Perguruan silat terbesar di indonesia

perguruan silat terbesar di indonesia

Ayoolahraga-Pencak silat merupakan seni bela diri asli Indonesia yang sudah diakui dunia, terhitung ada beberapa organisasi dan perguruan pencak silat terbesar di Indonesia. Pencak silat sudah ada sejak lama bahkan jauh sebelum Indonesia merdeka, sehingga tidak mengherankan jika terdapat banyak perguruan silat di tanah air kita ini.

Dalam PB IPSI, tercatat ada 840 perguruan pencak silat di Indonesia pada tahun 1993. Tentunya angka tersebut masih bisa terus bertambah seiring dengan berkembangnya zaman. Uniknya lagi setiap perguruan memiliki ciri khas masing-masing, baik itu dalam seni gerak maupun kandungan ilmu yang ada didalamnya. Daftar Organisasi dan Perguruan Pencak Silat Terbesar di Indonesia Besarnya sebuah organisasi atau perguruan silat bisa diukur dari banyaknya anggota beserta besar dampak yang diberikan terhadap kemajuan pencak silat tanah air.

Berikut 7 organisasi dan perguruan silat terbesar di Indonesia. 1. Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) PSHT merupakan salah satu organisasi pencak silat yang turut serta mendirikan IPSI pada tahun 1948. Organisasi ini sudah berdiri sejak tahun 1922 dalam bentuk perguruan, lalu pada tahun 1948 diubah menjadi organisasi lewat kongres pertama di Pilangbango, Madiun. PSHT didirikan oleh Ki Hadjar Hardjo Oetomo yang dikenal sebagai salah satu pahlawan perintis kemerdekaan.

Perlu diketahui bahwa PSHT merupakan salah satu bagian dari rumpun aliran silat Setia Hati dengan guru besar bernama Ki Ageng Ngabehi Soerodiwirdjo dengan julukan“Eyang Suro”. Salah satu latar belakang berdirinya PSHT yaitu berkat inisiatif Ki Hadjar Hardjo Oetomo agar pencak silat bisa diajarkan ke semua kalangan. Baca juga Teknik Dasar Pencak Silat Beserta Sejarah Perkembangannya Karena pada masa itu, silat hanya diajarkan bagi para kaum perguruan silat terbesar di indonesia saja, sehingga Eyang Suro memberi izin ke Ki Hadjar Hardjo Oetomo untuk mendirikan PSHT yang pada awalnya diberi nama SH PSC (Setia Hati Pemuda Sport Club).

Seiring berjalannya waktu, PSHT menjadi organisasi pencak silat terbesar di Indonesia dan dunia dengan 7 juta anggota yang tersebar di Indonesia dan beberapa negara lain.

2. Ikatan Keluarga Silat “Putra Indonesia” (IKS.PI) IKS.PI perguruan silat terbesar di indonesia perguruan pencak silat yang memiliki aliran Kung Fu untuk gerakan bela dirinya. IKS.PI memiliki kepanjangan Ikatan Keluarga Silat “Putra Indonesia”. Namun seiring berjalannya waktu, perguruan ini diberi nama tambahan “Kera Sakti” di belakangnya karena banyaknya jurus yang diadaptasi dari gerakan kera.

IKS.PI sendiri didirikan pada tanggal 15 Januari 1980 di Kelurahan Nambangan Lor, Kecamatan Mangunharjo, Madiun. Adapun pendiri dari perguruan ini yaitu bapak R Totong Kiemdarto, beliau sendiri mempelajari Kung Fu beraliran utara dan selatan dari pendekar Kung Fu asli China yang menetap di Indonesia. Pada awalnya, perguruan ini hanya terkenal di wilayah sekitar Madiun saja, namun beberapa mantan murid IKS.PI mulai mengembangkan pencak silat ini hingga menyebar di luar pulau jawa.

3. Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa Pagar Nusa merupakan perguruan pencak silat yang dimiliki oleh salah satu organisasi islam terbesar di Indonesia yaitu Nahdlatul Ulama (NU).

Latar belakang berdirinya Pagar Nusa tidak terlepas dari ajaran pondok pesantren dahulu, dimana para santri diajarkan ilmu kanuragan dan kebatinan agar menjadi seorang pendakwah yang tangguh. Tepatnya pada tanggal 3 Januari 1986 para Kyai dan pendekar berkumpul di Pondok Pesantren Lirboyo, Jombang, Jawa Timur tepatnya di kediaman Gus Maksum untuk membentuk pencak silat Pagar Nusa.

Pagar Nusa sendiri memiliki kepanjangan Pagarnya NU dan Bangsa, selain itu tujuan didirikannya Pagar Nusa yaitu untuk mewadahi berbagai perguruan silat NU yang dahulu masih berjalan sendiri-sendiri. 4. Tapak Suci Putera Muhammadiyah Jika NU memiliki Pagar Nusa, maka organisasi Islam lain yaitu Muhammadiyah juga memiliki Tapak Suci sebagai perguruan dan organisasi pencak silat. Tapak Suci juga termasuk ke salah satu perguruan pencak silat yang turut serta membentuk IPSI.

Keilmuan dalam perguruan Tapak Suci didasarkan pada Al Islam yang bebas dari syirik yang menyesatkan. Tapak suci lahir pada tanggal 31 Juli 1963 di Kauman, Yogyakarta. Mengingat lahirnya perguruan ini berada di masa politik yang tidak stabil, maka peran Tapak Suci pada saat itu sudah cukup penting.

Hadirnya PKI pada masa itu cukup mengancam keamanan umat beragama khususnya umat Islam. Tapak Suci sendiri menjadi tameng untuk perguruan silat terbesar di indonesia umat dari kekejaman PKI ini. 5. Merpati Putih Merpati Putih merupakan perguruan pencak silat dengan jenis bela diri tangan kosong. Pada awalnya aliran silat ini dimiliki oleh Sunan Amangkurat I Mataram Islam. Kemudian ajaran Merpati Putih diajarkan di lingkungan keluarga keraton.

Namun seiring berkembangnya zaman pencak silat Merpati Putih juga ditumbuh kembangkan di masyarakat umum dengan harapan bisa berguna bagi negara. Hal ini bisa dibuktikan dengan digunakannya Merpati Putih sebagai ilmu beladiri yang diajarkan di Pasukan Khusus ABRI, Polisi dan Paspampres.

Merpati Putih sendiri didirikan pada tanggal 2 April 1963 di Yogyakarta dan terus berkembang hingga saat ini. Berdasarkan data di tahun 1993, terhitung ada sekitar 100 ribu pendekar aktif Merpati Putih yang tersebar di seluruh nusantara dan menjadikannya sebagai salah satu pencak silat terbesar di Indonesia. Diberitakan sebelum nya di situs berita goodnewsfromindonesia.id bahwa Beladiri Tapak Suci perguruan silat terbesar di indonesia memukau hadirin di festival budaya se Asia yang diselenggarakan di Mesir.

Inilah yang jadi alasan ane buat bikin thread mengenai beladiri pencak silat yang jadi kebanggaan asli warga negara Indonesia nih gan. Mohon maaf sebelum nya kalo mungkin ane repost, maklum ane masih nubi yang sedang mencari jati diri untuk sukses di dunia per Kaskus an ini.

Aamiin. Menurut sebuah artikel juga disebutkan kalo Pencak Silat yang asli punya orang Indonesia, adalah bela diri tangan kosong terbaik Nomor 2 di dunia. Nah suatu saat kita bakalan bahas bela diri mana yang jadi peringkat pertama nya ya gan.

Berikut ini daftar Perguruan Pencak Silat Terbesar di Indonesia, cekidot gan : • Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Secara administratif mulai dirintis pencatatan jumlah saudara pada tahun 1986.

Sehingga jumlah saudara mulai tahun 1986 – 1999 sebanyak 108.267 orang. Dan mungkin masih terus bertambah jumlah nya sampe sekarang gan. Untuk menjadi saudara pada Persaudaraan Setia Hati Terate ini, sebelumnya seseorang itu terlebih dahulu harus mengikuti pencak silat dasar yang dimulai dari sabuk hitam, merah muda, hijau dan putih kecil.

Pada tahap ini seseorang tersebut disebut sebagai siswa atau calon saudara.Selama dalam proses latihan pencak silat, seorang pelatih/warga (saudara SH) juga memberikan pelajaran dasar ke-SH-an secara umum kepada para siswa. Setelah menamatkan pencak silat dasar tersebut, seseorang yang dianggap sebagai warga atau saudara SH adalah apabila ia telah melakukan pengesahan yang dikecer oleh Dewan Pengesahan. Pada Persaudaraan Setia Hati Terate diajarkan 36 jurus pencak silat yang merupakan warisan dari Ki Ngabei Soerodiwirjo di erste trap serta pelajaran ilmu ke-SH-an yang dapat diperoleh pada tingkatan twede trap dan derde perguruan silat terbesar di indonesia.

Jurus-jurus tersebut merupakan ramuan dari beberapa aliran pencak silat yang berada di nusantara, di antaranya dari Jawa Barat, Betawi (Jakarta), dan Minangkabau.

Khadang SH Terate tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan di beberapa negara seperti Belanda, Perancis, Belgia, Jerman, Amerika Serikat, Australia, Malaysia, Singapura, Vietnam, Brunei Darussalam. • Silat Nasional Perisai Diri (PD) Teknik silat Indonesia yang diciptakan oleh Pak Dirdjo (mendapat penghargaan pemerintah sebagai Pendekar Purna Utama) yang pernah mempelajari lebih dari 150 aliran silat nusantara dan mempelajari aliran kungfu Siauw Liem Sie ( Shaolin) selama 13 tahun.

Teknik praktis dan efektif berdasar pada elakan yang sulit ditangkap dan serangan perlawanan kekuatan maksimum.

Saat ini merupakan silat yang paling dikenal dan banyak anggotanya di Australia, Eropa, Jepang dan Amerika Serikat. • Pencak Silat Organisasi (PO) Bapak Imam Suja'i mendirikan Perguruan Silat Pencak Organisasi sebagai gerakan "bawah tanah" yang menentang penjajahan. Tepat nya berdiri pada tanggal 27 Agustus 1927 di kota Lumajang.

Perguruan silat terbesar di indonesia beliau mendirikan Perguruan Ini, Pak Imam Suja'i telah bergabung di Perguruan Silat "Setia Hati Terate", setelah sekian lama bergabung, lalu beliau menciptakan suatu Perguruan Bela Diri (silat) Pencak Organisasi, Sehingga beberapa jurus-jurus PO mirip dengan SHT, Beliau Telah Memodifikasi dan mengembangkan jurus-jurus SHT dengan pikiran beliau.

Sekarang PO telah berkembang dimana-mana dan meraih prestasi yang membanggakan bangsa indonesia, Dengan pesilat-pesilat yang berkualita PO telah mengharumkan nama bangsa, Sebagai contoh di Sea Games Chiang Mai Thailand. Pesilat PO mengharumkan nama Indonesia di beberapa kelas yang diperlombakan. • Tapak Suci Putera Muhamadiyah (TS) Perguruan Tapak Suci berdiri pada tanggal 31 Juli 1963 di Kauman, Yogyakarta.

Ketua Umum pertama Tapak Suci adalah H.Djarnawi Hadikusumo.Setelah berdiri tapak suci menerima permintaan untuk membuka cabang di daerah-daerah. Secara otomatis tapak suci menjadi wadah silaturahmi para pendekar yang berada di lingkungan Muhammadiyah.

Pada tahun 1964, ketika itu Pimpinan Pusat Muhammadiyah diketuai oleh KH.Ahmad Badawi, Tapak Suci diterima menjadi organisasi otonom Muhammadiyah.

Nama perguruan menjadi tapak suci putera muhammadiyah, disingkat TAPAK SUCI. • Pencak Silat Cimande Cimande pada mulanya menggunakan teknik perkelaian dengan jarak jauh, yaitu pesilat mengambil jarak jangkau selepas kaki, jarak ini dimungkinkan untuk dapat mudah menghindari serangan lawan.

Jarak ini menjadi jarak dominan untuk serang balik. Setiap pesilat dalam melakukan serangan harus memperhatikan sikap kaki atau kuda-kuda yang bertujuan untuk menjaga jarak lawan. Kuda-kuda pipih yang digunakan dapat dengan mudah dipindah-pindah, dan dapat diubah-ubah dalam kecepatan dan frekuensi tinggi.

Karena dipastikan lawan akan memberikan serangan jarak dalam bentuk pukulan atau tendangan cepat dan tinggi, untuk mengatasinya maka diperlukan jurus agar pesilat dapat mengimbanginya.

Secara garis besar Comande dibagi dibagi dalam tatanan yaitu: Kelid Cimande, Pepedangan Cimande dan Perguruan silat terbesar di indonesia Selancar. Kelid dan Pepedangan merupakan jurus beladiri, sedangkan Tepak Selancar Jurus Seni (dengan iringan musik gendang pencak). Itulah tadi daftar Perguruan Pencak Silat Terbesar di Indonesia.

Ane dulu sempet gabung di PPS BETAKO (Perguruan Pencak Silat Beladiri Tangan Kosong) Merpati Putih gan. Sayang nya nggak masuk di daftar atas. Mohon maaf kalo trit ane masih berantakan ya agan agan sekalian. Mohon komment nya. Segelas cendol juga akan terasa menyegarkan. Sumur nya klik di mari gan : https://www.goodnewsfromindonesia.id.-asia-di-mesir http://bolazaman.blogspot.co.id/2016.besar-dan.html 23-11-2017 21:07
PERGURUAN SILAT INDONESIA – Pencak Silat seni beladiri asli Indonesia merupakan seni beladiri tangan kosong yang paling ampuh nomer di dunia.

Teknik beladiri ini sejatinya ialah seni beladiri yang berasal dari Asia tenggara yang lahir dari budaya orang melayu, dan sudah menyebar luas di tanah Indonesia sejak lampau, selain itu penyebaranya sudah sampai negara-negara Asia Tenggara lain termasuk Thailan selatan, Vietnam, Singapura, Filipina dan Brunei Darusalam. Macam-macam Perguruan Silat Indonesia IKS.PI Kera Sakti IKS.PI KERA SAKTI Cab TRENGGALEK Perguruan IKS.PI Kera Sakti, ialah perguruan beladiri asal kota Madiun yang mengajarkan teknik beladiri dari dua aliran Kung-Fu dan Silat, Kung-Fu adalah beladiri tradisional daratan China yang mengadopsi Jurus Kera aliran Selatan dan Utara atau dalam bahasa China disebut Nan Pie Ho Jien.

Perguruan ini pertama kali di dirikan di Indonesia oleh R.Totong Kiemdarto di kota Madiun Jawa Timur tanggal 15 Januari 1980. Nama tambahan Kera Sakti sendiri di perguruan silat terbesar di indonesia dari gerakan Sun Go Kong, yang artinya Kera Sakti yaitu Raja Kera Gunung Hwa Ko San, di dalam Legenda Kuno dan di kisahkan bahwa dia kera cerdik, perkasa, kuat yang pernah mengacau Kahyangan di Langit.

SH. Setia Hati Terate http://2.bp.blogspot.com Perguruan persaudaraan Setia Hati Terate berdiri pada tahun 1922 oleh Ki.Hadjar Hardjo Oetomo di kota Madiun Jawa Timur, dalam teknik silatnya terdapat 36 jurus silat warisan dari Ki.Ngabei Soerodiwirjo, dan banyak jurusnya merupakan kumpulan dari aliran silat yang berada di taha jawa juga nusantara. Syarat menjadi warga pada Perguruan Persaudaraan Setia Hati Terate terlebih dahulu harus mengikuti latihan dasar dari sabuk hitam, merah muda, hijau dan putih kecil.

Pada tahap latihan ini seseorang tersebut sudah bisa disebut siswa atau calon warga. Perisai Diri merupakan salah satu dari sepuluh perguruan silat yang mendapat predikat Perguruan Historis karena mempunyai peran besar dalam sejarah terbentuk dan berkembangnya IPSI.

perguruan silat terbesar di indonesia

Perisai Diri, pertama kali didirikan oleh RM.Soebandiman Dirdjoatmodjo, paada tanggal 2 Juli 1955 di kota Surabaya, Jawa Timur. Perguruan Perisai Perguruan silat terbesar di indonesia di dalamanya mengandung 156 teknik aliran silat dari berbagai daerah di Nusanta lalu ditambah aliran Shaolin dari negeri China, Pesilat Perisai Diri diajarkan bagaiman teknik beladiri efektif dan efisien, yang di sebut latihan serang hindar dan mottonya adalah“Pandai Silat Tanpa Cedera.

Pak Dirdjo yang dipanggil dengan nama Soebandiman atau Bandiman oleh teman-temannya, ketika itu merasa belum puas dengan ilmu silat yang dimiliki, beliau akhirnya merantau menimba ilmu. Tempat yang pertama yang ia kunjungi adalah, Jombang lalu, Semarang, Cirebon, dan kota lainya. PN. Pagar Nusa https://pbs.twimg.com Sejak dahulu, Perguruan silat Indonesia di lingkungan Pesantren NU, ada banyak aliran silat baik asalnya di Jatim, Jabar, Jateng, Banten, Betawi, Minang, Mandar, Mataram, dan lainnya.

sangking banyaknya disinilah Pagar Nusa mulai dibentuk sebagai wadah berkumpul perguruan silat dibawah naungan NU. Jati diri Pagar Nusa sendiri sama dengan jati diri NU yaitu.

Ukhuwah Pagar Nusa yang artinya Persaudaraan tanpa membedakan aliran dan perguruan silat di dalam PN atau Pagar Nusa. Walaupun di Perguruan silat terbesar di indonesia Nusa memiliki ciri khas masing-masing, tetap tidak ada beda Pagar Nusa masih tetap satu saudara. Tak heran jika dari kita ada mengenal. PN Gasmi, PN Batara Perkasa, PN Satria Perkasa Sejati, PN Nurul Huda Pertahanan Kalimah Syahadat (NH Perkasa), PN Cimande Kombinasi, PN Sakerah, PN Tegal Istigfar, PN JPC, PN Bintang Sembilan, PN Sapu Jagad, dll.

