Ppkm resmi diperpanjang

ppkm resmi diperpanjang

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Pemerintah resmi memperpanjang PPKM Level 4, 3 dan 2 mulai besok Selasa 17 Agustus 2021 sampai 23 Agustus 2021. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam siaran pers di kanal YouTube Sekretariat Kepresidenan, Senin 16 Agustus 2021 malam WIB.

"Atas arahan dan petunjuk Presiden RI, maka PPKM Level 4, 3 dan 2 di Bali akan diperpanjang sampai tanggal 23 Agustus 2021," ujar Luhut. (Baca Berita Lainnya Seputar PPKM Disini) Dalam penerapan perpanjangan PPKM satu minggu kedepan terdapat tambahan kabupaten kota yang masuk ke level 3 sebanyak 8 kabupaten/kota," jelasnya. Selengkapnya simak pidato lengkap disini: Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara soal banyaknya kritikan yang ia dapatkan, terkait kebijakan PPKM yang dinilai tidak konsisten.

Hal tersebut diungkapkan Jokowi saat memberikan pidato dalam sidang tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR, Senin 16 Agustus 2021. • Link Download Sertifikat Vaksin Covid-19 Sebagai Syarat Masuk Mal, Cek Status di PeduliLindungi Diketahui kebijakan PPKM ppkm resmi diperpanjang diberlakukan selama satu hingga dua minggu dan akan diperpanjang lagi jika dibutuhkan. Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah akan kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro hingga 31 Mei 2021.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso saat berbincang dengan media, Senin (17/5/2021). "Evaluasi PPKM besok kita perpanjang tahap 8. Kira-kira itu perpanjangannya dimulai besok 18-31 Mei," ujarnya. Baca: Kerumunan di Mana-mana, Pemerintah Klaim Covid Terkendali Perpanjangan PPKM skala mikro ini akan dilakukan untuk 30 provinsi dari 34 provinsi yang ada.

Provinsi lainnya yang tidak dikenakan PPKM adalah yang sangat rendah penyebarannya atau berada di ppkm resmi diperpanjang hijau.

ppkm resmi diperpanjang

"Itu mulai dari Maluku, Sulawesi Barat, Maluku Utara dan Gorontalo, sehingga kita tetap hanya 30 cakupannya itu mengenai PPKM mikro," tegasnya. [Gambas:Video CNBC] (mij/mij)
"Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang PPKM di Pulau Jawa dan Pulau Bali sejak 24 Agustus sampai 30 Agustus," kata Jokowi.

ppkm resmi diperpanjang

Selanjutnya, agar dapat menurunkan penyebaran kasus, Jokowi memerintahkan pemerintah daerah agar dapat mengurangi tingkat isoman dan fokus menjadi isolasi terpusat (isoter). Baca Juga: TOK! PPKM Level 4, 3, dan 2 di Jawa-Bali Resmi Diperpanjang Hingga 30 Agustus Sementara itu ppkm resmi diperpanjang secara terpisah, epidemiolog Universitas Griffith, Australia, Dicky Budiman menekankan bahwa PPKM memang mampu menahan pergerakan ppkm resmi diperpanjang. Namun PPKM hanya memperlambat penyebaran virus, bukan menghentikan penularan.

Barista melayani pembeli kopi di salah satu pusat jajanan di kawasan Jagakarsa, Jakarta, Kamis (19/8/2021). [Suara.com/Angga Budhiyanto] "Harus diingat, PPKM ini hanya memperlambat penyebaran virus, dia tidak menghentikan, belum bisa menghentikan, karena tidak berhasil menemukan kasus-kasus yang banyak," imbuhnya. Ada sejumlah pesan yang disampaikan epidemiolog terkait perpanjangan PPKM yang perlu dijadikan catatan, antara lain: Baca Juga: PPKM Berlevel Diperpanjang di Pulau Jawa-Bali hingga 30 Agustus Mendatang "Masa krisis masih ada, bahwa kita sudah melampaui puncak kasus untuk Jawa dan Bali secara umum, iya.

Tapi belum selesai masa krisis ini dan masa depan dari kurva kita ini akan ditentukan oleh kita, manusia yang ada di masyarakat, pemerintah, swasta dan lainnya," ucapnya IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS "Secara ke seluruh indikator transmisi penyakit yang terdiri dari penambahan kasus konfirmasi, penambahan jumlah pasien di rumah sakit dan jumlah kematian terus mengalami perbaikan," kata Luhut dalam konferensi pers daring. Dalam perpanjangan ini, dua wilayah aglomerasi di Jawa Bali, yakni Yogyakarta dipastikan telah turun ke level 3, setelah sebelumnya bertahapan di level 4.

