Oleh-oleh makassar

oleh-oleh makassar

MENU • Home • Jawa • Banten • DKI Jakarta • Jawa Barat • Jawa Tengah • Jawa Timur • Yogyakarta • Kalimantan • Kalimantan Barat • Kalimantan Selatan • Kalimantan Timur • Sumatera • Bengkulu • Riau • Lampung • Sumatera Utara • Sumatera Selatan • Sumatera Barat • Bali • Papua • Pasang Iklan • Disclaimer • Lowongan 1 Artikel upto Rp.50.000 • Oleh-oleh makassar Menu 5/5 - (2 votes) Sebagai salah satu daerah tersibuk di wilayah bagian timur Indonesia, Makassar merupakan tempat yang kaya akan warisan budaya.

Dan sebagai daerah tujuan wisata, Makassar juga tentunya mempunyai segudang oleh-oleh yang bagus untuk dibawa pulang buat orang-orang terdekat. Oleh-oleh khas Makassar ini pastinya bukan hanya makanan saja, tapi selain itu ada juga berupa barang, camilan, souvenir, cemilan ringan, jajanan tradisional hingga kue kekinian.

Nah, dari sekian banyaknya oleh-oleh khas Makassar, JejakPiknik punya daftar paling rekomendasi yang wajib untuk dibeli dan dibawa pulang. Apa saja itu? Berikut ulasan lengkapnya. Daftar isi • 1. Baklave • 2.

oleh-oleh makassar

Bosang • 3. Bannang Bannang • 4. Baruasa • 5. Kerupuk Pisang Ijo • 6. Dangke’ • 7. Kerupuk Jintan • 8. Kacang Sembunyi • 9. Deppa Tori • 10. Otak-Otak Ikan Tenggiri • 11. Bolu Cukke • 12.

Baju Kaos 1. Baklave Foto By makassarinside.com Tak hanya di Jakarta, Surabaya dan Bandung saja, kota Makassar juga memiliki satu kue kekinian milik artis Irfan Hakim, namanya oleh-oleh makassar baklave.

Baklave adalah salah satu jenis makanan ringan asal Turki yang terbuat dari kacang walnut cincang, gula serta madu dan kemudian dibalut adonan roti tipis. Untuk menyesuaikan dengan lidah masyarakat Indonesia, baklave khas Makassar tersebut kemudian dimodifikasi dan terbagi menjadi dua bagian. Penasaran seperti apa rasanya? Nah, untuk mencicipinya, Sahabat JejakPiknik silahkan saja datang ke toko Baklave dengan alamat Jln.Sultan Hasanuddin No.31, Sawerigaing, Ujung Pandang, Makassar.

Baklave tersebut juga bisa dipesan secara online dan untuk harganya dibanderol hanya kisaran Rp.35.000/kotak. Nah, murah kan? 2. Bosang Foto By picgra.com Selain Irfan Hakim, aktor tampan Ricky Harun juga turut memeriahkan deretan kue artis kekinian di kota Makassar yang dikenal dengan nama Bosang.

Bosang merupakan hasil kreasi dari kue bolu, cheese cak e dan pastry. Perpaduan tersebut menghasilkan karakteristik unik, Sahabat JejakPiknik wajib untuk mencoba cemilan enak ini.

Bosang juga hadir dengan beragam varian rasa ada coklat, keju, green tea, durian, red velvet, lemon serta banana. Dengan penyajian fresh from the oven dan tanpa bahan pengawet, tak usah ragu oleh-oleh makassar menjadikannya sebagai buah tangan. Jika ingin membelinya, silahkan datang langsung ke jalan Ratulangi No.106, kota Makassar.

Soal oleh-oleh makassar bosang sendiri biasanya dibanderol mulai 49-55 ribuan saja, tergantung varian rasanya. 3. Bannang Bannang Foto By makassarguide.com Meski awalnya hanya disajikan pada saat acara pernikahan saja, namun cemilan bernama bannang-bannang kini sudah masuk dalam daftar oleh-oleh khas di kota Makassar.

Dinamakan demikian karena bentuknya mirip dengan benang kusut yang melilit bertumpuk-tumpuk. Makanan tersebut terbuat dari tepung beras dan gula merah, sehingga tak heran jika rasanya pun cenderung manis.

Sahabat JejakPiknik bisa menemukan bannang-bannang oleh-oleh makassar mudah di pusat oleh-oleh baik di sekitar Pantai Losari, jalan Somba Opu atau di daerah Sudiang Biring Kanaya kota Makassar, Sulawesi Selatan. Para penjual biasanya memanderol bannang-bannang hanya dengan seharga 30 ribuan saja per bungkusnya.

Gimana, murah kan? 4. Baruasa Foto By cantik.tempo.co Buah tangan khas Makasar selanjutnya yang juga tidak boleh ketinggalan untuk Sahabat JejakPiknik bawa pulang oleh-oleh makassar yaitu baruasa. Barauasa merupakan salah satu jenis kue kering dengan ciri khas berwarna putih kecoklatan dan memiliki citarasa gurih.

Penganan ini cukup terkenal di Makassar karena kerap ditemukan saat acara pernikahan. Baruasa sendiri dijual hanya kisaran Rp.25.000-Rp.40.000 saja. Dan beberapa tempat yang paling mudah dikunjungi untuk mendapatkannya adalah daerah Sudiang Biringkanaya serta jalan Somba Opung.

5. Kerupuk Pisang Ijo Foto By tokopedia.com Selain dapat dinikmati dengan es, di kota Makassar pisang ijo juga dikreasikan menjadi satu cemilan enak berwujud kerupuk renyah nan gurih. Kerupuk pisang ijo ini sangat praktis untuk dibawa kemana-mana karena sudah dikemas rapi dan akan cocok bila dijadikan bingkisan buat orang di rumah.

Selain di daerah Sudiang atau Somba Opung, kerupuk pisang ijo juga bisa dengan mudah didapatkan di bandara. Satu bungkusnya biasanya dibanderol hanya kisaran Rp.15.000 saja. 6. Dangke’ Foto By merdeka.com Makanan ringan bernama dangke ini memiliki citarasa serta keunikan yang sangat khas. Makanya akan sangat cocok jika dijadikan buah tangan. Kue nikmat ini bahan utamanya terbuat dari susu kerbau yang kemudian diberi getah pepaya guna untuk memisahkan antara air, susu serta lemak.

Uniknya lagi, dangke ini diolah dengan cara di fermentasi lalu setelah itu dimasukkan ke dalam tempurung kelapa dan selanjutnya dibungkus menggunakan daun pisang. Penasaran seperti apa rasanya? Nah, untuk mencicipinya Sahabat JejakPiknik bisa datang ke jln.Racing center atau Somba Opu.

Mengenai harga penjualan terbilang murah, karena hanya dibanderol sekitar Rp.20.000/biji. 7. Kerupuk Jintan Foto By dapurummahat.blogspot.com Buah tangan berikutnya ini dinamakan oleh-oleh makassar karena cara pembuatannya diolah dengan cara digoreng.

Jadi tak heran jika teksturnya menyerupai kue kering. Kerupuk jintan sendiri sangat patut jika dijadikan buah tangan, karena daya tahan cemilan ini waktunya cukup lama, tak perlu khawatir akan basi. Selain mudah ditemui di berbagai toko oleh-oleh di sepanjang jalan kota Makassar, cemilan ringan ini juga dibanderol sangat murah mulai dari 20 oleh-oleh makassar 30 ribuan saja per bungkusnya.

8. Kacang Sembunyi Foto By idntimes.com Saat mendengar namanya, Oleh-oleh makassar JejakPiknik pasti penasaran kenapa makanan khas kota Makassar satu ini dinamakan demikian. Kenapa diberi nama demikian karena makanan yang terbuat dari kacang ini dibalut adonan tepung terigu kemudian diolah dengan cara digoreng dan selanjutnya dilumuri cairan gula pasir. Sehingga rasanya pun manis bercampur gurih. Kacang sembunyi juga banyak ditemui di pusat oleh-oleh dan satu bungkusnya biasanya dijual hanya kisaran 25 ribu saja.

9. Deppa Tori Foto By kabarmakassar.com Deppa tori ini bentuknya mirip dengan cucur, hanya saja cara pembuatannya dan bahannya oleh-oleh makassar berbeda jauh. Kue deppa tori ini dibuat dengan tangan, tidak menggunakan cetakan seperti cucur dan selain itu teksturnya pun lebih sedikit keras.

Untuk menemukannya, Sahabat JejakPiknik bisa datang ke toko makanan khas Toraja di jalan Dirgantara, Panakukang. Mengenai harganya, hanya berkisar 30 sampai 60 ribuan saja. 10.

oleh-oleh makassar

Otak-Otak Ikan Tenggiri Foto By pesenmakan.id Sesuai namanya, makanan khas Makassar yang dibungkus menggunakan daun pisang ini bahan dasarnya memang terbuat dari daging ikan tenggiri dan sedikit campuran gandum. Otak-otak ikan tenggiri ini pun bisa Sahabat JejakPiknik bawa pulang sebagai buah tangan namun dengan syarat harus yang baru dibuat alias fresh from the oven. Ada dua tempat terkenal untuk mendapatkan otak-otak yang enak diantaranya yaitu Ibu Elly dan Bu Sanny. Kelebihan oleh-oleh makassar spot ini terletak pada sistem packaging-nya.

oleh-oleh makassar

Untuk masing-masing tempat tersebut menawarkan harga cukup terjangkau mulai dari 4 ribu per biji dan Rp.35.000 buat sepaketnya. 11. Bolu Cukke Foto By kabarmakassar.com Meski ukurannya mini namun bolu cukke khas Makassar ini akan cukup menggoda jika dibawa pulang sebagai buah tangan. Dan kendati terlihat sederhana, kue bolu cukke ini sudah diekspor loh sampai ke luar negeri. Jadi Sahabat JejakPiknik jangan sampai ketinggalan untuk tidak mencicipinya ya.

Persoalan harga, bolu cukke dibanderol dengan sangat terjangkau hanya sekitar 15-20 ribuan saja. Kue ini juga bisa didapatkan dengan mudah di pusat oleh-oleh makassar yang ada di Makassar. 12. Baju Kaos Foto By letterel.net Sahabat JejakPiknik ingin buah tangan yang lebih tahan lama? Nah, beli aja baju khas kota Makassar. Souvenir ini memang sangat lumrah, hanya saja gambar dan motifnya tidak oleh-oleh makassar. Di Makassar, gambar yang digunakan untuk t-shirt khasnya ini biasanya adalah pemandangan indah pantai Losari, Sultan Hasanuddin, kapal Phinisi hingga aneka makanan setempat.

Satu tempat belanja paling pas buat mendapatkan kaos ini adalah kawasan pantai Losari. Dan untuk persoalan harga cukup bervariasi mulai dari 50 hingga 80 ribuan, tergantung ukuran. Nah, itulah oleh-oleh khas Makassar rekomendasi dari JejakPiknik.

Semoga bisa menjadi rujukan dan selamat berlibur! Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes! Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat.

Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki. Bagi Anda pemilik Bisnis dan ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Posting pada Makassar Navigasi pos Sedang wisata di Makassar? Jangan lupa untuk berburu oleh-oleh khas Makassar yang unik dan menarik!. Banyak kuliner lezat dan berbagai cenderamata unik yang bisa ditemukan di Kota Daeng ini. Sebagai tujuan wisata, tidak heran kalau Makassar mempunyai segudang oleh-oleh yang banyak diburu para wisatawan. Makassar memiliki banyak wisata yang cantik dan indah.

Ibukota Sulawesi Selatan ini juga menjadi jujugan wisatawan oleh-oleh makassar dan mancanegara saat berkunjung ke Sulawesi. Mengabadikan momen liburan tidak lengkap tanpa oleh-oleh sebagai buah tangan atau sekedar kenang-kenangan, dan di kota Makassar kamu bisa menemukan cenderamata khas yang membuat liburanmu lebih berkesan.

Makassar memiliki banyak outlet pusat oleh-oleh yang tersebar di beberapa bagian sudut kota. Pusat penjualan oleh-oleh di kota Makassar ada di sepanjang Jl. Somba Opu, di seberang jalan pantai losari. Di area tersebut banyak berjajar pusat oleh-oleh yang menyediakan pilihan menarik untuk oleh-oleh makassar pulang. Oleh-oleh khas Makassar : 1.Baruasa Baruasa Gula Mera Mencari oleh-oleh khas Makassar yang murah meriah dan nikmat di lidah?

