Mengapa faktor ekonomi dapat menjadi penghambat mobilitas sosial

mengapa faktor ekonomi dapat menjadi penghambat mobilitas sosial

Breaking News β€’ Masuknya kebudayaan India menjadikan Bangsa Indonesia mulai mengenali tulisan dengan huruf? β€’ Berikut merupakan pengaruh agama dan kebudayaan Hindu-Budha bagai masyarakat Indonesia, kecuali? β€’ Yang merupakan turunan dari aksara Pallawa pada perkembangan aksara di Nusantara adalah?

mengapa faktor ekonomi dapat menjadi penghambat mobilitas sosial

β€’ Masuknya Hindu-Buddha turut mempengaruhi perkembangan budaya di Indonesia. Salah satu bentuk pengaruh tersebut adalah? β€’ Mengapa Integrasi yang dibangun pada masa Sriwijaya dan Majapahit menjadi penting bagi Indonesia pada masa kini?

mengapa faktor ekonomi dapat menjadi penghambat mobilitas sosial

β€’ Sebutkanlah dua bukti kejayaan agama Hindu di Indonesia! β€’ Sebutkan 4 pengaruh Hindu dan Budha di Indonesia! β€’ Berikut merupakan pengaruh agama dan kebudayaan Hindu-Budha bagai masyarakat Indonesia, kecuali?

β€’ Dalam pelaksanaan pemerintahan, wilayah Indonesia mengapa faktor ekonomi dapat menjadi penghambat mobilitas sosial dari tingkat karesidenan sampai desa. Mengapa dan apa alasan Jepang? β€’ Bagaimana masyarakat terdidik dan peduli terhadap bangsa dapat memerdekakan Indonesia?

Mobilitas sosial atau gerak sosial adalah perpindahan orang atau kelompok dari strata sosial yang satu ke strata sosial yang lain. Mobilitas sosial juga erat kaitannya dengan hubungan posisi hierarki sosial (mobilitas sosial vertikal) ataupun yang kaitannya dengan tanpa perubahan posisi (mobilitas sosial horizontal).

Faktor ekonomi dapat menjadi penghambat mobilitas sosial karena kondisi ekonomi yang buruk membuat seseorang kesulitan untuk mendapatkan pendidikan, pelatihan, atau modal usaha. Hal tersebut diperlukan untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang baik atau memulai usaha untuk mencapai mobilitas sosial. Recent Posts β€’ Masuknya kebudayaan India menjadikan Bangsa Indonesia mulai mengenali tulisan dengan huruf?

β€’ Berikut merupakan pengaruh agama dan kebudayaan Hindu-Budha bagai masyarakat Indonesia, kecuali? β€’ Yang merupakan turunan dari aksara Pallawa pada perkembangan aksara di Nusantara adalah? β€’ Masuknya Hindu-Buddha turut mempengaruhi perkembangan budaya di Indonesia. Salah satu bentuk pengaruh tersebut adalah? β€’ Mengapa Integrasi yang dibangun pada masa Sriwijaya dan Majapahit menjadi penting bagi Indonesia pada masa kini?

Mobilitas sosial adalah kemampuan bergerak seseorang terhadap tempat di suatu lingkungan atau masyarakat tertentu. Mobilitas sosial ini bisa terwujud dengan cara melibatkan perubahan di posisi ataupun tempat dalam organisasi sosial.

Lantas, mengapa faktor ekonomi menjadi penghambat mobilitas sosial ? Yuk, cari tahu jawaban selengkapnya dalam artikel di bawah ini! Nah, kira-kira mengapa faktor ekonomi menjadi penghambat mobilitas sosial ? Jadi, menurut buku Super Complete SMP/MTs 7, 8, 9 karya Elis Khoerunnisa, Putriani Khairun Nisa, dan Elisa Suhartini (2020:456), faktor ekonomi seseorang memang berperan penting dalam mobilitas sosial.

