Lampu dari damar disebut

lampu dari damar disebut

MACAM-MACAM LAMPU – Lampu merupakan benda yang memiliki kemampuan menghasilkan cahaya. Sekarang ini terdapat banyak sekali jenis lampu yang ada di dunia, dikarenakan semakin majunya ilmu pengetahuan dan teknologi di zaman ini. Tidak menutup kemungkinan dikemudian hari akan ditemukan berbagai jenis lampu, sebuah lampu yang sangat hemat energi, tahan lama dan ramah lingkungan.

article.latimes.com Setiap lampu memiliki kelebihan dan kekurangan tergantung dari fungsi dan tujuan penggunaannya. Karena masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Pada tulisan di bawah ini akan InformaZone.com jelaskan mengenai macam-macam lampu beserta karakteristiknya.

Agar Anda bisa mengetahui bahwa setiap lampu memiliki keunikan lampu dari damar disebut dan bisa menentukan jenis lampu yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Daftar Isi • 1. Lampu Incandescent atau Lampu Pijar • Struktur Lampu Pijar • Cara Kerja Lampu Pijar • 2. Lampu Halogen • Struktur Lampu Halogen • Cara Kerja Lampu Halogen • 3. Lampu Fluorescent • 4. Compact Fluorescent Lamps (CFL) • 5. Lampu Mercury • 6. Lampu High Pressure Sodium (HPS) • 7.

Lampu Low Pressure Sodium (LPS) • 8. Lampu Light Emitting Diode (LED) 1. Lampu Incandescent atau Lampu Pijar news18.com Lampu Incandecent atau biasa kita kenal dengan nama lampu pijar atau lampu bohlam. Lampu ini akan menghasilkan cahaya yang berasal dari filamen yang ada di dalam lampu. Ketika filamen dialiri arus listrik, maka dia akan menjadi panas dan menghasilkan cahaya.

Pada lampu terdapat kaca yang menyelubungi lampu, sehingga udara di dalam lampu tidak berhubungan langsung dengan udara luar.

Hal ini untuk mencegah agar filamen tidak mudah rusak karena mengalami oksidasi. Saat ini lampu pijar sudah mulai ditinggalkan, karena lebih boros listrik dibanding jenis lampu-lampu lainnya. Dan di beberapa negara penggunaan lampu pijar juga sudah mulai dikurangi.

Meskipun begitu, lampu pijar masih belum punah dari pasaran, karena selain menghasilkan cahaya, lampu dari damar disebut yang dihasilkan biasa dimanfaatkan untuk menghangatkan ruang atau kandang binatang. Struktur Lampu Pijar id.wikipedia.org Struktur lampu pijar terdiri dari beberapa bagian utama.

lampu dari damar disebut

Bagian-bagian itu dari bawah ke atas secara berurutan adalah dasar lampu dari logam, gas lampu, filamen dan kaca lampu. Berikut adalah rincian mengenai bagian-bagian lampu yang ditunjukkan oleh gambar di atas. • Bola lampu yang terbuat dari kaca • Gas bertekanan rendah, seperti argon, neon dan nitrogen • Filamen yang terbiat dari wolfram • Kawat yang menghubungkan filamen dengan bagian ujung lampu • Kawat yang menghubungkan filamen ke permukaan seperti sekrup • Kawat penyokong • Kaca untuk menyokong filamen agar tetap pada posisinya • Kontak listrik di bagian ulir • Sekrup ulir • Isolator • Kontak listrik di bagian ujung lampu Baca Juga : 12 Tips Cara Melakukan Lifelong Learning Cara Kerja Lampu Pijar Filamen pada lampu pijar dapat memancarkan cahaya karena dia berada pada temperatur yang sangat tinggi.

Panas yang dihasilkan oleh filamen biasanya sekitar 2800 derajat Kelvin dan paling tinggi sebesar 3700 derajat Kelvin. Pada temperatur yang sangat panas itulah filamen memancarkan cahaya berwarna kuning kemerah-merahan. Pada dasarnya panas ini timbul karena terjadi hubungan arus pendek pada filamen lampu. Hubungan pendek bisa terjadi jika arus listrik dari kawat bermuatan arus positif bersentuhan dengan kawat bermuatan arus negatif yang menyebabkan kawat menjadi panas.

Lampu dari damar disebut yang lampu dari damar disebut pada filamen sudah diatur, yang didasarkan dengan temperatur lampu, keawetan lampu dan besarnya cahaya yang dihasilkan. 2. Lampu Halogen youtube.com Lampu halogen adalah sebuah lampu yang menggunakan campuran gas mulia dan sedikit gas halogen untuk mengisi bagian dalam bola lampu. Filamen pada lampu ini mampu beroperasi pada suhu yang lebih tinggi dibanding dengan lampu pijar dan lebih tahan lama.

Selain itu, energi listrik yang digunakan lebih sedikit jika dibandingkan dengan lampu pijar pada suhu yang sama. Karena dapat beroperasi pada suhu yang tinggi, lampu halogen mampu menghasilkan cahaya dengan panjang gelombang yang lebih besar. Struktur Lampu Halogen Lampu halogen terdiri dari tiga bagian utama yaitu tabung lampu, filamen dan penyokong filamen.

