Contoh soal barisan dan deret beserta jawaban

contoh soal barisan dan deret beserta jawaban

none Deret Geometri Tak Hingga adalah deret geometri yang memiliki banyak sukunya tak terhingga. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas materi deret geometri tak hingga termasuk konvergen dan divergen, hingga contoh soal. Langsung saja simak pembahasan berikut. Agar lebih mudah, harus mengetahui dahulu suku pertama (a) dan rasionya (r). Jika contoh soal barisan dan deret beserta jawaban mengetahui a dan r nya, sekarang pelajari rumus suku ke – n (Un) dan juga rumus jumlah n suku yang pertama (Sn) Rumus Mencari Suku ke-n (U n) Suku ke-n pada barisan dan deret geometri bisa ditemukan dengan menggunakan rumus berikut.

U n = ar n-1 Rumus Mencari S n S n adalah jumlah n suku pertama pada barisan dan deret. Nah bagaimana cara kita mencari tau S n pada barisan dan deret geometri? Di bawah ini adalah rumusnya. Selanjutnya di bawah ini adalah rumus mencari Sn. Demikian rumus S n dalam barisan dan deret geometri. Nah selain mencari Un dan Sn, kita akan bahas tentang barisan dan deret tak hingga.

Bentuk umum dari deret geometri tak hingga yaitu : a + ar + ar 2 + ar 3 + … Keterangan β€’ a: suku pertama β€’ r: rasio. Ada dua istilah yang sering dipakai menyangkut barisan atau deret tak hingga, yaitu: β€’ Konvergen β€’ Divergen. Konvergen yaitu menuju kepada suatu titik tertentu. Sedangkan divergen berarti menyebar, berisolasi, dan mungkin konstan, tidak memusat atau tidak menuju ke suatu titik tertentu.

Deret Geometri Tak Hingga Konvergen dan Divergen Barisan geometri tak hingga masuk kategori konvergen jika suku ke tak hingga dari barisannya mendekati suatu nilai tertentu, dengan nilai rasio antara -1 dan 1.

contoh soal barisan dan deret beserta jawaban

Pada deret geometri, kekonvergenan bisa dilihat dari rasio deret tersebut. Deret geometri tak hingga dikatakan konvergen jika dan hanya jika -r- < 1. Jumlah Deret geometri tak hingga konvergen dapat dihitung dengan rumus: Sedangkan Deret geometri tak hingga dikatakan divergen dan tidak memiliki jumlah jika -r- β‰₯ 1. Catatan : β€’ -r- < 1 ≑ -1 < r < 1 β€’ -r- β‰₯ 1 ≑ r ≀ -1 atau r β‰₯ 1 Dari barisan dan deret tersebut, bisa dilihat antara suku pertama dengan suku kedua, antara suku kedua dan suku ketiga juga seterusnya selalu punya pengali (rasio) yang sama.

Contoh Soal Deret Geometri Tak Hingga Suku ke-2 dan suku ke-4 suatu deret geometri tak hingga berturut-turut adalah 1 dan 1/ 9.

contoh soal barisan dan deret beserta jawaban

Jika rasionya positif, maka jumlah semua suku dari deret geometri itu adalah β‹― A. 4 1/ 2 B. 3 C. 4 D. 2 E. 1/ 2 Diketahui U 2 = 1 dan U 4 = 1/ 9 Rasio deret ini dapat dihitung dengan melakukan perbandingan seperti berikut.

Karena rasionya diketahui positif, maka diambil r = 1/ 3 Selanjutnya, mari kita tentukan suku pertamanya. U 2 = ar 1 = a Γ— 1/ 3 a = 3 Maka jumlah deret tersebut adalah Demikian pembahasan tentang deret geometri tak hingga. Semoga bermanfaat. Pelajari Materi Terkait Barisan & Deret Aritmatika Contoh Soal Barisan dan Deret Aritmatika Barisan dan Deret Geometri Segitiga Persamaan Eksponen Posted in Matematika Leave a comment Post navigation Recent Posts β€’ Contoh Soal Matematika Kelas 3 SD Semester 1 2019 β€’ Kecepatan, Jarak, & Waktu (Rumus & Contoh Soalnya) β€’ Jajar Genjang: Pengertian, Sifat, Rumus Luas & Keliling, Contoh Soal & Pembahasannya β€’ Turunan Fungsi Trigonometri: Pengertian dan Contoh Soal β€’ Payback Period: Pengertian, Rumus, Kelebihan, Kekurangan, Contoh Soal
Tes Logika Pada umumnya tidak memerlukan penalaran verbal atau numerik meski ada variasi yang ada.