Hal ini karena seseorang dengan tingkat ekonomi yang baik dapat dengan mudah mengakses atau mendapatkan proses yang membantu mobilitas sosial. Sama seperti di dunia wirausaha, di mana orang tersebut akan kesusahan untuk memulai usaha atau bisnis karena tidak memiliki modal dan keahlian di bidangnya. Meski begitu, bukan tidak mungkin seseorang dengan faktor ekonomi rendah bisa menjadi orang besar. Akan tetapi, diperlukan usaha yang lebih besar bagi seseorang dengan faktor ekonomi rendah untuk mencapainya.
Ya, meski latar belakangnya rendah, namun orang bisa mencapai status pekerjaan yang lebih tinggi berkat pendidikan.

Mobilitas sosial sebenarnya terkait erat dengan konsep meritokrasi. Nah, faktor ekonomi adalah hal yang sangat penting untuk mengubah mobilitas sosial seseorang. Mobilitas sosial didefinisikan sebagai kemampuan untuk berpindah tempat dari yang tadinya berada di posisi bawah hingga ke atas. Mobilitas sosial bisa berupa tingkat pendidikan atau status pekerjaan yang lebih rendah ke yang lebih tinggi. Bisa juga perpindahan ini terjadi pada kelas sosial atau kelompok pendapatan yang lebih rendah ke yang lebih tinggi.

Ekonomi adalah faktor yang sangat menentukan mobilitas seseorang. Tanpa ekonomi yang memadai, maka seseorang sangat sulit mengalami mobilitas sosial. Mengapa? Konten β€’ Sulit Mendapatkan Pendidikan Tinggi β€’ Modal Usaha yang Terbatas β€’ Sulit Mendapat Relasi dan Koneksi Sulit Mendapatkan Pendidikan Tinggi Orang dengan ekonomi yang rendah akan kesulitan untuk meraih pendidikan yang tinggi.

Tanpa pendidikan dengan gelar yang tinggi, maka orang tidak bisa mengalami mobilitas sosial karena kalah secara kualifikasi. Orang dengan pendidikan rendah cenderung sulit untuk mendapatkan pekerjaan yang layak dan posisi kerja yang bagus.

Modal Usaha yang Terbatas Ekonomi yang serba kekurangan juga menyulitkan seseorang untuk berusaha. Modal yang serba terbatas menjadikan seseorang tidak bisa membuka usaha dengan semaksimal mungkin. Bayangkan jika Anda tidak memiliki keterbatasan ekonomi, maka usaha apapun yang Anda inginkan pasti bisa terealisasikan. Ketika modal besar bisa membantu usaha Anda, bukan tidak mungkin pendapatan Anda juga akan bangkit. Sulit Mendapat Relasi dan Koneksi Alasan terakhir mengapa faktor ekonomi bisa menghambat mobilitas sosial seseorang adalah karena sulit untuk mendapatkan relasi dan koneksi dari orang-orang hebat.

Orang dengan ekonomi dan pendidikan tinggi pada umumnya akan lebih mudah bergaul dengan mereka yang setara. Tanpa disadari, relasi dan koneksi dengan orang-orang yang berpendidikan dan mempunyai kelas sosial yang tinggi ternyata bisa menguntungkan untuk kepentingan mengapa faktor ekonomi dapat menjadi penghambat mobilitas sosial.

mengapa faktor ekonomi dapat menjadi penghambat mobilitas sosial

Search for: Recent Posts β€’ Raih Mimpi Liburan ke Korea Selatan Pakai Pinjaman KTA, Let’s Go! β€’ Testimoni Mosehat, Obat untuk Berbagai Jenis Penyakit β€’ X-TEN, Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia β€’ Pakar SEO Indonesia β€’ Hal-hal yang Perlu Anda Pahami Sebelum Membeli Antena TV Digital β€’ Tips Cara Mengubah Modem 3G Menjadi 4G β€’ Persamaan Hak dalam Memberikan Suara Pada Saat Pemilu Merupakan Hak?

