Posisi tidur saat hidung tersumbat

posisi tidur saat hidung tersumbat

KOMPAS.com - Penyebab susah tidur salah satunya bisa datang dari hidung tersumbat. Problem kesehatan ini menyebabkan penderitanya susah bernapas, atau saluran napas dipenuhi lendir, sehingga tidur jadi tidak nyaman.

Dilansir dari Insider, penyebab hidung tersumbat saat tidur bisa berasal dari alergi, infeksi pernapasan seperti pilek, sampai penyakit asam lambung kronis. Untuk mengantisipasi masalah susah tidur umum ini, kenali posisi tidur paling pas saat hidung tersumbat dan cara mengatasinya agar istirahat malam Anda tidak terganggu. Baca juga: 10 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat yang Bisa Dijajal di Rumah Posisi tidur saat hidung tersumbat Posisi tidur saat hidung tersumbat yang paling pas adalah berbaring dengan sandaran kepala sedikit lebih tinggi.

Melansir Medical Posisi tidur saat hidung tersumbat Today, posisi tidur saat hidung tersumbat jadi lebih rawan tersumbat ketika seseorang tidur dengan posisi berbaring biasanya. Kondisi ini dipengaruhi lendir dari hidung yang susah mengalir dan cenderung menggenang di jalur pernapasan.

Untuk itu, saat hidung tersumbat coba gunakan beberapa bantal atau lipatan selimut saat berbaring agar lendir di hidung bisa lebih mudah mengalir. Apabila Anda merasa tidak nyaman dengan posisi tidur ini karena leher sakit dan tidak nyaman, coba tidur atau istirahat di kursi malas atau sofa yang nyaman.

Baca juga: 5 Obat Hidung Tersumbat Alami yang Bisa Dijajal di Rumah Cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur Selain menjajal posisi tidur saat hidung tersumbat di atas, Anda juga bisa mencoba beberapa cara berikut agar tidak susah tidur: • Gunakan pelembap udara agar udara sekitar tempat tidur tidak kering. Agar lebih nyaman, tambahkan minyak esensial seperti peppermint atau eucalyptus ke dalam alat pelembap udara • Mandi air hangat sebelum tidur.

Uap hangat dapat membantu melancarkan pernapasan saat hidung tersumbat • Cuci hidung dengan air steril. Membilas hidung sebelum tidur bisa membantu meredakan iritasi dan melancarkan pernapasan saat hidung tersumbat • Gunakan semprotan hidung yang dijual bebas di apotek dan toko obat. Ketika menggunakan obat ini, pastikan Anda membaca petunjuk penggunaan produk dengan cermat • Coba minum obat pilek dan flu apabila hidung tersumbat terasa sangat mengganggu, atau disertai nyeri otot dan sakit kepala Perlu diingat, beberapa rekomendasi di atas hanya berlaku untuk orang dewasa.

Hindari sembarangan memberikan obat hidung tersumbat untuk bayi atau anak-anak tanpa petunjuk dokter. Jika Anda khawatir dengan hidung tersumbat saat tidur atau masalah kesehatan ini sampai menyebabkan susah tidur berkepanjangan, jangan ragu-ragu untuk berkonsultasi ke dokter. Terutama jika hidung tersumbat disertai demam, sesak napas, mengi, atau napas jadi terengah-engah. Baca juga: 5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat saat Tidur Advertisement Posisi tidur saat hidung tersumbat Tidur merupakan kebutuhan dasar manusia untuk memulihkan tubuh dari beragam aktivitas.

Saat sakit, tidur juga sangat penting untuk membantu proses pemulihan. Ketika tidur, Anda memberikan kesempatan lebih banyak kepada sistem imun untuk bekerja melawan penyakit. Namun, terkadang Anda tidak nyaman bahkan sulit tidur saat influenza menyerang. Pilek dan hidung tersumbat saat flu sering kali membuat posisi tidur Anda jadi serbasalah. Akibatnya, kualitas tidur Anda terganggu. Penelitian dalam jurnal Expert Review of Anti-infective Therapy juga menyatakan bahwa gangguan pernapasan bagian atas terbukti dapat mengganggu kualitas tidur yang bisa berdampak pada gangguan kesehatan, termasuk gangguan fungsi kognitif dan depresi. BACA JUGA: Ketahui Penyebab Hidung Meler dan Cara Mengatasinya Berikut Ini Berikut ini beberapa posisi dan tips tidur saat hidung tersumbat yang bisa membantu melegakan pernapasan dan membuat tidur lebih nyaman. 1.

Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi Untuk meredakan hidung tersumbat, Anda bisa menggunakan penyangga kepala atau bantal yang lebih tinggi. Posisi kelapa yang lebih tinggi bisa membantu sumbatan di saluran hidung mengalir dan mengurangi tekanan di kepala. Akan tetapi, jangan sampai penyangga atau bantal yang Anda pakai malah ketinggian.

posisi tidur saat hidung tersumbat

Tumpukan bantal yang terlalu tinggi justru bisa membuat leher Anda terasa sakit. 2. Hindari posisi telentang Hidung tersumbat saat pilek terjadi karena adanya kelebihan lendir yang menghalangi jalan napas. Nah, posisi telentang saat tidur bisa membuat hidung tersumbat semakin parah. Kelebihan lendir ini terkadang bisa mengalir dengan sendirinya ketika Anda duduk atau berdiri karena pengaruh gravitasi.

Ketika Anda tidur telentang, kelebihan lendir ini akan statis dan menghalangi saluran hidung. Selain itu, ketika berbaring telentang tubuh bagian atas Anda juga mengalami peningkatan aliran darah, termasuk pembuluh darah di hidung. Ini juga yang dapat menyebabkan hidung tersumbat semakin parah. 3. Tidur dengan posisi miring Tidur dengan posisi memiringkan tubuh ke kanan atau ke kiri juga bisa membuat napas lebih lega ketika hidung tersumbat menyerang. Saat flu, Anda mungkin mengalami hidung tersumbat di salah satu sisi hidung, dan bisa terjadi secara bergantian. Hidung mampet hanya di salah satu sisi sangat mungkin terjadi ketika turbinate (struktur di sepanjang dinding sinus yang menghasilkan lendir) mengalami pembengkakan di satu lubang hidung dan menghalangi aliran udara. Ketika ini terjadi, tidur dengan posisi miring di sisi hidung yang tidak posisi tidur saat hidung tersumbat bisa membantu Anda bernapas lebih baik.

Jadi, misalkan hidung sebelah kanan tersumbat, tidurlah dengan posisi miring ke kiri untuk melegakannya. Selain menerapkan posisi tidur tersebut, Anda juga bisa melakukan beberapa tips mengatasi hidung tersumbat saat flu berikut ini: • Merendam kaki dengan air hangat sebelum tidur bisa membuat Anda lebih rileks dan melegakan pernapasan • Menggunakan pelembap udara atau humidifier, beberapa humidifier juga mengandung aromaterapi yang bisa menenangkan dan membuat napas lebih baik • Minum teh chamomile hangat atau teh jahe hangat sebelum tidur bisa membantu meredakan sakit tenggorokan dan meredakan hidung tersumbat • Menggunakan semprotan hidung saline untuk membuka saluran hidung.

• Meletakkan handuk basah hangat di wajah dapat membantu meredakan hidung tersumbat • Kondisikan kasur dan kamar tidur dengan rapi, bersih, tenang, sejuk, dan pencahayaan yang agak redup, ini bisa membuat Anda lebih nyaman dan tidur lebih nyenyak BACA JUGA: Tidak Hanya Wangi, Essential Oil Ini Bisa Redakan Flu dan Pilek Catatan dari SehatQ Tidur yang berkualitas sangat penting untuk membantu proses penyembuhan ketika Anda sakit.

posisi tidur saat hidung tersumbat

Tidur bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. Selama flu, Anda sangat mungkin mengalami hidung tersumbat di malam hari bahkan bertambah parah karena posisi tidur yang salah. Kondisi ini bisa mengakibatkan Anda terbangun di malam hari dan kualitas tidur terganggu. Pastikan Anda mencoba berbagai tips dan posisi tidur saat hidung tersumbat di atas untuk membantu melegakan pernapasan dan membuat Anda tidur lebih nyenyak dan berkualitas. Untuk membantu tidur lebih nyenyak, cobalah minum obat flu yang mampu meredakan posisi tidur saat hidung tersumbat.

Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang! Healthline. https://www.healthline.com/health/sleeping-when-sick#Food-Fix:-Foods-to-Beat-Fatigue Diakses pada 8 Desember 2021 Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/why-do-i-get-congested-at-night-1192188 Diakses pada 8 Desember 2021 Expert Review of Anti-infective Therapy https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/14787210.2017.1294063?journalCode=ierz20 Diakses pada 8 Desember 2021 Web MD.

https://www.webmd.com/allergies/sinus-congestion Diakses pada 8 Desember 2021
KOMPAS.com - Hidung tersumbat bisa menjadi salah satu penyebab susah tidur. Masalah kesehatan satu ini membuat penderitanya susah bernafas lantaran saluran nafas dipenuhi lendir, sehingga tidur menjadi tak nyaman.

Dilansir dari Insider, terdapat beberapa pemicu hidung tersumbat saat tidur. Di antaranya berasal dari alergi, infeksi pernafasan seperti pilek, dan penyakit asam lambung kronis. Untuk mengantisipasi masalah susah tidur umum ini, Anda diimbau mengetahui cara untuk mengatasinya dan mengenali posisi tidur paling pas saat hidung tersumbat agar istirahat malam Anda tidak terganggu.

