Jelaskan hal hal yang mendasari sebuah teks dinamakan teks eksplanasi

jelaskan hal hal yang mendasari sebuah teks dinamakan teks eksplanasi

Gimana ya caranya kita tahu bahwa sebuah teks itu disebut sebagai teks eksplanasi? Yuk, kenali ciri-ciri teks dan struktur teks eksplanasi beserta contohnya! -- Apakah kamu pernah membaca teks tentang proses terjadinya bencana alam di media cetak? Jika pernahitu merupakan salah satu contoh dari teks eksplanasi. Memangnya apa sih teks eksplanasi itu? Coba cek lagi deh materi pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 8, jangan-jangan kamu sudah lupa ya?

Padahal, materinya tidak jauh berbeda lho dengan yang ada di kelas 11. Kalau mau mengingat-ingat materinya lagi, cek di link berikut ini yuk tentang Teks Eksplanasi Kelas 8.

Pengertian Teks Eksplanasi Apakah yang dimaksud dengan teks eksplanasi? Teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses ‘mengapa’ dan ‘bagaimana’ kejadian-kejadian alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya dapat terjadi.

Suatu kejadian baik itu kejadian alam maupun kejadian sosial yang terjadi di sekitar kita, selalu memiliki hubungan sebab akibat dan proses.

jelaskan hal hal yang mendasari sebuah teks dinamakan teks eksplanasi

Lalu, gimana ya caranya kita tahu bahwa sebuah teks itu disebut sebagai teks eksplanasi? Yukkenali ciri-ciri dan struktur teks eksplanasi! Ciri-Ciri Teks Eksplanasi Ada beberapa ciri-ciri teks eksplanasi, antara lain: • Informasi yang dimuat berdasarkan fakta (faktual).

• Hal yang dibahas, yaitu suatu fenomena yang bersifat keilmuan atau berhubungan dengan ilmu pengetahuan. • Sifatnya informatif dan tidak berusaha memengaruhi pembaca untuk percaya terhadap hal yang dibahas. • Fokus pada hal umum (generik), bukan partisipan manusia. Contoh: tsunami, banjir, gempa bumi, hujan, dan lainnya. Baca juga: Mengenal Teks Prosedur Beserta Contohnya Struktur Teks Eksplanasi Sebuah teks bisa dikategorikan sebagai teks eksplanasi jika memiliki struktur sebagai berikut ini.

Struktur teks eksplanasi 1. Identifikasi Fenomena Di bagian ini, sebuah teks eksplanasi menjelaskan tentang gambaran umum fenomena/peristiwa alam yang akan dibahas. Poinnya bisa mengangkat tentang proses bagaimana fenomena alam tersebut bisa terjadi.

2. Rangkaian Kejadian Setelah mengetahui secara umum fenomena yang akan dibahas, pada bagian ini dijelaskan tentang penyebab dan akibat yang ditimbulkan dari fenomena tersebut.

jelaskan hal hal yang mendasari sebuah teks dinamakan teks eksplanasi

Kamu bisa melakukan deskripsi dalam beberapa paragraf terkait sebab dan akibatnya. Bagian ini disebut juga dengan deretan penjelas. 3. Interpretasi Interpretasi dalam teks eksplanasi dapat dikatakan sebagai ulasan atau penarikan kesimpulan. Kamu bisa memberikan tanggapan atau pernyataan terkait fenomena yang diangkat dalam teks tersebut. --- Intermezo dulu yuk, guys! Apa kamu suka b ingung menjawab soal-soal tersulit?

Mau tanya teman, tapi nggak tahu jawabannya. Mau tanya internet, duh belum tentu akurat jawabannya! Sekarang kamu nggak perlu khawatir, karena kamu bisa cobain fitur Roboguru dari Ruangguru.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi Ada pun dalam menyusun teks eksplanasi perlu memperhatikan kaidah kebahasaan berikut ini: • Menggunakan kalimat pasif • Menggunakan konjungsi kasual dan waktu • Terdapat istilah ilmiah • Menggunakan kata kerja material dan rasional • Bersifat informatif Contoh Teks Eksplanasi Banjir Mendengar kata banjir memang sudah tidak asing lagi terdengar ditelinga kita.

Banjir adalah fenomena alam yang bersumber dari curah hujan dengan intensitas tinggi dan durasi lama pada daerah aliran sungai (DAS). Banjir terjadi karena sebab alam dan tindakan manusia. Penyebab alami banjir adalah erosi dan sedimentasi, curah hujan, pengaruh fisiografi/geofisik sungai, kapasitas sungai, drainase lahan, dan pengaruh air pasang.

Penyebab banjir karena tindakan manusia adalah perubahan tata guna lahan, pembuangan sampah, kawasan padat penduduk di sepanjang sungai, dan kerusakan bangunan pengendali banjir.

Penyebab Alami Banjir Sebagai akibat perubahan tata guna lahan, terjadi erosi sehingga sedimentasi masuk ke sungai dan daya tampung sungai menjadi berkurang. Hujan yang jatuh ke tanah airnya akan menjadi aliran permukaan (run-off) di atas tanah dan sebagian meresap ke dalam tanah, yang tentunya bergantung pada kondisi tanahnya. Ketika suatu kawasan hutan diubah menjadi permukiman, hutan yang bisa menahan aliran permukaan cukup besar diganti menjadi permukiman dengan resistensi aliran permukaan kecil.

Akibatnya ada aliran permukaan tanah menuju sungai dan hal ini berakibat adanya peningkatan debit aliran sungai yang besar. Banjir di ibukota (Sumber: mediaindonesia.com) Penyebab Banjir karena Faktor Sosial Perubahan tata guna lahan merupakan penyebab utama banjir dibandingkan dengan yang lainnya. Apabila suatu hutan yang berada dalam suatu aliran sungai diubah menjadi permukiman, debit puncak sungai akan meningkat antara 6 sampai 20 kali.

Angka 6 dan angka 20 ini bergantung pada jenis hutan dan jenis permukiman. Demikian pula untuk perubahan yang lainnya akan terjadi peningkatan debit puncak yang signifikan. Deforestasi, degradasi lingkungan dan pembangunan kota yang penuh dengan bangunan beton dan jalan-jalan aspal tanpa memperhitungkan drainase, daerah resapan, dan tanpa memperhatikan data intensitas hujan dapat menyebabkan bencana alam banjir.

Pembuangan sampah di DAS membuat sungai tersumbat sampah. Jika air melimpah, air akan keluar dari sungai karena daya tampung saluran berkurang. Kawasan padat penduduk di sepanjang sungai/drainase dapat menjadi penghambat aliran dan daya tampung sungai. Masalah kawasan kumuh dikenal sangat penting sebagai faktor sosial terhadap masalah banjir daerah perkotaan. Baca juga: 5 Contoh Teks Eksplanasi beserta Strukturnya --- Nah, sekarang sudah paham kan apa itu teks eksplanasi? Kita udah belajar lengkap ya, mulai dari pengertian, ciri-ciri teks eksplanasi, kaidah kebahasaan, sampai struktur teksnya.

