Nama hewan yang depannya y

nama hewan yang depannya y

SuaraJatim.id - Kabar terbaru datang dari Persik Kediri. Klub kebanggaan warga kota tahu itu dikabarkan bakal melepas enam pemain asing maupun lokalnya setelah kompetisi musim ini berakhir. Manajemen klub berjuluk Macan Putih itu memang berencana melakukan perombakan klub setelah musim kompetisi Liga 1 2021-2022 selesai digelar. Hal ini disampaikan Direktur Utama Persik Kediri Rawindra Ditya. "Kami selaku manajemen tentu berterima kasih dan mengapresiasi penuh atas kontribusi yang telah diberikan oleh pemain-pemain tersebut untuk Persik Kediri," katanya, Senin (04/04/2022).

Enam pemain yang dilepas manajemen Persik itu, untuk pemain asing yang dilepas adalah Dionatan Machado, Marwin Angeles dan Youssef Ezzejjari. Sedangkan pemain lokal yang dilepas adalah Aldo Claudio, Fajar Setya dan Misbakhul Akmal. Baca Juga: Persik Kediri Lepas Enam Pemain, Termasuk Pemain Asing Youssef Ezzejjari "Bukan hal yang mudah untuk mengambil keputusan ini, namun yang terpenting adalah klub Persik Kediri ke depannya dan tentu kami berharap agar mereka bisa sukses di mana pun mereka berada," kata Windra.

Sementara itu, terkait dengan pembicaraan mengenai kontrak para pemain, tim pelatih maupun ofisial Persik Kediri, saat ini Manajemen Persik masih melakukan pembicaraan secara intensif. Perombakan akan dilakukan demi kemajuan klub di masa yang akan datang. Informasi pelepasan pemain Persik itu juga disampaikan oleh manajemen di akun resmi jejaring sosial resmi Instagram Persik Kediri di @persikcofficial. Melalui akun Instagram itu, klub mengucapkan terimakasih atas kerja keras para pemain yang kini dilepas.

"Matursuwun atas perjuangan dan kerja kerasnya di musim ini. Sukses di manapun berada. Djajati," tulis di akun tersebut. Hal itu juga mendapatkan perhatian dari para suporter. Lewat komentar di akun Instagram Persik Kediri itu juga ada yang menyayangkan dilepasnya personel Persik itu. Namun, ada yang juga yang berterimakasih atas perjuangan mereka. Baca Juga: Jadwal Salat dan Imsakiyah Wilayah Kediri Raya, Selasa 5 April 2022 Seperti akun @bolagibol2020 yang menuliskan "Terimakasih atas perjuangannya.

semoga sukses," tulis akun itu. Ada juga dari akun @persikmaniasurabaya yang menuliskan "Terimakasih dan semoga sukses di luar sana," tulis akun itu. IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT.Karena dengan rahmat dan hidayahnya kami dapat menyelesaikan makalah yang kami susun ini.Yang berjudul “Pergaulan & Seks Bebas di Kalangan Remaja”.

Kami ucapkan banyak terima kasih kepada pembimbing kami atas bantuannya dalam proses pembuat makalah ini.Dan juga tak lupa pula kami ucapkan terima kasih kepada teman teman kami yang telah membantu penulisan makalah ini secara langsung maupun tidak langsung dalam penyempurnaan makalah ini. Dengan selesainya makalah ini, kami mengharapkan jika makalah yang telah kami susun ini dapat memberikan manfaat dan pengetahuan yang berguna bagi para pembaca.Kami sadar bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna.Oleh karena itu kami harapkan adanya kritik dan saran yang membangun demi kesempurnaan karya selanjutnya agar menjadi lebih baik lagi kedepannya.

Akhir kata tim penyusun berharap semoga makalah ini dapat berguna bagi siapa saja yang memperlukannya dimasa yang akan datang. Melihat berbagai fakta yang terjadi saat ini, tidak sedikit para pemuda dan pemudi yang terjerumus ke dalam lembah perzinahan (Free sex), disebabkan terlalu jauhnya kebebasan mereka dalam bergaul, faktor utama masalahnya adalah kurangnya pemahaman masyarakat saat ini terhadap batas-batas pergaulan antara pria dan wanita. Disamping itu didukung oleh arus modernisasi yang telah mengglobal dan lemahnya benteng keimanan kita mengakibatkan masuknya budaya asing tanpa penyeleksian yang ketat.

Biasanya para remaja melakukan perbuatan-perbuatan memalukan itu karena rasa ingin tahunya dan ingin mencoba sesuatu. Seperti halnya seks bebas, mereka melihat adegan-adegan yang melanggar agama akhirnya nafsu mereka bergerak dan ingin mencobanya.

Merekapun melakukan hal itu dengan pasangannya tapi bukan istrinya melainkan bersama dengan pacar mereka. Manusia selalu mengalami perubahan, baik itu perubahan yang bersifat fisik (bentuk tubuh) maupun yang bersifat nonfisik (sifat dan tingkah laku). Masa remaja merupakan masa yang pasti dialami oleh setiap orang. Pada masa ini, pola pikir kita mengalami peralihan darii pola pikir yang masih bersifat kekanak-kanakan menjadi pola pikir yang lebih dewasa.

Setelah melewati masa remaja maka setiap orang akan memasuki sebuah tahapan atau fase yang disebut dengan fase pendewasaan. Di dalam fase ini manusia mengalami perubahan pola pikir nama hewan yang depannya y lebih matang secara bertahap.

Pada masa remaja biasanya setiap individu masih bingung dalam menentukan siapa sebenarnya dia (tahap pencarian jati diri) dalam artian masih mencari apa yang harus ia lakukan dalam kehidupannya. Pada masa inilah diperlukan penanaman nilai-nilai norma yang berlaku agar pada waktu menjalani fase pendewasaan tidak terjerumus kedalam jurang kesalahan yang dalam.

Remaja berasal dari kata latin adolensence yang berarti tumbuh atau tumbuh menjadi dewasa. Istilah adolensence mempunyai arti yang lebih luas lagi yang mencakup kematangan mental, emosional sosial dan fisik (Hurlock, 1992). Remaja sebenarnya tidak mempunyaii tempat yang jelas karena tidak termasuk golongan anak tetapi tidak juga golongan dewasa atau tua. Seperti yang dikemukakan oleh Calon (dalam Monks, dkk 1994) bahwa masa remaja menunjukkan dengan jelas sifat transisi atau peralihan karena remaja belum memperoleh status dewasa dan tidak lagi memiliki status anak Menurut Sri Rumini & Siti Sundari (2004: 53) masa remaja adalah peralihan dari masa anak dengan masa dewasa yang mengalamii perkembangan semua aspek/ fungsi untuk memasuki masa dewasa.Masa remaja berlangsung antara umur 12 tahun sampai dengan 21 tahun bagi wanita dan 13 tahun sampai dengan 22 tahun bagi pria.

Sedangkan menurut Zakiah Darajat (1990: 23) remaja adalah: masa peralihan diantara masa kanak-kanak dan dewasa. Dalam masa inii anak mengalami masa pertumbuhan dan masa perkembangan fisiknya maupun perkembangan psikisnya.

Mereka bukanlah anak-anak baik bentuk badan ataupun cara berfikir atau bertindak, tetapi bukan pula orang dewasa yang telah matang. Batasan usia remaja yang umum digunakan oleh para ahli adalah antara 12 hingga 21 tahun. Rentang waktu usia remaja ini biasanya dibedakan atas tiga, yaitu 12 – 15 tahun masa remaja nama hewan yang depannya y, 15 – 18 tahun masa remaja pertengahan, dan 18 – 21 tahun masa remaja akhir. Tetapi Monks, Knoers, dan Haditono membedakan masa remaja menjadi empat bagian, yaitu masa pra-remaja 10 – 12 tahun, masa remaja awal 12 – 15 tahun, masa remaja pertengahan 15 – 18 tahun, dan masa remaja akhir 18–21 (Deswita,2006:192).

Sebaliknya bila masa remaja itu diisi dengan penuh kesuksesan, kegiatan yang sangat produktif dan berhasil guna dalam rangka menyiapkan diri untuk memasuki tahapan kehidupan selanjutnya, dimungkinkan manusia itu akan mendapatkan kesuksesan dalam perjalanan hidupnya.Dengan demikian, masa remaja menjadi kunci sukses dalam memasuki tahapan kehidupan selanjutnya.

Masa remaja dimulai dari saat sebelum baligh dan berakhir pada usia baligh. Oleh sebagian ahli psikologi, masa remaja berada dalam kisaran usia antara 11-19 tahun. Adapula yang mengatakan antara usia 11-24 tahun. Selain itu, masa remaja merupakan masa transisii (masa peralihan) dari masa anak-anak menuju masa dewasa, yaitu saat manusia tidak mau lagi diperlakukan oleh lingkungan keluarga dan masyarakat sebagian anak-anak, tetapi dilihat dari pertumbuhan fisik, perkembangan psikis (kejiwaan), dan mentalnya belum menjukkan tanda-tanda dewasa.

Pada masa ini (masa remaja), manusia banyak mengalami perubahan yang sangat fundamental dalam kehidupan baik perubahan fisik dan psikis (kejiwaan dan mental). (Menurut Abdul, hal : 2, 2009).

Pergaulan bebas adalah salah satu kebutuhan hidup dari makhluk manusia sebab manusia adalah makhluk sosial yang dalam kesehariannya membutuhkan orang lain, dan hubungan antar manusia dibina melalui suatu pergaulan (interpersonal relationship).Pergaulan juga adalah HAM setiap individu dan itu harus dibebaskan, sehingga setiap manusia tidak boleh dibatasi dalam pergaulan, apalagi dengan melakukan diskriminasi, sebab hal itu melanggar HAM.

Jadi pergaulan antar manusia nama hewan yang depannya y bebas, tetapi tetap mematuhi norma hukum, norma agama, norma budaya, serta norma bermasyarakat. Jadi, kalau secara medis kalau pergaulan bebas namun teratur atau terbatasi aturan-aturan dan norma-norma hidup manusia tentunya tidak akan menimbulkan ekses-ekses seperti saat ini.

Pergaulan bebas juga sering didefinisikan sebagai melencengnya pergaulan seseorang dari pergaulan yang benar.Pergaulan bebas diidentikan sebagai bentuk dari pergaulan diluar batas atau bisa juga disebut pergaulan liar.Padahal sebenarnya suatu pergaulan bebas bisa membawa pengaruh positif atau pun pegaruh negatif tergantung pada individu itu sendiri. Seks bebas merupakan hubungan yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan tanpa adanya ikatan perkawinan.

Kita tentu tahu bahwa pergaulan bebas itu adalah salah satu bentuk perilaku menyimpang, yang mana “bebas” yang dimaksud adalah melewati batas-batas norma yang ada. Masalah seks bebas ini sering kita dengar baik di lingkungan maupun dari media massa. Remaja adalah individu labil yang emosinya rentan tidak terkontrol oleh pengendalian diri yang benar. Kurangnya keimanan, masalah keluarga, kekecewaan, pengetahuan yang minim, dan ajakan teman-teman yang bergaul bebas membuat makin berkurangnya potensi generasii muda Indonesia dalam kemajuan bangsa.

Padahal Generasi muda adalah tulang punggung bangsa, yang diharapkan di masa depan mampu meneruskan nama hewan yang depannya y estafet kepemimpinan bangsa ini agar lebih baik. Dalam mempersiapkan generasi muda juga sangat tergantung kepada kesiapan masyarakat yakni dengan keberadaan budayanya. Sedangkan remaja adalah masa peralihan dari kanak-kanak ke dewasa. Para ahlii pendidikan sependapat bahwa remaja adalah mereka yang berusia antara 16 tahun sampaii dengan 24 tahun.

Seorang remaja sudah tidak lagi dapat dikatakan sebagai kanak-kanak, namun masih belum cukup matang untuk dapat dikatakan dewasa. Mereka sedang nama hewan yang depannya y pola hidup yang paling sesuai baginya dan inipun sering dilakukan melalui metode coba-coba walaupun melalui banyak kesalahan. Kesalahan yang dilakukan sering menimbulkan kekhawatiran serta perasaan yang tidak menyenangkan bagi lingkungan dan orangtuanya.

Sedangkan nama hewan yang depannya y sudah bisa dikatakan cukup dewasa. Pada umumnya remaja dan mahasiswa melakukan hubungan seks bebas dengan pacarnya, karna kebanyakan dari mereka beranggapan bahwa pacar adalah calon suami yang berhak mendapatkan segalanya.

nama hewan yang depannya y

Tidak ada salahnya jika kita mengatakan pacaran adalah sebagian dari pergaulan bebas. Karena saat ini pacaran sudah menjadi hal yang biasa bahkan sudah menjadi kode etik dalam memilih calon pendamping.

Fakta menyatakan bahwa sebagian besar perzinahan disebabkan oleh pacaran. Bila kita menengok kebelakang tentang kebudayaan Indonesia sebelumnya, pacaran (berduaan dengan non muhrim) merupakan hall yang tabu. Dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa pacaran memang tidak dibenarkan dan tidak sesuai dengan budaya Indonesia, demikian juga dengan budaya islam.

Selain disebabkan oleh pacaran, seks bebas juga didominani oleh para remaja dan mahasiswa untuk mencari uang tambahan. Padahal untuk mencari uang masih banyak lagii jalan halal yang dapat mereka lakukan, pada dasarnya meraka melakukan seks bebas dengan alasan mencari uang adalah alasan sampingan, itu semua karena merekapun menyukai seks bebas tersebut tanpa berfikir akibat buruk yang akan mereka tanggung.

Pengertian pacaran dalam era globalisasi informasi ini sudah sangat berbeda dengan pengertian pacaran 15 tahun yang lalu. Akibatnya, di jaman ini banyak remaja yang putus sekolah karena hamil.

Oleh karena itu, dalam masa pacaran, anak hendaknya diberi pengarahan tentang idealisme dan kenyataan. Anak hendaknya ditumbuhkan kesadaran bahwa kenyataan sering tidak seperti harapan kita, sebaliknya harapan tidak selalu menjadi kenyataan. Demikian pula dengan pacaran. Keindahan dan kehangatan masa pacaran sesungguhnya tidak akan terus berlangsung selamanya.

Dengan adanya kesadaran bahwa pacar bukanlah hak milik selamanya maka nama hewan yang depannya y remaja ataupun mahasiswa akan lebih berfikir ulang untuk melakukan seks bebas. Seks merupakan naluri alamiah yang dimiliki oleh setiap makhluk hidup di muka bumii ini. Bukan hanya manusia yang memiliki naluri seks, tetapi juga termasuk hewan dan makhluk hidup lainnya (tumbuhan).

Seks diperlukan untuk menjaga kelangsungan hidup hidup suatu spesies atau suatu kelompok (jenis) makhluk hidup. Tujuan utama dari seks adalah untuk reproduksi buat kepentingan regenerasi. Artinya setiap makhluk hidup melakukan seks untuk memperoleh keturunan agar dapat menjaga dan melestarikan keturunannya.

Selain itu tujuan seks adalah sebagai sarana untuk memperoleh kepuasan dan relaksasi dalam kehidupan (bagii manusia). Kegiatan seks (bagi manusia) hanya boleh dilakukan ketika sudah ada ikatan yang sah antara laki-laki dan perempuan, ikatan itu disebut dengan nikah. Hubungan seks yang dilakukan diluar pernikahan merupakan suatu pelanggaran terhadap norma-norma (baik norma agama maupun norma-norma yang berlaku lainnya) dan merupakan suatu perbuatan dosa yang besar dan sangat berat hukumannnya.Kita sering mendengar baik dari cerita teman-teman ataupun dari berita tentang perilaku manusia zaman sekarang yang sering melakukan hubungan seks diluar nikah (merupakan bagian dari seks bebas).

Hubungan seks tersebut merupakan hubungan seks liar yang dilakukan secara illegal dalam artian sudah menyalahi norma-norma yang ada. Tidak sepantasnya apabila seorang manusia melakukan hubungan seks diluar nikah (seks bebas), karena hal itu lebih cenderung kepada sifat-sifat kehewanan.

Coba kita bandingkan dengan hewan-hewan yang melakukan hubungan seks sesuka hatinya, dengan pasangan yang berbeda-beda dan dilakukan dimanapun yang penting ada kemauan. Hewan melakukan hal tersebut karena mereka tidak dianugerahi akal dan pikiran untuk melihat mana yang baik, mana yang buruk, mana yang pantas dan mana yang tidak pantas untuk dilakukan.

Selain itu, hewan tidak terikat dengan norma-norma yang mengharuskannya nama hewan yang depannya y megikutii aturan dari norma yang berlaku dan mengikat seorang manusia.

Kalau manusia melakukan kegiatan seks bebas, berarti derajat mereka tidak lebih dari hewan yang berwajah manusia, karena manusia dianugerahi oleh Tuhan akal dan pikiran untuk dapat memilih mana yang baik, mana yang buruk, mana yang pantas dan mana yang tidak pantas untuk dilakukan.

Hawa nafsu merupakan hal yang sangat menentukan dalam terjadinya perilaku seks bebas. Hubungan seks dilakukan apabila hawa nafsu sudah menguasai dirinya. Hawa nafsu membuat seseorang lupa segala-segalanya, termask lupa akan Tuhan, yang dia tahu hanyalah bagaimana caranya agar nafsunya tersebut dapat tersalurkan.

Oleh karena itu, sebagaii manusia yang diberikan kelebihan oleh Tuhan dibandingkan dengan makhluk lainnya, kendalikanlah hawa nafsu kita agar nama hewan yang depannya y kita bisa lebih tingi dari makhluk-makhluk yang lain. Karena disaat kita kalah oleh hawa nafsu, maka derajat kita sama dengan seekor hewan.

Revolusi seks yang mencuat di Amerika Serikat dan Eropa pada akhir tahun 1960-an sudah merabah masuk kenegeri kita tercinta ini melalui piranti teknologi informasi dan saran-sarana hiburan lainnya semakin canggih.

Sekarang, untuk mendapatkan suatu video, gambar dan cerita-cerita tentang seks dan pornografi lainnya sangat mudah, tinggal cari di internet dengan mengunjungi situs-situs yang meyediakan layanan dewasa tersebut selain itu juga film-film dewasa tersebut juga sudah dijual oleh para pedagang kaset dan video.

Begitu mudahnya akses untuk mendapatkan hal-hal yang berbau pornografi sekarang ini menyebabkan semakin meningkatnya angka perilaku seks bebas di dalam masyarakat. Manusia selau mengalami perubahan, baik itu perubahan yang bersifat fisik (bentuk tubuh) maupun yang bersifat nonfisik (sifat dan tingkah laku).

Masa remaja merupakan masa yang pasti dialami oleh setiap orang.

nama hewan yang depannya y

Pada masa ini, pola pikir kita mengalami peralihan darii pola pikir yang masih bersifat kekanak-kanakan menjadi pola pikir yang lebih dewasa. Setelah melewati masa remaja maka setiap orang akan memasuki sebuah tahapan atau fase yang disebut dengan fase pendewasaan. Di dalam fase ini manusia mengalami perubahan pola pikir menjadi lebih matang secara bertahap. Pada masa remaja biasanya setiap individu masih bingung dalam menentukan siapa sebenarnya dia (tahap pencarian jati diri) dalam artian masih mencari apa yang harus ia lakukan dalam kehidupannya.

Pada masa inilah diperlukan penanaman nilai-nilai norma yang berlaku agar pada waktu menjalani fase pendewasaan tidak terjerumus kedalam jurang kesalahan yang dalam.

Masa remaja biasanya dialami pada saat usia sekolah menengah, setelah masa remaja ini terlewati maka fase selanjutnya adalah fase pendewasaan yang biasanya dialami setelah lulus SMU atau pada waktu (seumuran) pertama kali kuliah (awal menjadi mahasiswa). Pada saat menjadi mahasiswa pola pikir seseorang akan menjadi semakin kritis, responsive dan cenderung idealis.

Pada fase inilah pola pikir terbentuk menjadi semakin matang. Tapi yang saya maksud disini bukan berarti bahwa karena menjadi mahasiswalah pikirannya menjadii lebih matang, tetapi yang saya maksud adalah pada waktu seumuran mahasiswa walaupun seseorang tersebut tidak menjadi mahasiswa (yang mengalami hal ini bukan hanya mahasiswa tapi semua orang).

Dalam perkembangannya, kehidupan di jaman yang telah maju ini memiliki dampak bagi masyarakat terlebih lagi dalam pergaulan remaja masa kini. Pergaulan pada remaja masa kini telah jauh dari batas norma yang telah ditetapkan. Telah banyak penyimpangan yang dilakukan oleh para remaja dalam pergaulannya, seperti seks bebas. Oleh karena itu tidak aneh jika jumlah penderita HIV/AIDS dan wanita terutama dari kalangan remaja/anak sekolah yang hamil di luar nikah.

Hal ini di karenakan sekarang mereka sangat begitu mudah memasuki tempat-tempat khusus orang-orang dewasa. Bahkan sekarang pelakunya bukan saja mahasiswa dan anak SMA saja, namun sudah merambat sampai ke anak SMP. Sekitar 60-80% remaja mengaku pernah melakukan hubungan seks, ancaman pola hidup seks bebas remaja secara umum baik di pondokan atau kos-kosan tampaknya berkembang semakin serius. Rata-rata mereka berusia 16-25 tahun, dan umumnya masih bersekolah di tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) atau mahasiswa.

Namun dalam beberapa kasus juga terjadi pada anak-anak yang duduk di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Awal mula seorang nama hewan yang depannya y terjerumus ke dalam pergaulan bebas adalah salah bergaull dan mudah terpengaruh oleh temannya yang tidak benar.

Kebanyakan remaja ini ingin di pujii dan di katakan gaul oleh teman-temannya tanpa memikirkan dampak dan akibat yang berkelanjutan.Maksud dari salah bergaul adalah bukan berarti kita harus memilih milih dalam bergaul, kita boleh saja bergaul dengan siapa pun asalkan kita jangan mudah terpengaruh dan tetap berpegang teguh kepada norma-norma agama dan norma hukum yang berlaku,karena gaul tidak harus melakukan seks bebas.

Kehidupan beragama yang baik dan benar ditandai dengan pengertian, pemahaman dan ketaatan dalam menjalankan ajaran-ajaran agama dengan baik tanpa dipengaruhi oleh situasi kondisi apapun. Seseorang dapat melakukan nama hewan yang depannya y bebas karena kurangnya keimanan dalam dirinya.

Oleh sebab itu sejak dini para remaja dan mahasiswa harus meningkatkan pengetahuan tentang agamanya sendiri, karena agama adalah tumpuan bagi hidup kita. Jika pengetahuan tentang agama saja minim, apalagi pengetahuan diluar agama tentu sangat minim.

Ini sebenarnya faktor terpenting dalam membekali orang muda menjalani hidup. Orang muda yang imannya tidak handal, memiliki kecenderungan untuk tidak berjalan dalam jalan Tuhan, termasuk tidak berdoa untuk pergaulan mereka.

