Cara menghilangkan sariawan dengan cepat secara alami

cara menghilangkan sariawan dengan cepat secara alami

KOMPAS.com - Seriawan atau dikenal sebagai sariawan adalah luka akibat iritasi pada gusi, lidah, dan lapisan dalam mulut. Luka pada seriawan berwarna putih atau kekuningan dan dikelilingi peradangan di sekitarnya. Kendati ukuran lukanya kecil, namun seriawan kerap membuat penderitanya tak enak makan dan tak nyaman berbicara. Baca juga: Bau Mulut?

Cegah dengan Bersihkan Lidah Selama 2 Menit Melansir Cleveland Clinic, penyebab sariawan bisa dipantik beberapa hal, antara lain: • Gesekan benda keras di bagian dalam mulut • Tergigit atau terkena behel • Makanan yang terlalu asam • Penyakit yang melemahkan daya tahan tubuh • Kurang vitamin B-12, seng, asam folat, dan zat besi Melansir Medical News Today, seriawan cara menghilangkan sariawan dengan cepat secara alami dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu 7-10 hari.

Namun, Anda yang tidak tahan dengan rasa nyeri akibat luka mungil di mulut ini dapat mencoba beberapa cara meredakan sariawan. Baca juga: Tasya Farasya Ingatkan Bahaya Behel Abal-abal, Dokter: Bisa Kanker Mulut Berikut beberapa cara menghilangkan sariawan lebih cepat: 1. Gunakan cara menghilangkan sariawan dengan cepat secara alami sariawan Gunakan obat sariawan khusus yang dijual di apotek dalam bentuk krim, salep, gel, ata cairan. Beberapa obat tersebut biasanya mengandung antiseptik untuk mengatasi infeksi kuman di mulut.

Sementara untuk obat sariawan yang diminum, biasanya obat hanya diresepkan dokter ketika sariawan parah dan obat yang dijual bebas tak mempan mengatasinya. Baca juga: Pakai Behel, Adakah Makanan Pantangannya? Merdeka.com - Cara menghilangkan sariawan bisa dilakukan dengan beberapa metode yang aman dan cepat. Sariawan merupakan hal yang umum terjadi dan banyak dialami oleh hampir semua orang. Meski tidak berbahaya, keberadaan sariawan cukup mengganggu aktivitas saat sedang makan dan berbicara.

Peradangan yang biasa terjadi pada lapisan mukosa mulut seperti pipi, bibir, lidah, dan gusi ini sebenarnya bisa pulih sendiri tanpa pengobatan. Namun, hal tersebut tak jarang membutuhkan waktu yang cukup lama.

Untuk membantu proses penyembuhan sariawan lebih cepat, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Salah satunya menggunakan bahan alami seperti bumbu dapur, tanaman herbal, hingga rempah-rempah.

Untuk itu, berikut merdeka.com membagikan cara menghilangkan sariawan dengan aman dan cepat dilansir dari laman Liputan6 dan berbagai sumber, Kamis (29/7/2021): BACA JUGA: 4 Cara Mengatasi Sariawan saat Puasa dengan Mudah, Ketahui Cara Mencegahnya 10 Obat Sariawan Alami yang Aman dan Ampuh, Bantu Pulih Lebih Cepat Caranyam Anda hanya perlu mengoleskan kunyit di atas sariawan untuk menyembuhkannya. Lakukan perawatan ini dua sampai tiga kali sehari.

2. Air Garam Air garam memang sudah lama bisa meredakan sariawa maupun nyeri saat sakit gigi. Garam bisa membantu menarik cairan luka sariawan. Proses pengeringan luka sariawan akan lebih cepat diatasi dengan air ini. Campurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Berkumur dengan ramuan ini satu sampai dua menit sebanyak tiga kali sehari. Bisa juga dengan mengoleskan garam pada luka sariawan lalu bilas.

Lakukan secara rutin sampai sariawan hilang. ©2020 Merdeka.com/www.pixabay.com Sifat anti-parasit dan anti-jamur yang dimiliki kayu manis juga bisa membantu mempercepat penyembuhan sariawan.

Caranya bisa dengan merebus atau merendam sepotong kayu manis pada 1.5 cangkir air panas selama 5 menit. Gunakan air rebusan ini untuk berkumur setelah dingin. BACA JUGA: Aksi Protes Warga Sri Lanka Blokade Jalanan dengan Tabung LPG Puncak Arus Balik Kereta Api pada 7 Mei 2022, Capai 157.070 Penumpang 4. Madu Madu juga disebut cukup efektif digunakan sebagai cara menghilangkan sariawan dengan cepat.

Dikutip dari Prevention, madu memiliki sifat antiradang dan antibakteri. Jadi, tidak heran jika madu mampu mengurangi rasa perih sekaligus mempercepat proses penyembuhan sariawan. Oleskan madu pada sariawan da lakukan secara rutin minimal 3 kali sehari sampai sariawa sembuh. 5. Yoghurt Brilio.net ©2021 Merdeka.com Yogurt dikenal memiliki kandungan probiotik alami. Probiotik ini bisa bantu mencegah pertumbuhan jamur dan menghambat peradangan sariawan.

cara menghilangkan sariawan dengan cepat secara alami

Anda bisa rutin mengonsumsi yoghurt untuk bantu percepat kesembuhan sariawan. Selain itu, yoghurt juga mengandung bakteri Lactobacillus. Bakteri ini mampu menyebar ke dalam tubuh dan meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga, pemulihan sariawan lebih mudah dan aman. 6. Tomat Tomat juga menjadi salah satu bahan alami yang disebut ampuh bantu atasi sariawan.

Buah berwarna merah ini juga dikenal sebagai salah satu sumber vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Selain itu, kandungan vitamin C di dalamnya juga bisa bantu percepat kesembuhan sariawan.

Makan tomat 3-4 kali sehari dapat membantumu menyembuhkan sariawan secara alami. 7. Tea Tree Oil ©Shutterstock Minyak tea tree dikenal dengan kandungan anti jamur dan anti bakterinya yang baik untuk menyembuhkan sariawan. Selain itu, minyak tea tree dapat mengendalikan pertumbuhan bakteri dan memberikan pemulihan yang cepat.

Cara menghilangkan sariawan dengan cepat secara alami menghilangkan sariawan dengan cepat pakai tea tree oil cukup mudah, teteskan tea tree oil ke air hangat. Lalu kumur menggunakan larutan tersebut selama beberapa menit. Lakukan sebanyak 2 kali sehari hingga sariawan membaik. 8. Susu Susu bisa juga digunakan sebagai bahan untuk mempercepat penyembuhan sariawan dengan cepat dan tidak perih. Selain itu, susu juga mengandung magnesium yang bisa menyembuhkan rasa sakit karena sariawan.

Kalsium yang terdapat dalam susu dapat melawan bakteri yang menyebabkan luka. Kandungan lemaknya merupakan antivirus yang dapat mempercepat proses penyembuhan. 9. Minyak Kelapa ©Shutterstock Minyak kelapa murni mengandung asam laurat yang dapat merusak bakteri patogen sekaligus membangun sistem kekebalan tubuh. Hal ini akan membuat sariawan lebih cepat hilang. Anda bisa mengoleskan minyak kelapa murni ke bagian mulut yang terkena sariawan, kemudian berkumur dengan air hangat.

10. Pisang Buah pisang yang memiliki kandungan vitamin C juga bisa bantu mempercepat penyembuhan sariawan. Haluskan pisang hingga menjadi seperti pasta. Lalu tambahkan madu dan aduk sampai rata. Oleskan campuran tersebut pada sariawan dan diamkan selama sekitar 10 menit. Setelah selesai kumur hingga bersih. Lakukan perawatan ini secara teratur sampai sariawan hilang.

Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Sariawan Cepat Hilang 1. Hindari Makan Pedas dan Asam Jika kebanyakan orang zaman dulu menyarankan untuk mengonsumsi makanan pedas saat sariawan, hal tersebut ternyata justru bisa memperparah peradangan.

Makanan asam merupakan biang dari iritasi mulut. 2. Jaga Kebersihan Mulut Saat mengalami gigitan di mulut da menyebabkan sariawan, sebaiknya mulai jaga kebersihan mulut. Bersihkan mulut untuk menjaga kebersihan dan kesehatannya. Bisa mulai dengan menggosok gigi minimal dua kali dalam sehari. Bisa juga menggunakan mouthwash untuk menghilangkan bakteri di dalam mulut. 3. Konsumsi Buah dan Sayuran Luka gigitan juga akan semakin parah jika asupan nutrisi tidak tercukupi.

