Sebutkan dan jelaskan macam-macam penyerbukan

sebutkan dan jelaskan macam-macam penyerbukan

ASTALOG.COM – Penyerbukan, atau polinasi (dari bahasa Inggris, pollination cf. pollen, “serbuk sari”), adalah jatuhnya serbuk sari pada permukaan putik. Pada sebagian besar bunga, peristiwa ini berarti “jatuh pada bagian kepala putik”. Penyerbukan merupakan bagian penting dari proses reproduksi tumbuhan berbiji.

a. Penyerbukan oleh angin Bunga yang diserbukkan oleh angin mempunyai ciri-ciri sebagai berikut. Bunga tidak berwarna dan tidak mempunyai kelenjar madu. Serbuk sari jumlahnya banyak dan serbuk sari ini memili berat yang ringan sehingga mudah diterbangkan angin. Kelapa sari besar dan tangkai sari panjang serta bergoyang kalau ditiup angin.

Putiknya terentang keluat, panjang, dan berubulu. Contohnya adalah bunga, kelapa, rumput dan jagung. b. Penyerbukan oleh hewan Hewan yang umum berfungsi sebagai perantara penyerbukan adalah serangga, misalnya kupu-kupu dan lebah. Selain serangga, hewan lain yang dapat berperan sebagai perantara penyerbukan antara lain siput, burung dan kelelawar. Ciri-ciri bunga diserbukkan oleh hewan adalah berwarna-warna sebaga daya tarik, berbau harum, dan mempunyai kelenjar madu, Serbuk sarinya berlender sehingga dapat melekat di tubuh hewan, Putik tersebunyi dan berlendir.

Prosesnya terjadinya Kupu-kupu, lebah, dan kumbang akan datang dan menghisap madu, dan serbuk sari akan menempel di tubuhnya setelah itu, ketika serangga tersebut hinggap di bunga lain yang sejenis, penyerbukan pun terjadi. PELAJARI: Tuliskan Rumus dan Keterangan Energi Kinetik c. Sebutkan dan jelaskan macam-macam penyerbukan oleh air Penyerbukan ini terjadi pada tumbuhan yang bunganya terendam air, misalnya Hydrilla.

d. Penyerbukan oleh manusia Penyerbukan dapat dilakukan dengan pertolongan manusia, misalnya pada salak dan vanili. Bunga salak dan vanili berkelamin tunggal sehingga ada bunga jantan ada bunga betina. Proses terjadinya, bunga jantan yang penuh serbuk sari dipetik, kemudian di tempelkan pada bunga betina yang sudah masak.

sebutkan dan jelaskan macam-macam penyerbukan

Penyerbukan Berdasarkan Asal Serbuk Sari Macam-macam penyerbukan berdasarkan asal serbuk sari dibedakan menjadi 3 penyerbukan, diantaranya: a. Penyerbukan sendiri (Autogami) Penyerbukan sendiri adalah menempelnya serbuk sari dari suatu bunga pada kepala putik bunga itu sendiri.

Penyerbukan sendiri tidak menghasilkan keturunan yang bervariasi. Contohnya pada bunga telang dan bunga turi. PELAJARI: Fungsi Kulit Secara Umum b. Penyerbukan tetangga (Geitonogami) Penyerbukan tetangga adalah menempelnya serbuk sari dari suatu bunga pada kepala putik bunga lain yang masih berada pada satu tumbuhan. Contohnya pada bunga jagung. c. Penyerbukan silang (Alogami) Penyerbukan silang adalah menempelnya serbuk sari dari suatu bunga pada kepala putik yang lain berada pada tumbuhan lain yang sejenis.

Penyerbukan silang sering disebut persilangan. Persilangan dapat menimbulkan variasi keturunan karena terjadi perpaduan sifatdari dua tumbuhan induknya.

sebutkan dan jelaskan macam-macam penyerbukan

Misalnya persilangan antara bunga merah dengan bunga putih dapat menghasilkan bunga merah, merah muda, dan putih. Abiotik Polinasi abiotik mengacu pada situasi di mana penyerbukan dimediasi tanpa keterlibatan organisme lain. Hanya 10% dari tanaman berbunga diserbuki tanpa bantuan hewan. Bentuk yang paling umum dari penyerbukan abiotik, anemophily, adalah penyerbukan oleh angin.

Bentuk penyerbukan dominan di rumput, konifer kebanyakan, dan pohon deciduous banyak. Hydrophily adalah penyerbukan oleh air, dan terjadi pada tanaman air yang melepaskan serbuk sari mereka langsung ke dalam air sekitarnya. Sekitar 80% dari semua penyerbukan tanaman biotik. Dalam gymnosperma, penyerbukan biotik umumnya insidental, meskipun beberapa gymnosperma dan penyerbuk mereka saling disesuaikan untuk penyerbukan.

PELAJARI: Apakah Pengertian Dari Metabolisme Tubuh? Biotik Lebih umum, proses penyerbukan membutuhkan penyerbuk: organisme yang membawa atau memindahkan serbuk sari dari anther ke bagian reseptif dari putik. Ini adalah penyerbukan biotik. Ciri-ciri berbagai bunga (dan kombinasinya) yang diferensial menarik satu jenis penyerbuk atau lain dikenal sebagai sindrom penyerbukan. Di alam liar ada sekitar 200.000 jenis hewan penyerbuk, yang sebagian besar adalah serangga. Entomophily, penyerbukan oleh serangga, sering terjadi pada tanaman yang telah dikembangkan kelopak berwarna dan aroma yang kuat untuk menarik serangga seperti, lebah, tawon dan kadang-kadang semut (Hymenoptera), kumbang (Coleoptera), ngengat dan kupu-kupu (Lepidoptera), dan lalat (Diptera).

Dalam zoophily, penyerbukan dilakukan oleh vertebrata seperti burung dan kelelawar, khususnya, Kolibri, sunbirds, spiderhunters, honeyeaters, dan kelelawar buah. Tanaman disesuaikan dengan menggunakan kelelawar atau ngengat sebagai penyerbuk biasanya memiliki kelopak putih dan aroma yang kuat, sedangkan tanaman yang menggunakan burung sebagai penyerbuk cenderung untuk mengembangkan kelopak merah dan jarang mengembangkan aroma (beberapa burung bergantung pada indra penciuman untuk menemukan makanan nabati ).

Penyerbukan Anthropophily oleh manusia, seringkali penyerbukan buatan yang digunakan dalam teknik hibridisasi. KOMPAS.com – Tumbuhan merupakan salah satu makhluk hidup di muka bumi. Seperti makhluk hidup lainnya, tumbuhan dapat berkembang biak menciptakan keturunannya. Proses perkembangbiakan tumbuhan tidak lepas dari penyerbukan.

