Sebagai ujung tombak untuk mewujudkan kesejahteraan umum, maka

sebagai ujung tombak untuk mewujudkan kesejahteraan umum, maka

• DOI: 10.36841/pgsdunars.v8i2.829 • Corpus ID: 234380223 KESEJAHTERAAN DAN KUALITAS GURU SEBAGAI UJUNG TOMBAK PENDIDIKAN NASIONAL ERA DIGITAL @article{Mansir2020KESEJAHTERAANDK, title={KESEJAHTERAAN DAN KUALITAS GURU SEBAGAI UJUNG TOMBAK PENDIDIKAN NASIONAL ERA DIGITAL}, author={Firman Mansir}, journal={Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS}, year={2020} } • Firman Mansir • Published 31 December 2020 • Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS Penelitian ini menjelaskan bahwa persoalan kesejahteraan dan kualitas guru merupakan dimensi yang pertama dan utama dalam mewujudkan pendidikan nasional yang paripurna.

Pendidikan di Indonesia saat ini sedang menghadapi masalah yang begitu kompleks, salah satunya adalah rendahnya kualitas tenaga kependidikan atau guru sebagai masalah pokoknya.

sebagai ujung tombak untuk mewujudkan kesejahteraan umum, maka

Selain itu, masih kurangnya kesejahteraan bagi guru juga menjadi masalah pendidikan pada saat ini. Guru merupakan ujung tombak dari pendidikan, dan… Expand Rakyatmerdekanews.com, Purworejo – Aparat desa termasuk juga kepala desa pengabdiannya tidak mengenal waktu bersiaga setiap dibutuhkan masyarakat.

Pengabdian ini harus diapresiasi, maka perlunya ada kesejahteraan. “Kami menyadari kepala desa dan perangkat desa merupakan ujung tombak pembangunan, Sehingga kami terus berupaya meningkatkan kesejahteraan aparat pemerintah desa,” tandas Bupati H Agus Bastian SE MM dihadapan ratusan kepala desa pada upgrading dan Rapat kerja daerah (Rakerda) Polosoro Kabupaten Purworejo, di sebuah Hotel di Yogyakarta pada Sabtu (5/9).

Kegiatan Rakerda yang berlangsung dua hari hingga minggu sore (6/9) tersebut, juga dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan masyarakat dan desa (Dinpermasdes) Agus Ari Setiadi SSos, Ketua Polosoro Kabupaten Purworejo Suwarto, dan sebagai narasumber Prof Doktor Fajar Sujarwo Guru besar FISIPOL Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta.

Lebih lanjut Bupati mengapresiasi gerak cepat pengurus Polosoro periode 2020-2023, yang segera melakukan rapat sebagai ujung tombak untuk mewujudkan kesejahteraan umum usai dilantik dan dikukuhkan beberapa waktu lalu. Selain sebagai wahana untuk mempersiapkan langkah dan program kerja ke depan, kegiatan yang dirangkai dengan upgrading ini sekaligus diharapkan bisa meningkatkan kualitas anggota Polosoro sebagai aparat pemerintah desa.

Dikatakan, rapat kerja ini merupakan momentum penting dalam merealisasikan langkah dan program ke depan, guna mempertahankan dan meningkatkan eksisteni Polosoro. “Melalui rapat kerja ini saya berharap, apa yang sudah dirumuskan dalam musyawarah daerah bisa segera direalisasikan, dengan tetap bersinergi bersama pemerintah daerah dan komponan masyarakat lainnya.

Tentunya untuk pembangunan dan mewujudkan masyarakat yang semakin sejahtera,” tutur Bupati. Terkait Undang-Undang Nomor 6/2014 tentang Desa kata Bupati, Undang-undang ini merupakan salah satu komitmen untuk mendorong perluasan kesejahteraan bagi seluruh lapisan masyarakat. “Dalam perumusannya, saya waktu itu masih di DPR RI, saya ikut merumuskan agar Undang-Undang Tentang Desa dapat direalisasikan karena di samping mendorong perluasan kesejahteraan, juga diharapkan bisa semakin menyempitkan disparitas atau kesenjangan wilayah.

Alhamdulillah Undang-Undang Nomor 6/2014 dapat realiasasi,” harapnya. Sementara itu Ketua Polosoro Suwarto mengatakan, Rakerda ini akan kita gunakan untuk merumuskan program kerja tiga tahun kedepan, dan berharap akan dapat bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten Purworejo untuk mulyonya Purworejo dan joyonya Polosoro. “Tidak lama lagi akan ada Pilkada bupati wakil bupati.

Kami Polosoro netral tidak mendukung siapapun, karena Polosoro bukan mesin politik. Namun kalau secara pribadi monggo silahkan. Meski berbeda pilihan, tapi Polosoro tetap satu. Nantinya siapapun yang terpilih jadi bupati wakil bupati, Polosoro maka siap mendukung sepenuhnya,” ujarnya.

Ketua penyelenggara Kades Krandegan menjelaskan, Rakerda dilaksankan dua hari Sabtu dan Minggu dengan melibatkan peserta sebanyak 120 pengurus dan anggota Polosoro yang merupakan perwakilan dari 16 kecamatan se Kabupaten Purworejo. Kegiatan Rakerda dan upgrading bertujuan untuk membekali semua pengurus agar dalam melaksnakan tugas amanah dan dapat berjalan dengan baik. Juga agar dalam bekerja dapat produktif untuk masyarakat dan untuk Kabupaten Purworejo.

Pembekalan akan disampaikan narasumber dari dosen UGM tentang Kewenangan Desa yang termuat dalam Sebagai ujung tombak untuk mewujudkan kesejahteraan umum Desa.(Kun). Recent Posts • Dansat Brimob Polda Banten Dampingi Kapolda Banten Sambut Masyarakat Baduy • Agus Permana Terpilih Menjadi Kepala Desa Tenjoayu Priode Tahun 2022 – 2028 • Heroik, Dua Prajurit Yonarhanud 10/ABC Kodam Jaya Gagalkan Aksi Begal dan Tangkap Pelaku • Polri Gelar Lomba Kreasi Setapak Perubahan dan Festival Musik • Hari Keenam Idulfitri, Vaksinasi OKC 2022 Layani 171 Orang
15.

Otonomi merupakan ujung tombak usaha mewujudkan kesejahteraan umum, oleh karena itu . a. otonomi merupakan kemerdekaan untuk daerah-daerah b. kekuatan masyarakat ada di daerah otonomi senantiasa memerlukan kemandirian dan keleluasaan d. tidak ada negara yang dapat melindungi seluruh warga ne- garanya​ KEMENKOP TERUS MEWUJUDKAN PENYULUH KOPERASI YANG BERKUALITAS Layanan Masyarakat Apr 26, 2021 PPKL (Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan) adalah ujung tombak gerakan pendampingan koperasi di lapangan dan PPKL adalah sebagai Informator, Enumerator (pendataan koperasi), Motivator, Mentor (Pendamping) koperasi serta Mediator (Penghubung/Jembatan) koperasi dengan stakeholder.

Maka dari itu, Kementerian Koperasi UKM RI menginginkan kualitas PPKL meningkat. (Semarang, 22-23 April 2021) bertempat di Hotel Pandanaran Semarang, Kementerian Koperasi UKM RI melalui Deputi Bidang Perkoperasian c.q Asisten Deputi Pengembangan SDM Perkoperasian dan Jabatan Fungsional melaksanakan kegiatan Peningkatan Kualitas/Kapasitas Bagi PPKL Jawa Tengah, acara tersebut diikuti oleh perwakilian 11 Kab/Kota PPKL di Jawa Tengah yang disupport oleh Tim Bidang Kelembagaan Dinkop UKM Prov.

Jawa Tengah. Acara diawali dengan pembukaan oleh Bapak Nasrun, S.Sos.,MAB (Asisten Deputi Pengembangan SDM Perkoperasian dan Jabatan Fungsional), beliau menekankan pentingnya PPKL sebagai ujung tombak untuk mewujudkan koperasi berkualitas, modern, dan tetap sesuai prinsip dan jati diri koperasi sesungguhnya. Maka dari itu dengan kegiatan ini, PPKL diharapkan fokus mengikuti kegiatan sehingga PPKL lebih profesional dan tangguh di dalam mendampingi koperasi di wilayah kerja masing-masing.

Selanjutnya, Ibu Dra. Ema Rachmawati, M.Hum (Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah), menekankan peran PPKL sebagai aktivator koperasi khususnya di Jawa Tengah, keberadaan PPKL sangat sentral strategis untuk meningkatkan koperasi supaya berkualitas dan membantu untuk mempersiapkan koperasi modern berbasis kluster.

sebagai ujung tombak untuk mewujudkan kesejahteraan umum, maka

Dengan adanya pelatihan ini, PPKL dapat meningkat kualitasnya, karena pelatihan ini mencakup banyak hal seperti akuntansi koperasi, regulasi perkoperasian terbaru, dan prinsip jati diri koperasi. Semua itu sangat penting untuk bekal PPKL di lapangan agar semakin profesional dan berkualitas.

