Guru belajar pppk kemdikbud go id

guru belajar pppk kemdikbud go id

Guru Belajar dan Berbagi hadir sebagai tempat bertemunya guru-guru dari berbagai bidang di seluruh Indonesia untuk bisa mengikuti ragam seri belajar serta berbagi ragam bentuk pembelajaran. Ayo Guru Belajar merupakan gerakan kolaborasi pemerintah dengan komunitas dan organisasi yang bergerak dalam bidang pengembangan GTK untuk menyediakan beragam program belajar yang relevan dan dapat diikuti guru dan tenaga kependidikan secara daring.

Ayo Guru Berbagi merupakan gerakan kolaborasi pemerintah, guru, komunitas, dan penggerak pendidikan untuk bergotong royong berbagi ide dan praktik baik melalui Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), artikel, video pembelajaran, dan aksi webinar. Baik Ayo Guru Belajar maupun Ayo Guru Berbagi hadir sebagai fasilitas belajar dan berbagi agar anak-anak Indonesia mendapatkan pendidikan terbaik dari guru terbaik. Karena kami percaya, Semangat Guru Indonesia, Semangat Guru Belajar dan Berbagi!

judul Pada Kamis (05/08/2021), Mendikbudristek RI Nadiem Anwar Makarim dan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Iwan Syahril mengadakan Dialog Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) bersama Bupati Garut, Bupati Tulang Bawang Barat, Calon Guru Penggerak (CGP), Pengajar Praktik (PP), Fasilitator, Kepala Sekolah, dan Murid.

Dialog Program Pendidikan Guru Penggerak bersama Mendikbudristek RI dan Direktur Jenderal GTK Pada Kamis (05/08/2021), Mendikbudristek RI Nadiem Anwar Makarim dan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Iwan Syahril mengadakan Dialog Program Pendidikan Guru belajar pppk kemdikbud go id Penggerak (PGP) bersama Bupati Garut, Bupati Tulang Bawang Barat, Calon Guru Penggerak (CGP), Pengajar Praktik (PP), Fasilitator, Kepala Sekolah, dan Murid.

Dialog Program Pendidikan Guru Penggerak menjadi sarana untuk berbagi cerita, menguatkan semangat, merefleksikan pengalaman, serta memperkuat dampak Program Pendidikan Guru Penggerak.

Melalui Dialog Program Pendidikan Guru Penggerak, diharapkan akan menyebarkan praktik baik, ide, dan inspirasi pasca pelaksanaan Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 1. Sumber : Youtube Ditjen GTK Kemdikbud RI
Pemilihan Formasi Pelamar memilih formasi yang linier berdasarkan Data Kualifikasi Pendidikan dan/atau Sertifikat Pendidik yang telah terverifikasi. Pelamar memilih formasi dengan ketentuan sebagai berikut : • a Dalam hal formasi tersedia di sekolah tempat pelamar mengajar saat ini, pelamar wajib mendaftar di sekolah tersebut selama sertifikat pendidik dan/atau kualifikasi pendidikan linier; • b Formasi yang sudah dilamar sebagaimana dimaksud dalam huruf a, tidak dapat dilamar oleh pelamar lain; dan • c Dalam hal formasi tidak tersedia di sekolah tempat pelamar mengajar, pelamar dapat mendaftar di sekolah lain yang masih tersedia formasinya.

• Ujian Seleksi Kompetensi Pelamar yang lulus seleksi administrasi melaksanakan Ujian Kompetensi sesuai Formasi yang dipilih. Tahap ini hanya dapat diikuti oleh pelamar dengan kriteria sebagai berikut: • a Guru non-ASN yang mengajar di Satuan Pendidikan yang diselenggarakan oleh instansi daerah dan terdaftar sebagai guru di Dapodik; dan • b Tenaga Honorer Eks Kategori II sesuai database Tenaga Honorer Badan Kepegawaian Negara.

Bobot dan durasi soal Guru belajar pppk kemdikbud go id Afirmasi • Pemilihan Formasi II Bagi Pelamar yang tidak lulus Ujian Seleksi Kompetensi I dapat memilih kembali formasi dalam instansi kewenangan yang sama.