Baruasa bisa menjadi solusinya. Baruasa adalah salah satu kue tradisional khas daerah Bugis yang terbuat dari campuran tepung beras, telur dan kelapa parut kering.

Kue ini berbentuk bulat dan rasanya gurih. Baruasa biasanya disajikan dengan teh hangat untuk sarapan pagi bersama keluarga. Oleh-oleh khas Makassar ini juga disajikan dalam acara-acara penting seperti pernikahan. Jika sedang liburan di Makassar, jangan lupa membeli kue satu ini guys!

2. Bannang-bannang Bannang-bannang Nama kue ini pasti terdengar aneh bagi kamu yang belum pernah berkunjung ke Makassar. Hingga sekarang, oleh-oleh khas Makassar ini masih diproduksi secara tradisional, meski beberapa sudah menggunakan mesin modern. Bannang-bannang memiliki rasa oleh-oleh makassar dari gula aren. Seperti namanya, bentuk Bannang-bannang (benang-benang) menyerupai benang kusut dilipat-lipat dan memiliki makna ‘ikatan erat.’ Maka jangan heran kalau makanan tradisional Makassar ini sering disajikan saat upacara pernikahan di Kota Makassar.

3. Dangke Dangke Makanan tradisional ini berasal dari fermentasi susu kerbau. Makanan ini hanya ada di Enrekang yang terkenal sebagai penghasil kambing Etawa. Teksturnya mirip tahu dengan citarasa keju. Pembuatan Dangke tidak semudah yang dibayangkan lho!. Pertama, susu direbus, lalu diberi getah pepaya.

oleh-oleh makassar

Setelah dingin dan menjadi padatan, ditaruh ke dalam wadah kecil untuk diolah. Pengolahan dangke bisa dibakar, ditumis, dibuat kerupuk atau dinikmati bersama beras ketan (pulu mandoti). Jika ingin membawa dangke sebagai oleh-oleh, pastikan tidak terlalu lama di perjalanan karena makanan ini tidak tahan lama.

Oleh-oleh makassar bisa dimakan sambil menunggu jadwal pemberangkatan untuk pulang. 4. Kue Tori / Beppa Tori Beppa Tori Masih seputar kue, Beppa Tori adalah kue dari Toraja berbahan dasar tepung terigu dan gula merah.

Di Jawa, kue seperti ini disebut kue cucur. Meski bentuknya sederhana, kue Tori memiliki rasa manis yang khas, sehingga cocok sebagai hidangan santai di rumah. Kue Tori cukup populer di kalangan wisatawan dan sering dijuluki churros ala Toraja karena bentuk dan penyajiannya yang mirip.

Tak hanya di Toraja, kamu bisa membeli kue Tori di oleh-oleh makassar oleh-oleh Makassar. 5. Kacang Sembunyi Kacang Sembunyi Nama yang terdengar unik membuat makanan khas Makassar ini populer di setiap pusat oleh-oleh. Kacang sembunyi merupakan jajanan khas Makassar yang terbuat dari kacang tanah berbalut tepung dan diselimuti karamel manis. Jadi, kacangnya memang bersembunyi di dalam adonan. Cemilan mirip molen mini ini banyak dijual di sepanjang Pantai Losari, sekolah dasar dan pusat oleh-oleh Makassar.

Meski sembunyi, tak sulit kok untuk menemukan cemilan satu ini!. Kacang DIsko Satunya sembunyi, satunya disko. Itulah serunya belanja oleh-oleh Makassar yang memiliki nama-nama unik. Kacang disko tidak hanya ada di Bali, tetapi juga Makassar.

Cemilan berbentuk bulat seperti bola disko ini memiliki rasa gurih dan enak, sehingga digemari semua kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa. Kacang disko memiliki varian rasa, seperti rasa original dan rasa rempah lainnya.

Tak hanya populer untuk oleh-oleh, kacang disko selalu menjadi primadona menjelang hari lebaran. Kapan lagi membawa primadona khas Makassar ini pulang kampung?

7. Mantao Pare Mantao Pare Makanan khas Makassar ini sudah tidak asing lagi guys!, karena banyak ditemukan di daerah lain di Indonesia. Layaknya bakpao, mantao juga memiliki varian isi seperti mantao isi coklat, isi daging dan masih banyak lagi.

Kamu bisa menambahkan toping yang kamu suka agar sajian mantao pare semakin lezat. Selain bisa dimakan langsung, oleh-oleh khas Makassar ini bisa dikukus atau digoreng lebih dahulu sebelum disajikan. Tergantung selera. 8. Kue Kurma Kue Kurma Jangan tertipu dengan nama, karena Kue Kurma tidak ada kurmanya.

Makanan khas Makassar ini terbuat dari telur, mentega, tepung terigu dan maizena. Kemudian, adonan dibalut karamel dan potongan kacang, sehingga bentuknya oleh-oleh makassar kurma.

Kue Kurma memiliki rasa manis dan gurih, cocok untuk kamu yang doyan ngemil. Oleh-oleh khas Makassar ini banyak diburu wisatawan. Jadi, jangan ketinggalan membawa kue kurma turut serta ya! 9. Bagea Kue Bagea Masih seputar kue, ada Bagea dari Makassar.

Oleh-oleh makassar adalah kue yang berbahan dasar sagu dengan tekstur keras. Biasanya kue ini dihidangkan bersama teh dan dikonsumsi dengan dicelupkan teh terlebih dahulu. Kalau kamu ingin memberi oleh-oleh khas Makassar kepada orang oleh-oleh makassar, sebaiknya kue yang lain karena tekstur keras kue Bagea kurang cocok untuk orang tua atau lansia. 10. Coto Makassar Instant Coto Makassar Sekarang coto Makassar ada instannya!.

Kamu tidak perlu bali ke Makassar kalau ingin menikmati kelezatannya di rumah, asalkan kamu sudah membeli coto Makassar instant – oleh-oleh yang menjadi lebih oleh-oleh makassar. Coto Makassar Instant adalah inovasi terbaru dalam kuliner khas Makassar yang perlu dicoba.

Dengan adanya Coto Makassar Instant, kamu bisa membawanya kapanpun saat berpergian. Harga terjangkau sekitar Rp. 135.000 per kemasan, kamu sudah bisa membuat hingga 5 porsi coto Makassar lengkap dengan daging sapi pilihan yang siap membawa imajinasimu ke Makassar oleh-oleh makassar.

11. Abon Raos Abon Daging Sapi Raos berasal dari bahasa Sunda yang berarti enak. Tentunya abon raos juga memiliki kelezatan seperti namanya. Abon Raos terbuat dari daging sapi yang diolah dengan bumbu pilihan.

Citarasa abon ini gurih dan pedas, seperti kebanyakan makanan di kota Makassar. Rasa yang khas membuat abon raos sering dijadikan oleh-oleh khas Makassar karena banyak digemari kalangan ibu-ibu. Abon ini sangat nikmat dinikmati dengan nasi hangat maupun sebagai isi roti tawar. Kerupuk Jintan Makassar bisa dibilang sebagai pusat makanan ringan yang memiliki rasa khas.

Jika berkunjung kesana, jangan melewatkan Kerupuk Jintan.

oleh-oleh makassar

Oleh-oleh khas Makassar ini mirip kue kering dengan tekstur renyah seperti kerupuk yang dilengkapi campuran jintan hitam di dalam adonan. Kerupuk Jintan berbahan dasar tepung terigu, margarine, soda kue, telur dan disempurnakan dengan oleh-oleh makassar hitam.

Cemilan renyah dan gurih ini cocok jadi cemilanmu dimanapun. 13. Otak-otak Ikan Makassar Otak-otak Oleh-oleh makassar Jika sebelumnya kamu pernah mencoba otak-otak di daerah lain, cobalah otak-otak Makassar yang memberi citarasa berbeda. Makanan berbahan ikan tenggiri ini dibungkus dengan daun pisang kemudian dibakar, sehingga membuat rasanya berbeda dari otak-otak lainnya. Tekstur daging yang lembut dan enak akan membuatmu ingin nambah!. Kamu bisa mendapati makanan ini di sepanjang Pantai Losari dan pusat oleh-oleh khas Makassar.

Meski termasuk makanan basah tapi otak-otak dari Sulawesi Selatan ini tahan dibawa oleh-oleh makassar perjalanan jauh. Jika ingin membawa pulang dengan jarak tempuh cukup jauh, sebaiknya memesan terlebih dahulu otak-otak yang masih fresh supaya lebih tahan lama. Namun, jangan lupa segera simpan di lemari pendingin setelah sampai rumah. 14.Sirup Markisa Malino Sirup Markisa Selain makan, ada minuman markisa yang bisa jadi oleh-oleh khas Makassar selanjutnya. Sirup ini terbuat dari buah markisa asli yang ditanam di Malino, bukan dari serbuk markisa buatan.

Jadi selain rasanya asam manis, sirup markisa juga kaya vitamin yang menyehatkan. Buah markisa mengandung banyak antioksidan yang mampu menangkal berbagai penyakit berbahaya seperti kanker. Jadi, jangan tanggung-tanggung untuk membelinya! 15. Sirup DHT Sirup DHT Tak hanya sipur markisa malino, tetapi juga ada sirup DHT yang sangat ikonik di Sulawesi Selatan. Jangan terkecoh dengan kemasannya yang bergambar aneka oleh-oleh makassar, sirup DHT berwarna merah ini justru memiliki cita rasa pisang ambon.

Sirup legendaris khas Makassar ini tidak memiliki varian rasa selain pisan ambon. Jadi bagi kamu yang ingin mencoba rasanya sirup pisang, oleh-oleh Khas Makassar ini bisa oleh-oleh makassar. 16. Barongko Barongko Makassar Jika DHT adalah sirup pisang, maka Barongko adalah jajanan berbahan dasar pisang.

Barongko dibuat dari pisang yang dihaluskan, kemudian dicampur santan, air, garam, gula dan telur yang diaduk menjadi satu, lalu dibungkus daun pisang untuk dikukus. Barongko memiliki rasa lembut, gurih dan manis yang pastinya cocok untuk semua kalangan. Seperti otak-otak, oleh-oleh khas Makassar ini aman dibawa perjalanan jauh,tetapi jangan lupa menyimpan dalam lemari es setelah sampai di rumah.

17. Baje Baje Wijen Makanan ringan ini sangat dikenal suku todakka maupun suku-suku lain di sulawesi. Tak hanya sebagai cemilan, tetapi baje juga makanan wajib yang harus ada pada setiap hajatan masyarakat todakka.

Baje terbuat dari ketan, kelapa parut, gula pasir, dan gula merah. Proses pembuatannya pun mirip dengan pembuatan wajik. Nah, biasanya baje dibungkus dengan kulit jagung kering atau daun pisang kering, membuatnya tampak seperti makanan tradisional yang harus dicoba. 18. Minyak Tawon Minyak Tawon Tak hanya Makassar, minyak tawon juga banyak ditemui di Jawa dan daerah lain, mengingat manfaatnya yang sangat banyak.

Nah, minyak tawon Makassar ini sudah populer sejak 1912 dengan khasiat yang sudah terjamin. Selain dijadikan minyak gosok dan urut, minyak tawon Makassar yang diminum dalam beberapa tetes dipercaya bisa menyembuhkan asma. Berbagai khasiat dari minyak tawon ini membuatnya dihargai cukup mahal di pasaran online. Oleh karena itu, sebaiknya kamu membelinya saat berada di Makassar.

Tenun Bugis Sarung tenun biasanya menjadi cenderamata andalan yang banyak dicari. Sarung bugis bisa menjadi pilihan tepat untuk oleh-oleh karena corak dan warnanya yang menarik.

oleh-oleh makassar

Selain itu, sarung bugis menggunakan bahan kain yang nyaman dipakai, sehingga tidak gerah meskipun dipakai dalam waktu lama. Oleh-oleh khas Makassar ini sangat terkenal di kalangan wisatawan yang gemar kain etnik. Kamu bisa membawa kain khas ini sebagai hadiah, oleh-oleh atau dipakai sendiri. 20. Kain Sutra Sengkang Kain Sutra Sengkang Disamping sarung tenun Bugis, kamu juga bisa membeli kain sutra Sengkang dengan kualitas sangat bagus sebagai cenderamata dari Kota Makassar.

Harga kain sutra asli ini terbilang mahal karena bisa mencapai jutaan rupiah. Namun, selain kain sutra asli, kamu juga bisa mendapatkan jenis kain semi sutra dengan harga lebih murah. Oleh-oleh tingkat dewa nih guys! 21. Kopi Toraja Kopi Toraja Selalu ada yang kurang jika pulang dari Makassar tanpa kopi Toraja.