β€’ Bentuk Latihan untuk Meningkatkan Kelincahan β€’ Ide Cerita Naskah Teater Mudah Diperoleh β€’ Bentuk Variasi Huruf yang Diletakkan Pada Awal Paragraf Categories β€’ Biologi β€’ Bisnis β€’ Blog β€’ Kesehatan β€’ Kopi β€’ Otomotif β€’ Pendidikan β€’ Ragam β€’ SEO β€’ Tanaman β€’ Teknologi β€’ Wisata none
Ilustrasi faktor ekonomi perdagangan/jual beli di pasar tradisional via ayobandung.com Mengapa faktor ekonomi menjadi penghambat mobilitas sosial?

Mobilitas sosial adalah kemampuan bergerak individu untuk meningkatkan kualitas hidupnya dalam status yang lebih tinggi. Contohnya seorang anak petani yang menjadi dokter spesialis. Maka mobilitas sosialnya menandakan bergerak ke atas. Dalam sosiologi, mobilitas sosial sebenarnya menjelaskan perubahan dalam status sosial seseorang. Dimana masyarakat tidak diatur berdasarkan kasta, melainkan diatur oleh kelas sosial sehingga memungkinkan mobilitas sosial menjadi lebih besar. Kemampuan seseorang untuk mencapai status sosial yang lebih tinggi sebenarnya sangat bergantung pada beberapa faktor seperti pendidikan, usaha, kekayaan, serta koneksi sosial.

Untuk itu, tidak mengherankan jika dikatakan faktor ekonomi seseorang memiliki peranan penting dalam mobilitas sosial. Sebab seseorang dengan tingkat ekonomi yang baik bisa dengan mudah mengakses proses untuk membantu mobilitas sosialnya, baik itu, pendidikan, keamanan, kenyamanan, karis, pertemanan serta berbagai macam aspek kehidupan lainnya. Sementara itu, jika tingkat ekonomi seseorang rendah, kemungkinan besar orang tersebut akan kesulitan mengakses atau mendapatkan beberapa aspek kehidupan.

Bentuk-Bentuk Mobilitas Sosial Sebelum mengetahui penjelasan mengenai mengapa faktor ekonomi menjadi penghambat mobilitas sosial. Tentunya Anda harus terlebih dahulu mengetahui mengapa faktor ekonomi dapat menjadi penghambat mobilitas sosial mobilitas sosial, seperti: β€’ Mobilitas sosial vertikal Mobilitas sosial vertikal adalah perpindahan status sosial menjadi lebih tinggi atau sebaliknya menjadi lebih rendah.

Contoh mobilitas sosial vertikal naik yaitu kenaikan pangkat seseorang karena rajin bekerja. Dalam hal ini status sosial yang dimiliki seseorang sudah berubah dan tidak sederajat dengan status sosial sebelumnya.

β€’ Mobilitas sosial horizontal Mobilitas sosial horizontal merupakan terjadinya perubahan pada status sosial seseorang atau kelompok, namun tidak mengubah derajat sosial atau bisa dikatakan tetap pada kondisi sebelumnya. Sebagainya contohnya, perpindahan lokasi kerja seseorang tanpa ada kenaikan atau penurunan pangkatnya.

Faktor-Faktor Umum Yang Mempengaruhi Mobilitas Sosial Pada dasarnya ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi mobilitas sosial seseorang dan faktor-faktor umumnya ialah sebagai berikut: β€’ Struktur masyarakat Masyarakat dunia bisa dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok masyarakat terbuka dan tertutup. Masyarakat tertutup adalah kasta yang ditunggangi dan status individu yang ditentukan dengan kelahirannya dalam kasta tertentu.

