Gambar lapangan bulu tangkis lengkap beserta ukurannya

gambar lapangan bulu tangkis lengkap beserta ukurannya

Gambar Lapangan Bulu Tangkis Beserta Ukurannya [Detail Banget]✔️ Ukuran lapangan badminton ganda/ tunggal Standar Nasional & Internasional✔️ Permainan bulu tangkis merupakan permainan olahraga yang terkenal.

Tidak hanya di Indonesia, permainan ini juga dimainkan di negara lain dengan antusias yang sama. Berikut ini ulasan lengkap mengenai gambar dan bentuk lapangan bulu tangkis disertai detail ukurannya yang harus Anda ketahui, sehingga tidak salah dalam melakukan pertandingan.

Topik : • Standar Ukuran Lapangan Bulu Tangkis • Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Nasional (PBSI) • Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Internasional (BWF) • Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Mini • Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Tunggal • Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Ganda • Ukuran Area Servis Tunggal dan Ganda • Ukuran Net Bulu Tangkis • Gambar Lapangan Bulu Tangkis Standar Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Via : https://i.pinimg.com Menurut Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), dimensi ukuran lapangan bulu tangkis secara keseluruhan memiliki panjang 13,4 meter dengan lebar 6,1 meter untuk bulu tangkis ganda, dan 5,18 meter untuk bulu tangkis tunggal.

Kemudian untuk dimensi ukuran luas keseluruhan lapangan bulu tangkis adalah 81,8 meter persegi. Angka ini didapatkan dengan mengalikan lebar lapangan penuh (6,1 meter) dengan panjang lapangan (13,41 meter) atau jika diukur dalam satuan feet yaitu 44 kaki x 24 kaki. Untuk mempermudah anda dalam memahami contoh gambar lapangan bulu tangkis beserta ukurannya diatas, simak ulasan detailnya pada tabel dibawah ini : Area Tunggal Ganda Panjang lapangan 13,4 m 13,4 m Lebar lapangan 5,18 m 6,1 m Panjang bidang penerima servis 4,72 m 3,05 m Lebar bidang penerima servis 2,59 m 3,96 m Jarak garis net dengan garis servis 1,98 m 1,98 m Tinggi tiang net 1,55 m 1,55 m Tinggi net (tengah) 1,52 m 1,52 m Tinggi net (dekat tiang) 1,55 m 1,55 m Jarak garis servis depan dengan Net 1,98 m 1,98 m Jarak garis servis tengah dari garis samping 3,05 m 3,05 m Jarak garis servis belakang (ganda) dari garis batas belakang – 0,76 m Jarak garis samping (tunggal) dari garis batas samping 0,46 m – • Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Nasional (PBSI) Via : Tokopedia.com Ukuran lapangan bulu tangkis nasional merupakan lapangan yang aturannya dibuat di Indonesia.

Ukuran ini sudah disahkan oleh BWF, yakni federasi badminton internasional, sehingga memainkan permainan bulu tangkis dengan ukuran ini tetap boleh dilakukan. Ukuran lapangan bulu tangkis berbentuk persegi panjang, dengan ukuran 2 kotak di dalamnya yang berhadapan.

Kotak tersebut akan digunakan masing-masing pemain untuk menyerang dan mencetak poin. Ukuran standar lapangan untuk nasional dan internasional tidak berbeda jauh. Untuk standar nasional, panjang lapangannya adalah 13,4 meter dan lebarnya 6,10 meter. Namun penyesuaian kadang dilakukan karena tinggi badan pemain yang berbeda. Apalagi jika pemainnya masih anak-anak atau remaja. • Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Internasional (BWF) Via : lgsc.wa.gov.au Selanjutnya adalah ukuran lapangan bulu tangkis internasional.

Untuk bagian ini, lapangan bulu tangkisnya memiliki standar yang sama antar satu negara dengan negara yang lain. Selain Indonesia, negara lain di seluruh dunia menggunakan standar lapangan ini, apalagi jika melakukan pertandingan antar negara. Menurut ketetapan Internasional BWF, berikut adalah rincian terkait dengan ukuran lapangan badminton: • Panjang lapangan bulu tangkis tidak kurang dari 13,4 meter.

• Lebar lapangan bulu tangkis adalah 6,10 meter. • Jarak garis servis bagian depan dari garis net adalah 1,98 meter. • Jaris garis servis untuk bagian belakang untuk pemain ganda adalah 0,76 meter. Tanpa mengikuti panduan tersebut, maka pertandingan bulu tangkis tidak sah untuk dilakukan dan harus diulang dengan ukuran lapangan yang sudah ditentukan.

Info Terkait Lainnya : Ukuran Lapangan Bola Voli • Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Mini Selanjutnya adalah ukuran lapangan bulu tangkis mini, ukuran ini populer di Indonesia dan negara asia lain dengan tinggi badan pemain yang lebih pendek dibandingkan negara lain.

Biasanya pemain bulu tangkis mini adalah anak-anak atau turnamen untuk remaja. Panjang lapangan untuk bulu tangkis mini adalah 11,88 meter sedangkan lebarnya adalah 5,18 meter. Ukuran tersebut biasanya diberikan untuk anak anak yang sudah berusia 9 sampai 12 tahun.

(Pethatikan gambar lapangan bulu tangkis mini usia 9-12 tahun dibawah ini) Via : Tutorial21.com Berbeda untuk anak-anak yang bertanding di bawahnya, anak-anak dengan umur dibawah 9 tahun memiliki ukuran kaki yang masih kecil, jadi ukuran kakinya jauh lebih pendek. Untuk panjangnya sekitar 10,5 meter gambar lapangan bulu tangkis lengkap beserta ukurannya lebarnya adalah 4,4 meter.

Ukuran ini tetap diperbolehkan untuk digunakan dalam pertandingan besar. Untuk lebih jelasnya silahkan anda lihat pada contoh gambar lapangan bulu tangkis mini untuk usia dibawah 9 tahun dibawah ini.

Via : Tutorial21.com • Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Tunggal Berikutnya adalah ukuran lapangan bulu tangkis tunggal. Permainan tunggal dan ganda di dalam lapangan juga berbeda.

Untuk permainan tunggal, baik putra ataupun putri menggunakan garis samping bagian dalam serta garis belakang yang ada dibagian luar untuk menghitung poin. Panjang lebar bidang permainan bulu tangkis ini adalah 5,18 meter. Sedangkan panjang bidangnya sekitar 13,40 meter. Selanjutnya adalah lebar bidang penerima servis sekitar 2,59 meter. Terakhir adalah panjang bidang penerima yang digunakan sekitar 4,72 meter. • Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Ganda Hal yang sama untuk ukuran lapangan bulu tangkis ganda.

Aturan dan lapangan yang digunakan juga berbeda dengan lapangan tunggal. Untuk menghitung poin masuk, digunakan garis luar bagian samping dan panjang garis belakang di bagian luar lapangan dalam. Jika dijelaskan secara rinci, berikut adalah rincian mengenai ukuran lapangan bulu tangkis khusus untuk pemain ganda, baik ganda putra maupun ganda putri. • Lebar bidang adalah 6,10 meter. • Panjang bidang permainan adalah 13,40 meter. • Selanjutnya adalah lebar bidang penerima servis, sekitar 3,05 meter.

• Panjang bidang penerima servis kurang lebih sekitar 3,96 meter. Ukuran ini bersifat pasti dan digunakan di semua pertandingan. Tanpanya, pertandingan bulu tangkis yang tidak menggunakan aturan lapangan ini akan dibatalkan dan harus dilakukan pertandingan ulang.

• Ukuran Area Servis Tunggal dan Ganda Via : https://twitter.com/badmintontalk/ Sesuai aturan yang telah disepakati disepakati secara Nasional oleh PBSI maupun Internasional (BWF), area servis olahraga bulu tangkis dibagi menjadi 2 yakni area servis untuk permainan tunggal dan area servis untuk permainan ganda.

Jarak garis area servis belakang ganda dari garis batas belakang lapangan yaitu 0,76 meter. Sedangkan untuk jarak garis samping area servis tunggal dari garis batas samping lapangan yaitu 0,46 meter. • Ukuran Net Bulu Tangkis Via : Buzzle.com Terakhir adalah ukuran net bulu tangkis, net merupakan jaring yang terbentang di tengah tengah lapangan.

Net digunakan untuk memisahkan antara dua kotak pemain. Jika kok pemain mengenai net, maka poin akan diberikan kepada pihak lawan. Keterangan dan ukuran net yang dimiliki oleh bulu tangkis adalah tinggi net. Tinggi net yang dimiliki adalah 155 cm, sedangkan tinggi net bagian tengah adalah 152 cm.

