak membahayakan kesehatan jasmani, dan tidak merusak akal, moral, serta aqidah. 4. Binatang yang hidup di dalam air, baik air laut maupun air tawar. Setiap larangan dan perintah Allah SWT pastilah mengandung hikmah yang baik bagi umat manusia. Dengan mengkonsumsi makanan yang halal, ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh: Manfaat Mengonsumsi Makanan dan Minuman Halal: Terhindar Dari Akhlak Mazmumah Hanya mengonsumsi berbagai jenis makanan dan minuman yang halal akan membuat seseorang bisa terhindar dari akhlak mazmumah yang artinya terhindar dari tingkah laku tidak terpuji atau perbuatan yang jahat dimana semua itu bisa merusak keimanan dan menjatuhkan martabat sebagai seorang manusia.

Manfaat Mengonsumsi Makanan dan Minuman Halal: Menjauhi Sumber Penyakit Mengonsumsi makanan dan minuman yang diharamkan mempunyai banyak mudharat seperti sumber penyakit yang akan membuat tubuh semakin lemah bahkan menjadi salah satu orang yang dibenci oleh Allah SWT dan juga Rasulnya.

Sementara dengan mengkonsumsi makanan halal, maka sistem kekebalan tubuh bisa semakin meningkat untuk melawan penyakit sekaligus juga mendapatkan ridho Allah SWT. BACA JUGA: Kenapa Makanan Haram Tidak Boleh Dimakan? Ini 7 Alasannya Manfaat Mengonsumsi Makanan dan Minuman Halal: Menjaga Hati dan Akal Loading. Mengonsumsi hanya makanan halal juga nantinya akan berpengaruh positif pada pikiran dan juga hati manfaat mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal adalah. Mengonsumsi makanan yang halal maka juga akan memperbaiki hati begitu juga dengan sebaliknya apabila mengkonsumsi makanan haram seperti manfaat daging anjing maka bisa membuat hati seseorang tercemar sekaligus berpengaruh terhadap kekhusukan pada saat beribadah termasuk dalam shalat.

Mengonsumsi makanan halal juga akan menjauhi diri dari kekerasan hati yang nantinya membuat seseorang juga tidak mampu melihat kesusahan orang lain dan tidak mau memberi bantuan pada orang tersebut. Foto: Aldi/Islampos Manfaat Mengonsumsi Makanan dan Minuman Halal: Memperbaiki Keturunan Mengonsumsi makanan halal termasuk hanya memberikan makanan halal pada anak nantinya juga bisa menghasilkan kebaikan.

Sebaliknya jika memberikan makanan haram pada anak seperti manfaat minyak babi, maka hal tersebut bisa merusak akhlak dan juga kebaikan pada diri anak. Untuk itu sebagai orang tua, pastikan untuk selalu memberikan makanan halal pada anak anak agar bisa terhindar dari sifat dan sikap anak yangs ering membangkang dan sulit diatur. BACA JUGA: 7 Alasan Diharamkannya Makanan dan Minuman dalam Islam Makanan yang halal adalah makanan yang halal zatnya, halal cara memprosesnya, dan halal cara memperolehnya.