Terutama tes yang mengukur kemampuan khusus sektoral tertentu dapat memiliki pertanyaan uji verbal dan numerik. Singkatnya, inti dari tes contoh soal barisan dan deret beserta jawaban ini adalah untuk dapat memecahkan persoalan secara logis. Apakah Tes Penalaran Logika? Tes penalaran logis (juga dikenal sebagai tes penalaran kritis) dirancang untuk menilai kemampuan Anda dalam keterampilan seperti bagaimana menafsirkan pola, urutan bilangan atau hubungan antar bentuk.

Tes logika memiliki banyak kesamaan dengan tes diagram, serta tes penalaran abstrak dan tes penalaran induktif. Ada juga versi verbal tes penalaran logis diagram dan verbal yang akan kita bahas dibawah ini. Siapa Yang Menggunakan Tes Penalaran Logis? Tes penalaran logis sering digunakan selama proses aplikasi untuk melamar bekerja, seperti antara lain di bank investasi, akuntansi, layanan profesional dan perusahaan konsultan. Tes Penalaran Logika Diagramatik Jenis pertanyaan ini mengharuskan Anda untuk melihat beberapa data, mengidentifikasi pola atau aturan dan kemudian menemukan objek mana yang tidak sesuai dengan peraturan tersebut.

Hati-hati terhadap posisi relatif, jumlah item, hubungan antara item, warna, bentuk dan orientasi bentuk: ada banyak variasi yang berbeda pada peraturan ini dan mungkin ada beberapa data asing di sana yang mempersulit peraturan. Tes Penalaran Logika Numerik Tes yang ditujukan untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam berhitung dengan benar dalam waktu yang terbatas.

Ruang lingkup tes numerik meliputi perhitungan, estimasi, interpretasi data dan logika matematika, serta barisan dan deret angka. Contoh Tes Penalaran Logika Numerik Hasil dari -4 + 10 : 2 (-5) adalah… a) -29 b) -12 c) -15 d) 5 Jawaban: a) -29 Pembahasan: -4 + 10 : 2 x (-5) = -4 + 5 x (-5) = -4 –25 = -29 Di website kita, Anda juga dapat temukan contoh-contoh tes lainnya tentang tes logika numerik: β€’ Logika Aritmatika: Jika 3 + 1 = 24, 5 + 2 = contoh soal barisan dan deret beserta jawaban, Jadi 7 + 5 = ???

β€’ Tes Matematika Deret Angka – Bersama Cara Menghitung Kuadrat Dan Akar Kuadrat β€’ Hanya Untuk Yang Jenius: Jika 8 = 56, 7 = 42, 6 = 30, 5 = 20, Jadi 3 = ? β€’ Teka-Teki Angka Piramida Jenius – Hanya Untuk Yang Jenius β€’ Test Matematika Jika 1 1 1 1 = 5 Jadi 5 5 5 5 = ??? β€’ Sebuah botol tutupnya berberat 110g.

Berat botol 100g lebih berat daripada tutupnya. Berapa berat tutupnya? Tips Uji Penalaran Numerik dan Teknik Terbaik Kelima tips ini layak diingat sebelum Anda mengambil tes penalaran numerik secara nyata: β€’ Bawa dan gunakan stopwatch. β€’ Bersiaplah dengan kertas bekas atau buram, jika ingin melakukan tes online. β€’ Bekerja dengan cepat tapi hati-hati, beberapa jawaban yang ada, untuk menipu Anda. β€’ Hitung jumlah waktu maksimum yang akan dialokasikan untuk setiap pertanyaan dan patuhilah, gunakan stopwatch Anda.

β€’ Jika Anda belum melakukan atau menghafalkan beberapa rumus matematika, Anda harus berlatih, jika tidak, mungkin Anda akan gagal.

contoh soal barisan dan deret beserta jawaban

Tesnya berjangka waktu dan biasanya ada tekanan dalam waktu atau Anda harus menyelesaikan dengan sesingkat mungkin. Sebagian besar tes online dirancang untuk diselesaikan dalam waktu yang dialokasikan.