Agama dan keimanan merupakan landasan hidup seorang individu. Tanpa agama hidup mereka akan kacau, karena mereka tidak mempunyai pandangan hidup.

nama hewan yang depannya y

Agama dan keimanan juga dapat membentuk kepribadian individu. Dengan agama individu dapat membedakan mana yang baik dan mana yang tidak. Tetapi pada remaja yang ikut kedalam pergaulan bebas ini biasanya tidak mengetahu imana yang baik dan mana yang tidak. Tetapi ada juga anak yang memang memiliki kepribadian buruk, walaupun orang tuanya sudah memberikan perhatian yang cukup serta pengarahan yang cukup pula, anak yang tergolong memiliki kepribadian buruk akan senantiasa tidak mendengarkan perkataan orang tuanya.

Hal tersebut akan meninggalkan penyesalan pada akhir perbuatan remaja atau mahasiswa tersebut. Fasilitas yang lengkap akan mempermudah seseorang untuk dapat melakukan seks bebas.

Tetapi tergantung pada diri masing-masing, jika mampu menggunakan fasilitas yang diberikan orang tua dengan baik maka hal tersebut tidak akan terjadi. Jika seorang remaja atau mahsiswa memiliki fasilitas yang mendukung utnuk mereka melakukan seks bebas seperti rumah yang nyaman dari perhatian warga, maka perlakuan seks bebas akan mudah sekali terjadi. Faktor ini tidak hanya datang dari diri sendiri, misalnya karena terlanjur berbuat, seorang remaja perempuan biasanya berpendapat sudah tidak ada lagi yang dapat dibanggakan dalam dirinya, maka dalam pikirannya tersebut ia akan merasa putus asa dan mencari pelampiasan yang akan menjerumuskannya dalam pergaulan bebas seperti seks bebas.

Karena menganggap bahwa hubungan seks bebas adalah bentuk penyaluran kasih sayang dalam sebuah hubungan berpacaran. Kebanyakan dari mereka merasa tanpa seks kegiatan pacaran mereka tidak efektif, padahal pemikiran seperti itu adalah bentuk bujuk rayu setan.

Tidak sedikit para remaja juga para mahasiswa berfikiran seperti itu. Pada usia remaja keingintahuannya begitu besar terhadap seks, apalagi jika teman-temannya mengatakan bahwa terasa nikmat, ditambah lagi adanya infomasi yang tidak terbatas masuknya, maka rasa penasaran tersebut semakin mendorong nama hewan yang depannya y untuk lebih jauh lagi melakukan berbagai macam percobaan yang tanpa mereka sadari bahwa percobaan tersebut berbahaya.

Akibat atau pengaruh mengonsumsi berbagai tontonan bagi remaja sangat besar. Apa yang mereka tonton, berkorelasi secara positif dan signifikan dalam membentuk perilaku mereka, terutama tayangan film dan sinetron, baik film yang ditonton di layar kaca maupun film yang ditonton di layar lebar. Acara televisi begitu berjibun dengan tayangan yang bikin ‘gerah’, Video klip lagu dangdut saja, saat ini makin berani pamer aurat dan adegan-adegan yang bisa meningkatkan gairah para lelaki.

Belum lagi tayangan film yang bikin otak remaja teracuni dengan pesan sesatnya. Ditambah lagi, maraknya tabloid dan majalah yang memajang nama hewan yang depannya y sekitar wilayah dada, dan buka paha tinggi-tinggi, serta gambar yang tidak layak dilihat lainya. Konyolnya, pendidikan agama di sekolah-sekolah ternyata tidak menggugah kesadaran remaja untuk kritis dan inovatif. Oleh sebab itu sebaiknya tontonan yang mendidiklah yang harus diberika pada seorang anak sejak dini sehingga kelak saat remaja menjadi remaja yang baik.

Pergaulan bebas yang melewati batas seperti dugem, minum-minuman keras dan sebagainya akan berujung pada seks bebas. Karena pergaulan bebas dapat menyebabkan seseorang lupa diri, merasa tidak modern jika tidak mengikuti tren yang akan berujung pada seks bebas.Yang pada dasarnya pemikiran seperti itu sangat salah. Seorang remaja sudah dapat melakukan fungsi reproduksi sebagaimana layaknya orang dewasa sebab fungsi organ seksualnya telah bekerja secara normal.

Hal ini membawa konsekuensi bahwa seorang remaja akan mudah terpengaruhi oleh stimuli yang merangsang gairah seksualnya, misalnya dengan melihat film porno, cerita cabul, dan gambar-gambar erotis. Kematangan biologis yang tidak disertai dengan kemampuan mengendalikan diri cenderung berakibat Negatif, yakni terjadi hubungan seksual pranikah dimasa pacaran. Sebaliknya kematangan biologis yang disertai dengan kemampuan mengendalikan diri akan membawa kebahagian remaja dimasa depannya sebab ia tidak akan melakukan hubungan seksual pranikah.

Sehingga mereka beranggapan bahwa seks bebas adalah suatu hal yang wajar bagi pergaulan mereka. Faktor pengetahuan yang minim ditambah rasa ingin tahu yang tinggi, kurangnya pengetahuan akan dampak dan akibat akan hal yang kita lakukan dapat memudahkan kita terjerumus ke dalam hal hal yang negatif. Pada umumnya kita sebagai seorang remaja memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi, apabila menemukan atau melihat suatu hal yang baru maka otomatis kita akan ingin merasakannya atau mencobanya.

Para orang tua perlu menyadari bahwa jaman telah berubah.System komunikasi, pengaruh media masa, kebebasan pergaulan dan modernisasi di berbagai bidang dengan cepat memepengaruhi anak-anak kita.Budaya hidup kaum muda masa kini, berbeda dengan jaman para orang tua masih remaja dulu. Pengaruh pergaulan yang datang dari orang tua dalam era ini, dapat kita sebutkan antara lain: Ø Faktor kesenjangan pada sebagian masyarakat kita masih terdapat anak-anak yang merasa bahwa orang tua mereka ketinggalan jaman dalam urusan orang muda.

Anak-anak muda cenderung meninggalkan orang tua, termasuk dalam menentukan bagaimana mereka akan bergaul. Sementara orang tua tidak menyadari kesenjangan ini sehingga tidak ada usaha mengatasinya. Ø Faktor kekurang pedulian Orang tua kurang perduli terhadap pergaulan muda-mudi. Nama hewan yang depannya y cenderung menganggap bahwa masalah pergaulan adalah urusan anak-anak muda, nanti orang tua akan campur tangan ketika telah terjadi sesuatu.

Padahal ketika sesuatu itu telah terjadi, segala sesuatu sudah terlambat Ø Faktor ketidak mengertian kasus ini banyak terjadi pada para orang tua yang kurang menyadari kondisi jaman sekarang. Mereka merasa sudah melakukan kewajibannya dengan baik, tetapi dalam urusan pergaulan anak-anaknya, ternyata tidak banyak yang mereka lakukan.

Bukannya mereka tidak perduli, tetapi memang mereka tidak tahu apa yang harus mereka perbuat. Teman merupakan orang yang sangat berpengaruh bagi para remaja dan mahasiswa. Apabila seorang remaja atau mahasiswa salah dalam memilih teman maka akibatnya akan fatal. Memilih teman berarti memilih nama hewan yang depannya y depan, maka siapapun yang ingin masa depannya cerah ditengah bekapan arus globalisasi, serta luas ilmu dan wawasannya, maka ia harus pandai dalam memilih teman.

Seseorang akan dipastikan rusak masa depannya jika bergaul dengan orang-orang yang membenarkan kemaksiatan. Namun karena rasa ingin tahu yang sangat tinggi yang mendorong para remaja menggunakan atau melihat media untuk orang dewasa tersebut.Setelah melihat,otomatis rasa ingin tahu itu pun akan terus berkembang seperti ingin mengetahui rasa dan ingin mencoba hal yang baru dia lihat.Oleh karena itu pengawasan orang tua adalah hal yang sangat penting dalam faktor ini.

Ada banyak sebab remaja melakukan pergaulan bebas. Penyebab tiap remaja mungkin berbeda tetapi semuanya berakar dari penyebab utama yaitu kurangnya pegangan hidup remaja dalam hal keyakinan atau agama dan ketidak stabilan emosi remaja.

Hal tersebut menyebabkan perilaku yang tidak terkendali. Namun semuanya kembali ke diri kita sendiri, mau menjadi orang yang seperti apa kita ? Jauhilah pergaulan bebas dan hal hal negatif yang berdampak sangat merugikan bagi diri kita sendiri.

Kita harus dapat menempatkan diri sebagai remaja yang baik dan benar sesuai dengan tuntunan agama dan norma hukum yang berlaku agar terhidar dari hal-hal tersebut.Ingatlah kita sebagai remaja adalah calon penerus bangsa di masa depan, oleh karena itu jika kita melakukan hal-hal yang negatif tersebut mau jadi apa negara kita nanti ! Maka mulai sekarang cobalah untuk mendekatkan diri kepada Tukan YME untuk mempertebal keimanan kita, karena iman adalah dasar yang paling utama di dalam diri kita sendiri.

Faktor ini nama hewan yang depannya y hanya umurnya yang kurang, tetapi orang muda pada umumnya memang memiliki kecenderungan belum memiliki modal yang cukup dalam mempertimbangkan, memutuskan dan melakukan segala sesuatu, misalnya pengalaman belum cukup, usia masih sedikit, kedewasaan belum penuh, pertimbangan belum matang, kurang menyadari akan bahaya, cenderung meremehkan hal-hal yang sebenarnya penting, belum dapat menghayati sakitnya akibat dari tindakan yang salah, sehingga sering terjebak dalam langkah yang berbahaya.

Ditambah lagi kecenderungan orang muda ingin mencoba-coba sesuatu yang baru yang belum pernah dirasakan atau dialaminya. Orang nama hewan yang depannya y cenderung menganggap bahwa pergaulan bebas adalah budaya orang muda jaman sekarang. Mereka merasa pergaulan bebas adalah hak mereka. Mereka mengatakan sekaranglah waktunya bergaul sebebas-bebasnya.

Hal ini menimbulkan budaya iseng. Daripada dikatakan tidak gaul, mereka akhirnya bergaul sebebas-bebasnya Orang muda memiliki potensi, tenaga, idealisme, semangat yang sedang bertumbuh dan sedang mekar-mekarnya, termasuk nafsu seksualitasnya, dll. Kondisi ini jika tidak didukung prinsip-prinsip rohani yang kuat, penguasaan diri yang baik, dan pendampingan dari seorang senior yang handal akan berakibat fatal.

Maka banyak kehidupan orang muda cenderung menjadi liar. Biasanya para remaja pada saat berpacaran baru berani melakukan tahapan dari nomor 1 sampai dengan nomor 5 (walaupun banyak juga yang berani melakukan tahapan nama hewan yang depannya y 6, tapi hanya sebagian kecil yang sudah berani melakukan hubungan seks dengan pacarnya).Dalam hal ini peran orang tua sangat penting.

Point-point peranan orang tua dalam mencegahan sex bebas yaitu: Pasal 341 KUHP menyatakan “Seorang ibu yang karena takut akan diketahui ia sudah melahirkan anak, pada ketika anak itu dilahirkan atau tiada berapa lama sesudah dilahirkan, dengan sengaja menghilangkan nyawa anak itu dipidana karena bersalah melakukan pembunuhan anak, dengan pidana penjara selama-lamanya tujuh tahun” Pergaulan bebas yang dilakukannya akan membawa dampak bagi fisik yaitu seringnya terserang berbagai penyakit karena gaya hidup yang tidak teratur.

Sedangkan dalam segi mental maka pelaku kenakalan remaja tersebut akan mengantarnya kepada mental-mental yang lembek, berfikirnya tidak stabil dan keperibadiannya akan terus menyimpang dari segi moral dan endingnya akan menyalahi aturan etika dan estetika. Dan hal itu kan terus berlangsung selama tidak ada yang mengarahkan. Bagi Keluarga Anak merupakan penerus keluarga yang nantinya dapat menjadi tulang punggung keluarga apabila orang tuanya tidak mampu lagi bekerja.

Dan oleh para orang tuanya apabila anaknya berkelakuan menyimpang dari ajaran agama akan berakibat terjadi ketidak harmonisan didalam keluarga, komunikasi antara orang tua dan anak akan terputus.

Dan tentunya ini sangat tidak baik, Sehingga mengakibatkan anak remaja sering keluar malam dan jarang pulang serta menghabiskan waktunya bersama teman-temannya untuk bersenang-senang dengan jalan minum-minuman keras, mengkonsumsi narkoba dan narkotika. Di dalam kehidupan bermasyarakat sebenarnya remaja sering bertemu orang dewasa atau para orang tua, baik itu ditempat ibadah ataupun ditempat lainnya, yang mana nantinya apapun yang dilakukan oleh orang dewasa ataupun orang tua itu akan menjadi panutan bagi nama hewan yang depannya y remaja.

Dan apabila remaja sekali saja berbuat kesalahan dampaknya akan buruk bagi dirinya, dan keluarga. Sehingga masyarakat menganggap remajalah yang sering membuat keonaran, mabuk-mabukkan ataupun mengganggu ketentraman masyarakat mereka dianggap remaja yang memiliki moral rusak. Dan pandangan masyarakat tentang sikap remaja tersebut akan jelek Dan untuk merubah semuanya menjadi normal kembali membutuhkan waktu yang lama dan hati yang penuh keikhlasan. Selain memiliki hukum haram, seks bebas memiliki akibat atau dampak yang sangat negatif bagi sipelaku.

seks bebas juga dapat menghilangkan rasa malu, padahal dalam agama malu merupakan suatu hal yang amat ditekankan dan dianggap perhiasan yang sangat indah khususnya bagi wanita. Selain itu seks bebas juga dapat berakibat: Hilangnya kehormatan, jatuh martabatnya baik di hadapan Tuhan maupun sesama manusia serta merusak masa depannya, dan meninggalkan aib yang berkepanjangan bukan saja kepada pelakunya bahkan kepada seluruh keluarganya. Kehormatan sangat penting bagi setiap manusia, terutama pada wanita.

Jika kehormatan tersebut sudah hilang maka akan jelas terlihat perbedaannya dengan wanita yang masih menjaga kehormatannya. Apabila seorang remaja atau mahasiswa sudah melakukan seks bebas, maka fikirannya akan selalu tertuju pada hal negatif tersebut. Rasa ingin mengulanginya selalu ada, sehingga tingkat kefokusannya dalam mengikuti proses belajar disekolah atupun diperkuliahan akan menurun. Malas belajar, malas mengerjakan tugas dan lains ebagainya dapat menurunkan prestasi seorang remaja ataupun mahasiswa tersebut.

Hamil diluar nikah akan sangat menimbulkan masalah bagi sipelaku. Terutama bagi remaja yang masih sekolah, pihak sekolah akan mengeluarkan sipelaku jika ketahuan peserta didiknya ada yang hamil. Sedangkan bagi pelaku yang kuliah hamil diluar nikah akan menimbulkan rasa malu yang luar biasa terutama orang tua. Kalangan remaja dan mahsiswa kita kebanyakan sudah tak mengindahkan lagi akan pentingnya nilai-nilai ketimuran. Tentu saja nilai ketimuran ini selalu berkaitan dengan nilai Keislaman yang juga membentuk akar budaya ketimuran.

Nilai yang bersumberkan pada ajaran spiritualitas agama ini perlu dipegang. Termasuk meningkatkan derajat keimanan dan moralitas pemeluknya. Dengan dipegangnya nilai-nilai ini, harapannya mereka khususnya kalangan muda akan berpikir seribu kali untuk terjun ke seks bebas.

Pendidikan yang diberikan hendaknya tidak hanya kemampuan intelektual, tetapi juga mengembangkan kemauan emosional agar dapat mengembangkan rasa percaya diri, mengembangkan ketrampilan mengambil keputusan yang baik dan tepat, mengembangkan rasa harga diri, mengembangkan ketrampilan berkomunikasi, yang mampu mengatakan “tidak” tanpa beban dan tanpa mengikuti orang lain.

nama hewan yang depannya y

Di kalangan remaja bukan hanya memberikan pengetahuan tentang organ reproduksi, tetapi bahaya akibat pergaulan bebas, Dengan demikian, anak-anak remaja ini bisa terhindar dari percobaan melakukan seks bebas. Dalam keterpurukan dunia remaja saat ini, anehnya banyak orang tua yang cuek saja terhadap perkembangan anak-anaknya.

Memperbaiki cara berkomunikasi dengan orang lain sehingga terbina hubungan baik dengan masyarakat, untuk memberikan batas diri terhadap kegiatan yang berdampak negatif dapat kita mulai dengan komunikasi yang baik dengan orang-orang di sekeliling kita.

Karna pada umumnya terjadi seks bebas dikarenakan tidak adanya kepedulian antar tetangga. Seks bebas bisa terjadi dengan didukungkan suatu tempat, jadi apabila seorang remaja atau mahasiswa yang masih polos akan mudah dirayu yang berujung pada seks bebas. Apabila sepasang remaja atau mahasiswa berdua ditempat yang sepi maka ada orang ketiga yaitu setan yang dapat menjerumuskan terjadinya seks bebas. Seks bebas sudah menjadi hal yang tidak tabu lagi bagi kalangan remaja di Indonesia.

Kegiatan seks bukan hanya dilakukan oleh pasangan yang sah menurut agama dan hukum yang berlaku akan tetapai juga dilakukan oleh para pelajar dan mahsiswa. Pelajar dan mahasiswa sekarang ini cenderung lebih mengutamakan pacaran dan kebutuhannya yang lain daripada menuntut ilmu. Mereka tidak lagi tenggelam dalam pelajaran akan tetapi sudah tenggelam dalam lautan asmara yang mereka namakan cinta. Para remaja dan mahasiswa berpacaran tidak mempunyai batasan serta etika sehingga dalam berpacaran lebih banyak dampak negative dibandingkan dampak positif seperti halnya seks bebas.

Persepsi yang salah tentang seks bebas menyebabkan mereka berfikir bahwa melalui seks bebaslah tersalurnya cinta dan kasih sayang. Pergaulan remaja yang bebas sebenarnya dikarenakan oleh segala macam perkembangan yang di salah artikan oleh remaja itu sendiri maupun lingkungannya.

Seks bebas menyebabkan para remaja kehilangan bangku sekolahnya, sama halnya juga para mahsiswa yang terpaksa berhenti kuliah karna hamil diluar nikah.

Selain itu, hamil diluar nikah dapat nama hewan yang depannya y pada pengguguran janin, baik melalui aborsi ataupun bunuh diri nama hewan yang depannya y tidak siapnya menerima kenyataan (hamil diluar nikah) tersebut. Yang terpenting sebenarnya adalah bagaimana remaja dapat menempatkan dirinya sebagai remaja yang baik dan benar sesuai dengan tuntutan agama dan norma yang berlaku di dalam masyarakat serta dituntut peran serta orangtua dalam memperhatikan tingkah laku dalam kehidupan sehari-hari anaknya, memberikan pendidikan agama, memberikan pendidikan seks yang benar.

Oleh sebab itu permasalahan ini merupakan tugas seluruh elemen bangsa tanpa terkecuali.

nama hewan yang depannya y

Usaha untuk pencegahan sudah semestinya terus dilakukan untuk menyelamatkan generasi muda kita. Agar lebih bermoral, agar lebih bisa diandalkan untuk kebaikan negara ke depan.

Pergaulan juga mempunyai pengaruh yang besar dalam pembentukan kepribadian seorang individu. Pergaulan yang ia lakukan itu akan mencerminkan kepribadiannya, baik pergaulan yang positif maupun pergaulan yang negatif. Pergaulan yang positif itu dapat berupa kerjasama antar individu atau kelompok guna melakukan hal – hal yang positif.

Sedangkan pergaulan yang negatif itu lebih mengarah ke pergaulan bebas, hal itulah yang harus dihindari, terutama bagi remaja yang masih mencari jati dirinya.

2) Kepada generasi muda agar nama hewan yang depannya y tujuan dan arah hidup yang jelas, belajar lebih mengenal diri sendiri, meningkatkan ke imanan dan ketakwaannya dengan mengisi kegiatan yang bermanfaat serta bergaul dengan teman secara benar sehingga dapat terhindar dan terjerumus pada perilaku seks bebas. Tingkatkanlah pengetahuan tentang segala perkembangan dengan tetap meningkatkan pula keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

3) Kepada para remaja baik pelajar maupun mahasiswa agar selain belajar juga ikut ambil bagian dalam kegiatan yang positif dan kreatif dalam rangka menyalurkan energi yang berlebih sehingga tidak mengarah pada penyaluran dorongan bilogis secara langsung, misalnya dengan kegiatan.

Keolahragaan, pecinta alam, dan kegiatan-kegiatan lain yang bersifat mengembangkan potensi dan bakat masing-masing. Semoga dengan makalah ini anda dapat memahami makna materi yang saya bahas.Setelah memahaminya janganlah berbuat menyimpang atau suka bergaul bebas karena itu dapat merusak nama baik dirimu,keluarga,dan dilingkungan masyarakatmu sendiri. Unknown 21 Januari 2017 22.54 Terimakasih informasinya dari artikel anda, tentang Dampak negatif pergaulan bebas berikut artikel yang terkait tersebut di DAMPAK NEGATIF PERGAULAN BEBAS DI KALANGAN PELAJAR NB: Mohon tolong admin untuk di approve komentar saya, kita saling membantu saja.kalau tidak ada dirugiakan apa salahnya saling membantu, untuk kepentingan Seo dan kepentingan pengunjung blog anda mendapatkan informasi yang terkait terimakasih admin Balas Hapus Anonim 23 Januari 2019 19.03 Haii guys… Bagi kalian nihh pecinta drama korea ayooo download aplikasi MY DRAKOR di play store kalian,aplikasi ini bagus banget bisa menghilangkan kejenuhan kita,nonton drama korea nya juga bisa offline lohh,pokoknya kalua udah nonton drama korea pake my drakor suka lupa waktu dehh.ayoo buruan download sekarang juga guys,kalua gak download bakal nyesel beneran dehh.!

https://play.google.com/store/apps/details?id=id.mydrakor.main Ini ada satu lagi guys aplikasi buat kalian yang suka nonton film bioskop download aja aplikasi inflixer gak perlu ribet ke bioskop,filmnya juga banyak banget mantapppp dehhhh….!!!

https://www.inflixer.com Balas Hapus . 29 November 2021 04.46 NOBITASLOT: Daftar Slot, Situs Slot, Agen Slot Online Terpercaya di Indonesia NOBITASLOT adalah Daftar Slot, Situs Slot, Agen Slot Online Resmi Terpercaya Indonesia yang menyediakan berbagai permainan slot online, togel online yang menggunakan server Zoomengine yang menggunakan taruhan uang asli. nobitaslot slot slot judi slot games online slot online slot agen agen slot agen slot online agen slot games agen situs slot agen judi slot situs slot situs slot games situs slot online situs agen slot main slot main slot games main slot online main agen slot daftar slot daftar slot games daftar slot online daftar agen slot daftar situs agen slot daftar situs slot slot terpercaya judi terpercaya agen slot terpercaya situs slot terpercaya daftar slot terpercaya judi slot terpercaya daftarjudi daftar judi slot online daftar judi slot games togel togel online agen 4d tembak ikan nobita slot 172,105,112,160 148.163.72.68 Zoomengine Balas Hapus
• Penyakit Pada Ikan • Parasit dari Kelas Crustacea • Klasifikasi Lernea sp.

