Cara mengatasi sakit leher karena salah bantal

cara mengatasi sakit leher karena salah bantal

Salah satu keluhan yang dirasakan banyak orang ialah leher kaku ketika bangun tidur atau yang biasa disebut dengan salah bantal.

cara mengatasi sakit leher karena salah bantal

Kondisi ini tentunya membuat Anda merasa tidak nyaman dalam beraktivitas. Melansir dari Healthline, kebanyakan penyebab sakit leher memang berasal dari salah posisi tidur atau penggunaan bantal yang tidak tepat.

1. Kompres dengan es dan air hangat Ketika Anda merasakan leher kaku setelah bangun tidur, cobalah untuk mengompresnya dengan es untuk membantu mengatasi pembengkakan. Caranya sangat mudah, cukup dengan membungkus batu es menggunakan handuk lalu menempelkan nya pada leher yang kaku selama 10 menit. Lakukan selama dua sampai tiga hari ketika keluhan itu muncul. Selanjutnya, terapi panas, seperti mandi air hangat atau menggunakan bantal pemanas. Ini akan membantu mengendurkan otot dan juga dapat mengurangi rasa sakit serta meningkatkan jangkauan gerak.

2. Minum obat pereda nyeri Jika rasa sakit dan cara mengatasi sakit leher karena salah bantal pada leher cukup buruk, dianjurkan untuk minum obat pereda nyeri, misalnya ibuprofen, naproxen, atau acetaminophen. 3. Lakukan Gerakan peregangan Setelah menemukan beberapa pereda nyeri awal, lanjutkan dengan gerakan peregangan atau pijatan untuk dapat melonggarkan otot yang kaku. Tujuannya adalah untuk meningkatkan fleksibilitas tanpa menyebabkan lebih banyak rasa sakit.

Selain itu tangan dan jari dapat digunakan untuk memijat daerah leher yang sakit, asalkan tidak menambah rasa sakit. 4. Perbaiki posisi tidur dan bantal yang digunakan Agar masalah salah bantal yang Anda rasakan tidak semakin bertambah parah, coba perbaiki kembali posisi tidur dan pilihan bantal Anda.

Hindari tidur dengan posisi tengkurap, karna salah bantal sering kali terjadi ketika Anda tidur dalam posisi tengkurap. Kemudian perhatikan kembali kondisi bantal Anda. Apabila bantal yang Anda gunakan sangat kaku dan terlalu tinggi, ini akan membuat leher kaku Anda menjadi lebih parah.

RINDI ARISKA Baca: Pose Yoga untuk Meredakan Leher Kaku dan Memperkuat Tubuh Bagian Belakang Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”.

Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu. Tegang leher akibat salah tidur atau salah bantal biasa disebut Tengeng, yang dalam dunia medis dikenal Tortikolis. Tortikolis sebenarnya dapat terjadi saat kelahiran bayi (kongenital), trauma atau benturan, dan kebiasaan buruk atau tidak dalam posisi tidur yang baik.

Tortikolis terjadi akibat adanya gangguan kontraksi pada otot-otot leher. (Baca: Leher terasa kaku dan Pegal) Kenapa bisa terjadi nyeri atau sakit leher? Dalam menggerakkan leher dan kepala, otot-otot leher bekerja berkesinambungan dengan cara berkontraksi dan relaksasi (rileks). Begitu pula saat kita menoleh ke kanan atau ke kiri, maka akan ada otot yang mengalami kontraksi dan ada otot yang mengalami relaksasi.

Cara mengatasi sakit leher karena salah bantal karena itu, ketika kita menggerakkan kepala atau menoleh ke satu sisi dan terus bertahan dalam posisi tersebut, maka selama itulah otot leher akan terus mengalami kontraksi dan otot yang fungsinya berlawanan akan mengalami relaksasi (rileks).

Jadi dapat kita bayangkan bagaimana beratnya kerja suatu otot jika kita terus bertahan dalam satu posisi gerakan, beban berat akan terus tejadi pada otot yang terus-menerus mengalami kontraksi dan menyebabkan kelelahan otot. (Baca: Penyebab leher kaku dan tegang) Pada saat tidur, kita kada memiliki posisi yang tidak tepat sehingga kepala menjadi miring.

Tentunya saat hal ini terjadi, ada otot yang tertarik dan ada otot yang berkontraksi mempertahankan posisi kepala. Kontraksi yang cara mengatasi sakit leher karena salah bantal dapat membuat otot menjadi tegang dan kemudian menjadi kejang sehingga timbul nyeri otot leher. Namun perlu anda ingat, nyeri disekitar leher bukan berarti selamanya kelainan ada di otot leher. Nyeri leher dapat juga karena ada masalah disekitar tulang dan sendi serta saraf di leher.

(Baca: Leher kaku) Dokter biasanya akan memberikan obat-obatan tertentu yang berfungsi sebagai penenang otot. Namun obat-obatan tersebut tidak dapat diperoleh dengan sembarangan di apotik, karena dapat memberikan efek yang berlebihan sehingga harus melalui dokter. Namun kita tidak perlu khawatir, cara lain yang bisa kita lakukan adalah: (Baca: Efek samping obat penenang) Pemijatan merupakan hal awal yang dapat dilakukan.

Pemijatan bertujuan merilekskan kembali fungsi otot yang kejang dan tremor. Mintalah orang lain membantu untuk memijat anda di sekitar bahu dan leher. Lakukan pijatan dengan lembut. (Baca: Cara menghilangkan tremor) 2. Regangkan otot Saat terjadi kejang (spasme) akibat kontraksi berlebihan serabut-serabut otot akan tertarik dan memendek.

