Gagasan penjelas dari pendidikan dapat berperan dalam menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian alam

gagasan penjelas dari pendidikan dapat berperan dalam menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian alam

naswaandara Pendidikan berperan sangat penting dalam kehidupam. untuk itu, sangat diperlukan pengembangan akses untuk belajar khususnya untuk para murid. kini pendidikan bisa didapat dari mana saja, mulai dari: cara menjaga lingkungan, dunia politik, bahasa asing,dll. maka dari itu, perlunya pembimbing sangat diiutamakan agar tiap orang bisa berdiskusi tentang bidang yang dikuasai masing-masing. D. Menyajikan Gagasan ke dalam Teks Eksposisi Setelah mempelajari materi ini, kamu diharapkan mampu: 1.

menentukan gagasan pokok dan gagasan penjelas dalam teks eksposisi; 2. menyusun ulang gagasan ke dalam teks eksposisi. Kegiatan 1 Menentukan Gagasan Pokok dan Gagasan Penjelas dalam Teks Eksposisi Bencana kabut asap merupakan bencana memilukan. Sudah sebulan ini sebagian negeri berselimut asap putih. Langit Sumatera dan langit Kalimantan tak lagi tampak biru.

Sebagaimana dikatakan Zulkifli Hasan, mantan Menteri Kehutanan, di beberapa media bahwa untuk menghentikan kebakaran lahan dan hutan yang menimbulkan bencana asap memang tak mudah. Pada setiap paragraf selalu terdapat satu gagasan pokok yang juga dikenal sebagai ide pokok.

Ide pokok itulah yang menjadi kerangka pengembangan sebuah paragraf. Untuk menyusun sebuah teks eksposisi, mulailah dengan mendata gagasan- gagasan pokok yang sesuai dengan topik yang akan kita bahas.

Selanjutnya, kembangkanlah gagasan-gagasan pokok tersebut dengan gagasan penjelas agar ide yang kita sampaikan menjadi jelas bagi pendengar atau pembaca. Perhatikanlah contoh rangkaian gagasan pokok berikut. 1. bencana kabut asap merupakan bencana memilukan. 2. penyebab bencana adalah karena perilaku manusia.

3. pendidikan dapat berperan dalam menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian alam. Perhatikan contoh paragraf yang dikembangkan dari sebuah gagasan pokok ditambah dengan gagasan-gagasan penjelas. Selanjutnya, datalah gagasan penjelas yang sesuai dengan gagasan pokok dalam tabel berikut ini.

Tugas Perhatikan contoh pengembangan gagasan pokok dalam teks eksposisi. Selanjutnya, lengkapilah gagasan utama yang disajikan dengan gagasan pendukung yang menguatkan teks eksposisi. 75 Bahasa Indonesia No. Gagasan Utama Gagasan Penjelas 1. Bencana kabut asap merupakan bencana memilukan. Gagasan Pokok: kabut asap sebagi bencana yang memilukan Sudah sebulan ini sebagian negeri berselimut asap putih.

Langit Sumatra dan langit Kalimantan tak lagi tampak biru. Sejalan pernyataan Zulkili Hasan, mantan Menteri Kehutanan di beberapa media bahwa untuk menghentikan kebakaran lahan dan hutan yang menimbulkan bencana asap memang tak mudah. Kegiatan 2 Menyusun Ulang Gagasan ke dalam Teks Eksposisi Jika gagasan pokok di atas, Bencana kabut asap merupakan bencana memilukan, dan gagasan penjelasnya dikembangkan dalam sebuah paragraf akan menjadi sebuah paragraf yang padu seperti contoh di atas.

Lanjutkan menata gagasan pokok dan gagasan penjelas nomor 2 dan 3 di atas ke dalam paragraf yang utuh dengan mengisi tabel berikut ini. No. Gagasan Utama Gagasan Penjelas gagasan penjelas dari pendidikan dapat berperan dalam menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian alam. Penyebab bencana adalah karena perilaku manusia Kelas X SMAMASMKMAK 76 No. Gagasan Utama Gagasan Penjelas 3.

Pendidikan dapat berperan dalam menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian alam. Kegiatan 3 Menyusun Teks Eksposisi Setelah menganalisis teks eksposisi dari segi isi, struktur, dan kebahasaannya, sekarang kamu akan berlatih menulis teks eksposisi. Pilihlah salah satu di antara topik berikut sebagai gagasan pokok yang akan kamu kembangkan ke dalam eksposisi. Kamu boleh juga memilih topik lain. 1. Air sungai bermanfaat bagi pengairan sawah dan ladang.

2. Sampah yang dibuang ke sungai akan menyumbat aliran air sungai. 3. Pentingnya pendidikan tentang pelestarian lingkungan hidup. 4. Penyebab utama kerusakan alam adalah perilaku manusia.

77 Bahasa Indonesia Setelah itu, kembangkan gagasan pokok tersebut ke dalam teks eksposisi dengan memerhatikan langkah-langkah berikut ini.

gagasan penjelas dari pendidikan dapat berperan dalam menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian alam

1. Pilihlah salah satu di antara gagasan-gagasan berikut atau kamu dapat menentukan sendiri gagasan lain yang berkaitan dengan permasalahan dalam kehidupan di lingkungan sekitarmu. 2. Datalah argumen-argumen yang mendukung gagasan pokok sebagai gagasan penjelas yang hendak kamu sampaikan. 3. Kembangkan teks eksposisimu berdasarkan gagasan pokok dan argumen sebagai gagasan penjelasnya. 4. Presentasikan teks eksposisi yang kamu susun di hadapan teman-temanmu.

5. Berilah tanggapan kritik dan saran terhadap teks eksposisi yang disajikan temanmu. 6. Publikasikan teks eksposisimu di majalah dinding, majalah sekolah, blog, atau di media cetak.

1. Eksposisi merupakan genre teks berisi gagasan yang bertujuan agar orang lain memahami pendapatnya yang disampaikan. Gagasan tersebut disampaikan oleh penulis atau pembicara berdasarkan sudut pandang tertentu. Untuk menguatkan gagasan yang disampaikan, penulis atau pembicara harus menyertakan alasan-alasan logis. 2. Sruktur teks eksposisi meliputi: a. tesis atau pernyataan pendapat, b. argumentasi, dan c. penegasan ulang. 3. Tesis atau pernyataan pendapat adalah bagian pembuka dalam teks eksposisi.

Bagian tersebut berisi pendapat umum yang disampaikan penulis terhadap permasalahan yang diangkat dalam teks eksposisi. 4. Argumentasi merupakan unsur penjelas untuk mendukung tesis yang disampaikan. Argumentasi dapat berupa alasan logis, data hasil temuan, fakta-fakta, bahkan pernyataan para ahli. Argumen yang baik harus mampu mendukung pendapat yang disampaikan penulis atau pembicara. 5. Penegasan ulang bertujuan untuk menegaskan pendapat awal serta menambah rekomendasi atau saran terhadap permasalahan yang diangkat.

Ringkasan Kelas X SMAMASMKMAK 78 Foto : Andin Lesanti www.facebook.com Bab III Apa yang dapat kamu amati dari gambar di atas? Sekilas gambar di atas hanya terlihat sebagai gambar dua ekor kucing yang saling berdekatan di depan ruang kelas.

Akan tetapi, dengan dituliskan ‘mop on’ yang merupakan plesetan dari kata ‘move on’, maka kamu dapat memahami maksud dari foto tersebut. Alih-alih menggunakan model dua anak muda, misalnya, fotografer yang membuat foto itu malah mengambil gambar dua ekor kucing. Sebuah kecerdasan menangkap momen.

Cara menyampaikan sebuah makna secara tersirat seperti pada gambar di atas juga berlaku dalam anekdot. Pada pelajaran sebelumnya, kamu sudah belajar tentang observasi dan eksposisi. Pada pelajaran ini kamu akan belajar menyampaikan ide, gagasan, bahkan kritik melalui anekdot. Dengan menguasai materi ini, kamu akan dapat menyampaikan kritik dengan cara yang lucu, tetapi mengena.

MENYAMPAIK AN IDE MEL ALUI ANEKDOT MOP ON 79 Bahasa Indonesia Untuk meningkatkan kemampuanmu, pada pelajaran ini kamu akan belajar: 1. mengkritisi teks anekdot dari aspek makna tersirat; 2. mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks anekdot; 3. menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot; 4. menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan.

Peta konsep berikut ini dapat membantu kamu dalam mempelajari dan mengembangkan kompetensi berbahasa. Jadi pelajarilah peta konsep di bawah ini dengan saksama Mengenal berbagai pola penyajian anekdot Mengidentifikasi struktur teks anekdot Menganalisis kebahasaan teks anekdot MENYAMPAIKAN IDE MELALUI ANEKDOT Mendata pokok-pook isi anekdot Gagasan penjelas dari pendidikan dapat berperan dalam menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian alam penyebab kelucuan anekdot Membandingkan anekdot dengan humor.

Menganalisis kritik yang disampaikan dalam anekdot Menyimpulkan makna tersurat dalam anekdot Mengkritisi teks anekdot dari aspek makna tersirat Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks anekdot Menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot Menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan Menceritakan kembali isi teks anekot dengan pola penyajian yang berbeda Menyusun teks anekdot berdasarkan kejadian yang menyangkut orang banyak atau perilaku seorang tokoh publik Kelas X SMAMASMKMAK 80 A.

Mengkritisi Teks Anekdot dari Aspek Makna Tersirat Parts » BUKU SISWA BINDO SMA SMK KELAS X REVISI 2017 » Laporan Kegiatan Prabaca Laporan Harian Kegiatan Membaca » Menginterpretasi Laporan Hasil Observasi » Merevisi Isi Teks Laporan Hasil Observasi » Kutipan 1 Kutipan 2 Mendalami Puisi » Mengonstruksi Teks Laporan Verba » Melaporkan Kegiatan Membaca Buku » Menginterpretasi Makna dalam Teks Eksposisi » Mengembangkan Isi Teks Eksposisi » Menelaah Struktur dan Kebahasaan Teks Eksposisi » Menyajikan Gagasan ke dalam Teks Eksposisi » Mengkritisi Teks Anekdot dari Aspek Makna Tersirat » Mengonstruksi Makna Tersirat dalam Sebuah Teks Anekdot » Menganalisis Struktur dan Kebahasaan Teks Anekdot » Menciptakan Kembali Teks Anekdot dengan Memerhatikan Struktur dan Kebahasaan » Mengidentifikasi Nilai-nilai dan Isi Hikayat » Kutipan 3 Nomina Kegiatan Prabaca Kemustahilan » Kesaktian Anonim Istana sentris » Mengembangkan Makna Isi dan Nilai Hikayat » Membandingkan Nilai dan Kebahasaan Hikayat dengan Cerpen » Penggunaan Majas Mendalami Puisi » Mengembangkan Cerita Rakyat ke dalam Bentuk Cerpen » Laporan Membaca Buku Penggunaan Konjungsi » Mengevaluasi Teks Negosiasi Penggunaan Konjungsi » Menjelaskan Pengajuan, Penawaran, dan Persetujuan dalam Teks Negosiasi » Menganalisis Teks Negosiasi Penggunaan Konjungsi » Mengonstruksikan Teks Negosiasi Penggunaan Konjungsi » Segi Teknologi Segi Perdagangan Segi Penghasilan Alami » Generalisasi Analogi Mengonstruksi Bagian-bagian dalam Berdebat » Sebab-Akibat Paragraf 1 Mengonstruksi Bagian-bagian dalam Berdebat » Menganalisis Isi Debat Penggunaan Konjungsi » Berlatih Praktik Debat Penggunaan Konjungsi » Menelaah Teks Biografi Penggunaan Konjungsi » Mengungkapkan Kembali Keteladanan dalam Teks Biograi » Menganalisis Makna dan Kebahasaan Teks Biografi » Menceritakan Kembali Isi Teks Biografi » Mengidentifikasi Komponen Penting dalam Puisi » S.