Tabung lampu biasanya dibuat dengan bahan yang mampu bertahan pada temperatur yang sangat tinggi. Bahan yang biasa digunakan adalah silika atau quarts. Filamen pada lampu halogen terbuat dari bahan yang sama dengan filamen dari lampu pijar yaitu wolfram atau biasa disebut tungsten.

Wolfram merupakan logam yang memiliki nomor 74 dan memakai lambang W pada tabel peridodik. Merupakan logam transisi yang mempunyai karakteristik yang keras dan berwarna abu-abu keputih-putihan. Penyokong filamen biasanya dibuat dari bahan yang tahan panas. Menggunakan bahan yang sama dengan filamen atau terbuat dari porselin. Penyokong akan membuat filamen tetap berada keadaan lurus di bagian tengah lampu.

Cara Kerja Lampu Halogen Ketika filamen dialiri arus listrik maka dia akan berubah menjadi panas dan akan menghasilkan uap wolfram.

lampu dari damar disebut

Selanjutnya uap wolfram akan bereaksi dengan gas halogen dan menghasilkan senyawa baru yaitu halida wolfram. Kemudian halida wolfram akan bergerak di sekeliling filamen dan akhirnya akan bersentuhan dengan filamen. Panas dari filamen menyebabkan gas halida wolfam terurai kembali menjadi gas halogen dan uap wolfram. Dimana uap wolfram akan kembali ke filamen dan membebaskan gas halogen.

Siklus ini terus berulang secara terus menerus, sehingga memancarkan cahaya lampu yang konstan dan tahan lama. Baca Juga : Niat Puasa Syawal, Tata Cara Mengerjakan Hingga Keutamaan! 3. Lampu Fluorescent shwebook.com Lampu fluorescent atau biasa disebut lampu neon merupakan lampu yang beroperasi menggunakan tabung yang berisi gas argon dan merkuri. Di dalam tabung tersebut dialirkan arus listrik sehingga menghasilkan reaksi yang memancarkan cahaya.

4. Compact Fluorescent Lamps (CFL) inhabitat.com Compact fluorescent lamps merupakan salah satu jenis lampu yang paling sering kita jumpai sehari-hari. Secara garis besar lampu ini memiliki cara kerja yang sama dengan lampu neon atau lampu fluorescent. Hanya saja tabung lampu dibuat dengan ukuran yang lebih kecil dan dibuat melingkar atau seperti lampu dari damar disebut. Lampu ini lebih unggul dibanding lampu neon biasa, karena menghasilkan panas yang lebih sedikit dan lebih hemat listrik.

5.

lampu dari damar disebut

Lampu Mercury youtube.com Lampu merkuri pada dasarnya memiliki cara kerja yang sama dengan lampu fluorescent, yaitu memancarkan cahaya disebabkan terjadinya reaksi antara gas merkuri dengan arus listrik.

Hanya bentuk lampu yang lebih kecil dan dibuat berbentuk bulat seperti lampu pijar. 6. Lampu High Pressure Sodium (HPS) made-in-china.com High Pressure Sodium (HPS), Metal Halide, Mercury Vapor dan Self-swabalast Mercury Lamps semuanya merupakan lampu discharge dengan intensitas tinggi atau high intensity discharge (HID).

Jika dibandingkan dengan lampu neon dan lampu pijar, lampu HID mampu menghasilkan cahaya dengan intesitas yang lebih besar dari lampu yang relatif kecil. 7. Lampu Low Pressure Sodium (LPS) youtube.com Low-pressure sodium lamps yang artinya lampu sodium bertekanan rendah merupakan lampu yang memiliki efikasi paling tinggi dibanding semua lampu yang tersedia di pasaran.

Meskipun lampu ini memancarkan cahaya berwarna kuning, kemampuannya sama dengan high pressure sodium lamps. Low-pressure sodium lamps memiliki prinsip kerja yang sama seperti lampu neon dan memerlukan ballast. Dibutuhkan waktu beberapa saat untuk melakukan pemanasan singkat agar lampu dapat mencapai kecerahan maksimal. 8. Lampu Light Emitting Diode (LED) en.wikipedia.org Light Emitting Dioda (LED) adalah lampu tanpa filamen, yang rendah konsumsi daya dan memiliki rentang hidup yang panjang.

LED baru muncul ke pasaran dan mulai bersaing dengan produk lampu konvensional. Namun sayang lampu ini tidak memiliki cahaya dengan lumen yang sesuai dengan kebutuhan, sehingga tidak dapat sepenuhnya menggantikan lampu pijar, dan lampu jenis lainnya. Teknologi terus berkembang setiap harinya sehingga mulai bermunculan macam-macam lampu yang lebih cangggih.

Seiring dengan itu teknologi LED juga mengalami kemajuan. Sehingga akan membuatnya mampu bersaing secara seimbang dengan lampu konvensional dan dapat diaplikasikan lampu dari damar disebut rumah dan kantor.