Perhatikan bahwa tes tertulis, bagaimanapun, sering dirancang agar tidak mungkin dilakukan dalam batas waktu. Tes Penalaran Logis Verbal Tes logika verbal selalu terdiri dari serangkaian pertanyaan (biasanya 20 sampai 30) berdasarkan rujukan singkat yang disebut rangsangan.

Setiap stimulus berbentuk argumen – sebuah kesimpulan berdasarkan bukti. Anda perlu memahami rangsangan untuk menjawab pertanyaan berdasarkan hal itu. Jenis pertanyaan yang umum termasuk pelemahan, penguatan, asumsi, titik utama, inferensi dan logika paralel. Masing-masing dirancang untuk menguji kemampuan Anda untuk memahami, menganalisis, mengevaluasi dan memanipulasi argumen.

contoh soal barisan dan deret beserta jawaban

Contoh Tes Penalaran Logis Verbal 1) Cari huruf yang diperlukan: A, B, C, ?, E, F, G, ?, ?, ?, ?, ?, M, N Jawaban: D, H, I, J, K, L. 2) Sebuah jam dinding berdentang 1 kali pada jam 1, 2 kali pada jam 2 dan seterusnya hingga berdentang 12 kali pada jam 12.

Pada jam 3, jam dinding tersebut berdentang selama 3 detik. Berapa detik yang diperlukan jam dinding tersebut untuk berdentang pada jam 6? Jawaban: 7,5 detik.

contoh soal barisan dan deret beserta jawaban

Jawaban Tes Logika Dan Jawabannya β€œGembok” (Seperti Gambar) Yang paling logis adalah nomer 1. Jika Anda ingin membuka semuanya, maka gembok nomer satu adalah yang paling mudah dan cepat untuk membuka semuanya secara serentak, karena batang besi horisontal tidak akan terhambat oleh tembok / dinding.

Gambar ini diambil dari segi atau sudut pengambilan gambar dengan kemiringan 45Β°, yang dimana ilusi optik sedang bekerja untuk mempengaruhi otak kita dan membuat lebih sulit untuk ditebak. Jika Anda memilih gembok nomer dua terlebih dahulu, maka batang besi horisontal akan terhambat oleh tembok / dinding. Tips Untuk Tes Penalaran Logika Verbal Dan Teknik Terbaik Tujuh tips ini patut diingat sebelum Anda mengikuti tes penalaran secara nyata: β€’ Ingatlah bahwa tes tersebut memiliki jangka waktu.

contoh soal barisan dan deret beserta jawaban

Penting untuk menentukan berapa banyak waktu yang dapat Anda habiskan untuk setiap pertanyaan secara keseluruhan dan pastikan hal itu tidak memungkinkan untuk Anda untuk menyelesaikan lebih lama. β€’ Berlatihlah terlebih dahulu. Pertanyaan dirancang untuk kamuflase / menipu Anda dan teks akan sering ditulis dengan cara yang sengaja / ambigu. Sebaiknya ikuti tes latihan untuk membantu Anda terbiasa dengan gaya penulisan dan pertanyaan yang kemungkinan akan Anda hadapi.

β€’ Baca pertanyaannya dulu. Jika ditampilkan, baca pertanyaannya sebelum Anda membaca teksnya, jadi Anda tahu apa yang Anda cari.

contoh soal barisan dan deret beserta jawaban

β€’ Jangan gunakan pengetahuan umum. Semua yang Anda butuhkan untuk menjawab pertanyaan disertakan dalam bagian ini, jadi jangan tergoda untuk membiarkan pengetahuan umum Anda memengaruhi jawaban Anda. β€’ Ambil semuanya secara harfiah / benar-benar. Bagian yang harus ditafsirkan secara harfiah sebagai pernyataan tertulis yang tersirat belum tentu benar kecuali dinyatakan secara eksplisit.

β€’ Jika Anda tidak dapat melihatnya, berarti itu tidak ada. Beberapa pertanyaan akan mengenai hal-hal yang tidak termasuk dalam bagian ini. β€’ Pada umumnya Anda bisa mengubah jawaban Anda. Kononnya, usahakan jangan sampai menghabiskan banyak waktu berdebat soal satu pertanyaan dan membuang waktu yang bergulir untuk berbolak-balik.

