Biaya mutasi mobil antar provinsi 2021

biaya mutasi mobil antar provinsi 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Beli mobil atau sepeda motor bekas tidak melulu berasal dari domisili sama, tetapi bisa juga dari luar kota. Ketika sudah beli, pemiliik baru wajib mengurus balik nama surat kendaraan bermotor.

Proses balik nama ini juga diikuti dengan melakukan mutasi kendaraan bermotor karena pindah lokasi kepemilikan, misalnya antar kota atau antar provinsi. Namun, tak sedikit yang malas melakukan mutasi untuk balik nama. Sebab, banyak yang beranggapan proses perpindahan tersebut terlalu ribet dan cukup memakan waktu. Baca juga: Beli Mobil Bekas, Begini Prosedur Balik Nama Kendaraan dan Biayanya Humas Badan Pendapatan Daerah ( Bapenda) DKI Jakarta Herlina Ayu, mengatakan, proses mutasi kendaraan hanya dilakukan jika kendaraan yang dibeli berasal dari luar daerah.

KompasOtomotif-donny apriliananda Rincian informasi biaya mutasi mobil antar provinsi 2021 balik nama motor atau biaya balik nama BPKB motor atau biaya balik nama sepeda motor. “Misalkan warga Jakarta membeli kendaraan dari luar Jakarta, maka perlu melakukan mutasi. Tetapi, kalau masih satu kota tidak perlu mutasi tetapi bisa langsung balik nama,” kata Herlina, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu. Berikut ini tata cara dan biaya yang diperlukan untuk mutasi kendaraan bermotor, seperti dikutip dari NTMC Polri.

Bagi anda yang berniat untuk melakukan mutasi, berikut syarat, alur dan biaya mutasi kendaraan bermotor seperti dikutip dari NTMC Polri. Baca juga: Balik Nama Kendaraan Tanpa KTP Pemilik Pertama, Ini Syaratnya Syarat Mutasi Kendaraan: 1.

BPKB 2. STNK 3. Cek Fisik Kendaraan (bisa dilakukan cek fisik bantuan di kantor Samsat terdekat) Kabar Terbaru Suzuki Jimny 5 Pintu, Punya Mesin Hybrid Meluncur 2022 https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/06/152100515/kabar-terbaru-suzuki-jimny-5-pintu-punya-mesin-hybrid-meluncur-2022 https://asset.kompas.com/crops/ROd90EVmcWFiUVUwxWvIA-MYl-A=/0x52:808x590/195x98/data/photo/2021/09/06/6135ab239662b.jpg • [ Mei 2022 ] Saldo Minimum dan Biaya Admin CIMB Niaga Bank Dan Asuransi • [ Mei 2022 ] Biaya Pembuatan CV di Notaris Jasa • [ Mei 2022 ] Biaya dan Tahapan Pendirian PT dengan 7 prosedur Industri dan Perdagangan • [ Mei 2022 ] Biaya Service Power Steering Elektrik Kendaraan • [ April 2022 ] Biaya dan Cara Mengurus Label SNI Layanan Umum Biaya mutasi mobil antar provinsi 2021 pengurusan mutasi mobil baik itu satu daerah ataupun antar provinsi cukup mudah untuk dilakukan.

Namun, kebanyakan orang lebih memilih menggunakan biro jasa atau calo pencabutan berkas STNK karena dinilai lebih praktis dan tidak ribet. Meskipun demikian, bukan berarti kegiatan mutasi mobil tersebut tidak bisa dilakukan sendiri. Bagi kalian yang hendak melakukan mutasi mobil antar provinsi, penting untuk mengetahui terlebih dahulu apa saja syaratnya serta berapa besar biaya administrasinya.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai apa saja syarat mutasi kendaraan roda empat ke lain daerah beserta kisaran biaya administrasinya. Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja simak baik-baik biaya mutasi mobil antar provinsi di bawah ini. Syarat Mutasi Mobil Antar Provinsi Ketika melakukan mutasi mobil antar provinsi, kendaraan tersebut nantinya akan berganti nomor polisi. Oleh sebab itu, proses cabut berkas beda daerah akan melibatkan polisi daerah setempat.

Daripada penasaran, berikut adalah syarat mutasi mobil antar provinsi. • STNK asli beserta fotokopiannya. • BPKB asli beserta fotokopiannya. • KTP asli beserta fotokopiannya. • Kwitansi pembelian mobil yang dibubuhi materai. Baca Juga: Info Biaya Service Kompresor AC Mobil Prosedur Mutasi Mobil Antar Provinsi Setelah melengkapi semua syarat di atas, selanjutnya kalian juga harus tahu bagaimana prosedur mutasi atau cabut berkas mobil antar provinsi.

Ketika melakukan kegiatan tersebut, kalian akan melewati serangkaian prosedur pencabutan berkas. Sebelum membahas biaya mutasi mobil antar provinsi lebih lanjut, sebaiknya ketahui tata caranya terlebih dahulu. Cek Fisik Kendaraan Langkah pertama yaitu datangi kantor Samsat terdekat untuk melakukan cek fisik kendaraan.

Nantinya petugas Samsat akan melakukan penggesekkan nomor-nomor yang ada pada kendaraan seperti nomor mesin serta nomor rangka. Bisanya proses ini hanya membutuhkan waktu kurang lebih 5 menit.

biaya mutasi mobil antar provinsi 2021

Setelah berhasil melalui proses cek fisik kendaraan, kemudian kalian akan diarahkan dan diantar ke lokasi cek fiskal. Pada tahap ini kalian akan diminta untuk mengisi formulir dan lakukan pembayaran biaya administrasi mutasi mobil. Baca Juga: Biaya Pasang Telepon Rumah Telkom Proses Mutasi STNK Selanjutnya kunjungi loket pendaftaran serta mintalah formulir sekaligus balik nama.

Apabila formulir sudah terisi semuanya, serahkan kembali kepada petugas. Pada tahap ini juga kalian akan diminta untuk membayar biaya tanda terima berkas. Pengambilan Berkas Mutasi Pada hari yang telah dijadwalkan, silahkan datangi kantor Samsat untuk mengambil berkas mutasi kendaraan.

Lalu jika berkas sudah diterima, segera kunjungi kantor Samsat domisili atau provinsi tujuan. Penyerahan Berkas Mutasi STNK Apabila sudah sampai di kantor Samsat tujuan mutasi, serahkan semua berkas yang sudah dicabut dari Samsat daerah asal.