Semoga dapat membantu kalian untuk mengenali teks eksplanasi di kemudian hari. Ada yang belum paham tentang materi teks eksplanasi tadi? Jangan khawatir. Kamu bisa belajar lebih jauh tentang materi ini di ruangbelajar. Referensi: Suherli dkk. 2017. Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas 11. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Sumber Foto: Banjir di jalan. Tautan: https://mediaindonesia.com/megapolitan/93285/relokasi-jadi-keniscayaan-untuk-atasi-banjir.html Artikel ini telah diperbarui pada 4 Agustus 2021. Berikut jelaskan hal hal yang mendasari sebuah teks dinamakan teks eksplanasi yang paling benar dari pertanyaan: Apa yang yang menjadi dasar bahwa teks tersebut dinamakan teks eksplanasi?

• Karena teks tersebut berisi tentang “mengapa” dan “bagaimana” sesuatu itu dibuat • karena teks tersebut berisi tentang “megapa” dan “bagaimana” kejadian-kejadian alam, budaya, sosial, dll terjadi. • karena teks tersebut berisi penjelasan hubungan sebab akibat • karena teks tersebut menceritakan tentang bagaimana suatu cerita itu terjadi • karena teks tersebut berisi penjelasan hubungan kausalitas Jawaban: B.

karena teks tersebut berisi tentang “megapa” dan “bagaimana” kejadian-kejadian alam, budaya, sosial, dll terjadi. Jadi………. apa yang yang menjadi dasar bahwa teks tersebut dinamakan teks eksplanasi karena teks tersebut berisi tentang “megapa” dan “bagaimana” kejadian-kejadian alam, budaya, sosial, dll terjadi.

Secara singkat, jawaban dari pertanyaan Apa yang yang menjadi dasar bahwa teks tersebut dinamakan teks eksplanasi? tidak ada penjelasan pembahasannya.

jelaskan hal hal yang mendasari sebuah teks dinamakan teks eksplanasi

Namun, saya bisa memberikan kepastian bahwa jawaban mengenai pertanyaan Apa yang yang menjadi dasar bahwa teks tersebut dinamakan teks eksplanasi? akurat dan tepat (benar). Kenapa? Karena jawaban tentang pertanyaan Apa yang yang menjadi dasar bahwa teks tersebut dinamakan teks eksplanasi? diambil dari berbagai sumber referensi terpercaya. Selain itu, jawaban atas pertanyaan Apa yang yang menjadi dasar bahwa teks tersebut dinamakan teks eksplanasi?

sebelum dipublikasikan dilakukan verifikasi oleh para tim editor. Verifikasi jawaban pada pertanyaan Apa yang yang menjadi dasar bahwa teks tersebut dinamakan teks eksplanasi? melalui sumber buku, artikel, jurnal, dan blog yang ada di internet. Jadi, jawaban dari pertanyaan Apa yang yang menjadi dasar bahwa teks tersebut dinamakan teks eksplanasi? tidak perlu diragukan lagi. Categories Tugas Post navigation • Soal dan Jawaban Simulasi Digital Kelas 12 • 25+ Soal-Soal dan Jawaban ASJ (Administrasi Sistem Jaringan) kelas 12 • 50 Contoh Soal TKJ Pilihan Ganda dan Jawabannya • Soal Un Bahasa Inggris Smp Tahun 2022 • Pola Soal Uts Ipa Sd Kelas 3 Dan Balasan • Contoh Soal Uas Pkn Kelas 10 Smk Dan Pembahasan • Acuan Soal Uas Matematika Kelas 10 Smk Jurusan Tkr
Seperti namanya yang berarti menjelaskan, pengertian teks eksplanasi adalah sebuah teks yang berisi penjelasan atas sebuah kejadian atau fenomena yang berkaitan dengan alam, sosial, ilmiah, ilmu pengetahuan, dan budaya.

Singkat cerita, teks jenis ini menjelaskan tentang hubungan sebab-akibat dari suatu peristiwa, yakni mengenai “mengapa” dan “bagaimana” hal itu bisa terjadi. Lantas, bagaimana dengan ciri-ciri, urutan, dan struktur dari teks eksplanasi? Lalu, sulitkah untuk membedakan mana teks eksplanasi dan mana yang bukan? Sebenarnya tidak juga, apalagi teks eksplanasi memiliki ciri-ciri atau karakteristik tersendiri yang membedakannya dengan jenis teks lainnya. Berikut jelaskan hal hal yang mendasari sebuah teks dinamakan teks eksplanasi ciri-cirinya: 1.

Terdiri dari tiga unsur yang meliputi sebuah pernyataan umum, sebab-akibat, dan interpretasi. 2. Informasi yang ada di dalamnya didasarkan pada fakta. 3. Informasi yang ada di dalamnya memiliki sifat objektif. 4. Membahas sebuah peristiwa. 5. Merupakan jenis teks yang bersifat informatif. Struktur Teks Eksplanasi Sebagaimana telah jelaskan hal hal yang mendasari sebuah teks dinamakan teks eksplanasi dalam pengertian di atas, teks eksplanasi memiliki beberapa struktur yang membangunnya agar menjadi satu kesatuan yang utuh.

Diantara beberapa struktur yang dimaksud adalah sebagai berikut: 1. Identifikasi fenomena (phenomenon identification), mengidentifikasi sesuatu yang akan diterangkan. Hal itu bisa terkait dengan fenomena alam, sosial, budaya, dan fenomena-fenomena lainnya. 2. Penggambaran rangkaian kejadian (explanation sequence), memerinci proses kejadian yang relevan dengan fenomena yang diterangkan sebagai pertanyaan atas bagaimana atau mengapa peristiwa itu bisa terjadi.

a. Pola rincian atas pertanyaan “bagaimana” akan melahirkan uraian yang tersusun secara kronologis ataupun gradual. Dalam hal ini fase-fase kejadiannnya disusun berdasrkan urutan waktu. b. Pola rincian atas pertanyaan “mengapa” akan melahirkan uraian yang tersusun secara pola sebab akibat (kausalitas).

Dalam hal ini fase-fase kejadiannya disusun berdasarkan hubungan sebab akibat. 3. Ulasan (review), berupa komentar atau pandangan tentang dampak serta konsekuensi atas kejadian yang dipaparkan dalam teks.

Unsur Kebahasaan Teks Eksplanasi Unsur kebahasaan teks jenis ini sama seperti teks-teks pada umumnya. Akan tetapi, teks jenis ini lebih berfokus pada penggunaan konjungsi dalam kalimatnya. Sebagai jenis teks yang berkategori faktual (non sastra), teks jenis ini menggunakan kata-kata lugas dan denotatif. Hal yang membedakannya, di dalamnya tidak ditemukan kalimat perintah ataupun kata kerja imperatif seperti yang terdapat pada teks prosedur. Kalimat-kalimat di dalamnya secara umum berupa pernyataan (afirmatif).

Menyusun Bagian-bagian Pokok Tidak ada perbedaan istilah antara struktur teks eksplanasi dengan bagian-bagian pokoknya.

Berikut adalah ciri-cirinyat: 1. Struktur terdiri atas pernyataan umum Pada bagian ini yang dimaksud adalah gambaran awal tentang apa yang disampaikan oleh penulis tentang peristiwa atau fenomena. Selanjutnya ada struktur deretan penjelas, pada bagia struktur ini menjelaskan apa yang ingin disampaikan dari fenomena yang sudah diangkat pada bagian awal sebelumnya. Struktur berikutnya interpretasi, pada bagian ini penulis menuangkan pandangan dan pemahaman mengenai fenomena yang sudah dibahas (kesimpulan penulis).