#KoperasiModern #UMKMNaikKelas #PPKLJateng
Penelitian ini menjelaskan bahwa persoalan kesejahteraan dan kualitas guru merupakan dimensi yang pertama dan utama dalam mewujudkan pendidikan nasional yang paripurna. Pendidikan di Indonesia saat ini sedang menghadapi masalah yang begitu kompleks, salah satunya adalah rendahnya kualitas tenaga kependidikan atau guru sebagai masalah pokoknya.

Selain itu, masih kurangnya kesejahteraan bagi guru juga menjadi masalah pendidikan pada saat ini. Guru merupakan ujung tombak dari pendidikan, dan pendidikan adalah kunci dari pembangunan nasional suatu negara. Karena peran guru yang sangat krusial ini maka penting untuk memberi penghargaan kepada guru atau pendidik. Fakta yang terjadi di Indonesia adalah cerminan kesejahteraan guru masih dianggap kurang, khususnya guru yang berpredikat sebagai honorer. Oleh karena itu, kesejahteraan bagi semua guru perlu menjadi titik perhatian pemerintah dalam rangka mewujudkan pendidikan sejahtera untuk semua guru.

. Peningkatan mutu pendidikan adalah tujuan utama dari ditetapkannya kebijakan sertifikasi bagi guru (Mansir, 2020). Hal ini ditinjau dari permasalahan pendidikan yang kerap kali justru disebabkan kelalaian guru dan minimnya keterampilan serta kompetensi guru sebagai tenaga pendidik (Muhson, 2004).

. Kebijakan sertifikasi merupakan “angin segar” bagi kesejahteraan para guru, baik pegawai negeri sipil (PNS) maupun tenaga honorer mulai jenjang RA/TK hingga SLTA sederajat. Begitupun, penetapan kebijakan ini tidak serta-merta menjamin dan mengubah secara signifikan terhadap peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Tulisan ini menganalisa persepsi guru tentang kebijakan sertifikasi guru dalam peningkatan mutu pendidikan.

Fokus pembahasan penelitian ini yaitu bagaimana persepsi guru RA Ali Mahfudz tentang kebijakan sertifikasi guru dalam peningkatan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus (case study), adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara terstruktur, observasi partisipan dan studi dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai ujung tombak untuk mewujudkan kesejahteraan umum (1) kebijakan sertifikasi guru memiliki peran penting dalam peningkatan mutu pendidikan, hal ini didasarkan pada tujuan utama kebijakan ini sebagai upaya (a) men-sejahterakan guru, (b) melatih keterampilan guru, (c) meningkatkan kompetensi dan profesionalitas guru.

Begitupun, (2) terdapat beberapa sebagai ujung tombak untuk mewujudkan kesejahteraan umum di lapangan, yaitu (a) orientasi guru terhadap kesejahteraan hidup semata; dan (b) mengajar sebatas kewajiban. This study aims to explain the importance of children's education in preventing ignorance.

This study used a qualitative approach. As for the subjects of this research are Indonesian children who are in Muhammadiyah Yogyakarta school. This research was conducted online considering the Covid-19 pandemic is still engulfing Indonesia, so face-to-face via zoom and direct interviews were conducted.

The data analysis technique used was descriptive qualitative. The results show that early childhood education is very important to prevent stupidity because children need to be given insight and understanding about the world of children. So that they are able to face their lives appropriately and are not affected by the currents of social life.

Thus, this study showed that educational failures could result in ignorance for Indonesian children. The emergence of mass ignorance, of course, did not happen suddenly, but there was a cause to it. Experts stated that the mass ignorance is due to the lack of education, the lack of knowledge about science and technology and the laziness of some children. Therefore, the mass ignorance in children's education should be erased by giving necessary education to advance their thinking.

Also, children's education must be positioned as the target of all educational endeavors because education aims to inculcate all aspects and values of a good life to prevent and reduce mass ignorance in Indonesia. Bahasa Melayu merupakan akar dari bahasa Indonesia.

Ketika Belanda singgah di Indonesia, bahasa Melayu pun digunakan sebagai bahasa resmi kedua dalam korespondensi dengan orang lokal. Akhirnya, bahasa Melayu dan bahasa Belanda bersaing semakin ketat. Bahasa Inggris pertama kali digunakan pada awal abad pertengahan Inggris yang pada awalnya adalah bahasa Jerman bagian barat. Bahasa Inggris . [Show full abstract] sekarang bukan lagi hal yang sangat tidak biasa, tapi bahasa Inggris telah menjadi norma terutama di era globalisasi.

Mampu berbicara dengan baik dan lancar bahasa Inggris tidak lagi menjadi nilai tambah, namun sudah menjadi tuntutan atau kebutuhan bagi setiap orang di era globalisasi saat ini. Ini karena pengaruh bahasa Inggris maka hampir semua aspek dalam kehidupan. Read more Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan materi pengembangan bahasa Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan anak usia dini sebagai ujung tombak untuk mewujudkan kesejahteraan umum tahun) dari segi wujud dan isi yang dapat menstimulasi keterampilan berbahasa anak di Kelompok A PAUD BANA Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya Kota Depok.

Metode penelitian yang digunakan adalah gabungan dari kualitatif dan kuantitatif yaitu penelitian dan . [Show full abstract] pengembangan Jolly dan Bolitho. Langkah yang dilakukan adalah: 1) penelitian awal yang berupa wawancara tentang kebutuhan materi ajar dan studi literatur tentang materi yang sesuai dengan kebutuhan anak usia dini, 2) perencanaan pengembangan model, 3) validasi, revisi dan evaluasi model dan 4) implementasi model.

Hasil penelitian ini sebagai berikut : 1) kebutuhan materi pengembangan bahasa Indonesia yang sesuai adalah tentang kesadaran fonemik yang diwujudkan dalam Alat Permainan Edukatif (APE) yang terintegrasi dengan data bahasa yaitu bunyi, huruf, kata dan kalimat untuk anak dan cara penggunaannya dipandu oleh guru, 2) materi pengembangan yang ada saat ini belum memenuhi kebutuhan anak dari segi wujud dan isi, masih bisa dikembangkan karena ada salah satu wujud materi yang sesuai yaitu huruf raba, 3) pengembangan materi berupa APE dan buku panduan guru, 4) dari uji pakar dan teman sejawat didapatkan masukan tentang bentuk APE berupa buku dan kartu dan dari pakar bahasa Indonesia didapatkan materi bunyi bahasa Indonesia yang terdapat di poster disesuaikan dengan kaidah bahasa Indonesia baku, 5) dari persepsi pengguna menyatakan materi yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan anak usia dini dan 6) materi dianggap efektif karena hasil rata-rata pengguna 2,53 dari rentang nilai 4.

Kata kunci: materi pengembangan bahasa, kesadaran fonemik, anak usia dini, bahasa Indonesia Read more Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya data tentang kebugaran jasmani siswa di SDN 03 Talang Tulungagung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesegaran jasmani siswa kelas atas di SDN 03 Talang Tulungagung. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes yaitu Tes Kebugaran Fisik Indonesia (TKJI).

. [Show full abstract] Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas atas di SDN 03 Talang Tulungagung, yang berjumlah 56 anak yang terdiri dari 25 siswa pria dan 31 siswa wanita. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase tingkat kesegaran jasmani, yang terbagi dalam 5 kategori, yaitu: kurang satu kali, kurang, cukup, baik, dan sangat baik berdasarkan klasifikasi TKJI.

Hasil penelitian diperoleh tingkat kebugaran jasmani siswa kelas atas di SDN 03 Talang Tulungagung, yaitu 0 anak (0%) dengan kategori sangat baik, 9 anak (16,07%) dengan kategori baik, 43 anak (76,79%) dengan kategori cukup4 peserta (7,14%) dengan kategori lebih sedikit, dan 0 peserta (0%) dengan kategori lebih sedikit. Frekuensi tertinggi berada pada kategori sedang, yaitu 43 anak (76,79%). Dengan demikian tingkat kesegaran jasmani siswa kelas atas di SDN 03 Talang Tulungagung termasuk dalam kategori cukup Read more Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perputarab piutang dalam meningkatkan modal kerja pada PT.

Kereta Api Indonesia (Persero) Divre I Sumatera Utara. Penelitian ini merupakan penggambaran tentang hasil yang diperoleh dalam penelitian yang terdiri atas variabel penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis deskriptif.Hasil penelitian ini .

