Gempa terkini rangkasbitung

gempa terkini rangkasbitung

VIVA – Warga Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, berhamburan keluar rumah karena beberapa detik merasakan getaran gempa pada pukul 16.05 WIB, Jumat, 14 Januari 2022. Enjon, warga Rangkasbitung di Lebak, mengatkan, warga berhamburan keluar rumah masing-masing untuk menyelamatkan diri dan mencegah dampak gempa.

Piring di atas meja terjatuh ke bawah saat terjadi guncangan gempa itu. Photo : • ANTARA Kepala Pelaksana BPBD Lebak Febby Rizky Pratama, mengatakan aparatnya hingga kini belum menerima laporan adanya kerusakan rumah, infrastruktur, dan korban jiwa akibat gempa itu. Dia telah mengerahkan relawan agar melakukan pemantauan ke desa dan kelurahan karena khawatir ada korban gempa.

Berdasarkan laporan BMKG, gempa magnitudo 6,7 terjadi di lokasi 7.01 LS,105.26 BT atau 52 km barat daya Gempa terkini rangkasbitung, Banten dengan kedalaman 10 km.

gempa terkini rangkasbitung

Gempa itu tidak berpotensi tsunami. (ant) Liputan6.com, Jakarta - Ada sejumlah gempa yang mengguncang wilayah Indonesia hari ini, Selasa (7/7/2020). Usai Jepara dengan magnitudo 6,1, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa magnitudo 5,4 getarkan Rangkasbitung, Banten pada pukul 11:44:14 WIB.

Belakangan gempa telah dimutakhirkan menjadi magnitudo 5,1. "Pusat gempa berada di 18 km barat daya Rangkasbitung, Banten, 95 km barat daya Jakarta, dengan kedalaman 82 Km," tulis BMKG di laman resminya. Hingga kini belum ada laporan terkait kerusakan infrastruktur atau korban luka yang ditimbulkan akibat gempa.

Namun, dari keterangan salah satu saksi menyebutkan, saat gempa terjadi dia dikejutkan suara gemerutuk gempa terkini rangkasbitung atap rumahnya dan kaki berasa berayun.

gempa terkini rangkasbitung

Sinta, salah satu penghuni Apartamen Kalibata City, Jakarta, turut merasakan hal yang sama. "Tiba-tiba ada goncangan jedug, gede dan keras. Lagi duduk di kursi, sampai terlonjak dari kursi. Sekali saja jedugnya. selanjutnya terasa mengayun. Air di galon bergoyang," ujar Sinta yang tinggal di apartemen lantai 7.

gempa terkini rangkasbitung

Lantas, apa penyebab gempa Rangkasbitung yang guncangannya terasa hingga Jakarta hari ini: BMKG memastikan, gempa berkekuatan magnitudo 5,1 yang mengguncang wilayah Rangkasbitung, Lebak, Banten pada Selasa (7/7/2020) siang tidak berpotensi tsunami. "Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono dalam keterangan gempa terkini rangkasbitung, Selasa (7/7/2020).

Gempa tektonik yang mengguncang Rangkasbitung ini terjadi pada pukul 11.44.14 WIB. Hasil analisis BMKG, gempa ini memiliki parameter update dengan magnitudo 5,1.

Episenter gempa terletak pada koordinat 6,70 LS dan 106,15 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 18 km arah Barat Daya Rangkasbitung, Banten pada kedalaman 87 km.

BMKG mengungkapkan, lindu di Rangkasbitung merupakan jenis gempa menengah akibat subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam di bawah lempeng Eurasia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi tersebut memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Lebak III-IV MMI, Cihara, Rangkasbitung, Bayah, Pandeglang, Malingping, Cibeber, Banjarsari, Gempa terkini rangkasbitung III MMI, Jakarta, Depok, Bandung II-III MMI, dan Tangerang Selatan, Bakauheni II MMI.

Berada di kedalaman 87 kilometer, gempa Rangkasbitung dilaporkan BMKG, guncangannya terasa hingga Jakarta.

gempa terkini rangkasbitung

BMKG mengungkap penyebab gempa yang pusatnya berada di 18 km barat daya Rangkasbitung itu. Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono mengungkap, gempa ini terjadi akibat subduksi lempeng Indo-Australia. "Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat subduksi lempeng Indo-Australia yang gempa terkini rangkasbitung dibawah lempeng Eurasia," jelas Rahmat dalam siaran pers BMKG, Selasa (7/7/2020).

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono mengatakan getaran kuat yang dirasakan warga Jakarta akibat gempa di Rangkasbitung, Banten karena efek tanah lunak di Ibu Kota.

