Coba tuliskan contoh kasus yang pernah terjadi di lingkungan sekolah atau rumah kalian yang dapat me

coba tuliskan contoh kasus yang pernah terjadi di lingkungan sekolah atau rumah kalian yang dapat me

Akibat dari perkembang zaman maka munculah perubahan-perubahan baru di segala bidang baik itu bidang ekonomi, bidang teknologi, bidang pendidikan dan juga di bidang lainnya. Dengan adanya perubahan tersebut tidak hanya membawa dampak positif saja di masyarakat, namun ada pula yang membawa dampak negatif inilah yang menimbulkan masalah sosial di masyarakat.

#25. Tawuran Pengertian Masalah Sosial Secara umum masalah sosial adalah permasalahan yang muncul di lingkungan masyarakat.

Masalah sosial yang muncul di masyarakat akibat dari ketidaksesuain terhadap apa yang diharapkan dengan yang terjadi saat itu juga. Karena ketidaksesuaian tersebut menimbulkan asumsi-asumsi negatif di dalam pikiran masyarakat saat ini.

Cek selengkapnya pengertian masalah sosial menurut para ahli. Contoh Masalah Sosial di Lingkungan Sekolah Apa saja contoh masalah sosial yang sering terjadi di lingkungan sekolah?

Berikut ini kami akan berikan beberapa contoh masalah sosial di sekolah yang sering kita lihat atau mungkin kita pernah melakukannya. #1. Membolos Banyaknya anak-anak sekolah yang suka membolos saat ini selain dikarenakan kurangnya pengawasan di sekolah tersebut namun juga karena kurangnya kesadaran terhadap pentingnya ilmu. Mereka yang suka membolos tentu akan mempengaruhi nilai mereka, bahkan para guru juga tidak mentoleransi murid-murid yang jarang masuk tanpa alasan.

Parahnya lagi jika mereka tidak bisa dinasehati oleh Guru BK dan masih suka membolos ada kemungkinan mereka dikeluarkan dari sekolah tersebut. #2. Perkelahian Perkelaian yang terjadi disekolah adalah masalah yang sering terjadi, perkelahian sering terjadi karena adanya kesalah pahamanan dan akhirnya menimbulkan perkelahian. Penyebab munculnya pekerlahian ini karena adanya rasa dendam dan komunikasi yang tidak baik.

Akibat dari perkelahian ini pasti ada sanksi dari sekolah berupa panggilan orang tua. #3. Kelas Kotor Penyebab kelas menjadi kotor adalah karena muridnya yang tidak rajin terkadang membuang sampah di dalam laci meja. Selain itu piket kelas juga tidak dijalankan oleh mereka. Tentu saja ini termasuk masalah sosial yang ada disekolah dan perlu dicarikan sosilusinya. Misalnya saja dengan menjalankan piket harian bahkan bila perlu setiap guru yang akan masuk kelas wajib melihat kebersihan kelas tersebut.

Cara seperti ini pernah saya alami ketika masih duduk di bangku SMA dan ini termasuk metode yang efektif sekali. Contoh Masalah Sosial di Lingkungan Masyarakat Masalah sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat ini terjadi karena ada beberapa dampak negatifnya. Nah dibawah ini terdapat contoh permasalahan dalam masyarakat diantaranya yakni: #1. Kemiskinan Kemiskinan Kemiskinan terjadi karena adanya kesenjangan sosial di masyarakat.

coba tuliskan contoh kasus yang pernah terjadi di lingkungan sekolah atau rumah kalian yang dapat me

Ini dapat dilihat dari faktor ekonomi seseorang, dan tidak pernah selesai dari dulu sampai saat ini. Bahkan sudah beberapa kali ganti presiden warga indonesia masih banyak yang hidup miskin. Masalah sosial kemiskinan ini butuh solusinya yang tepat dalam mengatasinya. Tapi sepertinya kemiskinan masih belum mendapatkan perhatian khusus oleh pemerintah. Meski begitu seiring berjalanya waktu warga miskin sudah disosialisasikan untuk berwirausaha, mereka diajarkan agar memiliki ketrampilan sehingga bisa memanfaatkan sumber daya yang ada di sekitar mereka.

#2. Pengangguran Masalah sosial yang kedua ini juga memiliki efek terhadap pembangunan di indonesia. Kenapa? Karena Indonesia memiliki jumlah penggangguran yang banyak sekali. Banyak lulusan Sarjana yang masih tidak memiliki pekerjaan saat ini. Perusahaan besar lebih memanfaatkan sumber daya manusia dari negara lain, dan jika dibandingkan SDM di Indonesia masih kalah. Sekarang ini sudah banyak tenaga asing masuk ke Indonesia. Tentunya akan berpengaruh pada faktor ekonomi. Sekarang yang diperlukan adalah perananan pemerintah untuk mengatasi masalah pengaangguran ini, dan menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas.

Bisa dengan pelatihan ketrampilan ataupun bahasa. Pengangguran juga termasuk salah satu contoh masalah sosial akibat faktor ekonomi yang rendah. #3. Kemacetan di Jalanan Kemacetan di Ibu Kota Salah satu tempat termacet dan padat yakni di Ibukota Jakarta. Karena Kota Jakarta menjadi pusat perekonomian dengan pertumbuhan penduduk yang cepat, rata-rata mereka menggunakan kendaraan baik roda dua dan roda empat.

Karena aktivitas yang begitu padat sehingga ada titik-titik jalan yang saat jam kerja kendaraan akan sangat padat. Tapi pemerintah daerah sendiri sudah berupaya mengurangi kemacetan dengan menerapkan sistem ganjil genap serta melebarkan trotoar kiri kanannya.

#4. Kesehatan Masalah sosial yang terjadi dalam hal kesehatan dipengaruhi oleh faktor kemiskinan dan juga biaya yang mahal. Tapi masyarakat Indonesia sendiri sudah ada BPJS namun lagi-lagi BPJS masih belum menyelesaikan masalah.