Baca juga: 8 Obat Pilek Alami yang Praktis ala Rumahan Posisi tidur terbaik saat hidung tersumbat Posisi tidur saat hidung tersumbat yang paling pas adalah berbaring dengan sandaran kepala sedikit lebih tinggi.

Dilansir dari Medical News Today, hidung jadi lebih rawan tersumbat ketika seseorang tidur dengan posisi berbaring biasanya. Kondisi ini dipengaruhi lendir dari hidung yang susah mengalir dan cenderung menggenang di jalur pernapasan. Untuk itu, saat hidung posisi tidur saat hidung tersumbat coba gunakan beberapa bantal atau lipatan selimut saat berbaring agar lendir di hidung bisa lebih mudah mengalir.

Apabila Anda merasa tidak nyaman dengan posisi tidur ini karena leher sakit dan tidak nyaman, coba tidur atau istirahat di kursi malas atau sofa yang nyaman. Baca juga: Macam-macam Posisi Tidur dan Efeknya untuk Kesehatan Cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur Selain menjajal posisi tidur saat hidung tersumbat di atas, Anda juga bisa mencoba beberapa cara berikut agar tidak susah tidur: • Gunakan pelembap udara agar udara sekitar tempat tidur tidak kering. Agar lebih nyaman, tambahkan minyak esensial seperti peppermint atau eucalyptus ke dalam alat pelembap udara • Mandi air hangat sebelum tidur.

Uap hangat dapat membantu melancarkan pernapasan saat hidung tersumbat • Cuci hidung dengan air steril. Membilas hidung sebelum tidur bisa membantu meredakan iritasi dan melancarkan pernapasan saat hidung tersumbat G • unakan semprotan hidung yang dijual bebas di apotek dan toko obat.

Ketika menggunakan obat ini, pastikan Anda membaca petunjuk penggunaan produk dengan cermat • Coba minum obat pilek dan flu apabila hidung tersumbat terasa sangat mengganggu, atau disertai nyeri otot dan sakit kepala Baca juga: Posisi Tidur Saat Hidung Tersumbat Ada WC Umum Berbayar di RSUD Tasikmalaya, Pengunjung Komplain https://www.kompas.com/wiken/read/2022/04/03/223047281/ada-wc-umum-berbayar-di-rsud-tasikmalaya-pengunjung-komplain https://asset.kompas.com/crops/ac2BYahMDsc6eyAG8fctbLT9D2Y=/249x26:1024x542/195x98/data/photo/2022/04/03/6249bcf5a07aa.jpeg KOMPAS.com - Jika kita sedang sakit, tidur adalah bagian terpenting dari proses pemulihan.

Namun, infeksi saluran pernapasan atas, seperti flu, datang dengan banyak gejala buruk, termasuk hidung tersumbat.

posisi tidur saat hidung tersumbat

Gejala-gejala ini dapat berlangsung dari tujuh hingga sepuluh hari jika kita menderita batuk dan pilek, serta selama satu hingga dua minggu jika terserang flu. Baca juga: 6 Makanan Jitu untuk Meredakan Pilek dan Flu Apa pun penyebab pilek yang kita alami, hal itu membuat kita lebih sulit untuk mendapatkan tidur berkualitas. "secara alami, kita bernapas melalui hidungdan ketika kita harus bernapas melalui mulut, terutama saat tidur, itu akan membuat kering," kata Danh Ngo, dokter osteopathic di Medical Offices of Manhattan.

Osteopathic atau osteopati adalah ilmu kedokteran yang menangani gangguan medis dengan pemijatan tulang, sendi, dan otot. Penyebab hidung tersumbat Biasanya, hidung kita tersumbat karena pembuluh darah di dalam hidung membengkak, yang menyebabkan cairan berlebih menggenang di jaringan hidung kita.

"Pembengkakan jaringan ini pada umumnya mengarah ke sumbatan hidung," kata Ngo. "Itulah sebabnya kita mendapatkan sensasi yang terasa sesak." Baca juga: Perhatikan, Beda Batuk Pilek Biasa dan Influenza Biasanya, sumbatan hidung tersebut disertai gejala lain yang membuat tidur menjadi lebih sulit, seperti sinus, sakit kepala, batuk, dan sakit telinga.

posisi tidur saat hidung tersumbat

Hidung tersumbat umumnya muncul dari infeksi seperti flu atau pilek, namun tidak jarang pula merupakan akibat umum dari alergi, dan bahkan efek samping kehamilan.

Tidur tidak akan mengendurkan hidung yang tersumbat, meski demikian beristirahat sangat penting, terutama jika kita sedang menghadapi infeksi. "Tidur, tetap terhidrasi, dan makan makanan bergizi semua penting untuk mengatasi pilek dan menghilangkan hidung tersumbat selamanya," kata Ngo. Bagaimana mendapatkan tidur yang baik Ada tiga strategi yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan tidur yang lebih baik saat hidung tersumbat. 1. Posisi Tidur telentang adalah pilihan terbaik ketika hidung kita tersumbat, kata Lina Velikova, MD, di Disturb Me Not.