Sedangkan tinggi net di dekat tiang adalah 155 cm. Gambar Lapangan Bulu Tangkis Setelah anda mengetahui ragam detail terkait ukuran lapangan bulu tangkis gambar lapangan bulu tangkis lengkap beserta ukurannya maupun ganda, selanjutnya akan kami rangkum macam macam contoh gambar lapangan bulu tangkis beserta ukurannya yang bisa anda jadikan refrensi belajar.

gambar lapangan bulu tangkis lengkap beserta ukurannya

Contoh Gambar lapangan bulu tangkis Via : Sportyreview.com Gambar lapangan bulu tangkis beserta ukurannya Gambar lapangan bulu tangkis dan keterangannya Gambar lapangan bulu tangkis dengan benar beserta ukurannya Gambar sketsa lapangan bulu tangkis Contoh gambar lapangan badminton Gambar lapangan bulu tangkis 3D Berdasarkan standar Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) dan PBSI, lapangan bulu tangkis berbentuk persegi panjang dengan 1 buah net tepat ditengahnya yang berfungsi sebagai pemisah lapangan menjadi 2 bagian untuk para pemain yang bertanding.

Setiap lapangan badminton yang digunakan untuk pertandingan resmi memiliki beberapa Garis lapangan yang berwarna kontras (umumnya berwarna putih) dengan lebar 40 mm.

gambar lapangan bulu tangkis lengkap beserta ukurannya

Diantara garis garis yang terlihat pada contoh gambar lapangan bulu tangkis diatas mempunyai fungsi sebagai pemisah area yang memisahkan antara area garis servis depan, garis servis belakang, garis servis samping dan juga garis batas lapangan.

Bentuk permukaan lantai pada lapangan Badminton ini haruslah rata dan halus. Umumnya material yang digunakan dalam pembuatan permukaan lantai badminton ini ada 4 yakni lantai vinyl, rumput sintetis, flexi pave dan juga Interlock.

Video Tutorial Menggambar Lapangan Bulu Tangkis dan Ukurannya Sumber : Youtube.com Via Channel Drawing All Bara Berikutnya silahkan teman teman simak video tutorial bagaimana cara menggambar lapangan bulu tangkis beserta ukurannya dengan mudah dan benar.

Video penunjang ini kami lansir dari youtube.com channel Drawing All Bara. Pembuatan lapangan badminton ini harus dilakukan oleh para ahli yang lulus sertifikat lisensi dari BWF Approved maupun PBSI. Hal ini supaya lapangan pertandingan yang digunakan dapat memenuhi standar dari federasi yang ada. Selain itu, bentuk, komponen dan ukuran lapangan bulu tangkis ini juga memiliki aturan atau regulasi yang harus dipenuhi, diantaranya : • Lapangan bulu tangkis harus benar benar steril dari gangguan Angin.

Jika didalam ruangan tersebut terdapat AC, maka harus disiapkan ventilasi atau saluran udara untuk sirkulasi angin dari AC tersebut. Hal ini supaya tidak mengganggu arah shuttleckok didalam pertandingan • Pencahayaan yang digunakan pada area pertandingan minimal memenuhi standar pencahayaan 1000 Lux. • Penggunaan kursi untuk wasit yang sesuai dengan standar PBSI. Tinggi kursi wasit yang digunakan minimal memiliki ketinggian yang sama dengan net lapangan dengan jarak 1 meter dari net tersebut.

Posisi kursi wasit ini berada tepat ditengah tengah lapangan • Jika didapati lapangan sudah menerapkan perhitungan skor secara digital, maka wasit dpat mengubah skor pertandingan secara langsung. • Letak kursi wasit garis diposisikan lurus dengan garis. Wasit garis ini posisinya berada minimal 2 meter di belakang lapangan dan 1,5 meter dari garis samping.

Jangan Lewatkan Info Gambar lapangan bulu tangkis lengkap beserta ukurannya Lapangan Lainnya : Gambar & Ukuran Lapangan Basket Gambar & Ukuran Lapangan Voli Gambar & Ukuran Lapangan Sepak Bola Penjelasan mengenai detail lapangan, tinggi net dan aturan mengenai lapangan bulu tangkis yang telah ukuran.co uraikan diatas semoga bisa membantu Anda.

Jika Anda ingin membuat lapangan bulu tangkis, Anda bisa menggunakan refrensi diatas untuk memulai proses pembuatannya. Dengan standarisasi aturan permainan bulu tangkis yang tepat, maka pertandingan bulu tangkis akan berjalan secara lancar. UKURAN LAPANGAN BULU TANGKIS – Selamat datang di informazone, portal segala informasi. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang ukuran lapangan bulu tangkis. Pastinya segala jenis olahraga apapun tentunya membutuhkan sebuah tempat pertandingan atau arena.

Demikian pula dengan permainan badminton yang sekarang ini sudah memiliki banyak penggemarnya di kalangan masyarakat. Namun, sayangnya tidak setiap ukuran lapangan bulu tangkis atau badminton yang mereka miliki memenuhi standar.

Bahkan sebagian besar diantara mereka yang ada cuma bertanding di tempat ala kadarnya. Biasanya orang-orang bikin suatu lapangan dengan membuat garis yang mana tidak sesuai dengan ukuran standar. Namun sekedar menyesuaikan dengan tempat yang tersedia yang sesuai gambar lapangan bulu tangkis lengkap beserta ukurannya dan situasi yang ada.

gambar lapangan bulu tangkis lengkap beserta ukurannya

Tidak keliru tentunya jika inti tujuannya sekedar cuma untuk mencari keringat dan hanya menjalankan hobi saja. Namun juga harus diperhatikan bahwa apabila kita sudah terbiasa memakai lapangan yang tidak sesuai standar, dengan begitu kita nantinya akan merasa kesulitan untuk menambahkan akurasi permainan. Apalagi kita ketika hendak bertanding di perlombaan-perlombaan resmi. Oleh karena itu, jika kita memiliki cita-cita menjadi pemain badminton yang profesional, tentunya kita sudah harus mengetahui lebih dalam lagi ukuran lapangan bulu tangkis yang sesuai dengan standar.

Dengan begitu kita bisa meningkatkan akurasi permainan kita supaya lebih tajam lagi. Berikut kami sajikan informasi mengenai ukuran lapangan bulu tangkis, agar Anda bisa mengetahui dengan jelas dan baik standarnya. Daftar Isi • Bentuk Lapangan Badminton • Ukuran Lapangan Bulu Tangkis / Badminton • Bidang Permainan Bulu Tangkis/ Badminton • Lapangan Badminton Gambar lapangan bulu tangkis lengkap beserta ukurannya Partai Tunggal • Lapangan Badminton Pertandingan Partai Ganda • Garis Lapangan Badminton Area Servis Bentuk Lapangan Badminton masterbadminton.com Permainan badminton punya lapangan yang bentuknya persegi panjang dan digolongkan atas dua yaitu bidang permainan yang saling berhadapan dan terpisah dengan net yang membentang di tengah.

Ada beberapa garis permainan pada masing masing bidang tersebut yaitu garis servis depan, garis servis tengah, garis servis samping (Untuk permainan tunggal) sisi kiri dan kanan, dan garis servis belakang (bagi permainan ganda).

Baca Juga : Struktur Sel Tumbuhan dan Fungsinya Lengkap Beserta Gambar Organel-organel Sel Adapun ketebalan masing masing Garis-garis permainan lapangan badminton tersebut sekitar 40mm dan diharuskan berwarna kontras dengan warna lapangan.

Adapun beberapa warna garis yang direkomendasikan ialah warna kuning atau putih. Disarankan juga bahan Permukaan lapangan badminton adalah dari bahan sintetis yang lunak dan kayu, dan tidak diperbolehkan untuk menggunakan permukaan lapangan yang bahannya dari bahan sintetis yang keras dan beton karena bisa menyebabkan para pemain cidera. Ukuran Lapangan Bulu Tangkis / Badminton mightygoods.com Adapun ukuran lapangan permainan badminton yang ditetapkan dan ditentukan oleh Federasi Badminton Internasional (IBFInternational Badminton Federation) yang saat kini kita kenal dengan nama Federasi Dunia Badminton (BWF, Badminton World Federation).

Sedangkan di Indonesia berada dibawah naungan PBSI (Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia). Berikut ukuran internasional lapangan badminton yang ditetapkan standar internasional : • Panjang lapangan badminton adalah 13,40 m • Lebar lapangan badminton 6,10 m • Jarak garis servis depan dari garis net 1,98 m • Jarak garis servis gambar lapangan bulu tangkis lengkap beserta ukurannya dari garis samping lapangan 3,05 m • Jarak garis servis belakang (untuk permainan ganda) dari garis belakang lapangan 0,76 m • Jarak garis samping permainan tunggal dari garis pinggir lapangan 0,46 m • Tinggi tiang net 1,55 m • Tinggi net 1,52 m Adapun untuk lapangan badminton yang berukuran kecil atau mini pada umumnya diperuntukkan bagi anak yang berumur di bawah 9 tahun agak berbeda yakni panjang lapangannya berukuran sekitar 10.05 meter, sementara untuk lebarnya 4,40 meter.

Bidang Permainan Bulu Tangkis/ Badminton Masing masing garis lapangan pada permainan bulutangkis masing masing terdapat fungsi. Garis samping terdapat 2 garis yakni dalam dan luar serta garis belakang pula terdapat 2 garis luar dan dalam. Masing masing permainan bulu tangkis terdapat ketentuan dan aturan yang tidak sama antara partai ganda maupun yang tunggal.

Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket Sesuai Standar Beserta Posisi Pemain dan Sejarah Lapangan Badminton Pertandingan Partai Tunggal Pada bidang permainan partai tunggal, lebar area permainan menggunakan garis lapangan samping bagian dalam dan dalam panjangnya memakai garis belakang bagian luar.

Sementara area permainan partai ganda untuk lebar permainan memakai garis luar bagian samping dan untuk panjangnya menggunakan garis belakang bagian luar. Pada Bidang permainan, ukuran lapangan badminton bagi partai tunggal adalah di bawah ini: • Panjang bidang permainan 13,40 m • Lebar bidang permainan 5,18 m • Panjang bidang penerima servis 4,72 m • Lebar bidang penerima servis 2,59 m Lapangan Badminton Pertandingan Partai Ganda Untuk bidang permainan partai tunggal, pada lebar area permainannya memakai garis lapangan samping sisi dalam dan dalam panjangnya memakai garis belakang sisi luar.

Sementara pada lebar area permainan partai ganda memakai garis luar sisi samping dan dalam panjangnya memakai garis belakang bagian luar. Berikut ini bidang, ukuran lapangan bulu tangkis dalam permainan ganda ialah sebagaimana berikut ini.

• Panjang bidang permainan 13,40 m • Lebar bidang permainan 6,10 m • Panjang bidang penerima servis 3,96 m • Lebar bidang penerima servis 3,05 m Garis Lapangan Badminton Area Servis www.1610.org.uk Adapun bidang area service permainan bulutangkis partai tunggal ialah pada gambar lapangan bulu tangkis lengkap beserta ukurannya belakang luar dan garis samping dalam, sementara pada area service partai ganda ialah garis belakang bagian dalam dan garis samping luar. Adapun Area servis lapangan badminton turnamen tunggal yakni memiliki panjang 13,40 meter dan lebar 5,18 meter.

Sementara area servis pada pertandingan ganda ukurannya berkisar 6,10 meter lebarnya dan 11,88 meter panjangnya. Adapun berbagai bentuk dari ketentuan mengenai ukuran lapangan bulu tangkis itu sudah termasuk ketentuan yang disepakati baik nasional dan internasional.

Dengan begitu setiap kali diadakan kompetisi baik lokal nasional sampai internasional pun sama. Cari untuk: Postingan Terbaru • Tips Merawat Kolam Renang di Rumah Mewah Lantai 1 • 6 Hal yang Harus Disiapkan Lulusan SMA Untuk Mencari Kerja • Mesin Creasing Kertas Otomatis, Cara Kerja, Jenis, dan Harga • 12 Tips Cara Melakukan Lifelong Learning • Rekomendasi Beli Mobil Lebih Nyaman Dengan mobil88
Daftar Isi • Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Lengkap • Peraturan Jaring atau Net dalam Lapangan Bulu Tangkis • Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Kategori Tunggal • Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Kategori Ganda Campuran • Ide Bahan-Bahan Lantai yang Digunakan Sebagai Alas Lapangan Bulu tangkis menjadi salah satu cabang olahraga yang cukup terkenal di Indonesia.

Selain banyaknya atlet yang cukup sukses berasal dari Indonesia lewat bulu tangkis, olahraga satu ini juga menjadi salah satu olahraga yang tergolong mudah dimainkan dari anak kecil hingga orang tua. Bila Pins ingin membuat sebuah lapangan bulu tangis, kamu perlu tahu terlebih dahulu ukuran beserta gambar lapangan bulu tangkis. Pinhome – Ketersedian lapangan bulu tangkis di berbagai daerah di Indonesia juga menjadi fasilitas pendukung terciptanya muda mudi yang mahir bermain bulu tangkis.

Lapangan bulu tangkis yang menjadi syarat utama selain raket sendiri terkadang masih dilupakan ukuran bakunya. Net yang tersedia di tengah lapangan yang juga dapat membuat sebuah permainan kian lengkap terkadang masih jarang dijumpai.

Maka dari itu semua unsur di atas harus ada dan sesuai bentuk lapangan bulu tangkis baku agar terciptanya permainan yang sempurna. Baca Juga: Daftar Biaya Hidup Di 10 Negara Peringkat Teratas BWF Federasi Bulutangkis Dunia/ Badminton World Federation (BWH) telah mengeluarkan ukuran standar dari lapangan bulu tangkis yang dapat dipakai untuk pertandingan.

Ini menjadi acuan untuk seluruh penyedia lapangan bulu tangkis yang sudah sesuai dengan aturannya. Seperti apa? Simak yuk dalam artikel di bawah ini. Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Lengkap (Informazone) Baca Juga: Olahraga Dulu Atau Sarapan Dulu?

Ukuran lapangan bulu tangkis menurut Badminton World Federation (BWH) adalah memiliki panjang lapangan 13,40 meter, dengan lebar 6,10 meter. Untuk jarak antara garis servis dan net sebesar 1,98 meter sedangkan jarak antara garis servis tengah dari garis samping lapangan 3,05 meter. Dalam pertandingan ganda, jarak antara garis servis belakang dari garis belakang lapangan 0,76 meter sedangkan untuk permainan tunggal jarak antara garis gambar lapangan bulu tangkis lengkap beserta ukurannya dengan garis pinggir lapangan adalah 0,46 meter.

Bentuk lapangan bulu tangkis pada umumnya adalah persegi panjang dengan tinggi tiang net 1,55 meter dengan tinggi net 1,52 meter.

Peraturan Jaring atau Net dalam Lapangan Bulu Tangkis (Medcom) Bentuk lapangan bulu tangkis memang selalu menyerupai persegi panjang dengan jaring pada bagian tengah. Jaring atau pun net menjadi syarat utama dalam sebuah lapangan bulu tangis dalam sebuah pertandingan. Net tersebut harus dibuat dari jaring yang halus disamak dengan jarak 1,6 cm sampai 2,0 cm.

Selain itu dengan direntangkan pada kedua tiang dengan jarak 76 cm, net tersebut harus erat dan kuat. Tepi dari pita putih dengan lebar 7,6 cm dilipat dua juga harus berada di pinggiran net dan di tengahnya diberi kawat tali yang dieratkan dan ditarik pada kedua sisi. Yang tidak terlupa pula bagian ujung atas net harus setinggi 152 cm dari lantai dan 155 cm dari lantai pada kedua tiang. Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Kategori Tunggal Di dalam sebuah pertandingan resmi terdapat perbedaan antara ukuran lapangan kategori tunggal dan kategori ganda.

Untuk kategori tunggal ukurannya sebagai berikut: • Panjang lapangan bidang permainan: 13,40 meter • Lebar lapangan bidang permainan: 5,18 meter • Panjang bidang penerima servis: 4,72 meter • Lebar bidang penerima servis: 2,59 meter Pada kategori tunggal panjang lapangan menggunakan garis lapangan bagian belakang luar sedangkan lebar lapangannya menggunakan garis lapangan samping bagian dalam dan bentuk lapangan bulu tangkis yang sama persegi panjang.

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Kategori Ganda Campuran Selanjutnya, untuk ukuran lapangan bulu tangkis kategori ganda campuran putra maupun putri terlampir ukurannya: • Panjang lapangan bidang permainan: 13,40 meter • Lebar lapangan bidang permainan: 6,10 meter • Panjang bidang penerima servis: 3,96 meter • Lebar bidang penerima servis: 3,05 meter Ide Bahan-Bahan Lantai yang Digunakan Sebagai Alas Lapangan Setelah kamu mengetahui gambar lapangan bulu tangkis beserta ukurannya, tahapan selanjutnya dalam pembuatan lapangan adalah material lantai yang digunakan.

Kamu dapat menggunakan bahan-bahan lantai ini sebagai pilihan, antara lain: • Bahan Sintetis, rumput sintetis misalnya dapat digunakan pada lapangan bulu tangkis. Selain akan lebih sedap dipandang dengan pesona keindahannya, pemilihan rumput sintetis terbaik juga membuat pijakan tidak licin. Bahan alternatif ini juga biasa dipakai pada lapangan futsal lho! • Lantai Vinyl, terbukti anti slip bahan satu ini juga bisa Pins jadikan pilihan dalam pembuatan lapangan futsal.

Baik indoor maupun outdoor dengan pemilihan bahan dengan kualitas yang tepat, lapangan akan bertahan lama dan digadang anti cidera. • Lantai Interlock, bahan lapangan bulu tangkis yang umum digunakan adalah berbahan dasar polypropylene.

Dijamin anti slip bahan ini menyerupai karpet yang dapat dipindahkan secara flexible. Model bongkar pasang lantai ini tergolong bahan tebal dan rata karena tidak ditemukan tonjolan pada bagian manapun.

Tidak heran bahan satu ini selalu dipakai pada lapangan untuk pertandingan dalam skala besar. • Flexi Pave, terakhir ada bahan flexi pave untuk gambar lapangan bulu tangkis yang kalian idamkan. Ini merupakan sebuah produk pelapisan bahan lapangan yang cocok berada dalam ruangan outdoor maupun indoor.

Bahannya menyerupai akrilik tetapi tidak licin. Selain harganya yang relatif terjangkau, bahannya mudah diimplementasikan dan minim perawatan. Cukup lengkap bukan Pins? Informasi mengenai ukuran lapangan bulu tangkis, bentuk lapangan bulu tangkis di atas beserta bahan telah kami sajikan.