Oleh karenanya diperlukan peregangan sesaat setelah kontraksi. Caranya dengan melakukan pergerakan kearah berlawanan, agar otot yang memendek dapat tertarik kembali ke fungsinya memanjang saat relaksasi. Namun perlu anda ingat, peregangan harus dilakukan dengan hati-hati dan perlahan agar tidak terjadi kerusakan otot.

Kerusakan yang biasa terjadi akibat terlalu memaksakan gerakan adalah robeknya struktur otot. (Baca: Cara mengatasi keseleo pergelangan kaki) 3. Istrahatkan otot yang nyeri Setelah meregangkan otot, cobalah untuk merilekskan otot dengan mengurangi gerakan (kontraksi) pada otot yang menyalami nyeri atau kejang. Hal ini bertujuan untuk mengistrahatkan otot yang mengalami kejang dan mempercepat pemulihan otot. (Baca: Kram) 4. Latih gerakan Setelah otot mendapatkan istrahat yang cukup, lanjutkan dengan melatih gerakan-gerakan ringan.

Mungkin awalnya akan terasa berat dan sedikit nyeri, namun tujuan dari melatih gerakan ini adalah untuk menghidari kekakuan pada leher.

cara mengatasi sakit leher karena salah bantal

Namun perlu anda ingat, latihan gerakan hanya yang ringan-ringan saja. Jika terlalu memaksakan dapat memicu kembali terjadinya kejang otot yang belum benar-benar pulih. Bahkan kemungkinan dapat terjadi cedera yang lebih parah dan memakan waktu pemulihan yang lebih lama.

(Baca: Bahaya Olahraga tanpa pemanasan) 5. Jangan memutar kepala/membunyikan leher Orang-orang yang mengalami nyeri atau sakit karena salah bantal, umunya saat cara mengatasi sakit leher karena salah bantal akan merasa mengganjal dan sensasi yang tidak biasa di lehernya.

Awalnya nyeri belum begitu terasa, namun semakin lama akan semakin berat, antara leher dan bahu terasa tertarik. Pada saat itu banyak orang akan langsung memutar kepala ke kiri dan kanan secara kuat sehingga akan timbul bunyi-bunyi “kreek…kreek.” dari sendi leher, namun hal ini justru tidak memperingan gejala. Mungkin maksud dari cara mengatasi sakit leher karena salah bantal kepala tersebut adalah meregangkan otot, namun yang terjadi justru hal yang berbeda.

Memutar kepala seperti demikian justru akan menimbulkan cidera yang baru. Hal tersebut dapat membuat saraf-saraf di leher menjadi terjepit dan menimbulkan nyeri yang lebih parah. Alih-alih mengurangi gejala, yang didapatkan justru menambah cidera baru.

6. Kompres Masih banyak kotroversi dalam memilih cara melakukan kompres antara kompres hangat dan kompres dingin. Namun perlu anda ketahui tujuan dari masing-masing kompres dan gejala yang diderita.Kompres hangat bertujuan untuk melebarkan pembuluh darah dan merilekskan otot.

Sedangkan kompres dingin bertujuan mengurangi rasa nyeri, memperkacil pembuluh darah dan menghentikan perdarahan kecil di dalam jaringan. Jadi untuk memilihnya anda perlu melihat tujuan kompres dan gejala yang anda rasakan. Jika anda mengalami cedara terasa nyeri, warna kulit sangat kemerahan dan bengkak, kemungkinan terjadi kerusakan jaringan dan perdarahan kecil.

Maka anda perlu memilih kompres dingin. Tetapi jika gejala yang anda terima akibat kejang otot dan membutuhkan ralaksasi dan memperlancar peredaran darah, maka pilihlah air hangat. Aliran darah yang lancar akan meningkatkan pasokan oksigen ke otot yang mengalami kejang. (Baca: Cara kompres yang benar untuk Demam) 7. Gunakan bantal yang tepat Saat anda tidur, gunakanlah bantal yang nyaman serta menjaga agar posisi kepala terhadap poros sumbu tulang belakang tidak miring.

Gunakanlah bantal yang mengganjal kepala anda secukupnya, tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah. (Baca: Bahaya meletakkan HP di bawah bantal) 8. Antinyeri/Analgesik Antinyeri dapat anda peroleh di toko-toko obat. Anda dapat memakai antinyeri berupa obat minum, balsem ataupun salep yang memiliki sifat antinyeri.

Obat minum yang umum dan sering digunakan adalah parasetamol dan asam mefenamat. Namun selalu ingat, umumnya obat minum memiliki kontraindikasi dan efek samping penggunaan.

Jadi berkonsultasilah dengan ahlinya. Pada kejadian sakit leher akibat salah bantal, cara mengatasi sakit leher karena salah bantal yang terjadi bukan di dalam tubuh melainkan pada struktur tubuh bagian luar yakni otot.

Maka anda dapat menggunakan balsem ataupun salep yang mengandung antinyeri. Balsem ataupun salum akan mudah diserap melalui kulit dan dapat langsung mencapai otot. Kelebihan dari balsem dan salep selain memiliki antinyeri, umumnya juga memiliki zat untuk merilekskan otot, serta memberikan sensasi hangat.