Cara menghilangkan sariawan dengan cepat bisa disertai dengan konsumsi buah dan sayur. Sebab, pola makan bisa menjadi penyebab semakin parahnya luka peradangan. Sariawan umumnya disebabkan karena kurangnya vitamin B-12, seng, asam folat, dan zat besi. Mulailah untuk rutin mengonsumsi buah dan sayuran tinggi vitamin B12, seng, folat, dan zat besi. Kandungan ini bisa ditemukan pada buah jeruk, asparagus, tomat, sayuran berdaun hijau, dan air kelapa.

4. Hindari Makan Terburu-buru Sariawan sering disebabkan karena gigitan. Makan cepat atau terburu-buru berisiko membuat lidah dan bagian dalam mulut tergigit.

cara menghilangkan sariawan dengan cepat secara alami

Hal ini akan semakin memperparah luka akibat gigitan sebelumnya dan menyebabkan peradangan semakin parah sehingga memicu sariawan dalam jumlah yang lebih banyak. Lebih baik mulai mengunyah perlahan sebagai cara menghilangkan sariawan dengan cepat. 5. Perbanyak Minum Air Putih Banyak mengonsumsi air putih termasuk cara menghilangkan sariawan dengan cepat. Sebab, air putih akan membantu mempertahankan suhu tubuh normal. Suhu tubuh ini akan membuat tubuh tetap terhidrasi dan mencegah mulut menjadi kering.

Mulut kering akan memicu timbulnya sariawan. Hingga membuat luka gigitan juga semakin parah.

cara menghilangkan sariawan dengan cepat secara alami

Hindari juga minuman berkafein yang berisiko membuat mulut menjadi kering. 1 Kisah Kehidupan Seks Tentara Belanda di Indonesia 2 6 Potret Terbaru Aisyahrani Hamil Anak Ketiga, Penampilannya Mencuri Perhatian 3 Tak Terima Rekayasa Lalu Lintas, Pengguna Mobil Mewah Ini Berkata Kasar Kepada Polisi 4 6 Gaya Lucu Rayyanza Anak Raffi Ahmad & Nagita Liburan di Bali, Bikin Gemas 5 Misteri Penembak Arief Rahman Hakim: Pengawal Presiden atau Polisi Militer Jakarta?

Selengkapnya
Atasi sariawan tanpa obat, yang alami mudah didapat, dijamin ampuh dan bekerja maksimal! Sariawan langsung sembuh pakai bahan-bahan ini! Cara Mengobati Sariawan – Sariawan yang juga biasa dikenal dengan bisul mulut, biasanya muncul pada dasar gusi, bawah lidah, atau sepanjang sisi rongga mulut.

Hal ini pasti sangat menyebalkan, karena makan makanan atau minuman apa pun jadi enggak nikmat, karena sariawan menimbulkan rasa perih. Penyebab munculnya sariawan juga beragam, seperti karena konsumsi makanan yang salah, perubahan hormon, kekurangan zat besi, dan penyebab lainnya.

Nah, mengobati sariawan juga bisa dilakukan dengan banyak cara lho, yuk simak cara ampuh untuk mengobati sariawan dengan cara alami berikut ini! Baca Juga: Sariawan Menganggu?

Atasi dengan 10 Merk Obat Sariawan Paling Ampuh Cara Mengobati / Mengatasi Sariawan 1. Air Garam Sumber Gambar: George Herald Garam merupakan bahan yang paling mudah ditemukan di dapur kamu. Garam mampu mengurangi pembengkakan yang terjadi akibat sariawan, karena garam memiliki sifat anti bakteri dan anti radang.

Saat kamu sariawan campurkan ½ sendok teh garam ke dalam satu gelas air, kumur-kumur dua kali sehari. 2. Es Batu Sumber Gambar: Parts Town Salah satu bahan lainnya yang mudah ditemukan untuk mengobati sariawan adalah es batu.

Suhu dingin pada es batu mampu memperlambat aliran darah pada area luka, sehingga dapat mengurangi rasa nyeri dan mengecilkan bengkak akibat sariawan. Caranya bisa langsung kamu cara menghilangkan sariawan dengan cepat secara alami pada bagian yang sariawan, atau jika terlalu dingin kamu bisa bungkus terlebih dahulu dengan kain atau handuk.

3. Tomat Sumber Gambar: Daily Mail Tomat memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, sehingga dapat mengobati sariawan dan dapat mengurangi rasa perih akibat sariawan. Caranya adalah dengan mengonsumsinya langsung atau bisa kamu jadikan jus dan digunakan untuk kumur-kumur. 4. Kunyit Sumber Gambar: WebMD Kunyit memiliki kandungan atsiri dan kurkumin yang bisa menjadi anti radang yang bisa menyembuhkan sariawan.

Caranya kamu bisa haluskan kunyit dengan diparut atau di blender dan dijadikan pasta, oleskan pada bagian sariawan. Kamu juga bisa campurkan pada segelas air dan gunakan untuk berkumur. 5. Air Kelapa Sumber Gambar: Meghan Telpner Air kelapa dapat mengembalikan masa elektrolit, elektrolit tersebut dapat mengatasi panas dalam penyebab sariawan.

Cara menggunakan air kelapa untuk mengatas karian adalah dengan meminumnya langsung atau dikumur. Beli buah-buahan segar kini lebih praktis, yuk temukan dengan harga termurah di sini! Baca Juga: 10 Manfaat Buah Zuriat untuk Kesehatan dan Program Kehamilan 6. Daun Kemangi Sumber Gambar: SPICEography Daun kemangi bukan hanya lezat jika dijadikan lalapan, namun bisa kamu jadikan obat untuk mengatasi sariawan.

Daun kemangi memiliki sifat anti jamur dan anti bakteri. Cara menghilangkan sariawan dengan cepat secara alami adalah dengan mengunyah 5 lembar daun kemangi yang telah dicuci. Lakukan cara ini 1-2 kali sehari.

7. Jambu Biji Sumber Gambar: Organic Facts Jambu biji memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan dengan jeruk.

cara menghilangkan sariawan dengan cepat secara alami

Vitamin C adalah zat yang paling dibutuhkan untuk mengatasi sariawan. Kamu bisa mengonsumsinya dengan menjadikan jambu biji sebagai jus. 8. Lidah Buaya Sumber Gambar: Uttarakhand Foods Lidah buaya dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mengobati sariawan, lidah buaya juga tidak menimbulkan rasa perih saat dioleskan pada sariawan.

Lidah buaya mengandung kandungan anti bakteri yang dapat menyembuhkan sariawan. Caranya adalah bersihkan lidah buaya, ambil getah pada daging buaya dan oleskan pada bagian yang sariawan. 9. Madu Sumber Gambar: Honey & Turmeric Madu mampu menyembuhkan sariawan karena mengandung antioksidan dan antimikroba, selain itu madu juga memiliki sifat anti-inflamasi dan analgesik.

Caranya cukup Toppers oleskan madu pada bagian yang terkena sariawan dengan menggunakan kapas. 10. Bawang Putih Sumber Gambar: Times of India Bawang putih memiliki senyawa abrasif yang mampu melawan infeksi mulut. Caranya tumbuk bawang putih sampai halus, tempelkan pada bagian sariawan, diamkan sejenak sampai 10 menit. Mau memotong buah lebih cepat dan efisien? Ini solusinya! Baca Juga: Nikmati Jus Sayur dan Buah Lengkap Nutrisi dengan 10 Juicer Terbaik 11.

Pisang Sumber Gambar: Six Dollar Family Buah pisang mengandung vitamin C yang mampu mengobati sariawan dengan cepat. Caranya adalah dengan menghaluskannya menjadi pasta. Oleskan pada bagian sariawan dan diamkan selama sepuluh menit. Agar lebih efektif dalam mengatasi sariawan dengan pisang, kamu dapat mencampurkannya dengan madu.

12. Pepaya Mentah Sumber Gambar: Natural Health Tips Pepaya yang bisa digunakan untuk mengatasi sariawan adalah pepaya mentah yang masih berwarna hijau. Pepaya ini memiliki senyawa antiseptik yang tinggi yang ampuh untuk menghilangkan sariawan. Untuk memanfaatkannya, oleskan pada bagian yang terkena sariawan selama beberapa menit. 13. Kantong Teh Sumber Gambar: Smithsonian Magazine Kantong teh dapat mengatasi sariawan tanpa menimbulkan rasa perih.

Kandungan asam taninnya mengandung anti virus yang dapat menyembuhkan sariawan. Kamu dapat menggunakan kantong teh bekas, tempelkan pada area yang terkena sariawan.

14. Plain Yogurt Sumber Gambar: Today Yogurt merupakan makanan yang tepat untuk mempercepat penyembuhan sariawan. Yogurt memiliki kandungan yang dapat membantu keseimbangan bakteri di mulut.

Tapi ingat Toppers, konsumsi Yogurt tanpa rasa ya agar hasilnya lebih maksimal. Kamu bisa mengonsumsinya langsung atau diteteskan pada area sariawan.