Seleksi kompetensi II dapat diikuti oleh: • a Guru non-ASN yang mengajar di Satuan Pendidikan yang diselenggarakan oleh instansi daerah dan terdaftar sebagai guru di Dapodik yang tidak lulus seleksi kompetensi I; • b Tenaga Honorer Eks Kategori II sesuai database Tenaga Honorer Badan Kepegawaian Negara yang tidak lulus seleksi kompetensi I; • c Guru Swasta yang mengajar di Satuan Pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat dan terdaftar sebagai guru di Dapodik; dan • d Lulusan Pendidikan Profesi Guru yang belum menjadi guru dan terdaftar di database lulusan Pendidikan Profesi Guru Kemdikbudristek.

• Pemilihan Formasi III Bagi Pelamar yang tidak lulus Ujian Seleksi Kompetensi II dapat memilih kembali formasi di seluruh wilayah Indonesia. Seleksi kompetensi III dapat diikuti oleh: • a Guru non-ASN yang mengajar di Satuan Pendidikan yang diselenggarakan oleh instansi daerah dan terdaftar sebagai guru di Dapodik yang tidak lulus seleksi kompetensi II; • b Tenaga Honorer Eks Kategori II sesuai database Tenaga Honorer Badan Kepegawaian Negara yang tidak lulus seleksi kompetensi II; • c Guru Swasta yang mengajar di Satuan Pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat dan terdaftar sebagai guru di Dapodik yang tidak lulus seleksi kompetensi II; dan • d Lulusan Pendidikan Profesi Guru yang belum menjadi guru dan terdaftar di database lulusan Pendidikan Profesi Guru Kemdikbudristek yang tidak lulus seleksi kompetensi II.

• • Honorer THK-II sesuai database THK-II di BKN • Guru Honorer yang masih aktif mengajar di Sekolah Negeri di bawah kewenangan Pemerintah Daerah dan terdaftar sebagai Guru di DAPODIK Kemendikbud • Guru yang masih aktif mengajar di Sekolah Swasta dan terdaftar sebagai Guru di DAPODIK Kemendikbud • Lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang belum menjadi guru dan terdaftar di Database Lulusan Pendidikan Profesi Guru Kemendikbud • Berdasarkan Surat Edaran Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan No 1460/B.B1/GT.02.01/2021 tanggal 15 Maret 2021 Pendaftaran PPPK Guru guru belajar pppk kemdikbud go id dapat dilakukan melalui website SSCASN.

SSCASN atau Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara adalah situs resmi pendaftaran ASN secara nasional sebagai pintu pendaftaran pertama seleksi ASN ke seluruh instansi baik Pusat maupun Daerah dan dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara RI sebagai Panitia Seleksi Penerimaan Nasional yang dapat diakses dengan alamat https://sscasn.bkn.go.id Berkas yang diperlukan untuk seleksi administrasi adalah : • Surat pernyataan yang dapat diunduh pada laman https://gurupppk.kemdikbud.go.id; • KTP elektronik (e-KTP) asli; • Pasfoto; • Ijazah; • Sertifikat Pendidik bagi yang memiliki; • Bagi pendaftar penyandang disabilitas menambahkan; • Surat keterangan dari dokter Rumah Sakit Pemerintah/Puskesmas yang menerangkan tentang jenis dan derajat kedisabilitasannya; • Menyampaikan tautan/link video singkat yang menunjukkan kegiatan sehari-hari pelamar dalam menjalankan tugas sebagai pendidik (pelamar mengunggah video singkat tersebut di youtube/googledrive/dropbox/media penyimpanan lainnya).

Verifikasi administrasi dilakukan berdasar pada linieritas Sertifikasi Pendidik dan/atau Kualifikasi Pendidikan. Jika Sertifikasi Pendidik tidak sesuai, dilanjutkan dengan verifikasi berdasar pada linieritas Kualifikasi Pendidikan. Kesesuaian Linieritas dimaksud merujuk pada SE Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud No 1460/B.B1/GT.02.01/2021 tanggal guru belajar pppk kemdikbud go id Maret 2021. Home › guru pppk kemdikbud.go.id hasil seleksi tahap 2 › guru pppk kemdikbud.go.id/ hasil tahap 1 › guru pppk kemdikbud.go.id/hasil_seleksi_thp2/index.php/home/hasil › guru pppk kemdikbud.go.id/hasil_tahap_1 › guru pppk kemdikbud.go.id/hasil_tahap_2/index.php/home/hasil › guru pppk kemdikbud.go.id/pelamar_p3k_tahap2 › guru pppk kemdikbud.go.id/seleksi_p3k_tahap_1/index.php/home/hasil › guru pppk kemdikbud.go.id/tahap 2 Guru Pppk Kemdikbud Go Id.