Cari untuk: Postingan Terbaru • Tips Merawat Kolam Renang di Rumah Mewah Lantai 1 • 6 Hal yang Harus Disiapkan Lulusan SMA Untuk Mencari Kerja • Mesin Creasing Kertas Otomatis, Cara Kerja, Jenis, dan Harga • 12 Tips Cara Melakukan Lifelong Learning • Rekomendasi Beli Mobil Lebih Nyaman Dengan mobil88 • Indeks • Laki-Laki • Perempuan • Artikel • Pentingnya Arti Nama Seseorang bagi Kehidupannya • Nama Bayi Laki Laki Islam Terilhami Tokoh Besar Sepanjang Masa • Kumpulan Nama Bayi Laki Laki Modern dari Lampu dari damar disebut Belahan Dunia • Nama Bayi Perempuan Modern yang Catchy dari Berbagai Film Dunia • Koleksi Nama Bayi Perempuan Islami Cantik namun Jarang Digunakan Nama: Damar Arti: Nama tanaman penghasil getah, pelita/cahaya, karakteristik yang diwariskan Orang Terkenal: Arya Damar, Raka Cyril Damar Jenis Kelamin: Laki-Laki Asal Bahasa: Indonesia, Jawa, Turki Bagi sebagian besar orang Indonesia, sapaan yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi.

Barangkali, Anda juga pernah mendengarnya dalam cerita legenda Damar Wulan. Akan tetapi, apakah Anda pernah memikirkan arti nama Damar? Jika belum, Anda bisa mencari informasinya di artikel ini. Siapa tahu setelah mengerti artinya, Anda tertarik memberikan panggilan berawalan huruf d ini kepada putra tercinta.

Pasalnya, panggilan ini punya makna yang bagus, lho! Anda penasaran, bukan? Kalau begitu, langsung saja simak informasi mengenai arti nama Damar yang dilengkapi dengan uraian terkait tokoh populer pemilik panggilan tersebut di bawah ini, yuk! Orang Jawa mengenal kata damar untuk menyebut cahaya yang menyala dari lampu minyak maupun lilin.

lampu dari damar disebut

Sementara itu, kata ini sebenarnya tertera di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan didefinisikan, (1) getah keras yang berasal dari bermacam-macam pohon, (2) lampu; pelita, dan (3) sisa padat yang diperoleh dari terpenting. Di sisi lain, Damar sendiri adalah nama sejenis tanaman penghasil getah yang disebut Agathis dammara. Tanaman yang banyak ditemukan di Jawa, Maluku, dan Sulawesi ini dibudidayakan untuk diambil getahnya. Kata yang sama ternyata bukan hanya ditemukan dalam bahasa Indonesia, tetapi juga Albania.

Lampu dari damar disebut, kata ini dipinjam dari bahasa Turki Otoman, yakni طمر‎ yang berarti pembuluh darah, urat daging, dan suatu sifat atau karakteristik yang diwariskan. Kesimpulannya, arti nama Damar adalah tanaman penghasil getah, pelita atau cahaya, dan karakteristik yang diwariskan. Sapaan maskulin untuk anak laki-laki ini bisa saja diberikan kepada anak perempuan jika Anda mengubahnya menjadi Damara.

Namun, arti nama Damara dalam Islam tidak ditemukan, mengingat kata aslinya bukan berasal dari bahasa Arab maupun Alquran. Baca juga: Koleksi Nama Bayi Perempuan Islami Cantik Namun Jarang Digunakan Rangkaian Nama Damar Sama seperti Dian, panggilan ini dapat dirangkai dengan sapaan lain yang maknanya tak kalah keren. Sebagai referensi penamaan untuk buah hati, Anda bisa mengintip beberapa contoh yang kami paparkan berikut ini: • Sabrang Mowo Damar Panuluh: anak laki-laki yang menjadi penerang, kehadirannya membawa kehangatan, dan menjadi panutan orang-orang di sekitarnya • Damar Nusa Nizam Attar: anak laki-laki yang hadirnya membawa cahaya bagi bangsa, sosok yang disiplin, dan yang menebarkan kebaikan • Abimanyu Lampu dari damar disebut Arshaka: anak laki-laki pemberani yang hidup bagaikan pelita bagi banyak orang dan sosok yang sangat kuat Baca juga: Pentingnya Arti Nama Seseorang bagi Kehidupannya Tokoh Populer 1.

Arya Damar Sumber: Facebook – Bilik Sejarah Arya Damar Tokoh yang satu ini konon dikenal dengan sebutan Jaka Dilah atau Ario Abdilah. Ia adalah seorang pemimpin legendaris yang berkuasa di Palembang sekitar abad ke-14. Kala itu, Palembang masih menjadi bagian dari Kerajaan Majapahit. Kisahnya diceritakan dalam Kidung Pamacangah dan Usana Bali, sebab pada tahun 1343, Arya membantu Majapahit menaklukan Bali.

Pasukan Arya yang berjumlah sekitar 15 ribu orang berhasil menundukkan wilayah Ularan yang terletak di pantai utara Bali. 2. Raka Cyril Damar ‘Vierratale’ Sumber: Instagram – rakacyril Masih ingat grup band bentukan Kevin Aprilio yang bernama Vierratale? Raka adalah gitaris dari grup tersebut yang resmi bergabung pada tahun 2008. Ia jago dalam membuat lagu dan mengaransemen musik, lho!