• Lernea sp. • Cara Mencegah Serangan Lernea sp. • Klasifikasi Cymothoa exigua • Cymothoa exigua • Cara Pencegahan Serangan Cymothoa exigua • Sebarkan ini: • Posting terkait: Penyakit Pada Ikan Penyakit didefinisikan sebagai suatu keadaan fisik, morfologi dan atau fungsi yang mengalami perubahan dari kondisi normal karena beberapa penyebab dan terbagi atas 2 kelompok yaitu penyebab dari dalam (internal ) dan luar (eksternal). Penyakit internal meliputi genetic, sekresi internal, imunodefesiensi, saraf dan metabolic.

Sedangkan penyakit eksternal meliputi penyakit pathogen (parasit, jamur, bakterivirus) dan non pathogen (lingkungan dan nutrisi ). Penyakit parasitic merupakan salah satu penyakit infeksi yang sering menyerang ikan terutama pada usaha pembenihan.

Serangan parasit bisa mengakibatkan terganggunnya pertumbuhan, kematian bahkan penurunan produksi ikan. Berbagai organisme yang bersifat parasit mulai dari protozoa, crusstacea dan annelida. Di perairan bebas, terdapat berbagai macam parasit dengan variasi yang luas tetapi jumlahnya sedikit.

Sedangkan dalam kegiatan budidaya, parasit terdapat .dengan variasi yang sedikit tetapi jumlahnya banyak. Umumnya setiap parasit mempunyai siklus hidup yang rumit, yang kemungkinan merupakan hal penting dalam pengobatan ikan yang terserang parasit. Studi siklus hidup parasit merupakan hal penting untuk menentukan tindakan penanganan yang lengkap.

Ujicoba infeksi dengan parasit umumnya sulit dilakukan karena parasit sulit diinkubasi atau dipelihara pada media buatan.

Jenis Ikan Air Tawar Hias Parasit dari Kelas Crustacea Crustaceae adalah Arthopoda yang sebagian besar hidup di laut dan bernafas dengan insang. Tubuhnya terbagi dalam kepala (cephalin), dada (thorax) dan abdomen. Kepala dan dada bergabung membentuk kepala-dada (cephalothorax; Y : cephale = kepala; thorax = bagian tengah tubuh atau dada).

Kepalanya biasanya terdiri dari lima ruas yang tergabung menjadi satu. Mereka mempunyai dua pasang antena, sepasang mandibel atau rahang dan dua pasang maksila (maxilla). Dada mempunyai embelan dada yang bentuknya berbeda-beda.

Beberapa di antaranya digunakan untuk berjalan. Ruas abdomen biasanya sempit dan lebih mudah bergerak daripada kepala dan dada. Ruas-ruas tersebut mempunyai embelan yang ukurannya sering mengecil. Dari kelas crustacea ini terdapat beberapa jenis yang dapat merugikan ikan atau infeksi yang sering menyerang ikan terutama pada usaha oembenihan.

Berikut adalah contoh parasit dari kelas crustace yaitu, argulus sp, Cymothoa exigua, dan Lernea sp. • Argulus Argulus merupakan sejenis parasit yang menempel pada tubuh ikan.

Dengan kata lain Argulus sp. disebut dengan kutu ikan, dimana kutu ini akan mengambil makanan atau darah dari tubuh ikan sehingga menyebabkan ikan kurus dan dengan waktu yang lama akan menyebabkan kematian massal. Penyakit yang disebabkan oleh argulus ini adalah argulosis dan biasanya menyerang ikan air tawar baik untuk budidaya maupun untuk liar. Argulus sp. ini dapat bertahan hidup selama beberapa hari di luar siklus hidupnya cenderung temporer dengan mencari inangnya secara acak dan berpindah dengan bebas.

Ciri-ciri ikan yang terserang argulus adalah : • Tubuhnya terlihat menjadi kurus bahkan sangat lemah karena kekurangan darah. • Bekas serangan Argulus sp. dapat terlihat berwarna kemerah-merahan, karena terjadi pendarahan. • Jika terjadi serangan secara besar-besaran, maka Argulus sp. akan terlihat membentuk koloni di sekitar sirip dan insang. Tingkat serangan argulus tergantung kepada ukuran ikan dan dan jumlah parasit yang menyerang individu dalam suatu tempat.

Pada saat ikan terserang oleh Argulus sp. ini tentu akan menyebabkan kerentanan jamur dan bakteri menempel pada tubuh ikan sehingga mampu merusak jaringan dari suatu ikan. Selain itu argulus juga dapat menjadi vektor penyakit. Analisa Usaha Pembenihan Ikan Lele Argulus merupakan perenang yang baik dan berenang mencari ikan untuk dihisap darahnya. Argulus menempel pada tubuh ikan untuk menghisap darah setelah kenyang mereka akan lepas dari tubuh ikan dan apabila lapar mereka akan kembali menempel pada tubuh ikan untuk dihisap darahnya.

Oleh karena itu argulus juga dapat membawa penyakit dan bakteri dari satu ikan ke ikan yang lain. Dengan tubuh transparan dan ukuran 5-8 mm argulus sangat mudah dikenali.

Argulus sp. ini sejenis udang renik yang termasuk ke dalam famili Argulidae dan merupakan ektoparasit. Argulus sp. memiliki bentuk tubuh bulat pipih seperti kuku.

Tubuh Argulus sp. ini dilengkapi dengan alat yang dapat digunakan untuk mengaitkan tubuhnya pada insang dan mengisap sari makanan.

Serangan parasit ini umumnya tidak menimbulkan kematian pada ikan. Argulus sp. ini hanya mengisap darah ikan saja sehingga ikan menjadi kurus dan luka bekas alat pengisap ini merupakan bagian yang mudah diserang oleh bakteri atau jamur. Infeksi sekunder inilah yang bisa menyebabkan kematian ikan secara masal. • Klasifikasi Argulus Argulus (kutu air) merupakan sejenis parasit yang dapat mengancam kesehatan ikan baik merusak jaringan secara langsung.

Argulus sp ini merupakan parasit ikan dari golongan udang-udangan keluarga Branchiura. Biasanya parasit ini masuk ke dalam akuarium melalui pakan hidup. Diketahui ada sekitar 30 spesies Argulus. Dua diantaranya, yang erat kaitannya dengan akuarium, adalah Argulus foliaclus dan Argulus japonicus. Contoh lain ektoparasit adalah Argulus indicus.

• Phylum : Arthropoda • Sub Phylum : Crustacea • Class : Maxillopoda • Sub Class : Branchiura • Ordo : Arguloida • Family : Argulidae • Genus : Argulus • Spesies : Argulus sp. Argulus foliaceus Argulus foliaceus, juga dikenal sebagai kutu ikan biasa atau kutu ikan mas, sebenarnya bukan kutu atau bahkan serangga sama sekali, tapi sebuah krustasea. Dalam kelas Maxillopoda, subclass Branchiura terdiri dari sekitar 150 spesies ektoparasit ikan air tawar dan laut.

Genus Argulus ditemukan di seluruh dunia. Argulus foliaceus asli dari Eropa, tetapi juga umum di akuarium dan kolam ikan di seluruh dunia. Meskipun kutu menunjukkan beberapa preferensi inang, terutama untuk ikan mas, biasanya dianggap seorang generalis dan ditemukan pada berbagai spesies ikan.

Berbentuk oval, individu dewasa hinggap di host ikan dan menggunakan pengisap. Mereka menyuntikkan enzim pencernaan ke dalam host dan memakan darah dan cairan jaringan.

7 Peluang Usaha Budidaya Ikan Air Tawar Yang Paling Menguntungkan Gejala infeksi kutu termasuk ikan renang abnormal, menggosok, dan kondisi fisik memburuk.

Karena kerusakan jaringan yang disebabkan oleh parasit, infeksi bakteri dan jamur sekunder sering terjadi. Betina dewasa meninggalkan tuan rumah mereka dan bertelur pada vegetasi atau benda terendam lainnya. Organisme dewasa dapat hidup alam bebas selama dua sampai tiga minggu, tetapi larva yang baru menetas hanya bertahan beberapa hari jika mereka tidak menemukan tuan rumah. Mengobati akuarium penuh mungkin memerlukan beberapa pendekatan, sehingga pencegahan adalah yang terbaik.

Selalu memeriksa secara visual dan ikan yang baru dikarantina. Kutu dapat dihapus dari ikan secara manual dengan pinset. Ikan harus dipindahkan ke akuarium alternatif sementara perawatan kimia yang digunakan untuk membunuh organisme dewasa yang tersisa, larva, dan telur. • Argulus indicus Argulus indicus merupakan salah satu ektoparasit yang termasuk kedalam phylum Arthropoda, kelas Crustacea, subkelas Entomostraca, ordo copepoda, subordo Branchiura, famili Argulidae, genus Argulus.

Ciri-ciri parasit ini adalah bentuk seperti kutu berwarna keputih-putihan, menempel pada bagian tubuh ikan, mempunyai alat penghisap, sehingga biasa disebut juga dengan nama kutu ikan. Alat penghisap ini akan menghisap darah ikan.

Oleh karena itu ikan yang terserang akan menurun pertumbuhannya serta akan mengakibatkan pendarahan pada kulit. Tubuh Argulus indicus mempunyai dua alat penghisap dibagian bawah tubuhnya, alat tersebut akan ditusukkan kedalam tubuh ikan yang diserang. Pada pinggiran Carapace-nya terdapat empat pasang kaki yang berfungsi untuk berjalan bagian tubuh ikan, berenang bebas dan berpindah dari satu ikan ke ikan yang lain. Argulus merupakan perenang yang baik dan berenang mencari ikan untuk dihisap darahnya.

Argulus menempel pada tubuh ikan untuk menghisap darah setelah kenyang mereka akan lepas dari tubuh ikan dan apabila lapar mereka akan kembali menempel pada tubuh ikan untuk dihisap darahnya.

Oleh karena itu argulus juga dapat membawa penyakit dan bakteri dari satu ikan ke ikan yang lain. Dengan tubuh transparan dan ukuran 5-8 mm argulus sangat mudah dikenali. Perkembangbiakan terjadi secara kawin karena jenis Argulus indicus ini ada jantan dan betina, ukuran tubuh jantan lebih kecil daripada betina.

Daur hidup Argulus indicus terjadi selama 28 hari dimana 12 hari untuk fase telur dan menetas sedangkan fase larva sampai dewasa membutuhkan waktu berkisar 16 hari.

Larva Argulus indicus dapat hidup tanpa ikan selama 36 jam sedangkan individu dewasa dapat hidup tanpa inang selama 9 hari. Jumlah telur yang dihasilkan dari individu betina berkisar antara 50 – 250 butir. Telur yang dihasilkannya akan diletakkan pada berbagai benda yang ada di dalam perairan. Telur akan menetas menjadi larva setelah beberapa kali berganti kulit akan berubah menjadi dewasa. Cara Memelihara Ikan Koi • Morfologi Argulus sp. memiliki 2 mata majemuk untuk mendeteksi inang.

Warna terang pada betina untuk perilaku penyerangan pada waktu gelap sehingga bisa berenang dan mencari makan sampai 4 kali lebih jauh. Pada waktu gelap, ikan tidak bisa berenang cepat hal ini memudahkan Argulus sp.Betina secara umum meletakan telur pada benda yang mengapung, secara tunggal, dobel maupun tripel, setelah itu kembali menyerang.

Argulus sp. dapat dilihat dengan mata biasa (tanpa bantuan nama hewan yang depannya y pembesar), di permukaan tubuh ikan inang seperti bulatan-bulatan. Pertama kali menempel warnanya transparan kemudian lama-kelamaan menjadi gelap atau seperti mata ular. Bentuk tubuhnya pipih secara dorsoventral dan mempunyai pengisap.

Antena ada dua pasang dan mempunyai alat penusuk (preoral). Maxilla kedua berubah bentuk menjadi prehensil disk dan basal platenya bergigi. Mempunyai proboscis dan berkaki didaerah thorax sebagai kaki renang sebanyak 4 pasang juga mempunyai mata faset yang bertangkai pendek.

Argulus kelaminnya terpisah. Hewan jantan mempunyai testis didaerah abdomen, sedangkan yang betina berkantung telur. Setelah berkopulasi hewan betina menaruh telurnya dalam kelompok pada benda-benda di dalam air misalnya pada batu, tumbuhan air, kayu atau kaca akuarium. Setelah 15-55 hari menetas dan menjadi larva yang berenang bebas dan harus mendapatkan inang dalam 2-3hari, jika tidak menemui inang maka larva akan mati.

Bila larva telah menenpel pada inang maka akan tumbuh menjadi stadium copepoda dan akan mengalami metamorfosa (pergantian kulit) beberapa kali hingga menjadi dewasa.

Copepoda yang menempel pada inang diselubungi oleh lendir tipis. Argulus dikenal sebagai fish louse dan kutu ikan ini menyerang ikan laut dan ikan air tawar, hanya spesiesnya saja yang berbeda. Makanan Ikan Belida • Gejala Klinis dan Pencegahan Argulus sp. Gejala klinis yang dirasakan ikan pada saat terserang Argulus sp. adalah dengan melukai kulit dalam rangka mendapatkan darah ikan sehingga terkadang meninggalkan memar pada gigitan Argulus sp. ini dan biasanya ikan akan menggosokkan tubuh pada suatu benda keras di sekitarnya.

• Gejala lainnya • Ikan kehilangan nafsu makan sehingga terlihat malas. • Kulit ikan berubah warna (biasanya memucat). • Ikan menjadi gelisah dan meluncur kesana-kemari. • Ikan sering menggosok-gosokkan badannya ke permukaan benda keras. • Terdapat bekas gigitan dan memar merah pada tubuh ikan. • Terlihat parasit yang menempel pada tubuh ikan.

Pencegahan yang dapat dilakukan yaitu dengan mensterilisasi tempat ikan yang terkontaminasi oleh Argulus sp. dengan larutan chlorin agar terbebas dari argulus yang hidup dan menempel di daerah tersebut. Cara yang paling efektif untuk mencegah serangan parasit ini adalah dengan melakukan pengeringan dan pengapuran kolam serta penyaringan air.

Sedangkan pengendaliannya dapat dilakukan dengan menggunakan larutan garam (NaCl) atau larutan garam ammoniak (NH 4Cl) garam berfungsi untuk menghambat perkembangan parasit. Pencegahan dapat dilakukan dengan menambahkan garam dapur 0,5-1,0 g/l pada air tempat hidupnya. Kalau ikan sudah terserang, pengobatan dapat dilakukan dengan perendaman ikan dalam larutan garam dapur 20 g/l, atau PK 2-5 mg/l selama 30 menit. Perlakuan pengobatan harus dilakukan setiap hari hingga kutu ikan benar-benar habis.

Cara yang paling efektif untuk mencegah serangan parasit ini adalah dengan melakukan pengeringan dan pengapuran kolam serta penyaringan air. Sedangkan pengendaliannya dapat dilakukan dengan menggunakan larutan garam (NaCl) atau larutan garam ammoniak (NH 4Cl). Demikian pula nama hewan yang depannya y perendaman ikan dalam larutan bromex 0,1— 0,2 ppm. Perendaman dalam larutan lindane 0,01— 0,02 ppm sudah dapat membunuh Argulus sp. yang berenang bebas dalam waktu 5 jam, sedangkan dosis 0,013 ppm terbukti dapat membunuh secara total setelah 48 jam.

Perendaman dalam larutan neguvon 1 gram per liter air selama 10-30 menit cukup ampuh untuk memberantas parasit ini. Organisme ini biasanya dapat diberantas dengan menggunakan penjepit sejenis pinset untuk melepaskannya dari tubuh ikan. Telur-telur dan larvanya, dapat dibunuh dengan cara mengeringkan atau memberikan kapur ke dasar kolam. Dosis kapur yang diberikan adalah 200 gram per meter persegi dan dibiarkan selama 5 – 6 hari. Jenis obat yang cukup efektif untuk memberantas argulus adalah Neguvon, yang berbentuk tepung (serbuk) buatan Bayer, Jerman.

Cara penggunaannya adalah dengan memandikan ikan didalam larutan Neguvon dengan dosis 1 gram per liter air, selama 10 – 30 menit.

Budidaya Ikan Bandeng Berikut adalah contoh gambar ikan yang terserang Argulus sp; Klasifikasi Lernea sp. • Kingdom : Animalia • Filum : Arthropoda • Subphylum : Crustacea • Kelas : Maxillopoda • Subclass : Copepoda • Urutan : Cyclopoida • Family : Lernaeidae • Genus : Lernae Lernea sp.

Lernea atau biasanya disebut cacing jangkar, merupakan parasit pada ikan air tawar tapi dia juga menyerang ikan air payau. Di sebut cacing jangkar karena pada bagian kepalanya terdapat organ yang menyerupai jangkar, sehingga dengan perantaraan organ inilah cacing jangkar menempelkan dirinya ke tubuh ikan. Pada stadium copepodid, cacing jangkar ini hidup di sekeliling tubuh ikan dan menggigit kulit/lendir ikan. Pada stadium ini, cacing tersebut sangat peka terhadap beberapa jenis obat-obatan.

Memasuki stadium dewasa, cacing ini dibagi menjadi dua kelompok, yaitu stadium cyclopoid dan stadium dewasa. Selama stadium cyclopoid, lernea hidup di sekeliling tubuh ikan dan juga tidak tahan terhadap pengaruh obat-obatan. Cacing jangkar betina akan menusukkan kepalanya ke jaringan kulit/daging ikan.

Pada bagian yang ditusuk akan terlihat luka dan membengkak, namun karena ukurannya masih terlalu kecil, agak sulit untuk melihatnya dengan mata biasa. Individu dewasa sudah dapat dilihat dengan mata biasa.

Bagian tubuhnya yang terdapat di luar tubuh ikan akan tampak membesar, karena mempunyai sepasang kantung telur.

Jika telurnya menetas, maka nauplius akan berenang keluar dari dalam kantung untuk mencari ikan. Parasit ini sering disebut anchorworm. Berbentuk panjang berwarna putih, didepan dengan alat penghisap dan dibelakang mempunyai organ seperti kantung untuk tempat berkembangnya telur.

Perlu beberapa hari untuk bertelur dan dua minggu untuk telur matang. Induk betina lernaea mati dan terlepas dari kulit ikan sedangkan larva sebagai parasit hidup pada insang ikan untuk menghisap darah. Setelah cukup umur dan kawin lernaea betina akan meninggalkan ikan dan untuk jangka yang singkat berenang bebas sebagai plankton dan segera setelah itu menempel pada kulit ikan. Parasit ini dalam siklus hidupnya mengalami tiga kali perubahan tubuhnya yaitu nauplius, copepodit dan bentuk dewasa.

Satu siklus hidup membutuhkan waktu berkisar ini 21 – 25 hari. Individu dewasa dapat terlihat secara kasat mata dan pada bagian bawah tubuhnya pada individu betina mempunyai sepasang kantung telur. Kantung telur ini akan menetas dan naupliusnya akan berenang keluar dari dalam kantung untuk mencari ikan lainnya.

Hampir semua jenis ikan air tawar dapat terserang oleh cacing jangkar ini, terutama pada musim pembenihan atau pendederan. Ikan yang terserang umumnya mengalami luka pada tubuhnya dan terlihat adanya cacing jangkar yang menempel. Cara Mencegah Serangan Lernea sp.

Pencegahan terhadap serangan cacing jangkar dapat dilakukan dengan melakukan pengeringan kolam, filter air sebelum dialirkan ke kolam atau menggunakan bahan kimia untuk membasmi cacing jangkar pada stadium nauplius dan copepodid.

Upaya pengendalian terhadap serangan cacing jangkar dewasa sulit dilakukan, karena cacing ini memiliki kulit khitin yang tahan terhadap pengaruh senyawa kimia. Penggunaan gunting cukup efektif untuk memberantas cacing jangkar dewasa. Guntinglah bagian tubuh cacing jangkar yang menempel pada tubuh ikan dan segera dimus¬nahkan dengan cara mengubur atau membakarnya, sedangkan bagian kepalanya dibiarkan tinggal di dalam tubuh ikan.

Untuk menghindari terjadinya infeksi sekunder, ikan direndam dalam larutan Tetracyclin 250 mg per 500 liter air selama 2 – 3 jam. Proses perendaman ini dapat diulangi selama 3 hari berturut-turut. Atau dapat dilakukan dengan senyawa kimia berupa larutan Bro¬mex 0,12 – 0,15 ppm. Cacing jangkar pada stadium copepodid dapat dibunuh dengan merendam ikan yang terserang ke dalam larutan Dipterex 0, 5 ppm nama hewan yang depannya y 4 – 6 jam.

Berikut adalah contoh gambar ikan yang terserang Lernea sp; Klasifikasi Cymothoa exigua • Kingdom : Animalia • Filum : Arthropoda • Upafilum : Crustacea • Kelas : Malacostraca • Ordo : Isopoda • Familyi : Cymothoidae • Genus : Cymothoa • Spesia : Cymothoa exigua Pakan Alternatif Ikan Lele Cymothoa exigua Cymothoa exigua (Kutu pemakan lidah) menempelkan dirinya pada lidah ikan. Parasit ini mulai menghisap darah melalui cakar pada kaki2 depannya. Sejalan dengan pertumbuhannya, makin sedikit darah yg dapat mencapai lidah dan mengalami atropi.

Itulah saat dimana kutu ini menggantikan lidah dengan menempelkan tubuhnya pada otot-otot ikan yang akan menggunakannya seperti layaknya lidah yg normal. Cymothoa exigua, atau kutu pemakan lidah, adalah parasit Crustacea dari keluarga Cymothoidae. Parasit ini memasuki ikan melalui insangdan kemudian menempel di dasar lidah ikan. Kutu betina menempel pada lidah dan kutu jantan menempel pada insang lengkungan bawah dan di belakang betina.

Betina 8-29 milimeter (0,3-1,1) panjang dan 4-14 mm (0,16-0,55 dalam) lebarnya maksimal. Jantan sekitar 7,5-15 mm (0,3-0,6) panjang dan 3-7 mm (0,12-0,28 dalam) lebar.

Menghisap darah melalui cakar di bagian depannya, menyebabkan lidah mengalami atrofi karena kekurangan darah. Parasit ini kemudian mengganti lidah ikan dengan melampirkan tubuh sendiri untuk otot-otot lidah rintisan. Ikan itu dapat menggunakan parasit seperti lidah yang normal. Tampaknya parasit ini tidak menyebabkan kerusakan lainnya terhadap ikan inangnya.

Setelah Cymothoa exigua menggantikan lidah ikan tersebut, beberapa pakan ada pada darah inang dan banyak pakan lainnya pada lendir ikan.

Ini adalah salah satu kasus yg dikenal dari parasit fungsional menggantikan organ inang. Ada banyak spesies Cymothoa, tetapi hanya Cymothoa exigua yang mengkonsumsi dan menggantikan lidah inangnya. Cara Pencegahan Serangan Cymothoa exigua Satu-satunya cara yang paling ampuh adalah harus sering memeriksai kondisi kolam atau tempat lainnya yang dipakai untuk budidaya ikan karena Cymothoa exigua ini ukurannya yang dapat dilihat oleh mata telanjang sehingga bisa kita musnahkan terlebih dahulu sebelum menyerang ikan dalam kolam tersebut.