Rendra Penggunaan Konjungsi » Mendemonstrasikan Puisi Penggunaan Konjungsi » Menulis Puisi Penggunaan Konjungsi Show more
ilmubindo.com - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal teks novel dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas XII revisi.

Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi tentang contoh soal teks novel dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas XII. 1. Bacalah paragraf berikut! (1) Dewasa ini, membaca buku seolah menjadi kegiatan yang tak lazim untuk dilakukan.

(2) Padahal, jika ditilik secara mendalam buku mempunyai tendensi positif yang beragam. (3) Dengan membaca banyak buku paling tidak akan ada ilham yang akan menginspirasi kehidupan kita. (4) Inspirasi dalam kehidupan inilah yang akan menjadikan hidup manusia menjadi penuh warna dan tidak terhenti di tengah jalan.

(5) Dengan demikian, banyak orang yang gemar membaca buku. Kalimat sumbang dalam teks tersebut terdapat pada nomor. A. 1 B. 2 C. 3 D.

4 E. 5 2. Cermati penggalan teks novel berikut! Kata-kata si pegawai itu memberondong cepat bagai peluru yang mendesing memerahkan daun telinga laki-laki kurus itu. Biji mata laki-laki itu melotot berputar-putar cepat seolah-olah.

Majas yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah. A. hendak menatap anaknya dengan kasih sayang B. mati memalingkan pemandangan bagiku C. mati melihat seseorang dengan jelas D. hendak mengawasi gerakan temannya E. hendak melompat keluar dari kedua matanya 3.

Manggul adalah tradisi masyarakat untuk memindahkan barang atau benda dari satu tempat ke tempat lain. Kebiasaan ini sudah bergeser seiring dengan perkembangan teknologi dengan digunakannya alat pendorong beroda. Sinonim kata manggul dalam teks tersebut adalah. A. mengangkut B. memikul C.

mengangkat D. menahan E. menenteng 4. Kalimat berikut yang menggunakan majas ironi adalah. A. Bukan, bukan, bukan, ini bukan salahku B. Semua anak-anak, remaja hingga orang tua C. Suaranya menggelegar memecah angkasa D. Betapa bagusnya kelakukanmu sehingga sudah dua E. orang tuamu menanggis karena keisenganmu. Pak Rahmad pergi ke kantor dengan naik kijang 5. Curah hujan yang sangat lebat mempunyai tetes hujan besar.

Sementara itu, tetes hujan berukuran besar, pori-pori permukaan tanah akan gagasan penjelas dari pendidikan dapat berperan dalam menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian alam sehingga infiltrasi air hujan sangat kecil. Maka, limpasan air hujan menjadi sangat lebat. Pengunaan konjungsi yang tidak tepat pada paragraf tersebut adalah.

A. sementara itu B. maka C. yang D. akan E. Sehingga 6. Cermati penggalan teks novel berikut! Semuanya seperti musim kering; kemarau datang dan angin gersang menusuk-nusuk. Semuanya seperti musim basah; hujan dan badai adalah nyanyian dalam sedih dan ngilu. Semuanya seperti perih, ketika langit tak menyisakan cerita apa-apa. Semuanya menjadi sepi. Gaya bahasa dalam kutipan novel di atas adalah gaya bahasa.

gagasan penjelas dari pendidikan dapat berperan dalam menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian alam

A. antithesis B. metafora C. personifikasi D. hiperbola E. hiperbola 7. (1) Pemanasan global dapat terjadi di mana saja. (2) Diawali dengan radiasi dan berlanjut pada berbagai akibat yang ditimbulkan. (3) Sinar radiasi matahari seperti infrared, datang ke bumi. Hanya 30% yang terserap, sisanya dipantulkan kembali ke luar angkasa. (4) Radiasi kemudian akan terperangkap dan menaikkan suhu udara. (5) Di sinilah terjadi pemanasan global secara sistimatis.

Kalimat tidak efektif pada teks tersebut adalah ditandai dengan nomor. A. 1 B. 2 C. 3 D. 4 E. 5 8. Cermati penggalan teks novel berikut! Tapi itu tak dapat dicapai dengan kenduri saja. Masa dan keadaanlah yang menentukan. Ompi yakin, masa itu pasti akan datang. Dan, ia menunggu dengan hati yang disabar-sabarkan.

Pada suatu hari yang gilang gemilang, angan-angannya pasti merupa jadi kenyataan. Dia yakin itu bahwa Indra Budiman-nya akan mendapat nama tambahan dokter di muka namanya sekarang. Atau salah satu titel yang mentereng lainnya. Ketika Ompi mulai mengangankan nama dambaannya itu, diambilnya kertas dan potlot ditulisnya nama anak-anak, Dr. Indra Budiman. Dan Ompi merasa bahagia sekali. Ia yakinkan kepada para tetangganya akan cita-citanya yang pasti tercapai itu.

(A.A. Navis, anak kebanggaan) Amanat yang terkandung dalam penggalan prosa di atas adalah. A. anganlah terlalu yakin dengan angan-angan sendiri B. Cita-cita orang tua akan tercapai kalau didukung oleh anaknya C. Cita-cita pasti tercapai kalau dilandasi keyakinan akan keberhasilannya D. Asal kita yakin, pengaruh dari orang lain tak ada artinya E.

Hendaklah kita yakin dengan apa yang kita cita-citakan 9. Harga minyak dunia mencapai hampir $70 AS per barel. Keadaan ini akan memaksa pemerintah untuk menyediakan dana [.] BBM sebesar Rp 113,7 triliun. Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang pada paragraf tersebut adalah.

A. cadangan B. stimulus C. taktis D. prioritas E. subsidi 10. Cermati penggalan teks novel berikut! “Walau apa katamu terhadapku, walau kaucaci maki aku, kaukutuki aku, aku terima. Tapi, untuk membiarkan Masri dan Arni hidup sebagai suami istri, padahal Tuhan telah melarangnya, o . o. o . itu telah melanggar prinsip hidup setiap orang yang percaya pada-Nya. Kau memang telah berbuat sesuatu yang benar sebagai ibu yang mau memelihara kebahagiaan anaknya. Tapi, ada lagi kebenaran yang lebih mutlak yang tak bisa ditawar-tawar lagi, yakni kebenaran yang dikatakan Tuhan dalam kitab-Nya.

Prinsip hidup segala manusialah menjunjung kebenaran Tuhan”Kemarau, A.A. Navis Nilai agama yang terdapat dalam kutipan novel tersebut. A. Segala keputusan hendaknya selalu dikembalikan pada ajaran agama B. Kesabaran seorang ayah dalam menghadapi perilaku anakanaknya C. Tuhan melarang perkawinan beda agama D. Keikhlasan seorang ibu dalam membahagiakan anaknya E. Melanggar prinsip agarna mendatangkan kesengsaraan 11.

Mengenal ikan lebih dalam dan cara penyajiannya. Penulisan judul tersebut yang tepat adalah. A. Mengenal IKAN Lebih dalam dan Cara Penyajiannya B. Mengenal Ikan Lebih Dalam dan Cara Penyajiannya C. Mengenal ikan lebih dalam dan Cara Penyajiannya D. Mengenal Ikan Lebih dalam dan Cara Penyajiannya E. Mengenal Ikan Gagasan penjelas dari pendidikan dapat berperan dalam menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian alam dalam dan cara Penyajiannya 12. Cermati penggalan teks novel berikut!

Serba susah, serba salah. Ini tak kuat, ini tak sanggup. Dan sementara itu pikiran dan semangat selalu dikacaukan dan diharubirukan oleh sesal tak putus, sedih tak berkesudahan. Teringat sawah dan rumah pusaka bapak, yang telah dijual dan dihabiskan!

Terkenang kebaikan istri, yang telah meninggalkan dunia karena makan hati oleh perbuatan dan kelakukan diri sendiri. Di mana tinggal kemegahan selama ini. Akan pelengah-lengah pikiran dan akan pembeli nasi Mak Iyah mau tak mau. Ia pun bekarja juga menganyam topidari pandan seperti pada malam itu.

Isi penggalan novel tersebut mengungkapkan. A. kesengsaraan tokoh menghadapi masa lalu B. kebingungan tokoh menghadapi sesuatu C. kelesuan tokoh untuk melakukan sesuatu D. nostalgia tokoh di masa lampaunya E.

penyesalan tokoh atas perbuatannya sendiri 13. Dari dulu pak Harun kaki tangan Lurah di desa ini. Kata yang di cetak miring adalah. A. Kata dasar B. kata sifat C. kata kerja D. Kata idiom E. Frasa 14. Cermati penggalan teks novel berikut! Serba susah, serba salah. Ini tak kuat, ini tak sanggup. Dan sementara itu pikiran dan semangat selalu dikacaukan dan diharubirukan oleh sesal tak putus, sedih tak berkesudahan.

Teringat sawah dan rumah pusaka bapak, gagasan penjelas dari pendidikan dapat berperan dalam menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian alam telah dijual dan dihabiskan! Terkenang kebaikan istri, yang telah meninggalkan dunia karena makan hati oleh perbuatan dan kelakukan diri sendiri.

Di mana tinggal kemegahan selama ini. Akan pelengah-lengah pikiran dan akan pembeli nasi Mak Iyah mau tak mau. Ia pun bekarja juga menganyam topidari pandan seperti pada malam itu.

Konflik yang tersirat pada penggalan novel tersebut lebih didasarkan pada masalah. A. Sosial B. Budaya C. Kejiwaan D. Politik E.

Lingkungan 15. Dari dulu pak Harun kaki tangan Lurah di desa ini. Kata yang di cetak miring mengandung arti. A. Kaki dijadikan tangan B. Oleh-oleh C. Kepercayaan D. Tidak dipercaya E. Mempercayakan 16. Cermati penggalan teks novel berikut! Kami gelagapan. (1) Tidak siap menjawab pertanyaan interogatif disenja bergerimis dalam keadaan kepayahan ini.

“Apa salah kalian?” Berondongannya sekali lagi, tidak sabar. (2) Gerimis bercampur dengan pecikan ludahnya. Mukanya maju. Napasnya mengerubuti mukanya. Aku katupkan mataku rapat-rapat. Apa yang akan dilakukan Tyson ini padaku. Melihat aku menutup mata, dia membentuk lebih keras, “Jangan takut dengan manusia, jawab!” Aku tidak punya pilihan lain untuk memberanikan diri menjawab.

Ragu-ragu, Maaf… maaf… Kak, kami terlambat. (3) Tapi hanya sedikit Kak, lima menit saja.

gagasan penjelas dari pendidikan dapat berperan dalam menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian alam

(4) “Sudah berapa lama kalian resmi jadi murid di PM?” katanya memotong kalimatku. “Dua…dua…Kak.” Jawabku terbata-bata. “Barudua hari sudah melanggar. (5) Bukankah kemarin malam Qanun dibacakan dan kalian tahu tidak terlambat.” *PM= Pondok Madani *Qanun=peraturan (Negeri 5 Menara Karya A, Faudi) Penggambaran watak Tyson yang tegas diungkap melalui.