Dilansir dari U.S. Forest Service, penyerbukan adalah kegiatan mentransfer serbuk sari dari kepala bunga jantan ke kepala putik betina. Pertemuan serbuk sari dan putik akan mengakibatkan reproduksi seksual berupa peluruhan gamet pada tanaman. Penyerbukan pada tumbuhan biasanya dibantu oleh berbagai perantara yaitu angin, air, serangga, burung, dan juga manusia. Berikut penjelasannya: • Anemofili Dilansir dari Oxford Reference, anemofili atau anemogami adalah proses penyerbukan bunga yang serbuk sarinya dibawa oleh angin.

Anemofili terjadi karena serbuk sari terbawa oleh angin dan kemudian jatuh di kepala putik betina. Baca juga: Macam-macam Proses Penyerbukan Bunga Tumbuhan yang penyerbukannya dibantu oleh angin biasanya memiliki bunga yang kecil, tidak berwarna sebutkan dan jelaskan macam-macam penyerbukan, tidak sebutkan dan jelaskan macam-macam penyerbukan khusu, dan tidak memiliki nektar.

Bunga tumbuhan anemofili memiliki serbuk sari yang kecil dalam jumlah yang banyak, dan memiliki stigma yang besar juga lengket. • Hidrofili Hidrofili atau hidrogami adalah penyerbukan tumbuhan dengan perantara air. Hidrofili merupakan penyerbukan yang sangat langka, hanya sekitar 2% spesies tumbuhan yang menggunakan air sebagai perantara penyerbukannya.

Serbuk sari terbawa oleh air hingga bisa sampai ke kepala putik. Dilansir dari Biology Discussion, penyerbukan hidrofili terjadi melalui dua cara yaitu penyerbukan sepenuhnya dalam air (hypohydrogamous) dan penyerbukan yang terjadi dipermukaan air (epihydrogamous).

• Entomofili Entomofili atau entomogami adalah penyerbukan tumbuhan yang dilakuakn dengan bantuan serangga.
Liputan6.com, Jakarta Penyerbukan merupakan proses jatuhnya serbuk sari pada permukaan putik yang terjadi pada bunga dari tumbuhan.

sebutkan dan jelaskan macam-macam penyerbukan

Dalam prosesnya, ada macam-macam penyerbukan yang dilakukan. Macam-macam penyerbukan ini diklasifikasi berdasarkan asal serbuk sarinya dan lewat serbuk sari dari bunga tumbuhan sebutkan dan jelaskan macam-macam penyerbukan yang sejenis. Tak hanya itu, macam-macam penyerbukan juga dibedakan berdasarkan perantaranya bisa melalui komponen abiotic seperti angin atau air.

Selain itu, bisa juga melalui komponen biotik makhluk hidup seperti bantuan hewan atau manusia. Nah, bagi penikmat atau penggemar keindahan bunga dan pengamat tumbuhan, kamu sudah taka sing dengan macam-macam penyerbukan.

Tetapi, buat kamu yang baru mulai ingin berkecimpung di dalamnya, kamu perlu memahaminya terlebih dahulu. Berikut ada macam-macam penyerbukan yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (17/10/2019). Sebelum mengenal macam-macam penyerbukan, ada baiknya untuk mengetahui sedikit penjelasan dasar tentang penyerbukan.

Penyerbukan merupakan proses jatuhnya serbuk sari pada permukaan putik yang terjadi pada bunga dari tumbuhan. Penyerbukan juga biasa disebut dengan polinasi. Penyerbukan merupakan bagian penting dari proses reproduksi tumbuhan berbiji.

Hal ini dikarenakan pada tumbuhan generative memiliki alat perkembangbiakan berupa putik (betina) dan benang sari (jantan).

sebutkan dan jelaskan macam-macam penyerbukan

Nah, dengan penyerbukan yang berhasil akan diikuti dengan tumbuhnya buluh serbuk yang memasuki saluran putik menuju bakal biji. Di bakal biji inilah proses pembuahan terjadi. Ketika melakukan proses penyerbukan, ada macam-macam penyerbukan yang dilakukan pada tumbuhan.

Secara umum, klasifikasi penyerbukan dapat dibedakan berdasarkan asal serbuk sarinya. Apakah dari bunga itu sendiri atau dari bunga lain. Penyerbukan juga bisa dilakukan lewat serbuk dari bunga tumbuhan lain yang sejenis. Selain itu, macam-macam penyerbukan dapat dibedakan berdasarkan perantaranya. Ada yang melalui komponen abiotik seperti angin atau air. Ada juga yang menggunakan perantara lewat makhluk hidup lainnya seperti hewan atau bantuan manusia.

Macam-macam penyerbukan berdasarkan asal serbuk sarinya, ada empat macam penyerbukan yaitu penyerbukan sendiri (autogami), penyerbukan tetangga (geitonogami), penyerbukan silang (alogami), dan penyerbukan bastar (hybridogamy). Penyerbukan Sendiri (Autogami) Macam-macam penyerbukan yang pertama adalah penyerbukan sendiri atau biasa disebut sebagai autogomi merupakan jenis penyerbukan pada suatu bunga yang serbuk sarinya berasal dari bunga itu sendiri.

Artinya, serbuk sari yang jatuh ke kepala putih pada bunga itu sendiri. Penyerbukan ini secara tidak umum tidak menghasilkan keturunan yang bervariasi.

sebutkan dan jelaskan macam-macam penyerbukan

Ciri-ciri penyerbukan sendiri bunganya termasuk bunga sempurna yang memiliki kelamin jantan dan betina dalam 1 bunga saja. Contoh tumbuhan yang melakukan penyerbukan sendiri antara lain adalah mangga, jambu, bunga turi, bunga sepatu, rambutan, bunga telang, dan lain-lain. Penyerbukan Tetangga (Geitonogami) Macam-macam penyerbukan berikutnya adalah penyerbukan tetangga atau geitonogami. Penyerbukan ini merupakan sebutkan dan jelaskan macam-macam penyerbukan penyerbukan yang serbuk sarinya berasal dari bunga lain pada tumbuhan tersebut.

Artinya serbuk sari jatuh ke kepala putik pada bunga lain, tapi bunga itu masih terletak pada tumbuhan itu sendiri. Penyerbukan tetangga ini terjadi karena bunga jantan dan bunga betina pada tumbuhan tersebut tidak berada dalam satu bunga, sehingga membutuhkan 2 bunga dalam tumbuhan yang sama untuk melakukan proses penyerbukan.

Contoh tumbuhan yang melakukan penyerbukan tetangga antara lain adalah jagung, padi, kelapa, kelapa sawit, mawar merah, mawar putih, dan lain-lain. Penyerbukan Silang (Alogami) Pada penyerbukan silang atau alogami, jenis penyerbukan yang serbuk sarinya berasal dari bunga lain pada tumbuhan lainnya yang masih dalam jenis yang sama.

