Servis panjang biasanya menggunakan pukulan

servis panjang biasanya menggunakan pukulan

6 energi anaerobik dengan kapasitas sedikit, sehingga tidak dapat berlangsung dalam waktu lama. 3. Keterampilan Bulutangkis Keterampilan bulutangkis adalah kemampuan seorang pemain bulutangkis dalam menggunakan teknik, taktik, serta unsur-unsur yang dimiliki oleh seorang pemain bulutangkis. Teknik dasar bulutangkis pemain harus bisa memukul kok, baik dari atas maupun dari bawah.

Jenis-jenis pukulan yang harus dikuasai adalah: servis, netting, lob, underhand, dropshot, drive, dan smes. Menurut Tohar 1992: 40 bentuk pukulan-pukulan yang dapat mengidentifikasi keterampilan bulutangkis dibedakan menjadi 3 bagian yaitu: servis pendek, servis panjang, dan lob. a.

servis panjang biasanya menggunakan pukulan

Pukulan servis Pengertian pukulan servis adalah merupakan dengan raket yang servis panjang biasanya menggunakan pukulan shuttle cock ke bidang lapangan lain secara diagonal dan bertujuan sebagai pembuka permainan.

Pukulan servis dalam bulutangkis dapat dibagi menjadi 2, yaitu: 1. Pukulan service pendek short service Service pendek adalah melakukan pukulan service dengan mengarahkan shuttle cock dengan tujuan kedua sasaran yaitu: kesudut titik perpotongan antara garis service depan dengan garis tengah dan garis service dan garis tepi, sedang jalannya shuttle cock menyusur tipis melewati net. Cara memukul service pendek ini dapat dilakukan secara pukulan penuh atau dipukul secara dipotong.

Gerakan perpindahan berat badan servis panjang biasanya menggunakan pukulan dari kaki yang berada dibelakang kemudian dipindahkan ke kaki depan. Ayunan raket dimulai dari belakang setinggi bahu. Ayunan yang memegang raket digunakan kedepan. Setelah gerakan ayunan itu sampai ke sebelah kanan badan, dilanjutkan dengan gerakan memukul shuttle cock, yang dipegang oleh tangan kiri atau tangan kanan bila pemain tersebut kidal untuk dijatuhkan.

Disaat shuttle cock itu jatuh maka baru dipukul dengan cara pukulan penuh atau dipotong, untuk diarahkan ke depan sehingga melewati net. 7 2. Servis Panjang Service lob atau clear Servis panjang adalah pukulan servis yang dilakukan dengan cara menerbangkan shuttle cock setinggi-tingginya dan jatuh kegaris belakang bidang lapangan lawan. Servis panjang untuk permainan tunggal harus dilakukan dengan cara memukul shuttle cock dengan kekuatan yang penuh shuttle cock yang dipukul harus diusahakan jatuh menurun secara tegak lurus ke bawah di suatu tempat digaris belakang lapangan lawan terutama diarahkan di sudut-sudut perpotongan antara garis tepi untuk permainan tunggal.

b. Pukulan lob Forehand Clear Pukulan lob adalah suatu pukulan dalam permainan bulutangkis yang dilakukan dengan tujuan untuk menerbangkan shuttle cock setinggi mungkin mengarah jauh ke belakang garis lapangan. Cara melakukan lob atau melambung servis panjang biasanya menggunakan pukulan dilaksanakan dengan 2 cara yaitu : a. Overhead lob : pukulan lob yang dilakukan dari atas kepala dengan cara menerbangkan shuttle-cock melambung kearah belakang b.

Underhand lob : pukulan lob dari bawah, yang dilakukan dengan memukul shuttle cock yang berada dibawah badan dan dilambungkan tinggi ke belakang. METODE PENELITIAN Penelitian ini adalah penelitian eksperimen adapun rancangan yang digunakan adalah secara acak dengan tes awal dan tes akhir dengan kelompok kontrol The Radomized pretest-posttest control group design Zainudin, 2000: 52. Populasi penelitian yang digunakan seluruh subyek pada mahasiswa yang mengikuti kuliah dasar gerak bulutangkis pada semester gasal tahun 2008 angkatan 2006 dan 2007 Fakulktas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarata.

Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 24 mahasiswa yang terdiri dari 2 kelompok yaitu kelompok perlakuan dan kelompok kontrol, tiap kelompok berjumlah 12 orang. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes dan pengukuran. Intrumen pokok yang digunakan dalam pengambilan data yaitu tes multistage dan tes keterampilan bulutangkis. Validitas instrumen penelitian ini adalah dengan criterion measure, sedangkan reabilitas instrumen mengunakan metode test-retest.

Teknik analisa data yang 8 digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut 1 uji normalitas, u ji yang digunakan adalah uji Kolmogorov Smirnov, 2 u ji homogenitas variant, uji yang digunakan uji Levene’s Test dengan uji F, 3 uji t dan 4 Analisis multivariat dengan uji Repeated Measured.

HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN 1. Daya Tahan Aerobik VO 2 Max 10 20 30 40 50 60 Pre Middle Post Test V O 2 M a x Kontrol Eksperimen Gambar 1. Rerata Daya Tahan Aerobik VO 2 Max Gambar 1 menunjukan bahwa dalam memberikan perlakuan dengan latihan sirkuit dengan kemampuan 75 dari kemampuan maksimal selama 12 kali latihan selama 1 bulan 3 kaliminggu, daya tahan aerobik VO 2 Max terjadi peningkatan sebesar 7,6084 atau 8,64 dari rata-rata sebelum perlakuan pre test sampai rata- rata tengah perlakuan midlle test pada daya tahan aerobik.

Setelah kemampuan ditingkatkan 5 menjadi 80 dari kemampuan maksimal dengan lama latihan yang sama juga terjadi peningkatan sebesar 9,1083 atau 10,35. Kemampuan daya tahan aerobik VO 2 Max untuk kelompok kontrol juga terdapat peningkatan. Peningkatan untuk kelompok kontrol terjadi karena terlalu sering melakukan tes multistage, yaitu pada saat pre, midle, dan post test.

Rata-rata pada saat pengukuran pre test sebesar 41,2083 atau 46,83. Pengukuran pada saat midle test rata-rata VO 2 Max sebesar 50,7417 atau 57,66. Rata-rata VO 2 Max pada saat pengukuran post test sebesar 54,3250 atau 61,73.

Kalau dilihat dari rata-rata untuk kelompok kontrol pada saat pre test ke midle test terjadi peningkatan sebesar 9,5334 atau 10,83. Dari midle ke post test terjadi peningkatan sebesar 3,5833 atau 4,07. 9 Dari hasil post test dalam perlakuan latihan sirkuit Circuit Training daya tahan aerobik VO 2 Max dapat diketahui seberapa besar nilai daya tahan aerobik VO 2 Max dan termasuk dalam klasifikasi rendah, cukup, sedang, bagus dan tinggi untuk mahasiswa PKO FIK UNY.

Menurut Hasjim Effendi 1983 dalam Sugiarto dan Nanang I, 2007: 637 Norma Penilaian dan Klasifikasi VO 2 Max Putra Klasifikasi Rendah 24, Cukup 24-30, Sedang 31-37, Bagus 38-48 dan Tinggi 49. Dari 12 mahasiswa PKO FIK UNY untuk usia 20 sd 22 tahun secara keseluruhan dalam klasifikasi Bagus 43 sd 52 dan Tinggi 53. Daya tahan aerobik VO 2 Max yang termasuk dalam klasifikasi bagus sebanyak 6 orang sedangkan untuk klasifikasi tinggi ada 6 orang.