A. dialog antartokoh B. pikiran-pikiran tokoh C. tanggapan tokoh lain D. keadaan di sekitar tokoh E. secara langsung oleh pengarang 17. Kata atau frasa yang memiliki arti denotasi atau konotasi disebut. A. Kata idiom B. kata sifat C. kata kerja D. Frasa E. Nominal 18. Cermati penggalan teks novel berikut!

Kami gelagapan. (1) Tidak siap menjawab pertanyaan interogatif disenja bergerimis dalam keadaan kepayahan ini. “Apa salah kalian?” Berondongannya sekali lagi, tidak sabar. (2) Gerimis bercampur dengan pecikan ludahnya. Mukanya maju. Napasnya mengerubuti mukanya. Aku katupkan mataku rapat-rapat. Apa yang akan dilakukan Tyson ini padaku. Melihat aku menutup mata, dia membentuk lebih keras, “Jangan takut dengan manusia, jawab!” Aku tidak punya pilihan lain untuk memberanikan diri menjawab.

Ragu-ragu, Maaf. maaf. Kak, kami terlambat. (3) Tapi hanya sedikit Kak, lima menit saja. (4)“Sudah berapa lama kalian resmi jadi murid di PM?” katanya memotong kalimatku. “Dua.dua.Kak.” Jawabku terbata-bata. “Barudua hari sudah melanggar. (5) Bukankah kemarin malam Qanun dibacakan dan kalian tahu tidak terlambat.” *PM= Pondok Madani *Qanun=peraturan (Negeri 5 Menara Karya A, Faudi) Pernyataan yang membuktikan latar waktu sore hari terdapat pada kalimat nomor.

A. (1) B. (2) C. (3) D. (4) E. (5) 19. Cermati penggalan teks novel berikut! “Anak kecil!” Dia tertawa mengejekku. “Mengapa duduk di belakang? Sini! Sini, duduk di muka!

gagasan penjelas dari pendidikan dapat berperan dalam menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian alam

Masih ada tempat.” Tangannya melambai, lalu mendekat berjalan ke arah belakang bangku-bangku. “Tidak, Pak! Di sini saja, “Jawabku. Dia berdiri di samping bangkuku. Tidak ada yang duduk bersamaku. “Mengapa? Supaya paling akhir mendapat giliran?” tanyanya. Seisi kelas tertawa. “Tidak, Pak,” kataku lagi. “Supaya dapat melihat orang-orang lain.” Sedangkan mereka, yang duduk di depan, harus berpaling untuk melihatku.

gagasan penjelas dari pendidikan dapat berperan dalam menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian alam

Latar tempat dalam kutipan novel tersebut adalah. A. warung B. kelas C. sekolah D. ruang tunggu E. kantin 20.

"Dik, tolong ambilkan buku novel di atas meja itu!" Kalimat tersebut merupakan kalimat. A. Kalimat langsung B. Kalimat aktif transitif C. Kalimat aktif intransitif D. kalimat pasif E. kalimat ungkapan 21. Cermati teks berikut! Pemerintah menaikkan target penerimaan negara dari sektor cukai hasil tembakau (CHT) menjadi sebesar Rp 148,23 triliun. Peningkatan tarif cukai berpotensi menambah penerimaan negara, sekaligus menekan jumlah perokok dan angka kemiskinan.

Karena itu, pemerintah diminta berani menempuh langkah itu dengan berlandaskan data empiris yang ada. Instrumen pengendalian konsumsi rokok yang paling efektif ialah harga. Kenaikan harga rokok yang signifikan akan menekan konsumsi rokok sehingga prevalensi perokok turun Simpulan isi teks tersebut adalah. A. Devisa negara akan berkurang secara signifikan jika jumlah perokok juga berkurang secara signifikan setiap tahun B. Devisa negara akan bertambah secara signifikan jika jumlah perokok juga juga bertambah secara signifikan setiap tahun C.

Para perokok akan jera jika pemerintah menaikkan harga jual rokok yang tinggi dengan instrumen kenaikan cukai D. Konsumsi rokok akan meningkat tajam dan kemiskinan akan bertambah jika harga jual rokok tidak dinaikkan secara signifikan E.

Kenaikan cukai rokok yang tinggi berpotensi meningkatkan pendapatan negara, menurunkan jumlah perokok dan angka kemiskinan 22. Ayah menyuruhku untuk melanjutkan sekolah ke universitas ternama yang ada di kota ini. Kalimat tersebut merupakan kalimat.

A. Kalimat tidak langsung B. Kalimat aktif transitif C. Kalimat aktif intransitif D. kalimat pasif E. kalimat ungkapan 23. Sawo Kecik merupakan tanaman yang menjadi ciri khas di kota Yogyakarta. Tetapi sayangnya tanaman ini tidak banyak diketahui oleh masyarakat Yogyakarta sendiri terutama di kalangan kaum muda.

Selain itu tamanan ini kini menjadi tanaman yang langka karena tidak ada yang membudidayakannya. Kalaupun ada, kita harus menunggu tanaman ini tepat pada musimnya untuk berbuah lebat. Dahulu buah Sawo Kecik mudah dijumpai di pasar-pasar besar maupun kecil dan di supermarket, tetapi sekarang sangat sulit untuk menemukannya Tujuan penulis pada paragraf tersebut adalah.

A. Mengajak siswa untuk membeli tanaman Sawo Kecik B. Menginformasikan bahwa budi daya Sawo Kecik bukan tanggung jawab pemerintah C. Mendesak Pemerintah untuk mengeluarkan anggaran budi daya Sawo Kecik D.

Mengharapkan masyarakat membudidayakan tanaman Sawo Kecik E. Mengkritik Pemerintah karena kurang peduli terhadap tanaman Sawo Kecik 24. Bacalah dialog berikut! Gisela : Yang pasti kita jangan gagasan penjelas dari pendidikan dapat berperan dalam menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian alam kelompok di rumah Ikal, rumah dia kan kecil dan kumuh,lagi pula aku nggak boleh sama orang tuaku jika bermain ke tempat kumuh seperti itu.

Joe : Iya betul sekali itu, pasti rumah Ikal itu bau banget dan sempit sekali, pokoknya aku tidak akan mau kerja kelompok jika di rumah Ikal! Lucy : Teman-teman, kalian jangan ngomong seperti itu, belum tentu apa yang kalian ucapkan itu benar, lagian tujuan kita itu untuk belajar bukan bermain!

Ikal : Sudahlah tidak apa-apa, perkataan mereka itu benar kok, kalau kita belajar di tempat yang tidak nyaman kan juga memengaruhi tugas kita juga. Joe : Bagaimana kalau di rumah Lucy saja! Watak Ikal pada penggalan naskah drama di atas adalah. A. Iri Hati B. Besar Hati C. Tinggi Hati D. Rendah Hati E. Kecil Hati 25. Peristiawa yang terjadi pada alur cerita Perang Paderi, adalah. A. Perang Bubat B. Perang sekutu C. Perang perebutan benteng D. Kekuasaan Daerah wilayah E. Perebutan Tahta 26.

Pria kelahiran Medan, 26 Juli 1922, ini seorang penyair legendaris Indonesia yang karya-karyanya hidup dalam batin (digemari) sepanjang zaman. Salah satu bukti keabadian karyanya, pada Jumat 8 Juni 2007, Chairil Anwar, yang meninggal di Jakarta, 28 April 1949, masih dianugerahi penghargaan Dewan Kesenian Bekasi (DKB) Award 2007 untuk kategori seniman sastra. Chairil Anwal memang penyair besar yang menginspirasi dan mengapresiasi upaya manusia meraih kemerdekaan, termasuk perjuangan bangsa Indonesia untuk melepaskan diri dari penjajahan.

Hal ini, antara lain tercermin dari sajaknya bertajuk: Krawang-Bekasi, yang disadurnya dari sajak The Young Dead Soldiers, karya Archibald MacLeish (1948). Dia juga menulis sajak Persetujuan dengan Bung Karno, yang merefleksikan dukungannya pada Bung Karno untuk terus mempertahankan Proklamasi 17 Agustus 1945.

Sajaknya yang berjudul Aku dan Diponegoro banyak diapresiasi orang sebagai sajak perjuangan. Kata Aku binatang jalang dalam sajak Aku, diapresiasi sebagai dorongan kata hati rakyat Indonesia untuk bebas merdeka. Hal yang menarik pada diri tokoh Chairil Anwar adalah.

A. Karya-karyanya digemari masyarakat sepanjang zaman B. Mendapat penghargaan meski Chairil sudah lama meninggal C. Karyanya menginspirasi rakyat Indonesia untuk meraih kemerdekaan D.

Menulis sajak untuk merefleksikan dukungannya pada Presiden RI E. Banyak menyadur dan menerjemahkan karya-karya bahasa asing 27. Salah satu faktor penghambat perkembangan jumlah gagasan penjelas dari pendidikan dapat berperan dalam menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian alam internet di gagasan penjelas dari pendidikan dapat berperan dalam menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian alam sekolah dan kampus adalah infrastruktur (perangkat dan jaringan) dan tarif yang dirasakan masih cukup tinggi.

(2) Dana untuk pengadaan infrastruktur dan berlangganan terkadang tidak dapat ditanggulangi sekolah termasuk orang tua murid sehingga perlu ada insentif khusus dari Telkom. (3) Program insentif khusus akses komunitas sekolah diberi nama TelkomNet sekolah. (4) Internet sebagai media penyebaran informasi global dirasakan manfaatnya sejak pertengahan dasawarsa 90-an. (5) Ragam yang sejalan dengan program sosialisasi penggunaan internet ini memberikan diskon sebesar 40 persen dari pemakaian normal akses TelkomNet Instant Kalimat penjelas yang tidak mendukung paragraf tersebut terdapat pada nomor.

A. (1) B. (2) C. (3) D. (4) E. (5) 28. Novel yang di dalamnya menjelaskan dan menceritakan tentang fakta dan kejadian masa lalu yang menjadi latar belakang disebut. A. Novel sejarah B. Hikayat C. Legenda D. Sage E. Novel drama 29. Hukum bersifat memaksa, adil, dan tidak memandang latar belakang, kasta, agama, harta, dan status sosial. Kini hukum dipertanyakan keberadaannya karena pada kenyataannya hukum tidak bisa tegak berdiri sebagai pedoman dalam bermasyarakat.

Kini hukum hanya pajangan formalitas dunia politik. Bukan hanya itu, hukum kini hanya berlaku untuk masyarakat kalangan bawah tanpa status sosial. Berbeda dengan orang-orang yang mempunyai jabatan dan status sosial di masyarakat yang dapat mengutak-atik hukum sesuai keinginan mereka. Hanya bermodal secarik kertas bertuliskan nominal angka rupiah yang menakjubkan, hukum seketika dapat berubah bahkan tidak berlaku untuk mereka. Kalimat pertanyaan yang sesuai dengan isi paragraf di atas adalah.

