Menggambar pemandangan

menggambar pemandangan

Menggambar Pemandangan – Menatap keindahan suatu pemandangan bagi sebagian orang masih belum cukup memenuhi rasa keingintahuan terhadapnya.

Mereka menggambar pemandangan memilih untuk mengabadikannya dengan menorehkan tinta-tinta kesempurnaan ke atas lembaran suci kosong lagi murni. Walaupun tidak sesempurna apa yang mereka lihat, menggambar sebuah pemandangan bisa memberikan efek puas tersendiri bagi yang melakukannya. Ada banyak cara bagaimana mereka melakukannya, bisa dengan melukis sebuah pemandangan sesuai dengan apa yang mata kepala mereka lihat seperti lukisan naturalisme. Ada pula yang menggambar pemandangan ingin merekam secara sekilas dengan membuat goresan sketsa gambar pemandangan dengan media pensil saja.

Tips Menggambar Sketsa Mengetahui teknik dasar menggambar dengan menggunakan pensil sangat penting diketahui oleh para pemula yang masih awam melakukannya. Namun, jika kita tarik dari pengalaman atau ilmu tentang menggambar yang pernah kita dapatkan selama ini kemungkinan besar semua teknik dasar tersebut sudah kita ketahui.

Akan tetapi, kita saja yang kurang tertarik untuk mengembangkan lebih jauh teknik dasar tersebut. Padahal jika kita lihat, ada banyak sekali hasil karya mengagumkan yang dihasilkan hanya berbekal sebatang pensil saja. Oleh sebab itu, ada baiknya kita mengulang kembali sedikit pelajaran mengenai teknik dasar menggambar dengan pensil tersebut.

Pencahayaan yang Tepat Usahakan ketika menggambar sebuah sketsa, kamu berada di tempat yang memiliki pencahayaan yang memadai. Artinya, tempat kamu berada tidak terlalu terang dan tidak pula terlalu gelap.

Pencahayaan yang kurang nantinya akan membuat kamu tidak bisa melihat dengan jelas detail-detail yang kurang pada goresan pensilmu. Pun sebaliknya, jika pencahayaan terlalu berlebihan maka akan menimbulkan efek mengkilat pada goresan pensilmu dan tidak bisa mengamati gradasi warna yang sudah dibentuk.

Alasi Tanganmu dengan Kertas dan Tisu Saat mencoba pertama kali menggambar, kebanyakan orang akan merasa grogi dan terus merasa tidak yakin saat mulai menggores-goreskan garis di kertas pertamanya. Nah, jika kamu memang benar-benar masih pertama kali menggambar cobalah untuk memberi alas pada sisi tangan kita yang bersentuhan langsung dengan kertas gambar.

Hal ini untuk mengurangi resiko kertas rusak akibat keteledoran kita. Gunakanlah Jenis Pensil yang Tepat Sebagian pemula biasanya menggambar dengan menggunakan pensil apapun yang terdapat di rumahnya. Tapi, jika kamu ingin menjadi pemula yang baik maka seharusnya harus memulainya dari dasar yang baik juga. Kamu harus mengetahui segala jenis pensil beserta fungsinya dalam menggambar.

menggambar pemandangan

Sebagai contoh, pensil 2B yang bersifat tipis hanya diperuntukkan untuk membuat garis bantu atau bayangan saja. Sementara itu, untuk membuat garis atau gambar yang lebih tajam kamu seharusnya menggunakan pensil 2H.

Jika ingin membuat sebuah sketsa yang menjadi obrolan dunia, maka dunia perpensilan memiliki pensil HB yang memberikan performa terbaik. Cara Memilih Pensil Untuk Menggambar Sketsa Hal yang perlu diperhatikan bagi pemula yang ingin menggambar sketsa dengan pensil yaitu harus tahu cara memilih pensil yang bagus untuk membuat menggambar pemandangan.

Untuk membuat sketsa yang bagus diperlukan pensil yang juga berkualitas bagus. Berikut 4 tips sederhana bagi kamu yang ingin memilih pensil untul menggambar. Batang Kayu Pensil Bagus Poin pertama yang harus diperhatikan ialah batang kayu dari pensil tersebut. Beberapa jenis pensil sangat mudah patah dan lapuk karena kualitas kayunya juga rendah.

Pilihlah pensil dengan batang kayu yang keras dan bertekstur padat sehingga tak mudah patah ketika digunakan dan tidak membuang waktumu untuk merautnya ulang. Panjang dan Diameter Wajar Panjang serta diameter dari pensil yang normal dan wajar akan mempengaruhi kenyamanan kamu saat memegangnya nanti.

Pilihlah pensil yang pas ketika menggambar pemandangan sehingga tidak membuat tanganmu lelah saat memegangnya. Isi Pensil Hitam Legam Secara khusuu, pensil digolongkan dalam beberapa jenis jika dilihat dari ketebalan isinya ketika digunakan. Semakin tinggi kualitasnya, maka akan semakin hitam dan legam isinya. Pilihlah pensil yang sesuai dengan kebutuhanmu, selalu sediakan beberapa pensil dengan tingkat kehitaman yang berbeda untuk tujuan yang juga berbeda saat menggambar sketsa.

Bentuk Pensil Simetris Maksudnya ialah pensil tidak berlekuk-lekuk atau lurus karena pensil yang berlekuk pada batangnya walau sedikit tentu akan mudah patah saat digunakan. Selain itu, bentuk pensil yang berlekuk akan membuat tanganmu tak nyama dan mudah lelah sehingga gambar yang kamu hasilnya tidak akan bisa maksimal nantinya. Menggambar Pemandangan dengan Pensil Untuk bisa menggambar pemandangan apapun, yang kamu harus lakukan terlebih dahulu adalah mengamati objek pemandangan tersebut dengan seksama dan fokus.

Amati dengan jelas objek tersebut secara menggambar pemandangan dengan mereka tiap lekukan dan tiap detail yang menonjol. Langkah selanjutnya adalah ketika matamu sudah terbiasa dengan objek, maka kamu kemudian membuat garis sketsa pada kertas gambar. Banyak pemula yang melewatkan bagian ini karena dianggap tidak terlalu menggambar pemandangan, padahal hal ini dibutuhkan untuk membentuk kebiasaan.

Faktanya, garis merupakan acuan untukmu saat menggambar objek tersebut. Tanpanya kamu tidak bisa mengindentifikasi sampai mana harus memulai melakukan teknik menggambar menggambar pemandangan lain seperti mengarsir objek dan lain sebagainya. Cobalah untuk membuat garis menggambar pemandangan outline yang tipis terlebih dahulu.