[Show full abstract] menunjukan peningkatan perputaran piutang karena pelunasan piutang yang cepat tertagih. Penyebab tidak tercapainya peningkatan modal kerja pada perusahaan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Divre I Sumatera Utara karena penurunan aktiva lancar dan hutang lancar pada tahun yang sama. Maka hasil penelitian ini tidak sesuai dengan teori keown et al “Bahwa apabila perputaran piutang dalam suatu perusahaan selama satu periode tertentu berjalan dengan lancar dan cepat dinilai dengan kas, maka tingkat modal kerja juga meningkat”.

View full-text Desa Wisata Penglipuran merupakan desa wisata yang terletak di Bangli. Desa Wisata Penglipuran menerapkan konsep Tri Hita Karana untuk menjaga budayanya, yaitu konsep maka Agama Hindu yang mengatur keharmonisan terkhusus pada penelitian ini mengenai hubungan sesama manusia. Desa Wisata Penglipuran telah diapresiasi dengan dinobatkan sebagai desa terbersih di dunia pada tahun 2016 dan . [Show full abstract] mengimplementasikan Tri Hita Karana.

Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik melakukan penelitian terkait implementasi konsep Tri Hita Karana (Pawongan) dilihat dari komunikasi kelompok dalam Sekaa Gong dengan berdasar pada elemen dan fungsi dari komunikasi kelompok. Metode yang digunakan dalam sebagai ujung tombak untuk mewujudkan kesejahteraan umum ini adalah kualitatif deskriptif, didukung dengan paradigma konstruktivistik. Hasil penelitian ini adalah elemen dan fungsi dari komunikasi kelompok dapat di implementasikan dengan baik dalam Sekaa Gong melalui konsep Tri Hita Karana (Pawongan).

Konsep Pawongan tergambarkan di seluruh elemen komunikasi kelompok, yaitu interaksi, waktu, ukuran atau jumlah partisipan dan tujuan, serta dari seluruh fungsi dalam komunikasi kelompok, yaitu hubungan sosial, pendidikan, persuasi, pemecahan masalah, dan terapi.

Kata kunci : Elemen Komunikasi Kelompok, Fungsi Komunikasi Kelompok, Konsep Tri Hita Karana (Pawongan) Read more Kanker payudara merupakan kanker paling umum dan paling banyak terjadi pada wanita di seluruh sebagai ujung tombak untuk mewujudkan kesejahteraan umum. Di Indonesia sendiri kasus kanker payudara menempati posisi pertama kanker yang paling banyak menyebabkan kematian pada wanita. Tingginya angka kematian karena kanker payudara di Indonesia perlu dicermati dengan tindakan pencegahan dan deteksi dini.

Kasus kanker yang ditemukan pada stadium dini .

sebagai ujung tombak untuk mewujudkan kesejahteraan umum, maka

{INSERTKEYS} [Show full abstract] serta mendapat pengobatan yang cepat dan tepat akan memberikan kesembuhan dan harapan hidup lebih lama. Ada beberapa faktor yang dapat digunakan untuk memprediksi keberadaan kanker payudara pada tubuh seseorang, diantaranya adalah usia, glukosa, insulin, HOMA (Homeostatic Model Assessment), leptin, adiponektin, resistin, MCP-1 (Monocyte Chemoattractant Protein-1), serta IMT (Indeks Massa Tubuh).

Pada penelitian ini akan dibahas mengenai kemungkinan seseorang menderita kanker payudara berdasarkan faktor-faktor pendorong yang diamati menggunakan metode Naive Bayes. Hasil akurasi yang diperoleh adalah sebesar 80% dimana dari 35 data uji yang diamati terdapat 28 data yang di klasifikasikan dengan tepat dan 7 data yang mengalami kesalahan klasifikasi.

Read more This study aims to investigate the factors that influence the underpricing of stocks in service companies during an initial public offering (IPO) on Bursa Efek Indonesia (BEI) for the period 2012-2017 (Comparison of Sharia and non-sharia stocks).

The data used in this study consist of 20 stocks that experienced the underpricing from a total of 44 IPOs of sharia-compliant service companies and 19 ... [Show full abstract] stocks that experienced the underpricing from a total of 32 IPOs of non-shariah-compliant service companies. The research approach used is a quantitative approach with multiple linear regression analysis techniques. This research reveals that the underwriter reputation and auditor reputation have a significant effect on the underpricing at the IPO on Bursa Efek Indonesia (BEI) for the period 2012-2017.Keyword: Underpricing, Underwriter Reputation, Auditor Reputation, Financial Leverage, Return on Assets, Initial Public Offering (IPO) View full-text Pneumonia adalah salah satu penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) yang disebabkan oleh bakteri atau virus.

Di Indonesia, pneumonia merupakan penyebab kematian balita tertinggi kedua setelah diare. Kasus pneumonia pada balita terbanyak yang ditemukan di Indonesia adalah di provinsi Jawa Barat.

Untuk mengatasi pneumonia balita perlu dianalisis faktor penyebab pneumonia balita. Salah satu ... [Show full abstract] cara untuk menganalisis faktor tersebut adalah dengan menggunakan analisis Geographically Weighted Regression (GWR). Analisis GWR merupakan pengembangan dari analisis regresi linier berganda yang dapat mengatasi keragaman wilayah/heterogenitas spasial sehingga menghasilkan model dan pendugaan parameter berbeda untuk setiap wilayah amatan.

Hasil analisis GWR dengan menggunakan pembobot spasial \textit{Fixed Kernel Gaussian} menunjukkan bahwa model GWR lebih baik daripada model regresi linier berganda. Hal ini berdasarkan nilai R2, nilai R2 dari model GWR (88.34%) lebih besar dari R2 dari model regresi linier berganda (71.86%). Sementara, Jumlah Kuadrat Galat (JKG) untuk model GWR diperoleh 3.031 lebih kecil bila dibandingkan dengan nilai JKG dari regresi linier berganda yang sebesar 7.317.

Secara umum, terdapat tiga faktor yang berpengaruh signifikan terhadap kasus pneumonia balita di provinsi Jawa Barat tahun 2014 yaitu jumlah balita gizi buruk, persentase bayi yang diimunisasi dasar lengkap dan jumlah puskesmas.

Read more Kemampuan membaca lancar siswa dalam pembelajaran BahasaIndonesia masih rendah di II MI Manbaul Hikmat Desa Padasuka Kec.Petir. Hal ini disebabkan kurangnya minat dan motivasi siswa dalammembaca, dan guru pun belum memanfaatkan media dalampembelajaran.

sehingga mengakibatkan kemampaun membacanya masihrendah. Siswa kelas II MI Manbaul Hikmat Desa Padasuka Kec. Petirdengan menggunakan media Big ... [Show full abstract] Book. Metode penelitian yang digunakandalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yangdilaksanakan dua siklus.

Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaanmedia Big Book dapat meningkatkan kemampuan membaca lancar siswakelas II MI Manbaul Hikmat dari segi aktivitas siswa dalam prosespembelajaran maupun hasil siswa mengenai kemampuan membaca lancarsiswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase pada siklus I, ketuntasanaktivitas siswa sebesar 67%, aktivitas guru 80%, dan hasil siswa mengenaikemampuan membaca lancar 50%.

Kemudian mengalami peningkatan pada siklus II ketuntasan aktivitas siswa sebesar 80%, aktivitas gurusebesar 80,35% dan hasil siswa mengenai kemampuan membaca lancar75%. Read more Tuberkulosis secara global merupakan masalah kesehatan masyarakat di semua negara.

Indonesia menempati urutan kelima terbesar di dunia sebagai penyumbang penderita TB. Sehingga perlu untuk melaksanakan program penanggulangan TB secara berkesinambungan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara jelas dan lebih mendalam mengenai pelaksanaan program penanggulangan TB paru di Puskesmas Cipaku. {/INSERTKEYS}

sebagai ujung tombak untuk mewujudkan kesejahteraan umum, maka

. [Show full abstract] Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis rancangan deskriptif. Hasil penelitian yang didapat dari faktor input dalam pelaksanaan program penanggulangan TB paru sudah optimal. Komitmen politis sudah memadai dari pemerintah daerah. Secara kuantitas tenaga kesehatan untuk program TB di Puskesmas Cipaku telah sesuai dengan standar program pengendalian TB Paru Kemenkes RI tahun 2014, Dukungan pemerintah daerah dalam pembiayaan program pengendalian TB sudah mencukupi.

sarana dan prasarana sudah memadai. Pada faktor proses, pelaksanaan program penanggulangan TB paru di Puskesmas Cipaku belum optimal. Sedangkan output dalam program penanggulangan TB paru Puskesmas cipaku belum mencapai target. Read more Pemerintah dalam negara kita mempunyai peranan penting untuk memajukan negara yang dipimpinnya. Salah satu indikator maka suatu negara dapat dilihat dari pembangunan nasional yang berjalan secara berkesinambungan.