Artinya serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga lain yang berbeda tumbuhan, tapi masih sejenis. Penyerbukan ini kerap disebut dengan istilah persilangan atau kawin silang. Penyerbukan silang umumnya menghasilkan variasi keturunan karena perpaduan dua sifat tumbuhan induk.

sebutkan dan jelaskan macam-macam penyerbukan

Contoh tumbuhan yang melakukan penyerbukan silang antara lain adalah melinjo, kamboja, pinus, mawar, dan lain-lain. Umumnya semua tumbuhan bisa melakukan penyerbukan silang, khususnya dengan bantuan manusia. Penyerbukan Bastar (Hybridogamy) Penyerbukan bastar biasa disebut juga dengan hybridogamy, merupakan jenis penyerbukan yang serbuk sarinya berasal dari bunga lain pada tumbuhan lainnya yang berbeda jenis atau setidaknya mempunyai satu sifat beda.

Pada prosesnya, serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga lain yang berbeda varietas. Penyerbukan bastar umumnya akan menghasilkan varietas maupun spesies baru. Contoh tumbuhan yang melakukan penyerbukan bastar seperti mawar merah dengan mawar putih, lili kuning dengan lili merah mudah, jambu batu merah dan jambu batu putih, dan lain-lain.

Macam-macam penyerbukan berdasarkan perantaranya terbagi menjadi empat. Macam-macam penyerbukan tersebut berupa penyerbukan sendiri (autogami), penyerbukan tetangga (geitonogami), penyerbukan silang (alogami), dan penyerbukan bastar (hybridogamy).

Penyerbukan dengan Angin (Anemogami) Penyerbukan ini disebut juga dengan istilah anemogami atau anemofili. Jenis penyerbukan ini bisa terjadi pada bunga tumbuhan karena bantuan angin yang berhembus. Pada proses penyerbukan ini terjadi saat angin meniup serbuk sari sehingga terlepas dari tangkainya sehingga ia dapat masuk ke dalam kepala putik. Penyerbukan dengan bantuan angin umumnya terjadi pada bunga dengan mahkota kecil dan warnanya tidak mencolok.

Selain itu, bunga pada penyerbukan ini biasanya tidak mempunyai kelenjar madu (nektar), serbuk sarinya ringan, kepala putiknya besar, mempunyai tangkai sari yang panjang, dan jumlah serbuk sarinya banyak. Contoh tumbuhan yang melakukan penyerbukan dengan bantuan angin antara lain adalah kelapa, rumput, jagung, padi, kelapa sawit, dan lain-lain. Penyerbukan dengan Hewan (Zoidiogami) Penyerbukan ini berproses melalui bantuan hewan yang punya istilah zoidiogami atau zoidofili.

Macam penyerbukan ini bisa terjadi pada bunga tumbuhan karena bantuan hewan seperti kupu-kupu, lebah, kelelawar, siput, burung, atau serangga lainnya. Penyerbukan dengan bantuan hewan umumnya terjadi pada tumbuhan sebutkan dan jelaskan macam-macam penyerbukan bunga yang menarik. Ciri-cirinya bunga memiliki mahkota berukuran besar serta warna mahkotanya yang mencolok dan berwarna-warni.

Selain itu, biasanya bunganya memiliki bauh harum dan memiliki kelenjar madu (nektar). Penyerbukan dengan bantuan hewan termasuk jenis penyerbukan yang paling banyak terjadi.

Contoh tumbuhan yang melakukan penyerbukan dengan bantuan hewan antara lain adalah mawar, melati, kenangan, sepatu, dan lain-lain. Penyerbukan dengan Air (Hidrogami) Penyerbukan dengan bantuan air sebutkan dan jelaskan macam-macam penyerbukan juga dengan istilah hidrogami atau hidrofili.

sebutkan dan jelaskan macam-macam penyerbukan

Jenis penyerbukan ini bisa terjadi pada bunga tumbuhan karena air, yang membuat serbuk sari jatuh ke kepala putik. Proses penyerbukan ini terjadi karena bunga tumbuhan terendam air, bisa juga terjadi karena terkena air hujan, atau karena tumpahan air lainnya. Hal ini membuat serbuk sari rontok dan mendekati kepala putik. Tidak ada ciri khusus bunga yang melakukan penyerbukan jenis ini. Contoh tumbuhan yang melakukan penyerbukan dengan bantuan air antara lain adalah ganggang, hydrilia, dan lain-lain.

Penyerbukan Bantuan Manusia (Antropogami) Macam-macam penyerbukan yang terakhir dibantu oleh bantuan manusia. Jenis penyerbukan ini bisa terjadi pada bunga tumbuhan karena campur tangan manusia.

Ada beberapa tumbuhan yang tidak memungkinkan terjadinya proses penyerbukan jika tidak dibantu oleh manusia. Ciri-ciri tumbuhannya adalah memiliki serbuk sari dan kepala putik yang tidak dalam satu bunga tunggal, serta serbuk sarinya sulit rontok. Contoh tumbuhan yang melakukan penyerbukan dengan bantuan manusia antara lain adalah salak, vanili, semangka, buah naga, dan lain-lain.

Pengertian penyerbukan dan macam macam penyerbukan - Berbiicara tentang tumbuhan khususnya pada bunga, ada yang namanya penyerbukan yang berfungsi dalam proses perkembangbiakan.

Tahukah kamu apa yang dimaksud penyerbukan? Diantara kamu mungkin ada yang sudah tahu seperti apa yang dimaksud dengan penyerbukan. Tetapi untuk kamu yang belum pernah tahu seperti apa penyerbukan itu? Maka pada kesempatan yang baik ini kami akan mengulas tentang apa itu penyerbukan. Disini selain menjelaskan tentang arti dari sebutkan dan jelaskan macam-macam penyerbukan juga kami jelaskan tentang fungsi penyerbukan dan juga macam macam penyerbukan untuk menambah pengetahuan kita tentang arti penyerbukan pada tumbuhan.

Langsung saja silahkan simak penjelasannya di sini. 1. Pengertian Penyerbukan 2. Fungsi Penyerbukan 3. Macam macam Penyerbukan 3.1 Macam macam Penyerbukan Berdasarkan Jenis Perantaranya 3.2 Macam macam Penyerbukan Berdasarkan Asal Serbuk Sari Pengertian Penyerbukan Apakah penyerbukan itu?

jelaskan definisi dari penyerbukan? definisi penyerbukan adalah sebuah peristiwa menempelnya serbuk sari pada kepala putik. Penyerbukan disebut juga dengan persarian.