TS. Tapak Suci http://3.bp.blogspot.com Perguruan Tapak Suci lahir atas desakan murid-murid di Perguruan Kasegu terhadap Pendekar Moh. Barrie Irsyad agar menciptakan perguruan silat yang sejalur dengan, Cikauman, Seranoman, dan Kesegu.

Akhirnya berdirilah Tapak Suci pada tanggal 31 Juli 1963 di Kauman, Yogyakarta. Ketua Umum pertamanya Djarnawi Hadikusumo.

Setelah didirikan Tapak Suci sudah mulai mencabang di daerah-daerah, untuk menjadi wadah silaturahmi pendekar Muhammadiyah, pada tahun 1964 ketika Muhammadiyah diketuai oleh KH Ahmad Badawi, Tapak Suci menjadi organisasi otonom Muhammadiyah, yang lalu nama perguruan disingkat menjadi TS atau Tapak Suci.

Mulai saat itu perguruan Tapak Suci yang keilmuannya berlandaskan Al Islam, bersih dari syirik dan sesat, dengan mental dan gerak tanduk kesucian mengutamakan Iman dan Akhlak, mulai menyebar di daerah mana-mana. SH. Setia Hati winongo Ashwin – blogger SH winongo didirikan 1903 dengan nama awal yaitu perguruan persaudaraan Sedulur Tunggal Kecer, di kota Surabaya oleh Bpk.

Ki Ngabehi Soerodwirjo. Saat itu Joyo Gendilo yaitu nama permainan pencak silatnya, hanya dengan 8 murid termasuk adik kandung Ki Ngabehi Soerodwirjo yaitu Noto dan Kenevel asal Belanda. Pada tahun 1915 nama latiahnya diubah menjadi Joyo Gendilo Cipto Mulyo, lalu mulai menyebar dan menjadi populer di masyarakat Madiun pada tahun 1917, yang kini oleh Ki Ngabehi Soerodwirjo namanya diubah menjadi Persaudaraan Setia Hati.

Cimande cimandekbpc.blogspot.com Perguruan Silat Cimande, adalah perguruan silat tertua yang gerakannya banyak sekali diadopsi oleh berbagai perguruan silat di Nusantara. Persinas Asad CHANIAGO – blogger Perguruan silat Persinas Asad dikenal dengan perguruan silat yang religius dan banyak mencetak pesilat di kancah internasional, banyak atlet-atlet Persinas Asad yang mengikuti pertandingan World Art Championship. Pamur. Pencak Silat Angkatan Muda Rasio Perguruan silat Pencak Silat Angkatan Muda Rasio atau yang disingkat Pamur, perguruan yang didirikan oleh Raden Hasan Habudin, pada tanggal 31 Desember 1951 di Pamekasan pulau Madura.

Perguruan yang satu ini mengandalkan rasio sebagai unsur utama di dalamnya. Kijang Berantai Perguruan Silat Indonesia Kijang Berantai pendirinya perguruan adalah Hj. Djuhardi kabupaten Sambas. HASDI Perguruan HASDI atau Himpunan Anggota Silat Dasar Indonesia didirikan oleh R.S.

Hasdijatmiko pada tahun 1961 sebagai pusat kabupaten Jember, merupakan perguruan silat yang mengembangkan teknik gerak silat cepat juga lugas.

Riksa Budi Kiwari Perguruan Silat Riksa Budi Kiwari, adalah perguruan silat yang didirikan oleh Ujang Jayadiman pada tahun 1982 di kota Bandung. Perguruan ini telah mencetak banyak atlet-atlet berprestasi baik di tingkat nasional maupun di tingkatan internasional. Silat Tunggal Hati Seminar Perguruan silat Tunggal Hati Seminari.

Tunggal Hati Maria, organisasi pencak silat Katolik, didirikan oleh 7 dewan pendiri, di antaranya yaitu Romo Hadi, Pr dan Romo Sandharma Akbar, Pr. Siwah Perguruan silat Siwah, aliran asli berasal dari Aceh ini memadukan empat aliran, yaitu aliran Peureulak, Aceh Besar, Pasee, dan Pidie. Porsigal porsigalnganjuk.blogger.com Perguruan silat Indonesia Porsigal atau Pendidikan Olah Raga Silat Indah Garuda Loncat ini didirikan oleh Atimiyanto, S.H. di kota Blitar tanggal 2 Maret 1978, pengembangan dari silat Sentono silat warisan Heyang Ageng Raden Tumenggung Hasan Witono.

Merpati Putih blogger.com Perguruan Silat Merpati Putih yang dikenal dengan perguruan pencak bela diri tangan kosong yaitu PPS Betako. Zulfikari Perguruan Silat Zulfikari bela diri yang perguruan silat terbesar di indonesia pelopori oleh Qadiri Rifai Tariqa. Gerana Perguruan Silat Gerana atau Gerak Raga Buana berasal dari kota Bandung, didirikan oleh tuga orang, yaitu Ujang Tohari, Yuliandi P, dan Oga N.I.

Pencak silat ini mengacu pada gerak dan kaidah silat dalam perpaduan pernapasan murni yang diolah di dalam tubuh manusia melalui proses rileksasi dan konsentrasi. Sharaf Perguruan Silat Sharaf atau Silat Mubai, aliran silat modern yang agresif yang menekankan latihan pada pertarungan tangan kosong dengan pisau, juga bagaimana cara mengatasi senjata api, ataupun gulat langsung.

Hikmatul Iman Indonesia Perguruan Silat Hikmatul Iman Indonesia perguruan ini didirikan oleh Dicky Zainal Arifin, merupakan aliran tersendiri tanpa pengaruh dari aliran silat manapun.

Elang Putih http://4.bp.blogspot.com Perguruan Silat Elang Putih adalah perguruan bela diri yang berada di kota Bogor. Ini merupakan aliran silat yang terdiri dari gabungan pencak silat di Jawa Barat. Pusaka Sakti Mataram Lakutama PPS Inti Ombak Perguruan silat Indonesia Pusaka Sakti Mataram Lakutama PPS Inti Ombak adalah perguruan silat berpedoman pada seni bela diri Kesultanan Mataram yang bercampur dengan aliran Madura, lalu berkembang dengan tujuan utama pelestarian budaya bangsa.

Silat Pertempuran Perguruan Silat Pertempuran adalah aliran silat yang terdiri dari beberapa aliran, yaitu Silat Pamur dan Silat Sterlak, perguruan silat terbesar di indonesia Seni Bela Diri Silat Jati Wisesa juga Raja Monyet Silat. Gerakan Suci Perguruan Silat Gerakan Suci adalah pengembangan Pencak Silat Perguruan Mande Muda. Silat Tri Bela Perguruan Silat Tri Bela adalah seni bela diri gabungan dari tiga aliran IPSI, dan dua aliran tradisional, Tri Bela adalah perguruan silat olahraga dan kesehatan sebuah unit kegiatan di IKIP Padang atau Fakultas Pendidikan Olahraga.

Maung Lugay Perguruan Silat Indonesia Maung Lugay didirikan oleh Usman Wijaya dan Ashari, perguruaan ini asalnya berasal dari Rawa Badak Utara Koja kota Jakarta Utara yang saat ini bercabang di Cikarang Utara, Bekasi. Bintang Suci muhammad saputra wijaksono bintang suci – blogger Perguruan Silat Bintang Suci adalah aliran silat yang terdiri dari lima gabungan aliran pencak silat Indonesia.

Rangjat Perguruan Silat Rangjat adadah Persaudaraan silat seni bela diri yang berpusat di, inti daya Padepokan Ranggah Jati. Demikian tadi beberapa info tentang perguruan silat Indonesia, semoga bermanfaat, kalaupun ada yang sekedar ingin tau saja, semoga bertambah juga pengetahuannya, sampai jumpa juga di artikel-artikel lainya sekian terima kasih HomePage Kategori Berita Dunia Tag beladiri indonesia, macam-macam pencak silat, pencak silat, perguruan indonesia Navigasi Tulisan Pencak silat merupakan salah satu seni bela diri yang merupakan salah satu warisan budaya dan leluhur Indonesia.

Kehadiran pencak silat sebagai seni sudah terbilang cukup tua bahkan lebih tua dari merdekanya bangsa ini. Sebagai negara yang kaya akan budaya khususnya pencak silat Indonesia memiliki beberapa perguruan yang sangat disegani bahkan di mata dunia sekalipun.

Lantas apa saja perguruan pencak silat tersebut? Inilah daftar 5 perguruan pencak silat di Indonesia yang paling di segani hingga di seluruh pelosok dunia.

facebook.com Organisasi ini didirikan pada tahun 1922 di Madiun Jawa Timur. Setiap tahun Persaudaraan Setia Hati selalu mendapatkan anggota baru dalam jumlah yang tidak sedikit, bahkan tak cuma dari Indonesia melainkan juga dari luar negeri. Untuk menjadi anggota atau saudara dalam organisasi ini para calon perlu melewati proses latihan yang terbilang cukup berat hingga ia benar-benar disahkan menjadi warga Persaudaraan Setia Hati Terate.

Pun perguruan ini sudah menorehkan banyak prestasi. Salah satu torehan prestasinya yaitu, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Universitas Airlangga (Unair) menorehkan prestasi di tingkat Internasional. Para pesilat muda tersebut mampu meraih satu medali emas, satu perak, dan dua perunggu pada ajang The 3rd Sebelas Maret SH Terate International Championship.

ldiijatim.com Perguruan yang bertujuan untuk menghimpun perguruan silat terbesar di indonesia potensi persamaan cita-cita dan tujuan dalam melestarikan tradisi dan budaya bangsa. Dengan moto “Pencak Silat is my life” Persinas Asad JakPus mencoba membangkitkan semangat generasi silat untuk membela kebenaran dan membela golongan yang lemah.

nasional.republika.co.id Perguruan yang satu ini mungkin kalian sudah sering dengar. Perguruan yang berdiri pada 31 Juli 1963 di Kauman, Yogyakarta, ini tak sekadar perguruan silat melainkan juga sebagaiwadah silaturahmi para anggota organisasi Muhammadiyah. Pada tahun 1964 Tapak Suci diterima sebagai organisasi otonom Muhammadiyah. Salah satu bentuk kemenangan yang diraih, yaitu sebagai juara umum Piala Wali Kota Surabaya 2014.

Mereka menjadi juara umum setelah mengumpulkan medali terbanyak dengan rincian 6 emas, 6 perak, dan 6 perunggu. youtube.com Organisasi pencak silat satu ini didirikan di Surabaya pada 2 Juli 1955.

perguruan silat terbesar di indonesia

Salah satu yang khas dari perguruan ini adalah adanya 156 aliran yang dikategorikan berdasarkan karakter gerakan silat. Anggota perguruan ini sudah tersebar luas bahkan hingga mancanegara. Salah satu prestasi yang ditorehkan yaitu berhasil menyabet gelar juara umum II pada kejuaraan silat Perssai Diri '1st Brawijaya Open Cup 2016', yang digelar di GOR Samantha Krida Universitas Brawijaya Malang, 28 September-2 Oktober 2016 kemarin.

silatmerpatiputih.or Organisasi pencak silat Merpati Putih berkembang dari tradisi jawa sejak tahun 1550. Ini merupakan organisasi pencak silat tertua di Indonesia yang sampai saat ini jumlah anggotanya sudah tersebar hingga mancanegara. Merpati Putih dikenal dengan aliran pencak silat “Beladiri Tangan Kossong” (Betako). Salah satu bentuk peraihan prestasi yaitu berhasil menjadi juara umum dalam Kejuaraan pencak silat antar Kelompok Latihan se –DIY Jawa Tengah 2016 yang dilaksanakan Akademi Teknologi Kulit Yogyakarta pada 15-17 September lalu di Yogyakarta.

Itulah 5 perguruan pencak silat di Indonesia yang paling disegani hingga mancanegara. Dari beberapa aliran pencak silat diatas dapat menjadi suatu kebanggan tersendiri bagi kita tentunya warga Indonesia agar kedepannya kita harus bisa menjaga dan melestarikan budaya dan tradisi mengingat Indonesia merupakan Bangsa yang kaya akan tradisi.

Berita Terpopuler • Hamas Mulai Bangkit, Menkeu Israel: Ini Semua Kesalahan Netanyahu • 10 Fakta Elon Musk, Orang Terkaya di Dunia yang Baru Membeli Twitter • 10 Potret Liburan Ayu Ting Ting dan Keluarga ke Jogja, Ayah Rozak Hits • 10 Momen Nagita Slavina Masak Perguruan silat terbesar di indonesia Malam buat Teman-teman Artisnya • [LINIMASA-5] Perkembangan Terkini Vaksinasi COVID-19 Indonesia • 10 Potret Menawan Arlova, Anak Bungsu Andre Taulany, Beranjak Remaja • Libur Lebaran Usai, Jakarta Kembali Terapkan Ganjil Genap Hari Ini • 10 Mei Hari Lupus Sedunia: Cara Merayakannya • 10 Potret Alternatif Pengganti Sarung Ini Bikin Geleng-geleng Kepala
Artikel ini sudah memiliki daftar referensi, bacaan terkait, atau pranala luar, tetapi sumbernya belum jelas karena belum menyertakan kutipan pada kalimat.

Mohon tingkatkan kualitas artikel ini dengan memasukkan rujukan yang lebih mendetail bila perlu. ( Pelajari cara dan kapan saatnya untuk menghapus pesan templat ini) Gaya atau nada penulisan artikel ini tidak mengikuti gaya dan nada penulisan ensiklopedis yang diberlakukan di Wikipedia.

Bantulah memperbaikinya berdasarkan panduan penulisan artikel. ( Pelajari cara dan kapan saatnya untuk menghapus pesan templat ini) Silat (disebut juga pencak atau pencak silat) adalah suatu jenis seni bela diri Indonesia. Halaman ini berisi daftar beberapa aliran dan perguruan seperti pencak silat cempaka putih yang terdapat baik di Indonesia maupun di luar negeri. Daftar isi • 1 Aliran dan perguruan di Indonesia • 1.1 Bali • 1.2 Betawi • 1.3 Jawa Barat • 1.4 Jawa Tengah dan Yogyakarta • 1.5 Jawa Timur dan Madura • 1.6 Kalimantan • 1.7 Minangkabau • 1.8 Riau-Siak • 1.9 Lampung • 2 Aliran dan perguruan di luar negeri • 2.1 Amerika Serikat • 2.2 Eropa • 2.3 Filipina • 2.4 Malaysia • 2.5 Thailand • 2.6 Timor Leste • 3 Referensi • 4 Pranala luar Aliran dan perguruan di Indonesia [ sunting - sunting sumber ] • Panca Sukma Siliwangi Indonesia, perguruan ini beraliran Sabandar murni Cianjuran 1971 dan saat ini berpusat di Jakarta Timur.

• Silat Cimande, aliran pencak silat yang gerakannya banyak diadopsi oleh berbagai perguruan silat di Indonesia. • Pencak Silat GASMI (Gerakan Aksi Silat Muslimin Indonesia). Perguruan Pencak Silat ini didirikan oleh Kh.

Manaf Abdul Karim (Kakek KH. MAKSUM JAUHARI ) Pada Tahun 1915 di lirboyo. aliran pencak silat ini sangat khas dengan kepesantrenan dan nasionalis. Selain itu GASMI adalah Pencetus adanya PENCAK DOR/ RING BAMBU dengan moto di atas lawan dibawah kawan dan sebagai ajang silaturahmi para pendekar saat itu hingga sekarang.

• PPS PANDAWA atau singkatan dari Perguruan Pencak Silat PANDAWA (singkatan bahasa Sunda: Pamili Anu Nungtut Di Alajar Walagri Ati). Pusatnya adalah kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia. PPS PANDAWA berupa olah gerak dan pernapasan khas untuk mencapai satu tujuan membentuk manusia yang Walagri Ati, yaitu manusia yang berfikir, bertindak, dan berperilaku suci.

Cikal bakal sumber keilmuan dari Pusat Perguruan di Lengkong, Tasikmalaya, Jawa Barat, tidak lepas dari keberadaan Paguron Abah Abad di Lengkong jaman dulu. Jurus-jurus dasar yang diajarkan yaitu Getret, Cimande dan Tantungan Leuleus menjadi jurus pokok PPS PANDAWA sampai saat ini. Murid-murid Abah Abad antara lain: Abah Kanta (wakil Abah Abad), Abah Salnan, Achdi Subadi, Lili, Wachdi, Aceng, Udin, Oo Taryo, Endo, Uwar Suwarna, Djayo, Sukirman, Komir, Nyunyu, Andi, Doyo, Wachyan, dan lain-lain.

Resmi bernama PANDAWA tahun 1935. • Ikatan Keluarga Silat Putra Indonesia ( IKSPI Kera Sakti) perguruan yang didirikan oleh R. Totong Kiemdarto di Kota Madiun pada tahun 1980.Kera Sakti merupakan salah satu pencak silat yang mengambil unsur silat dan kungfu yang berasal dari china, dan di dalam IKSPI Kera Sakti sendiri memiliki keunikan dari segi teknik gerakannya yang memadukan gerakan kungfu dengan gerakan kelincahan kera. Perguruan IKS.PI Kera Sakti berasal dari perguruan silat terbesar di indonesia NAN PIE HO JIEN yang artinya:NAN=Selatan,PEI=Utara,HO=Kera,JIEN=Jurus/KungFu.

Walaupun IKSPI Kera Sakti merupakan perguruan pencak silat tetapi tidak hanya mengajarkan pencak silat dan kungfu melainkan juga mengajarkan kerohanian atau pemahaman tentang agama. • Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa, perguruan silat di bawah naungan Nahdlatul Ulama yang menampung berbagai perguruan dan aliran pencak silat di kalangan Nahdliyin. Gabungan dari berbagai aliran dan perguruan seperti Perguruan Cimande, GASMI (Gerakan Aksi Silat Muslim Indonesia), GASPI, Padepokan Saperti, Perguruan silat terbesar di indonesia Pencak Club, Perguruan Seni Pencak Silat Hizbullah (Malang), Batara, dan lain-lain.

• Seni Bela Diri Silat BS. Melati yang merupakan singkatan Budi Suci Melati adalah silat yang memadukan gerakan fisik dan pernafasan yaitu gerakan yang indah lemah lembut berirama tapi bertenaga dipadu dengan nafas yang halus dan didukung dengan keyakinan yang tinggi, hingga tercipta suatu bentuk gerakan yang berestetika tinggi serta menanamkan budi pekerti yang baik dan suci.