Langkah terakhir ialah melakukan finishing, yakni dengan memperjelas sketsa dengan menggunakan pensil yang runcing seperti 2B. Berikan juga arsiran sesuai dengan pencahayaan pada objek untuk mempertajam sisi-sisi dari objek yang ingin ditonjolkan. Pada tahap ini, biasanya para pelukis membiarkan imajinasi mereka bermain untuk memperolah sketsa yang sempurna. Berikut ini adalah 33 contoh sketsa bagi mereka yang ingin menggambar pemandangan berupa pantai atau gunung dengan menggunakan pensil. Selain sketsa yang rumit, ada juga beberapa sketsa yang bisa dicontoh untuk bahan pembelajaran bagi anak kecil sebagai awal masa pengenalan dalam kegiatan berkesenian.

warnagambar com Mengambil setting panorama gunung yang tinggi dengan ujungnya yang tampak meruncing. Ketika seseorang menggambar pemandangan seperti ini, kita tak perlu tahu apa yang ada di pikirannya sebab masing-masing pelukis atau pencipta karya seni, tentu memiliki feel yang hanya mereka bisa rasakan sendiri.

menggambar pemandangan

warnagambar com Bukankah sketsa di atas tampak begitu nyata? Penampakan bulan yang begitu besarnya menjadi pusat perhatian saat pertama kali mata melihatnya.

Bersanding dengan pohon besar yang kecil, membuat orang yang menggambar pemandangan menakjubkan ini pantas diberikan apresiasi yang tak ternilai. gambarku3 blogspot com Tampak sederhana namun menegaskan kesan yang kuat. Latar menggambar pemandangan gunung yang menjulang tinggi menjadikan rumah yang digambarkan kecil terlihat pantas jadi titik fokus penikmat sketsa ini. Tak banyak guratan detail seperti gambar sketsa sebelumnya. warnagambar com Untuk gambar yang satu ini, kebanyakan orang mungkin bisa dengan mudah menirukannya.

Jajaran gunung yang menjulang digambarkan seseorang dengan cara yang sederhana. Ini masih awalnya saja, masih ada jejak-jejak guratan lain yang menanti saat sketsa ini selesai dibuat.

asphalt blogspot com Siapa bilang menggambar pemandangan itu hanya cukup berupa gunung atau pantai? Tengoklah sketsa pensil di atas, gedung opera Sydney pun bisa kamu jadikan objek pemuas keinginanmu jika itu diperlukan.

Cobalah mencari gambar sketsa lain yang berhubungan dengan tempat-tempat eksklusif seperti di atas. kellytriciaau blogspot com Kokoh tegak berdiri sebuah gunung berbentuk kerucut. Ia hanya digambar dengan sebuah pensil di atas kertas yang awalnya kosong. Sang pembuat sketsa mungkin terinspirasi menggambarnya saat berada dalam sebuah perjalanan wisata.

ashvilleart org Gambar sketsa di atas tentu tidak akan dihasilkan hanya dari latihan selama satu hari saja. Kamu perlu terus berlatih sehingga tanganmu terlatih dan terbiasa dengan objek apapun.

Entah apa yang membuat gambar ini sangat menarik perhatian, tapi yang jelas lukisan dari pensil berupa deretan gunung di atas sangat indah. Kamu sepakat? pinterest com Kesan pertama yang terlintas saat melihat sketsa di atas adalah sangat menggambar pemandangan hati.

Cahaya matahari di sketsa menggambar pemandangan tampak menyinari gunung melewati celah-celah awan yang mengambang saling beriringan. Sungguh sangat indah! pencildrawing us Sebuah rumah tepat berada di tengah tingginya gunung. Ada kemungkinan ini adalah sebuah pemandangan dari sebuah tempat yang memang terdapat di salah satu belahan bumi kita berada. Sang pencipta sketsa berhasil mengabadikannya melalui sebuah lukisan sketsa sederhana.

pinterest com Bosan mengambil setting musim-musim biasa? Ambillah tema musim dingin dan mulailah menggambar pemandangan gunung dengan menambahkan embel-embel salju di dalamnya seperti sketsa di atas. Buat senyata dan seindah mungkin sketsa hasil milikmu agar nantinya bisa kamu perlihatkan kepada teman-teman sekolahmu.

awesome-mountains blogspot com Hanya deretan gunung yang dilukiskan tegak berdiri bersama. Terlihat tampak ada outline yang menjadi batas arsiran pada bagian atas sketsa. pinterest com Kamu menggambar pemandangan menjadikan gambar di atas sebagai referensi dan inspirasi untuk menggambar sketsa gunung. Ada berbagai bentuk gunung yang bisa ditiru olehmu. Kamu bisa mengambil satu contoh, tiru dan lanjutkan menggambar dengan menambahkan menggambar pemandangan unsur alam lainnya.

ryankennedyart com Gunung batu di atas juga nampak nyata dan terlihat seperti sebuah foto. Menggambar pemandangan seperti di atas butuh keuletan dan kesabaran yang tinggi. Selain itu, juga perlu jam terbang yang tidak sedikit. craftsy com Terlihat komposisi gunung hanya sedikit dibanding dengan langit bersama awannya yang terlihat lebih dominan. Namun tetap saja teknik shading pada gambar di atas dihasilkan dari pemikiran dan pengalaman yang mumpuni. Sederhana namun tegas. dragoart com Hanya sebuah outline sebelum arsiran mulai dilakukan.

Kamu sebaiknya melakukan langkah awal dan dasar seperti di atas untuk menghasikan karya yang nantinya terlihat menakjubkan. drawingimage com Pantulan tinggi dan besarnya gunung sangat tampak diperlihatkan pada sketsa di atas. Arsiran demi arsiran terus diguratkan ke atas menggambar pemandangan mengikuti insting serta imajinasi yang ada di kepala.

flickr com Outline sketsa gunung di atas digoreskan agak tebal sehingga terlihat tampak. Berbeda dari sketsa yang lain dimana outline hanya tampak karena perbedaan nilai ketebalan arsiran. Tirukan saja sketsa di atas jika kamu ingin merekam sebuah pemandangan indah tertentu saat sedang bepergian ke suatu tempat. friv5games com Sketsa di atas sangat indah, ada gunung yang menjulang tinggi hingga menyentuh awan serta danau yang memantulkan kokohnya sang gunung di atas permukaannya.