2.

jelaskan hal hal yang mendasari sebuah teks dinamakan teks eksplanasi

Memuat fakta seputar fenomena Bagian pokok pada teks jenis ini tentu memuat fakta-fakta seputar fenomena yang dibahas di dalamnya. Fakta yang digunkan tentu harus akurat dan faktual berdasarkan kenyataan yang benar terjadi. 3. Memuat infomasi, data dan lainnya Faktual sendiri di sini maksudnya memuat informasi bersifat data dari bidang keilmuan, contoh data statistik dalam bidang ilmu geografi, grafik kurs perkembangan nilai tukar rupiah dalam bidang ekonomi, dan sebagainya.

Jadi, dapat ditarik garis besarnya bagian-bagian teks ekplanasi terdiri atas pernyataan umum, deretan penjelas, dan interpretasi. Baca Juga : 5 Contoh Teks Eksplanasi tentang Fenomena Alam Langkah-Langkah Menentukan Pola Pengembangan Teks Eksplanasi Secara umum, pola-pola pengembangan teks eksplanasi dibagi menjadi dua, yaitu: 1.

Pola Pengembangan Hubungan Sebab Akibat. 2. Pola Pengembangan Proses. Penyusunan pola dalam mengembangkan teks jenis ini dapat dilakukan dengan tahapan sebagai berikut: a. Tentukan tema (topik) Dengan menentukan topik kamu akan memulai langkah awal dalam membuat teks eksplanasi, yaitu apa yang akan dibahas dan untuk siapa informasi tersebut diberikan. b. Membuat dan menyusun kerangka teks yang mengandung topik teks eksplanasi Kerangka bertujuan untuk menyusun dan mengembangkan informasi yang ada di dalamnya.

Jika kamu ingin membuat teks ekspalnasi seputar gempa tentu langkah awal yang kamu lakukan adalah menjelaskan pengertian, sebab terjadinya gempa, hingga dampak terjadinya gempa.

jelaskan hal hal yang mendasari sebuah teks dinamakan teks eksplanasi

Hal itu bertujuan agar tulisan memiliki struktur yang baik. c. Mengembangkan kerangka yang telah disusun Setelah menyusun kerangka, proses selanjutnya adalah mengembangkan kerangka tersebut menjadi informasi utuh.

Kamu boleh mencari informasi dari berbagai sumber untuk teks jenis ini. Kemudian susun sesuai urutan dan struktur teks eksplanasi, yaitu pernyataan umum, termasuk identifikasi fenomena, proses kejadian (fakta-fakta), dan interpretasi (ulasan/kesimpulan).

Nah… setelah kamu memahami pengertian, struktur dan ciri-ciri teks eksplanasi, kamu juga bisa membaca informasi lebih lanjut terkait dengan bagaimana Mengontruksi Informasi, Menelaah Kaidah, dan Cara Meringkasnya. Kelas Pintar Kelas Pintar adalah salah satu partner Kemendikbud yang menyediakan sistem pendukung edukasi di era digital yang menggunakan teknologi terkini untuk membantu murid dan guru dalam menciptakan praktik belajar mengajar terbaik.

Related Topics • Bahasa Indonesia • eksplanasi • penjelasan • Teks • teks eksplanasi Previous Article Jawaban: 1.teks tersebut dinamakan teks eksplanasi adalah adanya paparan proses berlangsungnya suatu peristiwa.

Teks eksplanasi jelaskan hal hal yang mendasari sebuah teks dinamakan teks eksplanasi teks yang memaparkan proses berlangsungnya suatu peristiwa atau kejadian yang bersifat kausalitas (sebab akibat).

2.Fungsi fakta dalam teks eksplanasi yakni untuk menguatkan kebenaran dan hubungan sebab akibat yang dipaparkan dalam tulisan. Oleh karena itu, fakta informasi yang terkandung dalam teks eksplanasi harus ilmiah dan sesuai dengan jelaskan hal hal yang mendasari sebuah teks dinamakan teks eksplanasi pengetahuan. 3.ada di foto Penjelasan: maaf kalau jawaban di foto sama yang lain soalnya saya juga dapat di @sugia7086 Maaf kalau salah Semoga bermanfaat Kalau benar Jadikan jawaban terbaik:) Jangan hanya satu keburukan ku lalu kalian balas dengan seribu:") Jangan gitu ya:) aku ini manusia bukan malaikat:") 1.

Batasan yang tepat untuk mendefinisikan proposal adalah . A. Tulisan yang berisi pendapat pribadi penulis tentang sebuah isu yang sedang menjadi … perhatian umum di masyarakat.

B. Tulisan yang berisi rencana kegiatan atau penelitian yang diajukan kepada pihak tertentu untuk mendapat persetujuan atau sponsor. C. Tulisan yang berisi topik tertentu untuk dibacakan di depan umum atau diterbitkan di surat kabar atau majalah.

D. Karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi. ​ 45. "Apa-apaan sih, elo? Posternya kan jadi sobek!!!" "Sorry, Rin! Gue bener-bener nggak sengaja!" Kinta sama sekali nggak ngegubris pembelaan Anya. I … a masih memandangi poster Blur kesayangannya yang kini sudah terbagi dua karena robek. “Rin, sorry,ya. Gue. "Aah! Udah, deh! Pulang, sana!” potong Rinta kesal, matanya sudah sembab, hampir nangis.

Anya nggak mau memperburuk keadaan. Ia pun langsung keluar dari kamar Rinta dan bergegas pulang. Berdasarkan strukturnya, termasuk bagian manakah kutipan cerpen di atas ?​
Ciri-ciri Teks Eksplanasi – Berbicara tentang teks, ada banyak jenis teks yang ada selama ini.

Salah satunya adalah teks eksplanasi, tetapi apakah Grameds tahu apa itu teks eksplanasi? Kamu mungkin pernah membaca artikel tentang bencana alam di media massa. Nah, itulah contoh teks eksplanasi. Teks semacam ini dapat ditemukan di banyak buku teks dan juga di media berita. Seperti buku IPA, geografi, sejarah di sekolah.

Untuk kelengkapan dan kejelasan, mari kita lihat lebih dekat contoh teks Eksplanasi lengkap yang mencakup deskripsi berikut: Sebelum melihat contoh teks deskriptif, terlebih dahulu kamu pelru mengetahui tentang pengertian, struktur, jebis, dan ciri-ciri teks eksplanasi seperti berikut ini: Daftar Isi • Pengertian Teks Eksplanasi • 1. Pardiyono • 2. Knapp and Watkins • 3. Tomi Rianto • Struktur Teks Eksplanasi • Anda Mungkin Juga Menyukai • 1. Judul • 2. Pernyataan Umum • 3. Menjelaskan Urutan Sebab dan Akibat • 4.

