Cara mengaktifkan kartu kis

cara mengaktifkan kartu kis

ANTARA FOTO/Dhemas ReviyantoPetugas keamanan berjaga di depan kantor BPJS Kesehatan di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (13/5/2020). Pemerintah akan menaikkan iuran BPJS Kesehatan pada 1 Juli 2020 seperti digariskan dalam Perpres Nomor 64 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua Atas Perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan dengan rincian peserta mandiri kelas I naik menjadi Rp150.000, kelas II menjadi Rp100.000 dan kelas III menjadi 42.000. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/foc. JAKARTA, KOMPAS.com - Peserta Kartu Indonesia Sehat Penerima Bantuan Iuran (KIS PBI) Jaminan Kesehatan adalah peserta yang tergolong fakir miskin dan orang tidak mampu yang iurannya dibayarkan oleh pemerintah.

Syarat BJS Kesehatan PBI adalah Warga Negara Indonesia (WNI), memiliki NIK yang terdaftar di Dukcapil, terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial. Kepesertaan PBI JK berlaku terhitung sejak didaftarkan oleh Kementerian Kesehatan berdasarkan Penetapan oleh Menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan dibidang Sosial.

Kecuali untuk bayi yang dilahirkan dari ibu kandung dari keluarga yang terdaftar sebagai PBI JK otomatis sebagai peserta, sebagaimana ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Lantas, bagaimana jika kepesertaan PBI JK sudah tidak aktif? Apakah bisa diaktifkan kembali? Berdasarkan Permensos 21 Tahun 2019 pasal 8, KIS PBI Jaminan Kesehatan yang telah dihapuskan paling lama enam bulan sejak penetapan penghapusan dikeluarkan, dapat dilakukan re-aktivasi atau pengaktifan kembali dengan syarat ditemukan layak membutuhkan layanan kesehatan.

Baca juga: Akhir September Cerita, IHSG Melesat 2,02 Persen Cara mengaktifkan kartu kis mengaktifkan kembali KIS PBI Jaminan Kesehatan Dirangkum dari akun Instagram resmi BPJS Kesehatan, berikut cara mengaktifkan kembali KIS PBI Jaminan Kesehatan: • Peserta dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 165, Chat Assistant JKN (CHIKA) atau datang ke kantor BPJS Kesehatan terdekat untuk mengetahui status Kepesertaan KIS PBI Jaminan Kesehatan.

• Peserta melaporkan diri ke Dinas Sosial setempat dengan membawa Kartu JKN-KIS, Kartu Keluarga, dan KTP-Elektronik. • Berdasarkan dokumen kependudukan, Dinas Sosial selanjutnya menerbitkan surat keterangan yang ditujukan kepada Cara mengaktifkan kartu kis Cabang BPJS Kesehatan setempat untuk permohonan re-aktivasi status kepesertaan KIS PBI Jaminan Kesehatan dan membutuhkan layanan kesehatan.

cara mengaktifkan kartu kis

• Setelah dilakukan re-aktivasi, peserta dapat kembali ke fasilitas kesehatan pertama atau rumah sakit dan melaporkan bahwa kartu sudah aktif kembali. • Bagi peserta KIS PBI Jaminan Kesehatan yang telah dinonaktifkan lebih dari 6 bulan lalu, silahkan membawa dokumen kependudukan dan mengajukan permohonan kepada Dinas Sosial setempat untuk diproses agar terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sesuai ketentuan PP Nomor 76/2015 dan Permensos Nomor 5 Tahun 2019 tentang Pengelolaan DTKS.

Nah, itulah cara mengaktifkan KIS PBI Jaminan Kesehatan. (Virdita Ratriani) Baca juga: Cara Turun Kelas BPJS Kesehatan Terbaru Cara mengaktifkan kartu kis ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: KIS PBI BPJS Kesehatan tidak aktif? Ini cara mengaktifkannya kembali Berita Terkait DPR Sahkan UU APBN 2022, Pertumbuhan Ekonomi Ditargetkan 5,2 Persen Pelni Sudah Angkut 6,4 Juta Ton Per Meter Kubik Muatan Pos Laut sejak 2014 JPMorgan Siap-siap Hadapi Risiko Gagal Bayar Utang Pemerintah AS BI Maksimalkan Potensi Pesantren dalam Pengembangan Ekosistem Halal Nasional Mengenal Kratom, Tanaman Asal Kalbar yang Diekspor ke Belanda Berita Terkait DPR Sahkan UU APBN 2022, Pertumbuhan Ekonomi Ditargetkan 5,2 Persen Pelni Sudah Angkut 6,4 Juta Ton Per Meter Kubik Muatan Pos Laut sejak 2014 JPMorgan Siap-siap Hadapi Risiko Gagal Bayar Utang Pemerintah AS BI Maksimalkan Potensi Pesantren dalam Pengembangan Ekosistem Halal Nasional Mengenal Kratom, Tanaman Asal Kalbar yang Diekspor ke Belanda Advertisements Cara Mengaktifkan Kartu Indonesia Sehat – Kartu Indonesia Sehat atau dikenal juga dengan KIS, tentu sudah tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat Indonesia.

Banyak manfaat Kartu Indonesia Sehat didapat oleh pesertanya. Seperti misalnya peserta mengalami sakit dan memerlukan perawatan secara berulang-ulang. Dengan adanya Kartu Indonesia Sehat ini peserta tidak perlu terbebani dalam membayar obat atau pelayanan dokter serta fasilitas rumah sakitnya. Daftar Isi • Penyebab Kartu Indonesia Sehat Tidak Aktif • Cara Mengaktifkan Kartu Indonesia Sehat • Mengaktifkan Kartu Indonesia Sehat Online • Mengaktifkan Kartu Indonesia Sehat Offline Namun pada pembahasan kali ini kodebpjs.com bukan akan membahas mengenai cara daftar kepesertaan KIS nya.