Makanan yang halal zatnya yaitu makanan yang tidak mengandung hal-hal yang diharamkan oleh Allah SWT seperti darah, daging babi, bangkai, dan lainnya. Aturan soal makanan dan minuman yang haram juga dijelaskan dalam Al-Quran berikut ini: حُرِّمَتْ عَلَيْكُمُ ٱلْمَيْتَةُ وَٱلدَّمُ وَلَحْمُ ٱلْخِنزِيرِ وَمَآ أُهِلَّ لِغَيْرِ ٱللَّهِ بِهِۦ وَٱلْمُنْخَنِقَةُ وَٱلْمَوْقُوذَةُ وَٱلْمُتَرَدِّيَةُ وَٱلنَّطِيحَةُ وَمَآ أَكَلَ ٱلسَّبُعُ إِلَّا مَا ذَكَّيْتُمْ وَمَا ذُبِحَ عَلَى ٱلنُّصُبِ وَأَن تَسْتَقْسِمُوا۟ بِٱلْأَزْلَٰمِ ۚ ذَٰلِكُمْ فِسْقٌ ۗ ٱلْيَوْمَ يَئِسَ ٱلَّذِينَ كَفَرُوا۟ مِن دِينِكُمْ فَلَا تَخْشَوْهُمْ وَٱخْشَوْنِ ۚ ٱلْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِى وَرَضِيتُ لَكُمُ ٱلْإِسْلَٰمَ دِينًا ۚ فَمَنِ ٱضْطُرَّ فِى مَخْمَصَةٍ غَيْرَ مُتَجَانِفٍ لِّإِثْمٍ ۙ فَإِنَّ ٱللَّهَ غَفُورٌ رَّحِيمٌ “Diharamkan bagimu [memakan] bangkai, darah, daging babi, dan [daging] hewan yang disembelih bukan atas [nama] Allah, yang tercekik, yang dipukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan yang diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu sembelih.

Dan [diharamkan pula] yang disembelih untuk berhala.” (QS. Al-Maidah: 3) Sementara itu, makanan yang halal cara memprosesnya yaitu makanan yang diproses dengan menyebut asma Allah SWT.

Lalu, makanan yang halal cara memperolehnya adalah makanan yang tidak diperoleh dari hasil mencuri, menjarah, menipu, ataupun korupsi. Hal ini berdasarkan firman Allah SWT dalam surat Al-Baqarah yang berbunyi: وَلَا تَأْكُلُوْٓا اَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ وَتُدْلُوْا بِهَآ اِلَى الْحُكَّامِ لِتَأْكُلُوْا فَرِيْقًا مِّنْ اَمْوَالِ النَّاسِ بِالْاِثْمِ وَاَنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ ࣖ “Dan janganlah kamu makan harta di antara kamu dengan jalan yang batil, dan (janganlah) kamu menyuap dengan harta itu kepada para hakim, dengan maksud agar kamu dapat memakan sebagian harta orang lain itu dengan jalan dosa, padahal kamu mengetahui.” (Al-Baqarah: 188) Selain bisa memberikan banyak keuntungan untuk kesehatan tubuh, manfaat makanan halal yang dikonsumsi juga bisa memberikan banyak keuntungan dalam segi agama sehingga bisa selalu berada dalam perlindungan Allah SWT.

[] SUMBER: KUMPARAN I MANFAAT
Mengonsumsi makanan halal tak hanya baik bagi kesehatan, manfaat mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal adalah dapat mendatangkan rezeki.

Berikut ini 5 manfaat makanan halal dan penjelasannya. Seperti yang kita ketahui sendiri, makanan dan minuman adalah sebuah kebutuhan bagi manusia yang harus dipenuhi setiap hari. Makanan dan minuman yang masuk ke tubuh kita tentu saja akan berpengaruh bagi kesehatan tubuh. Contohnya saja jika kamu memakan makanan bergizi yang banyak mengandung vitamin dan mineral, tentunya akan menghasilkan output berupa sehatnya organ-organ tubuh, sedangkan ketika kita memakan makanan yang tak sehat, pastinya akan membuat kesehatan menurun.

manfaat mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal adalah

Bicara mengenai makanan, Al Qur’an merupakan kitab suci yang banyak memuat tentang pedoman hidup. Termasuk di dalamnya pedoman tentang makanan halal dan haram yang wajib maupun yang tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi umat Islam.