Interpretasi • Ciri-ciri Teks Eksplanasi • 1. Strukturnya Jelas • 2. Fakta • 3. Teks • 4. Tidak Meyakinkan atau Tidak Bersifat Persuasif • 5. Membuat Penanda Urutan • Jenis-jenis Teks Eksplanasi • 1. Teks Eksplanasi Sequential • 2. Teks Eksplanasi Faktorial • 3. Teks Eksplanasi Teoritis • 4. Teks Eksplanasi Kausal • Contoh Teks Eksplanasi • 1.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Banjir • 2. Contoh Teks Eksplanasi Tentang Tsunami • 3. Contoh Teks Eksplanasi Tentang Gempa Bumi • Cara Membuat Teks Eksplanasi • 1. Menentukan Subjek Untuk Membuat Teks Eksplanasi • 2. Membuat Kerangka Teks Eksplanasi • 3. Mengembangkan Struktur Deskriptif Pengertian Teks Eksplanasi Teks eksplanasi adalah teks atau paragraf yang berisi tentang “alasan” dan “metode” proses terjadinya suatu peristiwa. Peristiwa tersebut dapat berupa alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan fenomena lain yang dapat terjadi.

Selalu ada hubungan sebab akibat dan proses dalam peristiwa-peristiwa yang terjadi di sekitar kita, baik alam maupun sosial. Tujuan dari teks eksplanasi ini adalah untuk menggambarkan satu atau lebih peristiwa yang melibatkan kausalitas dan proses. Di sini, penulis harus menjelaskan kejadian sejelas mungkin sehingga pembaca dapat mengumpulkan informasi penting dari apa yang sedang dijelaskan.

Teks eksplanasi ini memiliki struktur untuk mengidentifikasi peristiwa, menggambarkan peristiwa, pola dan hasil deret waktu yang terperinci, dan meninjau peristiwa. Deskripsi menggunakan konjungsi di setiap kalimat, serta kata-kata ekstensional sederhana. Teks deskriptif termasuk dalam jenis teks fakta. Teks deskriptif lebih seperti sebuah pernyataan daripada teks yang berisi perintah atau instruksi.

Definisi eksplanasi dapat ditafsirkan dengan cara yang berbeda. Tergantung siapa yang mengartikan. Berikut ini beberapa pendapat tentang pengertian teks eksplanasi menurut para ahli: 1.

Pardiyono Menurut Pardiyono, teks eksplanasi adalah upaya menjelaskan proses munculnya gejala alam. Bukan hanya berupa fenomena alam. Ini juga merupakan fenomena sosial. 2. Knapp and Watkins Berbeda dengan Knapp dan Watkins view, teks deskriptif berarti teks yang menggambarkan dua arah. Orientasi pertama menekankan bagaimana dan mengapa fenomena itu terjadi. Arah kedua menekankan apa yang bisa terjadi dalam teks eksplanasi. 3. Tomi Rianto Tomi Rianto mendefinisikan teks eksplanasi sebagai format tekstual yang menjelaskan mengapa dan bagaimana suatu peristiwa jelaskan hal hal yang mendasari sebuah teks dinamakan teks eksplanasi.

Terlepas dari jenis peristiwanya, seperti peristiwa alam, peristiwa sosial, peristiwa budaya, peristiwa ilmiah, dan sebagainya. Dari beberapa pendapat di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa jenis teks ini dimaksudkan untuk menjelaskan atau mencoba menjelaskan proses asal mula fenomena tersebut.

Setiap fenomena dan peristiwa memiliki sebab, akibat, dan proses. Saya akan mencoba menjelaskan tiga poin ini. Pengertian umum teks jenis ini berasal dari penjelasan dalam bahasa asing yang memiliki arti deskriptif. Teks disusun dalam urutan kronologis, termasuk sebab dan akibat.

Tentunya penyampaian atau penjelasan secara tertulis didasarkan pada bukti-bukti ilmiah atau teoretis. Jenis teks ini bertujuan untuk melaporkan secara jelas langkah- langkah, dan proses yang terkait dengan fenomena ini. Ini melibatkan penjelasan mengapa hal tersebut bisa terjadi. Jenis teks ini sangat berguna bagi pembaca yang tidak tahu mengapa ini terjadi.

Penjelasan yang baik dijelaskan dengan kata-kata sederhana. Kami berharap banyak orang akan memahami dan memahaminya. Tingkat pemahaman pembaca menentukan efektivitas dan daya tarik. Rp 65.000 Struktur Teks Eksplanasi Dilihat dari struktur teks deskriptif, ada beberapa urutan penting. Anda penasaran, bukan?

Simak ulasannya di bawah ini. 1. Judul Seperti halnya teks apapun, judul itu tentu saja harus ada. Tulislah dengan bahasa yang singkat, padat dan jelas dalam kaitannya dengan penulisan judul yang baik. Penulisan judul tidak harus terlalu panjang, menghilangkan esensi dari apa yang dideskripsikan.

Coba tuliskan poin-poin tentang fenomena yang akan dijelaskan. 2. Pernyataan Umum Kemudian kamu dapat memasukkan struktur kedua untuk memulai dengan pernyataan umum. Untuk membuat pernyataan umum, kamu dapat menuliskannya dengan informasi sederhana tentang fenomena tersebut.

Misalnya, mulailah dengan menjelaskan mengapa ini terjadi. Atau mengapa ini hanya terjadi sekarang, bukan kemarin atau di masa depan? 3. Menjelaskan Urutan Sebab dan Akibat Inti dari cara menulis teks eksplanasi adalah penjelasan kausalitas. Di sinilah penjelasan yang lebih jelas tentang proses dimulai. Bagaimana tahapan sebelum fenomena ini terjadi? Selanjutnya, apa dampaknya? Dan penjelasan bagaimana menghadapi fenomena yang sama ketika terulang di masa depan 4. Interpretasi Bagian interpretasi ini tentu saja dapat diisi dengan pendapat dan perspektif penulis, berdasarkan deskripsi data dan fenomena itu sendiri.

Terakhir, tutup dengan kesimpulan. Kesimpulan harus singkat, padat dan jelas. Ini adalah beberapa struktur yang kurang penting saat membuat teks eksplanasi. Surat keterangan dalam bahasa bak yang tujuannya adalah untuk memberikan pemahaman kepada pembaca. Paling tidak, hindari menggunakan bahasa lokal. Ciri-ciri Teks Eksplanasi Teks eksplanasi itu sendiri memiliki ciri-ciri tertentu. Lantas apa saja ciri spesifiknya?

jelaskan hal hal yang mendasari sebuah teks dinamakan teks eksplanasi

Bagi yang masih bingung, berikut ini penjelasannya: 1. Strukturnya Jelas Ciri-ciri teks eksplanasi yang paling menonjol adalah strukturnya yang jelas. Oleh karena itu, struktur deskripsi dimulai dengan pernyataan umum, diikuti dengan urutan hubungan sebab akibat, dan kemudian ke interpretasi atau ketentuan penulis. 2. Fakta Menurut sifatnya, teks eksplanasi berbasis data yang merupakan fakta, berdasarkan data, dan memuat pembahasan ilmiah menurut ilmu pengetahuan yang berlaku.

Oleh karena itu, jenis teks ini tidak dibuat secara imajinatif. 3. Teks Informatif berisi informasi terkini yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

Dengan kata lain, itu terbarukan dan tidak ketinggalan zaman. Kata informatif mengacu pada dukungan teori dan penelitian ilmiah yang membuka lebih banyak perspektif dan perspektif kepada pembaca kami 4. Tidak Meyakinkan atau Tidak Bersifat Persuasif Teks eksplanasi berbeda dengan editorial.