Justru saat ini BPJS yang sedang bermasalah, banyak rumah sakit besar yang mengalami kerugian karena mereka belum mendaptkan bayaran dari BPJS sendiri. Selain itu iuran BPJS juga dinaikan. Apabila tidak membayar maka akan terkena denda. lagi-lagi justru masyarakat miskin menjadi tebebani dengan iuran yang mahal dari BPJS. Lagi-lagi yang terkena imbasnya yakni masyarakat kecil, sebab untuk berobat memerlukan biaya yang cukup mahal. #5. Urbanisasi Urbanisasi adalah perpindahan penduduk (individu) yang tinggal di desa pindah ke perkotaan.

Sehingga menyebabkan perubahan dalam hal ekonomi, sosial dan lingkungan. Dan yang terjadi saat ini kepadatan penduduk Kota Jakarta coba tuliskan contoh kasus yang pernah terjadi di lingkungan sekolah atau rumah kalian yang dapat me meningkat. Kebanyakan saat ini orang pindah ke kota untuk mengadu nasib karena ada tekanan sosial, meskipun mereka tidak memiliki ketrampilan sedikitpun. Sehingga mereka di kota menjadi penggangguran.

#6. Gizi Buruk Anak Yaman penderita Gizi Buruk Gizi buruk termasuk masalah sosial di indonesia yang masih sering terjadi. Faktor pendapatan yang minim serta tempat tinggal yang kurang sehat menjadi faktor penyebabnya. Umumnya gizi buruk di derita oleh balita, karena keterbatasan ekonomi orang tuanya sehingga balita tersebut, kurang asupan gizi.

Wilayah yang sering menalami gizi buruk biasanya di daerah pedesaaan terpencil. Bahkan, disana hanya tersedia posyandu pembantu dengan peralatan yang sangat terbatas sekali. #7. Kenakalan Remaja Masa remaja merupakan masa yang dibilang sangat rentan sekali tepengaruh lingkungan yang buruk.

Kebanyakan kenakalan remaja terjadi karena faktor lingkungan dan pergaulan. Ini adalah masalah sosial yang ada pada masyarakat indonesia, karena merekalah penerus bangsa jika mental mereka sudah dirusak, maka akan menggangu kehidupan sehari-hari. Mengatasi masalah sosial kenakalan remaja ini kembali lagi pada peran orang tua dalam mendidik anaknya, lalu dengan melatih keterampilan mereka sehingga pola pikir mereka akan lebih maju.

#8. Penyalahgunaan Narkoba Kasus tentang pemakain narkoba di indonesia sendiri sangat banyak sekali, bahkan dikalangan artis dan aparat negara sekalipun ikut terjerat kasus narkoba. Mengatasi masalah sosial yang satu ini bisa dengan memberikan sosialiasi kepada sekolah-sekolah mengenai bahayanya narkoba, serta menghukum mati para pengedar narkoba di indonesia.

#9. Modernisasi Masalah sosial yang satu ini cukup sulit diatasi, karena berkaitan dengan gaya hidup. Umumnya masyarakat memakai cara yang tradisional namun karena perkembangan teknologi, lebih menggunakan cara modern. Sehingga menjadi masyarakat menjadi lebih modern, contohnya saja cara yang mulai di tinggalkan yaitu dalam pengelolaan Sumber Daya Alam.

Tapi tentu modernisasi ini memiliki dampak positif dan negatif. #10. Penyakit Menular Secara medis penyakit menular disebabkan karena faktor keturunan, misalnya saja seperti HIV yang bisa menular melalui hubungan sex. Apabila memiliki anak maka anaknya bisa terkena juga. Penyakit menular ini lebih sering ditemukan di daerah terpencil yang masih sangat minimnya tenaga medis. Maka sebaiknya disediakan posyandu pembantu atau dengan melakukan penyuluhan kepada warganya. #11. Masalah Pendidikan Akses menuju sekolah yang rusak Apabila kita pergi ke suatu wilayah di timur indonesia, seperti sulawesi khususnya di daerah pedesaan.

Maka Anda akan melihat bagaimana anak sekolah tidak memakai seragam. Mereka masih belum mendapatkan perhatian serius dari pemerintah, sedangkan keinginan mereka untuk bersekolah sangatlah tinggi. Fasilitas sekolah yang apa adanya serta akses untuk pergi ke sekolahpun sulit. Sehingga bisa dilihat bahwa di indonesia memiliki tingkat pendidikan yang rendah.

Bagaimana kita bisa bersaingan dengan negara luar sedangkan fasilitas sekolah saja masih sangat memprihatinkan. #12. Globaliasi Bukan berarti dengan kemajuan teknologi membuat masyarakat menjadi maju, justru semakin mundur tapi ada dampak positifnya juga. Anak muda zaman sekarang memanfaatkan teknologi hanya untuk bersenang-senang seperti bermain game. Seharusnya mereka bisa memanfaatkan peluang tersebut sebagai sarana untuk mencarai uang atau dengan yang lainya.

Bukan menjadikan kita semakin tertinggal. #13. Pemanfaatan Sumber Daya Alam Sumber Daya Alam di Indonesia coba tuliskan contoh kasus yang pernah terjadi di lingkungan sekolah atau rumah kalian yang dapat me sangat melimpah, tapi sayangya lagi-lagi SDA tersebut masih belum bisa di manfaatkan secara baik.

Mereka lebih condong menggunakan SDM dari luar untuk mengelolanya. Coba di bayangkan jika, Sumber Daya Alam indonesia di kelola oleh masyarakat dalam negeri. Maka hal ini bisa mengurangi jumlah pengangguran yang ada.

Tapi kita juga tidak bisa pungkiri kalau SDA kita banyak sekali di kelola oleh asingcontohnya saja seperti PT Freport, Niko Resources (tambang minyak dan gas), PetroChina dan masih banyak yang lainya.

#14. Pembangunan tidak merata Aanggaran untuk masing-masing daerah tidak lah sedikit, tapi tetap saja masih banyak faktor penyebab tidak meratanya pembangunan di suatu wilayah. Bisa saja disebabkan karena faktor politik salah satunya. Dengan pembangunan yang tidak merata, akan sangat sulit terhadap daerah tersebut untuk maju. Hal ini juga akan mempengaruhi kehidupan masyarakat yang tinggal disana. Upaya yang bisa dilakukan hanyalah dengan pemerataan pembangunan.

