Kontroversi arnold putra desainer yang gunakan hewan hingga organ tubuh manusia

kontroversi arnold putra desainer yang gunakan hewan hingga organ tubuh manusia

Jakarta, Insertlive - Arnold Putra, desainer Indonesia yang tengah menjadi perbincangan publik di media sosial. Hal itu karena Arnold diduga sebagai desainer yang memesan paket organ tubuh manusia dari Brasil.

Dalam paket itu berisi tangan dan bungkus plasenta yang disebut digunakan sang desainer dalam karyanya. Arnold memang terkenal dengan kontroversi menggunakan benda tak lazim pada karya-karyanya. Baca Juga : Profil Arnold Putra, Desainer Indonesia yang Diduga Pesan Organ Tubuh Manusia Ia sempat menjadi sorotan karena menggunakan tulang belakang manusia yang dipadukan dengan lidah dari buaya untuk dijadikan tas.

Seorang akun di Twitter mengungkapkan beberapa hewan dan bagian tubuh manusia yang digunakan Anrold. Akun @nandarafidhaa mengunggah beberapa tangkapan layar dari unggahan Arnold di Instagram. " Arnold putra itu manusia atau bukan? Udah ginikan binatang, terus sekarang mau jadikan manusia buat karya dia juga?

Stress," cuit akun itu. [Gambas:Twitter] Dalam unggahan itu, Arnold memamerkan karyanya yang menggunakan kelelawar untuk hiasan topinya. Selain itu, Arnold juga menggunakan bulu beruang putih untuk aksesori di jaketnya.

kontroversi arnold putra desainer yang gunakan hewan hingga organ tubuh manusia

Arnold juga pernah mengunggah potongan kaki bayi macan yang dijadikan kalung dengan tambahan hiasan manik-manik. Di unggahan yang lain, tampak Arnold yang tengah memamerkan janin hewan menggunakan sumpit. Baca halaman selanjutnya. (arm/fik) KOMPAS.com - Dugaan pemesanan organ tubuh manusia oleh desainer asal Indonesia, Arnold Putra, disebut bermasalah secara moral dan ilegal atas dalih apa pun kata sejumlah pakar hukum pidana. Nama Arnold terseret setelah Kepolisian Brasil menggerebek laboratorium Amazonas State University (UEA) terkait perdagangan organ manusia.

Seperti diberitakan oleh Vice, sebelumnya, Polisi Brasil menemukan pengiriman paket yang diduga berisi tangan dan tiga plasenta manusia. Paket itu telah terlanjur dikirim dari Brasil ke Singapura yang ditujukan kepada Arnold Putra. Baca juga: Ragam Kontroversi Arnold Putra, soal Tulang Manusia hingga Isu Barang Palsu Organ-organ manusia itu diawetkan dengan metode plastinasi, menggunakan bahan-bahan seperti silikon dan epoksi untuk menggantikan cairan dan lemak tubuh agar organ tersebut tetap awet.

Stop what you're doing and read our latest: Human placenta and a hand. Harvested from a school lab in Brazil. Bound for Singapore. https://t.co/ELYEm6xeq4 The customer? "A famous Indonesian designer who sells accessories and garments using materials of human nature." — Heather Chen ????

???,????????:?? (@heatherchen_) February 23, 2022 Pemberitaan itu membuat Arnold banyak diperbincangkan di media sosial sejak Rabu (23/2/2022). Sejumlah pengguna media sosial menilai apa yang diduga dilakukan oleh desainer berusia 27 tahun sebagai tindakan yang mengerikan.

Ada pula yang mempertanyakan pertanggungjawaban hukum Arnold setelah beberapa tahun lalu dia juga melakukan hal serupa. Salah satu karya kontroversialnya sebagai desainer adalah sebuah tas tangan yang dibuat menggunakan tulang belakang manusia dan lidah buaya.

Almost 2 years later of almost no news and accountability.

kontroversi arnold putra desainer yang gunakan hewan hingga organ tubuh manusia

A professor has been found guilty of trafficking human remains to Arnold Putra https://t.co/ASM4j6V9wJ https://t.co/8civJtrA2g — TOM FRAUD (@SuperiorGab) February 22, 2022 BBC News Indonesia telah menghubungi Arnold Putra melalui akun Instagram-nya pada Kamis (24/2/2022) dan Jumat (25/2/2022). Baca juga: Polri Kirim Surat ke Interpol Brasil Usut Dugaan Keterlibatan Designer Indonesia di Kasus Perdagangan Organ Manusia Pada Jumat, Arnold menanggapi permintaan wawancara kami, dan meminta waktu untuk mempelajarinya.

