Sebelum dilakukan cetak ke mesin percetakan artwork/desain yang dibuat dengan software olah digital yaitu

sebelum dilakukan cetak ke mesin percetakan artwork/desain yang dibuat dengan software olah digital yaitu

anantakendek.com - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal jenis dan karakteristik kewirausahaan dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mata pelajaran Prakarya kelas XII revisi terbaru.

Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi seputar contoh soal jenis dan karakteristik kewirausahaan dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mata pelajaran Prakarya kelas XII revisi. Gambar: pixabay.com 1. Menurut MC. Celland, seorang wirausaha memiliki karakter yaitu . A. Visi masa depan B. Misi masa depan C.

Keterampilan dalam pengorganisasian D. Kepekaan terhadap arti lingkungan 2. Sebelum menerbitkan izin usaha, pengusaha harus mengirim surat kantor terdaftar ke . A. kelurahan B. distrik C. RT/RW D. Kabupaten 3. Berikut yang bukan karakteristik wirausaha yang berhasil karena bekerja secara prestatif menurut Zimmer adalah .

A. Memiliki komitmen tinggi Sebelum dilakukan cetak ke mesin percetakan artwork/desain yang dibuat dengan software olah digital yaitu. Enggan belajar dari kegagalan C. Berorientasi masa depan D. Kemampuan memimpin 4. Salah satu faktor terpenting ketika memulai bisnis adalah . A. formasi B. tahu C. lokasi bisnis D. pinjaman 5. Faktor- faktor personal yang mendorong inovasi adalah . A. Peluang B. Keinginan untuk berprestasi C.

Pengalaman D.Persaingan 6. Kemampuan pengusaha untuk mengambil risiko tercapai . A. Tidak ada kepercayaan pada diri Anda untuk menjadi sukses B. Kemampuan untuk menangani situasi risiko sesuai dengan tujuan bisnis atau bisnis C. Kemampuan untuk memperkirakan risiko secara tidak realistis D.

Ketidakmampuan untuk merencanakan bisnis 7. Karakter yang harus dihindari oleh seorang wirausaha adalah . A. Bermalas-malasan B. Percaya diri C. Inovatif D. Disiplin waktu 8. Penerapan sifat ide-ide kreatif dan inovatif dalam kewirausahaan adalah fitur peluang bisnis yang . A. Peluang bisnis yang bagus B. Peluang bisnis kreatif C. Peluang bisnis yang inovatif D.

Peluang bisnis yang diperluas 9. Seorang wirausahawan dalam memutuskan sesuatu tidak boleh berubah-ubah, oleh karena itu harus memiliki sikap . A. Tegas B. Fair C. Mercusuar D. Konsisten 10. Salah satu penggunaan kreatif dan inovatif dari barang yang disediakan oleh alam adalah . A. Sedotan bunga B. Membuat tembikar dari tanah seharusnya menjadi tembikar C.

Bulu menjadi hiasan/lukisan D. Kulit telur menjadi hiasan meja 11. Menurut Bygrave bahwa karakteristik seorang wirausaha harus mempunyai visi ke depan yang disebut . A. Dream B. Doers C. Devotion D. Details 12. Di bawah ini yang bukan merupakan pemicu atau yang memaksa seseorang untuk terjun ke dunia bisnis (triggering event) adalah . A. Pendidikan dan faktor pengalaman B.

Dorongan karena faktor usia C. Adanya ketidak puasan terhadap pekerjaan yang sekarang D. Keberanian menanggung resiko komitmen yang tinggi terhadap bisnis 13.

Sikap menepati atau menaati peraturan yang sering terkait dengan faktor waktu disebut . A. Apatis B. Disiplin C. Egoistis D. Pesimis 14. Sumber informasi tentang peluang bisnis adalah . A. Lengkap, dapat dipercaya, dan terkini B. Lengkap, padat dan penuh C.

Lengkap, tajam, dan andal D. Lengkap, cepat dan bermanfaat 15. Komitmen tinggi yang dimiliki seorang wirausaha antara lain. A. Dapat menggunakan sumber daya secara berlebihan B. Bisa mendapatkan hasil maksimal dengan sumber daya minimal C. Suka menunda pekerjaan D. Menentukan keberhasilan sendiri 16. Penerapan sifat ide-ide kreatif dan inovatif dalam kewirausahaan adalah karakteristik peluang bisnis yang muncul . A. Peluang bisnis yang bagus B. Peluang bisnis kreatif C.

Peluang bisnis yang inovatif D. Peluang bisnis yang diperluas 17. Kemampuan inovatif seorang wirausaha merupakan. A. Proses mengubah peluang suatu gagasan/ide yang dapat dijual B. Hasil kerja keras dan dorongan dari teman bisnis C. Proses penelitian dan pengambangan kewirausahaan D. Modal dasar untuk menjadi wirausaha yang sukses 18.

Seorang pemimpin selalu menjaga integritas dan kesatuan kelompok untuk tetap utuh dan bersedia berkorban untuk kelompok dan tujuannya. Properti ini disebut . A. Integritas tinggi B. motivasi C. kematangan D. Swedia 19. Karakteristik wirausahawan yang sangat memperhatikan faktor-faktor kritis secara rinci yang dapat menghambat kegiatan usahanya disebut. A. Doers B. Devotion C. Dream D. Details 20. Perwujudan Sikap Semangat yang tak kenal lelah dan gigih dapat dilihat dari .

A. Saya punya prinsip hidup B. Untuk memiliki kegigihan C. Latih diri Anda untuk mengatasi ketakutan dan kegagalan D. Ciptakan rasa aman 21. Di bawah ini adalah karakter wirausaha yang perlu dikembangkan . A. Kesabaran dan ketabahan B. Gengsi dalam berwirausaha C. Tidak suka bergaul D. Pendiam 22. Seorang wirausahawan akan berusaha melakukan segalanya berdasarkan kekuatan dan keterampilan mereka sendiri tanpa terlebih dahulu memikirkan bantuan orang lain, mulai dari pembuatan program hingga implementasinya, adalah contoh sikap (C5) .

A. Pikirkan baik-baik B. Kenali potensi Anda C. Manajemen yang baik D. Mandiri. 23. Salah satu hambatan yang timbul terhadap intrapreneurship adalah . A. Rencana jangka panjang B. Usaha yang difokuskan pada masalah rawan C. Solusi baru dijadikan bisnis utama D. Fakta diabaikan 24.

Sukses dari seseorang tidak datang begitu saja, maka seseorang harus melakukannya .

sebelum dilakukan cetak ke mesin percetakan artwork/desain yang dibuat dengan software olah digital yaitu

A. Jangan pernah menyerah B. pertarungan C. oleh holding D. Komitmen tingkat tinggi 25. Pakaian jadi, tas tangan wanita, dan dompet merupakan karakteristik produk . A. Proses manufaktur yang bisa dipisah B. Industri presisi C. Asembling sederhana D. Produk yang beragam 26. Pengusaha adalah pemimpin. Untuk mendukung keberhasilannya, ia harus didasarkan pada manajemen yang baik. Berikut adalah beberapa kriteria untuk sukses dalam kepemimpinan, berdasarkan pada sikap dan perilaku pengusaha itu sendiri .

A. Saya memiliki kecerdasan B. Dapat memotivasi orang lain C. Integritas tinggi D. Bakat rendah 27. Produk/jasa yang diperiksa secara cermat oleh konsumen dan membandingkan mutu maupun harganya dengan produk/jasa yang lain dengan penjual lain, termasuk . A. Shooping goods B. Unsought goods C. Convinience goods D. Specialty goods 28. Orang yang sukses didasarkan pada disiplin, latihan yang cermat, partisipasi yang cermat dalam kompetisi atau kompetisi, diet seimbang, gaya hidup sehat, kesiapan fisik dan mental .

A. Artis B. atlet C. petani D. secara resmi 29. Seorang entrepreneur yang menjalankan kegiatan usaha dalam bidang otomotif seperti tune up racing untuk motor dan mobil merupakan karakteristik produk .

A. Produksi yang dibuat dalam skala kecil B. Produk massal komponen-komponen khusus C. Produksi yang memerlukan tingkat keterampilan dan ketelitian yang tinggi D. Produksi dengan desain khusus 30. Tidak ada pengusaha yang tidak pernah gagal. Beberapa faktor menyebabkan kegagalan kewirausahaan, dengan pengecualian .