Dilihat dari prosentase rata-rata pre test menuju post test terjadi penigkatan sebesar 18,99. 2. Servis Pendek Short Serve. 50 55 60 65 70 Pre Middle Post Te st S e rv is P e n d e k Kontrol Eksperimen Gambar 2. Rerata Servis Pendek. Dari gambar 2 diatas dapat dijelaskan bahwa dalam memberikan perlakuan dengan latihan sirkuit dengan kemampuan 75 dari kemampuan maksimal selama 12 kali latihan selama 1 bulan 3 kaliminggu, skor perlakuan servis pendek terjadi penurunan sebesar 1,1667 atau sebesar 1,17 dari rata-rata sebelum perlakuan pre test sampai rata-rata tengah perlakuan midle test pada keterampilan servis pendek.

Setelah kemampuan ditingkatkan 5 menjadi 80 dari kemampuan maksimal dengan lama latihan yang sama terjadi peningkatan sebesar 7,8333 atau sebesar 7,83. Rata-rata keterampilan servis pendek pada saat pengukuran pre test untuk kelompok kontrol sebesar 60,2500 atau 60,25. Pengukuran pada servis panjang biasanya menggunakan pukulan midle test 10 rata-rata servis pendek sebesar 63,6667 atau 63, 67.

Rata-rata servis pendek pada saat pengukuran post test sebesar 60,7500 atau 60,75. Kalau dilihat dari rata-rata untuk kelompok kontrol pada saat pre test ke midle test terjadi peningkatan sebesar 3,4167 atau 3.42 .

servis panjang biasanya menggunakan pukulan

Dari midle ke post test terjadi penurunan sebesar 3.5833 atau 3.58. Menurut Tohar 1992: 144 keterampilan servis pendek dapat digunakan sebagai salah satu parameter untuk mengetahui keterampilan bulutangkis. Pukulan servis pendek dengan mengarahkan shuttle cock dengan tujuan kedua sasaran kesudut titik perpotongan antara garis service depan dengan garis tengah dan garis service dan garis tepi.

Laju shuttle cock pada servis pendek yang menyusur tipis melewati net biasa lebih banyak digunakan pada permainan ganda yang menuntut permainan yang cepat penuh dengan serangan sehingga dengan melakukan servis pendek lawan untuk mengembalikan shuttle cock mengalami kesulitan dan diharapkan shuttle cock melambung sehingga mudah untuk menyerang lawan.

3. Servis Panjang Long Serve. 10 20 30 40 Pre Middle Post Test S e rv is P a n ja n g Kontrol Eksperimen Gambar 4. Rerata Servis Panjang Dari gambar 4 dapat dijelaskan bahwa dalam memberikan perlakuan dengan latihan sirkuit dengan kemampuan 75 dari kemampuan maksimal selama 12 kali latihan selama 1 bulan 3 kaliminggu skor perlakuan servis panjang terjadi penurunan sebesar 2,5000 atau 5 dari rata-rata sebelum perlakuan pre test sampai rata-rata tengah perlakuan midlle test pada keterampilan servis panjang.

Setelah kemampuan ditingkatkan 5 menjadi 80 dari kemampuan maksimal dengan lama latihan yang sama terjadi peningkatan dari midle test ke post test sebesar 14.9167 atau 29.83. 11 Rata-rata keterampilan servis panjang pada saat pengukuran pre test untuk kelompok kontrol sebesar 23,8333 atau 47,66.

Pengukuran pada saat midle test rata-rata servis panjang sebesar 22,4167 atau 44,83. Rata-rata servis pendek pada saat pengukuran post test sebesar 32,3333 atau 64,66. Kalau dilihat dari rata-rata untuk kelompok kontrol pada saat pre test ke midle test terjadi penurunan sebesar 1,4166 atau 2,83. Dari midle ke post test terjadi peningkatan sebesar 9,9166 atau 19,83. Keterampilan servis panjang biasa digunakan untuk permainan bulutangkis pada partai tunggal, sehingga diharapkan dengan laju shuttle cock yang melambung kebelakang permainannya akan terjadi realy-realy yang lama dan panjang.

Pemain bulutangkis yang memiliki keterampilan servis pajang yang bagus juga mempunyai keterampilan yang mendukung diantaranya kekuatan, daya tahan otot dan ketepatan sehingga dengan permainan yang lama dapat bertahan sampai akhir pertandingan. Menurut M. Sajoto 1995: 8 kekuatan, daya tahan otot dan ketepatan merupakan salah satu komponen-komponen kondisi fisik yang ada dalam program latihan sirkuit yang akan diberikan pada setiap atlet dalam cabang olahraga prestasi.

Pukulan service panjang adalah pukulan servis yang dilakukan dengan cara menerbangkan shuttle cock setinggi-tingginya dan jatuh kegaris belakang bidang lapangan lawan. Servis panjang untuk permainan tunggal harus dilakukan dengan cara memukul shuttle cock dengan kekuatan yang penuh shuttle cock yang dipukul harus diusahakan jatuh menurun secara tegak lurus ke bawah di suatu tempat digaris belakang lapangan lawan terutama diarahkan di sudut-sudut perpotongan antara garis tepi untuk permainan tunggal.

Keterampilan servis panjang dapat digunakan sebagai salah satu parameter untuk mengetahui keterampilan bulutangkis Tohar, 1992: 144. 4. Lob Bulutangkis sendiri merupakan jenis olahraga yang digemari oleh masyarakat mulai anak muda sampai dewasa. Tapi sebelum mulai memainkannya ada beberapa teknik dasar yang harus kalian kuasai terlebih dahulu.

Salah satunya adalah teknik dasar servis panjang bulutangkis untuk melesatkan bola ke belakang. Selain itu, kalian juga perlu mempelajari cara melakukan servis pendek pula. Keduanya adalah teknik dasar pukulan dalam badminton yang menurut saya cukup kompleks meski kelihatanya mudah.

Servis dalam permainan bulutangkis harus dilakukan dengan konsentrasi yang tinggi sehingga hasilnya nanti akan menguntungkan dan bukan malah merugikan. Pada dasarnya pelaksanaan servis yang baik terkadang membuat pemain lawan kesusahan dalam melakukan serangan balasan.

Jika servis panjang atau pendekdilakukan dengan jelek maka akan membawa dampak buruk kepada tim sendiri. Contohnya membuat kok tidak sampai ke daerah lawan atau malah tersangkut di net sehingga kalian dapat kehilangan angka. Servis menjadi salah satu teknik dasar bulutangkis yang wajib kalian kuasai.

Melalui pukulan yang baik dan benar maka pemain dapat melancarkan serangan dan menjalankan pola pertahanan lebih efektif. Servis juga menandai awal dimulainya permainan jadi pelaksananaanya pun harus benar dan sesuai dengan peraturan.

Apa yang terjadi jika kita gagal melakukan servis? tentu saja kegagalan tersebut akan menghasilkan poin untuk lawan. Materi yang berisi teknik dasar servis panjang bulutangkis biasnaya servis panjang biasanya menggunakan pukulan diberikan pada siswa ketika berada di bangku sekolah menengah. Pada pembahasan yang sama kalian juga akan menjumpai teknik servis pendek yang notabenya sangat mudah untuk dikuasai.

Semua materi tersebut juga dapat kalian baca sendiri dari buku pedoman penjas. Meski demikian, beberapa siswa masih mengeluh tak mampu menghafalkannya. Sebenarnya cara melakukan servis panjang pendek bulutangkis tidaklah terlalu sulit seperti yang kalian bayangkan. Pemain hanya perlu memahami teknik serta mempraktekan gerakannya menggunakan tempo yang tepat. Mempelajari teori serta berlatih secara rutin menjadi kunci utama untuk menguasai teknik dasar satu ini. Baca juga : Standar Ukuran, Berat dan Bahan Shuttlecock Badminton Memilih teknik dasar servis bulutangkis pun tak boleh sembarangan dan harus sesuai strategi.