Kepala putik ada yang berbulu halus dan ada juga yang sebutkan dan jelaskan macam-macam penyerbukan. Kembali ke Menu Pembahasan ↑ Fungsi Penyerbukan Apa fungsi penyerbukan bagi tumbuhan berbunga? Fungsi penyerbukan pada tumbuhan berbunga adalah sangat memberikan manfaat dalam bentuk kemudahan, yaitu memudahkan serbuk sari melekat pada kepala putik. Pada jenis-jenis atau macam-macam penyerbukan, dikelompokan menjadi 2 kelompok yaitu macam-macam penyerbukan berdasarkan perantara dan berdasarkan dari asal serbuk sari, penjelasannya adalah sebagai berikut ini.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑ Macam macam Penyerbukan Sebutkan macam macam penyerbukan dan jelaskan? Macam macam penyerbukan adalah sebagai berikut: 1. Macam macam Penyerbukan Berdasarkan Jenis Perantaranya Sebutkan macam macam penyerbukan berdasarkan jenis perantaranya? Penjelaskan macam-macam penyerbukan berdasarkan jenis perantaranya adalah sebagai berikut ini. • Penyerbukan oleh angin, bunga yang disebukkan oleh angin memiliki ciri-ciri serperti ini: bunga tidak berwarna dan tidak memiliki kelenjar madu.

Serbuk sari jumlahnya ada banyakdan serbuk sari mempunyai berat yang ringan yang membuatnya mudah diterbangkan oleh angin. Kepala sari besar serta tangkai sari panjang dan bergoyang kalau tertiup oleh angin.

Putiknya terentang keluar, panjang serta berbulu. Contoh tumbuhan penyerbukan oleh angin adalah bunga, rumput, jagung dan kelapa. • Penyerbukan oleh hewan, hewan yang biasa berperan untuk perantara penyerbukan yaitu jenis serangga, misalkan lebah dan kupu-kupu. Selain hewan jenis serangga, hewan lain yang berperan untuk perantara penyerbukan yaitu burung, kelelawar, dan siput. Ciri ciri penyerbukan oleh hewan pada bunga yaitu bunga yang berwarna-warna sebagai daya tarik, memiliki kelenjar madu, berbau harum, serbuk sarinya berlendir sebutkan dan jelaskan macam-macam penyerbukan bisa melekat pada tubuh hewan, putik tersembunyi dan berlendir.

Proses terjadinya penyerbukan oleh hewan serangga yaitu pada saat lebah, kupu kupu ataupun kumbang datang dan menghisap madu, kemudian serbuk sari akan menempel pada tubuhnya, lalu pada saat serangga tersebut menghinggapi bunga yang lain yang sejenis, penyerbukan akan terjadi. • Penyerbukan oleh air, penyerbukan tumbuhan yang dibantu oleh air terjadi pada tumbuhan yang bunganya terendam oleh air. Contoh penyerbukan oleh air yaitu Hydrilla.

• Penyerbukan oleh manusia, penyerbukan dibantu oleh manusia misalnya yaitu pada vanili dan salak. Bunga vanili dan salak berkelamin tunggal sehingga terdapat bunga jantan dan bunga betina.

sebutkan dan jelaskan macam-macam penyerbukan

proses penyerbukan oleh manusia yaitu pada saat bunga jantan yang penuh dengan serbuk sari dipetik, lalu ditempelkan pada bunga betina yang telah masak.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑ 2. Macam macam Penyerbukan Berdasarkan Asal Serbuk Sari Sebutkan macam macam penyerbukan berdasarkan asal serbuk sari? Berikut ini kami jelaskan macam macam penyerbukan berdasarkan asal serbuk sari: • Penyerbukan sendiri disebut Autogami.

Penyerbukan sendiri merupakan menempelnya serbuk sari dari sebuah bunga pada kepala putik bunga itu sendiri. Penyerbukan sendiri tidak dapat menghasilkan keturunan yang beragam atau bervariasi.

Penyerbukan sendiri contohnya yaitu pada bunga turi dan bunga telang. • Penyerbukan tetangga disebut Geitonogami. Penyerbukan tetangga adalah peristiwa menempelnya serbuk sari dari sebuah bunga pada kepala putik bunga lain yang masih berada dalam satu tumbuhan.

Penyerbukan tetangga contohnya yaitu pada bunga jagung. • Penyerbukan silang disebut juga Alogami. Penyerbukan silang adalah penyerbukan yang terjadi jika menempelnya serbuk sari dari sebuah bunga pada kepala putik yang lain yang berada pada tumbuhan lainnya yang sejenis. Penyerbukan ini juga dikenal sebagai persilangan. Persilangan bisa menimbulkan variasi keturunan sebab terjadinya perpaduan sifat dari dua tumbuhan induknya.

Penyerbukan silang contohnya yaitu persilangan antara bunga merah dengan bunga putih yang bisa menghasilkan bunga merah, bunga putih dan bunga merah muda.
Bobo.id – Tahukah teman-teman? Penyerbukan pada tumbuhan dapat dibedakan menjadi dua. Sebutkan dan jelaskan macam-macam penyerbukan penyerbukan berdasarkan perantaranya dan ada penyerbukan berdasarkan asal serbuk sarinya.

Penyerbukan berdasarkan perantaranya dibedakan lagi menjadi empat macam, yakni penyerbukan dengan bantuan angin (anemogami), penyerbukan dengan bantuan hewan (zoidiogami), penyerbukan dengan bantuan air (hidrogami), dan penyerbukan dengan bantuan manusia (antropogami). Baca Juga: Manfaat Metamorfosis Kupu-Kupu bagi Kehidupan Manusia, Mulai dari Penyerbukan Tanaman hingga Mengetahui Perubahan di Bumi Sementara itu, penyerbukan berdasarkan asal serbuk sarinya dibedakan lagi menjadi empat, yakni penyerbukan sendiri (autogami), penyerbukan tetangga (geitogami), penyerbukan silang (alogami), dan penyerbukan bastar (hybridogamy).

Seperti apa penjelasan macam-macam penyerbukan pada tumbuhan dan contohnya? Yuk, kita cari tahu satu-satu! Penyerbukan pada Tumbuhan Berdasarkan Perantaranya 1. Penyerbukan dengan Bantuan Angin sebutkan dan jelaskan macam-macam penyerbukan Sesuai dengan namanya, penyerbukan ini terjadi karena adanya bantuan angin. Contohnya adalah pada pohon jagung. Proses penyerbukannya: Angin bertiup di sekitar tanaman jagung, lalu serbuk sarinya terlepas.

Serbuk sari yang lepas itu kemudian terbawa angin. ARTIKEL Sebutkan dan jelaskan macam-macam penyerbukan • Contoh Bentuk Adaptasi pada Hewan dan Tumbuhan, Materi IPA Kelas 6 SD • Cari Jawaban Soal Kelas 6 Tema 1: Bagaimana Proses Perkembangbiakan Generatif pada Tumbuhan? • Apa yang Dimaksud dengan Perkembangbiakan Secara Vegetatif pada Tumbuhan? • Ciri Khusus Tumbuhan Teratai dan Fungsinya, Memiliki Daun Lebar dan Tak Pernah Basah
Penyerbukan merupakan proses pembuahan bagi tumbuhan untuk bisa berkembang biak.