A. Tidak ada perencanaan B. Saya tidak punya pengalaman C. Lokasi salah D. Organisasi yang dinamis 31. Seorang wirausahawan menciptakan produk/jasa baru yang belum pernah ada sebelumnya disebut . A. Extension B. Invention C. Synthesis D. Duplication 32. Keterampilan wirausaha dalam menyusun rencana, memahami dan menetapkan visi untuk memiliki arah yang jelas yang disebut. Keterampilan yang disebutkan . A. manajerial B. Kelola waktu C. Merumuskan masalah D.

konseptual 33. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan kreatif adalah . A. Mengembangkan pemahaman tentang fungsi B. Berani mencoba menanggung resiko C. Mengembangkan kontak dan komunikasi yang berkesinambungan D. Melakukan seleksi dan promosi karyawan dengan dasar prestasi 34.

Perilaku kewirausahaan sosial dan ekologis meliputi . A. berorientasi pada tujuan B. Jangan takut akan risiko kegagalan C. Berani mengambil keputusan D. Berperilaku baik dengan orang lain 35.

Hal-hal yang menghambat riset pemasaran adalah . A. Ongkos, keputusan strategis, dan relevansi B. Tekanan persaingan, latar belakang pengusaha, dan pandangan jangka pendek C. Pekerjaan, orientasi waktu, dan pengaruh keluarga D. Profil pasar, persaingan, dan perubahan peraturan 36.

Kewirausahaan adalah proses di mana seseorang melihat peluang-peluang untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui inovasi . A. Robin B. Savari C. GNMMK D. Gede Prama 37. Jenis pendekatan dalam perumusan solusi permasalahan adaptor adalah . A. Memikirkan solusi permasalahan dengan sudut pandang yang tidak biasa B.

Tidak ada pekerjaan yang bersifat rutin C. Cenderung berorientasi pada alat pemecahan masalah D. Mempertanyakan asumsi dasar dari praktek pemecahan masalah 38. Ciri-ciri orang yang berbakat menjadi wirausahawan menurut Beglay dan Boyd adalah . A. Berorientasi pada masa depan B. Memiliki kemampuan untuk mengendalikan C. Mampu belajar dari pengalaman D. Keinginan untuk bertanggung jawab dalam pencapaian tujuan 39. Salah satu cara untuk menciptakan suasana inovatif melalui aturan inovasi (ruler of innovation) adalah .

A. Membentuk tim-tim kecil untuk memikirkan gagasan yang berorientasi ke masa depan B. Mengidentifikasi secara dini calon-calon intrapreneur yang berprestasi C. Mempromosikan intrapreneur D. Menetapkan sasaran dan jadwal 40. Perusahaan yang dalam proses pengerjaan dilakukan dengan menggunakan tangan, memanfaatkan spesifikasi karyawan dalam kelompok kecil dan memiliki keterampilan tinggi adalah . A. Industri jasa B.

Industri presisi C. Industri yang melayani pasar ukuran kecil D. Industri dispersed 41. Karena belum mampu menghasilkan produk/jasa dengan mutu yang konsisten, maka konsumen sering merasa kecewa terhadap salah satu produk. Hal tersebut merupakan jenis hambatan dalam pengembangan usaha, yaitu .

A. Mutu produk/jasa tidak konsisten B. Harga bahan baku naik secara pesat C. Image perusahaan belum cukup baik D. Infrastruktur belum tersedia 42. Sebelum kegiatan membuat usaha produk grafika hal pertama dimulai terlebih dahulu harus. A. mengurus IMB B. melakukan evaluasi C. melakukan promosi D. mengurus izin usaha 43. Salah satu karakteristik entrepreneur adalah internal locus of control yang berarti . A. Memiliki dorongan yang kuat untuk berhasil maupun untuk tumbuh B.

Berorientasi pada peluang dan memiliki sasaran yang jelas C. Tidak mengindahkan status dan tidak tertarik pada kekuasaan D. Menginginkan kebebasan mengatur diri sendiri 44. Adanya biaya-biaya produksi, adanya pinjaman-pinjaman dan utang-utang usaha produk grafika yang besar, termasuk pada analisis aspek . A. risiko SDM B. risiko potensi pasar C.

risiko keuangan D. risiko pelanggan 45. Menurut Vijay Sathe ada beberapa bidang yang perlu diperhatikan untuk menciptakan tumbuhnya perilaku intrapreneur dalam organisasi, antara lain . A. Adanya gagasan baru yang inovatif B. Kebebasan karyawan untuk menetapkan cara kerja yang paling efektif C. Melakukan rotasi karyawan pada berbagai bidang yang berbeda D. Memiliki hubungan dengan orang-orang yang tepat 46. Berikut yang bukan termasuk ke dalam risiko menjalankan usaha produk grafika adalah .

A. analisis aspek risiko keuangan B. analisis aspek risiko SDM C. analisis aspek potensi besar D. analisis aspek keuntungan 47. Pemikiran jangka panjang mengenai pertumbuhan perubahan perusahaan yang sering diabaikan termasuk karakteristik industri .

A. Ketidakpastian teknologi B. Horison waktu yang pendek C. Ketidakpastian strategi D. Pembeli pemula 48. Buku produksi, buku penjualan, kuitansi, faktur penjualan dalam usaha produk grafika termasuk pada. A. administrasi usaha besar B.

administrasi usaha kecil C. perangkat administrasi usaha D. pembukuan 49. Salah satu pertimbangan untuk merekayasa ulang perusahaan agar terbentuk suasana intrapreneur adalah . A. Mengembangkan visi intrapreneurship B. Menggunakan struktur yang sesuai dengan suasana intrapreneurship C. Perusahaan yang mampu mendorong pertumbuhan karyawannya D. Mengurangi birokrasi yang tidak perlu 50. Berikut yang tidak dievaluasi dalam usaha produk grafika. A. keuntungan B. penguasaan teknis C.

pemasaran D. devisa 51. Seorang entrepreneur merupakan pengambil risiko yang moderat adalah karakteristik . A. Daya tahan dan memiliki keteguhan hati yang kuat B. Dorongan untuk berhasil C. Berinisiatif dan bertanggung jawab D. Mampu menerima situasi mendua 52. Cetak yang hanya dipakai untuk peretakan kertas yaitu. A. cetak offset B.

cetak dalam C. cetak tinggi D. cetak air brush 53. Para usahawan biasanya memiliki ciri perilaku . A. Merupakan pihak yang mengambil inisiatif B. Sebagai penghubung bagian masyarakat non-ekonomis dengan berbagai lembaga pencari untung C. Cenderung bertindak dan bukan pemikir D. Penemu hal yang baru 54.

Berikut ini faktor eksternal dalam pemunculan ide usaha percetakan/produk grafika, kecuali. A. masalah yang dihadapi dan belum terpecahkan B. kesulitan yang dihadapi sehari-hari C. kebutuhan yang belum terpenuhi baik untuk dirinya maupun orang lain D.

pengetahuan yang dimiliki 55. Ketidaksenangan entrepreneur terhadap sistem birokrasi, keinginan yang kuat untuk menciptakan sesuatu yang berbada termasuk salah satu karakteristik entrepreneur . A. Independen B. Dorongan untuk berhasil C. Kreatif dan inovatif D. Memiliki impian 56. Sebelum dilakukan cetak ke mesin percetakan artwork/desain yang dibuat dengan software olah digital yaitu . A. corel draw B. notepad C.

pagemaker D. indesign 57. Ciri-ciri entrepreneur yang sering muncul adalah . A. Mampu mengenali dan memanfaatkan peluang B. Peka terhadap orang lain C. Memiliki ketekunan dalam memecahkan masalah D. Memiliki integritas dan merupakan seseorang yang bisa dipercaya 58. Saat cetak sablon artwork yang telah dibuat lalu dilakukan afdruk di.

A. rakel B. gleserin C. tinta sablon D. screen 59. Bunga tabungan yang tidak diambil di akhir periode disebut . A. Bunga tabungan B. Bunga berbunga C. Bunga deposito D. Bunga tahunan 60. Berikut faktor-faktor tentang keberhasilan dalam usaha produk grafika, kecuali. A. perencanaan yang tepat dan matang B. dedikasi yang tinggi C. banyak dana D. SDM handal dan teknologi tinggi 61. Hal-hal yang termasuk hambatan masuk (barrier to entry) adalah .

A. Skala ekonomi, ongkos perpindahan, dan peran pengalaman B. Kelompok kepentingan, pemberi pinjaman, dan supplier C. Struktur kegiatan usaha, corak budaya, dan jenis sumber yang tersedia D.

Persaingan usaha, pengelolaan, dan ketahanan menghadapi perubahan 62. Salah satu tujuan kewirausahawan kerajinan inspirasi artefak/budaya lokal, yaitu .