15. Seledri Sumber Gambar: National Post Seledri memiliki kandungan asam folat, vitamin B1, B2, B6, dan vitamin C yang dapat membantu mengobati sariawan. Caranya kunyah tangkai seledri dan diamkan di dalam mulut sekitar 5-10 menit. Selain mengobati sariawan, cara ini juga ampuh untuk menghilangkan bau mulut. Baca Juga: 15 Manfaat Kemiri: Atasi Sakit Gigi, Insomnia hingga Rambut Rontok Itulah Toppers, cara yang pasti ampuh untuk mengatasi sariawan!

Mudah bukan untuk menemukan bahan-bahan makanan diatas? Ingat ada baiknya mencegah sebelum mengobati dengan cara-cara tersebut, ya! Jangan lupa makan makanan sehat serta jaga kebersihan dan kesehatan mulut untuk menghindari sariawan, yuk temukan di Tokopedia!

Temukan berbagai kebutuhan produk kesehatan terjamin yang aman dan lengkap di sini! Merdeka.com - Cara menghilangkan sariawan bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa bahan alami.

Sariawan atau yang dalam istilah medisnya dikenal juga sebagai stomatitis adalah kondisi umum yang pernah dialami hampir semua orang. Sariawan adalah luka kecil, dangkal, dan terasa nyeri yang muncul pada jaringan lunak dalam mulut, pada dasar gusi, bawah lidah, atau sepanjang sisi rongga mulut. Penyebab pasti munculnya sariawan di mulut belum diketahui hingga saat ini. Namun, sariawan disebut bisa dikarenakan kekurangan vitamin B12 atau asam folat, daya cara menghilangkan sariawan dengan cepat secara alami tubuh melemah, dan adanya infeksi bakteri.

Terkadang, perubahan hormon tubuh seperti saat menstruasi atau hamil juga bisa menyebabkan sariawan muncul. Luka pada seriawan berwarna putih atau kekuningan dan dikelilingi peradangan di sekitarnya.

Meski ukuran lukanya kecil, namun seriawan kerap membuat penderitanya tak enak makan cara menghilangkan sariawan dengan cepat secara alami tak nyaman untuk berbicara. BACA JUGA: 6 Cara Mencegah Sariawan Ampuh dan Mudah, Segera Lakukan Penyebab Sariawan di Lidah yang Wajib Diketahui, Berikut Cara Mengatasinya Sebenarnya, sariawan akan hilang dan sembuh dengan sendirinya.

cara menghilangkan sariawan dengan cepat secara alami

Namun, ada baiknya menerapkan beberapa cara menghilangkan sariawan untuk membantu mempercepat proses pemulihan. Untuk itu, berikut merdeka.com merangkum cara menghilangkan sariawan dengan cepat menggunakan bahan alami, melansir dari laman Alodokter dengan berbagai sumber: Cara Menghilangkan Sariawan Melansir dari laman Medical News Today, sariawan biasanya akan sembuh dalam jangka waktu 7-10 hari dengan sendirinya. Namun, hal tersebut tentu akan menimbulkan rasa nyeri yang tidak nyaman pada penderitanya.

Untuk itu, Anda bisa membantu proses pemulihan agar lebih cepat dengan menggunakan beberapa bahan berikut untuk mengobati sariawan, yakni: 1. Kumur dengan Larutan Garam BACA JUGA: Cara Ampuh dan Mudah Mencegah dan Mengobati Sariawan yang Bisa Kamu Lakukan 15 Cara Menghilangkan Sariawan dengan Aman dan Cepat Saat menderita sariawan, berkumur dengan menggunakan air larutan garam disebut efektif untuk membantu meredaka nyeri, mengurangi peradangan, dan mempercepat proses penyembuhan.

Caranya, adalah dengan mencampurkan 1 sendok teh garam ke dalam 1/2 cangkir air hangat, cara menghilangkan sariawan dengan cepat secara alami sampai garam larut dalam air. Kemudian, gunakan larutan tersebut untuk berkumur selama 15–30 detik. Selain garam, Anda juga bisa menggunakan baking soda. 2. Kompres dengan Kantong Teh Chamomile Selain berkumur dengan larutan garam, sariawan juga bisa diredakan dengan cara melakukan pengompresan dengan menggunakan kantong teh chamomile.

Hal ini dikarenakan, chamomile mengandung senyawa antiradang dan antiseptik, yaitu azulene dan evomenol, yang dipercaya dapat meredakan dan mempercepat proses penyembuhan sariawan. Cara penggunaannya dengan merendam kantong teh chamomile di dalam air hangat, kemudian kompres luka sariawan menggunakan kantong teh tersebut. Kompres selama kurang lebih 5 menit, sebanyak 3–4 kali sehari.

BACA JUGA: 8 Cara Mudah Menghilangkan Masalah Sariawan yang Mengganggu di Mulut Cara Menyembuhkan Sariawan dengan Mudah, Pahami Penyebabnya 3. Oleskan Madu Madu merupakan bahan yang bermanfaat untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Madu memiliki sifat anti radang dan anti bakteri yang bisa membantu mengurangi rasa perih dan mempercepat proses pemulihan.

Selain itu, madu dapat mempertahankan kelembapan bibir. Jenis madu yang paling baik untuk menyembuhkan luka sariawan adalah jenis madu murni yang tidak melewati proses pasteurisasi. Cara menggunakan madu sangat mudah, Anda cukup mengoleskan madu pada bagian yang terdapat sariawan.

Lakukan hal ini secara rutin agar sariawan cepat sembuh. 4. Pisang Buah pisang mengandung vitamin C yang bermanfaat bagi tubuh. Dengan mengonsumsi buah pisang secara rutin saat Anda mengalami sariawan, akan membantu meredakannya. Lebih efektif lagi jika kalian mencampurkannya dengan madu. Selain mengonsumsi, buah pisang juga bisa digunakan untuk mengompres sariawan. Cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih dengan pisang, adalah haluskan pisang hingga menjadi seperti pasta.

Lalu tambahkan madu dan aduk sampai rata. Oleskan campuran tersebut cara menghilangkan sariawan dengan cepat secara alami sariawan dan diamkan selama sekitar 10 menit.

Setelah selesai kumur hingga bersih. Lakukan perawatan ini secara teratur untuk hasil yang optimal. 5. Kelapa Kelapa merupakan tumbuhan yang memiliki manfaat yang sempurna. Minyak kelapa, dipercaya mampu membantu menyembuhkan sariawan. Cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih dengan kelapa adalah dengan berkumur dengan air kelapa atau meminumnya. Untuk menggunakan minyak kelapa, Anda mengoleskannya pada bagian sariawan.

Sedangkan santannya, bisa dicampur dengan madu, lalu oleskan ke sariawan. Lakukan hal tersebut secara rutin, kira-kira 3-4 kali sehari. 6. Plain Yoghurt Plain yoghurt ternyata juga disebut bisa membantu mengatasi sariawan. Meminum yogurt dapat mencegah dan mempercepat penyembuhan sariawan karena minuman ini dapat membantu keseimbangan bakteri di mulut.

Anda bisa mengonsumsinya secara rutin atau meneteskan yogurt di area luka. 7. Es Batu Ketika sariawan membengkak pasti akan terasa sangat menyakitkan.

Cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih selanjutnya adalah dengan menggunakan es batu. Es batu dapat membantu luka cepat kempis dan sembuh. Rasa sejuknya dapat membantu meringankan rasa nyeri luka sariawan. Kamu cukup mengompreskan es batu langsung pada luka sariawan.

cara menghilangkan sariawan dengan cepat secara alami

Anda kulum es batu dan tempelkan ke area yang terasa nyeri hingga mencair sepenuhnya. 8. Susu Kalsium yang terdapat dalam susu dapat melawan bakteri yang menyebabkan luka. Kandungan lemaknya juga merupakan anti virus yang dapat mempercepat proses penyembuhan. Tak heran susu dapat digunakan sebagai cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih.

Selain itu, susu juga mengandung magnesium yang bisa menyembuhkan rasa sakit karena sariawan. 1 4 Cara Mudah untuk Mengawali Hari dengan Lebih Bugar dan Bertenaga 2 Cantik dan Menggemaskan Salima Anak Wishnutama & Gista Putri Liburan di Luar Negeri 3 Cantik Klasik Khas Sageuk, 10 Aktris Korea Ini Jadi Sering Main Drama Sejarah 4 Nekat Berenang saat Ombak Tinggi, Tiga Wisatawan Tewas Tenggelam di Pantai Sukabumi 5 Potret Carissa Putri Bersama 2 Putranya yang Ganteng-ganteng Banget Liburan ke Bali Selengkapnya
Sariawan sering kali membuat penderitanya sulit makan dan minum.