"Tidur menghadap samping mungkin membuat satu atau kedua lubang hidung benar-benar sesak." "Tujuannya adalah membiarkan lendir kita mengalir keluar dalam semalam, alih-alih menyumbat saluran udara dan sinus kita." "Kita dapat mewujudkan hal ini dengan menambahkan bantal ekstra untuk mengangkat kepala kita, dan 'gravitasi akan menyelesaikan sisanya,'" kata Velikova. Baca juga: Alergi, Flu dan Virus Corona, Bagaimana Membedakan Gejalanya?
Asisten Profesor Kedokteran Keluarga, Universitas Northwestern Feinberg Anna Balabanova Shannahan, MD mengatakan postur tubuh menyebabkan hidung lebih tersumbat.

"Perubahan dari duduk ke berbaring, ada peningkatan tekanan di hidung yang menyebabkan sumbatan. Apalagi jika Anda tidur menyamping, membuat hidung Anda terasa lebih tersumbat," terang Shannahan mengutip Insider, Sabtu (20/3/2021). Baca Juga: Mau Anak Tumbuh Tinggi? Dokter Sarankan Jaga Kualitas Tidur Malamnya Lantas, Shannahan memberikan solusi posisi tidur terbaik saat hidung tersumbat yaitu dengan cara berbaring telentang, disangga bantal.

Ditambah di ruang tidur gunakan humidifier atau alat pelembab udara agar pernapasan jadi lebih rileks. Ilustrasi tidur terlentang. (Shutterstock) "Kondisi salah satu hidung tersumbat adalah hal umum, atau sumbatan bergantian antara lubang hidung, Dan itu bukan merupakan tanda kelainan anatomi atau ada kondisi kesehatan parah yang mendasarinya," ungkap Shannahan.

Sementara itu menurut Instruktur Medis Fakultas Kedokteran Univesitas Duke Brian Antono, hidung tersumbat adalah tanda adanya peradangan yang direspon tubuh dengan mengeluarkan lendir.

Jaringan di hidung dan pembuluh darah di sekitar hidung akan membengkak, sehingga membatasi aliran udara dan menciptakan rasa tersumbat di hidung. Biasanya sumbatan bergantian setiap 4 hingga 6 jam, antara lubang satu dengan yang lainnya, karena itu merupakan siklus hidung dan itu bukanlah satu hal yang berbahaya.
KOMPAS.com - Sebagian dari Anda barangkali pernah merasakan tak nyamannya hidung tersumbat saat tidur.

Selain tak nyaman, masalah kesehatan ini juga kerap bikin susah tidur nyenyak di malam hari. Orang yang hidungnya tersumbat saat tidur acakali gampang terbangun berulang kali karena tidak dapat bernapas dengan lega. Sebelum mengulas beragam cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur, kenali dulu beberapa penyebabnya berikut. Baca juga: 6 Penyebab Susah Tidur Nyenyak di Malam Hari dan Cara Mengatasinya Penyebab hidung tersumbat saat tidur Melansir Insider, hidung tersumbat saat tidur adalah masalah kesehatan yang umum dialami sebagian orang.

Saat berbaring, aliran darah sebagian besar mengalir ke kepala. Kondisi ini rentang menyebabkan hidung tersumbat. Selain itu, ada beberapa penyakit dan kondisi yang bisa jadi penyebab hidung tersumbat saat tidur, di antaranya: • Alergi karena paparan alergen seperti debu di tempat tidur, tungau, udara dingin, dan sebagainya • Infeksi saluran pernapasan atas karena flu atau pilek • Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) Terlepas dari penyebabnya, hidung tersumbat saat tidur perlu diatasi agar tidak mengganggu istirahat di malam hari.

Seperti diketahui, istirahat yang cukup dan berkualitas penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Baca juga: Waspadai Serangan Jantung Saat Tidur, Begini Cara Mencegahnya… Cara mengatasi hidung tersumbat di malam hari Ada beberapa langkah sederhana untuk membantu meredakan hidung tersumbat sekaligus membuat tidur lebih nyenyak.

Berita Terkait 6 Penyebab Susah Tidur Nyenyak di Malam Hari dan Cara Mengatasinya 3 Cara Meditasi yang Benar untuk Mengatasi Susah Tidur Mata Ngantuk tapi Susah Tidur, Coba Atasi dengan Cara Mudah Berikut. 4 Macam Makanan dan Minuman Penyebab Susah Tidur di Malam Hari Susah Tidur di Malam Hari Bisa Jadi Gejala Penyakit Apa?