A. sebagai generator pembangunan ekonomi B. menciptakan tenaga kerja baru C. mendidik masyarakat agar hidup sederhana D. melestarikan budaya Indonesia 63.

Arti dari istilah dispersed adalah . A. Industri yang mengusahakan produk berdimensi besar B. Industri yang memproses bahan baku yang menyebar C. Industri yang menjalankan kegiatan dengan melayani permintaan D. Industri yang dalam menjalankan kegiatannya menuntut adanya operasi pengerjaan yang dapat terpisah 64.

Wadah pembungkus produk kerajinan inspirasi artefak/budaya lokal disebut . A. tas B. kemasan C. label D. merk 65. Cara pandang yang menunjukkan adanya sejumlah faktor yang berkaitan dengan sukses atau gagalnya usaha yang dijalankan oleh seorang wirausahawan adalah .

A. Pandangan mikro B. Pendekatan keuangan C. Pendekatan peluang usaha D. Pandangan makro 66. Perancangan karya kerajinan inspirasi artefak/budaya lokal melalui konsep dan gambar rencana disebut . A. pengertian kerajinan B. desain kerajinan C. peluang usaha D. manfaat kerajinan 67. Kewirausahaan dikenal pertama kali di Perancis oleh seorang ahli ekonomi yang bernama . A. Joseph Schumpeter B. Ronstadt C. Richard Cantilon D. Ray C. Kroc 68. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum dilakukan cetak ke mesin percetakan artwork/desain yang dibuat dengan software olah digital yaitu menetapkan desain kerajinan inspirasi artefak/budaya lokal, kecuali .

A. jenis kerajinan B. teknik C. pendistribusian D. manfaat 69. Definisi wirausahawan adalah . A. Seseorang yang memimpin suatu perusahaan B. Seseorang yang mengorganisasikan, mengelola, dan menanggung resiko sebuah usaha C. Seseorang yang menciptakan suatu pengetahuan D. Seseorang yang secara sukarela mengambil tanggung jawab untuk menciptakan temuan-temuan baru yang bermanfaat dalam suatu organisasi 70.

Berikut merupakan prinsip nilai keindahan dalam pembuatan kerajinan, kecuali . A. kesatuan B. keseimbangan C. kesenangan D. keselarasan 71. Tiga aspek lapangan yang membuat produk atau jasa lebih sesuai untuk industri kecil adalah .

A. Lokasi, pasar, proses B. Pasar, pelayanan, proses C. Proses, lokasi, transportasi D. Lokasi, transportasi, pasar 72.

Berikut kepercayaan atau rasa yakin harus dimiliki oleh seorang wirausaha kerajinan, kecuali . A. kecerdasan sendiri B. kemampuan untuk bekerja secara kreatif dan inovatif C. kemampuan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik D.

keyakinan dapat menguasai pasar 73. Perusahaan yang bergerak dalam pembuatan ring merupakan perusahaan industri kecil yang dalam menjalankan kegiatannya menggambarkan ciri-ciri . A. Produk yang memerlukan tingkat keterampilan dan ketelitian yang tinggi B. Produksi massal dengan produkl akhir yang bersifat khusus C. Produk yang dibuat dalam jumlah kecil D. Hubungan antara aspek fisik dengan aspek engineering 74. Wirausaha kerajinan inspirasi artefak/budaya lokal adalah . A. proses dinamis untuk menciptakan tambahan kemakmuran dari kerajinan inspirasi budaya lokal B.

sumber daya alam yang dipakai untuk membuat kerajinan tangan C. mereka yang suka ikut-ikutan dalam membuka usaha kerajinan inspirasi budaya lokal D. pegawai dan karyawan yang membuat kerajinan inspirasi budaya setempat 75.

Penggunaan baru dari satu jenis produk, proses, atau jasa yang sudah ada termasuk jenis inovasi . A. Invention B. Extension C. Synthesis D. Duplication 76. Berikut bukan informasi yang penting bagi seorang wirausahawan kerajinan . A. jumlah karyawan yang bekerja di perusahaan B.

keinginan para konsumen terhadap suatu produk C. keadaan persaingan dalam dunia bisnis D. lingkungan usaha yang dihadapi 77. Kunci proses entrepreneurial adalah . A. Fleksibel B. Inovasi C. Optimis D. Kreatif 78. Berikut bukan termasuk kepekaan seorang wirausaha kerajinan inspirasi artefak/budaya lokal terhadap lingkungannya, yaitu .

A`. pandai dalam bergaul B. pengenalan terhadap arti lingkungan C. memiliki keinginan yang besar untuk menggali dan mendayagunakan sumber daya alam setempat. D. rasa kurang syukur atas segala yang diperoleh dari hasil wirausaha kerajinan inspirasi budaya lokal 79. Untuk menumbuhkan iklim intrapreneurship, perusahaan perlu mengembangkan . A. Persaingan B.

Sistem umpan balik serta dukungan yang positif C. Ketidakpercayaan terhadap manajemen tradisional D. Menumpuk kekuatan 80. Teknik yang sebelum dilakukan cetak ke mesin percetakan artwork/desain yang dibuat dengan software olah digital yaitu untuk untuk membuat kerajinan piring lidi (Ingke) yaitu. A. makrame B. mengukir C. merajut D. menganyam 81. Ketersediaan transportasi, ketersediaan lahan dan fasilitas, standar hidup masyarakat serta dukungan kebijakan pemerintah termasuk faktor-faktor yang berkaitan dengan .

A. Individu B. Lingkungan C. Organisasi D. Proses 82. Dalam pengelolaan sumber daya usaha kerajinan, faktor yang paling menentukan ialah . A. manusia B. materi C. metode D. uang 83. Menetapkan dan menentukan urut-urutan produksi dan bahan mentah sampai menjadi produk akhir dalam usaha kerajinan disebut .

A. routing B. ispatching C. follop up D. patching 84. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menetapkan desain proses produksi kerajinan, kecuali.

A. jenis kerajinan B. teknik C. pendistribusian D. manfaat 85. Wirausahawan dituntut untuk berpikir dan sama pentingnya dengan kecenderungan mereka bertindak (business plan). Mitos di atas adalah . A. Kewirausahaan merupakan bakat yang dibawa seseorang sejak lahir B.

Wirausahawan merupakan penemu hal baru C. Wirausahawan merupakan orang yang cenderung bertindak dan bukan pemikir D. Wirausahawan dipandang memiliki ciri-ciri tertentu 86. Penciptaan, pengubahaan atau penambahan nilai guna suatu barang disebut . A. proses produksi B. pengemasan C. analisis gagasan D. teknik produksi 87.

Dengan adanya sebuah proposal usaha, pihak manajemen usaha kerajinan akan memperoleh masukan yang dapat menjadi pertimbangan untuk . A. menambah kapasitas produksi B. perluasan usaha C. mengalahkan saingan usaha D. menambah jenis produksi 88. Berikut yang bukan perencanaan proses produksi kerajinan inspirasi artefak/budaya lokal adalah. A. proses persiapan B. analisis gagasan C. prosedur kerja D. penyaringan gagasan 89. Ibu Mery adalah seorang pedagang batik keliling.

Seiring perkembangan waktu, usaha Ibu Mery berkembang sangat pesat dan berubah menjadi sebuah toko batik yang menempati gedung cukup representatif.

Beberapa tahun kemudian toko batik Ibu Mery mengalami kemerosotan yang cukup tajam sehingga Ibu Mery harus merubah usahanya ke usaha lain. Tetapi Ibu Mery tidak prnah putus asa dan terus mencoba usaha tersebut. Sikap Ibu Mery tersebut merupakan karakteristik seorang wirausahawan . A. Memiliki dorongan untuk berhasil B. Memiliki daya tahan dan keteguhan hati yang kuat C. Cenderung memiliki sasaran yang jelas D.

Menanggapi saran dan kritik secara positif 90. Berikut yang tidak termasuk dalam kerajinan yang inspirasinya dari artefak/budaya lokal yaitu . A. ingke B. keris C. golok D. lampion 91. Suatu tindakan untuk mencapai suatu sasaran dalam hal usaha kerajinan inspirasi artefak/budaya lokal disebut [.] usaha A.

tujuan B. strategi C. manfaat D. sasaran 92. Elemen-elemen yang termasuk dalam lingkungan tugas adalah . A. Struktur, budaya, dan sumber B. Ekonomi, teknologi, dan sosial-budaya C. Pemerintah, supplier, dan pesaing D. Harga, pengelolaan, dan mental 93. Suatu kegiatan usaha mengenalkan barang hasil produksi kerajinan pada masyarakat luas disebut .