Nah, ada beberapa obat sariawan alami yang dapat Anda coba untuk mengatasi rasa nyeri sekaligus mempercepat proses penyembuhan luka sariawan. Dengan demikian, Anda bisa lebih nyaman saat mengonsumsi makanan. Penyebab pasti munculnya sariawan belum diketahui hingga saat ini. Namun, sariawan di lidah, bibir, atau sekitar mulut bagian dalam dapat terjadi akibat infeksi virus atau jamur, alergi makanan, dan kekurangan nutrisi tertentu.

Terkadang, kondisi ini juga dapat terjadi saat Anda sedang stres. Tak hanya itu, sistem kekebalan tubuh yang bermasalah, perubahan hormon, siklus menstruasi, kebiasaan merokok, mulut kering, dan luka di mulut juga bisa menjadi penyebab timbulnya sariawan. Obat Sariawan Alami Sariawan biasanya akan hilang dan dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu 10–14 hari. Namun, sariawan juga bisa menetap di dalam mulut hingga beberapa minggu dan bahkan meninggalkan bekas luka. Untuk mempercepat proses penyembuhan sariawan, Anda dapat mencoba beberapa cara mengobati sariawan secara alami berikut ini: 1.

Kumur dengan larutan garam Berkumur dengan larutan garam diketahui efektif untuk meredakan nyeri, mengurangi peradangan, dan mempercepat proses penyembuhan jaringan gusi, bibir, atau mulut yang terkena sariawan.

Caranya adalah dengan mencampurkan 1 sendok teh garam ke dalam ½ cangkir air hangat, lalu berkumur menggunakan larutan tersebut selama 15–30 detik.

Selain garam, Anda juga bisa menggunakan baking soda. 2. Kompres dengan kantong teh chamomile Chamomile mengandung senyawa antiradang dan antiseptik, yaitu azulene dan evomenol, yang dipercaya dapat meredakan dan mempercepat proses penyembuhan sariawan. Caranya sangat mudah, yaitu dengan merendam kantong teh chamomile di dalam air hangat, kemudian kompres luka sariawan menggunakan kantong teh tersebut. Kompres selama kurang lebih 5 menit, sebanyak 3–4 kali sehari.

3. Oleskan madu Selain chamomile, madu juga memiliki sifat antiradang dan antibakteri sehingga baik untuk mengobati sariawan. Anda dapat mengoleskan madu ke luka sariawan sebanyak 3–4 kali sehari hingga sariawan sembuh.

Jenis madu yang paling baik untuk menyembuhkan luka sariawan adalah jenis madu murni yang tidak melewati proses pasteurisasi. 4. Konsumsi sayuran dan buah-buahan Agar sariawan bisa cepat sembuh, Anda juga disarankan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, seperti vitamin B, vitamin C, zinc, zat besi, dan. Nutrisi-nutrisi tersebut bisa diperoleh dari sayuran dan buah-buahan. Tak hanya sayuran dan buah-buahan, beragam nutrisi untuk mengatasi sariawan juga bisa diperoleh dari suplemen tambahan.

Selain beberapa obat alami di atas, Anda juga bisa mengoleskan sedikit magnesium hidroksida cair di lokasi munculnya sariawan. Magnesium hidroksida biasanya terdapat pada obat maag cair. Jangan lupa pula untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh. Hal ini dikarenakan sariawan dapat menyebabkan mulut kering dan meningkatkan risiko dehidrasi. Oleh karena itu, perbanyak minum air putih agar sariawan yang Anda alami cepat sembuh.

Hal yang Perlu Diperhatikan agar Sariawan Cara menghilangkan sariawan dengan cepat secara alami Semakin Parah Selain obat sariawan alami di atas, Anda cara menghilangkan sariawan dengan cepat secara alami melakukan hal-hal berikut agar sariawan tidak semakin parah, yaitu: • Konsumsi makanan lunak yang mudah ditelan. • Hindari makanan pedas, asam, serta memiliki tekstur yang terlalu keras, seperti keripik kentang dan kacang-kacangan.

• Hindari pula minuman manis dan berkafein, misalnya kopi, minuman bersoda, dan minuman beralkohol. • Hentikan kebiasaan merokok.

cara menghilangkan sariawan dengan cepat secara alami

• Hindari menyentuh sariawan karena dapat menyebabkan infeksi. • Gunakan obat kumur secara rutin. • Gunakan sedotan saat minum, jika sariawan terasa sangat menyakitkan. Cara Mencegah Sariawan Datang Kembali Jika Anda sudah terbebas dari sariawan, lakukan hal-hal di bawah ini agar sariawan tidak datang lagi: • Hindari terlalu banyak mengonsumsi makan yang dapat mengiritasi mulut, seperti makanan asam, panas, atau pedas. • Jaga selalu kebersihan gigi dan mulut dengan menyikat gigi secara rutin 2 kali sehari menggunakan sikat gigi berbulu halus dan bersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi.

• Hindari produk pembersih mulut yang mengandung sodium lauryl sulfate. Jika berbagai obat sariawan alami di atas tidak membuat sariawan Anda sembuh atau setidaknya membaik, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan yang tepat. Anda juga dianjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter, bila sariawan muncul secara berulang, semakin melebar dan menyebar, terasa sangat nyeri, serta berlangsung selama 3 minggu atau lebih.
Cara mengobati cara menghilangkan sariawan dengan cepat secara alami secara alami sebenarnya sangat mudah dan bahkan dapat sembuh secara cepat.

Sariawan merupakan luka kecil yang berada di bagian bibir atau pipi dalam dan terasa tidak nyaman. Bahkan karena sariawan maka bicara menjadi tidak mudah atau tidak jelas. Sariawan akan terasa sangat sakit dan biasanya memang tidak menular.

Waktu yang dibutuhkan untuk sembuh dari sariawan antara dua atau tiga minggu. Namun biasanya sariawan yang tidak kunjung sembuh memang membutuhkan perawatan dokter. Sariawan berbentuk bintik kecil, bulat, berwarna merah dan akan memutih pada ujungnya. Ketika sariawan masuk ke hari kedua maka akan terasa panas dan sangat perih. Anak-anak yang terkena sariawan akan lebih rewel dari biasanya. Sariawan bisa terjadi pada semua orang dan termasuk sebagai salah satu gangguan yang sangat umum.

Meskipun sariawan bisa sembuh sendiri namun mengobati sariwan akan mempercepat penyembuhan. Berikut ini adalah beberapa langkah untuk menyembuhkan sariawan. • Kompres dengan Teh Chamomile Cara menghilangkan sariawan dengan cepat secara alami sariawan tidak segera sembuh dan sangat menyakitkan, maka Anda bisa mencoba perawatan alami dengan teh chamomile.

Teh ini berbahan dasar dari semua jenis tanaman bunga chamomile. Bahan teh ini sering digunakan untuk ramun obat seperti mengatasi insomnia, pikiran yang terlalu stress dan gangguan pencernaan. Namun senyawa yang ditemukan dalam bahan teh ini yaitu levomenol bisa mengatasi peradangan seperti yang terjadi pada sariawan. Bahkan senyawa ini juga bersifat membersihkan semua racun dan kotoran dalam mulut. Cara perawatan: • Ambil bunga chamomile yang sudah kering dan kemudiang bungkus dalam handuk yang lembut.

• Rendam handuk yang berisi bunga chamomile dalam air dingin selama lima menit, kemudian angkat. • Letakkan handuk untuk mengompres bagian yang terkena sariawan secara tidak langsung. • Anda bisa melakukan perawatan ini selama tiga kali sehari agar sariawan cepat sembuh.

• Larutan Minyak Zaitun Minyak zaitun memiliki beberapa khasiat dan salah satunya adalah untuk menyembuhkan sariawan. Minyak zaitun bisa menyembuhkan peradangan dan bersifat untuk menghilangkan semua mikroba atau penyakit dalam mulut.

Minyak zaitun juga bisa mengatasi rasa tidak nyaman seperti kaku pada bagian sariawan. Selain itu minyak zaitun akan membantu mengatasi luka perih dan panas pada sariawan. Cara perawatan: • Teteskan minyak zaitun ke dalam botol air mineral kemudian kocok hingga merata. • Gunakan botol penyemprot yang sudah dibersihkan dan cara menghilangkan sariawan dengan cepat secara alami campuran air dan minyak zaitun tersebut. • Semprotkan dengan lembut ke bagian sariawan. • Jika dilakukan secara rutin selama tiga atau empat kali sehari maka sariawan akan lebih cepat sembuh.

• Oleskan Minyak Kelapa Cara mengobati sariawan secara alami paling cepat dapat memanfaatkan minyak kelapa murni. Minyak kelapa memang menjadi salah satu jenis minyak yang memberikan manfaat sangat besar. Minyak kelapa memiliki efek untuk mengurangi peradangan, mencegah perkembangan bakteri dan bisa membuat luka sariawan menjadi lebih lembut.

