Cara sembuh dari rhinitis alergi

cara sembuh dari rhinitis alergi

Jakarta - Rinitis alergi atau hay fever adalah peradangan yang terjadi pada hidung ketika sistem imun bereaksi terhadap alergen di udara. Gejala alergi ini terbilang mirip dengan gejala pilek biasa, tapi ada beberapa perbedaan yang signifikan. Alergi ini lebih banyak ditemukan di negara atau kawasan dengan empat musim.

Seseorang yang menderita rinitis alergi bisa mengalami reaksi alergi di tiap musim, sepanjang tahun atau kapan saja tergantung paparan alergen. Untuk menangani gejala rinitis alergi kalian harus mengetahui apa yang menjadi pemicu dan penyebab alergi. Berikut serba-serbi seputar rinitis alergi yang dirangkum detikHealth: 1.

Penyebab Rinitis Alergi Seseorang menderita rinitis alergi karena sistem kekebalan tubuh mereka mengidentifikasi material di udara yang tidak berbahaya sebagai sesuatu yang berbahaya. Sistem kekebalan tubuh kemudian memproduksi antibodi untuk melawan material berbahaya ini. Setelahnya ketika kalian bertemu dengan material tersebut, antibodi akan memberi sinyal kepada sistem kekebalan tubuh untuk mengeluarkan bahan kimia seperti histamin ke aliran darah.

Hal ini bisa menyebabkan reaksi yang mengarah pada gejala rinitis alergi. 2.

cara sembuh dari rhinitis alergi

Gejala Rinitis Alergi Gejala rinitis alergi terbilang mirip dengan gejala batuk atau pilek biasa. Gejala-gejala tersebut antara lain pilek, hidung tersumbat, bersin, mata merah dan gatal, batuk, tenggorokan gatal, hidung gatal dan kulit gatal. Jika gejala rinitis alergi dirasakan hingga berhari-hari bisa menyebabkan beberapa kondisi tambahan seperti radang tenggorokan, sakit kepala, bagian bawah mata membengkak, kemampuan penciuman menurun dan kelelahan.

Ada beberapa hal yang membedakan gejala rinitis alergi dengan gejala batuk pilek biasa. Gejala rinitis alergi biasanya langsung dirasakan setelah terpapar alergen, sedangkan gejala batuk pilek baru dirasakan beberapa hari setelah terpapar virus. Selain itu, durasi rinitis alergi akan terus berlangsung selama penderita terpapar alergen.

Durasi batuk pilek biasa akan hilang dalam 3-7 hari. 3. Faktor Pemicu Gejala rinitis alergi biasanya akan dipicu oleh paparan alergen. Alergen ini bisa ditemukan di dalam maupun luar ruangan, musiman atau sepanjang tahun. Beberapa jenis alergen cara sembuh dari rhinitis alergi ruangan yang biasa memicu rinitis alergi musiman adalah serbuk sari pohon, rumput atau ragweed. Sedangkan alergen dalam ruangan bisa memicu rinitis alergi sepanjang tahun antara lain tungau debu, bulu hewan peliharaan, kecoa, jamur dan spora.

Selain alergen di atas, ada juga beberapa faktor yang bisa membuat gejala rinitis alergi menjadi lebih parah. Hal ini dikarenakan rinitis alergi mengakibatkan peradangan di lapisan hidung dan membuat hidung menjadi lebih sensitif terhadap iritan di udara. Beberapa faktor tersebut antara lain asap dari kayu yang dibakar, polusi udara, asap rokok, angin, bau menyengat serta suhu yang berubah menjadi dingin.

Baca juga: Berbagai Penyebab Alergi Kulit dan Cara Menanganinya 4. Komplikasi Rinitis alergi sebenarnya tidak berbahaya dan mengancam. Tapi kondisi ini bisa mengakibatkan beberapa komplikasi seperti mengganggu kehidupan sehari-hari, susah tidur, asma yang memburuk, sinusitis dan infeksi telinga. 5. Mengobati Rinitis Alergi Cara mengobati rinitis alergi adalah dengan mengonsumsi obat antihistamin yang bisa didapatkan di apotek.

Kalian bisa saja mencegah munculnya gejala rinitis alergi jika mengonsumsi obat tersebut sebelum terpapar alergen. Jika gejala yang kalian alami terbilang parah, kalian bisa saja diberi obat khusus oleh dokter. Obat tersebut bisa berupa imunoterapi atau suntikan alergi. Selain mengonsumsi obat-obatan, perubahan gaya hidup juga bisa mengurangi gejala rinitis alergi.

Jika alergi kalian disebabkan oleh debu dan jamur, bisa diatasi dengan lebih rajin membersihkan rumah serta menggunakan dehumidifier.

Jika alergi kalian disebabkan oleh alergen outdoor, sebisa mungkin tutup semua jendela untuk mencegah serbuk sari masuk ke dalam rumah. Saat berada di luar rumah, gunakan kacamata hitam untuk melindungi mata. Makanan juga bisa membantu mengurangi gejala rinitis alergi. Konsumsi makanan yang mengandung kunyit, spirulina, capsicum, vitamin C, minyak ikan dan madu untuk mengurangi rinitis alergi.

Simak Video " Si Kecil Alergi, Berikut Cara Jaga Imunitasnya" [Gambas:Video 20detik] (vmp/erd) Berita Terkait β€’ Song Ji Hyo Tak Vaksin COVID-19, Agensi Ungkap Alasannya β€’ 10 Obat Alergi Alami yang Gampang Dicari β€’ Ibu Wajib Tahu!

Ini Penyebab dan Gejala Alergi Susu pada Anak β€’ Sederet Obat Alergi Alami dari Kandungan Buah dan Sayuran β€’ Apa Itu Biduran? Yuk Kenali Penyebab dan Obat Gatal Biduran β€’ Busui Harus Tahu! 7 Makanan Penyebab 'Alergi ASI' pada Bayi β€’ WHO Sebut COVID-19 Bakal Jadi Endemik, Ini Pengertian dan Daftar Penyakitnya β€’ Muncul Alergi Sepulang Vaksinasi COVID-19?

Ini yang Wajib Dilakukan MOST POPULAR β€’ cara sembuh dari rhinitis alergi 4 Anak RI Meninggal Diduga Hepatitis Misterius, Ini Status Vaksin COVID-nya β€’ 2 Anak di Jatim Meninggal Diduga karena Hepatitis Misterius, Ini Gejala Awalnya β€’ 3 Caisar Diduga Nyabu Saat Live TikTok, Begini Ciri-ciri Pemakai Sabu β€’ 4 Cara sembuh dari rhinitis alergi Hepatitis Akut pada Anak, Orangtua Wajib Tahu!