Namun sebelum berkas diterima, kendaraan juga harus melewati cek fisik sekali lagi untuk memastikan kepastian nomor rangka hingga mesin. Pembayaran Administrasi Setelah berhasil melalui cek fisik, segera datangi loket mutasi untuk menyerahkan semua berkas kendaraan serta melakukan pembayaran administrasi mutasi antar provinsi, termasuk BPKB asli. Jika proses pemeriksaan selesai, petugas akan mengembalikan BPKB asli beserta lembaran kertas tanda pembayaran STNK.

Jangan lupa ambil pelat nomor mobil yang baru di bagian pelat nomor. Biaya Mutasi Mobil Antar Provinsi Berdasarkan ketentuan perpajakan dari pemerintah, biaya mutasi mobil (BBN) yaitu sebesar 1% dari total harga pembelian kendaraan.

biaya mutasi mobil antar provinsi 2021

Maka dari itu, tarif mutasi antar provinsi tersebut dapat berbeda-beda tergantung jenis dan harga pembelian kendaraan. Baca Juga: Biaya & Cara Membuat Plat Nomor Motor dan Mobil Cantik Sebagai contoh harga pembelian kendaraan sekitar Rp 200.000.000, maka biaya mutasinya yaitu 1% x Rp 200.000.000 = Rp 2.000.000. Nah, untuk memberikan gambaran biaya mutasi mobil antar provinsi mulai dari proses awal pengurusan hingga selesai, berikut ini daftar rincian biayanya.

Keterangan Biaya Cek fisik Gratis Biaya fiskal Rp 250.000 Admin gudang kartu induk Rp 10.000 Admin mutasi keluar Rp 50.000 Admin mutasi masuk Rp 375.000 Biaya mutasi masuk (BBN) Rp 2.000.000 Penerimaan Negara Bukan Pajak STNK Rp 400.000 Penerimaan Negara Bukan Pajak BPKB Rp 100.000 Bisanya proses pengurusan mutasi mobil antar provinsi memakan waktu sekitar satu bulan. Nantinya pemilik kendaraan akan diberi tahu jadwal pengambilan berkas di kantor Samsat.

Jangan lupa untuk membawa bukti pembayaran mutasi kendaraan pada saat akan mengambil berkas tersebut.
Mutasi mobil wajib kamu lakukan saat pindah domisili atau daerah tempat tinggal.

Hal ini dilakukan untuk memudahkan kamu saat akan melakukan perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan membayar pajak mobil karena biasanya segala urusan administrasi kendaraan dilakukan sesuai domisili pemiliknya. Sebagai contoh, sebelumnya kamu beralamat di DKI Jakarta dengan plat kendaraan B.

Namun, karena urusan pekerjaan mengharuskan kamu pindah ke Yogyakarta. Maka, sebagai pemilik mobil dengan plat B kamu tidak diperbolehkan membayar pajak mobil maupun memperpanjang STNK di Yogyakarta. Semua urusan yang berkaitan dengan kendaraan tersebut harus dilakukan di Jakarta.

Mutasi mobil juga harus dilakukan jika kamu membeli mobil dari antar provinsi. Hal ini tentu membuat kamu kesulitan, bukan? Oleh karena itu, segera lakukan biaya mutasi mobil antar provinsi 2021 mobil begitu kamu pindah domisili antar provinsi. Jika bingung apa saja persyaratan yang harus dilengkapi, biaya mutasi mobil yang harus disiapkan, serta cara mutasi mobil, simak artikel ini sampai habis, ya.

Syarat mutasi mobil Sebelum membahas syarat mutasi mobil atau yang disebut juga cabut berkas mobilperlu kamu ketahui bahwa mutasi mobil maupun motor terbagi menjadi dua jenis, yakni: • mutasi satu daerah (provinsi) dan • mutasi lain daerah (antar provinsi). Sebab, beda jenis mutasi, beda pula persyaratannya. Biaya mutasi mobil antar provinsi dan antar daerah pun nantinya jelas berbeda.

Mutasi satu daerah atau provinsi adalah perpindahan alamat pemilik kendaraan dari satu wilayah Samsat ke wilayah Samsat lain, tapi nomor polisinya tetap sama.

Contoh, kamu pindah domisili dari Jakarta yang memiliki nomor polisi B ke Bekasi. Meskipun beda wilayah, tapi nomor polisinya tetap sama, yaitu B. Jadi, hanya fokus ke perpindahan alamat saja.

Sementara itu, pada mutasi lain daerah atau antar provinsi kamu tidak hanya mengurus perpindahan alamat saja, tetapi juga nomor polisi kendaraan. Lalu, biaya mutasi mobil antar provinsi 2021 saja syarat mutasi mobil yang harus disiapkan? Berikut persyaratannya yang dikutip dari NTMC Polri. • BPKB • STNK • Cek Fisik Kendaraan (bisa dilakukan cek fisik bantuan di kantor cek fisik di kantor Samsat terdekat) • Kwitansi Jual Beli (materai Rp 6.000) • KTP pemilik (daerah yang akan dituju) • Untuk badan hukum: • Salinan akta pendirian + 1 lembar foto copy • Keterangan domisili • Surat kuasa bermaterai cukup & ditandatangani oleh pimpinan serta dibubuhi cap badan hukum yang bersangkutan.

7. Untuk instansi pemerintah ( termasuk BUMN & BUMD ) : • Surat tugas atau surat kuasa bermaterai cukup & ditandatangani oleh pimpinan serta dibubuhi cap instansi yang bersangkutan.

Prosedur atau cara mutasi mobil antar provinsi Ketika ingin melakukan mutasi mobil ataupun motor, jangan lupa untuk membawa dokumen persyaratan yang sudah disiapkan agar proses mutasi bisa segera dilakukan.

Berikut cara mutasi mobil antar provinsi yang perlu kamu ketahui. Mempersiapkan dokumen Pastikan kamu sudah menyiapkan semua dokumen yang sudah disebutkan di atas untuk melakukan mutasi mobil. Persiapkan dengan cemat jangan sampai ada yang ketinggalan, ya. Mendatangi kantor Samsat Selanjutnya untuk melakukan mutasi mobil adalah Datangi kantor Samsat sesuai dengan alamat pada STNK.