Berita Terkait 6 Penyebab Susah Tidur Nyenyak di Malam Hari dan Cara Mengatasinya 3 Cara Meditasi yang Benar untuk Mengatasi Susah Tidur Mata Ngantuk tapi Susah Tidur, Coba Atasi dengan Cara Mudah Berikut. 4 Macam Makanan dan Minuman Penyebab Susah Tidur di Malam Hari Susah Tidur di Malam Hari Bisa Jadi Gejala Penyakit Apa?Ketika sedang sakit tentu tubuh butuh istirahat ekstra, namun terkadang kita bingung bagaimana cara tidur saat flu.

Semua posisi tidur saat pilek sudah dicoba, namun tak ada yang membuat nyaman. Hidung tetap tersumbat dan sulit bernapas.

Kalau begini, harus bagaimana? Posisi Tidur yang Nyaman Saat Pilek Tak jarang ketika seseorang sedang pilek atau flu, hidung pun akan tersumbat. Kalau sudah begini pastinya akan sulit bernapas, sehingga akan susah istirahat. Biasanya ketika sedang pilek baru akan tertidur setelah minum obat.

Kalau kamu sering susah tidur saat sakit karena hidung tersumbat, coba beberapa posisi tidur saat pilek dan flu berikut ini: 1. Posisi Tidur Miring Hidung tersumbat ketika flu bisa kamu siasati dengan posisi tidur miring.

Cobalah untuk memilih salah satu sisi, yaitu antara sisi kanan atau kiri. Kamu bisa sesuaikan dengan kondisi hidung tersumbat. Sangat disarankan untuk tidur miring ke arah hidung yang paling tersumbat untuk melegakan hidung yang satunya.

Tidur miring nampaknya akan menjadi posisi tidur saat poilek yang favorit, terlebih di beberapa hari awal tubuh mulai terserang virus. Ini akan sangat membantu kamu bisa bernapas dengan mudah meski sedang mengalami sesak napas. 2. Posisi Tidur Telentang Posisi tidur saat pilek yang satu ini memang tak akan membuat hidung tersumbat kamu hilang. Meskipun demikian, tidur telentang bisa memberikan kenyamanan pada bagian punggung karena tak jarang juga tubuh posisi tidur saat hidung tersumbat pegal dan linu ketika sedang flu.

Kamu bisa mencoba posisi telentang saat pilek dan flu apabila memang sedang tidak tersumbat. Jangan paksakan posisi ini untuk membuat punggung jadi nyaman karena malah akan membuat sesak. Tambahkan satu bantal untuk membuat posisi kepala sedikit lebih tinggi dan nyaman.

3. Tambahkan Beberapa Bantal Mau bagaimanapun posisi tidur saat pilek pilihanmu, sangat disarankan untuk menambahkan beberapa bantal di bawah kepala. Tujuannya untuk membuat posisi kepala jadi lebih tinggi dari biasanya, sehingga akan membantu menghilangkan hidung tersumbat menjelang tidur.

Jangan gunakan bantal terlalu banyak dan juga yang terlalu keras. Pastikan bantal yang kamu pilih bisa memberikan kenyamanan agar tak meninggalkan rasa pegal di sekitar bahu dan leher. Jika ingin posisi yang terbaik, coba gunakan bantal INTHEBOX yang sudah pasti empuk dan lembut. 4. Buat Kamar Tidur Jadi Lebih Gelap Saat sedang sakit, biasanya kita jadi lebih sensitif dan mudah terbangun di malam hari.

Ada beberapa faktor penyebab, mulai dari posisi tidur saat pilek yang tidak nyaman atau memang kondisi kamar yang dirasa kurang nyaman untuk beristirahat.

Ada baiknya ketika sedang pilek atau flu, kamu menciptakan suasana baru di kamar. Bukan berarti harus didekorasi, namun cukup buat kamar jadi lebih gelap untuk membantu kamu tidur lebih nyenyak. Kalau tak bisa tidur dengan lampu mati, coba gunakan penutup mata tidur.

Ini bisa jadi cara tidur saat flu yang cukup membantu. 5. Coba Bernapas dengan Mulut Cara tidur saat flu ini bisa kamu lakukan kalau sudah “menyerah” dengan keadaan.

Sudah mencoba berbagai posisi tidur saat pilek yang poaling nyaman, namun tetap sesak? Langkah terakhir, cobalah posisi tidur yang paling nyaman dengan bernapas perlahan melalui mulut. Kalau kamu mau melakukannya, hal yang butuh dipastikan adalah kenyamanan posisi tidur dan kepala.

Nah, itu dia beberapa posisi tidur saat pilek dan flu. Semoga bisa menjadi solusi yang tepat untuk kamu. Jangan lupa gunakan kasur INTHEBOX agar kamu terhindar dari linu dan pegal saat sedang tidak enak badan. Cek pilihan posisi tidur saat hidung tersumbat INTHEBOX di sini!
Pasti sangat mengganggu ketika sedang enak-enaknya tidur malah hidung terasa tersumbat sehingga bernapas pun menjadi tak posisi tidur saat hidung tersumbat yang akhirnya menyebabkan tidur terganggu.