BACA JUGA: 15 Resep Minuman Buka Puasa Sederhana, Praktis dan Segar! Makanan dan minuman halal tak hanya berarti sekadar makanan yang dibeli dengan rezeki yang halal. Upaya pemerolehan sebuah makanan yang berhukum halal haruslah didapatkan karena perbuatan yang baik pula. Tidak boleh didapatkan atas hasil merampas, mencuri, korupsi atau menganiaya saudara kita yang lain untuk mendapatkan sebuah makanan. Selain itu, seperti yang terkandung dalam Al Qur’an surah Al-Baqarah ayat 173.

Makanan yang halal juga berarti makanan yang tidak mengandung darah, daging babi, bangkai dan tidak disembelih atas nama Allah S.W.T Umat muslim juga diwajibkan untuk membaca doa sebelum makan dan mengucap bismilah sebelum meminum minuman agar dalam setiap suapan makanan yang masuk ke tubuh kita mendapat ridho dan berkah dari Allah S.W.T. Hikmah Makan Makanan Halal Sumber Gambar: Freepik Setiap larangan dan perintah dari Allah pastilah mengandung hikmah yang baik bagi umat manusia.

Maka dari itu, simak ulasan hikmah luar biasa dibalik mengkonsumsi makanan dan minuman halal berikut ini. 1. Menghindarkan Diri dari Penyakit Menurut beberapa penelitian yang telah diterbitkan, makanan haram seperti darah ternyata mengandung bakteri jahat yang malah akan membuat fungsi tubuh menurun.

Bahkan, ditemukan juga beberapa fakta lainnya seperti tidak adanya kandungan gizi apapun di dalam darah. Selain itu, darah juga merupakan media yang tepat untuk perkembangan bakteri bila kamu tetap memaksa untuk mengkonsumsinya organ lambungmu bisa saja akan memuntahkannya.

Di kasus lainnya, mengkonsumsi olahan dengan campuran darah di dalamnya juga dapat meningkatkan resiko keguguran. Begitu pula halnya ketika kamu memakan daging hewan bangkai.

Dengan bakteri serta kuman yang mengelilinginya tentu saja akan sangat beresiko bagi tubuh kamu dan bahkan bisa membuat keracunan. Untuk itulah, Islam menganjurkan umatnya agar mengkonsumsi makanan halal yang segar dan terhindar dari najis, kuman, bakteri serta virus yang manfaat mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal adalah membahayakan tubuh. BACA JUGA: 4 KEUTAMAAN SALAT SUNNAH RAWATIB 2. Meningkatkan Iman dan Mendapatkan Perlindungan Sebagaimana yang kita ketahui, Allah S.W.T sangatlah menyayangi hamba-hambanya yang senantiasa bertakwa menjauhi semua larangan-Nya.

Maka dari itu, bila selama hidup kamu di dunia selalu senantiasa berupaya memakanan makanan dan minuman halal. Allah S.W.T pasti akan memberikan ganjaran dan menempatkanmu di tempat yang terpuji.

Dengan mengkonsumsi makanan halal dan minuman halal juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan keimanan serta sebagai bentuk ungkapan rasa cintamu kepada Allah S.W.T yang maha pencipta. 3. Menjaga akhlak Makanan dan minuman yang kita konsumsi akan masuk ke dalam tubuh serta menjadi sumber tenaga. Kamu tentunya tidak ingin bukan jika setiap makanan yang masuk ke dalam tubuhmu nantinya malah mencemari diri dengan hal-hal negatif yang terkandung di dalamnya 4.

Menjaga Kekhusyukan Salat Salah satu syarat shalat adalah berakal dalam artian kamu tidak boleh melakukan sholat ketika sedang mabuk karena alkohol maupun minuman keras lainnya. Di sebuah hadist shahih juga menyebutkan bahwa: “Orang yang meminum khamar (Alkohol) tidak diterima sholatnya selama 40 hari.