Pasalnya, kedua cara servis tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Alih-alih mampu menekan pergerakan lawan, pemilihan yang salah justru akan menyebabkan blunder bagi pemain itu sendiri. Oleh karenanya, saya telah membuat rangkuman bagaimana cara melakukan servis pendek maupun panjang yang baik dan benar. Teknik Dasar Servis Panjang Sebenarnya istilah panjang dan pendek pada serve lebih mengacu pada jarak yang dihasilkan dari pukulan.

Jika kalian menarget area belakang pertahanan lawan maka pukulan servis panjang biasanya menggunakan pukulan harus dilancarkan adalah service panjang. Begitu juga dengan service pendek yang servis panjang biasanya menggunakan pukulan area depan di dekat net yang notabenya mampu mengecoh lawan. Cara melakukan servis panjang bulutangkis ditandai dengan pukulan shuttlecock dari arah bawah. Kemudian membuatnya agar sampai ke lapangan lawan dengan cara mengarahkannya ke bagian belakang atas.

Ketika memilih pukulan panjang kalian harus benar-benar memperhatikan power yang dipakai. Jangan sampai memukulnya terlalu kuat karena berakibat kok keluar dari lapangan. Di lain sisi, jika power terlalu lemah maka kok tak akan melambung ke atas dan mudah untuk dikembalikan lawan. • Tubuh diposisikan berdiri dalam daerah servis secara rileks.

Kemudian pegang kok dan letakkan di depan badan. Gunakan kaki belakang untuk menumpu berat badan. • Setelah itu berat badan dipindahkan ke arah depan dan kok dijatuhkan. Dalam waktu yang bersamaan, raket diayunkan ke depan atas melewati pinggang bagian bawah. Lalu kok dipukul sekuat mungkin. Pemukulan kok dilanjutkan sampai raket dalam posisi yang menghadap ke atas. • Segera kembali ke posisi siap setelah memukul kok.

Servis panjang sendiri bertujuan untuk mengarahkan bola ke belakang dengan posisi melambung sehingga musuh akan kewalahan dalam melakukan serangan balik. Teknik ini cukup populer dipakai oleh atlit internasional karena cukup mudah untuk dilakukan.

Tapi kalian perlu berkonsentrasi dan memukul secara presisi karena power yang terlalu besar justru akan membuat kok terlepar ke luar lapangan.

servis panjang biasanya menggunakan pukulan

Teknik Dasar Servis Pendek Pelaksanaan servis pendek dalam bulutangkis mengarah ke lapangan lawan pada bagian depan. Pemain profesional banyak memakai teknik ini karena mampu mengecoh lawan. Gerakan shuttlecock yang meluncur cepat dan mendatar sangat sulit diantisipasi jika lawan memiliki persiapan kurang. Cara melakukan servis pendek bulutangkis biasanya digunakan untuk pemain ganda. Namun terkadang servis pendek juga digunakan oleh pemain tunggal dalam pertandingan badminton.

Servis pendek sendiri membuat kok terpaksa dikembalikan oleh penerima servisnya dari arah samping atau bawah. Sehingga kita bisa melancarkan serangan cepat yang membuat lawan tak berkutik. Baca juga : Kumpulan Peraturan Dalam Permainan Bulutangkis Maka dari itu jika terdapat kesempatan akan memberikan peluang untuk melakukan penyerangan dengan pukulan di atas kepala. Adapun tata cara melakukan servis pendek dalam bulutangkis yaitu meliputi: • Tubuh diposisikan berdiri dalam daerah servis secara rileks.

Kemudian pegang kok dan letakkan di depan badan. Setelah itu raket diposisikan di samping badan. • Lalu kok dijatuhkan dan raket diayunan ke arah depan kok. Setelah itu kok dipukul tepat di bagian gabusnya dengan pemukulan dari bawah pinggang. • Segera kembali ke posisi siap setelah memukul kok. Kedua teknik pukulan servis dalam bulutangkis di atas memiliki kelebihannya masing-masing dan tentunya arah sasaran kok juga berbeda, baik cara melakukan servis panjang bulutangkis ataupun cara melakukan servis pendek bulutangkis.

Apapun bentuk servis yang digunakan dalam pertandingan bulutangkis, tentunya membutuhkan konsentrasi pemain yang cukup tinggi agar servis tersebut dapat mencetak angka atau tidak dapat dikembalikan oleh lawann Pemain yang melakukan servis panjang biasanya menggunakan pukulan menerima servis harus berada di daerah lapangan bagian servis.

Posisi kaki harus menempel kepada servis panjang biasanya menggunakan pukulan lapangan terus sampai pelaksanaan servis. Pihak server harus membenturkan raket ke kok disekitar bawah pinggang. Selain itu tangkai raket ketika memukul kok harus menuju ke arah bawah. • ► 2022 (68) • ► Mei (1) • ► April (11) • ► Maret (17) • ► Februari (21) • ► Januari (18) • ▼ 2021 (92) • ► Desember (19) • ▼ November (8) • Teknik Dasar Jalan Cepat Olahraga Atletik Lengkap • 8 Tahapan Teknik Dasar Renang Gaya Bebas • 4 Sikap Pasang Dalam Pencak Silat Beserta Cara Mel.

• Pola Penyerangan dan Pertahanan Dalam Permainan Se. • Cara Melakukan Servis Panjang dan Pendek Dalam Bul. • Ukuran Lapangan Softball Beserta Gambar dan Ketera. • Semua Posisi Pemain Softball dan Tugasnya • Materi Tolak Peluru: Pengertian, Gaya Tolakan, dan. • ► Oktober (12) • ► September (11) • ► Agustus (5) • ► Juli (7) • ► Juni (2) • ► Mei (13) • ► April (13) • ► Maret (1) • ► Januari (1) • ► 2020 (23) • ► Desember (1) • ► November (2) • ► Oktober (3) • ► September (4) servis panjang biasanya menggunakan pukulan ► Juli (3) • ► Juni (1) • ► Mei (1) • ► April (1) • ► Maret (3) • ► Februari (1) • ► Januari (3) • ► 2019 (33) • ► Desember (2) • ► November (3) • ► Oktober (4) • ► Agustus (3) • ► Juli (1) • ► Juni (1) • ► Mei (1) • ► April (5) • ► Maret (2) • ► Februari (6) • ► Januari (5) • ► 2018 (6) • ► Desember (2) • ► September (2) • ► Februari (2) • ► 2017 (5) • ► November (1) • ► Oktober (3) • ► September (1)
Play Badminton [Image by my-much.blogspot.com], Macam-Macam Pukulan Servis Dalam Permainan Bulu Tangkis (Badminton) ~ Pukulan servis adalah pukulan dengan raket untuk menerbangkan shuttlecock ke bidang lapangan lawan secara diagonal sebagai pembuka permainan.

Berikut ini macam-macam pukulan servis dalam permainan bulu tangkis. 1. Pukulan servis drive Tujuan dari servis drive adalah memukul kok dengan cepat, mendatar, dan setipis mungkin melewati net.

Sasarannya adalah sudut titik-titik perpotongan antara garis belakang dengan garis tengah lapangan.

servis panjang biasanya menggunakan pukulan

Cara melakukan pukulan servis ini adalah dengan melemparkan kok agak jauh dari badan. Lengan bergerak bebas dan leluasa dalam mengayunkan raket.