BS. Melati didirikan oleh H. Achmad Boesjairi yang berasal dari Kabupaten Jember dan berpusat di Semarang, Jawa Tengah. Kini BS. Melati sudah tersebar di lebih dari 60 kota dan Kabupaten di Indonesia dan Malaysia. [1] • Silat Persinas Asad, perguruan silat yang religius yang telah banyak mencetak pesilat internasional. Sudah banyak atlet-atlet Persinas Asad yang mengikuti World Art Championship. • Pencak silat Pamur (Pencak Silat Angkatan Muda Rasio), perguruan yang didirikan oleh Raden Hasan Habudin pada tanggal 31 Desember 1951 di Pamekasan, Madura.

Perguruan ini mengandalkan rasio sebagai unsur utamanya. • Silat Kijang Berantai, perguruan yang didirikan oleh Hj. Djuhardi dari Kampung Dagang, kabupaten Sambas. • HASDI (Himpunan Anggota Silat Dasar Indonesia), perguruan yang didirikan oleh R.S.

Hasdijatmiko pada tahun 1961 yang berpusat di kabupaten Jember. Ini merupakan perguruan silat yang mengembangkan teknik gerak silat cepat dan lugas. • Silat Perisai Diri, teknik silat Indonesia yang diciptakan oleh R.M. Soebandiman Dirdjoatmodjo (mendapat penghargaan pemerintah sebagai Pendekar Purna Utama) yang pernah mempelajari lebih dari 150 aliran silat nusantara dan mempelajari aliran Kung Fu Shaolin selama 13 tahun.

Teknik praktis dan efektif berdasar pada elakan yang sulit ditangkap dan serangan perlawanan kekuatan maksimum. Saat ini merupakan silat yang paling dikenal dan banyak anggotanya di Australia, Eropa, Jepang, dan Amerika Serikat. • Silat Riksa Budi Kiwari, perguruan ini didirikan oleh Ujang Jayadiman pada tahun 1982 di Bandung. Meskipun usia perguruan ini tergolong masih muda, namun telah mencetak banyak atlet-atlet berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional.

• Silat Tunggal Hati Seminari-Tunggal Hati Maria, organisasi pencak silat bernuansa Katolik yang didirikan oleh 7 dewan pendiri, di antaranya Romo Hadi, Pr. dan Romo Sandharma Akbar, Pr. • Pencak Silat Siwah, aliran silat asli yang berasal dari daerah Aceh yang memadukan empat aliran asli Aceh, yaitu dari Peureulak, Aceh Besar (Keudee Bing - Lhok Nga), Pasee, dan Pidie. • Porsigal (Pendidikan Olah Raga Silat Indah Garuda Loncat), organisasi ini didirikan oleh Atimiyanto, S.H.

di kabupaten Blitar pada tanggal 2 Maret 1978 sebagai pengembangan dari silat Sentono warisan Heyang Ageng Raden Tumenggung Hasan Witono. • Silat Merpati Putih — merupakan pencak silat yang berkembang dari tradisi Jawa sejak tahun 1550. Sang Guru Merpati Putiih adalah Bapak Saring Hadi Poernomo, sedangkan pendiri Perguruan dan Guru Besar sekaligus pewaris ilmu adalah Purwoto Hadi Purnomo (Mas Poeng) dan Budi Santoso Hadi Purnomo (Mas Budi) sebagai Guru Besar terakhir yaitu generasi ke sebelas.

Didirikan pada tanggal 2 April 1963 di Daerah Istimewa Yogyakarta, mempunyai kurang lebih 85 cabang dalam negeri dan 4 cabang luar negeri dengan jumlah kelompok latihan sebanyak 415 buah (1993) yang tersebar di seluruh Nusantara dan saat ini mempunyai anggota sebanyak perguruan silat terbesar di indonesia lebih dua setengah juta perguruan silat terbesar di indonesia lulusan serta yang masih aktif sekitar 100 ribu orang dan tersebar di seluruh Indonesia.

Pencak silat Merpati Putih dikenal dengan Beladiri Tangan Kosong (Betako). • Silat Tapak Suci Putera Muhammadiyah, organisasi pencak silat yang menjadi wadah pendekar-pendekar yang berada di lingkungan Muhammadiyah. • Silat Zulfikari, ajaran bela diri dari Qadiri Rifai Tariqa. • Silat Gerana (Gerak Raga Buana) berasal dari Bandung yang didirikan oleh 3 orang pendiri, yakni Ujang Tohari, Yuliandi P., dan Oga N.I.

Pencak silat yang mengacu pada gerak seni serta kaidah pencak silat dengan perpaduan pernapasan murni yang diolah dari dalam tubuh manusia melalui proses rileksasi dan konsentrasi. • Pukulan Bongkot – suatu aliran silat. • Pencak Silat Sharaf (Silat Mubai), aliran silat modern yang benar-benar agresif yang enekankan pengajaran pada pertarungan tangan kosong, pisau, bagaimana cara mengatasi senjata api, dan gulat. • Silat Hikmatul Iman Indonesia, perguruan bela diri yang didirikan oleh Dicky Zainal Arifin.

Ini merupakan aliran silat tersendiri tanpa pengaruh dari aliran manapun. • Silat Elang Putih, perguruan bela diri yang bertempat di Bogor). Ini merupakan aliran silat yang terdiri dari gabungan pencak silat aliran di Jawa Barat. • Pusaka Sakti Mataram Lakutama PPS Inti Ombak, perguruan pencak silat yang berpedoman pada seni bela diri Kesultanan Mataram dan bercampur dengan aliran Madura yang berkembang dengan tujuan pelestarian budaya bangsa.

• Pencak Silat Pertempuran, aliran silat yang terdiri dari gabungan beberapa aliran, terutama Pencak Silat Pamur dan Silat Sterlak. Pengaruh silat Indo-Melayu lainnya termasuk Seni Bela Diri Silat Jati Wisesa dan Raja Monyet Silat.

• Pencak Silat Gerakan Suci, pengembangan dari Pencak Silat Mande Muda. • Pencak Silat Tri Bela, gabungan dari tiga aliran Pencak Silat, IPSI, dan dua aliran tradisional. Tri Bela adalah perguruan pencak silat olahraga dan kesehatan yang merupakan sebuah unit kegiatan di IKIP Padang (Fakultas Pendidikan Olahraga). • Pencak Silat Maung Lugay, perguruaan yang berasal dari Rawa Badak Utara, Koja, Jakarta Utara yang bercabang di Cikarang Utara, Bekasi.

perguruan silat terbesar di indonesia

Perguruan Maung Lugay didirikan oleh Usman Wijaya dan Ashari. • Pencak Silat Bintang Suci, aliran bela diri yang terdiri dari gabungan 5 aliran pencak silat. • Pencak Silat Rangjat, Persaudaraan Seni Bela diri Pencak Silat Inti Daya Padepokan Ranggah Jati.

Bali [ sunting - sunting sumber ] • Silat Bakti Negara - peguruan yang dirintis oleh antara lain pahlawan nasional I Gusti Ngurah Rai namun secara resmi didirikan pada 31 Januari 1955 oleh para perguruan silat terbesar di indonesia Bali yakni Ida Bagus Oka Dewangkara, Pendekar Ida Bagus Oka Sahadewa, Pendekar Bagus Made Rai Keplak, Pendekar Anak Agung Rai Tokir, Pendekar Anak Agung Meranggi, dan Pendekar Sri Empu Dwi Tantra.

Perguruan ini cukup berprestasi di ajang silat nasional dengan melahirkan atlet-atlet juara. Selain muatan lokal, banyak dipengaruhi aliran Cikaret dan Cikalong. • Silat Kerta Wisesa - dalam perguruan ini kembangan atau seni pencak lebih mendapat porsi dibandingkan dengan dalam perguruan Bakti Negara. • Silat Seruling Dewata - ilmu silat dari desa Kerambitan-Tabanan yang konon sudah ada sebelum datangnya agama Hindu.

Silat ini diperkenalkan kembali oleh I Ketut Nantra pada tahun 1980-an. Jurus-jurus yang dimilikinya antara lain harimau, ular, putri bungsu, dan tali rasa. • Silat Gobleg - ilmu silat dari Bali Utara, tepatnya Gobleg. Dan mungkin inilah satu-satunya desa di Bali atau di Indonesia yang nama desanya di ambil dari nama tokoh silat. Gobleg adalah nama dari pendekar dan guru Silat terkemuka.

Sedikit melenceng dari topik; di perbatasan kabupaten Gianyar dan Bangli ada juga desa yang bernama Siladan, menurut hikayat ini pula berasal dari kata silat. Di perbatasan itu dulu para prajurit dari Bangli dan Gianyar saling tantang dan adu tanding dengan jurus-jurus silat. • Silat Sitembak - ilmu silat yang berkembang di Bali Utara, namun berakar dari silat Sunda • Mepantigan - olahraga bela diri bantingan dan kuncian tradisi Bali yang diiringi gegambuhan atau gamelan yang dirintis Putu Witsen Widjaya di awal milenium ini namun bersumberkan pada ilmu silat Bali.

• Silat Abusuja - merupakan ilmu silat dengan tangan kosong, mempelajari tehnik tenaga dalam serta berbagai tehnik penyembuhan. Mempeljari tehnik bertahan dari serangan jarak jauh maupun dekat. Betawi [ sunting - sunting sumber ] Pertunjukan pencak silat gaya Betawi di Jakarta.

• Silat Cingkrik - salah satu dari 300 aliran silat Betawi, salah sa tokohnya adalah si Pitung sekalipun klaim ini belum dapat dibuktikan kebenarannya. Banyak ditemukan di Rawa Belong, Jakarta Selatan, yang masih bertahan sampai saat ini adalah Cingkrik Goning dan Perguruan silat terbesar di indonesia Sinan, keduanya dinisbatkan pada nama pewarisnya Engkong Goning dan Engkong Sinan. Karakter teknik bela dirinya adalah mengandalkan takedown atau bantingan.

Cingkrik Goning misalnya, memiliki 80 teknik takedown yang bisa dipelajari sampai tamat. Pewaris Cingrik Goning sekarang adalah Tb. Bambang Sudradjat yang melatih di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia • Silat Silau Macan - salah satu silat Betawi yang berasal dari Condet, Jakarta Timur.

Tokohnya yang terkenal adalah Entong Gendut, pahlawan Betawi yang melakukan pemberontakan Villa Nova yang terkenal pada tahun melawan pemerintah Belanda. • Silat Sabeni - silat Betawi, berasal dari daerah Tanah Abang, Jakarta Pusat. Anak dari Babe Sabeni bin Chanam (pendiri aliran Sabeni) adalah Babe Ali Sabeni yang juga seniman sambrah, kesenian betawi. Anak dari Babe Ali Sabeni yaitu Zulbachtiar Sabeni (cucu Babe Sabeni bin Chanam) saat ini merupakan pewaris utama ilmu silat aliran Sabeni yang terus dilestarikan hingga kini (www.sahabatsilat.com).

Aliran ini terus berkembangan dan memberi warna pada aliran silat lainnya di Betawi yang juga dikuasai oleh Bapak Syuaeb, atau lebih dikenal dengan nama Bang Aeb. Di Jakarta, selain Bang Zulbachtiar yang merupakan cucu sabeni yang terus melatihkan aliran Sabeni di Tenabang, juga dikembangkan oleh banyak pihak termasuk yayasan TIMA (Traditional Indonesian Martial Arts) yang didirikan dan dikembangkan oleh Adhika Aria Wijaya (yang juga penerus dari Bang Aeb), Raditya Raga Wijaya (adik dari Adhika), dan Seniman Wijaya (ayah dari Adhika dan Radi).

• Silat Tiga Berantai - berasal dari permainan silat tokoh sejarah Jakarta, Pangeran Jayakarta. Didirikan oleh H. Achmad Bunawar (H. Mamak). menggabungkan banyak aliran tradisonal lainnya • Silat Gerak Saka - kata Saka diambila dari bahasa Sunda, 'Sakadaekna' yang berarti sekenanya. Aliran yang satu ini memang mengutamakan efektivitas dan kesederhanaan gerak sebagai filosofi pertarungannya.

Merupakan pengembangan dari aliran silat tradisional Sunda, Gerak Gulung Budidaya. Dibawa ke Jakarta oleh Raden Widarma (Oom Wid). Murid Oom Wid, Muhammad Syafi'i yang akrab Bang Pi'i lantas mendirikan perguruan ini. • Silat Gerak Rasa Sanalika adalah salah satu aliran silat sunda yang di dirikan oleh sesepuh silat betawi H Nur Ali Akbar (Babe Nunung) aliran silat ini memadukan gerak saka, gerak per dan gerak sepulah dengan fondasi utama tetap pada gerak saka.

Disamping itu aliran ini juga memadukan dengan maen pukul betawi • Silat Paseban - namanya diambil dari daerah Paseban, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat. M. Soleh adalah pendiri aliran ini. • Silat cimacan adalah salah satu silat aliran betawi yang berasal dari banten dan dikembangkan di daerah karang tengah lebak, lebak bulus, jakarta selatan. Guru besar silat cimacan adalah Drs.

Ahmad Ramli Topan dan sampai sekarang masih terus exis.Ciri khas perguruan silat cimacan adalah jurus-jurus macan. • Silat Si Kilat - aliran silat ini sesuai namanya mengandalkan gerakan serang yang sangat cepat oleh tangan • Silat Kancing 7 Bintang 12 Naga berenang (Kera Sakti / Naga Ngerem perguruan silat terbesar di indonesia aliran silat dari Kwitang dibawa oleh Si Gondrong Jagoan Kwitang • Silat Si Bunder / Naga Nyebrang - Yang terus dilestarikan oleh Muhammad Nur (Babe Nung) • Silat Gombel - aliran silat yang perguruan silat terbesar di indonesia silat tertua di Betawi • Silat Gelamak - aliran silat Betawi.

Nama silat ini diambil dari nama Kong Gelamak tokoh Betawi kelahiran Senayan. • Silat Beksi - perguruan ini banyak di daerah Jakarta Selatan (Kp Sawah Petukangan dan Kota Tangerang daerah Kereo Pisangan Ciledug). Nama Beksi konon berasal dari bahasa Cina, Bie Sie. Bie artinya pertahanan dan Sie artinya empat, maknanya pertahanan empat penjuru.

• Silat Kwitang - perguruan silat yang berasal dari daerah Kwitang, Jakarta Pusat. Ilmunya merupakan perpaduan antara silat dan kuntao. Jawa Barat [ sunting - sunting sumber ] • Silat Cimande - bersama dengan Sera (aliran kera), Pamacan (aliran harimau) dan Trumbu (pertarungan tongkat) merupakan aliran pencak silat yang didirikan Embah Kahir di akhir 1700-an di Jawa Barat.

perguruan silat terbesar di indonesia

Seni ini tetap ada di beberapa desa yang ada di Sungai Cimande, termasuk desa Tarik Kolot. Kini ada lebih dari 300 variasi Cimande, termasuk yang ada di Betawi. Si Pitung juga dianggap mempelajari aliran ini.

• Silat Cikalong - aliran pencak silat dari Cianjur dengan tokoh pendirinya H. Ibrahim atau R. Jaya Perbata, meninggal pada tahun 1908. Tersebar di seluruh daerah Jawa Barat dan mewarnai beberapa aliran silat di Jawa Barat dan sekitarnya.

Dikenal juga dengan Ulin Maen Po Cikalong, jurus Cikalong diadaptasi pada beberapa perguruan silat Sunda, seperti Perguruan Silat Panglipur, Pusaka Siliwangi dan lain-lain. • Silat Sabandar - adalah silat yang berasal dari daerah Pagaruyung, Sumatera Barat, namun dikembangkan di Kampung Sabandar, Karangtengah, Cianjur.

• Silat Riksa Budi Kiwari - Perguruan ini didirikan oleh Pak Perguruan silat terbesar di indonesia Jayadiman pada tahun 1982 di Bandung. Meskipun usia perguruan ini tergolong masih muda, namun telah mencetak banyak atlet-atlet berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional. • Silat Serak, Sera, Syera adalah salah satu aliran silat yang dikembangkan oleh KH.

Raden Sarean di Bogor Jawa Barat. aliran serak ini adalah turunan dari Silat Cimande. • Silat Depokan, aliran ini berasal dari Bogor, melihat ciri khasnya aliran ini ada hubungannya dengan Cimande dan Serak.

pendiri adalah bapak H. Ayub. • Gerak Badan Pencak Margaluyu Pusat, didirikan oleh Abah Andadinata, merupakan salah satu pelopor perguruan tenaga dalam di Indonesia. • Perguruan Pencak Silat Padjadjaran Nasional - Perguruan Silat yang merupakan hasil penggabungan Lima aliran Silat Buhun dan berpusat di Bogor, Pendiri Perguruan Padjadjaran Nasional ialah Bapak TB.

Mochamad Sidik Sakabrata.

perguruan silat terbesar di indonesia

Perguruan perguruan silat terbesar di indonesia mempunyai cabang di berbagai daerah di Indonesia hingga ke Mancanegara, di antaranya negeri Belanda, yang diketuai oleh Mr.

Eric Bovelander. • Silat Binasatria - Perguruan ini terdapat di Cibinong. Tepatnya di MAN CIBINONG. Perguruan ini berdiri pada tahun 1994. Di kembangkan oleh guru besarnya yaitu Bpk. Zaenudin. • Silat Gerak Gulung Budi Daya atau biasa disebut secara singkat sebagai Gerak Gulung adalah sebuah aliran silat yang bersumber dari sebuah aliran silat tradisional dari jaman kerajaan Padjadjaran, bernama Gulung Maung yang diturunkan secara turun temurun didalam garis keluarganya yang sangat tertutup dari kalangan diluar jalur keluarga.