Sehingga dalam masyarakat tertutup memungkinkan mobilitas sosial yang sangat kecil. Sebab masyarakatnya tetap berada dalam ikatan kasta serta keturunannya. β€’ Pendidikan Mobilitas sosial memang dipromosikan melalui pengembangan dan penyebaran pendidikan.

mengapa faktor ekonomi dapat menjadi penghambat mobilitas sosial

Untuk itu, semakin banyak orang-orang menerima mengapa faktor ekonomi dapat menjadi penghambat mobilitas sosial maka akan semakin tinggi status sosial yang dicapainya. β€’ Struktur demografi Mobilitas sosial memiliki kaitan erat dengan difusi populasi, kepadatan serta ukurannya. Sehingga angka kelahiran dan migrasi penduduk dari desa ke kota memiliki kaitan erat dengan mobilitas sosial. Baca Juga : Konsumsi Gizi Ikan di Pulau Jawa Belum Merata, Begini Tanggapan DFW Faktor Penghambat Mobilitas Sosial Berbicara mengenai mobilitas sosial memang ada banyak sekali faktor yang menjadi penghambat masyarakat dalam membuat mobilitas sosial.

Berikut beberapa faktor penghambat mobilitas sosial, diantaranya: β€’ Diskriminasi Diskriminasi adalah suatu perlakuan yang membeda-bedakan sesama manusia dengan alasan beda ras, suku, bangsa, agama serta golongan. Melakukan diskriminasi memang tidak baik karena selain dapat menimbulkan konflik, diskriminasi juga dapat menjadi penghalang mobilitas sosial.

β€’ Kemiskinan Pada dasarnya masyarakat yang kondisi ekonominya tergolong miskin maka akan kesulitan mencapai status sosial yang lebih tinggi. Hal ini dikarenakan salah satu penyebab kemiskinan ialah pendidikannya yang rendah. Pendidikan yang rendah akan membuat kualitas sumber daya manusia menjadi semakin rendah sehingga menyebabkan kemampuan masyarakat untuk bersaing dalam memperoleh pekerjaan menjadi lebih terbatas. β€’ Perbedaan gender (Jenis kelamin) Perlu diketahui, membeda-bedakan gender seperti derajat laki-laki yang lebih tinggi dibandingkan wanita tentu menjadi salah satu faktor yang menghambat mobilitas sosial.

Sebab ada banyak pandangan yang mengatakan seorang wanita tidak harus berpendidikan tinggi karena yang bekerja nantinya ialah sang suami. Perilaku yang seperti ini tentu dapat menghalangi prestasi serta kesempatan seseorang untuk mengakses mobilitas guna meningkatkan status sosialnya. Baca Juga : Menhub : Serapan Anggaran Kemenhub Bisa Lebih dari 95% Tahun Ini Faktor Pendorong Mobilitas Sosial Setelah mengetahui faktor penghambat mobilitas sosial, tentunya Anda juga harus mengetahui faktor-faktor yang menjadi pendorong mobilitas sosial.

Berikut beberapa faktor pendorong mobilitas sosial yang harus diketahui, yaitu: β€’ Individu Faktor individu sebenarnya berkaitan dengan kualitas individu yang diamati berdasarkan pengetahuan, sikap serta keterampilan yang dimilikinya. Pada dasarnya, setiap individu akan dilahirkan dengan status sosial yang dimiliki oleh orang tuanya. Sehingga jika Anda merasakan tidak puas dengan status sosial yang diwariskan maka Anda masih bisa berusaha guna mencapai status sosial yang lebih baik.

Selain itu, perlu diingat jika pendidikan yang tinggi akan menjadikan diri individu menjadi lebih berkualitas β€’ Struktural Struktural sebenarnya memiliki kaitan erat dengan kesempatan yang dimiliki individu dalam memperoleh jabatan atau kedudukan dari status sosial yang diperolehnya.

mengapa faktor ekonomi dapat menjadi penghambat mobilitas sosial

Sehingga siapa saja mempunyai kesempatan untuk menempati berbagai jabatan tinggi dalam suatu negara, salah satunya menjabat sebagai presiden. β€’ Politik Faktor pendorong mobilitas sosial memang sangat bergantung pada situasi politik dalam suatu negara. Sebab keadaan negara yang tidak stabil tentu akan mempengaruhi kualifikasi keamananan negara tersebut. Apabila keamanan suatu negara terjaga dengan baik maka roda pembangunan dalam negara tersebut akan berjalan semakin baik.