Melainkan akan membahas bagaimana cara mengaktifkan kembali Kartu Indonesia Sehat yang sudah di non aktifkan. Advertisements Lalu bagaimana dengan cara aktifkan Kartu Indonesia Sehat? Banyak peserta yang masih terkadang bertanya seperti itu. Nah, untuk lebih jelas mengenai cara atau langkah aktifkan kembali Kartu Indonesia Sehat tersebut, berikut akan disampaikan secara lengkap di bawah ini.

Penyebab Kartu Indonesia Sehat Tidak Aktif Sebelum berlanjut ke pembahasan mengenai cara mengaktifkan Kartu Indonesia Sehat nya, terlebih dahulu Anda harus tahu apa saja faktor penyebab menjadikan Kartu Indonesia Sehat tidak aktif. Ada beberapa faktor yang menjadikan Kartu Indonesia Sehat tidak aktif, seperti: • Peserta PBI jaminan kesehatan berubah status menjadi mampu.

• Peserta PBI jaminan kesehatan berubah status menjadi pekerja penerima upah. • Peserta PBI jaminan kesehatan telah atau berstatus meninggal dunia. • Peserta PBI jaminan kesehatan ganda.

• Peserta terdaftar lebih dari 1 kali berdasarkan variable : Nama, NIK, tanggal lahir, alamat serta jenis kelamin. • Peserta sudah terdaftar di luar PBI jaminan kesehatan. • Peserta Kartu Indonesia Sehat tidak aktif bisa terjadi karena tunggakan dari KIS tidak dibayarkan. • Sistem Kartu Indonesia Sehat/KIS error. • Adanya perubahan Kartu Keluarga (KK). Dari beberapa penyebab itu di atas, faktor penyebab yang kerap dan sering terjadi yaitu akibat peserta KIS tunggakan tidak dibayarkan cara mengaktifkan kartu kis pihak pemerintah melakukan penonaktifan.

Cara Mengaktifkan Kartu Indonesia Sehat Setelah mengetahui faktor penyebabnya, Anda hanya perlu tahu bagaimana cara untuk bisa mengaktifkan kembali Kartu Indonesia Sehat yang sudah tidak aktif tersebut. Ada dua pilihan cara mengaktifkan kembali KIS sudah tidak aktif yaitu secara online maupun offline: Mengaktifkan Kartu Indonesia Sehat Online Cara pertama bisa dilakukan untuk mengaktifkan KIS kembali yaitu secara online.

Dengan catatan Kartu Indonesia Sehat yang non aktif kurang dari 6 bulan bisa diaktifkan secara langsung dengan membayar tunggakan. Pembayaran online tersebut bisa dilakukan lewat layanan aplikasi Mobile JKN atau hubungi ke Care Center 1500400. Jika belum daftar Mobile JKN, maka DAFTAR MOBILE JKN terlebih dahulu, kemudian setelah terdaftar Anda sudah bisa login untuk mulai pembayaran.

Tidak hanya itu saja, tunggakan kurang dari 6 bulan juga bisa di bayarkan secara manual di cara mengaktifkan kartu kis pos, Indomaret maupun Alfamart. Mungkin ini bisa dimanfaatkan jika Anda belum daftar Mobile JKN dan kebetulan lokasi dekat dengan minimarket atau pos. Mengaktifkan Kartu Indonesia Sehat Offline Cara mengaktifkan kedua Kartu Indonesia Sehat sudah tidak aktif yaitu dengan mengaktifkan secara offline di kantor BPJS secara langsung.

Mungkin ini bisa dilakukan bagi Anda yang mengalami tunggakan lebih dari 6 bulan. Selain itu, cara aktifkan ini juga bisa dilakukan bagi peserta KIS yang kartu Indonesia Sehat nya mengalami atau ada perubahan anggota keluarga.

Dengan catatan, lakukan dengan langkah-langkah yang sudah menjadi ketentuannya. Di mana peserta KIS perlu menyiapkan syarat dokumen seperti Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga dan Kartu Indonesia Sehat.

Jika telah melaporkan pembaruan data, maka status kepesertaannya akan diaktifkan kembali dalam waktu maksimal 1 x 24 jam dari tanggal pengaktifan. Dengan begitu, bagi Anda yang menggunakan Kartu Indonesia Sehat berbayar secara mandiri, bisa untuk pasang pengingat untuk membayar iuran. Tujuannya yaitu agar tidak menunggak iuran dan menyebabkan Kartu Indonesia Sehat menjadi non aktif. Itulah informasi mengenai cara mengaktifkan Kartu Indonesia Sehat yang bisa kodebpjs.com sampaikan untuk Anda semua.

Semoga adanya cara aktifkan Kartu Indonesia Sehat di atas bisa bermanfaat dan berguna bagi semua yang membutuhkan. Artikel Terbaru • 8 Cara Berobat Mata Menggunakan BPJS Kesehatan & Syarat Ketentuan • Alamat kantor BPJS Ketenagakerjaan Jambi Terbaru 2022 • √ Kode ICD 10 Tonsillitis 2022 : Penyebab, Gejala & Pengobatan • Alamat Kantor BPJS Ketenagakerjaan Bengkulu Terbaru 2022 • Jadwal Dokter RS Hermina Jatinegara Terbaru 2022
Advertisements Cara Daftar KIS Gratis Online – Sampai saat ini ternyata masih banyak masyarakat yang belum memanhami betul apa itu KIS atau Kartu Indonesia Sehat.

Bahkan, diantara mereka masih ada yang belum memiliki kartu tersebut. Yang kita ketahui adalah kartu tersebut merupakan salah satu program yang diberikan oleh pemerintah untuk memudahkan akses fasilitas kesehatan.

Serta, memberikan bantuan yaitu seperti pelayanan kesehatan dan lain sebagainnya. Contents • Cara Daftar KIS Gratis Online • Syarat Daftar Kartu Indonesia Sehat • Cara Daftar KIS Online Gratis • Daftar KIS melalui Mobile JKN • Kelebihan Kartu Indonesia Sehat • FAQ • Akhir Kata Untuk mendapatkan kartu ini cara mengaktifkan kartu kis kalian tidak harus melakukan pendaftaran. karena kartu tersebut akan didistribusikan oleh pihak BPJS Kesehatan ke seluruh faskes atau puskesmas di seluruh desa atau kelurahan.