Akhirnya sampailah aliran ini pada Eyang Sarean yang memiliki putra yaitu Eyang Guru H. Abdullah yang tinggal di Sukaraja Bogor. Dimasa Eyang Guru inilah nama Gulung Maung diubah menjadi Gerak Gulung Budi Daya ti Padjadjaran, dimana perubahan ini didasari atas perubahan dari sifat permainan Gulung Maung yang buas dan ganas dengan prinsip “ kembangna cilaka buahna pati” menjadi permainan yang dibudi dayakan dan lebih berprinsip manusiawi dan tidak lagi seganas Gulung Maung yang bersifat bagaikan seekor harimau yang pada dasrnya berprinsip harus membunuh mangsanya.Eyang guru berharap dengan perubahan Gulung Maung menjadi Gerak Gulung, seseorang yang memiliki permainan ini tidak akan lagi sebuas harimau karena pada prinsipnya manusia lebih unggul daripada harimau dan sebagai pengingat bahwa pada dasarnya permainan ini adalah untuk membela diri.

• Pencak Silat Riksa Diri Perguruan pencak silat Riksa Diri berdiri tahun 1958 perguruan silat terbesar di indonesia guru besar Rd Nunung Ahmad Hudaya di Bandung. • Silat Nampon - merupakan penca silat dari almarhum Uwa Nampon (lahir 1888 di Ciamis, meninggal 1962 di Padalarang - Jawa Barat). Sejak tahun 1932, uwa Nampon mengajarkan ilmu silat ini kepada para pejuang kemerdekaan, termasuk Bung Karno, Sutan Syahrir, dll.

Berlainan dgn jurus penca silat lain, Aliran Alm Nampon berpusat didada sehingga gerak ditangan serasa kosong.Berorientasi pada kesamaan gerak. Dari seluruh organ anggota tubuh tangan kaki, dada. Tenaga otot dipusatkan di Otot dada dan walikat, dan gerak diakhiri dengan kesamaan tindak laku otot didada tangan kaki sabet digabreg.

perguruan silat terbesar di indonesia

Dengan dasar yang khas inilah Jurus khas ini akhirnya dikenal dengan sebutan Jurus Gebreg (Singkatan dari gerakan Regenerasi Bersama). Karena terkenal dengan gaya Penca Silat yang khas dan baru, muncul berbagai sebutan.

Ada yang menamakan Ulin nampon, ada juga yang menamakannya Stroom, Timbangan, Spierkracht/tenaga dalam. Nama Spierkracht saat itu banyak dikenal sampai ke Jateng, Jatim sebagai nama penca silat ciptaan Alm Nampon. • Pencak Silat Bajing Kiring - Perguruan ini didirikan oleh Pak H. Cece pada tahun 1980-an di Kecamatan Cikampek Kabupaten Karawang Provinsi Jawa Barat. Sekarang dilestarikan oleh penerusnya Pak Encep. • Pencak Silat Tadjimalela - Perguruan ini didirikan oleh Raden Djajat Koesoemah Dinata pada tanggal 4 agustus 1974.

PS Tadjimalela memfokuskan pada tiga potensi untuk dikembangkan, yaitu olah pikir, olah gerak, dan olah rasa dalam rangka memaknai kehidupan sehingga perguruan silat terbesar di indonesia hubungan yang harmonis sesama makhluk hidup, alam, dan Tuhan.

• Pencak Silat Salaca Macan Putih - Organisasi Silat yang sangat muda namun cukup berpengaruh di wilayah Ciampea, perguruan ini didirikan pada tahun 2016.

Berkerabat dekat dengan Tapak Suci. Jurus - jurus yang ada di perguruan ini kebanyakan berasal dari Silat Cimande. • Pencak Silat Partisan Siliwangi - didirikan oleh Ama Raden Puradiredja yang mempunyai ayah bernama Raden Adimiarsa dan Ibu Nyi Mas Yati, dimana sang ayah adalah keturunan langsung dari Dalem Aria Wangsa Goparana, sedangkan Dalem Aria Wangsa Goparana sendiri adalah keturunan dari Prabu Mundingsari Perguruan silat terbesar di indonesia, dan Prabu Mundingsari Ageung adalah anak dari Sri Baduga Maharaja Prabu Siliwangi sang Raja di Tatar Sunda, Dalem Aria Wangsa Goparan bersama keturunannya menyebarkan agama islam di wilayah Subang, Purwakarta, Karawang, Cianjur, Sukabumi, sampai Bogor, salah satu anaknya bernama Dalem Aria Wiratanudatar yang menjadi pendiri cianjur dan menyebarkan agama islam di wilayah Cianjur, Sukabumi, Bogor, Bekasi sampai perbatasan Batavia (Jakarta).

PS. Partisan Siliwangi berdiri tanggal 02 Juli 1922 dengan tujuan membangun nasionalisme tinggi untuk membebaskan diri dari segala bentuk penjajahan disertai membentuk ahlak, moral yang baik dengan tidak membedakan ras, suku ataupun agama. PS. Partisan SIliwangi awal mula lahir adalah di sebuah perkebunan perguruan silat terbesar di indonesia wanayasa, ketika para pekerja istirahat ingin hiburan untuk menghilangkan rasa lelah, kemudian Ama Raden Puradiredja mengajarkan seni ibing (tari) Pencak Silat sebagai Kesenian, kelak pelajaran pencak silat ini bukan sekedar kesenian dan beladiri semata tetapi akan dipakai ketika kancah peperangan revolusi 1945-1949.

Ketika pecah perang revolusi PS. Partisan Siliwangi yang anggotanya ribuan orang ini ikut pula perang melawan Belanda dengan bergabung dengan DIVISI SILIWANGI pimpinan Brigjen (Purn) Sadikin yang merupakan Pangdam Siliwangi saat itu bahkan Partisan Siliwangi juga ikut long march ke Yogyakarta, menyertakan keluarga, demikianlah totalitas dan loyalitas para Partisan Siliwangi. Selain Brigjen Sadikin banyak juga tokoh sunda lain saat itu yang selalu tampil terdepan Letjen (Purn) Darsono, Pangdam Wirabuana, Jendral (Purn) Didi Kartasasmita, Jendral TNI (Purn) Moersid, Mayjen.TNI.

Ibrahim Adjie, Mayjen.TNI. Umar Wirahadikusumah, dll. • Padepokan Pakusari Jurus V - Didirikan dan diciptakan oleh Apih Oding, Padepokan Pakusari Jurus V merupakan salah satu aliran pencak silat yang menggunakan tenaga dalam, berpusat di daerah Cianjur tepatnya di Kp. Cipaku Kec. Warungkondang. • Pencak Silat Gadjah Putih Mega Paksi Pusaka, didirikan oleh KH. Adji jaenudin bin mama haji usman pada tahun 1959 tepatnya di kampung gegerpasang kabupaten garut.

Jawa Tengah dan Yogyakarta [ sunting - sunting sumber ] • Padepokan RangJat (Ranggah Jati) Persaudaraan Seni Bela diri Pencak Silat Inti Daya Padepokan Ranggah Jati. Didirikan di Yogyakarta tahun 2012 februari 21, oleh Dwi Warsanto B.N., S.Pd. Kor. Perguruan ini sebelumnya sudah di matangkan dari tahun 2004 di mulai dengan nama Psifisionergi hingga RangJat (Ranggah Jati) sekarang 2012.

Di dalam Padepokan RangJat menerapkan, seni ilmu bela diri berlapis, dengan konsep bela diri berdasar kekuatan dan kecepatan atau inti daya atau power. • Persilatan Ragajati berpusat di Banjarnegara, Jawa Tengah, didirikan tanggal 6 Agustus 1976 oleh (Alm.) Guru Besar Soeharno Soeroatmodjo. Saat ini Guru Besar Persilatan Ragajati dijabat oleh Agus Hirawan Suro Adi Wijoyo (Mas Agus), yang merupakan putra dari Guru Besar terdahulu.

• Persatuan Hati (PH) didirikan oleh RM Mangku Pujono (Guru Besar) dan dibantu oleh para sesepuh lainnya di Yogyakarta pada tahun 1927, ini merupakan kelanjutan dari perkumpulan "Be United" tahun 1921. • Silat Perpi Harimurti - berasal dari Yogyakarta, didirikan oleh Eyang Sukowinadi yang berguru pada Gusti Harimurti • Silat PPS Bela diri Tangan Kosong Merpati Putih - salah satu perguruan dengan jumlah anggota terbanyak di Indonesia.

Berasal dari Yogyakarta. • Tapak Suci - perguruan silat di bawah ormas Muhammadiyah. Pendirinya berasal dari Banjarnegara dan berkembang di kawasan Kauman, Yogyakarta • Setia Hati Langen Putro Utomo - perguruan silat yang berasal dari ambarawa,jawa tengah. Yang didirikan oleh bapak Aryo Martosiam pada tahun 1977. • Pusaka Sakti Mataram Lakutama - perguruan silat yang berasal dari Yogyakarta, didirikan oleh Ki Poleng Sudamala • Perguruan Pencak Silat Cepedi (Cepat Pembelaan Diri) - didirikan pada tanggal 17 September 1922 di daerah Dagen kawasan Malioboro barat, oleh Eyang Citra Mangkunagara.

• Perguruan Bela diri Sinar Perak - merupakan suatu organisasi kekeluargaan bela diri yang secara resmi berdiri pada tanggal 24 Desember 1990.

• Perguruan Bela diri Garuda Nusantara - didirikan oleh Bapak K.H. Muhammad Thoyyib Sumarko S.Pd. pada tahun 1996. tergolong muda, namun sudah mulai ikut andil dalam keuaraan tingkat jawa tengan maupun Nasional • PS Garuda Jisai - Perguruan yg berasal dari Yogyakarta yang di dirikan Oleh FX.Sukirdjo sejak tahun 4 Agustus 1970 Yang beraliran Rasional Dan Religius dan Berasaskan Atas Cipta,Rasa dan karsa [ butuh rujukan] • Perguruan Pencak Silat Ilmu Tangan Kosong (ITK) - Perguruan silat yang berasal dari daerah Surakarta, didirikan oleh RM.Wisnu Murtie secara de facto pada 1958 berdasarkan pengalaman nya dalam berbagai macam aliran beladiri.

Jawa Timur dan Madura [ sunting - sunting sumber ] • Persaudaraan Setia Hati, perguruan yang diturunkan dari Persaudaraan Sedulur Tunggal Kecer yang didirikan oleh Ki Ngabehi Suro Diwiryo dan menurunkan banyak perguruan silat seperti PSHT, SH Winongo, SH Putih. Pusat perguruan ini berdomisili di Madiun, Jawa Timur. • PSHT (Persaudaraan Setia Hati Terate) didirikan oleh Ki Hajar Harjo Utomo tahun 1922 di Pilangbango, Madiun.

Perguruan ini berbentuk organisasi dan lebih menekankan pada rasa persaudaraan. Perguruan ini mempunyai anggota yang sudah menyebar keseluruh penjuru nusantara, bahkan sampai keluar negeri di antaranya Malaysia, Singapura, Belanda, Mesir, dan Rusia. Dan sekarang diketua oleh Drs. R. Moerdjoko HW [1] • Persaudaraan Setia Hati Tunas Muda Winongo-Madiun Pada tahun 1964, SH mengalami kemunduran, tidak begitu aktif, hal ini tidak lain disebabkan keadaan juga, sebagian besar saudara2 SH sudah banyak yg lanjut usia, ditambah lagi dengan semakin kurangnya penerimaan saudara baru.

Banyak saudara SH yang sudah sepuh satu persatu meninggal dunia, sedangkan yang masuk menjadi saudara SH dapat dikatakan hampir tidak ada.

perguruan silat terbesar di indonesia

Kalau keadaan yg demikian dibiarkan terus-menerus maka SH lambat laun akan mengalami kepunahan. Untuk menghindari hal tersebut serta untuk melestarikan ajaran yang edi peni dan adi luhung tersebut, maka pd tanggal 15 Oktaber 1965 bapak Soewarno merasa terpanggil untuk bergerak (mengaktifier) kegiatan2 SH dengan serentak. Gerakan ini mendapat perhatian yang besar dari para pemuda dan dukungan yang kuat dari masyarakat, yang akhirnya berdaya guna untuk membantu HANKAM serta ikut Memayu Hayuning Bawono, membantu negara/ pemerintah dalam bidang ketertiban dan keamanan.

Dengan meningkatkan latihan jasmani (pencak) dan latihan rohani (iman dan takwa kepada Allah), maka dapat diharapkan pemuda kita sebagai generasi penerus akan menjadi kader bangsa yang militan yang sangat berguna bagi kepentingan bangsa dan negara.

Kepada para Tunas Muda "SH" diajarkan pelajaran pencak silat yang berasal dari para pendekar terkenal (sembilan orang pendekar) dan yang terakhir dari bapak Ki Ngabehi Soerodwirjo, saudara tertua dalam Persaudaraan "Setia Hati" Winongo.

Dengan metode ini maka seluruh pelajaran dengan mudah diserap oleh para Tunas-Tunas Muda yang dapat berhasil dengan sukses. • Pencak Silat dan Tenaga Dalam Sunan Kalijaga yang didirikan oleh Bayu Kurniawan tahun pada 1993 di Surabaya, Jawa Timur.

• Gubug Ramaja (PPSGR) adalah perguruan pencak silat yang berpusat di Ngawi, Jawa Timur. Perguruan ini adalah penerus perguruan pencak silat "Tabib Ketimuran Gubug" yang didirikan oleh R. Koeshartoyo pada tahun 1935 di desa Ketanggi, Ngawi, Jawa Timur. • HASDI (Himpunan Anggota Silat Dasar Indonesia) yang didirikan oleh Bapak RS. Hasdijatmiko pada tahun 1961, yang berpusat di Jember Jawa Timur. Merupakan perguruan silat yang mengembangkan tekhnik gerak silat cepat dan lugas.

• Silat Bawean - silat dari Pulau Bawean, Jawa Timur. Silat Bawean atau orang Bawean perguruan silat terbesar di indonesia pokolan. Ini merupakan salah satu aliran dari pencak silat yang merupakan permainan bela diri dan juga sebagai hiburan.

• Pencak Silat Cempaka Putih (PSCP) - sebelumnya bernama Silat Mardi Anoraga Sakti, didirikan oleh Eyang Mursid. Tahun 1964 menjadi Pencak Silat Cempaka Putih yang didirikan oleh Eyang Wagiman (anak Eyang Mursid), yang juga terkenal dengan silat hadirannya. PSCP berdiri di kecamatan Panekan, Magetan, dan mempunyai anggota di seluruh Indonesia serta luar negeri. • Keluarga Persilatan Ki Ageng Pandan Alas, didirikan di kecamatan kare Madiun Oleh bapak Koestari Adi andaya (seorang purnawirawan TNI-AU AURI) pada tanggal 10 Nopember 1972 yang bernaung di bawah IPSI.

Persilatan ini mengajarkan warga dan siswanya menjadi tangan-tangan penyelamat, menyelamatkan dirinya sendiri dan orang lain dalam tafsir yang sangat luas serta berpegang teguh pada “Hablum Minalloh Wa Hablum Minannas”. [2] • Persatuan Hati (PH) di Ponorogo, Jawa Timur, yang didirikan oleh Mbah Trimo • Perguruan Pencak Silat NH Perkasya (Nurul Huda Pertahanan Dua Kalimat Syahadat) yang berpusat di lingkungan Pondok Pesantren Tebuireng kabupaten Jombang Jawa Timur.

Perguruan Silat yang didirikan oleh Lamro Asyhari pada 2 November 1982 (menurut AD/ART) ini beraliran YUKASI ( Yudo, Karate, Pencak Silat). Selain itu juga diajarkan kemampuan mental spiritual, wawasan keislaman, wawasan kenegaraan, kepemimpinan, manajemen keorganisasian, dan akidah Islam untuk bekal materi dakwah. Sebagian besar Dewan Pendekar NH Perkasya sendiri juga yang mempelopori berdirinya Pagar Nusa pada waktu itu.

• Pagar Nusa (PN) di kediri jawa timur, yang didirikan oleh Gusmaksum. Merupakan persatuan dari berbagai pencak silat bernuansa Nahdatul Ulama. • Perguruan silat terbesar di indonesia Cobra, pusat perguruan berada di Pamekasan, Pulau Madura, yang didirikan oleh Arif Budiman. Perguruan ini telah berkembang ke seluruh Indonesia, salah satunya di Pontianak. • Persaudaraan Rasa Tunggal, Pencak Silat dan Tenaga Dalam.

Didirikan oleh RM. Sutadi Rakhanta pada tahun 1972 berpusat di Kota Madiun Jawa TImur. Menekankan pada prinsip budi luhur dan mencari ridho dan keslamatan dari Allah SWT. Saat ini mempunyai Anggota dan Warga di seluruh Indonesia.

perguruan silat terbesar di indonesia

• Perguruan Pencak Silat perisai hati, Didirikan oleh pak Gatot Subroto,Heru Purwanto,dan alm.Hendrik yansen di Surabaya pada tanggal 28 Desember 1990. • Perguruan Ilmu Seni Bela Keselamatan Syiar Islam (SI) di Tuban, Lamongan dan sekitarnya, didirikan oleh K.H. Ahmad Muzaini. Perguruan ini merupakan persatuan dari berbagai perguruan yang bernapaskan ajaran agama islam. • Perguruan Seni Ilmu Bela diri Kung Fu IKS.PI.

Kera Sakti didirikan oleh Bapak R. Totong Kiemdarto pada tanggal 15 Januari 1980 di Perguruan silat terbesar di indonesia. Merpati No. 45, Kel. Nambangan Lor, Kec Mangunharjo, Kodya Madiun. Adapun nama dari perguruan ini semula adalah IKS.PI. yang artinya adalah Ikatan Keluarga Silat "Putera Indonesia" tetapi ketika perguruan mulai berkembang diberi nama tambahan "Kera Sakti" dibelakangnya, sebab masyarakat maupun murid murid perguruan lebih mengenal nama jurus perguruan yaitu teknik jurus keranya daripada nama asli perguruan.

Untuk itu selanjutnya dalam memudahkan pencarian identitas perguruan sekaligus secara tidak langsung menambah wibawa nama perguruan maka disebutlah IKSPI Kera Sakti. • PPS Bintang Surya, Surabaya didirikan oleh R.

Pandji (cucu Sunan Gunung Jati ) di Surabaya pada tahun 14 Desember 1973.PPS Bintang Surya adalah salah satu Perguruan Pencak Silat yang murni warisan dari leluhur Bangsa Indonesia, bersumberkan dari ilmu Syeh Syarif Hidayatullah, yang bergelar Sunan Gunung Jati, Cirebon, yang merupakan salah satu dari Wali Songo yang termahsyur. Pada mulanya perguruan ini hanya dikenal dilingkungan masyarakat desa Nambangan Lor saja tetapi pada sekitar tahun 1983 beberapa murid angkatan I dan II mulai mengembangkan ajaran perguruan dibeberapa tempat, yaitu SMAN 3 Madiun, Lanuma Iswahyudi dan Dempel.