Luhut mengatakan situasi terus mengalami perbaikan. Hal ini ditandai semakin sedikitnya kota/kabupaten di PPKM level 4. Ia mengatakan hanya 11 kota kabupaten di Jawa Bali yang ada pada level 4 dari sebelumnya 25 kota kabupaten. "Peningkatan signifikan di level dari sebelumnya 27 jadi 43 kab kota dari wilayah aglomerasi," kata Luhut.
Presiden Joko Widodo alias Jokowi menjelaskan keputusan perpanjangan diambil setelah pemerintah mengevaluasi pelaksanaan PPKM Darurat yang dimulai pada 3 Juli 2021.

ppkm resmi diperpanjang

Kebijakan PPKM Darurat ini, menurut dia, tidak bisa dihindari. "Yang harus diambil pemerintah meskipun sangat berat," ujar Jokowi dalam konferensi pers virtual bertajuk Pernyataan Presiden RI tentang Perkembangan Terkini PPKM Darurat yang ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 20 Juli 2021. "Sehingga tidak membuat lumpuhnya rumah sakit lantaran over kapasitas pasien Covid-19. Serta agar layanan kesehatan untuk pasien dengan penyakit kritis lainnya tidak terganggu dan terancam nyawanya," tutur Jokowi.

Ia juga menyebutkan selama PPKM Darurat, terlihat penambahan kasus dan kepenuhan bed rumah sakit telah menurun.

ppkm resmi diperpanjang

Sebelumnya, PPKM Darurat telah berlangsung selama dua pekan pada 3 hingga 20 Juli 2021. Kebijakan PPKM diputuskan setelah angka kasus Covid-19 mengalami lonjakan signifikan hingga melampaui 20 ribu penambahan kasus dalam sehari.

Kelangkaan mencari oksigen juga terjadi di mana-mana. Lihat juga: video kelangkaan oksigen sampai warga harus bergotong-royong berbagi oksigen. Mulanya, PPKM Darurat baru berlaku untuk wilayah Jawa dan Bali yang mencakup 44 kabupaten dan kota.

Namun setelah berlangsung lebih dari sepekan, pada 12 Juli, pemerintah memutuskan PPKM juga berlaku di wilayah non-Jawa dan Bali. PPKM di luar Jawa dab Bali meliputi 15 kota dan kabupaten di daerah-daerah dengan angka penyebaran virus corona tertinggi. Selama masa PPKM Ppkm resmi diperpanjang, pemerintah membatasi pergerakan mobilisasi penduduk.

Untuk perjalanan menggunakan semua moda transportasi, misalnya, warga diwajibkan membawa surat vaksinasi minimal dosis pertama dan hasil tes swab PCR maupun tes antigen yang menunjukkan hasil negatif Covid-19.

ppkm resmi diperpanjang

Bahkan untuk penumpang pesawat, syarat yang berlaku lebih ketat. Penumpang wajib membawa hasil tes swab PCR. Pengetatan mobilisasi juga berlaku untuk ppkm resmi diperpanjang. Entitas usaha non-sektor esensial dan kritikal diwajibkan memberlakukan work from home atau bekerja dari rumah untuk 100 persen karyawannya.

Ppkm resmi diperpanjang sektor esensial dibatasi dengan kapasitas maksimal 50 persen. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sebelumnya membantah jika PPKM Darurat 3-20 Juli 2021 tidak berjalan efektif.

Bila toh kasus Covid-19 terus melonjak, menurut dia, itu karena virus corona dengan varian delta memiliki karakteristik masa inkubasi 2 sampai 3 minggu. Luhut sempat menyebutkan PPKM Darurat telah memberikan dampak ke perekonomian. Ia mengaku telah memiliki tim khusus untuk mengamati dampak itu dan berharap dampak pada ekonomi ini tak terlampau lama terjadi. "Sampai berapa jauh kita boleh pergi.

Istilah saya itu, kalau kita membengkokkan sesuatu, mesti ada batasnya. Kalau bengkok full, pasti patah," kata Luhut saat membicarakan dampak PPKM Darurat ke ekonomi. Baca: Pergi ke AS Saat PPKM Darurat, Bahlil: Jokowi Ingin Microsoft Masuk ke RI
Suara.com - Pemerintah resmi menambah masa penerapan PPKM darurat hingga akhir Juli 2021.