Advertisements Sedangkan untuk penerima Kartu KIS ini adalah ditujukan untuk kalangan rakyat miskin berdasarkan Basis Data Terpadu, yang dibangung oleh sensus penduduk. Program ini digagas sejak tahun 2014 oleh Presiden Jokowi yang menjangkau 19 provinsi di Indonesia. Cara Daftar KIS Gratis Online Dalam perkembangannya, istilah KIS ini juga digunakan untuk merujuk pada BPJS Kesehatan. Karena, pada dasarnya Kartu Indonesia Sehat adalah sebuah asuransi kesehatan, yang diwajibkan semua rakyat Indonesia memilikinya.

Sehingga, masyarakat menjadi lebih mudah untuk melakukan pengobatan ataupun pemeriksaan kesehatan di fasilitas kesehatan setempat. Jika diantara kalian ada yang belum memiliki kartu tersebut, maka kalian bisa membuat dengan menyiapkan beberapa persyaratan seperti berikut ini. Syarat Daftar Kartu Indonesia Sehat Adapun beberapa syarat pendaftaran KIS bagi keluarga ataupun rakyat kurang mampu, diantaranya adalah : • Keluarga bukan pekerja penerima upah atau (BPPU).

• Selurunh anggota keluarga diwajibkan untuk mendaftar sesuai data di KK atau Kartu Keluarga. • Daftar di kantor BPJS terdekat. • Dokumen yang dibutuhkan diantaranya adalah KTP, KK, Surat Keterangan Domisili, pas foto warna 3X4 masing-masing anggota 1 lembar.

• Menandatangani surat pernyataan. • Anak angkat juga bisa didaftarkan BPJS, dengan menyertakan bukti yang sah dari pengadilan. • Pendaftaran dapat diwakilkan, jika calon peserta BPJS tida bisa melakukan pendaftaran sendiri. Dengan alasan, perwakilan harus dibekali surat kuasa bermaterai 6000. Setelah kalian mendapatkan KIS, maka kalian sudah bisa langsung menggunakannya dengan cara menunjukan saat datang ke puskesmas, klinik, maupun rumah sakit yang telah bekerja sama cara mengaktifkan kartu kis BPJS, tanpa harus mendapatkan rujukan terlebih dahulu dari faskes pertama.

Kemudian, prosedur pendaftaran di rumah sakit ini ternyata sedikit berbeda dengan pengguna BPJS. Peserta BPJS harus mendapatkan surat rujukan asli terlebih dahulu, sebelum kalian mendapatkan pelayanan kesehatan di faskes lanjutan atau Rumah Sakit.

Cara Daftar KIS Online Gratis Setelah kalian mengetahi apa saja persyaratan daftar KIS, mari kita lanjutkan pembahasan mengenai cara daftar Kartu Indonesia Sehat. Beberapa prosedur ataupun berkas bisa kalian siapkan terlebih dahulu sebelum kalian mendaftarkan diri menjadi peserta KIS. Daftar KIS melalui Mobile JKN Khusus untuk kalian yang tidak mau repot untuk daftar langsung ke kantor BPJS Kesehatan, kalian sudah bisa mendaftarkan diri menjadi peserta KIS melalui aplikasi Mobile JKN.

Kalian simak langkah-langkahnya seperti berikut ini : • Kalian bisa download dan install aplikasi Mobile JKN, melalui App Store ataupun Play Store. Setelah berhasil di install, kalian buka aplikasi tersebut.

• Ketik menu “pendaftaran peserta baru” pada halam utama Mobile JKN, layar akan menampilkan halaman syarat dan ketekntuan. Kemudian ketuk “Ya, Setuju” di halaman tersebut. • Kalian dapat memasukan nomor NIK KTP, salin kode captha dan ketuk “selanjutnya”.

• Masukan data diri kalian dengan benar yang sesuai dengan KTP, ketuk “selanjutnya”. Seletah itu, kalian bisa pilih faskes atau fasilitas kesehatan dan faskes gigi.

• Masukan alamat email kalian yang masih aktif, dan “simpan”. Maka sistem JKN akan mengirimkan nomor verifikasi melalui email. • Kalian bisa buka pesan email tersebut dan salin nomor verifikasi tersebut ke Mobile JKN. Layar akan menampilkan data peserta yang berhasil mendaftarkan diri menjadi peserta. • Kalian nantinya akan menerima nomor virtual account melalui pesan email. • Kemudian, kalian bisa lakukan pembayaran iuran sesuai dengan nomor virtual account kalian.

Proses pembayaran iuran bisa dilakukan di ATM atau bank terdekat. • Setelah proses selesai, kalian sudah mulai bisa menggunakan aplikasi Mobile JKN. Itulah beberapa cara pendaftaran peserta KIS melalui aplikasi Mobile JKN. Dengan menggunakan cara ini, maka kalian tidak perlu mengantri untuk mendapatkan pelayanan pendaftaran.

Calon penerima KIS ini tidak diharuskan memiliki rekening bank. Karena, iuran akan dibayar sepenuhnya oleh pemerintah.

cara mengaktifkan kartu kis

Selain itu, pemilik KIS hanya berhak atas pelayanan kesehatan di ruang kelas III. Kelebihan Kartu Indonesia Sehat Advertisements KIS diharapkan untuk mampu membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Terutama bagi rakyat kurang mampu, dan tidak memiliki jaminan kesehatan lainnya. Dengan kalian memiliki kartu tersebut, maka dapat memudahkan kalian untuk melakukan pengobatan ataupun pemeriksaan kesehatan oleh pihak KIS.

Serta, dapat meminimalisasi biaya yang dikeluarkan masyarakat dalam mendapatkan layanan kesehatan yang baik dan benar. FAQ Apakah KIS Bisa Digunakan Untuk Persalinan?

Bisa, dan secara keseluruhan biaya ditanggung oleh Cara mengaktifkan kartu kis Kesehatan. Dan juga membantu meringankan pembiayaan persalinan. Akhir Kata Demikian informasi yang dapat pakaibpjs.com sampaikan, yaitu pembahasan mengenai syarat daftar KIS gratis online. Dengan begitu, kalian bisa menjadi lebih mudah dan tidak menemukan antrian panjang pada saat ingin mendaftarkan diri untuk menjadi peserta KIS.