Kami kemudian memberitahu bahwa batas akhir penayangan artikel ini pada Minggu (27/2/2022) sore. Namun sampai batas waktu itu, BBC News Indonesia belum menerima tanggapan dari Arnold.

Pakar hukum pidana dari Universitas Indonesia Eva Ahyani Djulfa mengatakan, Polri harus segera merespons temuan polisi Brasil itu. "Karena berdasarkan hukum di mana pun, jual beli organ ini adalah kejahatan internasional yang juga bermasalah secara moral," kata Eva.

Baca juga: Kasus Paket Organ Manusia, Nama Arnold Putra Disebut, Polri Tak Diam Apa saja kontroversi Arnold Putra? Arnold Putra pernah beberapa kali menuai kontroversi sebelumnya.

kontroversi arnold putra desainer yang gunakan hewan hingga organ tubuh manusia

Pada Januari 2022, Arnold menghadiri Paris Fashion Week menggunakan pakaian yang serupa dengan seragam organisasi masyarakat Pemuda Pancasila. A post shared by JSD (@jakartasneakerday) Dia juga pernah menukarkan jam tangan mewah yang diduga tiruan dengan barang berharga dari Suku Himba di Namibia.

Hal itu dia unggah sendiri di akun Instagram miliknya. Tetapi salah satu yang paling kontroversial adalah ketika dia membuat tas tangan menggunakan tulang belakang manusia dan lidah buaya pada 2016. Dalam deskripsi resmi penjualannya, Arnold mengklaim bahwa tulang manusia dan lidah buaya yang dia gunakan "diperoleh secara etis".

Tas itu dijual seharga 5.000 dollar AS atau Rp 71,9 juta. A post shared by @byarnoldputra Baca juga: Polisi Brasil Ungkap Perdagangan Organ Manusia, Disebut Akan Dikirim ke Desainer Asal Indonesia Menurut laporan New York Post pada 2020, Arnold mengatakan bahwa tulang belakang itu dia dapatkan dari sumber berlisensi di Kanada. Hal itu, kata Arnold, memungkinkan karena perusahaan berlisensi yang menerima spesimen manusia terkadang menjualnya ketika surplus. Penjualan tulang manusia sendiri, menurut National Geographic, adalah sesuatu yang legal di Kanada dan sejumlah negara bagian di Amerika Serikat.

Dikutip dari Kompas.com, sejumlah seniman juga pernah dikritik karena menggunakan bagian tubuh manusia pada karyanya. Salah satunya adalah seniman asal Inggris, Anthony-Noel Kelly, yang sempat dipenjara selama sembilan bulan karena bagian tubuh yang dia gunakan didapat secara ilegal.

Baca juga: Paket Organ Manusia dari Brasil, Nama Desainer Arnold Putra Disebut Perdagangan organ dengan dalih apa pun adalah ilegal Pakar hukum pidana dari Universitas Parahyangan Agustinus Pohan mengatakan, pemesanan organ tubuh manusia yang diduga dilakukan Arnold itu dapat dijerat secara pidana karena melanggar Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dengan ancaman hukuman paling lama sepuluh tahun dan denda maksimal Rp 1 miliar.

kontroversi arnold putra desainer yang gunakan hewan hingga organ tubuh manusia

Meski lokasi kejahatan terjadi di Brazil dan Singapura, Agustinus berpandangan bahwa Polri tetap bisa menindak Arnold sepanjang dia berstatus sebagai warga negara Indonesia (WNI).

"Di Undang-Undang kita, WNI yang melakukan tindak pidana di luar negeri, berdasarkan hukum Indonesia, apalagi juga melanggar hukum di luar, maka Polri bisa menindaknya," kata Agustinus kepada BBC News Indonesia, Kamis. "Memang kita juga mesti melihat hukum di Brasil dan Singapura mengenai hal itu, tetapi sepengetahuan saya perbuatan seperti itu di mana pun ilegal, buktinya digerebek," lanjut dia.