Masih belum diketahui secara rinci bagaimana cara mencegah yang lebih baik, karena kurangnya studi kasus yang meneliti lebih dalam tentang parasit ini. Berikut adalah contoh gambar ikan yang terserang Cymothoa exigua; Demikian penjelasan tentang Penyakit Pada Ikan semoga bermanfaat bagi pembaca setia Lahan.Co.Id Posting terkait: • Cara Budidaya Udang Vaname • Cara Memelihara Ikan Discus • Jenis Ikan Laut Dalam Posting pada Perikanan Ditag 10 macam penyakit non infeksi pada ikan, 4 metode pengobatan penyakit ikan, aeromonas hydrophila pada ikan lele, apa bedanya hama dan penyakit, apa yang dimaksud kolam pemeliharaan, bakteri pada ikan air laut, buku pengantar parasit dan penyakit ikan pdf, buku saku pengendalian hama penyakit ikan, cacing gastrointestinal, cara menghilangkan jamur pada kulit ikan, cara mengobati ikan yang terkena jamur, cara penularan penyakit pada ikan, hama dan penyakit ikan betok, hama dan penyakit ikan pdf, hama dan penyakit pada ikan, hama ikan lele, hubungan inang patogen dan lingkungan, ikan louhan kejang, indukan ikan konsumsi, jenis hama yang biasanya menyerang ikan, jenis jamur pada ikan, jenis penyakit ikan gabus, jenis" hama pada ikan, jika ikan terserang penyakit sebaiknya kolam, jurnal hama dan penyakit ikan, jurnal parasit ikan, jurnal penyakit ikan, jurnal penyakit non infeksi pada ikan pdf, jurnal penyakit pada ikan, kandungan gizi ikan konsumsi, kelompok kerang kecil hidup di dasar perairan, kenapa ikan nila gampang mati di kolam terpal, kolam yang dirawat dengan baik airnya selalu, laporan parasit dan penyakit ikan, makalah endoparasit, makalah penyakit ikan, makalah penyakit pada ikan, makalah virus pada ikan, metode pengobatan ikan pdf, morfologi ergasilus sp, notonecta adalah, obat alami untuk ikan, obat ikan nila berjamur, obat ikan nila jamuran, parasit pada ikan, penanggulangan penyakit nama hewan yang depannya y akibat bakteri, pencegahan parasit ikan pdf, pengendalian parasit trichodina sp, pengertian hama ikan, penyakit bakteri pada ikan, penyakit hith pada ikan, penyakit ikan adalah, penyakit ikan dan obatnya, penyakit ikan koi, penyakit ikan konsumsi, penyakit ikan mas, penyakit ikan mas koki, penyakit ikan pdf, penyakit infeksi dan non infeksi pada ikan, penyakit jamur pada ikan, penyakit non infeksi pada ikan, penyakit non parasit, penyakit pada ikan gurame, penyakit pada ikan nila, penyakit parasit pada ikan air laut, penyakit virus pada ikan pdf, penyakit yang sering terjadi pada ikan nila, pk untuk ikan nila, siklus hidup penyebab penyakit ikan, teknik pencegahan penyakit ikan, virus yang sering menyerang ikan Pos-pos Terbaru • 7 Cara Menanam Jeruk Nipis Supaya Cepat Berbuah ( Lebat & Melimpah ) • Melatih Mental Kacer Bakalan • Cara Merawat Burung Cendet • Budidaya Rumput Laut • Budidaya Pepaya Calina • Cara Membuat Pupuk Kompos • 8 Cara Menanam Bayam Cabut Yang Baik Dan Benar (Biji & Batang) • 10 Cara Merawat Tanaman Hias Di Rumah Agar Subur Dan Manfaatnya • Cara Ternak Ulat Hongkong • Cara Ternak Puyuh • Budidaya Kemiri Sunan • Pertanian Modern • Cara Budidaya Udang Vaname • Cara Merawat Perkutut • Jenis Kucing • Budidaya Lebah Madu • Cara Budidaya Kroto • Cara Ternak Ayam Joper • Cara Memelihara Ikan Discus • Jenis Ikan Laut Dalam Ukuran Spandung dan Banner – Apakah Grameds masih kesulitan membedakan antara spanduk dan banner?

Tepat sekali, kedua media informasi ini memang tampak sama, padahal spanduk dan banner memiliki perbedaan dasar seperti ukuran, bahandan fungsinya.

Lalu mengapa kita perlu mengetahui perbedaan antara spanduk dan banner? Hal ini kemudian akan berkaitan dengan pemanfaatan atau bagaimana kita bisa mengfungsikan media tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Jangan sampai kita justru salah memilih antara menggunakan spanduk atau banner dengan fungsi yang kita butuhkan. Alih-alih ingin mencapai tujuan dari media informasi tersebut, justru akan merugikan kita. Itulah sebabnya teman-teman Grameds perlu mengetahui pengertian Spanduk dan Banner serta memahami perbedaan dari kedua media tersebut.

Meskipun sekarang perkembangan media sudah semakin digital, namun masih banyak orang yang masih membutuhkan spanduk dan banner untuk promosi atau menyampaikan informasi lainnya. Berikut ini pengertian dan perbedaan spanduk dan banner yang perlu Grameds ketahui agar lebih maksimal menggunakan media tersebut. Table of Contents • Pengertian Spanduk dan Banner • Anda Mungkin Juga Menyukai • Perbedaan Spanduk dan Banner • 1. Ciri-ciri Spanduk • 2. Ciri-ciri Banner • Ukuran Standar Spanduk dan Banner • 1.

Ukuran Standar Spanduk • 2. Ukuran Standar Banner • Bahan Spanduk dan Banner • 1. Spanduk • a. Flexi China • b. Flexi Korea • c. Flexi Jerman • d. Albatros • e. Luster • f. Easy Banner • g. Banner Cloth • 2. Banner • a. Luster • b. Albatros • c. PVC Banners • d.

Flexi China • e. Flexi Korea • f. Flexi Jerman • Jenis-Jenis Spanduk dan Banner • 1. Jenis-jenis Spanduk • nama hewan yang depannya y. Spanduk Sablon • b. Spanduk Spray • c. Spanduk Printing • 2. Jenis-jenis Banner • a. X-Banner • b. Y-Banner • c. Mini X-Banner • d. Roll Up Banner • Fungsi Spanduk & Banner • 1.

Fungsi Spanduk • 2. Fungsi Banner • Kelebihan dan Kekurangan Spanduk / Banner Pengertian Spanduk dan Banner Spanduk adalah media informasi yang dibuat dari kain nama hewan yang depannya y berisi informasi singkat tentang produk atau konteks informasi lainnya yang kemudian dibentangkan di hadapan publik.

Spanduk menjadi salah satu media promosi atau menyampaikan informasi yang paling favorit digunakan banyak orang karena harganya yang murah namun sudah dapat bahan yang besar untuk menampilkan iklan atau informasi. Selain itu ukurannya yang besar juga mampu menarik perhatian orang atau target konsumen yang dituju. Letak spanduk juga lebih strategis untuk terbaca oleh banyak orang, seperti di pinggir jalan bahkan terbentang di tengah jalan.

Jadi spanduk cocok digunakan untuk promosi hard marketing atau penyebaran informasi yang masif atau yang sifatnya penting. Yang berpengaruh pada keefektifan spanduk selanjutnya adalah desain spanduk apakan menarik kreatif atau hanya monoton saja yang bisa kurang menarik perhatian orang meskipun ukurannya sudah besar.

Lalu, apa pengertian banner? Banner adalah media informasi berisi bahan-bahan promosi atau meteri informasi yang dibuat dengan cara dicetak dengan print digital dengan ukuran tertentu dan bisa berbentuk vertikal atau portrait. Banner ini perlu didesain terlebih dahulu di komputer dengan software desain, contohnya Adobe Photoshop atau CorelDraw sebelum dicetak.

Sekarang banner banyak digunakan untuk promosi berisi gambar dan teks produk, tempat, seminar, blog atau website, dan banyak lagi. Banner yang mempromosikan website atau blog biasanya dicantumkan link yang jika dipindai Hp akan langsung masuk ke website tersebut.

Banner selain berfungsi sebagai media promosi nama hewan yang depannya y iklan, tetapi juga berfungsi sebagai media publikasi, menjalin persahabatan dan berbagai kepentingan lainnya yang berhubungan dengan komunikasi publik. Ada berbagai macam jenis dan ukuran standar banner yang biasanya digunakan dalam blog atau website. Banner ini identik dengan visual gambarnya yang memang berukuran kecil dan disematkan atau disisipkan di halaman web tertentu.

Jadi fungsi banner lebih luas tidak hanya fisik di outdoor sebagai media nama hewan yang depannya y publik tapi juga secara digital di website atau blog. Banner dan spanduk sendiri juga dapat Grameds buat sendiri dengan menggunakan berbagai aplikasi yang tersedia di internet, salah satunya adalah canva. Untuk mempelajari caranya, buku Desain Grafis Dengan Canva Untuk Pemula hadir untuk membimbing para pembacanya agar dapat memahami penggunaan canva dengan mudah!

Dari kedua pengertian spanduk dan banner di atas sudah tampak perbedaan yang jelas antara media informasi tersebut. Berikut ini detail perbedaan antara spanduk dan banner yang perlu Grameds ketahui agar tidak salah pilih antara menggunakan media informasi tersebut.

Perbedaan Spanduk dan Banner Perbedaan antara spanduk dan banner di bawah dikategorikan berdasarkan fungsi dan konsep dasar dari kedua media informasi tersebut.: 1.

Ciri-ciri Spanduk • Menggunakan kalimat yang pendek namun dengan ukuran huruf yang besar-besar • Menggunakan warna yang mencolok, terang, atau kontras agar mudah dilihat orang • Berada di tempat yang strategis yang dilihat atau dilalui banyak orang, seperti perempatan jalan bahkan terbentang di tengah jalan. • Biasanya berukuran mulai sekitar 90/100 x 800 cm atau lebih 2.

Ciri-ciri Banner • Di dalamnya berisi gambar yang menunjukan logo suatu komunitas atau perusahaan • Bentuknya hampir mirip dengan bentuk bendera • Isi iklannya biasanya berupa pesan atau slogan Ukuran Standar Spanduk dan Banner 1.

Ukuran Standar Spanduk • 5 m x 1 m • 4.5 m x 2 m • 4 m x 0.8 m • 3 m x 1 m • 3 m x 0.8 m • 2 m x 1.5 m • • 2. Ukuran Standar Banner a. Banner dengan ukuran standar pada umumnya digunakan promosi atau iklan “window pop-up” • 300 x 250 IMU / Pixel untuk “Medium Rectangle” • 250 x 250 IMU / Pixel untuk “Square Pop-up” • 240 x 400 IMU / Pixel untuk “Vertical Rectangle” • 336 x 280 IMU / Pixel untuk “Large Rectangle” • 180 x 150 IMU / Pixel untuk “Rectangle” • b.

Banner pada blog/web di media internet biasanya ukurannya antara lain sebagai berikut: • 468 x 60 IMU / Pixel untuk “Full Banner” • 234 x 60 IMU / Pixel untuk “Half Banner” • 88 x 31 IMU / PIxel untuk “Micro Bar” • 120 x 90 IMU / Pixel untuk “Button 1” • 120 x 60 IMU / Pixel untuk “Button 2” • 120 x 240 IMU / Pixel untuk “Vertical Banner” • 125 x 125 IMU / Pixel untuk “Suara Button” • 728 x 90 IMU / Pixel untuk “Leaderboard” • • Bahan Spanduk dan Banner 1.

Spanduk a. Flexi China Bahan Flexi China biasanya digunakan untuk membuat spanduk yang memiliki permukaan kasar, tidak terlalu tebal, dan cenderung memiliki serat. jenis bahan ini direkomendasikan untuk membuat spanduk outdoor. b. Flexi Korea Bahan Flexi Korea memiliki kualitas yang lebih bagus karena teksturnya yang lebih bagus sehingga menghasilkan cetakan yang lebih bagus daripada Flexi China. Ketebalan bahan Flexi Korea cocok untuk membuat spanduk di Outdoor.

Pilihan gramasi bahan ini mulai dari 250 gram hingga 400 gram. c. Flexi Jerman Bahan ini cocok untuk membuat spanduk di outdoor karena kualitasnya yang bagus. Flexi Jerman memiliki harga yang lebih mahal dengan pilihan gramasi sekitar 230 gram hingga 400 gram. d. Albatros Bahan Albatros cocok untuk membuat spanduk indoor karena memiliki tekstur yang halus dan lembut. Bahan ini juga biasa digunakan untuk mencetak foto yang berukuran besar.

e. Luster Bahan Luster memiliki tekstur yang kasar, mengkilap, dan lebih tipis. Bahan ini biasanya digunakan untuk spanduk indoor. Spanduk berbahan luster tidak perlu dilaminasi lagi karena bahannya sudah cukup mengkilap. f. Easy Banner Bahan spanduk ini seperti front title yang lebih bagus dan tidak melengkung. g.

Banner Cloth Nama hewan yang depannya y banner cloth ini biasanya digunakan untuk membuat spanduk yang diikat pada balon dan diterangkan. Bahan ini lebih ringan sehingga mudah terbang. 2. Banner a. Luster Bahan luster cocok digunakan untuk membuat banner indoor karena bahannya yang lebih halus. Bahan ini juga biasa digunakan untuk mencetak poster atau foto dengan ukuran yang besar.

b. Albatros Bahan Albatros lebih tipis daripada luster, namun lumayan banyak orang yang menggunakan bahan ini untuk banner. Bahannya juga lebih ringan dan lebih murah dari luster cocok untuk membuat X-banner dan roll up banner. c. PVC Banners Bahan PVC Banners terbuat dari plastik yang cukup kuat, sehingga bagus untuk mencetak banner indoor.

d. Flexi China Bahan Flexi China adalah bahan Banner yang paling rendah kualitasnya dibandingkan dengan bahan lainnya. Bahan ini memiliki bahan yang kasar dan serat nya masih terlihat. Bahan ini cocok untuk membuat banner dengan dana yang minim. e. Flexi Korea Bahan Flexi Korea memiliki kualitas yang lebih baik daripada Flexi China dan cocok untuk membuat banner outdoor. Bahan ini memiliki ketebalan 380 hingga gram untuk membuat banner. f. Flexi Jerman Bahan Flexi Jerman adalah bahan banner yang paling baik dari semua jenis bahan karena nama hewan yang depannya y yang bagus.

banner berbahan Flexi Jerman juga dibandrol dengan harga yang mahal. Jadi bahan ini cocok untuk membuat banner di outdoor dan berbadget banyak.

Jenis-Jenis Spanduk dan Banner 1. Jenis-jenis Spanduk a. Spanduk Sablon Jenis spanduk ini bisa dikerjakan dalam waktu cepat. namun memiliki kekurangan jika catnya campurannya tidak pas maka bisa mudah luntur jika terkena air. b. Spanduk Spray Spanduk Spay lebih tahan air daripada spanduk sablon, namun pengerjaannya memerlukan waktu yang lama. c. Spanduk Printing Spanduk Printing menghasilkan gambar dan huruf yang lebih bagus karena bisa dibuat full color.

Namun harga spanduk printing lebih mahal dibandingkan jenis spanduk lainnya. 2. Jenis-jenis Banner a. X-Banner Jenis banner ini cocok digunakan untuk acara outdoor maupun indoor. X-Banner ini memiliki tiang penyangga yang berbentuk huruf X. Tiangnya Pipa terbuat dari alumunium dengan ukuran kecil. Banner ini tidak terlalu berat sehingga mudah dipindahkan.

X-Banner biasanya digunakan untuk menjadi salah satu sarana informasi khalayak ketika memasuki ruangan pada acara-acara tertentu. Banner ini biasanya dibuat dengan ukuran 25 x 40 cm, 60 x 120 cm, 60 x 160 cm, sampai 80 x 180 cm. b. Y-Banner Bentuk tiang penyangga Y-Banner berbentuk Y dan terpisah dengan kertas bannernya.

Banner ini memiliki alas di bagian bawah untuk memperkuat banner berdiri. Y-Banner juga biasa digunakan untuk menyambut tamu di depan ruangan jika ada acara tertentu. Banner ini biasanya dibuat dengan ukuran 60 x 160 cm. c. Mini X-Banner Mini X-Banner ini memiliki ukuran yang lebih kecil dari bentuk X-banner yakni 26 x 38 cm atau bisa lebih kecil sesuai kebutuhan. Banner ini biasanya digunakan untuk memberi informasi yang diletakan diatas meja, contohnya menu makanan di restoran, promo di toko, dan sebagainya.

d. Roll Up Banner Banner Roll Up cocok digunakan di luar ruangan karena bahannya lebih kokoh daripada banner yang lainnya. Jadi banner ini bisa bebas dari lipatan atau terjatuh tertiup angin. Banner ini digunakan dengan cara digulung, jadi jika ingin digunakan tinggal di tarik hingga banner terbuka seluruhnya. Banner Roll Up biasanya memiliki ukuran standar mulai dari 80 x 200 cm, 120 x 200 cm, hingga 150 x 200 cm. Fungsi Spanduk & Banner 1. Fungsi Spanduk • Dapat mempengaruhi citra produk dari brand atau perusahaan tertentu • Menimbulkan kepercayaan diri bagi banyak orang, khususnya konsumen dari produk atau brand tersebut • Mengingatkan publik terhadap produk atau brand tersebut • Membangun loyalitas masyarakat umum terhadap produk atau brand tertentu 2.

Fungsi Banner • Menambah daya tarik website atau blog • Sebagai identitas atau Ciri Khas kelompok atau perusahaan tertentu • Sebagai alat promosi • Menonjolkan isi atau konten website atau blog Kelebihan dan Kekurangan Spanduk / Banner Berikut ini kelebihan dan kekurang spanduk dan banner untuk referensi Grameds mau memilih media promosi mana diantara keduanya.

Kelebihan dan Kekurangan Spanduk Kelebihan • Proses pembuatan spanduk tidaklah terlalu sulit • Jangkauan target dari pemasangan spanduk lebih luas dan besar • Dapat mencakup semua target audiens yang dituju • Secara geografis, penempatan spanduk lebih fleksibel dan strategis • Mudah diingat atau melekat pada target audienc • Dapat dilihat secara berulang-ulang, bergantung jangka waktu spanduk itu dipasang Kekurangan • Kurang efektif jika spanduk di pinggir jalan tertutup pejalan kaki atau orang-orang yang berlalu lalang di depannya • Waktu pemasangannya terbatas atau ada jangka waktunya • Tidak bisa memberikan bahan atau materi informasi yang lengkap agar lebih jelas dan mudah ditangkap orang yang penasaran • Jika frekuensinya terlalu tinggi justru akan membuat kebosanan bagi para target audience • Dapat mengganggu ketertiban atau keindahan lingkungan jika dipasang sembarangan dan tidak beraturan Kelebihan dan Kekurangan Banner Kelebihan • Dapat menjadi informasi umum dan hiburan sekaligus • Dapat mengikutsertakan semua panca indra • Lebih mudah dipahami oleh target audience • Lebih menarik karena bisa dibuat dengan suara dan visual yang bergerak • Bisa dibuat bertatap muka • Penyajiannya dapat dikendalikan untuk target audience • Jangkauan target audience jauh lebih luas dn besar • Dapat menjadi pemantik untuk bertanya lebih lanjut tentang produk atau brand tertentu • • Kekurangan • Memerlukan biaya lebih besar • Membuatnya sedikit rumit • Ada beberapa jenis banner yang membutuhkan listrik • Proses pembuatannya memerlukan persiapan yang matang • Peralatan yang digunakan selalu berubah dan berkembang • Untuk menyimpan banner memerlukan cara khusus agar tidak mudah rusak • Memerlukan keterampilan dalam mengoperasikannya • Nah, itulah beberapa informasi tentang pengertian dan perbedaan spanduk dan banner.

Ternyata sangat jauh berbeda bukan? Jadi sekarang sudah tidak ada alasan lagi salah membedakan antara spanduk dan banner. Mudahnya untuk membedakan spanduk atau banner yang Grameds temukan di jalan atau di ruang publik lainnya adalah dari ukuran spanduk dan banner tersebut. Ciri itulah yang paling mudah diidentifikasi apakah itu spanduk atau banner. Pemilihan antara spanduk atau banner untuk media promosi atau menyampaikan informasi lainnya memang perlu diperhatikan. Selain berorientasi pada audience atau target promosi Anda, pemilihan media promosi ini juga bisa jadi investasi bagi brand Anda untuk dikenal oleh banyak orang.

Jadi jangan ragu atau pelit menggunakan berbagai macam media untuk promosi atau memberikan informasi penting. Agar dapat membuat sebuah banner maupun spanduk yang baik sendiri, Grameds pertama-tama harus memiliki kemampuan desain grafis yang baik. Sebagai pemula, Grameds dapat memulai dengan buku Ragam Tutorial Desain Grafis bagi Pemula dibawah ini. Agar teman-teman Grameds semakin yakin dan memiliki banyak ide untuk penggunaan media promosi, Gramedia memiliki rekomendasi buku yang bisa dibaca untuk memahami banyak konsep ide berpromosi di berbagai media.

Buku tersebut berjudul Strategi Promosi yang Kreatif yang bisa Grameds lihat detail produknya di www.gramedia.com berikut ini. Jadi sekarang Grameds sudah tidak perlu bingung ingin menggunakan cara atau media apa saja untuk promosi. Buku ini memberikan strategi dan ide-ide segar yang bisa Grameds gunakan sekarang untuk promosi atau menyampaikan informasi secara masif di muka publik. Selamat belajar. #ShabatTanpabatas. Baca juga artikel terkait “Ukuran Spanduk & Banner” : • Ukuran Standar Foto • Kado Untuk Sahabat • Genre Musik • Genre Anime • Rekomendasi Film dan Drama Korea Recent Post • Cara Mengirim Artikel Ke Koran Tribun yang Perlu Kamu Tahu Mei 6, 2022 • Cara Membuat Contoh Proposal Bisnis Plan yang Baik dan Benar Mei 6, 2022 • 8 Rekomendasi Spidol Kain Terbaik untuk Melukis Mei 6, 2022 • Tips Membangkitkan Semangat Kerja & Penyebab Semangat Kerja Menurun Mei 6, 2022 • 70 Ucapan Selamat Idul Fitri Lengkap Mei 6, 2022 • Menu Sahur Enak, Mudah, dan Praktis Mei 6, 2022 • 5 Contoh Surat Pengunduran Diri Mei 6, 2022 • 11 Cara Menghilangkan Ngantuk Secara Efektif Mei 6, 2022 • Menghilangkan Bau Ketiak Secara Efektif Mei 6, 2022 • Rekomendasi Buku Nama hewan yang depannya y Muslimah Mei 6, 2022
KYIV, KOMPAS.com - Rusia telah menarik pasukannya dari daerah-daerah sekitar ibu kota Ukraina, Kyiv, tetapi mereka juga meninggalkan luka bagi warga yang mungkin tidak akan pernah pulih dari trauma.

BBC telah mendengar kesaksian langsung dan menemukan bukti bahwa perempuan-perempuan Ukraina diperkosa oleh tentara Rusia. Peringatan: Laporan ini memuat rincian kekerasan seksual yang eksplisit Di suatu lingkungan pedesaan yang tenang nama hewan yang depannya y sebelah barat Kyiv, kami berbicara dengan Anna, yang berusia 50 tahun. Nama Anna yang sebenarnya kami rahasiakan demi melindungi identitasnya. Anna memberi tahu kami bahwa pada tanggal 7 Maret dia berada di rumah bersama suaminya ketika seorang tentara asing menerobos masuk.