Adapun kegiatan PPG yang akan di laksanakan di tahun ini dapat diikuti oleh guru honorer, guru PPPK dan guru PNS yang hingga saat ini belum pernah. Seleksi Kompetensi III dibuka untuk peserta yang sebelumnya tidak lolos dalam seleksi. Cek Hasil Tes Kompetensi Guru PPPK di gurupppk.kemdikbud . (Cory Estrada) Formasi guru PPPK yang tersisa akan diperebutkan melalui seleksi ini. Sedangkan verval PTK sendiri merupakan kepanjangan dari Verifikasi dan.

Solusi Kemdikbud Bagi Guru Honorer Yang Lulus Passing Grade (PG) tapi Tidak dapat Formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja yang selanjutnya disingkat PPPK adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas.

guru belajar pppk kemdikbud go id

ePPID. Hasil disebut dapat diakses dan diunduh di dua alamat situs web, yakni di sscasn.bkn.go.id dan gurupppk.kemdikbud.go.id. Akses gurupppk.kemdikbud.go.id, Pengumuman Hasil Seleksi . Adapun kegiatan PPG yang akan di laksanakan di tahun ini dapat diikuti oleh guru honorer, guru PPPK dan guru PNS yang hingga saat ini belum pernah.

guru belajar pppk kemdikbud go id

Kherysuryawan.id - Panduan untuk melakukan cek data riwayat pendidikan formal, data identitas guru, data riwayat karir guru dan data kepega. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali membuka program pendidikan guru penggerak.
Literasi dan Numerasi Guru Merdeka Belajar Semangat Guru : Kemampuan Nonteknis dalam Adaptasi Teknologi Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif Guru Belajar PAUD Belajar Mandiri Calon Pendaftar Guru PPPK Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 Pendidikan Inklusif (AKM) Asesmen Kompetensi Minimum (PKH) Pendidikan Keterampilan Hidup Masa Pandemi Covid-19 • Masuk Lebih Fleksibel Anda bisa mengatur sendiri waktu belajar sesuai kesibukan masing-masing.

guru belajar pppk kemdikbud go id

Lebih Mudah Anda lebih mudah mempelajari konten pembelajaran yang telah dipecah menjadi unit belajar yang lebih kecil. Lebih Menantang Anda bisa memilih tantangan yang sesuai dengan kemampuan Anda. Lebih Kolaboratif Anda bisa belajar bersama dengan rekan guru yang lain untuk menyelesaikan semua tahapan program.

guru belajar pppk kemdikbud go id

Seri Literasi dan Numerasi Baru Program Guru Belajar dan Berbagi seri Literasi dan Numerasi adalah sebuah solusi untuk anda yang ingin meningkatkan kemampuan anda dalam Literasi (membaca dan menulis) dan Numerasi (Kemampuan mengaplikasikan konsep bilangan dan keterampilan operasi hitung di dalam kehidupan sehari-hari).

Selengkapnya Seri Semangat Guru guru belajar pppk kemdikbud go id Kemampuan Nonteknis dalam Adaptasi Teknologi Dibuka Kembali Program pelatihan untuk meningkatkan kompetensi kemampuan nonteknis sebagai pendukung penggunaan teknologi dalam kegaiatan belajar mengajar. Akselerasi teknologi dalam dunia pendidikan akan berdampak lebih besar jika diaplikasikan dengan cara berpikir kritis, komunikasi yang baik, kreativitas dan kolaborasi, atau yang juga dikenal dengan 4C ( Critical Thinking, Communication, Creativity, Collaboration).

Selengkapnya Seri Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif Selesai Pelatihan guru melalui Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif (SPPI) dirancang oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus untuk menjawab tantangan guru di SPPI agar mampu mengelola pembelajaran di kelasnya masing-masing secara efektif.