Apalagi sekarang sudah ada anggaran dana desa. Tapi masih sangat disayangkan bahkan dana tersebut masih saja di korupsi. #15. Masalah Korupsi Korupsi adalah mengambil hak orang lain untuk memperkaya diri sendiri atau kelompok. Jika kita bahas masalah korupsi tidak akan ada habisnya, karena sebagian besar korupsi dilakukan oleh pejabat negara. Masalah korupsi yang baru terjadi ini seperti E-KTP, selain itu juga ada salah satu ketua partai ketangkap KPK karena praktek jual beli jabatan sekelas menteri.

Masalah sosial seperti itu menjadi memori bagi masyarakat indonesia, yang saat ini sudah sulit untuk mempercayai kebijakan yang diambil pemerintah. Dalam sistem pemerintahan saja masih ada pratek jual beli jabatan. Tapi hukum di indonesia ini masih sangat tidak adil, hukuman bagi seorang yang mencuri ayam akan lebih berat di bandingkan dengan orang yang korupsi triliuan dan merugikan negara.

#16.

coba tuliskan contoh kasus yang pernah terjadi di lingkungan sekolah atau rumah kalian yang dapat me

Kesenjangan Hukum Hukum yang lebih tajam kebawah Masalah kesenjangan hukum ini masih ada kaitanya dengan kasus korupsi tadi. Bagaimana hukum negara ini tajam kebawah sedangkan tumpul keatas. Masyarakat bawah hanya bisa pasrah dengan hukum yang menjerat mereka, tapi mereka yang memiliki jabatan bisa seenaknya.

Contoh kasus Gayus meskipun di penjara ia masih bisa bebas bepergian ke luar kota. Mengatasi masalah sosial seperti ini bisa dengan menjalankan hukum yang adil tidak berat sebelah. Masyarakat saat ini sudah paham dengan kesenjangan hukum yang ada di indonesia ini. #17. Perbedaan Ras Terjadinya masalah perbedaan ras atau rasisme ini sangatlah fatal sekali didalam kehidupan sehari-hari.

Konflik ini pernah terjadi di wilayah surakarta dan menjadi sejarah kelam bagi indonesia. Saat ini perusakan fasilitas umum dimana-mana, lalu penjarahan toko sehingga merugikan negara dan individu. Masa itu konflik terjadi antara etnis tionghoa dan suku jawa asli.

#18. Konflik antar kelompok Konflik kelompok ini muncul lantaran, perbedaan pendapat dan ketidaksesuaian dengan keadaan, serta memiliki tujuan yang berbeda. Konflik antar kelompok ini bentuknya adalah perang suku, budaya dan lain-lain. Masalah ini bisa diselesaikan dengan mediasi, atau solusinya ketika ada pembangunan di wilayah tertentu harus melibatkan warga asli sana untuk ikut berkerja bersama. #19.

Prilaku Konsuptif Contoh masalah sosial yang satu ini berkaitan dengan keinginan masyarakat yang besar tanpa berfikir untuk membuatnya. Keinginan ini adalah dengan membeli barang dan jasa. Ketika ketersediaan barang tersebut sudah tidak ada, otomatis masyarakat akan menggunakan barang dari negara lain.

#20. Pertikaian Pertikaian ini masalah yang muncul dimasyarakat karena perbedaan pendapat sehingga tidak menghasilkan solusi untuk bersama. Pertikaian juga muncul karena tidak kompaknya masyarakat dalam mencapai tujuan. Tapi ada contoh pertikaian lainya seperti saling ejek antara sporter sepak bola yang memicu perkelahian diantara sporter tersebut.

PemAndangan seperti itu masih sering terjadi di indoneisa. Solusinya yang bisa diberikan dengan terus mengajarkan nilai-nilai sosial, serta pemahaman tentang ideologi pancasila bukan mengatasinya dengan cara kekerasan juga. #21. Kejahatan Seksual Bukan hanya orang dewasa yang mengalami kejahatan seksual tapi juga anak kecil. Wajib bagi perempuan terutama untuk tidak menggunakan pakaian yang mengundang nafsu para pria.

Terkadang kejahatan seksual terjadi karena penampilan seseorang yang mengundang nafsu, seperti dengan menggunakan pakain yang sexy dan terlihat area fitalnya. Solusinya kembali kepada diri kita sendiri, sehingga tidak menimbulkan peluang terjadinya kejahatan seksual. Dan untuk orang tua lebih memperhatikan anaknya lagi. #22. Pembunuhan Setiap tahunya kasus pembunuhan di indonesia tidak pernah surut. Mulai dari pembuhuna istri sendiri, pembunuhan karena dendam, bunuh diri, anak membunuh orang tua.

Masalah ini erat kaitanya dengan nilai agama, dangkalnya akan agama menjadi salah satu faktornya. Orang tua harus menamamkan nilai agama kepada anaknya mulai dari kecil. #23. Perceraian Terjadinya perceraian bisa dikarenakan masalah ekonomi, atau karena perselingkuhan. Tidak sedikit dari kalangan artis yang mengalami kasus perceraian ini.

#24. Aborsi Praktek aborsi ini sangat dilarang di indonesia, tapi meskipun begitu masih saja banyak praktek seperti ini. Aborsi dilakukan karena anak yang dikandung hasil dari hubungan gelap. Bahkan ada beberapa orang yang meninggal karena praktek aborsi ini, dan rata-rata usianya masih sangat muda. #25. Tawuran Di tahun 2019 tawuran antar sekolah sudah tidak begitu marak jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Tapi justru tawuran antar geng yang sering meresakan masyarakat saat ini. Tawuran antar geng motor atau dengan anak jalanan yang menyebabkan korban dari masing-masing pihak.