"Guncangan gempa ini sangat dirasakan di Jakarta karena adanya efek soft sedimen/tanah lunak di Jakarta sehingga resonansi akibat tebalnya lapisan tanah lunak ini membuat gempa sangat dirasakan," katanya dalam keterangan pers BMKG yang diterima di Jakarta, (7/7/2020). Pada skala II MMI atau Modified Mercalli Intensity getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang dan pada skala III MMI getaran dirasakan nyata di dalam rumah seperti ada truk berlalu.

Ini yang harus dilakukan sebelum, sesaat, dan sesudah gempa bumi. Sebelum: - Pastikan bahwa struktur dan letak rumah Anda dapat terhindar dari bahaya yang disebabkan oleh gempa, seperti longsor atau likuefaksi.

Evaluasi dan renovasi ulang struktur bangunan Anda agar terhindar dari bahaya gempabumi. - Kenali lingkungan tempat Anda bekerja: perhatikan letak pintu, lift, serta tangga darurat. Ketahui juga di mana tempat paling aman untuk berlindung. - Belajar melakukan P3K dan alat pemadam kebakaran.

gempa terkini rangkasbitung

- Catat nomor telepon penting yang dapat dihubungi pada saat terjadi gempabumi. - Atur perabotan agar menempel kuat pada dinding untuk menghindari jatuh, roboh, bergeser pada saat terjadi gempabumi. - Atur benda yang berat sedapat mungkin berada pada bagian bawah. Cek kestabilan benda yang tergantung yang dapat jatuh pada saat gempabumi terjadi. - Simpan bahan yang mudah terbakar pada tempat yang tidak mudah pecah agar terhindar dari kebakaran.

- Selalu mematikan air, gas dan listrik apabila tidak sedang digunakan. - Siapkan alat yang harus ada di setiap tempat: Kotak P3K, senter/lampu baterai, radio, makanan suplemen dan air. Saat Terjadi Gempabumi: - Jika Anda berada dalam bangunan: lindungi badan dan kepala Anda dari reruntuhan bangunan dengan bersembunyi di bawah meja, cari tempat yang paling aman dari reruntuhan gempa terkini rangkasbitung guncangan, lari ke luar apabila masih dapat dilakukan.

- Jika berada di luar bangunan atau area terbuka: Menghindar dari bangunan yang ada di sekitar Anda seperti gedung, tiang listrik, pohon. Perhatikan tempat Anda berpijak, hindari apabila terjadi rekahan tanah. - Jika Anda sedang mengendarai mobil: keluar, turun dan menjauh dari mobil hindari jika terjadi pergeseran atau kebakaran.

gempa terkini rangkasbitung Jika Anda tinggal atau berada di pantai: jauhi pantai untuk menghindari bahaya tsunami. - Jika Anda tinggal di daerah pegunungan: apabila terjadi gempabumi hindari daerah yang mungkin terjadi longsoran. Setelah Terjadi Gempabumi: - Jika Anda berada di dalam bangunan: keluar dari bangunan tersebut dengan tertib; jangan menggunakan tangga berjalan atau lift, gunakan tangga biasa;periksa apa ada yang terluka, lakukan P3K; telepon atau mintalah pertolongan apabila terjadi luka parah pada Anda atau sekitar Anda.

- Periksa lingkungan sekitar Anda: apabila terjadi kebakaran, apabila terjadi kebocoran gas, apabila terjadi hubungan arus pendek listrik. Periksa aliran dan pipa air, periksa apabila ada hal-hal yang membahayakan. - Jangan memasuki bangunan yang sudah terkena gempa,karena kemungkinan masih terdapat reruntuhan.

gempa terkini rangkasbitung

- Jangan berjalan di daerah sekitar gempa, kemungkinan terjadi bahaya susulan masih ada. - Dengarkan informasi mengenai gempabumi dari radio (apabila terjadi gempa susulan). Jangan mudah terpancing oleh isu atau berita yang tidak jelas sumbernya.

gempa terkini rangkasbitung

- Mengisi angket yang diberikan oleh instansi terkait untuk mengetahui seberapa besar kerusakan yang terjadi. - Jangan panik dan jangan lupa selalu berdoa kepada Tuhan demi keamanan dan keselamatan kita semuanya.
JAKARTA - Gempa berkekuatan magnitudo 4,3 mengguncang sejumlah daerah di Banten pada Kamis (5/5/2022), sekitar pukul 14.14 WIB. Gempa tersebut berpusat di 7.06 LS-105.39 BT, atau tepatnya berada di laut 48 Km Barat Daya Sumur, Banten. Berdasarkan laporan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di kedalaman 16 km.