Pembangunan yang dilaksanakan diharapkan akan membawa dampak bagi meningkatnya taraf hidup dan kesejahteraan maka Indonesia. Peranan pemerintah yang sangat menonjol dalam . [Show full abstract] usahanya merangsang dan membimbing pembangunan ekonomi dan sosial negara yang membutuhkan dana yang cukup besarmenyebabkan pemerintah cenderung untuk melakukan pemungutan pajak sampai tingkat penerimaan pajak yang paling optimal.

Pemungutan pajak tersebut dengan dilakukan dengan tetap berpegang pada prinsip perpajakan yang dianut secara universal, yaitu keadilan, kemudahan/efisiensi administrasi dan produktivitas penerimaan negara, serta tetap mempertahankan sistem Self Assessment. Self Assessment adalah sistem pemungutan pajak yang memberi wewenang wajib pajak dalam menentukan, menghitung, membayar, dan melapor sendiri jumlah pajak yang berhutang setiap tahunnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku.

072600040 Read more
Hai Sahabat Ahzaa, masih di materi pelajaran PPKn kelas 7 SMP/ MTs semester 2 bab 6 tentang Daerah dalam kerangka negara kesatuan republik Indonesia pada post ini akan kita lanjutkan lagi latihan soalnya, yaitu ke sub bab pertama bagian kedua yaitu Pengertian Daerah dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

14. Penugasan dari pemerintah pusat kepada daerah otonom untuk melaksanakan sebagian urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan pemerintah pusat atau dari pemerintah daerah provinsi kepada daerah kabupaten/ kota untuk melaksanakan sebagaian urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah provinsi disebut . 15. Salah satu prinsip otonomi daerah dimana daerah leluasa untuk menyelenggarakan pemerintahan yang mencakup semua bidang pemerintahan, kecuali kewenangan di bidang politik luar negeri, pertahanan keamanan, peradilan oneter dan fiskal, agama, serta kewenangan bidang lain yyang ditetapkan oleh aturan pemerintah merupakan prinsip .Adapun soal penilaian akhir semester (PAS) / soal ulangan kenaikan kelas (UKK) yang akan saya bagikan disini ialah soal untuk mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan (PPKN) untuk kelas 7 SMP.

Soal yang di sajikan ini ialah soal mulai dari semester 1 hingga semester 2 sehingga sangat baik untuk menjadi bahan referensi bagi guru yang akan membuat soal ulangan kenaikan kelas untuk mata pelajaran PPKN serta sangat bermanfaat pula bagi siswa yang akan berlatih mengerjakan soal penilaian akhir semester PPKN kelas 7 sehingga nantinya bisa memiliki penguasaan yang baik ketika akan menghadapi ulangan semester.

sebagai ujung tombak untuk mewujudkan kesejahteraan umum, maka

Bentuk soal PAS/PAT/UKK/UAS PPKN kelas 7 SMP semester 1 dan semester 2 yang ada di dalam postingan ini yaitu terdiri dari 2 jenis soal yakni soal pilihan ganda dan juga soal essay/uraian. Untuk soal pilihan ganda yaitu berjumlah 85 soal yang sudah lengkap dengan kunci jawaban serta soal uraian yaitu berjumlah 5 soal dan juga sudah dilengkapi dengan pembahasannya. Seluruh soal PAS/UAS/UKK/PAT PPKN kelas 7 semester 1 dan semester 2 ini tentunya akan mudah untuk di pelajari karena sudah di siapkan dengan kunci jawabannya, namun demikian apabila masih sebagai ujung tombak untuk mewujudkan kesejahteraan umum jawaban yang kurang tepat maka mohon untuk dilakukan koreksi dan dilaporkan melaui kolom kontak yang ada di blog ini agar dapat segera untuk di perbaharui.

Bagi bapak dan ibu guru yang mengajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan (PPKN) di kelas 7 SMP dan akan membuat soal ulangan kenaikan kelas namun belum memiliki banyangan untuk membuat soal tersebut maka kiranya postingan ini bisa menjadi wadah dan referensi untuk bapa dan ibu guru dalam membuat dan menyiapkan soal maka akhir semester atau ulangan kenaikan kelas. Bagi para siswa yang akan berlatih sebelum meghadapi ulangan akhir semester atau ulangan kenaikan kelas pada mata pelajaran PPKN maka bisa mempelajari soal-soal yang ada di dalam postingan ini sehingga anda bisa memiliki bekal sebagai ujung tombak untuk mewujudkan kesejahteraan umum mantap dalam menghadapi ulangan kenaikan kelas nantinya.

Baiklah untuk lebih jelasnya maka silahkan anda perhatikan dan pelajari baik-baik soal PAS/UAS/UKK/PAT PPKN kelas 7 SMP di bawah ini : SOAL PILIHAN GANDA 1. Bangsa Indonesia memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh bangsa lain. Hal ini sesuai dengan kedudukan Pancasila sebagai. A. perjanjian luhur bangsa B. pandangan hidup bangsa C. dasar negara D.

jiwa dan kepribadian bangsa KUNCI JAWABAN : D 2. Salah satu contoh pengamalan sila pertama Pancasila adalah . A. menjaga persatuan dan kesatuan bangsa B. menjalankan perintah Tuhan sesuai dengan agama yang dianut C. mengembangkan musyawarah untuk mufakat D. Memperlakukan secara adil dalam bidang hukum, ekonomi, kebudayaan dan social KUNCI JAWABAN : B 3. Setiap manusia harus Mengakui persamaan derajat, persamaan hak, dan kewajiban asasi setiap manusia, tanpa membeda-bedakan suku, keturunan, agama, kepercayaan, jenis kelamin, kedudukan sosial, warna kulit dan sebagainya.

Hal ini merupakan wujud sikap yang sesuai dengan pengamalan Pancasila sila ke . A. 1 B. 2 C. 3 D. 4 E. 5 KUNCI JAWABAN : B 4. Cita- cita mewujudkan masyarakat adil dan makmur yang merata baik materiil maupun spiritual menjadikan Pancasila sebagai .

A. Dasar negara B. Sumber hukum C. Cita- cita dan tujuan negara D. Falsafah hidup KUNCI JAWABAN : C 5. Pancasila ditetapkan sebagai dasar negara republik Indonesia sejak .

A. 1 Juni 1945 B. 14 Agustus 1945 C. 17 Agustus 1945 D. 18 Agustus 1945 KUNCI JAWABAN : D 6. Sidang pertama BPUPKI pada tanggal 29 Mei - 1 Juni 1945 membahas tentang .

A. rumusan dasar negara B. proklamasi kemerdekaan Indonesia C. Undang- Undang dasar negara Indonesia D. konstitusi KUNCI JAWABAN : A 7. Mr. Muhammad Yamin mengemukakan pemikirannya tentang dasar negara pada sidang BPUPKI tanggal 29 Mei 1945. Berikut ini salah satu usulan rumusan dasar negara yang dikemukakan, KECUALI . A. Peri kebangsaan B. Perikemanusiaan C.

Kekeluargaan D. Kesejahteraan rakyat KUNCI JAWABAN : C 8. Pancasila dipandang memiliki kedudukan hukum yang tetap karena . A. Pancasila merupakan sumber hukum tertinggi B. Pancasila harus dipatuhi oleh segenap anggota masyarakat C. Sumber hukum utama bersifat abadi yang tidak dapat diganggu gugat D. Pancasila merupakan aturan yang sangat baku KUNCI JAWABAN : C 9. Di bawah ini adalah pernyataan yang benar mengenai norma agama, kecuali .

A. norma agama bersifat abadi yaitu berlaku selama manusia hidup di dunia B. norma agama berlaku hanya terbatas pada kelompok tertentu saja C. pelanggaran akan norma agama menimbulkan dosa dan diancam hukum dari Tuhan D. norma agama merupakan tuntunan hidup ke arah jalan yang benar KUNCI JAWABAN sebagai ujung tombak untuk mewujudkan kesejahteraan umum B 10.

Norma- norma dalam kehidupan masyarakat diperlukan agar tercipta suasana yang . A. kekacauan B. kewaspadaan tinggi C. tertib dan harmonis D. keresahan dalam masyarakat KUNCI JAWABAN : C 11. Berikut ini yang bukan merupakan unsur- unsur norma hukum adalah . A. aturan bersifat memaksa B. ketegasan dalam sanksi C. tata aturan yang fleksibel D. perintah harus ditaati oleh setiap orang KUNCI JAWABAN : C 12.

sebagai ujung tombak untuk mewujudkan kesejahteraan umum, maka

Salah satu contoh penerapan norma kesopanan dalam kehidupan masyarakat adalah . A. beribadah sesuai ajaran agama B. bersikap sopan terhadap orang yang lebih tua C. membawa kelengkapan surat saat berkendara D. memakai masker saat keluar rumah dalam masa pandemic KUNCI JAWABAN : B 13. Cara pelajar sekolah untuk ikut serta mewujudkan keadilan dalam kehidupan masyarakat adalah . A. ikut bergabung dengan kegiatan demonstrasi yang dilakukan oleh mahasiswa B. menjauhi segala bentuk perbuatan melanggar hukum C.

aktif sebagai penggalang dana kemanusiaan D. selalu memantau perkembangan hukum di Indonesia KUNCI JAWABAN : B 14. Faktor utama untuk mendorong tercapainya suatu keadilan adalah .