Bahkan orang yang tidak tahu menau ikut menjadi korban dari kesadisan mereka. 1. Coba tuliskan contoh kasus yang pernah terjadi di lingkungan sekolah atau rumah kalian yang dapat merugikan persatuan dalam konteks Wawasan nusantara ? 2. Upaya apakah yang harus dilakukan untuk menjaga Wawasan nusantara?

coba tuliskan contoh kasus yang pernah terjadi di lingkungan sekolah atau rumah kalian yang dapat me

3. Apakah kalian termasuk orang yang mampu menghindari dari sikap atau perbuatan yang dapat merugikan dari sikap atau perbuatan yang dapat merugikan persatuan? Jika iya, alasannya 4. Bagaimana pendapat kalian melihat orang yang berpilaku coba tuliskan contoh kasus yang pernah terjadi di lingkungan sekolah atau rumah kalian yang dapat me bersikap merugikan persatuan dan kesatuan bangsa?

5. Mengapa warganegara ingin tetap mewujudkan persatuan yang kokoh dalam persatuan, padahal bangsa indonesia itu beda-beda tolong di bantu kk ☺️ ​ 1. menurut anda, bagaimana ferdinand dalam memilih bentuk organisasi? apakah dalam bentuk usaha perorangan, firma atau partnership, atau perseroan? be … rikan analisa dan kaitkan jawaban anda dengan teori.

30 2. berikan analisa anda mengenai transformasi bisnis dari groovy. 35 3. berikan analisa anda terkait dengan manajemen konflik di groovy. kaitkan jawaban anda dengan teori. 35
Kategori Soal : PPKN Materi : Wawasan Nusantara Kelas : X Kata Kunci : Persatuan, Wawasan Nusantara Pembahasan : 1.

Kasus di rumah yang menyebabkan pecahnya persatuan diantaranya adalah: - pertengkaran suami istri - pertengkaran adik dan kakak hanya karena hal sepele - pertengkaran antar anggota keluarga karena suatu hal - tidak mau mematuhi aturan keluarga sehingga mau tidak mau diasingkan oleh salah satu keluarga - permusuhan antar anggota keluarga 2.

Kasus di lingkungan sekolah yang menyebabkan pecahnya persatuan yaitu: - permusuhan antar teman sebaya - tawuran pelajar - suatu kelompok tertentu yang mengasingkan diri dan tidak mau bergaul dengan yang lainnya - pembully an - membeda-bedakan taman berdasarkan derajat, suku, agama dan yang lainnya - memilih-milih dalam teman - tidak mau menolong teman yang kesusahan - iri terhadap teman - tidak memaafkan kesalahan teman - bertengkar hanya karena hal sepele - tidak menghargai teman - tidak memperdulikan hak dan kewajiban orang lain Note: Semua contoh kasus diatas masih dalam konteks wawasan nusantara.

1. menurut anda, bagaimana ferdinand dalam memilih bentuk organisasi? apakah dalam bentuk usaha perorangan, firma atau partnership, atau perseroan? be … rikan analisa dan kaitkan jawaban anda dengan teori.

30 2. berikan analisa anda mengenai transformasi bisnis dari groovy. 35 3. berikan analisa anda terkait dengan manajemen konflik di groovy. kaitkan jawaban anda dengan teori. 35 Upaya apakah yang harus dilakukan untuk menjaga wawasan nusantara ​ Jawaban Upaya yang harus dilakukan untuk menjaga wawasan nusantara adalah: 1.

Memiliki sikap yang disiplin. 2. Menaati peraturan yang berlaku di lingkungannya. 3. Mampu bekerja sama dengan semua orang. 4. Menerapkan toleransi terhadap perbedaan yang ada. 5. Mengutamakan persatuan dengan membina kerukunan. Menjaga kelestarian budaya nusantara, mengenal lebih dalam tentang wilayah nusantara seperti mencoba mempelajari kebudayaan seni contohnya salah satu tarian daerahnya, karenanya kelestarian nusantara selalu menjadi tetap aman dan tentram.

Sumber artikel Categories Tanya jawab Tags cara menjaga wawasan nusantara bagi mahasiswa, coba tuliskan contoh kasus yang pernah terjadi di lingkungan sekolah atau rumah kalian yang dapat me, mengapa mereka ingin tetap mewujudkan indonesia, peranan generasi muda dalam menjaga wawasan nusantara, sebutkan dasar hukum wawasan nusantara!, upaya upaya yang dilakukan untuk menjaga wawasan nusantara di negara kita, usaha apa yang harus dilakukan untuk menjaga keutuhan nusantara, wawasan nusantara adalah Post navigation
Kategori soal : PPKN Materi : Wawasan Nusantara Kelas : X Kata Kunci : Persatuan, Wawasan Nusantara Pembahasan : 1.

Kasus di rumah yang menyebabkan pecahnya persatuan diantaranya adalah: - pertengkaran suami istri - pertengkaran adik dan kakak hanya karena hal sepele - pertengkaran antar anggota keluarga karena suatu hal - tidak mau mematuhi aturan keluarga sehingga mau tidak mau diasingkan oleh salah satu keluarga - permusuhan antar anggota keluarga 2. Kasus di lingkungan sekolah yang menyebabkan pecahnya persatuan yaitu: - permusuhan antar teman sebaya - tawuran pelajar - suatu kelompok tertentu yang mengasingkan diri dan tidak mau bergaul dengan yang lainnya - pembully an - membeda-bedakan taman berdasarkan derajat, suku, agama dan yang lainnya - memilih-milih dalam teman - tidak mau menolong teman yang kesusahan - iri terhadap teman - tidak memaafkan kesalahan teman - bertengkar hanya karena hal sepele - tidak menghargai teman - tidak memperdulikan hak dan kewajiban orang lain Note: Semua contoh kasus diatas masih dalam konteks wawasan nusantara.

1.

coba tuliskan contoh kasus yang pernah terjadi di lingkungan sekolah atau rumah kalian yang dapat me

menurut anda, bagaimana ferdinand dalam memilih bentuk organisasi? apakah dalam bentuk usaha perorangan, firma atau partnership, atau perseroan? be … rikan analisa dan kaitkan jawaban anda dengan teori. 30 2. berikan analisa anda mengenai transformasi bisnis dari groovy. 35 3. berikan analisa anda terkait dengan manajemen konflik di groovy. kaitkan jawaban anda dengan teori.