Baca juga: Paket Organ Manusia dari Brasil, Nama Desainer Arnold Putra Disebut Di Singapura sendiri, perdagangan organ adalah ilegal dan dilarang oleh Human Organ Transplant Act (HOTA). Begitu pula di Indonesia, Agustinus menegaskan tidak ada dalih apa pun yang bisa membenarkan praktik jual-beli organ sehingga perbuatan itu sudah jelas melanggar hukum.

kontroversi arnold putra desainer yang gunakan hewan hingga organ tubuh manusia

"Untuk alasan kesehatan saja, itu tidak bisa dibenarkan. Apalagi untuk alasan lain seperti seni. Ini bukan hanya tidak etis, tapi sudah melanggar hukum mau penjual atau pembelinya," kata Agustinus.

Pakar hukum pidana dari Universitas Indonesia Eva Ahyani Djulfa mendesak polisi untuk proaktif menindak kasus ini. Baca juga: Arnold Putra Bikin Tas Pakai Tulang Manusia, Ali Charisma Bersuara "Ketika ada organ manusia yang digunakan sebagai sebuah barang, seharusnya ada respons dari penegak hukum untuk menginvestigasi itu," kata Eva. Ketika lingkup kejahatannya terjadi lintas negara seperti ini, Eva menuturkan bahwa Polri seharusnya bisa memanfaatkan kerja sama antarpolisi atau bantuan hukum timbal balik dengan negara-negara yang terkait dengan tindak pidana ini.

"Untuk international crime seperti perdagangan organ ini, polisi mana pun di seluruh dunia punya kewenangan untuk menindak," ujar Eva. Baca juga: Kontroversi Arnold Putra, Bikin Tas Pakai Tulang Belakang Manusia Berita Terkait Polisi Brasil Ungkap Perdagangan Organ Manusia, Disebut Akan Dikirim ke Desainer Asal Indonesia Ragam Kontroversi Arnold Putra, soal Tulang Manusia hingga Isu Barang Palsu Kasus Paket Organ Manusia, Nama Arnold Putra Disebut, Polri Tak Diam Paket Organ Manusia dari Brasil, Nama Desainer Arnold Putra Disebut Arnold Putra Bikin Tas Pakai Tulang Manusia, Ali Charisma Bersuara Berita Terkait Polisi Brasil Ungkap Perdagangan Organ Manusia, Disebut Akan Dikirim ke Desainer Asal Indonesia Ragam Kontroversi Arnold Putra, soal Tulang Manusia hingga Isu Barang Palsu Kasus Paket Organ Manusia, Nama Arnold Putra Disebut, Polri Tak Diam Paket Organ Manusia dari Brasil, Nama Desainer Arnold Putra Disebut Arnold Putra Bikin Tas Pakai Tulang Manusia, Ali Charisma Bersuara
Dunia maya pun diramaikan dengan dugaan bahwa pemesannya adalah Arnold Putra karena pernah membuat tas dari tulang belakang manusia.

Ini bukan kali pertamanya kontroversi menghampiri Arnold Putra. Berikut beberapa aksi Arnold yang menimbulkan cibiran masyarakat Indonesia.

1. Tas dari Tulang Manusia Tak banyak yang tahu bila Arnold Putra berprofesi sebagai desainer sampai akhirnya sebuah karyanya yang berupa tas menjadi viral. Pada April 2020, situs Insider memberitakan tentang tas tangan rancangan Arnold yang terbuat dari kombinasi material lidah buaya dan tulang belakang manusia.

Kala itu, tas yang pertama kali dirilis pada 2016 tersebut berharga US$ 5.000 dolar AS atau sekitar Rp 71 juta. Tas rancangan Arnold Putra dari tulang belakang manusia. (Foto: Instagram/@arnoldputra) "Bagian gagang terbuat dari tulang belakang anak kecil yang menderita osteoporosis," demikian keterangan di foto tas tersebut yang diunggah di akun @arnoldputra pada 25 September 2016. Netizen pun dibuat geram, lalu menghujat desainer yang berbasis di Los Angeles itu.

kontroversi arnold putra desainer yang gunakan hewan hingga organ tubuh manusia

"Tega banget gila" kicau seorang pengguna Twitter. Ada pula yang menulis, "Saya sangat berharap seseorang bisa membuat tas dari tulang punggung Anda." Arnold Putra berdalih, tulang belakang bersumber medis dari Kanada yang dibelinya secara resmi.

Menurutnya, bukan hal yang tidak mungkin untuk membeli tulang dari perusahaan berlisensi yang menerima spesimen manusia yang disumbangkan untuk obat-obatan.