Baru kemudian menyusul berkembang di tempat lain tidak saja diwilayah eks Karesidenan Madiun tetapi juga di luar bahkan sampai keluar pulau Jawa. Sebagai pendiri pertama sekaligus sebagai guru besar dari perguruan ini adalah Bapak R Totong Kiemdarto. Oleh guru besar diajarkan pelajaran silat monyet dan kerohanian untuk memantapkan fisik dan iman dari siswa dan siswi yang selaras dengan tujuan pembangunan nasional yaitu memujudkan manusia Indonesia seutuhnya, yang sehat lahir maupun batin dan berjiwa Pancasila.

• Pencak Silat Boedi Oetomo (PSBO) drintis oleh sekelompok pemuda yang tergabung dalam Pelajar Islam Indonesia yang dididik oleh Imam Mursid dan Abdul Cholid Subolo.

Perguruan Pencak Silat Boedi Oetomo berdiri pada tahun 1963. • www.ppssatuhati.com Perguruan Pencak Silat Satu Hati (P.P.S. Satu Hati). Didirikan oleh seorang pendekar bernama Soepardi di Surabaya, 12 Juni 1966.

Pada tahun yg sama diterima menjadi anggota IPSI. P.P.S. Satu Hati berdiri, bertujuan untuk melestarikan & menumbuhkembangkan budaya bangsa Indonesia, dalam bentuk yang asli sebagai seni bela diri, seni olah budi, maupun sebagai unsur olahraga prestasi. Soepardi adalah salah seorang pejuang kemerdekaan Republik Indonesia dan terakhir mengabdi di kantor Bendahara Negara Surabaya (KBN) yang sekarang di kenal dengan Gedung Keuangan Negara. Beliau berguru pencak silat dan kanu ragan pada seseorang haji di Kedung Cowek Surabaya.

Berbagai ilmu pencak silat beliau pelajari, maka lahirlah Perguruan Pencak Silat Satu Hati. Telah banyak prestasi yang di raih, baik ditingkat cabang, daerah hingga tingkat Nasional. Soepardi juga pernah menjabat sebagai Pengurus Daerah IPSI Jawa Timur, selaku Sekretaris I (satu). P.P.S. Satu Hati juga ber ekspansi ke pulau Madura tepatnya di Kamal Bangkalan oleh salah seorang muridnya yang bernama Rusdi. Soepardi wafat pada tahun 1980. Selanjutnya Ketua Umum di jabat oleh Mohamad Toha dari tahun 1980 s/d 1988.

Mohamad Toha juga pernah menjabat di PB IPSI dan beliau juga Wasit Juri senior IPSI dan juga PERSILAT. Kemudian pada tahun 1988 s/d 2004 Mohamad Toha menjadi penasehat. Estafet Ketua Umum P.P.S. Satu Hati di jabat oleh H. Soebaktiyar hingga saat ini. • Silat Perisai putih - berdiri sejak 1 Januari 1967 yang berpusat di Surabaya dan didirikan oleh Guru Besar yang bernama R.

Achmad Boestami Barasoebrata. Ia adalah putra kelahiran Sumenep Madura pada tanggal 4 Desember 1939 yang akrab di sebut dengan Bpk Boestam dan merupakan putra ke 3 dari sembilan bersaudara. Keilmuan ia berasal dari kakeknya Kyai Agus Salim atau dikenal dengan sebutan Ki Lamet. Dengan mengembangkan dan mempelajari Ilmu Pencak Silat dari seluruh aliran di nusantara serta beladiri asing yang masuk ke Indonesia maka ia mendirikan Sekolah Beladiri Tanpa Senjata YIUSIKA PERISAI PUTIH.

Bapak R. Achmad Boestami Barasoebrata wafat di Surabaya pada tanggal 27 Desember 1987 di usia 48 tahun dan dimakamkan di Surabaya. Hingga saat ini PSN Perisai Putih yang berdiri dan berpusat di Surabaya telah mempunyai banyak cabang dan ranting di beberapa kota di Indonesia dan manca negara seperti Belanda. • IPS Nur Harias pada tanggal 7 Mei 1972 di Surabaya, yang didirikan oleh Drs.

H. M. Atho’illah Iskandar. Nama Nur Harias mempunyai arti yaitu, NUR = cahaya dan HARIAS = padi unggul yang memakai prinsip padi yakni semakin berisi semakin merunduk.

Tujuan awal didirikanya Nur Harias adalah pengemembangan islam melalui pencak silat (syiar). Kalimantan [ sunting - sunting sumber ] • Bersilat - silat dari Kalimantan • Kuntau Banjar, Sendeng Banjar, Sendeng Belalang, Bang'koe (silat monyet) dari Kalimantan Selatan. • Kuntau Kutai, Kuntau Kilan dari Kalimantan Timur. • Cuyusika Bangau Putih - perguruan silat yang menggabungkan 4 jenis aliran bela diri.

Lahir di Banten, berdiri di Banyuwangi dan berkembang di Pontianak Kalimantan Barat oleh Muchsiono Hadi Saputra. (Red.H.E.Hrp) • Pencak Silat Setia Budhi, Pencak silat ini merupakan pencak silat yang bersenandung Jihad fi Sabilillah, pencak Ini didirikan oleh Soekarman. • Perguruan IKS.PI Kera sakti di beberapa cabang / kabupaten dan kota antara lain Perguruan silat terbesar di indonesia timur (Samarinda, Balikpapan, Tenggarong, Penajam Paser Utara/PPU, Gerogot, ITCI, Dong hwa, Bontang, Sangata, Sangkulirang, Berau, Tarakan, dll.), Kalimatan Selatan (Kota Baru, Banjarmasin, Tanjung, Batu Licin, dll), Kalimantan Tengah (Palangkaraya, Sampit, Pangkalanbun, dll), dan di Kalimantan Barat (Ketapang, Pontianak, dll).

• PSOB Taruna Bhakti, Kalsel-Tim. • Pukulan Patikaman Silat Kuntau, perguruan yang terletak di Kalimantan Selatan. Minangkabau [ sunting - sunting sumber ] Di Ranah Minangkabau, istilah pencak silat memiliki dua pengertian. Untuk bela diri, masyarakat Minangkabau hanya menyebut istilah silek (silat), sedangkan pencak ( pancak, mancak) digunakan untuk pertunjukan silat yang lebih mementingkan aspek keindahan atau disebut juga dengan silat seni.

• Silat Tuo - Aliran silat yang dianggap paling tua yang turun dari daerah Pariangan, Padang Panjang, tapi ada pendapat lain yang mengatakan bahwa silat ini mulanya dikembangkan oleh Tuanku Nan Tuo, salah seorang anggota Harimau Nan Salapan atau golongan paderi. Jika pendapat ini diterima, maka "Silat Tuo" di Minangkabau terinspirasi dari gerakan binatang seperti harimau, buaya dan kucing.

[3] • Silat Bungo - salah satu aliran silat Minang yang menekankan gerak pada aplikasi seni pencak silat, silat ini bukan untuk bertempur, melainkan untuk peragaaan di acara-acara adat atau acara formal lain. • Silat Sitaralak, Sterlak, Starlak - aliran silat keras dan kuat dari Minangkabau, dikembangkan oleh Ulud Bangindo Chatib (1865) dari Kamang (dekat Bukittinggi), Kabupaten Agam, berkembang sampai ke wilayah Sawahlunto.

Ada pendapat yang mengatakan bahwa aliran ini dirancang untuk menghadapi gerakan Silat Tuo. Gerakan Silat Tuo terinspirasi dari gerakan-gerakan binatang seperti harimau, kucing, dan buaya. Karakter khas silat jenis ini adalah menyerang di saat lawan akan menyerang. Silat ini menyebar dan berkembang di Perguruan silat terbesar di indonesia dan terus ke Amerika.

• Silat Kumango - salah satu aliran silat di Minangkabau yang dikembangkan oleh Syeikh Kumango, dari nagari Kumango, Batusangkar, Kab. Tanah Datar. [4] • Silat Kota Anau - aliran silat daerah Koto Anau, Solok yang merupakan daerah pertahanan Minangkabau pada masa dahulunya yang menghubungkan antara Pagaruyung sebagai pusat kerajaan dan Bayang, Pesisir Selatan. • Silat Pauah (Pauah) - aliran silat di Minangkabau yang berasal dari kampung Pauah, Kota Padang.

Silat ini adalah silat termuda dan ada yang menganggap merupakan sari atau kompilasi (gabungan) dari hampir semua aliran silat yang ada di Minangkabau, silat ini khusus untuk berperang, sebab di Pauah, Padang merupakan salah satu basis perjuangan masyarakat Minangkabau melawan penjajah pada masa dahulunya. • Silat Lintau - aliran silat di Minangkabau yang berasal dari kampung Lintau, Batusangkar, Kab. Tanah Datar. • Silat Harimau - salah satu aliran silat di Minangkabau yang menekankan pada permainan bawah.

• Silat Buayo (Buaya) - aliran silat di Minangkabau yang terinspirasi dari gerakan buaya, bermain rendah, aliran ini berkembang di Pesisir Selatan. • Silat Pangian - awalnya berasal dari wilayah Lintau dan sekitarnya yang dimiliki petinggi kerajaan Minangkabau. Silat ini berkembang di rantau Minangkabau, Kuantan, Provinsi Riau • Silat Duduk - salah satu aliran silat yang menekankan bermain silat dalam keadaan duduk atau rendah, namun silat duduk bisa juga memiliki pengertian lain, bahwa di sini murid tidak berlatih silat secara fisik, namun mengembangkan nalar dan logika.

• Silat Sabandar - adalah silat yang berasal dari daerah Pagaruyung, Sumatera Barat, namun dikembangkan di Kampung Sabandar, Karangtengah, Cianjur. • Silat Buah Tarok - salah satu aliran silat di Minangkabau yang berasal dari Bayang, Pesisir Selatan. Salah satu peguruannya ada di Aur Duri Padang dengan nama peguruan Salimbado-Buah Tarok, dibawah asuhan Emral Djamal Datuak Rajo Mudo.

Silat Buah Tarok ini dikenal juga dengan Silek Sitaralak Baruah oleh masyarakat di kawasan Maninjau yang dahulunya diajarkan oleh Udo Tunang. • Silat Pakiah Rabun - berkembang di daerah Alam Surambi Sungai Pagu (lihat Silat Luncua) • Silat Gajah Badoroang - berkembang di wilayah Kabupaten Sawahlunto/Sijunjuang.

• Silat Luncua (Luncur)- yang dikembangkan oleh Pakiah Rabun berkembang di daerah Alam Surambi Sungai Pagu, Kabupaten Solok. • Silat Gaib - suatu aliran silat yang bisa memainkan gerakan silat milik peguruan orang lain darimana saja. • Silat Sunua - dari dari Pariaman • Silat Ulu Ambek dari dari daerah Pariaman.

• Silat Tiang Ampek, termasuk silat tuo yang berkembang keluar dari Batipuh, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar waktu perang Batipuah melawan Belanda setelah perang paderi. Berkembang dulunya di Palembayan, simpang Batuhampar, Piladang, Tanjuang Alam- Agam, Sumarasok, Padang Tarok, Tanjuang Alam-Tanah Datar dan Tabek Patah. Silat tuo ini waktu pengembangan banyak disurau-surau yang guru-guru tuanya pengikut tarikat ( satariah ???

belum pasti, tetapi di dalam doa/tawasul, mereka menyebut Syech Burhanudin/Aba Burhan ) Silat ini bukan silat yang indah gerakannya tetapi silat praktis. Didaerah-daerah yang tersebut di atas cara-cara pengajarannya berbeda-beda.

• Silat Balubuih, Silat yang dikembangkan oleh Syech Balubuih dinegri Balubuih kabupaten Lima Puluh Kota. Syech Balubuih dan Syech Kumango pernah sama-sama menimba ilmu agama dan tarikat kepada Syech Abdurahman di Batu Ampar kabupaten Lima Puluh Kota (dulunya dinamakan Luhak Lima Puluh Koto.

• Silat Sungai Patai, Silat yang berkembang di Nagari Sungai Patai Tanah Datar. • Silat Lintau, Berasal dari daerah Lintau Buo Kab.Tanah Datar, Sumatera Barat. Silat ini merupakan silat yang terkenal di Minangkabau, dengan dasar Lahkah Ompek (Langkah Empat) dan ada juga dengan Langkah Duo Boleh (Dua Belas). Silat lintau memili guru silat di hampir 9 koto (daerah) di lintau yang masing-masingnya memiliki gaya tersendiri namun tetap berdasarkan langkah yang sama.

• Silat Alif Ba Ta, Silat yang menjunjung tinggi agama, silat yang beraliran seni bela diri, silat yang sudah ada pada zaman dahulu kala yang sekarnag berkembang di riau khususnya pekanbaru, alif ba ta telah masuk dalm ipsi yang di kambangkan oleh bapak. suhaimi, yang memiliki gerakan pembukaan atua labek. Riau-Siak [ sunting - sunting sumber ] • Perguruan Pencak Silat Mutiara Panca Rasa - perguruan yang mempelajari agama Islam serta Ilmu Pencak Silat Aliran Pengian dan Ilmu Pencak Silat Aliran Minangkabau serta Ilmu Pencak Silat Aliran Gerak Pengelat yang dijaga keasliannya walaupun sudah mengalami perubahan sesuai keadaan zaman.

Lampung [ sunting - sunting sumber ] • Pencak Silat Madu Bunga Mayang - Perguruan ini lebih menunjang Akidah Agama dan mementingkan jurus yang membuatnya lebih mematikan dan berasal dari Lampung yang mempunyai kelebihan dalam jurus nya. Silat ini di kembangkan oleh CIk Aman dan dikembangkan lagi oleh Mangku Alam dan Ratu Bangsawan yang bertepatan di rumah Mangku Alam sendiri dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia di Pulau Pulau Sumatra, Kalimantan.

Aliran dan perguruan di luar negeri [ sunting - sunting sumber ] Amerika Serikat [ sunting - sunting sumber ] • Pukulan Pentjak Silat Serak (atau Sera) - ditemukan oleh Pak Sera dari suku Badui dan dikembangkan oleh Mas Roen dan Mas Djoet. Victor de Thouars mengajarkan Pukulan Sera di area Los Angeles • Soempat Silat - didirikan oleh Pak Tisari Majoeki, pengembang tongkat rotan bergaris, yang aliran silat keturunannya dilanjutkan oleh Maha Guru "Pak Vic" Victor de Thouars • ODF Silat - didirikan oleh Maha Guru "Pak Vic" de Thouars, dibangun untuk Hukum Pelaksanaan, khususnya serangan langsung dari pisau terbuka • Tongkat Silat - didirikan Maha Guru "Pak Vic" de Thouars pada 1957, dengan pengaruh Silat Soempat dan Serak (Sera) • Bukti Negara - aliran modern dan modifikasi Sera yang didesain oleh keturunan pemilik Sera, Pendekar Paul de Thouars.

Nama Bukti Negara berarti "pemberian kepada bangsa," merefleksikan rasa terima kasih Pendekar Paul de Thouars pada Amerika Serikat semua yang diberikannya. Karena banyak pembatasan sistem induk Sera, Pendekar de Thouars memodifikasi Sera untuk membentuk Bukti Negara agar metampakkan bertambahnya perasaan pada seni • Kuntao Silat - menggabungkan Kuntao dan Silat, seperti diajarkan Pendekar Willem de Thouars • Pukulan Cimande Pusaka - aliran Silat Cimande yang diturunkan dari Mas Jut, diajarkan oleh Pendekar William Sanders.

Aliran ini termasuk seni asli Embah Kajir (Kahir) dari desa Tarik Kolot • Persatuan Pencak Silat Inti Ombak - aliran pencak silat Madura dan Mataram (Yogyakarta), dan di lestarikan oleh Guru Daniel Prasetya yang juga merupakan saudara sepadepokan dengan Pusaka Sakti Mataram lakutama Eropa [ sunting - sunting sumber ] • Perisai Diri • Perguruan silat terbesar di indonesia Cimande yang tersebar di Prancis, Belanda dan Belgium • Gerak Ilham • Saudara Kaum di Perancis, mengajarkan silat Minangkabau dan silat dari Tanah Sunda • Pandeka Perguruan silat terbesar di indonesia G=Sentak di Austria, mengajarkan silat dari Minangkabau Filipina [ sunting - sunting sumber ] • Maphilindo Silat – aliran silat yang didirikan oleh Dan Inosanto untuk menghormati guru silatnya.

Terdiri dari aliran silat Malaysia, Filipina, dan Indonesia.

perguruan silat terbesar di indonesia

Malaysia [ sunting - sunting sumber ] Semenanjung Malaysia • Gayung Malaysia - salah satu dari 4 perguruan silat terbesar yang memiliki reputasi di Malaysia • Silat Cekak – merupakan tipe silat bertahan, sebab memakai 99% teknik bertahan dan hanya 1% teknik menyerang.

Merupakan salah satu dari 4 padepokan silat terbesar yang memiliki reputasi di Malaysia • Silat Lincah - salah satu dari 4 padepokan silat terbesar yang memiliki reputasi di Malaysia Sarawak • Pencak Silat Melayu Asli (PSMA) Spring12 - Sebelum Merdeka dikenali sebagai Pencak Silat Melayu Asli. Terdiri daripada 6 Peringkat latihan yang diasaskan oleh Arwah Guru Bojeng Bin Sham yang menuntut dari pakciknya iaitu HJ Jeraei.

Hj Jeraei belajar di Kampung Dagang Sambas, Kalimantan Indonesia dan merupakan anak murid harapan Guru Wanita tersebut. Sekarang PSMA Spring12 telah mempunyai hampir 20,000 orang ahli di seluruh Sarawak. Thailand [ sunting - sunting sumber ] • Seni Gayung Fatani – aliran silat Malaysia berasal dari Provinsi Pattani di Thailand Selatan. Salah satu dari 4 perguruan silat terbesar yang memiliki reputasi di Malaysia Timor Leste [ sunting - sunting sumber ] • Kmanek Oan Rai Klaran (KORK)- ditemukan oleh Pak Jose dos Santos "Naimori" Bucar di suco Suro distrik Ainaro, diresmikan secara nasional sebagai organisasi pencak silat pada tahun 2001.