35
Beberapa contoh kasus yang pernah terjadi di lingkungan sekolah atau rumah saya yang dapat merugikan persatuan dalam konteks Wawasan Nusantara antara lain seperti seorang kakak yang tidak menyayangi adiknya, tidak menghormati dan melaksanakan perintah orang tua, bermalas-malasan dalam mengerjakan tugas, terlibat dalam perkelahian antar sekolah, dan sebagainya.

Ya, saya mampu menghindari dari sikap atau perbuatan yang dapat merugikan persatuan dikarenakan perpecahan dan perkelahian dapat membuat bangsa kita semakin lemah, sehingga dapat dengan mudah diserang oleh bangsa lain.

Selain itu, persatuan juga merupakan pondasi penting yang harus dibangun untuk membentuk suatu bangsa yang kuat, sehingga saya sangat menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan.

coba tuliskan contoh kasus yang pernah terjadi di lingkungan sekolah atau rumah kalian yang dapat me

Saya merasa sedih ketika melihat orang yang berperilaku dan bersikap merugikan persatuan dan kesatuan bangsa. Namun, saya akan berusaha semaksimal mungkin yang saya bisa untuk menghentikan orang tersebut dalam usahanya memecah belah persatuan lalu mengajaknya untuk kembali menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan.Kategori Soal : Bab Kasus Yang Merugikan Persatuan Dan Kesatuan Bangsa. Kelas : 8 SMP/ VIII SMP Pembahasan : Kasus Yang Merugikan Persatuan Dan Kesatuan Bangsa. { Lingkungan Rumah Dan Masyarakat } Yaitu : -) Adanya Perbedaan Pendapat -) Bersikap Acuh Tak acuh { Tidak Coba tuliskan contoh kasus yang pernah terjadi di lingkungan sekolah atau rumah kalian yang dapat me } -) Adanya sikap mengambil Hak Orang lain.

Hal ini dapat mengakibatkan : -> Terjadinya Konflik -> Terjadinya Perselisihan -> Terjadinya adu mulut Hal ini lah yang menyebabkan { Kerugian Rasa Persatuan } { Lingkungan Sekolah } Yaitu : -) Adanya Perbedaan pandapat. -) Bersikap Acuh Tak acuh { Tidak Peduli } -) Adanya sikap mengambil Hak Orang lain. Hal ini dapat mengakibatkan : -> Terjadinya Konflik -> Terjadinya Perselisihan -> Terjadinya adu mulut Hal ini lah yang menyebabkan { Kerugian Rasa Persatuan } Semoga membantu yah :) Selamat Belajar ^_^ Semangat !!

1. menurut anda, bagaimana ferdinand dalam memilih bentuk organisasi? apakah dalam bentuk usaha perorangan, firma atau partnership, atau perseroan? be … rikan analisa dan kaitkan jawaban anda dengan teori. 30 2. berikan analisa anda mengenai transformasi bisnis dari groovy. 35 3. berikan analisa anda terkait dengan manajemen konflik di groovy.

kaitkan jawaban anda dengan teori. 35
Kategori soal : PKN - Wawasan Nusantara Kelas : X Pembahasan: Kasus di rumah yang menyebabkan pecahnya persatuan - pertengkaran suami istri - pertengkaran adik dan kakak hanya karena hal sepele - pertengkaran antar anggota keluarga karena suatu hal - tidak mau mematuhi aturan keluarga sehingga mau tidak mau diasingkan oleh salah satu keluarga - permusuhan antar anggota keluarga Kasus di lingkungan sekolah yang menyebabkan pecahnya persatuan - permusuhan antar teman sebaya - tawuran pelajar - suatu kelompok tertentu yang mengasingkan diri dan tidak mau bergaul dengan yang lainnya - pembully an - membeda-bedakan taman berdasarkan derajat, suku, agama dan yang lainnya - memilih-milih dalam teman - tidak mau menolong teman yang kesusahan - iri terhadap teman - tidak memaafkan kesalahan teman - bertengkar hanya karena hal sepele - tidak menghargai teman - tidak memperdulikan hak dan kewajiban orang lain SOAL 1 Pancasila sebagai dasar negara yang tercantum dalam pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 merupakan jiwa seluruh rakyat Indonesia.

… Jelaskan mengapa Pancasila disebut sebagai jiwa seluruh rakyat Indonesie: SOAL 2 Jelaskan sikap sikap yang harus dimiliki oleh masyarakat Indonesia agar dapat mempertahankan persatuan dalam keberagaman
Archives • April 2022 • March 2022 • December 2021 • August 2021 • July 2021 • June 2021 • April 2021 • March 2021 • February 2021 • January 2021 • December 2020 • November 2020 • October 2020 • September 2020 • August 2020 • July 2020 • June 2020 • May 2020 • April 2020 • March 2020 • February 2020 • August 2019 • July 2019 • May 2019 • April 2019 • March 2019 • February 2019 • January 2019 • December 2018 • November 2018 Pelanggaran HAM – Manusia merupakan makhluk yang bisa berpikir dan juga memiliki hati nurani.

Sebagai manusia, tentu saja kedua hal ini harus selalu dijalankan untuk tercipta pembangunan negara yang memenuhi aspek kemanusiaan.

Jika hanya akal pikiran saja, maka akan lahir budaya dimana yang kuat akan menindas yang lemah. Hal ini sudah sering terjadi di dunia dan terkadang tindak kejahatan tersebut sampai tergolong kedalam kategori pelanggaran HAM berat. Segala macam mengenai definisi dan berbagai informasi seputar pelanggaran HAM dapat disimak sebagai berikut. Daftar Isi • Pengertian Hak Asasi Manusia • Cara Pencegahan HAM • Pelanggaran HAM di Lingkup Keluarga • Pelanggaran HAM di Lingkup Sekolah • Pelanggaran HAM di Lingkup Masyarakat • Pelanggaram HAM Skala Nasional • Pelaggaran HAM Skala Internasional Pengertian Hak Asasi Manusia Pelanggaran HAM Setiap manusia yang lahir kedunia ini harus mampu untuk mempelajari apa itu hak asasi manusia dan selalu mengamalkannya.