Selengkapnya Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK Selesai Program pembelajaran yang dirancang sebagai solusi untuk meningkatkan kompetensi pedagogi dan profesionalisme dengan menyediakan fasilitas untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan serta latihan soal-soal sebagai bekal dalam mengikuti seleksi guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Selengkapnya Seri Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 Selesai Merupakan upaya membantu guru dan satuan pendidikan dalam menyelenggarakan pembelajaran di masa pandemi COVID-19 pada tahun ajaran 2021/2022 serta meningkatkan kompetensi guru dalam merancang pembelajaran campuran (yang melibatkan PTM Terbatas dan PJJ) serta pembelajaran jarak jauh secara penuh. Selengkapnya Seri Pendidikan Keterampilan Hidup Selesai Program pembelajaran yang dirancang bagi Guru SMP dan SMA/SMK dengan tujuan untuk membantu dan membekali para peserta didik dengan keterampilan abad ke-21 yang bermanfaat untuk masa depan mereka termasuk mengembangkan kemampuan belajar dan menggali potensi diri.

Seri ini adalah hasil kerjasama Kemendikbud RI dan UNICEF.

guru belajar pppk kemdikbud go id

Selengkapnya Segera Hadir! Seri Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif, di program Ayo Guru Belajar. Program pembelajaran yang dirancang oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus untuk menjawab tantangan guru di SPPI agar mampu mengelola pembelajaran di kelasnya masing-masing secara efektif.

Nantikan tanggal rilisnya! #AyoGuruBelajar Segera Hadir! Seri PAUD, di program Ayo Guru Belajar. Program pembelajaran yang dirancang untuk peningkatan kompetensi profesional dan berbagai macam kemampuan teknis GTK PAUD seputar cara mengajar dan menstimulasi perkembangan Anak Usia Dini secara Holistik dan Integratif.

Nantikan tanggal rilisnya, salam Guru Belajar. Segera Hadir! Seri Pendidikan Keterampilan Hidup, di program Guru Belajar. Pembelajaran yang dirancang untuk membantu mengembangkan kemampuan belajar, menyadari dan menggali potensi diri untuk dikembangkan dan diimplementasikan dalam menghadapi permasalahan kehidupan serta memecahkan permasalahan tersebut dengan lebih kreatif.

Seri ini adalah hasil kerjasama Kemendikbud RI dan UNICEF. Nantikan tanggal rilisnya, salam Guru Belajar. Segera Hadir! Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK, di program Guru Belajar. Program pembelajaran yang dirancang sebagai solusi untuk meningkatkan kompetensi pedagogi dan profesionalisme dengan menyediakan fasilitas untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan serta latihan soal-soal sebagai bekal dalam mengikuti seleksi guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Nantikan tanggal rilisnya, salam Guru Belajar. Segera Hadir! Seri Pendidikan Inklusif, di program Guru Belajar. Program pembelajaran yang dirancang untuk Meningkatkan pengetahuan guru tentang konsep keberagaman peserta guru belajar pppk kemdikbud go id, konsep dasar pendidikan inklusif dan sistem layanan pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus.

Nantikan tanggal rilisnya, salam Guru Belajar.

guru belajar pppk kemdikbud go id

Segera Hadir! Seri Asesmen Kompetensi Minimum, di program Guru Belajar. Program pembelajaran yang dirancang bagi Guru dan Kepala Sekolah untuk dapat meningkatkan kompetensi berdasarkan literasi dan numerasi yang diharapkan dapat lebih mendorong perbaikan mutu pembelajaran.

Nantikan tanggal rilisnya, salam Guru Belajar.
GTK – Peningkatan kapasitas dan kesejahteraan pendidik menjadi salah satu perhatian utama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam kebijakan Merdeka Belajar. Guru profesional berperan penting dalam proses transfer pengetahuan, baik dalam hal kompetensi maupun karakter peserta didik. “Guru profesional dengan kompetensi unggul menjadi kunci terlaksananya pendidikan berkualitas.

Ketersediaan dan penjaminan kesejahteraan guru profesional merupakan tugas pemerintah,” disampaikan Mendikbudristek saat memberikan sambutan secara virtual pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian Tahun 2021, Kamis (1/7/2021). Lebih lanjut, Mendikbudristek menjelaskan bahwa dengan standar kurikulum yang berlaku saat ini, Indonesia membutuhkan lebih dari 2,2 juta guru.