Referensi [ sunting - sunting sumber ] • ^ "Perguruan Seni Bela Diri Silat BS Melati Cabang Jember". Kerikil Berlumut. Diakses tanggal 2018-02-17.

• ^ Silat Pandan Alas [ pranala nonaktif permanen] • ^ 12 Warga Asing Perguruan silat terbesar di indonesia Silat Kuno Minangkabau VIVAnews, 29 Agustus 2013. Diakses 3 Desember 2013. • ^ Kumango, Silat Leluhur dari Minangkabau Liputan6.com, 3 Juni 2012. Diakses 3 Desember 2013. Pranala luar [ sunting - sunting sumber ] • (Indonesia) Situs web Silat Indonesia • (Indonesia) Situs web Sahabat Indonesia • (Indonesia) Melayu Online: Silat Kumango Diarsipkan 2013-12-03 di Wayback Machine.

Kategori tersembunyi: • Artikel dengan pranala luar nonaktif • Artikel dengan pranala luar nonaktif permanen • Artikel yang perlu diperbaiki • Artikel yang membutuhkan perubahan gaya penulisan • Artikel dengan pernyataan yang tidak disertai rujukan • Artikel dengan pernyataan yang tidak disertai rujukan April 2022 • Templat webarchive tautan wayback • Halaman ini terakhir diubah pada 10 April 2022, pukul 06.10. • Teks tersedia di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa; ketentuan tambahan mungkin berlaku.

Lihat Ketentuan Penggunaan untuk lebih jelasnya. • Kebijakan privasi • Tentang Wikipedia • Penyangkalan • Tampilan seluler • Pengembang • Statistik • Pernyataan kuki • •
KOMPAS.com - Pencak silat adalah olahraga asli Indonesia yang diakui secara internasional. Pencak silat bahkan perguruan silat terbesar di indonesia salah satu cabang olahraga pada Asian Games 2018 di Indonesia. Sejatinya, pencak silat juga dipertandingkan dalam SEA Games sejak tahun 1987, tepatnya SEA Games edisi ke-14.

Induk organisasi pencak silat adalah Ikatan Pencak Silat Indonesia ( IPSI). IPSI sudah didirikan sejak 18 Mei 1984 di Surakarta, Jawa Tengah. Saat ini, Ketua Umum IPSI adalah Letjen TNI (Purn.) Prabowo Subianto. Dalam catatan IPSI, setidaknya ada 840 lebih perguruan pencak silat di Tanah Air. 10 perguruan di antaranya: Baca juga: Ragam Tendangan dalam Pencak Silat • Phashadja Mataram Phashadja Mataram didirkan oleh K.R.T.

Soetardjonegoro pada tanggal 20 Oktober 1950 di Yogyakarta. Nama Phashadja apabila diurai yaitu Pha dari phasa atau puasa, Sha dari shanjata atau senjata, dan Dja dari djumedul atau timbul, mengandung makna keluarnya senjata melalui sarana puasa. Sehingga, murid-murid Phashadja Mataram selain digembleng fisik juga ketika kenaikan tingkat harus lulus riyadhoh puasa dan sholat malam. • Persaudaraan Setia Hati Pencak Setia Hati diciptakan oleh Ki Ngabehi Soerodiwirjo pada tahun 1903 di daerah Tambak Gringsing, Surabaya, Jawa Timur.

Baca juga: 8 Jenis Teknik Kuncian dalam Pencak Silat Saat itu, diberi nama permainan pencak Djojo Gendilo Tjipto Moeljo dengan nama perkumpulannya Sedoeloer Toenggal Ketjer.1. PSHT (Persaudaraan Setia Hati Terate) Pada tahun 1903, bertempat di Kampung Tambak Gringsing, Surabaya, Ki Ngabeni Surodiwirjo membentuk persaudaraan yang anggota keluarganya disebut “Sedulur Tunggal Ketjer”, sedangkan permainan Pencak silatnya disebut “Djojo Gendilo” Tahun 1912, Ki Ngabeni Surodiwirjo berhenti bekerja karrena merasa kecewa disebabkan seringkali atasannya tidak menepati janji.

Selain itu suasana mulai tidak menyenangkan karena pemeintah Hindia Belanda menaruh curiga; mengingat beliau pernah melempar seorang pelaut Belanda ke sungai dan beliau telah membentuk perkumpulan Pencak silat sebagai alat pembela diri, ditambah pula beliau adalah seorang pemberani, Pemerintah Hindia Belanda mulai kwatir, beliau akan mampu membentuk kekuatan bangsa Indonesia dan menentang mereka.

Setelah keluar dari pekerjaannya, beliau pergi ke Tegal. Tahun 1914, Ki Ngabehi Surodiwirjo kembali ke Surabaya dan bekerja di Djawatan Kereta Api Kalimas, dan tahun 1915 pindah ke bengkel Kereta Api Madiun. Disini beliau mengaktifkan lagi Persaudaraan yang telah dibentuk di Surabaya, yaitu “Sedulur Tunggal Ketjer”, hanya pencak silatnya sekarang disebut “Djojo Gendilo Tjipto Muljo”. Sedangkan pada tahun 1917, nama – nama tersebut disesuaikan denngan keadaan zaman diganti menjadi nama “Perssaudaan Setia Hati” Ki Hadjar Hardjo Oetomo Salah satu murud Ki Ngabehi Surodiwirjo yang militan dan cukup tangguh, yaitu Ki Hadjar Hardjo Oetomo mempunyai pendapat perlunya suatu organisasi untuk mengatur dan menertibkan personil maupun materi pelajaran Setia Hati, untuk itu beliau meohon doa restu kepada Ki Ngabehi Surodiwirjo.

Ki Ngabehi Surodiwirjo memberi doa restu atas maksud tersebut., karena menurut pendapat beliau hal – hal seperti itu adalah tugas dan kewajiban anak muridnya, sedangkan tugas beliau hanyalah “menurunkan ilmu SH”. Selain itu Ki Ngabehi Surodiwirjo berpesan kepada Ki Hadjar Hardjo Oetomo agar jangan memakai nama SH dahulu.

Setelah mendapat ijin dari Ki Ngabehi Surodiwirjo, Ki Hadjar Hardjo Oetomo pada tahun 1922 mengembangkan ilmu SH dengan nama Pencak silat Club (P. S. C). Karena Ki hadjar Hardjo Oetomo adalah orang SH, dan ilmu yang diajarkan adalah ilmu SH, maka lama – kelamaan beliau merasa kurang sreg mengembangkan ilmu SH dengan memakai nama lain, bukan nama SH. Kembali beliau menghadap Ki Ngabehi Surodiwirjo menyampaikan uneg – unegnya tersebut dan sekalian mohon untuk diperkenankan memakai nama SH dalam perguruannya.

Oleh Ki Ngabehi Surodiwirjo maksud beliau direstui, dengan pesan jangan memakai nama SH saja, agar ada bedanya. Maka Pencak silat Club oleh Ki Hadjar Hardjo Oetomo diganti dengan nama “SETIA HATI MUDA” (S. H. M). Perguruan silat terbesar di indonesia Ki Hadjar Hardjo Oetomo Sebagai Perintis Kemerdekaan Ki Hadjar Hardjo Oetomo mengembangkan ilmu SH di beberapa perguruan yang ada pada waktu antara lain perguruan Taman Siswo, Perguruan Boedi Oetomo dan lain – lain.

Dalam mengajarkan ilmu SH beliau perguruan silat terbesar di indonesia adalah menamakan suatu sikap hidup, ialah “kita tidak mau menindas orang lain dan tidak mau ditindas oleh orang lain”. Walaupun pada waktu itu setiap mengadakan latihan tidak bisa berjalan lancar, karena apabila ada patroli Belanda lewat mereka segera bersembunyi; tetapi dengan dasar sikap hidup tersebut murid – murid beliau akhirnya menjadi pendekar – pendekar bangsa yang gagah berani dan menentang penjajah kolonialisme Belanda.

Dibandingkan keadaan latihan masa lalu yang berbeda dengan keadaan latihan saat ini, seharusnya murid – murid SH lebih baik mutu dan segalanya dari pada murid – murid SH yang lalu. Melihat sepak terjang murid – murid Ki Hadjar Hardjo Oetomo yang dipandang cukup membahayakan, maka Belanda segera menangkap Ki Hadjar Hardjo Oetomo bersama beberapa orang muridnya, dan selanjutnya dibuang ke Digul.

Pembuangan Ki Hadjar Hadjo Oetomo ke Digul berlangsung sampai dua kali, karena tidak jera – jeranya beliau mengobarkan semangat perlawanan menentang penjajah. Selain membuang Ki Hadjar hardjo Oetomo ke Digul, Pemerintah Hindia Belanda yang terkenal dengan caranya yang licik telah berusaha memolitisir SH Muda dengan menjuluki SHM bukan SH Muda, melainkan SH Merah; Merah disini maksudnya adalah Komunis.

Dengan demikian pemerintah Belanda berusaha menyudutkan SH dengan harapan SH ditakuti dan dibenci oleh masyarakat dan bangsa Indonesia. Menanggapi sikap penjajah Belanda yang memolitisir nama SH Muda dengan nama SH Merah, maka Ki Hadjar Hardjo Oetomo segera merubah nama SH Muda menjadi “Persaudaan Setia Hati Terate” hingga sampai sekarang ini. Melihat jasa – jasa Ki Hadjar Hardjo Oetomo tersebut, maka pemerintah Indonesia mengakui beliau sebagai “Pahlawan Perintis Kemerdekaan”dan memberikan uang pensiun setiap bulan sebesar Rp.

50.000,00 yang diterimakan kepada isteri beliau semasa masih hidup. Setelah meninggal dunia, beliau dimakamkan di makam “Pilangbango”, yang terlatak di sebelah Timur Kotamadya Madiun, dari Terminal Madiun menuju ke arah Timur. Beliau mempunyai 2 (dua) orang putra, yaitu seorang putri yang diperisteri oleh bapak Gunawan, dan Seorang putra yang bernama bapak “Harsono” sekarang berkediaman di jalan Pemuda no.

17 Surabaya. Ibu Hardjo Oetomo meninggal pada bulan September 1986 di tempat kediamannya, di desa Pilangbango Madiun. Rumah beliau, oleh Bapak Harsono dihibahkan kepada Persaudaraan Setia Hati Terate pada akhir tahun 1987 dengan harga Rp. 12,5 juta. Rencana Pengurus Pusat, bekas rumah kediaman pendiri Persaudaraan SH Terate tersebut akan dipugar menjadi “Museum SH Terate” agar generasi penerus bisa menyaksikan peninggalan pendahulu – pendahulu kita sejak berdiri sampai dengan perkembangannya saat ini.

Akhir kata, sebelum kita menutup bacaan ini sebagai rasa hormat dan rasa kasih kita terhadap beliau berdua, marilah kita berdoa dalam bahasa kita masing – masing. Empat Tingkatan Ban / Sabuk Untuk Jenjang Siswa Sbb : 1.

perguruan silat terbesar di indonesia

Ban / Sabuk Tingkat Polos (Hitam) 2. Ban / Sabuk Tingkat Jambon ( Merah Muda ) 3. Ban / Sabuk Tingkat Hijau 4. Ban / Sabuk Tingkat Putih Kecil 2.IKS PI Kera Sakti Perguruan IKS PI Kera Sakti yang berpusat di Madiun Jawa Timur ini merupakan perguruan beladiri beraliran kung fu untuk gerakan beladirinya tetapi untuk kerohaniannya lebih cenderung ke Banten dan ulama Jawa. Berdiri pada tanggal 15 Januari 1980 perguruan silat terbesar di indonesia Jl.

Merpati No. 45, Kelurahan Nambangan Lor, Kecamatan Mangunharjo, Kodya Madiun oleh bapak R Totong Kiemdarto dengan gerakan beladiri kung fu aliran utara dan selatan yang dipelajarinya dari pendekar aliran kung fu China yang ada di Indonesia.

Adapun nama dari perguruan ini semula adalah IKS PI (Ikatan Keluarga Silat "Putra Indonesia) tetapi ketika perguruan mulai berkembang diberi nama tambahan "Kera Sakti" dibelakangnya. Hal ini adalah karena masyarakat maupun murid-murid perguruan ini lebih mengenal nama jurus perguruan yaitu teknik jurus keranya daripada nama asli perguruan. Untuk itu selanjutnya dalam memudahkan pencarian identitas perguruan sekaligus secara tidak langsung menambah wibawa nama perguruan maka disebutlah IKS PI Kera Sakti.

Bapak Totong Kiemdarto lahir pada tanggal 20 Oktober 1953 di Madiun. Sebagai pendiri sekaligus guru besarnya, ia mengajarkan pelajaran silat monyet dan kerohanian untuk memantapkan fisik dan iman siswa dan siswi yang selaras dengan tujuan pembangunan nasional yaitu mewujudkan manusia Indonesia seutuhnya, yang sehat lahir maupun batin dan berjiwa pancasila. Pada mulanya perguruan ini hanya dikenal di lingkungan masyarakat desa Nambangan Lor saja tetapi pada sekitar 1983 beberapa murid angkatan I dan II mulaimengembangkan ajaran perguruan di beberapa tempat, yaitu SMAN 3 Madiun, Lanuma Iswahyudi dan Dempel.

Baru kemudian menyusul berkembang ditempat lain yang tidak saja di wilayah eks Karesidenan Madiun tetapi juga diluar Madiun. Didalam metode latihan IKS PI Kera Sakti terdapat 5 tahapan penting untuk mencapai tingkatan tertinggi,yaitu: I. Tingkat Dasar I Sabuk Hitam II. Tingkat Dasar II Sabuk Kuning III. Warga Tingkat I Sabuk Biru IV. Warga Tingkat II Sabuk Merah V. Warga Tingkat III Sabuk Merah Strip Emas 3.Perisai Diri Pak Dirdjo (panggilan akrab RM Soebandiman Dirdjoatmodjo) lahir di Yogyakarta pada tanggal 8 Januari 1913 di lingkungan Keraton Paku Alam.

Beliau adalah putra pertama dari RM Pakoe Soedirdjo, buyut dari Paku Alam II. Sejak berusia 9 tahun beliau telah dapat menguasai ilmu Pencak silat yang ada di lingkungan keraton sehingga mendapat kepercayaan untuk melatih teman-temannya di lingkungan daerah Paku Alaman.

Di samping Pencak silat beliau juga belajar menari di Istana Paku Alam sehingga berteman dengan Wasi dan Bagong Kusudiardjo. Pak Dirdjo yang pada masa kecilnya dipanggil dengan nama Soebandiman atau Bandiman oleh teman-temannya ini, merasa belum puas dengan ilmu silat yang telah didapatkannya di lingkungan istana Paku Alaman itu.

Karena ingin meningkatkan kemampuan ilmu silatnya, setamat HIK (Hollands Inlandsche Kweekschool) atau sekolah menengah pendidikan guru setingkat SMP, beliau meninggalkan Yogyakarta untuk merantau tanpa membawa bekal apapun dengan berjalan kaki. Tempat yang dikunjunginya pertama adalah Jombang, Jawa Timur. Di sana beliau belajar silat pada KH Hasan Basri, sedangkan pengetahuan agama dan lainnya diperoleh dari Pondok Pesantren Tebuireng. Di samping belajar, beliau juga bekerja di Pabrik Gula Peterongan untuk membiayai keperluan hidupnya.

Setelah menjalani gemblengan keras dengan lancar dan dirasa cukup, beliau kembali ke barat. Sampai di Solo beliau belajar silat pada Sayid Sahab. Beliau juga belajar kanuragan pada kakeknya, Ki Jogosurasmo.

Tekadnya untuk menggabungkan dan mengolah berbagai ilmu yang dipelajarinya membuat beliau tidak bosan-bosan menimba ilmu. Berpindah guru baginya berarti mempelajari hal yang baru dan menambah ilmu yang dirasakannya kurang. Beliau yakin, bila segala sesuatu dikerjakan dengan baik dan didasari niat yang baik, maka Tuhan akan menuntun untuk mencapai cita-citanya.

Beliau pun mulai meramu ilmu silat sendiri. Pak Dirdjo lalu menetap di Parakan, Banyumas, dan membuka perguruan silat dengan nama Eko Kalbu, yang berarti satu hati.

Di tengah kesibukan melatih, beliau bertemu dengan seorang pendekar Tionghoa yang beraliran beladiri Siauw Liem Sie (Shaolinshi), Yap Kie San namanya. Yap Kie San adalah salah seorang cucu murid Louw Djing Tie dari Hoo Tik Tjay. Menurut catatan sejarah, Louw Djing Tie merupakan seorang pendekar legendaris dalam dunia persilatan, baik di Tiongkok maupun di Indonesia, dan salah satu tokoh utama pembawa beladiri kungfu dari Tiongkok ke Indonesia.

Dalam dunia persilatan, Louw Djing Tie dijuluki sebagai Si Garuda Emas dari Siauw Liem Pay. Saat ini murid-murid penerus Louw Djing Tie di Indonesia mendirikan perguruan kungfu Garuda Emas. Pak Dirdjo yang untuk menuntut suatu ilmu tidak memandang usia dan suku bangsa lalu mempelajari ilmu beladiri yang berasal dari biara Siauw Liem (Shaolin) ini dari Yap Kie San selama 14 tahun. Beliau diterima sebagai murid bukan dengan cara biasa tetapi melalui pertarungan persahabatan dengan murid Yap Kie San.

Melihat bakat Pak Dirdjo, Yap Kie San tergerak hatinya untuk menerimanya sebagai murid. Setelah puas merantau, beliau kembali ke tanah kelahirannya, Yogyakarta. Ki Hajar Dewantoro (Bapak Pendidikan) yang masih Pakde-nya, meminta Pak Dirdjo mengajar silat di lingkungan Perguruan Taman Siswa di Wirogunan. Di tengah kesibukannya mengajar silat di Taman Siswa, Pak Dirdjo mendapatkan pekerjaan sebagai Magazijn Meester di Pabrik Gula Plered.