A. Bagaimana seharusnya hukum dapat ditegakkan? B. Mengapa hukum ganya sebagai pajangan formalitas dunia politik? C. Apa maksudnya hukum bersifat memaksa? D. Sejak kapan hukum dijadikan pajangan formalitas dunia politik E. Mengapa hukum harus bersifat memaksa dan adil? 30. Kita tidak bisa menerima sepenuhnya alasan merugi Rp22 triliun selama 6 tahun menjadi regulator elpiji sehingga serta-merta Pertamina menaikkan harga elpiji?

Dalam peran dan tugasnya yang mulia inilah Pertamina tidak bisa semata-mata menjadikan harga pasar dunia sebagai kiblat dalam membuat keputusan. Sebab di sisi lain perusahaan memperoleh keuntungan besar atas hasil tambang minyak dan gas yang dieksploitasi dari perut bumi Indonesia. Kata kunci dari paragraf tersebut adalah.

A. Keuntungan B. Kenaikan harga C. Kerugian D. Gas Elpiji E. Kado dari pertamina 31. Rosihan anwar dikenal sebagai seorang wartawan. Sepanjang hidupnya di samping dia seorang penulis, pendidik, seniman, ia juga seorang sejarawan. Sosoknya sebagai simbol kebebasan berpikir Rezim Orde Baru dan lama menyimpan love-hate terhadapnya karena dia selalu mengikuti insting jurnalistiknya menyuarakan isi hatinya, mengungkapkan kebenaran dan ketidakadilan.

Tidak satupun yang dapat mengunci kebebasan berpikir sekalipun sering mendapat kecaman dan dianggap arogan. Akan tetapi, dia sebetulnya mempunyai karisma dan selalu konsisten dalam bersikap Masalah yang dihadapi tokoh Rosihan Anwar adalah.

A. Sering mendapat kecaman dalam menyuarakan kebenaran dan ketidakadilan B. Hanya dapat memusatkan perhatiannya terhadap jurnalistikan C. Selalu mengikuti insting jurnalistiknya dalam bertindak atau bersikap D. Tidak disebut arogan dan juga dikatakan pemilik karisma yang menarik E.

Idenya selalu mendapat tantangan dari pemerintahan yang berkuasa 32. Kenaikan haraga itu merupakan kado tahun baru 2021 yang tidak simpatik, tidak bijak, dan tidak logis.

Kalimat tersebut merupakan contoh Kalimat Opini dalam teks editorial yang bersifat. A. Saran B. kritik C. Penilaian D. Opini E. Prediksi 33. Hari itu takkan pernah kulupakan. Kami berbincang, tertawa, terharu, hingga mengeluarkan air mata suka cita. Aku seperti tak ingin terlepas dari momen-momen hari itu. .Fatma sahabatku yang selalu mengajari aku dalam berbagai hal selama aku berada di Jerman.

Sampai pada suatu hari aku harus kembali ke Indonesia karena tugasku telah berakhir di sana. Unsur ekstrinsik dalam penggalan novel tersebut adalah. A. Budaya B. Sosial C. Agama D. Ekonomi E. Politik 34. Bacalah teks di bawah ini! Kesultanan Cirebon didirikan oleh Syarief Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati. Pada waktu itu, Cirebon merupakan salah satu kota pelabuhan di Nusantara. Banyak pedagang dari negeri asing yang berlabuh di kota itu dan tidak sedikit pula yang menjalin persahabatan dengan pembesar-pembesar istana Cuplikan di atas mengenalkan.

A. latar belakang pendirian, Kesultanan Cirebon B. eksistensi Kesultanan Cirebon C. keadaan Kesultanan Cirebon D. potensi alam Kesultanan Cirebon E. perdagangan di Cirebon 35. Bacalah teks di bawah ini! (1) Kemenangan demi kemenangan berhasil diraih Fatahillah. (2) Pada akhirnya, Sunan Gunung Jati memanggil ulama dari Pasai itu ke Cirebon.

(3) Sunan Gunung Jati menjodohkan Fatahillah dengan Ratu Wulung Ayu. (4) Sementara itu, kedudukan Fatahillah selaku Adipati Jayakarta saat itu ada pada Ki Bagus Angke. Kalimat yang menggunakan keterangan waktu ditandai nomor. A. 1 B. 2 C. 3 D. 4 E. 5 36. Hanya berjarak sekitar 150 kilometer dari Jakarta, Desa Kanekes di Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten, masih menyimpan kerifan warga Baduy.

Mereka kukuh memegang adat warisan leluhur. Ketaatan mereka berujung pada terciptanya suatu komunitas adat yang nyaris tanpa pernah mengenal kekerasan, pertikaian, ataupun aneka kejahatan yang selama ini jamak terdengar.

Ringkasan yang tepat untuk penggalan teks tersebut adalah. A. Desa Kanekes dihuni warga Baduy dan terletak hanya 150 kilometer dari Jakarta B. Desa Kanekes terletak di Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten C. Warga Baduy kukuh memegang adat warisan leluhur dan menyimpan kearifan lokal D. Kejahatan di Desa Kanekes nyaris tidak ada terdengar baik kekerasan, pertikaian, gagasan penjelas dari pendidikan dapat berperan dalam menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian alam kejahatan E.

Desa Kanekes aman dan damai karena warganya kukuh pada adat warisan leluhur Kesultanan Cirebon didirikan oleh Syarief Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati. Pada waktu itu, Cirebon merupakan salah satu kota pelabuhan di Nusantara. Banyak pedagang dari negeri asing yang berlabuh di kota itu dan tidak sedikit pula yang menjalin persahabatan dengan pembesar-pembesar istana. Kaidah kebahasaan yang menandai cuplikan di atas adalah. A. adanya konjungsi penyebaban B. menggunakan kalimat bermasa lampau C.

menghadirkan latar waktu dan tempat dalam tiga kalimat sekaligus D. terdapat penggunaan konjungsi pertentangan E. disusun dengan pola pertentangan dan kausalitas 38. ”Ya, aku sudah tua dan hanya berperan itu-itu saja. Namun bukan berarti, aku tidak butuh membaca buku. Menurutku peran itu tidak hanya menampilkan kebodohan, tapi cara kita menertawakan diri sendiri. Ini sulit, karena ego melindungi kelemahan dan perlu keberanian untuk menetralisir ego itu.”Aku Ona, perempuan muda (dua puluh dua tahun) melihatnya.

Dan kukatakan, ”Aku akan belajar dengan pak Klown selama libur semester ini. Aku jenuh mempelajari ilmu di bangku kuliah. Watak tokoh aku dalam kutipan cerpen tersebut adalah. A. penuh kesibukan B. penuh pikiran C. pandai beralasan D. penuh perjuangan E. penuh tanggung jawab 39. Bacalah teks di bawah ini! (1) Kemenangan demi kemenangan berhasil diraih Fatahillah. (2) Pada akhirnya, Sunan Gunung Jati memanggil ulama dari Pasai itu ke Cirebon. (3) Sunan Gunung Jati menjodohkan Fatahillah dengan Ratu Wulung Ayu.

(4) Sementara itu, kedudukan Fatahillah selaku Adipati Jayakarta saat itu ada pada Ki Bagus Angke. Kata kerja tindakan dalam cuplikan tersebut tidak terdapat dalam kalimat. A. 1 B. 2 C. 3 D 4 E. 5 40. Satu jam yang sangat mencekik. Rio modar-mandir di ruang tunggu rumah sakit. Berkali-kali kepalaya menengok ke dalam. Dokter Andi masih sibuk memeriksa.

Udara menjadi sangat dingin seakan menyergap semua harapan dan kebahagiaan. Dokter Andi keluar dan menutup pintu pelan. Latar suasana penggalan novel trersebut adalah. A. Kecemasan B. Ketakutan C. Kesedihan D. Kebimbangan E. Keraguan 41. Kala itu tahun 1309, Segenap rakyat berkumpul di alun-alun Kerajaan Majapahit. Semua berdoa, apapun warna agamanya, apakah Siwa, Buddha, maupun Hindu.

Semua arah perhatian ditujukan dalam satu pandang, ke Purawaktra yang tidak dijaga terlampau ketat. Kutipan tersebut termasuk bagian struktur.

A. orientasi B. pengungkapan peristiwa C. abstraksi D. menuju konflik E. resolusi 42. Usaha memperbaiki hubungan yang lebih baik antar dua belah pihak merupakan pengertian dari. A. Eksploitasi B. Rekonsiliasi C. Simbiosis D. Eksplorasi E. Demokrasi 43. Prajurit-prajurit yang telah diperintahkan membersihkan gedung bekas asrama telah menyelesaikan tugasnya.

Kata yang menunjukkan bahwa kalimat di atas bermakna lampau adalah. A. telah B. bekas C. prajurit D. gedung E. yang 44. Enam masalah lingkungan yang utama tersebut adalah ledakan jumlah penduduk, penipisan sumber daya alam, perubahan iklim global, kepunahan flora dan fauna serta peningkatan polusi dan kemiskinan. Dari hal itu dapat dibayangkan betapa besar kerusakan alam yang terjadi karena jumlah populasi yang besar dan meningkat sedangkan teknologi saat ini belum dapat menyelesaikan permasalahan tersebut.

Gagasan pokok paragraf tersebut adalah. A. Bumi saat ini sedang menghadapi berbagai masalah lingkungan yang sangat serius B. Bumi saat ini sedang menghadapi berbagai masalah C. Enam masalah lingkungan yang utama tersebut adalah ledakan jumlah penduduk, penipisan sumber daya alam, perubahan iklim global, kepunahan flora dan fauna D. Dari hal itu dapat dibayangkan betapa besar kerusakan alam yang terjadi karena jumlah populasi yang besar dan meningkat E. Betapa besar kerusakan alam yang terjadi karena jumlah populasi yang besar dan meningkat sedangkan teknologi saat ini belum dapat menyelesaikan permasalahan 45.

Kalimat yang menggunakan konjungsi temporal adalah. A. Hampir 100 kepala negara menghadiri upacara penghormatan resmi yang berlangsung di bawah guyuran hujan deras di Stadion FNB, Soweto, Afsel B. Mandela dimakamkan dengan adat Xhosa di sebuah makam di Desa Qunu, tempat Ia menghabiskan masa kecilnya C.

Nelson Mandela wafat dalam usia 95 tahun D. Sebelumnya, jenazah disemayamkan selama tiga hari di Union Buildings di Prectoria, tempat Dia dilantik menjadi presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan E.

Pemakaman terletak di tanah luas keluarga yang dibangun Mandela tahun 1990 46. Enam masalah lingkungan yang utama tersebut adalah ledakan jumlah penduduk, penipisan sumber daya alam, perubahan iklim global, kepunahan flora dan fauna serta peningkatan polusi dan kemiskinan.

Dari hal itu dapat dibayangkan betapa besar kerusakan alam yang terjadi karena jumlah populasi yang besar dan meningkat sedangkan teknologi saat ini belum dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Paragraf tersebut memiliki [.] kalimat A.

1 B. 2 C. 3 D. 4 E. 5 47. Penggalan teks berikut! Dan bila orang mendarat dari pelayanan entah dari jauh entahlah dekat, ia akan berhenti di suatu tempat beberapa puluh langkah dari dermaga.

Ia akan mengangkat sembah di hadapannya berdiri Sela Baginda, sebuah tugu batu berpahat dengan prasasti peninggalan Sri Airlangga. Bila ia meneruskan langkahnya, semua saja jalanan besar yang dilaluinya, jalanan ekonomi sekaligus militer. Ia akan selalu berpapasan dengan pribumi yang berjalan tenang tanpa gegas, sekalipun di bawah matahari terik (Pramudya Ananta Toor, Mangir) Nilai yang terkandung dalam penggalan teks novel sejarah tersebut adalah.