Recommended Post • Usai Libur Panjang, Ini 6 Persiapan Untuk Memulai Diet Lagi • Usai Lebaran, Begini 3 Cara Hilangkan Lemak Perut Dengan Cepat • Apakah Hepatitis Misterius di Indonesia Terkait Covid-19 dan Vaksinnya? • 3 Tips Berkeringat Lebih Banyak Saat Berolahraga Cepat • Hepatitis Akut Sebabkan 3 Anak Meninggal, Masyarakat Perlu Waspadai Gejalanya!
KOMPAS.com - Sakit leher akibat salah posisi tidur bisa mengganggu aktivitas sepanjang hari.

Selain menimbulkan rasa nyeri saat menoleh atau bergerak, sakit leher juga bisa membuat suasana hati jadi buruk. Melansir Healthline, kebanyakan penyebab sakit leher memang berasal dari salah posisi tidur atau penggunaan bantal yang tidak tepat.

Tapi tak hanya itu, bangun tidur sakit leher juga bisa disebabkan postur tubuh yang buruk sepanjang hari, cedera, dan gerakan tiba-tiba yang bikin otot kaget. Baca juga: 6 Posisi Duduk yang Benar untuk Menjaga Kesehatan Tulang Agar rasa nyaman tidak terus-terusan mengganggu aktivitas sehari-hari, coba empat cara mengatasi sakit leher akibat salah tidur berikut: 1. Kompres dingin atau terapi panas Kompres dingin atau panas bisa menjadi salah satu obat sakit leher alami yang bisa dijajal.

Cara menghilangkan sakit leher dengan kompres dingin bisa dengan menempelkan es batu yang dibungkus handuk ke bagian leher yang sakit. Rasa sakit dan ketegangan di leher bisa berkurang setelah dipapari suhu dingin selama 10-20 menit. Selain suhu dingin, terapi panas dengan mandi air hangat atau menggunakan bantal pemanas juga bisa membantu mengurangi sakit leher.

Terapi panas dapat mengatasi sakit leher akibat salah tidur dengan mengendurkan otot-otot leher yang tegang.

Baca juga: Kenali Apa itu Myalgia, Nyeri Otot yang Bisa Menyerang Setiap Orang Advertisement Cara mengatasi salah bantal yang ampuh hilangkan sakit leher Bagi Anda yang sudah kapok dengan kondisi salah bantal, ada mulai mengganti posisi tidur.

Salah satu posisi tidur yang tidak dianjurkan adalah telungkup. Posisi tidur ini memaksa leher merasakan ketegangan sampai pagi hari. Pantas saja rasa sakit dan kaku bisa menyerang keesokan harinya.

Jika leher Anda terlanjur sakit karena posisi tidur yang kurang pas, ada baiknya melakukan beberapa cara mengatasi salah bantal ini: 1. Mengompres leher Ada dua cara mengatasi salah bantal menggunakan kompres, yakni dengan es batu ataupun air hangat. Mengompres leher dipercaya menjadi cara mengatasi salah bantal yang ampuh. Jika ingin mengompres leher dengan es batu, bungkuslah beberapa butir es batu dengan kain atau handuk bersih. Kemudian kompreskan di bagian leher yang sakit atau kaku.

Apabila Anda memilih kompres hangat, basahi kain bersih dengan air hangat, peras kainnya, lalu tempelkan di bagian leher yang sakit. Kompreslah leher selama 20 menit hingga rasa sakit di leher mulai mereda.

Selain itu, mandi di bawah kucuran air hangat juga dianggap efektif sebagai cara mengatasi salah bantal. Anda disarankan untuk tidak tidur sambil mengompres leher dengan kain dingin atau hangat.

Sebab, membiarkan kompres tetap menempel di leher ketika Anda tertidur, bisa menyebabkan kerusakan pada kulit. 2. Mengonsumsi obat penghilang rasa sakit Cara mengatasi salah bantal selanjutnya adalah mengonsumsi obat salah bantal yang bertujuan untuk meredakan rasa nyeri di leher.

Obat acetaminophen, atau obat antiinflamasi nonsteroid seperti ibuprofen, naproxen, hingga aspirin bisa menjadi pilihan. Namun, sebelum mengonsumsi berbagai obat sakit leher salah tidur itu, Anda disarankan untuk berkonsultasi ke dokter agar mengetahui cara pemakaian dan dosis tepatnya.

3. Meregangkan badan (stretching) Regangkanlah leher agar gejala salah bantal bisa diredakan Saat mengalami sakit leher akibat salah bantal, jangan jadikan itu sebagai alasan untuk bermalas-malasan. Tetaplah bergerak, terutama melakukan peregangan badan alias stretching. Sebab, salah bantal dapat diatasi dengan aktif bergerak. Menggerakkan kepala ke kiri dan kanan, menjadi salah satu gerakan fisik yang sangat dianjurkan.

Pastikan Anda sudah melakukan cara mengatasi salah bantal pertama (kompres atau mandi dengan air hangat) sebelum meregangkan badan. Dalam kondisi salah bantal, ada baiknya melakukan gerakan secara pelan dan tidak tiba-tiba. Jika dilakukan secara tiba-tiba, nyeri leher bisa semakin parah. 4. Menggunakan penyangga leher Saat salah bantal terjadi, beberapa bagian otot dan jaringan di leher tentu perlu “istirahat”.

Maka dari itu, terkadang penderita salah bantal akan direkomendasikan menggunakan penyangga leher untuk waktu yang singkat. Sebab, menggunakan penyangga leher untuk waktu yang lama dipercaya bisa mengendurkan otot leher.