Pada tahun 1947 di Yogyakarta, Pak Dirdjo diangkat menjadi Pegawai Negeri pada Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Seksi Pencak silat, yang dikepalai oleh Mochammad Djoemali. Berdasarkan misi yang diembannya untuk mengembangkan Pencak silat, Pak Dirdjo membuka kursus silat melalui dinas untuk umum.

Beliau juga diminta untuk mengajar di Himpunan Siswa Budaya, sebuah unit kegiatan mahasiswa UGM (Universitas Gadjah Mada). Murid-muridnya adalah para mahasiswa UGM pada awal-awal berdirinya kampus tersebut. Pak Dirdjo juga membuka kursus silat di kantornya. Beberapa murid Pak Dirdjo saat itu di antaranya adalah Ir Dalmono yang saat ini berada di Rusia, Prof Dr Suyono Hadi (dosen Universitas Padjadjaran Bandung), dan Bambang Mujiono Probokusumo yang di kalangan Pencak silat dikenal dengan nama panggilan Mas Wuk.

Tahun 1954 Pak Dirdjo diperbantukan ke Kantor Kebudayaan Provinsi Jawa Timur, Urusan Pencak silat. Murid-murid beliau di Yogyakarta, baik yang berlatih di UGM maupun di luar UGM, bergabung menjadi satu dalam wadah HPPSI (Himpunan Penggemar Pencak silat Indonesia) yang diketuai oleh Ir Dalmono. Perguruan silat terbesar di indonesia 1955 beliau resmi pindah dinas ke Kota Surabaya.

Dengan tugas yang sama, yakni mengembangkan dan menyebarluaskan Pencak silat sebagai budaya bangsa Indonesia, Pak Dirdjo membuka kursus silat yang diadakan di Kantor Kebudayaan Provinsi Jawa Timur, Surabaya. Dengan dibantu oleh Imam Romelan, beliau mendirikan kursus silat PERISAI DIRI pada tanggal 2 Juli 1955. Para muridnya di Yogyakarta pun kemudian menyesuaikan diri menamakan himpunan mereka sebagai silat Perisai Diri. Di sisi lain, murid-murid perguruan silat Eko Kalbu yang pernah didirikan oleh Pak Dirdjo masih berhubungan dengan beliau.

Mereka tersebar di kawasan Banyumas, Purworejo dan Yogyakarta. Hanya saja perguruan ini kemudian memang tidak berkembang, namun melebur dengan sendirinya ke Perisai Diri, sama seperti HPPSI di Yogyakarta.

Satu guru menjadikan peleburan perguruan ini menjadi mudah. Pengalaman yang diperoleh selama merantau dan ilmu silat Siauw Liem Sie yang dikuasainya kemudian dicurahkannya dalam bentuk teknik yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anatomi tubuh manusia, tanpa ada unsur memperkosa gerak.

Semuanya berjalan secara alami dan dapat dibuktikan secara ilmiah. Dengan motto "Pandai Silat Tanpa Cedera", Perisai Diri diterima oleh berbagai lapisan masyarakat untuk dipelajari sebagai ilmu beladiri. Pada tahun 1969, Dr Suparjono, SH, MSi (Ketua Dewan Pendekar periode yang lalu) menjadi staf Bidang Musyawarah PB PON VII di Surabaya. Dengan inspirasi dari AD/ART organisasi-organisasi di KONI Pusat yang sudah ada, Suparjono bersama Bambang Mujiono Probokusumo, Totok Sumantoro, Mondo Satrio dan anggota Dewan Pendekar lainnya pada tahun 1970 menyusun AD/ART Perisai Diri dan nama lengkap organisasi Perisai Diri disetujui menjadi Keluarga Silat Nasional Indonesia PERISAI DIRI yang disingkat Kelatnas Indonesia PERISAI DIRI.

Dimusyawarahkan juga mengenai pakaian seragam silat Perisai Diri yang baku, yang mana sebelumnya berwarna hitam dirubah menjadi putih dengan atribut tingkatan yang berubah beberapa kali hingga terakhir seperti yang dipakai saat ini.

Lambang Perisai Diri juga dibuat dari hasil usulan Suparjono, Both Sudargo dan Bambang Priyokuncoro, yang kemudian disempurnakan dan dilengkapi oleh Pak Dirdjo. Tanggal 9 Mei 1983, RM Soebandiman Dirdjoatmodjo berpulang menghadap Sang Pencipta. Tanggung jawab untuk melanjutkan teknik dan pelatihan silat Perisai Diri beralih kepada para murid-muridnya yang kini telah menyebar ke seluruh pelosok tanah air dan beberapa negara di Eropa, Amerika dan Australia. Dengan di bawah koordinasi Ir Nanang Soemindarto sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat, saat ini Kelatnas Indonesia Perisai Diri memiliki cabang hampir di setiap provinsi di Indonesia serta memiliki komisariat di 10 negara lain.

Untuk menghargai jasanya, pada tahun 1986 pemerintah Republik Indonesia menganugerahkan gelar Pendekar Purna Utama bagi RM Soebandiman Dirdjoatmodjo. 4.Merpati Putih Merpati putih (MP) merupakan warisan budaya peninggalan nenek moyang Indonesia yang pada awalnya merupakan ilmu keluarga Keraton yang diwariskan secara turun-temurun yang pada akhirnya atas wasiat Sang Guru ilmu Merpati Putih diperkenankan dan disebarluaskan dengan maksud untuk ditumbuhkembangkan agar berguna bagi negara.

Awalnya aliran ini dimiliki oleh Sampeyan Dalem Inkang Sinuhun Kanjeng Susuhunan Pangeran Prabu Mangkurat Ingkang Jumeneng Ing Kartosuro kemudian ke BPH Adiwidjojo (Grat I). Lalu setelah Grat ke tiga, R. Ay. Djojoredjoso ilmu yang diturunkan dipecah menurut spesialisasinya sendiri-sendiri, seni beladiri ini mempunyai dua saudara lainnya. yaitu bergelar Gagak Samudro dan Gagak Seto. Gagak Samudro diwariskan ilmu peng obatan, sedangkan Gagak Seto ilmu sastra.

Dan untuk seni beladiri diturunkan kepada Gagak Handoko (Grat IV). Dari Gagak Handoko inilah akhirnya turun temurun ke Mas Saring lalu Mas Poeng dan Mas Budi menjadi PPS Betako Merpati Putih. Hingga kini, kedua saudara seperguruan lainnya tersebut tidak pernah diketahui keberadaan ilmunya dan masih tetap dicari hingga saat ini ditiap daerah di tanah air guna menyatukannya kembali.

Pada awalnya ilmu beladiri Pencak silat ini hanya khusus diajarkan kepada Komando Pasukan Khusus ditiap kesatuan ABRI dan Polisi serta Pasukan Pengawalan Kepresidenan (Paspampres). Didirikan pada tanggal 2 April 1963 di Yogyakarta, mempunyai kurang lebih 85 cabang dalam negeri dan 4 cabang luar negeri dengan jumlah kolat (kelompok latihan) sebanyak 415 buah (menurut data tahun 1993 yang tersebar di seluruh Nusantara dan saat ini mempunyai anggota sebanyak kurang lebih dua setengah juta orang lulusan serta yang masih aktif sekitar 100 ribu orang dan tersebar di seluruh Indonesia Sang Guru Merpati Putih adalah Bapak Saring Hadi Poernomo, sedangkan pendiri Perguruan dan Guru Besar sekaligus pewaris ilmu adalah Purwoto Hadi Purnomo (Mas Poeng) dan Budi Santoso Hadi Purnomo (Mas Budi) sebagai Guru Besar terakhir yaitu generasi ke sebelas (Grat XI).

Tingkatan dan Latihan Ada dua belas tingkatan di dalam PPS Betako Merpati Putih ini. Tingkatan-tingkatan dalam PPS Betako Merpati Putih dimulai dengan: Tingkat Dasar I, tingkatan pertama masih berstatus calon anggota, walaupun telah berseragam baju atau kaos berwarna putih, celana hitam, kerah baju merah dengan label nama diri di dada namun sabuk masih putih polos.

Tingkat Dasar II, tingkatan kedua dan seterusnya telah memakai seragam anggota tanpa nama diri dengan lambang IPSI dan lambang Merpati Putih di dada serta bersabuk merah polos.

Tingkat Balik I, sabuk merah (tanpa strip) dengan lambang Merpati Putih di salah satu ujungnya. Tingkat Balik II, sabuk merah dengan lambang Merpati Putih dan berstrip merah di salah satu ujungnya.

Tingkat Kombinasi I, sabuk merah dengan lambang Merpati Putih dan berstrip jingga di salah satu ujungnya. Tingkat Kombinasi II, sabuk merah dengan lambang Merpati Putih dan berstrip kuning di salah satu ujungnya. Perguruan silat terbesar di indonesia Khusus I (Khusus Tangan), sabuk merah dengan lambang Merpati Putih dan berstrip hijau di salah satu ujungnya.

Tingkat Khusus II (Khusus Kaki), sabuk merah dengan lambang Merpati Putih dan berstrip biru di salah satu ujungnya. Tingkat Khusus III (Khusus Badan), sabuk merah dengan lambang Merpati Putih dan berstrip nila di salah satu ujungnya.

Tingkat Penyegaran, sabuk merah dengan lambang Merpati Putih dan berstrip ungu di salah satu ujungnya. Tingkat Inti I, sabuk merah dengan lambang Merpati Putih dan berstrip putih di salah satu ujungnya.

Tingkat Inti II, sabuk merah dengan lambang Merpati Putih dan berstrip merah dan putih di salah satu ujungnya. Para anggota berlatih paling tidak dua kali dalam seminggu di suatu Kelompok Latihan atau biasa disebut Kolat. Setiap kali latihan memakan waktu sekitar kurang-lebih dua jam.

Pada tiap tahun, yaitu tepatnya setiap Tahun Baru 1 Suro atau 1 Muharam, seluruh anggota dari Sabang sampai Merauke diperbolehkan mengikuti dan berkumpul bersama-sama anggota lainnya di Yogyakarta, tepatnya di pantai Parang Kusumo untuk latihan bersama dari semua Tingkatan. Juga diadakan Napak Tilas di daerah Bukit Manoreh. Acara ini sudah merupakan tradisi di dalam perguruan Pencak silat ini yang berguna untuk mengetahui dan dapat bertukar pikiran antar anggota satu dengan anggota lainnya.

Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) pada tiap tingkatan dibedakan berdasarkan wilayah. Pada tingkat Dasar I hingga Balik II dilaksanakan di Cabang (Pengcab). Pada UKT Tingkat Perguruan silat terbesar di indonesia I menuju Kombinasi II dilaksanakan di Daerah (Pengda). Sedangkan UKT untuk tingkat Kombinasi 2 keatas dilaksanakan di Pusat (Parangkusumo, Yogyakarta) baik anggota dalam negeri perguruan silat terbesar di indonesia luar negeri.

5.Tapak Suci Putra Muhammadiyah Sebelum kelahiran Tapak Suci Tahun 1872, di Banjarnegara lahir seorang putera dari KH.Syuhada, yang kemudian diberi nama Ibrahim. Ibrahim kecil memiliki karakter yang berani dan tangguh sehingga disegani oleh kawan-kawannya. Ibrahim belajar pencak dan kelak menginjak usia remaja telah menunjukkan ketangkasan Pencak silat.

Setelah menjadi buronan Belanda, Ibrahim berkelana hingga sampai ke Betawi, dan selanjutnya ke Tanah Suci. Sekembalinya dari Tanah Suci, menikah dengan puteri KH.Ali.

Ibrahim kemudian mendirikan Pondok Pesantren Binorong di Banjarnegara. Sepulang dari ibadah haji, Ibrahim masih menjadi buronan Belanda, sehingga kemudian berganti nama menjadi KH.Busyro Syuhada.

Pondok Pesantren Binorong, berkembang pesat, di antara santri-santrinya antara lain : Achyat adik misan Ibrahim, M. Yasin adik kandung dan Soedirman, yang kelak menjadi Jenderal Besar. Tahun 1921 dalam konferensi Pemuda Muhammadiyah di Yogyakarta, KH. Busyro bertemu pertama kali dengan dua kakak beradik ; A.Dimyati dan M.Wahib.

Diawali dengan adu kaweruh antara M.Wahib dengan Achyat (kelak berganti nama menjadi H. Burhan), selanjutnya kedua kakak beradik ini mengangkat KH. Busyro sebagai Guru.

KH. Busyro Syuhada kemudian pindah dan menetap di Yogyakarta sehingga aliran Pencak silat Banjaran, yang pada awalnya dikembangkan melalui Pondok Pesantren Binorong kemudian dikembangkan di Kauman, Yogyakarta. Atas restu Pendekar Besar KH. Busyro, A. Dimyati dan M.Wahib diizinkan untuk membuka perguruan dan menerima murid. Tahun 1925 dibukalah Perguruan Pencak silat di Kauman, terkenal dengan nama Cikauman. Perguruan Cikauman, dipimpin langsung oleh Pendekar Besar M.

Wahib dan Pendekar Besar A. Dimyati. Tersebutlah M. Syamsuddin, murid Cikauman yang dinyatakan berhasil dan lulus, diizinkan untuk menerima murid dan mendirikan Perguruan Seranoman.

Perguruan Seranoman melahirkan seorang Pendekar Muda M. Zahid yang mempunyai seorang murid andalan bernama Moh. Barrie Irsyad. Pendekar Moh. Barrie Irsyad, sebagai murid angkatan ke-6 yang telah dinyatakan lulus dalam menjalani penggemblengan oleh Pendekar M.

Zahid, M. Syamsuddin, M. Wahib dan A. Dimyati. Kemudian mendirikan Perguruan KASEGU. Kasegu, merupakan senjata khas yang berlafal Muhammad yang diciptakan oleh Pendekar Moh. Barrie Irsyad. Kelahiran Tapak Suci Atas desakan murid-murid Perguruan Kasegu kepada Pendekar Moh. Barrie Irsyad, untuk mendirikan satu perguruan yang mengabungkan perguruan yang sejalur (Cikauman, Seranoman dan Kesegu).

PERGURUAN TAPAK SUCI berdiri pada tanggal 31 Juli 1963 di Kauman, Yogyakarta. Ketua Umum pertama Tapak Suci adalah H.Djarnawi Hadikusumo. Setelah berdiri Tapak Suci menerima permintaan untuk membuka cabang di daerah-daerah. Secara otomatis TAPAK SUCI menjadi wadah silaturahmi para pendekar yang berada di lingkungan Muhammadiyah. Pada tahun 1964, ketika itu Pimpinan Pusat Muhammadiyah diketuai oleh KH.Ahmad Badawi, Tapak Suci diterima menjadi organisasi otonom Muhammadiyah.

Nama perguruan menjadi Tapak Suci Putera Muhammadiyah, disingkat Tapak Suci. Keluarga I Tapak Suci berdiri di Jawa Timur, lalu disusul di Sumatera Selatan, dan Jakarta.

Kini Tapak Suci telah menyebar ke Singapura, Belanda, Jerman, Austria, dan Mesir. Terdapat tiga kategori tingkatan: Siswa dasar(Kuning Polos) Siswa Satu(Kuning melati cokelat satu) Siswa Dua (Kuning melati cokelat dua) Siswa Tiga(Kuning melati cokelat tiga) Siswa Empat(Kuning melati cokelat empat) Kader dasar(Biru Polos) Kader Muda (Biru Melati Merah Satu) Kader Madya(Biru Melati Merah Dua) Kader Kepala(Biru Melati Merah Tiga) Kader Utama(Biru Melati Merah Empat) Pendekar Muda(Hitam Melati Merah Satu) Pendekar Madya(Hitam Melati Merah Dua) Pendekar Kepala(Hitam Melatih Merah Tiga) Pendekar Utama(Hitam Melati Merah Empat) Pendekar Besar(Hitam Melati Merah Lima) 6.Pagar Nusa Nama lengkap organisasi ini adalah Ikatan Pencak silat Nahdlatul Ulama’ Pagar Nusa disingkat IPSNU Pagar Nusa.

Sedangkan Pagar Nusa sendiri merupakan akronim dari Pagar NU dan Bangsa. IPSNU Pagar Nusa adalah satu - satunya wadah yang sah bagi organisasi pancak silat di lingkungan Nahdlatul Ulama’ berdasarkan keputusan Muktamar. Organisasi ini berstatus perguruan silat terbesar di indonesia milik Nahdlatul Ulama’ yang penyelenggaraan dan pertanggungjawabannya sama sebagaimana lembaga - lembaga NU lainnya. Status resmi kelembagaan inilah yang menjadikan Pagar Nusa wajib dilestarikan dan dikembangkan oleh seluruh warga NU dengan mengecualikan pencak silat atau beladiri lainnya.Segala kegiatan yang berhubungan dengan Pencak silat dan beladiri dengan segenap aspeknya dari fisik sampai mental, dari pendidikan sampai sistem pengamanan dan lain - lain merupakan bidang garapan bagi lembaga ini.

perguruan silat terbesar di indonesia

VISI DAN MISIPagar Nusa ber-Aqidah ala Ahlussunnah wal Jama’ah dengan asas organisasi Pancasila. Pagar Nusa mengusahakan : Berlakunya Ajaran Islam berhaluan Ahlussunnah wal Jama’ah di tengah-tengah kehidupan negar kesatuan Repubil Indonesia yang ber-Pancasila.

Pelestarian, pembinaan, dan pengembangan Pencak silat baik seni, beladiri, mental spiritual, maupun olahraga / kesehatan khususnya di lingkungan NU maupun di lingkungan warga bangsa lain pada umumnya. ANGGOTA Keanggotaan diatur dalam Peraturan Dasar dengan kriteria mudah yaitu warga Nahdlatul Ulama’ : Mulai kanak - kanak sampai sesepuh ( batasan usia ) Dari yang belum mengenal Pencak silat sampai yang mahir ( batasan kemampuan ) Sistem penjenjangan anggota dll, disesuaikan dengan kemampuan, usia, dan kebutuhan Materi Pencak silat.