Dengan begitu, ketersediaan dalam bekerja pun menjadi lebih baik dan masyarakatnya bisa menunaikan mobilitas sosial yang ingin dicapainya.

β€’ Kependudukan Jumlah penduduk di Indonesia hampir selalu mengalami pertambahan setiap tahunnya. Pertambahan penduduk ini tentu dapat mempersempit lahan pemukiman dan lapangan pekerjaan pun semakin sulit diperoleh. Sehingga tingkat kemiskinan akan menjadi lebih tinggi. Oleh sebab itu, persoalan kependudukan ini harus diatasi dengan mengarahkan masyarakat bermigrasi ke daerah lainnya sehingga mobilitas sosial lebih mudah diwujudkan.

β€’ Ekonomi Baca Juga : Rupiah Pada Pagi Ini Menguat ke Angka Rp14.335/USD Perekonomian masyarakat yang semakin membaik tentu akan membuat mobilitas sosial lebih mudah diwujudkan.

Pasalnya perekonomian yang baik dapat menggarap masyarakat sederhana memperoleh pendidikan, modal serta lainnya. Sehingga mobilitas sosial akan lebih mudah dicapai dalam masyarakat yang perekonomiannya kian membaik. Mengapa Faktor Ekonomi Menjadi Penghambat Mobilitas Sosial ? Seperti yang diulas diatas salah satu faktor pendorong mobilitas sosial adalah ekonomi. Sehingga ekonomi di suatu negara yang buruk akan membuat masyarakat mengalami kesulitan untuk memperoleh pendidikan, pelatihan dan modal usaha yang dibutuhkan untuk mendapatkan pekerjaan atau memulai usaha untuk mencapai mobilitas sosial vertikal naik.

Faktor ekonomi memang memiliki peranan penting dalam mobilitas sosial, terlebih seseorang dengan kondisi ekonomi yang baik akan lebih mudah mengakses proses yang membantu mobilitas sosial, seperti pendidikan. Apabila perekonomian seseorang baik, maka ia akan melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi sehingga ilmu pengetahuan, keterampilan dan kemampuan yang dimilikinya akan semakin meningkat dan nantinya berguna dalam menghadapi persaingan di dunia kerja.

Sebaliknya jika kualifikasi ekonomi seseorang memburuk, tentu akan sulit memperoleh pendidikan dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Sehingga ketika dihadapkan pada dunia kerja, individu tersebut hanya bisa memilih pekerjaan seadanya dengan gaji yang rendah.

mengapa faktor ekonomi dapat menjadi penghambat mobilitas sosial

Akibatnya individu tersebut akan kesulitan memperbaiki posisinya di dalam masyarakat. Untuk itu, dikatakan memperbaiki ekonomi sangatlah penting guna meningkatkan posisi di dalam masyarakat. Demikianlah, semoga ulasan diatas dapat menjadi sumber referensi yang berguna untuk menjawab segala pertanyaan Anda mengenai mengapa faktor ekonomi menjadi penghambat mobilitas sosial.

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai * Komentar Nama * Email * Situs Web By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.

* Beritahu saya akan tindak lanjut komentar melalui surel. Beritahu saya akan tulisan baru melalui surel. Ξ”
Mobilitas sosial adalah perpindahan kelas sosial baik ke atas maupun ke bawah yang akan mempengaruhi perubahan hidup seseorang. Mobilitas ini terjadi karena dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya adalah faktor ekonomi.

Jika ekonomi tidak stabil maka mobilitas juga tidak akan berjalan dengan baik. Oleh karena itu, faktor tersebut sangat penting dalam menentukan mobilitas sosial setiap orang. Alasan Mengapa Faktor Ekonomi Menjadi Penghambat Mobilitas Sosial 1. Kesulitan Mendapat Pendidikan Diketahui bahwa pendidikan sangat penting dalam kehidupan semua orang.