β€’ 5 Kemenkes Buka Suara Kasus Anak Jatim Meninggal Diduga Hepatitis Misterius β€’ 6 Eks Bos WHO Bicara soal Potensi Hepatitis 'Misterius' Jadi Pandemi β€’ 7 Pemerintah Pastikan Biaya Perawatan Pasien Hepatitis Ditanggung BPJS Kesehatan β€’ 8 Hasil Kolonoskopi Diungkap, Begini Kondisi Raja Salman Usai Masuk RS β€’ 9 Dijalani Raja Salman, Apa Itu Kolonoskopi yang Bisa Deteksi Kanker Usus Besar?

β€’ 10 Benarkah Long COVID 'Biang Kerok' Hepatitis Misterius? Ini Penjelasan Pakar IDI β€’ SELENGKAPNYA Bagi yang belum begitu tahu, rhinitis alergi merupakan sebuah inflamasi yang dialami di bagian hidung sebagai akibat dari adanya reaksi alergi.

Jika Anda mengalami bersin-bersin, batuk-batuk, mata yang gatal, mata berair, dan juga hidung tersumbat/berair, maka itulah gejala rhinitis yang segera memerlukan penanganan. Apabila Anda mengalaminya, pastikan obat rhinitis alergi berikut Anda manfaatkan. (Baca juga: penyebab hidung gatal – hidung tersumbat setiap hari) β€’ Vitamin C Di dalam vitamin C ada kandungan antihistamin yang sangat baik dalam membantu mengurangi gejala alergi, termasuk juga rhinitis alergi.

Anda juga pasti sudah tahu betul kalau mengonsumsi vitamin C adalah salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh paling efektif. Jadi, tak ada salahnya untuk menambah asupan vitamin C sebagai obat rhinitis.

β€’ Caranya: Anda hanya perlu mengonsumsi makanan- makanan yang mengandung vitamin C tinggi. Tomat, kecambah, stroberi, paprika, kiwi, anggur, brokoli, kentang, jeruk dan lemon adalah makanan-makanan yang dimaksud. Tak hanya itu, dalam memaksimalkan pengobatan rhinitis alergi, asup juga suplemen vitamin C setiap hari dengan dosis yang tepat sesuai anjuran dokter.

β€’ Minyak Kelapa dan Minyak Wijen Kombinasi dari kedua minyak ini diketahui efektif juga dalam menjadikan rhinitis alergi terobati dengan sangat baik.

Ini karena keduanya memiliki kandungan untuk menarik iritan dari tubuh penyebab rhinitis alergi. Bahkan keduanya pun bermanfaat dalam menghilangkan racun dari dalam tubuh. β€’ Caranya: Anda hanya perlu mencampurkan minyak kelapa dan minyak wijen masing-masing 1 sendok makan di dalam mulut secara langsung, tapi bukan untuk ditelan. Anda cukup mendesirkannya saja di area mulut selama 15 menit (bukan dikumurkan).

Setelah selesai, buang dan berkumurlah dengan air hangat biasa cara sembuh dari rhinitis alergi membersihkan bagian dalam mulut.

Lakukan metode ini sebelum menyikat gigi setiap pagi selama beberapa bulan. (Baca juga: penyebab alergi hidung gatal) β€’ Pulus Pernah mendengar nama tanaman satu ini?

cara sembuh dari rhinitis alergi

Pulus merupakan sebuah jenis tanaman yang rupanya sangat banyak dijumpai di area hutan dan nama lain yang tentu Anda mungkin sudah pernah dengar, yakni stinging nettle.

Di dalamnya ada kandungan anti-inflamasi dan antihistamin tinggi yang siap membasmi gejala rhinitis alergi. β€’ Caranya: Ambil daun pulus kering sebanyak 1 sendok makan dan kemudian masukkan ke dalam secangkir air panas untuk diseduh.

Tutup cangkir tersebut dan tunggulah sekitar 5 menit lamanya, baru kemudian Anda saring dan tambahkan madu murni sedikit.

cara sembuh dari rhinitis alergi

Minumlah sehari 2-3 kali sampai gejala menghilang. β€’ Alternatif: Ada juga tersedia suplemen daun pulus, jadi jika Anda tertarik bisa juga mengonsumsi dalam bentuk suplemennya saja. Dan untuk takaran yang dianjurkan, selama 1 minggu dosisnya adalah 600 mg.

Konsultasikan saja lebih dulu dengan dokter karena ada ketidakcocokan antara daun pulus ini dengan riwayat obat-obatan tertentu Anda. Obat herbal ini tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi oleh anak-anak dan ibu hamil. β€’ Jahe Supaya gejala rhinitis alergi Anda bisa berkurang dan terobati dengan alami, jahe pun bisa menjadi pilihan karena antihistamin naturalnya. Selain itu, meski ada efek samping jahe, jahe sendiri kaya akan sifat antibakteri, anti-inflamasi, antiviral dan peningkat imun.

β€’ Caranya: Cukup ambil parutan jahe sebanyak 1 sendok makan dan beberapa cengkih serta kayu manis secukupnya untuk dicampurkan ke dalam secangkir air.

Didihkan air yang sudah tercampur dengan bahan tersebut selama 5 menit. Setelah diangkat Anda bisa menyaringnya dan tambah sedikit jus lemon maupun madu murni. Konsumsilah setiap hari 3 kali sampai gejala hilang.

(Baca juga: penyebab hidung berair) β€’ Air Garam Steril Istilah lain bagi air garam steril ini lebih dikenal dengan saline water di mana memang menjadi salah satu obat alami yang paling manjur.

Hanya saja, pemakaian paling umum adalah dengan melalui hidung untuk menghilangkan lendir dari hidung yang terus berair. β€’ Caranya: Campurkan saja sejumput baking soda bersama dengan sesendok teh garam di dalam 2 cangkir air hangat yang steril.

Anda kemudian bisa menggunakan alat khusus yang bisa Anda tuangkan ke dalam satu sisi lubang hidung. Biarkan larutan tersebut keluar dari lubang hidung satunya atau dari mulut. Gunakan cara yang sama untuk sisi lubang hidung lainnya. Ini akan menjadi efektif ketika dilakukan setiap hari di mana dalam sehari Anda lakukan beberapa kali. β€’ Bawang Putih Pada bumbu dapur yang menyedapkan masakan ini, ada kandungan quercetin tinggi yang masih merupakan antihistamin. Efek samping bawang putih memang ada, namun perlu diketahui kandungan antiviral, antibakteri, dan antibiotiknya pun sangat tinggi sehingga sangat baik bagi tubuh.

β€’ Caranya: Apabila ingin rhinitis alergi cepat sembuh, kunyah-kunyahlah 2-3 siung bawang putih. Tentu saja bawang putih yang dikunyah akan lebih bagus kalau mentah.

Jangan lupa juga turut menambahkan potongan bawang putih ke dalam masakan Anda, tapi jangan juga terlalu berlebihan. (Baca juga: penyebab sering bersin) β€’ Steam atau Uap Obat rhinitis alergi lainnya yang alami dan aman adalah steam atau juga dinamakan dengan proses uap. Menghirup uap akan sangat membantu dalam melegakan hidung yang terlalu banyak lendir maupun yang teriritasi.