A. diberlakukannya hukum secara sepihak B. kesejahteraan penegak hukum yang terjamin C. proses peradilan hukum yang transparan D. adanya jaminan dan kepastian hokum KUNCI JAWABAN : D 15. Contoh perilaku yang sesuai dengan norma- norma yang berlaku di lingkungan sekolah adalah . A. menaati perintah orang tua B. tidak menggunakan perhiasan yang berlebihan C. tidak bertidak main hakim sendiri D.

membayar pajak sesuai ketentuan KUNCI JAWABAN : B 16. Ketua BPUPKI adalah . A. Mr. Soepomo B. Ir. Soekarno C. dr. K.R.T Radjiman Wedyodiningrat D. Moh Yamin KUNCI JAWABAN : C 17. Di bawah ini merupakan keputusan yang dihasilkan dalam sidang PPKI pertama tanggal 18 Agustus 1945, kecuali . A. mengesahkan Undang- Undang Dasar 1945 B. menetapkan Ir.

Soekarno dan Drs. Mohamad Hatta sebagai Presiden dan wakil presiden Republik Indonesia C. menetapkan pembagian wilayah Indonesia menjadi 8 provinsi D.

membentuk Komite Nasional Indonesia Pusat untuk membantu presiden KUNCI JAWABAN : C 18. Konstitusi pertama bangsa Indonesia sekaligus merupakan sumber hukum tertinggi dari hukum yang berlaku di Indonesia adalah . A. Pancasila B. UUD 1945 C. Piagam Jakarta D. Kepres KUNCI JAWABAN : B 19. Tujuan negara kesatuan Indonesia tercantum dalam .

A. Pembukaan UUD 1945 B. Batang tubuh UUD 1945 C. Pokok pikiran UUD 1945 D. Penjelasan UUD 1945 KUNCI JAWABAN : A 20.

Salah satu nilai dalam pembukaan UUD 1945 adalah nilai universal, artinya . A. mengandung nilai- nilai yang diunjung tinggi oleh semua bangsa yang beradab di dunia B.

berlaku untuk seluruh rakyat Indonesia saja C. mampu menampung aspirasi masyarakat luas D. menjadi latar belakang perlawanan terhadap penjajahan KUNCI JAWABAN : A 21.

Berikut ini adalah tujuan dari negara Indonesia, kecuali . A. melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia B. mencerdaskan kehidupan bangsa C. memajukan kepentingan umum D. ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan social KUNCI JAWABAN : C 22.

Sebagai tertib hukum, pembukaan UUD 1945 tidak bisa diubah. Di bawah ini pernyataan yang selaras dengan kalimat tersebut adalah . A. Nilai- nilai dalam pembukaan UUD 1945 adalah kehendak rakyat B. Pembukaan UUD 1945 merupakan dasar filosofis negara Indonesia C. Pembukaan UUD 1945 sesuai dengan tuntutan jaman D. Pembukaan UUD 1945 merupakan satu satunya yang ada di dunia KUNCI JAWABAN : B 23. UUD tahun 1945 merupakan sebagian dari hukum dasar, yaitu hukum dasar tertulis.

Berikut ini adalah hal yang memguatkan pernyataan tersebut, kecuali . A. UUD 1945 berkedudukan sebagai sumber hukum B. Maka 1945 merupakan hukum dasar diatas peraturan perundang- undangan lainnya C. UUD 1945 melandasi setiap peraturan perundang- undangan di bawahnya D. Adanya sumber hukum lain yang kedudukannya lebih tinggi dari UUD 1945 KUNCI JAWABAN : D 24.

Terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur merupakan salah satu tujuan yang tercantum dalam Pancasila terutama sila . A. pertama B. kedua C. keempat D. kelima KUNCI JAWABAN : D 25. Salah satu nilai yang wajib kita teladani dari para pendiri bangsa adalah sikap. A. primordialisme B. chauvinisme C. nasionalisme D. egosentrisme KUNCI JAWABAN : C 26. Keberagaman dalam masyarakat menjadi tantangan karena tumbuhnya perasaan kedaerahan dan kesukuan yang berlebihan dapat mengancam keutuhan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Oleh karena itu, upaya meningkatkan kerukunan antar suku, pemeluk agama, dan kelompok-kelompok sosial lainnya dapat dilakukan melalui dialog dan kerja sama dengan prinsip. A. kebersamaan, kesetaraan, toleransi, dan saling menghormati B. kesetaraan, kesejajaran, keadilan, dan mufakat C. musyawarah mufakat, keadilan, dan kemandirian D. kepercayaan, kedamaian, toleransi, dan kesetaraan KUNCI JAWABAN : A 27. Perkembangan maka di kepulauan yang tersebar di Indonesia berkembang sesuai dengan tingkat kemajuan masyarakat dan lingkungan masing-masing.

Dengan demikian, muncullah keberagaman dalam masyarakat. Hal tersebut disebabkan oleh. A. kondisi negara kepulauan B. keadaan transportasi dan komunikasi C. perbedaan kondisi alam D. letak strategis wilayah Indonesia KUNCI JAWABAN : A 28. Perhatikan pernyataan berikut ini : 1) Letak strategis wilayah Indonesia 2) Berasal dari nenek moyang yang berbeda 3) Kondisi Negara kepulauan 4) Perbedaan kondisi alam 5) Perbedaan pendapatan dan mata pencaharian 6) Keadaan transportasi dan komunikasi Faktor yang menyebabkan keanekaragaman bangsa Indonesia ditunjukkan pernyataan nomor.

A. 1,2,3, dan 4 B. 1,3,4, dan 6 C. 2,3,4, dan 5 D. 3,4,5, dan 6 KUNCI JAWABAN : B 29. Pada Hari Kartini, seluruh siswa kelas 7 akan menggunakan pakaian adat. Putri akan akan menggunakan pakaian adat tradisional dari Betawi yang khas dengan kebaya dan selendang kepala. Berbeda dengan Putri, Husna menggunakan pakaian adat dari Makasar, yaitu baju bodo lengkap dengan perhiasannya. Pakaian adat yang dipakai siswa kelas 7 merupakan bagian. A. ras B. agama C. suku bangsa D.

multi kulturalisme KUNCI JAWABAN :C 30. Gambar rumah adat disamping berasal dari propinsi. A. Aceh B. Sumatera Utara C. Kalimantan Barat D. Sumatera Barat KUNCI JAWABAN : D 31. Perhatikan pernyataan berikut : 1. Agama Hindu dan Budha dibawa oleh bangsa India 2. Agama Islam dibawa oleh pedagang Gujarat 3. Agama Hindu dan Budha di bawa oleh bangsa Eropa 4.

Agama Islam dibawa oleh pedagang Malaysia 5. Agama Kong Hu Chu dibawa oleh pedagang dari Cina Pernyataan yang benar terhadap proses terjadinya keberagaman agama di Indonesia ditunjukkan oleh nomor. A. 1, 2, 4 B. 1, 2, 5 C. 1,3, dan 4 D. 1,3, dan maka KUNCI JAWABAN : B 32. Dyah memiliki kulit sawo matang, tubuh tinggi, mata besar, dan berwarna cokelat muda, sedangkan Ayu memiliki kulit kuning langsat, rambut lurus, mata sipit, dan berwarna cokelat tua.

Perbedaan ciri-ciri fisik tersebut disebut. A. Ras B. Budaya C. golongan D. suku bangsa KUNCI JAWABAN : A 33. Bangsa kita adalah bangsa yang majemuk, artinya bahwa bangsa kita terdiri dari berbagai macam suku, agama, ras dan antar golongan. Keberagaman ini memiliki dampak negatif dan dampak positif. Dibawah ini merupakan salah satu dampak positif dari keberagaman bangsa Indonesia, yaitu. A. adanya ketidakharmonisan dalam hubungan kemasyarakatan B.

memberikan manfaat bagi perkembangan dan kemajuan bangsa Indonesia C. banyak bermunculan konflik antar masyarakat di daerah D. perkembangan pembangunan di Indonesia menjadi terhambat KUNCI JAWABAN : B 34. Makna dari semboyan Bhinneka Tunggal Ika, meskipun beragam. A. suku bangsa, agama, ras dan antar golongan tetapi tetap satu kesatuan.