Ketika editorial berpengaruh, pernyataan itu lebih banyak menyampaikan fakta. Penjelasan yang diberikan lebih merupakan penjelasan tentang proses sebab akibat dari fenomena tersebut. 5. Membuat Penanda Urutan Penanda urutan menekankan urutan atau menggunakan level titik. Misalnya, gunakan urutan Pertama, Kedua, Ketiga, Keempat, dan seterusnya. Bagian terakhir berisi informasi dan data penting yang dapat menjawab peristiwa tersebut. Itulah ciri teks ini. Dibandingkan dengan teks lain, teks ini cenderung tidak terpengaruh oleh data atau teori.

Murni menjelaskan dan menjawab hanya satu fenomena. Jenis-jenis Teks Eksplanasi Dalam praktiknya, teks Eksplanasi memiliki beberapa jenis seperti penjelasannya berikut ini: 1. Teks Eksplanasi Sequential Jenis teks Eksplanasi ini menjelaskan secara rinci tahapan- tahapan suatu fenomena, seperti urutan daur hidup rantai makanan.

2. Teks Eksplanasi Faktorial Teks Eksplanasi ini adalah jenis deskripsi yang menggambarkan efek dan konsekuensi dari suatu proses, misalnya dampak penjajahan. 3. Teks Eksplanasi Teoritis Penjelasan ini mengandung spekulasi jelaskan hal hal yang mendasari sebuah teks dinamakan teks eksplanasi potensi di balik fenomena alam. Misalnya, jika Gunung Merapi meletus dapat memicu bencana alam lain yang lebih dahsyat.

4. Teks Eksplanasi Kausal Teks Eksplanasi adalah jenis penjelasan yang menjelaskan sebab atau sebab dari sesuatu yang berubah secara bertahap. Contoh proses longsor. Contoh Teks Eksplanasi Berdasarkan uraian penjelasan tentang pengertian, struktur, jenis, dan ciri-ciri Teks eksplanasi di jelaskan hal hal yang mendasari sebuah teks dinamakan teks eksplanasi, berikut ini beberapa contoh teks Eksplanasi yang bisa Grameds pelajari: 1.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Banjir Banjir merupakan fenomena alam berupa naiknya air pada suatu daerah dan menutupi permukaan daerah tersebut. Banjir juga dapat dilihat sebagai bagian dari siklus air, yaitu bagian dari air permukaan yang mengalir ke lautan. Melalui siklus air, terlihat bahwa jumlah air permukaan dipengaruhi oleh curah hujan dan penyerapan air ke dalam tanah. Banjir secara alami disebabkan oleh curah hujan lokal dan penyebaran limpasan dari hulu DAS.

Banjir non-ilmiah dapat disebabkan oleh aktivitas manusia. Proses penggenangan alam seperti hujan yang jatuh ke permukaan bumi, tertahan oleh tumbuh-tumbuhan, kemudian masuk ke permukaan, mengalir ke tempat yang lebih rendah, kemudian menguap dan meninggalkan permukaan. Banjir yang terjadi secara alami dapat menjadi bencana bagi manusia jika menimpa dan merugikan manusia. Di sisi lain, proses terjadinya banjir yang tidak wajar terjadi karena ulah manusia seperti membuang sampah dan mencegah air mengalir dengan lancar, sehingga semakin banyak air yang terapung di TPA, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk menguap keluar karena menyentuh tanah dan menyebabkan banjir.

Kesimpulan dari contoh uraian di atas adalah bahwa proses banjir dapat terjadi secara alami dan dengan campur tangan manusia. Manusia hidup di habitat yang pada dasarnya merupakan dataran banjir dan dapat mengalami kerugian akibat banjir.

Jika manusia tinggal di daerah dataran yang sering banjir, maka bukan banjirlah yang mendatangi manusia, namun justru manusia itulah yang mendatangi banjir.

2. Contoh Teks Eksplanasi Tentang Tsunami Tsunami (tsu= pelabuhan, nami = gelombang, secara harafiah berarti “ombak besar di pelabuhan”) merupakan perpindahan badan air yg ditimbulkan sang perubahan bagian atas bahari secara vertikal menggunakan datang-datang. Perubahan bagian atas bahari tadi sanggup ditimbulkan sang gempa bumi yg berpusat pada bawah bahari, letusan gunung berapi bawah bahari, longsor bawah bahari, atau atau hantaman meteor pada pantai.

Gelombang yang terjadi saat tsunami ini bisa merambat ke segala arah. Tsunami bisa terjadi bila terjadi gangguan yang mengakibatkan perpindahan sejumlah air, misalnya letusan gunung bawah laut, gempa bumi, longsor juga meteor yang jatuh ke bumi.

Namun, 90% tsunami merupakan dampak gempa bumi bawah laut. Dalam rekaman sejarah beberapa tsunami diakibatkan sang gunung meletus, contohnya waktu meletusnya Gunung Krakatau. Gerakan vertikal dalam kerak bumi, bisa menyebabkan dasar laut menjadi naik atau turun secara tiba-tiba, yang menyebabkan gangguan kesetimbangan air yang berada pada atasnya.

Hal ini menyebabkan terjadinya genre tenaga air di bawah laut sampai pada pantai sebagai gelombang besar yang menyebabkan terjadinya tsunami. Kecepatan gelombang tsunami tergantung dalam kedalaman air laut di mana gelombang tersebut terjadi, dimana kecepatannya sanggup mencapai ratusan kilometer per jam. Jika tsunami mencapai pantai, kecepatannya akan sebagai lebih kurang 50 km/jam dan energinya sangat Mengganggu wilayah pantai yang dilaluinya.

Di tengah air laut yang tinggi, gelombang tsunami hanya beberapa centimeter sampai beberapa meter, tetapi waktu mencapai pantai tinggi gelombangnya sanggup mencapai puluhan meter lantaran terjadi penumpukan masa air. Saat mencapai pantai tsunami akan merayap masuk daratan jauh menurut garis pantai menggunakan jangkauan mencapai beberapa ratus meter bahkan sanggup beberapa kilometer.

jelaskan hal hal yang mendasari sebuah teks dinamakan teks eksplanasi

Gerakan vertikal ini bisa terjadi dalam patahan bumi atau sesar. Gempa bumi pula bisa terjadi pada wilayah subduksi, dimana lempeng lautan menelusup ke bawah lempeng benua.

Kesimpulan menurut model teks eksplanasi pada atas yakni, tanah longsor yg terjadi pada dasar bahari dan runtuhan gunung barah pula bisa menyebabkan gangguan air bahari yg bisa membentuk tsunami. Gempa yg mengakibatkan gerakan tegak lurus lapisan bumi. Akibatnya, dasar bahari naik-turun secara datang-datang sebagai akibatnya ekuilibrium air bahari yg berada pada atasnya terganggu.

Demikian juga halnya menggunakan benda kosmis atau meteor yang jatuh di atas. Apabila berukuran meteor atau longsor ini relatif akbarbisa terjadi megatsunami yang tingginya mencapai ratusan meter.

3. Contoh Teks Eksplanasi Tentang Gempa Bumi Gempa bumi adalah getaran yang disebabkan oleh perpindahan atau pergerakan suatu lapisan yang dimulai dari dasar permukaan bumi. Fenomena alam ini sering terjadi di dekat gunung berapi, gunung berapi aktif, dan di daerah yang didominasi pegunungan.