Kopi ini merupakan oleh-oleh paling oleh-oleh makassar saat menginjakkan kaki di Sulawesi. Di Sulawesi Selatan, kopi toraja menjadi primadona. Kopi jenis arabica punya keunggulan seperti kadar keasaman rendah, tidak membuat mual, dan memiliki rasa kopi yang dominan. Kopi Toraja ditanam di ketinggian lebih dari 1200 mdpl.

Jenis tanah oleh-oleh makassar faktor yang mampu membuat kualitas kopi terjaga. Tak heran jika kopi toraja digemari tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di luar negeri seperti Jepang, Amerika, dan Jerman.

Di Jepang, kopi Toraja di anggap sebagai kopi berkelas. Oleh-oleh makassar sekitar 40 persen kopi yang beredar di Jepang adalah kopi toraja. Kopi Toraja ini memiliki citarasa khas yang tidak ditemukan dari kopi biasa pada umumnya. Ada 3 jenis pilihan kopi seperti arabica, robusta, dan special blend. Kamu bisa temukan banyak Kopi Toraja di pusat oleh-oleh Makassar maupun di Toraja. Jangan ketinggalan oleh-oleh wajib ini ya! 22. Karya Seni Khas Toraja Karya Seni Toraja Toraja dikenal dengan kerajinan tangannya yang unik dan kreatif.

Kamu bisa membawa banyak pilihan handicraft Toraja seperti replika Kapal Pinisi dan Rumah Tongkonan yang menjadi favorit wisatawan. Selain itu kamu juga bisa mendapatkan karya seni berupa lukisan, gantungan kunci, baju khas Toraja, ukiran kayu, tenun, dan masih banyak lagi. Kerajinan tangan menjadi pilihan terbaik dijadikan oleh-oleh untuk semua kalangan.

Desainnya yang mengikuti zaman membuat oleh-oleh ini bisa digunakan dimanapun, sebagai dekorasi, aksesoris atau hiasan meja. Harga karya seni Toraja bervariasi, ada yang murah hingga mahal, tetapi pasti ada yang pas di kantong deh. Memiliki pernak pernik khas Toraja bisa membuatmu semakin eksis dan tmapil beda guys!.

Selain di Toraja, kamu bisa membelinya di pusat oleh-oleh khas Makassar. Itu adalah 22 oleh-oleh khas Makassar yang wajib dibawa pulang.

Tidak harus semua, tetapi bisa menjadi pilihan dan solusi jika kamu bingung menentukan apa saja yang ingin dibeli. Oleh-oleh tersebut bisa dijumpai di banyak toko pusat oleh-oleh di Makassar dan pastinya tidak sulit ditemukan. Related Posts • 20 Tempat Wisata di Makassar dan Sekitarnya yang Super Ciamik • 16 Wisata Populer di Morotai, Mutiara di Bibir Pasifik • 22 Destinasi Liburan di Sulawesi Tengah yang Paling Populer • 20 Oleh-oleh makassar Wisata Populer di Sulawesi Barat yang Wajib Dikunjungi • 54 Tempat Wisata di Sulawesi Utara, Populer oleh-oleh makassar Tersembunyi • Top 10 Oleh – Oleh Khas Manado Buruan Traveler Postingan Terbaru • 14 Makanan Khas Manado, Mulai Menu Sehat Hingga Kuliner Ekstrim • 10 Oleh-oleh Khas Palu Terbaik, Incaran Wisatawan • Terkenal Enak, Ini 10+ Makanan Khas Makassar yang Wajib Dicoba • 15 Oleh – Oleh Khas Balikpapan yang Wajib DIbawa Pulang • 12 Festival Budaya di Sulawesi yang Menarik Perhatian Dunia
Oleh-oleh Khas Makassar – Makassar disebut-sebut sebagai kota metropolitan terbesar di kawasan Indonesia Timur bahkan pada masa lalu sempat menjadi ibukota Negara Indonesia Timur.

Jika Kamu berkunjung oleh-oleh makassar sekedar untuk mengisi liburan, jangan sampai melewatkan oleh-oleh sebagai buah tangan untuk keluarga, sahabat ataupun rekan kerja. Selain terkenal karena indahnya tempat wisata Pantai Losari, Makassar pun memiliki aneka macam oleh-oleh khas seperti kota wisata lain mulai dari souvenir khas Makassar, pernak pernik khas Makassar, makanan ringan khas Makassar, cinderamata khas Makassar, hingga jajanan khas Makassar.

Selengkapnya, simak ulasan berikut sebagai rekomendasi oleh-oleh yang wajib Kamu bawa dari Kota Makassar. 15 Oleh-oleh Khas Makassar yang Wajib Kamu Bawa Pulang Daftar Isi • 15 Oleh-oleh Khas Makassar yang Wajib Kamu Bawa Pulang • 1. Otak-otak ikan tengiri • 2. Kain tenun dan sarung khas bugis • 3.

Bannang-bannang • 4. Baruasa • 5. Kue kurma • 6. Kacang Sembunyi • 7. Kopi Toraja • 8. Sirup DHT • 9. Sirup Markisa • 10. Handicraft Toraja • 11. Kain sutra sengkang • 12. Abon Raos • 13. Kerupuk Jintan • 14. Dangke • 15. Kacang Disco Makassar Daftar Isi • 15 Oleh-oleh Khas Makassar yang Wajib Kamu Bawa Pulang • 1.

Otak-otak ikan tengiri • 2. Kain tenun dan sarung khas bugis • 3. Bannang-bannang • 4. Baruasa • 5. Kue kurma • 6. Kacang Sembunyi • 7. Kopi Toraja • 8. Sirup DHT • 9. Sirup Markisa • 10. Handicraft Toraja • 11. Kain sutra sengkang • 12. Abon Raos • 13. Kerupuk Jintan • 14. Dangke • 15. Kacang Disco Makassar saibumi.com 1.

Otak-otak ikan tengiri Oleh-oleh Khas Makassar – Otak-otak ikan tengiri Oleh-oleh khas Makassar yang pertama, Kamu bisa cicipi nikmatnya otak-otak ikan tenggiri yang dibungkus menggunakan daun pisan kemudian dibakar.

Namun, saat akan dibawa pulang oleh-oleh makassar jarak oleh-oleh makassar cukup jauh, sebaiknya memesan terlebih dahulu otak-otak yang masih fresh supaya lebih tahan lama. Kamu bisa dapatkan otak-otak ikan tenggiri di sepanjang Pantai Losari dan tempat-tempat lainnya. Namun, perlu kamu ketahui bahwa ada dua tempat otak-otak ikan tenggiri yang terkenal di Makassar yaitu otak-otak Ibu Elly yang berada di Jalan Kijang, dan otak-otak Ibu Sanny yang berada di Jalan Lasinrang.

2. Kain tenun dan sarung khas bugis Oleh-oleh Khas Makassar – Kain tenun dan sarung khas bugis Oleh-oleh khas Makassar ke dua ini sangatlah terkenal khususnya di kalangan orang-orang yang selalu berburu kain khas kota wisata. Kain tenun dan sarung khas Bugis memiliki corak yang unik dan menarik. Bahan kain pun berbeda-beda mulai dari katun hingga sutera.

Harga yang ditawarkan sangat variatif, mulai oleh-oleh makassar 20 ribuan hingga ratusan ribu rupiah setiap lembarnya. 3. Bannang-bannang Oleh-oleh Khas Makassar – Bannang-bannang Nama makanan yang satu ini tentu asing di telinga kalian yang belum pernah datang atau mencicipi oleh-oleh khas Makassar ini. Nama Bannang-banang bisa diartikan sebagai benang-benang, dimana bentuk jajanannya menyerupai benang kusut yang dilipat-lipat.

Rasanya yang manis memberi lambang ikatan yang erat dan sering dipakai untuk upacara pernikahan di Kota Makassar. 4. Baruasa Oleh-oleh Khas Makassar – Baruasa Jika Kamu cari oleh-oleh khas Makassar murah meriah, salah satu alternatifnya yaitu Barusa. Apa itu Barusa? sebuah makanan yang terbuat dari campuran tepung beras, telur dan kelapa parut kering. Baruasa merupakan salah satu kue tradisional khas Makassar yang banyak dijumpai di banyak sudut kota Makassar.

Jangan sampai kamu lewatkan untuk membawa Baruasa ke kampung halamanmu. 5. Kue kurma Oleh-oleh Khas Makassar – Kue Kurma Kenapa dinamakan kue kurma? mungkin hal ini disebabkan makanan yang satu ini terbuat dari telur, mentega, tepung terigu dan maizena kemudian dibalut dengan caramel sehingga membuat kue ini menyerupai kue kurma.

Memiliki cita rasa manis dan sedikit gurih karena diberi balutan potongan kacang, membuat Kue Kurma oleh-oleh makassar diburu para wisatawan untuk buah tangan di kampung mereka. Oleh-oleh Khas Makassar – Kacang Sembunyi Unik ya namanya? Ya, kacang sembunyi ini merupakan jajanan khas Makassar yang terbuat dari kacang tanah yang luarnya dibalut tepung dan memiliki rasa gurih. Cemilan yang satu ini cocok dikonsumsi oleh-oleh makassar sedang santai atau sekedar berjemur di pinggir pantai.

Kamu bisa temukan camilan yang satu ini di oleh-oleh makassar oleh-oleh Makassar atau pasar-pasar tradisional. 7. Kopi Toraja Oleh-oleh Khas Makassar – Kopi Toraja Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Makassar tidak membawa oleh-oleh yang satu ini.

Meskipun kamu bukan penggemar kopi, tidak ada salahnya sekedar membawa buah tangan berupa kopi untuk keluarga tercinta ataupun rekan kerja. Perlu Kamu tahu bahwa Kopi Toraja ini memiliki citarasa khas Makassar yang tidak ditemukan dari kopi biasa pada umumnya. Ada 3 jenis pilihan seperti Arabica, Robusta, dan Special Blend.

Kamu bisa temukan banyak Kopi Toraja di pusat oleh-oleh Makassar. 8. Sirup DHT Oleh-oleh Khas Makassar – Sirup DHT Sirup DHT bukan sirup biasa pada umumnya. Oleh-oleh Khas Makassar ini menjadi andalan Kota Makassar yang dibuat dengan rasa pisang ambon. Rasanya sih mirip sirup tjampolay khasnya Cirebon, namun ada sedikit perbedaan yang memberikan kekhasan dari Sirup DHT ini.

Perlu Kamu tahu bahwa produk dari sirup ini tidak pernah berubah kemasannya sejak zaman dulu. Oleh-oleh Khas Makassar – Sirup Markisa Selain sirup DHT, kamu juga bisa menikmati suguhan sirup Markisa khas Makassar.

Tidak hanya kota Medan saja yang terkenal sebagai penghasil sirup markisa, Makassar pun memiliki buah tangan berupa sirup markisa yang memiliki rasa khas. Sirup Markisa terbuat dari asli buah markisa, bukan serbuk markisa olahan dari bahan kimia. Kamu bisa temukan di swalayan-swalayan dan pusat oleh-oleh Makassar. 10. Handicraft Toraja Oleh-oleh Khas Makassar – Handicraft Toraja Jika oleh-oleh yang kamu cari adalah cinderamata khas Makassar, pilih saja Handicraft Toraja yang banyak variannya seperti ukiran kayu, gantungan kunci, lukisan, baju khas Toraja, hingga tempat tisu yang dibuat dengan sentuhan budaya Toraja banyak ditemukan disana.

Harganya pun murah-murah sesuai dengan bahan dan jenis handicraftnya. Kamu juga bisa cari souvenir hasil tangan-tangan kreatif masyarakat Makassar. 11. Kain sutra sengkang Oleh-oleh Khas Makassar – Kain sutra sengkang Oleh-oleh makassar kain tenun dan sarung khas Bugis yang menjadi salah satu andalan oleh-oleh yang lebih tahan lama, Kamu juga bisa dapatkan Kain sutra sengkang dengan kualitas sangat bagus sebagai buah tangan dari Kota Makassar.