Cara ini juga bisa membantu agar sariawan cepat sembuh dalam waktu yang lebih cepat dibandingkan perawatan alami lainnya. Cara perawatan: • Gunakan jenis minyak kelapa murni yang benar-benar terpercaya dan dioleh dengan higienis.

• Ambil kapas yang bersih dan masukkan sedikit minyak kelapa di dalamnya. • Oleskan secara langsung pada bagian sariawan dengan lembut dan biarkan kapas tersebut terletak di sariawan selama beberapa saat. • Angkat kapas dan ulangi beberapa kali dalam sehari.

• Anda bisa sembuh dari sariawan jika perawatan ini dilakukan selama dua atu tiga kali sehari. • Oleskan Minyak Cengkeh Minyak cengkeh juga bisa menyembuhkan sariawan karena mengandung bahan eugenol.

Senyawa ini bisa membantu mengurangi rasa sakit akibat sariawan dan membuat sariawan menjadi lebih lembut. Minyak cengkeh biasanya juga sangat bermanfaat untuk menyembuhkan sakit gigi atau gusi bengkak. Kandungan senyawa minyak cengkeh bersifat sangat tajam dan aroma yang sangat kuat. • Tuang beberapa sendok minyak cengkeh ke dalam mangkuk atau sendok. • Masukkan kapas yang sudah dibentuk menjadi bulatan ke dalam minyak cengkeh sehingga minyak cengkeh bisa diserap oleh semua bagian kapas.

• Tempelkan kapas yang sudah berisi minyak cengkeh ke bagian sariawan secara langsung dan biarkan selama beberapa saat. • Untuk menyembuhkan sariawan agar lebih cepat sembuh maka Anda bisa mengulangi langkah ini selama dua atau tiga kali dalam sehari. • Berkumur Air Teh Sage Sage merupakan salah satu bahan herbal yang sangat berkhasiat untuk mengatasi sariawan. Sage berbentuk seperti daun kering yang mengandung bahan alami untuk membersihkan mulut dan mencegah sariawan.

Teh sage juga sangat bermanfaat untuk membantu menyembuhkan sariawan tanpa menimbulkan efek samping. Cara perawatan: • Rebus satu atau dua sendok makan sage kering yang sudah siap digunakan dengan dua gelas air. • Rebus hingga mendidih, kemudian diamkan dan saring saat sudah dingin. • Gunakan air yang sudah dingin ini untuk berkumur selama beberapa kali dalam sehari. • Jika Anda tidak sabar dalam membuat larutan ini maka Anda juga bisa membuat pasta dari bubuk sage kering.

• Campurkan satu sendok sage kering dengan sedikit air hingga menjadi pasta. • Terapkan pasta ke bagian sariawan secara langsung dan biarkan selama beberapa saat. • Setelah itu berkumur dengan air biasa dan ulangi langkah ini hingga sariawan sembuh. • Oleskan Madu Murni Madu adalah zat dari lebah yang memang mengandung khasiat yang sangat tinggi.

Madu mengandung bahan antioksidan yang bisa melawan radikal bebas. Selain itu madu juga mengandung bahan alami yang bisa melawan bakteri dan kuman penyebab sariawan.

Selain itu madu memiliki rasa yang manis sehingga sangat nyaman untuk digunakan pada sariawan. Cara perawatan: • Usahakan untuk memilih jenis madu murni yang organik dan belum dicampur dengan bahan yang lain. • Teteskan madu murni ke bagian sariawan secara langsung dan lakukan selama dua atau tiga kali dalam sehari.

• Ketika sariawan terasa perih atau panas maka tahan sebentar, dan jika sering dilakukan maka sariawan akan lemas dan sembuh. • Berkumur dengan Gel Lidah Buaya Gel lidah buaya akan membantu sariawan menjadi lebih dingin dan mengurangi rasa perih yang berlebihan.

Gel lidah buaya mengandung bahan aktif yang bisa membunuh bakteri dan kuman pada bagian rongga mulut termasuk seperti sariawan. Anda bisa menggunakan jenis lidah buaya biasa yang banyak ditanam di taman-taman. Cara perawatan: • Ambil lidah buaya yang masih segar dan banyak mengandung gel. Kemudian buka bagian kulit lidah buaya dan ambil gel nya saja.

• Campurkan setiap dua sendok gel lidah buaya ke dalam dua atau tiga sendok air mineral. Kemudian aduk hingga rata. • Oleskan larutan ini ke bagian sariawan. Kemudian tahan selama beberapa saat lalu berkumur dengan air biasa untuk membersihkan semua bagian mulut. • Larutan ini akan membantu menyembuhkan sariawan dengan cepat dan alami. • Makanlah Yogurt Menyembuhkan sariawan tidak hanya dengan mengoles bagian sariawan dengan obat atau ramuan khusus. Anda juga bisa mencoba untuk menyembuhkan sariawan dari dalam tubuh.

Anda bisa mencoba untuk makan yogurt. Yogurt mengandung bahan alami yang bisa melawan pertumbuhan bakteri penyebab sariawan. Kandungan bakteri baik dari susu yang dihasilkan dengan proses fermentasi ini juga membuat sariawan menjadi tidak terlalu kaku sehingga bisa mencegah luka. Cara perawatan dengan yogurt adalah dengan mengkonsumsi yogurt secara langsung.

Anda juga bisa menambahkan madu ke dalam yogurt untuk mempercepat penyembuhkan sariawan. • Pasta Cabai Mungkin memang agak mengerikan ya, jika menyembuhkan sariawan dengan pasta cabai. Namun cabai yang mengandung bahan khusus yang disebut dengan capcaisin ini memiliki kemampuan untuk menyembuhkan sariawan. Senyawa ini bisa mengatasi peradangan dan rasa nyeri akibat sariawan.

Awalnya mungkin akan terasa perih dan terbakar, tapi kandungan senyawa ini akan membuat sariawan lebih cepat sembuh. Cara perawatan: • Ambil satu sendok teh cabai bubuk dan campurkan dengan satu sendok makan air biasa. • Aduk hingga rata dan menjadi pasta cabai.

• Masukkan kapas kecil yang sudah dibentuk menjadi bola-bola. Kemudian rendam dalam air hangat. • Setelah berikan pasta cabai ke kapas, dan tempelkan ke bagian sariawan. Anda bisa menahan selama satu atau dua menit saja. • Ulangi beberapa kali hingga sariawan Anda menjadi tidak terlalu kaku. • Berkumur dengan Air Garam Garam memang salah satu bahan yang bisa membuat beberapa penyakit seperti sariawan dan sakit gigi bisa sembuh.

Garam mengandung bahan alkali yang bisa membuat bakteri atau kuman keluar dari bagian luka sariawan. Rasanya memang tidak terlalu menyenangkan tapi bisa membuat sariawan Anda menjadi lebih cepat sembuh.

Bahkan sariawan juga melawan peradangan pada daerah sekitar sariawan yang bisa menyebabkan pembengkakan. Cara perawatan: • Ambil satu sendok teh garam yang bersih dan campurkan dengan satu gelas air. • Aduk beberapa kali hingga garam larut dalam campuran air ini. • Gunakan air untuk berkumur secara rutin selama satu atau dua hari. • Jika perawatan dilakukan secara aktif maka sariawan akan sembuh dan lebih nyaman. • Berkumur dengan Air Ketumbar Cara mengobati sariawan dengan cepat dapat memanfaatkan air ketumbar.

Ketumbar adalah jenis bumbu yang mudah didapatkan dan biasanya selalu tersedia di dapur. Ketumbar memiliki aroma dan rasa yang sangat kuat.

Ternyata ketumbar juga sangat baik untuk menyembuhkan sariawan. Ketumbar mengandung bahan aktif yang bersifat untuk membersihkan, melawan bakteri dan jamur serta menyembuhkan peradangan. Khasiat inilah yang bisa membuat ketumbar sangat baik untuk menyembuhkan sariawan. Cara perawatan: • Ambil satu atau dua sendok ketumbar kemudian rebus dengan beberapa gelas air minum. • Biarkan hingga mendidih dan bau harum sudah keluar. • Saring air tersebut kemudian dinginkan.

• Gunakan air dari rebusan ketumbar ini untuk berkumur. Anda bisa mencoba untuk berkumur selama satu atau tiga kali sehari. • Jika Anda tidak menemukan biji ketumbar, maka Anda juga bisa menggunakan daun ketumbar dengan cara yang sama.

• Jika dilakukan secara teratur maka sariawan juga akan cepat sembuh. • Gunakan Pasta Baking Soda Khasiat baking soda memang sudah terbukti sejak lama. Baking soda mengandung bahan aktif yang bisa membantu mengatasi sariawan dengan cara yang lebih cepat.