Gempa bumi disebabkan oleh pergerakan atau pergerakan lapisan bumi dan letusan gunung berapi yang sangat kuat. Selain itu, gempa bumi terjadi dengan sangat cepat dan berdampak besar bagi daerah sekitarnya. Getaran seismik saat gempa yang sangat kuat tersebut bisa menyebar ke segala arah, sehingga berpotensi untuk meratakan bangunan dan bisa menimbulkan korban jiwa.

Gempa bumi dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis, gempa vulkanik dan gempa gerakan kerak, tergantung pada penyebab terjadinya.

Gerakan kerak menyebabkan gerakan kerak karena melunak dan menyebabkan perpindahan dan gerakan. Teori “tektonik lempeng” menjelaskan bahwa bumi kita terdiri dari beberapa lapisan buatan. Sebagian besar wilayah kerak ini tersapu seperti salju dan mengapung di atas lapisan. Lapisan-lapisan ini bergerak sangat lambat sehingga jelaskan hal hal yang mendasari sebuah teks dinamakan teks eksplanasi runtuh dan saling bertabrakan.

Itu sebabnya ada gempa bumi. Selain itu, gempa bumi vulkanik terjadi akibat adanya letusan gunung berapi yang sklalanya sangat besar.

Jenis gempa vulkanik ini dalam praktiknya lebih jarang terjadi jika dibandingkan dengan jenis gempa tektonik. Interpretasi : Kesimpulan dari contoh teks eksplanasi tersebut adalah Gempa bisa terjadi kapan saja tanpa mengenal gejala musim. Namun konsentrasi gempa cenderung hanya terjadi ditempat- tempat tertentu saja, seperti pada wilayah perbatasan pasifik.

jelaskan hal hal yang mendasari sebuah teks dinamakan teks eksplanasi

Wilayah tersebut dikenal dengan lingkaran api karena banyak gunung berapi yang mengelilinginya. Cara Membuat Teks Eksplanasi Dari contoh teks Eksplanasi di atas, apakah Grameds tertarik membuatnya? Berikut ini cara membuat Eksplanasi; 1. Menentukan Subjek Untuk Membuat Teks Eksplanasi Ada dua pola dalam teks eksplanasi, yakni pola perkembangan kausal dan pola perkembangan proses. Ada beberapa langkah untuk menempatkan pola saat membuat teks Eksplanasi, langkah pertama adalah membuat tema.

Tema adalah ide atau gagasan utama untuk menciptakan sebuah karya seperti teks deskriptif. Dengan menetapkan topik terlebih dahulu, teman-teman Grameds dapat fokus membuat teks eksplanasi. Topik juga membantu memfasilitasi diskusi tentang audiens target untuk teks deskriptif ini. 2. Membuat Kerangka Teks Eksplanasi Setelah topik jelaskan hal hal yang mendasari sebuah teks dinamakan teks eksplanasi membuat teks eksplanasi ditentukan, langkah kedua adalah membuat kerangka. Grameds dapat mengatur teks deskriptif dengan lebih baik dengan membuat kerangka sebelum menyusun teks deskriptif.

Misalnya, jika Grameds menulis deskripsi masalah banjir, berikan gambaran umum tentang definisi banjir, lokasinya, waktu terjadinya, dan penyebab banjir sebelum terjadi. Garis besar ini dapat membuat teks Grameds lebih mudah dibaca.

3. Mengembangkan Struktur Deskriptif Langkah terakhir dalam membuat teks deskriptif adalah pengembangan struktur yang telah disiapkan sebelumnya. Bentuk kerangka yang telah ada tersebut dapat dikembangkan jadi sebuah teks yang informatif.

Cara mengembangkan teksnya pun dapat kamu susun dari pernyataan umum, identifikasi fenomena, proses kejadian atau fakta, kemudian baru menulis kesimpulan dari fenomena tersebut. Nah, itulah penjelasan tentang pengertian, struktur, jenis-jenis dan ciri-ciri teks Eksplanasi. Grameds bisa mempelajari tentang teks Eksplanasi pada koleksi buku Gramedia di www.gramedia.com, selamat belajar.

#SahabatTanpabatas. BACA JUGA: • Pengertian, Ciri, dan Contoh Kalimat Ajakan • Kalimat Fakta: Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis, Contoh, dan Cara Menentukan Kalimat Fakta • Penjelasan Pengertian Kalimat Resensi dan Contohnya • Teks Deskripsi: Pengertian, Ciri, Struktur, Jenis, dan Contoh • Teks Fantasi: Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, Jenis, dan Contohnya Kategori • Administrasi 5 • Agama Islam 126 • Akuntansi 37 • Bahasa Indonesia 95 • Bahasa Inggris 59 • Bahasa Jawa 1 • Biografi 31 • Biologi 101 • Blog 23 • Business 20 • CPNS 8 • Desain 14 • Design / Branding 2 • Ekonomi 152 • Environment 10 • Event 15 • Feature 12 • Fisika 30 • Food 3 • Geografi 62 • Hubungan Internasional 9 • Hukum 20 • IPA 82 • Kesehatan 18 • Kesenian 10 • Kewirausahaan 9 • Kimia 19 • Komunikasi 5 • Kuliah 21 • Lifestyle 10 • Manajemen 29 • Marketing 17 • Matematika 20 • Music 9 • Opini 3 • Pendidikan 35 • Pendidikan Jasmani 32 • Penelitian 5 • Pkn 69 • Politik Ekonomi 15 • Profesi 12 • Psikologi 31 • Sains dan Teknologi 30 • Sastra 32 • SBMPTN 1 • Sejarah 84 • Sosial Budaya 98 • Sosiologi 53 • Statistik 6 • Technology 26 • Teori 6 • Tips dan Trik 57 • Tokoh 59 • Uncategorized 31 • UTBK 1
Kelas: 11 Topik: Teks Eksplanasi Hai Rahyuni A.

Terima kasih sudah bertanya di Roboguru. Teks eksplanasi menjelaskan proses (bagaimana) dan sebab (mengapa) terjadinya suatu peristiwa atau fenomena, baik alam maupun sosial. Ciri-ciri teks eksplanasi adalah (1) bersifat faktual, artinya data yang disajikan sesuai dengan fakta; (2) bersifat objektif; artinya data yang dijelaskan tidak dilebih-lebihkan; (3) disusun oleh unsur pernyataan umum, deretan penjelas sebab akibat, dan interpretasi.

Dengan demikian, hal-hal yang mendasari sebuah teks eksplanasi adalah penjelasan tentang proses terjadinya sebuah fenomena, data faktual yang mendukung penjelasan tentang sebab-akibat suatu fenomena, dan susunan struktur yang sistematis.

Bacalah teks ceramah berikut! Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang “sabar” Sabar berasal dari kata “sobaro-yasbiru” yang artinya menahan. Menurut istilah, sabar adalah menahan diri dati kesusahan dan menyikapinya sesuai syariah dan akal, menjaga lisan dari celaan, dan menahan anggota badan dari perbuatan dosa.

Sabar adalah pilar kebahagian seorang hamba, karena dengan kesabaran seseorang akan terjaga dari kemaksiatan, konsisten menjalankan ketaatan, dan tabah dalam menghadapi berbagai macam cobaan.