Terlihat sebuah kapal mengapung dan menambah nilai estetika gambar pemandangan tersebut. wesharepics info Gunung di atas terlihat sangat asli, bukan?

Padahal itu cuma coretan pensil yang dihasilkan oleh seorang yang sangat berbakat dalam menggambar. ssudhi blogspot com Sketsa gambar pemandangan berupa gunung di atas terlihat tandus, tidak ada pepohonan atau sungai yang ikut bersamanya.

menggambar pemandangan

pinterest com Tampak nyata ketika pertama kali melihat gambar sketsa di atas, sang pembuatnya sangat lihai mengguratkan pensilnya sedemikian rupa hingga mampu melukiskan objek mendekati apa yang terlihat oleh mata kepalanya. Sungguh luar biasa! holly6669666 devianart com Gambar di atas hanya coretan awal sebelum kemudian mulai memberikan arsiran demi arsiran di atasnya.

Bisa dilihat garis-garis yang melintang dan membujur pada gunung membuatnya terlihat memiliki isi. coloringpages24x7 com Kamu juga melukiskan aliran sungai yang meluncur dari gunung seperti pada sketsa di atas. Terlihat sungai di tengah dan di kiri kanan terdapat padang rumput serta gunung yang menjadi latar belakangnya.

Menggambar Pemandangan Gunung Gambar-gambar menggambar pemandangan bawah ini sebenarnya hanya diperuntukkan bagi anak-anak yang baru mengenal bagaimana caranya menggambar pemandangan. Ajarkan mereka untuk mengikuti sketsa di bawah setelah ia mulai mengerti hal tersebut. Jika mereka mampu melakukannya, ada kemungkinan mereka memiliki bakat di bidang seni dan para orang tua bisa kemudian mengasah bakatnya menjadi lebih tajam dengan cara-cara yang baik dan benar. warnagambar com blog fitb itb ac id gambarmewarnai com buatgambar28 blogspot com bonikids blogpsot com Menggambar Pemandangan Pantai Sketsa pantai di bawah ada yang rumit dan ada yang bisa dianggap sederhana.

Bagi kamu yang memiliki adik dan ingin mengenalkannya pada kegiatan menggambar dan mewarnai, bisa memberikan sketsa gambar hewan kosong yang sederhana terlebih sebelum mengajarkan membuat sketsa pensil yang rumit seperti di bawah ini.

antiqueryrose blogspot com Kalau hanya menampilkan hamparan pasir-pasir kecil di pantai sudah terlalu mainstream, maka cukup tambahkan unsur-unsur tak biasa di dalamnya dan jadilah sketsa yang tampak sangat berkelas seperti di atas.

Jejak-jejak kaki yang membekas di atas pasir yang basah terlihat biasa, namun menjadikan gambar pemandangan tersebut menjadi luar biasa. sketchite com Biarkan imajinasimu menjadi liar! Seperti itulah yang terjadi dengan sketsa di atas. Sebuah tenda di bangun di tengah pohon kelapa yang menjadi tiang penyangga.

Tidak hanya itu, imajinasi sang pelukis sepertinya juga terlalu jauh berkeliaran sehingga ia kemudian menggambar pemandangan ada tempat untuk menampak cakrawala di puncak pohon kelapa yang melambai. Tema? Sepertinya ini tentang seseorang yang terdampar di pulau terpencil. drawingimage com Tentukan sebuah tema dan menggambar pemandangan jari-jari tanganmu melantunkan bait-bait kesukaannya ke atas kanvas murni nan suci.

Sama halnya seperti lukisan menggambar pemandangan, menentukan sebuah tema mungkin bisa membangkitkan inspirasi untuk menggambar pemandangan apapun. Cobalah! fineartamerica com Sangat terasa nyatanya berkat detail yang dilukisan ke dalamnya. Gambar pemandangan pantai berupa sketsa pensil di atas bisa kamu jadikan sumber inspirasi untuk membuat menggambar pemandangan nyata murni dari tanganmu sendiri. bahasapedia com Oops, sketsa di atas hanya untuk anak-anak ya.

menggambar pemandangan

Itulah contoh sketsa bagaimana menggambar pemandangan sederhana sebagai awal untukmu membuat karya seni terindahmu. Kamu juga bisa mengajarkan adik atau anak-anak melukis dengan gambar pemandangan yang sederhana di atas. Teruslah berlatih dan yakin bahwa: “Semakin sering berlatih, maka kau akan semakin terlatih.” Bagaimana Cara Menggambar Pemandangan alam, pantai, air terjun dan lainnya? Jawabannya adalah sangat mudah. Pemandangan adalah gambar pertama yang kita buat di zaman sekolah.

Gambar Air terjun yang sejuk, pedesaan yang asri, hamparan sawah, dan deretan gunung yang menawan adalah sketsa pemandangan yang banyak digambar oleh anak-anak sekolah dasar, termasuk kita dahulu. Bahkan jika adek-adek ingin tahu Cara Menggambar pemandangan pantai dan lainnya yang gampang, dengan bantuan instruksi sederhana dalam artikel Senipedia ini akan memandu kamu sampai selesai.

Di artikel ini, admin juga akan mengajak adek-adek untuk memahami bagaimana teknik dan langkah-langkah menggambar pemandangan dengan pensil di atas kertas / buku gambar. Apa yang akan kita gambar? Mulai dari pemandangan gunung, sungai yang mengalir darinya, pepohonan rindang, sawah dan lain-lain, tentunya yang membuat mata jadi sejuk.

Daftar Isi • Alat yang Dibutuhkan • Cara Menggambar Pemandangan Alam • Cara Menggambar Pemandangan Pantai • Cara Menggambar Pemandangan Air Terjun • Penutup • Related posts: Alat yang Dibutuhkan Baiklah, langsung saja, pertama-tama, adek-adek sediakan terlebih dahulu beberapa peralatan wajib untuk menggambar di bawah ini.

Diantaranya adalah : • Pensil : Sebagai alat utama dalam membuat sketsa gambar. • Pensil warna : Digunakan untuk proses oengecatan, agar kesan indah semakin terlihat. • Buku gambar : Dijadikan sebagai media dalam menggambar. • Penghapus : Ini berfungsi sebagai alat pengoreksi ketika terjadi kesalahan dalam membuat sketsa. • Rautan pensil. • Penggaris. Nah, setelah mempersiapkan semua alat untuk menggambar di atas, sekarang kita masuk ke pembahasan inti di bawah ini.