Terdapat berbagai macam penyerbukan dalam proses jatuhnya serbuk sari pada permukaan putik bunga dari tumbuhan. Macam penyerbukan diklasifikasikan berdasar asal serbuk sari, serta cara serbuk sari yang berpindah dari bunga dengan spesies yang sama. Tanaman juga termasuk makhluk hidup, semua organisme hidup memiliki satu tujuan utama yang sama, yakni meneruskan informasi genetik mereka ke generasi berikutnya dengan menciptakan keturunan. Supaya benih untuk menghasilkan keturunan itu tercipta, harus melalui proses yang disebut penyerbukan.

Tanaman berbunga menghasilkan biji, yang membawa informasi genetik dari induknya dan berkembang menjadi tanaman baru. Penyerbukan bisa terjadi saat serbuk sari dari antera, bagian jantan dari bunga, dipindahkan ke bagian betina dalam bunga, yang dikenal sebagai kepala putik.

BACA JUGA: 5 Manfaat Matahari bagi Tumbuhan dan Hewan, Bantu Proses Pertumbuhan Banyak Bunga Wijaya Kusuma di Rumah Dinas Gubernur Jatim, Khofifah Ungkap Filosofinya Mungkin bagi sebagian besar pecinta tanaman, penggemar keindahan bunga dan pengamat tumbuhan pasti sudah tak asing lagi mengenai macam penyerbukan.

Tapi bagi pemula yang baru ingin berkecimpung, ada baiknya memahami hal tersebut. Berikut beberapa macam penyerbukan beserta contoh tumbuhannya yang jarang diketahui.

Memahami Penyerbukan Tumbuhan Penyerbukan biasa disebut dengan polinasi, berasal dari kata serapan bahasa Inggris, Pollination. Penyerbukan merupakan hal penting dari proses reproduksi tumbuhan berbiji.

Karena pada tumbuhan generative memiliki alat perkembangbiakan berupa putik (betina) dan benang sari (jantan). Penyerbukan yang berhasil akan diikuti dengan tumbuhnya buluh serbuk yang memasuki saluran putik menuju bakal biji. Melansir dari Study, setelah serbuk sari mendarat di kepala putik, mereka membuat tabung serbuk sari melalui panjang tangkai atau tangkai yang menghubungkan kepala putik dan ovarium.

BACA JUGA: Fungsi Hormon Auksin pada Tumbuhan, Berikut Penjelasannya Fungsi Klorofil pada Tumbuhan dan Organisme Lain, Ketahui Manfaat dan Strukturnya Kemudian butir serbuk sari akan mengirim sel sperma dari butir ke ovarium. Maka akan terjadi pembuahan yang akan menghasilkan pembentukan benih.

Benih tersebut akan dilepaskan dari tanaman induknya dan akan tumbuh menjadi tumbuhan untuk melanjutkan siklus reproduksinya dengan metode penyerbukan. Macam-Macam Penyerbukan Meskipun semua tumbuhan berbunga bergantung pada penyerbukan untuk reproduksi, ada variasi dalam cara penyerbukan tumbuhan.

Ada dua jenis penyerbukan, yang disebut penyerbukan sendiri dan penyerbukan silang. Macam Penyerbukan Berdasarkan Asal Serbuk Sari BACA JUGA: 7 Jenis Tanaman Hias Termahal di Indonesia, Lengkap Beserta Harganya 100 Nama Tumbuhan Lengkap dengan Bahasa Latin, Perlu Dipahami Agar Tak Keliru Menulis Penyerbukan Sendiri (Autogami) Dilansir dari Study, penyerbukan sendiri ialah macam penyerbukan yang lebih mendasar karena hanya melibatkan sebutkan dan jelaskan macam-macam penyerbukan bunga.

Jenis penyerbukan ini terjadi jika serbuk sari dari kepala sari jatuh langsung ke kepala putik bunga yang sama. Macam penyerbukan yang terbilang cepat dan sederhana.

Tapi mengakibatkan penurunan keragaman genetik karena sperma dan sel telur dari bunga yang sama berbagi informasi genetik. Mengutip dari Liputan6, ciri penyerbukan sendiri bunganya termasuk bunga sempurna sebab memiliki kelamin jantan dan betina dalam 1 bunga saja.

Contoh tumbuhan yang melakukan penyerbukan sendiri di antaranya ialah mangga, jambu, bunga turi, bunga sepatu, rambutan, bunga telang, dan masih banyak lagi. Penyerbukan Tetangga (Geitonogami) Macam penyerbukan tumbuhan selanjutnya disebut penyerbukan tetangga atau geitonogami. Karena serbuk sarinya berasal dari bunga lain.

Maksudnya serbuk sari jatuh ke kepala putik pada bunga lain, tapi bunga itu masih terletak pada tumbuhan itu sendiri. BACA JUGA: Fungsi Auksin bagi Tumbuhan dan Strukturnya, Berikut Ulasannya Perbedaan Fotosintesis dan Kemosintesis, Mulai dari Proses hingga Sumber Energinya Penyerbukan tetangga terjadi saat bunga jantan dan bunga betina pada tumbuhan tersebut, tidak berada dalam satu bunga.

Sehingga membutuhkan 2 sebutkan dan jelaskan macam-macam penyerbukan dalam tumbuhan sama untuk melakukan proses penyerbukan. Contoh tumbuhan yang melakukan penyerbukan silang antara lain adalah padi, jagung, kelapa, kelapa sawit, mawar merah, mawar putih, dan sebagainya.

Macam Penyerbukan Berdasarkan Asal Serbuk Sari Lain Penyerbukan Silang (Alogami) Sedangkan penyerbukan silang adalah jenis penyerbukan yang lebih kompleks. Artinya serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga lain yang berbeda tumbuhan, tapi masih sejenis. Macam penyerbukan yang serbuk sarinya berasal dari bunga lain pada tumbuhan lain yang masih dalam jenis yang sama. Melibatkan transfer serbuk sari dari antera satu bunga ke kepala putik bunga lain. Sehingga menghasilkan peningkatan keragaman genetik.

Karena berbagi dan mencampurkan informasi genetiknya untuk menghasilkan keturunan yang unik. Ada perpaduan dua sifat tumbuhan induk. BACA JUGA: Fungsi Buah pada Tumbuhan Beserta Struktur Lainnya Fungsi Bunga Kumis Kucing yang Jarang Diketahui Contoh tumbuhan dengan macam penyerbukan silang di antaranya ialah kamboja, melinjo, mawar, pinus, dan lainnya.

Hampir semua tumbuhan bisa melakukan penyerbukan silang, tapi melalui bantuan manusia. Penyerbukan Bastar (Hybridogamy) Liputan6 ©2020 Merdeka.com Macam penyerbukan berikutnya ialah bastar atau dikenal juga dengan sebutan hybridogamy.