Siapa yang bertaubat, maka Allah memberi taubat untuknya. Namun bila kembali, hak Allah untuk memberinya minum dari sungai Khabal.” Menjadi sebuah petunjuk bagi kita agar senantiasa menghindari meminum minuman keras agar sholat kita diterima. 5. Mendatangkan Rezeki yang Baik Saat kamu memakan makanan halal yang diperoleh dari rezeki yang baik. Tentu saja hal ini akan membiasakan kamu untuk mencari rezeki dengan cara yang baik pula di esok harinya.

Selain itu, Allah S. W.T menjamin bagi hamba-hambanya yang senantiasa sabar dan beriman dengan dicukupkan rezekinya selama di dunia. BACA JUGA: MANFAAT MELAKSANAKAN SALAT DHUHA Itulah sejumlah manfaat mengkonsumsi makanan dan minuman halal. Kita diwajibkan untuk selalu mengamalkan perintah dan larangan Alquran selama hidup di dunia guna menggapai ridho Allah. Nah, bagi kamu yang masih kebingungan mencari aneka produk makanan dan minuman halal yang sudah memiliki sertifikasi halal dari BPOM dan MUI, tak usah manfaat mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal adalah karena di Tokopedia Salam kamu bisa menemukan aneka produk halal dengan kualitas terjamin.

Yuk, kunjungi Tokopedia Salam dan penuhi semua kebutuhanmu sekarang juga. Temukan semua kebutuhan bagi umat muslim dengan lebih praktis di Tokopedia Salam!
4 Manfaat Mengonsumsi Makanan dan Minuman Halal MAKANAN dan minuman halal adalah segala objek atau kegiatan yang diizinkan untuk digunakan atau dilaksanakan, dalam agama Islam.

Manfaat mengonsumsi makanan dan minuman halal bagi seorang Muslim sangat penting dan bahkan berpengaruh dalam hidupnya. Istilah ini dalam kosakata sehari-hari lebih sering digunakan untuk menunjukkan makanan dan minuman yang diizinkan untuk dikonsumsi menurut Islam, menurut jenis makanan dan cara memperolehnya.

Islam sudah mengatur jenis makanan dan minuman yang halal untuk dikonsumsi. Seorang Muslim diwajibkan mengonsumsi makanan dan minuman halal serta menjauhi yang haram. Hal ini dijelaskan lewat firman Allah SWT dalam Al-Quran Berikut ini: يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ كُلُوْا مِمَّا فِى الْاَرْضِ حَلٰلًا طَيِّبًا ۖوَّلَا تَتَّبِعُوْا خُطُوٰتِ الشَّيْطٰنِۗ اِنَّهٗ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِيْنٌ “Wahai manusia!

Makanlah dari (makanan) yang halal dan baik yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan. Sungguh, setan itu musuh yang nyata bagimu.” (QS. Al-Baqarah: 168) ilustrasi, foto: unplash Mengutip dari Kumparan sekaligus merangkum dari buku Makanan yang Halal & Haram oleh Suryana, ada beberapa jenis makanan yang halal berdasarkan firman Allah dan hadist Rasulullah ﷺ, yaitu: 1.

Semua makanan yang baik, tidak menjijikan dan tidak kotor. 2. Semua makanan yang tidak diharamkan oleh Allah dan Rasulullah. 3. Semua makanan yang tidak diberi madharat, tidak membahayakan kesehatan jasmani, dan tidak merusak akal, moral, serta aqidah. 4. Binatang yang hidup di dalam air, baik air laut maupun air tawar. Setiap larangan dan perintah Allah SWT pastilah mengandung hikmah yang baik bagi umat manusia. Dengan mengkonsumsi makanan yang halal, ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh: Manfaat Mengonsumsi Makanan dan Minuman Halal: Terhindar Dari Akhlak Mazmumah Hanya mengonsumsi berbagai jenis makanan dan minuman yang halal akan membuat seseorang bisa terhindar dari akhlak mazmumah yang artinya terhindar dari tingkah laku tidak terpuji atau perbuatan yang jahat dimana semua itu bisa merusak keimanan dan menjatuhkan martabat sebagai seorang manusia.