2. Pukulan servis pendek Servis pendek adalah servis di mana kok melintas tipis melewati net. Pukulannya mengarahkan kok ke sudut perpotongan garis servis depan dengan garis tengah atau garis servis dan garis tepi.

Coba Anda lakukan servis pendek dengan cara berikut ini. • Tangan kanan memegang raket dan tangan kiri memegang kok. • Perpindahan berat badan dimulai dari kaki belakang ke kaki depan. • Ayunkan raket dari belakang setinggi bahu ke depan. • Lepaskan kok dan pukullah kok dengan penuh atau dipotong. 3. Pukulan servis panjang Servis panjang bertujuan menerbangkan kok setinggi-tingginya sehingga jatuh ke garis belakang bidang lapangan lawan. Pada permainan tunggal, servis panjang dilakukan dengan memukul penuh kok.

Untuk melakukan pukulan servis panjang Anda dapat melakukan cara berikut. • Letakkan kaki kiri ke depan. • Titik berat badan berada di antara kedua kaki. • Ayunkan tangan yang memegangraket ke belakang sampai setinggi bahu. • Pukullah kok setelah ayunan sampai di depan badan dengan mencambukkan pergelangan tangan. 4. Pukulan servis cambukan Servis cambukan menerbangkan kok ke belakang.

Hasil pukulan ini bisa membingungkan lawan sehingga kok jatuh tanpa disadari pihak lawan. Sasaran servis ini adalah sudut perpotongan garis tepi dengan garis belakang dan sudut perpotongan garis belakang dengan garis tengah. Servis ini caranya sama dengan servis biasa. Tetapi, pukulan mendadak dicambukkan saat raket menyentuh kok.

Sumber pustaka : Gelanggang Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan: /Khairul Hadziq, Milka Nurfitri; editor Ricky Rusdhiyana, Nur Fajriyah.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010. Postingan Terkait: • Cara Melakukan Servis Panjang dan Servis Pendek Dalam Permainan Bulutangkis • Peraturan Dalam Melakukan Servis Pada Permainan Bulutangkis • Sikap Permulaan Dalam Melakukan Servis Pendek Dalam Servis panjang biasanya menggunakan pukulan • 3 Macam Pukulan Servis Dalam Bulu Tangkis Go Tennis Racquets 29 Juli 2020 20.05 approach to the weaker servis panjang biasanya menggunakan pukulan and vol­ley to the other (max­i­miz­ing your angle).

Keep your approach low and as deep as pos­si­ble. The idea is to make your approach shot effec­tive but not try to end the point with it.Notice trends in your oppo­nents reply.

Balas Hapus • ► 2014 (93) • Januari (3) • Maret (5) • September (1) • Oktober (30) • November (10) • Desember (44) • ▼ 2015 (265) • Januari (11) • Februari (16) • Maret (42) • April (19) • Mei (72) • Juni (11) • Juli (13) • Agustus (34) • September (21) • Oktober (14) • November (10) • Desember (2) • ► 2016 (76) • Januari (10) • Februari (10) • Maret (6) • April (7) • Mei (14) • Juli (4) • Agustus (3) • Oktober (3) • November (15) • Desember (4) • ► 2017 (69) • Januari (15) • Februari (10) • Maret (8) • April (2) • Mei (12) • Juli (3) • Agustus (1) • September (4) • Oktober (6) • November (6) • Desember (2) • ► 2018 (56) • Januari (5) • Maret (5) • April (1) • Mei (1) • Juli (9) • Agustus (6) • September (5) • Oktober (16) • November (8) • ► 2019 (155) • Januari (10) • Februari (10) • Maret (39) • April (15) • Mei (7) • Juni (15) • Juli (1) • Agustus (6) • September (16) • Oktober (8) • November (21) • Desember (7) • ► 2020 (26) • Januari (4) • Februari (3) • Maret (3) • April (6) • Agustus (7) • September (3) • ► 2021 (49) • Januari (4) • Februari (5) • Maret (2) • April (4) • Mei (4) • Juni (5) • Juli (4) • Agustus (4) • September (4) • Oktober (4) • November (5) • Desember (4) • ► 2022 (13) • Januari (4) • Februari (8) • Maret (1) Namun, sebelum memulai permainan dan melakukan servis, kedua pemain dipanggil oleh.

Servis yang sering digunakan dan dilakukan dalam permainan ganda adalah …. Layanan pendek, layanan panjang dan layanan film. Ada beberapa aturan servis dalam permainan bulu tangkis. A) servis panjang (long service). Pukulan yang dilakukan seperti smash disebut …. Aturan tersebut juga membedakan antara sektor tunggal dan ganda. Servis pendek diarahkan ke bagian depan lapangan lawan dan biasanya dilakukan pada permainan ganda.

BULU TANGKIS - Sports Quiz – Quizizz from quizizz.com 29/07/2021 · pukulan servis yang sering dilakukan dalam permainan ganda adalah asked by wiki @ 29/07/2021 in penjaskes viewed by 52 persons dalam permainan bulutangkis pukulan lob adalah pukulan yang jatuhnya shuttlecock Namun, sebelum memulai permainan dan melakukan servis, kedua pemain dipanggil oleh.

Servis yang sering digunakan dan dilakukan dalam permainan ganda adalah …. 6 jenis pukulan bulu tangkis. 08/04/2017 · berikut ini teknik dasar pukulan dalam permainan bulutangkis: Dari apa yang sudah kami sampaikan di atas, maka disini juga kami akan menyampaikan beberapa jenis yang terdapat dalam permainan bulu tangkis diantaraya adalah sebagai berikut.

Servis dapat dilakukan dengan tiga cara sebagai berikut. Pukulan lob dibedakan menjadi dua macam yaitu …. 4 Dalam permainan bulu tangkis, terdapat salah satu pukulan yang dilakukan dengan menerbangkan kok secara mendatar yang dinamakan …. Servis backhand kerap diandalkan sebagai teknik memulai permainan sekaligus menyerang pada permainan bulu tangkis ganda. Layanan dalam permainan bulutangkis dapat dibagi menjadi beberapa bagian: Namun, sebelum memulai permainan dan melakukan servis, kedua pemain dipanggil oleh.

08/04/2017 · berikut ini teknik dasar pukulan dalam permainan bulutangkis: Dalam permainan bulu tangkis, terdapat salah satu pukulan yang dilakukan dengan menerbangkan kok secara mendatar yang dinamakan ….

29/07/2021 · pukulan servis yang sering dilakukan dalam permainan ganda adalah asked by wiki @ 29/07/2021 in penjaskes viewed by 52 persons dalam permainan bulutangkis pukulan lob adalah pukulan yang jatuhnya shuttlecock Bermain ganda dalam bulu tangkis hal utama yang harus diperhatikan adalah ….

Layanan pendek, layanan panjang dan layanan film. Aturan tersebut juga membedakan antara sektor tunggal dan ganda. Dalam permainan bulu tangkis, terdapat salah satu pukulan yang dilakukan dengan menerbangkan kok secara mendatar yang dinamakan …. B) servis pendek (short service). Pukulan yang dilakukan seperti smash disebut ….

29/07/2021 · pukulan servis yang sering dilakukan dalam permainan ganda adalah asked by wiki @ 29/07/2021 in penjaskes viewed by 52 persons dalam permainan bulutangkis pukulan lob adalah pukulan yang jatuhnya shuttlecock Servis yang sering digunakan dan dilakukan dalam permainan ganda adalah …. Servis backhand kerap diandalkan sebagai teknik memulai permainan sekaligus menyerang pada permainan bulu tangkis ganda.