TES DAN EVALUASI PSIKOTEKNIS Selama beberapa tahun, tes psikoteknik telah menjadi inti dari proses rekrutmen dan seleksi, baik untuk perusahaan maupun untuk sekolah dan administrasi.

contoh soal barisan dan deret beserta jawaban

Apakah Anda seorang siswa yang bersaing untuk kursus selektif, lulusan muda yang melamar posisi pertama, atau orang dewasa dalam situasi pelatihan ulang, ada kemungkinan besar bahwa proses evaluasi Anda akan mencakup tes psikoteknik.

Dimensi yang dieksplorasi oleh tes umumnya termasuk dalam kategori berikut (mereka sangat dekat dengan tes kecerdasan – tes IQ): β€’ Bakat logis (penalaran induktif dan penalaran deduktif). Penalaran numerik (kemampuan untuk melakukan operasi, untuk memecahkan masalah). β€’ Keterampilan verbal (ejaan, tata bahasa, pemahaman). Penalaran spasial (representasi mental dan manipulasi gambar 2D dan 3D).

β€’ Kemampuan perhatian. β€’ Memori kerja dan kecepatan pemrosesan informasi. β€’ Bergantung pada keterampilan yang akan diukur oleh tes, kategori-kategori ini akan lebih atau kurang terwakili. Secara umum, tes dipecah menjadi beberapa bagian, masing-masing mengelompokkan sejumlah variabel item.

Langkah pertama, misalnya penalaran logis, keterampilan numerik kedua, penalaran spasial ketiga, keterampilan verbal keempat, keterampilan organisasi kelima dan terakhir konsentrasi. Urutan kategori dapat berbeda dan item dapat dicampur. Beberapa acara dapat terdiri dari item yang termasuk dalam satu kategori. Tes psikoteknik yang bertujuan untuk mengevaluasi keterampilan penalaran induktif seorang kandidat dapat terdiri dari pertanyaan-pertanyaan berdasarkan resolusi matriks.

Bacaan Lainnya β€’ Berapa Kecerdasan IQ Anda? Tes IQ Anda Disini β€’ 10 Cara Menjadi Lebih Pintar Dengan Cepat Dan Menaikan IQ & Terbukti Secara Ilmiah β€’ 10 Cara Menjadi Disiplin Untuk Mencapai Sebuah Tujuan Atau Target β€’ Tes Ketelitian Otak: 10 Cara Menjadi Lebih Teliti Dan Pasti Berhasil β€’ Perbedaan Ketelitian, Ketepatan Dan Kecermatan Pada Kalkulasi & Cara Untuk Mencegah Kesalahan Menghitung β€’ Tes Ketelitian: Semua Penguin Identik Kecuali 1 – Beserta Fakta Tentang Penguin: Spesies & Habitat β€’ 10 Cara Belajar Pintar, Efektif, Cepat Dan Mudah Di Ingat & Untuk Ulangan & Ujian Pasti Sukses!

β€’ Kepalan Tangan Menandakan Karakter Anda & Kepalan nomer berapa yang Anda miliki? Sumber bacaan: Institute of Psychometric Coaching, Unduh contoh soal barisan dan deret beserta jawaban Download Aplikasi HP Pinter Pandai Respons β€œOoo begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita! Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

contoh soal barisan dan deret beserta jawaban

β€’ HP Android β€’ HP iOS (Apple) Pinter Pandai β€œBersama-Sama Berbagi Ilmu” Quiz - Matematika - IPA - Geografi & Sejarah - Info Unik - Lainnya - Business & Marketing Kategori β€’ AGAMA (257) β€’ Buddha (15) β€’ Hindu (9) β€’ Islam (118) β€’ Katolik (83) β€’ Konghucu (8) β€’ Protestan (79) β€’ Arti Mimpi (304) β€’ Business Marketing (219) β€’ Geografi & Sejarah (939) β€’ Ilmu Pengetahuan (234) β€’ IPA (846) β€’ Fisika (82) β€’ Kimia (65) β€’ Lainnya (819) β€’ Makanan & Minuman (121) β€’ Matematika (456) β€’ Akuntansi (107) β€’ Sehat dan Cantik - Kesehatan & Pengobatan (1.060) β€’ Top 10 (113) β€’ Bentuk Pangkar, Akar, dan Logaritma β€’ Persamaan Linear β€’ Nilai Mutlak β€’ SPLDV β€’ Program Linear β€’ Barisan dan Deret 1 – 10 Soal Ujian Matematika Semester 1 Pilihan Ganda dan Kunci Jawaban 1.