Gempa tersebut dirasakan cukup kuat di beberapa daerah Banten seperti, Cibaliung, Rangkasbitung, hingga Panimbang. "Gempa Dirasakan Magnitudo: 4.3, Kedalaman: 16 km, 05 Mei 2022 14:14:20 WIB, Koordinat: 7.06 LS-105.39 BT (Pusat gempa berada di laut 48 Km Barat Daya Sumur), Dirasakan (MMI): II-III Cibaliung, II Rangkasbitung, II Panimbang," demikian dikutip dari akun resmi Twitter @infoBMKG, Kamis (5/5/2022).

Belum diketahui dengan pasti ada tidaknya korban jiwa serta kerugian materiil akibat guncangan gempa tersebut. Gempa terkini rangkasbitung mengimbau kepada masyarakat di daerah Banten gempa terkini rangkasbitung tetap waspada terkait potensi gempa susulan. Jakarta, CNBC Indonesia - Gempa berkekuatan magnitudo 5,4 mengguncang wilayah Rangkasbitung, Banten.

Getarannya dirasakan hingga Jakarta, BMKG mencatatkan gempa Rangkasbitung terjadi pada pukul 11.44 WIB dengan kedalaman 82 kilometer. Simak informasi selengkapnya dalam program Power Lunch di CNBC Indonesia (Selasa, 07/07/2020) berikut ini.
ERROR: The request could not be satisfied 403 ERROR The request could not be satisfied.

Request blocked. We can't connect to the server for this app or website at this time. There might be too much traffic or a configuration error.

gempa terkini rangkasbitung

Try again later, or contact the app or website owner. If you provide content to customers through CloudFront, you can find steps to troubleshoot and help prevent this error by reviewing the CloudFront documentation. Generated by cloudfront (CloudFront) Request ID: Kek9aw2SFwhzcuDZ0L6OPfslwxEV5zEepSnyGFaCfgyM7LkM5d3M7A==
JAKARTA, iNews.id - Gempa terkini berkekuatan Magnitudo 4,3 mengguncang Banten, Kamis (5/5/2022) pukul 14.14 WIB. Gempa tersebut berpusat di 7.06 LS-105.39 BT atau tepatnya berada di laut 48 Km Barat Daya Sumur, Banten.

Hasil gempa terkini rangkasbitung Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG), pusat gempa berada pada kedalaman 16 gempa terkini rangkasbitung.

Gempa tersebut dirasakan cukup kuat di beberapa daerah Banten seperti Cibaliung, Rangkasbitung hingga Panimbang. BACA JUGA: Gempa Terkini Magnitudo 5,2 Guncang Selayar "Gempa Dirasakan Magnitudo: 4.3, Kedalaman: 16 km, 05 Mei 2022 14:14:20 WIB, Koordinat: 7.06 LS-105.39 BT (Pusat gempa berada di laut 48 Km Barat Daya Sumur), Dirasakan (MMI): II-III Cibaliung, II Rangkasbitung, II Panimbang," demikian dikutip dari akun resmi Twitter @infoBMKG, Kamis (5/5/2022).

Sejauh ini belum diketahui dengan pasti ada tidaknya korban jiwa serta kerugian materiil akibat guncangan gempa tersebut. BMKG mengimbau kepada masyarakat di daerah Banten untuk tetap waspada terkait potensi gempa susulan.Gempa dipastikan tidak berpotensi tsunami. Namun getaran gempa dilaporkan terasa hingga ke Jakarta dan Depok.

gempa terkini rangkasbitung

Pada pagi tadi, gempa berkekuatan 6 Magnitudo juga terjadi di Laut Jawa. Gempa itu tak berpotensi menyebabkan tsunami. Lokasi gempa 53 kilometer barat laut Jepara, Jawa Gempa terkini rangkasbitung.

Sedang kedalaman sumber gempa tergolong sangat dalam yakni 578 kilometer. Dalam catatan yang dibagikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) lewat akun resmi di media sosial maupun situs webnya, gempa itu disebutkan terjadi jam 05.54.44 WIB. Getarannya dirasakan hingga ke selatan Pulau Jawa yakni Yogyakarta dan juga pantai Kuta di Pulau Bali, bahkan Mataram di NTB, tapi hanya intensitas III dalam Skala MMI.
LEBAK, KOMPAS.com - Gempa bermagnitudo 5,4 terjadi di Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten, Selasa (7/7/2020).

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi di 18 kilometer barat daya Rangkasbitung. Gempa berada di kedalaman 82 kilometer. Gempa itu terjadi sekitar pukul 11.44 WIB. Menurut BMKG, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Berdasarkan pengakuan warga, gempa sangat terasa di Rangkasbitung dan sekitarnya. Guncangan gempa terasa sekitar 5 detik dan terjadi dua kali. "Saya lagi di Baduy, sekitar 40 kilometer dari Rangkasbitung. Gempa terasa beberapa detik dan gempa terkini rangkasbitung kali.