Layanan pendek, layanan panjang dan layanan film. Ada beberapa aturan servis dalam permainan bulu tangkis. Servis dapat dilakukan dengan tiga cara sebagai berikut. 29/07/2021 · pukulan servis yang sering dilakukan dalam permainan ganda adalah asked by wiki @ 29/07/2021 in penjaskes viewed by 52 persons dalam permainan bulutangkis pukulan lob servis panjang biasanya menggunakan pukulan pukulan yang jatuhnya shuttlecock Namun, sebelum memulai permainan dan melakukan servis, kedua pemain dipanggil oleh.

A) servis panjang (long service). Bermain ganda dalam bulu tangkis hal utama yang harus diperhatikan adalah …. Ada beberapa aturan servis dalam permainan bulu tangkis. Ada beberapa aturan servis dalam permainan bulu servis panjang biasanya menggunakan pukulan. A) servis panjang (long service). Teknik pukulan servis merupakan permulaan untuk memainkan bola dalam bulu tangkis yang dilakukan secara menyilang dan harus melewati net.

Layanan dalam permainan bulutangkis dapat dibagi menjadi beberapa bagian: Aturan tersebut juga membedakan antara sektor tunggal dan ganda. Bermain ganda dalam bulu tangkis hal utama yang harus diperhatikan adalah …. 08/04/2017 · berikut ini teknik dasar pukulan dalam permainan bulutangkis: Namun, sebelum memulai permainan dan melakukan servis, kedua pemain dipanggil oleh.

Dari apa yang sudah kami sampaikan di atas, maka disini juga kami akan menyampaikan beberapa jenis yang terdapat dalam permainan bulu tangkis diantaraya adalah sebagai berikut. Dalam permainan bulu tangkis, terdapat salah satu pukulan yang dilakukan dengan menerbangkan kok secara mendatar yang dinamakan ….

Servis pendek diarahkan ke bagian depan lapangan lawan dan biasanya dilakukan pada permainan ganda. Pukulan yang dilakukan seperti smash disebut ….

servis panjang biasanya menggunakan pukulan

Dalam permainan ganda bulu tangkis (badminton), jenis servis di bawah ini yang sering digunakan dan dilakukan yaitu …. Jenis servis ini berguna untuk menjatuhkan kok sedekat mungkin dengan garis serang pemain lawan, bahkan kalau bisa mendarat melewati sedikit di atas jaring untuk jaminan mencetak poin.

Pukulan lob dibedakan menjadi dua macam yaitu …. Namun, sebelum memulai permainan dan melakukan servis, kedua pemain dipanggil oleh. Servis pendek diarahkan ke bagian depan lapangan lawan dan biasanya dilakukan pada permainan ganda. Dalam permainan bulu tangkis, terdapat salah satu pukulan yang dilakukan dengan menerbangkan kok secara mendatar yang dinamakan …. Pukulan lob dibedakan menjadi dua macam yaitu ….

Namun, sebelum memulai permainan dan melakukan servis, kedua pemain dipanggil oleh. Pukulan yang dilakukan seperti smash disebut ….

08/04/2017 · berikut ini teknik dasar pukulan dalam permainan bulutangkis: Layanan pendek, layanan panjang dan layanan film. 6 jenis pukulan bulu tangkis. Dalam permainan bulu tangkis, terdapat salah satu pukulan yang dilakukan dengan menerbangkan kok secara mendatar yang dinamakan ….

Teknik pukulan servis merupakan permulaan untuk memainkan bola dalam bulu tangkis yang dilakukan secara menyilang dan harus melewati net. Dalam permainan ganda bulu tangkis (badminton), jenis servis di bawah ini yang sering digunakan dan dilakukan yaitu …. Dasar yang bisa menghasilkan pukulan berkualitas dalam bulu tangkis adalah apabila dilakukan dalam posisi baik disebut …. Dari apa yang sudah kami sampaikan di atas, maka disini juga kami akan menyampaikan beberapa jenis yang terdapat dalam permainan bulu tangkis diantaraya adalah sebagai berikut.

Teknik pukulan servis merupakan permulaan untuk memainkan bola dalam bulu tangkis yang dilakukan secara menyilang dan harus melewati net.

Aturan tersebut juga membedakan antara sektor tunggal dan ganda. Dasar yang bisa menghasilkan pukulan berkualitas dalam bulu tangkis adalah apabila dilakukan dalam posisi baik disebut …. Namun, sebelum memulai permainan dan melakukan servis, kedua pemain dipanggil oleh. Pukulan Servis Yang Sering Dilakukan Dalam Permainan Ganda Adalah. 08/04/2017 · berikut ini teknik dasar pukulan dalam permainan bulutangkis: Pukulan lob dibedakan menjadi dua macam yaitu ….

Servis backhand kerap diandalkan sebagai teknik memulai permainan sekaligus menyerang pada permainan bulu tangkis ganda. A) servis panjang (long service). Kategori Belajar Navigasi Tulisan Paling Populer • Tabel Angsuran Bank Mandiri Syariah Terbaru 2022 • Cara Buka Rekening Saham BRI di Perusahaan Sekuritas • Cara Mengatasi Atm BNI Terblokir Tanpa Datang Ke Bank • Cara Mengurus Kartu Atm BNI Hilang Tanpa Surat Kehilangan Dari Polisi • Download Subway Surfers Cairo Mod Apk (a lot of servis panjang biasanya menggunakan pukulan Terbaru Untuk Android • Download Hungry Dragon Mod Apk Terbaru Untuk Android (Unlimited Money)
tirto.id - Salah satu teknik dasar dalam permainan bulu tangkis adalah pukulan servis.

Pemain badminton melakukan servis untuk mengarahkan shuttlecock (kok) ke bidang lapangan lawan dengan cara menyilang (diagonal). Salah satu teknik pukulan servis yang kerap digunakan dalam badminton ialah servis forehand. Biasanya, pukulan servis forehand (forehand serve) digunakan sebagai gerakan pembuka dalam permainan bulu tangkis. Penamaan teknik tersebut dengan istilah servis forehand dalam bahasa Inggris dikarenakan posisi telapak tangan diputar ke arah pukulan menggunakan raket ketika melakukannya.

Teknik forehand adalah pukulan depan yang harus dikuasai oleh setiap pemain bulu tangkis. Baca juga: • Apa Itu BWF Badminton yang Jadi Induk Organisasi Bulutangkis Dunia? • Langkah-langkah Pukulan Lob dalam Bulu Tangkis dan Cara Melakukan Sementara itu, guna melakukan servis forehand, baik itu panjang ataupun pendek, pemain harus menguasai cara memegang raket dengan gaya forehand grip.

Istilah lain dari gaya pegangan ini ialah english grip atau pegangan kampak, yang dalam praktiknya mirip gaya jabat tangan. Cara memegang servis panjang biasanya menggunakan pukulan gaya forehand grip atau english grip adalah sebagai berikut: 1.

Posisikan telapak tangan pada ujung pegangan raket. 2. Letakkan jari tengah, jari manis, dan kelingking di gagang raket, persis seperti menjabat tangan orang lain. 3. Letakkan jari telunjuk menjauh dari ketiga jari lainnya. 4. Posisi ibu jari berada antara jari telunjuk dan tiga jari tadi.

Ketika memegang raket dengan gaya forehand grip, jari telunjuk dan ibu jari membentuk posisi "V". Jika sudah demikian, tandanya pegangan forehand sudah benar.

Pergelangan tangan pemain yang memegang raket dengan gaya forehand grip akan lebih leluasa. Dengan begitu, pemain badminton dapat melancarkan pukulan servis secara optimal dan kecepatan gerak kok bisa terukur. Cara Melakukan Servis Forehand Panjang dalam Bulutangkis Para pemain bulu tangkis kerap menggunakan teknik servis forehand panjang untuk menghasilkan laju kok yang melambung tinggi.