Silakan simak sampai selesai dan semoga bermanfaat. Cara Menggambar Pemandangan Alam Pinterest.com Salah satu pemandangan yang paling banyak dan paling mudah untuk digambar adalah pegunungan. Begitu pula ketika di masa taman kanak-kanak maupun sekolah dasar. Yang dimaksud dengan pemandangan gunung di sini ialah view yang memperlihatkan pandangan secara luas, termasuk apa yang mengelilinginya ketika dipandang.

Jadi, view kali ini adalah deretan gunung yang dikelilingi oleh pepohonan hijau rimbun, batu-batu besar, aliran sungai, dan sinar menggambar pemandangan. Berikut adalah langkah-langkah cara menggambar menggambar pemandangan gunung di alam lepas nan indah : • Langkah 1 : Buat Sketsa Gunung Pegunungan identik dengan segitiga sama kaki. Yang harus adek-adek lakukan adalah membuat segitiga sebanyak 2 buah, dengan alas yang sama rata diantara keduanya.

Menggambar pemandangan segitiga tersebut dari kiri menggambar pemandangan kanan, dengan menindihkannya pada bagian tepi segitiga, sehingga terlihat sedikit berlipat dan yang satu menumpuk yang lain. • Langkah 2 : Buat Sketsa Pohon Ada banyak jenis pohon, tapi pinus adalah yang paling mudah untuk digambar.

Untuk membuatnya, mulailah dengan menggambar segitiga sama kaki sekitar setengah halaman. Adek-adek bisa menggunakan penggaris untuk membuat garis horizontal agar kaki segitiga bisa sejajar.

menggambar pemandangan

Buatlah sekitar 5 segitiga dengan ukuran dan menggambar pemandangan yang berbeda (saling tumpang tindih). Misalnya, pertama buat 2 segitiga besar, kemudian buat 3 segitiga kecil di belakang 2 segitiga besar. • Langkah 3 : Buat Aliran Sungai Buatlah sketsa tepi-tepi aliran sungai dengan 2 garis lengkung memanjang dari bawah segitiga. Tambahkan garis horizontal tipis di antara segitiga dan aliran sungai. • Langkah 4 : Bentuk Pohon Pinus Secara hati-hati, berikan detail untuk pohon pinus dengan cara membuat garis bergerigi dengan panjang yang berbeda di tepi setiap segitiga.

Kemudian, buatlah bentuk bulat/oval tak beraturan dengan ukuran besar dan bergelombang, untuk membentuk batu di sepanjang sisi sungai. • Langkah 5 : Tambahkan Detail ke Latar Belakang dan Latar Depan Untuk membuat ilusi, tambahkan lebih banyak pohon pinus di belakang pohon yang sudah digambar sebelumnya. Gambarkan juga bentuk awan dan matahari di atas pohon, bebatuan oval tak beraturan di kedua sisi aliran sungai, dan beberapa bulatan kecil di permukaan sungai.

• Langkah 6 : Tambahkan Menggambar pemandangan Tambahkan detail ke pohon pinus dengan membuat garis bergerigi pendek horizontal di bagian dalam. Adek-adek juga bisa menambahkan dahan pohon, kemudian dilengkapi pula dengan segitiga dan garis bergerigi vertikal seperti langkah-langkah sebelumnya.

• Langkah 7 : Mewarnai Terakhir, silakan adek-adek warnai gambar sketsa yang sudah dihasilkan. Kombinasikan antara warna dengan objek sketsa, dengan warna yang mendekati aslinya. Misalnya, biru tua untuk gunung, biru muda untuk sungai, cokelat untuk batang pohon, hijau untuk dedaunan dan kuning untuk matahari.

Cara Menggambar Pemandangan Pantai Youtube.com Pantai adalah daerah dataran, curam atau bertebing yang diselimuti pasir dan berada di bibir laut. Pantai juga didefinisikan sebagai pembatas antara lautan dan daratan. Di sisi lain, pantai juga dijadikan destinasi wisata favorit yang paling banyak dikunjungi, baik di dalam negeri maupun mancanegara.

Ini tidak lepas dari pemandangan lautnya yang indah. Di momen-momen tertentu seperti libur sekolah, akhir tahun maupun libur lebaran, pantai-pantai yang dijadikan sebagai daerah wisata akan dikunjungi ribuan wisatawan dari berbagai daerah, untuk mengisi masa rehat mereka. Keindahan pantai memang disukai semua orang, karena selain pemandangan yang menakjubkan, di sekitaran pantai juga berhembus angin semilir yang menyejukkan, dan hempasan ombak yang luar biasa. Nah, pantai juga sangat cocok dijadikan objek dalam menggambar, ditambah pula, pembuatannya juga tidak terlalu rumit.

Bagaimana caranya? Berikut, langkah menggambar pemandangan cara menggambar pemandangan pantai buat adek-adek menggambar pemandangan : • Langkah 1 : Buat garis lurus Yang pertama, silakan adek-adek ambil penggaris, lalu buatlah garis lurus horizontal di tengah menggambar pemandangan gambar, yang mengisi sudut kiri ke kanan.

Ini nantinya akan jadi pembatas antara langit dan laut. • Langkah 2 : Buat garis bergelombang Kemudian, ukur garis tengah antara garis horizontal dengan batas bawah buku gambar. Di bagian tengah itu, silakan adek-adek buat garis-garis bergelombang dari sudut kiri ke kanan.

Garis ini nantinya akan jadi pembatas antara pantai dengan laut, di mana garis tersebut adalah ilustrasi ujung dari ombak yang sedang menghempas ke pantai. • Langkah 3 : Buat ilustrasi air laut Selanjutnya, buat garis melengkung kecil dan putus-putus, diantara garis tengah buku gambar dengan garis bergelombang pada langkah 2 tadi.

Garis ini adalah ilustrasi dari air laut yang sedang bergerak karena dihembus angin, dan sedang mencetak sebuah gulungan ombak yang segera menghempas ke tepian. • Langkah 4 : Buatlah gambar awan Lalu, gambarkan bentuk awan besar atau kecil sesuai kreasi adek-adek sendiri. Motif dan bentuknya bebas, namun usahakan pangkal dan ujung garis berada di titik temu.

Umumnya, para pelukis lebih sering membuat bentuk awan di pantai dengan cara membuat goresan garis lengkung pendek-pendek yang saling menyambung sebanyak beberapa buah.