Di sini warga sempat waspada, tapi tidak sampai berhamburan keluar," kata seorang warga, Bagus Khoirunas, saat dihubungi Kompas.com, Selasa.

gempa terkini rangkasbitung

Sementara itu, warga lain, Atikah, mengatakan, gempa terasa di sekitar Labuan, Pandeglang. Namun, guncangannya kecil dan hanya sesaat. Hingga saat ini, belum ada laporan kerusakan terkait gempa tersebut. Rapat Komisi III dan KPK di Gedung Merah Putih Digelar Tertutup https://nasional.kompas.com/read/2020/07/07/12591651/rapat-komisi-iii-dan-kpk-di-gedung-merah-putih-digelar-tertutup https://asset.kompas.com/crops/E3j3sQW_m_xjF_hY0EuLHLBecQY=/7x88:1477x1069/195x98/data/photo/2019/11/04/5dbfd075cd6cd.jpg
BANTEN, KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) mencatat, kawasan Sumur, Banten diguncang gempa dengan kekuatan M 4,3 pada Kamis (5/5/2022) pukul 14.14 WIB.

Gempa ini berpusat di koordinat 7,06 LS dan 105,39 BT. Tepatnya berada di laut, 48 kilometer arah barat daya Sumur, Banten.

gempa terkini rangkasbitung

"Kedalaman gempa 16 km," tulis BMKG dalam twitnya. Baca juga: Selama Bulan April 2022 Terjadi 333 Gempa Bumi di NTT #Gempa Mag:4.3, 05-Mei-22 14:14:20 WIB, Lok:7.06 LS, 105.39 BT (Pusat gempa berada di laut 48 Km Barat Daya Sumur), Kedlmn:16 Km Dirasakan (MMI) II-III Cibaliung, II Rangkasbitung, II Panimbang #BMKG pic.twitter.com/IaQDoHzVb5 — BMKG (@infoBMKG) May 5, 2022 Gempa ini terasa di beberapa wilayah, salah satunya di Rangkasbitung dengan skala intensitas II MMI, yakni getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Untuk diketahui, jarak dari Rangkasbitung sampai Sumur, Banten sekitar 140 kilometer. Selain Rangkasbitung, kawasan Panimbang juga merasakan gempa dengan skala intensitas II MMI.

Sementara kawasan Cibaliung merasakan gempa dengan skala intensitas II-III MMI, yakni getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Baca juga: Simulasi Gempa dan Kebakaran di Keraton Yogyakarta, Abdi Dalem Berlarian Berita Terkait 6 Fakta Gunung Anak Krakatau yang Kembali Meletus, Ungkap Kaitan dengan Gempa Banten dan Potensi Tsunami Masih Ada Korban Gempa Sulbar Hidup Tanpa Listrik dan Minum dari Air Sungai yang Keruh Lantai Keramik Mal di Tasikmalaya Retak, Pengunjung Panik Berdesakan Keluar karena Mengira Ada Gempa Simulasi Gempa dan Kebakaran di Keraton Yogyakarta, Abdi Dalem Berlarian Selama Bulan April 2022 Terjadi 333 Gempa Bumi di NTT Berita Terkait 6 Fakta Gunung Anak Krakatau yang Kembali Meletus, Ungkap Kaitan dengan Gempa Banten dan Potensi Tsunami Masih Ada Korban Gempa Sulbar Hidup Tanpa Listrik dan Minum dari Air Sungai yang Keruh Lantai Keramik Mal di Tasikmalaya Retak, Pengunjung Panik Berdesakan Keluar karena Mengira Ada Gempa Simulasi Gempa dan Kebakaran di Keraton Yogyakarta, Abdi Dalem Berlarian Selama Bulan April 2022 Terjadi 333 Gempa Bumi di NTT Jelang Malam, Polisi Berlakukan Gempa terkini rangkasbitung Way di Jalur Keluar Kawasan Pantai Anyer Banten https://regional.kompas.com/read/2022/05/05/174408778/jelang-malam-polisi-berlakukan-one-way-di-jalur-keluar-kawasan-pantai-anyer https://asset.kompas.com/crops/tnQEgLv_g1lzGxzlkcFtF0WG29c=/0x0:0x0/195x98/data/photo/2022/05/05/6273a80c2d814.jpg

Gempa Hebat Banten Baru Saja 5 Mei 2022, Warga Gempar!! Gempa di Banten Hari ini




2022 www.videocon.com