Gunakanlah penyangga leher selama beberapa jam, kemudian lepas dan pakai lagi saat membutuhkannya. 5. Menghilangkan stres dari pikiran Stres tidak hanya membebani pikiran, tapi juga leher. Sebab, stres bisa menyebabkan tegangnya otot-otot di leher. Maka dari itu, menghilangkan perasaan stres dianggap bisa menjadi salah satu cara mengatasi salah bantal.

Beberapa hal cara mengatasi sakit leher karena salah bantal bawah ini bisa membantu Anda hilangkan rasa stres: • Mendengarkan musik favorit • Meditasi • Mengistirahatkan diri dari rutinitas yang membuat stres • Melakukan hal yang disukai Segelintir aktivitas di atas hanyalah rekomendasi.

Sebab, Andalah yang mengetahui hal-hal tepat untuk bisa meredakan stres. 6.

cara mengatasi sakit leher karena salah bantal

Berolahraga secara teratur Aktif bergerak dan berolahraga secara teratur dapat menjadi cara mengatasi salah bantal yang efektif. Berolahraga secara teratur bisa memperkuat otot leher Anda, sehingga terhindar dari cedera seperti salah bantal. Berolahraga juga mampu memperbaiki atau meningkatkan postur tubuh, agar leher kaku karena salah bantal bisa dihindari.

Cobalah beberapa gerakan di bawah ini untuk meredakan gejala sakit leher: • Gerakan kepala ke atas dan bawah • Gerakan kepala ke kiri dan kanan Berolahraga juga bisa menjadi pereda stres. Jika stres sudah hilang dan badan bugar, ucapkan selamat tinggal pada salah bantal!

7. Memperbaiki posisi tidur Langkah ini menjadi cara mengatasi salah bantal yang ampuh. Posisi tidur kurang pas, seringkali menjadi penyebab salah bantal yang paling menyebalkan. Beberapa tips untuk memperbaiki posisi tidur ini bisa Anda coba di rumah: • Tidur di kasur dengan permukaan yang rata • Menggunakan bantal leher • Tidurlah dengan posisi tidur terlentang atau miring • Melakukan relaksasi sebelum tidur • Mengenakan pelindung mulut jika Anda sering menggesek gigi tanpa disadari Jika Anda sudah mengikuti beberapa tips memperbaiki posisi tidur di atas ini, niscaya salah bantal hanya akan menjadi sejarah.

8. Memijat leher Memijat leher juga bisa dijadikan cara mengatasi salah bantal. Hanya saja, lebih baik Anda meminta bantuan terapis yang profesional dan bersertifikat (misalnya fisioterapis di rumah sakit atau klinik), agar otot-otot di leher bisa kembali rileks dan tidak nyeri lagi. 9. Menghindari kegiatan berat Jika Anda gemar mengangkat beban berat di gym, untuk sementara waktu hindari atau kurangilah latihan tersebut.

Sebab, rasa nyeri dan kaku di leher bisa semakin parah jika Anda mengangkat barang yang terlalu berat. Jangan remehkan salah bantal Salah bantal bukanlah penyakit yang bisa diremehkan Salah bantal mungkin dianggap sebagai kondisi medis yang dianggap “angin lalu” dan bisa sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi, jika rasa nyeri dan kaku pada leher bertahan hingga berminggu-minggu lamanya, cara mengatasi sakit leher karena salah bantal datang ke dokter untuk mendapatkan perawatan.

Bisa saja, ada penyakit lain cara mengatasi sakit leher karena salah bantal menyebabkan nyeri dan kekakuan pada leher Anda.

Apalagi kalau kemampuan Anda dalam menggerakkan leher sudah terganggu untuk waktu yang lama. Selain menyebalkan, pasti ada rasa was-was yang menghantui pikiran Anda, bukan?

Baca Juga • Apa itu Pineal Gland dan Fungsinya bagi Tubuh? • Mana yang Lebih Baik: Alarm Bangun Tidur yang Lembut Atau Agresif? • Cara Mengatasi Sesak Napas untuk Penderita CCHS Catatan dari SehatQ: Sebelum sakit bantal semakin parah, lakukanlah beberapa cara mengatasi salah bantal di atas dan berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-a-stiff-neck#prevention Diakses pada 30 Januari 2020 Health Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/do-you-have-a-stiff-neck-try-these-simple-remedies/ Diakses pada 30 Januari 2020 Health Harvard. https://www.health.harvard.edu/pain/how-to-soothe-a-sore-neck Diakses pada 30 Januari 2020
Sakit leher akibat salah bantal bisa menimbulkan rasa tidak nyaman seharian.

Perlu diketahui bahwa sebenarnya ada banyak cara mengatasi salah bantal. Dijamin nyeri leher hilang dan kamu bisa beraktivitas seperti semula!

Cara Mengatasi Salah Bantal yang Efektif dan Mudah Perlu menjadi catatan bahwa salah bantal tidak selamanya disebabkan oleh bantal. Bisa jadi karena posisi tidur yang salah atau kasur yang perlu diganti. Berikut ini beberapa cara mengobati salah bantal yang terbukti berhasil: 1. Kompres Air Hangat Cara menyembuhkan salah bantal yang pertama adalah dengan mengompres leher dengan air hangat.

cara mengatasi sakit leher karena salah bantal

Cara mengompres leher dengan air hangat: • Siapkan kain/handuk bersih dan air hangat secukupnya • Celupkan kain/handuk ke dalam wadah berisi air hangat • Peras handuk/kain • Tempelkan pada bagian yang sakit • Kompres leher sekitar 20 menit atau hingga rasa sakit reda 2.