• Langkah 5 : Buat gambar gunung dan matahari Langkah selanjutnya, adek-adek juga bisa menambahkan dua objek pegunungan, persis di atas garis horizontal pertama, yang ditindihkan pada tiap sudut segitiga. Nah, kemudian silakan tambahkan gambar matahari dan letakkan diantara dua pegunungan tadi, tanda bahwa matahari sebentar lagi akan tenggelam. menggambar pemandangan Langkah 6 : Buat gambar Pohon Kelapa, dan pelengkap lainnya Pohon kelapa sangat identik dengan pantai.

Hampir di setiap lokasi wisata pantai di Indonesia, pasti terdapat pohon kelapa. Membuatnya pun tidaklah terlalu sulit. Selain pohon kelapa, adek-adek juga bisa menambahkan kelengkapan lain seperti payung di pantai, ohon bakau, burung terbang hingga kapal nelayan yang sedang mencari ikan ataupun terparkir.

menggambar pemandangan

• Langkah 7 : Warnai Gambarmu Nah, setelah semuanya selesai, sekarang saatnya bagi adek-adek semua untuk mewarnai gambar tersebut. Sesuaikan dengan warna yang semestinya. Misalnya warna awan putih, air laut berwarna biru muda, pantai berwarna putih tua kecoklatan, daun pohon kelapa berwarna hijau dan warna-warna lainnya. Nah, itulah cara dan langkah-langkah menggambar pemandangan pantai.

Silakan dicoba dan semoga hasilnya bagus ya. Cara Menggambar Pemandangan Air Terjun YouTube.com Sesuai dengan namanya, air terjun adalah aliran air yang jatuh dari atas ke bawah tanpa perantara. Air terjun memiliki ciri-ciri mengalir jatuh dengan deras dan kuat ke permukaan yang lebih rendah.

Air terjun akan sering kita temukan di daerah-daerah yang perbukitan terjal, curam dan alami. Selain itu, juga dimanfaatkan untuk sektor wisata bagi umum. Setiap tahunnya, destinasi wisata air terjun selalu dibanjiri oleh orang-orang yang ingin menikmati keindahan alam maupun mandi.

Begitu pula, keberadaannya tersebar di seluruh Indonesia. Nah, jika adek-adek berniat menggambar pemandangan menggambarnya? Di bawah ini telah admin rangkum langkah dan cara menggambar air terjun yang indah tapi cukup mudah. Berikut, tahap-tahapnya : • Langkah 1 : Buat garis melengkung dari kiri ke kanan Pertama-tama, silakan adek-adek buat garis melengkung dari kiri, kemudian naikkan garis ketika sampai ke tengah kertas, lalu turunkan kembali ketika menuju ke kanan.

Nah, garis ini nantinya menjadi kolam yang menampung air terjun yang jatuh dari atas. Dibuat garis penuh dari kiri ke kanan karena ilusi dalam gambar ialah kamu berada di depan kolam tersebut. • Langkah 2 : Buat Persegi Panjang Vertikal Langkah berikutnya adalah, silakan adek-adek gambarkan persegi panjang yang berdiri (vertikal), tingginya kira-kira 75% dari ukuran buku gambar yang terbentang horizontal.

Persegi panjang ini nantinya akan jadi air yang sedang terjun tersebut. Garis kiri dan kanan dari persegi itu adalah batas air yang jatuh. Sebagai penanda, isi persegi dengan garis zig-zag vertikal didalamnya. • Langkah 3 : Buat garis melintang Selanjutnya, buatlah garis melintang pada dua sudut bagian atas dari persegi panjang.

Ini adalah permukaan tanah di sisi puncak air terjun tersebut. Untuk menambah variasi, kamu bisa pula menambahkan pohon, menggambar pemandangan, maupun rerumputan di atas garis horizontal itu, sehingga kesan alam semakin terlihat. • Langkah 4 : Buat gambar pelengkap Gambar pelengkap disini silakan adek-adek sesuaikan dengan kreasi yang diinginkan, misalnya menambah pohon, rumput-rumput, bebatuan, ataupun menambah aliran air di sisi kiri maupun kanan.

• Langkah 5 : Tahap mewarnai Nah, setelah semua sketsa dibuat, silakan lakukan pewarnaan dengan baik dan rapi. Sesuaikan warna sesungguhnya dengan cat yang tersedia, lalu lakukan dengan menggambar pemandangan agar hasilnya maksimal. Selanjutnya, yuk Baca Juga Langkah-Langkah Cara Menggambar Hewan di artikel ini.

Penutup Demikianlah, langkah dan cara menggambar pemandangan yang bagus berupa alam pegunungan, pantai dan air terjun. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat dan menambah wawasan adek-adek semua. Terima kasih. Tulisan Terbaru • CARA DOWNLOAD DRAMA KOREA + SUBTITLE INDO • Pantun Malam Minggu • Pantun Selamat Berbuka Puasa • 30+ ANIME 3D TERBAIK, TAMPAK SEPERTI ASLINYA • Pantun Hari Raya Idul Fitri • Pantun Selamat Malam • Pantun Motivasi Hidup • Situs Freelancer Indonesia • Pantun Motivasi Sukses • Pantun Motivasi Kerja
{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/7\/7b\/Draw-a-Beach-Scene-Step-1-Version-3.jpg\/v4-460px-Draw-a-Beach-Scene-Step-1-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/7\/7b\/Draw-a-Beach-Scene-Step-1-Version-3.jpg\/v4-728px-Draw-a-Beach-Scene-Step-1-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/0\/0b\/Draw-a-Beach-Scene-Step-2-Version-3.jpg\/v4-460px-Draw-a-Beach-Scene-Step-2-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/0\/0b\/Draw-a-Beach-Scene-Step-2-Version-3.jpg\/v4-728px-Draw-a-Beach-Scene-Step-2-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"
<\/div>"} Tambahkan garis bergelombang untuk tepian air.

Di bawah garis horizontal, tetapi tidak tepat di bawah kertas, gambarlah garis bergelombang di kertas gambar. Ini adalah garis menggambar pemandangan, yaitu tempat air mencapai pasir pantai.

menggambar pemandangan

{INSERTKEYS} [2] X Teliti sumber • Buat garis bergelombang dalam beragam ukuran agar garis air terlihat lebih realistis. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/c\/c7\/Draw-a-Beach-Scene-Step-3-Version-3.jpg\/v4-460px-Draw-a-Beach-Scene-Step-3-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/c\/c7\/Draw-a-Beach-Scene-Step-3-Version-3.jpg\/v4-728px-Draw-a-Beach-Scene-Step-3-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Buat lengkung-lengkung kecil di air untuk membentuk gelombang.