β€’ Caranya: Anda perlu hanya menyiapkan sebaskom air mendidih dan kemudian tambahkan minyak esensial 3-4 tetes, minyak ini bisa apa saja (rosemary, minyak pohon teh, peppermint, atau kayu putih). Kemudian lanjutkan dengan menutupi bagian kepala Anda dengan handuk dan turunkan kepala Anda. Hirup dalam-dalam uap tersebut sekitar 5-10 menit dan hembuskan nafas dari hidung.

Ulangi cara sembuh dari rhinitis alergi ini beberapa kali hingga gejala rhinitis alergi benar-benar sembuh dan hilang. β€’ Cuka Sari Apel Selain mampu menjadi obat bagi yang sedang menderita tekanan darah tinggi, cuka sari apel adalah sebuah obat herbal yang baik dan ampuh juga bagi penderita rhinitis alergi. Antihistaminnya dan antibiotik di dalamnya sangat membantu dalam mengurangi intensitas gejala rhinitis sekaligus meningkatkan imunitas tubuh penderita.

β€’ Caranya: Ambil cuka sari apel organik sebanyak 2 sendok teh saja dan campurkan ke segelas air hangat. Supaya rasanya lebih baik dan nikmat, tambahkan jus lemon dan madu murni masing-masing 1 sendok teh. Minumlah sehari 3 kali dan lakukan setiap hari hingga Anda merasa baik dan benar-benar sudah sembuh.

(Baca juga: penyebab hidung tersumbat sebelah) β€’ Kunyit Kunyit merupakan sebuah jenis rempah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan karena kekuatan antioksidan dan anti-inflamasinya yang begitu tinggi. Segala macam kondisi gejala rhinitis alergi bakal mampu dihilangkan, apalagi dikarenakan juga kunyit cara sembuh dari rhinitis alergi meningkatkan daya tahan tubuh yang rendah.

β€’ Caranya: Anda bisa menyediakan kunyit bubuk sebanyak 6 sendok makan berikut juga madu organik dan murni dengan takaran yang sama. Campurkan kedua bahan dan simpanlah di dalam wadah yang kedap udara.

Yang perlu dikonsumsi adalah sebanyak 1 sendok teh sehari 2 kali. β€’ Alternatif: Boleh juga kalau Anda ingin menambahkan kunyit bubuk ke dalam masakan Anda atau mengonsumsi suplemen kunyit setelah melakukan konsultasi dengan dokter. Cara lainnya dalam mengonsumsi kunyit adalah dengan meminum segelas susu kunyit hangat per harinya.

β€’ Probiotik Supaya gejala rhinitis alergi berkurang dan cepat hilang, makanan probiotik rupanya bisa menjadi obat yang cukup ampuh. Ini karena adanya probiotik Lactobacillus acidophilus yang mampu membuat tingkat keparahan gejala hilang sedikit demi sedikit.

Yang Anda perlu lakukan hanyalah mengonsumsi suplemen probiotik kualitas tinggi. Suplemen tersebut bisa dikonsumsi pagi dan sore masing-masing 1 kapsul selama kurang lebih 2 minggu.

cara sembuh dari rhinitis alergi

Jika ingin mendapatkan probiotik dari makanan, Anda bisa memilih untuk memasukkan yogurt probiotik ke dalam menu diet harian supaya daya tahan tubuh yang turun bisa kembali meningkat.

β€’ Imunoterapi Jika mencari obat lain yang aman bagi yang gejalanya sudah cukup parah, maka imunoterapilah yang paling dianjurkan.

Langkah imunoterapi atau suntik alergi ini biasanya diberikan atau disarankan oleh dokter jika memang penderita rhinitis alergi diketahui mengalami gejala-gejala alergi yang sudah sangat serius. (Baca juga: kelainan pada hidung manusia – penyebab pilek tidak kunjung sembuh) Itulah beberapa rekomendasi obat rhinitis alergi yang aman agar Anda tidak perlu khawatir akan efek samping berbahaya.

cara sembuh dari rhinitis alergi

Asalkan menurut anjuran dan dosis yang telah ada, rhinitis alergi pasti akan membaik dengan maksimal. Recommended Post β€’ Usai Libur Panjang, Ini 6 Persiapan Untuk Memulai Diet Lagi β€’ Usai Lebaran, Begini 3 Cara Hilangkan Lemak Perut Dengan Cepat β€’ Apakah Hepatitis Misterius di Indonesia Terkait Covid-19 dan Vaksinnya? β€’ 3 Tips Berkeringat Lebih Banyak Saat Berolahraga Cepat β€’ Hepatitis Akut Sebabkan 3 Anak Meninggal, Masyarakat Perlu Waspadai Gejalanya!
Alergi dan juga macam macam rhinitis alergi sebenarnya sudah menjadi topik yang diselidiki selama ratusan tahun.

Pengertian rhinitis alergi digambarkan sebagai respons alergi yang ada pada hidung sesudah menghirup zat tertentu. Rhinitis alergi tersebut akhirnya menyebabkan hidung terasa gatal, sakit pada tenggorokan, bersin dan juga batuk.

Semakin sering anda menghirup berbagai partikel alergi cara sembuh dari rhinitis alergi udara yang ada di sekitar, maka sistem kekebalan tubuh juga semakin menurun. Cara menyembuhkan rhinitis sebenarnya bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti yang akan kami berikan berikut ini. β€’ Quercetin Quercetin merupakan bioflavonoid alami yang bisa membuat sel mast lebih stabil dan menghambat pelepasan histamin. Quercetin juga merupakan antioksidan ampuh yang bisa membantu mengurangi radang. Quercetin baik digunakan untuk pengobatan jangka panjang.

Namun, jika anda memiliki masalah pada organ hati, sedang dalam masa kehamilan atau memakai alat kontrasepsi hormonal, maka konsultasikan dengan dokter lebih dulu.

cara sembuh dari rhinitis alergi

Quercetin alami dapat ditemukan dalam jeruk dan brokoli sehingga bisa dikonsumsi untuk mencegah ciri ciri rhinitis timbul kembali serta gejala akut. Namun, penggunaan quercetin sebagai cara menyembuhkan rhinitis tidak dianjurkan pada masa kehamilan dan menyusui. β€’ Probiotik Rhinitis terjadi karena ketidakseimbangan pada sistem kekebalan tubuh sehingga membuat tubuh bereaksi terhadap rangsangan. Penelitian terbaru mengaitkan hubungan dari bakteri yang menguntungkan usus dengan berkurangnya gejala rhinitis.

Keseimbangan bakteri usus yakni dengan cara mengkonsumsi probiotik terbukti ampuh sebagai cara menyembuhkan rhinitis seperti cara mengobati rhinitis vasomotor secara alami dengan cara mengkonsumsi makanan serta minuman berfermentasi seperti kefir yang akan meningkatkan bakteri baik di usus.