Sabar merupakan ajaran yang banyak sekali disinggung dalam Al-Qur’an maupun hadis, sehingga manusia senantiasa diarahkan untuk selalu bersabar dalam kehidupannya. Kesabaran yang sebenarnya adalah kemampuan dalam mengendalikan sikap, sehingga bisa dengan ikhlas dan rela hati menerima kondisi yang sedang dihadapinya demi mendapat balasan yang baik di akhirat. Teks jelaskan hal hal yang mendasari sebuah teks dinamakan teks eksplanasi termasuk struktur bagian …. a. pendahuluan b. isi c. penutup d.

interpretasi e. orientasi Cermati teks berikut! Wabah Virus Korona di Wuhan, China mengakibatkan 17 orang tewas dan ratusan lainnya terinfeksi. Virus Korona yang diduga berasal dari kelelawar atau ular ini penyebarannya begitu pesat lewat udara dan sentuhan langsung dengan orang yang terinfeksi. Makna kata "wabah" dari teks di atas adalah. A. Menular B. Menyebar C. Menjalar D. Menebar11. Sebarkan ini: Teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses mengapa dan bagaimana suatu peristiwa alam, ilmu pengetahuan, sosial, budaya, dan juga lainnya bisa terjadi.

Sebuah peristiwa baik peristiwa alam maupun sosial yang terjadi disekitar kita, selalu memiliki hubungan sebab akibat serta juga proses. Kejadian atau peristiwa yang terjadi disekitar kita pantas nya tidak hanya kita amati serta dirasakan saja, tetapi sekaligus digunakan sebagai pembelajaran. Mengapa kejadian itu bisa terjadi serta juga bagaimana bisa terjadi peristiwa atau kejadian seperti itu. Tujuan Teks eksplanasi Setelah mengerti mengenai pengertian dari teks eksplanasi ini, lantas apa tujuan dari teks eksplanasi ini.

Dibawah ini merupakan tujuan dari Teks eksplanasi diantaranya sebagai berikut :: • Menjelaskan fenomena yang terjadi • Menjelaskan sebab-akibat suatu peristiwa Ciri-Ciri Teks Eksplanasi untuk membedakan teks eksplanasi dengan jenis teks lain ini cukup mudah. Dikarenakan teks eksplanasi ini mempunyai ciri-ciri yang sangat khusus. Ciri-cirinya diantaranya sebagai berikut: • Strukturnya itu terdiri dari penyataan umum, urutan sebab akibat, serta juga interpretasi.

• Informasi yang dimuat itu dengan berdasarkan fakta (faktual). • Faktual tersebut memuat informasi yang sifatanya itu ilmiah/keilmuan, contohnya seperti sains. • Sifatnya itu informatif serta tidak berusaha untuk mempengaruhi pembaca untuk bisaa percaya terhadap hal yang dibahas. • Memiliki / menggunakan sequence markers. contohnya pertama, kedua, ketiga, dan sebagainya. Bisa juga dengan menggunakan: pertama, berikutnya, terakhir. • Artikel pendukung : Contoh seperti Teks Eksplanasi Sosial Beserta Strukturnya.

Struktur Teks Eksplanasi Seperti yang menjadi ciri daari teks eksplanasi yang dijelaskan diataass, teks ini mempunyai 3 struktur yang membentuk supaya menjadi satu kesatuan yang utuh. Strukturnya teks eksplanasi diantaranya sebagai berikut: • Pernyataan umum berisikan pernyataan umum mengenai/tentang topik yang akan dijelaskan pada proses proses terjadinya/proses keberadaan. • Urutan Sebab Akibat berisi mengenai atau tentang detail penjelasan proses terjadinya yang disajikan dengan secara urut atau bertahap dari yang paling awal sampai akhir.

• Interpretasi berisi tentang atau mengenai kesimpulan dari topik yang telah dijelaskan. Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi Di dalam teks eksplanasi ini biasanya mengandung ciri kaidah kebahasaan diantaranya sebagai berikut: • Fokus pada hal umum (generic), bukan berfokus partisipan manusia (nonhuman participants). Contoh seperti: tsunami, banjir, gempa bumi, hujan, serta juga udara. • Dimungkinkan untuk menggunakan istilah ilmiah.

• Lebih banyak menggunakan verba material serta juga verba relasional (kata kerja aktif). • Menggunakan konjungsi waktu serta juga kausal.

Contohnya seperti: sehingga, pertama, jika, bila, sebelum, dan kemudian. • Menggunakan kalimat pasif. • Eksplanasi itu ditulis untuk membuat justifikasi bahwa sesuatu yang diterangkan itu dengan secara kausal itu benar adanya.

Contoh Teks Eksplanasi Berikut ini contoh teks eksplanasi singkat mengenai gerhana bulan lengkap dengan struktur nya. Judul: Pelangi 1. Pernyataan Umum (Pembuka) Pelangi, Bahasa Inggrisnya “Rainbow” merupakan suatu peristiwa optik atau meterologi berwujud cahaya yang bermacam-macam warna paralel satu jelaskan hal hal yang mendasari sebuah teks dinamakan teks eksplanasi yang lainnya di langit atau juga media yang lain.

Pada saat terjadi hujan ringan dilangit terlihat pelangi itu seperti bercahaya yang mana cahaya tersebut menuju cakrawala. Selain daari itu di sekitar air terjun kita dapat juga melihat Pelangi yang indah. 2. Deretan Penjelas (Isi) Terciptanya pelangi di cakrawala itu melalui empat siklus. Di antaranya yaitu pembiasan sinar matahari. Sebab terciptanya pelangi itu disebabkan terjadinya pembiasan cahaya atau sinar matahari yang setelah itu dibelokkan menuju arah lain dari satu medium menuju ke medium yang lain oleh tetesan air yang terdapat di atmosfer.

Setelah itu tetesan air tersebut dilewati oleh sinar matahari. Pada saat tetesan air tersebut dilewati oleh cahaya matahari, maka cahaya tersebut akan dibiaskan sehingga dapat menciptakan warna-warna indah yang terpisah dengan secara sendiri-sendiri. Pembelokan cahaya. Masing-masing dari tiap-tiap warna pelangi tersebut akan dibelokkan dengan sudut yang berbeda. Sehingga dari pembelokan cahaya itulah bisa menghasilkkan warna-warni yang memukau pada pelangi.

Terciptanya warna pelangi. Warna ungu itu warna yang pertama kali dibelokkan, sementara warna merah merupakan warna yang terakhir dibelokkkan. Setelah itu disusul dengan aneka warna pelangi yang lain. Seperti pada warna kuning, jingga, hijau, biru serta juga nila. Dari fenomena tersebut makanya kita dapat mengamati warna pelangi yang lengkap disebabakan karena adanya geometri optik pada saat proses penguraian warna.

3. Penutup (Interpretasi) Disaat hujan ringan bersamaan dengan munculnya sinar matahari itu kita dapat melihat fenomena pelangi. Namun haruslah dari arah yang berlawanan dengan kita. Keberadaan kita itu harus ada di antara tetesan air serta matahari yang mana posisi matahari berada itu di belakang kita. Pusat busur pelangi serta juga mata kita harus berada pada satu gais lurus.