Kompres Es Batu Selain air hangat, bisa juga kompres menggunakan es batu. Terlihat sederhana, cara ini mampu mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan. Cara mengompres leher dengan es batu: • Siapkan kain/handuk dan es batu secukupnya • Balut es batu menggunakan kain/handuk • Tempelkan atau kompres pada bagian leher yang nyeri • Lakukan pengompresan sekitar 20 menit atau hingga rasa sakit berkurang 3.

Melakukan Peregangan Tidak perlu berlebihan, cukup gerakkan kepala ke kiri dan ke kanan agar leher tidak semakin kaku. Lakukan dengan perlahan untuk melonggarkan otot yang tegang.

cara mengatasi sakit leher karena salah bantal

Cara ini akan lebih efektif dilakukan jika kamu sudah megompres bagian leher yang sakit. 4. Jangan Memutar atau Membunyikan Leher Tidak jarang seseorang akan memutar leher ketika merasa sakit karena merasa ada yang mengganjal.

Kebiasaan ini harus dihindari karena malah bisa menimbulkan cedera baru. Bukannya jadi terasa lebih baik, leher kamu akan terasa lebih sakit daripada sebelumnya. 5. Pijat Leher Cara mengatasi salah bantal selanjutnya yaitu memijat bagian leher yang sakit. Sangat disarankan untuk melakukan pemijatan dengan bantuan profesional agar rasa sakit tidak semakin parah. Jika dilakukan dengan benar, maka otot leher bisa kembali rileks.

Baca Juga: Cara Mengatasi Leher Kaku akibat Salah Bantal 6. Hindari Kegiatan Berat Manfaat olahraga memang baik untuk kesehatan tubuh, namun kegiatan ini harus dibatasi apabila kamu mengalami sakit leher. Kalau kamu adalah seseorang yang hobi berolahraga angkat beban di gym, maka kurangi atau hindari kegiatan tersebut. Olahraga yang terlalu berat dan memberi tekanan ke area leher malah akan memperparah rasa nyeri.

7.

cara mengatasi sakit leher karena salah bantal

Istirahatkan Otot Leher Cara mengistirahatkan otot leher adalah dengan mengurangi gerakan. Proses ini akan membantu otot menjadi lebih cepat pulih karena jadi tidak bekerja lebih keras seperti biasanya.

Kamu juga jadi bisa mendapatkan waktu beristirahat yang lebih baik. 8. Olahraga Ringan Teratur Jika di poin sebelumnya kamu harus menghindari angkat beban dan mengistirahatkan leher, bukan berarti tidak boleh olahraga.

Kamu tetap bisa melakukan olahraga ringan untuk meregangkan beberapa bagian tubuh, termasuk leher. 9. Mengganti Posisi Tidur Cara mengobati salah bantal juga bisa dengan mengganti posisi tidur kamu. Tanpa disadari, posisi tidur yang salah bisa jadi penyebab sakit leher. Salah satu posisi tidur yang direkomendasikan yaitu telentang atau miring. 10. Memilih Spring Bed yang Bagus Apa kaitannya antara sakit leher akibat salah bantal dengan memilih spring bed?

Perlu diketahui bahwa kasur yang tidak nyaman bisa mengakibatkan sakit di beberapa bagian tubuh, termasuk leher. Hal ini disebabkan oleh kasur atau spring bed yang tidak bisa menopang tubuh dengan baik seperti seharusnya. 11. Gunakan Bantal yang Tepat Cara mengatasi salah bantal yang paling efektif yaitu memilih dan memakai bantal yang tepat.

Gunakan bantal berkualitas dengan tingkat ketebalan yang sesuai standar. Ukuran bantal yang tidak tepat bisa berpengaruh terhadap posisi kepala saat tidur. Khusus untuk pemilihan tempat tidur dan bantal, kamu bisa pilih INTHEBOX.

Didesain dan dibuat dari material premium, spring bed dan bantal INTHEBOX mampu menopang tulang leher dan tulang pungung dengan baik. Cek pilihan produk INTHEBOX di sini! Percaya atau tidak, tidur bisa menjadi cara meninggikan badan yang efektif dan juga aman! Kamu salah satu orang yang ingin cepat tinggi?

Tinggalkan pikiran untuk mengonsumsi obat peninggi badan. Cukup tidur di atas kasur INTHEBOX dan lakukan beberapa tips ini. Tubuhmu pasti jadi cepat tinggi! Selengkapnya
Apa itu salah bantal? Salah bantal adalah sebutan umum bagi masyarakat Indonesia cara mengatasi sakit leher karena salah bantal menggambarkan kondisi leher kaku setelah bangun tidur. Istilah ini muncul karena penyebabnya sering dikaitkan dengan salah memposisikan bantal saat tidur atau posisi tidur tidak tepat.

Anda menghabiskan waktu sekitar 6-8 jam per harinya selama tidur. Ketika posisi tubuh atau bantal yang digunakan tidak tepat, maka dapat membuat otot jadi tegang. Akhirnya, Anda akan merasa leher kaku, kadang disertai rasa nyeri.

cara mengatasi sakit leher karena salah bantal

Kondisi ini bisa memperlambat gerak tubuh dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Cara mengobati salah bantal yang bisa Anda coba di rumah Kebanyakan kondisi ini bersifat ringan dan bisa diobati dengan perawatan cara mengatasi sakit leher karena salah bantal.