Usahakan agar kamu datang sepagi mungkin untuk menghindari antrean. Langsung ke bagian cek fisik kendaraan dan serahkan kelengkapan berkas pada petugas. Mengisi formulir Selanjutnya, kamu akan mendapatkan formulir cek fisik dan diminta untuk melakukan fotokopi berkas.

biaya mutasi mobil antar provinsi 2021

Serahkan formulir cek fisik ke petugas. Nantinya, kamu dan petugas akan sama sama melakukan gesek nomor rangka dan mesin Bawa semua dokumen untuk difotokopi.

Serahkan semua berkas yang difotokopi ke loket cek fisik. Melakukan pembayaran Setelah proses gesek nomor rangka selesai, kamu akan diarahkan ke bagian fiskal untuk mengisi formulir dan membayar biaya mutasi mobil antar provinsi 2021 atau pajak yang tertunda. Ambil surat jalan untuk mengurus mutasi di domisili baru Langkah selanjutnya dari prosedur mutasi kendaraan antar provinsi adalah mengambil berkas kartu induk.

Setelah berkas kartu induk ada di tangan, bawa ke bagian mutasi dan serahkan di loket yang tersedia. Kamu akan mendapatkan surat jalan untuk mengurus mutasi di tempat domisili baru. Cara yang sama juga berlaku jika kamu membeli kendaraan bekas dari antar provinsi. Namun, setelah melakukan mutasi mobil atau motor bekas, sebaiknya kamu juga melakukan proses balik nama. Tujuannya sama, yaitu memudahkan kamu saat ingin membayar pajak kendaraan tahunan maupun lima tahunan.

Cara mutasi mobil online Untuk kamu yang sulit mencari waktu untuk datang ke kantor Samsat, kabar baiknya mutasi mobil ini bisa juga dilakukan secara onlinelho. Apalagi di tengah masa pandemi ini. Meskipun dikatakan onlinetetapi beberapa proses mutasi kendaraan masih mengharuskan Anda untuk datang ke kantor Samsat.

Berikut cara mutasi mobil online dilansir dari Daihatsu Indonesia. • Persiapkan dokumen persyaratan, seperti STNK, BPKBKTP asli pemilik, Kwitansi pembelian motor, dan materai Rp6.000 baik asli maupun fotokopian. • Datang ke kantor Samsat untuk melakukan cek fisik kendaraan. • Setelah dilakukan pengecekan fisik, kamu akan diberi form hasil cek fisik yang wajib diserahkan beserta dokumen yang sebelumnya sudah dipersiapkan.

• Datangi Direktorat Lalu Lintas untuk mengurus BPKB yang baru dengan cara seperti biasa. • Lakukan pengisian formulir data diri sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP) secara online tanpa harus menandatangani kantor Ditlantas lagi.

• Terakhir, kamu tinggal membayar biaya mutasi mobil atau motor dengan mendatangi kantor Samsat. Biaya mutasi mobil antar provinsi 2021 Besaran biaya mutasi mobil 2020 maupun tahun-tahun sebelumnya sebenarnya sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Berikut beberapa biaya yang perlu dikeluarkan oleh biaya mutasi mobil antar provinsi 2021 kendaraan untuk mengurus mutasi mobil sampai selesai.

• Biaya penerbitan kendaraan bermotor roda empat sebesar Rp250 ribu. • Biaya cetak BPKB baru Rp375 ribu. • Biaya penerbitan STNK baru Rp200 ribu. • Biaya pengesahan STNK roda empat Rp50 ribu. • Biaya cek fisik kendaraan Rp20 ribu. Namun, biaya mutasi mobil ini mungkin bisa sedikit berbeda jika kamu menggunakan biro jasa.

Biasanya, biaya mutasi mobil lewat biro jasa lebih mahal karena ada jasa yang harus dibayarkan. Jadi, sebisa mungkin dilakukan sendiri saja mutasi mobil ini karena lebih hemat dan aman. Biaya mutasi dan balik nama mobil bekas Untuk biaya mutasi mobil bekas sama biaya mutasi mobil antar provinsi 2021 karena sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016. Sementara untuk biaya balik nama mobil bekas setiap daerah memasang tarif yang berbeda-beda. Sebagai gambaran, berikut rincian biaya balik nama yang dikutip dari Suzuki Indonesia.

1. Biaya pendaftaran balik nama mobil Setiap kantor Samsat memiliki biaya pendaftaran yang berbeda-beda. Biasanya biaya pendaftaran ini berkisar antara Rp75 ribu – Rp100 ribu.

2. Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) Selain biaya pendaftaran, setiap daerah juga mematok biaya Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) yang harus dikeluarkan berbeda-beda.

Biaya ini dihitung dari beberapa persen harga beli kendaraan. Sebagai contoh, prosentase BBN-KB di Jakarta adalah 1% dari harga mobil. Untuk mengetahui berapa kisaran harganya, kamu bisa mencari tahu di Samsat terdekat. 3. Biaya Administrasi Untuk STNK Jumlah biaya untuk administrasi STNK mobil termasuk sangat murah. Biaya yang harus dikeluarkan hanya sebesar Rp50.000. 4. Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Biaya lain yang juga wajib kamu keluarkan adalah pajak kendaraan bermotor (PKB).

Untuk mengetahui besaran biayanya, kamu bisa melihatnya di STNK. Biasanya, biaya pajak kendaraan bermotor yang harus dikeluarkan setiap tahunnya sama. Namun, bisa juga mengalami penurunan seiring dengan bertambahnya usia mobil. Jika kamu memiliki lebih dari satu mobil, maka pajak kendaraan bermotor yang akan ditanyakan adalah pajak progresif yang mana besaran pajaknya bisa jadi lebih besar sesuai dengan jumlah mobil yang dimiliki.

5. Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Biaya sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas ini merupakan salah satu bentuk kebijakan pemerintah Indonesia. Sumbangan ini wajib dibayarkan jika kamu melakukan balik nama mobil. Jumlahnya juga tidak besar, hanya sebesar Rp143 ribu saja. 6. Penerbitan STNK, TNKB, BPKB, dan Surat Mutasi Jika ditotalkan, biaya balik nama mobil ini sekitar Rp925 ribu yang terdiri dari, biaya penerbitan STNK sebesar Rp200 ribu, penerbitan TNKB sebesar Rp100 ribu, penerbitan BPKB sebesar Rp375 ribu, dan biaya surat mutasi Rp250.000.