Manfaat Mengonsumsi Makanan dan Minuman Halal: Menjauhi Sumber Penyakit Mengonsumsi makanan dan minuman yang diharamkan mempunyai banyak mudharat seperti sumber penyakit yang akan membuat tubuh semakin lemah bahkan menjadi salah satu orang yang dibenci oleh Allah SWT dan juga Rasulnya.

Sementara dengan mengkonsumsi makanan halal, maka sistem kekebalan tubuh bisa semakin meningkat untuk melawan penyakit sekaligus juga mendapatkan ridho Allah SWT. BACA JUGA: Kenapa Makanan Haram Tidak Boleh Dimakan? Ini 7 Alasannya Manfaat Mengonsumsi Makanan dan Minuman Halal: Menjaga Hati dan Akal Mengonsumsi hanya makanan halal manfaat mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal adalah nantinya akan berpengaruh positif pada pikiran dan juga hati seseorang.

Mengonsumsi makanan yang halal maka juga akan memperbaiki hati begitu juga dengan sebaliknya apabila mengkonsumsi makanan haram seperti manfaat daging anjing maka bisa membuat hati seseorang tercemar sekaligus berpengaruh terhadap kekhusukan pada saat beribadah termasuk dalam shalat.

Mengonsumsi makanan halal juga akan menjauhi diri dari kekerasan hati yang nantinya membuat seseorang juga tidak mampu melihat kesusahan orang lain dan tidak mau memberi bantuan pada orang tersebut.

Foto: Aldi/Islampos Manfaat Mengonsumsi Makanan dan Minuman Halal: Memperbaiki Keturunan Mengonsumsi makanan halal termasuk hanya memberikan makanan halal pada anak nantinya juga bisa menghasilkan kebaikan.

Sebaliknya jika memberikan makanan haram pada anak seperti manfaat minyak babi, maka hal tersebut bisa merusak akhlak dan juga kebaikan pada diri anak. Untuk itu sebagai orang tua, pastikan untuk selalu memberikan makanan halal pada anak anak agar bisa terhindar dari sifat dan sikap anak yangs ering membangkang dan sulit diatur.

BACA JUGA: 7 Alasan Diharamkannya Makanan dan Minuman dalam Islam Makanan yang halal adalah makanan yang halal zatnya, halal cara memprosesnya, dan halal cara memperolehnya.

manfaat mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal adalah

Makanan yang halal zatnya yaitu makanan yang tidak mengandung hal-hal yang diharamkan oleh Allah SWT seperti darah, daging babi, bangkai, dan lainnya. Aturan soal makanan dan minuman yang haram juga dijelaskan dalam Al-Quran berikut ini: حُرِّمَتْ عَلَيْكُمُ ٱلْمَيْتَةُ وَٱلدَّمُ وَلَحْمُ ٱلْخِنزِيرِ وَمَآ أُهِلَّ لِغَيْرِ ٱللَّهِ بِهِۦ وَٱلْمُنْخَنِقَةُ وَٱلْمَوْقُوذَةُ وَٱلْمُتَرَدِّيَةُ وَٱلنَّطِيحَةُ وَمَآ أَكَلَ ٱلسَّبُعُ إِلَّا مَا ذَكَّيْتُمْ وَمَا ذُبِحَ عَلَى ٱلنُّصُبِ وَأَن تَسْتَقْسِمُوا۟ بِٱلْأَزْلَٰمِ ۚ ذَٰلِكُمْ فِسْقٌ ۗ ٱلْيَوْمَ يَئِسَ ٱلَّذِينَ كَفَرُوا۟ مِن دِينِكُمْ فَلَا تَخْشَوْهُمْ وَٱخْشَوْنِ ۚ ٱلْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِى وَرَضِيتُ لَكُمُ ٱلْإِسْلَٰمَ دِينًا ۚ فَمَنِ ٱضْطُرَّ فِى مَخْمَصَةٍ غَيْرَ مُتَجَانِفٍ لِّإِثْمٍ ۙ فَإِنَّ ٱللَّهَ غَفُورٌ رَّحِيمٌ “Diharamkan bagimu [memakan] bangkai, darah, daging babi, dan [daging] hewan yang disembelih bukan atas [nama] Allah, yang tercekik, yang dipukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan yang diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu sembelih.