Baca juga: Kisah Keluarga Rusia Tampung Pengungsi Ukraina: Kenapa Harus Jadi Musuh? "Dengan todongan senjata, dia membawa saya nama hewan yang depannya y sebuah rumah terdekat. Dia memerintahkan saya: 'Buka pakaianmu atau saya akan menembakmu.' Dia terus mengancam akan membunuh saya jika tidak melakukan apa yang dia katakan. Kemudian dia mulai memperkosa saya," katanya. Menurut Anna, pelakunya adalah seorang serdadu muda dan kurus asal Chechnya yang bersekutu dengan Rusia.

"Sementara dia memperkosa saya, empat tentara lagi masuk. Saya pikir saya bakalan tamat. Tapi mereka membawanya pergi. Saya tidak pernah melihatnya lagi," ujarnya.

Anna yakin dia diselamatkan oleh unit pasukan Rusia lainnya. Anna lalu kembali ke rumahnya. Sampai di sana, dia melihat suaminya sudah ditembak di perut. "Dia mencoba mengejar untuk menyelamatkan saya, tetapi dia malah ditembak," katanya. Mereka berdua lalu mencari perlindungan di rumah tetangga. Mereka tidak bisa membawa suaminya ke rumah sakit karena masih ada pertempuran.

Dia meninggal dua hari kemudian. Berita Terkait Pentagon: Rusia Akan Fokus ke Donbass Lagi, Himpun Ulang Kekuatan Ukraina Hari Ini: Rusia Segera Luncurkan Serangan Besar di Timur Rusia Vs Ukraina Bersiap untuk Pertempuran Terakhir di Mariupol 17 Museum Holocaust di 4 Negara Mengutuk Rusia: Invasi Sudah Kelewat Batas Inggris Selidiki Klaim Penggunaan Senjata Kimia oleh Rusia di Ukraina Berita Terkait Pentagon: Rusia Akan Fokus ke Donbass Lagi, Himpun Ulang Kekuatan Ukraina Hari Ini: Rusia Segera Luncurkan Serangan Besar di Timur Rusia Vs Ukraina Bersiap untuk Pertempuran Terakhir di Mariupol 17 Museum Holocaust di 4 Negara Mengutuk Rusia: Invasi Sudah Kelewat Batas Inggris Selidiki Klaim Penggunaan Senjata Kimia oleh Rusia di Ukraina PM Inggris Boris Johnson dan Menkeu Rishi Sunak Akan Didenda atas Skandal Partygate https://www.kompas.com/global/read/2022/04/12/213000270/pm-inggris-boris-johnson-dan-menkeu-rishi-sunak-akan-didenda-atas-skandal https://asset.kompas.com/crops/gjzj3hk9Tx_89-t3ilxNbl_Y-9E=/0x0:1999x1333/195x98/data/photo/2021/12/02/61a80a0ea9813.jpg
Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Buku, Jurnal, Artikel, Website – Daftar pustaka merupakan kumpulan referensi yang dirujuk untuk sebuah karya atau tulisan yang dibuat.

Dengan kata lain, daftar pustaka harus ada ketika mengutip salah satu tulisan atau karya orang lain, ketika melakukan pengutipan tandanya kamu juga harus membuat sebuah daftar yang berisi informasi tentang siapa dan topik apa yang sedang dirujuk. Daftar pustaka atau yang sering dikenal juga sebagai referensi memberikan detail informasi kepada pembaca tentang sumber rujukan sehingga setiap pembaca mendapatkan pemahaman tentang sumber tersebut.

Table of Contents • Pengertian Daftar Pustaka • Anda Mungkin Juga Menyukai • Tujuan Adanya Daftar Pustaka • 1. Menguatkan tulisan ilmiah • 2. Untuk menghindari tuduhan plagiat • 3. Untuk menghargai penulis yang menjadi sumber acuan dalam penulisan karya ilmiah • 4. Membantu pembaca lainnya mengetahui lebih dalam sumber kutipan karya ilmiah yang ditulis • Penulisan Sumber Kutipan • 1.

Cara Menulis Kutipan Langsung • 2. Cara Menulis Kutipan tidak Langsung • Cara Menulis Daftar Pustaka Yang Benar • 1. Cara Menulis Daftar Pustaka dari Buku • a. Nama penulis • b. Tahun terbit • c. Judul buku • d. Tempat terbit • e. Nama penerbit • Berikut ini adalah beberapa kondisi yang mungkin bisa terjadi dalam penulisan daftar pustaka bersumber dari buku : • 1) Terdapat Angka dalam Nama Penulis • 2) Daftar Pustaka dari Buku Yang Tidak ada Nama Penulis • 3).

Daftar Pustaka dari Banyak Buku Penulis Sama • 4). Buku Ditulis oleh Sebuah Organisasi / Institusi • 5) Daftar Pustaka dari Buku dengan Edisi • 6). Diambil dari Buku Yang diedit oleh Editor • 7) Daftar Pustaka dari Buku Ber Seri • 8).

Daftar Pustaka dari Ebook • 9). Daftar Pustaka dari Buku Terjemahan • 2. Cara Menulis Daftar Pustaka dari Artikel Jurnal, Koran dan Majalah • Cara menulis daftar pustaka dari artikel jurnal: • Contoh Daftar pustaka dari artikel Jurnal dengan satu penulis: • Cara menulis dan contoh daftar pustaka dari artikel jurnal dengan dua penulis: • Cara menulis dan contoh daftar pustaka artikel jurnal lebih dari tiga penulis: • Cara menulis dan contoh daftar pustaka artikel jurnal online/daring • Cara menulis dan contoh daftar pustaka dari koran atau majalah • 3.

Cara menulis daftar pustaka dari Makalah, Skripsi, Disertasi, Tesis atau Karya Ilmiah Lain • 4. Cara menulis Daftar pustaka dari Internet atau Website • Cara menulis dan contoh penulisan daftar pustaka dari website dengan nama penulis • Cara menulis dan contoh penulisan daftar pustaka dari website dengan nama institusi • Cara menulis dan contoh penulisan daftar pustaka dari website tidak ada nama penulis atau organisasi • Mengambil sumber dari media selain website • 5.

Cara menulis daftar pustaka dari hasil wawancara • 6. Cara menulis Daftar Pustaka dari Musik, Video dan Audio • Macam Style Penulisan Daftar Pustaka • 1. Daftar Pustaka dengan ASA Style (American Social Association Edisi Ke-6) • 2.

Daftar Pustaka dengan APA style (American Psychological Association Edisi Ke-7) • 3. Daftar Pustaka dengan style Chicago • Cara Membuat Daftar Pustaka Secara Otomatis • a. Menggunakan Microsoft Word • b. Menggunakan Aplikasi Mendeley • c. Menggunakan Aplikasi Zotero • Apa saja isi daftar pustaka? • Bagaimana cara menulis daftar pustaka dari internet? • Apa itu daftar pustaka menurut para ahli? • Cara membuat daftar pustaka APA style di Word?

• Langkah langkah membuat daftar pustaka di Word? • Bagaimana cara menulis daftar pustaka dari jurnal? • Bagaimana cara membuat daftar pustaka di Word?

• Bagaimana cara nama hewan yang depannya y daftar pustaka dari jurnal? Pengertian Daftar Pustaka Ketika menulis sebuah tulisan ilmiah, kita diharuskan untuk menyajikan tulisan yang berasal dari sumber yang benar.

Dari situlah penulisan daftar pustaka sangat diwajibkan dalam penulisan karya ilmiah. Daftar pustaka adalah daftar yang berisi tentang buku-buku atau sumber lainnya yang digunakan dalam sebuah penelitian ilmiah. Terdapat beberapa sebutan lain dari daftar nama hewan yang depannya y yaitu, referensi, rujukan, pranala atau sumber pustaka.

Daftar pustaka umumnya terletak di halaman paling akhir dari sebuah karya ilmiah. Rp 81.000 Menuliskan daftar pustaka dalam tulisan karya ilmiah memiliki banyak manfaat diantaranya, sebagai petunjuk bahwa data yang diambil merupakan data yang benar, memenuhi etika penulisan karya ilmiah, sebagai penanda bahwa kita berterima kasih kepada penulis atau peneliti sebelumnya dan menunjukkan bahwa kita mendukung ide dari penulis tersebut. Selain itu, apa tujuan dari menuliskan daftar pustaka dan bagaimana cara menulis daftar pustaka yang benar?

Supaya tidak bingung ketika menuliskan daftar pustaka, simak penjelasan tentang daftar pustaka dan cara menuliskan daftar pustaka dari berbagai sumber di bawah ini. Tujuan Adanya Daftar Pustaka Menuliskan daftar pustaka memiliki beberapa tujuan yaitu: 1. Menguatkan tulisan ilmiah Maka dari itu, ketika mengutip sebuah tulisan jangan lupa untuk mencantumkan sumbernya. 2. Untuk menghindari tuduhan plagiat Penulisan daftar pustaka juga bertujuan untuk menghindari tuduhan plagiat atau penjiplakan, sehingga keaslian karya ilmiah tetap terjaga.

3. Untuk menghargai penulis yang menjadi sumber acuan dalam penulisan karya ilmiah Dengan menulis daftar pustaka, kamu dianggap telah mengakui bahwa ide atau kutipan yang kamu tulis berasal dari pemikiran orang lain sekaligus mengargai karya ilmiah dari penulis lainnya.

4. Membantu pembaca lainnya mengetahui lebih dalam sumber kutipan karya ilmiah yang ditulis Tidak jarang pembaca yang ingin menelusuri informasi lebih lanjut mengenai sumber bacaan dari sebuah karya ilmiah. Berkat adanya daftar pustaka, maka pembaca mudah mencari sumber untuk membuat karya ilmiah yang baru. Penulisan Sumber Kutipan Berdasarkan caranya, mengutip sebuah sumber tulisan dibagi menjadi dua cara yaitu: 1.

Cara Menulis Kutipan Langsung Kutipan langsung adalah mengutip tulisan dari sumber acuan tanpa merubah kalimat sang penulis. Istilah mudahnya, mengutip langsung menggunakan teknik copy-paste sebuah tulisan. Sesuai ketetapan American Psychological Association atau APA, kutipan langsung terdiri dari dua jenis yaitu kutipan langsung pendek dan kutipan langsung panjang.

Kutipan langsung pendek berarti mengutip sebuah tulisan tidak lebih dari 40 kata. Untuk penulisan kutipan langsung pendek, tulislah menjadi satu paragraf dengan tulisan kamu dan disertai dengan tanda kutip. Hal ini untuk membedakan mana tulisan kamu dan kutipan dari orang lain. Tulis sumbernya berdekatan dengan kutipan yang kamu tulis. Kutipan langsung panjang adalah kutipan yang lebih dari 40 kata atau biasa dikenal dengan block quote. Cara menulis kutipan langsung yaitu membuat paragraf baru dengan kalimat agak sedikit menjorok ke kanan tanpa tanda kutip, namun tetap menggunakan jenis font yang sama dengan tulisanmu.

Hal ini untuk membedakan mana tulisan yang kamu kutip, mana tulisan kamu sendiri. Perlu diingat bahwa mengutip sebuah tulisan tidak hanya dilakukan untuk mendukung ide tulisanmu, namun bisa juga digunakan untuk menunjukan bahwa ada beberapa penulis yang tidak setuju dengan ide kamu atau memiliki pandangan berbeda dengan ide kamu. Contoh kutipan langsung: “perempuan harus memiliki ruang dan uang untuk dirinya sendiri” (Hadid, 2002, h. 3) 2. Cara Menulis Kutipan tidak Langsung Dalam hal ini, penulis berarti tidak mengutip secara utuh nama hewan yang depannya y dari sumber acuan namun penulis merangkai kalimatnya sendiri.

Kutipan tidak langsung atau biasa disebut parafrasa, umumnya tidak perlu nama hewan yang depannya y nomor halaman dari sumber yang dikutip. Tetapi American Psychological Association atau APA menganjurkan untuk menuliskan nomor halaman dari sumber yang menjadi acuan.

Jika kamu menganggap mencantumkan nomor halaman dapat membantu pembaca karya ilmiah mu, maka tidak ada salahnya untuk menuliskan nomor halaman. sebaiknya, diskusikan hal ini dengan dosen pembimbing, atau tutor mu. Contoh kutipan tidak langsung: Hal ini dikemukakan oleh Goffman (1951) yang berpendapat bahwa laki-laki cenderung memilih pasangan yang memiliki status sosial yang sama dengannya.

Atau bisa juga dengan cara : Pada tahun 1950, Goffman melakukan penelitian tentang keterkaitan antara laki-laki dengan status sosial. 5 Buku Yang Membantumu dalam Menulis Karya Ilmiah, Skripsi, Tesis dan Disertasi 1. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Ada beberapa poin yang perlu diperhatikan dalam menulis daftar pustaka yaitu; 1. Daftar pustaka ditulis berdasarkan urutan abjad nama belakang sang penulis. 2. Daftar pustaka yang memiliki penulis yang sama, diurutkan berdasarkan tanggal publikasi yang paling awal.

Beberapa elemen yang harus dituliskan dalam daftar pustaka: nama penulis, tahun publikasi / terbit, judul buku atau karya ilmiah, tempat terbit dan nama penerbit. 1. Cara Menulis Daftar Pustaka dari Buku Secara umum berikut ini adalah format penulisan daftar pustaka dari buku : Nama Belakang, Nama Depan.

(Tahun). Judul Buku. Kota: Penerbit Buku. Contoh Daftar Pustaka: Hirata, Andrea. (2006). Sang Pemimpi. Yogyakarta: Bentang. Jadi komponen-komponennya adalah: a. Nama penulis Tulis nama belakang penulis lebih dahulu baru disusul dengan tanda koma dan inisial nama depannya. Jika di dalam buku terdapat gelar-gelar penulis, maka gelar-gelar tersebut tidak perlu ditulis di dalam daftar pustaka.

Contoh: • Lestari, Dewi. Jika ada dua atau lebih nama penulis yang tercantum di sumber acuan, hanya nama penulis pertama yang dibalik, sisanya tidak perlu. Jangan lupa untuk menambahkan ‘dan’ di antara pengarang kedua dan ketiga. Contoh: Lestari, Dewi dan Selo Soemardjan. • Lestari, Dewi. Marta Susilo., dan Selo Soemardjan. Jika penulis buku acuan yang kamu gunakan lebih dari tiga penulis, maka tulis nama pengarang pertama dengan dibalik, dan ditambah ‘dkk’ (dan kawan-kawan).

Contoh: Lestari, Dewi dkk. b. Tahun terbit Setelah menuliskan nama penulis, tuliskan tahun terbit buku yang kamu jadikan sebagai acuan, diikuti dengan tanda buka kurung dan tutup kurung. Contoh: Hirata, Andrea. (2006). c. Judul buku Setelah menuliskan nama penulis dan tahun terbit, tuliskan judul buku yang dipakai. Perlu diingat untuk menuliskan dengan tulisan miring atau italic.

Contoh: Hirata, Andrea. (2006). Sang Pemimpi. d. Tempat terbit Tuliskan tempat terbit buku yang kamu jadikan sebagai referensi lalu diikuti dengan tanda titik dua. Contoh: Hirata, Andrea. (2006). Sang Pemimpi. Yogyakarta: e. Nama penerbit Rangkaian terakhir dalam menuliskan sebuah daftar pustaka yang diambil dari buku adalah nama penerbit. Contoh: Hirata, Andrea. (2006).

Sang Pemimpi. Yogyakarta: Bentang. Berikut ini adalah beberapa kondisi yang mungkin bisa terjadi dalam penulisan daftar pustaka bersumber dari buku : 1) Terdapat Angka dalam Nama Penulis Jika terdapat angka dalam nama penulis, tulislah angka setelah nama penulis. Contoh: • Anderson, Michael., III. (1995). A Guide to Reptiles. New York: Doubleday. 2) Daftar Pustaka dari Buku Yang Tidak ada Nama Penulis Jika tidak terdapat nama penulis buku, maka hanya tuliskan judul buku, tahun terbit, dan lokasi terbit.

Contoh: • American Oxford Dictionary and Thesaurus. (2009). Heatherton, Victoria: Australia. 3). Daftar Pustaka dari Banyak Buku Penulis Sama Jika kamu menggunakan lebih dari satu buku dengan penulis yang sama, maka urutkan secara berurutan berdasarkan dari tahun terbit yang paling awal. Contoh Daftar Pustaka dari Banyak Buku dengan Penulis yang Sama: • Willmott, W.

(2004). Rocks and landscapes of the national parks of Southern Australia. Brisbane: Geological Society of Australia, Queensland Division. • Willmott, W. (2006). Rocks and landscapes of the national parks of Central Australia.

Brisbane: Geological Society of Australia, Queensland Division. 4). Buku Ditulis oleh Sebuah Organisasi / Institusi Jika kamu menggunakan buku referensi yang ditulis oleh sebuah organisasi atau institusi, tulis nama Organisasi, tahun terbit, Judul buku, Tempat terbit dan nama organisasi yang bertanggung jawab. Contoh: • New York Health. (2002). Best practice guidelines for the management of type 2 diabetes in children and adolescents.

New York, Qld.: New York Health. 5) Daftar Pustaka dari Buku dengan Edisi Jika buku yang digunakan terdapat beberapa edisi yang berbeda, maka dituliskan di daftar pustaka dengan urutan seperti berikut: Nama penulis, tahun terbit, judul buku (edisi ke), tempat Terbit dan Penerbit.

Contoh Daftar Pustaka dari Buku dengan Edisi: • Willmott, W. (2004). Rocks and landscapes of the national parks of Southern Australia (4th ed).

Brisbane: Geological Society of Australia, Queensland Division. 6).

nama hewan yang depannya y

Diambil dari Buku Yang diedit oleh Editor Jika buku yang kamu gunakan merupakan buku yang diorganisir atau diedit oleh editor, maka tulis di daftar pustaka dengan urutan seperti berikut: Nama editor (Eds). (Tahun terbit).

Judul buku. Tempat terbit: Nama hewan yang depannya y. Contoh: • Friedman, S. & Wachs, T.D. (Eds). (1999). Measuring environment across the lifespan: Emerging methods and the concepts. Washington, D.C.: American Psychology Association. 7) Daftar Pustaka dari Buku Ber Seri Jika buku yang kamu jadikan referensi memiliki beberapa seri, maka tulis di daftar pustaka dengan urutan: Nama belakang penulis, Inisial.

(Tahun terbit). Judul buku. Nama Seri. Tempat publikasi:Penerbit. Contoh: • Friedman, S. & Wachs, T.D. (Eds). (1999). Measuring environment across the lifespan: Emerging methods and the concepts. Series in affective science. Washington, D.C.: American Psychology Association. 8). Daftar Pustaka dari Ebook Jika kamu menggunakan buku yang hanya bisa diakses secara daring, atau menggunakan E-book, maka cukup tuliskan: Nama belakang penulis, Inisial.

(Tahun terbit). Judul buku. Tempat terbit: Penerbit. Tersedia dari nama database atau url. Contoh: • Willmott, W. (2004). Rocks and landscapes of the national parks of Southern Australia (4th ed). Brisbane: Geological Society of Australia, Queensland Division. Tersedia dari NetLibrary database. Namun, jika link yang kamu berikan hanya mengarahkan pembaca bagaimana cara mengakses buku tersebut, bukan membukanya secara daring, maka tuliskan “tersedia dalam”.

9). Daftar Pustaka dari Buku Terjemahan Jika buku yang kamu jadikan referensi merupakan buku terjemahan, maka tuliskan nama pengarang asli. (Tahun terbit). Judul buku dan inisial penerjemah diikuti nama penerjemah. Tempat terbit: nama penerbit terjemahan. Contoh: • Doe, John.

(2006). Sistem Informasi dan Komunikasi. (M. Harianto, Terjemahan). Jakarta: Gramedia. 2. Cara Menulis Daftar Pustaka dari Artikel Jurnal, Koran dan Majalah Cara menulis daftar pustaka dari sebuah jurnal, makalah atau laporan tidak berbeda jauh dengan menulis daftar pustaka dari buku. Cara menulis daftar pustaka dari artikel jurnal: Nama belakang penulis dan inisial, baik satu atau lebih dari satu penulis.

(Tahun terbit). Judul artikel jurnal. Nama Jurnal ditulis italic, volume jurnal ditulis italic (Issue atau Nomor), Halaman. Contoh Daftar pustaka nama hewan yang depannya y artikel Jurnal dengan satu penulis: • Xie, W. (2015). Japanese “Idols” in Trans-Cultural Reception: the case of Idol Group AKB48.

Visual Post: a Journal for the Study of Past Visual Cultures, 2(1), 40-50. Cara menulis dan contoh daftar pustaka dari artikel jurnal dengan dua penulis: Jika menggunakan referensi jurnal yang terdiri dari dua penulis, tetap tulis nama keduanya dari nama belakang terlebih dahulu, diikuti dengan inisial. • Xie, W. & Willmott, W. (2015). Japanese “Idols” in Trans-Cultural Reception: the case of Idol Group AKB48.

Visual Post: a Journal for the Study of Past Visual Cultures, 2(1), 40-50.

nama hewan yang depannya y

Cara menulis dan contoh daftar pustaka artikel jurnal lebih dari tiga penulis: Jika artikel jurnal terdiri dari 6 penulis, maka cukup tulis nama belakang penulis pertama dan diikuti dengan ‘dkk’. • Contoh: Xie dkk. (2015).

Japanese “Idols” in Trans-Cultural Reception: the case of Idol Group AKB48. Visual Post: a Journal for the Study of Past Visual Cultures, 2(1), 40-50. Cara menulis dan contoh daftar pustaka artikel jurnal online/daring Jika mengambil artikel jurnal daring dari universitas, tambahkan tanggal diaksesnya artikel dan nama universitas. Contoh: • Shaw, J. (2003). Epidemiology and prevention of type 3 diabetes and metabolic syndrome.

Medical Journal of Australia, 379-383. Diakses 22 Desember 2016, dari University of Queensland Library E-Reserve. Cara menulis dan contoh daftar pustaka dari koran atau majalah Jika mengambil referensi dari artikel koran atau majalah (tabloid), penulisan daftar pustakanya sebagai berikut: nama belakang penulis dan inisial, baik satu atau lebih penulis, (Tahun Publikasi) Judul dari yang dipublikasikan ditulis italic, tempat publikasi: penerbit Contoh cara menulis daftar pustaka dari koran: • Cook, D.

(2001, Mei 5). The Courier Mail, h. 18. Contoh cara menulis daftar pustaka dari majalah: • Marano, H.E. (2008, Maret-April). Making of the Perfectionist. Psychology Today, 90-91. Jika mengutip dari majalah atau koran elektronik, tambahkan ‘diakses dari’ beserta url yang diakses. Contoh: • Sandy, A. (2009, January 22).

Cheaper to Fly than hire a car in Brisbane. The Courier mail. Diakses dari http://www.news.com.au/couriermail/story/0,23739,24949645- 952,00.html 3. Cara menulis daftar pustaka dari Makalah, Skripsi, Disertasi, Tesis atau Karya Ilmiah Lain Cara menulis daftar pustaka yang diambil dari tesis atau laporan ilmiah, memiliki urutan sebagai berikut: nama belakang dan inisial penulis.