Semoga dapat membantu kamu yang sedang ingin membuat lapangan bulu tangkis sendiri ya! Temukan pilihan rumah seperti rumah second di jakarta selatan terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome.

Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Bagi kamu para penggemar olahraga bulu tangkis apakah sudah tahu berapa ukuran lapangan bulu tangkis. Dan seperti apa sih gambar lapangan bulu tangkis beserta ukurannya?

Atau, kamu hanya sekedar menikmati permainannya saja? Nah, jika belum sebaiknya ketahui lebih dulu agar kamu bisa mengerti permainannya dengan detail. Hampir sebagian besar orang Indonesia sangat gemar dengan olahraga ini. Bagaimana tidak, bulu tangkis tak henti – hentinya mencetak prestasi di ajang nasional maupun internasional.

Salah satunya adalah pada ajang Thomas Cup kemarin. Setelah penantian 19 tahun akhirnya piala Thomas Cup berhasil dibawa kembali oleh tim Indonesia. Maka dari itu masyarakat pun tak jarang ikut memainkannya.

Mungkin kamu juga salah satunya? Meskipun hanya untuk iseng bermain saja, tapi akan lebih baik jika kamu juga mengikuti standar permainannya lho, dari mulai ukuran lapangan bulu tangkis sampai ukuran net bulu tangkis.

Jika kamu belum tahu standar ukurannya, tidak perlu khawatir. Karena di sini kita akan mengupas dengan detail dari ukuran lapangan, gambaran lapangannya sampai jenis lantai yang biasa dipakai bulu tangkis. Tapi sebelum tahu ukuran lapangan bulu tangkis, yuk ketahui dulu seperti apa sejarah permainan bulu tangkis ini.

gambar lapangan bulu tangkis lengkap beserta ukurannya

Contents • 1 Tentang Olahraga Gambar lapangan bulu tangkis lengkap beserta ukurannya Tangkis / Badminton • 1.1 Sejarah Singkat Bulu Tangkis • 1.2 Permainan Bulu Tangkis • 2 Gambar Lapangan Bulu Tangkis Beserta Ukurannya • 2.1 Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Single • 2.2 Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Ganda • 3 Ukuran Net Bulu Tangkis • 4 Harga Net Bulu Tangkis • 5 Jenis – Jenis Lantai Lapangan Bulu Tangkis • 5.1 Lapangan Badminton Vinyl • 5.2 Lapangan Badminton Interlock • 5.3 Lapangan Badminton Flexi Pave Tentang Olahraga Bulu Tangkis / Badminton Bulu tangkis ternyata memiliki sejarah yang cukup panjang lho, seperti apa sejarahnya?

Hingga sekarang kita bisa memainkan olahraga tersebut. Sejarah Singkat Bulu Tangkis Perjalanan terciptanya olahraga bulu tangkis ini cukup panjang, namun pada intinya olahraga ini sudah ada sejak 2.000 tahun lalu pada masa mesir kuno. Awalnya berasal dari permainan Jianzi, yang mana adalah mempertahankan bola agar tidak jatuh ke tanah. Pada pertengahan dulu, di Inggris anak – anak mulai memainkannya, saat itu dengan nama battledores atau shuttlecocks.

Permainan ini terus populer hingga pada 1854 ada salah satu majalah bernama Punch yang turut mempublikasikan bulu tangkis. Dan ternyata, bulu tangkis ditemukan oleh tentara di Pune India ketika sedang menambah peralatan jaring. Akhirnya pasukan membawa kembali permainan ini ke Inggris. Untuk pertama kalinya tahun 1877 dibuatlah rancangan peraturan bulu tangkis, salah satunya seperti ukuran lapangan bulu tangkis.

Lalu tahun 1893 terbentuklah asosiasi bulu tangkis di Inggris, 6 tahun setelahnya, di tahun 1899 terdapat ajang perlombaan internasional pertama yaitu All England. Yang sampai saat ini masih berjalan.

Sedangkan di Indonesia sendiri, bulu tangkis sudah masuk sejak tahun 1930 lalu. Hanya saja saat itu masih dalam masa perang, sehingga belum terlalu berkembang. Dan akhirnya pada tahun 1947, gambar lapangan bulu tangkis lengkap beserta ukurannya tangkis mulai populer dan mulai muncul atlet – atletnya. Lalu akhirnya seperti apa gambaran permainan bulu tangkis ini dari hasil sejarah tersebut? Permainan Bulu Tangkis Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bulu tangkis merupakan salah satu permainan yang banyak digemari masyarakat.

Bukan hanya karena atletnya sering mencetak prestasi, namun juga karena permainan ini bisa dilakukan oleh siapapun. Dan tentu olahraga ini tidak membutuhkan perlengkapan yang ribet. Bulu tangkis atau akrab juga dengan nama badminton merupakan permainan olahraga yang dilakukan oleh 2 tim baik itu tunggal maupun pasangan ganda. Dengan cara memukul kok melewati net, agar sampai ke area lawan sehingga skor dapat tercetak.

gambar lapangan bulu tangkis lengkap beserta ukurannya

Bulu tangkis dilakukan sebanyak 3 kali babak. Artinya jika terdapat tim yang menang 2 kali berturut turut, itulah pemenangnya. Dan tidak perlu babak selanjutnya.

Untuk tiap babaknya sendiri setidaknya mereka harus mencetak poin sebanyak 21. Apabila poinnya seri 20 – 20. Maka harus terus berlanjut sampai selisih poinnya adalah 2.

Seperti olahraga pada umumnya, bulu tangkis juga memiliki peraturannya sendiri. Diantaranya seperti ukuran lapangan bulu tangkis, panjang net bulu tangkis dan masih banyak lagi. Apabila kamu berminat untuk bermain sesuai dengan standar permainan yang ada. Sebaiknya ketahui ukuran – ukurannya terlebih dulu di penjelasan berikut. Gambar Lapangan Bulu Tangkis Beserta Ukurannya Karena permainan bulu tangkis dibagi menjadi dua, yaitu single dan ganda.

Maka ukuran lapangannya pun berbeda. Secara umum, seperti yang sering kamu lihat juga. Lapangan bulu tangkis berbentuk persegi panjang dan dibagi dua sama besar gambar lapangan bulu tangkis lengkap beserta ukurannya tengah menggunakan net. Hanya saja terdapat perbedaan lebar antara single dan ganda. Berikut ini ukuran yang lebih detail yang sesuai dengan standar nasional dan internasional.

Ukuran ini biasa digunakan pada ajang kompetisi badminton. Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Single Yang membedakan antara lapangan bulu tangkis single dan ganda adalah lebarnya. Ukuran ganda cenderung lebih lebar karena memang nantinya masing – masing digunakan oleh 2 orang. Berikut detail ukuran lapangan bulu tangkis single. • Panjang area bermain : 13,40 m. • Lebar area bermain : 5,18 m. • Panjang area penerima servis : 4,72 m. • Lebar area penerima servis : 2,59 m.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar berikut. Pada gambar berikut terdapat garis berwarna merah. Itu merupakan batasan panjang dan lebar area bermain single. Seperti keterangan yang sudah tercantum di gambar tersebut. Ukuran lapangan single panjang lapangan bulu tangkis adalah 13,4 m dengan menggunakan garis samping bagian dalam dan lebarnya menggunakan garis belakang bagian luar yaitu 5,18 m.

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Ganda Selanjutnya untuk ukuran lapangan bulu tangkis ganda atau double memiliki lebar lebih besar, ukuran lapangan detailnya adalah seperti berikut. • Panjang area bermain : 13,40 m. • Lebar area bermain : 6,10 m.

• Panjang area penerima servis : 3,96 m. • Lebar area penerima servis : 3,05 m. Berikut gambar lapangan bulu tangkis beserta ukurannya untuk ganda. Lapangan bulu tangkis ganda menggunakan garis samping bagian luar juga dengan panjang 13,40 m. Hanya saja untuk ganda, lebar lapangan bulu tangkis adalah 6,10 m dengan menggunakan garis belakang bagian dalam. Bagaimana, sampai sini sudah cukup paham kan perbedaan ukuran lapangan single dan double terdapat pada lebarnya.

Lalu bagaimana dengan ukuran net nya? Nah mari kita bahas. Ukuran Net Bulu Tangkis Setelah mengetahui panjang dan lebar ukuran lapangan bulu tangkis ganda dan single. Selanjutnya adalah standar ukuran net bulu tangkis yang biasa digunakan untuk bermain. Gambar lapangan bulu tangkis lengkap beserta ukurannya kamu hanya sekedar bermain saja, bukan untuk perlombaan tapi sebaiknya gunakan ukuran internasional. Berikut ini gambaran ukuran netnya.

sumber gambar : idntimes.com Dari gambar tersebut bisa kita lihat, tinggi net pada lapangan bulu tangkis yang berstandar internasional yaitu 1,55 m. Sedangkan untuk bagian tengah terdapat beda beberapa cm yaitu 1,524 cm. Untuk lebar net bulu tangkis yaitu 0,75 m.