A. nilai sosial B. nilai budaya C. nilai estetis D. nilai moral E. nilai agama 48. Kementrian hukum dan hak azasi manusia hingga tanggal 12 Mei 2012 tercatat ada 158. 812 narapidana dan tahanan Indonesia, 51.899 terkait masalah narkoba. Kalimat tersebut merupakan kalimat.

A. Fakta B. Opini C. Berita D. Argumen E. Rekomendasi 49. Terjadi peningkatan perhatian kegembiraan, kehebohan, kesukaran, ataupun keterlibatan berbagai situasi yang menyebabkan bertambahnya kesukaran tokoh adalah bagian dari stuktur novel sejarah bagian.

A. pengenalan situasi cerita B. pengungkapan peristiwa C. menuju konflik D. konflik E. koda 50. Sebagai generasi muda, calon penerus perjuangan bangsa sudah seharusnya kita menyiapkan diri menjadi generasi yang berkualitas dan cerdas. Kalimat tersebut merupakan kalimat. A. Fakta B. Opini C. Berita D. Argumen E. Rekomendasi 51. (1) Siasat Teuku Umar untuk menghancurkan Belanda dengan menyerahkan diri bersama 250 orang pasukannya. (2) Dengan dibantu istrinya Cut Nyak Dien, dia melawan Belanda.

(3) Akibatnya, dia dianggap pengkhianat negara oleh rakyat Aceh. (3) Padahal, siasat ini dipakai untuk mengetahui taktik dan kekuatan Belanda. (4) Dengan cara ini, Teuku Umar dapat menekan Belanda. Kalimat tidak padu pada teks cerita sejarah di atas ialah. A. (1) B. (2) C. (3) D. (4) E. (5) 52. Sebagai generasi muda, calon penerus perjuangan bangsa sudah seharusnya kita menyiapkan diri menjadi generasi yang berkualitas dan cerdas Kalimat tersebut merupakan kalimat pendapat yang disampaikan atau disebut juga.

A. Fakta B. Opini C. Berita D. Argumen E. Rekomendasi 53. Ultimatum agar Tentara Republik Indonesia (TRI) meninggalkan kota dan rakyat, melahirkan politik “bumihangus”. Rakyat tidak rela Kota Bandung dimanfaatkan oleh musuh. Mereka mengungsi ke arah selatan bersama para pejuang. Kolonel Abdul Haris Nasution selaku Komandan Divisi III, mengumumkan hasil musyawarah tersebut dan memerintahkan rakyat untuk meninggalkan Kota Bandung.

Bandung sengaja dibakar oleh TRI dan rakyat dengan maksud agar Sekutu tidak dapat menggunakannya lagi. Inggris mulai menyerang sehingga pertempuran sengit terjadi. Api masih membubung membakar kota. Bandung pun berubah menjadi lautan api.

Bukti kutipan tersebut bagian dari rangkaian peristiwa adalah. A. mendeskripsikan suasana Kota Bandung B. memaparkan peristiwa Bandung Lautan Api C. berisi pemaparan alur, tokoh, dan latar yang akan disampaikan dalam peristiwa Bandung Lautan Api D. menggambarkan peristiwa sebelum terjadinya peristiwa Bandung Lautan Api E. berisi penjelasan berupa tanda-tanda akan munculnya peristiwa Bandung Lautan Api 54. Bacalah penggalan teks cerita sejarah berikut dengan teliti! Pangeran Diponegoro [.] melawan Belanda karena Belanda memasang patok di tanah milik eyang buyutnya.

Beliau juga muak dengan kelakuan Belanda yang tidak menghargai adat istiadat masyarakat setempat serta memeras rakyat dengan pembebanan berbagai macam pajak. Ungkapan yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang adalah. A. Menentang arus B. Menafik diri C. Memutar haluan D. Mengangkat senjata E. Mengangkat bahu 55. Karena menghadapi senjata modern, takyat Malaka tidak mampu menahan serangan portugis. Malaka jatuh ke tangan Portugis pada tahun 1511. Sultan Malaka terpaksa menyingkir ke Pulau Bintan.

Tetapi perlawanan rakyat Malaka terus berkobar dan tidaj pernah terhenti, sekalipun sifatnya lokal Nilai yang terkandung di dalam cupkikan tersebut adalah. A. Kegigihan B. Kesabaran C. Kemandirian D. Kegagahan E. Kebengisan 56. Sinonim dari kata serius adalah.

A. Benar B. sungguh-sungguh C. Teraarah D. sistematis E. berderet 57. Dalam agama Hindu, sifat dewa-dewa dapat menitis kepada orang yang dipilihnya. Pernyaatan di atas mengandung nilai. A. Relegius B. Profesionalusme C. Edukasi D. Politik E. Budaya 58. Sinonim dari kata jarang ditemukan adalah. A. Punah B. Langka C. Habis D. Hilang E.

sisa 59. Orang yang ingin maju harus selalu belajar. Pernyataan di atas mengandung nilai. A. Moral B. Sosial C. Sosial D. Politik E. Estetika 60. Lapisan ozon semakin menipis akibat gaya hidup manusia yang sewenang-wenang terhadap kondisi alam. Kata yang dicetak miring merupakan jenis kata. A. kata dasar B. kata sifat C.

kata kerja D. Frasa E. Nominal 61. Dari kisah perjalanan Gajah Mada dalam upaya menjadi seorang Mahapatih, banyak hal yang layak dipelajari dan dijadikan inspirasi bagi para pemimpin saat ini. Idealismenya, kemauannya untuk menempa diri dengan meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman, kemampuannya dalam menganalisis permasalahan dan memecahkannya, dan ketegasannya dalam mengambil suatu keputusan, semua layak diteladani.

Demikian pula kewibawaan dan komitmennya dalam Memegang janji politik yang merupakan visinya, yaitu menyatunya Nusantara, layak dijadikan acuan sikap dan perilaku para pemimpin saat ini. Inti dari penggalan teks cerita sejarah tersebut adalah.

A. Kisah Gajah Mada menjadi pelajaran dan inspirasi para pemimpin saat ini B. Upaya Gajah Mada untuk menjadi mahapatih dimulai dari idealismenya C. Kemampuan Gajah Mada adalah pandai menganalisis dan memecahkan masalah D. Karena ketegasannya, Gajah Mada dianggap sebagai Titisan Dewa Wisnu E. Yang utama dari kisah Gajah Mada adalah komitmennya Memegang janji politi 62.

Bumi saat ini sedang menghadapi berbagai masalah lingkungan yang serius. Jenis kalimat tersebut merupakan kalimat. A. Kalimat aktif B. Kalimat aktif transitif C. Kalimat aktif intransitif D. kalimat pasif E. kalimat ungkapan 63. Semuanya seperti musim kering; kemarau datang dan angin gersang menusuk-nusuk.

Semuanya seperti musim basah; hujan dan badai adalah nyanyian dalam sedih dan ngilu. Semuanya seperti perih, ketika langit tak menyisakan cerita apa-apa. Semuanya menjadi sepi. (Nyanyi Sunyi dari Indragiri, Hary B Kori’un) Gaya bahasa dalam kutipan novel di atas adalah gaya bahasa. A. antithesis B. metafora C. personifikasi D. hiperbola E. metonimia 64. Bencana kabut asap merupakan bencana memilukan.

Kalimat tersebut merupakan gagasan utama, dan di bawah ini paragraf tersebut mengalami gagasan penjelas, yaitu kecuali. A. Sudah sebulan ini sebagian negeri berselimut asap putih B. Bencana kabut asap merupakan bencana C. Langit Sumatera dan langit Kalimantan tidak lagi membiru D. ejalan pernyataan Zulkifli Hasan, mantan Menteri Kehutanan di beberapa media bahwa untuk menghentikan kebakaran lahan dan hutan yang menimbulkan bencana asap memang tak mudah E.

Bencana kabut asap merupakan bencana yang dapat menimbulkan masalah terutama pada pernafasan mahluk hidup 65. Namun takdir berkata lain, dimalam sebelum pertunangan mereka, Bali terserang Bom (Bom Jimbaran) dan keluarga Rosie menjadi korban. Nathan meninggal, Rosie yang tak mampu menahan kehilangan depresi dan bersikap seperti orang gila.

Suasana yang terdapat dalam novel tersebut adalah. A. Gunda B. Sedih C. Tegang D. Khusyuk E. bahagia 66. Pendidikan dapat berperan dalam menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian alam. Kalimat tersebut merupakan gagasan utama, dan di bawah ini paragraf tersebut mengalami gagasan penjelas, yaitu kecuali.

A. Pendidikan dapat berperan dalam menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian flora untuk menjaga dari efek global warming B.

Pendidikan dapat berperan dalam menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian sumber daya alam yang makmur C. Pendidikan dapat berperan dalam menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian alam D. Pendidikan dapat berperan dalam menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian tata air yang tersedia E. Pendidikan dapat berperan dalam menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian alam bahari maupun terestial 67.

Bacalah kutipan novel “Sunset Bersama Rosie” di bawah ini! (1) Perahu terombang-ambing pelan (2) Jasmine memperbaiki posisi snorkel (3) Tegar meneriakkan agar tidak jauh-jauh (4) Jasmine mengacungkan tangannya (5) Dari sini terlihat betul betapa senangnya Jasmine.

Kalimat yang menunjukkan latar tempat terdapat dalam nomor. A. 1 B. 2 C. 3 D. 4 E. 5 68. Kedutaan Besar (Kedubes) AS untuk Indonesia bersama Kantor Urusan Pertanian Luar Negeri Kementerian Pertanian akhirnya turun tangan dan membantu perusahaan AS melancarkan penetrasi di Indonesia. Mereka mengajak beragam perusahaan AS untuk mengikuti pameran Food Ingredients Asia(FIA) 2016 di Jakarta, 21-23 September.

Pokok pikiran teks berita tersebut adalah. A. turun tangannya Kedutaan Besar (Kedubes) AS untuk Indonesia bersama Kantor Urusan Pertanian Luar Negeri Kementerian Pertanian membantu perusahaan AS B. perusahaan AS melancarkan penetrasi di Indonesia C. Kedutaan Besar (Kedubes) AS untuk Indonesia bersama Kantor Urusan Pertanian Luar Negeri Kementerian Pertanian mengajak beragam perusahaan-perusahaan AS mengikuti FIA 2016 D.

perusahaan-perusahaan AS mengikuti pameran Food Ingredients Asia (FIA) 2016 di Jakarta, 21-23 September E. Kedutaan Besar (Kedubes) AS untuk Indonesia bersama Kantor Urusan Pertanian Luar Negeri Kementerian Pertanian membantu perusahaan AS 69. Bacalah kutipan novel “Sunset Bersama Rosie” di bawah ini! Begitulah takdir membentuk suatu kisah yang sangat panjang hanya untuk menyatukan kedua orang tersebut.

Setelah melalui banyak kesedihan, waktu, akhirnya mereka diberi kesempatan untuk bersama. Kalimat dalam kutipan novel diatas merupakan. A. Orientasi B. Komplikasi C. Resolusi D. abstrak E. koda 70. Menurut Roberts, masalah terbesar dengan handuk adalah kelembapanyang konsisten. Jika tetap basah, bakteri akan tumbuh.