Materi Pencak silat Pagar Nusa Bakudi susun oleh tim yang terdiri perguruan silat terbesar di indonesia dewan dan sumber lain dari berbagai aliran asli dari seluruh Indonesia seperti Cimande, Cikaret, Cikampek, Cikalong, Minang, Mandar, Mataram, dll. secara sistematis dengan metode modern. Penyusunan jurus baku, baik fisik maupun non fisik dilakukan secara bertahap, memakan waktu bertahun - tahun dan sampai kini masih dilakukan penggalian - penggalian untuk paket selanjutnya. Materi baku telah dilengkapi Buku Panduan bergambar, Kaset, dan VCD, dapat dibeli di bagian perlengkapan pusat.

FISIK BAKU Gerak Dasar Paket Kanak - kanak ( setingkat TK ) Paket I A & B ( setingkat SD ) Paket II A & B ( setingkat SMP ) Paket III A & B ( setingkat SMU ) Paket Beladiri ( setingkat perguruan tinggi ) Pencapaian jurus fisik baku menjadi tolak ukur tingkatan sebagai jenjang latihan. Warna Dasar Badge pada sabuk tingkatan menyesuaikan dengan penjenjangan tersebut.

Pendalaman = Seni Festival, Lomba, dll. = Beladiri Terapan, Keamanan, dll. = Olahraga Pertandingan, Senam Massal, dll. = Kesehatan Pijat, Pernafasan, Obat, dll. = Dan Lain - Lain. NON FISIK BAKU Ijazah Jurus Asma’ul Husna Jurus Taqorrub Pendalaman = Pengisian Badan Langsung / Instan Pengisian Bertahap Sesuai Jurus Pengisian Barang Pengobatan Non Fisik Atraksi Do’a 7.Satria Muda Indonesia Kita sama-sama mendengar dan melihat sejarah bangsa kita berjuang untuk merdeka adalah perjuangan para Pendekar.

Modal yang digunakan salah satunya adalah Ilmu Pencak silat. Oleh sebab itu perlu kiranya kita sebagai penerus kemerdekaan untuk mengembangkan Seni Bela Diri Tradisi bangsa kita yaitu Pencak silat, terutama di sekolah. Agar kiranya Budaya Bangsa Pencak silat ini tidak pernah mati dan selalu mengibarkan semangat juang bagi peserta didik serta memiliki rasa bangga akan Sejarah perjuangan Bangsa. Oleh sebab itu kami Perguruan Pencak silat Satria Muda Indonesia adalah salah satu unsur Organisasi yang dalam pendiriannya mempunyai maksud yang murni untuk turut serta di dalam pelestarian Pencak silat sebagai budaya bangsa serta sebagai wahana dalam menyiapkan ksatria-kastria bangsa dI Negara Republik Indonesia telah membuat sebuah program dalam bentuk latihan Pencak silat dalam program Ekstrakulikuler di sekolah.

Dasar Kegiatan Perguruan Pencak silat Satria Muda berazaskan Pancasila dan berdasarkan UUD 1945 bersifat independent dan tidak terikat kepada salah satu Partai Politik atau Organisasi beraliran politik. Pengertian Satria Muda adalah Pendekar yang kuat lahir dan bathin, pemberani dan Ksatria, bijaksana dan sopan santun, berbudi luhur dan kasih sayang, penuh cinta serta berbakti kepada tanah air dan Tuhan Yang Maha Esa.

Maksud dan Tujuan Tujuan Program Ekstrakulikuler Pencak silat Satria Muda Indonesia : Menghimpun, melestarikan dan mengembangkan aliran seni Budaya Pencak silat Tradisional Indonesia yang berada di Wilayah Nusantara Khususnya di Riau. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan serta meningkatkan mutu dan prestasi Pencak Silat sebagai sarana menempa generasi muda untuk menjadi Pendekar Bangsa khususnya bagi Peserta maupun anak didik yang berada di sekolah-sekolah Yayasan Cendana Propinsi Riau.

Melatih dan mendidik para siswa tentang keilmuan Pencak silat, filosofi Pencak Silat, Semangat Juang Pencak silat, dan mental Pencak silat. Mengembangkan Organisasi Perguruan yang dikelola secara lebih profesional untuk tercapainya kemandirian organisasi, meningkatkan mutu dan prestasi Pencak Silat sebagai jati diri Bangsa yang Tumbuh dan berkembang sesuai perkembangan jaman dan menjadikan Pencak silat Tuan Dinegeri Sendiri sebagai kebanggaan Bangsa Indonesia.

Metode Latihan dan Materi Latihan Metode yang diberikan dalam pelatihan ini bermacam-macam disesuaikan dengan materi yang, beberapa metode itu dapat berupa : Latihan Lapangan ( Peragaan/ Praktek Lapangan ) Ceramah dan Diskusi ; Untuk materi Teknik Kepelatihan Sejarah Silat, Filosofi maupun Patriotisme dan Problem Solving.

Latihan Simulasi / Sparring dan Try Out dll. Materi yang akan diajarkan dalam latihan adalah : Pencak Silat Prestasi, yaitu berupa : Pencak Silat Laga / Tanding Pencak Silat Seni ( Tunggal/ Ganda/ Regu ) Pencak Silat Tradisi, yaitu berupa : Pencak Silat Aliran Kumango, dan Harimau ( dari Sumatera Barat ) Pencak Silat Aliran Cikalong, dan Cimande ( dari Jawa Barat )
Pencak Silat merupakan olahraga bela diri yang memiliki nilai-nilai tradisional khas masyarakat Indonesia.

Pencak Silat tak hanya dikenal dengan keindahan gerakannya, tetapi juga filosofi yang ada dalam setiap gerakannya. Hampir setiap daerah memiliki seni pencak silat dengan perguruan silat yang bermacam-macam. Selain itu, beberapa di antaranya ada yang mempunyai cabang atau peserta dari luar negeri.

Berikut 6 perguruan silat di Indonesia yang sudah berkembang hingga di luar negeri. Baca Juga: Pengamanan Nataru, Polres Lamongan Gandeng Perguruan Silat fornews.co Salah satu perguruan silat terbesar yang ada di Indonesia ialah IKSPI Kera Sakti.

Perguruan ini berpusat di Desa Buduran, Kabupaten Madiun. Gerakan-gerakan yang ada di perguruan ini cukup mirip dengan gerakan kungfu yang ada di Tiongkok. Perguruan ini biasanya mengesahkan ribuan orang setiap empat bulan sekali. Pengesahan tidak hanya dilakukan di pusat padepokan IKSPI Kera Sakti di Madiun, tetapi juga menerapkan pengesahan jarak jauh. Hal ini dilakukan karena perguruan ini memiliki cabang di luar negeri seperti Timor Leste, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Thailand, Korea Selatan, hingga Irlandia.

psht.or.id Perguruan silat terbesar lainnya ialah Persaudaraan Setia Hati Terate. Padepokannya berada di kota Madiun. Perguruan ini mempunyai cabang di 236 kabupaten/kota perguruan silat terbesar di indonesia seluruh Indonesia.

Bahkan, PSHT juga membuka cabang di beberapa negara di luar Indonesia. Dilansir laman resmi PSHT, perguruan ini mempunyai cabang di Belanda, Rusia, Malaysia, Timor Leste, Hongkong, Korea Selatan, Jepang, Belgia, hingga Prancis.

Hal ini menjadikan PSHT sebagai salah satu perguruan silat terbesar di Indonesia. surabaya.bisnis.com Madiun tampaknya menjadi salah satu daerah yang mempunyai keragaman silat yang tinggi. Pasalnya, terdapat 3 perguruan silat besar yang ada di Madiun, yaitu IKSPI Kera Sakti, SH Terate, dan SH Winongo. Meskipun begitu, sejarah menyatakan bahwa pernah terjadi konflik yang cukup panjang di antara ketiga perguruan silat ini. Lanjutkan membaca artikel di bawah Editor’s picks • PR Besar Timnas U-23: Mencari Pengganti Pratama Arhan • Persija Akan Bangun Training Centre di Sawangan • Menilik Performa Ducati di Sirkuit Jerez sejak Berlaga di MotoGP Terlepas dari hal tersebut, ketiganya sama-sama mempunyai cabang di luar negeri.

Untuk SH Winongo, perguruan ini memiliki cabang di beberapa negara Eropa, seperti Prancis dan Belanda. padasuka.id Perguruan silat yang mempunyai nama resmi lkatan Pencak Silat Nahdlatul Ulama (IPS-NU) Pagar Nusa ini dibentuk pada 3 Januari 1986 di Kediri, Jawa Timur. Lahirnya Pagar Nusa sendiri dilatarbelakangi surutnya ilmu beladiri pencak silat yang ada di pesantren.

Perguruan ini memadukan seni bela diri dengan akidah Islam. Pagar Nusa juga memiliki cabang khusus yang ada di Malaysia. Bahkan, Pagar Nusa juga telah melebarkan sayapnya di beberapa negara lainnya seperti Azerbaijan, Austria, Tunisia, Maroko, Mesir, Swiss, dan beberapa negara lainnya.

ppsbetakomerpatiputih.com Merpati Putih merupakan seni bela diri tangan kosong yang alirannya mulai dikenal oleh masyarakat sejak tahun 1550-an. Perguruan ini didirikan pada 2 April 1963 di Yogyakarta. Seiring berjalannya waktu, perguruan silat ini berkembang pesat hingga sekarang dan mempunyai cabang di luar negeri. Beberapa negara yang mempunyai cabang Merpati Putih adalah Belanda, Amerika Serikat, Filipina, dan Jepang. Perguruan ini juga berkembang pesat di daerah Papua, khususnya Mimika.

harianmemokepri.com Perguruan silat lainnya yang mempunyai cabang di luar negeri adalah Perisai Diri. Perguruan silat ini didirikan oleh R. M. Perguruan silat terbesar di indonesia Dirdjoatmodjo pada tanggal 2 Juli 1955 di Surabaya. Beberapa teknik yang menarik di perguruan silat ini adalah teknik Minangkabau, Meliwis, Naga, hingga Harimau. Selain tekniknya yang menarik, Perisai Diri juga mempunyai cabang yang sangat luas.

Bahkan, beberapa cabang di luar negeri dapat kamu temukan di Australia hingga benua Eropa. Nah, itu dia 6 perguruan silat di Indonesia yang sudah melebarkan sayapnya di luar negeri.

Pastinya hal ini membuat masyarakat Indonesia bangga. Semoga keenam perguruan silat ini semakin besar dan dapat memberikan contoh yang baik ya terhadap masyarakat Indonesia. Baca Juga: Latih Tubuh dan Mental, Ini 7 Manfaat Belajar Bela Diri Pencak Silat Berita Terpopuler • Hamas Mulai Bangkit, Menkeu Israel: Ini Semua Kesalahan Netanyahu • 10 Fakta Elon Musk, Orang Terkaya di Dunia yang Baru Membeli Twitter • 10 Potret Liburan Ayu Ting Ting dan Keluarga ke Jogja, Ayah Rozak Hits • 10 Momen Nagita Slavina Masak Makan Malam buat Teman-teman Artisnya • [LINIMASA-5] Perkembangan Terkini Vaksinasi COVID-19 Indonesia • 10 Potret Menawan Arlova, Anak Bungsu Andre Taulany, Beranjak Remaja • Libur Lebaran Usai, Jakarta Kembali Terapkan Ganjil Genap Hari Ini • 10 Mei Hari Lupus Sedunia: Cara Merayakannya • 10 Potret Alternatif Pengganti Sarung Ini Bikin Geleng-geleng Kepala
Diberitakan sebelum nya di situs berita goodnewsfromindonesia.id bahwa Beladiri Tapak Suci sukses memukau hadirin di festival budaya se Asia yang diselenggarakan di Mesir.

Inilah yang jadi alasan ane buat bikin thread mengenai beladiri pencak silat yang jadi kebanggaan asli warga negara Indonesia nih gan. Mohon maaf sebelum nya kalo mungkin ane repost, maklum ane masih nubi yang sedang mencari jati diri untuk perguruan silat terbesar di indonesia di dunia per Kaskus an ini. Aamiin. Menurut sebuah artikel juga disebutkan kalo Pencak Silat yang asli punya orang Indonesia, adalah bela diri tangan kosong terbaik Nomor 2 di dunia.

Nah suatu saat kita bakalan bahas bela diri mana yang jadi peringkat pertama nya ya gan. Berikut ini daftar Perguruan Pencak Silat Terbesar di Indonesia, cekidot gan : • Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Secara administratif mulai dirintis pencatatan jumlah saudara pada tahun 1986. Sehingga jumlah saudara mulai tahun 1986 – 1999 sebanyak 108.267 orang. Dan mungkin masih terus bertambah jumlah nya sampe sekarang gan.

perguruan silat terbesar di indonesia

Untuk menjadi saudara pada Persaudaraan Setia Hati Terate ini, sebelumnya seseorang itu terlebih dahulu harus mengikuti pencak silat dasar yang dimulai dari sabuk hitam, merah muda, hijau dan putih kecil.

Pada tahap ini seseorang tersebut disebut sebagai siswa atau calon saudara.Selama dalam proses latihan pencak silat, seorang pelatih/warga (saudara SH) juga memberikan pelajaran dasar ke-SH-an secara umum kepada para siswa.

Setelah menamatkan pencak silat dasar tersebut, seseorang yang dianggap sebagai warga atau saudara SH adalah apabila ia telah melakukan pengesahan yang dikecer oleh Dewan Pengesahan. Pada Persaudaraan Setia Hati Terate diajarkan 36 jurus pencak silat yang merupakan warisan dari Ki Ngabei Soerodiwirjo di erste trap serta pelajaran ilmu ke-SH-an yang dapat diperoleh pada tingkatan twede trap dan derde trap. Jurus-jurus tersebut merupakan ramuan dari beberapa aliran pencak silat yang berada di nusantara, di antaranya dari Jawa Barat, Betawi (Jakarta), dan Minangkabau.

Khadang SH Terate tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan di beberapa negara seperti Belanda, Perancis, Belgia, Jerman, Amerika Serikat, Australia, Malaysia, Singapura, Vietnam, Brunei Darussalam. • Silat Nasional Perisai Diri (PD) Teknik silat Indonesia yang diciptakan oleh Pak Dirdjo (mendapat penghargaan pemerintah sebagai Pendekar Purna Utama) yang pernah mempelajari lebih dari 150 aliran silat nusantara dan mempelajari aliran kungfu Siauw Liem Sie ( Shaolin) selama 13 tahun.

Teknik praktis dan efektif berdasar pada elakan yang sulit ditangkap dan serangan perlawanan kekuatan maksimum. Saat ini merupakan silat yang paling dikenal dan banyak anggotanya di Australia, Eropa, Jepang dan Amerika Serikat.

• Pencak Silat Organisasi (PO) Bapak Imam Suja'i mendirikan Perguruan Perguruan silat terbesar di indonesia Pencak Organisasi sebagai gerakan "bawah tanah" yang menentang penjajahan. Tepat nya berdiri pada tanggal 27 Agustus 1927 di kota Perguruan silat terbesar di indonesia. Sebelum beliau mendirikan Perguruan Ini, Pak Imam Suja'i telah bergabung di Perguruan Silat "Setia Hati Terate", setelah sekian lama bergabung, lalu beliau menciptakan suatu Perguruan Bela Diri (silat) Pencak Organisasi, Sehingga beberapa jurus-jurus PO mirip dengan SHT, Beliau Telah Memodifikasi dan mengembangkan jurus-jurus SHT dengan pikiran beliau.

Sekarang PO telah berkembang dimana-mana dan meraih prestasi yang membanggakan bangsa indonesia, Dengan pesilat-pesilat yang berkualita PO telah mengharumkan nama bangsa, Sebagai contoh di Sea Games Chiang Mai Thailand.

Pesilat PO mengharumkan nama Indonesia di beberapa kelas yang diperlombakan. • Tapak Suci Putera Muhamadiyah (TS) Perguruan Tapak Suci berdiri pada tanggal 31 Juli 1963 di Kauman, Yogyakarta. Ketua Umum pertama Tapak Suci adalah H.Djarnawi Hadikusumo.Setelah berdiri tapak suci menerima permintaan untuk membuka cabang di daerah-daerah. Secara otomatis tapak suci menjadi wadah silaturahmi para pendekar yang berada di lingkungan Muhammadiyah. Pada tahun 1964, ketika itu Pimpinan Pusat Muhammadiyah diketuai oleh KH.Ahmad Badawi, Tapak Suci diterima menjadi organisasi otonom Muhammadiyah.

Nama perguruan menjadi tapak suci putera muhammadiyah, disingkat TAPAK SUCI. • Pencak Silat Cimande Cimande pada mulanya menggunakan teknik perkelaian dengan jarak jauh, yaitu pesilat mengambil jarak jangkau selepas kaki, jarak ini dimungkinkan untuk dapat mudah menghindari serangan lawan.

Jarak ini menjadi jarak dominan untuk serang balik. Setiap pesilat dalam melakukan serangan harus memperhatikan sikap kaki atau kuda-kuda yang bertujuan untuk menjaga jarak lawan.

Kuda-kuda pipih yang digunakan dapat dengan mudah dipindah-pindah, dan dapat diubah-ubah dalam kecepatan dan frekuensi tinggi. Karena dipastikan lawan akan memberikan serangan jarak dalam bentuk pukulan atau tendangan cepat dan tinggi, untuk mengatasinya maka diperlukan jurus agar pesilat dapat mengimbanginya.

Secara garis besar Comande dibagi dibagi dalam tatanan yaitu: Kelid Cimande, Pepedangan Cimande dan Tepak Selancar. Kelid dan Pepedangan merupakan jurus beladiri, sedangkan Tepak Selancar Jurus Seni (dengan iringan musik gendang pencak). Itulah tadi daftar Perguruan Pencak Silat Terbesar di Indonesia.

Ane dulu sempet gabung di PPS BETAKO (Perguruan Pencak Silat Beladiri Tangan Kosong) Merpati Putih gan. Sayang nya nggak masuk di daftar atas. Mohon maaf kalo trit ane masih berantakan ya agan agan sekalian. Mohon komment nya. Segelas cendol juga akan terasa menyegarkan. Sumur nya klik di mari gan : https://www.goodnewsfromindonesia.id.-asia-di-mesir http://bolazaman.blogspot.co.id/2016.besar-dan.html 23-11-2017 21:07

3 ALIRAN PENCAK SILAT TERTUA DI INDONESIA




2022 www.videocon.com