Dan panjang net bulu tangkis sendiri sama dengan lebar ukuran lapangan bulu tangkis yaitu 6,10 m. Selain itu juga terdapat aturan ukuran di setiap anyaman net nya, kurang lebih sebesar 0,05 m setiap lubang anyaman. Biasanya terdapat tambahan pada puncak atas net diberi batasan berwarna putih selebar 7,5 cm. Bukan hanya ukuran yang harus diperhatikan, tetapi juga ketika pemasangannya. Pastikan net diletakan di tengah – tengah lapangan.

Dan ketika ditarik posisinya benar – benar kuat sehingga bisa berdiri tegak di tengah netnya. Hal itu juga sebenarnya berhubungan dengan material yang digunakan pada net. Terutama pada bagian tiangnya semakin kuat tiang maka semakin bagus, selain itu tentu harga net bulu tangkis nya juga berbeda.

gambar lapangan bulu tangkis lengkap beserta ukurannya

Maka dari itu, di sini juga terdapat beberapa referensi harga net bulu tangkis untuk masing – masing merek. Gambar lapangan bulu tangkis lengkap beserta ukurannya Net Bulu Tangkis Terdapat beberapa pilihan merek net bulu tangkis yang bisa kamu pilih. Diantara adalah sebagai berikut. • Net Bulu Tangkis Swash Merek yang pertama adalah Swash, merek net ini cenderung cukup murah dan terjangkau untuk siapapun.

Kamu bisa mendapatkannya mulai dari 50 ribu sampai 100 ribu saja. Untuk bahan dasar net yang digunakan yaitu benang nilon. Dengan harga yang sangat ramah kantong, kamu sudah bisa mendapatkan benang yang berkualitas, awet dan tahan lama. • Net Bulu Tangkis Li Ning Li Ning merupakan salah satu merek yang pernah memberikan sponsor ketika Asian Games 2018 lalu.

Li Ning merupakan produk net buatan China yang menggunakan bahan nilon sintetis. Net ini dibuat dengan cara dipilin, sehingga akan lebih tahan lama. Untuk harga net nya sedikit lebih mahal mulai dari 75 ribu sampai 300 ribu. • Net Bulu Tangkis RS Beralih pada net merek lokal, RS atau Reinforce Speed merupakan produk asli Indonesia yang terdapat di Bandung.

Apabila kamu hanya sekedar ingin bermain badminton biasa, RS bisa menjadi pilihan net untuk lapangan kamu. Harganya pun sangat ramah kantong, mulai dari 50 ribu sampai 150 ribu saja. Murah kan? • Net Bulu Tangkis Proteam Mungkin kamu juga pernah mendengar merek ini di ajang kompetisi bola voli? Proteam juga salah satu produk olahraga lokal. Tidak hanya memproduksi bola, Proteam juga membuat net yang sudah berstandar internasional dengan harga yang terjangkau mulai 100 ribu sampai 300 ribu.

Itulah mengapa produk Indonesia ini sampai di ekspor ke berbagai wilayah Asia, Afrika dan Eropa. • Net Bulu Tangkis Victor Produk olahraga badminton luar negeri yang tidak kalah bagus juga yaitu Victor. Merek ini pernah menjadi sponsor utama pada ajang China Open, hal itu juga yang membuat Victor semakin dikenal para pemain bulu tangkis.

gambar lapangan bulu tangkis lengkap beserta ukurannya

Untuk harga yang dibanderol mulai dari 75 ribu sampai 250 ribu rupiah. • Net Bulu Tangkis Yonex Siapa yang tidak tahu dengan merek satu ini.

Pasti kamu sering melihat produk Yonex digunakan gambar lapangan bulu tangkis lengkap beserta ukurannya kompetisi badminton. Produk asal Jepang ini ternyata sudah menjadi sponsor bulu tangkis utama di Indonesia selama lebih dari 30 tahun. Karena itu tentu tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Kamu bisa mendapatkan net nya mulai dari 100 ribu sampai 300 ribu saja. Selain net, ada perlengkapan yang lebih penting lagi untuk diperhatikan yaitu lapangan bulu tangkis.

Terdapat beberapa jenis – jenis lapangan bulu tangkis yang biasa digunakan. Langsung saja simak penjelasannya berikut. Jenis – Jenis Lantai Lapangan Bulu Tangkis Secara umum, yang biasa digunakan terdapat 3 jenis. Yaitu Vinyl, Interlock dan Flexi Pave yang akan kita bahas lebih detail di bawah ini.

Lapangan Badminton Vinyl Jenis lapangan bulu tangkis yang diakui secara internasional adalah menggunakan Vinyl. Jadi apabila kamu ingin memiliki lantai lapangan badminton yang berstandar kamu bisa gunakan Vinyl.

Vinyl terbuat dari bahan PVC atau polyvinyl carbonate, jenis ini cenderung seperti karet, sehingga empuk ketika diinjak dan elastis. Oleh karena itu dapat meminimalisir cedera apabila pemain terjatuh. Vinyl sendiri memiliki beberapa motif, salah satunya adalah Lychee yang umum digunakan.

Berikut kira – kira material karpet Vinyl. Cukup terlihat bukan kelenturannya seperti apa? Sehingga bisa membuat pemain nyaman ketika menginjak. Untuk ketebalannya sendiri sekitar 4,5 – 5,5 mm dengan pilihan warna yang bermacam. Karpet ini biasanya tersedia dalam bentuk gulungan atau meteran. Kamu bisa membelinya menurut ukuran lapangan bulu tangkis yang hendak dibuat.

Lapangan Badminton Interlock Pilihan jenis lapangan bulu tangkis selanjutnya yaitu Interlock. Jika dibandingkan dengan sebelumnya, jenis ini cukup lebih kaku untuk permainan badminton.

Namun memiliki ketahanan yang cukup kuat, sehingga bisa awet kira – kira sampai 8 tahun ke depan. Bahan yang digunakan adalah Polypropylene dan lebih tebal dari Vinyl, sekitar 1 cm. Interlock memiliki 2 jenis, yaitu untuk Indoor dan Outdoor. Kira – kira untuk lapangan bulu tangkis yang Indoor seperti ini karpetnya. Di bagian pinggir terdapat tempat untuk mengunci karpetnya agar tidak bergeser – geser.

gambar lapangan bulu tangkis lengkap beserta ukurannya

Lapangan Badminton Flexi Pave Jenis karpet lapangan terakhir adalah Flexi Pave. Jenis ini menggunakan metode pengecatan di atas aspal atau beton. Biasanya Flexi Pave ini digunakan pada lapangan outdoor, tapi tidak menutup kemungkinan juga pada indoor.

Flexi Pave juga dibagi lagi menjadi 2, dengan sillica dan tanpa sillica. Untuk yang menggunakan sillica permukaannya cukup kasar seperti gambar berikut. Namun, lapangan yang menggunakan jenis lantai ini akan terlihat lebih menarik karena dapat dikombinasikan dengan banyak warna sesuai kebutuhan lapangan.

Selain itu pengecatan pada lantai juga dapat melindungi lapangan badminton dari kerusakan. Nah itulah beberapa jenis – jenis lantai lapangan bulu tangkis. Apabila kamu hendak membuatnya tinggal sesuaikan dengan ukuran lapangan bulu tangkis saja. Dan jangan lupa untuk memperhatikan aturan perlengkapan yang lain seperti ukuran net bulu tangkis, panjang net sampai dengan tingginya.

Salam Olahraga, Saya Indra Gunawan, CEO PT Raga Gunawan Mandiri. Silakan konsultasi ke nomor saya 081359989458 perihal pembuatan lapangan olahraga seperti lapangan badminton, futsal, basket dan lain sebagainya. Pos-pos Terbaru • Kontraktor Jasa Pembuatan Lapangan Multifungsi / Multisport • RAB / Biaya Pembuatan Lapangan Basket 2022 (Indoor & Outdoor) • Jual Karpet Lapangan Voli Terbaik Standart FIVB - Harga Terjangkau • Kontraktor Jasa Pembuatan Lapangan Sepak Bola – Raga Sport • Mengenal Tehnik Pukulan Drop shot dalam Bulu Tangkis
KOMPAS.com - Lapangan bulu tangkis atau badminton sejatinya memiliki panjang dan lebar yang sama.

Akan tetapi, ukuran lapangan bulu tangkis dibedakan sesuai nomor yang dipertandingkan yaitu tunggal dan ganda. Bulu tangkis adalah jenis permainan bola kecil yang dimainkan di sebuah lapangan khusus. Lapangan bulu tangkis memiliki bentuk persegi panjang yang dibagi menjadi dua persegi sama panjang oleh jaring atau net yang berada di tengah.

Untuk pertandingan resmi, lapangan bulu tangkis harus sesuai standar Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) dan Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI). Berikut adalah penjelasan mengenai ukuran lapangan bulu tangkis untuk pertandingan tunggal (single) dan ganda (double) lengkap beserta gambar dan keterangannya.

Baca juga: 5 Partai dalam Bulu Tangkis Gambar Lapangan Bulu Tangkis Lapangan bulu tangkis umumnya memiliki lantai berwarna hijau dengan garis-garis berwarna putih. Lapangan bulu tangkis dibagi menjadi dua bagian untuk masing-masing pemain, dibatasi oleh net di bagian tengah.