Baca juga: Hati-hati! 6 Tren Fashion yang Bisa Menyebabkan Sakit Punggung 2. 'Giveaway' Barang Palsu Arnold Putra pernah dituduh memberikan barang palsu kepada orang-orang suku pedalaman untuk mengeksploitasi artefak. "Arnold Putra adalah iblis yang suka pamer kebaikan memberikan barang branded palsu kepada orang-orang pedalaman demi mendapatkan tulang manusia dan barang berharga lainnya dari suku mereka," tulis akun bernama @superiorgrab pada Maret 2020.

Kicauan tersebut juga disertai foto-foto Arnold Putra berkunjung dan menemui masyarakat dan kepala adat di berbagai negara. Tidak ketinggalan foto mereka memakai jam tangan 'mewah' pemberian Arnold. [Gambas:Twitter] MOST POPULAR • Viral Wawancara Lama Amber Heard Soal Johnny Depp, Ketahuan Bohong di Sidang • 7 Foto Elin, Pengamen Badut Cilik yang Kecantikannya Viral • Gaya Seksi Kristen Stewart Ekspos Paha Pakai Rok Transparan di Show Chanel • Berlian Biru Langka Terjual Hampir Rp 1 Triliun Setelah 'Perang' 8 Menit • Pura-pura Kondangan, Pria Ini Curi Kotak Angpau Isi Uang Puluhan Juta • Begini Nasib Penyiar Radio yang nge-Prank Orang Sampai Bunuh Diri • Viral Pria Tahan Sakit, Demi Lepas Cincin yang Nyangkut di Alat Kelamin • Ramalan Zodiak Cinta 9 Mei: Gemini Jaga Ucapan, Libra Bicara Apa Adanya • Serba-serbi Diet IU Korea, Turun 4 Kontroversi arnold putra desainer yang gunakan hewan hingga organ tubuh manusia Dalam 4 Hari Tapi Tidak Sehat • Hari Ibu, Priyanka Chopra dan Nick Jonas Unggah Foto Perdana Bersama Anak Yahoo kuulub Yahoo kaubamärkide perre.

Klõpsates valikut " Aktsepteeri kõik", nõustute, et Yahoo ja meie partnerid salvestavad teie seadme teavet ja/või pääsevad sellele ligi küpsiste ja muude sarnaste tehnoloogiate abil ning töötlevad kontroversi arnold putra desainer yang gunakan hewan hingga organ tubuh manusia isikuandmeid isikupärastatud reklaamide ja sisu kuvamiseks, reklaami ja sisu mõõtmiseks, vaatajaskonna ülevaate ja tootearenduse jaoks.

Teie isikuandmed, mida võidakse kasutada • Teave teie seadme ja internetiühenduse, kaasa arvatud teie IP-aadressi kohta • Sirvimis- ja otsingutegevused Yahoo veebilehtedel ja rakendustes • Täpne asukoht Lisateabe saamiseks ja oma valikute haldamiseks tehke valik ' Halda sätteid'. Oma valikuid saate igal ajal muuta privaatsusseadete kaudu. Lisateavet selle kohta, kuidas me teie teavet kasutame, leiate meie privaatsuspoliitikast ja küpsiste poliitikast.

Meie partnerite kohta lisateabe saamiseks klõpsake siin.
Desainer Indonesia, Arnold Putra terlibat kontroversi terkait dugaan perdagangan organ tubuh manusia.

Hal ini bermula setelah Kepolisian Brasil menduga ada paket berisi lengan dan tiga plasenta manusia yang sudah dikirimkan ke Singapura. Kasus tersebut menjadi perhatian netizen. Nama Arnold Putra langsung trending topik di Twitter.

Inilah kontroversi yang melibat Arnold. Keep reading! Baca Juga: Desainer Indonesia Diduga Terlibat Perdagangan Organ Manusia Arnold Putra (instagram.com/arnoldputra) Arnold Putra telah menuai banyak kontroversi, mulai perdagangan organ tubuh manusia, hingga dianggap tidak menghargai adat dan tradisi daerah yang dikunjunginya.