Hak asasi manusia merupakan nilai moral maupun norma-norma yang berkaitan dengan perilkau manusia dan juga perlindungan hukum baik secara nasional dan internasional. Pada umumnya, Hak ini bersifat mutlak dan juga berlaku di seluruh dunia dengan tidak membedakan SARA. Hak ini juga bersifat mengikat kepada setiap manusia untuk saling menghargai dan menghormati hak asasi manusia lainnya.

Tidak boleh ada pelanggaran terhadap HAM ini yang boleh dibiarkan terjadi. Apabila melanggar HAM, orang atau sekelompok orang yang melakukan hal tersebut harus ditindak secara hukum.

Pelanggaran tersebut dapat berdampak pada pencekalan dengan dipenjara, disiksa, dan juga dieksekusi. Cara Pencegahan HAM Pelanggaran HAM Pelanggaran terhadap HAM dapat terjadi dimana saja. Bahkan dalam lingkup keluarga juga dapat mengalami hal ini. Setelah itu, kasus berikutnya juga kerap terjadi di lingkungan sekolah. Hanya saja dampak yang akan paling terasa adalah saat pelanggaran HAM tersebut terjadi dalam lingkup masyarakat baik regional, nasional, maupun internasional. Maka dari itu, pendidikan mengenai moral akan kemanusiaan sangat perlu dilakukan sejak dini oleh para orang tua.

Mendidik moral harus dilakukan sejak dini dan dalam jangka waktu yang lama, sehingga jiwa kemanusiaan akan tertanam dengan kuat dan menjadi watak. Pelanggaran HAM di Lingkup Keluarga Pelanggaran HAM Mencari nafkah, membimbing, dan mendidik seluruh anggota keluarga adalah tugas seorang ayah. Tugas seorang ibu yang utama adalah mendidik anak.

Apabila seorang ibu juga turut bekerja, maka itu hanyalah bersifat menolong sang ayah saja. Hal yang perlu untuk ditekankan berikutnya adalah tugas seorang anak hanya belajar saja dan membantu menolong pekerjaan rumah saja. Anak di bawah umur tidak diperbolehkan untuk bekerja dengan cara dipaksa.

Pemaksaan merupakan bentuk dari eksploitasi anak. Hal ini termasuk kedalam pelanggaran HAM dalam lingkup keluarga yang harus dihindari. Salah satu cara untuk menanggulangi hal ini yaitu dengan memberikan pengarahan dan juga pemahaman kepada orang tua akan pentingnya melindungi HAM dari anak masing-masing.

Hal ini dapat dilakukan oleh pihak ketiga. Pelanggaran dalam lingkup keluarga lainnya yang harus dihindari adalah pelarangan sang anak untuk menuntut ilmu dan membekali diri dengan berbagai keterampilan melalui jenjang pendidikan. Ilmu-pengethauan dan juga keterampilan sangat penting bagi kehidupan sang anak di masa depan. Pendidikan juga akan mempengaruhi pola pikir, ketahanan mental, dan juga ekonomi sang anak di masa depan.

Maka dari itu, pemberitahuan wajib belajar 12 tahun perlu semakin digencarkan, agar seluruh orangtua dapat memahami hal ini. Pemberian pemahaman tersebut harus dilakukan oleh pihak ketiga. Sedangkan tindakan lainnya yang termasuk dalam pelanggarang HAM adalah kekerasan dalam rumah tangga. Kekerasan ini bisa saja dilakukan oleh ayah maupun ibu.

Kekerasan dalam rumah tangga dapat terjadi di sebabkan oleh faktor ekonomi, emosi, dan juga sifat egois. Untuk menghindari terjadinya hal ini, maka keimanan seseorang sebelum dan sesudah menikah harus terus dikembangkan.

Bahkan sebelum menikah juga harus menanamkan pikiran pentingnya budaya saling toleransi, karena setelah menikah kedua belah pihak harus dapat saling meruntuhkan ego.

Pelanggaran yang paling berat terjadi adalah adanya oknumm yang membunuh anggota keluarga lainnya. Hal ini dapat terjadi, karena adanya dendam, kurangnya keharmonisan, dan juga kurangnya keimanan seseorang. Apabila sudah sampai ke taraf yang satu ini, maka pelakunya harus diberi sanksi secara hukum, baik penjara maupun hukuman mati. Tindakan penting yang harus dilakukan sejak dini sebagai orangtua yaitu meruntuhkan ego dan juga pendidikan moral kepada anak sejak dini.

coba tuliskan contoh kasus yang pernah terjadi di lingkungan sekolah atau rumah kalian yang dapat me

Pelanggaran HAM di Lingkup Sekolah Pelanggaran HAM Saat orangtua sudah dapat menciptakan kehidupan rumah tangga yang baik dan penuh dengan pendidikan moral, maka hal lain yang perlu untuk dibekali kepada anak adalah jangan sampai melakukan bully dan juga di-bully teman.

Bully merupakan bentuk pelanggaran HAM yang kerap terjadi di lingkungan sekolah. Kasus ini banyak terjadi akibat adanya senioritas dan juga merasa lebih hebat dan kuat dari siswa atau siswi yang dianggap lebih lemah.

Cara penanggulangan lainnya yang dapat dilakukan adalah penanganan dari pihak guru. Saat melihat bully, semua guru harus segera memberikan sanksi terhadap orang yang melakukan bully.

Kemudian, saat kasus kekerasan terjadi akibat ulah guru, maka yang pertama kali harus turun tangan adalah kepala sekolah. Setelah itu, orangtua dari siswa atau siswi korban bully perlu untuk menangani hal ini dengan serius. Kemudian, bila kasus seperti itu terjadi harus segera disosialisasikan dan dirapatkan, agar hal tersebut tidak pernah terjadi kembali. Kasus pelanggaran HAM yang sering terjadi di lingkungan sekolah yang lainnya yaitu kasus tawuran. Perlu disadari bahwa pendidikan moral harus diperhatikan sekali sejak dini.