Baking soda bisa membantu membuat rasa sakit sariawan berkurang secara perlahan. Selain itu baking soda akan membantu menurunkan tingkat keasaman pada mulut yang biasanya sangat tinggi ketika ada sariawan. Cara perawatan: • Ambil satu sendok teh baking soda dan campurkan dengan sedikir air hingga menjadi pasta.

• Cuci jari Anda hingga bersih, kemudian ambil sedikit pasta baking soda dan terapkan secara langsung ke sariawan. • Anda juga bisa menggunakan kapas yang dioleskan dengan baking soda ke bagian sariawan.

cara menghilangkan sariawan dengan cepat secara alami

• Lakukan cara ini selama dua atau tiga kali dalam sehari. • Anda juga bisa melakukan cara lain yaitu dengan membuat satu gelas air yang dicampur dengan baking soda. Selanjutnya maka gunakan air ini untuk berkumur cara menghilangkan sariawan dengan cepat secara alami beberapa kali. • Baking soda akan membantu membuat sariawan lebih cepat sembuh. • Minyak Esensial Pohon Teh Anda juga bisa menggunakan minyak esensial dari pohon teh.

Minyak pohon teh bisa membuat sariawan cepat sembuh dengan cara yang sangat alami. Kandungan bahan senyawa antiseptik dari minyak pohon teh bisa membantu membersihkan luka dengan cepat. Bahkan minyak pohon teh juga akan membantu mengurangi peradangan dan bakteri yang terdapat pada sariawan. Cara perawatan: • Ambil satu gelas air minum yang bersih dan berikan dua atau tiga tetes minyak pohon teh. • Aduk larutan ini hingga rata. • Gunakan untuk berkumur setiap tiga jam sekali.

• Anda juga bisa langsung memberikan tetesan minyak pohon teh ke bagian sariawan. Cara ini juga akan lebih efektif untuk menyembuhkan sariawan.

• Oleskan Bawang Putih Halus Anda juga bisa menggunakan bawang putih untuk menyembuhkan sariawan. Bawang putih mengandung senyawa sulfur dan glukosinates yang sangat baikn untuk melawan bakteri dan kuman seperti pada sariawan. Bawang putih juga mengandung bahan yang bisa melawan peradangan sehingga membuat luka sariawan menjadi lebih cepat sembuh. Cara perawatan: • Ambil satu siung bawang putih yang bersih dan tidak terdapat cacat.

• Haluskan bawang putih hingga benar-benar lembut. • Gunakan jari yang sudah dicuci bersih untuk mengambil bawang putih halus dan tempelkan pada sariawan secara langsung. • Jika Anda tidak memiliki banyak waktu, maka Anda juga bisa memotong bawang putih menjadi kecil-kecil, kemudian tempelkan pada sariawan. • Berkumur dengan Larutan Hidrogen Peroksida Cara mengobati sariawan dengan cepat menggunakan larutan hidrogen peroksida harus mendapatkan rekomendasi dokter yah.

larutan Bahan hidrogen peroksida biasanya digunakan untuk campuran bahan pasta gigi. Bahan ini bersifat membersihkan dan mengurangi produksi bakteri di dalam mulut. Hidrogen peroksida juga sangat baik untuk melindungi peradangan sariawan agar tidak terlalu parah. Anda bisa mencoba perawatan alami ini sendiri. • Minum Banyak Air Minum banyak air mineral juga akan membantu tubuh melawan sariawan dari dalam tubuh.

cara menghilangkan sariawan dengan cepat secara alami

Air akan membantu tubuh untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh dan membuang semua racun dalam tubuh. Anda juga bisa minum air yang terdiri dari jus buah seperti buah yang mengandung banyak vitamin C.

Cara ini akan membantu tubuh Anda mendapatkan kesehatan yang lebih baik ketika sedang sariawan. Bahkan suplemen yang mengandung vitamin C juga dipercaya bisa mengatasi sariawan dengan cepat. Jadi Anda bisa menyesuaikan cara yang paling mudah untuk Anda sendiri. Cara perawatan: • Ambil satu sendok makan hidrogen peroksida dan campur dengan satu gelas air. • Aduk hingga merata dan gunakan air ini untuk berkumur. • Hati-hati saat berkumur dengan hidrogen peroksida karena bahan ini sama sekali tidak boleh tertelan dan masuk ke pencernaan.

• Segera berkumur dengan air bersih atau air hangat setelah berkumur dengan hidrogen peroksida. • Jika Anda merasa tidak nyaman berkumur dengan hidrogen peroksida, maka Anda juga bisa membuat pasta hidrogen peroksida. • Caranya adalah mencampur satu sendok makan hidrogen peroksida dengan sedikit air hingga menjadi pasta. Kemudian gunakan kapas untuk menempelkan ke bagian sariawan langsung. Artikel air putih lainnya • Akibat kelebihan air putih • Bahaya akibat terlalu banyak minum air putih • Efek kekurangan air putih • Bahaya akibat kurang minum air putih • Bahaya minum air panas bagi kesehatan • Bahaya minum air es setelah makan Tips Ketika Terkena Sariawan • Hindari semua jenis makanan yang mengandung minyak dan makanan yang digoreng karena minyak bisa menyebabkan sariawan menjadi lebih buruk.

• Hindari mengkonsumsi snack atau camilan yang keras karena bisa membuat sariawan luka akibat proses mengunyah snack tersebut. • Cobalah untuk lebih sering mengkonsumsi buah yang mengandung banyak vitamin C, karena vitamin C akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

• Saat Anda sariawan, maka cobalah untuk tetap menggosok gigi secara teratur, karena menggosok gigi akan membantu menghilangkan kotoran pada gigi dan sekitar mulut. • Perbanyak minum air putih untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan air putih sangat baik untuk membuang semua racun dalam tubuh.

• Usahakan untuk mendapatkan istirahat yang baik. Ketika tubuh Anda bisa istirahat dengan baik maka bisa membantu penyembuhan sariawan menjadi lebih cepat. Baca : Makanan yang mengandung vitamin C Penyebab Sariawan • Gosok gigi terlalu keras yang menyebabkan bagian bibir dan mulut dalam mengalami tekanan yang kuat sehingga menyebabkan luka atau trauma.

• Terlalu sering menggunakan obat kumur atau pasta gigi yang banyak mengandung sodium. • Tubuh Anda memiliki reaksi yang berlebihan terhadap makanan tertentu seperti kopi, telur, kacang-kacangan, coklat, stroberi dan makanan yang pedas. • Anda menjalani diet yang ketat sehingga tubuh kekurangan beberapa nutrisi seperti vitamin B12 dan zat besi. Bahkan kekurangan asam folat juga bisa menyebabkan Anda lebih sering terkena sariawan. • Bagian mulut memiliki sistem penolakan alergi yang sangat kuat misalnya ketika melawan bakteri tertentu.

• Anda terlalu sering mengkonsumsi makanan yang menyebabkan iritasi pada mulut seperti keripik, makanan yang digoreng dan snack dengan garam yang kuat. • Infeksi bakteri helicobacter pylori yang sering menyebabkan penyakit maag atau gangguan asam lambung.

Jika asam sudah naik ke bagian atas maka bakteri juga bisa sampai ke bibir dan sekitar mulut. • Anda mengalami tekanan emosi yang sangat kuat sehingga menyebabkan stress dan sistem kekebalan tubuh yang menurun drastis.

• Sariawan juga bisa terjadi pada penderita penyakit tertentu seperti penyakit alergi terhadap protein, radang saluran pencernaan seperti usus dan orang yang menderita penyakit HIV atau AIDS.

Sumber makanan yang baik • Makanan yang mengandung vitamin K • Makanan yang mengandung Vitamin B12 • Makanan yang mengandung vitamin D • Makanan yang mengandung vitamin A • Makanan yang mengandung vitamin E • Makanan penyebab asam lambung naik • Makanan yang mengandung asam folat • Makanan yang mengandung zat besi Cara Mencegah Sariawan • Hindari terlalu sering mengkonsumsi makanan yang bisa menyebabkan reaksi iritasi pada bagian bibir seperti keripik, kentang, bahan rempah-rempah yang kuat, makanan yang banyak mengandung garam, buah yang sangat asam, dan beberapa jenis snack yang mengandung bahan perasa makanan.

• Usahakan untuk selalu mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang sehat untuk mengatasi agar tubuh tidak kekurangan nutrisi. Anda bisa menyeimbangkan antara kebutuhan buah dan sayuran untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. • Usahakan untuk selalu menjaga kebersihan mulut dan gigi seperti dengan menggosok gigi secara teratur dan berkumur dengan cairan pembersih mulut.

• Usahakan untuk selalu menggunakan sikat gigi yang lembut agar tidak melukai bagian gusi dan bibir Anda. • Biasakan untuk selalu bisa mengendalikan stres dan tekanan karena stress dan tekanan juga bisa menyebabkan sariawan.