Terimakasih dan semoga bermanfaat. Artikel Terbaru • Melahirkan Normal dengan BPJS 2022 : Syarat, Biaya & Prosedur • Tidak Bisa Cek BPJS Pakai NIK : Penyebab & Cara Mengatasi • Tidak Bisa Cek Saldo BPJSTKU : Penyebab & Cara Mengatasi • JMO Tidak Bisa Verifikasi Biometrik ? Penyebab & Solusi • BPJS Nonaktif Karena Cara mengaktifkan kartu kis ? Begini Penjelasannya Dirangkum dari akun Instagram resmi BPJS Kesehatan, berikut cara mengaktifkan kembali KIS PBI Jaminan Kesehatan: • Peserta dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 165, Chat Assistant JKN (CHIKA) atau datang ke kantor BPJS Kesehatan terdekat untuk mengetahui status Kepesertaan KIS PBI Jaminan Kesehatan.

• Peserta melaporkan diri ke Dinas Sosial setempat dengan membawa Kartu JKN-KIS, Kartu Keluarga, dan KTP-Elektronik. • Berdasarkan dokumen kependudukan, Dinas Sosial selanjutnya menerbitkan surat keterangan yang ditujukan kepada Kepala Cabang BPJS Kesehatan setempat untuk permohonan re-aktivasi status kepesertaan KIS PBI Jaminan Kesehatan dan membutuhkan layanan kesehatan.

• Setelah dilakukan re-aktivasi, peserta dapat kembali ke fasilitas kesehatan pertama atau rumah sakit dan melaporkan bahwa kartu sudah aktif kembali. • Bagi peserta KIS PBI Jaminan Kesehatan yang telah dinonaktifkan lebih dari 6 bulan lalu, silahkan membawa dokumen kependudukan dan mengajukan permohonan kepada Dinas Sosial setempat untuk diproses agar terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sesuai ketentuan PP Nomor 76/2015 dan Permensos Nomor 5 Tahun 2019 tentang Pengelolaan DTKS.

Nah, itulah cara mengaktifkan KIS PBI Jaminan Kesehatan
Dengan berbagai macam alasan pemerintah menonaktifkan KIS PBI, KIS PBI ialah Kartu Indonesia Sehat Penerima Bantuan Iuran, yang di peruntukan untuk masyarakat indonesia yang tergolong fakir miskin atau masyarakat kurang mampu, oleh karenanya iuran KIS PBI di bayarkan oleh pemerintah daerah maupun pemerintah pusat, akan tetapi akhir akhir ini pemerintah banyak menonaktifkan pemegang KIS PBI, lalu apa bagaimana cara mengaktifkan kembali Kartu KIS PBI dari Pemerintah dengan mudah.

Bukan tanpa alasan pemerintah menonaktifkan KIS PBI, mulai dari peserta yang sudah meninggal dunia, adanya data ganda, atau peserta yang tergolong mampu, kabar baiknya kemensos memberikan cara unruk mngaktifkan kembali KIS PBI bagi peserta yang memang benar benar tergolong tidak mampu, tujuan pemerintah sebenarnya baik agar pemanfaatannya benar benar tepat sasaran. Cara Mengaktifkan Kembali Kartu KIS PBI dari Pemerintah Dengan Mudah 2022 Cara Mengaktifkan Kembali Kartu KIS PBI dari Pemerintah Dengan Mudah Dikutip dari akun resmi Instagram BPJS KESEHATANberikut ini cara mengaktifkan Cara mengaktifkan kembali kartu KIS PBI dari pemerintah dengan mudah • Peserta dapat menghubungi BPJS Kesehatan care center 165, Chat Asistant JKN (CHIKA) atau datang ke kantor Bpjs Kesehatan setempat untuk mengetaui status kepesertaan PBI Jaminan Kesehatan • Peserta melaporkan diri ke kantor Dinas Sosial setempat dengan membawa Kartu KIS PBI, KTP elektronik, dan Kartu Keluarga • Berdasarkan dokumen kependudukan, Dinas sosial selanjutnya menerbitkan surat keterangan yang di tunjukan kepada kepala cabang BPJS Kesehatan setempat untuk permohonan reaktivasi status status kepesertaan KIS PBI jaminan kesehatan dan membutuhkan layanan kesehatan • Setelah di lakukan reaktivsi peserta dapat kembali ke fasilitas kesehatan pertama atau rumah sakit untuk melapor bahwa kartu KIS PBI sudah aktif.

Untuk di ketahui bagi peserta JKN- KIS pemegang KIS PBI yang di nonaktifkan bisa di aktivasi kembali paling lama 6 bulan semenjak penghapusan data di keluarkan dengan syarat di temukan layak membutuhkan layanan kesehatan, hal tersebut sesaui pasal 8 Permensos Nomor 21 Tahun 2019. Akan tetapi apabila peserta PBI Jaminan kesehatan sudah melebihi 6 bulan cara mengaktifkan kartu kis di nonaktifkan, dan memang tergolong masyarakat tidak mampu silahkan datang kedinas sosial setempat untuk di proses agar terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), yang nantinya akan di daftarkan kembali ke peserta KIS PBI Jaminan Kesehatan.

yang tertuang dalam PP No 76/2015 dan permensos No 5/2019 Tentang Pengelolaan DTKS. Lebih Baik Alihkan Ke BPJS Kesehatan Segmen Mandiri atau PBPU Peserta PBI Jaminan Kesehatan yang kepesertaannya di nonaktifkan bisa mendaftar di BPJS Kesehatan Segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau biasa di sebut bpjs manadiri yang iurannya di bayar sendiri, iuran yang di bayarkan nanti di bayar setiap bulan untuk semua anggota keluarga sesuai kelas rawat yang di pilih pada saat mendaftar sebagai berikut : • Kelas rawat 1 sebesar Rp.