Mendidik pelajar atau anak yang sudah remaja akan menjadi sangat susah dilakukan. Pendidikan moral dalam mengontrol emosi juga perlu untuk dilakukan, agar pada saat marah tidak mudah terprovokasi dan ikut-ikutan dalam aksi tawuran. Pada masa remaja, anak sedang dalam masa pencarian jati diri. Walaupun anak akan menjadi susah untuk dinasihati, Anda sebagai orangtua tetap perlu menasihati dengan perkataan yang lembut dan arahkan ke hal-hal yang berkaitan dengan prestasi.

Kasus pelanggaran HAM berikutnya yang sering terjadi yaitu kasus korupsi uang beasiswa oleh guru. Beasiswa biasanya banyak ditujukan bagi siswa dengan faktor ekonomi keluarga yang kurang baik. Uang ini merupakan satu-satunya harapan yang dapat digunakan siswa-siswa tersebut untuk dapat menyelesaikan jenjang pendidikan.

Bagi guru yang melakukan tindak kejahatan ini, perlu untuk dipecat saja atau bahkan dipenjara. Bila ingin mendapatkan uang tambahan akibat kebutuhan keluarga, guru tersebut bisa saja mencari kerja sambilan lainnya dengan cara yang halal. Setelah dipecat, kepala sekolah perlu untuk mengadakan rapat untuk menjadi hal ini sebagai terapi shock, sehingga tidak aka nada lagi guru yang melakukan tindakan keji tersebut.

Bila diamati, maka kepala sekolah memiliki andil yang cukup besar dalam mengentaskan kasus pelanggaran HAM di sekolah yang paling besar. Maka dari itu, dalam memilih kepala sekolah harus sangat berhati-hati dan terdapat banyak sekali pertimbangan dan tidak hanya selalu berkutat pada tingkat pendidikan yang dimiliki oleh calon kepala sekolah tersebut.

Pendidikan moral juga harus diutamakan, agar kedepannya sekolah menjadi tempat yang aman bagi siswa, guru, maupun orangtua. Pelanggaran HAM di Lingkup Masyarakat Pelanggaran HAM Saat lingkungan keluarga dan sekolah sudah mendukung, maka akan lahir generasi muda yang memegang keseimbangan antara ilmu-pengetahuan dan juga moral dengan teguh.

Keseimbangan antara keduanya sangat perlu untuk dijaga, agar tercipta perlindungan HAM yang baik dalam lingkup keluarga dan sekolah. 1. Tawuran Antar Warga Kasus yang harus diselesaikan berikutnya yaitu dalam lingkup masyarakat.

Dalam lingkup ini juga masih sering terjadi kasus pelanggaran HAM. Contoh yang paling menonjol adalah tawuran antar desa, RT, maupun RW. Hal tersebut dapat terjadi saat para warga mudah emosi. Apabila para warga disibukkan dengan kegiatan keagamaan yang kuat dan juga wejangan moral yang gencar, maka hal tersebut tidak akan terjadi.

Bila kasus ini sudah terjadi, maka harus sampai ke tingkat kepolisian untuk dapat memberikan solusi. Pembelajaran moral sangat perlu untuk dilakukan, agar seluruh warga tidak mudah diadu domba dan juga emosi.

Ingat bahwa hidup di dunia ini hanya sebentar saja dan kematian itu adalah hal yang pasti. Dengan tawuran para warga yang melakukannya dapat saja mempercepat proses kematian ini. Padahal manusia tidak perlu tawuran, suatu saat juga akan menemui ajalnya. Justru kalau meninggal akibat tawuran itu termasuk meninggal konyol. Hal seperti ini tentu saja akan dinilai oleh Tuhan sebagai tindakan yang tidak baik.

2. Menghalangi Kebebasan Beribadah Indonesia memiliki beragam suku, agama, ras, dan juga golongan. Membudayakan toleransi akan mnejadi hal yang sangat penting. Maka dari itu, menghalangi suatu masyarakat untuk beribadah dapat dikatakan sebagai tindakan pelanggaran HAM. Bila ada orang yang melakukan tindakan seperti ini harus diperingatkan dengan keras.

Bila pelaku semakin parah, maka tindakan tersebut dapat diperkarakan ke polisi. Namun, bila pelaku meminta maaf dan tidak pernah mengulangi lagi sebelum sampai ke polisi, maka maafkanlah. 3. Pencurian Bangsa Indonesia termasuk kedalam bangsa yang konsumtif. Kejadian ini dapat dijadikan pelajaran bagi para orangtua untuk mendidik anaknya menjadi generasi yang produktif dan bukan konsumtif.

Dengan coba tuliskan contoh kasus yang pernah terjadi di lingkungan sekolah atau rumah kalian yang dapat me perbuatan produktif, maka besarnya pendapatan akan menjadi lebih besar dibandingkan dengan pengeluaran.

Selain dari pendidikan moral menjadi lebih produktif, pendidikan agama juga perlu untuk dipelajari lebih lanjut. Setiap agama selalu melarang pencurian yang mana mengambil hak yang menjadi hak dari orang lain. Pencurian juga dapat terjadi akibat tingginya kesenjangan sosial dan banyaknya pengangguran. Ini menjadi tugas seluruh bangsa Indonesia untuk dapat mengentaskan kemiskinan. Dukung gerakan generasi muda yang menjadi pengusaha, karena berarti akan terbuka banyak lapangan kerja yang dapat mengurangi tingkat kriminalitas, termasuk pencurian.

4. Pemerkosaan Pemerkosaan tergolong kedalam salah satu pelanggaran HAM. Pelanggaran yang satu ini bisa jadi akibat kurangnya iman dan kurang tegasnya hukuman yang dijatuhkan kepada pelaku pemerkosaan. Terkadang pakaian model jaman sekarang untuk perempuan juga terlalu terbuka. Hanya saja alasan yang terakhir tetap tidak dapat dijadikan alasan utama.

coba tuliskan contoh kasus yang pernah terjadi di lingkungan sekolah atau rumah kalian yang dapat me

Bila setiap pelaku pemerkosaan langsung dikebiri, maka hal ini akan menjadi terapi shock yang akan membuat orang lain enggan untuk melakukannya.