β€’ Madu Mengkonsumsi madu lokal tidak hanya baik digunakan untuk obat radang tenggorokan, namun juga sangat membantu tubuh untuk beradaptasi dengan alergen penyebab rhinitis. Cara menggunakan madu sebagai cara menyembuhkan rhinitis adalah dengan cara sembuh dari rhinitis alergi 1 sendok teh cara sembuh dari rhinitis alergi lebih madu mentah dan lakukan setidaknya 1 kali sehari untuk menghilangkan gejala rhinitis. β€’ Asam Lemak Omega 3 dan Omega 6 Omega 3 tidak hanya ampuh digunakan sebagai cara menyembuhkan rhinitis dan peradangan, namun juga ampuh melawan alergen dengan cara teratur mengkonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan omega 3.

Sedangkan sebuah penelitian lain membuktikan jika seseorang yang mengkonsumsi ikan secara teratur akan menurunkan risiko rhinitis lebih baik. Sementara omega 6 yang juga merupakan obat alami segala jenis alergi khususnya menurunkan demam. Omega 6 akan membantu tubuh untuk menghasilkan bahan kimia kuat yakni prostaglandin.

Ini merupakan hormon yang bisa menghambat histamin kimia tubuh yang menjadi penyebab utama rhinitis. Sebuah penelitian juga menghubungkan tingkat prostaglandin normal dalam tubuh akan merileksasikan otot di paru paru dan juga meningkatkan aliran lebih baik. [AdSense-B] β€’ Makanan Pedas Mengkonsumsi beberapa jenis makanan pedas seperti cabai dan paprika sangat baik untuk membersihkan sistem pernafasan dan meredakan gejala radang tenggorokan. Beberapa makanan pedas ini adalah dekongestan alami yang juga bertindak sebagai pembersih bakteri penyebab sinusitis cara sembuh dari rhinitis alergi hampir semua masalah pernafasan termasuk rhinitis.

Makanan pedas juga baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menyehatkan jantung. β€’ Minyak Kelapa Minyak kelapa tidak hanya bagus dikonsumsi sebagai cara mengatasi tenggorokan gatal, namun juga sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan usus dan sangat penting untuk pencegahan alergi seperti rhinitis.

Minyak kelapa akan menenangkan usus sekaligus mendorong pertumbuhan bakteri baik. Jika kesehatan usus tidak dijaga dengan baik, maka histamin yang merupakan musuh dari alergi akan semakin banyak dihasilkan. Minyak kelapa akan membantu probiotik usus agar bisa berkembang dan membunuh bakteri jahat sehingga produksi histamin bisa dikurangi. Minyak kelapa murni bisa di konsumsi sebanyak 1 sampai 2 sendok makan atau lebih setiap harinya untuk anak anak dan untuk orang dewasa bisa mengkonsumsi minyak kelapa kapan saja tanpa menimbulkan efek samping berbahaya.

Minyak kelapa tidak akan membuat seseorang overdosis sehingga aman untuk di konsumsi. Cara menyembuhkan alergi bisa dilakukan dengan memakai beberapa bahan alami yang terbukti aman dan efektif dibandingkan dengan obat obatan kimia. Selain itu, hindari juga beberapa pemicu alergen yang bisa memperparah rhinitis seperti polusi, debu, tungau, bulu binatang dan lain sebagainya.

Related Posts β€’ 4 Komplikasi Rhinitis Alergi yang Membahayakan Kesehatan β€’ Waspada 6 Gejala Radang Hidung yang Harus Dihindari Berikut β€’ 8 Jenis-Jenis Penyakit Yang Menyerang Hidung Wajib Diketahui β€’ Dehista – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping β€’ Pengertian Rhinitis Vasomotor – Penyebab, Pengobatan, Faktor Risiko Recommended Post β€’ Usai Libur Panjang, Ini 6 Persiapan Untuk Memulai Diet Lagi β€’ Usai Lebaran, Begini 3 Cara Hilangkan Lemak Perut Dengan Cepat β€’ Apakah Hepatitis Misterius di Indonesia Terkait Covid-19 dan Vaksinnya?

β€’ 3 Tips Berkeringat Lebih Banyak Saat Berolahraga Cepat β€’ Hepatitis Akut Sebabkan 3 Anak Meninggal, Masyarakat Perlu Waspadai Gejalanya!

HalodocJakarta – Rinitis merupakan sebuah peradangan atau iritasi yang menyerang membran mukosa di dalam hidung. Pada dasarnya, peradangan ini dibagi menjadi dua, yaitu rinitis alergi dan rinitis nonalergi. Perbedaan dari kedua kondisi ini terletak pada penyebab munculnya gejala. Pada rinitis alergi, gejala muncul akibat adanya β€œserangan” dari unsur luar tubuh, seperti debu, kelupasan kulit hewan, atau serbuk sari.

Biasanya zat-zat tersebut menyebabkan seseorang mengalami alergi dan memunculkan gejala tertentu. Sedangkan pada rinitis nonalergi, gejala muncul bukan karena adanya alergi. Kondisi ini bisa terjadi karena adanya infeksi dari virus atau bakteri tertentu. Gejala Rintis Alergi dan Cara Menyembuhkannya Rinitis alergi adalah kondisi yang terjadi karena adanya peradangan dalam rongga hidung akibat reaksi alergi. Ada beberapa gejala yang sering muncul saat seseorang mengalami alergi ini, mulai dari bersin-bersin, hidung berair dan hidung tersumbat, serta batuk-batuk.

Selain itu, gejala seperti mata gatal dan berair serta mudah merasa lelah juga bisa menjadi gejala alergi ini. Meski begitu, biasanya setiap orang memiliki gejala yang berbeda saat terpapar zat pemicu alergi. Gejala yang muncul umumnya bersifat ringan dan mudah untuk ditangani. Namun, enggak jarang gangguan ini juga bisa memicu gejala yang lebih parah. Jika mengalami gejala yang terasa semakin parah dan tidak kunjung membaik, segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit.

Ada beberapa metode pengobatan yang sering digunakan untuk mengatasi gejala dari rinitis alergi. Biasanya pengobatan akan berbeda antara satu orang dengan yang lainnya tergantung dari penyebab dan tingkat keparahan alergi yang terjadi.

Salah satu metode dasar dan sering dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah menghindari pemicu alergi atau disebut sebagai alergan. Rinitis alergi memang tidak dapat disembuhkan, tetapi gejala dan serangannya bisa dikendalikan dengan beberapa cara. Mengendalikan gejala rinitis alergi bisa dilakukan dengan cara: 1.

cara sembuh dari rhinitis alergi

Obat-obatan Salah satu cara meredakan gejala rinitis alergi adalah dengan mengonsumsi obat-obatan tertentu. Seperti antihistamin, dekongestan, atau obat-obatan sesuai dengan rekomendasi dari dokter. Jika gejala yang muncul masih tergolong ringan, rinitis alergi biasanya bisa diredakan dengan obat-obat yang bisa dibeli di apotek.