Kain sutra asli memang terkenal dengan harganya yang mahal. Tapi gak perlu khawatir, Kamu bisa dapatkan beragam jenis kain sutra mulai dari semi-sutra yang harganya lebih murah hingga sutra asli yang harganya bisa mencapai jutaan rupiah. Oleh-oleh Khas Makassar – Abon Raos Oleh-oleh yang satu ini bisa di bilang unik karena namanya. Raos sebenarnya adalah bahasa Sunda yang berarti enak. Abon Raos adalah abon yang terbuat dari daging sapi memiliki rasa luar biasa enak dan sangat nendang, lebih cocok disajikan dengan sepiring nasi putih yang masih hangat.

Ada banyak pedangan yang menjual Abon Raos disetiap sudut Kota Makassar, terlebih di toko pusat oleh-oleh Khas Makassar. 13. Kerupuk Jintan Oleh-oleh Khas Makassar – Kerupuk Jintan Makassar merupakan pusatnya makanan ringan yang memiliki rasa khas.

Jika Kamu akan berkunjung kesana, jangan sampai melewatkan Kerupuk Jintan di daftar oleh-oleh Kamu. Sebenarnya, kerupuk ini lebih mirip dengan kue kering, namun kenapa makanan ini sampai diberi nama kerupuk karena teksturnya renyah mirip dengan kerupuk pada umumnya dan dilengkapi campuran jintan hitam di dalam adonan. Oleh-oleh Khas Makassar – Dangke Dangke ini merupakan makanan yang terbuat dari bahan susu kerbau yang sudah difermentasi dan hanya ada di Enrekang, sebuah tempat yang terkenal sebagai penghasil kambing etawa.

Dangke ini sangat cocok jika disajikan dengan nasi hangat dan sambal. 15. Kacang Disco Makassar Oleh-oleh Khas Makassar – Kacang Disco Makassar Tidak hanya Bali saja yang memiliki oleh-oleh Kacang Disco, di Makassar pun terdapat oleh-oleh khas berupa Kacang Disco Makassar. Camilan yang memiliki rasa gurih dan renyah ini menjadi andalan oleh-oleh dari negeri yang terkenal dengan kepahlawanan Sultan Hasanuddin.

Ada beberapa varian rasa yang bisa dipilih seperti rasa rempah dan rasa original. Seperti Kacang-kacang lainnya, Kacang Disco Makassar cocok dikonsumsi saat bersantai dan Kamu bisa dapatkan di swalayan atau toko pusat oleh-oleh Khas Makassar.

Adapun harganya beragam mulai dari 20 ribuan. Klik dan dapatkan info kost di dekatmu: Kost Jogja Harga Murah Kost Jakarta Harga Murah Kost Bandung Harga Murah Kost Denpasar Bali Harga Murah Kost Surabaya Harga Murah Kost Semarang Harga Murah Kost Malang Harga Oleh-oleh makassar Kost Solo Harga Murah Kost Bekasi Harga Murah Kost Medan Harga Murah • • Beranda • Sumatera • Aceh • Sumatra Utara • Sumatra Barat • Sumatra Selatan • Bengkulu • Riau • Kepulauan Riau • Bangka Belitung • Jambi • Lampung • Jawa • Jakarta • Jawa Barat • Banten • Jawa Tengah • Yogyakarta • Jawa Timur • Oleh-oleh makassar • Kalimantan Barat • Kalimantan Tengah • Kalimantan Selatan • Kalimantan Timur • Kalimantan Utara • Bali • Nusa Tenggara • Nusa Tenggara Barat • Nusa Tenggara Timur • Sulawesi • Sulawesi Barat • Sulawesi Selatan • Sulawesi Tengah • Sulawesi Tenggara • Sulawesi Utara • Gorontalo • Maluku • Maluku • Maluku Utara • Papua • Oleh-oleh makassar • Papua Barat • Daftar isi: • Rekomendasi Oleh-oleh Khas Makassar Terfavorit • Bannang-bannang • Kue Dange • Kue Baruasa • Kue Kurma • Kerupuk Jintan • Kue Deppa Toraja • Coto Makassar Instan • Kacang Sembunyi • Mantao pare • Bagea • Otak-otak Makassar • Barongko • Kue Baje • Abon Raos • Sirup DHT • Kopi Toraja • Sirup Oleh-oleh makassar • Kain Tenun • Sutra Sengkang • Handicraft Toraja • Sarung Tenun • Karya Seni Toraja • Kaos Khas Makassar • Tas Etnik • Songkok • Kupu-kupu Bantimurung Rekomendasi Oleh-oleh Khas Makassar Terfavorit Kuliner di kota Makassar ini tak kalah menarik oleh-oleh makassar daerah-daerah lainnya.

Beragam makanan dengan cita rasa serta rempah yang khas membuat wisata di sini pasti pengunjung. Beberapa dari mereka juga sudah terkenal di berbagai penjuru Nusantara. Penasaran? Bacaan Lainnya • Oleh-Oleh Khas Bali Murah Paling Terkenal & Hits • Oleh-oleh Khas Kepulauan Riau Wajib untuk Dibawa Pulang • Oleh-oleh Khas Serang Banten Wajib Kamu Bawa Pulang Bannang-bannang Bannang-bannang, dinamai demikian karena bentuknya mirip dengan benang kusut yang digulung-gulung.

Rasa manis dan legit sangat cocok bagi Anda sebagai penyuka jajanan seperti ini sehingga tak boleh terlewat untuk di jadikan oleh-oleh. Umumnya jajanan tradisional ini sering dibuat saat ada acara khusus seperti hajatan pernikahan.

Selain itu, makanan tersebut bisa tahan sampai beberapa hari karena sifatnya yang kering, jadi tak perlu khawatir akan busuk di tengah perjalanan. Kue Dange Pernahkan Anda mencoba kue dari fermentasi susu kerbau? Jika belum, maka di kota Makassar inilah tempatnya. Pusat utama pembuatan jajanan tradisional ini terletak di Enrekang yang terkenal sebagai daerah penghasil susu kerbau.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Ambon Rasanya yang gurih membuat jajanan tersebut lebih sering dijadikan lauk pauk atau teman makan nasi hangat. Dengan cocolan sambal khas Makassar sehingga bisa dikatakan tidak murni camilan. Kue Baruasa Jajanan tradisional selanjutnya ini mudah sekali ditemukan di pusat perbelanjaan maupun oleh-oleh Makassar online adalah kue Baruasa. Menggunakan bahan dasar tepung beras, telur dan kelapa parut membuatnya memiliki tekstur kasar dengan rasa gurih yang nagih.

Harganya pun juga relatif murah serta bisa bertahan sampai beberapa hari. Jadi, apabila Anda berasal dari luar kota maupun luar pulau tak perlu khawatir kalau berminat membawa oleh-oleh satu ini. Namun jika masih ragu bisa meminta yang baru matang kepada penjualnya. Kue Kurma Kue kurma khas Makassar berbeda karena tidak seperti yang Anda bayangkan akan terbuat dari buah aslinya. Hanya saja ia memiliki ciri menyerupai kurma sehingga dinamakan demikian dengan rasa cenderung manis dan legit.

Kue ini sengaja dibentuk seperti kurma dengan bahan pembuatnya dari mentega, tepung terigu dan telur. Kemudian bagian atasnya dibalut karamel meleleh dengan taburan kacang tanah atau kenari cincang sehingga memberikan perpaduan rasa gurih dan manis.

Kerupuk Jintan Uniknya dari kerupuk jintan ini adalah tidak semua orang bisa membuatnya. Jika belum terbiasa rasa yang dimiliki akan aneh dan sangat keras. Bahkan warga Makassar sendiri belum tentu bisa. Namun, Jika sudah ahli cita rasanya akan sangat khas, gurih dan lezat.

Makanan yang terbuat dari bahan dasar tepung terigu dan telur sera soda oleh-oleh makassar ini sangat nikmat jika dijadikan teman camilan saat santai. Meskipun nampak keras, tetapi ketika digigit akan terasa renyah dan menggugah selera.

Kue Deppa Toraja Oleh-oleh khas Makassar berupa kue Deppa memiliki bentuk memanjang sebesar jari tangan.

oleh-oleh makassar

Hanya saja sering kali orang kurang tertarik karena bentuk dan waranya coklat gelap. Namun, jangan salah karena jika sudah mencoba bisa dipastikan Anda akan ketagihan.

Bahan dasar terbuat dari tepung beras memberikan tekstur kasar dan garing. Tetapi, justru di sini kenikmatannya dengan sedikit crunchy di luar dan lembut di dalam sangat cocok untuk teman ngemil bertemankan secangkir kopi atau teh. Coto Makassar Instan Siapa yang tidak kenal dengan coto Makassar? Makanan satu ini memang mirip dengan soto dan telah terkenal di setiap penjuru nusantara. Kuliner yang tak mungkin di bawa pulang karena hanya tahan beberapa jam saja, kini sudah bisa dijadikan oleh-oleh.

Anda akan menemukan coto versi paket instan dengan ketahan hingga bermingggu-minggu sehingga tak perlu khawatir lagi. Harganya pun juga terjangkau yaitu kisaran Rp. 10.000,- hingga Rp. 15.000,. Namun, ada pula yang menjual seharga Rp. 135.000,- hanya saja lengkap dengan dagingnya. Kacang Sembunyi Siapa yang tidak tahu dengan jajanan tradisional satu ini?

Meskipun terkenal di berbagai daerah, namun siapa yang sangka jika asalnya dari Makassar. Makanan yang terbuat dari kulit tepung dengan isian kacang di dalamnya sehingga sering disebut kacang sembunyi. Jajanan seperti ini akan banyak ditemui di pusat oleh-oleh khas Makassar Sulawesi Selatan. Rasa gurih dari kacang dan kulit serta manisnya baluran karamel sangat pas untuk camilan di waktu santai. Mantao pare Mantao pare bisa dibilang sebagai bakpaonya orang Makassar.

Oleh-oleh makassar memang mirip berupa oleh-oleh makassar putih yang bisa dimakan langsung, digoreng ataupun dikukus terlebih dahulu. Kue ini juga memiliki banyak pilihan rasa. Varian isi tersebut bisa berupa coklat, daging giling hingga rasa padang sekalipun. Selain itu, saat penyajiannya juga bisa dikreasikan dengan berbagai jenis toping sesuai selera. Anda pun bisa membawa pulang karena akan tahan hingga beberapa hari.

oleh-oleh makassar

Bagea Bagea merupakan salah satu kue tradisional khas Makassar yang terbuat dari tepung sagu. Teksturnya memang sedikit keras sangat pas jika dihidangkan dengan teh hangat. Sayangnya oleh-oleh makassar ingin membeli oleh-oleh untuk orang tua atau lansia lebih baik pilih jajanan lain.

Meskipun begitu tekstur keras yang khas membuat kue ini memilki rasa gurih dan legit. Bahkan makanan tersebut populer di kalangan anak muda. Bentuknya memang mirip cookies pada umumnya hanya bahan dasar pembuatnya yang berbeda. Otak-otak Makassar Mungkin Anda sudah sering menemui jajanan ini di daerah lain atau bahkan kerap kali memakannya. Namun, jangan salah camilan dari kota Makassar satu ini terbuat dari ikan tenggiri asli.

Cara memasaknya pun berbeda, yaitu dengan dibungkus daun pisang kemudian dibakar Rasa otentik yang oleh-oleh makassar dan lembut akan memberikan kelezatan tersendiri. Meskipun termasuk kue basah, tetapi makanan tersebut bisa bertahan hingga beberapa hari dan sangat cocok sebagai makanan pembuka khas Makassar. Barongko Selain otak-otak, makanan basah lain yang aman untuk dibawa perjalanan jauh adalah barongko. Jajanan ini terbuat dari pisang yang dihaluskan kemudian dicampur dengan berbagai bahan seperti santan dan bumbu-bumbu lainnya sehingga memberikan rasa manis legit yang khas.

Teksturnya yang lembut bisa dipastikan semua kalangan akan suka. Jajanan ini juga dibungkus dengan daun pisang, kemudian dikukus cukup lama sehingga bisa tahan beberapa hari di berbagai macam suhu ruang. Kue Baje Nama kue khas Makassar lainnya yang sangat unik adalah Baje. Jika di Jawa terdapat wajik klethik atau wajik ketan, maka di Makassar ada makanan ini. Bahan dasarnya memang sama yaitu terbuat dari ketan dicampur dengan kelapa parut dan gula kemudian dimasak cukup lama.

Hanya saja untuk Baje ini nantinya akan dibungkus menggunakan kulit jagung maupun daun oleh-oleh makassar yang sudah kering. Kue khas masyarakat Todakka ini juga kerap dijadikan jajananm khusus di acara-acara seperti hajatan dan pernikahan. Abon Raos Abon raos bisa menjadi pilihan oleh-oleh yang enak dan praktis, apalagi sangat pas jika dijadikan teman makan nasi hangat. Rasanya yang gurih serta terbuat dari olahan daging sapi dengan rempah-rempah khas membuatnya terkenal di pasaran Makassar sehingga wajib dicoba.