Penyerbukan bastar merupakan proses saat serbuk sarinya berasal dari bunga lain pada tumbuhan lainnya yang berbeda jenis atau setidaknya mempunyai satu sifat beda. Serbuk sari jantan jatuh ke kepala putik (betina) bunga lain yang berbeda varietas. Kemudian menghasilkan varietas maupun spesies baru. Contoh tumbuhan yang bisa melakukan macam penyerbukan bastar, seperti mawar merah dengan mawar putih, lili kuning dengan lili merah mudah, jambu batu merah dan jambu batu putih, dan masih banyak lagi.

Macam Penyerbukan Berdasarkan Perantara Macam penyerbukan berdasarkan perantara, terbagi menjadi 4 cara, antara lain berupa penyerbukan sendiri (autogami), penyerbukan tetangga (geitonogami), penyerbukan silang (alogami), dan penyerbukan bastar (hybridogamy). Penyerbukan dengan Angin (Anemogami) Sesuai dengan namanya tentu saja macam penyerbukan ini dibantu secara alami oleh angin yang berhembus.

Penyerbukan dengan angin memiliki istilah lain anemogami atau anemofili. Proses penyerbukan terjadi saat angin meniup serbuk sari yang halus, sehingga terlepas dari tangkai sehingga bisa masuk ke dalam kepala putik.

Penyerbukan dengan angin biasanya terjadi pada bunga dengan mahkota kecil dan warna tidak mencolok. Selain itu, bunga dari macam penyerbukan angin biasanya tidak mempunyai kelenjar madu atau nektar. Serta serbuk sari yang ringan, kepala putik besar, memiliki tangkai sari yang panjang, dan jumlah serbuk sari yang banyak. Contoh tumbuhan yang melakukan penyerbukan ini sebutkan dan jelaskan macam-macam penyerbukan kelapa, rumput, jagung, padi, kelapa sawit, dan sebagainya.

Penyerbukan dengan Hewan (Zoidiogami) Macam penyerbukan berdasar perantara berikutnya ialah melalui bantuan hewan, dengan istilah zoidiogami atau zoidofili. Beberapa binatang yang berperan penting dalam penyerbukan, seperti lebah, kupu-kupu, siput, kelelawar, burung, atau serangga lainnya. Umumnya penyerbukan dengan hewan terjadi pada tumbuhan dengan bunga yang menarik.

Ciri-cirinya memiliki mahkota berukuran besar, warna mahkota yang mencolok dan berwarna-warni. Selain itu, bunganya memiliki aroma harum yang menggoda serangga, serta mempunyai kelenjar madu. Salah satu macam penyerbukan yang paling banyak terjadi. Contoh tumbuhan dengan penyerbukan ini antara lain mawar, melati, kenangan, sepatu, dan lain-lain.

Penyerbukan dengan Air (Hidrogami) ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/filinphoto Macam penyerbukan selanjutnya dengan bantuan air, istilah lainnya hidrogami atau hidrofili. Proses penyerbukan ini terjadi sebab tumbuhan terendam air, bisa juga terjadi saat terkena air hujan, atau karena tumpahan air lainnya.

Sehingga membuat serbuk sari rontok dan mendekati kepala putik. Tidak ada ciri khusus bunga yang melakukan macam penyerbukan ini. Contoh tumbuhan melakukan penyerbukan dengan bantuan air di antaranya ialah ganggang, hydrilia, dan lain-lain. Penyerbukan Bantuan Manusia (Antropogami) Macam penyerbukan yang terakhir karena bantuan campur tangan manusia atau disebut juga antropogami. Terdapat beberapa tumbuhan yang tak mampu melakukan penyerbukan bila tidak dibantu oleh manusia.

Ciri-ciri tumbuhan yang butuh penyerbukan ini seperti memiliki serbuk sari dan kepala putik yang tidak dalam satu bunga tunggal, serta serbuk sarinya sulit rontok. Contoh tumbuhan yang membutuhkan bantuan manusia dalam penyerbukan antara lain salak, vanili, semangka, buah naga, dan lainnya. 1 Nekat Berenang saat Ombak Tinggi, Tiga Wisatawan Tewas Tenggelam di Pantai Sukabumi 2 Cantik Klasik Khas Sageuk, 10 Aktris Korea Ini Jadi Sering Main Drama Sejarah 3 Manisnya Bisnis Manisan Cianjur, Omzet Rp10 Juta Per Hari Sepekan Jelang Lebaran 4 7 Rekomendasi Body Lotion dengan Sensasi Dingin untuk Lembapkan Kulit di Cuaca Panas 5 Kisah Kehidupan Seks Tentara Belanda di Indonesia Selengkapnya• Home • Tentang Kami • Pengertian • artikel ekonomi • Artikel Biologi • Pendidikan kewarganegaraan ( PKN ) • Artikel Agama • sejarah • Bahasa Indonesia • Artikel Sosiologi • Artikel Seni • Kontak Kami • Privacy Policy • Covid-19 Home » Artikel Biologi » Pengertian Penyerbukan dan Macam-Macam Penyerbukan Dalam Pengertian penyerbukan dan macam-macam penyerbukan, baik itu pada tumbuhan khususnya pada bunga yang berdampak dan berfungsi dalam proses perkembangbiakan.

Pengertian Penyerbukan adalah peristiwa menempelnya serbuk sari di kepala putik. Penyerbukan disebut juga persarian. Kepala putik ada yang berbulus halus, ada pula yang berlendir.

Fungsi dari penyerbukan sangat memberikan manfaat dalam bentuk kemudahan. Fungsi penyerbukannya adalah memudahkan sebuk sari melekat pada kepala putik. Dalam macam-macam atau jenis-jenis penyerbukan dibedakan menjadi dua bagian atau kelompok yakni macam-macam atau jenis-jenis penyerbukan berdasarkan perantara, dan berdasarkan asal serbuk sari yang dapat dilihat dibawah ini Macam-Macam Penyerbukan Macam-macam Penyerbukan berdasarkan perantaranya terbagi atas 4 penyerbukan antaralain sebagai berikut.

a. Penyerbukan Oleh Angin Bunga yang diserbukkan oleh angin mempunyai ciri-ciri sebagai berikut. Bunga tidak berwarna dan tidak mempunyai kelenjar madu. Serbuk sari jumlahnya banyak dan serbuk sari ini memili berat yang ringan sehingga mudah diterbangkan angin.

sebutkan dan jelaskan macam-macam penyerbukan

Kelapa sari besar dan tangkai sari panjang serta bergoyang kalau ditiup angin. Putiknya terentang keluat, panjang, dan berubulu. Contohnya adalah bunga, kelapa, rumput dan jagung.

sebutkan dan jelaskan macam-macam penyerbukan

Ciri-ciri bunga diserbukkan oleh hewan adalah berwarna-warna sebaga daya tarik, berbau harum, dan mempunyai kelenjar madu, Serbuk sarinya berlender sehingga dapat melekat di tubuh hewan, Putik tersebunyi dan berlendir. Prosesnya terjadinya Kupu-kupu, lebah, dan kumbang akan datang dan menghisap madu, dan serbuk sari akan menempel di tubuhnya setelah itu, ketika serangga tersebut hinggap di bunga lain yang sejenis, penyerbukan pun terjadi. c. Penyerbukan Oleh Air Penyerbukan ini terjadi pada tumbuhan yang bunganya terendam air, misalnya Hydrilla.

d. Penyerbukan Oleh Manusia Penyerbukan dapat dilakukan dengan pertolongan manusia, misalnya pada salak dan vanili. Bunga salak dan vanili berkelamin tunggal sehingga ada bunga jantan ada bunga betina.