A. proposal B. publikasi C. evaluasi D. pembukuan 94. Salah satu cara yang digunakan oleh organisasi dalam rangka membantu mengubah cara berpikir dan mendorong munculnya suasana inovatif, yaitu . A. Mengijinkan karyawan memperoleh kepuasan kerja B. Menyediakan rangsangan dan peralatan untuk kegiatan intrapreneurship C. Mengembangkan kerjsama antara intrapreneur dan organisasi secara keseluruhan D. Menetapkan sasaran yang jelas dan terukur 95.

Langkah terakhir untuk mengetahui usaha untung atau rugi, diteruskan atau berhenti setelah dilakukan. A. sasaran B. strategi C. evaluasi D. draf usaha 96. Karakteristik telemarketing adalah .

A. Ongkos dan biaya, relevansi data, dan reliabilitas data B. Penghematan waktu, jangkauan strategis, dan pengendalian C. Konsumen potensial, profil pasar, dan faktor-faktor luar D. Rencana pemasaran, evaluasi, dan riset penjualan 97. Ada empat penyebab munculnya stress menurut Boyd dan Gumpert adalah . A. Kesepian, tenggelam dalam pekerjaan, keinginan untuk berhasil, dan permasalahan SDM B. Keinginan untuk berhasil, kesepian, permasalahan SDM, dan selalu dikejar waktu C. Kesepian, tenggelam dalam pekerjaan, mengabaikan semua aspek kehidupan, dan keinginan untuk berhasil D.

Permasalahan SDM, cenderung mengambil tanggung jawab yang berlebih, kesepian, dan tenggelam dalam pekerjaan 98. Faktor-faktor yang berkaitan dengan karakteristik produk yang dihasilkan oleh perusahaan industri ukuran kecil adalah . A.

Produk dibuat dalam skala kecil, hubungan antara aspek fisik dengan aspek engineering B. Produk dengan desain khusus, pelayanan yang lebih baik, dan produk yang dipengaruhi oleh lokasi dan ongkos transportasi C. Produk yang memerlukan keterampilan, produk massal komponen-komponen khusus, dan respon yang cepat D. Produk dibuat dalam skala kecil, produk dengan desain khusus, dan respon yang cepat 99. Faktor kegagalan usaha yang berkaitan dengan masalah finansial adalah . A.

waktu peluncuran produk yang kurang tepat B. terlalu rendah dalam memperhitungkan dana C. strategi produksi produk yang tidak tepat D. terlalu bersikap nepotisme 100. Cara pandang dan dukungan terhadap inovasi menurut inovasi bertahap adalah . A. Menghilangkan hambatan anggaran dan jadwal apabila memungkinkan B. Menetapkan sasaran dan jadwal C.

Mengembangkan perhatian terhadap karyawan secara individual D. Menyediakan dana secara fleksibel Mengenal Jenis Jenis Percetakan – Percetakan adalah sebuah bisnis yang memberikan jasa percetakan seperti buku, koran, ataupun plamfet.

Bisnis percetakan memang sangat menguntungkan, apalagi jika kita mengetahui letak pasar kita ada di mana. Ngomong-ngomong masalah percetakan, kali ini kita akan membahas tentang jenis-jenis percetakan. Secara umum dapat dibagi menjadi 4 jenis.

Yaitu : Mengenal Jenis Jenis Percetakan Daftar Isi • 1. Cetak Offset • 2. Cetak sablon • 3. Cetak Digital • 4. Cetak Airbrush 1. Cetak Offset Cetak offset biasanya digunakan untuk peretakan kertas.

Sebelum dilakukan cetak ke mesin percetakan, artwork/ desain yg dibuat dengan software olah digital seperti coredraw, photoshop, freehand dan lain2nya lalu selanjutnya dibuatkan plat filmnya. Dengan plta film tersebut kemudian dilakukan pencetakan melalui mesin offset.

Hasil peretakan offset biasanya untuk buku, nota, kemasan promosi, iklan dan sebagainya. 2. Cetak sablon Cetak sablon sering disebut screen printing. Cetak jenis ini menggunakan screen/saring. Artwork yang telah dibuat lalu dilakukan afdruk di screen. Dari hasil afdruk itu kemudian dituang tinta dan disaput dengan rakel. Tinta yang disaput akan keluar dari screen ke media yang disablon. Cetak sablon bisa diaplikasikan di banyak media, semisal : kertas, plastik, kain, besi, aluminium, kaca, kayu dan media lainnya.

3. Cetak Digital Cetak digital atau sering disebut dengan digital printing prosesnya dimulai dari desain lalu dicetak dengan menggunakan printer. Hasilnya sesuai dengan desain yang dibuat. Media printing bisa di kertas, kaos (Direct to Garmen) atau ke plastik yang biasanya digunakan untuk spanduk.

Cetak digital sekarang sudah modern untuk kebutuhan cetak yg super cepat kadang kita butuh mesin cetak yg handal antara lain mesin cetak digital. (Model cetak ini yang biasanya di pakai oleh deepublish dalam hal cetak cover. Cetakan menggunakan kertas ivory dengan ukuran 260 gr). 4. Cetak Airbrush Cetak jenis ini menggunakan sprayer. Cat yang ada di tabung kemudian disemprotkan dengan bantuan tekanan udara. Cetak jenis ini seperti melukis dengan semprotan cat.

Hasilnya seperti mural atau seni air brush di motor, mobil dan sebagainya.
40 Contoh Soal Prakarya Kelas 10 Semester 2 Berikut dibawah ini, soal PG Prakarya dan KWU kelas 10 semester genap beserta jawaban dilengkapi dengan pembahasan untuk siswa SMA/MA/Sederajat.

1. Langkah terakhir untuk mengetahui usaha untung atau rugi, diteruskan atau berhenti setelah dilakukan…. a. sasaran b. strategi c. evaluasi d. draf usaha e. tujuan Jawaban: c Pembahasan: evaluasi adalah suatu aktivitas untuk melakukan analisis kinerja suatu usaha bisnis. Evaluasi usaha prinsip dasar utamanya adalah membandingkan rencana usaha yang telah dibuat sebelum kegiatan dimulai dengan apa yang telah dicapai pada akir masa produksi.

2. Suatu kegiatan usaha mengenalkan barang hasil produksi kerajinan pada masyarakat luas disebut…. a. proposal sebelum dilakukan cetak ke mesin percetakan artwork/desain yang dibuat dengan software olah digital yaitu. publikasi c. evaluasi d. pembukuan e. biaya produksi Jawaban: b Pembahasan: publikasi adalah metode paling ampuh untuk berbisnis yaitu menggunakan hasil produksi kerajinan pada khayalak umum.

Usaha tanpa publikasi adalah kerugian. 3. Suatu tindakan untuk mencapai suatu sasaran dalam hal usaha kerajinan inspirasi artefak/budaya lokal disebut…. usaha a. tujuan b. strategi c. manfaat d.

sebelum dilakukan cetak ke mesin percetakan artwork/desain yang dibuat dengan software olah digital yaitu

sasaran e. langkah kegiatan Jawaban: b Pembahasan: Business strategy (strategi usaha) adalah perumusan rencana dan kebijakan jangka panjang usaha yang menyesuaikan kegiatan produksi dan pemasaran dalam rangka pencapain tujuan usahanya. 4. Dengan adanya sebuah proposal usaha, pihak manajemen usaha kerajinan akan memperoleh masukan yang dapat menjadi pertimbangan untuk….

a. menambah kapasitas produksi b. perluasan usaha c. mengalahkan saingan usaha d. menambah jenis produksi e. pembukaan cabang baru Jawaban: b Pembahasan: apabila sebuah usaha kerajinan maju maka selanjutnya adalah melakukan perluasan usaha 5. Dalam pengelolaan sumber daya usaha kerajinan, faktor yang paling menentukan ialah…. a. manusia b. materi c. metode d.

uang e. mesin Jawaban: a Pembahasan: manusia adalah pemain utama dalam pembuatan dan pengembangan usaha kerajinan inspirasi artefak/budaya lokal, tanpa adanya manusia yang kompeten mustahil usaha akan maju. 6. Menetapkan dan menentukan urut-urutan produksi dan bahan mentah sampai menjadi produk akhir dalam usaha kerajinan disebut…. a.

routing b. ispatching c. follop up d. scheduling e. patching Jawaban: e Pembahasan: patching adalah kegiatan penetapan proses produksi sampai menjadi produk akhir dalam wirausaha kerajinan tangan. 7. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menetapkan desain proses produksi kerajinan, kecuali…. a. jenis kerajinan b. teknik c. pendistribusian d. manfaat e. pengemasan Jawaban: c Pembahasan: pendistribusian merupakan kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dan jasa dari produsen kepada konsumen, sehingga penggunannya sesuai dengan yang diperlukan (jenis, jumlah, harga, tempat, dan saat dibutuhkan).