Meskipun Raos sebenarnya bahasa Sunda yang artinya enak, namun pada faktanya abon ini asli dari Makassar. Bisa dipastikan disetiap sudut kota pasti menjual makanan ini. Anda pun juga bisa mendapatkan oleh-oleh khas Makassar tersebut di Surabaya jika tidak sempat pergi ke sana. Selain terkenal dengan kulinernya, kota ini juga memiliki beragam minuman khas yang tak boleh terlewatkan untuk dibawa pulang.

Kalaupun tidak sempat ke sana namun ingin membelinya bisa juga Anda pergi ke oleh-oleh Oleh-oleh makassar di Jakarta. Berikut beberapa di antaranya: Sirup DHT Menariknya sirup DHT ini memiliki rasa dan aroma unik, yaitu khas pisang ambon.

Akan tetapi berbanding terbalik dengani oleh-oleh makassar, yaitu merah merona dengan kemasan botol plastik warna hijau dan putih. Sirup ini juga sering kali dihidangkan sebagai pendamping minuman es pisang ijo khas Makassar. Rasa unik yang dimiliki tentu akan memberikan kelezatan tersendiri daripada jenis lainnya. Bisa dipastikan Anda tidak akan menyesal jika mencobanya. Kopi Toraja Berkunjung ke Makasaar belum lengkap jika pulang tidak membawa oleh-oleh kopi yang satu ini.

Pasalnya rasa yang dimiliki unik dan khas bahkan tidak akan ditemukan di daerah lain. Terdapat 3 variasi untuk minuman ini, yaitu Arabica, Robusta dan special blend. Oleh-oleh makassar jenis ini akan banyak ditemui di pusat oleh-oleh Makassar. Meskipun Anda tipe orang yang kurang suka kopi akan tetapi tidak ada oleh-oleh makassar pulang membawa buah tangan tersebut untuk keluarga, kerabat maupun teman. Sirup Markisa Minuman khas selanjutnya terbuat dari buah markisa asli dengan cita rasa asam, manis yang menyegarkan dan siap untuk melepas dahaga.

Anda bisa oleh-oleh makassar sirup ini di berbagai toko oleh-oleh maupun swalayan di sana. Meskipun kota Medan juga sama terkenalnya akan sirup markisa, namun Makassar memiliki cita rasa khas tersendiri yang wajib Anda coba.

Penasaran mau mencoba? Silakan datang saja ke toko oleh-oleh Makassar 24 jam. Selain kuliner, oleh-oleh yang tak boleh terlewatkan dari kota ini berupa kerajian tangan. Baik itu hiasan, mainan, hingga pakaian. Ada terdapat banyak sekali buah tangan yang mencirikan kota ini, di antaranya: Kain Tenun Belum ke Makassar rasanya jika tidak membawa oleh-oleh satu ini. Kain yang mencirikan kekhasan kota tersebut memiliki corak unik dengan warna-warna dark maupun terang serta kombinasinya sangat cocok.

Kain atau sarung seperti ini akan mudah Anda temui di pasar-pasar tradisional kota Makassar. Harga yang ditawarkan pun bervariasi, tergantung jenis seperti apa yang oleh-oleh makassar dipilih.

Dimulai dari Rp. 20.000,- hingga ratusan ribu rupiah. Sutra Sengkang Bukan hanya tenun saja, ternyata Makassar juga memiliki kain sutra sengkang sebagai salah satu oleh-oleh dan solusi jika sudah bosan dengan kuliner. Menariknya lagi terdapat beragam motif unik yang mencirikan kota tersebut.

Memang untuk harga cukup merogoh kocek ya, pasalnya kain sutra ini bisa dibandrol hingga jutaan rupiah. Namun, apabila Anda sangat menginginkannya bisa mencoba yang lebih murah dengan bahan semi-sutra dan tarif mulai dari ratusan ribu rupiah saja. Handicraft Toraja Kota Makassar juga terkenal akan handicraftnya.

Nah, jika Anda ingin membawa oleh-oleh untuk kerabat atau teman untuk dijadikan kenangan dan bisa bertahan lama maka inilah jawabannya. Ada banyak tersedia varian kerajinan yang bisa di bawa pulang. Di antaranya adalah gantungan kunci, ukiran kayu, lukisan dan masih banyak lagi berbagai souvenir lainnya yang terbuat dari bahan-bahan alam.

Harganya pun juga oleh-oleh makassar murah sehingga cocok sekali jika ingin membawa banyak oleh-oleh low budget. Sarung Tenun Salah satu oleh-oleh khas Makassar yang bisa dijadikan cinderamata maupun untuk diri sendiri adalah sarung tenun.

Memiliki corak khas dengan perpaduan warna unik, nyaman dipakai serta tidak gerah menjadikannya favorit di kalangan wisatawan. Apalagi bagi Anda yang begitu menyukai kain etnik, pilihan ini bisa menjadi salah satu andalan.

Selain makanan ringan sarung tenun ini juga salah satu ciri khas Losari. Karya Seni Toraja Selain terkenal dengan kuliner, Toraja juga dikenal akan kerajinan tangannya. Salah satunya adalah replika rumah Tongkonan dan kapal pinisi. Banyak wisatawan pasti membeli ini ketika berkunjung sebagai hadiah maupun kenangan. Kerajinan tangan bisa menjadi pilihan terbaik untuk dijadikan oleh-oleh serta kenangan khas kota tersebut.

Harganya juga bervariasi dan umumnya tergantung dari jenis karya, bahan pembuatnya serta tingkat kesulitan. Kaos Khas Makassar Salah satu yang tak pernah ketinggalan ketika berkunjung ke suatu kota adalah mencari oleh-oleh ikonic. Misalnya saja kaos yang bertemakan keunikan atau logo-logo khas Makassar seperti Tongkonan, kapal pinisi dan masih banyak lagi. Kaos seperti ini juga bisa dijadikan oleh-oleh untuk orang-orang terkasih dengan harga rata-rata sangat terjangkau.

Umumnya orang-orang membeli sebagai tanda jika ia sudah pernah berkunjung ke tempat tersebut. Tas Etnik Tas etnik ini terdapat berbagai macam bentuk yang terbuat dari kain tenun ataupun bahan lain. Memiliki corak khusus seperti anyaman rotan dan lain-lain bisa dipastikan akan membuat Anda “ngiler”.

Pasalnya oleh-oleh satu ini sering dipajang berjajar dan senada dengan kerajinan-kerajinan lain. Saat dikenakan pun nampak fashionable jika dipadupadankan dengan pakaian kasual. Jadi, oleh-oleh ini sangat direkomendasikan. Songkok Cinderamata lainnya sebagai salah satu ciri khas kota ini adalah songkok dan cocok digunakan untuk pelengkap sarung. Berbeda dengan kopiah dari daerah-daerah lainnya karena oleh-oleh makassar satu ini terbuat dari anyaman rotan kuning.

Songkok khas Makassar yang unik ini terbilang cukup mahal memang, karena cara membuatnya lumayan sulit. Biasanya untuk tarif per satuan akan dibandrol seharga Rp. 200.000,- an. Meskipun begitu kualitasnya tak perlu diragukan lagi. Kupu-kupu Bantimurung Bagi pecinta kupu-kupu ataupun kecantikan sejenisnya, maka oleh-oleh ini sangat pas.

Selain itu, ia juga cocok jika dijadikan cinderamata maupun hadiah untuk orang-orang terdekat. Hiasan dinding seperti ini bisa Anda temukan dengan mudah di berbagai penjual. Menariknya lagi, hiasan dinding ini terbuat dari kupu-kupu asli yang telah diawetkan. Kemudian dikumpulkan dalam sebuah pigura sesuai dengan coraknya. Harganya pun juga terbilang murah, yaitu mulai dari Rp.

25.000,- hingga ratusan ribu tergantung dari bentuk dan ukuran. Itulah beberapa pilihan oleh-oleh khas Makassar yang paling rekomended dengan harga terjangkau. Dengan cita rasa khasnya sehingga tak perlu bingung lagi harus memilih buah tangan seperti apa ketika akan pulang.
Kota makassar merupakan kota yang cukup terkenal wisata kulinernya.

Salah satu oleh oleh khas makasar yang paling terkenal adalah abon raos. Walaupun salah satu kota metropolitan terbesar di Indonesia, khususnya di bagian Timur Indonesia, kota Makassar terkenal dengan adat bugisnya yang kental. Mungkin itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang yang datang dan tinggal di kota ini, entah hanya sekedar berwisata, mengisi hari libur, urusan bisnis hingga ada yang merantau di kota Makassar.

Apapun yang menjadi alasannya, pasti Anda pun akan merasa ingin pulang ke tempat asal dengan membawa oleh oleh khas Makassar oleh-oleh makassar buah tangan untuk keluarga dan orang-orang terdekat. Lihat juga oleh oleh khas thailand • Oleh oleh Khas Makassar Kekinian • 1. Baruasa • 2. Otak-otak Ikan Tenggiri • 3. Bannang-Bannang • 4. Kue Kurma • 5.

oleh-oleh makassar

Kacang Sembunyi • 6. Kopi Toraja • 7. Sirup DHT • 8. Abon Raos • 9. Sirup Markisa • 10. Kain Tenun & Sarung Khas Bugis Selain Pantai Losari, yang terkenal di kota Makassar adalah produksi minyak tawon nya. Namun, oleh oleh khas Makassar bukan hanya minyak tawon saja, karena ada banyak sekali oleh-oleh khas lain yang direkomendasikan untuk Anda beli.

1. Baruasa Merasa asing dengan kuliner oleh-oleh yang satu ini? Namanya baruasa, yakni kue tradisional yang terbuat dari campuran tepung beras, kelapa dan telur. Anda dan wajib menjadikan baruasa sebagai oleh-oleh, karena makanan ini hanya dapat Anda jumpai di banyak sudut-sudut, toko hingga di pusat perbelanjaan kota Makassar saja.

2. Otak-otak Ikan Tenggiri Dari namanya saja sudah bikin ngiler kan? Oleh-oleh yang kerap dijumpai adalah otak-otak bandeng, tapi kali ini adalah otak-otak ikan tenggiri. Makanan berupa olahan ikan tenggiri yang dibungkus dengan daun pisang, kemudian dibakar ini merupakan pilihan terbaik apabila Anda membelinya sebagai oleh-oleh. Di sepanjang Pantai Losari Anda bisa menjumpai salah satu kuliner yang terkenal di Makassar ini. Namun, jika ingin mendapatkan otak-otak ikan tenggiri dengan cita rasa yang lebih enak, maka datanglah ke Jalan Kijang untuk mendapatkan otak-otak tenggiri Ibu Elly dan jika Anda berada di Jalan Lasinrang, Anda bisa membelinya oleh-oleh makassar tempat Ibu Sanny.

3. Bannang-Bannang Sebagai orang yang tinggal di luar kota Makassar, pasti akan terasa asing sekali dengan makanan yang dikenal dengan oleh-oleh makassar bannang-bannang.

Oleh-oleh makassar dari makanan ini diartikan sebagai benang-benang, dimana bentuk dari makanan ini pun memang menyerupai benang-benang kusut yang dilipat. Bannag-bannang memiliki rasa yang manis, ya hampir sama lah dengan arum manis tapi yang ini punya ciri khas tersendiri dari rasa hingga bentuknya. 4. Kue Kurma Walaupun kue ini tidak terbuat dari bahan oleh-oleh makassar kurma dan tidak menggunakan toping kurma, namun namanya dikenal sebagai kue kurma karena proses pembuatannya dibalut dengan caramel, sehingga tampilannya persis seperti kurma.

Oleh-oleh makassar dalam kue ini terdapat tambahan beberapa potong kacang, sehingga rasanya manis dan gurih. Penasaran? Sebaiknya coba Anda beli beberapa untuk dijadikan sebagai buah tangan untuk keluarga sekaligus orang terdekat saat tiba di rumah. 5. Kacang Sembunyi Oleh oleh khas Makassar kekinian selanjutnya adalah camilan yang dikenal dengan nama kacang sembunyi. Unik sekali kan namanya? Camilan ini memang terbuat dari kacang tanah yang dibalut dengan tepung, sehingga cita rasanya begitu gurih dan khas.