Sederhanakan : 5√24 + 3√3(√18 + 2√32) A. 40√6 B. 41√6 C. 42√6 D. 43√6 E. 44√6 Jawaban : D Pembahasan : 5√24 + 3√3(√18 + 2√32) = 5√4 √6 + 3√3 √18 + 3√3. 2√32 =5.2 √6 + 3√3 √9√2 + 3√3 .2√16√2 = 10√6 + 3√3 .3√2 + 3√3.

2 .4√2 = 10√6 + 9√6 + 24√6 = 43√6 2. Sederhanakan: (1 + 3√2) βˆ’ (4 βˆ’ √50) A. 8√2 – 3 B. 2√2 βˆ’ 3 C. 8√2 + 3 D. 2√2 + 3 E.

4√2 βˆ’ 3 Jawaban : C Pembahasan : (1 + 3√2) βˆ’ (4 βˆ’ √50) = 1 + 3√2 βˆ’ 4 + √50 = 1 + 3√2 βˆ’ 4 + √25 √2 = 1 + 3√2 βˆ’ 4 + 5√2 = βˆ’ 3 + 8√2 atau = 8√2 βˆ’ 3 3. Tentukanlah Bentuk sederhana dari adalah…. Jawaban : A Pembahasan : 4. Fungsi eksponensial dari grafik di bawah ini adalah …. A. f(x)=32x B. f(x)=3x C. f(x)=3-x D. f(x)=2x E. f(x)=2-x Jawaban: B Pembahasan Pada grafik di atas dapat dilihat melalui dua titik, yaitu (0,1) dan (1,3).

Untuk mendapatkan fungsi eksponensial tersebut, kita harus mensubstitusikan kedua titik yang ada ke dalam persamaan fungsi eksponensial secara umum f(x)=b Γ— ax untuk mencari nilai a dan b, sehingga: Untuk titik (0,1) didapat f(x)=b Γ— ax 1 = b Γ— a0 1 = b Γ— 1 b = 1 Untuk titik (1,3) didapat f(x)=b Γ— ax=1 Γ— ax=ax (masukkan nilai b contoh soal barisan dan deret beserta jawaban 1) f(x) = ax 3 = a1 3 = a Maka, fungsi eksponensial dari grafik tersebut adalah f(x) = b Γ— ax f(x) =1 Γ— 3x f(x) =3x 5.

Tentukan nilai dari: 2log 8 + 3log 9 + 5log 125 adalah… A. -4 B. -8 C. 0 D. 4 E. 8 Jawaban : E Pembahasan : 2log 8 + 3log 9 + 5log 125 = 2log 2 3 + 3log 3 2 + 5log 5 3 = 3 2log 2 + 2 3log 3 + 3 5log 5 = 3 + 2 + 3 = 8 Baca Juga : 20+ Soal Pangkat, Akar, dan Logaritma Pilihan Ganda [+Pembahasan] 6.

Tentukan nilai dari 2log 1/8 + 3log 1/9 + 5log 1/125 adalah… A. -4 B. -8 C. 0 D. 4 E. 8 Jawaban : B Pembahasan : 2 log 1 / 8 + 3 log 1 / 9 + 5 log 1 / 125 = 2log 2 βˆ’3 + 3log 3 βˆ’2 + 5log 5 βˆ’3 = βˆ’ 3 βˆ’ 2 βˆ’ 3 = βˆ’ 8 7. Tentukan nilai dari 4log 8 + 27log 9 adalah. . A. 10/6 B. 12/6 C. 13/6 D. 14/6 E. 15/6 Jawaban : C Pembahasan : 4log 8 + 27log 9 = 22log 2 3 + 33log 3 2 = 3/2 2log 2 + 2/3 3log 3 = 3/2 + 2/3 = 9/6 + 4/6 = 13/6 8.