Demikian informasi mengenai mutasi mobil, mulai dari syarat mutasi mobil, cara mutasi mobil online dan offlinehingga biaya mutasi dan balik nama mobil. Semoga membantu. Kerugian bila tidak melakukan balik nama mobil saat membeli mobil bekas Saat membeli mobil bekas, kamu sebaiknya tidak melewatkan proses balik nama mobil ini.

Mengapa demikian? Berikut beberapa alasannya. Sulit ketika membayar pajak Setiap pemilik kendaraan bermotor wajib membayar pajak kendaraan setiap tahunnya sebagaimana yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2009. Ketika mobil bekas yang kamu beli statusnya masih pada penjual, maka itu akan mempersulit saat harus membayar pajak nantinya.

Kamu harus membayar Pajak Kendaraaan Bermotor (PKB) dengan membawa KTP pemilik lama. Aturan pajak progresif masih mengikat pemilik lama Mobil bekas yang belum dilakukan proses balik nama statusnya akan tetap di pemilik lama.

Jika pemilik lama mobil bekas memiliki lebih dari satu kendaraan, maka mobil bekas yang kamu beli terkena pajak progresif mobil. Kamu tentu tidak mau kan, sudah susah bayarnya lebih mahal pula! Oleh karena itu, cepat-cepat lakukan balik nama mobil, deh. Risiko terkena denda Jika proses balik nama kendaraan dilakukan pada saat STNK sudah jatuh tempo, maka kamu berpotensi untuk terkena denda.

Jadi, pastikan saat membeli mobil bekas, pajak mobil atau motornya masih aktif, ya. Tips dari Lifepal!

biaya mutasi mobil antar provinsi 2021

Selalu bayar pajak kendaraan kamu tepat waktu untuk menghindari denda dan memudahkan proses seperti mutasi mobil ini, ya. Membayar pajak kendaraan tepat waktu merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sebagai warga negara yang baik. Cari tahu asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan Asuransi mobil memberikan manfaat berupa penggantian biaya servis akibat kerusakan karena kecelakaan maupun bencana alam.

Dengan asuransi mobil kamu tidak perlu khawatir lagi jika terjadi sesuatu dengan mobil kamu. Cari tahu di Lifepal daftar asuransi mobil terbaik di Indonesia yang bisa kamu pertimbangkan menggunakan kuis di bawah ini. Kemudian, hitung perkiraan biaya premi asuransi yang mesti kamu bayarkan dengan kalkulator premi asuransi dari Lifepal. Pertanyaan seputar mutasi mobil Biaya mutasi mobil antar provinsi 2021 © 2022 Lifepal.

Bekerjasama dengan © 1992 PT Anugrah Atma Adiguna adalah pialang asuransi terdaftar dan diawasi oleh OJK sesuai KEP-018/KMK.17/1992 dan anggota APPARINDO 60-2001/APPARINDO/2019. Semua ulasan yang tertulis termasuk rating dilakukan oleh rekan pialang kami. Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru namun biaya mutasi mobil antar provinsi 2021 berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan / institusi keuangan.

Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial Anda. Advertisements Biaya Mutasi Mobil Antar Provinsi – Mutasi mobil atau cabut berkas mobil sebaiknya dilakukan apabila pemilik kendaraan hendak pindah domisili. Jika tidak dilakukan, maka kalian akan kerepotan terutama pada saat akan membayar pajak kendaraan ataupun saat memperpanjang STNK. Sebenarnya pengurusan mutasi mobil baik itu satu daerah ataupun antar provinsi cukup mudah untuk dilakukan.

Namun, kebanyakan orang lebih memilih menggunakan biro jasa atau calo pencabutan berkas STNK karena dinilai lebih praktis dan tidak ribet. Daftar Isi Artikel • Syarat Mutasi Mobil Antar Provinsi • Prosedur Mutasi Mobil Antar Provinsi • Cek Fisik Kendaraan • Proses Mutasi STNK • Pengambilan Berkas Mutasi • Penyerahan Berkas Mutasi STNK • Pembayaran Administrasi • Biaya Mutasi Mobil Antar Provinsi • Kesimpulan Meskipun demikian, bukan berarti kegiatan mutasi mobil tersebut tidak bisa dilakukan sendiri.

Bagi kalian yang hendak melakukan mutasi mobil antar provinsi, penting untuk mengetahui terlebih dahulu apa saja syaratnya serta berapa besar biaya administrasinya. Advertisements Ketika melakukan mutasi mobil antar provinsi, kendaraan tersebut nantinya akan berganti nomor polisi.

Oleh sebab itu, proses cabut berkas beda daerah akan melibatkan polisi daerah setempat. Daripada penasaran, berikut adalah syarat mutasi mobil antar provinsi. • STNK asli beserta fotokopiannya. • BPKB asli beserta fotokopiannya. • KTP asli beserta fotokopiannya. • Kwitansi pembelian mobil yang dibubuhi materai. Prosedur Mutasi Mobil Antar Provinsi Setelah melengkapi semua syarat di atas, selanjutnya kalian juga harus tahu bagaimana prosedur mutasi atau cabut berkas mobil antar provinsi.

Ketika melakukan biaya mutasi mobil antar provinsi 2021 tersebut, kalian akan melewati serangkaian prosedur pencabutan berkas. Sebelum membahas biaya mutasi mobil antar provinsi lebih lanjut, sebaiknya ketahui tata caranya terlebih dahulu. Cek Fisik Kendaraan Langkah pertama yaitu datangi kantor Samsat terdekat untuk melakukan cek fisik kendaraan.

Nantinya petugas Samsat akan melakukan penggesekkan nomor-nomor yang ada pada kendaraan seperti nomor mesin serta nomor rangka. Bisanya proses ini hanya membutuhkan waktu kurang lebih 5 menit. Setelah berhasil melalui proses cek fisik kendaraan, kemudian kalian akan diarahkan dan diantar ke lokasi cek fiskal. Pada tahap ini kalian akan diminta untuk mengisi formulir dan lakukan pembayaran biaya administrasi mutasi mobil.