Rupanya, Raka sudah cukup berpengalaman di bidang musik jauh sebelum jadi anggota Vierratale. Pasalnya, pria kelahiran 16 Agustus 1989 ini pernah menjadi gitaris grup musik Killing Me Inside pada 2005–2008.
Pengertian damar adalah: Subjek Definisi Kehutanan ? damar : adalah hasil sekresi (getah) dari pohon Shorea sp., Vatica sp., Dryobalanops sp., dan dari suku Dipterocarpaceae, termasuk damar mata kucing dan damar gelap.

Kegunaan damar adalah sebagai bahan korek api, plastik, plester, vernis, lak, dan sebagainya. Kamus Definisi Bahasa Indonesia (KBBI) ? damar : da.mar [n] (1) getah keras yang berasal dari bermacam-macam pohon (banyak macamnya, spt — batu, — daging, — hitam); (2) lampu; pelita; (3) Kim sisa padat yang diperoleh dari terpentin (dng sifat keras rapuh, tembus sinar, tanpa rasa, berwarna kuning, dapat digunakan untuk membuat sabun, pernis, cat, dsb dalam industri farmasi) [Mk n] kemiri Bahasa Sansekerta ?

damar : dian, pelita, lampu Malaysia (Dewan) ? damar I 1. bahan berupa getah keras yg diperoleh drpd beberapa jenis pokok (biasanya digunakan sbg bahan kalis air); ~ batu damar yg keras; ~ daging damar yg merah; ~ hitam damar yg hitam; ~ mata kucing damar yg gilap (berkilat) warnanya; 2.

lampu dari damar disebut

suluh dll (terutama yg memakai damar); 3. lampu, pelita; damar II Mn sj tumbuhan (pokok), buah keras, kemiri; ~ degun sj tumbuhan (pokok), Canarium hirsutum; ~ kijai sj tumbuhan (pokok), Canarium secundum; ~ laut sj tumbuhan (pokok), Parashorea stellata; ~ minyak sj tumbuhan (pokok) dlm famili Araucariaceae, kauri malaya, mengilau (Sabah), bindang (Sarawak), Agathis borneensis.

Basa Sunda ? damar : lampu Definisi ? damar : getah keras yang berasal dari berbagai macam pohon; damar = pelita/dian (Jawa); kemiri (bahan untuk penyedap masakan). Glosarium.org versi April 2019 ✰ Glosarium.org adalah website belajar online. tentang Glosarium kamus kosa kata bebas yang dimuat dari banyak sumber dan referensi di internet.

✰ Berdasarkan kategori bidang khusus dan mata pelajaran. ✰ Referensi rata-rata minimal 2 bidang/mata pelajaran per kata. ✰ Lengkap lebih dari 200+ bidang dan lampu dari damar disebut pelajaran ada di Glosarium.org ✰ Tanpa website mirror/kloningan ampas ✰ AMP, akses glosarium.org lewat Google Search mobile lebih cepat. ✰ Konten berorientasi manusia, mendahulukan penyampaian maksud yg dapat dimengerti manusia daripada mesin pencari.

✰ 2021, glosarium.org 3x lebih cepat. Daftar isi • 1 Etimologi • 2 Sejarah • 3 Bentuk • 4 Perkembangan • 5 Festival Damar Kurung • 6 Lihat pula • 7 Referensi Etimologi [ sunting - sunting sumber ] Menurut Penelitian Jaseters, [1] Dari segi Bahasa Damar berarti Lampu yang mengeluarkan cahaya dari api kecil.

sedangkan Kurung diartikan seperti tempat hewan tinggal yang lebih menuju ke Kandang atau sangkar burung buatan manusia dengan peletakan dengan cara di gantung. Arti keseluruhan Damar Kurung adalah Sebuah Lentera dengan bentuk kurung-an dengan cara di gantung.

Damar kurung yang belum dipasangi lampu. Sejarah [ sunting - sunting sumber ] Damar Kurung [2] merupakan tradisi warga muslim Gresik untuk menyambut lailatul Qodar pada bulan ramadhan dalam kalender Hijriyah, yang menggantungkan lentera lampu dari damar disebut kurung di depan rumah. [3] Damar kurung sangat berbeda dengan lampion yang selalu diidentikan lampion warga Tiongkok oleh masyarakat dan berbagai seniman, Damar kurung justru lebih memiliki kekerabatan ke lentera Jepang yang biasa disebut Andon.

Awalnya, damar kurung di buat oleh kalangan keluarga Masmundari saja, hingga pada Festival Damar Kurung pada tahun 2012 banyak bermunculan jasa dan Outlet penyedia damar kurung. Bentuk [ sunting - sunting sumber ] Damar kurung memiliki karakteristik yang unik di antara lentera yang ada di belahan di dunia, seperti: • Berbentuk kubus memiliki emat sisi • memiliki hiasan pada atas berbentuk segitiga siku-siku kembar atau segitiga sama sisi kembar yang membentuk huruf "M" pada atas lentera.

• memiliki penyangga pada bawah lentera • di lapisi kertas dengan gambar dua dimensi Perkembangan [ sunting - sunting sumber ] Dewasa ini Damar kurung mengalami banyak perkembangan, seperti damar kurung yang terbuat dari mika akrilik, lukisan berfigura, lampu tidur, arsitektur bangunan hingga desain pada kaos.