Tentukan nilai dari 8log 4 + 27log 1/9 adalah. . A. -2 B. -1 C. 0 D. 1 E. 2 Jawaban : C Pembahasan : 8log 4 + 27log 1/9 23log 2 2 + 33log 3 βˆ’2 = 2/3 2log 2 + contoh soal barisan dan deret beserta jawaban 3log 3 = 2/3 βˆ’ 2/3 = 0 9. Tentukan nilai dari √2log 8 adalah. . A.

10 B. 8 C. 6 D. 4 E. 2 Jawaban : C Pembahasan : √2log 8 = 21/2log 2 3 = 3/0,5 2log 2 = 3/0,5 = 6 10. Tentukan nilai dari √3log 27 adalah. . A. 10 B. 8 C. 6 D. 4 E. 2 Jawaban : D Pembahasan : √3log 9 = 31/2log 3 2 = 2/0,5 3log 3 = 2/0,5 = 4 11 – 20 Soal Ujian Matematika K13 Semester 1 beserta Pembahasannya 11.

Diketahui: log p = A log q = B Tentukan nilai dari log p 3 q 2 A. 2A + 2B B. 2A + 3B C. 3A + 3B D. A + B E. 3A + 2B Jawaban : E Pembahasan : log p 3 q 2 = log p 3 + log q 2 = 3 log p + 2 log q = 3A + 2B 11. Nilai x dari persamaan linier 7x+23=4x-1 adalah …. A. -3 B. -1 C. 0 D. 1 E. 3 Jawaban: D Pembahasan 7x + 23 = 4x – 1 7x + 2 = 3 ( 4x – 1) 7x + 2 = 12x – 3 7x – 12x = – 3 – 2 – 5 x = -5 12.

Diberikan dua buah persamaan yaitu persamaan linear dua variable dan kuadrat sebagai berikut: β€’ (i) y = 2x + 3 β€’ (ii) y = x 2 βˆ’ 4x + 8 Tentukan himpunan penyelesaian (Hp) dari kedua persamaan tersebut! A. {(10, 5), (5, 13)} B. {(1, 5), (2, 13)} C. {(2, 5), (5, 13)} D. {(10, 5), (2, 13)} E. {(1, 5), (5, 13)} Jawaban : E Pembahasan : Substitusikan y dari persamaan (i) ke y pada persamaan (ii), atau sebaliknya dari (ii) ke (i), lanjutkan dengan operasi aljabar.

x 2 βˆ’ 4x + 8 = 2x + 3 x 2 βˆ’ 4x + 8 βˆ’ 2x βˆ’ 3 = 0 x 2 βˆ’ 6x + 5 = 0 Berikutnya faktorkan: x 2 βˆ’ 6x + 5 = 0 (x βˆ’ 1)(x βˆ’ 5) = 0 Dapatkan nilai x yang pertama: x βˆ’ 1 = 0 x = 1 Dapatkan nilai x yang kedua: x βˆ’ 5 = 0 x = 5 Berikutnya mencari nilai-nilai dari y dengan substitusi nilai x ke persamaan (i): Untuk x = 1 maka y = 2x + 3 y = 2(1) + 3 contoh soal barisan dan deret beserta jawaban = 2 + 3 y = 5 Dari sini didapatkan pasangan (x, y) yaitu (1, 5) Untuk x = 5 maka y = 2x + 3 y = 2(5) + 3 y = 10 + 3 y = 13 Dari sini didapatkan pasangan (x, y) yaitu (5, 13) Sehingga himpunan penyelesaiannya :{(1, 5), (5, 13)} 14.

Diberikan dua buah persamaan sebagai berikut: β€’ (i) y = 5x + 4 β€’ (ii) y = x 2 + 13x βˆ’ 16 Tentukan himpunan penyelesaian (Hp) dari kedua persamaan tersebut! A. {(βˆ’ 10, βˆ’ 46), (2, 14)} B. {(βˆ’ 10, βˆ’ 46), (2, 12)} C. {(βˆ’ 10, βˆ’ 45), (2, 14)} D. {(βˆ’ 5, βˆ’ 46), (2, 14)} E. {(βˆ’ 10, βˆ’ 45), (2, 12)} Jawaban : A Pembahasan : x 2 + 13x βˆ’ 16 = 5x + 4 x 2 + 13x βˆ’ 16 βˆ’ 5x βˆ’ 4 = 0 x 2 + 8x βˆ’ 20 = 0 (x + 10)(x βˆ’ 2) = 0 Nilai x yang pertama x + 10 = 0 x = βˆ’ 10 Nilai x yang kedua x βˆ’ 2 = 0 x = 2 Nilai-nilai y, dari persamaan pertama: Untuk x = βˆ’ 10 didapat nilai y y = 5x + 4 y = 5(βˆ’10) + 4 = βˆ’ 46 Untuk x = 2, didapat nilai y y = 5x + 4 y = 5(2) + 4 = 14 Hp : {(βˆ’ 10, βˆ’ 46), (2, 14)} 14.