Saat ini dugaan perdagangan organ tersebut tengah diselidiki oleh Kepolisian Brazil, Indonesia, dan interpol. Baca Juga: 10 Potret Desainer Kontroversial Arnold Putra, Rajin Keliling Dunia Berita Terpopuler • Daftar Tanggal Merah Desember 2022: Libur Natal • 10 Potret Liburan Ayu Ting Ting dan Keluarga ke Jogja, Ayah Rozak Hits • 10 Potret Baby Ameena dalam Berbagai Ekspresi, Gemasnya Kebangetan • Kamu Workaholic? Waspadai 7 Tanda Kamu Terlalu Keras ke Diri Sendiri • Hamas Mulai Bangkit, Menkeu Israel: Ini Semua Kesalahan Netanyahu • 10 Fakta Elon Musk, Orang Terkaya di Dunia yang Baru Membeli Twitter • Menko Muhadjir: Biaya Pasien Hepatitis Akut Ditanggung BPJS Kesehatan • 9 Potret Atta Halilintar di Singapura, Berlibur sambil Momong Anak!

• 10 Momen Nagita Slavina Masak Makan Malam buat Teman-teman Artisnya • Hari Keberuntungan Tiap Zodiak di Bulan Mei 2022, Mohon Dicatat ya!
Suara.com - Dugaan pemesanan organ tubuh manusia oleh desainer asal Indonesia, Arnold Putra, disebut 'bermasalah secara moral' dan 'ilegal atas dalih apa pun', kata sejumlah pakar hukum pidana. Nama Arnold terseret setelah Kepolisian Brasil menggerebek laboratorium Amazonas State University (UEA) terkait perdagangan organ manusia.

kontroversi arnold putra desainer yang gunakan hewan hingga organ tubuh manusia

Seperti diberitakan oleh Vice, sebelumnya, Polisi Brasil menemukan pengiriman paket yang diduga berisi tangan dan tiga plasenta manusia. Paket itu telah terlanjur dikirim dari Brasil ke Singapura yang ditujukan kepada Arnold Putra. Organ-organ manusia itu diawetkan dengan metode plastinasi, menggunakan bahan-bahan seperti silikon dan epoksi untuk menggantikan cairan dan lemak tubuh agar organ tersebut tetap awet.

Baca Juga: Biodata Arnold Putra, Desainer Muda dan Tajir Bikin Tas Pakai Tulang Belakang Manusia, Dia dari Jakarta https://twitter.com/heatherchen_/status/1496425450150952960?s=20&t=866tMTkkIBGbe7akkqSJZA Pemberitaan itu membuat Arnold banyak diperbincangkan di media sosial sejak Rabu (23/2). Sejumlah pengguna media sosial menilai apa yang diduga dilakukan oleh desainer berusia 27 tahun sebagai tindakan "yang mengerikan".

Ada pula yang mempertanyakan pertanggungjawaban hukum Arnold setelah beberapa tahun lalu dia juga melakukan hal serupa.

kontroversi arnold putra desainer yang gunakan hewan hingga organ tubuh manusia

Baca Juga: Dikabarkan Bikin Tas dari Tulang Belakang Manusia, 4 Kontroversi Arnold Putra Sang Desainer BBC News Indonesia telah menghubungi Arnold Putra melalui akun Instagram-nya pada Kamis (24/02) dan Jumat (25/02).

Pada Jumat, Arnold menanggapi permintaan wawancara kami, dan meminta waktu untuk mempelajarinya. Kami kemudian memberitahu bahwa batas akhir penayangan artikel ini pada Minggu (27/02) sore.

Namun sampai batas waktu itu, BBC News Indonesia belum menerima tanggapan dari Arnold. Baca juga: • 'Demi selamatkan ibu' - Kisah remaja 19 tahun bertukar organ tubuh dengan orang lain • China tangkap sejumlah dokter yang ambil organ tubuh korban kecelakaan • Kasus Sri Rabitah: Pencurian organ tubuh TKI bukan yang pertama kalinya Pakar hukum pidana dari Universitas Indonesia, Eva Ahyani Djulfa mengatakan Polri harus segera merespons temuan polisi Brasil itu.

kontroversi arnold putra desainer yang gunakan hewan hingga organ tubuh manusia

"Karena berdasarkan hukum di mana pun, jual beli organ ini adalah kejahatan internasional yang juga bermasalah secara moral," kata Eva.