Tapi jika gejala yang muncul cukup parah, jangan menunda untuk pergi ke rumah sakit dan menemui dokter. Sebab, dokter mungkin akan meresepkan obat tambahan khusus, misalnya obat semprot hidung untuk membantu melawan alergi.

2. Terapi Mengatasi rinitis alergi juga bisa dilakukan dengan terapi khusus, yaitu imunoterapi atau desensitisasi. Cara ini dilakukan dengan menyuntikkan alergen ke kulit penderita dalam interval waktu dan dosis tertentu.

Tujuannya untuk menurunkan sensitivitas imun tubuh terhadap alergen tersebut, artinya sistem imun tubuh akan menjadi lebih kuat saat mengalami serangan. Selain suntikan, pemberian alergen juga bisa dilakukan dalam bentuk tablet yang diminum. 3.

Irigasi Hidung Mengatasi gejala rinitis alergi juga bisa dilakukan dengan irigasi hidung alias nasal irrigation. Adalah sebuah tindakan yang dilakukan dengan tujuan membersihkan rongga hidung. Caranya adalah menyemprotkan atau menyedot cairan khusus melalui hidung, lalu mengeluarkannya melalui mulut. Cari tahu lebih lanjut mengenai rinitis alergi atau alergi lain dengan bertanya kepada dokter di aplikasi Halodoc.

Dokter bisa dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Kamu juga bisa menyampaikan cara sembuh dari rhinitis alergi seputar masalah kesehatan kepada dokter terpercaya. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!

Baca juga: β€’ Jangan Anggap Remeh Alergi, Waspadai Gejala-gejalanya β€’ Bersin Terus-menerus?

cara sembuh dari rhinitis alergi

Mungkin Rhinitis Sebabnya β€’ Serba-Serbi Bersin, Ini yang Perlu Diketahui
Rhinitis cara sembuh dari rhinitis alergi respon hidung dari peradangan, sedangkan rhinitis vasomotor hampir serupa dengan rhinitis alergi yang disebabkan karena pembuluh darah melebar di membran hidung. Rhinitis vasomotor yang merupakan salah satu dari macam macam rhinitis sendiri bisa terjadi karena kelembapan yang tinggi, bau yang terlalu menyengat seperti parfum, alkohol, berada di lingkungan dingin dan juga faktor lingkungan lainnya.

Apabila ini terjadi, maka cara mengobati rhinitis vasomotor secara alami menjadi jalan terbaik untuk menyembuhkan tanpa menimbulkan efek samping seperti beberapa cara yang kami berikan kali ini. β€’ Air Saline Cara mengobati rhinitis vasomotor secara alami yang pertama adalah dengan menggunakan air saline untuk mengeluarkan lendir dari hidung dengan bantuan cairan tersebut yang juga bisa digunakan untuk cara mengobati polip.

Dari penelitian yang dilakukan pada tahun 2008 yang diterbitkan dalam State Medical Society of Wisconsin membuktikan jika air garam yang digunakan secara teratur pada nasal bisa memperbaiki gejala rhinitis vasomotor. β€’ Campurkan 1 sendok teh garam dan sedikit baking soda dalam 2 cangkir air hangat.

cara sembuh dari rhinitis alergi

β€’ Masukkan cara sembuh dari rhinitis alergi tersebut dalam salah satu lubang hidung lalu keluarkan kembali dengan perlahan. β€’ Lakukan cara serupa pada lubang hidung yang lainnya. β€’ Jahe Jahe merupakan cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi rhinitis vasomotor. Jahe akan bekerja sebagai antihistamin alami dan juga memiliki banyak khasiat seperti anti bakteri, anti inflamasi, anti virus dan juga meningkatkan kekebalan untuk meringankan gejala rhinitis vasomotor seperti pilek, batuk, hidung tersumbat dan sakit kepala.

Jahe ini juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan sakit tenggorokan karena flu yang efektif dan juga cara mengatasi suara hilang akibat batuk. β€’ Campur 1 sendok makan jahe parut dengan cengkeh secukupnya dan juga kayu manis bersama 1 gelas air. β€’ Rebus selama 5 menit lalu cara sembuh dari rhinitis alergi dan tunggu hingga dingin. β€’ Tambahkan dengan sedikit madu dan jus lemon lalu minum sebanyak 3 kali sehari.

β€’ Cara lain bisa dilakukan dengan cara mengunyah jahe setiap hari atau dicampur dengan masakan. β€’ Kunyit Kunyit sangat baik digunakan sebagai cara mengobati rhinitis vasomotor secara alami dan juga berbagai jenis alergi lainnya seperti obat radang tenggorokan. Kandungan antioksidan kuat dan juga anti inflamasi dalam kunyit akan meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus mengurangi gejala rhinitis vasomotor seperti pilek, bersin, mulut kering dan batuk. β€’ Campur 6 sendok makan kunyit bubuk dan 6 sendok madu mentah lalu campur dan simpan dalam wadah kedap udara.

β€’ Ambil 1 sendok teh campuran tersebut dan minum 2 kali sehari. β€’ Cara lain juga bisa dilakukan dengan mencampur 1 gelas susu hangat dengan kunyit dan minum setiap hari.

[AdSense-B] β€’ Bawang Putih Dalam bawang putih mengandung quercetin dan antihistamin alami yang berguna untuk menyembuhkan rhinitis vasomotor. Selain itu, bawang putih juga mengandung antibiotik, anti bakteri, antiviral dan juga kekebalan untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit ini dan juga menyembuhkan gejala radang tenggorokan.

β€’ Kunyah 2 hingga 3 siung bawang putih mentah setiap hari. β€’ Tambahkan bawang putih bubuk atau bawang putih mentah dalam masakan sehari hari. β€’ Cuka Apel Cuka apel menjadi obat alami rhinitis vasomotor yang juga sangat efektif karena mengandung antibiotik dan juga antihistamin alami. Dengan ini, cuka apel bisa digunakan untuk mengurangi gejala jenis rhinitis ini seperti bersin, hidung tersumbat, pilek dan lain sebagainya sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan bisa juga digunakan untuk cara mengatasi tenggorokan gatal.

β€’ Tambahkan 2 sendok teh cuka apel dengan 1 gelas air hangat. β€’ Tambahkan dengan 1 sendok makan madu dan sedikit air perasan lemon. β€’ Minum air ini sebanyak 3 kali sehari sampai rhinitis bisa disembuhkan.