Pada area masing-masing pemain, juga terdapat dua kotak servis. Gambar lapangan bulu tangkis beserta keterangannya seperti di bawah ini. Shuttletime BWF Gambar lapangan bulu tangkis lengkap beserta ukurannya ukuran lapangan bulu tangkis sesuai regulasi BWF Keterangan: • Panjang lapangan: 13,40 meter • Ukuran lebar lapangan bulu tangkis yaitu 6,10 meter • Jarak garis servis/service depan dari garis net: 1,98 meter • Jarak servis belakang (untuk ganda) dari garis belakang lapangan: 0,76 meter • Jarak garis servis tengah dari garis samping lapangan: 3,05 meter • Jarak garis samping permainan partai tunggal dari garis pinggir lapangan: 0,46 meter • Tinggi tiang net: 1,55 meter • Ukuran standar tinggi net bulu tangkis yaitu 1,52 meter Baca juga: Servis untuk Pemula dalam Bulu Tangkis Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Tunggal Berikut adalah ukuran lapangan badminton untuk pertandingan tunggal atau single, baik tunggal putra maupun tunggal putri.

• Panjang garis lapangan permainan bulu tangkis dalam partai tunggal adalah 13,40 meter • Lebar bidang permainan: 5,18 meter • Panjang bidang penerima servis: 4,72 meter • Lebar bidang penerima servis: 2,59 meter Adapun, jarak garis service ke sisi lapangan luar pada partai tunggal yaitu 3,96 meter. Luas lapangan bulu tangkis untuk partai tunggal yang berstandar internasional adalah 61,53 meter.

KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Tunggal putra Indonesia, Anthony Ginting bertanding melawan tunggal putra Denmark, Anders Antonsen pada pertandingan final Daihatsu Indonesia Masters 2020 di Istora Senayan Jakarta, Minggu (19/1/2020). Anthony Ginting tampil sebagai juara setelah menang 17-21, 21-15, dan 21-9. Baca juga: Jenis dan Tipe Raket Bulu Tangkis Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Ganda Berikut adalah ukuran lapangan badminton atau bulu tangkis untuk pertandingan ganda ( double), baik ganda putra, ganda putri, maupun ganda campuran.

KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Ganda putra Indonesia, Marcus Gideon dan Kevin Sukamuljo bertanding melawan ganda putra Malaysia, Aaron Chia dan Soh Wooi Yik pada pertandingan semifinal Daihatsu Indonesia Masters 2020 di Istora Senayan Jakarta, Sabtu (18/1/2020).

Gideon - Sukamuljo melaju ke final setelah menang 21-19 dan 21-19. • Panjang bidang permainan: 13,40 meter • Lebar bidang permainan: 6,10 meter • Panjang bidang penerima servis: 3,96 meter • Lebar bidang penerima servis: 3,05 meter Adapun, jarak garis service ke sisi lapangan luar pada partai ganda yaitu 4,72 meter.

Luas lapangan bulu tangkis untuk partai ganda yang berstandar internasional adalah 81,74 meter. Berita Terkait Combination Grip dalam Bulu Tangkis Posisi Servis Pertama dalam Bulu Tangkis Mengapa Servis Panjang pada Bulu Tangkis Sering Digunakan dalam Permainan Tunggal?

Apa yang Dimaksud dengan English Grip pada Bulu Tangkis? Pembagian Kelompok Usia dalam Bulu Tangkis, 2 Kategori untuk Seleknas PBSI 2022 Berita Terkait Combination Grip dalam Bulu Tangkis Posisi Servis Pertama dalam Bulu Tangkis Mengapa Servis Panjang pada Bulu Tangkis Sering Digunakan dalam Gambar lapangan bulu tangkis lengkap beserta ukurannya Tunggal?

Apa yang Dimaksud dengan English Grip pada Bulu Tangkis? Pembagian Kelompok Usia dalam Bulu Tangkis, 2 Kategori untuk Seleknas PBSI 2022 Menpora Jadwalkan Rapat dengan PSSI dan Shin Tae-yong, Bahas Naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat https://bola.kompas.com/read/2022/01/31/19000008/menpora-jadwalkan-rapat-dengan-pssi-dan-shin-tae-yong-bahas-naturalisasi-sandy https://asset.kompas.com/crops/6xdIVByfFRfFvxvJWq3oHJEvKgE=/0x0:719x479/195x98/data/photo/2022/01/17/61e521502f335.jpeg
Gambar Dan Ukuran Lapangan Bulu Tangkis (Badminton) Lengkap Untuk Permainan Tunggal Dan Ganda (Putra, Putri & Campuran) - Olahraga bulu tangkis atau badminton merupakan salah satu permainan yang telah diakui dunia dan telah ditetapkan sebagai salah satu cabang olahraga resmi di Olimpiade, Sea Games, Asian Games dan kompetisi olahraga lainnya.

Untuk memainkan bulu tangkis ini kita memerlukan lapangan khusus. Untuk mengetahui ukuran lapangan bulu tangkis, berikut ini adalah data ukuran lapangan bulu tangkis Internasional yang telah ditetapkan oleh Badminton World Federation (BWF) dan juga ukuran lapangan bulu tangkis nasional yang digunakan Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI). Denah lapangan bulu tangkis dan ukurannya Keterangan Ukuran Lapangan Bulu Tangkis (Badminton) • Panjang lapangan badminton. • Permainan tunggal = 6,7 meter.

• Permainan ganda = 6,7 meter. • Lebar lapangan badminton. • Permainan tunggal = 5,18 meter. • Permainan ganda = 6,1 meter. • Luas lapangan badminton. • Permainan tunggal = 69,412 meter². • Permainan ganda = 81,74 meter². • Jarak antara garis net sampai garis servis pendek (ShortService Line) = 1,98 meter. • Jarak antara garis net sampai garis servis jauh (Long Service Line) • Permainan tunggal = 5,91 meter.

• Permainan ganda = 6,7 meter. • Panjang garis tengah (Center Line) = 4,72 meter. Keterangan Ukuran Net Lapangan Bulu Tangkis (Badminton) • Panjang Net = 6,1 meter. • Tinggi tiang Net = 1,55 meter. • Tinggi Net = 1,52 meter. • Ukuran tinggi/lebar Net = 1 meter Gambar Lapangan Bulu Tangkis (Badminton) Beserta Keterangannya Gambar lapangan bulu tangkis simple dan keterangannya Keterangan Istilah-Istilah Dalam Gambar Lapangan Bulu Tangkis (Badminton) • Left Service Area: wilayah untuk melakukan service sisi kiri.

• Right Service Area: wilayah untuk melakukan service sisi kanan. • Side Line For Singles: garis pembatas bagian samping lapangan untuk permainan partai tunggal. • Side Line For Doubles: garis pembatas bagian samping lapangan untuk permainan partai ganda. • Center Line: garis tengah lapangan pada wilayah tim lawan dan kawan. • Short Service Line: garis pembatas untuk melakukan servis pendek.

• Long Service Line For Singles: garis pembatas untuk melakukan servis jarak jauh pada permainan tunggal. • Long Service Line For Doubles: garis pembatas untuk melakukan servis jarak jauh pada permainan ganda.

• Posts: tiang untuk memasang Net. • Net: jaring khusus untuk membatasi wilayah tim lawan dan gambar lapangan bulu tangkis lengkap beserta ukurannya. Gambar Dan Ukuran Lapangan Bulu Tangkis (Badminton) Permainan Tunggal Putra Atau Putri Dalam permainan olahraga bulu tangkis di partai tunggal untuk putra ataupun putri, para pemain hanya diperbolehkan untuk bermain di lapangan tengah dan bagian garis samping dalam saja.

Sedangkan untuk melakukan service pemain hanya boleh memulainya dari garis tengah sampai berada di bagian garis samping dalam dan bagian garis belakang luar. Gambar lapangan bulu tangkis permainan tunggal • Panjang lapangan = 13,40 meter. • Lebar lapangan = 5,18 meter. • Panjang lapangan permainan untuk melakukan servis = 4,72 meter • Lebar lapangan permainan untuk melakukan servis = 2,59 meter.

Gambar Dan Ukuran Lapangan Bulu Tangkis (Badminton) Permainan Ganda Putra, Putri Dan Campuran Sedangkan dalam permainan olahraga bulu tangkis di partai ganda untuk putra ataupun putri, para pemain diperbolehkan untuk bermain di seluruh bagian lapangan. Sedangkan untuk melakukan service pemain hanya boleh memulainya dari garis tengah sampai berada di bagian garis samping luar dan bagian garis belakang dalam.

Gambar lapangan bulu tangkis permainan ganda • Panjang lapangan = 13,40 meter. • Lebar lapangan = 6,10 meter. • Panjang lapangan permainan untuk melakukan servis = 3,96 meter.