B. pemikiran tetapi tetap sebagai ujung tombak untuk mewujudkan kesejahteraan umum kemajuan Indonesia C. Indonesia negara majemuk, tetapi mampu hidup rukun D. peraturan tetapi tetap menjunjung hukum nasional KUNCI JAWABAN : A 35. Negara Indonesia terdiri dari wilayah yang sangat luas terbentang dari Sabang sampai Merauke.

Indonesia memiliki ribuan pulau yang tersebar dan menjadi tempat berdiamnya penduduk dengan ragam suku bangsa, bahasa, budaya, agama dan adat istiadat. Arti penting keberagaman suku, ras, agama dan antar golongan, bagi bangsa Indonesia salah satunya maka. A. penyebab konflik antar suku, agama, ras dan antar golongan B. penyebab maraknya aksi demonstrasi memperjuangkan hak masyarakat C. keberagaman bangsa yang sangat berharga untuk mencapai tujuan D. keberagaman merupakan masalah biasa yang tidak perlu dibahas KUNCI JAWABAN : C 36.

1. Melaksanakan ajaran agama yang dianutnya dengan baik dan benar 2. Mengikuti acara ibadah agama orang lain untuk menunjukkan toleransi 3. Melarang umat beragama lain melaksanakan ibadah 4. Tidak memaksakan keyakinan agama yang dianutnya kepada orang lain 5. Toleran terhadap pelaksanaan maka yang dianut pemeluk agama lain Yang merupakan wujud perilaku toleransi dalam kehidupan antar umat beragama pada masyarakat yang beragam ditunjukkan dengan nomor.

A. 1, 2 dan 4 B. 1, 3 dan 5 C. 1, 3 dan 4 D. 1, 4 dan 5 KUNCI JAWABAN : D 37. Jefri adalah pelajar di sekolah favorit, yang kebanyakan siswanya berasal dari keluarga mampu. Jefri terpilih menjadi ketua kelas, padahal Jefri berasal dari keluarga tidak mampu.

Dari cerita di atas, menunjukkan bahwa di sekolah Jefri telah menjunjung nilai-nilai toleransi dalam keberagaman, yaitu toleransi antar. A. umat beragama B. golongan C. suku D. daerah KUNCI JAWABAN :B 38. Kerja sama dalam mengusir penjajah untuk meraih kemerdekaan tanpa dibatasi oleh perbedaan suku bangsa, adat istiadat, agama merupakan bukti kemampuan bangsa Indonesia dalam hal. A. berkompromi dengan penjajah B. berdialog dengan penjajah C. mempersatukan perbedaan yang ada D. membentuk organisasi politik KUNCI JAWABAN : 39.

Bentuk kerja sama atau gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dapat tampak dalam kehidupan. A. sosial politik, ekonomi, pertahanan dan keamanan, dan kehidupan umat beragama B. sosial politik, ekonomi, pertahanan dan keamanan, dan sistem peradilan C. hukum, ekonomi, keamanan dan pertahanan, dan kehidupan umat beragama D. perdagangan, keamanan dan pertahanan, hukum, dan kehidupan umat beragama KUNCI JAWABAN : A 40.

Tujuan nasional bangsa Indonesia yang hendak dicapai melalui upaya pembangunan nasional, tercantum dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 alinea. A. pertama B. kedua C. ketiga D. keempat KUNCI JAWABAN : D 41. Gotong royong adalah kerjasama yang dilakukan sejumlah warga masyarakat maka menyelesaikan tugas atau pekerjaan.

Sikap gotong royong adalah bekerja sama-sama dalam menyelesaikan pekerjaan dan menikmati hasil pekerjaan tersebut secara adil. Kelebihan gotong maka dibandingkan bentuk kerja sama yang lainnya adalah. A. dilakukan tanpa pamrih B. dilakukan secara bersama C. dilakukan dalam berbagai kegiatan D. hasil yang didapat menguntungkan semua pihak KUNCI JAWABAN : A 42.

Di sebuah kampung, ada kegiatan yang rutin dilakukan setiap hari minggu. Kegiatan ini dilakukan secara bersama-sama untuk membersihkan lingkungan sekitar rumah warga, jalan-jalan sepanjang kampung, dan lapangan yang ada di kampung tersebut.

sebagai ujung tombak untuk mewujudkan kesejahteraan umum, maka

Hal ini menunjukkan bentuk gotong royong, yaitu. A. tolong menolong B. gugur gunung C. kerja sosial D. kerja bakti KUNCI JAWABAN : D 43. Musyawarah untuk mufakat merupakan cerminan dari pelaksanaan sila ke-4 Pancasila yang pada prinsipnya menegaskan bahwa bangsa Indonesia akan terus memelihara dan mengembangkan semangat bermusyawarah dalam perwakilan. Gambar tersebut di atas merupakan bentuk kerjasama dalam kehidupan.

A. keamanan dan pertahanan B. sosial politik C. ekonomi D. umat beragama KUNCI JAWABAN : B 44. Dalam pasal 33 ayat 1 UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menyatakan “Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan“. Hal ini berarti dalam kegiatan usaha ekonomi digunakan prinsip kerjasama, saling membantu dalam suasana demokrasi ekonomi untuk mencapai kesejahteraan bersama secara adil.

Salah satu bentuk kerjasama dalam bidang ekonomi yang diharapkan dalam pasal ini adalah. A. Firma B. BUMN C. Koperasi D. CV KUNCI JAWABAN : C 45.

Sikap selalu memisahkan diri dari kehidupan sosial di masyarakat karena adanya jurang pemisah akibat perbedaan suku bangsa, adat istiadat, agama dan bahasa daerah. Sikap tersebut dalam kerjasama diberbagai bidang kehidupan masyarakat harus dihindari termasuk sikap tidak terpuji yang disebut.

A. fanatik sempit B. sebagai ujung tombak untuk mewujudkan kesejahteraan umum C. eksklusivisme D. primordialisme KUNCI JAWABAN : C 46. Kerjasama merupakan usaha yang dilakukan dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama.

Kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan yang dimiliki bangsa Indonesia merupakan. A. kekuatan untuk menghadapi pemberontakan dalam negeri B.

kekuatan untuk menghadapi serangan bangsa asing C. kekuatan untuk mencapai tujuan nasional D. modal utama pelaksanaan pembangunan KUNCI JAWABAN : C 47. 1. Mempererat persaudaraan dan kebersamaan 2. Mendorong timbulnya semangat gotong royong dan kekeluargaan 3. Menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan 4. Adanya kecenderungan mencapai kesejahteraan Arti pentingnya kerjasama ditunjukkan dengan pernyataan nomor.

A. 1,2, dan 3 B. 1,2, dan 4 C. 1,3, dan 4 D. 2,3, dan 4 KUNCI JAWABAN :A 48. Mewujudkan kerjasama antar sesama warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dapat dilakukan dengan cara. A. membantu tugas tentara ketika negara berperang B. mematuhi peraturan perundang-undangan C. ikut piket di kantor polisi jika polisi sedang sibuk Sebagai ujung tombak untuk mewujudkan kesejahteraan umum. mengumpulkan dana untuk membeli senjata api KUNCI Sebagai ujung tombak untuk mewujudkan kesejahteraan umum : B 49.

Negara Republik Indonesia memiliki banyak penganut agama yang perlu dilindungi oleh negara dan perlu dijaga kerukunannya demi persatuan dan kesatuan.

Di bawah ini manakah perilaku yang menunjukkan sikap bekerja sama antar umat beragama. A. membantu orang lain yang sama-sama memahami agama B. menghormati umat seagama dan kepercayaannya yang sama C. menghormati orang sebagai ujung tombak untuk mewujudkan kesejahteraan umum yang berbeda agama tetapi masih saudara D. menghormati umat seagama dan berbeda agama KUNCI JAWABAN : D 50.

Contoh pelaksanaan kerjasama atau gotong royong di dalam kehidupan sekolah, yang melibatkan seluruh warga sekolah dalam kegiatan.

A. kebersihan lingkungan sekolah B. peningkatan kompetensi guru C. menggali sumber dana pendidikan D. perkemahan pramuka terpadu KUNCI JAWABAN :A 51. Proklamasi memberikan makna rasa bebas dan merdeka dari belenggu penjajah. Hal ini merupakan makna proklamasi dari aspek. A. sosiologis B. psikologis C. politis D. kultural KUNCI JAWABAN : A 52. Negara mengakui dan menghormati kesatuan-kesatuan masyarakat hukum adat beserta hak-hak tradisionalnya sepanjang masih hidup dan sesuai dengan perkembangan masyarakat dan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pernyataan tersebut adalah bunyi dari UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 pasal. A. 18A ayat 2 B. 18B ayat 2 C. 19 D. 17 KUNCI JAWABAN :B 53. Otonomi daerah adalah kewenangan daerah otonom untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat menurut prakarsa sendiri berdasarkan.