Perpanjangan PPKM Darurat itu disebut sudah menjadi keputusan bulat Presisden Joko Widodo ( Jokowi). Penambahan masa PPKM darurat itu disampaikan oleh Menteri Koordinator (menko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy usai mengunjungi fasilitas shelter di Hotel UC UGM, Jumat (16/07/2021). "Sementara ini dari rapat pimpinan terbatas yang saya ikuti waktu di Sukoharjo, sudah diputuskan bapak Presiden, (PPKM Darurat) dilanjutkan sampai akhir Juli," ujar Muhadjir seperti dikutip dari SuaraJogja.co.id, Jumat.

Dia mengatakan jika keputusan Presiden Jokowi memperpanjang PPKM darurat bakal menimbulkan banyak risiko. Di antaranya penyeimbangan upaya pendisiplinan masyarakat pada protokol kesehatan dan standar PPKM serta bantuan sosial (bansos) yang dikucurkan bagi warga terdampak kebijakan tersebut. Baca Juga: Menag: Untuk Zona PPKM Darurat, Zona Merah dan Oranye, Salat Idul Adha di Rumah Dia pun mengatakan jika Pemerintah Pusat tidak bisa menanggung sendiri program bansos. Maka.

lanjutannya perlu ada gotong royong dari semua pihak termasuk civitas akademika untuk membuat gerakan bantuan masyarakat yang membutuhkan bantuan. "Seperti UGM ini, kita minta membaut gerakan membantu mereka yang kurang beruntung akibat kebijaksanakan ppkm darurat, untuk saling membantulah, menguluran tangan, termasuk sedekah masker karena bagaimanapun masyarakat dibawah, masker itu mahal dan tidak mungkin kita semua meminta pemerinta tanpa dibantu," paparnya.

ppkm resmi diperpanjang

Muhadjir menambahkan, peran serta semua pihak, termasuk perguruan tinggi sangat dibutuhkan dalam penanganan pandemi. Apalagi kasus COVID-19 di DIY masih saja tinggi selama PPKM Darurat. Salah satu peran yang diharapkan dari PT adalah pemanfaatan asrama mahasiswa sebagai shelter-shelter bagi pasien COVID-19.

Keberadaan selter ini diharapkan dapat berdampak positif pada upaya penanganan COVID-19 di DIY "Semakin banyak selter akan semakin meringankan beban rumah sakit. Rumah sakit hendaknya menjadi tumpuan terakhir, bukan semua langsung dibawa ke rumah sakit," tandasnya. Baca Juga: Ngeyel! Lelaki Ini Nekat Buka Paksa Penyekatan Jalan Gatot Subroto Barat Muhadjir berharap DIY bisa lebih bagus dalam penanganan pandemi, termasuk kenaikan kasus COVID-1i9 yang ppkm resmi diperpanjang.

Sebab secara potensi sebenarnya DIY memiliki banyak kampus yang bisa diandalkan dalam membantu penanganan COVID-19. IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWSJAKARTA, KOMPAS.com - PPKM diperpanjang sampai tanggal berapa? Itulah pertanyaan publik Tanah Air yang ramai di media sosial belakangan ini. Lalu apa jawaban resmi dari pemerintah?

ppkm resmi diperpanjang

PPKM atau Perberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat terus diperbaharui pemerintah. Belakangan, muncul wacana untuk memperpanjang pembatasan aktivitas tersebut sampai Agustus. Baca juga: Cara Cek Daftar Penerima BLT UMKM di Eform BRI Tahap 3 Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, keputusan PPKM Darurat diperpanjang atau tidak akan disampaikan dalam 2-3 hari ke depan.

ppkm resmi diperpanjang

Artinya, paling cepat keputusan itu diumumkan pada Senin (19/7/2021) atau Selasa (20/7/2021). "Saat ini kami sedang melakukan evaluasi terhadap, apakah PPKM dengan jangka waktu ini dibutuhkan perpanjang lebih lanjut. Kami akan laporkan (hasil evaluasi) kepada Bapak Presiden dan saya kira dalam 2-3 hari ke depan kita juga akan umumkan secara resmi (PPKM diperpanjang sampai tanggal berapa?)," kata Luhut dalam keterangannya dikutip pada Minggu (18/7/2021).