(Tahun pembuatan Tesis). Judul tesis ditulis italic. (Award, institusi, tahun). Jangan lupa untuk menyertakan ‘diakses dari’ dan url yang diakses. Contoh: • Sandy, A. (2009). Cheaper to Fly than hire a car in Brisbane. (Disertasi Doktoral, University of Queensland,2008) Diakses dari http://espace.library.uq.edu.au/UQ:1587477 Dalam merancang skripsi, disertasi ataupun karya ilmiah lainnya, kita seringkali kesulitan untuk mengolah, mengatur, dan menyusun dokumen tersebut dalam aplikasi Microsoft word ataupun ms excel.

Seperti contohnya mengatur format dokumen, membuat format kolom, membuat tabel, mengatur halaman, maka buku Microsoft word dan excel Untuk Penulisan Karya Ilmiah (Skripsi) karya Muhammad Arifin, M.Pd. ini akan sangat cocok untuk kalian.

Jika Grameds tertarik maka ada bisa membelinya dengan klik “Beli Buku” di bawah ini. 4. Cara menulis Daftar pustaka dari Internet atau Website Jika kamu mengambil referensi dari situs internet atau halaman web, penulisan daftar pustakanya sebagai berikut: Penulis halaman tersebut, baik orang maupun organisasi.

(Tahun halaman dibuat atau direvisi). Judul halaman ditulis dengan italic. Tanggal diaksesnya, bulan hari, nama hewan yang depannya y, dari halaman web.

Cara menulis dan contoh penulisan daftar pustaka dari website dengan nama penulis Jika halaman web terdapat nama penulis, daftar pustaka ditulis seperti contoh berikut. Contoh: • Atherton, J. (2005). Behaviour Modification. Diakses pada 5 Februari 2018, dari http://www.learningandteaching.info/learning/behaviour_mod.html Cara menulis dan contoh penulisan daftar pustaka dari website dengan nama institusi Jika terdapat nama institusi sebagai penulis, daftar pustaka ditulis seperti berikut.

Contoh: • Queensland health. (2008). Health Starts in life. Diakses pada 1 Maret 2017, dari http://www.health.qld.gov.au/ph/documents/saphs/hsil_ful_doc.pdf. Cara menulis dan contoh penulisan daftar pustaka dari website tidak ada nama penulis atau organisasi Jika halaman web tidak ada nama penulis atau organisasi, maka langsung tulis judul di awal diikuti dengan tahun halaman itu dibuat. Contoh: • Behaviour Modification.

(2005). Diakses pada nama hewan yang depannya y Februari 2018, dari http://www.learningandteaching.info/learning/behaviour_mod.html Mengambil sumber dari media selain website Jika mengambil referensi dari media lain seperti podcast, maka penulisan daftar pustaka sebagai berikut: Penulis.

(Tahun, bulan, hari). judul, [tipe media]. Tanggal akses, tahun akses, alamat web. Contoh: • Al Zaabi, M. (Producer) & Bjarnesen, T. (Presenter). (2006, November 7). Diabetes in the elderly. [Podcast radio program]. Sydney: ABC Radio National. Diakses pada 11 Februari 2015, dari http://www.abc.net.au/hn/talks/ 5. Cara menulis daftar pustaka dari hasil wawancara Ketika kamu menggunakan hasil wawancara yang tidak dipublikasi untuk sumber karya ilmiah mu, tuliskan referensinya di catatan kaki.

Jangan lupa untuk menuliskan nama pewawancara. Jika kamu yang melakukan wawancara sendiri, nama hewan yang depannya y nama pewawancara dengan ‘oleh penulis’. Contoh: • Nellie Melba, diwawancarai oleh Albert Smith, September 1924, Oral History Archive, National Library, Australia. 6. Cara menulis Daftar Pustaka dari Musik, Video dan Audio a. Untuk penggunaan skor musik, video dan audio, penulisan daftar pustaka sebagai berikut, Contoh: • Mozart, Wolfgang Amadeus. Sonatas and Fantasies for the Piano.

Prepared from the autographs and earliest printed sources by Nathan Broder. Rev. Ed. Bryn Mawr, PA: Theodore Presser, 1960. b. Jika menggunakan video dari internet, tuliskan tanggal video dipublikasi beserta panjangnya durasi video dan URL video.

Dari contoh di bawah, ‘5.42’ menandakan durasi video. Contoh: • South LanarkshireTV. “In Focus: Forest Kindergarten.” YouTube video, 5:42. August 13, 2010. https://www.youtube.com/watch?v =g8WWrRzf7ZU&list=TLEXvO6QPFaLk c.

Untuk penggunaan audio dari internet, sertakan tanggal diaksesnya audio, URL audio dan durasi panjangnya audio. Contoh: • “Allegro Molto Appassionato,” Violin Concerto in E minor, Op. 64. Dimainkan oleh Franziska Früh (violin) with the Fulda Symphony Orchestra, Grosser Saal der Orangerie Fulda, March 18, 2001, 13 min., 27 sec.

https:// commons .wikimedia.org /wiki/File: Felix_Mendelssohn__Violinkonzert_e-moll _1._Allegro_molto_appassionato.ogg. Macam Style Penulisan Daftar Pustaka 1. Daftar Pustaka dengan ASA Style (American Social Association Edisi Ke-6) Menulis daftar pustaka dengan gaya ASA (American Social Association) bisa dibilang salah satu gaya penulisan daftar pustaka yang sering digunakan di Indonesia.

Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin menggunakannya bisa menyimak contoh di bawah ini. Data Buku yang dikutip: Nama Penulis : Francine Jay Judul : Seni Hidup Minimalis Tahun Terbit : 2018 Penerbit : Gramedia Kota : Jakarta Kutipan Kalimat: “Kebahagiaan bukan hanya sekedar berasal dari materi, tetapi dari kesederhanaan dan kebersyukuran kita, seperti yang dikemukakan oleh Jay (2018) menumbuhkan sikap penuh rasa syukur sangat berguna dalam cara hidup minimalis” Cara Penulisan Daftar Pustaka ASA Style: Jay, Francine.

2018. Seni Hidup Minimalis. Jakarta: Nama hewan yang depannya y.

nama hewan yang depannya y

2. Daftar Pustaka dengan APA style (American Psychological Association Edisi Ke-7) APA ( American Psychological Association) adalah salah satu gaya penulisan daftar pustaka yang berasal dari organisasi APA. Pada umumnya, penulisan daftar pustaka dengan gaya APA ini seringnya digunakan pada bidang sosial dan psikologi. Daftar pustaka APA style bisa ditulis menggunakan Ms Word, simak langkah-langkahnya sebagai berikut.

1. Bukalah Ms word terlebih dahulu 2. Kemudian pilih dan klik “References”, pilih “APA” pada bagian “style”. 3. Setelah memilih APA style, kemudian klik manage source dan klik “new” 4. Kamu tinggal tentukan sumber daftar nama hewan yang depannya y dari buku, jurnal artikel, website Data Buku yang dikutip: Nama Penulis : Yuval Noah Harari Judul : 21 Lessons for the 21st Century Tahun Terbit : 2018 Penerbit : Random House Kota : New York Kutipan Kalimat: “Di era saat ini banyak perubahan yang tidak terduga sebelumnya serta banyak pekerjaan-pekerjaan yang tergantikan dengan sendirinya, hal ini sudah dipercayai oleh Harari (2018) bahwa akan ada pekerjaan baru yang dikolaborasikan dengan AI (Artificial Intelligence).” Cara Penulisan Daftar Pustaka APA Style: Harari, Y.

N. (2018). 21 Lessons for the 21st Century.

nama hewan yang depannya y

Random House. 3. Daftar Pustaka dengan style Chicago Data Buku yang dikutip: Nama Penulis : Thomas Hidaya Tjaya Judul : Kierkegaard dan pergulatan menjadi diri sendiri Tahun Terbit : 2004 Penerbit : KPG (Kepustakaan Populer Gramedia) Kota : Jakarta Kutipan Kalimat: “Oleh karena itu untuk menghadapi dunia yang penuh perubahan diperlukan jati diri yang otentik, seperti yang dikemukakan oleh (Tjaya 2004) bahwa sebagai manusia harus menemukan otentisitas diri.” Cara Penulisan Daftar Pustaka Style Chicago: • Tjaya, Thomas Hidya.

2004. Kierkegaard Dan Pergulatan Menjadi Diri Sendiri. Jakarta: KPG. Merasa Kesulitan Menyusun Skirpsi? Mungkin untuk para mahasiswa masih merasa hal tersebut masih sangat sulit secara teknis, sehingga banyak mahasiswa dalam menuliskan skripsi, disertasi ataupun karya ilmiah. Sehingga dengan dirancangnya buku ini berguna untuk memudahkan para mahasiswa untuk menulis skripsi, disertasi ataupun karya ilmiah.

Buku di bawah ini berisi tentang ulasan sistematika penulisan skripsi, disertasi ataupun karya ilmiah lainnya, teknik penulisan ilmiah, format format dalam penulisan hingga konten dari setiap unsur dalam tulisan ilmiah. Jika Grameds tertarik dengan buku Pedoman Penulisan Skripsi, Tesis, Disertasi karya Otong Setiawan DJ, maka ada bisa meraihnya dengan klik “Beli Buku” di bawah ini.

Cara Membuat Daftar Pustaka Secara Otomatis a. Menggunakan Microsoft Word Membuat daftar pustaka secara otomatis menggunakan aplikasi nama hewan yang depannya y Microsoft Word ternyata juga bisa, tanpa harus menginstal nama hewan yang depannya y di perangkat komputer kamu. Caranya cukup mudah 1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah Buka Microsoft Word klik References lalu arahkan kursor ke Insert Citation. 2. klik Add New Source.

3. Tuliskan data-data yang berkaitan dengan sumber seperti Tipe sumber (buku, artikel, atau berita), Penulis, Judul, Tahun, Tempat, Penerbit, dan Bahasa, setelah semua terisi lalu Klik Ok.Pada bagian ini kamu harus insert source secara manual, karena di Microsoft Word tidak menggunakan Metadata seperti aplikasi citation yang lainnya. 4. Insert semua sumber yang akan dikutip dalam penulisan, setelah itu lakukan Manage Source dan pilih buku/artikel/berita mana saja yang nantinya akan dikutip.

5. Setelah Manage Source dilakukan, kamu bisa menulis dan mengutip sumbernya dengan cara Klik Insert Citation lalu akan arahkan pada Sumber buku/artikel/berita yang telah di manage sebelumnya. 6. Setelah pengutipan selesai dilakukan, saatnya kamu insert Daftar Pustaka secara otomatis. Lakukan di toolbar yang sama lalu klik Style untuk memastikan akan menggunakan style pengutipan yang mana, 7.

Lalu klik Bibliography, dan pembuatan daftar pustaka menggunakan Microsoft Word sudah selesai. b. Menggunakan Aplikasi Mendeley Sumber: mendeley.com Mendeley merupakan aplikasi untuk nama hewan yang depannya y citation, daftar pustaka dan bibliografi secara otomatis. Biasanya aplikasi ini sangat membantu bagi kamu yang sedang menulis karya ilmiah, skripsi, tesis atau buku, karena tidak perlu repot-repot menulis daftar pustaka secara manual.

Sumber: mendeley.com 1. Untuk menggunakan aplikasi ini terlebih dahulu unduh di mendeley.com setelah itu lakukan instalasi di perangkat komputer atau laptop. Jangan lupa instal plug-in untuk Microsoft Word dan peramban internet kamu agar dapat melakukan sitasi (rujukan) secara otomatis.

2. Jika instalasi plugin tersebut berhasil, akan ada fitur Mendeley di Microsoft Word kamu tepatnya di Menu References. Langkah selanjutnya lakukan pendaftaran akun agar dapat tersinkronisasi saat dibuka dalam mode online. 3. Setelah instalasi dan pendaftaran akun selesai dilakukan, saatnya kamu menggunakan fitur-fitur Mendeley. 4. Sebelum membuat daftar pustaka terlebih dahulu pastikan mendownload buku dan artikel baik dari library online, google scholar, maupun portal berita, agar dokumen dan meta datanya bisa di masukkan ke aplikasi mendeley.

5. Untuk memasukan metadata dan file ke mendeley, kamu cukup klik ke Add File Pilih File yang akan dikutip lalu tunggu sampai mendeley membaca metadatanya, setelah itu buku atau artikel anda akan muncul di My Library Mendeley dan sudah siap untuk dikutip. 6. Langkah selanjutnya adalah proses mengutip, buka tulisan kamu di Microsoft Word dan pastikan sumber sudah ada di My Library Mendeley. Langkah yang bisa kamu lakukan adalah dengan pilih References lalu pilih toolbar Insert Citation setelah itu akan muncul kotak dialog Mendeley lalu pilih Artikel yang akan dikutip pada My Library dan klik Ok.

7. Setelah pengutipan selesai dilakukan saatnya kamu membuat daftar pustaka, nah kali ini kamu tidak akan kesulitan karena dengan Mendeley pengerjaan daftar pustaka dilakukan secara otomatis. Langkah pertama adalah, pastikan cursor kamu berada di bagian akhir penulisan atau di BAB Daftar Pustaka.

8. Setelah itu klik References pada toolbar Mendeley lalu klik Insert Bibliography, selamat daftar pustaka otomatis anda telah muncul. Dalam penulisan daftar pustaka menggunakan Mendeley kamu juga bisa mengganti Style apa saja yang akan digunakan, tinggal arahkan cursor anda di References dan pilih Style, setiap kamu mengubah style maka dengan sendirinya kutipan dan daftar pustaka akan berubah.

Mudah bukan. c. Menggunakan Aplikasi Zotero Sumber: zotero.org Menggunakan zotero sebagai aplikasi tambahan dalam pengutipan dan pembuatan daftar pustaka sama seperti halnya dengan Mendeley, lakukan instalasi lalu pendaftara, dan instal plugin di office agar terhubung antara Zotero dan Microsoft Word. Penggunaan aplikasi Zotero tidak hanya untuk mensitasi dokumen tapi bisa juga untuk film, video, musik, dan berita.

Basis penggunaan Zotero sama seperti halnya Mendeley yaitu dengan menggunakan Metadata, kamu akan dimudahkan jika saat mendownload sumber sudah tersedia meta data yang akurat.

Jika belum akurat bisa diperbaiki secara manual, agar daftar pustaka kamu juga sesuai. 1. Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum mengutip dan membuat daftar pustaka harus memasukan sumber buku/artikel/berita ke aplikasi Zotero dengan Add Item lalu arahkan pada file sumber yang telah di download sebelumnya.

2. Lakukan pengutipan dengan pilih Zotero dan klik Add Citation dan arahkan ke sumber yang dituju. 3. Selesai mengutip saatnya membuat daftar pustaka dengan cara klik Add/Edit Bibliography. Pastikan kursor berada di posisi terakhir atau di bagian BAB Daftar Pustaka.

Dalam proses penyusunan skripsi, disertasi ataupun karya ilmiah lainnya tinjauan pustaka merupakan hal yang sangat penting. Tanpa adanya sebuah tinjauan pustaka, kita tidak bisa memahami apa yang telah dilakukan dalam suatu topik, bagaimana hal itu telah diteliti, serta apa masalah utamanya.

Tanpa adanya sebuah tinjauan pustaka pula, kita tidak akan memperoleh pemahaman kesimpulan yang cukup tentang topik penelitian yang akan kita teliti atau tentang bidang keahlian kita.

Maka dalam buku Menyusun Tinjauan Pustaka untuk Skripsi, Tesis, dan Disertasi serta sebagai Artikel Ilmiah Karya Prof DR Zulkifli, M.A. ini akan membantu kalian. buku ini berisi tentang Definisi serta tujuan sebuah Tinjauan Pustaka, Jenis, langkah langkah penulisannya, hingga kesalahan kesalahan umum pada penulisan tinjauan pustaka. Jika Grameds tertarik maka ada bisa membelinya dengan klik “Beli Buku” di bawah ini. Sudah tahu kan bagaimana cara menulis daftar pustaka yang benar?

Kamu juga bisa baca juga artikel yang lain : • Cara Menggabungkan PDF Secara Online atau Offline • Cara Mengubah Format Word ke PDF atau Sebaliknya, Gratis! • Tips Menyusun CV • Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup • Contoh Surat Lamaran Kerja • Cara Menggunakan Zoom Meeting • Cara Mengubah Foto ke PDF • Cara Membuat Soal di Google Form • Cara Membuat Email di Gmail • Cara Menghitung Persen • Cara Menggunakan Whatsapp Web • Cara Penulisan Gelar Sarjana S1, S2, S3 • Pengertian Latar Belakang Masalah: Komponen, Cara Membuat dan Contoh Rekomendasi Buku Terkait “Cara Menulis Daftar Pustaka” : 1.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah Buka Microsoft Word klik References lalu arahkan kursor ke Insert Citation. 2. klik Add New Source. 3. Tuliskan data-data yang berkaitan dengan sumber seperti Tipe sumber (buku, artikel, atau berita), Penulis, Judul, Tahun, Tempat, Penerbit, dan Bahasa, setelah semua terisi lalu Klik Ok.Pada bagian ini kamu harus nama hewan yang depannya y source secara manual, karena di Microsoft Word tidak menggunakan Metadata seperti aplikasi citation yang lainnya.

4. Insert semua sumber yang akan dikutip dalam penulisan, setelah itu lakukan Manage Source dan pilih buku/artikel/berita mana saja yang nantinya akan dikutip.

nama hewan yang depannya y

5. Setelah Manage Source dilakukan, kamu bisa menulis dan mengutip sumbernya dengan cara Klik Insert Citation lalu akan arahkan pada Sumber buku/artikel/berita yang telah di manage sebelumnya. 6. Setelah pengutipan selesai dilakukan, saatnya kamu insert Daftar Pustaka secara otomatis.

Lakukan di toolbar yang sama lalu klik Style untuk memastikan akan menggunakan style pengutipan yang mana, 7. Lalu klik Bibliography, dan pembuatan daftar pustaka menggunakan Microsoft Word sudah selesai. 1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah Buka Microsoft Word klik References lalu arahkan kursor ke Insert Citation. 2. klik Add New Source. 3. Tuliskan data-data yang berkaitan dengan sumber seperti Tipe sumber (buku, artikel, atau berita), Penulis, Judul, Tahun, Tempat, Penerbit, dan Bahasa, setelah semua terisi lalu Klik Nama hewan yang depannya y bagian ini kamu harus insert source nama hewan yang depannya y manual, karena di Microsoft Word tidak menggunakan Metadata seperti aplikasi citation yang lainnya.

4. Insert semua sumber yang akan dikutip dalam penulisan, setelah itu lakukan Manage Source dan pilih buku/artikel/berita mana saja yang nantinya akan dikutip. 5. Setelah Manage Source dilakukan, kamu bisa menulis dan mengutip sumbernya dengan cara Klik Insert Citation lalu akan arahkan pada Sumber buku/artikel/berita yang telah di manage sebelumnya.

6. Setelah pengutipan selesai dilakukan, saatnya kamu insert Daftar Pustaka secara otomatis. Lakukan di toolbar yang sama lalu klik Style untuk memastikan akan menggunakan style pengutipan yang mana, 7. Lalu klik Bibliography, dan pembuatan daftar pustaka menggunakan Microsoft Word sudah selesai. Recent Post • Cara Mengirim Artikel Ke Koran Tribun yang Perlu Kamu Tahu Mei 6, 2022 • Cara Membuat Contoh Proposal Bisnis Plan yang Baik dan Benar Mei 6, 2022 • 8 Rekomendasi Spidol Kain Terbaik untuk Melukis Mei 6, 2022 • Tips Membangkitkan Semangat Kerja & Penyebab Semangat Kerja Menurun Mei 6, 2022 • 70 Ucapan Selamat Idul Fitri Lengkap Mei 6, 2022 • Menu Sahur Enak, Mudah, dan Praktis Mei 6, 2022 • 5 Contoh Surat Pengunduran Diri Mei 6, 2022 • 11 Cara Menghilangkan Ngantuk Secara Efektif Mei 6, 2022 • Menghilangkan Bau Ketiak Secara Efektif Mei 6, 2022 • Rekomendasi Buku Hijrah Muslimah Mei 6, 2022English version: https://indonesia.tripcanvas.co/bali/unique-cafes-bali/ Ditulis oleh Adhia Azka Cerita oleh Imron Ramadhan Zaman sekarang, orang memilih tempat makan bukan hanya berdasarkan daftar menu apa saja yang ditawarkan.

Kadang, lukisan di dinding yang menarik dan serasi dengan sajian di atas piring cantik juga menjadi salah satu hal yang patut dipertimbangkan. Yup, tentu saja ini demi foto feed Instagram yang kece dan banjir likes! Untungnya, cafe-cafe di Bali tidak terbatas hanya memiliki sajian super lezat. Banyak cafe di Pulau Dewata yang menawarkan nuansa berbeda dengan pemandangan alam yang indah dan desain yang Instagrammable.

Dan cafe-cafe di bawah ini punya semua yang kamu inginkan. Interior dan eksterior mengagumkan hingga makanan lezat serta aneka minuman menyegarkan. Kamu pasti betah berlama-lama duduk di sini untuk menyantap semua menu yang ada, dan tentu saja untuk berfoto di setiap sudutnya. Baca juga: 11 Café cute & centil di Bali yang cocok untuk nongkrong bareng the girls 32 Restoran di Bali dengan latar belakang pemandangan alam nan cantik 11 Restoran romantis di Bali dengan panorama sunset terbaik 1.

Menghabiskan malam di “Italia”: Da Maria Bali Jika kamu ingin mencicipi sedikit suasana Italia ketika berada di Pulau Dewata, maka mampirlah ke tempat yang cantik ini. Mengusung warna-warna cerah khas Mediterania pada interiornya membuat Da Maria terasa begitu kental dengan nuansa khas pesisir Italia. Photo Via Larasatikdewi Photo Via Sam_marieeeee Photo Via Wanderchubs, Sipejalanminggu Soal rasa, aneka sajian yang ditawarkan di sini – seperti crispy pizza (yang dipanggang dalam tungku tradisional!), hingga berbagai macam olahan pasta – nggak perlu diragukan lagi.

So authentic! Lupakan diet dan jangan lupa pesan Tiramisu-nya yang mantap jiwa! Photo Via Nomnombuddy Kalau kamu ke sini di akhir pekan selepas pukul 22.00, tepatnya antara hari Jumat sampai Minggu, suasana Da Maria akan berubah menjadi lantai dansa dengan iringan musik ( live maupun DJ). Ayo ajak pasanganmu menghabiskan suasana malam di “Italia”! Photo Via Novilenn, Sarahkoloay Da Maria Bali Harga: Makanan, Rp40.000 – Rp320.000 - Minuman, mulai Rp45.000 Alamat: Jl.

Petitenget No.170, Seminyak, Bali 80361. Koordinat di sini. Telepon: (0361) 934 8523 - 0811 3859 666 (Whatsapp) Jam Operasional: 12.00 – 02.00 Website 2. Di sinilah semua impianmu menjadi nyata!: Unicorn Cafe Bali by Brie Kamu pecinta Unicorn? Bersiaplah untuk masuk ke dunia penuh keajaiban saat melangkah ke dalam cafe ini. Kini, kamu tidak perlu jauh pergi ke Bangkok untuk merasakan cafe bernuansa Unicorn. Dan tahu enggak? Duduk di cafe ini akan membawa memori masa kecilmu yang menyenangkan lho!