Entah karena memang pilek atau adanya gangguan lainnya yang menyebabkan hidung tersumbat ketika beristirahat, ada beberapa cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur yang bisa dilirik seperti berikut ini. (Baca juga: sinusitis – ciri-ciri sinusitis) 1. Membuat Posisi Bantal Lebih Tinggi Bantal yang tadinya di posisi rendah bisa coba ditinggikan supaya hidung tersumbat bisa diatasi.

posisi tidur saat hidung tersumbat

Terkadang posisi bantal adalah yang menentukan hidung mudah tersumbat atau tidak ketika kita sedang tidur, maka supaya tidak terlalu lama mengalami hidung tersumbat, coba untuk menumpuk bantal sehingga posisinya lebih tinggi yang teorinya bisa membuat aliran pernapasan menjadi lebih lancar perlahan.

Bahkan ketika ada lendirnya, lendir pun akan menjadi cair sehingga alirannya bisa menuju bawah. (Baca juga: kelainan pada hidung manusia) 2. Mengoleskan Balsam Selain untuk pertolongan pertama benturan kepala, balsam adalah bahan yang panas dan kerap dimanfaatkan untuk menghangatkan tubuh sehingga dijamin baik untuk Anda gunakan dalam membantu melancarkan hidung yang tersumbat. Posisi tidur saat hidung tersumbat napas pun akan kembali lega dengan mengolesi bagian dada serta leher dengan balsam.

Bahkan ketika Anda pilek, lendir akan mencair sehingga hidung akan jauh dari tersumbat lagi. 3. Menggunakan Minyak Kayu Putih Sama fungsinya dengan balsam, minyak kayu putih biasanya lebih ringan panasnya ketimbang balsam, jadi Anda bisa coba untuk mengoleskan minyak ini di bagian bawah hidung atau dahi bagian tengah. Mata memang akan kemudian sedikit lebih panas dan pedas karena terkena imbasnya, namun tidak akan menjadi masalah sebab hidung yang tersumbat akan mampu diatasi.

Dengan memejamkan mata yang terasa pedas, Anda lama-lama akan bisa kembali tertidur nyenyak sementara hidung sudah tak tersumbat lagi. Inilah mengapa minyak putih bisa dijadikan cara menghilangkan mabuk perjalanan. 4. Memijat Wajah Memang agak aneh, mengapa hidung yang tersumbat malah diatasi dengan memijat wajah? Rupanya cara seperti ini bisa dicoba untuk membuat sirkulasi pernapasan kembali lancar dan lega dengan memberikan pijatan yang lembut, khususnya di bagian dahi dan sekitar dekat hidung.

Cukup gunakan jari telunjuk Anda untuk melakukannya dan Anda bisa merasakan sensasi nyaman pada area hidung yang kemudian sumbatannya dapat hilang secara berangsur. (Baca juga: tips awet muda) 5. Tidak Membuang Ingus secara Kuat-kuat Ketika pilek, lebih baik tidak membuang ingus dengan mendorongnya secara kuat-kuat sebab hal inilah yang kemudian bisa menyebabkan hidung tersumbat ketika akan maupun sedang tidur. Flu berat terkadang memang mengganggu sehingga orang cenderung ingin menuntaskan ingus dengan cara demikian.

Maka hindari membuang ingus dengan cara seperti itu agar tidak membuat hidung tersumbat salah satunya atau bahkan dua-duanya. 6. Minum Air Putih Jaga tubuh Anda untuk senantiasa terhidrasi sehingga kebugaran tetap milik Anda dan meminum air putih merupakan salah satu cara untuk menyegarkan tubuh. Tak hanya menghidrasi tubuh Anda, mengonsumsi air putih juga bisa membuat saluran hidung yang mengalami penyumbatan bisa teringankan.

Bahkan sebelum penyumbatan terjadi, minum air putih diyakini mampu untuk mencegahnya. Racun bisa dikeluarkan dari tubuh posisi tidur saat hidung tersumbat mengonsumsi air hangat sehingga hidung tersumbat maupun teriritasi bisa disembuhkan. (Baca juga: bahaya akibat kurang minum air putih) 7. Menggunakan Minyak Angin atau Inhaler Jika tak memiliki inhaler, silakan menggunakan minyak angin, begitu juga sebaliknya karena dua bahan ini akan membantu Anda mengatasi hidung tersumbat saat tidur.

Mungkin Anda malas untuk bangun dan melakukan cara-cara ribet demi menuntaskan dan melegakan pernapasan Anda, inhaler atau minyak anginlah yang bisa membantu, apalagi bila aromanya khusus, seperti menthol atau mint yang menyegarkan pernapasan seketika. Dengan menggunakan salah satunya, ada aroma dingin yang diberikan kepada hidung sehingga lendir bisa tercairkan di hidung dan Anda bisa bernapas lega.