Cara mengobati rhinitis vasomotor secara alami yang sudah kami berikan diatas bisa anda coba dengan mudah untuk menyembuhkan jenis rhinitis ini dalam waktu singkat tanpa menimbulkan efek samping. Semoga bisa bermanfaat. Related Posts β€’ Biaya Operasi Patah Tulang Hidung yang Perlu di Ketahui β€’ Gabiten – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping β€’ Dextrofen – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping β€’ 8 Tanaman Herbal Untuk Sinusitis Wajib Dicoba Untuk Pengobatan β€’ Beclometasone – Obat Apa – Dosis dan Penggunaan – Efek Samping Recommended Post β€’ Usai Libur Panjang, Ini 6 Persiapan Untuk Memulai Diet Lagi β€’ Usai Lebaran, Begini 3 Cara Hilangkan Lemak Perut Dengan Cepat β€’ Apakah Hepatitis Misterius di Indonesia Terkait Covid-19 dan Vaksinnya?

β€’ 3 Tips Berkeringat Lebih Banyak Saat Berolahraga Cepat β€’ Hepatitis Akut Sebabkan 3 Anak Meninggal, Masyarakat Perlu Waspadai Gejalanya!
Rhinitis alergi yang merupakan salah satu dari macam macam rhinitis ini sebenarnya merupakan kondisi umum yang terjadi pada 10 hingga 20% populasi manusia di dunia. Hal ini bisa terjadi karena reaksi alergi pada saat sistem kekebalan tubuh menanggapi secara berlebihan terhadap zat yang terhirup dan tubuh kemudian melepaskan zat kimia sehingga akhirnya timbul gejala alergi.

Alergi yang umumnya menjadi penyebab rhinitis alergi adalah debu, serbuk sari, spora jamur yang bertebaran di udara dan juga bulu hewan peliharaan yang juga menjadi beberapa penyebab sinusitis maksilaris. Untuk sebagian orang juga memiliki risiko lebih tinggi terkena rhinitis alergi ini karena beberapa faktor seperti riwayat keluarga yang juga memiliki masalah rhinitis alergi, terlalu sering terpapar asap rokok dan sebagainya.

Untuk mengatasi rhinitis alergi ini bisa dilakukan dengan beberapa bahan alami seperti ulasan lengkap dari kami cara sembuh dari rhinitis alergi ini. β€’ Air Garam Air garam atau air saline yang juga bisa digunakan sebagai cara mengobati polip secara alami ini sangat baik untuk menenangkan gejala rhinitis alergi. Perawatan ini sangat mudah dilakukan di rumah dan sudah terbukti sangat efektif. Untuk menggunakan air saline ini sebagai cara mengatasi rhinitis alergi, anda membutuhkan alat khusus yang bisa didapatkan dengan mudah di apotek.

β€’ Siapkan 1 cangkir air hangat lalu tambahkan dengan 1 sendok teh garam β€’ Tambahkan juga dengan sedikit baking soda untuk meningkatkan manfaat dari air saline tersebut β€’ Masukkan campuran ini ke dalam alat dan alirkan dari salah satu lubang hidung untuk mengilangkan lendir dan juga iritasi terlalu berlebihan akibat rhinitis alergi.

β€’ Jahe Jahe merupakan antihistamin alami dan juga mengandung anti virus tinggi. Allergen yang membawa virus alergi rhinitis yang juga bisa menyebabkan flu dan penyebab sinusitis juga bisa diatasi dengan menggunakan jahe ini. Selain itu, jahe juga sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk menghindari reaksi alergi yang berulang.

β€’ Campur 2 sendok makan jahe parut dalam 1 cangkir air β€’ Rebus selama 3 menit dan saring lalu tunggu hingga berkurang panasnya β€’ Tambahkan dengan 1 sendok makan madu lalu hirup uap dari ramuan herbal ini kemudian minum hingga habis.

β€’ Madu Manuka Madu manuka adalah jenis madu medis yang sangat baik digunakan sebagai cara mengatasi rhinitis alergi. Madu manuka menjadi salah satu ramuan kuno yang bisa meningkatkan khasiat anti bakteri dan juga anti inflamasi yang juga baik digunakan untuk meringankan gejala radang tenggorokan.

Selain itu, madu manuka memiliki kandungan antibiotik yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis madu lainnya. β€’ Campur 1 sendok makan madu manuka dengan 1 gelas air hangat β€’ Minum air madu ini setiap pagi secara teratur β€’ Kunyit Memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik akan mencegah seseorang terkena penyakit yang kronis. Imunitas yang baik akan mempercepat proses pemulihan penyakit sekaligus menguatkan sel darah putih untuk melawan zat asing yang masuk ke dalam tubuh.

Kunyit menjadi salah satu bahan alami yang ampuh untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh sehingga bisa digunakan untuk mengobati rhinitis alergi. Kemampuan anti inflamasi yang ada dalam kunyit juga sangat ampuh untuk mengurangi pembengkakan pada mata dan wajah yang merupakan beberapa gejala dari rhinitis alergi dan obat radang tenggorokan.

[AdSense-B] β€’ Campur 1 sendok makan kunyit bubuk dengan 1 gelas air hangat β€’ Konsumsi minuman ini sebelum tidur secara rutin sampai gejala rhinitis alergi bisa disembuhkan.

β€’ Cara lainnya adalah mencampur 2 sendok teh bubuk kunyit dengan 2 sendok teh madu manuka dan di konsumsi sampai rhinitis alergi sembuh total. β€’ Menggunakan Uap Uap air panas juga sangat baik untuk meringankan saluran hidung dari lendir sekaligus membersihkan bagian dalam hidung agar bisa bernafas lebih lancar.

Menggunakan uap air juga menjadi pilihan tepat sebagai cara mengatasi rhinitis alergi sekaligus merangsang saraf hidung dan menyingkirkan iritasi yang menimbulkan rasa tidak nyaman dan meringankan gejala seperti hidung tersumbat, bersin dan sakit kepala dan meringankan hidung sakit saat flu. β€’ Rebus 5 gelas air dan tuangkan dalam mangkuk besar. β€’ Tambahkan dengan 5 tetes minyak pohon teh ke dalam air dan campur rata β€’ Hadapkan wajah anda tepat diatas mangkuk dan tutup kepala anda dengan handuk tebal β€’ Hirup uap panas dan hembuskan secara teratur Cara mengatasi rhinitis alergi bisa dilakukan dengan mudah yakni memakai beberapa bahan alami yang berkhasiat untuk menyembuhkan masalah pernafasan tersebut.