Proses Mutasi STNK Setelah berhasil melalui cek fisik, segera datangi loket mutasi untuk menyerahkan semua berkas kendaraan serta melakukan pembayaran administrasi mutasi antar provinsi, termasuk BPKB asli. Jika proses pemeriksaan selesai, petugas akan mengembalikan BPKB asli beserta lembaran kertas tanda pembayaran STNK. Jangan lupa ambil pelat nomor mobil yang baru di bagian pelat nomor. Biaya Mutasi Mobil Antar Provinsi Berdasarkan ketentuan perpajakan dari pemerintah, biaya mutasi mobil (BBN) yaitu sebesar 1% dari total harga pembelian kendaraan.

Maka dari itu, tarif mutasi antar provinsi tersebut dapat berbeda-beda tergantung jenis dan harga pembelian kendaraan. Sebagai contoh harga pembelian kendaraan sekitar Rp 200.000.000, maka biaya mutasinya yaitu 1% x Rp 200.000.000 = Rp 2.000.000. Nah, untuk memberikan gambaran biaya mutasi mobil antar provinsi mulai dari proses awal pengurusan hingga selesai, berikut ini daftar rincian biayanya.

Keterangan Biaya Cek fisik Gratis Biaya fiskal Rp 250.000 Admin gudang kartu induk Rp 10.000 Admin mutasi keluar Rp 50.000 Admin mutasi masuk Rp 375.000 Biaya mutasi masuk (BBN) Rp 2.000.000 Penerimaan Negara Bukan Pajak STNK Rp 400.000 Penerimaan Negara Bukan Pajak BPKB Rp 100.000 Bisanya proses pengurusan mutasi mobil antar provinsi memakan waktu sekitar satu bulan. Nantinya pemilik kendaraan akan diberi tahu jadwal pengambilan berkas di kantor Samsat.

Jangan lupa untuk membawa bukti pembayaran mutasi kendaraan pada saat akan mengambil berkas tersebut. Kesimpulan Itulah sekiranya penjelasan dari Biayatarif terkait biaya mutasi mobil antar provinsi beserta syarat dan tata cara melakukannya. Sebelum melakukan cabut berkas kendaraan, alangkah baiknya lakukan pengecekan kondisi mobil terlebih dahulu seperti SERVICE ALTERNATOR MOBIL, service kaki-kaki mobil dan lain biaya mutasi mobil antar provinsi 2021.

Hal tersebut bertujuan agar nantinya proses cek fisik di kantor Samsat dapat berjalan lancar. Artikel Terbaru • 2 Biaya Infus Whitening di Larissa 2022 : Tujuan, Prosedur & Risiko • 11 Biaya Cek Darah di Klinik 24 Jam 2022 : Prosedur & Risiko • √ Biaya Cek Jantung Lengkap di Prodia 2022 : Prosedur & Risiko • √ Biaya Cek Golongan Darah di Kimia Farma Semua Cabang 2022 • 2 Biaya Kuliah Bina Sarana Informatika 2022 : Syarat & Cara Daftar
STNK asli dan fotocopy.

5 Fungsi Spring Buffer Pada Mobil. Cara Syarat Dan Biaya Mutasi Mobil Tahun 2021 Jakarta Dalam mengurus mutasi atau mencabut berkas Surat Tanda Nomor Kendaraan STNK seringkali orang memanfaatkan jasa calo. Biaya mutasi mobil antar provinsi. Syarat Biaya Cabut Berkas 6 min read Agustus 12 2019 Cara Mutasi Motor Antar Provinsi Cabut berkas atau sering disebut mutasi adalah proses registrasi ulang kepemilikan kendaraan bermotor yang disesuaikan dengan alamat pemilik kendaraan yang.

Sebenarnya pengurusan mutasi mobil baik itu satu daerah ataupun antar provinsi cukup mudah untuk dilakukan. 9 Motor Sport yang Cocok untuk Tinggi Badan 150 cm 2021.

Biaya cabut berkas atau mutasi mobil ditaksir mulai Rp250000 belum termasuk tarif lainnya.

biaya mutasi mobil antar provinsi 2021

Begitulah panduan mengenai prosedur syarat dan biaya cabut berkas mobil. Lha kalau biaya mutasi mobil antar provinsi 2021 motor 4jt tp biaya urus mutasi sampai 800an ribu yg mending ga usah diurus. Biaya Mutasi Balik Nama STNK BPKB kendaraan bermotor dari Biaya Mutasi Balik Nama dari Jakarta Depok Tangerang Bekasi Ke Medan SUMUT. Datangi kantor Samsat sesuai dengan alamat pada STNK. Mengutip situs resmi Auto2000 biayanya diatur dalam Peraturan Pemerintah PP Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak PNBP yang Berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Selain membayar biaya perpanjangan pajak kendaraan roda dua pelanggan juga harus membayar ongkos biro jasanya. Pada dasarnya biaya mutasi motor lewat biro jasa sedikit lebih murah dibandingkan MUTASI MOBIL ANTAR PROVINSIBiasanya biaya untuk perpanjangan pajak motor lewat biro jasa berkisar antara Rp 150000 hingga Rp 300000. Untuk itu bersiaplah mergoh kocek yang dalam saat anda mengurus balik nama dan mutasi motor dan mobil anda. Mutasi antar daerah.

Penerimaan Negara Bukan Pajak STNK. Nantinya pemilik kendaraan akan diberi tahu jadwal pengambilan berkas di kantor Samsat.

biaya mutasi mobil antar provinsi 2021

BPKB asli dan fotocopy. Berapa uang yang mesti dibawa ketika mengurus mutasi mobil bekas. Biaya Mutasi Mobil Bekas Sekarang mari menuju salah satu pertanyaan terpenting.

biaya mutasi mobil antar provinsi 2021

Cara mutasi motor yaitu dengan mendatangi kantor Samsat tempat. Berkas-berkas yang harus dilengkapi saat mengurus mutasi antar provinsi yaitu sebagai berikut. Ini biasa dilakukan ketika pembelian motor atau mobil baru yang berada di daerah lain. Alasannya proses ini bagi mereka cukup merepotkan dan juga menyita waktu bolak-balik ke kota asal pelat nomor kendaraan diterbitkan. Biaya penerbitan stnk rp100000 3. Proses mutasi ada 2 macam yaitu. Penerimaan Negara Bukan Pajak BPKB. Biaya Mutasi Mobil Antar Provinsi Mutasi mobil atau cabut berkas mobil sebaiknya dilakukan apabila pemilik kendaraan hendak pindah domisili.

biaya mutasi mobil antar provinsi 2021

Rp375000 Biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak BPKB. Baik itu pindah alamat karena masalah pekerjaan ataupun yang lain. Langsung datangi tempat cek fisik kendaraan. Mutasi Motor Antar Provinsi Mutasi kendaraan bermotor merupakan salah satu proses penggantian data pada dokumen kendaraan STNK BPKB yang dikarenakan pemilik dokumen tersebut pindah alamat.