Baca juga: Tentang Kehilangan.

ppkm resmi diperpanjang

Luhut menjelaskan, untuk menjawab pertanyaan publik PPKM diperpanjang sampai tanggal berapa, ada dua indikator yang menjadi penilaian pemerintah dalam memutuskan kebijakan PPKM Darurat diperpanjang atau tidak. Pertama, yakni angka penambahan kasus Covid-19 dan yang kedua adalah ingkat pemanfaatan tempat tidur rumah sakit atau bed ppkm resmi diperpanjang ratio (BOR). "Beberapa relaksasasi bisa dilakukan jika indikator penambahan kasus konfirmasi dan bed occupancy ratio-nya semakin baik," kata dia.

Kendati demikian, lanjutnya, penurunan mobilitas tersebut tidak serta-merta tercerminkan dalam penurunan jumlah kasus konfirmasi Covid-19 harian, lantaran ada masa inkubasi penularan virus sekitar 14-21 hari.

Terlebih varian Delta memiliki tingkat penularan 7 kali lebih tinggi dari varian sebelumnya. Baca juga: Syarat Ppkm resmi diperpanjang Naik Kereta Api Terbaru Selama PPKM Darurat "Hasil penelitian dari berbagai institusi dibutuhkan waktu kurang lebih 14-21 hari untuk kemudian penambahan kasus ini mulai rata dan menurun. Hal itu sangat mungkin terjadi jika kita semua konsisten terhadap pelaksanaan PPKM ini," ungkap Luhut.

Sementara solusi yang bersifat permanen dari penanganan pandemi adalah menjalankan ppkm resmi diperpanjang kesehatan yang ketat dan mempercepat program vaksinasi untuk menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity). Berita Terkait Luhut: Masih Evaluasi, Keputusan Perpanjangan PPKM Darurat Diumumkan 2-3 Hari Lagi Luhut: Saya Minta Maaf jika Penanganan PPKM Darurat Belum Optimal Luhut: PPKM Darurat Beri Harapan Covid-19 Varian Delta Bisa Diturunkan Luhut: Kebijakan PPKM Darurat Bukan Pilihan yang Mudah bagi Pemerintah Keputusan PPKM Diperpanjang atau Tidak Paling Cepat Diumumkan 19 Juli Berita Terkait Luhut: Masih Evaluasi, Keputusan Perpanjangan PPKM Darurat Diumumkan 2-3 Hari Lagi Luhut: Saya Minta Maaf jika Penanganan PPKM Darurat Belum Optimal Luhut: PPKM Darurat Beri Harapan Covid-19 Varian Delta Bisa Diturunkan Luhut: Kebijakan PPKM Darurat Bukan Pilihan yang Mudah bagi Pemerintah Keputusan PPKM Diperpanjang atau Tidak Paling Cepat Diumumkan 19 Juli
Jakarta - Info terkait PPKM darurat resmi diperpanjang hingga kini belum jelas kebenarannya.

Namun kabar tersebut sudah telanjur menyebar di media sosial hingga jadi perbincangan warga Jawa Timur. Diketahui dalam kabar-kabar yang beredar, Polda Jatim disebut sudah resmi memperpanjang PPKM darurat hingga 2 Agustus mendatang. Padahal informasi tersebut tidak benar atau hoax.

ppkm resmi diperpanjang

Baca juga: Makna Episenter Pandemi yang Kini Disematkan ke Indonesia Klarifikasi Polda Jatim Soal Info PPKM Darurat Resmi Diperpanjang Sebuah surat yang disebut berasal dari Polda Jatim terkait perpanjangan PPKM darurat beredar di media sosial dan grup WhatsApp sehingga menjadi pembicaraan warga Jatim.

Tertulis, PPKM akan diperpanjang hingga 2 Agustus 2021. Polda Jatim pun angkat bicara mengenai kabar tersebut melalui instagram @divisihumaspolri pada Rabu (14/7) lalu. Kabar tersebut diketahui tidak benar alias hoax. "Faktanya, surat telegram Kapolda Jawa Timur dengan Nomor: STR/759/VII/OPS.2/2021 tertanggal 3 Juli 2021 itu terkait Operasi Aman Nusa II Semeru," demikian keterangan yang tertulis di laman instagram Divisi Humas Polri.