150.000 perbulan • Kelas rawat 2 sebesar Rp. 100.000 perbulan • Kelas rawat 3 sebesar Rp. 35.000 perbulan Pendaftarn peserta Bpjs kesehatan mandiri bisa dilakukan secara online maupun ofline, bisa datang ke kantor BPJS Kesehatan, dengan Aplikasi mobile JKn, Chat asistant Bpjs Kesehatan via WhatsApp, bahkan Bpjs kesehatan menyiadiakan gerai cara mengaktifkan kartu kis yang sifatnya sementara seperti di Mall Mall, yang Insya Allah nanti akan saya bahas di artikel selanjutnya, akan tetapi sebelum mendaftar Bpjs Kesehatan segmen mandiri cara mengaktifkan kartu kis persiapkan beberapa persyaratan sebagai berikut: • Kartu Keluarga • Cara mengaktifkan kartu kis • Rekening Tabungan (BRI/Mandiri/BNI/BTN/BCA) • No Handphone • Email • Cari Info terkait Faskes pertama yang di daftrkan nanti Bpjs Kesehatan segmen mandiri baru bisa aktif 14 hari setelah pendaftaran dan membayar iuran pertama, Peserta KIS PBI yang di nonaktifkan dan tidak bisa di aktifkan kembali karena memang tergolong mampu membayar iuran lebih baik kepesertaan BPJS Kesehatannya di alihkan ke segmen mandiri ya tentunya dengan membayar iuran sendiri sesuai kelas yang di pilih untuk semua anggota keluarga.

Demikianlah sedikit informasi tentang Cara Mengaktifkan Kembali Kartu KIS PBI dari Pemerintah Dengan Mudah 2022, semoga dapat bermanfaat.
KONTAN.CO.ID - Peserta Kartu Indonesia Sehat Penerima Bantuan Iuran (KIS PBI) Jaminan Kesehatan adalah peserta yang tergolong fakir miskin dan orang tidak mampu yang iurannya dibayarkan oleh pemerintah.

Syarat BJS Kesehatan PBI adalah Warga Negara Indonesia (WNI), memiliki NIK yang terdaftar di Dukcapil, terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial. Kepesertaan PBI JK berlaku terhitung sejak didaftarkan oleh Kementerian Kesehatan berdasarkan Penetapan oleh Menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan dibidang Sosial.

Baca Juga: Bagaimana cara dapatkan Nomor Induk Berusaha via sistem OSS? Lantas, bagaimana jika kepesertaan PBI JK sudah tidak aktif? Berdasarkan Permensos 21 Tahun 2019 pasal 8, KIS PBI Jaminan Kesehatan yang telah dihapuskan paling lama enam bulan sejak penetapan penghapusan dikeluarkan, dapat dilakukan re-aktivasi atau pengaktifan kembali dengan syarat ditemukan layak membutuhkan layanan kesehatan. Setelah dilakukan re-aktivasi, peserta dapat kembali ke fasilitas kesehatan pertama atau rumah sakit dan melaporkan bahwa kartu sudah aktif kembali.

Bagi peserta KIS PBI Jaminan Kesehatan yang telah dinonaktifkan lebih dari 6 bulan lalu, silahkan membawa dokumen kependudukan dan mengajukan permohonan kepada Dinas Sosial setempat untuk diproses agar terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sesuai ketentuan PP Nomor 76/2015 dan Permensos Nomor 5 Tahun 2019 tentang Pengelolaan DTKS. Nah, itulah cara mengaktifkan KIS PBI Jaminan Kesehatan. Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store DUKUNG KONTAN.

Apakah kartu kIS yang sudah dinonaktifkan cara mengaktifkan kartu kis diaktifkan kembali ? Dengan adanya KIS, masyarakat tidak terbebani dalam membayar obat serta pelayanan dokter maupun fasilitas rumah sakit.

Kartu KIS juga dapat digunakan baik di fasilitas kesehatan milik pemerintah maupun swasta yang berkerja sama dengan BPJS. Namun karena sistem yang masih belum sempurna, ada banyak kekurangan dari pelayanan kartu KIS. Apakah kartu KIS yang sudah dinonaktifkan dapat diaktifkan kembali ?

cara mengaktifkan kartu kis

Hal ini dapat dilihat dengan mendownload aplikasi BPJS di dalam handphonedan masukkan nama serta nomor anggota KIS Anda. Namun jika ada perubahan dari anggota keluarga maupun perubahan kartu keluarga, sebaiknya Anda datang secara langsung ke kantor BPJS untuk memastikan pengaktifan kembali kartu Anda. Jika Anda menggunakan kartu KIS berbayar secara mandiri, selalu pasang pengingat untuk membayar iuran agar tidak menunggak yang dapat menonaktikan kartu Anda.

Cara Cara mengaktifkan kartu kis Kartu BPJS Kesehatan yang Non Aktif, Cepat dan Anti Ribet Liputan6.com, Jakarta Kepesertaan BPJS Kesehatan kini semakin penting, kartu BPJS Kesehatan ini akan dijadikan sebagai syarat dokumen untuk mengurus berbagai keperluan mulai dari pembuatan SIM, STNK, hingga jual beli tanah.

Untuk itu, bagi anda peserta non-aktif perlu mengetahui cara mengaktifkan BPJS Kesehatan terlebih dahulu. Semenjak Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Kartu BPJS Kesehatan semakin diperlukan sebagai syarat dalam segala bidang terutama dalam hal pelayanan publik. Cara mengaktifkan BPJS Kesehatan yang sudah non-aktif atau mati, sebenarnya cukup mudah dan cepat.

Bahkan cara mengaktifkan BPJS Kesehatan yang sudah non-aktif ini tertera pada Permensos 21 Tahun 2019 Pasal 8. Berikut Liputan6.com ulas mengenai cara mengaktifkan kartu BPJS Kesehatan yang non-aktif sesuai dengan Permensos 21 Tahun 2019 Pasal 8, Rabu (23/2/2022). Akun BPJS Kesehatan Dibekukan?

cara mengaktifkan kartu kis

Lakukan Hal ini Agar Aktif Kembali Hal ini dilakukan bagi peserta Pekerja Penerima Upah Penyelenggara Negara (PPU PN) yang tidak memiliki kelengkapan data Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Mulai hari ini, akun BPJS Kesehatan yang tidak lengkap datanya, akan dibekukan sementara. Peserta PPU PN dapat mengecek status kepesertaan sebelum melakukan registrasi ulang melalui sejumlah layanan, yakni Aplikasi Mobile JKN, layanan informasi melalui Whatsapp (CHIKA) di nomor 08118750400, BPJS Kesehatan Care Center 1500 400, petugas BPJS SATU!