Apa saja kontroversi Arnold Putra? Arnold Putra pernah beberapa kali menuai kontroversi sebelumnya. Pada Januari 2022, Arnold menghadiri Paris Fashion Week menggunakan pakaian yang serupa dengan seragam organisasi masyarakat sayap kanan, Pemuda Pancasila.

kontroversi arnold putra desainer yang gunakan hewan hingga organ tubuh manusia

https://www.instagram.com/p/CZEAxyrPdAE/?utm_source=ig_embed&ig_rid=98e5c4ff-1577-465a-be4b-4027518cb147 Dia juga pernah menukarkan jam tangan mewah yang diduga tiruan dengan barang berharga dari Suku Himba di Namibia. Hal itu dia unggah sendiri di akun Instagram miliknya. Tetapi salah satu yang paling kontroversial adalah ketika dia membuat tas tangan menggunakan tulang belakang manusia dan lidah buaya pada 2016. Dalam deskripsi resmi penjualannya, Arnold mengklaim bahwa tulang manusia dan lidah buaya yang dia gunakan "diperoleh secara etis".

Tas itu dijual seharga US$5.000 atau Rp71,9 juta. https://www.instagram.com/p/BKyjporAq4r/?utm_source=ig_embed&ig_rid=fa55320b-9ad6-4ace-a2e4-9328aa36f3d2 Menurut laporan New York Post pada 2020, Arnold mengatakan bahwa tulang belakang itu dia dapatkan dari sumber berlisensi di Kanada.

Hal itu, kata Arnold, memungkinkan karena perusahaan berlisensi yang menerima spesimen manusia terkadang menjualnya ketika surplus. Penjualan tulang manusia sendiri, menurut National Geographic, adalah sesuatu yang legal di Kanada dan sejumlah negara bagian di Amerika Serikat.

Dikutip dari Kompas.com, sejumlah seniman juga pernah dikritik karena menggunakan bagian tubuh manusia pada karyanya. Salah satunya adalah seniman asal Inggris, Anthony-Noel Kelly yang sempat dipenjara selama sembilan bulan karena bagian tubuh yang dia gunakan didapat secara ilegal.

Perdagangan organ dengan 'dalih apa pun adalah ilegal' Pakar hukum pidana dari Universitas Parahyangan, Agustinus Pohan, mengatakan pemesanan organ tubuh manusia yang diduga dilakukan Arnold itu dapat dijerat secara pidana karena melanggar Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dengan ancaman hukuman paling lama sepuluh tahun dan denda maksimal Rp1 miliar. Meski lokasi kejahatan terjadi di Brazil dan Singapura, Agustinus berpandangan Polri tetap bisa menindak Arnold sepanjang dia berstatus sebagai warga negara Indonesia (WNI).

"Di Undang-Undang kita, WNI yang melakukan tindak pidana di luar negeri, berdasarkan hukum Indonesia, apalagi juga melanggar hukum di luar, maka Polri bisa menindaknya," kata Agustinus kepada BBC News Indonesia, Kamis (24/2). "Memang kita juga mesti melihat hukum di Brasil dan Singapura mengenai hal itu, tetapi sepengetahuan saya perbuatan seperti itu di mana pun ilegal, buktinya digerebek," lanjut dia. Di Singapura sendiri, perdagangan organ adalah ilegal dan dilarang oleh Human Organ Transplant Act (HOTA).

kontroversi arnold putra desainer yang gunakan hewan hingga organ tubuh manusia

Begitu pula di Indonesia, Agustinus menegaskan tidak ada dalih apa pun yang bisa membenarkan praktik jual-beli organ sehingga perbuatan itu sudah jelas melanggar hukum. "Untuk alasan kesehatan saja, itu tidak bisa dibenarkan. Apalagi untuk alasan lain seperti seni. Ini bukan hanya tidak etis, tapi sudah melanggar hukum mau penjual atau pembelinya," kata Agustinus. Pakar hukum pidana dari Universitas Indonesia, Eva Ahyani Djulfa, mendesak polisi untuk proaktif menindak kasus ini. "Ketika ada organ manusia yang digunakan sebagai sebuah barang, seharusnya ada respons dari penegak hukum untuk menginvestigasi itu," kata Eva.

Ketika lingkup kejahatannya terjadi lintas negara seperti ini, Eva menuturkan Polri seharusnya bisa memanfaatkan kerja sama antar-polisi atau bantuan hukum timbal balik dengan negara-negara yang terkait dengan tindak pidana ini.Pakar hukum pidana dari Universitas Parahyangan, Agustinus Pohan, mengatakan pemesanan organ tubuh manusia yang diduga dilakukan Arnold itu dapat dijerat secara pidana karena melanggar Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dengan ancaman hukuman paling lama sepuluh tahun dan denda maksimal Rp1 miliar.
KOMPAS.com - Nama Arnold Putra menjadi viral setelah dikaitkan dengan paket berisi organ tubuh manusia.