Pendistribusian bukan bagian desain proses produksi kerajinan tapi bagian pemasaran kerajinan. 8. Penciptaan, pengubahaan atau penambahan nilai guna suatu barang disebut…. a. proses produksi b. pengemasan c. analisis gagasan d. teknik produksi e. penjualan Jawaban: a Pembahasan: proses produksi adalah kegiatan yang mengkombinasikan faktor-faktor produksi (man, money, material, method) yang ada untuk menghasilkan suatu produk, baik berupa barang atau jasa yang dapat diambil nilai lebihnya atau manfaatnya oleh konsumen.

9. Berikut yang bukan perencanaan proses produksi kerajinan inspirasi artefak/budaya lokal adalah…. a. proses persiapan b.

analisis gagasan c. prosedur kerja d. penyaringan gagasan e. uji coba produksi Jawaban: c Pembahasan: perencanaan produksi dapat didefinisikan sebagai proses untuk merencanakan sistem produksi sehingga permintaan pasar dapat dipenuhi dengan jumlah yang tepat, waktu penyerahan yang tepat.

10. Berikut yang tidak termasuk dalam kerajinan yang inspirasinya dari artefak/budaya lokal yaitu…. a. ingke b. keris c. golok d. bakul nasi e. lampion Jawaban: e Pembahasan: lampion merupakan kerajinan inspirasinya dari budaya Tiongkok atau Cina 11. Salah satu tujuan kewirausahawan kerajinan inspirasi artefak/budaya lokal, yaitu…. a. sebagai generator sebelum dilakukan cetak ke mesin percetakan artwork/desain yang dibuat dengan software olah digital yaitu ekonomi b. menciptakan tenaga kerja baru c.

mendidik masyarakat agar hidup sederhana d. menumbuhkan wirausaha yang berkualitas dan melestarikan budaya e. melestarikan budaya Indonesia Jawaban: e Pembahasan: kerajinan inspirasi artefak/budaya lokal dibuat untuk melestarikan budaya nasional Indonesia. 12. Wadah pembungkus produk kerajinan inspirasi artefak/budaya lokal disebut…. a. tas b. kemasan c. label d. merk e. iklan Jawaban: b Pembahasan: kemasan dapat membantu mencegah atau mengurangi kerusakan, melindungi produk yang ada di dalamnya 13.

Perancangan karya kerajinan inspirasi artefak/budaya lokal melalui konsep dan gambar rencana disebut…. a. pengertian kerajinan b. desain kerajinan c. peluang usaha d. manfaat kerajinan e. perencanaan usaha Jawaban: b Pembahasan: desain kerajinan adalah perancangan karya kerajinan melalui konsep dan gambar rencana, dengan mempertimbangkan nilai fungsi, kenyamanan, keamanan/keselamatan, kesehatan, kepraktisan, keunikan, dan keindahan/estetika, trend pasar (nilai ekonomi) 14.

Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menetapkan desain kerajinan inspirasi artefak/budaya lokal, kecuali…. a. jenis kerajinan b.

sebelum dilakukan cetak ke mesin percetakan artwork/desain yang dibuat dengan software olah digital yaitu

teknik c. pendistribusian d. manfaat e. estetika Jawaban: c Pembahasan: pendistribusian masuk dalam bidang pemasaran produk kerajinan fungsi pakai 15. Berikut merupakan prinsip nilai keindahan dalam pembuatan kerajinan, kecuali…. a. kesatuan b. keseimbangan c. kesenangan d. keselarasan e. proporsional Jawaban: c Pembahasan: nilai-nilai keindahan (estetik) atau keunikan karya seni memiliki prinsip: kesatuan (unity), keselarasan (harmoni), keseimbangan (balance), dan kontras (contrast). 16.

Berikut kepercayaan atau rasa yakin harus dimiliki oleh seorang wirausaha kerajinan, kecuali…. a. kecerdasan sendiri b. kemampuan untuk bekerja secara kreatif dan inovatif c. kemampuan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik d. keyakinan dapat menguasai pasar e. mampu membuat kerajinan disukai masyarakat Jawaban: d 17. Wirausaha kerajinan inspirasi artefak/budaya lokal adalah…. a. proses dinamis untuk menciptakan tambahan kemakmuran dari kerajinan inspirasi budaya lokal b. sumber daya alam yang dipakai untuk membuat kerajinan tangan c.

mereka yang suka ikut-ikutan dalam membuka usaha kerajinan inspirasi budaya lokal d. pegawai dan karyawan yang membuat kerajinan inspirasi budaya setempat e.

kegiatan membuat kerajinan yang sangat unik dan bernilai uang tinggi Jawaban: a Pembahasan: wirausaha kerajinan biasanya mengambil inspirasi dari daerah sekitar yang menarik seperti budaya lokal 18. Berikut bukan informasi yang penting bagi seorang wirausahawan kerajinan… a.

jumlah karyawan yang bekerja di perusahaan b. keinginan para konsumen terhadap suatu produk c. keadaan persaingan dalam dunia bisnis d. lingkungan usaha yang dihadapi e. budaya lokal yang bisa dibuat kerajinan tangan Jawaban: b 19. Berikut bukan termasuk kepekaan seorang wirausaha kerajinan inspirasi artefak/budaya lokal terhadap lingkungannya, yaitu….

a. pandai dalam bergaul b. pengenalan terhadap arti lingkungan c. memiliki keinginan yang besar untuk menggali dan mendayagunakan sumber daya alam setempat. d. rasa kurang syukur atas segala yang diperoleh dari hasil wirausaha kerajinan inspirasi budaya lokal e. memahami adat dan budaya serta kekahasan budaya setempat Jawaban: a 20. Teknik yang dipakai untuk untuk membuat kerajinan piring lidi (Ingke) yaitu…. a. makrame b. mengukir c. merajut d. menenun e. menganyam Jawaban: e Pembahasan: teknik pembuatan ingke adalah dianyam berbentuk lingkaran 21.

Berikut faktor-faktor tentang keberhasilan dalam usaha produk grafika, kecuali…. a. perencanaan yang tepat dan matang b. dedikasi yang tinggi c. banyak dana d. SDM handal dan teknologi tinggi e.

sebelum dilakukan cetak ke mesin percetakan artwork/desain yang dibuat dengan software olah digital yaitu

kebutuhan konsumen yang terpuaskan Jawaban: c 22. Saat cetak sablon artwork yang telah dibuat lalu dilakukan afdruk di…. a. rakel b. gleserin c. tinta sablon d. hair dryer e. screen Jawaban: e Pembahasan: cetak sablon sering disebut screen printing. Cetak jenis ini menggunakan screen/saring. Artwork yang telah dibuat lalu dilakukan afdruk di screen. Dari hasil afdruk itu kemudian dituang tinta dan disaput dengan rakel. Tinta yang disaput akan keluar dari screen ke media yang disablon.

Cetak sablon bisa diaplikasikan di banyak media, semisal: kertas, plastik, kain, besi, aluminium. 23. Sebelum dilakukan cetak ke mesin percetakan artwork/desain yang dibuat dengan software olah digital yaitu…. a.

sebelum dilakukan cetak ke mesin percetakan artwork/desain yang dibuat dengan software olah digital yaitu

corel draw b. notepad c.

sebelum dilakukan cetak ke mesin percetakan artwork/desain yang dibuat dengan software olah digital yaitu

pagemaker d. indesign e. flash Jawaban: a Pembahasan: cetak offset biasanya digunakan untuk peretakan kertas. Sebleum dilakukan cetak ke mesin percetakan, artwork/desain yang dibuat dengan software olah digital seperti coreldraw, photoshop, freehand dan lainnya lalu selanjutnya dibuat plat filmnya.

Dengan pita film tersebut kemudian dilakukan pencetakan melalui mesin offset. Hasil percetakan offset biasanya untuk buku, nota, kemasan promosi, iklan dan sebagainya. 24. Berikut ini faktor eksternal dalam pemunculan ide usaha percetakan/produk grafika, kecuali…. a. masalah yang dihadapi dan belum terpecahkan b. kesulitan yang dihadapi sehari-hari c. kebutuhan yang belum terpenuhi baik untuk dirinya maupun orang lain d.

pemikiran yang besar untuk menciptakan sesuatu yang baru e. pengetahuan yang dimiliki Jawaban: e 25. Cetak yang hanya dipakai untuk peretakan kertas yaitu…. a. cetak offset b. cetak dalam c. cetak tinggi d. cetak air brush e. digital printing Jawaban: a Pembahasan: cetak offset biasanya digunakan untuk peretakan kertas, sebelum dilakukan cetak ke mesin percetakan, artwork desain dibuat filmnya. Dengan film itu kemudian dilakukan pencetakan melalui mesin. Hasil peretakan offset biasanya untuk buku, nota, kemasan promosi, iklan dan sebagainya.