Bakteri suka kelembapan, tetapi mereka tidak mencintai daerah yang telah kering. Itu sebabnya langsung menjemur handuk ditempat kering atau dibawah terik matahari dapat menjadi caramenghentikan pertumbuhan bakteri, termasuk jamur.

Sebaliknya, jika Anda tetap menyimpan handuk dalam gantungan kamar mandi, handuk akan terus lembab hingga Anda memakainya kembali.

Ringkasan yang sesuai dengan kutipan teks tersebut adalah. A. Bakteri suka kelembapan sehingga mudah tumbuh dihanduk yang basah B. Jika handuk disimpan dalam gantungan kamar mandi, handuk akan terus lembap C. Bakteri lebih suka tempat yang basah daripada tempat yang kering D. Setelah dipakai, handuk harus dijemur dibawah terik matahari E.

Bakteri akan hinggap dihanduk yang dijemurditempat kering 71. Layang-layang Adi tiba-tiba menukik dari atas menyambar layang-layang Badu. (2) Akibatnya, ada bagian kertas layang-layang Badu yang robek. (3) Dan . ketika diadu kembali, layangan Badu pun putus.

(4) Badu memandang layang-layangnya seolah-olah tidak percaya. (5) Perasaan sedih dan malu menjadi satu. (6) Akhirnya Badu mengakui kekalahannya Watak tokoh Badu pada kutipan novel tersebut adalah .

A. pemalu B. sombong C. periang D. berjiwa besar E. angkuh 72. Orang tua harus lebih proaktif dalam mempersiapkan siswa menghadapi Ujian Nasional sehingga target yang sudah bisa terpenuhi. Makna istilah proaktif dan target dalam kalimat di atas adalah. A. cermat dan tujuan B. berperan dan sasaran C. pasif dan saingan D. kreatif dan capaian E. lebih aktif dan sasaran 73. Di tengah orang yang berlomba-lomba menjadi patung lilin, Ayah adalah salah satu dari sedikit orang yang memilih untuk tetap menjadi manusia.

Watak tokoh ayah pada kutipan cerpen tersebut adalah. A. sombong B. religius C. tabah D. bijaksana E. rendah hati 74. Pemandangan alam pantai inisangat indah. Kalimat inti dari kalimat tersebut adalah.

A. Pemandangan alam pantai B. Pemandangan pantai ini C. Pantai ini sangat indah D. Pemandangan pantai sangat indah E. Pemandangan indah 75. Novel Ayat-Ayat Cinta menceritakan tokoh Fahri yang dicintai banyak wanita. Karakter tokoh Fahri yang digambarkan sebagai anak muda tampan, cerdas, ramah, dan saleh. Salah satu wanita yang mencintai Fahri adalah Noura yang karena frustasinya tidak mendapatkan cinta Fahri, ia nekat memfitnah Fahri dengan tuduhan kejam.

Kekurangan novel Ayat-Ayat Cinta dalam kutipan diatas . A. Sungguh luar biasa pengarang mampu menampilkan sosok Fahri begitu sempurna sehingga layak dicintai banyak wanita B. Bahasa yang digunakan pengarang sederhana dan mudah dipahami pembaca C.

Dalam kutipan nyata sulit menemukan sosok Fahri yang begitu sempurna. Cerita ini semakin tidak logis ketika Noura tega memfitnahnya dengan kejam D. Dalam dunia nyata sangat mudah menemukan sosok Fahri yang sempurna E. Mustahil akan ditemukan di manapun sosok Fahri 1. pendidikan memiliki peran penting menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga alam, misalnya dari dapak yang dapat diberika oleh hutan lindung pada kesegaran udara untuk masyarakat sekitar dapat diberikan melalui jalur pendidikan yang dilakukan guru di dalam kelas.

2. pentingnya menjaga alam dapat didapatkan dari pendidikan lingkungan yang diadakan oleh para pemerhati lingkungan seperti WALHI. bagaimana tanaman bakau selain menjadi sember pendapatan juga sebaga pelindung dari erosi tanah. 3. kelestarian alam perlu dijaga oleh masyarakat. pendidikan memiliki peran penting dalam memberikan pemahaman tersebut.

dari berbagai literatur bahakn dari seorang tokoh yang fokus menjadi pemerhati lingkungan dapat memberikan penjelasan bagaimana pentingnya menjaga kelestarian alam sekitar dan akan memberikan dampak yang signifikan dalam jangka panjang. 4. melalui pendidikan kita dapat mengetahui bahaya dari reklamsi yang kini kian gencar ada di indonesia. dengan membutuhkan beribu-ribu bahkan jutaan kubik tanah akan menyebabkan erosi alam sekitar.

5. kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian alam dapat kita berikan melalui pendidikan dan pendekatan yang baik. melalui jalur dasar misalnya dengan melakukan pendekatan pada anak-anak tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya. membuang sampah di sungai memiliki efek yang berbahaya.

memberikan berbagai contoh pada anak-anak dengan berbagai selingan permainan yang dilakukan akan memberikan efek yang cukup maksimal. 6. sebagai tonggak perubahan pendidikan memiliki peran penting menyadarkan masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan. selain terhadap tanggungjawab guru, pemerhati lngkungan, atau organisasi yang fokus gagasan penjelas dari pendidikan dapat berperan dalam menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian alam lingkungan, orang tuan jga memiliki peran penting untuk menyadarkan pada anak bahwa dengan menjaga lingkungan akan memberikan dampak yang baik pada orang banyak.

mengajaknya pergi ke pantai atau tempat wisata yang berbasis alam lalu menjelaskan dan memberikan pengertian juga bentuk gagasan penjelas dari pendidikan dapat berperan dalam menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian alam awal dan kewajiban orang tuan untuk membentuk karakter dan menanamkan pesn moral secara tidak langsung pada pendidikan anak dalam ranah non-formal. Di sebuah hutan hiduplah tikus dan beberapa binatang lainnya seperti kadal, ayam, kelinci dan jangkrik.

Tikus itu tubuhnya hanya memiliki beberapa hel … ai bulu saja. Teman-temannya sering memanggilnya botak dan jelek. Tikus sedih sekalimerasa diejek oleh teman-temannya. Tikus sudah terbiasa hidup di dalam tanah dan jarang keluar karena hanya diejek.Pada suatu hari, pemburu datang ke hutan. Semua binatang lari tunggang langgang. Namun, dimanapun mereka bersembunyi, selalu dapat ditemukan oleh pemburu. Tikus melihat keadaan tersebut.“Hai, kalian!

Kemarilah! Pemburu tidak akan mengejar kalau kalian bersembunyi di tanah,” ucap tikus.“Tidak apa-apa, aku bisa menggali tanah dengan cepat. Pasti cukup untuk kalian semua,” ucap tikus.Akhirnya binatang-binatang tersebut masuk ke dalam tanah yang sudah digali tikus. Dengan rambutnya yang hanya beberapa helai, tikus bisa merasakan keberadaan para pemburu.

Setelah pemburu pergi dari hutan, tikus menyuruh binatang-binatang itu keluar dari dalam tanah. Kelinci, ayam, kadal, jangkrik serta binatang lain merasa malu kepada tikus. Selama ini mereka meremehkan dan mengejek tikus. Namun, hari ini tikus telah menyelamatkan mereka. Untung saja tikus baik hati. Dia tidak pernah dendam kepada siapapun yang telah menyakitinya.Prediksi yang terjadi pada tikus jika tikus tidak menolong binatang-binatang dari pemburu adalah .A. Tikus masih diejek dan dihina oleh binatang lainB.

Tikus dendam kepada binatang-binatang di hutanC. Pemburu bisa menangkap binatang-binatang di hutan D. Tikus akan merasa nyaman dan tentram hidup di hutan​ Tersebutlah kisah Pak Lebai yang hidup di tepi sungai, di sebuah desa di Sumatera Barat.

Pada suatu hari, ia mendapat undangan pesta dari dua orang ka … ya yang diadakan pada hari dan waktu yang bersamaan. Pak Lebai bingung harus mendatangi undangan yang mana, karena kedua undangan memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing. Ia berpikir, kalau ia pergi ke pesta di hilir sungai, tuan rumah akan memberinya hadiah rendang daging kerbau.

Namun ia belum begitu kenal dengan tuan rumah tersebut dan masakan orang-orang hilir sungai tidak seenak orang hulu sungai. Tetapi kalau pergi ke pesta di hulu sungai, ia akan mendapat jamuan sate daging kerbau yang dimasak dengan enak.

Akhirnya, ia mulai mendayung sampannya, meskipun belum juga dapat memutuskan pesta mana yang akan dipilih. Didayungnya sampan menuju hulu. Baru tiba di tengah perjalanan, ia bertemu dengan Mak Rambe yang terlihat murung dan duduk di atas sampan sambil memegang salah satu pipinya. “Hei, Mak Rambe! Mengapa kamu terlihat murung?” tanya Pak Lebai. “Gigiku sakit sekali, daging yang dimasak orang hulu sangat keras,” jawab mak Rambe.Mendengar jawaban Mak Rambe, Pak Lebai mengubah pikirannya. Karena tidak mau giginya sakit seperti Mak Rambe, ia berbalik mendayung sampannya ke arah hilir.

Begitu hampir sampai di hilir, ia melihat beberapa tamu menuju hulu sungai. Tamu tersebut mengatakan bahwa kerbau yang disembelih di sana sangat kurus.“Ah, aku harus segera ke hulu,” gumam Pak Lebai. Ia pun mengubah arah sampannya menuju ke hulu. Setibanya di sana, para tamu sudah beranjak pulang.

Pesta disana sudah selesai. Lalu, ia cepatcepat mendayung sampannya menuju hilir sungai. Sayangnya, di sana pun pesta sudah berakhir. Kedua pesta telah berakhir, dan tak satupun kepala kerbau yang didapat Pak Lebai. Pak Lebai hanya tinggal menyesali kenapa ia tak menghadiri salah satunya, sehingga daging kerbau yang diinginkannya pun lenyap begitu saja.

(sumber: dongengceritarakyat.com)Latar tempat cerita tersebut adalah .A. danauB. sungaiC. pedesaanD. tepi sungai​
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Tahun 2022, Prediksi Soal Pilihan Ganda Ujian Sekolah. Salam hangat bagi adik-adik kelas 12, Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga adik-adik diluar sana tetap sehat.

Dalam artikel berikut ini kita akan membahas tentang Prediksi Soal Pilihan Ganda Ujian Sekolah dan Kunci Jawaban Bhs.Indonesia Kelas 12 Tahun 2022. Berikut ini informasi tentang “Prediksi Soal Pilihan Ganda Ujian Sekolah dan Kunci Jawaban Bhs.Indonesia Kelas 12 Tahun 2022“ yang akan dirangkum oleh tim redaksi salatigaterkini.com dalam artikel berikut ini. Mengingat saat ini kegiatan pembelajaran tatap muka di masa pandemi virus Covid-19 telah mulai diterapkan, adik-adik yang saat ini masih sekolah diharap untuk tetap terus menjaga kesehatannya .

gagasan penjelas dari pendidikan dapat berperan dalam menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian alam

Contoh Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran Sejarah Wajib Kelas 11 SMA SMK Kurikulum 2013, Lengkap dengan Kunci Jawaban, Ada 10 Soal! Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Tahun 2022, Prediksi Soal Pilihan Ganda Ujian Sekolah 1.Teks yang membutuhkan hasil berupa data atau penelitian dengan menggunakan alat khusus dan panca indera yang peka adalah teks… a.Eksposisi b.Narasi c.Argumen e.Argumen Jawaban:a 3.Sinonim dari kata serius adalah… a.Benar b.sungguh-sungguh c.Terarah d.sistematis e.berderet Jawaban:b 4.Sinonim dari kata jarang ditemukan adalah… a.Punah b.Langka c.Habis d.Hilang e.sisa Jawaban:b 5.Lapisan ozon semakin menipis akibat gaya hidup manusia yang sewenang-wenang terhadap kondisi alam.