Gambar pemandangan Anda akan terdiri dari pantai di bagian bawah, diikuti air di atasnya, lalu diakhiri langit di bagian paling atas. Perjelas keadaan samudera yang berisi air itu dengan menambahkan lengkung-lengkung kecil untuk menggambarkan gelombang.

• Tak perlu terlalu mencemaskan kesempurnaan gambar Anda. Gambar dibuat dengan pensil dan masih bisa diperbaiki nanti dengan warna. {/INSERTKEYS}

menggambar pemandangan

{INSERTKEYS} {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/f\/f1\/Draw-a-Beach-Scene-Step-4-Version-3.jpg\/v4-460px-Draw-a-Beach-Scene-Step-4-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/f\/f1\/Draw-a-Beach-Scene-Step-4-Version-3.jpg\/v4-728px-Draw-a-Beach-Scene-Step-4-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Gambarlah awan di langit. Untuk menggambar awan, goreskan garis lengkung pendek-pendek yang saling menyambung.

Anda bisa menggambar awan besar ataupun kecil sesuai keinginan. Anda juga bisa menambahkan garis melingkar di tengah awan agar kelihatan lebih realistis. [3] X Teliti sumber • Jika Anda menginginkan pemandangan pantai bermandikan sinar matahari dan tanpa kehadiran awan, boleh-boleh saja, lho! Anda tidak harus menggambar awan di situ. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/4\/4f\/Draw-a-Beach-Scene-Step-5-Version-3.jpg\/v4-460px-Draw-a-Beach-Scene-Step-5-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/4\/4f\/Draw-a-Beach-Scene-Step-5-Version-3.jpg\/v4-728px-Draw-a-Beach-Scene-Step-5-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Gambarlah matahari atau bulan.

Jika Anda ingin menggambar pantai saat matahari terbit atau terbenam, buatlah matahari dalam bentuk setengah lingkaran di garis cakrawala, tepat di tengah-tengah halaman. Jika Anda ingin pemandangan pantai di siang bolong, gambarlah matahari bulat penuh di langit. Namun, jika Anda memutuskan untuk menggambar pemandangan pantai di malam hari, tambahkan bulan, bisa berbentuk lingkaran ataupun sabit. • Jangan cemas jika lingkaran Anda ternyata tidak bulat sempurna.

Orang jarang menatap matahari secara langsung. Jadi, mereka tidak benar-benar menemukan lingkaran yang sempurna. • Jika ingin, Anda bisa menggambar matahari dengan wajah tersenyum. {/INSERTKEYS}

menggambar pemandangan

{INSERTKEYS} {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/8\/8a\/Draw-a-Beach-Scene-Step-6-Version-3.jpg\/v4-460px-Draw-a-Beach-Scene-Step-6-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/8\/8a\/Draw-a-Beach-Scene-Step-6-Version-3.jpg\/v4-728px-Draw-a-Beach-Scene-Step-6-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Gambarlah pohon kelapa untuk pantai di daerah tropis.

Gunakan 2 garis tegak dan agak melengkung sebagai batang kelapa. Gambarkan daun kelapa serupa sayap berukuran besar: buatlah garis lengkung, lalu garis-garis pendek di kedua sisi yang mengarah ke bawah. • Anda boleh menambahkan pohon kelapa sesuai keinginan. Namun, jika pantai Anda berada di tempat yang tidak ada pohon kelapa, tentu saja tidak perlu memaksa diri menambahkannya.

• Gambarlah garis bergelombang kecil di bawah pohon kelapa untuk memperjelas bahwa pohon itu berdiri di atas pohon, bukan mengapung begitu saja. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/d\/da\/Draw-a-Beach-Scene-Step-7.jpg\/v4-460px-Draw-a-Beach-Scene-Step-7.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/d\/da\/Draw-a-Beach-Scene-Step-7.jpg\/v4-728px-Draw-a-Beach-Scene-Step-7.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Tambahkan payung pantai untuk mengesankan ada orang di pantai itu.

Menggambar orang mungkin sulit, tetapi Anda bisa menciptakan kesan pantai yang penuh kehidupan dengan menambahkan payung pantai. Gunakan garis agak miring sebagai tiang yang tertancap di pasir.

Gambarlah garis melengkung ke bawah sebagai payung, dan sekumpulan garis lengkung pendek yang saling terhubung sebagai dasar payung. [4] X Teliti sumber • Anda juga bisa menambahkan handuk pantai bertumpukan dengan menggambar belah ketupat. Nantinya akan tampak handuk yang dimiringkan. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/5\/53\/Draw-a-Beach-Scene-Step-8.jpg\/v4-460px-Draw-a-Beach-Scene-Step-8.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/5\/53\/Draw-a-Beach-Scene-Step-8.jpg\/v4-728px-Draw-a-Beach-Scene-Step-8.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Gambarlah perahu di air sebagai detail yang menyenangkan.

Gambarlah lambung perahu dengan membuat bentuk separuh lingkaran, lalu hapus bagian yang berada di bawah air. Kemudian, buat garis lurus untuk tiang perahu, dan segitiga untuk layar. • Jika Anda ingin menggambar perahu yang berada jauh di ujung sana, buatlah perahu dalam ukuran sangat kecil di cakrawala. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/c\/c5\/Draw-a-Beach-Scene-Step-9.jpg\/v4-460px-Draw-a-Beach-Scene-Step-9.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/c\/c5\/Draw-a-Beach-Scene-Step-9.jpg\/v4-728px-Draw-a-Beach-Scene-Step-9.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Tebalkan gambar dengan pena dan hapus goresan pensil Anda.

Siapkan pena atau spidol dan tebalkan garis-garis yang akan Anda pertahankan dalam gambar. Mungkin sketsa pensil Anda tadi berisi terlalu banyak garis bergelombang dan sekarang Anda menganggapnya tidak perlu. Setelah menebalkan semua goresan pensil dengan pena, Anda bisa menghapus semua garis pensil.