A. kehendak masyarakat dan para pejabat di daerah B. aspirasi masyarakat sesuai dengan peraturan perundang-undangan C. anjuran pemerintah pusat yang disesuaikan dengan kondisi daerah D. kehendak para wakil rakyat dan pemerintah daerah KUNCI JAWABAN : B 54. Berikut ini merupakan hak daerah dalam menyelenggarakan otonomi daerah adalah. A. pengelolaan seluruh kekayaan alam sesuai aspirasi masyarakat daerah B.

mengadakan hubungan luar negeri dengan ijin presiden C. mengangkat tentara dan polisi sesuai kebutuhan daerahnya masing-masing D. mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan KUNCI JAWABAN : D 55. Dengan adanya otonomi daerah, potensi sumber daya alam dapat dikelolah oleh sumber daya manusia yang dimiliki oleh daerah setempat supaya daerah dapat berkembang maju.

Peran daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia antara lain. A. meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam berbagai bidang kehidupan B. meningkatkan pendapatan per kapita bagi masyarakat pedesaan C. mengali sumber dana sebesar-besarnya untuk pembangunan di daerah D. membantu pemerintah pusat dalam penarikan pajak untuk pembangunan nasional KUNCI JAWABAN :A 56. Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan negara yang dibagi atas provinsi yang didalamnya dibagi atas kabupaten dan kota.

Pemerintah daerah menjalankan otonomi seluas-luasnya demi kemajuan daerahnya yang digali atas potensi daerah masing-masing. Kemajuan daerah akan lebih cepat tercapai apabila bangsa Indonesia memiliki nilai. A. persatuan dan kesatuan B. kesetiakawanan dalam berteman C. perjuangan dalam meraih cita-cita D.

kerukunan dalam menyelesaikan masalah KUNCI JAWABAN :A 57. Kegagalan perlawanan bangsa Indonesia melawan penjajah pada masa awal pergerakan nasional disebabkan. A. penduduknya sangat besar B. wilayah Indonesia yang luas C. perjuangan bersifat kedaerahan D. kurang memanfaatkan potensi alam KUNCI JAWABAN :C 58. Keterikatan daerah terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia ditegaskan dengan disepakati bentuk negara kesatuan yang menghendaki.

A. terjadinya persamaan di dalam menggunakan bahasa daerah dan nasional B. bersatunya seluruh wilayah Indonesia dalam satu negara C. hilangnya perbedaan adat istiadat di tiap-tiap daerah di Indonesia D. terciptanya keharmonisan hubungan rakyat dengan pejabat KUNCI JAWABAN :C 59. Sumber daya alam yang dimiliki negara Indonesia sangat melimpah tersebar di berbagai daerah yang akan dipergunakan demi kepentingan rakyat. Kekayaan alam setiap daerah di Indonesia merupakan.

A. kekayaan bagi pemerintah pusat B. kekayaan seluruh bangsa Indonesia C. milik pemerintah daerah setempat D. milik pihak-pihak yang mengelola KUNCI JAWABAN :B 60. Bumi air dan kekayaan yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat, merupakan bunyi UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, pasal. A. 33 ayat (1) B. 33 ayat (2) C. 33 ayat (3) D.

33 ayat (4) KUNCI JAWABAN :C 61. Dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia pernah terjadi upaya untuk mengganti bentuk negara. Bentuk negara yang sesuai dengan pasal 1 ayat 1 UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 adalah.

A. republik B. monarki C. federal D. kesatuan KUNCI JAWABAN :D 62. Nilai-nilai yang perlu ditanamkan dan disadari oleh setiap warga negara demi tegaknya NKRI adalah. A. setiap warga negara memiliki kedudukan bertingkat-tingkat sesuai dengan perjuangannya terhadap pemerintah pusat B.

setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama tanpa membeda-bedakan asal daerah C. setiap orang memiliki kesempatan yang sama dalam membela negara jika memang benar-benar dibutuhkan D. setiap orang diberi kesempatan membela negara jika menguntungkan dirinya KUNCI JAWABAN :B 63. Doni adalah mahasiswa di suatu universitas terkemuka dikotanya. Doni ingin ikut berpartisipasi dalam usaha bela negara. Salah satu usaha bela negara yang dapat Doni lakukan sebagai mahasiswa adalah.

A. ikut pelatihan dasar kemiliteran (Menwa) B. ikut organisasi anarkhis C. melakukan demonstrasi di depan Istana Negara D. menolak menjadi relawan di daerah-daerah terpencil KUNCI JAWABAN :A 64. Kirana berasal dari suatu suku bangsa dan tinggal di Jakarta. Kirana selalu menganggap kebudayaannya lebih unggul dan selalu membanggakan sebagai ujung tombak untuk mewujudkan kesejahteraan umum sendiri. Hal yang dilakukan Kirana merupakan ancaman dari bidang sosial dan budaya yang menunjukkan adanya sikap.

A. etnosentrisme B. nasionalisme C. konsumerisme D. primordialisme KUNCI JAWABAN :A 65. Bagi bangsa Indonesia keberagaman suku, bangsa, budaya, agama, ras, dan antar golongan apabila dikelola dengan baik merupakan. A. mendorong percepatan pembangunan daerah B. sumber pendapatan di daerah-daerah C. kekayaan bangsa yang sangat berharga D. modal pokok dalam pembangunan nasional KUNCI JAWABAN :C 66. Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik.

Hal ini bunyi pasal dalam batang tubuh UUD 1945 pasal . A. 1 ayat (1) B. 1 ayat (2) C. 2 ayat (1) D. 18 ayat (1) KUNCI JAWABAN : A 67. Nilai persatuan dan kesatuan termaktub dalam pembukaan UUD 1945 alenia . A. pertama B. kedua C. ketiga D. keempat KUNCI JAWABAN : D 68.

Bentuk negara kesatuan dimana segala sesuatu dalam negara tersebut diatur langsung dan diurus pemerintah pusat sedangkan daerah - daerah tinggal melaksanakannya adalah bentuk negara kesatuan dengan sistem .

A. sentralisasi B. desentralisasi C. demokrasi D. otonomi KUNCI JAWABAN : A 69. Konstitusi negara Indonesia secara tegas mengakui dan menghormati satuan-satuan pemerintahan daerah yang bersifat istimewa dan masyarakat hukum adat. Di bawah ini yang bukan termasuk masyarakat hukum adat adalah .

sebagai ujung tombak untuk mewujudkan kesejahteraan umum, maka

A. marga B. nagari C. gampong D. rukun warga KUNCI JAWABAN : D 70. Berikut ini adalah daerah yang menyandang status otonomi khusus atau istimewa, kecuali . A. Daerah Istimewa Yogyakarta B. Provinsi Papua Barat C. Jawa Tengah D. Daerah Khusus Ibukota KUNCI JAWABAN : C 71. Berdasarkan pasal 18 ayat (1) UUD 1945 Amandemen, negara kesatuan yang dianut adalah negara kesatuan dengan sistem .

A. sentralisasi B. desentralisasi C. terpusat D. kesatuan KUNCI JAWABAN : B 72. Berikut sebagai ujung tombak untuk mewujudkan kesejahteraan umum pernyataan yang tidak benar berkaitan dengan isi pasal 18 ayat (1) sampai ayat (6) adalah . A. daerah otonom mengatur dan mengurus urusan pmerintahan menurut asas otonomi dan tugas pembantuan B. kepala daerah dipilih secara demokratis C.

Pemerintah daerah menjalankan otonomi seluas- luasnya, kecuali urusan pemerintahan yang oleh undang- undang ditentukan sebagai urusan pemerintah pusat D. pemerintah daerah otonom tidak memiliki DPRD KUNCI JAWABAN : D 73. Di bawah ini yang bukan merupakan tujuan negara seperti yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 adalah .

A. melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia B. memajukan kesejahteraan umum C. mencerdaskan kehidupan bangsa D.

menjaga ketertiban hanya untuk wilayah- wilayah yang berdekatan dengan negara Indonesia KUNCI JAWABAN : D 73. Tujuan pembentukan negara Indonesia sejalan dengan cita- cita negara kesatuan republik Indonesia yaitu mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur sesuai dengan amanat pembukaan UUD 1945 alenia .