Simak cara mengatasi salah bantal menurut Harvard Health Publishing di bawah ini. 1. Kompres es dan air hangat Redakan rasa kaku dan nyeri pada otot yang menegang dengan cara menempelkan kompres es dan air hangat pada leher. Caranya, cukup bungkus batu es menggunakan handuk lalu tempelkan pada leher yang kaku selama 10 menit. Lakukan selama dua sampai tiga hari ketika keluhan itu muncul. Selain kompres dingin, Anda juga bisa berendam air hangat jika gejala sakit akibat salah bantal terus berlangsung.

Tidak hanya otot di sekitar leher, otot lain pada tubuh juga akan lebih rileks. Anda juga bisa menggunakan bantal pemanas (hot pack). Namun, hindari menempelkan bantal pemanas selama tidur karena suhunya bisa melukai permukaan kulit bagian luar.

Anda juga dapat mengoleskan gel atau krim dengan kandungan pereda nyeri. Ini dapat membantu mengurangi nyeri yang Anda rasakan selama otot leher Anda tegang. 2. Lakukan peregangan leher Cara selanjutnya adalah lakukan latihan peregangan sederhana untuk mempercepat pemulihan dan mencegah salah bantal kambuh di kemudian hari.

Anda bisa menerapkan latihan ini dengan memantapkan pandangan lurus ke depan. Kemudian, tarik sedikit dagu ke atas dan posisikan kepala ke belakang. Lakukan gerakan ini secara perlahan. Tahan selama lima detik dan ulangi sebanyak lima kali. Cara ini akan lebih baik jika diikuti dengan memperhatikan postur tubuh yang benar dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Pastikan postur duduk Anda benar ketika menonton TV, membaca, atau bekerja di depan komputer. 3. Perbaiki posisi tidur dan bantal Anda Supaya masalah salah bantal yang Anda rasakan tidak semakin bertambah parah, coba perbaiki kembali posisi tidur dan pilihan bantal Anda.

Salah bantal sering kali terjadi ketika Anda tidur tengkurap. Oleh karena itu sebaiknya hindari tidur dengan posisi ini. Cara mengatasi sakit leher karena salah bantal coba perhatikan kembali bagaimana kondisi bantal Anda.

Jika bantal yang Anda gunakan sangat kaku dan terlalu tinggi, jelas ini akan membuat leher kaku menjadi lebih parah. Ganti segera dengan bantal berbulu yang lebih empuk dan bentuknya bisa menyesuaikan dengan leher Anda. Jika pilihan bantal yang saat ini Anda gunakan tidak sesuai, mungkin sudah saatnya Anda mengganti bantal baru.

4. Minum obat pereda nyeri Cara ampuh selanjutnya untuk mengobati salah bantal adalah minum obat pereda nyeri, seperti acetaminophen atau ibuprofen. Pilihan perawatan untuk otot leher yang kaku ini sebenarnya menjadi pilihan terakhir jika cara alami tidak efektif dalam meredakan gejala atau.

Meskipun penggunaan obat ini bebas alias tanpa resep dokter, Anda tidak boleh sembarangan meminumnya. Jadi, selalu baca aturan pakainya dengan teliti. Gunakan obat ini jika gejalanya muncul, dan hentikan pemakaian obat bila sudah membaik. Perlukah ke dokter karena salah bantal? Pada kebanyakan kasus, masalah leher kaku saat bangun tidur bisa hilang dengan sendirinya. Bisa juga pulih lebih cepat dengan menerapkan bebebrapa cara di atas.

Namun, tidak semua orang mungkin merasa demikian. Beberapa di antaranya bisa saja mengalami gejala yang cukup parah atau berlangsung hingga berminggu-minggu. Jika rasa sakit itu membatasi kemampuan Anda menggerakan kepala dan nyeri menjalar hingga ke bahu, sebaiknya segera periksa ke dokter. Periksa ke dokter semakin penting jika Anda juga mengalami demam dan kelemahan atau mati rasa di lengan.

Dalam beberapa kasus, masalah salah bantal yang Anda alami berkaitan dengan radang sendi, infeksi, atau saraf terkompresi. Pengobatan dan perawatan di rumah akan disesuaikan dengan diagnosis dokter setelah Anda menjalani pemeriksaan. Team, W. (2021, September 09). Do you have a stiff neck? try these simple remedies. Retrieved October 19, 2021, from https://health.clevelandclinic.org/do-you-have-a-stiff-neck-try-these-simple-remedies/ How to soothe a sore neck.

(2019, September 25). Retrieved October 19, 2021, from https://www.health.harvard.edu/pain/how-to-soothe-a-sore-neck Choosing the best sleep position.

(n.d.). Retrieved October 19, 2021, from https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/choosing-the-best-sleep-position Say “good night” to neck pain. (2019, September 10). Retrieved October 19, 2021, from https://www.health.harvard.edu/pain/say-good-night-to-neck-painDalam dunia medis, salah bantal dikenal dengan istilah muscle strainyaitu kondisi tertarik atau menegangnya otot akibat tubuh kelelahan atau kurang tepat dalam menggunakan otot.

Sebenarnya, otot tegang atau tertarik bisa terjadi di semua bagian tubuh, namun area leher, bahu, dan punggung bagian bawah merupakan bagian yang paling sering menderita masalah ini. Penyebab salah bantal Mengutip Hello Sehat, penggunaan bantal dalam posisi yang terlalu tinggi bisa menyebabkan Anda mengalami nyeri leher. Di samping itu, selama Anda tidur, leher dan kepala Anda cara mengatasi sakit leher karena salah bantal bertahan dalam posisi yang sama untuk waktu yang cukup lama dan berakibat timbulnya tegang pada otot di bagian leher saat bangun keesokan paginya.