Camilan ini tak hanya enak tapi juga dijual dengan harga murah, sehingga pas dijadikan oleh-oleh dalam jumlah banyak. Lihat juga oleh oleh khas bali Bukan hanya itu saja, walaupun kacang sembunyi merupakan camilan yang tidak menggunakan bahan pengawet, tapi camilan kacang sembunyi ini dapat bertahan hingga berbulan-bulan lamanya.

6. Kopi Oleh-oleh makassar Yang namanya oleh-oleh, pasti yang Anda beli bukanlah kesukaan Anda. Nah, bagi Anda yang punya kenalan atau beberapa orang terdekat, yang notabennya adalah pencinta kopi, makalah bawakan kopi toraja khas Makassar untuk mereka semua. Kopi Toraja ini dikenal dengan tiga variannya, diantaranya adalah Special Blend, Arabica dan Robusta. Anda bisa pilih salah satu, tapi daripada bingung lebih baik pilih semua varian tersebut.

7. Sirup DHT Secara umum, pisang ambon lebih banyak diolah menjadi dissert dan aneka camilan. Namun lain halnya dengan kota Makassar, karena di sini pisang ambon diolah menjadi sirup yang begitu menyegarkan.

Sirup ini dikenal dengan nama Sirup DHT yang mana cita rasa hingga tingkat keasamananya tak pernah berubah dari masa ke masa. Apabila Anda ingin mencoba dan mencicipi seperti apa sih rasa sirup yang terbuat dari pisang ambon, maka Anda bisa berkunjung sekaligus berwisata di kota Makassar.

8. Abon Raos Selain enak, abon juga banyak dijadikan lauk makanan karena praktis. Bagi Anda yang lebih senang dengan hal-hal yang praktis, maka akan sangat cocok sekali apabila menjadikan abon raos sebagai oleh-oleh. Apalagi abon yang satu ini akan sangat enak sekali apabila dimakan dengan nasi hangat.

Abon raos terbuat dari olahan daging sapi, cita rasanya begitu khas dan sangat enak.

oleh-oleh makassar

Tidak susah untuk mendapatkannya, karena di setiap toko oleh-oleh hingga di pasar pun menjual abon yang terkenal di Makassar ini. 9. Sirup Markisa Bukan hanya sirup DHT saja yang dapat Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh, karena di Makassar juga ada sirup markisa yang tak kalah enak dan segar dari sirup markisa khas kota Medan. Sirup ini terbuat dari buah markisa asli tanpa dicampur dengan pengawet, pewarna dan bahan-bahan kimia lainnya, sehingga kualitasnya pun begitu terjamin.

10. Kain Tenun & Sarung Khas Bugis Ternyata oleh oleh khas Makassar bukan hanya makanan dan minuman saja lho. Apabila Anda ingin mendapatkan oleh-oleh, sekaligus dijadikan sebagai kenang-kenangan, maka pilihan yang paling tepat adalah kain tenun & sarung khas bugis. Baik kain maupun sarung khas bugis ini memiliki corak sekaligus motif yang begitu unik dan juga menarik. Harganya pun bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

Apakah Anda sudah bisa memutuskan hendak memilih dan membeli yang mana? Jikalau belum, maka Anda bisa memilih semuanya. Bagaimana apabila budget terbatas? Tak apa, Anda tak perlu membelinya dalam jumlah banyak, sedikit-sedikit tapi bervariasi tentu akan membuat sang penerima bisa merasa senang. Sebab, mereka tak perlu jauh-jauh berkunjung sendiri ke Makassar untuk bisa mendapatkannya, sehingga apa pun yang akan Anda berikan, pasti mereka akan sangat berterima kasih.

Lihat juga oleh oleh khas semarang Sebenarnya tak jadi masalah mengenai apa oleh oleh khas Makassar kekinian yang akan Anda pilih dan yang Anda beli, karena itu sudah menjadi kehendak dan juga hak Anda. Akan tetapi, akan lebih apabila Anda memilih oleh-oleh yang lebih tahan lama jika dibawa oleh-oleh makassar perjalanan jauh. Pasalnya, jika Anda menempuh perjalanan jauh dalam kurun waktu yang terbilang lama, tentu oleh-oleh yang Anda beli jadi cepat basi. Oleh-oleh makassar, sudah jauh-jauh Anda membelinya tapi tidak bisa dibagikan pada orang-orang terdekat, pasti hal itu akan sangat mengecewakan sekali.Tags: Jajanan makassar, oleh oleh khas makasar, oleh oleh khas makassar, nama oleh oleh khas, oleh-oleh khas makassar, oleh oleh khas makasar di makasar, OLEH-OLEH KHAS MAKASSAR IBU SANNY Kota Makassar Sulawesi Selatan, Jajanan khas makasar Makanan Khas Favorit menu buka puasa 2022 makanan enak indonesia jajanan kekinian cemilan kekinian makanan pedas kekinian makanan ringan kekinian minuman kekinian makanan kekinian makanan khas korea makanan khas bali makanan khas sunda makanan khas daerah makanan khas betawi makanan khas bandung makanan khas maluku makanan khas oleh-oleh makassar makanan khas surabaya makanan khas jogja makanan khas semarang makanan khas jawa tengah makanan khas jawa timur makanan khas jawa barat makanan khas solo makanan khas papua makanan khas indonesia makanan khas aceh makanan khas lampung makanan khas jakarta makanan khas medan makanan khas palembang makanan khas riau makanan khas cirebon makanan khas makassar makanan khas malang makanan khas bengkulu makanan khas bogor makanan khas jambi makanan khas yogyakarta makanan khas korea makanan khas padang makanan khas sulawesi makanan khas sumatera barat makanan khas sumatera utara makanan khas banten makanan khas jepang oleh oleh khas jogja oleh oleh khas bali oleh oleh khas bandung oleh-oleh makassar oleh khas surabaya oleh oleh khas malang oleh oleh khas jakarta oleh oleh khas semarang oleh oleh khas solo oleh oleh khas medan oleh oleh khas makassar oleh oleh khas bogor oleh oleh khas cirebon oleh oleh khas jepang traveloka hotel, hotel di bandung, booking hotel, pegipegei hotel, hotel di jogja, hotel di malang, hotel murah oleh-oleh makassar bandung, hotel di bogor, hotel di bali, hotel di batu malang, hotel di semarang, hotel bandung, hotel california bandung, hotel di solo, hotel dekat malioboro, agoda hotel, hotel jogja, hotel murah di singapore, hotel singapore
Berada di kawasan Indonesia Timur, Makassar tidak hanya kaya akan warisan budaya, namun juga punya segudang oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Kota Anging Mammiri ini sudah tersohor akan kelezatan aneka makanan khasnya sejak lama. Berikut adalah deretan oleh-oleh kuliner khas Makassar yang banyak diburu saat mudik. Semuanya khas dan legendaris, lho.

potret sirup markisa Bola Dunia (instagram.com/frozenfoodcasayu) Markisa merupakan buah eksotis yang punya cukup banyak penggemar. Salah satu hasil olahan markisa yang sangat populer di Makassar adalah sirupnya. Tak heran jika banyak yang menjadikan sirup markisa Makassar sebagai buah tangan. Bola Dunia adalah salah satu pelopor produk sirup markisa khas Makassar yang bisa kamu bawa pulang untuk oleh-oleh.

Sirup markisa asal Malino ini mengandung lebih banyak vitamin C, karena menggunakan buah markisa asli. Karena diproses secara alami, sirup ini mampu bertahan cukup lama di suhu ruang. Sirup markisa ini tersedia di setiap toko oleh-oleh khas Makassar. potret lumpia Sulawesi (instagram.com/lumpia.sulawesi) Salah satu kuliner Makassar yang tidak boleh dilewatkan adalah lumpia. Meski gak beda jauh dengan lumpia pada umumnya, namun kuliner peranakan Tionghoa dan Sulawesi ini memiliki cita rasa yang khas ketika dimakan.

Sehingga tak jarang banyak yang oleh-oleh makassar untuk dibawa pulang. Salah satu lumpia yang cukup populer adalah Lumpia Sulawesi yang berada di Jalan Lasinrang Nomor 11 C. Lumpia Sulawesi yang sudah eksis sejak 1988 ini terasa spesial karena, kulitnya tipis, jadi ketika digigit teksturnya gurih dan renyah.

oleh-oleh makassar

Saus sambalnya juga beda dari lumpia oleh-oleh makassar lain, karena menggunakan tauco yang kental. Jadi sensasinya ada pedas, manis dan gurih. Toko mereka buka dari pukul 07.30-19.00 WITA. Baca Juga: 5 Aktivitas Wisata Menarik di Pantai Losari Makassar potret bakso Ati Raja (instagram.com/bakso_atiraja) Bagi yang ingin memberi buah tangan paket bakso, bisa mampir ke kedai Bakso Ati Raja yang sudah melegenda di Makassar.

Rumah makan ini sudah beroperasi sejak tahun 1995. Keistimewaan bakso ini terletak pada pemilihan daging sapinya yang berkualitas. Rasanya yang pas, didapat dari pemilihan bagian sapi yang berbeda-beda untuk tiap jenis baksonya. Sapi yang digunakan adalah sapi lokal Makassar. Jika ingin dijadikan oleh-oleh, kamu bisa membeli yang divakum. Baksonya terbuat dari daging asli 100%. Pilihan baksonya ada bakso halus, bakso urat dan bakso goreng.

Alamatnya di Jalan Gunung Merapi Nomor 170. Jam operasional mereka dari pukul 07.00-22.00 WITA. potret otak-otak Ibu Sanny (instagram.com/otakotakmakassaribusanny) Otak-otak Ibu Sanny juga termasuk yang banyak diburu wisatawan ketika berkunjung ke kota Daeng. Kuliner yang terbuat dari ikan tenggiri ini sudah terkenal sejak 1995. Otak-otak Ibu Sanny rasanya enak, kenyal, gurih dan gak bau amis meski menggunakan ikan tenggiri asli.

Ditambah racikan bumbu sambalnya yang nendang, pas banget di lidah. Tak heran jika banyak pelanggan dari Makassar maupun luar daerah luar yang ketagihan dan balik lagi. Alamatnya di Jalan Lasinrang Nomor 47. Jika ingin dibawa pulang, harus yang dalam keadaan fresh alias baru dibuat, agar tidak basi selama perjalanan. potret abon Raos (instagram.com/madallejastip) Abon Raos juga sering dijadikan oleh-oleh khas Makassar.

Rasanya yang khas, beda dari yang lain membuat jajanan Makassar ini kerap dicari pelancong. Cita rasanya gurih dan pedas.

Rasa daging sapinya benar-benar terasa dengan perpaduan bumbu pilihan yang sempurna. Itulah sebabnya harga abon Raos lebih mahal dibanding merek lainnya. Abon Raos ini akan terasa lebih nikmat jika dimakan bersama sepiring nasi putih hangat atau isian roti tawar.

Mendapatkan abon Raos sangat mudah, karena hampir tersedia di semua tempat jual oleh-oleh di Makassar. Ragam kuliner khas Makassar oleh-oleh makassar sangat menggoda selera. Namun yang populer dan legendaris yang kerap dicari wisatawan. Dari kelima makanan di atas, yang manakah favoritmu? Baca Juga: 5 Kafe Keren di Makassar untuk Kamu Jajal di Akhir Pekan Berita Terpopuler • Hamas Mulai Bangkit, Menkeu Israel: Ini Semua Kesalahan Netanyahu • 10 Potret Liburan Ayu Ting Ting dan Keluarga oleh-oleh makassar Jogja, Ayah Rozak Hits • 10 Fakta Elon Musk, Orang Terkaya di Dunia yang Baru Membeli Twitter • 10 Oleh-oleh makassar Nagita Slavina Masak Makan Malam buat Teman-teman Artisnya • [LINIMASA-5] Perkembangan Terkini Vaksinasi COVID-19 Indonesia • 10 Potret Menawan Arlova, Anak Bungsu Andre Taulany, Beranjak Remaja • Libur Lebaran Usai, Jakarta Kembali Terapkan Ganjil Genap Oleh-oleh makassar Ini • BMKG: Waspada, Suhu Panas Terik Terjadi hingga Pertengahan Mei • 10 Potret Baby Ameena dalam Berbagai Ekspresi, Gemasnya KebangetanMakassar Kota terbesar di Kawasan Indonesia Timur.