Diketahui log 40 = A dan log 2 = B, tentukan nilai dari log 20 A. 2A βˆ’ B B. 2A + B C. A βˆ’ 2B D. A + B E. A βˆ’ B Jawaban : E Pembahasan log 20 = log 40/2 = log 40 βˆ’ log 2 = A βˆ’ B 15. Diketahui 2log √ (12 x + 4) = 3. Tentukan nilai x A. 1 B. 2 C. 3 D. 4 E. 5 Jawaban : E Pembahasan 2log √ (12 x + 4) = 3 Ruas kiri bentuknya log, ruas kanan belum bentuk log, ubah dulu ruas kanan agar jadi bentuk log.

Ingat 3 itu sama juga dengan 2log 2 3. Ingat rumus alog a b = b jadi 2log √( 12 x + 4) = 2log 2 3 Kiri kanan sudah bentuk log dengan basis yang sama-sama dua, hingga tinggal menyamakan yang di dalam log kiri-kanan atau coret aja lognya: 2log √( 12 x + 4) = 2log 2 3 √( 12 x + 4) = 2 3 √( 12 x + 4) = 8 Agar hilang akarnya, kuadratkan kiri, kuadratkan kanan.

Yang kiri jadi hilang akarnya: 12 x + 4 = 8 2 12x + 4 = 64 12 x = 60 x = 60/ 12 = 5 Lihat Juga : 20+ Contoh Soal Program Linear Pilihan Ganda [+Pembahasan] 16.

Tentukan nilai dari 3log 5log 125 adalah. .

contoh soal barisan dan deret beserta jawaban

. A. 1 B. 2 C. 3 D. 4 E. 5 Jawaban : A Pembahasan 3log 5log 125 = 3log 5log 5 3 = 3log 3 = 1 17. Luas daerah parkir 1.760 mΒ². Luas rata-rata untuk mobil kecil 4 mΒ² dan mobil besar 20 mΒ². Daya tampung maksimum hanya 200 kendaraan, biaya parker mobil kecil Rp. 1000/jam dan mobil besar Rp.2000/jam. Jika dalam satu jam terisi penuh dan tidak ada kendaraan yang pergi dan dating, maka hasil maksimum tempat parkir itu adalah: A.

Rp.176.000,- B. Rp. 200.000,- C. Rp.260.000,- D. Rp. 300.000,- E. Rp.340.000,- Jawaban : C Pembahasan : Dibuat persamaan-persamaannya terlebih dahulu: Misal mobil kecil = x dan mobil besar = y 4 x + 20 y ≀ 1760 x + 5y ≀ 440 ….(1) x + y ≀ 200 ….(2) nilai maksimum 1000x + 2000y = ?

contoh soal barisan dan deret beserta jawaban

buat sketsa grafiknya: 18. Daerah yang diarsir merupakan himpunan penyelesaian dari sistem pertidaksamaan linear… A. x + 2y ≀ 8, 3x + 2y ≀ 12, x β‰₯ 0, y β‰₯ 0 B. x + 2y β‰₯ 8, 3x + 2y β‰₯ 12, x β‰₯ 0, y β‰₯ 0 C. x – 2y β‰₯ 8, 3x – 2y ≀ 12, x β‰₯ 0, y β‰₯ 0 D. x + 2y ≀ 8, 3x – 2y β‰₯ 12, x β‰₯ 0, y β‰₯ 0 E. x + 2y ≀ 8, 3x + 2y β‰₯ 12, x β‰₯ 0, y β‰₯ 0 Jawaban : A Pembahasan : karena daerah arsiran dibawah persamaan garis maka x + 2y ≀ 8 ….(2) Arsiran di atas sumbu x dan di kanan sumbu y maka x β‰₯ 0 dan yβ‰₯ 0 ….(3) dan (4) sehingga daerah penyelesaiannya adalah: (1), (2), (3) dan (4) 3x + 2y ≀ 12, x + 2y ≀ 8 dan xβ‰₯ 0, yβ‰₯ 0 Jawaban : A 19.