Harapannya, shuttlecock akan jatuh di area garis belakang lapangan permainan lawan. Kok yang dipukul dengan servis forehand panjang akan melambung, terbang dalam posisi parabola, serta jatuh di bagian belakang area lawan.

Baca juga: • Teknik Permainan Bulu Tangkis, Macam-macam Pukulan & Peraturan Main • Peraturan Permainan Bulu Tangkis Nomor Tunggal dan Ganda Ketika lawan berada di area depan, berdekatan dengan net, ia membutuhkan waktu untuk bergerak mundur ke belakang. Dengan demikian, pemain yang memukul bola dengan forehand panjang memiliki sejumlah waktu untuk menyusun strategi atau langkah selanjutnya.

Berikut ini cara melakukan servis forehand panjang dalam bulu tangkis: 1. Raket dipegang dengan teknik forehand grip 2. Posisi tangan yang memegang raket berada di bagian belakang untuk ancang-ancang. 3. Pemain berdiri dengan sikap siap melangkah. Berat servis panjang biasanya menggunakan pukulan diitumpu dengan kaki belakang. 4. Kok atau bola dipegang setinggi pinggang. 5. Gerakkan badan bersamaan dengan saat raket diayun ke depan.

6. Arah badan seturut dengan sasaran jatuhnya kok. 7. Lalu, kok dipukul raket pada ketinggian lutut. 8. Raket digerakkan lurus ke atas searah gerakan kok. 9. Pada saat bersamaan, pinggul dan bahu diputar ke depan. 10. Pandangan mata mengikuti arah kok yang melambung tinggi dan menuju ke bidang lapangan lawan. Cara Melakukan Servis Forehand Pendek dalam Bulutangkis Teknik servis forehand pendek biasanya digunakan untuk membuat lawan tidak bisa melakukan serangan balik.

Mau tidak mau, lawan harus berada di posisi bertahan. Selain itu, pukulan servis forehand pendek kerap dijadikan sebagai teknik tipuan karena arah bola tidak terduga. Teknik servis forehand pendek bisa membuat shuttlecock menyasar tajam ke arah lapangan lawan, dengan jarak jangkauan pendek. Berikut ini cara melakukan servis forehand pendek dalam permainan bulu tangkis: 1. Raket dipegang dengan teknik forehand grip. 2.

Posisi tangan yang memegang raket berada di bagian belakang sebagai gerak ancang-ancang. 3. Pemain berdiri dengan sikap siap melangkah. 4. Berat badan bertumpu pada kaki belakang. 5. Shuttlecock atau kok harus dipukul dengan ayunan raket relatif pendek.

servis panjang biasanya menggunakan pukulan

6. Saat shuttlecock dipukul, posisi siku tangan dalam keadaan bengkok. 7. Posisi siku itu untuk menghindari penggunaan tenaga pergelangan tangan.

servis panjang biasanya menggunakan pukulan

8. Perhatikan peralihan titik berat badan untuk menyesuaikan sasaran shuttlecock. 9. Kok diarahkan sedekat mungkin ke arah net sehingga susah dijangkau atau diprediksi lawan.
Baca Juga : Macam Macam Servis Dalam Permainan Bulu Servis panjang biasanya menggunakan pukulan Lengkap Pukulan servis yang sering digunakan oleh pemain tunggal adalah servis panjang.

Long Serve dilakukan dengan pukulan yang kuat yang bertujuan agar shuttlecock jatuh jauh sampai belakang lawan. Berikut Sportstars.id telah merangkum jenis-jenis pukulan servis yang sering digunakan oleh pemain tunggal: 1.

Servis Panjang Long Servis merupakan salah satu teknik servis yang paling umum dilakukan oleh para pemain tunggal, servis ini dilakukan agar pukulan shuttlecock jatuh sampai belakang garis lawan dimana nantinya lawan akan sulit untuk memukul kembali.

Biasanya servis ini adalah pilihan bagi pemula namun tidak mudah untuk dilakukannya, dalam ajang olimpiade olahraga servis ini biasa dilakukan oleh pemain tunggal. Cara Melakukan Servis Panjang: • Berdiri di garis tengah. • Pegang raket, lebarkan kaki selebar bahu, raket berada setara dengan pinggang. • Lalu ayunkan raket dari arah belakang ke arah depan atas servis panjang biasanya menggunakan pukulan tenaga.

2. Servis Rendah (Low Serve) Servis ini hampir tidak mengenai garis batas atau jaring net, namun jika kalian melakukan servis ini dengan benar maka berarti sama saja kalian tidak memberikan kesempatan pada lawan untuk menyerang. Servis rendah yang sempurna akan jatuh tepat setelah melewati garis net dan mendarat dibawah garis tepat tidak jauh dari net.

Servis Rendah biasanya digunakan dalam permainan ganda, karena area yang digunakan untuk permainan ganda lebih pendek dan lebih mudah untuk melakukanya, bagi servis panjang biasanya menggunakan pukulan yang agresif akan sulit untuk menyerang kembali dengan servis redah ini sebab kock berada tepat dekat jaring net. Cara Melakukan Servis Rendah: • Pegang raket, lalu pegang shuttlecock dengan posisi menghadap ke bawah. • Kaki kanan sedikit berada di depan, dan kaki kiri di belakang kaki kanan.

• Pukul kock seperti sedang mengibas sambil mendorong ibu jari ke arah depan menuju arah yang kamu ingin tuju, kekuatan pada servis ini berasal dari hentakan pergelangan tangan dan ibu jari.Pukulan servis yang paling sering / banyak dilakukan dalam permainan bulu tangkis untuk ganda putra, putri, maupun campuran adalah teknik pukulan (D) Short Servis / servis pendek.

Dalam permainan badminton, teknik servis dibagi ke dalam 4 macam yaitu servis panjang, pendek, mendatar, dan melambung. Pada permainan servis panjang biasanya menggunakan pukulan umumnya dilakukan servis panjang, sedangkan dalam pertandingan ganda putra, putri atau campuran, menggunakan Short Servis (Pendek).

Agar shuttlecock dikembalikan dengan lintasan melambung sehingga memudahkan dua pemain yang sudah bersiap berada di tengah lapangan untuk melakukan pukulan sehingga dapat mengontrol permainan.

Karena dengan pukulan pendek, kok akan dikembalikan ke tengah lapangan yang memudahkan pemain dua pemain untuk dapat memukul pengembalian kok. • Teknik servis secara melambung, biasanya dilakukan pada permainan tunggal putri atau putra. Dengan melambung akan memberikan waktu kepada pemain yang melakukan servis untuk menuju ke tengah lapangan bersiap mengembalikan bola.

Sedangkan pemaina lawan, akan bergerak mundur untuk memukul, dengan demikian orang yang melakukan tadinya melakukan servis bisa mengatur penempatan bola dengan baik misalnya ke dekat net.

Pada permainan ganda, teknik ini kurang efektif, karena saat salah satu pemain mengemablikan kok, pemain satu sudah siap apabila kok dikembalikan lagi ke depan dekat net / ke samping. • Pukulan drive, bisa saja dilakukan pada tunggal maupun ganda, namun karena pukulan mendatar maka pengemablian bola juga akan mendatar cepat, sehingga kurang efektif untuk ganda campuran. • Servis flick, dilakukan seperti cambuk, teknik ini membutuhkan keterampilan dan latihan agar bola tidak menabrak net dan jatuh di wilayah sendiri.