26. Berikut yang tidak dievaluasi dalam usaha produk grafika…. a. keuntungan b. penguasaan teknis c. pemasaran d. bahan baku e. devisa Jawaban: e Pembahasan: devisa merupakan pendapatan negara sebelum dilakukan cetak ke mesin percetakan artwork/desain yang dibuat dengan software olah digital yaitu pembelian souvenir/cenderamata turis asing. 27. Buku produksi, buku penjualan, kuitansi, faktur penjualan dalam usaha produk grafika termasuk pada…. a. administrasi usaha besar b.

administrasi usaha kecil c. perangkat administrasi usaha d. administrasi umum e. pembukuan Jawaban: e Pembahasan: dalam usaha kerajinan terdapat sistem pembukuan yang terencana supaya keuangan dapat dihitung dan terlihat untung dan ruginya.

28. Berikut yang bukan termasuk ke dalam risiko menjalankan usaha produk grafika adalah…. a. analisis aspek risiko keuangan b.

analisis aspek risiko SDM c. analisis aspek potensi besar d. analisis aspek pelanggan e. analisis aspek keuntungan Jawaban: e Pembahasan: analisis aspek keuntungan bukan masuk ke dalam resiko usaha tetapi penghitungan laba rugi akhir produksi dan pemasaran. 29. Adanya biaya-biaya produksi, adanya pinjaman-pinjaman dan utang-utang usaha produk grafika yang besar, termasuk pada analisis aspek…. a. risiko SDM b. risiko potensi pasar c. risiko keuangan d.

risiko pelanggan e. risiko aspek produk Jawaban: c Pembahasan: aspek resiko keuangan merupakan aspek yang digunakan untuk menilai keuangan usaha secara keseluruhan. 30. Sebelum kegiatan membuat usaha produk grafika hal pertama dimulai terlebih dahulu harus….

a. mengurus IMB b. melakukan evaluasi c. melakukan promosi d. membuat biaya produksi e. mengurus izin usaha Jawaban: e Pembahasan: agar kegiatan usaha lancar, maka setiap wirausahawan wajib untuk mengurus dan memiliki izin usaha dari instansi pemerintah yang sesuai dengan bidangnya. 31. Informasi yang dibutuhkan dalam kreativitas berwirausaha produk grafika diantaranya…. a. macam-macam badan usaha b.

saingan usaha yang dihadapi c. trand mode d. cara mendirikan usaha e. kebijaksanaan pemerintah Jawaban: b 32. Cetak offset merupakan jenis cetak hanya akan menerima cetak dalam media… a. besi b. kayu c. kaos d.

sebelum dilakukan cetak ke mesin percetakan artwork/desain yang dibuat dengan software olah digital yaitu

kertas e. plastik Jawaban: d 33. Alat yang digunakan untuk membersihkan atau menghapus screen dalam cetak sablon yaitu…. a. meja adfruk b. rakel c. screen d. soda api e. kaporit Jawaban: e 34. Seni cetak atau produk grafika paling terbaru dalam mendesain mobil atau motor disebut cetak…. a. photocopy b. brush c. flexografi d. rotogravure e. painting Jawaban: b 35. Berikut karakteristik yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan, kecuali….

a. mudah bergaul dan pandai berkomunikasi b. bersemangat dan tidak mudah putus asa c. jujur dan bertanggung jawab d. berfikir prestatif, kreatif, dan inovatif e.

tidak berani mengambil risiko Jawaban: e 36. Berikut yang menjadi biaya utama dalam penentuan harga produk dalam usaha produk grafika adalah…. a. biaya bahan baku dan suplai b. biaya administrasi sebelum dilakukan cetak ke mesin percetakan artwork/desain yang dibuat dengan software olah digital yaitu c.

biaya gaji karyawan d. biaya alat tulis kantor e. biaya pengiriman bahan Jawaban: a 37. Suatu proses mengubah peluang menjadi gagasan atau ide yang dapat dimanfaatkan untuk memperoleh keuntungan usaha produk grafika disebut dengan…. a. kreatif b. prestatif c. inovatif d. efektif e. efisien Jawaban: c 38. Di dalam menganalisis aspek pelanggan, dalam perencanaan usaha seorang wirausaha harus menitik bratkan pada hal berikut, kecuali….

a. manfaat produk yang disukai pelanggan b. keuangan pelanggan c. jarak tempuh pelanggan d. strategi pemasaran e. membayar mahal Jawaban: e 39. Perhatikan gambar dibawah ini!

Gambar tersebut merupakan pembuatan produk grafika berupa spanduk dengan teknik cetak…. a. offset b. saring c. dalam d. tinggi e. digital Jawaban: e 40. Proses cetak yang dimulai dengan membuat desain terlebih dulu yang kemudian dicetak dengan menggunakan printer disebut…. a. digital printing b. cetak rotogravure c. cetak flexografi d. cetak sablon e. cetak air brush Jawaban: a ★ Ujian Semester 2 Genap UAS UKK Prakarya dan Kewirausahaan SMA Kelas 10 Sebelum dilakukan cetak ke mesin percetakan artwork/desain yang dibuat dengan software olah digital yaitu….

a. corel draw b. notepad c. pagemaker d. indesign e. flash Pilih jawaban kamu: A B C D E Soal Selanjutnya > Soal / jawaban salah? klik disini untuk mengoreksi melalui kolom komentar Preview soal lainnya: PTS Prakarya SMA Kelas 11 Tujuan dilakukan analisis peluang usaha adalah untuk. …kecuali A. Menemukan peluang usaha. B. Menemukan potensi usaha. C. Mengetahui besarnya potensi usaha yang tersedia D.

Mengetahui berapa keuntungan yang diperoleh E. Mengetahui berapa lama usaha bertahan Materi Latihan Soal Lainnya: • PTS Penjaskes PJOK Semester 2 Genap SD Kelas 6 • Fiqih MA Kelas 11 • Aspek Budidaya Sayuran - Prakarya SMP Kelas 7 • Perkembangbiakan pada Tumbuhan - IPA SD Kelas 6 • Kuis PAI SD Kelas 2 • PPKn Bab 4 SMA Kelas 11 • UH IPS SMP Kelas 7 • PTS Semester 1 Ganjil Bahasa Jawa SD Kelas 3 • Tema 8 Subtema 2 SD Kelas 6 • Penjaskes PJOK SD Kelas 3 Cara Menggunakan : Baca dan cermati soal baik-baik, lalu pilih salah satu jawaban yang kamu anggap benar dengan mengklik / tap pilihan yang tersedia.

Tips : Jika halaman ini selalu menampilkan soal yang sama secara beruntun, maka pastikan kamu mengoreksi soal terlebih dahulu dengan menekan tombol "Koreksi" diatas.

Tentang LatihanSoalOnline.com Latihan Soal Online adalah website yang berisi tentang latihan soal mulai dari soal SD / MI Sederajat, SMP / MTs sederajat, SMA / MA Sederajat hingga umum. Website ini hadir dalam rangka ikut berpartisipasi dalam misi mencerdaskan manusia Indonesia. Halaman Depan • Hubungi Kami • Kirim Soal • Privacy Policy • •
★ SMA Kelas 10 / Ujian Semester 2 Genap UAS UKK Prakarya dan Kewirausahaan SMA Kelas 10 Sebelum dilakukan cetak ke mesin percetakan artwork/desain yang dibuat dengan software olah digital yaitu….

a. corel draw b. notepad sebelum dilakukan cetak ke mesin percetakan artwork/desain yang dibuat dengan software olah digital yaitu. pagemaker d. indesign e. flash Pilih jawaban kamu: A B C D E Soal Selanjutnya > Soal / jawaban salah? klik disini untuk mengoreksi melalui kolom komentar Preview soal lainnya: Ujian Semester 1 Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) SD / MI Kelas 6 Denpasar adalah ibukota provinsi ….

a. Nusa Tenggara Barat b. Jawa Tengah c. Maluku d. Bali Materi Latihan Soal Lainnya: • Ciri-ciri Makhluk Hidup - IPA SD Kelas 6 • PTS Penjas PJOK SMP Kelas 7 • Tema 2 Seni Budaya SD Kelas 6 • PTS Semester 1 Ganjil Bahasa Inggris SMA Kelas 12 • PTS PPKn Semester 1 Ganjil SMP Kelas 9 • PTS Aswaja Semester 2 Genap MI Kelas 5 • Seni Rupa - Seni Budaya SMP Kelas 8 • PTS 1 Semester ganjil IPA SD Kelas 6 • Tema 7 SD Kelas 1 • Penilaian Harian IPA Tema 5 SD Kelas 5 Cara Menggunakan : Baca dan cermati soal baik-baik, lalu pilih salah satu jawaban yang kamu anggap benar dengan mengklik / tap pilihan yang tersedia.