Hingga pada penggunaan damar kurung beralih fungsi yang awalnya merupakan tradisi menjadi penerang jalan raya nasional dan taman kota yang di buat oleh pemerintah Gresik. Festival Damar Kurung [ sunting - sunting sumber ] Untuk mengambalikan fungsi damar kurung yang sesungguhnya, Novan Effendy memnciptakan festival damar kurung [4] yang dimulai pada tahun 2012 yang bertujuan untuk meningatkan masyarakat dan mengembalikan tradisi warga Gresik.

Dalam Festival yang selalu diadakan setiap tahun, dinyalakannya ribuan damar kurung khas Gresik dalam beberapa hari serta memberikan edukasi kepada generasi muda yang biasa di sebut Pesantren damar kurung. [5] Lihat pula [ sunting - sunting sumber ] • Teng teng (Lentera khas Semarang) Referensi [ sunting - sunting sumber ] • ^ "Salinan arsip".

Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-02-13. Diakses tanggal 2016-02-17. • ^ http://www.budaya-indonesia.org/Damar-Kurung/ • ^ http://damarkurunggallery.blogspot.co.id/p/sejarah-damar-kurung.html • ^ http://www.damarkurungfest.com/ [ pranala nonaktif permanen] • ^ http://radarsurabaya.jawapos.com/read/2016/06/19/1957/-festival-damar-kurung-masuk-kampung • Halaman ini terakhir diubah pada 24 Juni 2021, pukul 03.23.

• Teks tersedia di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa; ketentuan tambahan mungkin berlaku. Lihat Ketentuan Penggunaan untuk lebih jelasnya. • Kebijakan privasi • Tentang Wikipedia • Penyangkalan • Tampilan seluler • Pengembang • Statistik • Pernyataan kuki • •
Damar adalah salah satu jenis getah yang didapatkan dari jenis pohon damar.

Damar didapatkan dengan memanen dari getah tanaman damar yang masih segar. Proses untuk mendapatkan damar seperti proses untuk menyadap getah pada pohon karet.

Damar menjadi sisa buangan yang sering disebut dengan istilah resin. Damar sendiri dapat tumbuh dari berbagai jenis kayu yang telah mengalami kerusakan. Salah satu potensi damar paling besar banyak didapatkan dari daerah Maluku.

Karakteristik Pohon Damar Damar termasuk dalam kelompok tanaman Gymnospermae. Ini adalah salah satu tanaman asli Indonesia. tanaman ini menghasilkan getah khusus yang sering disebut dengan nama damar.

Karakter pohon damar memiliki batang pohon dengan ukuran bisa mencapai lebih dari 50 meter. Ukuran diamates pohon damar bisa mencapai lebih dari 1 meter. Bagian luar kayu akan ditumbuhi oleh berbagai jenis pegagan dengan warna yang lebih tua. Daun pohon damar memiliki karakter bentuk lonjong dan meruncing pada bagian ujung kecil dengan ukuran sekitar 2 sampai 8 cm. pohon ini lampu dari damar disebut menghasilkan biji dengan ukuran sekitar 7-9 cm untuk lampu dari damar disebut.

Kandungan Kimiawi Damar Damar juga mengandung berbagai senyawa unsur kimiawi yang memiliki peran penting dalam fungsinya. Jenis senyawa yang ditemukan dalam damar adalah seperti kandungan asam resinat, alkohol kompleks, balsam dan resen. Semua kandungan kimiawi ini akan keluar selama proses pengolahan. Damar memiliki bentuk yang keras, bening seperti plastik, mudah meleleh dan lengket.

Selain itu damar juga mudah mengalami penguapan, tidak mengandung asam lemak, dan banyak mengandung zat karbon atau zat buangan.

Damar dalam industri sering dikelompokkan sesuai jenisnya seperti lateks, resin, oleoresin, gumresin dan balsem. Manfaat Damar Damar atau resin bagi sebagian orang adalah salah satu zat asing yang mungkin pemakaiannya tidak bisa disadari secara langsung. Pada dasarnya ada dua jenis resin yang dihasilkan dari pohon damar, yaitu jenis resin yang padat lampu dari damar disebut cair. Resin padat sebenarnya berasal dari resin cair yang telah menguap.

Resin padat tidak memiliki aroma yang khas seperti jenis resin cair. Dibawah ini adalah beberapa manfaat damar. 1. Menjadi Bahan Kertas dan Kontruksi Rumah Kayu yang dihasilkan oleh pohon damar bisa digunakan sebagai salah satu bahan untuk menghasilkan pulp atau bubuk kertas. Kayu dari pohon damar memiliki sifat dan karakter yang bisa menghasilkan bubuk kertas berkualitas. Bahkan jenis bubuk kertas yang dihasilkan dari pohon damar memiliki tingkat ketahanan yang tinggi. kayu damar juga banyak dimanfaat untuk bahan membuat kontruksi rumah.

2. Menjadi Produk Industri Damar juga banyak dijadikan tanamam pertanian untuk diambil getahnya. Getah damar akan diambil seperti proses penyadapan getah karet. Getah akan dibiarkan menumpuk dan mengering pada tempat khusus. Luka sayatan untuk mengeluarkan getah akan dibuat setiap pagi hari setelah pohon siap panen getahnya. Setelah itu getah yang telah mengering akan diambil dari tempatnya secara berkala.