Pada saat dicek status kepesertaannya mulai 1 November 2020 akan muncul notifikasi untuk melakukan registrasi ulang. Apabila akun BPJS Kesehatan ternyata dinonaktifkan, para peserta dapat melakukan pembaruan data NIK dengan cara:. Jika sudah melaporkan pembaruan data, maka status kepesertaannya akan diaktifkan kembali dalam waktu maksimal 1x24 jam. Sebelumnya, Kepala Humas BPJS Kesehatan M.

Iqbal Anas Ma'ruf menjelaskan program registrasi ulang (GILANG) dilakukan dalam rangka menindaklanjuti rekomendasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), hasil audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) tahun buku 2018, dan hasil rapat bersama kementerian/lembaga.Sampai saat ini, masih banyak masyarakat yang belum memahami betul apa itu Kartu Indonesia Sehat atau biasa dikenal dengan singkatan KIS.

Masih banyak juga yang belum tahu apa bedanya KIS dengan BPJS. Yang kita tahu mungkin baru sebatas KIS dan BPJS adalah kartu sakti yang bisa memberi bantuan kesehatan kepada masyarakat di kala sakit.

Nahartikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai seluk-beluk Kartu Indonesia Sehat. Apa itu Kartu Indonesia Sehat? Kartu Indonesia Sehat adalah salah satu program pemerintah dalam rangka memberikan bantuan kepada keluarga kurang mampu.

Bantuan ini berupa layanan kesehatan gratis di puskesmas, klinik, hingga rumah sakit di seluruh wilayah Indonesia sesuai dengan penyakit yang diderita. Program KIS digagas sejak tahun 2014 oleh Presiden Jokowi yang menjangkau 19 provinsi di Indonesia.

Targetnya adalah melindungi dan melayani seluruh keluarga pra-sejahtera pada cara mengaktifkan kartu kis 2015. Dalam perkembangannya, istilah Kartu Indonesia Sehat juga digunakan untuk merujuk pada BPJS Kesehatan.

Untuk membedakan keduanya, KIS yang gratis iuran ini dikenal dengan istilah KIS-PBI (Penerima Bantuan Iuran), cara mengaktifkan kartu kis yang memerlukan pembayaran iuran disebut dengan istilah KIS non-PBI. Manfaat Kartu Indonesia Sehat Pemegang Kartu Indonesia Sehat (KIS-PBI) mendapatkan beberapa manfaat sebagai berikut ini.

• Pendaftaran tidak dikenai biaya apapun alias gratis karena khusus keluarga miskin. • Pemegang KIS tidak perlu membayar biaya bulanan. • Pemegang KIS bisa mendapatkan layanan kesehatan di manapun selama berada di wilayah Indonesia. • Pemegang KIS bisa mendapatkan layanan kesehatan di puskesmas, klinik, dan rumah sakit rekanan JKN tanpa harus membuat surat rujukan dari faskes pertama seperti pengguna BPJS.

• Pelayanan kesehatan pengguna KIS berupa pencegahan maupun pengobatan. Kelebihan dan kekurangan Kartu Indonesia Sehat KIS diharapkan mampu membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di daerah-daerah termiskin di Indonesia. Anak-anak prasejahtera yang sakit bisa dibantu melalui layanan gratis agar tetap bisa bersekolah. Mereka yang masih berusia sekolah pun mendapatkan bantuan Kartu Indonesia Pintar sehingga mendapatkan layanan pendidikan gratis dari pemerintah.

Namun, pada praktik dan implementasinya, KIS sempat menuai kritikan karena dinilai mampu menimbulkan kecemburuan sosial. Hal ini lantaran KIS yang dapat digunakan secara bebas bisa mengurangi jatah dan kuota pengguna BPJS. Selain itu, terdapat kekhawatiran terkait faktor kurang tepat sasaran pada implementasinya di lapangan. Di mana sasaran pengguna KIS sebenarnya adalah: • Anak-anak Panti Asuhan. • Orang Lanjut Usia. • Orang Cacat. • Mantan Pecandu. • Mantan PSK. Kelompok inilah yang dikategorikan oleh pemerintah sebagai penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) yang menjadi sasaran utama program Kartu Indonesia Sehat.

Apa bedanya Kartu Indonesia Sehat dengan Kartu BPJS? Pertanyaan yang kerap muncul di benak masyarakat adalah, apa bedanya KIS dengan BPJS? Meskipun terkesan serupa, sebenarnya, tetap ada beberapa perbedaan mendasar antara KIS dan BPJS kesehatan yang sama-sama berada di bawah naungan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Berikut perbedaan KIS dengan BPJS lebih lanjut 1. Sasaran pengguna KIS ditujukan untuk masyarakat yang tergolong kurang mampu, sedangkan BPJS Kesehatan ditujukan untuk masyarakat yang mampu membayar iuran.

Oleh karena itu, penerima KIS tidak diwajibkan membayar iuran seperti halnya peserta BPJS. Selain itu, daftar nama penerima Kartu Indonesia Sehat terbatas pada masyarakat golongan kurang mampu, sedangkan BPJS Kesehatan mencakup semua golongan masyarakat, termasuk yang kurang mampu. 2. Cakupan manfaat KIS dapat digunakan buat pencegahan dan pengobatan, sedangkan BPJS Kesehatan digunakan ketika peserta dalam kondisi sakit atau butuh mendapat perawatan.