Selain penggunaan bantal yang tidak tepat saat tidur, kondisi ini juga bisa disebabkan karena posisi yang kurang nyaman saat mengendarai mobil dan posisi leher yang terlalu maju saat bekerja di depan komputer dalam waktu lama atau membawa beban terlalu berat pada satu sisi tubuh.

Cara mengatasi salah bantal Walaupun gangguan salah bantal ini bisa hilang dan sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari, bisa jadi Anda akan terganggu dengan masalah ini ya, Moms. Anda mungkin akan sulit untuk bergerak dan beraktivitas dengan leluasa saat leher terasa sakit ketika digerakkan.

Nah, jika rasa nyeri dan kaku di leher ini sangat mengganggu, Anda bisa lakukan beberapa cara mengatasi sakit leher karena salah bantal berikut ini untuk membantu mengatasi keluhan tersebut. 1. Kompres dengan es batu Mengompres merupakan cara termudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa nyeri dan kaku di leher Anda. Aktivitas ini bisa membantu mengurangi pembengkakan (jika ada) sekaligus meringankan rasa nyeri.

Namun, jangan langsung menaruh es batu pada kulit Anda, Moms. Bungkus es batu dengan lap atau handuk bersih sebelum ditaruh di bagian leher yang terasa nyeri dan kaku.

Lakukan pengompresan selama sekitar 20 menit dan ulangi setiap jam hingga nyeri di leher mereda. Mandi air hangat juga bisa mengurangi nyeri dan kaku di leher. 2. Pijat area yang sakit Memijat area leher yang terasa nyeri dan kaku juga bisa mengatasi gangguan salah bantal ini. Namun jangan lakukan sembarangan ya, Moms.

Mintalah pasangan Anda untuk memijatnya dengan hati-hati. Bila perlu, gunakan balsam atau salep khusus untuk nyeri otot. Atau lebih baik, Anda bisa meminta bantuan terapis profesional dan bersertifikat agar otot-otot di leher bisa kembali rileks dan tidak kaku lagi. 3. Lakukan gerakan ringan Ketika Anda mengalami salah bantal, bergerak dan beraktivitas memang jadi terhambat. Namun, bukan berarti ini bisa jadi alasan Anda untuk bermalas-malasan, Moms. Sebagai permulaan, Anda bisa lakukan peregangan dan gerakan ringan di sekitar kepala.

Sebaiknya lakukan ini setelah leher dikompres dengan es batu atau mandi air hangat. Yang terpenting, lakukan gerakan secara perlahan, misalnya menengokkan kepala ke kiri atau kanan pelan-pelan. Meskipun awalnya akan terasa nyeri, tujuan sebenarnya melakukan ini adalah agar leher tidak lagi kaku. Ingat, lakukan gerakan ringan dan secara perlahan ya, Moms.

cara mengatasi sakit leher karena salah bantal

Jangan gerakkan kepala dengan cepat atau tiba-tiba. 4. Hindari memutar atau membunyikan leher Saat mengalami salah bantal, tanpa disadari kebanyakan orang akan memutar dan membunyikan leher untuk menghilangkan pegal dan nyeri.

Namun, jangan melakukan hal tersebut ya, Moms. Pasalnya, ini malah bisa menimbulkan cedera baru. Alih-alih menghilangkan pegal, saraf-saraf pada leher malah bisa terjepit sehingga nyeri pada leher akan jadi lebih parah.

5. Gunakan bantal yang tepat Saat Anda tidur, gunakan bantal yang nyaman serta jaga agar posisi kepala Anda terhadap poros sumbu tulang belakang tidak miring. Gunakanlah bantal yang mengganjal kepala Anda secukupnya, tidak terlalu tinggi namun juga tidak terlalu rendah. (M&B/SW/Foto: Freepik)
4 menit Sakit leher akibat salah bantal adalah hal yang bisa terjadi pada siapa saja. Untuk itu, penting sekali untuk mengetahui cara mengatasi salah bantal jika leher sudah mulai terasa sakit.

Saat tidur, posisi leher bisa berubah dengan sendirinya, meskipun kamu sudah berusaha beristirahat dengan posisi yang aman dan nyaman. Sakit yang dirasakan pada leher adalah akibat dari terganggunya kontraksi pada otot-otot. Untuk menangani hal tersebut, kamu harus mengembalikan fungsi otot yang kejang. Sebenarnya, sakit leher akibat salah bantal bisa sembuh sendiri dalam beberapa hari atau minggu. Namun, untuk kamu yang merasa sangat terganggu dengan sakitnya tetapi malas mengeceknya ke dokter, berikut beberapa cara mengatasi sakit leher karena salah bantal sederhana yang bisa dilakukan.

11 Cara Mengatasi Salah Bantal Penyebab Sakit Leher 1. Memijat Area yang Sakit Memijat area yang tegang adalah hal pertama yang harus dilakukan. Dengan memijat area tersebut, fungsi otot yang kejang dan tremor akan kembali relaks. Untuk melakukannya, cukup gerakan leher ke arah yang berlawanan. Namun, 1 hal yang perlu diperhatikan adalah kamu harus melakukannya dengan hati-hati agar tidak terjadi kerusakan pada struktur otot.

3. Cara mengatasi sakit leher karena salah bantal Otot Leher Setelah diregangkan, hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah mengistirahatkannya. Mengurangi gerakan pada otot nyeri akan mempercepat pemulihan otot.