Tidak hanya terkenal dari pariwisata alam yang mempesona. Makassar juga terkenal memiliki beragam oleh-oleh khas yang menarik untuk di bawa pulang. Oleh-oleh Khas Makassar beragam bentuknya mulai dari souvenir sampai ke makanan khas. Berbagai oleh-oleh khas bisa dengan mudah Anda temui ketika sedang berlibur ke Makassar.

Jangan sampai Anda melewatkan serunya berburu oleh-oleh lantara masih bingung mau membeli apa. Berikut rekomendasi oleh-oleh khas Makassar beserta tempat belinya yang bisa Anda jadikan pilihan ketika mencari cenderamata dari Makassar.

Daftar Konten • 1. Kain Sutra Dari Sengkang • 2. Handicraft Toraja • 3. Minyak Tawon Makassar • 4. Kain dan Sarung Tenun Khas Bugis • 5.

Kopi Toraja • 6. Sirup Markisa • 7. Kerupuk Jintan • oleh-oleh makassar. Sirup DHT • 9. Kacang Disco Makassar • 10.

oleh-oleh makassar

Kacang Sembunyi • 11. Kue Benang-benang • 12. Abon Raos • 13. Kue Kurma • 14. Otak-otak Ikan Tenggiri • 15. Coto Makassar Instan • 16. Mantao Pare • 17. Dangke • Rekomendasi 5 Pusat Oleh-oleh di Makassar • 1. Toko Ujung • 2. Toko Cahaya • 3. Toko Keradjinan • 4. Toko Mentari • 5. Toko Oleh-oleh Kota Daeng 1. Kain Sutra Dari Sengkang Image Credit by Serempak.id Kain dan Sarung Sutra merupakan kerajinan tangan khas dari Suku Bugis.

Anda bisa mendapatkan kain dan sarung sutra dengan kualitas terbaik dari Makassar di pusat oleh-oleh. Harga kain sutra memang terkenal mahal namun di pusat oleh-oleh Anda bisa mendapatkan harga murah dengan kualitas semi-semi sutera sampai yang kualitasnya asli dengan harga jutaan. Kain Sutra oleh-oleh makassar Sengkang oleh-oleh Khas Makassar untuk orang tersayang. 2. Handicraft Toraja Image Credit by Pixamola.com Handicraf Toraja terdiri dari banyak pilihan mulai dari ukiran kayu, gantungan kunci berbentuk boneka dan tulisan, lukisan, baju tradisional sampai dengan yang paling sederhana seperti tempat tisu pun ada.

Harga dari Handicraft Toraja ini bervariasi. Harga disesuaikan dengan kualitas bahan yang dipakai. Anda juga bisa mencari cenderamata kreatif yang dihasilkan penduduk di pusat oleh-oleh Makassar.

3. Minyak Tawon Makassar Image Credit by Tionghoa.info Meskipun minyak tawon saat ini sudah bisa dibeli di semua apotek yang ada di Indonesia, namun kualitas minyak tawon yang dibeli dari wilayah pembuatannya langsung jelas terjamin.

Makassar merupakan daerah penghasil minyak tawon terbaik. Minyak Tawon Makassar bisa Anda temui di pusat oleh-oleh di Makassar. Beragam penyakit bisa disembuhkan dengan minyak tawon mulai dari gatal-gatal sampai dengan bisul sekalipun. 4. Kain dan Sarung Tenun Khas Bugis Image Credit by Sarungbhs.co.id Selain sutra ada juga kain tenun yang menjadi ciri khas Kebudayaan Suku Bugis yang ada di Makassar. Kain dan Sarung Tenun Khas Bugis merupakan oleh-oleh yang sangat terkenal di kalangan orang yang suka berburu kain khas dari kota wisata.

BACA: 10 Mall Keren di Makassar yang Wajib Anda Kunjungi Kain dan Sarung Tenun Khas Suku Bugis punya corak yang menarik dan juga unik. Oleh-oleh makassar yang dipakai untuk membuat kain dan sarung pun berbeda-beda ada yang dari katun sampai dengan sutera. Satu kain harganya mulai dari 20 ribu untuk kualitas standar. 5. Kopi Toraja Image Credit by Omiyago.com Berkunjung ke Makassar tidak lengkap rasanya bila tidak membawa buah tangan yang satu ini.

Meskipun Anda bukan pencinta kopi namun tidak ada salahnya untuk membawakan Kopi Toraja sebagai oleh-oleh untuk keluarga, teman dan sanak saudara. Citarasa dari Kopi Toraja ini unik dan tidak bisa Anda dapatkan dari kopi lain. Ada tiga pilihan jenis kopi yang bisa Anda pilih yaitu Robusta, Special Blend dan Arabica. 6. Sirup Markisa Image Credit by Vibizmedia.com Sirup Markisa merupakan oleh-oleh Khas dari Makassar yang memiliki perbedaan dengan sirup markisa Medan.

Di Makassar sirup markisa dibuat secara alami dengan menggunakan buah markisa asli. Ada satu brand sirup markisa yang menjadi favorit wisatawan yaitu Sirup Markisa Malino. Sirup Markisa yang dibuat dari hasil buah markisa di perkebunan Malino. Citarasa minuman yang manis dan mengandung banyak vitamin yang baik untuk kesehatan.

7. Kerupuk Jintan Image Credit by Cookpad.com Kerupuk Jintan oleh-oleh Khas Makassar berbahan sagu. Selain sagu Kerupuk Jintan sesuai dengan namanya menggunakan bahan jintan hitam yang oleh-oleh makassar tekstur keras. Kerupuk dari Makassar ini sangat renyah dan menjadi buah tangan populer asal Makassar. Anda bisa mendapatkan kerupuk jintan di pusat oleh-oleh yang ada di daerah Makassar. 8. Sirup DHT Image Credit by Daerahwisata.com Dari namanya saja orang sudah tahu bahwa sirup yang satu ini merupakan buah tangan yang cuma ada di Makassar.

Anda jangan terkecoh dengan tampilan kemasan yang menyuguhkan berbagai gambar buah karena sebenarnya Sirup DHT ini adalah varian rasa pisang ambon. Sirup DHT memiliki warna merah pekat dan rasanya manis. Biasa ditemukan pada minuman es pisang hijau yang banyak dijual di Kota Makassar. Sirup DHT cocok Anda jadikan oleh-oleh saat berliburan di Makassar. 9. Kacang Disco Makassar Image Credit by Indonesiakaya.com Kacang disko oleh penduduk setempat menjadi makanan primadona di hari lebaran.

Untuk wisatawan banyak yang menyukai Kacang disko lantaran rasanya yang lezat dan gurih. Varian rasa yang bisa dipilih dari Kacang Disko Makassar yaitu Original dan rempah. Ketika dimakan Kacang disko akan menghasilkan sensasi ledakan dalam mulut perpaduan antara manis dan gurih dalam balutan tepung. 10. Kacang Sembunyi Image Credit by Nyaribisnis.com Bentuknya mirip dengan molen pisang mini.

Kacang Sembunyi merupakan cemilan dari bahan kacang tanah yang di balur dengan tepung terigu untuk bagian luarnya. Sesuai dengan namanya kacang yang tersembunyi dalam tepung. Kacang sembunyi ini menjadi incaran wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh Khas Makassar.

Memiliki cita rasa yang renyah dan juga gurih, Kacang sembunyi cocok untuk cemilan sore sambil minum teh. Kue Benang-benang selain sebagai oleh-oleh khas biasanya oleh masyarakat Makassar digunakan untuk sajian di acara pesta pernikahan. Kue Benang-benang produksinya masih secara tradisional sehingga tidak salah bila kue ini masih terjaga citarasanya dari dulu.

12. Abon Raos Image Credit by Tokopedia.com Abon Raos namanya berasal dari bahasa sunda “Raos” yang memiliki arti enak. Abon Raos merupakan sajian abon daging sapi yang memiliki citarasa sangat nendang dan enak tentunya. Abon Raos enak dimakan hanya dengan sepiring nasi putih hangat. Anda tidak akan kesulitan menemukan Abon Raos karena hampir semua tempat jual oleh-oleh di Makassar menjual Abon Raos.

13. Kue Kurma Image Credit by Craftlog.com Kue Kurma Anda tidak boleh terkecoh dari namanya. Cemilan khas Makassar yang satu ini terbuat dari bahan mentega, telur, maizena dan tepung terigu yang kemudian di balur dengan caramel sehingga bentuknya menyerupai kurma. Rasa dari Kue Kurma sedikit gurih karena adanya potongan kacang yang membalur luaran kue dan dominan manis dari bahan caramel yang dipakai. Kue Kurma ini banyak diburu wisatawan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

14. Otak-otak Ikan Tenggiri Image Credit by Rasasayange.co.id Otak-otak Ikan Tenggiri Oleh-oleh Khas Makassar. Otak-otak dibalut dengan daun pisang lalu dibakar untuk kemudian di nikmati. Jika ingin membawanya sebagai oleh-oleh sebaiknya pilih Otak-otak Ikan tenggiri yang masih fress baru dibuat. Otak-otak Ikan Tenggiri ini bisa Anda dapatkan ketika berkunjung ke Pantai Losari dan tempat pusat oleh-oleh yang ada. Ada dua tempat penjual otak-otak yang paling enak dan terkenal di Makassar yaitu otak-otak Ibu Elly dan otak-otak Ibu Sanny.

15. Coto Makassar Instan Image Credit by Shopee.co.id Tidak bisa lupa dengan citarasa Coto Makassar dan ingin bisa menikmatinya di rumah. Tenang, Anda bisa membeli oleh-oleh berupa Coto Makassar Instan yang merupakan inovasi terbaru dari aneka oleh-oleh Makassar. Anda bisa membuat sendiri Coto Makassar di rumah atau untuk dibagikan kepada teman dan keluarga yang belum pernah mencoba nikmatnya Coto Makassar. Coto Makassar Instan bisa Anda dapatkan di pusat oleh-oleh.

16. Mantao Pare Image Oleh-oleh makassar by Travelingyuk.com Bentuknya sekilas mirip bakpao namun ini bukan bakpao. Mantao Pare bentuknya bulat berwarna putih diolah dengan cara digoreng atau dikukus. Ada banyak varian rasa dari Mantao Pare yaitu pandan, cokelat, keju dan isian daging.

Mantao Pare ini cocok Anda jadikan buah tangan dari Makassar karena memiliki rasa yang enak dan bentuknya yang lucu. BACA: 15 Tempat Makan Oleh-oleh makassar di Makassar Favorit Wisatawan 17. Dangke Image Credit by Travelingyuk.com Dangke oleh-oleh yang berasal dari bahan susu kerbau yang kemudian di fermentasi. Oleh-oleh khas Makassar ini hanya ada di Enrekang. Enrekang adalah daerah di Makassar yang menghasilkan Kambing Etawang.

Cemilan ini akan sulit ditemukan di daerah lain. Selain dimakan langsung Dangke juga cocok menjadi lauk untuk pendamping Nasi putih. Rekomendasi 5 Pusat Oleh-oleh di Makassar 1.

Toko Ujung Lokasi: Jl. Somba OPU No.36, Bulo Gading, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar. – Image Credit by 2Pos.asia Pusat Oleh-oleh makassar di Makassar yang legendaris sudah berdiri sejak lama.

Toko Ujang menjual berbagai souvenir kerajinan Khas Makassar dan aneka cemilan atau makanan khasnya. Uniknya di Toko Ujang Anda akan menemukan Kopi Toraja made in Toko Ujang sendiri dengan cita rasa yang enak. Pencinta souvenir bisa berburu gantungan kunci, magnet kulkas, hiasan kupu-kupu khas Malino, sandal dan souvenir lainnya di Toko Ujang.

2. Toko Cahaya Lokasi: Jl. Toddopuli Raya Timur Blok C2 No.15, Panakkukang, Paropo, Borong, Kec. Manggala, Kota Makassar.

– Image Credit by Tripadvisor.co.id Toko Cahaya salah satu pusat oleh-oleh yang terkenal di Makassar. Sudah berdiri sejak tahun 1905 yang bisa dikatakan sebagai toko oleh-oleh pertama di Makassar.

Anda bisa mendapatkan beragam oleh-oleh dari cenderamata sampai makanan di Toko Cahaya. Toko Cahaya buka setiap hari dari pagi sampai jam 10 waktu setempat. 3. Toko Keradjinan Lokasi: Jl. Somba OPU No.34, Bulo Gading, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar. – Image Credit by Daerahwisata.com Seperti namanya pusat oleh-oleh ini lebih didominasi oleh hasil-hasil kerajinan lokal yang ada di Makassar.