Kata yang dicetak miring merupakan jenis kata… a.kata dasar b.kata sifat c.kata kerja d.Frasa e.Nominal Jawaban:b 6.Bumi saat ini sedang menghadapi berbagai masalah lingkungan yang serius.

Jenis kalimat tersebut merupakan kalimat… a.Kalimat aktif b.Kalimat aktif transitif c.Kalimat aktif intransitif d.kalimat pasif e.kalimat ungkapan Jawaban:b 7.Bencana kabut asap merupakan bencana memilukan. Kalimat tersebut merupakan gagasan utama, dan di bawah ini paragraf tersebut mengalami gagasan penjelas, yaitu kecuali… a.Sudah sebulan ini sebagian negeri berselimut asap putih b.Bencana kabut asap merupakan bencana c.Langit Sumatera dan langit Kalimantan tidak lagi membiru d.Sejalan pernyataan Zulkifli Hasan, mantan Menteri Kehutanan di beberapa media bahwa untuk menghentikan kebakaran lahan dan hutan yang menimbulkan bencana asap memang tak mudah e.Bencana kabut asap merupakan bencana yang dapat menimbulkan masalah terutama pada pernafasan mahluk hidup Jawaban:b 8.Pendidikan dapat berperan dalam menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian alam.Kalimat tersebut merupakan gagasan utama, dan di bawah ini paragraf tersebut mengalami gagasan penjelas, yaitu kecuali… a.Pendidikan dapat berperan dalam menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian flora untuk menjaga dari efek global warming.

b.Pendidikan dapat berperan dalam menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian sumber daya alam yang makmur.

c.Pendidikan dapat berperan dalam menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian alam. d.Pendidikan dapat berperan dalam menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian tata air yang tersedia e.Pendidikan dapat berperan dalam menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian alam bahari maupun terestial.

Jawaban:c 9.Kedutaan Besar (Kedubes) AS untuk Indonesia bersama Kantor Urusan Pertanian Luar Negeri Kementerian Pertanian akhirnya turun tangan dan membantu perusahaan AS melancarkan penetrasi di Indonesia. Mereka mengajak beragam perusahaan AS untuk mengikuti pameran Food Ingredients Asia(FIA) 2016 di Jakarta, 21-23 September.Pokok pikiran teks berita tersebut adalah … a.turun tangannya Kedutaan Besar (Kedubes) AS untuk Gagasan penjelas dari pendidikan dapat berperan dalam menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian alam bersama Kantor Urusan Pertanian Luar Negeri Kementerian Pertanian membantu perusahaan AS b.perusahaan AS melancarkan penetrasi di Indonesia c.Kedutaan Besar (Kedubes) AS untuk Indonesia bersama Kantor Urusan Pertanian Luar Negeri Kementerian Pertanian mengajak beragam perusahaan-perusahaan AS mengikuti FIA 2016 d.perusahaan-perusahaan AS mengikuti pameran Food Ingredients Asia (FIA) 2016 di Jakarta, 21-23 September e.Kedutaan Besar (Kedubes) AS untuk Indonesia bersama Kantor Urusan Pertanian Luar Negeri Kementerian Pertanian membantu perusahaan AS Jawaban:b 10.Menurut Roberts, masalah terbesar dengan handuk adalah kelembaban yang konsisten.

Jika tetap basah, bakteri akan tumbuh. Bakteri suka kelembaban, tetapi mereka tidak mencintai daerah yang telah kering. Itu sebabnya langsung menjemur handuk di tempat kering atau dibawah terik matahari dapat menjadi cara menghentikan pertumbuhan bakteri, termasuk jamur.

Sebaliknya, jika Anda tetap menyimpan handuk dalam gantungan kamar mandi, handuk akan terus lembab hingga Anda memakainya kembali.

Ringkasan yang sesuai dengan kutipan teks tersebut adalah … a.Bakteri suka kelembapan sehingga mudah tumbuh di handuk yang basah b.Jika handuk disimpan dalam gantungan kamar mandi, handuk akan terus lembab c.Bakteri lebih suka tempat yang basah daripada tempat yang kering d.Setelah dipakai, handuk harus dijemur dibawah terik matahari.

e.Bakteri akan hinggap di handuk yang gagasan penjelas dari pendidikan dapat berperan dalam menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian alam ditempat kering Jawaban:a Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Tahun 2022, Prediksi Soal Pilihan Ganda Ujian Sekolah pikiran-rakyat.com Kunci Jawaban Latihan Soal UAS PAS Matematika Kelas 11 SMA SMK MA Terbaru 2022, Lengkap Artikel Terkait : • Kunci Jawaban Kisi-kisi Soal Pretest PPG Guru PAI Tahun 2022 Lengkap Terbaru • Kunci Jawaban Kelas 7 SMP MTS Butir Soal Isian Singkat PAT Matematika, Latihan Soal Sukses Penilaian Akhir Tahun 2022 • Kunci Jawaban Shopee Tebak Kata Tantangan Harian, Senin 9 Mei 2022, Dapatkan Voucher Belanja, dan Diskon Gratis • Kunci Jawaban Kelas 2 SD MI Tema 7 Halaman 210 211 212 213, Membuat Maket Kebun Binatang • Kunci Jawaban Kelas 4 SD MI Buku Tematik Tema 7 Halaman 92, 93, 95, 96, dan 98 Indahnya Keragaman di Negeriku Tags : Bahasa Indonesia Kelas 12, Bahasa Indonesia Kelas 12 ujian, Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Artikel Sebelumnya : « SIM KELILING Yogyakarta Jumat 17 Desember 2021 - Artikel Sesudahnya : Kunci Jawaban Kelas 6 SD MI Tema 4 Bocoran Soal UAS PAS Essay Tematik Revisi Terbaru Tahun Ajaran 2021-2022 » INFO TERBARU • Kunci Jawaban Kisi-kisi Soal Pretest PPG Guru PAI Tahun 2022 Lengkap Terbaru 09/05/2022 • Kunci Jawaban Kelas 7 SMP MTS Butir Soal Isian Singkat PAT Matematika, Latihan Soal Sukses Penilaian Akhir Tahun 2022 09/05/2022 • Kunci Jawaban Shopee Tebak Kata Tantangan Harian, Senin 9 Mei 2022, Dapatkan Voucher Belanja, dan Diskon Gratis 09/05/2022 • Kunci Jawaban Kelas 2 SD MI Tema 7 Halaman 210 211 212 213, Membuat Maket Kebun Binatang 09/05/2022 • Kunci Jawaban Kelas 4 SD MI Buku Tematik Tema 7 Halaman 92, 93, 95, 96, dan 98 Indahnya Keragaman di Negeriku 09/05/2022 • Download Twibbon Hari Lupus Dunia 10 Mei 2022, Sambut dengan Pilihan Link Twibbon Berdesain Menarik 08/05/2022 • Download Twibbon Hari Raya Waisak 2022, Cukup Ganti Foto Bisa Langsung Dibagikan ke Medsos!

08/05/2022 • DAFTAR ONLINE PNM Mekaar Plus Salurkan Modal Usaha hingga Rp 25 Juta Syarat Pengajuan untuk Nasabah Kriteria Ini 08/05/2022 • Video Highlight Hasil Pertandingan Liverpool vs Tottenham 1-1 08/05/2022 • Nonton Link Live Streaming Atletico vs Real Madrid: Jadwal Liga Spanyol & Jam Tayang 08/05/2022 Phiradio adalah radio streaming milik Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat melalui UPTD Tikomdik Jawa Barat.

Phi merupakan singkatan dari Pendidikan Horizontal Indonesia. Dimana diharapkan phiradio dapat mengudara dengan konsep kekinian memberikan pesan-pesan edukasi secara sejajar yang dapat mendekatkan pendidikan ke masyarakat khususnya di Jawa Barat umumnya di Indonesia.
Setelah mempelajari materi ini, kamu diharapkan mampu: 1.

gagasan penjelas dari pendidikan dapat berperan dalam menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian alam

mentukan Gagasan Pokok dan Gagasan Penjelas dalam teks eksposisi; 2. menyusun ulang gagasan ke dalam teks eksposisi. Kegiatan 1 Menentukan Gagasan Pokok dan Gagasan Penjelas Dalam Teks Eksposisi Bencana kabut asap merupakan bencana memilukan. Sudah sebulan ini sebagian negeri berselimut asap putih.

Langit Sumatera dan langit Kalimantan tak lagi tampak biru. Sebagaimana dikatakan Zulkifli Hasan, mantan Menteri Kehutanan, di beberapa media bahwa untuk menghentikan kebakaran lahan dan hutan yang menimbulkan bencana asap memang tak mudah.

gagasan penjelas dari pendidikan dapat berperan dalam menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian alam

Pada setiap paragraf selalu terdapat satu gagasan pokok yang juga dikenal sebagai ide pokok. Ide pokok itulah yang menjadi kerangka pengembangan sebuah paragraf. Untuk menyusun sebuah teks eksposisi, mulailah dengan mendata gagasan- gagasan pokok yang sesuai dengan topik yang akan kita bahas.

Selanjutnya, kembangkanlah gagasan-gagasan pokok tersebut dengan gagasan penjelas agar ide yang kita sampaikan menjadi jelas bagi pendengar atau pembaca. Perhatikanlah contoh rangkaian gagasan pokok berikut. a. bencana kabut asap merupakan bencana memilukan; b. penyebab bencana adalah karena perilaku manusia; c. pendidikan dapat berperan dalam menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian alam.

Perhatikan contoh paragraf yang dikembangkan dari sebuah gagasan pokok ditambah dengan gagasan-gagasan penjelas. Selanjutnya, datalah gagasan penjelas yang sesuai dengan gagasan pokok dalam tabel berikut ini.

Tugas Perhatikan contoh pengembangan gagasan pokok dalam teks eksposisi. Selanjutnya, lengkapilah gagasan utama yang disajikan dengan gagasan pendukung yang menguatkan teks eksposisi. Kegiatan 2 Menyusun Ulang Gagasan ke dalam Teks Eksposisi Jika gagasan pokok di atas, Bencana kabut asap merupakan bencana memilukan dan gagasan penjelasnya dikembangkan dalam sebuah paragraf akan menjadi sebuah paragraf yang padu seperti contoh di atas.