Namun, di lapangan hanya tersedia sekitar 1,3 juta guru aparatur sipil negara (ASN) yang terdiri dari pegawai negeri sipil (PNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

guru belajar pppk kemdikbud go id

“Sehingga, kita masih kekurangan sekitar 900 ribu guru ASN di sekolah negeri, bahkan jika memperhitungkan jumlah guru ASN yang pensiun tahun ini, kita membutuhkan lebih dari 1 juta guru,” terang Menteri Nadiem. Untuk mengatasi kekurangan guru, pemerintah membuka perekrutan guru Aparatur Sipil Negara (ASN) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang diselenggarakan pada tahun 2021.

guru belajar pppk kemdikbud go id

Seleksi Guru PPPK ini diselenggarakan bersama dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dan Badan Kepegawaian Negara (BKN), serta pemerintah daerah.

Seleksi guru PPPK diatur dalam Peraturan Menteri PANRB Nomor 28 Tahun 2021. Dukungan alokasi gaji guru PPPK telah dipastikan Kementerian Keuangan melalui dana alokasi umum (DAU). Kemudian, Kemendagri memastikan anggaran gaji bagi guru PPPK yang terpilih dialokasikan oleh pemerintah daerah dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Selanjutnya, proses pengusulan formasi disampaikan oleh masing-masing pemerintah daerah. Adapun seleksi ASN dilaksanakan oleh BKN.

“Dengan adanya program ini, pemerintah membantu bapak/ibu guru honorer yang telah mengabdi di sekolahnya selama bertahun-tahun dan sudah melewati batas usia persyaratan ujian seleksi CPNS,” tutur Menteri Nadiem. Berbagai Keuntungan Menjadi Guru PPPK Mendikbudristek menyampaikan beberapa perubahan positif yang ingin dicapai dengan rekrutmen guru PPPK.

Pertama, perubahan status dari honorer ke ASN PPPK akan membawa jaminan kesejahteraan ekonomi bagi guru, yang meliputi gaji dan tunjangan profesi. Kedua, perubahan status akan memungkinkan lebih banyak guru mengikuti program-program peningkatan kompetensi dan sertifikasi.

guru belajar pppk kemdikbud go id

Peningkatan kompetensi ini sangat penting untuk jaminan ekonomi dan karier jangka panjang guru, serta kualitas pengajaran yang diterima oleh pelajar Indonesia.

Ketiga, program guru ASN PPPK juga menjadi alternatif rekrutmen. “Berdasarkan Dapodik (data pokok pendidikan) tahun 2020, sebanyak 59 persen guru honorer di sekolah negeri telah berusia lebih dari 35 tahun, sehingga tidak bisa lagi mengikuti ujian seleksi CPNS (calon pegawai negeri sipil),” ungkap Menteri Nadiem.

Sebagai upaya untuk menyukseskan target seleksi satu juta guru profesional menjadi PPPK, ujian seleksi akan dilakukan sebanyak tiga kali, yakni di bulan Agustus, Oktober, dan Desember. “Sehingga pendaftar memiliki tiga kali kesempatan untuk mencoba,” kata Nadiem. Selain itu, Kemendikbudristek menyediakan materi pembelajaran sebagai persiapan mengikuti ujian seleksi yang dapat diakses secara daring di platform Guru Belajar dan Berbagi.

“Besar harapan kami agar program ini dapat mengatasi tantangan kurangnya ketersediaan guru profesional. Selain itu, sejalan dengan semangat Merdeka Belajar, kami juga berharap program ini dapat meningkatkan jaminan kesejahteraan Ibu dan Bapak guru, garda depan pendidikan dan masa depan Indonesia,” pungkas Nadiem Makarim.

Sesuai Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, seorang guru profesional diwajibkan memiliki kualifikasi minimal S-1 atau D-4, sertifikasi pendidik, dan menerima pengembangan profesi dan kompetensi sesuai bidang.

Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin menyampaikan saat ini pemerintah terus mendorong terwujudnya profesionalitas ASN dan pengembangan manajemen ASN. Hal tersebut diatur dalam kerangka reformasi birokrasi yang dikelola melalui tiga aspek, yaitu kualifikasi, kompetensi, dan kinerja. “Tiga hal tersebut ke depannya menjadi faktor penting dalam pengembangan manajemen talenta nasional. Hingga saat guru belajar pppk kemdikbud go id proses perekrutan ASN telah dilakukan dengan adil dan transparan melaui sistem pendaftaran digital dan computer assisted test (CAT) sehingga ASN yang direkrut diharapkan memiliki kualifikasi terbaik sesuai dengan kebutuhan,” ungkap Wapres Ma’ruf Amin.

guru belajar pppk kemdikbud go id

Pengumuman formasi dan pendaftaran pengadaan PPPK untuk jabatan fungsional guru pada instansi daerah dibuka pada awal Juli 2021. Pendaftaran terbuka selama satu bulan bagi guru honorer di sekolah guru belajar pppk kemdikbud go id, guru non-PNS di sekolah swasta, pegawai honorer K-2, dan lulusan pendidikan guru yang memiliki sertifikat pendidik. Informasi lebih lengkap dan pendaftaran dapat dilakukan pada laman sscasn.bkn.go.id atau gurupppk.kemdikbud.go.id.Literasi dan Numerasi Guru Merdeka Belajar Semangat Guru : Kemampuan Nonteknis dalam Adaptasi Teknologi Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif Guru Belajar PAUD Belajar Mandiri Calon Pendaftar Guru PPPK Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 Pendidikan Inklusif (AKM) Asesmen Kompetensi Minimum (PKH) Pendidikan Keterampilan Hidup Masa Pandemi Covid-19 • Ingin Bertanya?

• Masuk Guru belajar pppk kemdikbud go id tujuan program Guru Belajar dan Berbagi Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK?

• Peserta mampu menggunakan bahan belajar mandiri dan latihan soal untuk mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi Guru ASN PPPK. • Peserta mampu menggunakan sistem bahan belajar mandiri yang mudah, ringan, ringkas.

• Peserta mampu menggunakan komunitas pembelajaran (Learning Community) dalam membangun pengetahuan dan keterampilannya. Pada tahapan ini, peserta secara mandiri dan berkolaborasi dapat: • Mempelajari substansi pedagogi dan bidang studinya masing-masing. • Memanfaatkan fasilitas komunitas pembelajaran dalam mengembangkan pemahaman dan pengetahuannya. • Mencoba beberapa soal formatif untuk mengetahui tingkat pemahaman pada substansi yang telah dipelajari.

Pada tahapan ini, peserta dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti latihan (tryout) soal-soal pedagogi dan bidang studinya masing-masing setelah proses belajar mandiri dilakukan. Peserta yang telah mengikuti tryout dapat kembali ke Tahap 1 (Fasilitasi Pembelajaran) untuk melakukan pendalaman materi pedagogi dan materi sesuai bidang studinya masing-masing.

Sehingga lebih meningkatkan pengetahuan dan kompetensinya. Apa yang didapatkan peserta program Guru Belajar dan Berbagi Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK? • Me- refresh kembali pengetahuan dan keterampilan yang telah didapat sebelumnnya. • Memberikan pengalaman baru terkait belajar mandiri dengan mengedepankan konsep komunitas pembelajaran. • Memanfaatkan teman sebaya (peer learning) dalam mengkonstruk pengetahuan dan keterampilan. • Lebih siap dalam menghadapi seleksi calon guru ASN PPPK.

Siapa saja yang bisa menjadi peserta program Guru Belajar dan Berbagi Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK? • Semua guru non PNS yang terdaftar di Dapodik • Telah memiliki Akun SIMPKB Peserta yang dapat mengikuti seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK Mapel Kejuruan • Peserta pengampu mapel kejuruan atau peserta dengan Prodi kelulusan mapel kejuruan yang sudah pernah mengikuti mapel umum pada kondisi apapun (selesai fasilitasi maupun try out), diperbolehkan memilih 1 kali mapel (memiliki kesempatan mengikuti fasilitasi dan try out mapel kejuruan 1 kali), dan tidak bisa mengubah mapel kejuruan.

• Peserta pengampu mapel kejuruan atau peserta dengan Prodi kelulusan mapel kejuruan yang belum pernah mengikuti mapel umum (atau sama sekali belum pernah mengikuti seri ASN PPPK), mempunyai kesempatan (memilih mapel kejuruan atau mengubah mapel kejuruan sebanyak 1 kali, dan boleh mengikuti 2 kali try out)

Program Guru Belajar Seri PPPK dan 5 Kebijakan Menguntungkan Honorer dalam Seleksi Guru PPPK 2021




2022 www.videocon.com