Semakin tinggi pendidikan yang ditempuh maka orang tersebut akan mudah melakukan mobilitas sosial.

mengapa faktor ekonomi dapat menjadi penghambat mobilitas sosial

Hal itu dikarenakan seseorang bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dan menaikkan statusnya. Akan tetapi jika faktor ekonominya rendah maka tidak menutup kemungkinan akan berpengaruh pula pada pendidikan. Kebanyakan orang yang kesulitan dalam hal ekonomi tidak menempuh pendidikan dalam jenjang yang lebih tinggi. Bahkan ada pula yang memutuskan untuk berhenti sekolah.

Sehingga mobilitas sosial akan terhambat dan tidak bisa mengikuti perubahan yang ada. 2. Sulit Memperoleh Modal Kerja Seseorang yang memiliki modal kerja bisa membuka suatu usaha atau bisnis untuk meningkatkan taraf hidupnya.

Selain itu juga tidak perlu bekerja di suatu perusahaan karena dapat mengolah bisnisnya sendiri. Namun faktor ekonomi juga menjadi penentu apakah orang tersebut mampu memperoleh modal kerja atau tidak.

Jika tidak maka mobilitas sosial akan sulit terjadi. 3. Kurangnya Pelatihan Masyarakat yang kurang dalam hal ekonomi akan membuatnya merasa putus asa untuk meningkatkan kelas sosialnya. Sehingga beberapa orang mungkin akan sulit mendapatkan pelatihan kerja. Padahal pelatihan itu sangat penting untuk menciptakan masyarakat yang kompeten. Suatu perusahaan tentu akan memilih orang yang berkompeten untuk dinaikkan jabatannya. Jadi jika masyarakat kurang memiliki pelatihan tersebut maka akan sulit memperoleh pekerjaan.

Hal ini akan mempengaruhi mobilitas sosial karena manusia tidak mampu mengikuti perubahan di sekitarnya. Maka dari itu faktor ekonomi harus lebih ditingkatkan lagi supaya bisa menunjang kehidupan yang lebih baik. 4.

mengapa faktor ekonomi dapat menjadi penghambat mobilitas sosial

Berkurangnya Jumlah Relasi Alasan lain mengapa faktor ekonomi bisa menghambat mobilitas sosial adalah berkurangnya jumlah relasi khususnya bagi orang dengan ekonomi rendah.

Relasi ini sangat penting karena bisa mengubah pola pikir seseorang untuk lebih maju. Akan tetapi faktor ekonomi yang tidak memadai juga akan mempersulit masyarakat untuk mendapatkan banyak relasi dalam bidang apapun. 5. Kebutuhan yang Tidak Terpenuhi Mobilitas sosial sangat penting dalam kehidupan manusia. Adanya mobilitas ini akan membuat seseorang lebih berkembang dalam meningkatkan ekonominya.

mengapa faktor ekonomi dapat menjadi penghambat mobilitas sosial

Namun jika faktor ekonomi tidak terpenuhi maka manusia akan sulit pula untuk mendapatkan kebutuhan. Hal ini nantinya juga akan berdampak buruk terhadap perubahan kelas sosial setiap orang karena tidak mampu melakukan mobilitas dengan baik. 6. Meningkatnya Angka Kemiskinan Semakin tinggi angka kemiskinan maka akan sangat mempengaruhi mobilitas sosial.

Faktor ekonomi yang rendah ini akan membuat seseorang sulit menaikkan kelas sosialnya karena tidak bisa leluasa mengembangkan diri. Selain itu hal ini juga akan berdampak pada kualitas sumber daya manusia. 7.

mengapa faktor ekonomi dapat menjadi penghambat mobilitas sosial

Susah Mencari Pekerjaan Orang yang bekerja sesuai passion akan berkesempatan untuk naik jabatan dan memiliki gaji tinggi. Namun jika faktor ekonomi tidak mendukung maka akan membuat seseorang sulit mengembangkan kualitas diri sehingga sulit mencari kerja di perusahaan besar.