Lanjutkan menata gagasan pokok dan gagasan penjelas nomor 2 dan 3 di atas ke dalam paragraf yang utuh dengan mengisi tabel berikut ini. • •• Tebar Hikmah Ramadan • Life Hack • Ekonomi • Ekonomi • Bisnis • Finansial • Fiksiana • Fiksiana • Cerpen • Novel • Puisi • Gaya Hidup • Gaya Hidup • Fesyen • Hobi • Karir • Kesehatan • Hiburan • Hiburan • Film • Humor • Media • Musik • Humaniora • Humaniora • Bahasa • Edukasi • Filsafat • Sosbud • Kotak Suara • Analisis • Kandidat • Lyfe • Lyfe • Diary • Entrepreneur • Foodie • Love • Viral • Worklife • Olahraga • Olahraga • Atletik • Balap • Bola • Bulutangkis • E-Sport • Politik • Politik • Birokrasi • Hukum • Keamanan • Pemerintahan • Ruang Kelas • Ruang Kelas • Ilmu Alam & Teknologi • Ilmu Sosbud & Agama • Teknologi • Teknologi • Digital • Lingkungan • Otomotif • Transportasi • Video • Wisata • Wisata • Kuliner • Travel • Pulih Bersama • Pulih Bersama • Indonesia Hi-Tech • Indonesia Lestari • Indonesia Sehat • New World • New World • Cryptocurrency • Metaverse • NFT • Halo Lokal • Halo Lokal • Bandung • Joglosemar • Makassar • Medan • Palembang • Surabaya • SEMUA RUBRIK • TERPOPULER • TERBARU • PILIHAN EDITOR • TOPIK PILIHAN • K-REWARDS • KLASMITING NEW • EVENT Konten Terkait • Essay: Pendidikan bagi Masyarakat Sederhana • Pentingnya Kemajuan Teknologi terhadap Dunia Pendidikan • Pentingnya Pendidikan Inklusi bagi Anak Berkebutuhan Khusus • Mangalomang bagi Masyarakat Tapanuli Selatan • Pentingnya Pendidikan bagi Seluruh Elemen Masyarakat Indonesia • Negara Peradaban dalam Keabadian Negara Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya, suku, sumber daya alam, dan sebagainya.

Sebagai negara maju dan berkembang, sumber daya manusia tidak boleh dikesampingkan. Kualitas warga negara akan menentukan ke arah mana negara tersebut akan bergerak.

gagasan penjelas dari pendidikan dapat berperan dalam menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian alam

Pendidikan merupakan aset penting bagi kemajuan sebuah bangsa, oleh karena itu setiap warga negara harus dan wajib mengikuti jenjang pendidikan, baik jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah maupun tinggi. Pendidikan memegang peranan penting dalam menentukan kualitas warga negara. Bagaimana tidak, pendidikan merupakan investasi seseorang bagi masa depannya dan merupakan bagian dari penentu kesuksesan seseorang. Indonesia merupakan negara demokrasi, dimana rakyatnya memiliki kebebasan yang dilindungi oleh hukum.

Setiap warga negaranya memiliki kebebasan yang dilindungi oleh HAM. Negara telah mengatur hak setiap warga Negara Indonesia untuk mendapat pendidikan sebagai sarana dalam meningkatkan kualitas hidupnya yaitu pada UUD pasal 28 C ayat 1 dan 2 dan pasal 31 ayat 1 dan 2. Dalam pembukaan UUD 1945 alinea ke-4 juga memuat salah gagasan penjelas dari pendidikan dapat berperan dalam menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian alam tujuan Bangsa Indonesia, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.

Bahkan, pemerintah berupaya meningkatkan taraf kehidupan rakyatnya dengan mewajibkan belajar pendidikan dasarnya selama 9 tahun bagi warga negara Indonesia.

Seiring dengan perkembangan zaman, setiap orang berlomba-lomba ingin mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Pendidikan dapat mengembangkan pemikiran setiap orang.

Pendidikan tidak hanya selalu mengenai pelajaran di sekolah, melainkan pendidikan juga diperlukan dalam bersikap dan bertingkah laku. Setiap orang harus dibudayakan untuk dididik sejak kecil, contohnya dididik agar sopan dalam bertingkah laku, memiliki etika berbicara, etika makan, dan sebagainya. Jika setiap orang di Indonesia ini memenuhi kewajiban belajarnya, tentu kualitas warga negara juga akan bertambah. Dengan demikian, negara indonesia dapat meningkatkan Sumber Daya Manusianya yang akan memberikan dampak positif di berbagai bidang.

Manusia yang berpendidikan atau berilmu tentu berbeda dari manusia yang tidak berpendidikan atau tidak berilmu. Hal ini tentu dapat dilihat dari cara bersikap, bertutur, cara berpikir, dan menjaga emosi. Negara, masyarakat masa datang, diperlukan ilmu yang cukup untuk dapat mendukung kokohnya pendirian suatu Negara. Negara yang akan melangkah maju membutuhkan daya dukung besar dari masyarakat, membutuhkan tenaga kerja yang lebih berkualitas, dengan semangat loyalitas yang tinggi.

Negara didorong untuk menggugah masyarakat agar dapat tercipta rasa persatuan dan kesatuan serta rasa turut memiliki. Masyarakat harus disadarkan untuk segera mengabdikan dirinya pada negaranya, bersatu padu dalam rasa yang sama untuk menghadapi krisis budaya, kepercayaaan, moral dan lain-lain.

Negara harus menggambarkan image pada masyarakat agar timbul rasa bangga dan keinginan untuk melindungi serta mempertahankan Negara kita.

Pendidikan kewarganegaraan adalah sebuah sarana tepat untuk memberikan gambaran secara langsung tentang hal-hal yang bersangkutan tentang kewarganegaraan. Akan tetapi, seperti yang telah kita ketahui, ada banyak orang yang menyepelekan pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan.

Kita semua tahu bahwa Pendidikan Kewarganegaraan mengajarkan bagaimana warga negara itu tidak hanya tunduk dan patuh terhadap negara, tetapi juga mengajarkan bagaimana sesungguhnya warga negara itu harus toleran dan mandiri.

Pendidikan ini membuat setiap generasi baru memiliki ilmu pengetahuan, pengembangan keahlian, dan juga pengembangan karakter publik. Pengembangan komunikasi dengan lingkungan yang lebih luas juga tecakup dalam Pendidikan Kewarganegaraan. Meskipun pengembangan tersebut bisa dipelajari tanpa menempuh Pendidikan Kewarganegaran, akan lebih baik lagi jika Pendidikan ini di manfaatkan untuk pengambangan diri seluas-luasnya.

Rasa kewarganegaraan yang tinggi, akan membuat kita tidak akan mudah goyah dengan iming-iming kejayaan yang sifatnya hanya sementara. Selain itu kita tidak akan mudah terpengaruh secara langsung budaya yang bukan berasal dari Indonesia dan juga menghargai segala budaya serta nilai-nilai yang berlaku di negara kita. Memiliki sikap tersebut tentu tidak bisa kita peroleh begitu saja tanpa belajar. Oleh karena itu, Pendidikan Kewarganegaraan masih sangat penting untuk dipelajari.
1.

pendidikan memiliki peran penting menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga alam, misalnya dari dapak yang dapat diberika oleh hutan lindung pada kesegaran udara untuk masyarakat sekitar dapat diberikan melalui jalur pendidikan yang dilakukan guru di dalam kelas. 2. pentingnya menjaga alam dapat didapatkan dari pendidikan lingkungan yang diadakan oleh para pemerhati lingkungan seperti WALHI. bagaimana tanaman bakau gagasan penjelas dari pendidikan dapat berperan dalam menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian alam menjadi sember pendapatan juga sebaga pelindung dari erosi tanah.

3. kelestarian alam perlu dijaga oleh masyarakat. pendidikan memiliki peran penting dalam memberikan pemahaman tersebut. dari berbagai literatur bahakn dari seorang tokoh yang fokus menjadi pemerhati lingkungan dapat memberikan penjelasan bagaimana pentingnya menjaga kelestarian alam sekitar dan akan memberikan dampak yang signifikan dalam jangka panjang.

4. melalui pendidikan kita dapat mengetahui bahaya dari reklamsi yang kini kian gencar ada di indonesia. dengan membutuhkan beribu-ribu bahkan jutaan kubik tanah akan menyebabkan erosi alam sekitar. 5. kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian alam dapat kita berikan melalui pendidikan dan pendekatan yang baik. melalui jalur dasar misalnya dengan melakukan pendekatan pada anak-anak tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya. membuang sampah di sungai memiliki efek yang berbahaya.

memberikan berbagai contoh pada anak-anak dengan berbagai selingan permainan yang dilakukan akan memberikan efek yang cukup maksimal. 6. sebagai tonggak perubahan pendidikan memiliki peran penting menyadarkan masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan.

selain terhadap tanggungjawab guru, pemerhati lngkungan, atau organisasi yang fokus pada lingkungan, orang tuan jga memiliki peran penting untuk menyadarkan pada anak bahwa dengan menjaga lingkungan akan memberikan dampak yang baik pada orang banyak.

mengajaknya pergi ke pantai atau tempat wisata yang berbasis alam lalu menjelaskan dan memberikan pengertian juga bentuk pendidikan awal dan kewajiban orang tuan untuk membentuk karakter dan menanamkan pesn moral secara tidak langsung pada pendidikan anak dalam ranah non-formal.

I penguni 1 Pengurang asil timbangan Siu dan Dayu. o paling berat? Lauban Merjumlahkan bilangan dengan cara bersen 1. Kenakan penjumlahan bersusun pan … jang berikut d Kamu sudah bel Ayo, ingat amb 32 paling ringan? ang paling ringan.

12 ang paling berat C41 26 1 Perhatikan conte Mula-mula ada Sebanyak 5 bun Banyak burung Daun-daun di pa Banyak daun di Ayo, temukan ta dengan Orang Tua 2.

Kerjakan penjumlahan bersusun pendek berikut 38 41 21 24 25 22 34 1 mbuat alat ukur tidak baku. Subtema 2 Keme b 51 26 55 31 23 61 13 62 22 74 25 75 22 Mula-mula ad Sebanyak 51 Banyak teluryang paling satu sampai 1 sampai 100 mulai dari ABB a b b b gendut cantik ku ucap syukur kepadamu sebab Kau baik Tuhan kasih setiamu yang kau berikan tulus dan tak bercela hanya padamu Tuhan kasih setiamu ​ 1.

Batasan yang tepat untuk mendefinisikan proposal adalah . A. Tulisan yang berisi pendapat pribadi penulis tentang sebuah isu yang sedang menjadi … perhatian umum di masyarakat. B. Tulisan yang berisi rencana kegiatan atau penelitian yang diajukan kepada pihak tertentu untuk mendapat persetujuan atau sponsor.

C. Tulisan yang berisi topik tertentu untuk dibacakan di depan umum atau diterbitkan di surat kabar atau majalah. D. Karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi.

​ 45. "Apa-apaan sih, elo? Posternya kan jadi sobek!!!" "Sorry, Rin! Gue bener-bener nggak sengaja!" Kinta sama sekali nggak ngegubris pembelaan Anya.

I … a masih memandangi poster Blur kesayangannya yang kini sudah terbagi dua karena robek. “Rin, sorry,ya. Gue. "Aah! Udah, deh! Pulang, sana!” potong Rinta kesal, matanya sudah sembab, hampir nangis. Anya nggak mau memperburuk keadaan.

Ia pun langsung keluar dari kamar Rinta dan bergegas pulang. Berdasarkan strukturnya, termasuk bagian manakah kutipan cerpen di atas ?​

Smanewa dalam LOKANAKSA 2021-3




2022 www.videocon.com