Resin yang dihasilkan dari pengolahan getah banyak digunakan untuk membuat berbagai produk lapisan plastik, tektil, cat, tinta, bahan plester dan korep api. Pohon kayu damar juga banyak dijadikan tanaman penghijaun di kota-kota besar seperti Jakata dan Bogor. Pohon damar memiliki karakter pohon yang mudah ditemukan dan bisa ditanam dimana saja. Selain itu ukuran pohon yang sudah besar biasanya bisa melindungi kerusakan tanah dan mencegah kelangkaan air tanah.

4. Menjadi Bahan Obat-obatan Damar atau resin yang didapatkan dari getah yang sudah mengeras juga dikembangkan menjadi obat untuk penyakit gangguan memori. Amerika menjadi salah satu peneliti yang mengambil subjek pengobatan dengan damar. Getah damar memiliki salah satu jenis enzim yang bisa menjadi perantara untuk memperbaiki lampu dari damar disebut dan meningkatkan rasa nyaman untuk penderita penyakit gangguan memori.

5. Obat untuk HIV Getah dari pohon damar juga mengandung salah satu senyawa aktif yang disebut dengan amentoflavon. Senyawa ini memberikan pengaruh yang sangat besar bagi penyakit HIV.

Infeksi virus ini bisa dikendalikan dengan konsumsi obat yang mengandung amentoflavon. Senyawa ini hanya bisa ditemukan dalam pohon damar sehingga getah damar bisa menjadi obat yang sangat ampuh. 6. Bahan Bakar Lampu Pada jaman dahulu getah damar juga bisa menjadi salah satu bahan bakar pengganti. Getah damar bisa menghasilkan senyawa kimia yang menghantarkan panas seperti jenis bahan bakar lain.

Bukan tidak mungkin suatu saat bisa tercipta bahan bakar dari resin atau damar. 7. Resin Aromatik Jenis recin cair banyak digunakan sebagai salah satu komponen resin aromatik. Produk ini bisa dijadikan untuk membuat obat khusus untuk mencegah nyamuk, obat – obatan untuk jamur dan berbagai jenis produk lain.

8.

lampu dari damar disebut

Obat Tradisional Pada jaman dahulu orang tua sering memakai damar sebagai tanaman obat untuk mengatasi berbagai jenis penyakit seperti luka, nanah, sakit gigim sakit bisul, masalah pada telinga dan juga sakit mata. Hingga sekarang komponen senyawa aromatik yang khas dari damar masih dikembangkan sebagai obat-obatan termasuk obat untuk penyakit herpes.

9. Bahan Pewarna Alami Resin atau getah damar juga banyak digunakan sebagai salah satu bahan pewarna alami. Batik tradisional sering memakai bahan damar untuk obat warna atau memperkuat garis warna. Resin atau damar juga banyak diserap industri untuk membuat cat, lilin dan berbagai bahan pewarna lain. Keuntungan Memakai Damar Damar atau resin yang didapatkan dari pohon damar memang memiliki manfaat yang sangat besar untuk industri.

lampu dari damar disebut

Resin atau damar banyak digunakan sebagai bahan industri termasuk zat pewarna dan berbagai jenis obat-obatan. Berikut ini adalah beberapa keuntungan lampu dari damar disebut pengelolaan bahan baku damar atau resin. • Pada dasarnya resin adalah bahan yang sangat aman untuk lingkungan.

Zat buangan dari hasil pengolahan resin tidak berdampak pada lingkungan dan mudah dikendalikan. • Biaya industri untuk pengolahan damar atau resin termasuk dalam biaya yang rendah sehingga bisa mendukung perkembangan industri. • Sifat kimia dan mekanik yang ditemukan pada bahan damar juga sangat menguntungkan untuk lingkungan sehingga bisa dikembangkan. • Resin atau damar masih bisa dikembangkan menjadi berbagai jenis obat-obatan yang bermanfaat untuk manusia.

Manfaat pohon damar cukup terkenal di Indonesia, ada banyak yang dapat digunakan dalam menyikapi pohon ini. Namun tentu kita harus ingat akan kelestarian hutan yah.
Manusia menyukai terang. Dengan terang kita merasa aman, kita dapat melihat dengan jelas dan kita dapat beraktivitas dengan baik. Oleh sebab itu lampu adalah satu komponen yang penting bagi manusia. Sejak zaman dahulu, manusia menggunakan lampu sebagai alat penerangan pada saat gelap dan pada waktu malam.

Mulai dari lampu minyak hingga lampu listrik, manusia terus berupaya menciptakan lampu yang semakin efisien. Ada beberapa jenis lampu listrik yang ada di pasaran. Tetapi yang umum digunakan untuk keperluan rumah tangga adalah: • Lampu Pijar Ini adalah lampu bohlam biasa yang umum kita pakai.