[5] X Teliti sumber • Pastikan tinta telah mengering sebelum Anda mulai menghapus garis pensil. Jika tidak, penghapus Anda malah akan menyebarkan tinta ke mana-mana. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/6\/6b\/Draw-a-Beach-Scene-Step-10-Version-2.jpg\/v4-460px-Draw-a-Beach-Scene-Step-10-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/6\/6b\/Draw-a-Beach-Scene-Step-10-Version-2.jpg\/v4-728px-Draw-a-Beach-Scene-Step-10-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Warnai gambar dengan pensil warna, krayon, pastel, atau spidol.

Pasir bisa diwarnai kuning atau cokelat. Daun boleh diwarnai hijau. Jika latar belakang pantai Anda adalah siang hari, warnai langit dengan biru muda dan lautan dengan biru kehijauan bernuansa agak gelap. Jika pantai Anda gambarkan dengan latar belakang matahari terbit atau terbenam, warnai langit dengan garis-garis warna.

Pastikan pula warna-warna langit tersebut turut terpantul di permukaan air. [6] X Teliti sumber • Lautan akan terlihat lebih nyata jika Anda membubuhkan beragam warna, seperti biru, hijau, dan ungu, alih-alih hanya satu warna.

• Anda bisa mewarnai payung pantai dan handuk pantai dengan merah muda atau kuning untuk menghasilkan kontras yang asyik! {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/5\/58\/Draw-a-Beach-Scene-Step-11.jpg\/v4-460px-Draw-a-Beach-Scene-Step-11.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/5\/58\/Draw-a-Beach-Scene-Step-11.jpg\/v4-728px-Draw-a-Beach-Scene-Step-11.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Karena mengambar pemandangan alam ini dapat mencakup beragam objek yang terdapat di alam, baik di darat, laut, dan udara berikut isinya serta berbagai aktivitas yang terdapat didalamnya dapat dijadikan sebagai objek dalam menggambar dengan tema pemandangan alam.

Namun, secara lebih khusus menggambar pemandangan alam adalah kegiatan menggambar dengan objek keindahan alam yang merupakan anugerah sang pencipta. Yang dimaksud dengan keindahan alam tersebut antara lain seperti pemandangan pantai, pemandangan gunung dan air terjun, pemandangan sawah di desa, pemandangan hutan, pemandangan taman bunga, pemandangan desa, pemandangan danau, pemandangan di sungai, dan masih banyak lagi objek gambar yang masuk dalam tema pemandangan alam.

Beragam objek yang terdapat pada hasil gambar dengan tema pemandangan alam umumnya adalah makhluk hidup yang terdapat di alam seperti hewan, tumbuhan, dan manusia dengan aktifitasnya, maupun benda mati seperti gunung, batu, air, matahari, bulan bintang, awan, dan benda-benda lainnya yang terdapat di alam.

Cara Menggambar Pemandangan Berikut ini cara menggambar pemandangan alam dengan mudah yang dapat dilakukan oleh pemula. 1. Menyiapkan Alat dan Media Menggambar Hal pertama yang perlu kalian lakukan dalam kegiatan menggambar pemandangan alam adalah menyiapkan alat dan media gambar yang diperlukan sesuai tujuan dan hasil akhir yang diharapkan.

{/INSERTKEYS}

menggambar pemandangan

Beberapa alat dan media gambar yang perlu disiapkan untuk mempermudah kegiatan menggambar bagi pemula antara lain: a. Pensil b. Penghapus c. Spidol (jika diperlukan) d. Pewarna (pensil warna, crayon, cat air maupun cat lainnya) e. Kuas (jika menggunakan cat) f. Buku gambar (A4, A3, dan lain-lain) g. Alas menggambar (lebih baik gunakan meja gambar) Beberapa alat dan media gambar tersebut merupakan barang-barang yang perlu dipersiapkan dalam menggambar pemandangan bagi pemula.

Tentu masih banyak alat dan media gambar lainnya menggambar pemandangan dapat digunakan dalam menggambar, bagi kalian yang sudah mahir dalam menggambar dapat juga menggunakan alat dan media lain yang bisa menggambar pemandangan sesuai dengan tujuan dan hasil akhir gambar yang diinginkan.

2. Mencari Inspirasi Setelah menyiapkan alat dan media gambar, tahap selanjutnya adalah mencari inspirasi. Tahap inilah yang paling penting dalam menggambar. Sebagaimana pelukis yang membutuhkan inspirasi dalam menciptakan karya lukisnya, seorang penggambar juga membutuhkan ispirasi.

Bagi kalian yang belum memiliki ide dalam menggambar pemandangan alam, cobalah keluar rumah dan amati keindahan alam sekitar rumahmu. Bila perlu kunjungilah tempat-tempat menarik disekitar tempat tinggalmu, seperti pemandangan pematang sawah, pemandangan tempat wisata, pemandangan air terjun, pemandangan gunung, pemandangan sungai, dan lain sebagainya.

Lihat dan amati pemandangan alam tersebut dari tempat yang tinggi untuk mendapatkan jangkauan yang lebih luas. 3. Membuat Sketsa Dasar Setelah mendapatkan ide dalam menggambar pemandangan alam, langkah selanjutnya adalah buatlah sketsa dasarnya.

Gunakan pensil dengan sapuan menggambar pemandangan tipis agar mudah menghapus apabila terjadi kesalahan. Gambar objek rancangan dengan menggambar bentuk dasar objek secara keseluruhan dan hindari menggambar detailnya sebelum bentuk dasar keseluruhan objek digambar. Fungsi sketsa dasar ini adalah untuk mengatur komposisi objek gambar. Sketsa dasar hendaknya dibuat dengan goresan garis tipis menyerupai bentuk objek secara keseluruhan. 4. Perjelas Bentuk Detailnya Setelah sketsa dasar bentuk global selesai digambar, selanjutnya perjelas dengan memberikan detail-detail objek satu persatu.

Gambarlah objek sesuai bentuk asli dan berikan penegasan menggunakan pensil. drawing by fifitan Untuk menggambar detail objek menyerupai bentuk asli diperlukan latihan. Maka dari itu sering-seringlah berlatih menggambar agar kemampuan menggambar kalian menggambar pemandangan terasah. Gunakan contoh-contoh gambar sketsa yang banyak terdapat di Internet untuk memudahkan kalian dalam berlatih menggambar.

Sebelum bentuk detail diperjelas secara keseluruhan hindari pemberian warna. Mewarnai gambar dilakukan setelah keseluruhan objek dibentuk secara detail. 5. Mewarnai Gambar Pemandangan Tahap selanjutnya adalah mewarnai gambar sketsa detailnya.