Dalam ganda, memang dilakukan namun tidak sesering teknik servis short. • Nah, dalam servis pendek / short, teknik ini sering dilakukan dalam pertandingan ganda, karena pengemabalian bola biasany akan dilakukan secar lambung jauh.

Agar yang melakukan servis bisa dengan mudah bersiap memukul, dan pada waktu yang sama, pemain lawan lain sudha siap mem-backup. Jawabannya Pukulan servis yang sering dilakukan dalam permainan ganda adalah Teknik servis permainan ganda umumya dilakukan dengan cara (A) servis short / pendek, agar bola dikembalikan secara melambung, sehingga kedua pemain yang tadi melakukan servis panjang biasanya menggunakan pukulan sudah bersiap mengembalikan pukulan.

📕📘📙📗 Tips Pada intinya ada 2 macam yang sering dilakukan. • Servis lob / panjang = tunggal. • Servis short / pendek = ganda. Dari buku paket kelas 7 tidak dijelaskan secara khusus, sedangkan pada buku cetak kelas 8, hanya disinggung tentang peragaan servis pendek untuk partai ganda, sedangkan servis panjang utk tunggal.

Tidak disebutkan apakah yang paling sering itu teknik short. Jadi 🤷‍♂️ Jawaban BELUM diverifikasi ❕ Rekomendasi • 1. Permainan kasti tergolong permainan olahraga (A) bola kecil • 8. Telapak tangan membentuk corong menghadap ke atas dan pandangan ke arah bola datang, merupakan cara menangkap bola (B) • 12. Pukulan dengan raket yang menerbangkan shuttlecock ke bidang lapangan lain secara diagonal dalam permainan bulu tangkis dinamakan (C) servis • 22.

Pegangan bet tenis meja yang hanya satu sisi bet yang dapat digunakan adalah (B) Penhold • 23. Stance atau posisi badan yang digunakan untuk siap menerima servis adalah (C) Square Stance • 30. Jenis pukulan yang digunakan untuk mengembalikan bola-bola drive atau bola-bola dengan putaran atas (top spin) adalah (C) Block Kategori Kelas VII, SMP Tag Brainly, Permainan Bola Kecil Navigasi Tulisan
tirto.id - Permainan sejenis bulu tangkis sudah dimainkan oleh orang-orang Mesir sejak 2.000 tahun lalu.

Sementara orang-orang Cina masa lalu menyebut permainan itu dengan istilah jianzi. Alih-alih memukul semacam shuttlecock (kok) menggunakan raket, jianzi dimainkan menggunakan kaki. Tujuan utamanya mempertahankan kok tetap melayang di udara. Cikal bakal permainan bulu tangkis modern dulunya dikenal dengan istilah battledore. Permainan itu berkembang di India pada abad ke-17.

Battledore dimainkan oleh dua orang. Mereka saling berlomba memukul sebuah bola yang terbuat dari buntalan wol agar tidak jatuh ke tanah. Bola dipukul dengan tongkat yang berfungsi seperti raket. Battledore mencapai perkembangan pesatnya tatkala memasuki abad ke-18 atau ketika Britania Raya mulai menjajah kawasan India. Pada waktu itu, masyarakat setempat mengenal battledore dengan nama poona. Orang-orang Inggris Raya kemudian membawa permainan poona ke negara asal mereka.

Poona kerap dimainkan di Badminton House, Gloucestershire. Orang-orang di sana menganggap bahwa itulah cikal-bakal penggantian istilah permainan poona dan battledore menjadi badminton. Legenda bulu tangkis Britania Raya, Betty Uber melalui bukunya yang berjudul A Brief History of Badminton from 1870 to 1949 (2016) mengatakan tata cara bermain dan aturan dasar badminton mulai mencuat sejak Isaac Spratt menyebar sebuah pamflet pada tahun 1860.

Pamflet tersebut bertuliskan: "Badminton Battledore: A New Game." Infografik SC Macam-Macam Pukulan di Bulutangkis. tirto.id/Lugas Teknik Dasar Permainan Bulu Tangkis Mengutip buku Shuttlecock/Kock Menari Indah di Udara: Olahraga dan Rekreasi yang diterbitkan Kemdikbud (2017), ada tiga teknik dasar permainan bulu tangkis. Ketiga teknik dasar permainan bulu tangkis itu adalah teknik memegang raket, teknik footwork, dan teknik servis. Beriku penjelasan tentang masing-masing teknik tersebut.

1. Teknik Memegang Raket Teknik memegang raket wajib dikuasai oleh seorang pemain bulu tangkis. Ada 4 jenis pegangan raket, yakni American Grip, Forehand Grip, Backhand Grip, dan Comibination Grip. American Grip atau pegangan Amerika kerap juga dikenal dengan istilah pegangan geblok kasur. Tangan memegang handle raket dengan ibu jari dan telunjuk saling menempel, begitu cara untuk menerapkan teknik American Grip. Jenis pegangan ini cocok dipakai untuk melakukan smash dan memukul servis panjang biasanya menggunakan pukulan atas.

Dengan teknik American Grip, seorang pemain badminton pun bisa lebih leluasa mengontrol arah pukulan. Namun demikian, pegangan ini kurang efektif digunakan untuk pukulan backhand.

Sementara Forehand Grip adalah teknik pegangan raket yang paling banyak digunakan. Cara untuk menerapkan Forehand Grip ialah memegang raket dalam posisi miring. Posisi ibu jari dan telunjuk saling menempel di bagian handle raket yang kecil.

Forehand Grip terbilang cukup fleksibel diterapkan. Oleh karenanya, tidak disarankan bagi pemain untuk mengubah pegangan ini selama pertandingan. Kendati demikian, pegangan jenis ini dinilai tidak efektif untuk mengembalikan bola yang ada di hadapan net.

Baca juga: Sejarah Bulu Tangkis, Pengertian dan Istilah-istilahnya Kemudian, Backhand Grip adalah teknik memegang raket yang kerap dipakai untuk menyulitkan pergerakan lawan.

Cara melakukannya adalah memegang raket dengan posisi miring. Kemudian ibu jari diposisikan di belakang handle raket, lalu jari-jari lainnya berada di posisi depan. Dengan menggunakan pegangan ini, kok akan melaju lebih cepat dan keras. Hanya saja, pemain mesti waspada. Sebab, pegangan ini sulit digunakan untuk mengembalikan kok yang mengarah ke sisi tubuh kanan (jika memegang raket dengan tangan kanan), begitu pula sebaliknya.

Terakhir, Combination Grip merupakan teknik memegang raket yang mencampurkan berbagai teknik. Untuk menerapkan teknik ini, mula-mula, pemain memegang raket dengan posisi miring.

Letak ibu jari ada di belakang handle, sementara telunjuk menghadap ujung raket. Posisi jari-jari lainnya bisa diubah dan disesuaikan dengan kebutuhan.

2. Teknik Footwork Teknik Footwork dapat diartikan sebagai teknik pergerakan kaki. Pemain dapat bergerak ke segala sisi mengikuti arah datangnya kok. Penguasaan teknik tersebut dapat membantu pemain dalam meningkatkan kelincahan, kesigapan dan area jangkauan. Selain itu, pergerakan kaki juga berhubungan dengan aspek pertahanan.

Apabila pemain memiliki pergerakan kaki yang bagus, ia dapat bergerak lebih cepat dalam mengembalikan serangan lawan. 3. Teknik servis Dalam permainan bulu tangkis, servis adalah satu pukulan untuk memulai sebuah pertandingan. Teknik servis wajib dikuasai oleh pemain karena dapat meningkatan potensi perolehan poin. Ada dua jenis servis yang sering dipraktikkan, yakni servis forehand dan servis backhand.