Proses terjadinya, bunga jantan yang penuh serbuk sari dipetik, kemudian di tempelkan pada bunga betina yang sudah masak. 2. Macam-Macam Penyerbukan Berdasarkan Asal Serbuk Sari Macam-macam penyerbukan berdasarkan asal serbuk sari dibedakan menjadi 3 penyerbukan, antaralain sebagai berikut… a.

Penyerbukan Sendiri (Autogami) Penyerbukan sendiri sebutkan dan jelaskan macam-macam penyerbukan menempelnya serbuk sari dari suatu bunga pada kepala putik bunga itu sendiri.

Penyerbukan sendiri tidak menghasilkan keturunan yang bervariasi. Contohnya pada bunga telang dan bunga turi. b. Penyerbukan Tetangga (Geitonogami) Penyerbukan tetangga adalah menempelnya serbuk sari dari suatu bunga pada kepala putik bunga lain yang masih berada pada satu tumbuhan.

Contohnya pada bunga jagung. c. Penyerbukan Silang (Alogami) Penyerbukan silang adalah menempelnya serbuk sari dari suatu bunga pada kepala putik yang lain berada pada tumbuhan lain yang sejenis. Penyerbukan silang sering disebut persilangan. Persilangan dapat menimbulkan variasi keturunan karena terjadi perpaduan sifatdari dua tumbuhan induknya.

Misalnya persilangan antara bunga merah dengan bunga putih dapat menghasilkan bunga merah, merah muda, dan putih. Penyerbukan oleh Kupu-kupu Sekian pembahasan tentang Pengertian Penyerbukan dan Macam-Macam Penyerbukan, dan lihat juga artikel-artikel bermanfaat di Artikelsiana.com. semoga artikel tentang Pengertian Penyerbukan dan Macam-Macam Penyerbukan bermanfaat bagi sebutkan dan jelaskan macam-macam penyerbukan semua.

Amin Recent Posts • Pengertian Kimia, Fungsi, Cabang Ilmu, Manfaat, & Kimia Menurut Para Ahli • Pengertian Kronologi, Fungsi, dan Contoh Kronologi Dalam Sejarah • Pengertian Presipitasi, Fungsi, Arti Presipitasi Menurut Para Ahli dan Kimia, Biologi • Pengertian Periodisasi, Tujuan, Komponen & Contoh Periodisasi • Pengertian Perusahaan Manufaktur, Karakteristik/Ciri, & Fungsi Perusahaan Manufaktur
Macam Macam Penyerbukan – Dalam hal Perkembangbiakan secara generatif pada tumbuhan berlangsung melalui proses penyerbukan.

Proses penyerbukan ialah proses menempel dan masuknya serbuk sari “sel jantan” ke dalam kepala putik “sel betina” sehingga menghasilkan pembuahan. Berdasarkan beberapa hal, penyerbukan pada tumbuhan dapat dibedakan menjadi bermacam-macam.

Berikut ini kita akan membahas macam macam penyerbukan tersebut secara lengkap.

sebutkan dan jelaskan macam-macam penyerbukan

Daftar Isi • 1 Macam Macam Penyerbukan sebutkan dan jelaskan macam-macam penyerbukan 1.1 Penyerbukan Dengan Bantuan Angin “Anemogami” • 1.2 Penyerbukan Dengan Bantuan Hewan “Zoidiogami” • 1.3 Penyerbukan Dengan Bantuan Air “Hidrogami” • 1.4 Penyerbukan Dengan Bantuan Manusia “Antropogami” • 1.5 Macam Macam Penyerbukan Berdasarkan Asal Serbuk Sari • 1.5.1 Penyerbukan Sendiri “Autogami” • 1.5.2 Penyerbukan Tetangga “Geitonogami” • 1.5.3 Penyerbukan Silang “Alogami” • 1.5.4 Penyerbukan Bastar “Hybridogamy” • 1.6 Share this: Macam Macam Penyerbukan Penyerbukan pada tumbuhan dapat dibedakan berdasarkan 2 hal yakni berdasarkan perantaranya dan berdasarkan asal serbuk sarinya.

Berdasarkan perantaranya, penyerbukan dibedakan menjadi 4 macam yaitu penyerbukan dengan bantuan angin “anemogami”, hewan “zoidiogami”, air “hidrogami” dan penyerbukan oleh manusia “antropogami”. Penyerbukan Dengan Bantuan Angin “Anemogami” Penyerbukan anemogami ialah penyerbukan pada bunga tumbuhan yang terjadi karena adanya bantuan angin. Angin menium serbuk sari sehingga terlepas dari tangkainya sehingga ia dapat masuk ke dalam kepala putik.

Tumbuhan yang menyerbuk dengan bantuan angin umumnya memiliki ciri-ciri khusus pada bunganya. Ciri-ciri penyerbukan angin diantaranya yaitu: • Mahkota bunga berukuran kecil. • Warna bunga tidak mencolok. • Memiliki tangkai sari yang panjang. • Tidak memiliki kelenjar madu “nektar”. • Serbuk sarinya ringan, banyak dan berbulu. • Dan kepala putiknya besar dan kadang berbulu. Adapun beberapa contoh tumbuhan yang menyerbuk dengan bantuan angin ternyata banyak sekali jenisnya. Adapun beberapa diantaranya yakni padi, jagung, kelapa sawit, kelapa dan lain sebagainya.

Tumbuhan-tumbuhan tersebut memiliki bunga dengan ciri-ciri seperti disebutkan diatas. Penyerbukan Dengan Bantuan Hewan “Zoidiogami” Penyerbukan zoidiogami ialah penyerbukan yang terjadi pada tumbuhan karena bantuan hewan sebgai perantaranya. Hewan yang sering membantu penyerbukan diantaranya ialah serangga, kupu-kupu, lebah, kalelawar, bekicot dan burung. Tumbuhan yang proses penyerbukannya dibantu oleh hewan umumnya memiliki beberapa ciri pada bagian bunganya.