Mungkin ada juga orang yang berpikiran bahwa hukuman kebiri terlalu berlebihan. Bagaimana dengan korban yang sudah diperkosa. Apabila sampai mengandung anak, kasihan juga anak yang dikandungnya. Biasanya korban juga tidak mau mengurus anak dari hasil perkosaan. Diperkosa saja sudah membuat korban trauma apalagi harus terus menerus melihattersebut.

coba tuliskan contoh kasus yang pernah terjadi di lingkungan sekolah atau rumah kalian yang dapat me

Akibat perbuatan keji ini akan ada dua korban sekaligus. Apalagi sang anak, kalau boleh memilih tentu saja ingin dilahirkan dengan kondisi orangtua yang normal. Jarang sekali ada orang yang dipenjara dan benar-benar bertaubat setelah kembali bebas. Jika ada itu sangat jarang terjadi. Jadi lebih baik, pelaku pemerkosaan langsung dikebiri saja. Tidak perlu ada toleransi terhadap pelaku kejahatan untuk mencegah pelaku lainnya juga beraksi. Pelanggaram HAM Skala Nasional Pelanggaran HAM Pelanggaran HAM juga pernah tercatat dalam sejarah bangsa Indonesia.

Pelanggaran HAM tersebut dijadikan pelajaran, agar generasi berikutnya tidak mengulangi lagi. Ada beberapa kasus pelanggaran HAM berat yang pernah terjadi di Indonesia. Beberapa kasus tersebut dapat disimak sebagai berikut. 1.

coba tuliskan contoh kasus yang pernah terjadi di lingkungan sekolah atau rumah kalian yang dapat me

Kasus Pelanggaran HAM di Tanjung Priok Pada tahun 1984 silam, di Jakarta Utara pernah terjadi kasus kerusuhan terhadap para demonstrasi. Kerusuhan tersebut melibatkan para warga, kepolisian, dan TNI. Ada banyak warga yang tewas dan juga mengalami luka.

Akibat kerusuhan tersebut, beberapa oknum polisi dan TNI diadili dengan dakwaan pelanggaran HAM. Kasus tersebut terjadi pada saat masa Orde Baru. 2. Kasus Pelanggaran HAM Marsinah Marsinah merupaka seorang pegawai yang bekerja di PT. Catur Putra Surya (CPS) yang terletak di Jawa Timur. Pada saat itu, Marsinah beserta dengan temna-temannya melakukan demo unjuk rasa yang menuntut kenaikan upah. Kasus tersebut terjadi pada tahun 1993. Keadaan demo tersebut semakin memanas, sehingga suatu saat Marsinah hilang dan tidak diketahui oleh teman-temannya.

Saat ditemukan, Marsinah sudah tidak bernyawa dan jenazahnya ditemukan di hutan Dusun Jegong. Pada jenazahnya, terdapat berbagai macam luka bekas penyiksaan. Kemudian, jenazahnya dilakukan proses otopsi.

Ternyata, beliau memang mendapatkan kasus penyiksaan dan penganiayaan yang berat dan meninggal akibat luka berat. 3. Kasus Peristiwa Aceh 1990 Pada tahun 1990 silam, sekelompok oknum menginginkan Aceh untuk merdeka atau memisahkan diri dari Indonesia. Kasus tersebut ditenggarai akibat adanya unsur politik.

Pada kerusuhan tersebut terjadi banyak korban, baik dari pihak apparat maupun para warga sipil yang tidak berdosa. Pelaggaran HAM Skala Internasional Pelanggaran HAM Pelanggaran HAM berat juga pernah terjadi di dunia belahan lain, selain Indonesia.

Sedihnya lagi masih saja ada kasus pelanggaran HAM berat yang masih berlangsung hingga hari ini. Sebagai generasi muda, Anda harus turut peduli mengenai berita seperti ini. Kejadian seperti itu, harus dijadikan pelajaran untuk selalu membuat Indonesia menjadi negara yang aman dan tentram jauh dari kasus pelanggaran HAM. Beberapa kasus dari pelanggaran HAM skala Internasional dapat disimak sebagai berikut.

1. Pelanggaran Israel dan Palestina Kasus yang satu ini masih berlangsung sampai hari ini. Pada awalnya, Israel melakukan pengungsian kearah Palestina.

Negara Palestina mau saja membantu dan menerima para pengungsi Israel.

coba tuliskan contoh kasus yang pernah terjadi di lingkungan sekolah atau rumah kalian yang dapat me

Maka dari itu, jaman dahulu Anda dapat melihat adanya negara Palestina di buku-buku peta dunia. Hanya saja, saat ini negara Palestina justru malah dijajah oleh Israel. Kemudian, bangsa pengungsi yang berkhianat tersebut memiliki kekuatan politik yang lebih kuat, sehingga akhirnya mampu menghapuskan Palestina dari peta dunia. Bahkan, saat ini Palestina hanya memiliki wilayah kekuasaan yang semakin mengecil.

Itu saja, para warga sipil Palestina sering diserang dengan berbagai peluru, rudal, dan senjata lainnya. Saat ini Palestina sedang berjuang untuk mendapatkan pengakuan dari PBB mengenai wilayah yang dulunya miliknya dan direbut. Saat ini, PBB sudah mengakui bahwa Palestina merupakan suatu negara. Hanya saja, pengakuan tersebut tidak membuat Israel jera dan nyatanya bangsa tersebut masih saja terus melakukan perang.

coba tuliskan contoh kasus yang pernah terjadi di lingkungan sekolah atau rumah kalian yang dapat me

2. Kekejaman Adolf Hitler Adolf Hitler merupakan salah satu dari pemimpin yang pernah berkuasa di Jerman. Tokoh ini menerapkan sistem otoriter dalam melaksanakan pemerintahan. Ada banyak sekali kasus pembunuhan masal yang terjadi terhadap bangsa Yahudi. Sampai sekarang, kasus kekejaman Adolf Hitler pada bangsa Yahudi ini masih banyak dibicarakan oleh orang-orang.

Ragam peninggalannya juga diabadikan dan jejaknya dibukukan. Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih Pelanggaran HAM

Belajar Daring SMP YPS Singkole




2022 www.videocon.com