Dan [diharamkan pula] yang disembelih untuk berhala.” (QS. Al-Maidah: 3) Sementara itu, makanan yang halal cara memprosesnya yaitu makanan yang diproses dengan menyebut asma Allah SWT. Lalu, manfaat mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal adalah yang halal cara memperolehnya adalah makanan yang tidak diperoleh dari hasil mencuri, menjarah, menipu, ataupun korupsi. Hal ini berdasarkan firman Allah SWT dalam surat Al-Baqarah yang berbunyi: وَلَا تَأْكُلُوْٓا اَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ وَتُدْلُوْا بِهَآ اِلَى الْحُكَّامِ لِتَأْكُلُوْا فَرِيْقًا مِّنْ اَمْوَالِ النَّاسِ بِالْاِثْمِ وَاَنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ ࣖ “Dan janganlah kamu makan harta di antara kamu dengan jalan yang batil, dan (janganlah) kamu menyuap dengan harta itu kepada para hakim, dengan maksud agar kamu dapat memakan sebagian harta orang lain itu dengan jalan dosa, padahal kamu mengetahui.” (Al-Baqarah: 188) Selain bisa memberikan banyak keuntungan untuk kesehatan tubuh, manfaat makanan halal yang dikonsumsi juga bisa memberikan banyak keuntungan dalam segi agama sehingga bisa selalu berada dalam perlindungan Allah SWT.

[] SUMBER: KUMPARAN I MANFAAT 4 Manfaat Mengonsumsi Makanan dan Minuman Halaltirto.id - Islam mengharuskan umatnya untuk mengonsumsi makanan dan minuman halal, serta menjauhi yang haram.

manfaat mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal adalah

Makanan halal bermanfaat untuk kesehatan jasmani dan rohani pengonsumsinya. Sebaliknya, makanan dan minuman haram memiliki mudarat yang mesti dihindari. Hal ini tergambar dalam firman Allah SWT dalam surah Al-Baqarah ayat 168: " Wahai manusia! Makanlah dari [makanan] yang halal dan baik yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan. Sungguh, setan itu musuh yang nyata bagimu," (Al-Baqarah [2]: 168). Pengertian makanan dan minuman halal itu terbagi menjadi dua, yaitu halal zatnya atau diperoleh dengan cara yang halal.

Pertama, makanan atau minuman yang halal zatnya adalah segala jenis makanan yang diperbolehkan konsumsinya selain dari yang haram. Makanan dan minuman haram ini diatur oleh Allah SWT dalam surah Al-Maidah ayat 3: " Diharamkan bagimu [memakan] bangkai, darah, daging babi, dan [daging] hewan yang disembelih bukan atas [nama] Allah, yang tercekik, yang dipukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan yang diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu sembelih.

Dan [diharamkan pula] yang disembelih untuk berhala," (QS. Al-Maidah [5]: 3). Berdasarkan ayat di atas dan beberapa hadis Rasulullah SAW lainnya, maka makanan yang haram adalah bangkai, darah, daging babi, manfaat mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal adalah sesajen, hewan mati karena tercekik, dipukul, jatuh, diterkam binatang buas, hewan atau hal-hal yang menjijikkan, hewan bertaring atau berkuku tajam, serta yang hidup di dua alam.

Sementara itu, minuman yang haram adalah khamar atau minuman keras, serta yang najis atau terkena najis. Kedua, makanan atau minuman yang diperoleh dengan cara haram, misalnya mencuri, korupsi, merampas, dan lain sebagainya.