Sekian dan Terima kasih sudah membaca mengenai Teks Eksplanasi : Pengertian, Tujuan, Ciri, Struktur, Kaidah, dan Contohnya, semoga apa yang dipaparkan diatas bermanfaat untuk anda. Sebarkan ini: • • • • • Posting pada SMP Ditag apa ciri bahasa eksplanasi, bagian penutup teks eksplanasi, ciri ciri teks deskripsi, ciri ciri teks eksplanasi, ciri ciri teks eksplanasi brainly, ciri dan struktur teks ulasan, ciri kebahasaan teks eksplanasi, contoh teks eksplanasi, contoh teks eksplanasi bencana alam, contoh teks eksplanasi beserta strukturnya, contoh teks eksplanasi budaya, contoh teks eksplanasi ekonomi, contoh teks eksplanasi gerhana bulan, contoh teks eksplanasi kronologis, contoh teks eksplanasi pendidikan, contoh teks eksplanasi singkat, contoh teks eksplanasi sosial, contoh teks eksplanasi tsunami, fungsi teks eksplanasi, gagasan umum teks eksplanasi, jelaskan pengertian teks eksplanasi, jelaskan struktur pada teks eksplanasi, jenis teks eksplanasi, kaidah kebahasaan teks eksplanasi, kebahasaan teks eksplanasi, langkah langkah meringkas teks eksplanasi, langkah langkah teks eksplanasi, manakah teks yang termasuk deskripsi, manfaat teks eksplanasi, meringkas teks eksplanasi, mind map teks eksplanasi, pengertian dan ciri ciri teks deskripsi, pengertian dan ciri ciri teks laporan, pengertian teks ceramah, pengertian teks ulasan, pola pengembangan teks eksplanasi, sebutkan ciri-ciri teks eksplanasi, siapa yang menggunakan teks penjelasan, struktur teks eksplanasi brainly, teks eksplanasi bahasa inggris, teks eksplanasi banjir, teks eksplanasi bertujuan, teks eksplanasi brainly, teks eksplanasi contoh, teks eksplanasi dibentuk oleh unsur apa saja, teks eksplanasi gempa bumi, teks eksplanasi ilmiah, teks eksplanasi ilmu pengetahuan, teks eksplanasi sosial, teks eksplanasi sosial tentang korupsi, teks eksplanasi struktur, teks eksplanasi struktur dan kaidahnya, teks eksplanasi tsunami, teks laporan, teks ulasan, termasuk jenis apakah teks eksplanasi, tujuan dan manfaat teks eksplanasi, tujuan teks eksplanasi, tujuan teks eksplanasi kompleks, unsur kebahasaan teks eksplanasi, unsur teks eksplanasi Pos-pos Terbaru • √ Pengertian Sanering, Dampak, Kelemahan dan Contohnya • √ Pengertian Germinasi • √ Pengertian Filogenetik, Jenis, Klasifikasi dan Contohnya • √ Pengertian, Jelaskan hal hal yang mendasari sebuah teks dinamakan teks eksplanasi dan Jenis Awan Secara Umum • √ Pengertian Dividen, Jenis, Proses Pembayaran dan Menurut Ahli • √ Pengertian Pameran,Tujuan, Manfaat, Jenis dan Menurut Ahli • √ 15 Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli • √ Pengertian Kecerdasan Sosial • √ Plasenta : Pengertian, Struktur, Proses dan Fungsinya • √ Biologi : Pengertian, Fungsi, Manfaat, Ciri Dan Cabangnya • √ Pengertian Semiotika, Komponen, Cabang, dan Macam Menurut Para Ahli • √ Pengertian Kloning, Tujuan, Contoh dan Manfaatnya • √ Pengertian Olahraga, Tujuan, Manfaat, Jenis dan Menurut Ahli • √ Pengertian Afinitas Elektron, Sifat, Jenis Dan Polanya • √ Pengertian Gulma, Jenis, Contoh dan Cara Pengendaliannya • Daur Air • Teks Eksplanasi • Fungsi Dan Ciri Alveolus • Pengertian Data • Teks Deskripsi • Enzim • Indikator Asam Basa • Ikhtisar : Pengertian, Ciri, Fungsi, Cara Penyusun, Struktur • Vektor: Pengertian, Gambar, Notasi, Jenis, Sifat dan Nilai atau Besarnya • Pengertian Dan Contoh Agresi • Perpindahan Kalor • Pengertian Suku • Simposium • Karakteristik Hikayat • Teks Prosedur • Struktur Dan Unsur Intrinsik Novel • Pengertian Negosiasi • Prakarya • Drama • Frasa • Pengertian Produksi • Reboisasi Adalah • Diksi • Rangkuman Dan Ringkasan • Kinemaster Pro • Alight Motion Pro
Yang menjadi dasar jika teks tersebut dinamakan teks eksplanasi adalah adanya paparan proses berlangsungnya suatu peristiwa.

Pembahasan Teks eksplanasi adalah teks yang memaparkan proses berlangsungnya suatu peristiwa atau kejadian yang bersifat kausalitas (sebab akibat).

jelaskan hal hal yang mendasari sebuah teks dinamakan teks eksplanasi

Paparan proses itulah yang membedakan teks eksplanasi dengan teks laporan dan teks deskripsi. Teks eksplanasi, teks laporan, dan teks deskripsi memiliki kesamaan, yaitu memaparkan suatu informasi dan fakta-fakta. Yang membedakan adalah teks deskripsi memaparkan sesuatu secara khusus, sedangkan teks laporan memaparkan informasi dengan data klasifikasi dan pengambaran secara mendetail. Pelajari lebih lanjut Fungsi fakta pada teks eksplanasi, dapat dilihat di: brainly.co.id/tugas/11580600 ----------------------------------- Detil jawaban Kelas: XI Mapel; Bahasa Indonesia Bab: Mempelajari Teks Eksplanasi (bab 2) Kode: 11.1.2 Kata kunci: dasar teks eksplanasi 1.

Batasan yang tepat untuk mendefinisikan proposal adalah . A. Tulisan yang berisi pendapat pribadi penulis tentang sebuah isu yang sedang menjadi … perhatian umum di masyarakat.

B. Tulisan yang berisi rencana kegiatan atau penelitian yang diajukan kepada pihak tertentu untuk mendapat persetujuan atau sponsor. C. Tulisan yang berisi topik tertentu untuk dibacakan di depan umum atau diterbitkan di surat kabar atau majalah. D. Karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi. ​ 45.

"Apa-apaan sih, elo? Posternya kan jadi sobek!!!" "Sorry, Rin! Gue bener-bener nggak sengaja!" Kinta sama sekali nggak ngegubris pembelaan Anya. I … a masih memandangi poster Blur kesayangannya yang kini sudah terbagi dua karena robek.

“Rin, sorry,ya. Gue. "Aah! Udah, deh! Pulang, sana!” potong Rinta kesal, matanya sudah sembab, hampir nangis. Anya nggak mau memperburuk keadaan. Ia pun langsung keluar dari kamar Rinta dan bergegas pulang. Berdasarkan strukturnya, termasuk bagian manakah kutipan cerpen di atas ?​

Kelas 11 - Bahasa Indonesia - Teks Eksplanasi - Video Pelajaran Sekolah K13




2022 www.videocon.com