Jika tidak dilakukan maka kalian akan kerepotan biaya mutasi mobil antar provinsi 2021 pada saat akan membayar pajak kendaraan ataupun saat memperpanjang STNK. Bisanya proses pengurusan mutasi mobil antar provinsi memakan waktu sekitar satu bulan. Cara Mutasi Motor Luar Daerah Antar Provinsi Kota Kota ke Kabupaten Mutasi kendaraan bermotor diperlukan agar status kendaraan berubah kepemilikan sesuai dengan tempat tinggal dari pemiliknya.

Rp100000 Biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak STNK. Biaya Mutasi Motor Antar Kabupaten dan Antar Provinsi Serta Syarat Dokumen Mutasi Motor dan Informasi Mengenai Prosedur atau Cara Mutasi Motor Terlengkap.

Biro Jasa Pengurusan Perpanjangan Pajak STNK Motor – Mobil antar Dalam – Luar Kota Kabupaten Provinsi Pulau Balik Nama BPKB Mutasi Keluar Masuk Cabut Bendel Berkas File Data yang ada di Surabaya melayani Kendaraan Bermotor Roda 2 Dua Mobil Roda 4 Empat Truk Ex BekasTaxi dan Pengurusan Uji KIR atau Perpanjangan Pajak per-1 tahun tahunan 5 tahun Mutasi Masuk.

Sebelum kamu pergi ke kantor Samsat untuk mengurus dan membayar biaya mutasi mobil pastikan kamu membawa persyaratan administrasinya. Cara Mutasi Motor Antar Provinsi 2021. Kuitansi pembelian motor yang bermaterai 6000. Pasalnya harga mobil baru di Indonesia sangat. Mutasi mobil atau cabut berkas mobil sebaiknya dilakukan apabila pemilik kendaraan hendak pindah domisili.

Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor. 25 Cara Mutasi Motor Antar Provinsi 2021. Biaya mutasi mobil antar provinsi 2021 seseorang yang memiliki kendaraan bermotor termasuk mobil pindah alamat ke kabupaten atau provinsi yang berbeda biasanya diperlukan melakukan cabut berkas atau mutasi keluar.

Jika tidak dilakukan maka kalian akan kerepotan terutama pada saat akan membayar pajak kendaraan ataupun saat memperpanjang STNK. Berikut ini adalah dokumen-dokumen yang harus kamu bawa. Biaya mutasi masuk BBN Rp 2000000. Biro Jasa TUSENLI menerima pengurusan mutasi antar daerah kendaraan bermotor milik perusahaan PT dan corporate antar Samsat daerah antar. Toyota Rush Low SUV Tampan dan Ekonomis. Pembuatan BPKB Baru. Rincian Biaya Mutasi dan Balik Nama Kendaraan.

KTP asli dan fotokopinya jika KTP elektronik masih belum jadi gunakan KTP sementaraSIM. Syarat Mutasi Mobil. Bendi Besar No24 Kebayoran Lama Utara. Makin Gampang Urus Cabut Berkas STNK Kendaraan Antar Provinsi. Biaya mutasi dan balik nama motor antar provinsi. Usahakan agar datang sepagi mungkin untuk menghindari antrian 2. Informasi balik nama mobil mutasi 2021 Kamu jangan sampai menggunakan jasa calo apalagi harus membayar mahal untuk itu ya.

Mutasi pada 1 daerah dan mutasi lain daerah. Biaya Mutasi Balik Nama STNK BPKB kendaraan bermotor dari Jakarta Depok Tangerang Bekasi Ke ACEH. Saya mau mutasi dan balik nama. KTP asli pemilik baru dan fotocopy. Info Biaya Mutasi Mobil Antar Provinsi Agustus 2021. Mutasi motor selain fisik kendaraan yang biasanya berpindah lokasi sekaligus merupakan perpindahan lokasi pembayaran pajak kendaraan bermotor namun masih dalam wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia NKRI baik antar kabupaten maupun antar provinsi.

biaya mutasi mobil antar provinsi 2021

Rp50000 Biaya admin mutasi masuk. Kemudian biaya SWDKLLJ surat mutasi untuk balik nama mobil bekas dari luar daerah hingga biaya pendaftaran balik nama mobil yang biasanya Rp 100000. Biaya admin mutasi keluar. Yang pertama kita akan bahas cara mutasi mobil antar propinsi terlebih dahulu berikut adalah tata cara mutasi kendaraan online 2020 yang perlu kamu tahu diantaranya.

Info Biaya Mutasi Mobil Antar Provinsi Terbaru Biaya Info 22 Cara Mutasi Motor Antar Provinsi 2021 Syarat Biaya Cabut Berkas Biaya Mutasi Mobil Antar Provinsi 2021 Syarat Prosedur Biaya Mutasi Mobil Antar Provinsi 2021 Syarat Prosedur Biaya Mutasi Mobil Antar Provinsi 2021 Syarat Prosedur Mega Biro Jasa Mudahnya Mengurus Surat Kendaraan Dengan Biro Jasa Kendaraan Gerak Nama Biaya Mutasi Mobil Antar Provinsi 2021 Syarat Prosedur Biaya Cabut Berkas Mobil Cara Dan Syarat Terbaru 2021 Otoflik Kategori mobil Tag antar, biaya, mobil, provinsi Navigasi Tulisan Rekomendasi • Cara Mengembalikan File Yang Terformat Di Kartu Memori Hp • Shampoo Yang Membuat Rambut Cepat Panjang • Cara Menghipnotis Orang Dengan Cepat Dan Mudah • Cara Membuat Emoticon Di Status Fb • Cara Memasang Foto Di Akun Google • Cerita Cinta Jarak Jauh Yang Menyakitkan • Cara Mengganti Background Biaya mutasi mobil antar provinsi 2021 Dengan Photoshop Cs4 • Power Bank Samsung 99000 Mah Berapa Kali Cas • Cara Agar Bibir Merah Alami Dan Permanen • Membuat Antena Yagi Dari Antena Tv • Cara Buat Kaldu Ayam Untuk Bayi
Ketika seseorang yang memiliki kendaraan bermotor, termasuk mobil, pindah alamat ke kabupaten atau provinsi yang berbeda, biasanya ia akan melakukan cabut berkas atau mutasi keluar.