Hal ini berdasarkan firman Allah SWT dalam surah Al-Baqarah ayat 188: " Dan janganlah kamu makan harta di antara kamu dengan jalan yang batil, dan [janganlah] kamu menyuap dengan harta itu kepada para hakim, dengan maksud agar kamu dapat memakan sebagian harta orang lain itu dengan jalan dosa, padahal kamu mengetahui," (Al-Baqarah [2]: 188).

Selain dari yang diharamkan konsumsinya, maka makanan lainnya bisa dikategorikan halal. Hal ini dikarenakan bahwa asal segala sesuatu pada dasarnya adalah mubah dan halal, kecuali yang dilarang oleh syariat. Kemudian, jika seorang muslim mengonsumsi makanan halal, maka ia akan menuai manfaat kesehatan dan kualitas gizi dari makanan tersebut.

Hal ini dikarenakan, makanan-makanan haram yang disebutkan di atas memiliki konsekuensi negatif dan berpotensi merusak kesehatan dalam jangka panjang. Dalam uraian " Hidup Sehat dan Berkah dengan Makanan dan Minuman yang Halal" yang diterbitkan Kementerian Agama RI, dijelaskan beberapa dampak makanan haram sebagai berikut: 1. Hikmah Diharamkannya Bangkai Hewan yang mati dengan sendirinya atau bangkai biasanya mengandung penyakit tertentu.

Diharamkannya bangkai bertujuan untuk mencegah pengonsumsinya tertular penyakit dari hewan bersangkutan.

manfaat mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal adalah

2. Hikmah Diharamkannya Darah Darah pada hewan lazimnya mengandung banyak bakteri. Diharamkannya konsumsi darah bertujuan untuk mencegah masuknya bakteri ke tubuh manusia yang berpotensi menimbulkan penyakit tertentu. 3. Hikmah Diharamkannya Daging Babi Babi adalah binatang yang kotor dan menjijikkan. Bukan hanya tubuhnya, melainkan juga perilakunya yang suka terhadap hal-hal kotor. Karena itu, tubuh babi mengandung bakteri jahat dan penyakit. Diharamkannya daging babi menjauhkan manusia dari makanan yang kotor dan tidak sehat, serta menghindarkan untuk meniru sisi psikologis babi yang menyukai hal-hal menjijikkan.

4. Hikmah Diharamkannya Khamar Khamar atau minuman keras mengandung alkohol yang berpotensi mengganggu kesadaran dan otak manusia. Diharamkannya khamar melindungi kesehatan akal manusia agar tetap sadar, serta terhindar dari kecanduan karena minuman keras. Manfaat lain dari mengonsumsi makanan dan minuman halal dijanjikan Allah SWT berkah yang melimpah, serta dikategorikan sebagai ibadah.

Karena itu, pengonsumsinya memperoleh pahala dari Allah SWT. Hal ini berdasarkan firman Allah SWT dalam surah Al-A'raf ayat 96: "Dan sekiranya penduduk negeri beriman dan bertakwa, pasti Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi ternyata mereka mendustakan [ayat-ayat Kami], maka Kami siksa mereka sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan," (QS. Al-A‘raf [7]: 96).

Dilansir dari NU Online, kendati Islam sudah mengatur jenis-jenis makanan dan minuman yang halal, seorang muslim juga dianjurkan untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsi makanan atau minuman tadi.

manfaat mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal adalah

Dalilnya adalah firman Allah SWT dalam surah Al-A'raf ayat 31: “Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap [memasuki] masjid, makan dan minumlah, dan jangan berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak meyukai orang yang berlebih-lebihan," (QS. Al-A’raf [7]: 31).

Makanan dan Minuman yang Halal dan Haram - Cerdas SMPN 1 Tanjung (Ceramah Ramadan Singkat)




2022 www.videocon.com