Kursi empuk berwarna pastel, lukisan di dinding yang penuh dengan gambar Unicorn dan seluruh sudut cafe yang didekor super meriah benar-benar terlihat menarik untuk difoto.

Photo Via Merrysimon Makanan dan minuman yang disajikan di sini juga semuanya bertemakan Unicorn. Kami sukses dibuat jatuh cinta dengan minuman milkshake-nya yang menggemaskan dengan tambahan cotton candy berukuran besar di atasnya. Yum! Photo Via Merrysimon 3. Teduh dan semilir: Parachute Dengan setting yang unik – di bawah sebuah parasut, café nan unik ini berada di tengah-tengah persawahan sehingga memberikan kesan santai, teduh dan relaks.

Photo Via Deliciousbali Tersedia pula sebuah area bermain yang luas, sehingga anak-anak bisa bebas bermain sementara kamu menyeruput kopi dan menikmati kue-kue dan aneka roti dengan tenang. Photo Via Kejanajana, Ryan_cahyasukma Photo Via Angie.boin_ Café cute ini nggak cuma asyik dinikmati di pagi atau siang hari lho. Saat malam menjelang, lampu-lampu hias membuat suasana tambah dramatis.

Menu makan malam yang ditawarkan pun begitu menggiurkan. Sempurna deh! Photo Via Ranggapati, Balihitzplacestogo 4. Saatnya terjun ke dalam akuarium!: Sparkle café Masuk ke cafe ini, kamu akan merasa seperti sedang dibawa menyelam ke dalam laut!

Uniknya, kamu tidak akan menyantap aneka menu di atas meja kayu tapi sebuah kotak akuarium berisi ikan hias yang cantik akan menjadi meja makanmu! Photo Via Sasha_navetnaya, 2girls1backpack Photo Via Elizabethyolanda, Christina_lifejourney Cafe ini punya dinding berhias lukisan indah yang menggambarkan kehidupan bawah laut. Selain itu, dekorasi dinding berupa penyelam pun menambah suasana underwater sini. Oh ya, cafe ini cocok untuk dijadikan tempat sarapan sebelum memulai petualangan. Mereka punya makanan yang lezat dan kopi yang enak untuk memulai harimu!

Sparkle Cafe Harga: Mulai Rp40.000 Alamat: Jl. Raya Semat No.99, Tibubeneng, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali 80361, Indonesia. Koordinat di sini Telepon: 0813 1355 5990 Jam Operasional: Setiap hari, 07.00 – 17.00 Website 5. Makan, berenang, foto-foto!: Panama Kitchen & Pool Cara menikmati Bali yang paling sempurna adalah kulineran, berenang dan mengumpulkan stok foto Instagram sebanyak-banyaknya.

Rasanya semua itu bisa mudah diwujudkan di Panama Kitchen & Pool! Café yang berada di kawasan Canggu ini menawarkan atmosfer khas Santorini dengan dinding-dinding bercat putihnya. Photo Via Monmonichan, Taramichellebrose Tapi bukan itu saja yang bikin tempat ini istimewa! Sebuah kolam renang dengan aneka pelampung berbentuk lucu (pizza dan donat!) menjadi spot favorit para pengunjung sambil menikmati aneka burger, cocktail, mocktail dan milkshake. Photo Via Easy_magnolia Sekali lagi, liburan bukanlah saatnya untuk mengkhawatirkan jumlah kalori yang masuk ke tubuh.

Oleh karena itu, lengkapi momen santaimu di sini dengan segelas Margarita! Photo Via Yuliusevren, Kevinvieldenm, Cecilia.sherly, Preetidatar, Sunofpanama Photo Via Naturallylitphotography Nggak suka Margarita? Pasti belum coba yang nama hewan yang depannya y di sini – katanya mereka memiliki Margarita paling enak di Bali! Penasaran kan?

Pokoknya buktikan saja sendiri keseruan tempat ini dengan berkunjung ke sana! Photo Via Irfanharr, Nandasyafarini Panama Kitchen & Pool Harga: Makanan, Rp45.000 – Rp118.000 - Minuman, Rp25.000 – Rp130.000 Alamat: Nama hewan yang depannya y. Pantai Berawa No.13, Bali 80361. Koordinat di sini. Telepon: (0361) 906 4715 - 0812 4610 6788 (Whatsapp) Jam Operasional: Setiap hari, 08.00 – 22.00 Website 6. Datang dan main-main dengan anjing-anjing lucu: Dear Lucy!

Dear Lucy merupakan surga bagi para pecinta anjing atau bahkan memiliki hewan peliharaan yang satu ini di rumah. Kamu bisa mengajaknya untuk menikmati makan siang yang menyenangkan di sini. Photo Via Medinapuspita, Worldofsugar Say hi to Santan, Pangsit, dan Bolen, yang merupakan anjing penghuni Dear Lucy. Mereka merupakan anjing-anjing baik yang sangat senang menyambut dan bermain bersama para pengunjung.

Kabar baiknya, kamu juga bisa membawa peliharaanmu untuk bermain di sini. Photo Via Medinapuspita, Yudhitrisetiawan Cafe ini juga bisa jadi destinasi yang tepat untuk kamu yang sedang menjalankan diet keto. Bukan itu saja, ada banyak pilihan menu makanan vegan yang segar dan lezat lho. Photo Via Intaanpermatasr, Ericklim Photo Via Bellachristie Dear Lucy Harga: Mulai Rp40.000 Alamat: Jl.

Dewi Sri IX No.14, Legian, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 8036. Koordinat di sini Telepon: (0361) 934 2582 - 0859 4094 0891 (Whatsapp) Jam Operasional: Setiap hari, 12.00 – 20.00 Website 7. Bersantai di rumah kaca: Orchid Tea Lounge di RIMBA Jimbaran Bali by AYANA Kamu pasti sudah banyak melihat berbagai macam tempat makan beraneka bentuk dan ukuran di Bali. Tapi makan di rumah kaca? Memangnya kita akan makan kelopak bunga sepanjang hari? : ))) Photo Via H_a_p_p_y_j_o_y, Nadyalin Tentu saja tidak.

Walaupun sudah pasti kamu akan dikelilingi oleh bunga anggrek yang cantik saat menikmati secangkir teh dan aneka pastry di Orchid Tea Lounge yang terletak di RIMBA Jimbaran ini.

Orchid Tea Lounge bukanlah rumah kaca biasa. Bentuknya sangat cantik dengan ventilasi dari segala arah, sehingga kamu akan merasa sejuk di tengah panasnya Bali. Cocok untuk bersantai dan mengobrol lama bersama teman-teman sambil menikmati sajian afternoon tea.

Kaca di sana nama hewan yang depannya y hitam sehingga menimbulkan kesan elegan. Photo Via Anjfernando, TripCanvas Kalau kamu bukan penggemar teh, masih ada pilihan lain, seperti aneka kopi, jus, dan minuman segar lainnya racikan khas bartender RIMBA yang bisa kamu pesan. Photo Via Yaojiaz, Sryung.y, TripCanvas Jangan sampai kamu tidak mencoba aneka pastry dan kue-kuenya, ya. Rasanya seenak tampilannya! kamu bisa memilih tartlets buah juga aneka kue tradisional.

Saking banyaknya jenis kue di sana, kamu nggak akan kehabisan pilihan. Photo Via Benditopocket93, Yaojiaz, Meitachan, Dewybulan Orchid Tea Lounge at RIMBA Jimbaran BALI by AYANA Harga: Afternoon Tea, Rp250.000 - Minuman, Rp50.000 – Rp150.000 Alamat: AYANA Resort and Spa, RIMBA Jimbaran, Jl.

Karang Mas Sejahtera, Jimbaran, Bali 80364. Koordinat di sini. Telepon: (0361) 702 222 Jam Operasional: 11.00 – 19.00 - Afternoon Tea, 14.00 – 17.00 Website 8.

Meow, saatnya bermain bersama si manis: Cat Café Ubud Tahukah kamu kalau Cat Cafe ubud ini adalah cafe kucing pertama di Bali? Dan tentu saja kami berharap ke depannya akan semakin banyak cafe seperti ini di Bali. Photo Via Dika730, Asildabelaya Bukan hanya menyapa mereka dari balik kandang, tapi kamu benar-benar bisa bermain dan menghabiskan waktu bersama mereka.

Photo Via Danni_kar, Salwabalbeid, Kerri_jo123, Kerwinking Photo Via Wisnusegara_igd, Tellmeboo, Isthismandy, Ubudpilates Sudah memesan menu favoritmu? Eits, jangan lupa untuk memesan aneka kudapan untuk kucing-kucing lucu ini juga.

Dengan begitu, kami pastikan mereka akan langsung melompat ke pangkuanmu untuk menikmati makanan kesukaannya. Photo Via Jjoyc, Lea.kalbhenn, Crazy9cat, Naira_teacher_alamiyogabali Catatan: Cafe ini hanya menerima pembayaran dengan menggunakan uang tunai Cat Cafe Ubud Harga: Mulai Rp25.000 Alamat: Jalan Raya Pengosekan, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571. Koordinat di sini Telepon: 0823 3939 0298 Jam Operasional: 11.00 – 18.00 (Jumat tutup) Website 9.

Keseruan ala pasar malam: Shooters Bali Impian masa kecil kamu bisa terwujud di sini. Bayangkan kamu bisa menghabiskan waktu di sebuah cafe dengan taman yang dipenuhi keseruan ala pasar malam! Photo Via Emily_eckhold Beragam wahana permainan yang seru akan membuatmu bernostalgia dengan masa kecil. Mulai dari basket, sepak bola, tenis meja, hingga mini golf bisa kamu coba di sini sambil menunggu makanan yang dipesan datang.

Photo Via Fraps.lym, Jessiescott Photo Via Budhiartiwi, Issaurasirait, Amberdowdingx Oh tentu saja yang paling mencuri perhatian adalah cotton candy berukuran raksasa yang mereka punya! Photo Via Tudewik_, Agneslinagianto, Katerina_be_a_fairy_tale Shooters Bali Harga: Mulai Rp25.000 Alamat: Nama hewan yang depannya y No.43D Kuta Utara, Badung, Bali, 80361.

nama hewan yang depannya y

Koordinat di sini Telepon: (0361) 934 2035 Jam Operasional: Setiap hari, 14.00 – 00.00 Website 10. Warna-warni di mana-mana: Cabina Bali Ingin membuat feed Instagram kamu lebih berwarna? Bagaimana jika berpose di atas sebuah floatie imut berbentuk semangka? Dijamin follower kamu bakal banyak yang iri! Photo Via Prisloveshe, Ismeenolte Suasana di Cabina benar-benar begitu santai dan relaks, apalagi dengan hadirnya sebuah kolam renang serta deretan daybed di sekelilingnya. Photo Via Icut.keumala Ada banyak spot foto keren di sini, antara lain tanaman kaktus yang menjulang berlatar dinding putih, kursi-kursi rotan antik, dan tentu saja, di sekitar kolam renang.

Photo Via Ivandacherlin, Momentsfordi, Cabinabali Eh, jangan keasyikan foto-foto doang! Cobain juga donat mereka yang memiliki aneka rasa. Donat-donat tersebut dibuat oleh Dough Darlings, sehingga kelezatannya gak perlu diragukan lagi! Photo Via Cabinabali Ingin menu lain yang agak berat? Ada nachos, chicken wings dan juga… Burger! Oh ya, nggak ketinggalan juga berbagai pilihan es krim untuk bikin suasana lebih adem.

Photo Via Merillangie, Cabinabali, Joshuajanuardy, Nofooture Sebagai penutup, rasanya nggak lengkap kalau tidak mencoba aneka minuman mereka yang tak hanya enak tapi juga disajikan dengan begitu cantik!

Photo Via Cabinabali, Joshuajanuardy Cabina Bali Harga: Makanan, Rp60.000 – Rp155.000 - Minuman, mulai Rp30.000 Alamat: Jl. Batu Belig, Gang Daksina No.01, Bali 80361.

Koordinat di sini. Telepon: (0361) 474 0989 Jam Operasional: 08.00 – 19.00 Website 11. Ngemil cantik di tepi kolam renang: Folk Pool & Gardens Untuk sementara ini, lupakan sejenak kue-kue barat karena jajanan tradisional Indonesia di sini nama hewan yang depannya y Ya, kalau kamu kebetulan berada di Ubud dan mencari tempat untuk bersantai, menikmati secangkir teh atau kopi dan kue-kue lezat, singgahlah ke Folk Pool & Gardens. Tentu saja, kamu bisa juga berenang di sini kalau mau!

Photo Via Ragiladitya Photo Via Gektresna Saatnya mencicipi aneka jajanan pasar khas tradisional yang tiada duanya! Uniknya, jajanan-jajanan tersebut disajikan ala-ala menu Afternoon Tea mewah dengan tatakan kayu bertingkat tiga. Photo Via Folkubud Puas menikmati kue-kue tersebut, kamu bebas untuk bersantai di bale pribadi atau di hammock.

Hati-hati, karena bakalan mager parah! Photo Via Dyusiawati Photo Via Katringold, Gemdeveza Folk Pool & Gardens Harga: Makanan, Rp35.000 – Rp340.000 - Minuman, Rp20.000 – Rp160.000 - High Tea, Rp95.000/set - Kolam renang, Rp75.000/orang - Bale, Rp350.000 (maks.

4 orang) Alamat: Jl. Monkey Forest, Ubud, Bali 80571. Koordinat di sini. Telepon: (0361) 9080 800/880/888 Jam Operasional: 09.00 – 22.00 - High Tea, 14.00 – 17.00 Website 12. Kongkow di bawah payung-payung warna-warni: Big Garden Corner Nama hewan yang depannya y sangka tempat nan tenang dan damai ini berada di salah satu persimpangan jalan paling ramai di Sanur/Denpasar? Di Big Garden Corner kamu bisa menikmati aneka sajian sambil duduk santai di bawah payung berwarna-warni.

Photo Via Kmyunni.swtri Photo Via Biggardencorner, Nunaerma, Ridloahmad10 Photo Via Eka_herma, Nhaluphrasya Bukan cuma payung-payung itu saja lho yang Instagrammable, masih banyak spot kece lain di sini yang siap jadi latar fotomu! Photo Via Biggardencorner, Jaspedder, Putwindari28, Delialobo Harga makanan dan minuman yang dijual di sini pun sangat bersahabat dengan kantong.

Silakan deh puas-puasin pesan yang banyak! Gerah? Pesan saja jus buah segar ataupun gelato untuk meredakannya. Menu yang ditawarkan kebanyakan adalah hidangan Western, seperti spaghetti carbonara, chicken nama hewan yang depannya y bleu, pork ribs, steak dan sebagainya. Tapi kalau lidah kamu lebih berselera lokal, di sini juga ada nasi goreng atau mie goreng!

Ingin sesuatu yang unik? Ada Black Burger yang menggunakan roti berwarna hitam. Pulang-pulang perut pasti kenyang! Big Garden Corner Tiket Masuk: Lokal, Rp30.000 - Wisatawan Asing, Rp75.000.

Bisa ditukar minuman atau gelato. Alamat: Jl. Bypass Ngurah Rai, Sanur, Denpasar Selatan, Bali 80237. Koordinat di sini. Telepon: 0812 3810 2983 - 0831 1755 1537 Jam Operasional: 09.00 – 21.00 Website 13. Ngopi sore di tenda tengah sawah: Pomegranate Cafe Kamu tahu kan kalau liburan di Bali itu bukan cuma pantai dan hura-hura melulu? Siapa bilang kita nggak bisa menemukan ketenangan di Bali? Bayangkan saja padi-padi yang bergoyang di sawah menemani kamu saat menikmati secangkir kopi atau teh di sore hari.

Itulah yang akan kamu temukan di Pomegranate, sebuah café milik kakak-beradik asal Jepang yang mulai beroperasi sejak tahun 2012. Photo Via Chom_sawan Dari Pomegranate kamu akan dapat melihat sawah dan ladang di Ubud dengan view 360° yang membentang sampai ke Sungai Campuhan.

Kalau datang di pagi hari, kamu bahkan bisa melihat Gunung Agung yang megah di arah utara dan Gunung Batukaru di arah barat laut. Photo Via Vlsrn Di malam hari, kamu akan disapa oleh ratusan kunang-kunang dan kelap-kelip lampu dari rumah-rumah penduduk di kejauhan.

Photo Via Trifenaloren Photo Via Yatragil, Randimarchioni, Nicolehuber90, Galihanurasti Ingatlah untuk membawa senter jika berencana ke sana saat malam hari, karena kamu akan melalui jalan tanah yang kecil di antara sawah-sawah tanpa ada penerangan.

Pomegranate Cafe Harga: Makanan mulai Rp26.000 - Minuman mulai Rp15.000 Alamat: Jl. Subak Sok Wayah, Ubud, Bali 80571. Koordinat di sini. Telepon: 0878 6080 3632 Jam Operasional: 10.00 – 21.00 Website 14. Sentuhan nuansa Colombia: Pablo’s Canggu Ingin mencari tempat nongkrong di Bali yang benar-benar unik dan bahkan membuat kamu berasa sedang berada di Amerika Latin? Photo Via Pabloscanggu Dengan dinding berwarna-warni dan penuh corak, aneka ilustrasi, serta dekorasi, Pablo merupakan café yang sangat Instagrammable.

Photo Via Chiiicachica Photo Via Tanialitadevi, Ittybittybomb Bukan cuma suasananya saja yang bernuansa Kolombia, bahkan hampir semua hidangan yang disajikan di sini diberi sentuhan citarasa Negara Amerika Latin tersebut.

Photo Via Luca_s_pizza_, Tfp96, Adi_suryantara95, Guguidebali Photo Via Sweet_sween, Pabloscanggu Pablo’s Canggu Harga: Mulai Rp45.000 Alamat: Jl. Pantai Batu Bolong No.58, Canggu, Bali. Koordinat di sini. Telepon: 0812 3720 9220 Jam Operasional: Selasa-Minggu, 17.00 – 00.00 Website 15. Nostalgia masa kanak-kanak yang menyenangkan: Bong Pipi Bali Apakah kamu ingat dulu sebelum era gadget dan ponsel betapa video games dan permainan ding dong begitu mewabah di mana-mana?

Photo Via Bongpipibali Kangen dengan masa-masa itu? Tenang, kini kamu bisa menghidupkan kembali suasana tersebut di café bernama Bong Pipi Bali ini. Ya, di sini kamu bisa menjumpai berbagai video game dan permainan ding dong yang dulu kerap bikin kamu bolos sekolah!

Bahkan desain tempat ini terasa 80s dan 90s banget – apalagi dengan hadirnya lampu-lampu neon berwarna-warni yang ngejreng. Photo Via Travellerchewy, Bongpipibali Saking asyiknya bermain mungkin bakal bikin kamu lupa kalau tempat ini sejatinya adalah sebuah café. Jadi kalau perut meronta minta diisi, segeralah pesan pork tacos atau aneka pancakes-nya yang lezatos!

Photo Via Bongpipibali, Pondokmangan, Amandagaildie Bong Pipi Bali Harga: Mulai Rp45.000 Alamat: Jl. Petitenget No.99x, Kerobokan Kelod, Seminyak, Bali 80361.

Koordinat di sini. Telepon: (0361) 473 1264 Jam Operasional: Setiap hari, 08.00 – 23.00 Website 16. Suasana romantis di tengah alam: Nook Bali Memadukan konsep antara warung tradisional dan restoran, restoran yang dihiasi dengan tirai-tirai putih serta furnitur cantik ini menyuguhkan pemandangan menakjubkan ke arah hamparan sawah yang hijau. Photo Via Leamichella Photo Via Nook Terletak di ujung utara Seminyak, Nook Bali menawarkan suasana romantis yang santai, pelayanan yang memuaskan, atmosfer yang tenang, dan tentu saja – makanan yang lezat.

Photo Via Xyenbeingx Nook menyajikan perpaduan antara makanan lokal dan western yang khas. Ada Nasi Campur Veggie/Special, hidangan kari lokal, sampai pasta dan burger dengan porsi besar. Dengan harga yang nama hewan yang depannya y, kamu juga harus mencicipi berbagai pilihan dessert di Nook sebagai pencuci mulut yang sempurna. Nook Bali Harga: Rp30.000 – Rp135.000 Alamat: Jl. Umalas 1, Gang Nook No.1, Seminyak, Bali 80361. Koordinat di sini.

Telepon: (0361) 847 5625 Jam Operasional: 08.00 – 23.00 Website 17. Berkunjung ke sudut Kota Paris: The Bistrot Dimiliki oleh pasangan Maroko dan Belgia yang sudah menetap di Bali, The Bistrot merupakan tempat makan dan bar bergaya Paris, namun memiliki atmosfer yang mengingatkan kita akan ruangan loteng di New York.

Kamu pasti nggak akan menyangka ada apa di balik papan nama kayu sederhana yang ada di pintunya. Dengan dinding yang mengekspos batu bata dan lantai dari nama hewan yang depannya y basal hitam, lengkap dengan sofa yang empuk dan furniture bergaya vintage, tempat ini memancarkan suasana yang hangat sekaligus homey.

nama hewan yang depannya y

Photo Via Bali Pixtura Dan untuk menambah kesan glamour, terdapat juga lampu-lampu gantung yang anggun. Jangan lupa untuk mampir ke area bar di lantai atas. Bahkan sepertinya penulis legendaris seperti mendiang Hemingway pun bakal betah kalau berkunjung ke sini.

Tiada kata lain yang bisa menggambarkan The Bistrot, selain original, unik, enak dan indah, baik saat siang maupun malam hari. The Bistrot Harga: Mulai Rp55.000 – Rp210.000 Alamat: Jl. Kayu Aya No.117, Seminyak, Bali 80361. Koordinat di sini. Telepon: (0361) 738 308 Jam Operasional: Setiap hari, 08.30 – 00.00 Website 18.

Lebih dari sekadar Macarons: Lesica Bali Entah untuk tempat berkencan, kongkow dengan teman, atau makan malam bersama keluarga, Lesica merupakan pilihan yang sangat tepat.

Selain nyaman, di sini juga tersedia aneka hidangan yang bakalan bikin kamu ngiler! Photo Via Shinta Gunadi93 Photo Via Riosebastian, Maiasadipun Sebagai makanan penutup, cobalah Macarons andalan mereka yang terdiri dari 18 pilihan rasa – dari yang manis sampai gurih, 16 jenis cupcakes, serta 8 macam mille Crepes! Tersedia pula mousse cake dan aneka pizza manis yang sungguh unik.

Tak ketinggalan juga adalah berbagai dessert klasik seperti tiramisu. Photo Via Widwijaya, Lesica_kartel Di sini kamu bebas mau mulai menyantap yang mana terlebih dulu, makanan penutup atau makanan utama. Pilihan menu lainnya yang sayang untuk dilewatkan adalah menu tradisional seperti Rujak, atau menu Eropa seperti pasta.

Di deretan all-day breakfast, kamu bisa memilih antara Red Velvet Pancake yang begitu menggoda atau Healthy Dragon Fruit Smoothie Bowl yang menyehatkan. Photo Via Yerdiansha Untuk makan siang dan makan malam, kami rekomendasikan Pasta Garuk ( angel hair pasta yang disajikan bersama jamur dan udang), Balinese Dory Fried Rice, Balinese Pizza, atau Adorable Bunny Curry, yaitu nasi kare yang dibentuk menyerupai kelinci.