Cabut berkas ini juga dilakukan jika terjadi jual beli kendaraan bekas dengan keberadaan kendaraan jauh dari kabupaten atau provinsi yang tertera pada BPKB dan STNK. Ilustrasi mutasi mobil (www.qz.com) Jika Anda akan pindah tempat tinggal, biasanya kendaraan baik mobil maupun sepeda motor juga akan dibawa pindah ke lokasi yang baru.

Untuk memudahkan administrasi, kendaraan bermotor pun secara administratif akan dipindahkan juga ke kepolisian daerah di tempat tinggal yang baru dan diberikan STNK dan TNKB baru.

[1] Berbeda dengan balik nama, mutasi prosesnya sedikit berbeda. Pasalnya, Anda harus melakukan cabut berkas di tempat asal kendaraan tersebut, lalu mendaftarkannya kembali di Samsat kota Anda. Dikutip dari akun Facebook resmi Divisi Humas Polri, syarat untuk mutasi kendaraan bermotor sebagai berikut. Syarat Mutasi Mobil • BPKB • STNK • Cek fisik kendaraan (bisa dilakukan cek fisik bantuan di kantor, cek fisik di kantor SAMSAT terdekat) • Kuitansi Jual Beli (materai Rp6.000).

• KTP pemilik (daerah yang akan dituju). • (Untuk badan hukum): salinan akta pendirian + 1 lembar fotokopi, keterangan domisili, surat kuasa plus materai cukup & ditandatangani oleh pimpinan serta dibubuhi cap biaya mutasi mobil antar provinsi 2021 hukum yang bersangkutan. • Untuk instansi pemerintah (termasuk BUMN & BUMD): surat tugas atau surat kuasa plus materai cukup & ditandatangani oleh pimpinan serta dibubuhi cap instansi yang bersangkutan.

Baca juga Info Terkini Kisaran Biaya Pindah Meteran Listrik PLN Siapkan seluruh dokumen tersebut baik asli maupun fotokopian sebanyak 2 lembar. Setelah semua persyaratan telah lengkap, maka saatnya Anda melakukan prosedur mutasi secara runtut sebagai berikut. Tata Cara Mutasi Mobil • Melapor ke Samsat (menurut pelat motor yang terdaftar sekarang).

• Menuju ke bagian loket mutasi (menyerahkan BPKB dan KTP daerah yang dituju). • Cek fisik (gesek nomor rangka dan mesin) membayar sejumlah biaya. • Kembali ke bagian mutasi (menyerahkan fotokopi BPKB, STNK, KTP, masing-masing rangkap dua). • Menuju ke bagian fiskal untuk membayar sejumlah biaya. • Kembali ke bagian mutasi, lalu membayar sejumlah biaya untuk mencabut berkas dari Samsat setempat. • Menunggu berkas keluar dengan jangka waktu tertentu. Penggunaan kendaraan bermotor akan mendapatkan surat jalan sementara.

• Setelah berkas keluar, lapor ke Samsat daerah tujuan untuk menyerahkan berkas-berkas yang diterima ke bagian mutasi. • Cek fisik kembali untuk membayar sejumlah biaya.

• Samsat akan cek silang ke Polda setempat bila mutasi lintas provinsi. • Menunggu STNK dan plat nomor yang baru dalam jangka waktu tertentu. • Setelah sesuai dengan lama waktu yang ditentukan, kembali ke Samsat untuk mengambil STNK dan pelat nomor baru, lalu membayar sejumlah biaya untuk pajak, STNK, pelat nomor, dan penulisan BPKB). • Menunggu BPKB yang di-update dengan waktu tertentu. • Mengambil BPKB yang telah di-update.

Baca juga Harga Las Argon Mini (Berbagai Merk) Seiring dengan berkembangnya teknologi, semua hal yang berkaitan dengan pemerintah seperti pengurusan KTP, BPKB, dan mutasi bisa dilakukan secara online.

biaya mutasi mobil antar provinsi 2021

Anda dapat menunggu semua berkas paling lama dua bulan. BPKB dan STNK baru berikut Biaya mutasi mobil antar provinsi 2021 yang sudah selesai bisa diambil di Kepolisian penerbit BPKB tujuan mutasi.

Lalu, berapa biaya yang diperlukan untuk cabut berkas atau mutasi mobil? Dilansir dari berbagai sumber, untuk pencabutan berkas nantinya pemilik kendaraan bakal diminta tambahan biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), sesuai PP nomor 60 tahun 2016. PP tersebut menerangkan mengenai jenis tarif atas jenis penerimaan negara bukan pajak yang berlaku di Polri. Untuk roda dua biayanya sebesar Rp150.000, dan kendaraan roda empat sebesar Rp250.000.

Ilustrasi: kantor SAMSAT Pada 2021, biaya untuk cabut berkas mobil di Samsat asal sebesar Rp250.000. Setelah itu, pemilik kendaraan juga akan dipungut biaya kembali sebesar Rp375.000 ketika masuk ke Samsat di kota tujuan.

Biaya ini belum termasuk biaya balik nama, penerbitan STNK, TNKB, dan BPKB. Besaran biaya tersebut masih biaya mutasi mobil antar provinsi 2021 seperti tahun 2020 lalu. Berikut ini rincian lengkap biaya mutasi mobil.

Biaya Mutasi Mobil Komponen Biaya Cek fisik Rp20.000 Biaya fiskal Rp250.000 Admin gudang kartu induk Rp10.000 Admin mutasi keluar Rp50.000 Admin mutasi masuk Rp375.000 Biaya mutasi masuk (BBN) 1% dari harga pembelian mobil Penerimaan negara bukan pajak STNK Rp400.000 Penerimaan negara bukan pajak BPKB Rp100.000 Baca juga Info Terkini Harga Truk Hino Lohan (Baru dan Bekas) Sebagai gambaran, dilansir dari situs bapenda.jabarprov.go.id, besaran pokok bea balik nama yang terutang dihitung dengan cara mengalikan tarif nilai jual kendaraan bermotor (NJKB) dengan tarif bea balik nama.