Ciri-ciri penyerbukan oleh hewan diantaranya yaitu: • Warna mahkota mencolok. • Mahkota bunganya besar. • Memiliki bau yang khas “harum”. • Dan memiliki kelenjar madu “nektar”. Di antara macam-macam penyerbukan lainnya penyerbukan dengan bantuan hewan dan angin terbilang sebagai penyerbukan yang paling sering terjadi. Keduanya bisa terjadi pada tumbuhan yang sama. Adapun untuk penyerbukan yang khusus terjadi karena bantuan hewan diantaranya bunga mawar, melati, bunga kenanga, bunga sepatu dan lain sebagainya.

Kalian dapat mencari contoh-contoh lain pada sebutkan dan jelaskan macam-macam penyerbukan disekitar kalian. Jika bunga pada tumbuhan tersebut sering dihinggapi kupu-kupu atau lebah, maka ia dapat dimasukkan ke dalam contoh tumbuhan yang menyerbuk dengan bantuan hewan.

Penyerbukan Dengan Bantuan Air “Hidrogami” Pada beberapa tumbuhan tertentu, penyerbukan dapat terjadi hanya dengan bantuan air sebagai perantaranya. Air yang membantu penyerbukan berupa air hujan yang kemudian merontokan serbuk sari dengan tumpahan dan membawanya mendekati kepala putik. Adapun ciri-ciri tumbuhan yang penyerbukannya harus dibantu dengan manusia diantaranya yaitu: • Memiliki serbuk sari dan kepala putik yang tidak dalam satu duduk bunga “bunga tunggal”.

• Kepala putiknya dalam kondisi tertutup sehingga tidak memungkinkan masuknya kepala putik tanpa dibuka terlebih dahulu. • Serbuk sari sulit rontok.

Baca Juga : 9 Faktor Yang Mempengaruhi Perkecambahan Adapun beberapa contoh tumbuhan yang penyerbukannya dilakukan dengan bantuan manusia di antaranya tumbuhan vanili, salak, buah naga dan semangka.

Penyerbukan dengan bantuan manusia dilakukan untuk mengoptimalkan proses pembuahan sehingga buah-buah yang diperoleh dari tumbuhan tersebut nantinya akan banyak. Macam Macam Penyerbukan Berdasarkan Asal Serbuk Sari Selain dapat dibedakan berdasarkan perantaranya, macam macam penyerbukan juga dapat dibedakan berdasarkan asal serbuk sarinya. Ya berdasarkan asal serbuk sarinya, penyerbukan dapat dibedakan menjadi 3 jenis yaitu penyerbukan sendiri “autogami”, penyerbukan tetangga “geitogami” dan penyerbukan silang “alogami”.

nah untuk lebih jelasnya dari masing-masing simak ulasan dibawah ini. Penyerbukan Sendiri “Autogami” Penyerbukan autogami ialah penyerbukan pada suatu bunga yang serbuk sarinya berasal dari bunga itu sendiri. Penyerbukan autogami umumnya tidak menghasilkan keturunan bervariasi. Selain itu ciri penyerbukan jenis ini ialah bunganya termasuk bunga sempurna “hermaprodit” yang memiliki kelamin jantan dan betina dalam satu bunga saja.

sebutkan dan jelaskan macam-macam penyerbukan

Contoh tumbuhan yang dapat melakukan penyerbukan sendiri ialah bunga turi, bunga sepatu, bunga telang dan lain sebagainya. Penyerbukan Tetangga “Geitonogami” Penyerbukan geitonogami ialah penyerbukan pada suatu bunga yang serbuk sarinya berasal dari bunga lain pada tumbuhan tersebut. Penyerbukan tetangga terjadi karena bunga jantan dan bunga betina pada tumbuhan tersebut tidak berada dalam satu bunga. Contoh penyerbukan tetangga misalnya terjadi pada tumbuhan jagung, kelapa, kelapa sawit dan lain sebagainya.

Penyerbukan Silang “Alogami” Penyerbukan alogami ialah penyerbukan pada suatu bunga yang serbuk sarinya berasal dari bunga lain pada tumbuhan lainnya yang masih sejenis. Penyerbukan alogami atau penyerbukan silang kerap disebut dengan istilah persilangan.

Penyerbukan silang umumnya menghasilkan variasi keturunan karena perpaduan 2 sifat tumbuhan induk. Semua tumbuhan bisa melakukan penyerbukan silang utamanya dengan bantuan manusia. Baca Juga : Fungsi Stroma Penyerbukan Bastar “Hybridogamy” Penyerbukan hybridogamy ialah penyerbukan pada suatu bunga yang serbuk sarinya berasal dari bunga lain pada tumbuhan lainnya yang berbeda jenis atau sekurang-kurangnya mempunyai satu sifat beda.

Contohnya penyerbukan bastar misalnya serbuk sari jambu batu berdaging merah menyerbuki putik dari jambu batu berdaging putih. Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Macam Macam Penyerbukan dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Share this: • Facebook • Tweet • WhatsApp Posted in Tumbuhan Tagged apa yang kamu ketahui mengenai penyerbukan sendiri, ciri ciri penyerbukan tetangga, contoh penyerbukan autogami, contoh sebutkan dan jelaskan macam-macam penyerbukan oleh angin, contoh penyerbukan silang, contoh penyerbukan tetangga, contoh proses penyerbukan alami, gambar bagian bunga dan cara penyerbukannya, gambar penyerbukan vanili, jelaskan jenis jenis perantara penyerbukan beserta contohnya, jelaskan macam macam penyerbukan yang dibantu oleh hewan, jelaskan proses penyerbukan buatan, keuntungan penyerbukan silang, sebutkan dan jelaskan macam-macam penyerbukan penyerbukan bastar, macam macam penyerbukan beserta pengertian ciri ciri dan contohnya, macam macam penyerbukan brainly, macam macam penyerbukan pada angiospermae, pengertian penyerbukan autogami adalah, penyerbukan buatan adalah, penyerbukan dibantu manusia, penyerbukan oleh hewan, penyerbukan sendiri, penyerbukan sendiri atau tanpa perantara disebut, penyerbukan sendiri dan penyerbukan silang, penyerbukan silang dan bastar ditunjukkan oleh gambar nomor, soal penyerbukan silang, tumbuhan yang dapat melakukan penyerbukan sendiri Post navigation Recent Posts • Mengenal Contoh Keanekaragaman Hayati Tingkat Ekosistem • Macam Macam Penyerbukan : Ciri, Contoh Dan Gambarnya • 5 Contoh Gerak Endonom Pada Tumbuhan Serta Pengertian, Jenis Dan Gambarnya • Peranan Bakteri Dalam Pembuatan Keju • Jenis Jaringan Saraf • Macam Macam Pencemaran Lingkungan • Alat Ekskresi Pada Manusia • Tulang Rusuk • Coelenterata • Bagian Bagian Kulit Manusia

Bagian-Bagian Bunga - Proses Penyerbukan & Pembuahan




2022 www.videocon.com