Dan setelah menyantap itu semua, buat acara makan nama hewan yang depannya y lebih sempurna dengan aneka pilihan minuman, mulai dari teh premium TWG Tea, kopi, atau Su-Mi-Co (kombinasi antara susu, mint dan coklat). Restoran yang merangkap bakery ini tak hanya menyediakan berbagai makanan lezat, namun juga memiliki area outdoor yang diberi nama Kartel, di mana pengunjung dapat menikmati hiburan musik live (setiap hari Rabu dan Sabtu), dan pertunjukan sulap (setiap hari Minggu).

Pokoknya, kamu akan benar-benar terhibur! Photo Via Wedyprayitnam, Ayuanggunn Lesica Bali Harga: Mulai Rp25.000 Alamat: Jl. Teuku Umar No.35X, Denpasar, Bali 80231. Koordinat di sini. Telepon: (0361) 227 022 - (0361) 239 767 - 0815 4735 8060 (Whatsapp) Jam Operasional: 10.00 – 23.00 Website 19.

Persimpangan ala Eropa: The Junction House Tempat yang dulunya dikenal dengan nama Junction Seminyak ini kini telah rebranding dengan konsep yang benar-benar menarik. Photo Via Faizulm5zul, Monitapramelia Dari luar, penampilannya mengingatkan akan rumah-rumah di persimpangan jalan di Eropa.

Begitu melangkahkan kaki ke dalam, suasananya sangat homey, kamu bahkan menghabiskan sore sambil bisa duduk anteng di dekat jendela sembari membaca buku. Photo Via Ferinadia, Sharonlohh Lokasinya juga strategis karena dari sini kamu bisa jalan kaki saja menyusuri Jalan Kayu Aya yang happening dan dipenuhi aneka toko. Oh ya, menu yang wajib dicoba di sini adalah Chicken Salad dan Tuna Tataki (tuna yang dipanggang setengah matang dan disajikan dengan sayuran panggang serta saus paprika).

The Junction House Harga: Rp30.000 – Rp150.000 Alamat: Jl. Kayu Aya No.3, Seminyak, Bali 80361. Koordinat di sini.

Telepon: (0361) 735 610 Jam Operasional: 07.00 – 00.00 Website 20. Berasa seperti sedang berada di sebuah galeri seni!: Batik Restaurant Apakah kamu pecinta batik atau bahkan kolektor kain kebanggaan Indonesia tersebut?

Pasti kamu bakal senang deh makan di tempat ini. Photo Via Baliinteriors Unsur-unsur tradisional dan modern berpadu apik di bagian dalam restoran bertema serba batik ini. Photo Via Diahmaharini Eits, jangan cuma takjub dengan interiornya saja, aneka sajian khas Indonesia yang ditawarkan di sini juga sama memuaskannya! Pesanlah menu andalan mereka, yaitu Rawon Sapi ala Batik yang maknyus banget. Photo Via Takenbyliamneeson, Soulsurf_sally, Jjjing__, Thefoodmaestro Puas bersantap, sempatkan diri untuk berkeliling dan melihat-lihat setiap sudut restoran nama hewan yang depannya y indah dan elegan ini.

Bahkan kalau mau, staf di sana siap dengan layanan mini tour supaya tahu berbagai proses membatik dari awal sampai akhir. Jangan lewatkan spot kece ini: tangga yang masing-masing anak tangganya mewakili 23 daerah penghasil batik terkenal tanah air! Photo Via Stephaniefaustinee, Stellakamajaya Kata siapa batik itu kuno dan membosankan? Photo Via Diahsinthia, Kristinesingh Batik Restaurant Harga: Rp50.000 – Rp175.000 Alamat: Jalan Kayu Aya, Seminyak, Bali 80361.

Koordinat di sini. Telepon: (0361) 735 171 Jam Operasional: Setiap hari, 11.00 – 23.00 Website 21. Selamat datang di Meksiko!: Motel Mexicola Memasuki tempat hits di Seminyak ini rasanya seperti masuk ke setting filmnya Quentin Tarantino. Photo Via Faizulm5zul, Monitapramelia-1 Dengan banyaknya lilin-lilin yang meleleh, salib, tanaman kaktus dan meja yang berwarna warni, kamu pasti akan benar-benar merasa sedang berada di Meksiko.

Photo Via Bali Pixtura Asiknya lagi, pemilik Motel Mexicola yang berasal dari Australia, Adrian Reed, menambahkan suasana Acapulco di tahun 1960an dengan dekorasi unik seperti gambar pegulat Meksiko sampai pernak-pernik khas Meksiko, serta ornamen bernuansa Dia de Muertos atau ‘hari raya untuk memperingati orang mati’.

Kalau bisa dibilang, tempat ini lucu dan menyenangkan di siang hari, namun keren dan psychedelic di malam hari. Pokoknya seru! Motel Mexicola Harga: Rp30.000 – Rp200.000 Alamat: Jl. Kayujati No.9X, Seminyak, Bali 80361. Koordinat di sini. Telepon: (0361) 736 688 - 0859 5945 6688 Jam Operasional: 11.00 – 01.00 Website 22. Kopi terbaik di tempat yang sedikit ‘ngumpet’: Revolver Espresso. Kami menemukan tempat ngopi ini secara tidak sengaja. Waktu itu kami sedang menelusuri butik-butik sekitaran Seminyak ketika tiba-tiba mencium aroma kopi yang begitu harum.

Photo Via Revolverespresso, Wethefoodies Kami lalu mengikuti aroma kopi itu hingga akhirnya tiba di belakang butik-butik baju tadi dan menemukan Revolver Espresso. Photo Via Revolverespresso, Mrspompous Photo Via Ladydrewniak Tempatnya sangat chic dengan sentuhan dekorasi yang cukup eksentrik. Ada banyak bantal dan pernak-pernik yang menarik, serta meja unik yang penuh dengan mata uang dari seluruh dunia – suka banget! Photo Via Herliis, Alba_niubo Duduk di sini berasa seperti sedang duduk di rumah sendiri.

Staf Revolver Espresso terkenal ramah, penuh perhatian dan selalu antusias kalau diajak ngobrol soal kopi. Photo Via Ernandaputra Tak heran kalau mereka akan sangat senang ketika bertemu dengan pengunjung yang juga punya passion tentang kopi. Revolver Espresso terkenal akan kopinya yang nikmat. Mereka menggunakan biji kopi terbaik yang didatangkan dari petani kopi di seluruh dunia, kemudian dipanggang dan di- blend di Bali untuk menjaganya tetap fresh. Layaknya kehidupan di Bali, citarasa kopi di Revolver itu sangat adventurous dan penuh kejutan yang menyenangkan.

Kalau kamu pernah mampir ke Revolver dan tidak kebagian meja karena space mereka yang tidak terlalu luas, jangan khawatir! Revolver baru saja memperluas ruang mereka ke bagian belakang hingga mampu menampung lebih banyak pecinta kopi. Photo Via Cmarco PS: Makanan yang disajikan di sini juga tak kalah enak, lho! Photo Via Noviaelita, Revolverespresso Revolver Espresso Harga: Rp25.000 – Rp120.000 Alamat: Jl.

Kayu Aya No.3 (Gang 51), Seminyak, Bali 80361. Koordinat di sini. Telepon: 0851 0244 4468 Jam Operasional: 07.00 – 23.00 Website 23. Lebih dari sekadar French bistro dengan dessert yang nikmat: Kebun Bistro Kebun Bistro (atau yang juga dikenal dengan nama Garden Bistro) adalah bistro bergaya Prancis yang mungil yang terletak di Ubud.

Selain menyediakan menu bercitarasa Mediteranian, tempat ini juga menyajikan brunch, makan malam, minuman, serta camilan sampai larut malam.

Photo Via Kebun-Bistro Dengan dekorasi ala Prancis yang unik, makan di Kebun Bistro seringkali membuat kita seperti sedang berada di dunia Alice in Wonderland. Photo Via Kebun-Bistro Photo Via Kebun-Bistro Photo Via Matildalovgren Mereka menyajikan snack dari escargot, juga Arancini Balls, serta tapas dan Moroccan Lamb Shank yang nikmat.

Agar tidak bingung menentukan pilihan, cek saja dulu menunya di website mereka sebelum menuju ke sana. Dengan menu pencuci mulut yang nikmat, seperti Tarte au Citron Meringue, homemade sorbet dan sebagainya, nongkrong di Kebun Bistro pastinya tak akan membosankan.

Kebun Bistro Harga: Makanan mulai Rp40.000 - Minuman mulai Rp17.000 Alamat: Jl. Hanoman No.44, Ubud, Bali 80571.

Koordinat di sini. Telepon: (0361) 972 490 - 0817 7007 7333 Jam Operasional: 11.00 – 23.00 Website 24. Ngopi di toko roti yang unik: Livingstone Bakery Inilah salah satu café di Bali yang juga fotojenik dan pastinya menyajikan makanan yang lezat, serta aneka roti yang nikmat.

Mampir ke Livingstone pasti akan membuat harimu jauh lebih menyenangkan. Photo Via Ellejess Photo Via Livingstonebakery Dengan banyaknya pilihan tempat duduk yang tersedia di bangunan berlantai dua ini (area indoor dan outdoor-nya sama-sama asyik!), begitu datang kamu bebas memilih mau duduk di mana, lalu pesan kopi, pesan roti nama hewan yang depannya y akan disantap, dan bersantai sambil membaca buku.

Itu saja sudah sangat menyenangkan. Photo Via Coffeeteatravels.Wordpress Photo Via Livingstonebakery Selain untuk membaca dengan tenang, atau brunch bersama teman-teman, tempat cantik ini cocok jadi pilihan untuk bersantai seharian. PS: Kalau ke sini, jangan lupa untuk mencoba Fruit Coffee-nya yang begitu unik!

Ada Strawberry Coffee, Orange Coffee, serta Avocado Coffee yang amat menggiurkan. Photo Via Livingstonebakery Kalau bosan, naiklah ke lantai 2 di mana terdapat BURO, yaitu sebuah toko yang menjual aneka produk fashion, aksesoris, sampai peralatan rumah karya seniman lokal. Photo Via Aharisafandi Livingstone Bakery Harga: Makanan, Rp40.000 – Rp195.000 - Minuman, Rp22.000 – Rp40.000 Alamat: Jl. Petitenget No.88X, Kerobokan, Bali 80361. Koordinat di sini.

Telepon: (0361) 473 5949 Jam Operasional: 07.00 – 22.00 Website 25. Sirkus unik tanpa badut dan atraksi lumba-lumba: Sea Circus “Those who don’t believe in magic will never find it” Kalimat di atas kelihatannya cocok untuk menggambarkan cafe berkonsep unik dan eksentrik ini. Dari nama sampai gaya dekorasinya (bahkan kamar mandinya!), kita tahu bahwa Sea Circus adalah café yang asik untuk dikunjungi kapanpun juga.

Photo Via Nissolasido Meskipun bernama Sea Circus, tentu saja tempat ini bukan sirkus di laut sungguhan, melainkan restoran/ cocktail bar dan tempat ngopi. Di sini, kamu akan menemukan kopi yang enak, sarapan yang mantap, cocktail yang sedap, tapas yang nikmat, interior yang keren, playlist musik yang asik, serta lokasi ideal untuk pesta kecil-kecilan. Bahkan ada beragam pilihan wine bagi kamu pecinta wine. Photo Via Z_chong,Shinta.tj Photo Via Sophiecox_ Bahkan ada juga ‘ market corner’, yang menjual pernak-pernik unik untuk menghias rumah.

(Pokoknya kalau ke sana lagi saya akan membeli hiasan yang bertuliskan “ I’m off to nama hewan yang depannya y the circus”!) Photo Via Eybeewanderlust, Seacircusbali.bigcartel Photo Via Wanderloveworld Ada banyak yang bisa kamu nikmati di Sea Circus. Kalau menurut kamu foto-foto di Sea Circus termasuk Instagram-material, tunggu sampai malam menjelang saat suasana tempat ini jadi semakin memesona. Photo Via Anngerlizhng, Ammlyh Photo Via Shafiyanibunny Sea Circus Harga: Makanan Rp30.000 – Rp185.000 - Minuman, Rp18.000 – Rp140.000 Alamat: Jl.

Kayu Aya No.22, Seminyak, Bali 80361. Koordinat di sini. Telepon: (0361) 738 667 Jam Operasional: 07.30 – 00.00 Website 26. Tersesat di belantara Brazil: La Favela Salah satu tempat paling happening di Bali ini memang agak sulit ditemukan, tapi kamu wajib singgah ke sana. Photo Via Paulathomson Nyempil di antara toko peralatan surfing dan restoran, keberadaan La Favela hanya ditandai oleh sebuah papan nama yang sederhana.

Tempat ini mengusung konsep bangunan kolonial yang terlantar di tengah hutan Brazil. Dekorasi bagian dalamnya pun serba antik, dari televisi jadul sampai mesin ketik dan telepon kuno. Berbagai jenis tanaman juga seolah-olah tumbuh liar di mana-mana untuk membuat kesan terbengkalai kian kental. Photo Via Helloravinda Photo Via Herna J C Pardede “La Favela merupakan sebuah komunitas, di sini kamu dapat menemukan suasana dan konsep yang berbeda dari biasanya. Namun semuanya dibangun dengan cinta,” kata sang pemilik, Luigi Ferrara (bersama saudaranya, Gonzalo, beliau juga memiliki La Plancha).

Photo Via Sannysannysannysanny Photo Via Cthamrin, Depik La Favela Harga: Rp50.000 – Rp160.000 Alamat: Jalan Kayu Aya No.177X, Seminyak, Bali 80361. Koordinat di sini. Telepon: 0818 0210 0010 Jam Operasional: 17.00 nama hewan yang depannya y 03.00 Website 27. Naik becak antik: Betelnut Café Berlokasi di kawasan hipster Canggu, Betelnut terkenal akan makanan mereka yang tak cuma enak, tapi juga baik untuk kesehatan.

Photo Via Jaderodway Tempat ini tidak memiliki dekorasi yang neko-neko seperti café-café lainnya. Tapi pemandangan sawah kehijauan dan bungalow yang sangat nyaman di sini tentu akan menjadi background yang bagus untuk foto Instagram kamu nanti. Photo Via Wunderklee, Rinaprabandari Kalau mampir ke sini, selain mencoba makanannya yang lezat, pastikan kamu berfoto di area yang unik persis di bawah tangga. Duduk dan berposelah di atas becak sebelum naik ke atas dan melihat pemandangan sawah nan indah.

Photo Via 69dad, Bossladybali Bagi kamu yang sudah pernah ke sini pasti tahu menu sarapan favoritnya: Naga Bowl yang terdiri dari berbagai bahan sehat, seperti pisang, buah naga, yogurt, kacang mede, parutan kelapa, granola serta buah-buahan lain. Atau mungkin kamu mau mencoba Big Betelnut Salad? Kenapa disebut “ big”? Well, karena satu porsinya terdiri dari 4 macam salad ala Betelnut! Pilihan lainnya ada nama hewan yang depannya y Tex Mex Taco dan Burritos yang bisa kamu pesan kalau ingin santapan yang lebih berat.

Jangan lupa akhiri sesi makan kamu dengan jus sehat, atau cider kalau kamu suka! Betelnut Café Harga: Rp15.000 – Rp60.000 Alamat: Jl. Batu Bolong No.60, Canggu, Bali 80351. Koordinat di sini.

Telepon: 0812 3611 6155 Jam Operasional: 07.30 – 22.00 Website 28. Sentuhan vintage nan manis: Café Bali Namanya memang biasa saja, bahkan mungkin kamu nggak akan tertarik untuk mengintip ada apa di balik pohon palem yang berjajar di bagian depannya.

Tapi dijamin, begitu mulai melangkah masuk ke bagian dalam tempat mungil ini, kamu bakal langsung teriak “Wow!” Café ini benar-benar manis dan cantik tanpa berlebihan. Di sini, kamu akan menemukan dekorasi dari kayu berwarna putih pudar, furnitur eklektik yang ‘tabrak lari’, dan mungkin pencahayaan yang paling kreatif se-Bali. Café Bali Harga: Makanan Rp45.000 – Rp150.000 - RpMinuman, Rp15.000 – Rp140.000 Alamat: Jl. Laksmana, Basangkasa, Seminyak, Bali 80361. Koordinat di sini.

Telepon: (0361) 736 484 Jam Operasional: 07.00 – 23.30 29. Secret Café: Sisterfields Tempat baru yang bermandikan cahaya alami ini tentu saja harus disebut sebagai salah satu tempat paling keren untuk nongkrong pas di Bali.

Menyajikan smoothies, salad, kopi yang sedap dan roti-roti yang menggugah selera, Sisterfields adalah tempat asik yang belum banyak diketahui orang. Sisterfields Harga: Makanan, Rp90.000 – Nama hewan yang depannya y - Minuman, Rp30.000 – Rp160.000 Alamat: Jl. Kayu Cendana No.7, Seminyak, Bali 80361. Koordinat di sini.

Telepon: (0361) 738 454 - 0811 3860 507 Jam Operasional: 07.00 – 22.00 Website 30. Di bawah payung berwarna-warni: La Plancha Rasanya belum lengkap berkunjung ke Bali kalau tak mampir ke cafe yang terletak di Pantai Mesari, kawasan Double Six ini.

Meski sudah berdiri lama, tapi sepertinya orang-orang belum bosan mengunjunginya. Dalam Bahasa Spanyol, La Plancha berarti “panggangan”, oleh karena itu tak heran kalau menu yang ditawarkan di tempat ini begitu sederhana, fresh, dan tidak pretensius. Jangan repot-repot mencari papan nama La Plancha, karena terlalu kecil dan sulit ditemukan.

Ikuti saja aroma barbekyu ala Spanyol dan suara denting botol bir beradu, sampai kamu menemukan tempat dengan deretan payung-payung pantai berwarna-warni ini.

Tentu saja tempat duduk yang paling diminati adalah yang persis di depan pantai. Bersantailah di beanbags yang berwarna-warni, sambil menikmati hembusan angin laut, pasir di antara jemari kaki, dan Bir Bintang dingin di genggaman. Sedapnya! Tinggal menanti sunset yang memesona, maka lengkap sudah liburanmu di Bali kali ini. La Plancha Harga: Makanan, Rp45.000 – Rp150.000 - Minuman, Rp25.000 – Rp60.000 Alamat: Jl. Pantai Mesari, Double Six, Seminyak, Bali 80361.

Koordinat di sini. Telepon: 0878 6141 6310 Jam Operasional: 10.00 – 00.00 Website 31. Nuansa Eropa di tengah Bali: Balique Jimbaran Sebuah bangunan bergaya joglo semi terbuka akan membawa kamu merasakan nuansa Eropa di Pulau Dewata.

Di sebelahnya, kamu bisa menemukan bengkel dan toko helm. Cocok banget nih untuk para pecinta otomotif. Photo Via Bkkmin Photo Via M_20050914 Segera masuk dan kamu akan dibuat kagum dengan dekorasi vintage cafe ini. Lihat saja mesin kasir antik, lampu gantung yang terbuat dari kaca, hingga kursi bergaya Eropa yang cukup menarik. Seluruh hiasan yang ada di cafe ini bukan hanya terlihat indah namun sarat makna. Photo Via Kazuna1011 Tapi, bukan cumaa dekorasinya saja yang menarik para pengunjung namun juga aneka makanan dengan berbagai citarasa yang menggugah selera.

Coba saja Kebab Ayam ala Maroko atau Salad Tuna-nya yang lezat! Photo Via Young_matlock, Derrilicious, Boroda.i.eda, Yennymakanmulu Destinations • Bali (105) • Bar dan Pub (4) • Budaya (6) • Canggu (1) • Catatan Perjalanan (3) • Fine dining Bali (5) • Fotografi (19) • Hotel dan Resort (21) • Hotel dan Villa (28) • Hotel dan Villa di Pinggir Pantai (6) • Hotel dan Villa Mewah (18) • Hotel dan Villa Romantis (18) • Hotel Murah (17) • Kafe (8) • Kegiatan Wisata (32) • Kuta (7) • Liburan Romantis (14) • Makanan Bali (4) • Nusa Dua (1) • Olahraga dan Petualangan (12) • Panduan dan Tips (6) • Pantai dan Pulau (10) • Penginapan untuk Keluarga (15) • Restoran Keluarga (3) • Restoran Romantis (11) • Sanur (2) • Seminyak/Legian (6) • Tempat Makan Halal (1) • Ubud (6) • Uluwatu (1) • Vegetarian dan Vegan (1) • Villa Pribadi (18) • Wisata Alam (17) • Wisata Keluarga (14) • Wisata Kuliner (20) • Wisata Tersembunyi (23) • Bandung (68) • Banyuwangi (3) • Bogor (39) • Bondowoso (1) • Cirebon (2) • Flores (4) • Inspirasi (1) • Jakarta (38) • Kalimantan (2) • Kediri dan Blitar (1) • Lombok (11) • Majalengka (1) • Malang (21) • Pacitan (2) • Pulau Sumba (1) • Purwakarta (2) • Purwokerto & Kebumen (2) • Resep Masakan Indonesia (1) • Semarang (10) • Singapura (2) • Sukabumi (5) • Sulawesi (5) • Sumatra (15) • Surabaya (14) • Surakarta (Solo) (6) • Tegal (1) • Tempat Wisata Lain (1) • Traveloka (2) • Wonosobo (1) • Yogyakarta (50) Destinations • Bali (105) • Bar dan Pub (4) • Budaya (6) • Canggu (1) • Catatan Perjalanan (3) • Fine dining Bali (5) • Fotografi (19) • Hotel dan Resort (21) • Hotel dan Villa (28) • Hotel dan Villa di Pinggir Pantai (6) • Hotel dan Villa Mewah (18) • Hotel dan Villa Nama hewan yang depannya y (18) • Hotel Murah (17) • Kafe (8) • Kegiatan Wisata (32) • Kuta (7) • Liburan Romantis (14) • Makanan Bali (4) • Nusa Dua (1) • Olahraga dan Petualangan (12) • Panduan dan Tips (6) • Pantai dan Pulau (10) • Penginapan untuk Keluarga (15) • Restoran Keluarga (3) • Restoran Romantis (11) • Sanur (2) • Seminyak/Legian (6) • Tempat Makan Halal (1) • Ubud (6) • Uluwatu (1) • Vegetarian dan Vegan (1) • Villa Pribadi (18) • Wisata Alam (17) • Wisata Keluarga (14) • Wisata Kuliner (20) • Wisata Tersembunyi (23) • Bandung (68) • Banyuwangi (3) • Bogor (39) • Bondowoso (1) • Cirebon (2) • Flores (4) • Inspirasi (1) • Jakarta (38) • Kalimantan (2) • Kediri dan Blitar (1) • Lombok (11) • Majalengka (1) • Malang (21) • Pacitan (2) • Pulau Sumba (1) • Purwakarta (2) • Purwokerto & Kebumen (2) • Resep Masakan Indonesia (1) • Semarang (10) • Singapura (2) • Sukabumi (5) • Sulawesi (5) • Sumatra (15) • Surabaya (14) • Surakarta (Solo) (6) • Tegal (1) • Tempat Wisata Lain (1) • Traveloka (2) • Wonosobo (1) • Yogyakarta (50)

Nama Hewan yang diawali dengan Huruf Y




2022 www.videocon.com