4. Melakukan Gerakan Ringan Cara mengatasi salah bantal selanjutnya adalah dengan melakukan gerakan-gerakan ringan. Meskipun awalnya akan terasa nyeri, tujuan sebenarnya kamu melakukan hal ini adalah agar leher tidak kaku.

Namun, tetap diingat bahwa kamu hanya boleh melakukan gerakan ringan saja. Jika dipaksakan, bisa-bisa terjadi cedera yang lebih parah. 5. Tidak Memutar atau Membunyikan Leher Ketika sakit leher, biasanya orang tidak akan langsung menyadarinya.

Hal pertama yang dirasakan adalah sensasi mengganjal pada leher. Kemudian, leher semakin lama akan terasa semakin berat. Ini adalah ciri ciri salah bantal yang bisa mengakibatkan sakit leher. Ketika hal ini terjadi, kebanyakan orang akan memutar dan membunyikan leher untuk menghilangkan perasaan pegal. Namun, hal ini ternyata malah bisa menimbulkan cedera baru. Alih-alih menghilangkan pegal, saraf-saraf pada leher malah terjepit dan nyeri pada leher akan terasa lebih parah. 6. Mengompres Leher yang Sakit Sebenarnya, masih ada perdebatan apakah kompres dingin bisa meredakan sakit leher cara mengatasi sakit leher karena salah bantal baik daripada kompres panas atau malah sebaliknya.

Namun, sebenarnya hal ini tergantung dari tujuan mengompres dan gejala yang diderita. Kompres panas bermanfaat untuk melebarkan pembuluh darah dan merelaksasi otot.

Sedangkan kompres dingin bisa dimanfaatkan untuk meringankan rasa sakit, memperkecil pembuluh darah, dan menghentikan pendarahan kecil pada jaringan. Jadi, pilih saja teknik kompres mana yang sesuai dengan tujuan dan gejala yang diderita.

7. Memilih Bantal yang Tepat Ketika tidur, menggunakan bantal yang nyaman adalah hal yang wajib dilakukan untuk menghindari sakit leher akibat salah bantal.

Untuk itu, penting sekali untuk memilih jenis bantal yang benar sesuai dengan kenyamanan yang kamu idamkan, Usahakan agar posisi kepala terhadap sumbu tulang tidak miring ketika kamu tidur. Selain itu, gunakan bantal secukupnya. Jangan sampai bantal terlalu tinggi atau malah terlalu rendah.

Bantal Terbaik untuk Sakit Leher sumber: pillow-pillow.com Para pakar menyebutkan bahwa syarat bantal yang baik untuk tidur adalah yang selaras dengan pinggul, punggung, dan leher. Hal ini dibutuhkan untuk menjaga agar tulang belakang tetap lurus Jika posisi tidurmu terlentang, sebaiknya gunakan bantal tipis berbentuk bulat untuk mendukung lekukan alami leher. Sedangkan untuk orang yang suka tidur menyamping, pastikan bantal yang digunakan dapat menjaga keselarasan leher.

Hal ini bisa dilakukan dengan memperhatikan jarak antara bahu dan telinga. 8. Mengonsumsi Obat Penghilang Rasa Sakit Kamu juga bisa mengonsumsi obat penghilang rasa sakit untuk mengatasi sakit leher.

Beberapa pilihan yang bisa dicoba meliputi acetaminophen, ibuprofen, naproxe, hingga aspirin. Namun perlu diingat, sebaiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui dosis yang tepat serta cara pemakaiannya. 9. Mengurangi Stres Stres adalah salah satu penyebab mengapa leher kita terasa menegang.

Oleh karena itu, kamu harus mengetahui cara mengatasi stres jika ingin terhindar dari sakit leher. Berikut adalah beberapa aktivitas yang bisa dicoba: • Meditasi • Mendengarkan musik yang disukai • Beristirahat sejenak dari rutinitas • Melakukan hobi yang digemari 10.

Menggunakan Penyangga Leher Ketika seseorang mengalami salah bantal, ia harus mengistirahatkan beberapa bagian otot pada jaringan otot. Oleh karena itu, penyangga leher diperlukan untuk membantumu mengistirahatkan area leher.

Pakailah selama beberapa jam hingga otot leher terasa kendur dan gunakan kembali ketika dibutuhkan. 11. Berolahraga secara Teratur Kegiatan ini akan membuat otot leher menjadi lebih kuat sehingga cedera seperti salah bantal bisa dihindari.

Selain itu, berolahraga secara teratur pun akan memperbaiki postur tubuhmu. Untuk meredakan gejala sakit leher akibat salah bantal, ikuti gerakan-gerakan di bawah ini: • Gerakan kepala ke kiri dan kanan. • Gerakan kepala ke atas dan bawah. *** Itulah cara mengatasi salah bantal paling mudah yang bisa dicoba. Jika kamu merasa sakit leher ini bukan sakit leher biasa atau ragu dengan cara di atas, disarankan untuk mencari bantuan profesional.

Dengan begitu, kesembuhan pada leher pun akan bisa lebih dipastikan. Semoga artikel ini bermanfaat, Sahabat 99. Simak informasi menarik lainnya di Berita 99.co Indonesia. Jangan lupa, cek segala kebutuhan propertimu hanya di 99.co/id dan temukan berbagai pilihan menarik, seperti Fatmawati City Center.

cara mengatasi sakit leher karena salah bantal

***IQB

Cara Mengatasi Sakit Leher - Setelah Bangun Tidur - Sakit Leher Akibat Salah Bantal




2022 www.videocon.com