• Lebar lapangan permainan untuk melakukan servis = 3,05 meter. Apabila para pemainnya masih berusia dibawah 9 tahun, maka ukuran lapangan badminton yang akan digunakan adalah dengan ukuran panjang 10,05 meter sedangkan untuk lebarnya adalah 4,40 meter. Contoh Gambar Lapangan Bulu Tangkis / Badminton Foto lapangan bulu tangkis Itulah Gambar & Ukuran Lapangan Bulu Tangkis (Badminton) Standar Nasional Dan Internasional Beserta Keterangannya yang sesuai dengan ketentuan Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) dan Badminton World Federation (BWF).

Semoga artikel ini dapat menjadi referensi untuk kita semua.HermanAnis.com. Gambar Lapangan Bulu Tangkis dan Ukurannya adalah topik kita kali ini. Bulu Tangkis merupakan olahraga yang cukup populer di Negara kita, Indonesia, mungkin karena olahraga ini, sangat mudah di mainkan dan fasilitasnya juga tidak sulit untuk di jangkau oleh seluruh lapisan masyarakat.

Catatan buat pembaca: Pada setiap tulisan dalam www.hermananis.com, semua tulisan yang berawalan “di” sengaja dipisahkan dengan kata dasarnya satu spasi, hal ini sebagai penciri dari website ini. Selain lapangan bulu tangkis, dalam hemananis.com, teman teman juga dapat memperoleh informasi tentang lapangan olahraga beserta ukurannya seperti: • Pencak Silat, • Bola Voli, • Bola Kasti • Tenis Meja, • Bola Basket, • Sepak Takraw, • Lompat Jauh, • Tolak Peluru, • Panahan, • Tenis, • Lempar Lembing, dan • Futsal.

Nah, sebelum kita membahas Gambar Lapangan Bulu Tangkis dan Ukurannya, kita bahas dulu alat-alat yang dibuthkan dalam olahraga badminton ini. Gambar Lapangan Bulu Tangkis Berikut ini kami berikan gambar lapangan bulu tangkis dan ukurannya sesuai dengan standar internasional.

Net ini akan memisahkan ruang pemain yang saling berhadapan. Di dalam setiap bidang permainan terdapat beberapa garis yaitu garis servis depan, garis servis tengah,garis servis belakang (untuk permainan ganda), dan garis servis samping (untuk permainan tunggal) sisi kiri dan kanan. Gambar Lapangan Bulu Tangkis berserta Ukurannnya Gambar Lapangan Bulu Tangkis dan Ukurannya yang ditetapkan oleh Federasi Badminton Internasional ( IBF, International Badminton Federation) yang sekarang di kenal dengan nama BWF dapat di lihat.

Ukuran Lapangan dan Gambar Lapangan Bulu Tangkis Partai Tunggal Gambar Lapangan Bulu Tangkis dan Ukurannya: pada pertandingan partai tunggal, panjang area permainannya menggunakan garis lapangan belakang bagian luar dan lebar area permainannya menggunakan garis lapangan samping bagian dalam. • Panjang bidang permainan: 13,40 meter. • Lebar bidang permainan: 5,18 meter. • Panjang bidang penerima servis: 4,72 meter. • Lebar bidang penerima servis: 2,59 meter. Selanjutnya, untuk ukuran lapangan bulu tangkis pertandingan ganda, panjang area permainannya menggunakan garis lapangan belakang bagian luar, sementara lebar area permainannya menggunakan garis lapangan samping bagian luar.

• Panjang bidang permainan: 13,40 meter. • Lebar bidang permainan: 6,10 meter. • Panjang bidang penerima servis: 3,96 meter. • Lebar bidang penerima servis: 3,05 meter. Alat-alat Perlengkapan dan Lapangan Bulu Tangkis Berdasarkan Peraturan Permainan PBSI tahun 1984 – 1988, alat-alat perlengkapan dan lapangan terdiri dari: Perlengkapan Teknik • Untuk pencatatan waktu di perlukan sedikitnya 2 buah stopwatch, satu untuk pencatat waktu dan satu lagi untuk time out.

• Alat untuk mengukur waktu Kertas score (Scoring Book) untuk mencatat atau merekam pertandingan. Perlengkapan di gunakan oleh wasit yang memimpin jalannya pertandingan. Net Lapangan Badminton, Tidak ada perbedaan ukuran net bulu tangkis untuk partai tunggal atau ganda, begitupun untuk putra atau putri. • Tinggi tiang net: 1,55 meter.

• Tinggi net: 1,524 meter. • Panjang net: 6,10 meter. • Lebar net: 0,75 meter. • Puncak net paling atas di beri batasan putih selebar: 7,5 cm • Tiang net (Posts) harus setinggi 1,55 meter terhitung dari permukaan lapangan dan harus tetap vertikal sewaktu net di tarik tegang.

Tiang net harus tetap vertikal di atas garis samping untuk ganda terlepas apakah tunggal, atau ganda yang di mainkan. • Net harus terbuat dari tali halus berwarna gelap memiliki ketebalan yang sama dengan jaring tidak kurang dari 15 mm dan tidak lebih dari 20 mm. • Lebar net harus 760 mm dan panjang 6,10 meter. • Puncak (top) net harus di beri batasan pita putih selebar 75 mm secara rangkap di atas tali atau kabel yang berada di dalam pita tersebut. Pita harus tergantung pada tali atau kabel tersebut.

• Tali/kabel tersebut di atas harus di rentangkan gambar lapangan bulu tangkis lengkap beserta ukurannya kokoh sama tinggi dengan puncak tiang. • Puncak net dari permukaan lapangan harus 1,524 meter di tengah lapangan dan 1,55 meter di atas garis samping untuk ganda. • Tidak boleh ada jarak antara ujung net dan tiang. Bila di perlukan harus di ikat ujungnya selebar net.

Ukuran Shuttlecock Shuttle/kok dapat di buat dari bahan alamiah atau bahan sintetis. Dari bahan apapun juga kok di buat, karakteristik terbang secara umum harus mirip dengan kok yang di buat dari bulu angsa (cork base) yang di tutup selapis kulit tipis.

Adapun ciri-cirinya adalah, • Shuttle harus mempunyai 16 helai bulu yang tertancap pada gabus. • Bulu harus terukur dari ujungnya ke puncak gabus dan setiap helai shuttle harus sama panjangnya. Panjangnya boleh antara 62 mm – 70 mm. • Ujung-ujung bulu harus membentuk sebuah lingkaran dengan diameter antara 58 mm – 68 mm. • Bulu-bulu tersebut harus di ikat secara kokoh dengan benang atau bahan lain yang sesuai. • Diameter gabus harus antara 25 mm – 28 mm dan dibulatkan pada bagian bawahnya.

• Berat shuttle harus antara 4,74 gram – 5,50 gram. • Shuttle bukan bulu, melainkan merupakan tiruan atau bulu imitasi dari bahan sintetis menggantikan bulu alamiah. Gabus yang di pakai seperti di jelaskan pada peraturan keenam. Ukuran dan berat harus seperti pada peraturan ketiga, keempat, dan ketujuh.

Bagaimanapun juga disebutkan oleh perbedaan massa, jenis, dan sifat-sifat dari bahan sintetis di bandingkan dengan bulu, variasi sampai dengan 100% dapat diterima. • Sehubungan dengan tidak adanya variasi pada desain secara umum, kecepatan dan terbang dari shuttle, modifikasi pada spesifikasi seperti tersebut di atas di perkenankan dengan persetujuan Persatuan Bulu tangkis yang bersangkutan untuk hal-hal seperti di tempat-tempat, di mana kondisi atmosfir di karenakan oleh ketinggian atau iklim membuat shuttle standard menjadi tidak cocok dan jika terjadi keadaan memaksa di mana situasi mengharuskan demi kepentingan permainan bulu tangkis itu sendiri.

Uji Kecepatan Shuttlecock Untuk menguji shuttle, pergunakan pukulan bawah tangan secara penuh (full underhand stroke), yang menyentuh shuttle pada saat berada di atas garis belakang (back boundary line). Shuttle harus di pukul secara melengkung ke atas dengan arah paralel terhadap garis samping (sideline). Shuttle yang mempunyai kecepatan yang benar akan mendarat tidak kurang dari 530 mm dan tidak lebih dari 990 mm terhitung dari garis belakang (back boundary line) lainnya tertera pada gambar di bawah ini.

Raket Badminton Raket pada masa lalu, sampai tahun 1970-an, masih di kenal raket yang baik gagang maupun kepala (daunnya) terbuat dari kayu, sekarang umumnya di buat dari bahan grafit, meskipun masih ada yang di buat dari bahan aluminium atau besi ringan. Sumber: https://www.tokopedia.com/ Bentuknya cuma beraneka macam, tetapi yang nge-trend sampai dengan tahun 2002 adalah yang umumnya di pakai pemain pelatnas.

Semakin mahal harganya maka semakin enteng dan kuat raket itu. Raket ini memiliki jaring yang di buat dari senar (string), berupa tali plastik sintetis. Senar yang baik adalah senar yang bisa di pasang sekencang-kencangnya tetapi tidak mudah putus, agar raket dapat memantulkan kok yang di pukul dengan kencang atau cepat. • Bagian raket yang utama di sebut sebagai pegangan/gagang (handle), area yang di senari ( stringed area), kepala (head), batang (shaft), leher (throat), dan kerangka (frame).