(Baca juga: asma – cara mengobati asma kambuh) 8. Memanfaatkan Uap dari Air Panas Untuk mengatasi hidung tersumbat di tengah-tengah enaknya tidur Anda, cobalah untuk keluar sejenak dari kamar dan menyiapkan air panas yang bisa ditaruh di dalam baskom. Gunakan uap yang mengepul dari air panas tersebut sebagai media untuk melancarkan kembali tersumbatnya hidung; biasanya cara ini dianggap paling ampuh dan efektif.

Hanya dengan menghirup uapnya yang panas dalam-dalam, Anda akan merasakan sensasi melegakan yang terjadi di hidung Anda. Sensasi lega tersebut berasal dari ingus yang meleleh akibat hawa panas yang masuk ke hidung Anda sehingga hidung yang tersumbat akan kembali lancar. Cara ini sudah banyak dilakukan banyak orang dan terbukti baik, mudah serta aman untuk mengatasi hidung tersumbat apapun penyebabnya. Bahkan efeknya bisa lebih cepat daripada menggunakan inhaler serta balsam atau minyak kayu putih.

9. Menggunakan Bawang Layaknya cabe, bawang adalah bahan alami yang bisa memberikan sensasi pedas dan panas melegakan untuk hidung yang tersumbat.

Karena efeknya yang begitu kuat, Anda bisa mencoba bahan ini untuk mengatasi pernapasan Anda yang tak lancar akibat tersumbat dan ingus yang mengental di dalam. Ambil 1 atau 2 bawang yang sudah dicuci bersih, lanjutkan dengan mengirisnya dan mencium aroma bawang tersebut.

Untuk melegakan hidung yang tersumbat, cara ini bisa dimanfaatkan sebagai alternatif apabila langkah lainnya tak begitu bekerja untuk Anda. 10. Berkumur Air Garam Air garam adalah bahan yang baik dan bisa diandalkan ketika tengah malam Anda terbangun gara-gara hidung tersumbat.

Cara ini pun dianggap mudah untuk dilakukan dan dibuat; hanya tinggal menyediakan segelas air putih hangat lalu dimasukkan garam secukupnya, mencampurkannya sampai rata, setelah larut Anda bisa menggunakannya untuk berkumur 3-4 kali. Lendir ingus yang mengental di dalam hidung bisa dibuat encer sehingga posisi tidur saat hidung tersumbat mengalir dan melegakan hidung. Sumbatan pun akan terbuka ketika lendir telah mencair dan Anda bisa kembali melanjutkan tidur dengan nyenyak.

(Baca juga: bahaya konsumsi garam berlebihan) 11.

posisi tidur saat hidung tersumbat

Steaming Pernapasan yang tiba-tiba menjadi terganggu akibat adanya sumbatan lendir di dalamnya memang akan membuat tak nyaman apalagi mengurangi kualitas tidur Anda. Maka cobalah steaming, cara ini termasuk yang terbaik untuk melegakan pernapasan yang tersumbat supaya kembali normal di mana peradangan akan dibuat lebih tenang.

posisi tidur saat hidung tersumbat

Steaming bukan hanya sesuai dilakukan saat Anda melakukan perawatan rambut di salon saja karena steaming bisa dianggap sebagai solusi cepat untuk hidung tersumbat.

Pakai cara sendiri untuk membuat steaming, yaitu dengan memakai handuk yang basah; basahi handuk dengan menggunakan air hangat, peras lalu bungkuskan ke kepala Anda. Inilah cara steaming yang baik yang Anda bisa buktikan keampuhannya dalam melegakan hidung sehingga akhirnya Anda bisa bernapas dengan lancar lagi.

Saat sudah tidak lagi hangat, handuk bisa dilepas dari kepala Anda. (Baca juga: bahaya sauna bagi kesehatan) 12. Memanfaatkan Uap dari Teh Herbal Obat lainnya untuk meredakan hidung yang tersumbat adalah teh herbal, tapi teh ini bukan untuk diminum karena Anda hanya perlu memanfaatkan uapnya saja.

posisi tidur saat hidung tersumbat

Ketika membuatnya dalam keadaan panas, hirup uap yang beraroma herbal tumbuh-tumbuhan ini sehingga iritasi yang terjadi di saluran pernapasan Anda bisa lebih tenang dan menjadi pulih kembali. Tujuan dari pemakaian teh herbal ini adalah untuk membuat lendir lebih encer yang akhirnya bisa membuat saluran hidung dapat diperbaiki; Anda pun bisa melanjutkan tidur yang terinterupsi.

13. Minum Air Jeruk Nipis Hangat Bila tubuh Anda tidak lelah atau lemah, keluarlah dari kamar dan buatlah air jeruk nipis hangat karena ramuan ini sangat manjur dan baik untuk menyelamatkan hidung Anda yang tersumbat.