Lakukan beberapa cara diatas secara teratur untuk hasil yang maksimal. Recommended Post β€’ Usai Libur Panjang, Ini 6 Persiapan Untuk Memulai Diet Lagi β€’ Usai Lebaran, Begini 3 Cara Hilangkan Lemak Perut Dengan Cepat β€’ Apakah Hepatitis Misterius di Indonesia Terkait Covid-19 dan Vaksinnya?

cara sembuh dari rhinitis alergi

β€’ 3 Tips Berkeringat Lebih Banyak Saat Berolahraga Cepat β€’ Hepatitis Akut Sebabkan 3 Anak Meninggal, Masyarakat Perlu Waspadai Gejalanya!Hay fever atau r hinitis alergi adalah peradangan yang terjadi di rongga hidung akibat reaksi alergi. Rhinitis alergi dapat dipicu oleh berbagai jenis alergen, contohnya serbuk sari, debu, atau bulu hewan.

cara sembuh dari rhinitis alergi

Rhinitis alergi disebabkan oleh reaksi alergi. Kondisi ini menimbulkan beberapa gejala, seperti bersin-bersin, hidung gatal, atau tersumbat. Rhinitis alergi juga dapat menyebabkan kemunculan ruam di kulit, mata merah dan berair, serta sakit tenggorokan.

Rhinitis alergi dapat dicegah dengan menghindari paparan faktor-faktor pemicunya, seperti debu atau serbuk sari. Bila timbul gejala rhinitis alergi, dokter dapat memberikan obat antihistamin dan dekongestan untuk meredakannya.

Penyebab Rhinitis Alergi Rhinitis alergi disebabkan oleh kelainan pada respons sistem imun terhadap zat pemicu alergi atau alergen. Normalnya, zat tersebut tidak berbahaya bagi sistem imun. Namun pada orang yang memiliki alergi, sistem imun akan menganggap benda-benda tersebut berbahaya hingga timbul reaksi alergi. Cara sembuh dari rhinitis alergi alergi pada rhinitis alergi dipicu oleh masuknya alergen ke dalam rongga hidung.

Reaksi alergi inilah yang akan menimbulkan gejala rhinitis alergi, seperti bersin, pilek, dan hidung gatal. Terdapat beragam alergen yang bisa memicu reaksi sistem kekebalan tubuh jika terhirup melalui hidung, di antaranya: β€’ Serbuk sari β€’ Tungau β€’ Spora jamur atau kapang β€’ Debu β€’ Kulit dan bulu hewan β€’ Serbuk gergaji β€’ Lateks Rhinitis alergi dapat dialami oleh siapa saja, tetapi ada beberapa faktor yang diduga bisa meningkatkan risiko terjadinya rhinitis alergi, yaitu: β€’ Memiliki orang tua atau saudara kandung dengan kondisi cara sembuh dari rhinitis alergi sama β€’ Menderita alergi jenis lain, misalnya asma atau dermatitis atopik β€’ Sering terpapar asap rokok Selain faktor risiko, ada beberapa hal yang dapat memperparah rhinitis alergi, antara lain: β€’ Suhu dingin β€’ Lingkungan lembap β€’ Parfum atau deodorant β€’ Asap dan polusi udara Gejala Rhinitis Alergi Tiap penderita alergi bisa mengalami gejala yang berbeda.

Gejala biasanya langsung timbul setelah penderita terpapar pemicu alergi (alergen). Beberapa gejala yang dapat muncul adalah: β€’ Pilek atau hidung tersumbat β€’ Bersin-bersin β€’ Mata terasa gatal atau berair β€’ Mata membengkak dan kelopak mata bawah berwarna gelap ( mata panda) β€’ Gatal di mulut dan tenggorokan β€’ Muncul ruam pada kulit β€’ Lemas β€’ Batuk-batuk β€’ Sakit kepala Anak-anak yang menderita cara sembuh dari rhinitis alergi alergi dapat mengalami gejala atau gangguan pada telinga, seperti telinga sakit, berdenging, atau infeksi yang disertai dengan keluarnya cairan dari telinga tengah ( otitis media).

Mereka juga bisa sering bersin di pagi hari. Rhinitis alergi memiliki gejala yang mirip dengan flu. Namun, rhinitis alergi tidak menimbulkan demam seperti sakit flu. Untuk membedakan keduanya, lakukan pemeriksaan ke dokter. Kapan harus ke dokter Umumnya, gejala pada rhinitis alergi terbilang ringan dan mudah ditangani, tetapi bisa juga muncul gejala yang cukup berat hingga menghambat aktivitas sehari-hari. Segera kunjungi dokter jika: β€’ Gejala-gejala yang terasa sangat mengganggu dan tidak kunjung membaik β€’ Obat alergi yang diminum tidak efektif atau justru memicu efek samping yang mengganggu β€’ Terdapat penyakit lain yang bisa memperparah rhinitis alergi, misalnya sinusitis, asma, atau polip dalam rongga hidung Jika anak atau anggota keluarga Anda memiliki riwayat alergi atau asma, konsultasikan dengan dokter anak terkait kemungkinan munculnya asma pada anak.

Dokter akan memberikan penjelasan tentang penanganan pertama bila muncul rhinitis alergi pada anak. Diagnosis Rhinitis Alergi Dokter akan mengawali diagnosis rhinitis alergi dengan menanyakan gejala yang dialami, serta riwayat kesehatan pasien dan keluarganya.

Dokter juga akan memeriksa hidung pasien untuk mencari kelainan yang dapat menjadi penyebab kemunculan gejala. Selanjutnya, dokter akan memeriksa bagian dalam hidung untuk mendeteksi polip pada hidung.

Setelah itu, dokter akan melakukan tes alergi kulit guna memastikan jenis alergen yang menimbulkan rhinitis alergi tersebut. Tes alergi kulit dilakukan dengan menusukkan alergen ke dalam kulit, kemudian menunggu apakah reaksi alergi muncul atau tidak. Melalui tes ini, dokter dapat mengetahui jenis alergen yang memicu alergi tersebut.

Dengan begitu, pasien bisa menghindarinya di kemudian hari. Dokter juga dapat menyarankan pasien untuk menjalani tes darah sebagai pemeriksaan penunjang.

cara sembuh dari rhinitis alergi

Tes darah dilakukan untuk menganalisis respons antibodi dan biasanya dilakukan untuk memastikan hasil dari tes alergi kulit. Pada tes darah, dokter akan mencampur darah pasien dengan beberapa jenis alergen yang mungkin memicu reaksi alergi. Makin tinggi respons antibodi terhadap suatu alergen, makin besar pula kemungkinan pasien memiliki alergi terhadap alergen tersebut. Guna memastikan diagnosis, dokter dapat menganjurkan tes penunjang, seperti endoskopi hidung, foto Rontgen, atau CT Scan.

Namun, pemeriksaan di atas umumnya hanya dilakukan jika gejala rhinitis alergi tidak kunjung membaik atau penyebab munculnya gejala tidak dapat diketahui melalui tes alergi. Pen gobatan dan Pencegahan Rhinitis Alergi Metode pengobatan rhinitis alergi berbeda-beda, tergantung pada tingkat keparahan gejala dan pengaruhnya terhadap keseharian pasien. Namun, secara umum, menghindari pemicu alergi adalah metode penanganan sekaligus pencegahan utama rhinitis alergi.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah rhinitis alergi: β€’ Tutupi mulut dan hidung dengan masker saat beraktivitas di luar rumah. β€’ Biasakan untuk segera mandi setelah beraktivitas di luar rumah. β€’ Bersihkan lantai dengan disapu dan dipel. β€’ Mandikan hewan peliharaan secara rutin dua kali sebulan.