Hal ini sejalan dengan tujuan pengadaan program KIS yang memang mengurangi potensi masyarakat jatuh sakit sehingga pelayanan kesehatan yang bersifat pencegahan juga dapat dinikmati oleh pemegang KIS. 3. Cakupan fasilitas Penggunaan KIS bebas di fasilitas kesehatan di mana saja, sedangkan penggunaan BPJS Cara mengaktifkan kartu kis terbatas pada fasilitas kesehatan yang didaftarkan atau telah bekerja sama dengan BPJS.

Selain itu, salah satu kelebihan KIS adalah cakupan wilayah yang lebih luas dibandingkan dengan pemegang kartu BPJS. 4. Syarat penggunaan Iuran KIS mendapatkan subsidi Pemerintah, selama pemegang kartun ini berada dalam kategori masyarakat kelompok ekonomi lemah atau kurang mampu. Lain halnya dengan BPJS Kesehatan yang mengandalkan iuran peserta untuk dapat dinyatakan dalam status aktif dan dapat digunakan.

Meskipun demikian, skema dan manfaat yang diterima antara pemegang kartu BPJS Kesehatan dengan KIS tidak berbeda jauh, bahkan mendapatkan keistimewaan lebih banyak. Cara mendapatkan Kartu Indonesia Sehat Lalu, bagaimana cara mendapatkan layanan Kartu Indonesia Sehat dan apa saja syarat-syaratnya? Syarat daftar Kartu Indonesia Sehat Adapun beberapa syarat pendaftaran KIS bagi keluarga tidak mampu, yaitu: • Keluarga bukan pekerja penerima upah (PBPU). • Seluruh anggota keluarga wajib didaftarkan sesuai data di Kartu Keluarga.

• Dapat mendaftar di Kantor BPJS terdekat. • Dokumen yang dibawa berupa KTP/ KK /Surat keterangan domisili, pas foto warna 3×4 masing-masing 1 lembar. • Menandatangani surat pernyataan. • Anak angkat bisa didaftarkan dengan menyerahkan bukti yang sah dari pengadilan. • Pendaftaran dapat diwakilkan jika calon peserta tidak bisa melakukan pendaftaran sendiri.

cara mengaktifkan kartu kis

Perwakilan harus dibekali surat kuasa bermaterai. Setelah mendapatkan KIS, peserta bisa langsung menggunakannya dengan cara menunjukkan saat datang ke puskesmas, klinik, maupun rumah sakit yang bermitra dengan BPJS tanpa harus mendapatkan rujukan dari fasilitas kesehatan pertama.

Prosedur pendaftaran di rumah sakit sedikit berbeda dengan pengguna BPJS. Peserta BPJS harus mendapatkan surat rujukan terlebih dahulu sebelum bisa mendapatkan layanan kesehatan di faskes lanjutan/rumah sakit. Cara daftar Kartu Indonesia Sehat Tidak semua orang bisa mendaftarkan diri untuk memperoleh Kartu Indonesia Sehat karena kartu ini memang diperuntukkan untuk kelompok masyarakat tertentu, yaitu kelompok masyarakat dengan perekonomian lemah.

Jika kamu ingin mendapatkan KIS, ada beberapa persyaratan dan prosedur yang harus disiapkan. Inilah beberapa berkas yang perlu disiapkan sebelum mendaftar. cara mengaktifkan kartu kis KK dan atau KTP anggota keluarga yang ingin mendapatkan kartu KIS • Surat keterangan tidak mampu dari RT/RW dan kelurahan setempat • Surat pengantar dari puskesmas Calon penerima KIS tidak harus memiliki rekening bank, karena iuran akan dibayarkan sepenuhnya oleh pemerintah. Selain itu, pemegang KIS hanya berhak atas pelayanan ruang kelas III.

Cara cek Kartu Indonesia Sehat online Jika kamu termasuk salah satu pemegang Kartu Indonesia Sehat, sebaiknya, kamu melakukan pengecekan status keaktifan kartu secara berkala. Hal ini dikarenakan, KIS milik kamu bisa saja berubah status menjadi tidak aktif jika data-datamu dinilai sudah masuk ke dalam golongan warga mampu.

cara mengaktifkan kartu kis

Melakukan pengecekan status KIS juga membantumu agar ketika hendak digunakan, KIS dalam keadaan aktif dan kamu dapat memperoleh manfaatnya secara maksimal. Bagaimana cara mengecek status KIS? 1. Cek status KIS Melalui SMS Langkah-langkah yang perlu kamu lakukan adalah: Ketik:NOKANomor Kartu BPJS Kesehatan NIPNomor Induk Pegawai NIKNomor Induk Kependudukan Kirim format tersebut ke nomor 08777-5500-400 2. Cek status KIS Melalui Aplikasi Mobile JKN Langkah-langkah yang perlu kamu lakukan adalah: • Unduh aplikasi Mobile JKN via Playstore untuk pengguna Android atau App Store untuk pengguna iOS • Masuk ke dalam menu akun dengan cara mengaktifkan kartu kis nomor KIS • Kamu akan dapat mengakses informasi dan status KIS langsung dari halaman profil 3.

Cek status KIS Melalui BPJS Online Langkah-langkah yang perlu kamu lakukan adalah: • Buka laman situs www.bpjs-kesehatan.go.id yang merupakan situs resmi BPJS Kesehatan • Pilih tautan BPJS Checking • Masukan nomor kartu dan tanggal lahir kemudian tekan tombol cek 4. Cek status KIS Melalui Care Center BPJS Langkah-langkah yang perlu kamu lakukan adalah: • Hubungi Care Center BPJS di nomor 1500-400 • Ikuti panduan untuk cara mengaktifkan kartu kis pengecekan 5.

Cek status KIS langsung di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Jika kamu tidak bisa melakukan pengecekan secara daring atau melalui telepon, kamu juga bisa mengecek status KIS dengan mendatangi langsung fasilitas kesehatan tingkat pertama terdekat. Namun demikian, cara ini memang agak kurang praktis karena kamu perlu mengambil nomor antrean dan menunggu hingga dipanggil oleh petugas dan menyerahkan KIS untuk dicek.