Tentang LatihanSoalOnline.com Latihan Soal Online adalah website yang berisi tentang latihan soal mulai dari soal SD / MI Sederajat, SMP / MTs sederajat, SMA / MA Sederajat hingga umum. Website ini hadir dalam rangka ikut berpartisipasi dalam misi mencerdaskan manusia Indonesia.

Halaman Depan • Hubungi Kami • Kirim Soal • Privacy Policy • Follow us: Facebook • Instagram • Twitter
Daftar Isi Artikel • 40 Contoh Soal Prakarya Kelas 10 • Sebarkan ini: • Posting terkait: 1. Langkah terakhir untuk mengetahui usaha untung atau rugi, diteruskan atau berhenti setelah dilakukan…. a. sasaran b. strategi c. evaluasi d.

draf usaha e. tujuan Jawaban: c Pembahasan: evaluasi adalah suatu aktivitas untuk melakukan analisis kinerja suatu usaha bisnis. Evaluasi usaha prinsip dasar utamanya adalah membandingkan rencana usaha yang telah dibuat sebelum kegiatan dimulai dengan apa yang telah dicapai pada akir masa produksi.

2. Suatu kegiatan usaha mengenalkan barang hasil produksi kerajinan pada masyarakat luas disebut…. a. proposal b. publikasi c. evaluasi d. pembukuan e. biaya produksi Jawaban: b Pembahasan: publikasi adalah metode paling ampuh untuk berbisnis yaitu menggunakan hasil produksi kerajinan pada khayalak umum.

Usaha tanpa publikasi adalah kerugian. 3. Suatu tindakan untuk mencapai suatu sasaran dalam hal usaha kerajinan inspirasi artefak/budaya lokal disebut…. usaha a.

tujuan b. strategi c. manfaat d. sasaran e. langkah kegiatan Jawaban: b Pembahasan: Business strategy (strategi usaha) adalah perumusan rencana dan kebijakan jangka panjang usaha yang menyesuaikan kegiatan produksi dan pemasaran dalam rangka pencapain tujuan usahanya. 4. Dengan adanya sebuah proposal usaha, pihak manajemen usaha kerajinan akan memperoleh masukan yang dapat menjadi pertimbangan untuk….

a. menambah kapasitas produksi b. perluasan usaha c. mengalahkan saingan usaha d. menambah jenis produksi e. pembukaan cabang baru Jawaban: b Pembahasan: apabila sebuah usaha kerajinan maju maka selanjutnya adalah melakukan perluasan usaha 5. Dalam pengelolaan sumber daya usaha kerajinan, faktor yang paling menentukan ialah…. a. manusia b. materi c. metode d. uang e. mesin Jawaban: a Pembahasan: manusia adalah pemain utama dalam pembuatan dan pengembangan usaha kerajinan inspirasi artefak/budaya lokal, tanpa adanya manusia yang kompeten mustahil usaha akan maju.

6. Menetapkan dan menentukan urut-urutan produksi dan bahan mentah sampai menjadi produk akhir dalam usaha kerajinan disebut…. a. routing b. ispatching c. follop up d. scheduling e. patching Jawaban: e Pembahasan: patching adalah kegiatan penetapan proses produksi sampai menjadi produk akhir dalam wirausaha kerajinan tangan. 7. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menetapkan desain proses produksi kerajinan, kecuali…. a. jenis kerajinan b.

teknik c. pendistribusian d. manfaat e. pengemasan Jawaban: c Pembahasan: pendistribusian merupakan kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dan jasa dari produsen kepada konsumen, sehingga penggunannya sesuai dengan yang diperlukan (jenis, jumlah, harga, tempat, dan saat dibutuhkan). Pendistribusian bukan bagian desain proses produksi kerajinan tapi bagian pemasaran kerajinan.

8. Penciptaan, pengubahaan atau penambahan nilai guna suatu barang disebut…. a. proses produksi b. pengemasan c. analisis gagasan d. teknik produksi e. penjualan Jawaban: a Pembahasan: proses produksi adalah kegiatan yang mengkombinasikan faktor-faktor produksi (man, money, material, method) yang ada untuk menghasilkan suatu produk, baik berupa barang atau jasa yang dapat diambil nilai lebihnya atau manfaatnya oleh konsumen.

9. Berikut yang bukan perencanaan proses produksi kerajinan inspirasi artefak/budaya lokal adalah…. a. proses persiapan b. analisis gagasan c. prosedur kerja d. penyaringan gagasan e. uji coba produksi Jawaban: c Pembahasan: perencanaan produksi dapat didefinisikan sebagai proses untuk merencanakan sistem produksi sehingga permintaan pasar dapat dipenuhi dengan jumlah yang tepat, waktu penyerahan yang tepat. 10. Berikut yang tidak termasuk dalam kerajinan yang inspirasinya dari artefak/budaya lokal yaitu….

a.

sebelum dilakukan cetak ke mesin percetakan artwork/desain yang dibuat dengan software olah digital yaitu

ingke b. keris c. golok d. bakul nasi e. lampion Jawaban: e Pembahasan: lampion merupakan kerajinan inspirasinya dari budaya Tiongkok atau Cina 11. Salah satu tujuan kewirausahawan kerajinan inspirasi artefak/budaya lokal, yaitu…. a. sebagai generator pembangunan ekonomi b.

menciptakan tenaga kerja baru c. mendidik masyarakat agar hidup sederhana d. menumbuhkan wirausaha yang berkualitas dan melestarikan budaya e. melestarikan budaya Indonesia Jawaban: e Pembahasan: kerajinan inspirasi artefak/budaya lokal dibuat untuk melestarikan budaya nasional Indonesia. 12. Wadah pembungkus produk kerajinan inspirasi artefak/budaya lokal disebut…. a. tas b. kemasan c. label d. merk e. iklan Jawaban: b Pembahasan: kemasan dapat membantu mencegah atau mengurangi kerusakan, melindungi produk yang ada di dalamnya 13.

Perancangan karya kerajinan inspirasi artefak/budaya lokal melalui konsep dan gambar rencana disebut…. a. pengertian kerajinan b. desain kerajinan c. peluang usaha d. manfaat kerajinan e. perencanaan usaha Jawaban: b Pembahasan: desain kerajinan adalah perancangan karya kerajinan melalui konsep dan gambar rencana, dengan mempertimbangkan nilai fungsi, kenyamanan, keamanan/keselamatan, kesehatan, kepraktisan, keunikan, dan keindahan/estetika, trend pasar (nilai ekonomi) 14.

Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menetapkan desain kerajinan inspirasi artefak/budaya lokal, kecuali…. a. jenis kerajinan b. teknik c. pendistribusian d. manfaat e. estetika Jawaban: c Pembahasan: pendistribusian masuk dalam bidang pemasaran produk kerajinan fungsi pakai 15. Berikut merupakan prinsip nilai keindahan dalam pembuatan kerajinan, kecuali…. a. kesatuan b. keseimbangan c. kesenangan d. keselarasan e.

proporsional Jawaban: c Pembahasan: nilai-nilai keindahan (estetik) atau keunikan karya seni memiliki prinsip: kesatuan (unity), keselarasan (harmoni), keseimbangan (balance), dan kontras (contrast). 16. Berikut kepercayaan atau rasa yakin harus dimiliki oleh seorang wirausaha kerajinan, kecuali….

a. kecerdasan sendiri b. kemampuan untuk bekerja secara kreatif dan inovatif c. kemampuan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik d. keyakinan dapat menguasai pasar e. mampu membuat kerajinan disukai masyarakat Jawaban: d 17. Wirausaha kerajinan inspirasi artefak/budaya lokal adalah…. a. proses dinamis untuk menciptakan tambahan kemakmuran dari kerajinan inspirasi budaya lokal b. sumber daya alam yang dipakai untuk membuat kerajinan tangan c. mereka yang suka ikut-ikutan dalam membuka usaha kerajinan inspirasi budaya lokal d.