Hal itu tentu akan menghambat mobilitas sosial yang akan berpengaruh terhadap kehidupan. Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pendidikan atau konten menarik lain di PPPABak pisau bermata dua, ekonomi bisa menjadi faktor pendorong mobilitas sosial sekaligus faktor yang menghambatnya. Keadaan ekonomi yang baik memudahkan individu dan kelompok melakukan mobilitas sosial karena mereka akan mendapatkan akses yang lebih besar untuk mengenyam pendidikankarier, dan kesempatan lainnya.
Mobilitas sosial juga erat kaitannya dengan hubungan posisi hierarki sosial (mobilitas sosial vertikal) ataupun yang kaitannya dengan tanpa perubahan posisi (mobilitas sosial horizontal).

mengapa faktor ekonomi dapat menjadi penghambat mobilitas sosial

Mobilitas Sosial Vertikal Mobilitas sosial vertikal adalah perpindahan status sosial yang terjadi bisa menjadi lebih tinggi (naik) maupun lebih rendah (turun). Hal ini dimaksudkan bahwa status sosial yang dimiliki seseorang atau kelompok telah berubah ke status sosial lain yang tidak sederajat dari sebelumnya.

Mobilitas Sosial Horizontal Mobilitas sosial horizontal adalah perubahan pada status sosial pada seseorang atau kelompok yang tidak meng ubah derajat sosial atau tetap pada kondisi sebelumnya. Seperti yang dibahas sebelumnya, mengapa faktor ekonomi menjadi penghambat mobilitas sosial, hal ini terjadi karena faktor ekonomi memiliki peran yang sangat krusial dalam mobilitas sosial.

β€’ Semakin tinggi tingkat ekonomi seseorang, maka ia akan lebih mudah mendapatkan akses yang membantu menaikkan mobilitas sosial. Contohnya seperti pendidikan, pelatihan, dan modal usaha. β€’ Hal yang sebaliknya juga terjadi: semakin rendah tingkat ekonomi seseorang, maka akan semakin sulituntuk mendapatkan akses yang membantu menarikkan mobilitas sosial.

Sehingga kondisi sosial dari orang tersebut akan cenderung stagnan atau tidak berubah. Contoh mengapa faktor ekonomi menjadi penghambat mobilitas sosial Contoh dari mengapa faktor ekoomi menjadi penghambat mobilitas sosial adalah sebagai berikut. Baca juga: Perubahan Sosial : Pengertian, Jenis, Faktor, dan Pengaruhnya Jika seseorang punya kondisi keuangan yang baik, maka dia bisa bersekolah di sekolah dan universitas yang baik.

Di tempat sekolah yang baik ini, seseorang tersebut bisa mendapatkan banyak ilmu, keterampilan, serta kemampuan yang dapat menunjang dalam dunia kerja. Dengan demikian, dia akan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan yang baik dan memiliki gaji yang besar. Oleh karena itu dia akan lebih mudah dalam melakukan mobilitas sosial karena kualitas dirinya atau status sosialnya lebih tinggi karena pekerjaan dan penghasilan yang tinggi.

Hal yang sebaliknya juga terjadi pada orang dengan ekonomi yang kurang baik akan sulit mendapatkan pendidikan. Dan dengan demikian, dia akan sulit melakukan mobilisasi sosial. Perlu juga diingat pada dasarnya bahwa hak pendidikan adalah hak semua warga negara Indonesia, yang telah dituliskan dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 Pasal 31 Ayat 1 dan 2, oleh karena pemerintah harus menyediakan pendidikan untuk semua orang.

mengapa faktor ekonomi dapat menjadi penghambat mobilitas sosial

Mengapa faktor ekonomi dapat menjadi penghambat mobilitas sosial?




2022 www.videocon.com