Anda bisa melakukan beberapa cara untuk mengatasi stress seperti dengan meditasi, yoga, bepergian atau olahraga. • Jika Anda merasa sangat sensitif dengan makanan pedas, maka usahakan untuk tidak terlalu sering mengkonsumsi makanan yang pedas. Makanan yang pedas bisa menyebabkan sariawan terutama jika rasa pedas berasal dari lada atau cabai rawit.

(Baca : Bahaya Makanan Pedas) Sariawan bisa terjadi pada siapa saja. Meskipun ini jenis gangguan yang sangat umum dan bisa sembuh sendiri, namun perawatan sangat diperlukan. Sariawan sering menyebabkan penurunan nafsu makan sehingga bisa menyebabkan tubuh kurang nutrisi.

Related Posts • 6 Cara Mengatasi Sariawan pada Bayi 1 Tahun Dijamin Manjur • 12 Penyebab Bibir Tiba Tiba Bengkak yang Harus Segera Ditangani • Bolehkah Minum Es Saat Sariawan?

Begini Penjelasannya Bagi Anda • 17 Penyebab Mulut Anak Penuh Sariawan dan Cara Mengatasinya • 30 Makanan Penyebab Sariawan di Cara menghilangkan sariawan dengan cepat secara alami Recommended Post • Usai Libur Panjang, Ini 6 Persiapan Untuk Memulai Diet Lagi • Usai Lebaran, Begini 3 Cara Hilangkan Lemak Perut Dengan Cepat • Apakah Hepatitis Misterius di Indonesia Terkait Covid-19 dan Vaksinnya?

• 3 Tips Berkeringat Lebih Banyak Saat Berolahraga Cepat • Hepatitis Akut Sebabkan 3 Anak Meninggal, Masyarakat Perlu Waspadai Gejalanya!• Artikel Kesehatan Semua hal yang berhubungan dengan informasi kesehatan mulai dari informasi terbaru dunia kesehatan, tips kesehatan, hingga saran-saran untuk menuju hidup lebih sehat. • Kesehatan Wanita • Kesehatan Pria • PENYAKIT A-Z • OBAT A-Z • HERBAL A-Z • FOBIA A-Z • Cari Dokter • Cari Rumah Sakit • KALKULATOR KESEHATAN • Kalkulator BMI • Kalkulator Kalori • Kalkulator Masa Subur (Ovulasi) • Cara Menghitung Usia Kehamilan • Kalkulator Berat Badan Ideal Ibu Hamil • Analisis Gejala Penyakit Masuk/ Daftar Terbit: 30 Januari 2020 Ditulis oleh: Gerardus Cara menghilangkan sariawan dengan cepat secara alami Kalis - Ditinjau oleh: dr.

Jati Satriyo Sejumlah cara mengobati sariawan berikut ini bisa Anda terapkan guna mengatasi masalah kesehatan tersebut. Caranya juga terbilang mudah namun sangat efektif. Simak informasinya! Apa Itu Sariawan? Sariawan atau stomatitis adalah istilah yang digunakan saat kondisi mulut mengalami peradangan. Sariawan dapat terjadi di seluruh bagian mulut, seperti pipi, gusi, lidah, bibir, dan langit-langit mulut.

Belum dapat dipastikan apa yang menjadi pemicu utama terjadinya sariawan, namun sejumlah faktor risiko diduga memiliki keterkaitan dengan sariawan seperti: • Infeksi bakteri • Luka • Hipersensitif terhadap kandungan sodium lauryl sulfat • Hipersensitif terhadap makanan asam seperti buah stroberi, mangga muda, dsb. • Kekurangan vitamin B12, zat besi, zinc, dan folat • Perubahan hormon saat menstruasi • Stres Obat Sariawan Alami Selain menggunakan obat-obatan medis, cara mengobati sariawan juga bisa dengan memanfaatkan sejumlah bahan alami.

Berikut ulasan selengkapnya! 1. Kumur dengan Air Garam Cara mengatasi sariawan dengan cepat secara alami salah satunya dengan menggunakan larutan garam. Anda mungkin akan merasakan ketidaknyamanan pada area mulut yang terdapat sariawan saat berkumur dengan air garam. Akan tetapi, hal ini akan terbayarkan manakala sariawan yang Anda alami lebih cepat sembuh.

2. Baking Soda Sariawan terjadi ketika ada peradangan (inflamasi) pada mulut. Nah, salah satu obat sariawan alami yang memiliki khasiat untuk mengatasi radang adalah baking soda. Selain itu, baking soda juga berperang penting dalam mengembalikan keseimbangan pH di dalam mulut.

Dengan begitu, sariawan diharapkan lebih cepat sembuh. Anda bisa mengoleskan baking soda pada luka sariawan, kemudian diamkan selama kurang lebih 30 detik.

Lakukan cara ini secara rutin 1-2 kali sehari sampai sariawan hilang. 3. Konsumsi Buah Mengandung Vitamin C Vitamin C berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat penyembuhan luka.

Konsumsi buah-buahan yang mengandung tinggi Vitamin C seperti kiwi, jeruk, lemon, stroberi dapat mempercepat sembuhnya sariawan. 4. Yogurt Sariawan kemungkinan juga disebabkan oleh bakteri H.

pylori maupun radang usus. Nah, sebuah studi yang dirilis pada tahun 2007 menemukan fakta bahwa baik bakteri H.

pylori maupun radang usus dapat diatasi dengan agen probiotik. Jika demikian, maka cara mengobati sariawan juga bisa dengan mengonsumsi probiotik, salah satunya adalah yogurt.

Kendati hal ini belum dapat dipastikan, tidak ada salahnya Anda yang kini tengah sariawan minum yogurt dan buktikan hasilnya. 5. Madu Bahan alami lainnya yang diklaim efektif untuk menyembuhkan sariawan dengan cepat adalah madu. Keampuhan madu dalam mengobati sariawan ini tak lepas dari fakta bahwa kandungan zat di dalamnya memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi.

Hal tersebut lantas diamini oleh sebuah studi yang dirilis pada tahun 2014. Dalam studi tersebut, dikatakan bahwa madu cukup efektif untuk menghilangkan sariawan. Cara mengatasi sariawan dengan madu sangat mudah.

Anda tinggal mengoleskan madu pada sariawan secara rutin 1-2 kali sehari sampai sariawan benar-benar sembuh. 6. Minyak Kelapa Studi telah menemukan fakta bahwasanya minyak kelapa memiliki kandungan zat yang bersifat antimikroba. Atas dasar bukti ilmiah ini, menjadikan minyak kelapa sebagai cara mengobati sariawan mungkin akan menghasilkan dampak yang signifikan. Oleskan minyak kelapa pada sariawan secara rutin 2-3 kali sehari sampai sariawan hilang. 7. Minum teh Chamomile dengan Madu Chamomile dan madu telah digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam gangguan kesehatan, salah satunya sebagai cara mengobati sariawan dengan mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Madu mungkin memiliki sifat antiseptik dan dapat diaplikasikan langsung ke sariawan. Madu juga bisa dikombinasikan dengan teh chamomile, yang harus didinginkan sebelum diminum. Chamomile memiliki sifat anti-inflamasi. Seseorang dapat menggunakan chamomile sebagai obat sariawan, dengan menyeduh teh chamomile dan menggunakannya untuk berkumur setelah didinginkan. Selain itu, cara menghilangkan sariawan dengan teh chamomile bisa dilakukan dengan cara merendam kantong teh chamomile dalam air hangat dan langsung dioleskan ke area sariawan.

Cara Mengobati Sariawan dengan Medis atau Obat Tentu bukan hal yang menyenangkan ketika mulut Anda mengalami sariawan. Tetapi jangang khawatir karena ada beberapa tips atau cara mengobati sariawan yang bisa dilakukan. Apa saja menghilangkan sariawan tersebut? Simak informasinya berikut ini! 1. Kortikosteroid Menggunakan obat antiinflamasi seperti kortikosteroid adalah salah satu cara mengatasi sariawan yang paling efektif.

Pasalnya, obat sariawan ini memang diformulasikan untuk mengurangi pembengkakan, pun mengurangi peradangan. Obat kortikosteroid juga dapat membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh sariawan dan membantu mempercepat proses penyembuhan. Kortikosteroid tersedia dalam berbagai bentuk, seperti obat kumur, semprotan hingga dalam bentuk krim.

2. Obat Kumur Antimikroba Cara menyembuhkan sariawan dengan cepat selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan obat kumur antimikroba. Obat kumur antimikroba membantu membunuh bakteri, virus atau jamur yang dapat menginfeksi sariawan sehingga dapat membantu mempercepat penyembuhan.

Chlorhexidine glukonat adalah obat kumur yang termasuk paling umum disarankan oleh dokter sebagai cara mengobati sariawan. Selain dalam bentuk obat kumur, Chlorhexidine glukonat ada pula yang berbentuk gel dan semprotan.