Harga yang ditawarkannya pun sangat terjangkau. Aneka Kue yang dijual merupakan hasil dari industri kreatif rumah tangga yang ada di Makassar. Sarung Khas Bugis dengan bahan katun saja bisa Anda dapatkan dengan harga mulai dari 40 ribu rupiah. 4. Toko Mentari Lokasi: Jl. Somba OPU No.140, Bulo Gading, Kec.

Ujung Pandang, Kota Makassar. – Image Credit by Openrice.com Toko Mentari menjual aneka jajanan untuk oleh-oleh sampai dengan mutiara yang bisa Anda bawa pulang.

Untuk jajanan Khas Makassar di toko ini mulai dari 12 sampai 25 ribu. Selain menjual aneka souvenir khas Makassar.

Di Toko mentari juga tersedia oleh-oleh Yang lebih bervariasi misalnya miniatur Rumah Tator, kerajinan dari kain tenun dan lainnya. 5. Toko Oleh-oleh Kota Daeng Lokasi: Jl. Perintis Kemerdekaan, Sudiang, Kec. Biringkanaya, Kota Makassar. – Image Credit by Openrice.com Lokasi yang strategis karena dekat dengan Bandara membuat Toko Oleh-oleh Kota Daeng menjadi pusat oleh-oleh di Makassar yang direkomendasikan.

Andalan dari toko ini menjual oleh-oleh khas dari Kota Daeng. Anda bisa mendapatkan packing kardus yang rapi untuk oleh-oleh yang Anda beli dari toko ini sehingga mempermudah proses pembawaannya. Selain itu harga aneka oleh-olehnya pun sangat terjangkau dengan tempat yang enak dan nyaman untuk berbelanja. Itu tadi pilihan oleh-oleh khas Makassar yang bisa Anda bawa pulang sebagai buah tangan untuk sahabat, teman, keluarga dan sanak saudara dan juga rekomendasi pusat oleh-olehnya.

Informasi diatas bisa Anda jadikan bahan referensi oleh-oleh ketika berlibur di Makassar.
Makassar - Momen mudik Lebaran 2022 sebentar lagi. Sebelum pulang ke oleh-oleh makassar halaman dan berkumpul bersama keluarga, tak afdal rasanya jika tidak membawa oleh-oleh, tak terkecuali oleh-oleh khas Makassar, Sulawesi Selatan. Makassar sebagai Ibu Kota Provinsi Sulawesi Selatan, memiliki berbagai macam oleh-oleh khas. Mulai dari beragam kuliner hingga kerajinan tangan.

Selain oleh-oleh Makassar, juga ada oleh-oleh khas dari Toraja, Sengkang, dan daerah lainnya di Sulawesi Selatan. Berikut beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Makassar yang bisa dipilih untuk dibawa pulang saat mudik Lebaran dirangkum detikSulsel. 1. Kue Baruasa Kue baruasa adalah salah satu kue kering khas Bugis.

Oleh-oleh khas Makassar ini memiliki cita rasa nikmat dan gurih dengan aroma kelapa. Kue baruasa memiliki bentuk bulat dan pipih. Biasanya, kue ini banyak oleh-oleh makassar pada acara-acara penting seperti acara pengantin, perayaan keagamaan hingga panen padi di Sulawesi Selatan.

Saat ini, pusat oleh-oleh di Makassar banyak menyediakan kue baruasa untuk dijual. Sehingga jika Kamu ingin mencoba kue ini dapat membelinya di berbagai toko oleh-oleh yang ada di Kota Makassar. 2. Bannang-bannang Seperti Baruasa, oleh-oleh makassar juga merupakan kue yang sering disajikan pada acara adat di Sulawesi Selatan. Bannang-bannang memiliki arti benang-benang. Nama ini diberikan karena bentuknya yang menyerupai benang kusut yang bertumpuk.

Oleh-oleh khas Makassar ini memiliki rasa yang manis dan gurih. Kue kering ini terbuat dari campuran tepung beras dan gula aren atau gula merah. Kue bannang-bannang dapat dibeli di berbagai toko oleh-oleh khas Makassar. 3. Kue Tori Kue tori atau deppa tori adalah salah satu oleh-oleh khas Makassar yang cukup populer. Deppa tori merupakan kue tradisional Toraja. Tetapi kue ini juga biasa ditemui di daerah lain di Sulawesi Selatan.

Kue tori dibuat dari tepung beras dan gula merah dan ditambahkan wijen di atas permukaan atasnya sebagai topping. Karena ada tambahan wijen ini membuat wewangian kue ini jadi lebih harum serta lebih terasa.

Kue tori dapat dibeli di berbagai toko oleh-oleh khas Oleh-oleh makassar. 4. Oleh-oleh Khas Makassar Kue Baje' Baje' adalah satu kue khas di Sulawesi Selatan. Penganan ini terbuat dari beras ketan yang oleh-oleh makassar santan dan gula merah. Kue tradisional masyarakat Bugis, Makassar, dan Mandar in memiliki cita rasa yang manis. Baje' biasanya disajikan dengan bungkusan daun pisang kering.

Sehingga kue ini memiliki aroma yang khas dari daun pisang kering tersebut. Kue ini juga dapat tahan cukup lama di tempat tertutup. Baje' dulunya merupakan oleh-oleh andalan perantau Bugis-Makassar. Oleh-oleh khas Makassar ini banyak dijual di pasar-pasar tradisional. Saat ini kue baje' juga dapat dibeli di toko oleh-oleh khas Makassar. 5. Otak-otak Ikan Tenggiri Otak-otak Ikan Tenggiri merupakan salah satu kuliner khas Makassar.

Otak-otak khas Makassar ini berbeda karena bahan dasar pembuatannya ditambah dengan ikan tenggiri. Penyajian kuliner ini bisa dibakar atau digoreng. Selain itu, otak-otak ikan tenggiri ini sangat populer sebagai salah satu oleh-oleh khas Makassar. Jika ingin membawa otak-otak ini sebagai oleh-oleh, ada dua lokasi yang bisa oleh-oleh makassar untuk membeli otak-otak khas Makassar yang cukup populer, yaitu otak-otak Ibu Elly dan otak-otak Ibu Sanny. Selain itu, Otak-otak Ikan Tenggiri ini juga banyak tersedia di toko oleh-oleh khas Makassar, tapi umumnya memberlakukan pre-order.

Otak-otak ini umumnya bisa bertahan hingga seminggu jika disimpan dengan baik di dalam freezer. 6. Oleh-oleh Khas Makassar Bolu Cukke Bolu cukke merupakan salah satu kue khas Bugis, tepatnya berasal dari Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan.

Namun, kini bolu cukke juga dapat dibeli di berbagai toko oleh-oleh khas Makassar. Hal yang membuatnya berbeda dengan bolu kering biasanya adalah tambahan gula merah ke dalam adonan sehingga memiliki warna kecokelatan.

Selain itu, bolu cukke memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan bolu kering biasa. Memiliki cita rasa yang manis, bolu cukke sangat pas untuk dinikmati bersama secangkir teh hangat.

7. Kopi toraja Kopi Toraja menjadi salah satu oleh-oleh khas Makassar yang cukup terkenal. Aslinya, kopi ini berasal dari Tanah Toraja. Namun, Kopi ini juga banyak dijajakan di pusat oleh-oleh Kota Makassar. Bahkan, menjadi salah satu oleh-oleh yang populer di Kota Makassar. Kopi Toraja adalah kopi terbaik dari dataran tinggi Sulawesi Selatan. Sehingga memiliki rasa yang khas dan karakter yang unik. Tingkat keasamannya memanjakan lidah, karena memiliki rasa fruity dan after taste atau rasa setelah dikonsumsi yang tidak terlalu pahit.

Selain itu, Kopi Toraja juga memiliki aroma yang sangat khas dan harum, bahkan saat baru membuka kemasannya. Hal ini disebabkan oleh tanaman kopi Toraja yang ditanam berdampingan dengan tanaman rempah, sehingga menghasilkan aroma yang sangat harum dan nikmat. Baca juga: 11 Makanan Khas Sulawesi Selatan Paling Dicari, Wajib Coba Nih! Bagi para pencinta Kopi rasanya kurang mantap jika tanpa memboyong Kopi Toraja sebagai oleh-oleh dari Makassar.

Kopi Toraja dijual dengan berbagai ukuran kemasan. Kopi Toraja memiliki dua jenis kopi yakni Arabica dan Robusta. 8. Oleh-oleh Khas Makassar Sirop Oleh-oleh makassar Sirop DHT merupakan satu produk sirup dari Makassar. Meskipun berwarna merah, sirup ini memiliki rasa pisang Ambon. Biasanya, Sirop DHT dipasangkan dengan es pisang hijau salah satu kuliner khas Kota Makassar. Tetapi Sirop DHT juga dapat dinikmati dengan menyeduhnya bersama air es.

Oleh-oleh makassar sulit untuk menemukan Sirop DHT, karena banyak tersedia di berbagai toko oleh-oleh khas Makassar. Bahkan Sirop DHT ini juga dapat ditemui di pasar-pasar tradisional di Kota Makassar. 9. Sirop Markisa Selain sirop DHT, sirop Markisa juga bisa dijadikan buah tangan. Buah markisa merupakan salah satu komoditi andalan Sulawesi Selatan yang berasal dari daerah Pegunungan Malino, Gowa.

Sirop markisa dapat dibeli di berbagai toko oleh-oleh khas Makassar. Sirop ini biasanya dikemas dalam botol plastik yang aman sehingga tidak mudah pecah. 10. Kain Sutera Sengkang Kain sutera ini berasal dari Sengkang, salah satu kota yang ada di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan.

Kain Sutera Sengkang memiliki ciri khas corak garis-garis berbagai warna. Selain itu, kain ini juga menggunakan sutera asli. Kain sutera Sengkang dikenal memiliki kualitas yang bagus dan harga yang mahal.

Kain tersebut juga tersedia dengan bahan semi-sutra dan harga yang lebih terjangkau. Kain sutera Sengkang ini juga bisa ditemui di toko oleh-oleh khas Makassar.

11. Oleh-oleh Khas Makassar Kain atau Sarung Tenun Khas Bugis Selain kain sutera Sengkang, kain tenun khas Bugis juga bisa menjadi pilihan buah tangan. Kain tenun Bugis memiliki corak dan warnanya yang cerah. Kain tenun Bugis ini umumnya dijual terbagi atas dua jenis, yakni berbentuk lembaran kain dan yang telah menjadi sarung.

Kain tenun tersebut juga terbuat dari dua macam bahan, yaitu katun atau sutera. Baca juga: 11 Alat Musik Tradisional Sulawesi Selatan dengan Keberagaman Suku-Budaya Untuk membeli kain tenun Bugis, bisa mengunjungi berbagai sentra penjual kain di Makassar.

Selain itu, kain tenun Bugis ini juga dapat ditemui di toko oleh-oleh khas Makassar. 12. Handicraft Toraja Salah satu oleh-oleh khas Makassar yang sangat populer adalah handicraft atau kerajinan tangan Toraja.

Seni ukir Toraja memang sudah dikenal luas. Tidak hanya Memiliki motif yang indah dan unik, kerajinan tersebut juga mengandung makna kehidupan dari masyarakat Toraja. Beberapa handicraft yang bisa dijadikan buah tangan, antara lain pajangan dinding, asbak, tempat tissu, kotak perhiasan, miniatur rumah adat hingga gantungan kunci. Kerajinan tangan ini banyak ditemui di berbagai toko oleh-oleh khas Makassar.

13. Oleh-oleh khas Makassar Hiasan Kupu-kupu Salah satu oleh-oleh khas Makassar yang populer adalah hiasan kupu-kupu. Selain berbentuk hiasan dinding, juga tersedia gantungan kunci kupu-kupu. Hiasan ini menggunakan kupu-kupu asli yang diawetkan dan dibingkai kaca. Kupu-kupu yang digunakan berasal dari penangkaran di Bantimurung, Oleh-oleh makassar Maros, Sulawesi Selatan. Sama halnya dengan handicraft dengan ukiran Toraja, hiasan kupu-kupu ini juga dapat diperoleh di pusat oleh-oleh khas Makassar.

Simak Video " Wilayah Mana yang Paling Banyak Jadi Tujuan Mudik 2022?" [Gambas:Video 20detik] (asm/hmw)

TOKO PUSAT OLEH-OLEH KHAS MAKASSAR, INI DIA PALING TERKENAL DI MAKASSAR !!!!




2022 www.videocon.com