Tarif bea balik nama sesuai Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2010, ditetapkan sebagai berikut. Tarif Bea Balik Nama • 10% (sepuluh persen) untuk Kendaraan Bermotor orang pribadi, Badan, Pemerintah, Pemerintah Daerah, TNI, dan Polri. • 10 % (sepuluh persen) untuk Kendaraan Bermotor angkutan umum; dan • 0,75 % (nol koma tujuh puluh lima persen) untuk Kendaraan Bermotor alat-alat berat dan alat-alat besar.

Besaran pokok Pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor yang terutang dihitung dengan cara mengalikan tarif sebagaimana dimaksud pada tarif pajak dengan dasar pengenaan pajak.

Misalnya harga mobil pribadi memiliki NJKB sebesar Rp100 juta, maka Bea Balik Nama yang harus dibayarkan pemilik kendaraan adalah 1% x Rp100 juta = Rp1 juta. Jumlah tersebut belum termasuk biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) serta pajak kendaraan bermotor dan denda atau tunggakannya bila ada. Pembayaran Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor dilakukan pada saat pendaftaran.

[Update: Ditta] [1] Siswosoediro, Henry S. 2009. Buku Pintar Mengurus Surat & Dokumen Kendaraan Bermotor.

biaya mutasi mobil antar provinsi 2021

Jakarta: Visimedia. Hlm: 24 Pos terkait biaya mutasi mobil antar provinsi 2021 Update Harga Jack Hammer (Hitachi, Makita, Bosch, DCA dll) • Info Biaya Pembuatan dan Perpanjangan Paspor (Passport) Terkini • Info Terkini Harga Busi Avanza Original (All Merk) • Info Terkini Biaya Pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di Bekasi • Info Terbaru Harga Jack Stand (Berbagai Merk dan Ukuran) • Alamat Outlet & Update Harga Lapis Kukus Tugu Malang Kategori • Agribisnis • Aksesoris Mobil • Bank • Barang Second • Elektronik • Fashion • Gadget Mobile • HandPhone • Hobi • Jasa • Kerajinan • Kesehatan • Komputer • Kuliner • Kurir • Lain-lain • Mobil • Mobil Bekas • Pendidikan • Properti • Sepeda • Sepeda Motor • Sepeda Motor Second • Susu • Tablet • Tas • Telekomunikasi • TransportasiJAKARTA, KOMPAS.com - Mutasi Kendaraan dilakukan apabila pemilik kendaraan bermotor berpindah domisili atau daerah tempat tinggal, maka wajib mendaftar ulang registrasi sesuai dengan daerah tinggal yang baru.

Selain itu, mutasi dilakukan untuk mengganti BPKB dan STNK yang lama dengan yang baru. Karena pada saat pindah dpmisili, pelat nomor kendaraan juga akan berganti dengan yang baru sesuai domisili.

Baca juga: Ramai Soal Pelat Mobil RFS yang Dipakai Rachel Venya, Ini Aturannya Apabila kendaraan tidak dimutasi, maka pemilik kendaraan akan kerepotan saat harus membayar pajak atau memperpanjang STNK. Hal ini karena karena pengurusan administrasi kendaraan terikat pada domisili pemiliknya.

biaya mutasi mobil antar provinsi 2021

Humas Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI Jakarta Herlina Ayu mengatakan, proses mutasi kendaraan hanya dilakukan jika kendaraan yang dibeli berasal dari luar daerah. ari petugas melakukan cek fisik kendaraan yang pajak lima tahunan di Samsat Kota Solo “Misalkan warga Jakarta membeli kendaraan dari luar Jakarta, maka perlu melakukan mutasi. Tetapi, kalau masih satu kota tidak perlu mutasi tetapi bisa langsung balik nama,” kata Herlina kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Motor Trail Honda CRF150L Punya Baju Baru, Harga Masih Sama Sebagai syarat untuk melakukan mutasi, pemilik kendaraan harus menyiapkan dokumen berupa: • Biaya mutasi mobil antar provinsi 2021 Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) • Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) • Cek Fisik Kendaraan (bisa dilakukan cek fisik bantuan di kantor Samsat terdekat) • Kwitansi Jual Beli (meterai Rp.

6000) • KTP pemilik (daerah yang akan dituju) Sedangkan untuk mutasi kendaraan badan hukum syaratnya yakni salinan akta pendirian dan 1 lembar fotokopi, Keterangan domisili, dan Surat kuasa bermeterai cukup dan ditandatangani oleh pimpinan serta dibubuhi cap badan hukum yang bersangkutan.

Kemudian untuk kendaraan instansi pemerintah termasuk BUMN dan BUMD syaratnya dengan surat tugas atau surat kuasa bermeterai cukup dan ditandatangani oleh pimpinan serta dibubuhi cap instansi yang bersangkutan. ari purnomo sejumlah warga melakukan pengurusan pajak kendaraan bermotor di kantor Samsat. Untuk alur mutasi kendaraan, berikut alur yang perlu dilakukan oleh pemilik kendaraan. • Silakan anda datang ke kantor Samsat sesuai dengan BPKB pemilik pertama di mana kendaraan tersebut didaftar.

biaya mutasi mobil antar provinsi 2021 Apabila anda melakukan cek fisik bantuan silakan hasil cek fisik tersebut dilegalisir terlebihdahulu. • Kemudian berkas tersebut didaftarkan ke loket bagian mutasi luar daerah. • Setelah berkas keluar silahkan (untuk Samsat DKI Jakarta) daftarkan ke bagian mutasi yang ada di Lt.1 Gedung TMC Ditlantas Polda Metro Jaya. • Setelah proses No. 4 selesai, silahkan kembali ke kantor Samsat untuk pengambilan fiskal dan arsip kendaraan tersebut.

• Setelah itu silahkan daftarkan berkas tersebut ke kantor Samsat yang dituju. Untuk besaran biaya penerbitan surat mutasi kendaraan bermotor ke luar daerah sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 76 Tahun 2020 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yakni sebesar Rp 150.000 untuk kendaraan bermotor roda dua atau tiga.

Baca juga: Catat, Ini Biaya Penerbitan SIM Baru di Indonesia

cara mutasi dan balik nama mobil




2022 www.videocon.com