Ini adalah pengembangan dari lampu pijar seperti yang diciptakan tahun 1879 oleh Thomas Alva Edison. Edison bukanlah penemu pertama lampu pijar, tetapi usahanya menyebabkan lampu pijar ini dapat diproduksi secara massal sehingga dapat dinikmati orang-orang di seluruh dunia. Cahaya lampu ini dihasilkan dari berpijarnya filamen, kawat tipis yang terbuat dari tungsten, saat dialiri arus listrik. Filamen tungsten ini ditempatkan di dalam bola lampu (bohlam) kedap udara agar suhu panasnya terkonsentrasi di sekitar filamen tersebut.

Dengan suhu kerja yang tinggi, filament akan berpijar lebih terang. Kestabilan cahaya yang dihasilkan tergantung pada kestabilan aliran listrik. Jika tegangan listrik turun, maka pijaran cahaya juga meredup.

Intensitas lampu ini sekitar 15 lumen/watt, sehingga untuk menghasilkan cahaya yang lebih terang, diperlukan juga energi listrik yang besar. Karena temperatur kerja yang tinggi, lama kelamaan diameter kawat filamen akan terkikis dan akhirnya putus sehingga lampu sudah tidak dapat dipergunakan lagi.

Umumnya rata-rata usia pakai lampu pijar adalah 1.000 jam atau sekitar 4 bulan untuk penggunaan 8 jam sehari. Efisiensinya juga rendah, karena hanya sekitar 5% dari energi listrik yang diubah menjadi energi cahaya.

Sisanya diubah menjadi energi panas. Efisiensi ini termasuk rendah. • Lampu Pendar Lampu ini adalah hasil pengembangan teknologi untuk mendapatkan lampu yang lebih efisien dari lampu pijar. Lampu pendar yang di Indonesia akrab disebut lampu fluorescent atau lampu neon ini diciptakan pada 1938. Cahaya yang dihasilkan berasal dari proses eksitasi gas. Untuk lampu neon, seperti namanya, digunakan gas neon dan menghasilkan cahaya berwarna merah. Untuk lampu fluorescent, gas argon yang digunakan.

Cahaya putih yang didapat adalah proses lanjutan dari proses eksitasi tadi dengan permukaan fosfor pada bagian dalam tabung lampu. Proses eksitasi terjadi dua kali, yang pertama menghasilkan sinar ultraviolet dengan menggunakan merkuri, proses yang kedua terjadi saat sinar ultraviolet bereaksi dengan atom fosfor menghasilkan cahaya. Usia pakai lampu pendar lebih panjang dibandingkan lampu pendar, yaitu sebesar 8.500 – 10.000 jam. Intensitas cahaya lampu pendar juga lebih tinggi dari lampu pijar, yaitu sekitar 67 lumen/watt.

Energi listrik yang diubah menjadi energi panas juga lebih rendah dibandingkan lampu pijar, sehingga tingkat efisiensinya juga lebih tinggi, oleh sebab itu lampu pendar disebut juga sebagai lampu hemat energi. Keberadaan merkuri yang beracun menyebabkan lampu lampu dari damar disebut ini, apalagi jika pecah, dirasa menjadi kurang akrab bagi pengguna dan lingkungan.

• Lampu LED Usaha untuk menciptakan lampu yang lebih efisien tetapi ramah lingkungan terus dikembangkan seiring perkembangan zaman yang kini mulai membahas soal isu lingkungan hidup masa ini dan masa depan. Lahirlah lampu dengan diode pemancar cahaya (light-emitting diode) atau saat ini dikenal sebagai lampu L.E.D. atau cukup sebagai lampu LED. Penelitian lampu LED dimulai 1960-an dan berhasil menciptakan lampu LED merah dan hijau.

lampu dari damar disebut

Baru pada 1990-an, LED biru berhasil diciptakan oleh tiga ilmuwan Jepang Isamu Akasaki, Hiroshi Amano, dan Shuji Nakamura. Setelah LED biru berhasil dibuat, LED putih kemudian juga berhasil dibuat. Pada 2014, ketiga ilmuwan Jepang tadi dianugerahi hadiah Nobel Fisika berkat penemuan mereka ini. Dibandingkan dengan kedua lampu sebelumnya, penghasil cahaya pada lampu LED sangatlah kecil.

Hanya berukuran kurang dari 1 milimeter persegi! Karena ukuran yang kecil ini, diperlukan rangkaian dari beberapa LED untuk mendapatkan satu bola lampu sebagai alat penerangan. Ukuran yang kecil ini juga memberikan keuntungan, LED dapat digunakan pada berbagai fungsi. Bukan saja sebagai alat penerangan di jalan ataupun rumah, tetapi juga pada berbagai perangkat elektronik mulai dari remote control, layar televisi, layar monitor hingga layar perangkat telepon seluler.

lampu dari damar disebut

Lampu LED memiliki intensitas cahaya sekitar 70 – 100 lumen/watt. Karena suhu kerja tidak terlalu panas, maka usia pakai pun bertambah, yaitu hingga 50.000 jam. Belum lagi dari nilai efisiensi yang mencapai 50% dari energi listrik diubah menjadi energi cahaya, sehingga lampu LED benar-benar menguntungkan untuk penggunaan jangka panjang. Sebenarnya ada satu jenis lampu yang tidak disebut di sini, yaitu lampu halogen.