Chlorhexidine glukonat biasanya digunakan dua kali sehari. 3. Hidrogen Peroksida Anda juga bisa menggunakan obat sariawan dengan kandungan hidrogen peroksida sebagai alternatif cara menyembuhkan sariawan dengan cepat. Peran hidrogen peroksida dalam mengobati sariawan adalah dengan membersihkan luka sariawan sekaligus membasmi bakteri yang ‘bersarang’ di dalamnya.

4. Suplemen Vitamin B-12 Seperti yang sudah dijelaskan di atas, salah satu faktor risiko terjadinya sariawan adalah defisiensi atau kurangnya vitamin B12. Oleh karena itu, cara mengobati sariawan (sekaligus langkah pencegahan) adalah dengan memastikan kebutuhan Vitamin B12 Anda tercukupi. Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin B12 sebagai cara menghilangkan sariawan yang mengganggu. Minumlah secara rutin 1 kali sehari atau sesuai dengan petunjuk dokter. Tips Saat Sedang Sariawan Jika Anda memiliki sariawan ringan, maka ada beberapa cara mengatasi sariawan yang dapat Anda lakukan untuk membantu agar sariawan sembuh lebih cepat, di antaranya: • Hindari makanan yang keras, pedas, dan asam sebelum sariawan benar-benar sembuh karena dapat menyebabkan sariawan menjadi semakin teriritasi.

Sebaliknya, beralihlah mengonsumsi makanan lunak yang lebih mudah untuk dikunyah dan tidak menimbulkan risiko luka. • Gunakanlah sikat gigi yang lembut saat menggosok gigi. Hal cara menghilangkan sariawan dengan cepat secara alami agar tidak menyebabkan luka pada sariawan. • Berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan garam.

Untuk hasil maksimal, lakukan cara ini setidaknya sehari 3 kali selama 1 menit. • Kurangi stres. Stres dapat menurunkan daya tahan tubuh sehingga bisa membuat seseorang menjadi rentan terkena sariawan. Oleh karena, itu cobalah untuk santai atau rileks dalam menghadapi setiap masalah.

Cara Mencegah Sariawan Sering kali sariawan merupakan kondisi yang menunjukkan bahwa tubuh sedang tidak fit. Hindari stres dan kelelahan untuk mencegah sariawan. Oleh karenanya, jangan lupa untuk mengonsumsi multivitamin, sayuran, cukup tidur, dan air putih untuk membantu tubuh menjaga vitalitasnya. Selain itu, hindari juga makan makanan yang bisa mengiritasi mulut Anda, seperti kacang, keripik, bumbu tertentu, makanan asin dan buah-buahan asam, seperti nanas, dan jeruk. Hindari juga makanan yang membuat Anda sensitif dan alergi.

Tak lupa, hindari juga rokok. Seiring perbaikan imunitas tubuh, sariawan akan sembuh dengan sendirinya. Namun, apabila Anda terkena sariawan di atas dua minggu meskipun sudah ditangani dan diberikan obat sariawan yang memadai, periksakan diri Anda ke dokter terdekat karena kemungkinan cara mengatasi sariawan yang Anda lakukan tidak tepat atau ada penyakit lain yang mendasari kelemahan imunitas Anda. Nah, itulah cara menghilangkan sariawan dengan beberapa obat dan obat tradisional yang bisa Anda coba di rumah.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat! • MacGill, M. 2017. Everything you need to know about cancer sores. https://www.medicalnewstoday.com/articles/303311.php (Diakses pada 28 November 2019) • Mcdermott, A. cara menghilangkan sariawan dengan cepat secara alami. 16 Ways to Get Rid of Canker Sores. https://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health/how-to-get-rid-of-canker-sores#yogurt (Diakses pada 28 November 2019) • Solan, M dan Tim, J. 2016. Painful Sensation?

Could Be a Canker Sore. https://www.healthline.com/health/canker-sores#pictures (Diakses pada 28 November 2019) Informasi Terbaru • 12 Manfaat Totok Wajah untuk Kecantikan dan Kesehatan • Mata Juling pada Bayi: Penyebab dan Cara Mengatasinya • Hepatitis Akut: Gejala, Penyebab, Cara Mengobati, dan Pencegahan • 18 Manfaat Jengkol bagi Kesehatan, Cegah Maag hingga Anemia • Malassezia Folliculitis: Gejala, Penyebab, Cara Mengobati, dan Pencegahan,
Sariawan dapat terjadi pada siapa saja, tak mengenal jenis kelamin maupun usia.

Penyebabnya pun beragam, mulai dari infeksi, kekurangan vitamin atau mineral, tidak sengaja menggigit lidah atau bagian dalam pipi, stres, perubahan hormon, hingga alergi.

Untuk menyembuhkannya, mari simak penjelasan d alam artikel berikut. Sariawan yang ringan umumnya tidak membutuhkan pengobatan khusus, karena dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu 1-2 minggu.

Kalaupun menggunakan obat, hal tersebut ditujukan untuk mengurangi gejala atau nyeri akibat sariawan. Jika tidak tahan berlama-lama mengalami sariawan, ada cara yang bisa kamu lakukan untuk menyembuhkan sariawan dengan cepat. Menyembuhkan Sariawan dengan Cepat Untuk meredakan nyeri dan mempercepat penyembuhan sariawan, ada beberapa bahan alami atau obat yang bisa digunakan, yaitu: 1.

Daun saga dan akar manis Daun saga dan akar manis ( licorice) telah lama dipercaya berkhasiat untuk mengobati sariawan. Tanaman ini sering digunakan sebagai obat herbal cara menghilangkan sariawan dengan cepat secara alami memiliki efek antibakteri, antiradang, dan antioksidan.

Berbagai efek tersebut membuat daun saga mampu mempercepat penyembuhan luka akibat sariawan. 2. Daun sirih Daun sirih sering dikonsumsi dengan cara dikunyah. Tanaman yang umum dipakai dalam pengobatan tradisional ini memiliki beberapa khasiat, di antaranya adalah sebagai antioksidan, antiradang, dan antibakteri. Cara menghilangkan sariawan dengan cepat secara alami sebabnya mengapa daun sirih dapat digunakan sebagai obat herba untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

3. Madu Menurut sebuah penelitian, madu efektif dalam mencegah infeksi dan membantu penyembuhan luka, termasuk luka akibat sariawan. Untuk menyembuhkan sariawan, kamu bisa mengoleskan madu sebanyak 4 kali sehari. Disarankan untuk memilih madu yang tidak dipanaskan dengan suhu tinggi (pasteurisasi).

4. Minyak kelapa Selain madu, kamu juga bisa mengoleskan minyak kelapa pada sariawan. Minyak ini dipercaya dapat menyembuhkan dan mencegah penyebaran sariawan akibat infeksi bakteri, selain juga membantu mengurangi kemerahan dan nyeri sariawan. 5. Es batu Nyeri akibat sariawan kerap membuatmu susah makan dan minum. Agar bisa mengunyah makanan atau minum air dengan lebih nyaman, kamu bisa mengemut es batu pada daerah sekitar sariawan agar nyerinya berkurang untuk sementara waktu.

6. Obat kumur chlorhexidine Chlorhexidine dapat membasmi bakteri penyebab penyakit di mulut. Obat ini juga dapat mengobati perdarahan, pembengkakan, dan peradangan pada gusi. Obat ini juga sering digunakan untuk mengobati sariawan. Namun, efek samping chlorhexidine bisa membuat gigi dan lidah menjadi kecokelatan. 7. Obat oles Obat oles yang mengandung bahan aktif kortikosteroid, benzocaine, atau fluocinonide dapat mengurangi rasa sakit akibat sariawan dan mempercepat penyembuhannya.

Namun perlu diingat, meski bahan-bahan alami di atas sudah lama digunakan sebagai obat herbal untuk sariawan, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menentukan efektivitas dan keamanan setiap bahan. Mintalah saran dokter atau dokter gigi sebelum menggunakan obat-obatan apa pun untuk mengatasi sariawan, terutama bila kamu memiliki kondisi medis tertentu atau sedang mengonsumsi obat dari dokter.

Segeralah pergi ke dokter gigi jika sariawan yang kamu alami tidak kunjung sembuh dalam waktu tiga minggu, berukuran besar, atau terasa sangat perih walaupun sudah minum obat pereda nyeri.

Begitu juga jika sariawan disertai demam dan kesulitan untuk makan dan minum.

cara menghilangkan sariawan dengan cepat secara alami

Dokter gigi akan melakukan pemeriksaan dan memberikan pengobatan yang tepat untuk mengatasi sariawan, atau merujuk kamu ke dokter spesialis bila ditemukan adanya penyakit lain yang mendasari munculnya sariawan.

7 Cara mengobati Sariawan secara alami




2022 www.videocon.com