Servis forehand dilakukan dengan melepaskan kok dari tangan, kemudian mengayunkan raket dari bawah ke depan untuk melepas pukulan. Biasanya servis forehand dipakai untuk melambungkan kok ke udara, dan mengirimkannya ke area belakang pertahanan lawan. Baca juga: Macam-macam Gerak Dasar Permainan Bola Voli dan Bola Basket Sedangkan servis backhand digunakan untuk menempatkan kok sedekat mungkin dengan garis wilayah lawan. Untuk melakukannya, pemain berdiri membuka kaki selebar dengan salah satu kaki berada di depan.

Pastikan kaki tidak menginjak garis. Kemudian, salah satu tangan memegang kok. Sementara tangan lainnya memegang raket dengan posisi backhand grip.

servis panjang biasanya menggunakan pukulan

Saat kok dilepaskan, ayunkan raket ke depan dengan pelan. Ketika melakukan servis backhand, disarankan untuk tidak melepaskan tenaga secara berlebihan. Sebab, hal itu hanya akan mengganggu laju kok dan mengurangi akurasi servis. Macam-macam Pukulan dalam Permainan Bulu Tangkis Dalam permainan bulu tangkis, terdapat tiga jenis pukulan, yakni drive, overhead, dan underhand.

Masing-masing jenis pukulan itu memiliki fungsi dan kegunaan servis panjang biasanya menggunakan pukulan berbeda. 1. Pukulan Drive Drive merupakan bentuk pukulan mendatar dan cepat. Pukulan drive memiliki tujuan memaksa lawan untuk bertahan dan mengembalikan kok dalam posisi melambung. Kekuatan bahu dan pecutan dari pergelangan tangan sangat berperan meningkatan efektivitas pukulan Drive. Oleh karena itu, pemain disarankan melatih pukulan ini dengan menggunakan raket yang berat.

Biasanya, pukulan drive sering ditemukan dalam permainan ganda. 2. Pukul Overhead Pukulan overhead dilakukan saat kok berada di atas kepala pemain. Ada 2 macam bentuk pukulan overhead yang sering ditemukan dalam permainan bulu tangkis, yakni smash dan dropshot. Baca juga: Lapangan Bulu Tangkis: Ukuran, Contoh Gambar, Beda Tunggal & Ganda Keduanya merupakan variasi pukulan overhead berdasarkan kekuatan pukulan maupun ketajaman arah kok.

Penguasaan pukulan overhead sangat penting untuk menyulitkan jangkauan lawan. 3. Pukul Underhand Pukulan underhand bisa pula disebut sebagai pukulan bawah. Pukulan ini biasanya dilakukan untuk mengembalikan aliran kok yang pendek dan menukik ataupun meladeni permainan net dari lawan. Untuk melakukan pukulan underhand, seorang pemain harus lihai dalam memainkan pergerakan kaki. Pergerakan itu utamanya dalam berlari dan mengejar bola yang jauh dari jangkauan.

servis panjang biasanya menggunakan pukulan

Peraturan Permainan Bulu Tangkis Secara umum, peraturan permainan bulu tangkis dibagi menjadi dua, yakni peraturan servis dan peraturan area permainan. Servis panjang biasanya menggunakan pukulan peraturan dalam melakukan servis dan terkait area permainan di olahraga badminton adalah sebagai berikut. 1. Peraturan area permainan bulu tangkis Lapangan bulu tangkis berbentuk persegi panjang. Di dalamnya ada beberapa garis membujur dan melintang.

Garis-garis itu memiliki fungsi untuk menentukan area permainan partai tunggal dan partai ganda. Ada dua garis samping, yakni luar dan dalam. Garis belakang pun demikian. Area permainan partai tunggal hanya menggunakan garis samping dan garis belakang bagian dalam saja.

Sementara area permainan partai ganda meliputi garis samping dan garis belakang hingga bagian luar. Bentuk lapangan bulu tangkis adalah bidang persegi panjang, dengan ukuran panjang total 13,40 meter, sementara lebarnya 6,10 meter.

Area lapangan dibagi 2 untuk wilayah masing-masing kubu dengan panjang 6,70 meter, dengan ditandai batas berupa net. Mengacu aturan resmi Laws of Badminton yang dirilis Badan Bulu Tangkis Dunia (BWF), tiang untuk pemasangan net harus harus memiliki ketinggian 1,55 meter.

Jaring net harus terbentang lurus membelah lapangan, dengan ketinggian net di titik tengah lapangan mencapai 1,524 meter. Baca juga: Ukuran Lapangan Sepak Bola: Luas, Panjang, Lebar, Contoh Gambar Jaring net harus terbuat dari tali halus yang berwarna gelap, dengan ukuran mata jaring tak boleh kurang dari 15 milimeter (mm) dan tak boleh lebih dari 20 mm.

Jaring net juga harus memiliki kedalaman ke bawah 760 mm, dengan lebar minimal 6,1 m atau sama dengan lebar lapangan. Pinggiran jaring net dilapisi pita berwarna putih dengan lebar 75 mm. Sementara bentangan jaring net bisa menggunakan tali senur atau tali kabel. Salah satu aturan standar net yang paling penting adalah tidak boleh ada celah di antara jaring net dengan tiang pancangnya. Maka, sisi paling tepi jaring net juga harus diikat ke tiang.

Kedua bidang lapangan bulu tangkis mempunyai ruang untuk melakukan servis (serve) sekaligus ruang penerima serve di kubu sebaliknya. Jarak garis batas antara serve dengan net adalah 1,98 meter. Ruang serve dibatasi dengan garis samping lapangan sepanjang 3,05 m. Perlu dicatat, aturan garis batas servis untuk permainan badminton tunggal dan ganda berbeda. Di permainan tunggal, terdapat jarak servis bagian samping dengan garis pinggir lapangan sepanjang 0,46 meter. Sementara di permainan ganda, ada jarak garis belakang sepanjang 0,76 meter.

Dengan demikian, ruang servis pemain tunggal lebih panjang, sebaliknya ruang servis ganda lebih melebar. BWF juga memberi batasan ketebalan garis di lapangan badminton, yakni dengan ukuran standar resmi 40 mm, tidak boleh kurang atau lebih.

2. Peraturan servis bulu tangkis Servis merupakan pukulan untuk mengawali satu permainan. Servis dilakukan secara menyilang. Artinya, jika penerima servis (lawan) berada pada sisi kanan lapangan maka servis dilakukan dari sisi servis panjang biasanya menggunakan pukulan. Begitu juga sebaliknya. Saat memulai sebuah set, wasit terlebih dahulu mengundi siapa yang pertama mengambil servis.

Setelah itu, servis dilakukan bergantian sesuai dengan dinamika perolehan poin. Ada beberapa peraturan yang wajib ditaati oleh pemain saat melakukan servis.

Dalam melakukan servis, posisi daun raket harus berada di bawah pegangan raket. Baca juga: Macam Gerak Senam Lantai: Cara Sikap Lilin, Kayang, & Kopstand Sentuhan kok dan daun raket juga harus terjadi di bawah pinggang. Kaki kiri tidak boleh bergerak, sementara kaki kanan boleh bergeser, servis panjang biasanya menggunakan pukulan tidak boleh lepas dari permukaan lapangan.

Penerima servis baru diperbolehkan bergerak saat kok dipukul. Kok hasil pukulan servis harus melewati net dan masuk ke wilayah lawan. Jika kok gagal melewati net atau jatuh di luar lapangan maka penerima servis akan memperoleh satu poin.

Servis Pendek(Forehand) Dan Servis panjang(Backhand) pada permainan bulu tangkis




2022 www.videocon.com