Kabar ini berawal dari keberhasilan Kepolisian Federal Brasil mengungkap sindikat perdagangan organ manusia di Kota Manaus. Penggerebekan yang dilakukan di laboratorium Kampus UEA (Amazonas State University) itu menghasilkan sejumlah barang bukti. Salah satunya berupa temuan paket yang berisi potongan tangan dan tiga plasenta untuk dikirim ke Singapura.

kontroversi arnold putra desainer yang gunakan hewan hingga organ tubuh manusia

Paket tersebut dikatakan dikirimkan pada desainer Indonesia, yang diduga, adalah Arnold Putra. Baca juga: Paket Organ Manusia dari Brasil, Nama Desainer Arnold Putra Disebut Sontak kabar ini langsung membuat heboh publik dan netizen di media sosial. Apalagi Arnold Putra selama ini sudah dikenal dengan sejumlah kontroversi dan karya desainnya yang cenderung "nyeleneh".

Di dalam negeri, namanya memang belum seterkenal seperti Didiet Maulana atau Ivan Gunawan. Namun pria kelahiran tahun 1995 ini kerap membuat publik terheran-heran dengan aksinya yang mencengangkan. Apa saja kontroversi yang selama ini melibatkan Arnold Putra?
Kitakini.news – Kontroversi Arnold Putra Gunakan Organ Tubuh Manusia. Arnold Putra, desainer Indonesia tengah menjadi perbincangan publik kontroversi arnold putra desainer yang gunakan hewan hingga organ tubuh manusia media sosial.

Kabarnya desainer ini memesan paket organ tubuh manusia dari Brasil. Dalam paket itu berisi tangan dan bungkus plasenta yang kabarnya sang desainer gunakan dalam karyanya. Arnold memang terkenal dengan kontroversi menggunakan benda tak lazim pada karya-karyanya. Dia sempat menjadi sorotan karena menggunakan tulang belakang manusia yang dia padukan dengan lidah dari buaya untuk membuat tas.

Seorang akun di Twitter mengungkapkan beberapa hewan dan bagian tubuh manusia yang Anrold gunakan. Akun @nandarafidhaa mengunggah beberapa tangkapan layar dari unggahan Arnold di Instagram. “Arnold putra itu manusia atau bukan? Udah ginikan binatang, terus sekarang mau jadikan manusia buat karya dia juga? Stress,” cuit akun itu. Dalam unggahan itu, Arnold memamerkan karyanya yang menggunakan kelelawar untuk hiasan topinya. Selain itu, Arnold juga menggunakan bulu beruang putih untuk aksesori di jaketnya.

Arnold juga pernah mengunggah potongan kaki bayi macan yang dia jadikan kalung dengan tambahan hiasan manik-manik. Pada unggahan yang lain, tampak Arnold yang tengah memamerkan janin hewan menggunakan sumpit. Seragam PP di Paris Fashion Week 2022 Kontroversi Arnold Putra Gunakan Organ Tubuh Manusia. Sebelumnya Arnold Putra membuat heboh jagat media sosial setelah memamerkan seragam Pemuda Pancasila di Paris Fashion Week 2022.

Hal itu terungkap melalui unggahan Arnold Putra di akun Instagram miliknya ketika mengenakan seragam Pemuda Pancasila di Paris Fashion Week 2022. Dalam unggahan tersebut, Arnold Putra terlihat memadukan seragam Pemuda Pancasila yang identik dengan loreng berwarna oranye dengan paduan topi senada dan aksesori kalung.

Pada bagian dada kanan seragam yang Arnold Putra kenakan, terlihat logo yang juga mirip dengan logo Pemuda Pancasila. Aksi Arnold Putra itu kemudian ramai jadi perbincangan oleh netizen Indonesia di media sosial.

Tidak sedikit yang mengkritik aksi Arnold Putra dengan memamerkan seragam Pemuda Pancasila di Paris Fashion Week 2022. Redaksi

Intip Harga Tas Tulang Belakang, Sosok Berpengaruh Besar Terhadap Karir Designer Arnold Putra




2022 www.videocon.com