Setelah itu, petugas akan mengecek status KIS, apakah masih dalam keadaan aktif atau tidak. Cara menggunakan Kartu Indonesia Sehat Sesuai informasi sebelumnya, Kartu Indonesia Sehat dapat digunakan di berbagai tingkat fasilitas kesehatan.

cara mengaktifkan kartu kis

KIS dapat digunakan di Puskesmas, klinik, dokter praktek pribadi, maupun rumah sakit di Indonesia. Bagaimana cara menggunakan KIS? • Pasien mendatangi puskesmas atau fasilitas kesehatan tingkat pertama (Faskes I) untuk melakukan pemeriksaan awal dengan membawa kartu asli KIS dan KTP. • Jika penyakit pasien tidak bisa ditangani di tingkat Faskes I, Puskesmas akan cara mengaktifkan kartu kis surat rujukan untuk ditangani ke rumah sakit daerah selaku pelayanan kesehatan lanjutan.

• Langkah-langkah di atas tidak berlaku bagi pasien dalam kondisi gawat darurat yang dapat langsung mendapatkan penanganan di tingkat pelayanan kesehatan lanjutan, yaitu rumah sakit.

Masa berlaku Kartu Indonesia Sehat Dalam perkembangan penerapan program KIS, pemerintah memang sempat melakukan penonaktifan status pemegang KIS dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Penyebabnya beragam, salah satunya adalah pengalihan fokus APBD masing-masing pemerintah daerah.

Penyebab lainnya adalah pemerintah ingin memastikan penerima jaminan KIS sudah tepat guna, yaitu untuk masyarakat dari golongan ekonomi lemah atau tidak mampu. Oleh karena itu, jika kamu pemegang KIS-PBI selalu lakukan pengecekan berkala status keaktifan Kartu Indonesia Sehat milikmu, ya.

Sementara jika kamu pemegang KIS non-PBI, ini artinya kamu harus membayarkan iuran bulanan. Agar status KIS non-PBI tetap aktif, kamu harus rutin dan tepat waktu membayarkan iuran, ya. Bantuan sosial untuk pemilik Kartu Indonesia Sehat Bukan hanya dapat digunakan untuk mendapatkan pengobatan gratis, tapi ternyata ada juga bantuan sosial berupa uang tunai yang diberikan pemerintah untuk peserta KIS.

Setiap tahunnya, nominal bantuan yang diberikan berbeda. Tahun 2021 lalu, pemilik KIS mendapatkan bantuan sosial tunai (BST) hingga Rp1,2 juta. Berikut syarat, cara mengecek, dan mencairkan KIS. Syarat mencairkan KIS Bantuan tidak langsung diberikan pada pemilik KIS, tapi ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Apa saja syaratnya? • Kepesertaan Kartu Indonesia Sehat masih aktif. • Masuk dalam daftar penerima Bantuan Sosial Tunai (BST). • Mendapatkan surat undangan dari RT atau RW setempat yang memuat barcode. • Mempersiapkan KTP dan Kartu Keluarga. Cek KIS dapat BST Seperti disebutkan di atas, kamu juga harus masuk daftar penerita BST.

Berikut adalah cara mengeceknya: • Cek bantuan kartu KIS lewat laman dtks.kemensos.go.id. • Muncul opsi DTKS/BDT, ID Data Terpadu Kesejahteraan Sosial ataupun Nomor PBI JK/KIS. Silahkan tekan Nomor PBI JK/KIS atau NIK. • Masukkan nomor Kartu Indonesia Sehat atau NIK. • Silahkan pilihlah ID sesuai nama kamu. • Verifikasi Captcha kemudian tekan Cara mengaktifkan kartu kis. • Apabila terdaftar sebagai penerima bantuan, nama kamu akan muncul.

cara mengaktifkan kartu kis

Cara mencairkan Kartu Indonesia Sehat Jika sudah pasti tedaftar sebagai penerima bantuan, kamu bisa mencairkannya sesuai waktu yang ditentukan. Berikut caranya: • Datang ke lokasi pengambilan dana sesuai yang tertera pada undangan dari RT/RW dengan membawa KTP, KK, dan cara mengaktifkan kartu kis surat undangannya. • Antre dan menunggu nomor antreanmu hingga dipanggil. • Tunjukkan surat undangan, KTP, dan juga KK ke petugas. • Petugas akan melakukan scan barcode yang ada pada undangan. • Setelahnya, dana bantuan akan diberikan.

• Setelah sudah selesai, jangan lupa ambil kembali KTP dan juga KK kamu. Kartu Indonesia Sehat dikhususkan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu Kartu Indonesia Sehat merupakan program layanan kesehatan yang dikhususkan untuk kalangan menengah ke bawah, terutama mereka yang mengalami kesulitan mendapatkan akses kesehatan yang layak.

cara mengaktifkan kartu kis

Apabila kamu bukan salah satunya, kamu bisa menggunakan layanan BPJS Kesehatan. Namun, kalau kamu merasa proteksi yang diberikan BPJS Kesehatan masih kurang untuk memenuhi kebutuhanmu, kamu bisa memilih beragam asuransi kesehatan swasta lainnya.

Asuransi kesehatan swasta memiliki beragam manfaat: • Biaya rawat inap hingga Rp2 juta per hari. • Gratis biaya konsultasi ke dokter umum maupun spesialis. • Santunan meninggal dunia hingga Rp10 juta. Itulah informasi singkat mengenai Kartu Indonesia Sehat. Apabila kamu memiliki pertanyaan terkait administrasi, hukum, keuangan, hingga masalah asuransi, tanyakan ke para ahli di Tanya Lifepal ! Pertanyaan-pertanyaan seputar Kartu Indonesia Sehat Copyright © 2022 Lifepal.

Bekerjasama dengan © 1992 PT Anugrah Atma Adiguna adalah pialang asuransi terdaftar dan diawasi oleh OJK sesuai KEP-018/KMK.17/1992 dan anggota APPARINDO cara mengaktifkan kartu kis. Semua ulasan yang tertulis termasuk rating dilakukan oleh rekan pialang kami. Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru namun dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan / institusi keuangan.

Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial Anda.

5 HAL YANG MENYEBABKAN KIS DI NON AKTIFKAN PEMERINTAH




2022 www.videocon.com