Tahap mewarnai gambar dilakukan dengan memberikan sentuhan warna sesuai warna asli dan kesan warna yang ditimbulkan dari objek pemandangan alam yang kalian lihat. drawing by fifitan Pemilihan pewarna yang digunakan tergantung selera kalian masing-masing. Kalian dapat menggunakan pensil warna dengan proses yang mudah namun hasilnya kurang tegas. Crayon juga dapat digunakan untuk mewarnai bagi pemula asalkan mengetahui teknik dan cara mewarnai dengan crayon yang tepat agar mendapatkan hasil yang bagus.

Bagi kalian yang sudah mahir, mewarnai gambar dengan cat air dan cat minyak lebih tepat untuk mendapatkan hasil yang lebih nyata. 6. Finishing Tahap terakhir dari cara menggambar pemandangan alam ini adalah memberikan detail isian dengan memberikan penegasan warna maupun dengan cara mengerik bidang warna apabila menggunakan pewarna crayon menggunakan batang kayu, ujung penggaris, atau benda lain yang berbentuk pipih, keras, dan tumpul.

Video Tutorial Menggambar Sketsa Pemandangan Alam Teknik Menggambar Buah dengan Pensil Contoh Gambar Pemandangan Alam Berikut ini beberapa contoh gambar pemandangan alam yang bagus dan mudah digambar.

menggambar pemandangan

Contoh pemandangan alam ini tidak hanya berupa pemandangan alam gunung menggambar pemandangan sawah, namun berbagai macam objek dengan tema pemandangan alam. 1. Gambar Pemandangan Alam
Ketika Anda disuruh menggambar pemandangan, apa yang terlintas pertama kali di pikiran Anda? Seperti apa gambar pemandangan yang akan digambar oleh Anda? Nah, Endapkan jawaban Anda sementara. . Saya teringat ketika saat masa-masa kecil di TK atau pun SD ketika kita mengikuti pelajaran menggambar.

Guru kita akan mencontohkan kepada anak-anak didiknya untuk menggambar dari yang paling dasar sampai kemudian yang paling sering digambarkan, yaitu gambar pemandangan. Dua buah gunung, jalan dengan bentuk perspektif, sawah, dan matahari. Benar demikian? Setiap menggambar pemandangan, maka pakem itu yang digambarkan. Buat dua buah gunung, buat garis horizon, tarik garis perspektif ke bawah untuk membentuk jalan, gambar sawah di kiri kanan jalan, dan gambar bulatan matahari dengan garis-garis sinarnya.

Jadi semua pemandangan adalah sama. Sebagian besar generasi X dan baby boomer pasti pernah menggambar pemandangan seperti itu. Berbeda dengan generasi yang lebih muda atau yang sering disebut generasi milenial yang mungkin sudah tidak mengalami menggambar pemandangan seperti itu. Percaya atau tidak itu yang menjadi salah satu kelemahan generasi X dan baby boomer dalam mengambil keputusan berdasarkan kebiasaan. Otak kita sering terbelenggu dengan hanya mengikuti sesuatu yang telah dilakukan berulang-ulang, tanpa mencari tahu bentuk lain yang mungkin lebih maju dan menggambar pemandangan.

Sebagian besar generasi X dan baby boomer pasti pernah menggambar pemandangan seperti itu. Berbeda dengan generasi yang menggambar pemandangan muda atau yang sering disebut generasi milenial yang mungkin sudah tidak mengalami menggambar pemandangan seperti itu.

Percaya atau tidak itu yang menjadi salah satu kelemahan generasi X dan baby boomer dalam mengambil keputusan berdasarkan kebiasaan.

menggambar pemandangan

Otak kita sering terbelenggu dengan hanya mengikuti sesuatu yang telah dilakukan berulang-ulang, tanpa mencari tahu bentuk lain yang mungkin lebih maju dan inovatif. Kembali ke pertanyaan di awal artikel ini. . Saya pastikan lebih dari 85 persen pasti memikirkan untuk menggambar pemandangan dengan dua buah gunung, jalan, sawah, dan matahari.

Ternyata guru kita sama ha.ha.ha. ● (Ali Tranghanda)
Setiap ada kesempatan untuk berlibur ke luar kota, jangan lupa membawa buku menggambar pemandangan dan peralatan gambar kamu. Banyak obyek pemandangan alam yang indah dan menarik, sayang jika kesempatan ini sampai terlewatkan. Selain foto, kamu bisa menyimpan tempat-tempat yang di kunjungi ke dalam sketsa gambar Kamu bisa memulai dengan mencari obyek pemandangan yang terbuka.

Buatlah beberapa sketsa kasar untuk mengatur komposisi gambar. Gambarlah secara keseluruhan, hindarkan untuk ingin menggambar secara detail. Pertimbangkan obyek-obyek gambar yang mau kamu masukkan dan keluarkan ke dalam sketsa. Kamu akan menemukan berbagai jenis pohon, bukit, gunung, sungai, menggambar pemandangan, sawah, dan lain-lain. Semuanya bisa menjadi obyek gambar yang menarik. Langit dan awan merupakan satu bagian dari pemandangan, karena itu tetap perhatikan cuaca, pergerakan dan bentuk awan.

Buatlah sketsa yang banyak dan lakukan dengan cepat agar kamu bisa menggambar secara keseluruhan. Pada latihan gambar pemandangan ini saya menggambar pemandangan pensil 2B untuk membuat sketsa kasar.

Saya menggambar rimbunan pohon secara keseluruhan, dan bentangan sawah yang menciptakan adanya ruang. Saya memakai pensil 2B untuk mengarsir daerah persawahan dan memberi tekanan pensil yang berbeda untuk menciptakan tekstur sawah. Ketika mengarsir bukit dan pohon-pohon rimbun, saya memakai pensil 4B sehingga menghasilkan arsir gelap. Saya tidak memperhatikan detail pohon, yang penting bagaimana pohon itu menutupi daerah perbukitan, dan ada daerah bukit yang tidak tertutup oleh pohon, saya mengarsir dengan pensil B.

Lihat bagaimana saya menggunakan berbagai macam arsir, untuk sawah saya memakai arsir vertikal, sedangkan daerah perbukitan dengan arsir diagonal. Di belakang perbukitan, awan tenang menyatu dengan pemandangan sekitarnya, saya memakai pensil 2H.

menggambar pemandangan alam dan sungai yang indah




2022 www.videocon.com