Daerah yang diarsir pada gambar di bawah adalah himpunan penyelesaian dari sistem pertidaksamaan… A. 5x + 3y ≀ 30, x – 2y β‰₯ 4, x β‰₯ 0, y β‰₯ 0 B. 5x + 3y ≀ 30, x – 2y ≀ 4, x β‰₯ 0, y β‰₯ 0 C.

3x + 5y ≀ 30, 2x – y β‰₯ 4, x β‰₯ 0, y β‰₯ 0 D. 3x + 5y ≀ 30, 2x – y ≀ 4, x β‰₯ 0, y β‰₯ 0 E. 3x + 5y β‰₯ 30, 2x – y ≀ 4, x β‰₯ 0, y β‰₯ 0 Jawaban : D Pembahasan : 20. Daerah yang diarsir pda gambar di bawah ini menunjukkan himpunan titik (x,y) yang memenuhi pembatasan di bawah ini, yaitu …. A. x β‰₯ 0, y β‰₯ 0, 2x + 3y ≀ 12, – x + y β‰₯ 2 B. x β‰₯ 0, y β‰₯ 0, 2x contoh soal barisan dan deret beserta jawaban 3y β‰₯ 12, -x + y β‰₯ 2 C.

x β‰₯ 0, y β‰₯ 0, 2x + 3y ≀ 12, -x + y ≀ 2 D. x β‰₯ 0, y β‰₯ 0, 2x + 3y β‰₯ 12, -x + y ≀ 2 E. x β‰₯ 0, y β‰₯ 0, 2x + 3y ≀ 12, -x + y ≀ 2 Jawaban : C Pembahasan : 21 – 30 Soal Ujian Matematika K13 Semester 1 beserta Pembahasannya 21. Nilai adalah. . A. 882 B. 1030 C. 1040 D. 1957 E.

2060 Jawaban : B Pembahasan : 22. Diketahui adalah. . A. 21 B. 28 C. 30 D. 42 E. 112 Jawaban : A Pembahasan : 23. Suku keempat dan suku ketujuh barisan aritmetika berturut-turut adalah 17 dan 29. Suku ke 25 barisan tersebut adalah…. A. 97 B. 101 C. 105 D.109 E. 113 Jawaban : B Pembahasan : 24. Suatu deret aritmetika, diketahui jumlah 5 suku yang pertama = 35 dan jumlah 4 suku contoh soal barisan dan deret beserta jawaban pertama = 24, suku yang ke 15 = ….

A. 11 B. 25 C. 31 D. 33 E. 59 Jawaban : C Pembahasan : 25. Dari suatu barisan aritmetika, suku ketiga adalah 36, jumlah suku kelima dan ketujuh adalah 144. Jumlah 10 suku pertama deret tersebut adalah… A. 840 B. 660 C. 640 D. 630 E. 315 Jawaban : B Pembahasan : Simak juga : 25+ Contoh Soal Statistika Pilihan Ganda dan Jawaban [+Pembahasan] Download Soal mtk kelas 10 semester 1 ini disini Semua manusia itu pintar.

contoh soal barisan dan deret beserta jawaban

Namun yang membedakannya proses kecepatan belajar. pada suatu saat ada peserta didik yang belajar dalam 1-3 pertemuan. ada juga yang membutuhkan 3 pertemuan lebih untuk dapat memahami materi. Dengan kata lain, Belajar tergantung kondisi dan keadaan seseorang untuk memahami materi.

baik itu cuaca, suasana, perasaan dan lingkungan yang mempengaruhi. Maka temukanlah kondisi terbaik dirimu untuk belajar. Jika kamu tidak mengerti materi yang diajarkan gurumu hanya saja kamu belum menemukan kondisi terbaik untuk belajar. Karena tidak ada manusia yang bodoh hanya saja malas atau tidak fokus.

BARISAN DAN DERET Aritmetika Kelas 11 - Part 1




2022 www.videocon.com