β€’ Bersihkan karpet atau tikar di rumah secara rutin. β€’ Pasang saringan udara di ventilasi rumah jika diperlukan. Rhinitis alergi memang tidak bisa disembuhkan, tetapi gejalanya bisa diredakan dan dikendalikan melalui langkah penanganan yang tepat. Jenis pengobatan rhinitis alergi yang dapat dijalani oleh pasien adalah: O bat-obatan Ada beberapa jenis obat yang dapat diberikan dokter untuk meredakan gejala rhinitis alergi, di antaranya: β€’ Antihistamin Antihistamin dapat dikonsumsi oleh penderita rhinitis alergi untuk mengurangi bersin dan meredakan hidung gatal serta tersumbat.

Antihistamin dapat dikonsumsi dalam bentuk pil atau semprotan hidung. β€’ Dekongestan Dekongestan adalah obat yang berfungsi meredakan hidung tersumbat. Dekongestan dapat dikonsumsi dalam bentuk tablet atau semprotan untuk hidung. β€’ Semprotan kortikosteroid Kortikosteroid semprot hidung berfungsi mengurangi reaksi peradangan pada hidung. Obat ini dapat meredakan gejala rhinitis alergi, seperti hidung gatal, merah, dan tersumbat.

β€’ Obat tetes mata Obat tetes mata digunakan untuk meredakan gejala rhinitis alergi di mata, seperti mata merah, perih, dan berair. Obat tetes mata untuk rhinitis alergi harus digunakan sesuai dengan resep dokter. D esensitisasi Tindakan ini dilakukan dengan menyuntikkan alergen ke kulit pasien dalam interval waktu tertentu (biasanya 1 minggu sekali), dengan dosis yang makin ditingkatkan.

Tujuannya adalah untuk menurunkan sensitivitas imun tubuh pasien terhadap alergen tersebut. Irigasi hidung ( nasal irrigation) Tindakan ini dilakukan untuk membersihkan rongga hidung dengan menyemprotkan atau menyedot cairan khusus melalui hidung, lalu mengeluarkannya melalui mulut. Komplikasi Rhinitis Alergi Rhinitis alergi yang tidak ditangani cara sembuh dari rhinitis alergi baik dapat menimbulkan komplikasiberikut: β€’ Penurunan kualitas hidup, misalnya dalam pelajaran di sekolah atau di pekerjaan β€’ Perburukan asma pada penderita rhinitis alergi yang juga menderita asma β€’ Sinusitis, akibat penyumbatan pada rongga hidung β€’ Infeksi telinga tengah atau otitis media, terutama pada anak-anak β€’ Kelelahan, karena menurunnya kualitas tidur
Saat menderita pilek alergi, gejala lain bisa ikut muncul, seperti kelelahan, sulit konsentrasi, pusing, dan sulit tidur.

Keluhan-keluhan tersebut dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas, sehingga perlu ditangani dengan tepat. Pilek merupakan gejala utama dari rhinitis alergi, yaitu peradangan yang terjadi pada rongga hidung akibat reaksi alergi. Pilek alergi terjadi saat Anda terpapar zat pemicu alergi (alergen), seperti debu, serbuk sari, ataupun bulu binatang.

Cara Mengatasi Pilek Alergi Pilek alergi ditandai dengan keluarnya lendir atau ingus dari hidung dengan warna bening dan cenderung encer. Tak jarang, pilek alergi justru membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh dibandingkan pilek biasa ( cara sembuh dari rhinitis alergi cold), terlebih jika Anda terus terpapar zat pemicu alergi.

Agar pilek alergi tidak cara sembuh dari rhinitis alergi Anda menjalani aktivitas, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghindari paparan zat pemicu alergi. Setelah tidak lagi terpapar zat tersebut, gejala alergi yang Anda rasakan akan membaik secara perlahan.

Nah, untuk menghindari paparan zat pemicu alergi, langkah yang harus Anda lakukan di antaranya: Membersihkan rumah Debu bisa ada di mana saja, termasuk di dalam rumah. Bagi Anda yang memiliki alergi debu, penting untuk menjaga kebersihan rumah dengan baik agar pilek alergi tidak sering kambuh atau bertambah parah. Jadi, bersihkanlah rumah serta perabot rumah tangga, termasuk AC dan kipas angin, secara rutin. Menutup jendela kamar Selain membersihkan rumah secara rutin, disarankan pula untuk menutup jendela kamar, terutama jika lingkungan rumah Anda dikelilingi oleh pepohonan.

Ada kemungkinan serbuk sari pemicu alergi tertiup angin dan masuk ke dalam kamar. Menggunakan masker Agar pilek alergi tidak semakin parah, gunakanlah masker saat membersihkan rumah atau saat sedang bepergian. Penggunaan masker bermanfaat untuk meminimalkan paparan zat pemicu alergi. Pengobatan Pilek Alergi Selain menghindari paparan alergen dengan cara-cara di atas, gejala pilek alergi dapat diredakan dengan pemberian obat, yaitu: 1. Obat antihistamin Untuk meredakan atau meringankan pilek alergi, Anda dapat mengonsumsi obat antihistamin yang mengandung fexofenadine.

Fexofenadine adalah obat antihistamin yang tidak menyebabkan rasa kantuk, sehingga aktivitas Anda tidak akan terganggu setelah mengonsumsi obat ini.

2. Dekongestan hidung Penggunaan dekongestan hidung dapat meringankan pilek alergi yang disertai hidung tersumbat, namun tidak boleh digunakan lebih dari tiga hari.

Penggunaan dekongestan lebih dari tiga hari berturut-turut justru dapat memperburuk pilek alergi. 3. Kortikosteroid oral Pada gejala pilek alergi yang parah, dokter mungkin akan memberikan obat golongan kortikosteroid. Tujuannya adalah untuk mengatasi peradangan pada lapisan hidung. 4. Imunoterapi Imunoterapi biasanya dilakukan jika pengobatan lain tidak efektif meredakan alergi atau menyebabkan banyak efek samping.

Pengobatan ini dilakukan bertahap dengan cara menyuntikkan zat alergen ke tubuh. Tujuan dari pengobatan ini adalah agar sistem kekebalan tubuh terbiasa dengan zat alergen (desensitisasi), sehingga sensitivitasnya akan berkurang seiring waktu.

Keluhan pilek alergi perlu segera ditangani agar tidak mengganggu aktivitas Anda. Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter jika pilek alergi yang Anda alami semakin parah atau tidak kunjung membaik, agar dapat diberikan pengobatan yang tepat.

Rhinitis Alergi - Patofisiologi, Diagnosis, Tatalaksana




2022 www.videocon.com