pegawai dan karyawan yang membuat kerajinan inspirasi budaya setempat e. kegiatan membuat kerajinan yang sangat unik dan bernilai uang tinggi Jawaban: a Pembahasan: wirausaha kerajinan biasanya mengambil inspirasi dari daerah sekitar yang menarik seperti budaya lokal 18. Berikut bukan informasi yang penting bagi seorang wirausahawan kerajinan… a.

jumlah karyawan yang bekerja di perusahaan b. keinginan para konsumen terhadap suatu produk c. keadaan persaingan dalam dunia bisnis d. lingkungan usaha yang dihadapi e. budaya lokal yang bisa dibuat kerajinan tangan Jawaban: b 19. Berikut bukan termasuk kepekaan seorang wirausaha kerajinan inspirasi artefak/budaya lokal terhadap lingkungannya, yaitu…. a.

pandai dalam bergaul b. pengenalan terhadap arti lingkungan c. memiliki keinginan yang besar untuk menggali dan mendayagunakan sumber daya alam setempat. d. rasa kurang syukur atas segala yang diperoleh dari hasil wirausaha kerajinan inspirasi budaya lokal e.

memahami adat dan budaya serta kekahasan budaya setempat Jawaban: a 20. Teknik yang dipakai untuk untuk membuat kerajinan piring lidi (Ingke) yaitu…. a. makrame b. mengukir c.

sebelum dilakukan cetak ke mesin percetakan artwork/desain yang dibuat dengan software olah digital yaitu

merajut d. menenun e. menganyam Jawaban: e Pembahasan: teknik pembuatan ingke adalah dianyam berbentuk lingkaran 21. Berikut faktor-faktor tentang keberhasilan dalam usaha produk grafika, kecuali…. a.

sebelum dilakukan cetak ke mesin percetakan artwork/desain yang dibuat dengan software olah digital yaitu

perencanaan yang tepat dan matang b. dedikasi yang tinggi c. banyak dana d. SDM handal dan teknologi tinggi e. kebutuhan konsumen yang terpuaskan Jawaban: c 22. Saat cetak sablon artwork yang telah dibuat lalu dilakukan afdruk di…. a. rakel b. gleserin c. tinta sablon d. hair dryer e. screen Jawaban: e Pembahasan: cetak sablon sering disebut screen printing. Cetak jenis ini menggunakan screen/saring. Artwork yang telah dibuat lalu dilakukan afdruk di screen.

Dari hasil afdruk itu kemudian dituang tinta dan disaput dengan rakel. Tinta yang disaput akan keluar dari screen ke media yang disablon. Cetak sablon bisa diaplikasikan di banyak media, semisal: kertas, plastik, kain, besi, aluminium. 23. Sebelum dilakukan cetak ke mesin percetakan artwork/desain yang dibuat dengan software olah digital yaitu…. a. corel draw b. notepad c. pagemaker d. indesign e. flash Jawaban: a Pembahasan: cetak offset biasanya digunakan untuk peretakan kertas.

Sebleum dilakukan cetak ke mesin percetakan, artwork/desain yang dibuat dengan software olah digital seperti coreldraw, photoshop, freehand dan lainnya lalu selanjutnya dibuat plat filmnya. Dengan pita film tersebut kemudian dilakukan pencetakan melalui mesin offset. Hasil percetakan offset biasanya untuk buku, nota, kemasan promosi, iklan dan sebagainya.

24. Berikut ini faktor eksternal dalam pemunculan ide usaha percetakan/produk grafika, kecuali…. a. masalah yang dihadapi dan belum terpecahkan b. kesulitan yang dihadapi sehari-hari c.

sebelum dilakukan cetak ke mesin percetakan artwork/desain yang dibuat dengan software olah digital yaitu

kebutuhan yang belum terpenuhi baik untuk dirinya maupun orang lain d. pemikiran yang besar untuk menciptakan sesuatu yang baru e. pengetahuan yang dimiliki Jawaban: e 25. Cetak yang hanya dipakai untuk peretakan kertas yaitu…. a. cetak offset b. cetak dalam c. cetak tinggi d. cetak air brush e. digital printing Jawaban: a Pembahasan: cetak offset biasanya digunakan untuk peretakan kertas, sebelum dilakukan cetak ke mesin percetakan, artwork desain dibuat filmnya.

Dengan film itu kemudian dilakukan pencetakan melalui mesin. Hasil peretakan offset biasanya untuk buku, nota, kemasan promosi, iklan dan sebagainya. Posting terkait: • Soal Tema 4 Kelas 2 • Soal Tema 5 Kelas 2 • Soal Tema 6 Kelas 2 Posting pada BANK SOAL Ditag contoh soal prakarya kelas 10, contoh soal prakarya kelas 10 bab 1, contoh soal prakarya kelas 10 bab 4, contoh soal prakarya kelas 10 semester 1 dan jawabannya, contoh soal prakarya kelas 10 semester 2 dan jawabannya, contoh soal prakarya kelas 10 tentang kewirausahaan, kisi-kisi soal prakarya kelas 10 semester 1, soal dan jawaban prakarya kelas 10 semester 1, soal essay prakarya kelas 10, soal essay prakarya kelas 10 semester 2, soal essay prakarya kelas 10 semester 2 dan jawabannya, soal pas prakarya kelas 10 semester 1, soal pg prakarya kelas 10 semester 1, soal pilihan ganda prakarya kelas 10 semester 1, soal prakarya kelas 10 bab 1, soal prakarya kelas 10 budidaya tanaman pangan, soal prakarya kelas 10 essay, soal prakarya kelas 10 kewirausahaan, soal prakarya kelas 10 pengolahan, soal prakarya kelas 10 semester 1 dan jawabannya, soal prakarya kelas 10 semester 2 dan jawabannya, soal prakarya kelas 10 tentang kerajinan, soal prakarya kelas 10 tentang kewirausahaan, soal uas prakarya kelas 10 semester 1, soal ulangan prakarya kelas 10 semester 1, soal uts prakarya kelas 10 semester 1 Post Terbaru • Program Kerja Osis • 16 Prospek Kerja Agribisnis • √ Larutan Non Elektrolit : Sebelum dilakukan cetak ke mesin percetakan artwork/desain yang dibuat dengan software olah digital yaitu, Contoh dan Penjelasannya • Motto OSIS • Prospek Kerja Teknik Industri dan Gajinya • Sinopsis Novel Dia Adalah Kakakku • Sinopsis Novel Sepotong Hati yang Baru • Sinopsis Novel Kau, Aku dan Sepucuk Angpau Merah • Sinopsis Novel Sunset Bersama Rosie • Sinopsis Novel Selamat Tinggal★ Ujian Semester 2 Genap UAS UKK Prakarya dan Kewirausahaan SMA Kelas 10 Sebelum dilakukan cetak ke mesin percetakan artwork/desain yang dibuat dengan software olah digital yaitu….

a. corel draw b. notepad c. pagemaker d. indesign e. flash Pilih jawaban kamu: A B C D E Soal Selanjutnya > Soal / jawaban salah? klik disini untuk mengoreksi melalui kolom komentar Preview soal lainnya: Prakarya - SMP Kelas 9 Jenis daging yang paling banyak diminati adalah daging ….

A. Sapi B. Kambing C. Kerbau D. Ayam Cara Menggunakan : Baca dan cermati soal baik-baik, lalu pilih salah satu jawaban yang kamu anggap benar dengan mengklik / tap pilihan yang tersedia. Materi Latihan Soal Lainnya: • Amylum - Farmakognosi SMK Kelas 11 • PTS Bahasa Indonesia Semester 2 Genap SMA Kelas 11 • Ulangan Harian 2 PPKn SMP Kelas 8 • Tema 1 SD Kelas 5 • PTS 1 Ganjil Bahasa Jawa SD Kelas 4 • Aktivitas Air - Penjaskes PJOK SMP Kelas 8 • IPS SD Kelas 4 • Geografi Semester 2 Genap SMA Kelas 11 • PAI Bab 6 SD Kelas 6 • Senam Lantai - Penjaskes PJOK SD Kelas 5 Tentang LatihanSoalOnline.com Latihan Soal Online adalah website yang berisi tentang latihan soal mulai dari soal SD / MI Sederajat, SMP / MTs sederajat, SMA / MA Sederajat hingga umum.

Website ini hadir dalam rangka ikut berpartisipasi dalam misi mencerdaskan manusia Indonesia. Halaman Depan • Hubungi Kami • Kirim Soal • Privacy Policy • •

Mesin Digital Printing




2022 www.videocon.com