Pegangan/gagang adalah bagian raket yang di pegang pemain. • Area yang di senari adalah bagian raket di mana dengannya pemain memukul shuttle.

• Kepala membatasi area yang di senari. • Batang menghubungkan pegangan/gagang dengan kepala (tergantung peraturan keenam). • Leher (bila ada) menghubungkan batang dengan kepala. • Kerangka adalah nama yang di berikan untuk kepala, leher, batang, dan pegangan/gagang secara keseluruhan. • Kerangka raket panjang kesleuruhannya tidak boleh melebihi 680 mm dan lebar keseluruhan tidak boleh melebihi 230 mm.

• Area yang di senari harus datar dan berpola senar yang saling bersilangan secara terjalin atau terikat di tempat persilangan. Pola penyinaran harus beragam dan terutama di tengah tidak boleh kurang kepadatannya daripada area lainnya. Panjang keseluruhan area yang di sinari tidak boleh melebihi 280 mm dan lebar keseluruhan tidak boleh melebihi 220 mm.

Walaupun begitu, senar boleh melewati area yang semestinya menjadi gambar lapangan bulu tangkis lengkap beserta ukurannya dengan syarat lebar dari penambahan area yang di sinari tidak melebihi 35 mm dari panjang keseluruhan Sepatu dan Pakaian : Gambar Lapangan Bulu Tangkis Seperti atlit lain pada umumnya, setiap pemain bulu tangkis memiliki perlengkapan utama dan tambahan ketika tampil di sebuah permainan atau pertandingan.

Baju, celana, sepatu tergolong asesori utama, sedang ikat tangan, ikat kepala, pengaman lutut bisa di sebut tambahan. Sepatu bulu tangkis haruslah enteng, namun menggigit bila di pakai di lapangan agar pemain dapat bergerak, balk maju maupun mundur tanpa terpeleset.

Karet sol yang menggigit di butuhkan karena frekuensi gerakan maju dan mundur di bulu tangkis berlangsung tinggi, dalam tempo cepat. Sementara, sepatu bulu tangkis umumnya berwarna putih dengan garis-garis yang warnanya bervariasi. Kaus kaki tidak wajib namun sebaiknya memiliki daya serap keringat yang tinggi dan agak tebal supaya empuk dan mengurangi kemungkinan terjadinya iritasi kulit akibat pergesekan kulit dengan sepatu.

Celana pendek atau kaus bulu tangkis sebenarnya bebas, tetapi di tingkat internasional banyak di pakai jenis kaus yang sejuk dan mampu menyerap keringat dengan cepat. Sehingga, terkadang pemain menggunakan kaus tangan, pengikat kepala, atau penjaga lutut, balk untuk keperluan esensial maupun sekedar untuk menambah ramai penampilan. Sejarah Olahraga Bulu tangkis di Indonesia Menyebrang Lautan Atlantik badminton hinggap di British Columbia tahun 1914 dan tahun 1920-an menyebar ke berbagai kota Kanada.

Tahun 1921 Kanada mengadakan kejuaraan pertamanya. Badminton juga menyebar ke Amerika Serikat, dengan New York sebagai kota persinggahan pertama. Hollywood juga di singgahi, dan sempat di buat film Good Badminton untuk mengembangkannya. Namun baru 1905 Badminton menarik banyak perhatian masyarakat.

Tahun itu terselenggara Seri Dunia yang mempertemukan Jack Purcell dari Kanada dan Jess Willard dari AS. Sekitar 3000 penonton memadati gedung di Seattle ini, dengan Purcell menang 15-7, 15-6, 15-9 dalam pertandingan the best of five match. Kejuaraan pertama diselenggarakan tahun berikutnya.

Perkembangan badminton yang cepat menjadi olahraga dunia itu menuntut dibentuknya sebuah badan internasional. Pada bulan Juli 1934 di bentuk International Badminton Federation (IBF) atau Federasi Bulu tangkis Internasional dengan Inggris Raya (Inggris, Irlandia, Wales, dan Skotlandia), Denmark, Kanada, Selandia Baru, dan Prancis sebagai negara pendiri.

gambar lapangan bulu tangkis lengkap beserta ukurannya

Ke timur, perkembangan di India ternyata lebih lambat di banding di Malaya (kini Malaysia). Negara jajahan Inggris ini membentuk Badminton Association of Malaya (BAM) atau Persatuan Badminton Malaya tahun 1934. Tahun 1930-an permainan bulu tangkis semakin terkenal dengan kepulangan pelajar-pelajar yang menuntut ilmu di Inggris. Tahun 1937 mereka sudah mengadakan Kejuaraan Terbuka Malaya dan tahun itu juga mereka bergabung dengan IBF. Ketika kejuaraan beregu Piala Thomas pertama kali di selenggarakan tahun 1948 Malayalah yang pertama merebutnya.

Pemain Malaya yang pertama menjadi juara di All England adalah Wong Peng Soon pada tahun 1950. Perkembangan bulu tangkis di Malaysia ternyata berimbas pada munculnya olahraga tersebut di Indonesia. Perjalanan olahraga ini cukup simpang-siur. Ada yang mengatakan bahwa Indonesia mencontoh permainan tersebut dari Malaysia, dan ada pula yang menyebut bahwa orang Malaysia yang datang ke Indonesia mengajak masyarakat bermain bulu tangkis bersama mereka sampai pada akhirnya olahraga ini menjadi terkenal di Indonesia.

Perkembangan Olahraga Bulu tangkis di Indonesia Olahraga bulu tangkis semakin populer di Indonesia. Gerakan olahraga bulu tangkis merupakan salah satu kegiatan di kalangan masyarakat Indonesia yang ikut menunjang terbentuknya manusia Indonesia, yang tidak saja sehat jasmaniah dan rohaniah serta gemar olahraga semata-mata, melainkan juga dengan satu cita-cita yaitu mengharumkan nama, harkat, dan derajat negara Indonesia.

Dari dua negara jajahan Inggris Malaysia dan Singapura inilah diperkirakan olahraga badminton masuk ke Indonesia sekitar tahun 1930. Perkembangan olahraga bulu tangkis di Indonesia mulai merebak ke beberapa daerah, seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur sekitar tahun 1930. Pada tahun 1933 di Jakarta sudah ada perkumpulan badminton bernama “Bataviase Badminton Bond” (BBB).

Selanjutnya berdiri pula satu perkumpulan lagi yang bernama “Bataviase Badminton League”. Kedua perkumpulan ini akhirnya bersatu menjadi “Bataviase Badminton Unie”. Pada tahun 1942, di usulkan untuk mengganti istilah badminton. R.M.S. Tri Tjondrokoesoemo yang waktu itu menjabat sebagai Ketua ISI (Ikatan Sport Indonesia) mengusulkan nama badminton. Usul itu mendapat tanggapan positif dan di terima baik oleh kalangan pencinta bulu tangkis dan menyebar luas di seluruh pulau Jawa dan beberapa daerah lainnya di Nusantara.

Satu tahun kemudian di Jakarta di bentuk suatu gerakan olahraga dengan nama GELORA (Gerakan Latihan Olahraga Rakyat) sebagai induk bulu tangkis yang di pimpin oleh Otto Iskandar Dinata. Pada tanggal 4 – 6 Mei 1951 para gambar lapangan bulu tangkis lengkap beserta ukurannya bulu tangkis menyelenggarakan kongres di Bandung.

Taufik Hidayat, pemain andalan Indonesia pada tunggal putra Mereka sepakat untuk membentuk badan bulu tangkis nasional. Maka pada tanggal 5 Mei 1951 di bentuklah organisasi bulu tangkis nasional dengan nama PBSI (Persatuan Bulu tangkis Seluruh Indonesia). Sebagai Ketua PBSI pertama adalah H.R. Rochdi Partaatmadja.

Pada tahun 1953 PBSI secara resmi menjadi calon untuk menjadi anggota IBF. Ini merupakan langkah awal masuk ke dunia internasional merealisasi ambisi untuk memboyong piala Thomas yang merupakan kejuaraan dunia beregu putra. Permainan Olahraga Bulu Tangkis di Indonesia Pada permainan bulu tangkis tiap pemain atau pasangan mengambil posisi berseberangan pada kedua sisi net di lapangan bulu tangkis.

Permainan di mulai dengan salah satu pemain melakukan servis. Tujuan permainan adalah untuk memukul sebuah kok menggunakan raket, melewati net ke wilayah lawan, sampai lawan tidak dapat mengembalikannya kembali. Area permainan berbeda untuk partai tunggal dan ganda, seperti yang di perlihatkan pada gambar. Bila kok jatuh di luar area tersebut maka kok di katakan “keluar”. Setiap kali pemain/pasangan tidak dapat mengembalikan kok (karena menyangkut di net atau keluar lapangan) maka lawannya akan memperoleh poin.

Permainan berakhir bila salah satu pemain/pasangan telah meraih sejumlah poin tertentu. Sumber Rujukan • http://e-journal.uajy.ac.id/5090/4/2TA13267.pdf Demikian pembahasan tentang ukuran lapangan bulu tangkis dan ukurannya secara standar. Semoga ada manfaat

Cara Menggambar lapangan bola voli beserta ukurannya




2022 www.videocon.com