Lampu halogen adalah pengembangan dari lampu pijar yang menggunakan gas halogen di dalam tabung lampu sehingga filamen dapat berpijar lebih terang. Lampu ini biasanya digunakan untuk kegunaan khusus seperti untuk lampu area pameran dan sebagainya.

Saat ini jarang sekali digunakan untuk keperluan rumah tangga mengingat konsumsi listriknya yang lebih besar daripada lampu pijar biasa.

Dari jenis-jenis lampu yang kita bahas di atas, kita dapat melihat adanya penignkatan efisiensi seiring perkembangan zaman dan teknologi. Dilihat dari harga, lampu LED masih terbilang cukup mahal karena proses pembuatannya yang rumit. Semoga di masa mendatang, manusia dapat menciptakan lampu LED dengan harga yang lebih ekonomis lagi. Dirangkum dari berbagai sumber. Lampu dari damar disebut banner: istimewa Gambar konten: https://sains.kompas.com/read/2014/10/23/19591751/Evolusi.Sebuah.Bola.Lampu Cek harga klik disini Latest Article • Apa Kegunaan Mortar dalam Proyek Pembangunan Rumah?

• 4 Jenis Mortar dan Fungsinya yang Perlu Anda Ketahui • Mengenal Apa Itu Mortar dan Ciri-Ciri Mortar Berkualitas • 6 Cara Menutup Dinding yang Jelek dengan Mudah • Bagaimana Cara Mengkilapkan Lantai Ubin Rumah? • 4 Cara Membuat Lantai Mengkilap Seperti Baru • 5 Manfaat Semen dalam Proyek Pembangunan • Apa Kegunaan Semen dan Macam-Macamnya?

• Mengenal Macam-Macam Semen Beserta Fungsinya • 7 Cara Menyemen Lantai Tanah dengan Tepat Read More Article .<< Teratai tak Berkelopak Lampu Menyala tanpa Sumbu - Tafsir Simbol-Simbol Daun Hijau tak Berpohon >> Bait damar murup tanpa sumbu nenggih (lampu menyala tanpa sumbu) dijelaskan artinya sebagai berikut: Damar murup tanpa sumbu nenggih/Semunira urup aneng Karsa./Dat mutlak iku jatine!/Anglir tirta kamanu,/Kadi pulung sarasa jati./Puniku wujud tunggal,/Aranira iku.

(Lampu menyala tanpa sumbunya/Itu lambang nyala pada Kehendak./Dat Mutlak itu sebenarnya!/Sebagai air yang bercahaya,/Wahyu kesatuan dengan rasa sejati./Itulah bentuk tunggal,/Yang disebut itu.) Ada lampu, tapi tanpa sumbu.

Ini pasti lampu yang luar biasa, sebab mana ada lampu yang dapat menyala tanpa bantuan sumbu. Justru dari sumbu itulah api mengeluarkan cahaya dan cahaya itu dapat menerangi sekelilingnya. Dan keberadaan lampu sangat bergantung pada sumbu yang mengeluarkan cahaya itu. Tapi, lampu ini berbeda; ia bukan lampu material. Ia simbol dari ‘nyala kehendak Tuhan’. Seperti ‘lampu yang nyala tak bersumbu’, kehendak Tuhan menyala-nyala secara absolut dan mandiri; nyalanya bukan karena pribadi lain yang merupakan ‘sumbunya’, tapi menyala karena diriNya sendiri.

Ini serupa dengan penjelasan sebelumnya, bahwa Aristoteles memandang Tuhan sebagai ‘Sang Penggerak yang tak tergerakkan’ (The Unmoved Mover), yang bergerak sendiri tanpa bantuan pribadi lain dan merupakan gerak tunggal yang paling pertama dan yang absolut. Simbolisme ‘lampu menyala tanpa sumbu’ untuk merepresentasi hakikat kehendak Tuhan ternyata terinspirasi dari simbolisme Quranik.

Dalam Surat Al-Nur 35 terdapat simbolisme ‘lampu’. Disitu dikatakan: Tuhan (disimbolkan dengan) ‘Cahaya Langit dan Bumi’. CahayaNya dianalogikan sebagai sebuah miskat yang di dalamnya ada lampu besar. Lampu besar itu lampu dari damar disebut ada di dalam kaca, sedangkan kaca itu dianalogikan dengan bintang seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah Timur dan tidak pula di sebelah Barat. Minyak tersebut bisa menerangi sekelilingnya, walaupun tidak disentuh api.

Cahaya di atas cahaya. Tuhan membimbing orang yang Ia kehendaki menuju cahaya-Nya itu. Simbol ‘minyak menerangi tanpa api’ ini amat lampu dari damar disebut dengan simbol ‘lampu menyala tanpa sumbu’ di atas. Tambah pranala • Halaman ini terakhir diubah pada 24 Desember 2013, pukul 15.46.

lampu dari damar disebut

• Teks tersedia di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa; ketentuan tambahan mungkin berlaku. Lihat Ketentuan Penggunaan untuk lebih jelasnya. • Kebijakan privasi • Tentang Wikibuku • Penyangkalan • Tampilan seluler • Pengembang • Statistik • Pernyataan kuki • •

Tumbilotohe : Tradisi Malam Pasang Lampu Masyarakat Gorontalo




2022 www.videocon.com