Untuk kekebalan tubuh, minuman ini juga dianggap sehat dan bermanfaat, khususnya jika Anda ingin menambahkannya dengan madu. Selagi masih hangat, minumlah dan Anda akan merasakan hidung yang tersumbat akan lega sedikit demi sedikit. (Baca juga: bahaya jeruk nipis bagi penderita maag) 14. Mengunyah Bawang Putih Cara lainnya yang mungkin akan sedikit lebih ekstrem adalah dengan mengunyah bawang putih di mana Anda tahu sendiri bahwa bau dari bawang putih ini akan sangat menyengat.

Namun, terlepas dari bahaya bawang putih mentah serta efek samping bawang putih terhadap kesehatan, mengunyah bawang putih seperlunya saat hidung tersumbat bisa menyelamatkan. Efek pedas dan panas dari bumbu dapur inilah yang akan membuat hidung Anda bisa menjadi lebih lega. Ini hanya alternatif yang kiranya bisa dipertimbangkan ketika cara lainnya kurang begitu ampuh untuk Anda pribadi. 15.

Menggunakan Cabe Rawit Selain bawang putih, cabe rawit pun kalau tersedia di rumah sangat boleh dicoba untuk mengatasi posisi tidur saat hidung tersumbat Anda yang tersumbat.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengirisnya kecil-kecil lali ditambahkan ke minuman teh hangat yang Anda siapkan. Sensasi pedas dan panas yang dobel dari cabe rawit dan hangatnya teh akan membuat hidung akan seketika terasa lega dan saluran pernapasan akan kembali normal di mana Anda kemudian bisa melanjutkan waktu tidur yang sempat terganggu. Teh pedas memang agak kurang familiar, tapi boleh menjadi alternatif ketika Anda sudah kehabisan akal.

(Baca juga: cara menghilangkan flu) 16. Jalan-jalan Hidung yang tersumbat di malam hari sehingga mengganggu tidur Anda bisa diatasi dengan mengambil waktu untuk berjalan-jalan sejenak. Pergilah keluar untuk mendapatkan udara segar jika Anda merasa tubuh baik-baik saja dan tidak terlalu lelah maupun lemah karena pada dasarnya Anda membutuhkan waktu untuk refreshing sebentar.

posisi tidur saat hidung tersumbat

Peredaran pernapasan Anda bisa ditingkatkan dengan melakukan jalan-jalan yang tidak usah terlalu lama dan jauh. Berjalan kaki diyakini menjadi sebuah dekongestan alami yang efektif. Related Posts • 15 Cara Menghilangkan Ingus Yang Kental Secara Medis, Umum Dan Tradisional • 10 Cara Menghentikan Bersin Paling Alami • Benacol DTM – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping • 10 Cara Menghilangkan Lendir Diparu Paru Paling Ampuh • 10 Efek Samping Pasca Operasi Sinusitis Bagi Kesehatan Recommended Post • Usai Libur Panjang, Ini 6 Persiapan Untuk Memulai Diet Lagi • Usai Lebaran, Begini 3 Cara Hilangkan Lemak Perut Dengan Cepat • Apakah Hepatitis Misterius di Indonesia Terkait Covid-19 dan Vaksinnya?

• 3 Tips Berkeringat Lebih Banyak Saat Berolahraga Cepat • Hepatitis Akut Sebabkan 3 Anak Meninggal, Masyarakat Perlu Waspadai Gejalanya!
TRIBUN-BALI.COM - Penyebab susah tidur salah satunya bisa datang dari hidung tersumbat. Problem kesehatan ini menyebabkan penderitanya susah bernapas, atau saluran napas dipenuhi lendir, sehingga tidur jadi tidak nyaman. Dilansir dari Insider, penyebab hidung tersumbat saat tidur bisa berasal dari alergi, infeksi pernapasan seperti pilek, sampai penyakit asam lambung kronis.

Untuk mengantisipasi masalah susah tidur umum ini, kenali posisi tidur paling pas saat posisi tidur saat hidung tersumbat tersumbat dan cara mengatasinya agar istirahat malam Anda tidak terganggu.

Baca juga: Kenali Perbedaan Gejala Covid-19 Omicron dan Flu Biasa Posisi tidur saat hidung tersumbat Posisi tidur saat hidung tersumbat yang paling pas adalah berbaring dengan sandaran kepala sedikit lebih tinggi. Melansir Medical News Today, hidung jadi lebih rawan tersumbat ketika seseorang tidur dengan posisi berbaring biasanya. Kondisi ini dipengaruhi lendir dari hidung yang susah mengalir dan cenderung menggenang di jalur pernapasan.

posisi tidur saat hidung tersumbat

Untuk itu, saat hidung tersumbat coba gunakan beberapa bantal atau lipatan selimut saat berbaring agar lendir di hidung bisa lebih mudah mengalir. Baca juga: Punya Alergi dan Hidung Sering Sakit?

posisi tidur saat hidung tersumbat

Mungkin Gejala Sinusitis

Mengenal posisi tidur, kasur & bantal yang baik




2022 www.videocon.com