A. pertama B. kedua C. ketiga D. keempat KUNCI JAWABAN : B 75. Melaksanakan kerjasama dengan negara lain menurut pembukaan UUD 1945 harus dilandasi oleh nilai- nilai . A. kesamaan dan kesatuan B. perdamaian dan keadilan sosial C.

persatuan dan perdamaian D. kemakmuran dan kesejahteraan KUNCI JAWABAN : B 76. Di bawah ini adalah salah satu manfaat dan kesempatan yang diperoleh rakyat dalam pelaksanaan otonomi daerah, kecuali . A. memajukan daerahnya B.

memperluas daerah otonomi C. mengenal dengan baik daerahnya D. memecahkan masalah berdasarkan situasi dan kondisi setempat KUNCI JAWABAN : B 77. Penyerahan wewenang pemerintahan oleh pemerintah ke daerah otonom untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan dalam sistem NKRI disebut . A. sentralisasi B. dekonsentrasi C. desentralisasi D. tugas pembantuan KUNCI JAWABAN : C 78. Pelimpahan sebagian urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan pemerintah pusat kepada gubernur sebagai wakil pemerintah pusat, kepada instansi vertikal di wilayah tertentu, dan atau kepada gubernur dan bupati atau walikota sebagai penanggung jawab urusan pemerintahan umum disebut .

A. sentralisasi B. dekonsentrasi C. desentralisasi D. tugas pembantuan KUNCI JAWABAN : B 79. Penugasan sebagai ujung tombak untuk mewujudkan kesejahteraan umum pemerintah pusat kepada daerah otonom untuk melaksanakan sebagian urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan pemerintah pusat atau dari pemerintah daerah provinsi kepada daerah kabupaten/ kota untuk melaksanakan sebagaian urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah provinsi disebut .

A. sentralisasi B. dekonsentrasi C. desentralisasi D. tugas pembantuan KUNCI JAWABAN : D 80. Salah satu prinsip otonomi daerah dimana daerah leluasa untuk menyelenggarakan pemerintahan yang mencakup semua bidang pemerintahan, kecuali kewenangan di bidang politik luar negeri, pertahanan keamanan, peradilan oneter dan fiskal, agama, serta kewenangan bidang lain yyang ditetapkan oleh aturan pemerintah merupakan prinsip .

A. nyata B. luas C. bertanggung jawab D. bertujuan KUNCI JAWABAN : B 81. Prinsip otonomi dimana daerah menangai urusannya berdasarkan tugas, wewenang, dan kewajiban yang telah ada sebagai ujung tombak untuk mewujudkan kesejahteraan umum berpotensi untuk tumbuh, hidup dan berkembang sesuai dengan potensi dan kekhasan daerah adalah prinsip . A. nyata B. luas C. bertanggung jawab D. bertujuan KUNCI JAWABAN : A 82. Penyelenggaraan otonomi harus berjalan sesuai dengan tujuan dan untuk memberdayakan daerah termasuk mensejahterakan rakyat yang merupakan bagian utama dari tujuan nasional.

Hal ini termasuk dalam prinsip . A. nyata B. luas C. bertanggung jawab D. bertujuan KUNCI JAWABAN : C 83. Perhatikan hal- hal berikut ini, (1) peningkatan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat yang semakin baik (2) pengembangan kehidupan demokrasi (3) keadilan (4) pemisahan dari pemerintah pusat (5) mendorong untuk memberdayakan masyarakat (6) menumbuhkan prakarsa dan kreativitas Tujuan pemberian otonomi kepada daerah ditunjukkan oleh nomor .

A. (1), (2), (3), (4), (5) B. (2), (3), (4), (5), (6) C. (1), (3), (4), (5), (6) D. (1), (2), (3), (5), (6) KUNCI JAWABAN : D 84. Berdasaran asas otonomi daerah, maka setiap daerah memiliki kewenangan yang luas dalam hal .

sebagai ujung tombak untuk mewujudkan kesejahteraan umum, maka

A. kebijakan fiskal dan moneter B. mengelola keuangan negara C. melaksanakan politik luar negeri D. mengelola keuangan daerah KUNCI JAWABAN : D 85. Sebagai ujung tombak untuk mewujudkan kesejahteraan umum, maka . A. otonomi merupakan kemerdekaan dan keleluasaan daerah dalam mengatur daerahnya sendiri tanpa campur tangan pemerintah pusat B. daerah selalu memerlukan bantuan pemerintah pusat dalam membangun daerahnya C. otonomi merupakan kemerdekaan untuk daerah- daerah masing- masing D.

kekuatan masyarakat berada di daerah bersama- sama untuk mewujudkan kesehateraan Bersama KUNCI JAWABAN : D SOAL URAIAN 86. Jelaskan perbedaan kondisi alam dapat menyebabkan keberagaman masyarakat Indonesia! PEMBAHASAN : Kondisi alam yang berbeda seperti daerah pegunungan, pantai, padang rumput, dataran rendah, rawa, dan laut mengakibatkan perbedaan masyarakat.

Masyarakat di daerah pantai berbeda dengan masyarakat pegunungan, seperti perbedaan bentuk rumah, mata pencaharian, makanan pokok, pakaian, kesenian bahkan kepercayaan.

87. Berikan alasan keberagaman masyarakat Indonesia bisa menjadi potensi (kekayaan bangsa)! PEMBAHASAN : Keberagaman masyarakat Indonesia dikatakan sebagai potensi (kekayaan bangsa), karena akan membuat bangsa kita menjadi bangsa yang besar dan memiliki kekayaan yang melimpah, baik kekayaan alam maupun kekayaan budaya yang dapat menarik minat wisatawan asing untuk mengunjungi Indonesia. 88. Tuliskan 2 (dua) nama lain gotong royong di Indonesia!

PEMBAHASAN : - Subak (Bali) - Sabilulungan (Jawa Barat) - Manunggal sakato (Sumatra Barat) - Sikaroban (Palembang) - Gugur gunung (Jawa) - Mapalus (Minahasa) 89. Bagaimana cara menumbuhkan semangat kerjasama di lingkungan sekolah ! PEMBAHASAN : - Tentukan tujuan bersama - Berpartisipasi aktif menyusun dan melaksanakan aturan sekolah - Selalu bekerjasama - Saling percaya - Saling menghargai dan memberikan penghargaan - Tidak membuat masalah 90.

Jelaskan makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia dilihat dari aspek hukum ! PEMBAHASAN : Proklamasi merupakan pernyataan keputusan politik tertinggi bangsa Indonesia untuk menghapuskan hukum kolonial diganti dengan hukum nasional yaitu lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia Demikianlah soal penilaian akhir tahun (PAT), soal penilaian akhir sekolah (PAS), soal ulangan kenaikan kelas (UKK), soal ulangan akhir sekolah (UAS) mata pelajaran PPKN kelas 7 SMP semester 1 dan semester 2, yang bisa saya bagikan melalui kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk anda yang membutuhkannya.

Sekian dan Terimakasih.
Hai Sahabat Ahzaa, masih di materi pelajaran PPKn kelas 7 SMP/ MTs semester 2 bab 6 tentang Daerah dalam kerangka negara kesatuan republik Indonesia sebagai ujung tombak untuk mewujudkan kesejahteraan umum post ini akan kita lanjutkan lagi latihan soalnya, yaitu ke sub bab pertama bagian kedua sebagai ujung tombak untuk mewujudkan kesejahteraan umum Pengertian Daerah dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

14. Penugasan dari pemerintah pusat kepada daerah otonom untuk melaksanakan sebagian urusan pemerintahan yyang menjadi kewenangan pemerintah pusat atau dari pemerintah daerah provinsi kepada daerah kabupaten/ kota untuk melaksanakan sebagaian urusan pemerintahan sebagai ujung tombak untuk mewujudkan kesejahteraan umum menjadi kewenangan daerah provinsi disebut .

15. Salahs atu prinsip otonomi daerah dimana daerah leluasa untuk menyyelenggarakan pemerintahan yang mencakup semua bidang pemerintahan, kecuali kewenangan di bidang politik luar negeri, pertahanan keamanan, peradilan oneter dan fiskal, agama, serta kewenangan bidang lain yyang ditetapkan oleh aturan pemerintah merupakan prinsip .

Hai Sahabat Ahzaa, masih di materi pelajaran PPKn kelas 7 SMP/ MTs semester 2 bab 6 tentang Daerah dalam kerangka negara kesatuan republik Indonesia pada post ini akan kita lanjutkan lagi latihan soalnya, yaitu ke sub bab pertama bagian kedua yaitu Pengertian Daerah dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. 14.

Penugasan dari pemerintah pusat kepada daerah otonom untuk melaksanakan sebagian urusan pemerintahan yyang menjadi kewenangan pemerintah pusat atau dari pemerintah daerah provinsi kepada daerah kabupaten/ kota untuk melaksanakan sebagaian urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah provinsi disebut .

15. Salahs atu prinsip otonomi daerah dimana daerah leluasa untuk menyyelenggarakan pemerintahan yang mencakup semua bidang pemerintahan, kecuali kewenangan di bidang politik luar negeri, pertahanan keamanan, peradilan oneter dan fiskal, agama, serta kewenangan bidang lain yyang ditetapkan oleh aturan pemerintah merupakan prinsip .

Desa Budaya (Desa Citorek Timur)




2022 www.videocon.com