Dalam surat itu, tertulis durasi Operasi Aman Nusa II Semeru berlangsung selama 31 hari mulai 3 Juli 2021 hingga 2 Agustus 2021. Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko menjelaskan operasi tersebut dan PPKM darurat berbeda. "Durasi Operasi Aman Nusa II memang berbeda dengan durasi PPKM darurat. Pelaksanaan PPKM darurat dilaksanakan selama 2 minggu dimulai sejak 3 hingga 20 Juli 2021 dan Operasi Aman Nusa II Semeru dilaksanakan selama 1 bulan, dimulai sejak 3 Juli 2021 hingga 2 Agustus 2021," kata Ppkm resmi diperpanjang.

"Jika nantinya PPKM darurat akan diperpanjang, belum tentu Ppkm resmi diperpanjang Aman Nusa II juga akan berlanjut," lanjutnya.

ppkm resmi diperpanjang

Baca juga: Wacana PPKM Diperpanjang hingga 6 Minggu, Kadin Jatim: Pengusaha Pusing Awal Mula Info PPKM Darurat Resmi Diperpanjang Beredar Awal mula terkait info PPKM darurat resmi diperpanjang berasal dari bahan paparan Menkeu yang beredar. Dalam dokumen tersebut disampaikan skenario perpanjangan PPKM melihat tingginya kasus COVID-19 imbas varian baru Delta. "PPKM darurat selama 4-6 minggu dijalankan untuk menahan penyebaran kasus. Mobilitas masyarakat diharapkan menurun signifikan," tulis bahan paparan Menkeu Sri Mulyani Indrawati saat rapat bersama Banggar DPR RI Senin (12/7) lalu.

Untuk merespons dampak negatif meningkatnya kasus COVID-19 dan adanya wacana perpanjangan PPKM darurat, pihaknya akan memperkuat APBN. Upaya tersebut antara lain dengan akselerasi vaksinasi, efektivitas PPKM darurat, dan kesiapan sistem kesehatan, baik fasilitas kesehatan maupun tenaga kesehatan. Baca juga: Aktivitas Warga Malam Hari di Yogya-Bali Turun, Zona Hitam Jadi Merah-Kuning Luhut Belum Jelaskan soal PPKM Darurat Resmi Diperpanjang Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan angkat suara terkait PPKM darurat.

Namun dirinya tak menjelaskan secara gamblang soal perpanjangan yang ppkm resmi diperpanjang hari terakhir ramai jadi perbincangan. Luhut menjelaskan terkait dampak perubahan selama PPKM darurat.

Menurutnya, beberapa wilayah Jawa-Bali mengalami penurunan, salah satunya aktivitas malam hari warga di Yogyakarta dan Bali.

Lebih lanjut, Luhut menyebut terkait kenaikan drastis kasus positif karena varian Delta. Meningkatnya kasus baru COVID-19 di RI disebut tak terprediksi. "Saya kira ini begini, kasus meroket ini sudah kita duga juga mungkin terjadi, tapi tidak kita duga secepat ini. Tapi dibalik-balik karena pemahaman kita mengenai Delta, varian ini juga banyak tidak paham betul. Anda sudah lihat, bukan hanya kita, banyak negara lain banyak yang kena, karena ilmu kita, ilmu dunia kedokteran juga belum sampai ke sana.

Saya selalu tanya teman-teman dokter mengenai ini," ujar Luhut merespons pertanyaan apakah PPKM ppkm resmi diperpanjang akan diperpanjang atau tidak. Perhitungan dan pengamatan terkait dampak ekonomi akibat PPKM darurat juga akan dilakukan.

Hal ini akan menjadi tolok ukur sampai kapan PPKM darurat dijalankan. "Tentu kita amati dengan cermat, kami ada tim juga yang mengamati sampai berapa jauh kita boleh pergi. Istilah saya itu kalau kita bengkokkan sesuatu, mesti ada batasnya. Kalau bengkok itu patah. Jadi kita mengamati betul masalah ekonomi ini, jangan sampai kelamaan juga, malah buat mati," ujar Luhut.

"Batasi pemulihan nasional sebenarnya kita sangat hati-hati melihat ini dan kami hitung sampai kapan kira-kira kami akan melakukan ini dan kemarin Presiden minta saya untuk evaluasi. Saya janji kepada Presiden besok atau nanti sore kami akan laporkan cara bertindak apa yang akan kita lakukan ke depan dengan data yang ada," lanjut dia.

Simak video 'Corona Pecah Rekor 54 Ribu, PPKM Darurat Jadi 6 Minggu?': [Gambas:Video 20detik] (izt/dhn)

Pemerintah Perpanjang PPKM Level 3 Namun Sejumlah Aturan Dilonggarkan




2022 www.videocon.com